Page 1

AUTOMOTIVE F12tdf - Mobil Balap di Jalan Raya

The Inflight Magazine of Lion Air

DESEMBER 2015

Selamat Datang

Airbus A330-300 Lion Air Lembayung Senja

Lembata

Selamat Hari Raya Natal 2015

TIDAK DIBAWA PULANG


Contents

Desember 2015 107.10

22.

Contents

40.

56.

22

56

Traveling Lembata

Traveling Portugal

40

Automotive Ferrari

50

Special Airbus A330-300 Lion Air

62

50.

Where to Stay

130

Lady in The Air


Contents

113.

114. 14. Valentino Luis

Regular

Lion Air Section

8

120

14

121

16

122

112

124

116

126

News Around Leisure Wisdom in The Air Hot Stuff Postcard

6

Aircraft Fleet Welcome Aboard Route Map Info

KidZone

LIONMAG DESEMBER 2015

Pria kelahiran Maumere, Flores ini menyelesaikan studi di Fakultas Sastra Universitas Udayana Denpasar dan Institut fßr Sprache & Komunikation Hannover, Jerman. Mulai berkelana ke berbagai negara sejak 2007 dan menjadi kontributor untuk majalah wisata dalam dan luar negeri (Nature’s Best Photography, Merian Germany, National Geographic Traveler, Travelxpose, dll).

Contributors

Jemy V. Conf ido

Lulusan Master of Science in Engineering Management Tufts University, AS, kini menjadi Master Trainer pada Telkom Training Center, Bandung tentang Member of Society Competitive Inteligent Professional (SCIP).


Terdepan, Modern. Menenteramkan

satu klik untuk transfer online ke puluhan rekening beda bank layanan bsm net banking dapat digunakan untuk transfer ke banyak rekening di banyak bank dengan sekali proses. selain itu, bsm net banking dapat digunakan untuk transfer online ke 83 bank (anggota ATM bersama & prima), transfer kliring SKN dan RTGS, transfer ke penerima yang tidak memiliki rekening melalui PT Pos, isi ulang pulsa seluler dan listrik, bayar berbagai tagihan, dan berbagai transaksi lainnya.

PT Bank Syariah Mandiri adalah pelaku jasa keuangan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

www.syariahmandiri.co.id bsm call 14040

Bank Syariah Mandiri

@syariahmandiri INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

7


Cockpit’s Note

President Director Rudy Lumingkewas

TIGA PESAWAT AIRBUS A330-300 Perkuat Armada Lion Air

Director of Safety & Security Capt. Eduard Kallisto Pardede Director of Operation Capt. Sogi Prakoso

Penumpang yang budiman,

Director of Technics Eka Yardianto

Tidak terasa kita sudah berada di pengujung tahun 2015. Sebagai penyedia jasa layanan transportasi udara selama setahun ini kami terus berupaya memberikan yang terbaik kepada seluruh penumpang sekalian. Kami sadar penumpang sekalian pastilah mencari maskapai yang dapat memberikan rasa nyaman selama penerbangan. Kami terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengadakan berbagai pelatihan. Selain itu, kami terus mengembangan rute dan menambah pesawat baru.

Director of Commerce Achmad Hasan Director of General Affairs & Finance Edward Sirait GM Service Ari Azhari

Kami bersyukur kepada Tuhan, hingga akhir tahun ini kami akan menerima total tiga unit pesawat Airbus A330-300. Airbus A330300 ini merupakan pesawat berbadan lebar dengan daya tampung 440 seat. Pesawat ini akan memperkuat armada kami untuk melayani rute Jakarta-Jeddah untuk memperlancar perjalanan ibadah umrah penumpang sekalian.

Corporate Legal Dr. Harris Arthur Hedar, S.h., M.h.

Bulan ini bertepatan dengan musim libur akhir tahun. Biasanya akan terjadi lonjakan penumpang baik yang mudik maupun berlibur ke berbagai destinasi wisata. Guna mempermudah mendapatkan tiket pesawat dan akomodasi selama liburan, ada baiknya sudah direncanakan jauh hari sebelumnya.

Publisher & Editor In Chief Makhfudz Sappe Editor Ristiyono, Faisyal, Riman Saputra N, Dody Wiraseto, Priyanto Sismadi Marketing Fransiska Ririn Tri Astuti, G. Hardianto, Sahman Ahmad Tjambolong, Asdar Tukan, Fernandito Haka (Bali)

Akhir kata, kami mengucapkan “Selamat Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016” kepada penumpang sekalian yang merayakannya. Selamat menikmati penerbangan Anda.

Art Director Gerald Manuel

Salam,

Illustrator & Designer Richard Archie F.M., M. Saleh Hanif

Rudy Lumingkewas President Director Lion Air

Finance & Administration Ade Kristanti, M. Zaky, Alvidha Septianingrum, M. Solichin

Advertising Tel.: +62 (21) 98494404 Fax.: +62 (21) 3151668 Email: edlionmag@gmail.com Hotline Lionmag: 0821 10 88 22 00 Issn: 1979-4185

LIONMAG INFLIGHT MAG

8

www.issuu.com/lionmagazine

LIONMAG DESEMBER 2015

MAJALAH INDONESIA


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

9


News Around

Rusdi Kirana Terima Anugerah Legenda dari CAPA

(kiri) Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana memeroleh penghargaan Legend Award dari Direktur Eksekutif CAPA Peter Harbison di Singapura, Senin (23/11). Penghargaan diberikan karena kemampuan Rusdi Kirana dalam kepemimpinan, visi, inovasi, dan pengaruh terhadap industri penerbangan nasional dan dunia. (kanan) Bincang-bincang Rusdi Kirana dalam acara penganugerahan Legend Award dari CAPA.

Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana menerima anugerah pengharga­an legenda dari Centre for Aviation (CAPA). Penghargaan Le­genda tersebut merupakan anugerah penghargaan berkala yang diberikan kepada seseorang yang telah menggapai dan mendorong perbedaan jangka panjang yang besar untuk industri tempat me­reka bekerja. Direktur Eksekutif CAPA Peter Harbison mengatakan, penerima anugerah tersebut di­anggap memiliki talenta langka dan ke­terampilan pekerja sehingga me­reka tidak hanya mengubah lingkungan eksternal namun juga selalu menghasil­ kan per­baikan perusahaan secara substansial yang positif. “Pak Rusdi Kirana menerima penghargaan itu karena hanya dalam kurun waktu 15 tahun, Lion Air Group telah muncul sebagai salah satu kelompok maskapai penerbangan terbesar di dunia,” katanya di Hotel Capella, Singapura, Senin (23/11). Menurut dia, Lion Air Group memiliki lebih dari 200 pesawat dan pemesanan pesawat lebih dari 500 unit. Lion Air Group meliputi lima maskapai penerbang­an di tiga negara Asia Tenggara yaitu Lion Air, Batik Air, Wings Air, Malindo Air, dan Thai Lion air serta anak perusahaan penyewaan. Lion Air Group merupakan perusahaan terkemuka di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan maskapai penerbang­an terbesar yang memiliki per­tumbuhan pasar yang cepat. Di sisi lain telah mengejar per­tumbuhan yang pesat selama dua tahun terakhir di Malaysia dan Thailand. Lion Air Group telah menjadi maskapai penerbangan berbiaya murah (Low-cost carrier) pertama yang mendirikan anak perusaha­an dengan memberikan layanan penuh (full service), dan mencipta­kan strategi multi-brand yang inovatif di pasar dalam ne­geri. “Peningkatan pesat Lion Air Group ini merupakan salah satu kisah keberhasilan ter­besar dalam sejarah penerbangan pada kurun waktu ini. Rusdi Kirana memulai dengan tanpa apapun dan telah membangun maskapai yang mengesankan dan telah dikendalikan oleh per­ubahan mendasar di seluruh bentang alam penerbangan di Asia Tenggara, “kata Harbison.

10

LIONMAG DESEMBER 2015

“Kehadiran Lion Air Group sebagai pemimpin pasar di Indonesia tidak akan mungkin terjadi tanpa kerja keras, kreativitas, dan kepemimpinan strategis yang kuat dari seorang Rusdi Kirana.” Menurut dia, penghargaan tersebut juga merupakan bentuk ekspansi yang luar biasa me­masuki pasar Asia Tenggara yang benar-benar menetapkan Rusdi Kirana menjadi pengusaha terkemuka di kawasan Asia. Rusdi Kirana mengatakan, Indonesia merupakan negeri yang diberkati dengan banyak penduduk dan luas wilayah yang lebih besar dari Eropa. Selain itu Indonesia juga memiliki berbagai destinasi pariwisata yang memerlukan bantuan transportasi, khususnya pe­nerbangan untuk menjangkau destinasi tersebut. “Kesempatan investor, termasuk investor asing terbuka membangun investasi infra­struktur karena wilayah Indo­nesia sangat luas,” katanya. Rusdi yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mem­promosikan Indonesia sebagai negara layak investasi. Ia mengundang investor asing untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya infra­struktur untuk mendongkrak perekonomian. CAPA tidak memberikan ­anugerah penghargaan legenda setiap tahun tetapi hanya se­sekali, ditentukan kepada jasa ke­berhasilan karier seorang ekse­kutif dan akan dilakukan pelantik­an ke dalam CAPA Hall of Fame. Rusdi Kirana menjadi satu-­satunya dari 10 tokoh yang dilantik untuk masuk ke dalam CAPA Hall Of Fame, bergabung dengan Seri Bashir Ahmad, Dr Cheong Choong Kong, Sir Tim Clark, Brett Godfrey, Tan Sri Tony Fernandes, Sir Maurice Flanagan, Rob Fyfe, CW Lee, dan Ray Webster. Penghargaan penerbang­an CAPA dimaksudkan untuk meng­apresiasikan maskapai pe­nerbangan dan bandara yang tidak hanya sukses namun juga memberikan kepemimpinan industri dalam lingkungan dan keadaan yang selalu berubah. Tahun ini anugerah penghargaan diselenggarakan di dua acara perjamuan makan malam. Satu untuk industri global pada 7 Oktober 2015 dan satu untuk Asia Pasifik, termasuk Timur Tengah pada 23 November 2015.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

11


News Around

Consina Eksis di Dunia Outdoor Consina semakin menunjukkan komitmennya untuk eksis di dunia outdoor ranah Indonesia dengan meresmikan Consina Store Buaran , Jalan Raya Buaran No. 4, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (14/11). Consina Store Buaran adalah store Consina terbesar di Indonesia, dan juga merupakan outdoor store terbesar di Jakarta. Consina Store Buaran memiliki tiga lantai. Keunikan dari Consina Store Buaran adalah konsep desain interiornya yang kental sekali dengan gaya para penggiat alam bebas. Di lantai satu kita bisa melihat wall climbing di dalam store hingga ke lantai dua. Di lantai ini terdapat tester room, yaitu sebuah ruangan untuk mencoba peralatan yang mempunyai featured waterproof.

