Issuu on Google+

#04

ACCTION.

accounting information & entertainments

RESOLUSI

III

2017

UPCOMING

MOVIES

PART OF MY JOURNEY

EXPLORE UJUNG GENTENG

EXCLUSIVE INTERVIEW

REVIEW

IMAKSI

PROKER DIBALIK TABLOID ACCTION

KOMINFO

CREW MUSIC

REVIEW

FENOMENA

PSIKOLOGIS YANG PASTI SERING KAMU ALAMI


CREW Editor in Chief Flowry Adni J.

PRO LOG

Editor Tendi Trian Reporter Hana Ruwaidah Garini Putri Feny Yusnika Annisa Nur F. Designer Fachrurroji Faizin Photographer Novi Fajrin Ahmad Faris Marketing Nadya Senella Hasna Kusuma Admin Dimas Firdaus Contributor Andika Daniel Dyta Permatasari Novira Astie Fauzan F.

2 ACCTION. vol #04

ACCTION.

Managing Editor Giasani S. Nasifah

issuu.com/kominfoimaksi15


Fauzan.F @fauzanfdr

GariniPutri @gariniputrip

NoviraAstie @viraastie

AhmadFaris @farisap

TendiTrian @tenditrian

AndikaDaniel @andika_daniel

FenyYusnika @fenyyusnika

NoviFajrin @fajrinnovi

KOMINFO

CREW FlowryAdni.J @flowryaj

GiasaniSN @gsnasifah

Fachrurroji.F @faizinfach

AnnisaNur.F @annisanurfitr

HasnaKusuma @hasnakd

DimasFirdaus @dimasfirdausss_

NadyaSenella @nadyasenella

HanaRuwaidah @hanaruwaidah

Dyta.P @dytapermatasari


&

FOLLOW

CHECK

ADD SUBCRIBE

THIS

@fqa6676i

imaksiupi @imaksiupi

imaksiupi

IMAKSI

OFFICIAL SOCIAL MEDIA

imaksiupi.wordpress.com

IMAKSI

IMAKSI UPI

OUT


READ

THIS !! VOL #01 VOL #02 VOL #03

Available on :

issuu.com/kominfoimaksi15 ACCTION.

vol #04

5


UPCOMING

CO NTEN TS

MOVIES 2017

AMBers

REVIEW PROKER IMAKSI

Mari Piknik 2017

Welcome to IMAKSI. “Our Culture Our Memories”

MUSIC REVIEW

Danilla 2017

ACCTION'S MYSTERY NUMBERS

ore

l Exp

G UJUN

NG

G

E ENT


Mutia Asma Akuntansi 2013

Luthfi Zahir Akuntansi 2012

Yesy Akuntansi 2016

TEXT FLOWRY AJ

Adin Saify Akuntansi 2013 Salam untuk angkatan 2013 yang baru pada selesai PLA, semoga dilancarkan langkah kedepannya dan bisa lulus semua ditahun 2017 ini. Amiiiin SEMANGAT!

Fika Yustia Akuntansi 2014

Muhamad Naufal Akuntansi 2016

issuu.com/kominfoimaksi15

Salam untuk seluruh warga IMAKSI! Happy new year 2017! Semoga semua resolusi di tahun ini bisa tercapai. Semoga yang belum lulus cepet lulus, yang udah lulus lancar semua rencana kedepannya, yang masih kuliah sambil semoga sino nya selalu membawa kabar baik. Salam khusus untuk 2014 semangat menempuh KKN dan PLA sebentar lagi geng!