DHM Luncurkan Brand Terbaru di Bandung Bandung tetap memiliki pesona tersendiri dalam hal perkembangan bisnis hotel. Baru-baru ini , salah satu jaringan hotel nasional, Dafam Hotels Management (DHM) meluncurkan brand terbarunya di lokasi historis, Pasar Baru yang merupakan pasar tertua yang sudah ada sejak 1906. Lokasi ini pula yang melatarbelakangi penamaan brand terbaru DHM, yakni Pasar Baru Square Hotel. “Bila dari segi bisnis kami juga sangat yakin hotel ini dapat berjalan dengan baik, mengingat Pasar Baru adalah tujuan utama para wisatawan belanja asal negara tetangga Malaysia dan Singapura atau yang dari Arab hingga Afrika. Merekalah yang menjadi target utama mengisi tingkat hunian Pasar Baru Square Hotel sekaligus merasakan keramah-tamahan khas Dafam,” ujar Managing Director Dafam Hotels Management, Andhy Irawan di acara pembukaan Pasar Baru Square Hotel, 15/11/2015.

Grand Istana Rama Hotel Lomba Mebat Seiring diimplementasikan program Tri Hita Karana, Grand Istana Rama Hotel mengadakan lomba Mebat, yaitu salah satu bentuk kegiatan dari tradisi Tri Hita Karana. Tri Hita Karana adalah nilai yang bercerita tentang tiga penyebab terciptanya kebahagiaan, dan menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia. Lomba Mebat merupakan salah satu bentuk apresiasi Grand Istana Rama Hotel kepada karyawan. Melalui lomba tersebut diharapkan dapat melestarikan budaya Mebat di Bali, serta meningkatkan kontribusi karyawan kepada Grand Istana Rama Hotel, dan tentunya dapat mempererat hubungan seluruh karyawan.

Hotel Batiqa Hadir di Bekasi Hotel Batiqa Jababeka yang berada di Jalan Niaga Raya, Kawasan Industri Kota Jababeka II Blok CC 3A, Cikarang, Bekasi – siap menyambut masyarakat dan kaum pekerja yang ada di sekitar Bekasi. Selain dipersembahkan buat masyarakat umum, hotel ini sangat cocok buat pelaku bisnis yang mau melakukan berbagai pertemuan bisnis. Hotel Batiqa Jababeka merupakan hotel ketiga yang dikembangkan dan dikelola oleh PT Surya Internusa Hotel. Selain bentuknya yang elegan, hotel ini dilengkapi bistro dengan beragam menu pilihan, mulai dari hidangan Indonesia sampai makanan Eropa, serta kuliner Asia.

12

LIONMAG DESEMBER 2015

Holiday Inn Express

Terbaru di Pusat Kota InterContinental Hotels Group menambah property Holiday Inn Express di Jakarta dengan membuka Holiday Inn Express Wahid Hasyim. Ini merupakan Holiday Inn Express ke 8 di Indonesia dan ke 4 di Jakarta. Hotel ini memiliki 160 kamar dengan lokasi strategis berdekatan pusat belanja Grand Indonesia, Monumen Nasional dan Pasar Pagi Tanah Abang, pusat garmen terbesar di Asia Tenggara. “Dengan lebih 20 juta travelers di Indonesia di masa datang, kami yakin bahwa Holiday Inn Express dapat mengakomodasi kebutuhan on-the-go travelers yang mencari tempat nyaman dengan harga terjangkau untuk bisnis maupun wisata,” ujar Leanne Harwood, VO Operations South East Asia IHG.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

13


News Around

Parador Hotels & Resorts Group Kumpul-kumpul Bersama Awak Media Dalam rangka menyambut tahun baru 2016, Parador Hotels & Resorts Group melaksanakan acara kumpul bersama media. Selain menjalin silaturahmi dengan rekanrekan media, kegiatan itu juga untuk memberikan informasi mengenai perkembangan pembangunan hotel beroperasi di bawah manajemen Parador Hotels & Resorts. Serta memberikan informasi mengenai perayaan tahun baru yang diadakan oleh setiap unit hotel Parador. Dalam kesempatan ini pula, Parador Hotels & Resorts memperkenalkan Fame Hotel Batam sebagai hotel terbaru yang akan segera beroperasi di akhir tahun 2015.

Urban Xchange 2015 Seni Jalan Ala Malaysia

Pullman Pertunjukan Mickael Obrenovitch Pullman Bali Legian Nirwana bekerja sama dengan seniman kontemporer internasional, Mickael Obrenovitch mengadakan pertunjukan bertajuk “Lifetime�. Lifetime menurut Mickael, periode waktu, di mana seseorang masih hidup atau sesuatu yang ada. Mickael adalah seniman Perancis yang paling suka menggunakan kayu sebagai alat dalam berkarya dan pertunjukan. Bagi Mickael, kayu sebagai cermin kehidupan. Ini adalah perpaduan yang luar biasa, antara ukiran halus dalam simbiosis dengan efek alami dari erosi.

Urban Xchange (UX) 2015 adalah festival seni jalanan Malaysia yang berasal dari berbagai seni dan pertukaran budaya. Kegiatan UX ini ditujukan untuk menjembatani kesenjangan antara George Town dan daratan Penang, yaitu antara seniman muda dan pengrajin tradisional, antara Malaysia dan seniman internasional. Festival yang diselenggarakan Hin Bus Depot ini berlangsung 31 Oktober 2015, dan menampilkan empat story high light installation, mural, patung, diskusi panel, pemetaan video interaktif, lokakarya, pesta dan pameran artisan. Dalam event tersebut, enam seniman Malaysia kontemporer akan dipasangkan dengan enam pengrajin yang mewakili perdagangan tradisional Malaysia dan keterampilan rakyat seperti batik, tenun retin, perak dan banyak lagi.

Zest Hotels International Buka di Bandung Zest Hotels International merupakan brand budget hotel milik jaringan manajemen hotel global hotel Swiss-Belhotel International. Manajemen hotel ini terus mengembangkan portfolionya dalam membidik pasar hotel budget. Dengan diresmikannya Zest Hotel Bandung yang berada di Jalan Sukajadi, Bandung, Jawa Barat. Itu menunjukan bahwa Zest Hotels International sangat serius dalam membidik pasar hotel budget. Zest Hotel Bandung menawarkan akomodasi yang nyaman. Namun tetap bergaya modern. Bagi para pelaku bisnis dan wisatawan ke Kota Bandung – kehadiran hotel ini sangat menguntungkan.

Swiss-Belhotel Interntional Semakin Sukses Dengan diresmikannya Swiss-Belinn Simatupang, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu, menunjukan bahwa Swiss-Belhotel Interntional semakin eksis di industri perhotelan di Indonesia. Hotel Swiss-Belinn Simatupang merupakan hotel terbaru dalam porfolio penginapan tipe bintang tiga milik Swiss-Belhotel Interntional. Berada di jalur strategis, yaitu jalur lingkar luar Jakarta Selatan, hotel ini memberikan kemudahan akses bagi tamu yang mau menuju pusat bisnis di Tangerang maupun wilayah Barat dan Timur Jakarta. Selain itu, Hotel Swiss-Belinn Simatupang juga menyediakan akses mudah untuk menuju Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta.

14

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

15


Leisure

Whiz Prime Darmo Surabaya Mewah di Barat Surabaya

The Royale Krakatau Cilegon Kedepankan Konsep Go Green The Royale Krakatau Cilegon mengusung konsep Go Green dan terletak di tengah kota, dimana hanya butuh waktu 10 menit dari arah tol Cilegon Barat. Hotel ini memiliki 168 kamar yang terbagi atas 28 unit cottage dengan 4 tipe (The Royale Suite, Suite, Executive dan Family Room) dan 140 kamar hotel (Suite Tower, Deluxe Garden, Deluxe Tower dan Superior). Dikelilingi hijaunya pemandangan alam, hotel ini juga memiliki The Krakatau Golf Court, serta lokasi hiburan dan fasilitas yang memadai seperti Moonstone Karaoke, Lapangan Tennis, Permainan Billiard, Kolam Renang dan Pusat Kebugaran, dan berbagai macam pilihan lokasi untuk bersantap (Sapphire Asian Resto, Banten Bistro, and Chrysoberil Lounge). Selain itu, kearifan lokal berupa kuliner Banten turut serta menjadi perhatian. Hotel ini berusaha mengangkat kuliner tradisional Banten agar dikenal nasional dengan menggelar acara Gebyar Kuliner Banten 2015. Acara yang juga untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Banten 2015 kemarin menghadirkan Sisca Suwitomo untuk demo masakan Nusantara.

Whiz Prime Darmo Harapan Surabaya berlokasi di Jalan Darmo Harapan I Surabaya Barat. Hanya berjarak 45 menit dari Gerbang Tol Juanda International Airport, 20 menit dari pelabuhan Tanjung Perak, 10 menit menuju Surabaya Town Square , dan 3 km dari Pakuwon Super Mall dan Pakuwon Trade Center serta beraneka ragam pilihan Aneka Kuliner. Memiliki 100 kamar, yang terdiri dari 5 tipe kamar: Whiz Single, Superior, Deluxe, Deluxe Balcony, dan Deluxe Bathtub, dilengkapi fasilitas TV LED dengan saluran nasional dan internasional, tempat tidur yang di desain khusus, safe deposit box dan peralatan pembuat teh atau kopi. Hotel bintang tiga ini dilengkapi dengan Garden Restaurant untuk area sarapan, 4 ruang pertemuan dengan kapasitas sampai dengan 250 Orang, jaringan internet gratis di seluruh area dan pojok internet gratis, serta area hotel yang ramah lingkungan dan dikelilingi dengan pepohonan juga tersedia akses menuju swimming pool, fitness centre, squash courts membuat semakin nyaman tinggal di Whiz Prime Darmo Harapan Surabaya.

Wine & Meat Co Refreshing Ala Amerika di Jantung Ibukota Banyak cara melepas penat di padatnya ibukota, apalagi kawasan padat aktivitas seperti Sudirman Central Business District (SCBD). Ada satu restoran unik dan akan membawa suasana berbeda bagi tamu, yakni Wine & Meat Co. Restoran ini mengusung konsep American Style dengan menyajikan menu internasional berkualitas. Beberapa menu pembuka yakni Mushroom Soup with Truffle Oil. Selain itu terdapat Our Signature Chinese Chicken Salad merupakan perpaduan western dan chinese. Di jajaran main course menu-menu spesial siap memanjakan lidah. Philly Cheese Steak Sandwich, USA Short Ribs, Spaghetti Aglio Seafood, dan Fettuccine Carbonara bisa menjadi rekomendasi. Namun satu sajian unik di restoran ini adalah Spicy Tuna Croissan. Selain croissant begitu lembut, diimbangi isiannya berupa tuna dengan menggunakan tambahan sambal matah. Benar-benar pilihan tepat di tengah padatnya ibukota. 

16

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

17


Wisdom in The Air

Integritas Teks Jemy V. Confido

“Not everything that can be counted counts, and not everything that counts can be counted.” Albert Einstein

uatu ketika, di sebuah kerajaan yang sangat tentram dan makmur, para penasehat kerajaan memiliki rencana untuk menuduh bahwa Sang Raja telah menggunakan kekayaan kerajaan dengan semena-mena. Maksud dibalik rencana tersebut adalah agar Sang Raja bisa digulingkan dan Ketua Penasehat bisa mengambil alih tahta kerajaan. Dalam menjalankan niatnya itu, maka para penasehat menghasut Sang Pangeran agar mau membujuk Sang Raja untuk melakukan perbuatan yang merugikan kerajaan. Pada saat tengah malam, ketika Sang Raja masih bekerja di ruang kerjanya, masuklah Sang Pangeran ke ruang kerja ayahnya itu. “Ayah, ada hal penting yang ingin saya bicarakan.” Sang Pangeran mengawali pembicaraan. Sang Raja yang saat itu bekerja dengan diterangi oleh sebuah lilin yang besar kemudian bertanya kepada putranya, “Apakah yang Kamu bicarakan itu masalah pribadi ataukah masalah kerajaan?” Sang Pangeran agak bingung untuk menjawab, tapi kemudian dengan agak ragu ia berkata, “Eeehm… masalah pribadi Ayah.” Maka Sang Raja pun menyalakan lilin yang kecil dan kemudian mematikan lilin yang besar itu. “Bicaralah Anakku.”

18

LIONMAG DESEMBER 2015

Dengan keheranan Sang Pangeran bertanya, “Mengapa Ayah mengganti lilin yang besar dengan lilin yang kecil ini?” Dengan tenang Sang Raja menjawab, “Anakku, lilin yang besar dibeli dengan uang kerajaan dan karenanya hanya digunakan untuk urusan kerajaan. Karena Kamu datang untuk urusan pribadi, maka kita harus menggunakan lilin yang kecil yang dibeli dengan uang pribadi.” Mendengar jawaban tersebut, maka Sang Pangeran pun menjadi malu. Ia mengurungkan niatnya untuk menghasut Sang Raja. Sebaliknya ia malah membeberkan rencana para penasehat kerajaan. Tak lama kemudian para penasehat kerajaan pun ditangkap dan diberi hukuman yang setimpal. Sang Raja, Sang Pangeran dan terutama kerajaan itu pun bisa selamat dari kekacauan dan penderitaan karena integritas yang dijunjung tinggi oleh Sang Raja. Integritas adalah kata yang sering dan memang layak digunakan untuk menilai kualitas yang sesungguhnya dari seseorang. Terlebih lagi bila orang

tersebut merupakan seorang pemimpin atau calon pemimpin. Sebagai contoh, dalam berbagai ajang kampanye pemilihan calon pemimpin, mungkin Anda akan menemukan bahwa secara pengetahuan, kemampuan, maupun visi, kualitas para calon hanya berbeda tipis saja sampai-sampai Anda bingung mau memilih yang mana. Namun, ketika para kandidat tersebut diukur berdasarkan integritasnya, disitulah nampak perbedaannya. Mengapa? Karena integritas memberikan bukti bukan janji. Mungkin setiap kandidat bisa berlombalomba memberikan janji, namun hanya sebagian kecil saja yang benar-benar bisa memberikan bukti. Di sinilah integritas menjadi faktor pembeda. Selain sebagai ukuran pembeda, integritas juga diyakini akan memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan suatu institusi. Pengetahuan, keahlian dan visi memang diperlukan. Tapi tanpa integritas, semua itu hanyalah hiasan atau bahkan bungkus yang bisa jadi dimanfaatkan untuk mengelabui massa. Karena, seperti sudah menjadi suatu keharusan, dalam


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

19


berbagai ajang pemilihan pemimpin, isu-isu terkait integritas biasanya merebak. Mulai dari hal-hal kecil seperti ucapan dan tindak-tanduk hingga hal-hal besar seperti standar moral atau bahkan skandal. Hal ini semua membuktikan bahwa integritas benarbenar faktor yang sangat penting dalam menilai kualitas sesungguhnya dari seorang pemimpin. Persoalannya, integritas bukanlah sesuatu yang mudah diukur atau diungkap. Sehingga, di dunia yang konon penuh dengan “sandiwara� ini, setiap orang seakan dengan mudahnya menutupi kebobrokan mereka dengan bungkus integritas yang semu. Integritas yang sesungguhnya seakanakan bisa disembunyikan dengan aman seolah hanya si pemilik dan Tuhan saja yang tahu. Permasalahan lain dengan integritas adalah standar penilaian yang digunakan tiap orang juga bisa berbeda-beda. Seperti kisah di atas tadi misalnya. Bagi sebagian orang, menggunakan fasilitas institusi untuk kemanfaatan pribadi bisa dibenarkan sepanjang nilainya tidak cukup besar (tidak material) dan terlebih lagi, terjadi “dengan tanpa kesengajaan�. Tapi, bahayanya, kompromi-kompromi kecil seperti itu perlahan-lahan bisa tumbuh menjadi kanker besar yang melilit sehingga integritas tidak lagi bisa bernafas. Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa integritas hampir tidak bisa diukur. Padahal, bila bisa diukur, banyak hal akan terungkap dan kebenaran akan menjadi lebih pasti di muka bumi ini. Namun demikian, kita masih bisa menggunakan dua hal yang lumayan membantu dalam menilai integritas seseorang. Kedua hal tersebut adalah waktu dan kepentingan. Pada akhirnya apakah seseorang benar-benar memiliki integritas atau tidak akan diuji oleh sang waktu. Pembuktian panjang yang

20

LIONMAG DESEMBER 2015

Integritas adalah kata yang sering dan memang layak digunakan untuk menilai kualitas yang sesungguhnya dari seseorang. Terlebih lagi bila orang tersebut merupakan seorang pemimpin atau calon pemimpin. telah dilalui oleh seseorang menjadi ukuran yang cukup valid terhadap integritasnya. Tidak benar-benar akurat memang, tapi paling tidak cukup bisa dipercaya. Namun demikian, sayangnya, seringkali kita tidak benar-benar memiliki waktu untuk membuktikan integritas seseorang. Dalam situasi seperti itu, kita bisa menggunakan uji kepentingan untuk memberikan gambaran mengenai integritas seseorang. Caranya adalah dengan memahami perspektif dan motif dari seseorang terkait dengan suatu aspek dimana kita sedang mengira-ngira integritas orang tersebut. Bila integritas tidak mudah untuk diukur, apalagi menciptakannya. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa integritas akan terbentuk oleh sistem dan keteladanan yang kuat. Namun, dalam perjalanan saya menelusuri jejak para pemimpin, saya hampir menyimpulkan bahwa sistem dan keteladanan seakan belum cukup kuat untuk membentuk integritas. Sistem seringkali masih memiliki lobang yang membuat integritas bisa membusuk. Sebaliknya, walaupun memberikan kehangatan, keteladanan acap kali menjadi tempat yang tenang untuk menyembunyikan integritas. Padahal, kenyataannya, meskipun telah berusaha keras, keteladanan dalam hal integritas tidak selalu bisa ditiru begitu saja. Namun demikian, acapkali seorang (calon) pemimpin mengaku bahwa dirinya telah meneladani atau bahkan mewarisi semua aspek kepemimpinan yang dimiliki oleh sang teladan tadi. Termasuk, tentu saja, integritasnya.

Lalu apa solusinya? Sejujurnya, kali ini saya tidak begitu yakin. Bagi saya, sementara ini, integritas seperti muncul secara acak, tanpa pola. Seolah integritas memang harus menyisakan misteri di satu sisi namun di sisi lain justru memberikan ruang bagi hal-hal yang lebih bernilai seperti harapan, ketulusan, dan keikhlasan. Satu hal yang saya kira mungkin bisa melahirkan integritas adalah orang tua yang mengajarkan, mencontohkan dan menerapkan integritas kepada anaknya melalui komunikasi yang intensif dan interaktif dibarengi ketegasan dan pengertian pada saat yang bersamaan. Terdengar sangat kompleks memang. Terlebih lagi bila kita mengingat bahwa sebagian besar orang tua mungkin tidak pernah mendapat pendidikan mengenai integritas secara formal. Tentu saja sebaiknya saya salah. Karena, hal itu berarti lebih banyak calon pemimpin yang memiliki integritas akan muncul. Tapi, seandainya saya benar, sementara tidak ada inisiatif yang cukup serius dari pihak berwenang untuk memberikan pendidikan mengenai integritas, maka hal yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa. Berdoa dengan harapan agar banyak orang mengajarkan integritas kepada anak-anak mereka. Berdoa dengan tulus agar lebih banyak orang yang memiliki integritas pada saat dan tempat yang tepat. Berdoa dengan ikhlas agar orang-orang yang telah menunjukan integritas diberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan. Berdoa agar orang-orang seperti Sang Raja dalam kisah di atas bermunculan di www.jemyconfido.com negeri ini.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

21


22

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

23


Traveling Lembata

Lembayung Senja Lembata Menyambangi pulau yang kaya akan legenda dan terpana keelokan alam nan perawan. Teks & FOTO Valentino Luis

24

LIONMAG DESEMBER 2015


Batok Gunung Ile Ape yang mengeluarkan belerang kuning. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

25


Anak-anak menari merayakan pesta adat.

engan tatapan tak percaya, Sang Luge memperhatikan lautan. Di depan kami, terpisahkan jarak kurang dari 300 meter, seekor lumbalumba asyik bermain air sendirian. Ukuran tubuh lumba-lumba itu tidak kecil, berwarna abu-abu mengkilap, dan hilang muncul lincah seperti sedang melakukan akrobat. “Saya kira kamu hanya bergurau,� Sang Luge berkata sembari tetap menatap ke depan. Kami sedang rehat makan siang di pinggir Pantai Hadakewa. Ibuibu menjajakan ikan segar yang dipanggang bersama bumbu gurih. Saat disajikan panas-panas, aromanya menguar. Ada bau rempah juga kecut jeruk nipis. Disandingkan dengan air kelapa muda, rasa-rasanya saya sedang mengicip hidangan berstandar Michelin tapi dengan harga miring.

26

LIONMAG DESEMBER 2015

Sudah hampir dua pekan saya di Lembata, sebuah pulau sekaligus kabupaten di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebelum lepas menjadi kabupaten mandiri sejak 1999, dulu Lembata menjadi bagian Kabupaten Flores Timur. Akses bisa melalui pesawat terbang dari Kupang atau dengan kapal laut dari Larantuka, Flores. Kunjungan saya ke sini sebetulnya tidak disokong alasan yang kuat. Beberapa teman mengatakan pulau yang dahulu disebut Lomblen ini punya alam yang bagus, namun saya tidak menemukan foto-foto memukau di internet. Jadi, perjalanan ke sini dibungkus rasa penasaran sekaligus waswas. Penasaran untuk menjelajah dan waswas jangan sampai mengecewakan. Nyatanya, baru tiba saja saya sudah terkesan pada keramahan warga, mendengarkan legenda-

legenda tua yang diwariskan turuntemurun. Dari rencana semula yang hanya dua-tiga hari berubah menjadi lebih dari dua pekan!