ACCTION.

vol #04

7


ASK.PM

2017

Selamat tahun baru bro! Semoga bisa cepet nuntasin sisa mata kuliah yang ngulang, semoga saya dan teman-teman bisa membawa band kami lebih sukses terus pergi ke Inggris/Amerika buat rekaman disana, bisa travelling ke raja ampat di tahun ini, dan yang paling penting temen-temen saya yang jomblo bisa bertemu jodohnya masing-masing. And the last, untuk semua orang yang saya kenal semoga selalu sehat. Amiiin

8 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


Mari Piknik 2017

MARET

FEBRUARI TANGGAL MERAHNYA DI HARI SABTU & MINGGU :( 1 JAN : TAHUN BARU 2017 28 JAN : TAHUN BARU IMLEK

NABUNG DULU AJA GAN

FOKUS CARI PASANGAN BUAT DIAJAK LIBURAN GIH !

JUMAT

SABTU

MINGGU

KAMIS

JUMAT

SABTU

MINGGU

11 12 13 14

14 APRIL : WAFATNYA ISA ALMASIH

11 MEI : HARI RAYA WAISAK 12 MEI : MELIBURKAN DIRI AJA GAN

MINGGU

SENIN

22 23 24 24 APRIL : ISRA MIRAJ SABTU

MINGGU

27 MARET : CUTI AJA GAN 28 MARET : HARI RAYA NYEPI

JUNI

14 15 16 SABTU

25 26 27 28

MEI

APRIL

SENIN

29 30 1

KAMIS

JUMAT

SABTU

SELASA

SENIN

MINGGU

SABTU

MINGGU

25 26 27 28 25 MEI : KENAIKAN ISA ALMASIH 26 MEI : KALO GA ADA KULIAH,ASYIK NIH

JUMAT

SABTU

SENIN

MINGGU

23 24 25 26 RABU

SELASA

JUMAT

KAMIS

27 28 29 30 23, 24, 27, 28 JUNI : CUTI BERSAMA PASTI GAK ADA DOSEN 25 & 26 JUNI : HARI RAYA IDUL FITRI 29 & 30 JUNI : BOLOS AJA, PUASKAN LIBURANMU !

1 MEI : HARI BURUH

JULI PASTI DUITNYA UDAH ABIS NABUNG LAGI KUY !

SEPTEMBER

AGUSTUS KAMIS

JUMAT

SABTU

MINGGU

17 18 19 20 17 AGUSTUS : HUTRI KE-72 18 AGUSTUS : HARI KEJEPIT HEHE

JUMAT

SABTU

MINGGU

1

2

3

1 SEPTEMBER : IDUL ADHA KAMIS

SABTU

JUMAT

MINGGU

21 22 23 24

OKTOBER GAK ADA

TANGGAL MERAH, KECUALI MINGGU :)

21 SEPTEMBER : TAHUN BARU HIJRIYAH 22 SEPTEMBER : SEMOGA GAK ADA DOSEN YAA

NOVEMBER MASIH BELUM ADA LIBUR PANJANG. PIKNIK KE DESTINASI TERDEKAT BISA JADI

SOLUSI

DESEMBER JUMAT

MINGGU

SABTU

1 2 3 1 DESEMBER : MAULID NABI MUHAMMAD SAW SABTU

MINGGU

SENIN

SELASA

23 24 25 26 25 DESEMBER : NATAL 26 DESEMBER : CUTI BERSAMA

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

9


REVIEW PROKER IMAKSI

Bye Bye Pengkaderan Awal Hola! Selamat datang mahasiswa angkatan 2016! Setelah kemarin melalui kegiatan PMB (Pendataan Mahasiswa Baru), maka rangkaian pengkaderan ini dilanjutkan dengan kegiatan BARAKATAK (Barudak Akuntansi Tetap Akrab) XIV. Dimana acara tersebut merupakan puncak dari acara pengkaderan awal. Rangkaian ini diawali dengan kegiatan Masa Bimbingan (Mabim) dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM). Gimana aja sih keseruan acara-acara tersebut? Berikut adalah reviewnya!:)

TEXT FLOWRY ADNI J PHOTO DOKUMENTASI PDD

Nah mabim yang dilaksanakan setiap hari sabtu selama 3 kali ini dilaksanakan pada tanggal 17, 24, September 2016 dan 1 Oktober 2016 bertempat di halaman University Centre. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai kegiatan perkuliahan di UPI, khususnya Akuntansi, mulai dari mahasiswanya, dosennya, dan lingkungan belajarnya, mengenai himpunannya, dan hal lainnya tentang kemahasiswaan.