Keanggunan Ile Ape Semua orang yang berkunjung ke Lembata pasti terpesona oleh Ile Ape, gunung berapi di semenanjung kecil, tepat di samping Teluk Lewoleba. Lokasinya fotogenik karena langsung terlihat saat merapat ke Lembata dengan kapal laut ataupun dengan pesawat terbang. Malah, bila cuaca cerah, pilot pesawat terbang tak sungkan melakukan atraksi keliling gunung ini. Ile Ape bisa jadi adalah landmark-nya Lembata. Sang Luge, teman baru saya itu, adalah pemuda lokal yang aktif mempromosikan Lembata. Dia membentuk kelompok pecinta alam. Jadilah saya dengan gampang


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

27


diarahkan dan dibantu rekan-rekannya menyingkap keindahan Lembata, termasuk mendaki gunung Ile Ape ini. Setinggi 1450 meter di atas permukaan laut, Ile Ape sangat ideal untuk sunset maupun sunrise. Terdapat punggung gunung yang cocok untuk lokasi berkemah. Dari lokasi kemah ini pemandangan matahari terbenam sangat menakjubkan karena jauh di bawah sana terlihat rangkaian teluk-teluk, baik teluk utara maupun teluk di selatan. Selain itu mata saya berhadapan dengan Gunung Ile Boleng, gunung berapi di Pulau Adonara. Gunung itu terletak di ekor Pulau Adonara, menghadap ke Pulau Lembata yang hanya dipisahkan oleh selat sempit. Dari lokasi kemah, saya melanjutkan pendakian ke kaldera gunung untuk mendapatkan momen terbitnya matahari. Aktivitas terakhir Gunung Ile Ape terjadi pada 2012.

28

Namun, kaldera seluas hampir 1 km di tengahnya sudah ada sejak 1889. Tiba dari sisi barat, mata langsung terpana oleh kaldera tersebut, yang mirip sekali dengan Bromo. Jika Bromo pasirnya kecoklatan, di Ile Ape pasir kalderanya berwarna agak putih. Batok gunung ini memiliki retakan-retakan belerang berwarna kuning cerah. Di lereng bagian timur pemandangan lain terbentang. Laut di Teluk Jontona seolah danau luas dengan sebuah pulau kecil di tengahnya, bagaikan view Danau Toba.

Snorkeling Menakjubkan Bicara tentang Lembata pastinya menginggung tentang tradisi perburuan paus. Bahkan dunia luar lebih akrab dengan nama ‘’Lamalera’’ (desa pemburu paus) ketimbang Lembata. Laut disini memang menjadi jalur migrasi paus.

Namun, selain hewan raksasa itu, laut di Lembata juga punya kemolekan koral beserta ikan-ikan. Saya terkejut mengetahui bahwa kondisi koral di Lembata amat baik terlindungi, bahkan sepanjang garis pantainya sama sekali tidak tercemar, padahal langsung bersisian dengan jalan raya. Ini karena tidak ada praktik mencari ikan dengan alat peledak. Hanya mengandalkan jaring kecil, dipancing, atau dengan perangkap dari bambu. Saya ber-snorkeling dari satu tempat ke tempat yang lain. Semacam estafet. Terus terang saya takjub. Bayangkan, saat berenang saya melihat Gunung Ile Ape berdiri dengan gagah di darat, begitu saya membenamkan diri ke dalam air, langsung bersemuka dengan koral indah. Perpaduan yang indah. Belum ada pemetaan yang dibuat untuk menandai lokasi-lokasi

Kesuburan koral di laut Lembata. LIONMAG DESEMBER 2015


SMART IS BEING IN THE BEST LOCATION.

Holiday Inn Express Jakarta Wahid Hasyim is Now Open. Ideally located in the heart of Jakarta’s Central Business District, with easy access to Jalan M.H. Thamrin and Jalan Jendral Sudirman. The hotel is within walking distance to Sarinah as well as popular shopping complex Pasar Pagi Tanah. To book, please log on holidayinnexpress.com Toll Free 001 803 011 3456 (Bahasa Indonesia) Holiday Inn Express Wahid Hasyim Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 123, Jakarta 10240, Indonesia All rights reserved. © 2015 InterContinental Hotels Group.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

29


(kiri atas) Pantai alami yang jarang dijamah. (kanan atas) Padang sabana Waijarang. (bawah) Dua fotografer mengabadikan suasana senja di Bukit Doa.

snorkeling yang bagus. Bekal untuk mengetahuinya yakni dengan bertanya ke penduduk. Bagi saya, hal ini justruh lebih menarik, mendorong kita untuk melecutkan semangat eksplorasi sekaligus mengakrabkan diri dengan orang lokal. Bukankah begitu harfiahnya traveling? Mencari dan menemukan.

Eksotisme Waijarang Kurang lengkap ke Lembata jika tidak mengunjungi Waijarang. Ini merupakan destinasi yang sangat populer, menghadirkan nuansa alami, serta minim hingar bingar

30

LIONMAG DESEMBER 2015

pengunjung. Maklum kondisi jalan di Lembata belum mumpuni. Waijarang memadukan pemandangan bukit-bukit sabana nan eksotik dengan pantai-pantai nan menawan. Letaknya hanya sekitar 10 km dari pusat Kota Lewoleba dan hanya menyusuri satu lintasan jalan pesisir utara. Jika waktu kunjungan ke Lembata singkat, usahakan mendatangi Waijarang yang sanggup merepresentasikan keindahan alam Lembata. Serangkaian pantai berpasir putih betebaran, masing-masing dengan pesona tersendiri, terpisahkan tanjung-tanjung kecil. Ada yang

digunakan sebagai lokasi parkir sampan nelayan, ada pula yang sama sekali tidak terganggu. Saya yakin betul, jika pariwisata Lembata dikembangkan serius, disokong pula oleh infrastruktur, niscaya pantaipantai ini akan mencuri perhatian banyak orang. Jika di tepian Waijarang terbentang pantai berpasir putih, di daratannya berderet perbukitan sabana laiknya bukit-bukit Teletubbies. Untuk wilayah NTT, selain sabana di Sumba Timur, sabana di Waijarang ini bisa menjadi areal sabana terindah. Terdapat dua tempat rekreasi di bukit-bukit sabana tersebut. Yang pertama Bukit Cinta atau Wolor Pass. Di bukit sabana ini dibangun pondokpondok kayu menghadap lautan. Sangat romantis jika datang bersama pasangan. Setelah Bukit Cinta, berdirilah Bukit Doa dengan Patung Bunda Maria berukuran raksasa di ujung bukit, juga menghadap ke laut. Bukit-bukit ini memancarkan aura magis, terlebih saat lembayung senja mengambang. Percayalah, di Lembata, lembayung senjanya berbeda!


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

31


32

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

33


34

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

35


Automotive

F12tdf

Mobil Balap di Jalan Raya

36

LIONMAG DESEMBER 2015


F12tdf merupakan konsentrasi inovasi teknis yang melibatkan semua area sentral ke DNA Ferrari, yaitu mesin, aerodinamika, dan kendaraan dinamis. Hasilnya, dalam hal akselerasi, cengkeraman, dan kelincahan, Berlinetta baru ini tiada duanya. Teks Riman Saputra N Foto Dok. Ferrari

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

37


ada Oktober lalu, di markas Maranello, Italia, Ferrari mengumumkan F12tdf untuk menghormat Tour de France, endurance road race legendaris yang didominasi Ferrari pada 1950-an dan 1960-an, terutama dengan 1956 250 GT Berlinetta yang menang empat kali beruntun. Balapan itu mengombinasikan performa maksimal dengan kemampuan mengemudi serta kemudahan penggunaan yang memungkinkan balapan ratusan kilometer di jalanan berliku maupun sirkuit.

38

LIONMAG DESEMBER 2015

Dibikin hanya 799 unit, Ferrari memosisikan F12tdf sebagai perwujudan konsep mobil jalanan ekstrem yang serupa dengan di trek. Performa F12tdf didukung 780 cv, naturally-aspirated V12 yang berasal langsung dari mesin F12berlinetta. Mobil ini begitu dinamis, terutama saat percepatan lateral di tikungan dengan peningkatan 8 persen dalam rasio ban depan dibandingkan belakang. Kecenderungan alami oversteer mobil akibat perubahan ukuran ban diimbangi dengan inovasi sistem rear wheel steering (dikenal pula


sebagai Virtual Short Wheelbase) yang terintegrasi dengan sistem kontrol dinamis kendaraan lain. Kecepatan menikung juga lebih tinggi berkat peningkatan signifikan pada downforce lebih kurang 87 persen yang telah mencapai tingkat dimana belum pernah terjadi sebelumnya untuk F12berlinetta bermesin depan. Sebuah desain ulang radikal dari bodywork —interior, mesin, transmisi, dan gigi bersama dengan penggunaan serat karbon berlimpah di dalam dan luar— telah memangkas 110 kg dari berat keseluruhan mobil. Semua

faktor ini dikombinasikan untuk menghasilkan angka 0-100 km/jam dalam 2,9 detik dan 0-200 km/jam dalam 7,9 detik. F12tdf mencatatkan waktu lap Fiorano hanya 1 menit 21 detik. Untuk kecepatan tertinggi mampu mencapai 340 km/jam. Pengeremannya dijamin oleh adopsi Extreme Design one-piece kaliper rem baru yang sudah terlihat pada LaFerrari. Sistem generasi baru ini membuat mobil bisa mengerem 100-0 km/jam hanya dalam 30,5 m dan 2000 di 121 m. Sementara itu, konsumsi bahan bakarnya 15.4 l/100 km dengan emisi CO2 360 g/km.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

39


POWERTRAIN F12tdf menggunakan mesin milik F12berlinetta, yaitu 6262cc 65 °V12 yang dikerjakan insinyur Ferrari untuk meningkatkan output daya maksimum dari 740 cv ke 780 cv di 8.500 rpm dan menghasilkan output daya 125 cv/l. Respon sporty mesin terjamin dengan torsi maksimum 705 Nm (naik dari 690 Nm) pada 6.750 rpm dengan 80 persen sudah tersedia pada 2.500 rpm, dengan garis merah di 8.900 rpm. Banyak modifikasi dikembangkan untuk mesin ini, dimulai dengan penggunaan tappets mekanik dan variable-geometry intake trumpet yang digunakan pada mobil Formula 1 guna membantu meningkatkan efisiensi volumetrik pada revs tinggi. F12tdf dilengkapi versi F1 DCT dengan rasio roda gigi lebih pendek 6% yang

40

LIONMAG DESEMBER 2015

memberikan upshifts 30% lebih cepat dan downshifts 40% lebih cepat.

DINAMIS Sasisnya memiliki tingkat kedinamisan luar biasa, percepatan lateral, dan respon maksimum. Dimensi ban depan diperbesar dari 255 menjadi 275, bersama dengan ukuran saluran depan dari 9,5 “ menjadi 10�. Modifikasi ini memberikan percepatan lateral lebih tinggi yang dihasilkan roda depan. Untuk memaksimalkan performanya, Ferrari mengembangkan sistem Virtual Short Wheelbase yang memulai debutnya pada F12tdf. Virtual Short Wheelbase meningkatkan responsivitas mobil untuk membuatnya lebih lincah, bahkan di jalan berkelok-kelok dan

pada trek lebih menantang. Selain itu, pada saat bersamaan sistem itu meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

AERODINAMIS F12tdf memiliki angka efisiensi aerodinamis 1,6, hampir dua kali lipat dari F12berlinetta. Downforcenya 230 kg pada 200 km/jam. Pengembangan pun memengaruhi setiap areal permukaan mobil serta memproduksi elemen mencolok dengan bentuk kekuatan ramping yang unik. Di depan, bumper yang sangat kompleks berkontribusi untuk downforce generation. Fitur radikal ini meraup bagian bawah dan menggabungkan inspirasi dari kompetisi mobil seperti splitter,


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

41


dive plane, floor wing, dan louvre untuk meningkatkan efisiensi dari kedua sisi dan bagian bawah bodi mobil. Aerobridge di sayap depan mobil didesain ulang untuk meningkatkan efek energi dari aliran udara di bagian atas. Spoiler belakang kini lebih panjang 60mm dan lebih tinggi 30mm, sementara rake layar belakang dibuat lebih vertikal untuk memperluas areal permukaan di mana spoiler dapat menghasilkan downforce lebih efektif. Tiga pasang strake GT racing telah diadopsi pada bagian bawah bodi aerodinamis dan bertanggung jawab untuk 30 persen dari peningkatan downforce dibandingkan dengan F12berlinetta. Diffuser belakang didesain ulang menjadi sistem sport tiga flap aktif yang telah dibagi menjadi tiga saluran dan fitur pagar melengkung serta splitter vertikal untuk meningkatkan kekuatan

42

LIONMAG DESEMBER 2015

pusaran dan meningkatkan perluasan aliran pada bidang horisontal.

STYLE Dirancang oleh Ferrari Styling Centre, F12tdf baru memiliki bentuk sensual, komitmen berkelanjutan Ferrari untuk memadukan keindahan bentuk dengan tuntutan fungsional. Semua panel bodywork telah mengalami perbaikan mulai dari ‘hidung’ yang dipahat hingga ekor. Track depan dan belakang yang lebih luas juga memberikan mobil tampilan lebih agresif. Desain itu bertujuan menciptakan interaksi canggih antara bentuk permukaan F12berlinetta dan layanan grafis dari berbagai fitur aerodinamis baru. Warisan terbaiknya adalah evolusi dari Aerobridge, desain yang lebih ditingkatkan dengan penggunaan serat karbon murni. Komponen ini dikembangkan dengan menggabungkan

detail lainnya dalam menciptakan pendekatan estetika yang koheren untuk seluruh mobil. Tampilan sporty mobil tanpa kompromi diekspresikan dengan derajat kemurnian yang sama di kokpit Spartan. Efek wrap-around yang merangkul posisi mengemudi diintensifkan dengan penggunaan housing serat karbon untuk instrumen dan pod satelit. Panel pintu telah dikupas kembali ke shell serat karbon tunggal, sementara laci telah menghilang diganti dengan bantalan lutut sederhana. Sedangkan alcantara dipilih untuk trim kabin, kain teknis untuk kursi, dan matras berpola aluminium untuk lantai. Semuanya digunakan guna mengurangi berat mobil keseluruhan. Spesifikasi F12tdf dilengkapi pula dengan alloy ringan dengan lima jari-jari kembar yang dirancang untuk memiliki bagian paling sempit demi mengurangi berat mobil unsprung.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

43


44

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

45


Special Airbus A330-300

Welcome Airbus A330-300 Lion Air

46

LIONMAG DESEMBER 2015


Selain melayani penerbangan domestik dengan rute-rute padat seperti Makassar, Medan, dan Bali, Airbus A330-300 Lion Air juga bakal terbang menuju Jeddah (Arab Saudi) dan China. TekS & ILUSTRASI Makhfudz Sappe

Airbus A330-300 Lion Air secara seremonial disambut dengan water canon di Bandara Internasional Soekarno-Hatta setiba dari Pabrik Airbus di Toulouse, Prancis. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

47


enin, 2 November 2015, menjadi momen bersejarah dalam rangkaian perjalanan Lion Air. Maskapai penerbangan Indonesia di bawah payung Lion Group itu menerima pengiriman perdana pesanan pesawat Airbus A330-300 yang ditandai dengan ceremony di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Provinsi Banten. Pesawat A330-300 dengan registrasi PK-LEF itu diterbangkan Captain Michael Lee dan Captain Taufik dari basis produksi Airbus di Toulouse, Prancis. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, pesawat Airbus tipe badan lebar (wide body) pertama Lion Group itu disambut dengan water cannon salute.

Hingga akhir 2015, Lion Air akan menerima tiga unit pesawat A330-300 dengan konfigurasi 440 seat dalam single class, yaitu kelas ekonomi. Keseluruhan Lion Group masih menunggu pengiriman pesanan 225 pesawat Airbus, yang terdiri atas 223 unit pesawat Airbus A320 dan dua pesawat A330. Hadir dalam penyambutan pesawat Airbus A330-300 itu Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan, pendiri dan CEO Lion Group Rusdi Kirana, Direktur Utama Lion Air Rudy Lumingkewas, Direktur Umum Lion Group Edward Sirait, serta Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi. Hingga akhir 2015, Lion Air akan menerima tiga unit pesawat

A330-300 dengan konfigurasi 440 seat dalam single class, yaitu kelas ekonomi. Keseluruhan Lion Group masih menunggu pengiriman pesanan 225 pesawat Airbus, yang terdiri atas 223 unit pesawat Airbus A320 dan dua pesawat A330. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengapresiasi Lion Air yang mendatangkan pesawat Airbus A330-300. ‘’Coba bayangkan setiap

(searah jarum jam) Rusdi Kirana pendiri dan CEO Lion Group melihat kondisi pesawat Airbus A330-300 yang baru tiba dari Toulouse, Prancis. • Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan memecahkan kendi dalam seremonial penyambutan Airbus A330-300 Lion Air. • Foto bersama Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan, pendiri dan CEO Lion Group Rusdi Kirana, Direktur Utama Lion Air Rudy Lumingkewas, Direktur Umum Lion Group Edward Sirait, serta Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi.

48

LIONMAG DESEMBER 2015


satu kali penerbangan mampu mengangkut 440 penumpang. Itu berarti dapat mengefisienkan ruang udara kita,’’ ujarnya. Pendiri sekaligus CEO Lion Group Rusdi Kirana menguraikan, Lion Air memanfaatkan armada A330-300 untuk penerbangan ke Arab Saudi dan rute-rute domestik yang padat, sehingga lebih banyak orang bisa bepergian lewat jalur udara di Indonesia. ‘’Kami memilih A330 karena kemampuannya beroperasi di berbagai kondisi layanan dengan efisiensi maksimum,’’ katanya. Airbus A330-300, ujar Rusdi menambahkan, akan menggantikan pesawat tipe Boeing 747. Pesawat A330 juga akan mengurangi secara signifikan biaya operasional pada penerbangan umrah. Dirut Lion Air Rudy Lumingkewas menjabarkan, pesawat Airbus A330-300 akan melayani rute penerbangan menuju Jeddah, destinasi utama umat Muslim dalam menunaikan ibadah haji maupun umrah, serta rute domestik yang padat seperti

(searah jarum jam) Suasana pabrik pembuatan pesawat Airbus di Toulouse, Prancis. • Interior pesawat Airbus A330-300 dengan kapasitas 440 seat all economy. • Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan didampingi pendiri dan CEO Lion Group meninjau dalam pesawat Airbus A330-300.

Medan, Makassar, dan Bali. Langkah itu ditempuh Lion Air demi menjaga komitmen memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang. Selain itu, demikian Rudy, untuk mendukung program pemerintah di bidang pariwisata, tahun depan Lion Air juga mengembangkan rute dari Jakarta ke beberapa kota di China. ‘’Ke depannya Lion Air akan terus melakukan ekspansi berupa penambahan jumlah armada pesawat

dan pembukaan rute-rute baru lainnya, termasuk ke beberapa kota di China,” kata Rudy. Hingga kini total armada pesawat yang dimiliki Lion Air mencapai 106 unit, terdiri atas 32 pesawat Boeing 737-800, 71 unit Boeing 737-900ER, 2 pesawat Boeing 747400, serta 1 unit Airbus A330-300. Sedangkan total rute yang dilayani mencapai 183 rute penerbangan domestik maupun luar negeri. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

49


50

LIONMAG DESEMBER 2015


Bawaslu: Politik Uang adalah Kejahatan Luar Biasa

“Saya pilih calon yang kasih duit atau sembako banyak. Karena biasanya, kalau sudah jadi mereka (kepala daerah ,-red) lupa sama kita” (warga-anonim)

BAWASLU – Pernyataan tersebut sering kita dengar jelang-jelang Pilkada. Politik uang sudah seperti sudah menjadi kebiasaan umum dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Banyak masyarakat yang berpendapat, momen seperti Pilkada adalah ajang untuk calon kepala daerah memberikan ‘perhatiannya’ kepada masyarakat dengan memberikan uang, sembako, dan bantuan lainnya. Potret buruk ini tentu saja mencoreng demokrasi di Indonesia, karena kesadaran pemilih memberikan suaranya di TPS hanya karena diberikan atau diiming-imingi uang. Begitu juga calon kepala daerah dan tim suksesnya yang tidak malu-malu lagi untuk memberikan uang kepada masyarakat dan mengajak mereka mencoblosnya. Prinsip ekonomi demand (permintaan) and supply (penawaran) pun berlaku dalam Pilkada ibarat pasar sapi. Padahal masyarakat dan calon kepala daerah seharusnya menyadari bahwa politik uang sudah merupakan bahaya laten karena telah merusak sendi-sendi demokrasi di Indonesia yang dibangun dari perjuangan dan pengorbanan. Seperti halnya bangsa ini yang bisa merdeka bukan berasal dari pem-

berian atau suap kepada penjajah, melainkan dari darah dan air mata. Sebagai lembaga Pengawas Pemilu yang mengawasi seluruh proses dan tahapan Pemilu/Pilkada di Indonesia, Bawaslu selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat sipil, media massa, stakeholders, dan para pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama mendidik masyarakat agar tidak menerima politik uang dalam bentuk apapun. Ini sejatinya merupakan bentuk pencegahan Bawaslu, agar masyarakat paham benar dampak politik uang yang begitu buruk. Bawaslu yang dipimpin oleh Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si, Nasrullah, Endang Wihdatiningtyas, Daniel Zuchron, dan Nelson Simanjuntak berkali-kali mengatakan bahwa, politik uang telah merenggut hak politik masyarakat untuk mengawal pemerintahan yang baik dan bersih. Kepala daerah yang terpilih lewat politik uang, memiliki kecenderung tidak memperdulikan kesejahteraan warganya, karena haknya sudah dibeli lewat sejumlah uang yang ia gelontorkan pada saat Pilkada. Dalam kajian Bawaslu bersama KPK dan PPATK, politik uang adalah cikal bakal KORUPSI dan PENYALAHGUNAAN WEWENANG oleh kepala daerah pada saat pemerintahannya nanti. Pencurian uang negara dilakukan untuk mengembalikan dana yang digelontorkannya pada Pilkada, sedan-