1. MABIM KE-1

10 ACCTION. vol #04

Mabim pertama ini seperti biasa dimulai pada pukul 6 pagi. Agenda pada mabim pertama ini adalah pengenalan BEM, BPM, Mahasiswa Lama, dan Alumni IMAKSI. Semoga dengan pengenalan ini diharapkan mahasiswa baru dapat menjalin silaturahmi yang baik antar angkatan, dan mengenal akang teteh nya yg ada di IMAKSI, lumayan kan buat nambah-nambah temen belajar atau nongkrong hehe. Dan ada juga pematerian dari Teh Rika Nurrizkiana (2013) dengan judul 'Motivasi Organisasi dan Akademik'. Sebagai mahasiswa, tugas kita semakin berat lho! Kita gak hanya dituntut baik dalam hal akademik, tapi juga organisasi dimana kita melatih softskill kita agar mampu berkomunikasi dan dituntut peka terhadap permasalahan yang ada disekitar kita. Sehingga kita bisa menjadi orang yang berguna dan bermanfaat untuk sesama. Bagaimana kita mengatur waktu untuk berbagai kegiatan, dan tetap konsisten dengan apa yang kita pilih. Jadi, semangat terus ya!

issuu.com/kominfoimaksi15


2. MABIM KE-2

3. MABIM KE-3

Mabim di akuntansi gak lama-lama kok, cuma sampe setelah dzuhur aja hihihi, seru kan mabimnya? Dan mabim 2 lebih seru lho! Kenapa? Karena hari ini agendanya 'Explore UPI' yeay! Setiap kelompok diberikan peta dan jalurnya sendiri untuk melakukan explore UPI. Mereka akan mengunjungi 4 (empat) pos yang telah disiapkan oleh panitia dimana pospos tersebut diisi oleh BEM, BPM, Mahasiswa Lama, dan Alumni. And, each post have their own games!

Who's ready? Pokoknya games disetiap pos nya benarbenar melatih kerjasama, kekompakan, dan keterampilan setiap kelompoknya. Dan peta yang telah diberikan juga harus dilengkapi dengan lokasi sesungguhnya yang ada di Kampus UPI. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan kampusnya, jadi gak nyasar dikampus sendiri deh hehe dan bisa jawab nih kalo tiba-tiba ada yang nanya seputar gedung yang ada di UPI:D Kegiatan selanjutnya adalah perkenalan mahasiswa akuntansi dari angkatan pertama lho! Yaitu 2002-2014. Jadi, udah dapet kecengan belum nih? Hehehe.

issuu.com/kominfoimaksi15

Mabim terakhir nih yang diadakan oleh IMAKSI untuk mahasiswa baru 2016. Dimana agenda pada mabim ini adalah presentasi tentang dana usaha dan scrapbook yang telah dibuat oleh setiap kelompoknya. Dana usaha ini merupakan pemberian modal kepada mereka dimana diharapakan modal tersebut dapat dikembangkan dan melatih jiwa wirausaha mereka. Dan scrapbook adalah pembuatan buku kreatif yang berisi tema-tema yang telah diberikan panitia kepada setiap kelompok, seperti, informasi beasiswa, kepengurusan BEM dan BPM IMAKSI, fasilitas yang ada di UPI, dan lainnya. Dan ada juri yang akan menilai presentasi mereka lho! So, prepare your best! Dan ada pematerian dari salah satu alumni IMAKSI angkatan 2010 yang menyampaikan judul 'Networking'. Mahasiswa itu harus punya relasi yang luas guys! It will give you so much benefit banget deh! Mulai dari bisa pinjem buku perkuliahan, tanya-tanya seputar beasiswa, atau bahkan nih bisa dapet informasi magang, dan kerja. Jadi diharapkan mahasiswa baru gak segan-segan buat mengenal akang teteh dan dosen yang ada di akuntansi. Karena gak ada salahnya kok kenal sama seseorang, cause who knows the future, right?:) Dan diakhir mabim ke 3 ini diumumkan pemenang dana usaha dan scrapbook terbaik. Selamat kepada pemenang! Juga pembagian slayer IMAKSI kepada mahasiswa baru 2016 yang diawali dengan pemberian kepada 10 mahasiswa terbaik yang dilihat dari keaktifan dan kedisiplinan selama mabim berlangsung. Sekali lagi, selamat!

ACCTION.

vol #04

11


Masa bimbingan telah usai dan dilanjutkan dengan LKM. Pada tahun ini telah sampai pada Latihan Kepemimpinan Mahasiswa ke X yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 8-9 Oktober 2016 bertempat di Aula Kantor Divisi K-3 UPI. Tema yang diangkat adalah “Membangun Kader yang Berkarakter AKUNTAN (Aktif, Komunikatif, dan Berani) Menuju Pemimpin yang Cerdas dan Berintegritas�.

HARI KE-1

HARI KE-2 Yuk semangat-semangat! Hari terakhir LKM ini peserta akan melakukan sidang untuk pemilihan ketua angkatan mahasiswa akuntansi 2016. Sebelum itu ada post test dengan soal yang sama dengan pre test kemarin. Nah lho siapa nih yang nyesel gak merhatiin pematerian kemarin?hihihi. Yuk mulai sidangnya! Dengan pematerian yang telah diberikan kemarin mengenai persidangan, diharapkan peserta dapat mengaplikasikannya dengan baik dalam sidang ini dan dapat mengetahui bagaimana seharusnya suatu persidangan pada umumnya berjalan.

Mahasiswa 2016 diinstruksikan untuk datang pada pukul 6 pagi. Diawali dengan pemeriksaan barang bawaan oleh masingmasing mentor. Sebelum pematerian nih peserta diberikan pre test mengenai beberapa materi yang akan disampaikan hari ini. Pre tes dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta. Agenda hari ini adalah pematerian dari 4 pembicara, yaitu diawali dengan materi 'Teknik Persidangan' oleh Kang Abdullah (2013), kemudian dilanjut dengan materi 'Manajemen Aksi' oleh Kang Taofik (2012), setelah itu materi tentang 'Kepemimpinan Diri' oleh Kang Ali. Setelah waktu dzhur dilanjutkan materi tentang 'Sejarah Pergerakkan Mahasiswa ser ta ORMAWA' yang disampaikan oleh Bapak Syahidin. Let's go outside! Agenda selanjutnya bakal rame nih! Kegiatan ini nih yang ditunggu-tunggu oleh akang teteh hihihi. Ya! Simulasi Aksi. Dengan pematerian yang telah diberikan sebelumnya, peserta LKM diharapkan mampu mengimplementasikannya dalam simulasi aksi ini. Setelah selesai simulasi aksi, agenda selanjutnya adalah debat mengenai permasalahan yang telah disiapkan oleh panitia. Diharapkan melalui kegiatan debat ini setiap peserta dapat menyuarakan pendapatnya dengan berani. Dan juga melatih untuk kritis dalam menyikapi suatu permasalahan dan melihatnya tidak hanya dari satu sudut pandang. Yuk jangan takut berpendapat teman-teman! Tapi jangan lupa jugan untuk menyampaikannya dengan adab yang baik ya...