gkan penyalahgunaan wewenang dilakukan untuk balas jasa terhadap pengusaha atau pihak yang mendukungnya secara materi pada saat Pilkada. Untuk informasi, 318 orang dari total 524 orang kepala daerah dan wakil kepala daerah tersangkut dengan kasus korupsi dan penyalahgunaan wewenang. Bawaslu mendorong agar Pilkada 2015 yang dilaksanakan secara serentak ini menjadi momentum bagi rakyat Indonesia untuk menunjukkan kedewasaan politiknya. Jika masyarakat semakin dewasa dan pintar dalam politik, maka calon kepala daerah yang akan maju juga akan semakin berkualitas dan berpikir berulang kali melakukan politik uang atau pelanggaran lain. Sebaliknya, jika sebagai masyarakat kita lemah dalam berpolitik maka kita akan terus dibodoh-bodohi oleh elite politik yang tidak berkualitas. Penindakan terhadap praktik-praktik politik uang pun siap ditegakkan tanpa pandang bulu. Bawaslu bersama Polri siap memidanakan siapa saja yang terlibat politik uang, baik yang memberi maupun yang menerima. Selain itu, Bawaslu juga siap merekomendasi pencoretan calon kepala daerah yang terbukti melakukan politik uang. Itu semua dilakuan demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Karena politik uang merupakan kejahatan luar biasa.

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

51


Travel Portugal

52

LIONMAG DESEMBER 2015


Pasir Berbisik di Algarve Ketika imajinasi menyinggahi daerah pesisir selatan Portugal, sejumlah karya kreatif dan mengagumkan pun tercipta. Teks & FOTO Valentino Luis

Area pameran yang sangat luas. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

53


ntuk ukuran Eropa, Portugal merupakan sebuah negara yang memiliki garis pantai indah yang lumayan panjang. Sekitar 943 kilometer terentang dari utara ke selatan. Maklum, letak negara pesepak bola Cristiano Ronaldo ini berada di ujung barat Benua Putih, langsung berhadapan dengan Samudra Atlantik. Ditambah iklim yang hangat, Portugal adalah salah satu impian wisata eksotik bagi penduduk Eropa lainnya. Pamor pantai-pantai di Portugal tidak seterkenal pantai-pantai di Yunani, namun tetap jadi incaran orang. Bahkan, katanya, ‘’disengaja’’ agar tidak terekspose sehingga orang tetap menikmati kealamiannya tanpa diganggu massa. Semua provinsi di Portugal memiliki pantai. Salah satu provinsi yang cukup terkenal akan pantai-pantai indahnya adalah Algarve. Terletak paling selatan, Algarve menahbiskan diri sebagai wilayah yang paling banyak dikunjungi di Portugal setelah Lisbon. Produksi ekonomi yang baik, meliputi hasil laut dan perkebunan, menempatkannya sebagai provinsi

54

LIONMAG DESEMBER 2015

ketiga dengan pendapatan tertinggi. Kini Algarve menggenjot pariwisata agar kian terbuka, sehingga menambah pundi-pundi pendapatan daerahnya. Sebetulnya pariwisata Algarve sudah tersohor di era 1960-an dan memiliki ‘’fans’’ alias pengunjung tetap, seperti dari Inggris, Jerman, dan Belanda. Pada masa itu pengunjung dari tiga negara tersebut diberi kemudahan memiliki properti berupa tanah atau rumah. Maka, tidak heran jika ada yang berlama-lama liburan di Algarve. Pantai-pantai di Algarve hampir sama dengan pantai-pantai di

Indonesia Timur, yang terjaga kealamiannya dan tidak ramai. Umumya terlindungi tebing-tebing kuning kecoklatan, dengan gua-gua, yang memancarkan eksotisme sendiri. Selain itu, provinsi yang ber-Ibu Kota Faro ini juga punya tempat yang spesial untuk wisata berbasis religi. Ada sejumlah destinasi bagi peziarah Katolik. Yang paling memikat adalah hadirnya kapel serta gerejagereja yang dindingnya dijejali tulang belulang serta tengkorak manusia. Orang lokal menyebutnya Capela atau Igreja dos Ossos.


Kelimpahan pantai dengan pasir luas tak pelak mengilhami banyak ide kreatif. Sebut saja festival patung pasir, Fiesa, yang diadakan di desa nelayan Pera. Tak tanggung-tanggung, Fiesa ini disebut sebagai pameran seni patung pasir terbesar di dunia dan berlangsung selama enam bulan! Mengunjungi gereja-gereja berinterior seperti itu kadang menimbulkan rasa seram. Saya sendiri masih susah memahami kenapa para seniman masa lampau bisa punya ide seaneh itu.

IMAJINASI PASIR Kelimpahan pantai dengan pasir luas tak pelak mengilhami banyak ide kreatif. Sebut saja festival patung pasir, Fiesa, yang diadakan di desa nelayan Pera. Tak tanggung-tanggung, Fiesa ini disebut sebagai pameran seni patung pasir terbesar di dunia dan berlangsung selama enam bulan!

(searah jarum jam dari kiri) Praia Da Senhora Da Rocha. • Kota Ferragudo nan menawan. • Tulang belulang manusia dijadikan ornamen Capela dos Ossos-Alcantarilha. • Sagres, kampung nelayan di Algarve. • Algarve Coast.

Dimulai sejak 2003, Fiesa memanfaatkan puluhan ribu ton pasir, memakai lahan seluas 15.000 meter persegi, serta melibatkan puluhan seniman dari berbagai negara. Berbagai macam figur diciptakan mulai dari elemen alam, hewan, hingga manusia. Dari ukuran supermini hingga patung pasir setinggi belasan meter. Setiap tahun digelar, Fiesa selalu menampilkan tema-tema khusus. Ketika awal dihelat, tema yang diangkat adalah Dreamland, yakni tentang Portugal dengan menampilkan simbol-simbol negara yang populer,

termasuk objek wisata dan tokohtokoh masyhur Portugal. Pada 2004 bertema Story of Enchantment yang menghadirkan patung-patung beserta ukiran pasir terinspirasi dongeng maupun legenda terkenal dunia, semisal Cinderella, Putri Salju, Pinokio, dan banyak lagi lainnya. Tahun berikutnya, mengusung tema History & Civilization yang melingkupi lambang peradaban terkenal seperti Coliseum Roma, Kuil Yunani, Tembok China, Taj Mahal India, beserta ornamen-ornamen lainnya. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

55


Tema-tema yang menyangkut simbol negara maupun monumen terkenal dunia cukup mendominasi hingga 2008. Berikutnya bergeser ke tema alam, tumbuhan, dan fauna. Mulai 2012 hingga 2015, tercurah pada tokoh-tokoh idola masa kini, selebriti, dan musisi. Pelaksanaan Fiesa dimulai bulan Mei setiap tahunnya dan pameran dibuka untuk umum sampai menjelang akhir tahun. Pengunjung yang datang tidak cuma melihat patungpatung pasir, tapi bisa juga belajar menciptakan patung sesuai keinginan sendiri. Setiap patung disertai keterangan informatif, sehingga yang tidak begitu mengenal sosok apa atau siapa yang ditampilkan bisa tahu dari keterangan yang tercantum. Berjalan dari satu patung ke patung lain seakan kita bisa mendengar bisikan aneh, bisikan dari pasir. Tak cuma itu, pengalaman bertahun-tahun, telah mengubah Fiesa menjadi tempat yang lebih menarik. Yang ingin memperoleh kesan khusus dapat mengunjungi lokasi ini saat senja ketika matahari terbenam dan suasana lebih imajinatif berkat lampu warna-warni yang dipancarkan ke tiap patung.

56

LIONMAG DESEMBER 2015

(searah jarum jam dari kiri) Punk punya tempat juga dalam festival ini.• Sejumlah pengunjung memasuki area pameran. • Sosok Charlie yang terinspirasi dari film Charlie & the Chocolate Factory.

Alper Alagos, penggagas Fiesa, mengatakan bahwa ide kegiatan ini muncul saat ia bersama temantemannya bermain pasir. Kesukaannya membuat patung dicobanya dengan media pasir. Mereka mencoba di sejumlah pantai di Algarve, namun kontur dan daya lekat pasir di pantai Pera menurutnya paling baik, mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Eksperimen itu kemudian melecutkan niat membuat kreasi seni patung pasir dalam skala besar. Ia lantas menyampaikan idenya kepada pemerintah lokal, yang sangat antusias

menanggapi. Tak hanya seniman lokal yang dilibatkan, perupa dari negara asing pun diundang untuk berperan. Pelaksanaan Fiesa telah menerbitkan geliat wisata Kampung Pera. Selama perhelatan, digelar pula konser musik, pameran seni, bioskop terbuka, dan banyak lagi tawaran wisata alternatif. Rumah makan dan penginapan tumbuh. Pemerhati seni dan alam turut memuji karena Fiesa hanya bermodal pasir yang jelas, selain lebih murah, juga ramah lingkungan. Nah, kapan ide ini diterapkan di Indonesia? Ayo, ke pantai!


Hotel Directory

Where to

Stay B

ulan Desember adalah bulan ditunggutunggu bagi mereka yang ingin merayakan momen pergantian tahun bersama keluarga. Berbagai persiapan mulai dilakukan, dari menentukan pilihan tempat berlibur, sampai konsep perayaan yang akan dibuat. Semua agar hubungan keluarga semakin harmonis sembari memanjatkan doa dan harapan agar di tahun depan sehat dan sukses. Salah satu pertimbangan penting dalam mengisi liburan ini adalah penginapan. Untuk itu sebelum merencanakan liburan akhir tahunnya, ada baiknya memilih hotel yang tepat sehingga liburan akhir tahun akan berakhir sempurna. Beberapa hotel pun kerap memanfaatkan momen ini dengan membuat acara khusus tahun baru. Semua demi liburan akhir tahun yang berkesan dan tidak akan terlupakan. Berikut ini adalah beberapa hotel yang dapat menjadi pilihan saat liburan akhir tahun. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

57


58

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

59


60

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

61


NOVOTEL TANGERANG

62

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

63


NOVOTEL BANJARBARU

64

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

65


NOVOTEL BALI NUSA DUA

66

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

67


NOVOTEL PEKANBARU (SEGERA DIBUKA)

68

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

69


MERCURE JAKARTA SIMATUPANG

70

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

71


MERCURE BALI LEGIAN

72

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

73


IBIS STYLES JAKARTA MANGGA DUA SQUARE

74

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

75


IBIS STYLES YOGYAKARTA

76

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

77


IBIS STYLES BALI BENOA

78

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

79


IBIS STYLES BALI KUTA LEGIAN

80

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

81


IBIS STYLES JAKARTA SUNTER (SEGERA DIBUKA)

82

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

83


IBIS STYLES BALI PETITENGET (SEGERA DIBUKA)

84

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

85


IBIS JAKARTA MANGGA DUA

86

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

87


IBIS JAKARTA CAWANG

88

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

89


IBIS JAKARTA HARMONI

90

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

91


IBIS BANDUNG TRANS STUDIO

92

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

93


IBIS SEMARANG SIMPANG LIMA

94

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

95


IBIS SURABAYA CITY CENTER

96

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

97


IBIS MAKASSAR CITY CENTER

98

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

99


IBIS BUDGET JAKARTA DAAN MOGOT

100

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

101


IBIS BUDGET SEMARANG TENDEAN

102

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

103


104

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

105


106

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

107


Hot Stuff

Sony RX1R II

Kamera Saku Full Frame Sony kini siap dengan generasi penerus Sony RX1R yaitu Sony RX1R II. Kamera saku ini memiliki sensor BSI-CMOS Exmor full frame 35mm dengan resolusi 42.4 megapixel. Ini menjadikannya sebagai kamera saku bersensor full frame dengan resolusi tertinggi di dunia. Sony RX1R II menyediakan pengaturan ISO dari 100 hingga 25600 dan sensornya mengolah data 3.5x lebih cepat dibandingkan Sony RX1R. Kamera ini juga mengusung sistem autofokus 399 titik yang menjangkau 45% area gambar. Sony mengembalikan fitur Optical Variable Low Pass Filter yang memungkinkan pengguna bisa memilih untuk memotret menggunakan atau tanpa low pass filter untuk mendapatkan hasil foto sesuai selera. Lensanya menggunakan Carl Zeiss Sonnar T* 35mm F/2.0 yang juga dapat memotret Macro hingga jarak 14 cm. Sony RX1R II kini dilengkapi jendela bidik elektronik XGA OLED yang bisa disembunyikan jika tidak ingin digunakan. Tersedia juga layar 3 inci fleksibel. Kamera ini juga bisa memotret dengan hasil foto RAM 14-bit, rekam video 60/30/24fps Full HD, dan memiliki koneksi WiFi dan NFC. Sony RX1R II dibanderol US$3300.

Pryma

Headphone Premium Sonus Faber PRYMA merupakan hasil karya terbaru dari pabrikan audio premium Sonus Faber dengan kemasan bergaya industrial sangat cantik dan elegan. PRYMA memadukan material kulit asli serta rangka bodi kokoh campuran tembaga dan logam. Headband-nya hadir dengan model seperti tali jam yang tinggal memasang pengunci di 4 lubang agar terpasang di kepala dengan sempurna. Headband ini juga bisa dilepas pasang dan diganti sesuai gaya Anda. Produksi suara PRYMA dipercayakan pada Paolo Tezzon, perancang akustik dari Sonus Faber. Dengan driver 40mm, PRYMA mampu menghasilkan suara di rentang frekuensi 10 hingga 25.000 kHz dengan tingkat impedasi 32 ohm. PRYMA hadir dalam 5 varian warna dengan harga US$499 dan headband-nya US$75.

Norlan Whisky Glass

Pelengkap Kenikmatan Meminum Whisky Jika Anda mencari kaca yang indahnya menakjubkan dan secara ilmiah dirancang untuk membuat pengalaman minum Anda lebih dari sekedar good buzz, maka saatnya mencoba Norlan. Gelas cantik ini menggunakan dinamika aromatik dan cairan yang unik untuk wiski. Sebuah keindahan dan pengalaman tersendiri saat meminumnya dari gelas yang begitu mengagumkan. Hal tersebut membuat good whiskey untuk meningkatkan indra dan rasa dengan meningkatkan bagaimana aroma mencapai hidung Anda. Hasilnya adalah pengalaman sensorik yang benar-benar mendalam.

108

LIONMAG DESEMBER 2015


LAMPSTER

Robot Unik Dari Lampu Traktor & Sepeda Lampster membawa judul “ coolest lamp ever,� dengan desainnya yang sangat unik. Dibangun dari lampu traktor dan sepeda tua, lampu kecil ini dirancang oleh arsitek muda dan seorang insinyur. Lampu dengan tampilan layaknya superhero ini memiliki dua sumber cahaya LED termasuk yang dikendalikan oleh sentuhan bersama dengan RGB yang dapat mengubah warna dan intensitas cahaya melalui perangkat mobile. Lampster bahkan dapat mensinkronisasikan dengan musik dan berkedip sesuai ketukan lagu. Lampu setinggi 18 inci ini cukup tinggi untuk menerangi seluruh ruang kantor bahkan berfungsi sebagai stand headphone. Lampster semakin unik dengan pilihan berbagai warna dan juga dapat dicap dengan logo Anda sendiri.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

109


Hot Stuff

KTM ION Electric Motorcycle yang Agresif Kreasi terbaru KTM yaitu KTM ION memiliki tampilan unik yang mengagumkan. Motor ini dibangun menggunakan mesin listrik terbaru milik perusahaan. Setiap sepeda listrik memiliki frame modern dan unik yang tetap tanpa suspensi apapun. KTM ION yang dirancang oleh Daniel Brunsteiner ini memiliki ban belakang tebal yang mengesankan dan memberikan tampilan sepeda motor begitu agresif. Sepeda motor elektrik ini memiliki fitur baterai 260V, setang bullhorn, jari-jari fleksibel, dan kursi saddle kulit. KTM ION ini tersedia dalam warna putih atau hitam.

Darth Vader Star Wars Timepiece Saatnya Bergabung dengan Dark Side

Devon Works bermitra dengan Star Wars menciptakan jam tangan Darth Vader edisi terbatas. Desainnya terinspirasi oleh helm Vader dan styling monokromatik dari Galactic Empire, serta menggunakan teknik yang sama dalam kemitraan dengan industri dirgantara. Jam ini menggunakan serangkaian sabuk conveyer dari kaca yang diperkuat nilon untuk memberitahu waktu. Sistem ini dijalankan menggunakan hybrid elector-mechanical power dengan beberapa teknologi tinggi sel optik, micro-step motor, dan 313 kontak elektrik. Desain eksteriornya sangat menarik dengan estetika Empire yang didominasi hitam, berlian seperti berlapis karbon, stainless steel, sekrup perak seperti helm Vader. Interiornya dirancang khusus untuk Star Wars dengan pusat segi enam seperti TIE Fighter milik Sith Lord dan sistem sabuk dibuat merah dan hijau untuk menggambarkan konsol tengah Darth Vader ini. Tali kulitnya bergaris untuk meniru sarung tangan Vader. Jam tangan ini hanya diproduksi 500 unit dengan kotak TIE Fighter dilengkapi sepasang cufflink TIE Fighter dengan harga pre-order US$ 28.500.

110

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

111


Postcard

Jawa Timur

Pananjakan Gunung Bromo Gunung Bromo adalah destinasi wiasata alam yang harus dikunjungi, khususnya bagi pecinta alam maupun pecinta sunrise (matahari terbit). Bromo termasuk sunrise terbaik di dunia karena Pananjakan Gunung Bromo adalah salah satu tempat ketinggian yang menyajikan keindahan alam dan sunrise. Dari sini kita bisa menyaksikan keindahan alam dengan pamandangan yang sangat luas. Akses untuk menikmati keindahan tersebut tidak susah karena tersedia jeep untuk menuju tempat wisata ini. Diko Mezalia Putra SUMATERA BARAT

112

LIONMAG DESEMBER 2015


a timur jaw 01.12.2015

DO

I

A

I

N

N ES

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

113


Postcard

Moscow

cow mos

Red Square

01.12.2015 R U SIA

Red Square menjadi magnet utama turis berkunjung ke Moscow dengan Kremlin, St Basil Katedral, GUM, dan State Historical Museum sebagai batasnya. Red square selalu menarik baik pagi, siang, dan malam hari. Mufti Arifin SEMARANG

Filipina

White Beach acay bor

01.12.2015

FI

IL I I N A P

Di Indonesia ada Pulau Bali, di Filipina ada Pulau Boracay. Salah satu sisi pantai indahnya adalah White Beach. Selain indah dan bersih, terdapat barisan pohon kelapa yang rindang dan sejuk apabila Anda merasa kepanasan. Yang mengejutkan lagi, di pantai ini dilarang merokok oleh pemerintah setempat. Sepanjang pantai White Beach terlihat kapal layar paraw sailing yang siap melayani wisatawan ingin berlayar dengan kapal kecil hanya menggunakan layar kemudi. Memacu adrenalin dan pastinya siapsiap untuk basah kuyup karena di terjang gelombang air laut. Kuliner di sepanjang pantai juga sangat komplit, dari makanan Barat sampai Timur dan aneka seafood Petrus Loo MEDAN

Kirimkan foto Anda beserta cerita di balik foto tersebut ke email : postcard.lionmag@gmail.com


LION GROUP FLEET

2 UNITS Boeing 747 - 400 506 seats ECONOMY

2 UNITs AIRBUS A330-300 440 SEATS ECONOMY

71 UNITS Boeing 737 - 900 ER 215 SEATS ECONOMY

32 UNITS BOEING 737 - 800 NG 189 SEATS ECONOMY Rata-Rata usia pesawat : 3 Tahun 6 Bulan

6 UNITS Boeing 737 - 900 ER TOTAL 180 SEATS 168 seats economy - 12 seats business

14 UNITS Boeing 737 - 800 NG TOTAL 162 SEATS 150 seats economy - 12 seats business

12 UNITS AIRBUS A 320 CEO TOTAL 156 SEATS 144 seats economy - 12 seats business Rata-Rata usia pesawat : 7 Bulan

6 UNITS Boeing 737 - 900 ER TOTAL 180 SEATS 168 seats economy - 12 seats business

2 UNITS Boeing 737 - 800 NG TOTAL 162 150 seats economy - 12 seats business

11 UNITS ATR 72-600 Rata-Rata usia pesawat : 1 Tahun

17 UNITS Boeing 737 - 900 ER 215 SEATS ECONOMY Rata-Rata usia pesawat : 7 Bulan

20 UNITS ATR 72-500 72 seats economy.

20 UNITS ATR 72-600 72 seats economy. Rata-Rata usia pesawat : 2 Tahun 6 Bulan

2 UNITS HAWKER 900XP Rata-Rata usia pesawat : 2 Tahun 5 Bulan


WELCOME ABOARD

Selamat Datang Apa yang harus Anda ketahui tentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan Anda di dalam pesawat. What you need to know about the security, comfort and safety in the aircraft. Live vest is one of safety equipment in the aircraft for emergency condition on water, please do not remove live vest from the place in normal condition and do not to take home. Passengers will get punishment who stole the live vest based on Government regulations. Article 54 of Law No. 1 of 2009 (Pasal 54 undangundangnomer 1tahun 2009).

PERALATAN ELEKTRONIK / Electronic devices Untuk penggunaan laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbely “OFF” dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat makan penumpang harus mematikan penggunaan laptop dan PDA tersebut. For the use of laptops and PDAs may be used after the fasten seat belt off and using flight mode. After the fasten seat belt on in preparation for landing, the passengers have to turn off the laptop and PDA users.

MINUMAN BERALKOHOL / Alcohol beverage Lion Air tidak menyediakan minuman beralkohol di seluruh penerbangannya, dan seluruh penumpang Lion Air dilarang mengonsumsi minuman beralkohol selama penerbangan berlangsung. Lion air does not provide alcohol in lion air flight service, passengers are prohibited from consuming alcohol during the flight.

BARANG-BARANG BERBAHAYA LAINNYA / Dangerous goods Barang-barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa. The goods are flammable (such as matches), explode (firecrackers), containing material magnets, battery, gas cylinders, are not allowed to be brought. MEROKOK / Smoke Peraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan. Terdapat detektor asap di semua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar aturan. Government regulations prohibit smoking during in-flight activities, there are smoke detectors in all toilets and will be subject to penalties for those who break the rules. BAJU PELAMPUNG / Live vest Jaket/Baju Pelampung merupakan salah satu peralatan keselamatan di pesawat untuk kondisi darurat di atas air, jangan keluarkan jaket/baju pelampung dari tempat dalam kondisi normal dan tidak untuk dibawa pulang. Penumpang akan mendapatkan hukuman bagi yang mencuri jaket/ baju pelampung berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 54 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009.

PERJALANAN DENGAN ANAK-ANAK / Travelling with kids Lion Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan di pesawat. Lion Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi. Lion air does not provide baby food for domestic service, diapers are also not provided on the plane. Lion air only provide hot water for baby milk. UTAMAKAN KESELAMATAN / Safety Priority • Sabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan. Seat belts should always be installed during take-off and landing. It is recommended to always put the seat belt during flight. • Barang bawaan harus diletakkan di atas kepala atau di bawah kursi di depan Anda. Luggage must be placed on top of the head or under the seat in front of you. • Silahkan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantong kursi. Di kartu tersebut Anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung. Please read the safety instruction card that is present in the seat pocket. In the card you can determine the location of the emergency exit and a life jacket.

• Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh cabin crew. Look carefully the safety demonstration and instructions which given by the cabin crew BAGASI / Baggage Barang atau benda tajam harus dipak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam bagasi kabin. Bawalah benda berharga dalam tas yang Anda bawa sendiri. Goods or sharp objects should be placed in the trunk and not allowed to be brought into the cabin baggage. Bring precious objects in the bag you carry yourself. Perhatikan berat bagasi Anda. Note the weight of your luggage - Carry on baggage (Bagasi Kabin) tidak lebih dari 7 kg Carry-on baggage (bagasi kabin) not more than 7KG - Bagasi untuk Rute Domestik / Baggage for domestic route: Kelas Ekonomi / Economy class: 20 kg Kelas Bisnis / Business class : 30 kg - Bagasi untuk Rute Internasional / Baggage for international route: Kelas Ekonomi / Economy class : 20 kg Kelas Bisnis / Business class : 30 kg

40 cm

PONSEL / Mobile phone Semua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada di dalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat. All mobile phones and electronic devices that use radio transmission is not allowed during the flight, it can be disturbing system navigation and communication with local control tower

30 cm

20 cm


118

LIONMAG DESEMBER 2015


LION GROUP ROUTE MAP

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

119


INFO SSQ

Just The Aircraft Gets More Care Than You I’m completely sure you have already experience the care of our Flight Attendants before reading this lines. Customer service and attentiveness are no doubt important for Lion Group, our Flight Attendants are well trained to care of your Safety as well to serve you on board. As to our passengers, the aircraft is receiving the best care, to provide a proper aircraft maintenance, which is essential for keeping aircraft and aircraft parts in optimal condition, and ensuring the safety of passengers, pilots and crew before each flight.

Perawatan Terbaik Untuk Pesawat Udara Saya yakin sebelum membaca tulisan ini, Anda telah dilayani dan diperhatikan dengan baik oleh para flight attendant kami. Pelayanan dan perhatikan bagi pelanggan sangat penting bagi Lion Air Group. Para flight attendant kami telah terlatih untuk menjaga dan memperhatikan keselamatan Anda serta melayani Anda selama penerbangan berlangsung. Untuk para penumpang kami, pesawat selalu mendapat perawatan yang terbaik dan tepat untuk menjaga pesawat agar selalu dalam kondisi optimal, dan memastikan keselamatan penumpang, pilot dan kru sebelum penerbangan. Maintenance pesawat adalah hal yang selalu dilakukan secara komprehensif. Seluruh pesawat perlu diperiksa, dipelihara dan mengganti bagian yang perlu diganti untuk menegakkan standar keselamatan yang diamanatkan oleh produsen pesawat dan pihak berwenang. Lion Group mendedikasikan ribuan tenaga kerja dan perlengkapan untuk melakukan pemeliharaan terhadap armada kami. Lion Group juga berinvestasi dalam teknologi baru dan fasilitas untuk maintenance service. Seluruh kegiatan maintenance pesawat dilakukan setelah jangka waktu, jam penerbangan atau siklus penerbangan tercapai. Juga, beberapa komponen pesawat memiliki masa atau batas tertentu, dan perlu segera diganti setelah mencapai masa penggunaan maksimal. Selain komponen pesawat yang harus diganti pada masa tertentu, seluruh komponen pesawat juga harus diperiksa. Berikut adalah beberapa tugas pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh para teknisi bagian maintenance service: membersihkan pesawat beserta komponennya, penerapan senyawa untuk pencegahan korosi, pelumas bagian, sistem pengeringan, memeriksa sistem pelayanan, mengganti komponen, memeriksa bagian umum dan keausan, inspeksi dan pengujian sistem elektronik. Dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang kuat dalam hal keterampilan teknis untuk bekerja di bagian pemeliharaan pesawat. Untuk memastikan kondisi terbaik dari pesawat kami, bisa dikatakan hanya pesawatlah yang memiliki perawatan yang lebih baik dari yang Anda miliki. Selamat menikmati penerbangan Anda. Capt. Jose Fernandez Corporate Safety Director Lion Air Group

Maintenance of aircraft is a comprehensive, ongoing process. The entire aircraft needs to be examined, maintained, and have the necessary parts replaced to uphold the safety standards mandated by the aircraft manufacturer and the regulatory authorities. Lion Group dedicates thousands of man power hours and supplies to perform the most advance maintenance to our fleet. Lion Group is also investing in new technologies and facilities to our Maintenance Services to become the state of the art maintenance center in the region Aircraft are required to be maintained after a certain period of calendar time or flight hours or flight cycles. Also, some aircraft components have a specific life (flight cycle) limit, and need to be replaced immediately upon reaching the maximum use requirements. Besides the aircraft components that are due for replacement, all other parts need to be checked for faults or faulty performance. Here are just some of the routine maintenance tasks performed by a regular inspection: cleaning aircraft and components, application of corrosion prevention compound, lubricating parts, draining systems, checking and servicing systems, replacing components, inspecting for general wear and tear, inspection and test of electronic systems. A strong knowledge of wiring and technical skills is required for working in aircraft maintenance. To ensure the best condition of our aircrafts I would say, just the aircraft has better care than you have. Relax and enjoy your flight


KIDZONE

122

LIONMAG DESEMBER 2015


SUMBER FOTO: wikipedia • 3towerofsemarang.blogspot.com • panduanwisata.id • zonadamai.com • panoramio.com • masbrooo.com • Leonardus Nyoman • viva.com • pontinesia.com • kekunaan.blogspot.com • satuharapan.com • panduanwisata.id • buburmanadopariwisata.wordpress.com • www.lawongan.com

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

123


124

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

125


LADY IN THE AIR

Dania Oktariez Supriyadi

Kekuatan Persuasi

Pembawaannya ceria, bahkan bisa dibilang jenaka. Sejak kali pertama membuka obrolan tentang profesinya sebagai pramugari, lontaran kata-kata Dania Oktariez Supriyadi pun kerap memancing tawa. Guratan parasnya yang tidak terlalu serius membuat Dania tampak mudah bergaul dan akrab dengan siapa pun. ‘’Saya memang pembawaannya suka bercanda. Setiap ada masalah, sebisa mungkin tidak saya perlihatkan ke umum. Tinggal menyelesaikannya secara persuasif, pasti semua masalah akan cepat selesai,” tutur gadis kelahiran Bogor, Jawa Barat, 18 Oktober ini. Meyakini kekuatan persuasi, Dania mengaku lebih sering menyelesaikan masalah dengan bercanda tawa. Ia meyakini pula tidak semua masalah bisa dicari solusinya dengan mekanisme yang serius maupun kelewat serius. Masalah juga sebisa mungkin diselesaikan secepatnya.

‘’Menunda masalah hanya akan membuat masalah semakin besar. Imbasnya, malah jadi mudah sekali tersulut amarah,’’ ujar putri pasangan suami-istri (pasutri) Dadi Supriyadi dan Neneng Solihat ini. Dania menuturkan, penyelesaian masalah secara persuasif sudah membudaya di keluarganya. Dari kebiasaan bagus itu, Dania juga memetik manfaat positif lainnya, seperti berani mengutarakan pendapat dan konsekuen mempertanggungjawabkan ucapannya. Kebiasaan di lingkungan keluarga itu diakui Dania telah menular ke lingkungan sosial yang lebih luas. Alhasil, ia bisa berusaha lebih bijak dalam menyelesaikan setiap masalah, apa pun penyebabnya, dan tidak mudah tersulut emosi. Lalu, menimbang masalah itu dari berbagai sisi serta sebisa mungkin dicari solusinya secara kekeluargaan. ‘’Masalah dicampur emosi hanya akan menyulut masalah baru, apalagi di lingkungan sehari-hari,’’ kata gadis yang tergabung di Batch 217 ini. Namun, sebagai manusia, Dania tidak memungkiri kadang datang situasi sulit yang lebih menguras pikiran serta solusi lebih saksama agar tidak bertambah runyam. Terlebih jika ia dalam kondisi letih. Jika kondisi seperti itu datang, Dania pun memilih berkumpul dengan rekan-rekannya serta berbagi beragam cerita lucu. ‘’Bagi saya, berbagi cerita bahagia dengan teman-teman itu seperti terapi buat menghilangkan masalah yang ada di kala letih,” kata Dania. TEKS Dody Wiraseto FOTO Ristiyono WARDROBE Esmée Sommers - Semarang LOKASI Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta

126

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

127


128

LIONMAG DESEMBER 2015


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

129


130

LIONMAG DESEMBER 2015

LIONMAG DESEMBER 2015  
LIONMAG DESEMBER 2015  

airbus 1330-300, lembata, manado, ferrari, portugal, leisure, travel

Advertisement