12 ACCTION. vol #04

Dan setelah memakan waktu yang cukup lama, pembahasan yang begitu banyak, dan perdebatan yang cukup panas, akhirnya sidang selesai juga ya:D Dan dengan berakhirnya sidang ini maka telah didapatkan hasil dari tujuan sidang ini yaitu ketua angkatan mahasiswa akuntansi 2016. Selamat kepada saudara Primaderi Ikmi Haqulyaqin! Semoga dapat bertanggung jawab dan menjalankan amanahnya dengan baik. Sukses selalu ya! Akuntansi 2016: Satu Hati, Satu Tujuan, Satu Akuntansi! Yeay!

issuu.com/kominfoimaksi15


The most awaited internal event of IMAKSI! Barudak Akuntansi Tetap Akrab (BARAKATAK) XIV dengan tema “Self Development for Solidarity and Integrity�. Telah berjalan dengan lancar pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Oktober 2016. Dan kali ini BARAKATAK diadakan di Wisma Gamboeng, Ciwidey, Bandung. Yippi! Ayo kita review keseruannya!

HARI KE-1 Let's pack your bag! Semua peserta berkumpul pukul 6 pagi di parkiran Gedung Garnadi. Sebelum berangkat, terdapat apel pembukaan dan pembacaan doa terlebih dahulu. Setelah itu seluruh peserta menuju mobil truk TNI yang telah disiapkan untuk perjalanan kali ini. Setelah kurang lebih 3 jam, Alhamdulillah seluruh peser ta sampai. Dan langsung berkumpul di lapangan yang disiapkan untuk melakukan games, dan makan siang

Setelah selesai, peserta diinstruksikan menuju wisma untuk merapihkan barang-barang dan bersiap mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu post to post, seperti di mabim 2. Dengan pengisi pos yang sama saat mabim yaitu BEM, BPM, Mahasiswa Lama, dan alumni. Tapi kali ini dijamin lebih seru dari mabim 2 gamesnya! Walaupun hujan turun dengan deras, hal itu tidak melunturkan semangat para peserta, panitia, dan pengisi pos. Semangat semangat!

Selesai agenda tersebut, peserta diberi waktu untuk patut diri (bersih-bersih), istirahat, dan shalat sampai dengan ba'da isya. Sebelum makan malam, peserta diberi kejutan dengan dibawa dalam keadaan mata tertutup menuju wisma dari musholla. And, Welcome To IMAKSI! Paintia menyalakan lampu tumblr yang telah membentuk tulisan tersebut dan suasana semakin meriah dengan dinyalakannya kembang api yang mewarnai langit. Kemudian perwakilan alumni dan ketua BEM IMAKSI memberikan sepatah dua patah kata untuk mahasiswa 2016. So, once again, Welcome To IMAKSI! Ayo waktunya makan:D Seluruh peserta duduk membaur dengan akang teteh IMAKSI yang lain, biar makin akrab dan bisa ngobrol-ngobrol langsung hihihi. Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan seni dari setiap kelompok yang dari jauh-jauh hari telah diberitahukan oleh panitia. Ada penampilan akustik , drama musikal, musikalisasi puisi, tari kontemporer, sulap komedi, acapella, dan lainnya. Penampilannya keren semua! What an entertaining night!:D Ada jurinya juga nih untuk memilih penampilan terbaik yang akan di umumkan esok hari. See ya!

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

13


REVIEW PROKER IMAKSI

HARI KE-2 Good morning everyone! Seluruh peserta telah dibangunkan sejak pukul 3 dini hari untuk mengikuti muhasabah sekaligus shalat subuh berjamaah. Setelah itu dilanjut dengan sarapan bersama seluruh warga IMAKSI. Di hari kedua ini ada pemutaran video dokumenter yang berisi kegiatan pengkaderan sejak mabim pertama. Siapa nih yang muka-muka gak kobe nya ada di video? Hahaha. It was fun to watch! Ada juga pembacaan awarding untuk peserta, panitia, mahasiswa lama, dan alumni. Kategorinya beragam sekali, seperti, teramah, terjutek, terbaik, sampai tergaring juga ada lho!:D Selamat ya untuk para pemenang! Oiya! Yang paling ditunggu adalah pemilihan King and Queen mahasiswa 2016, dan pemenangnya jatuh kepada Ade Irva dan Catur. Wihiiii congratulation!

Gak berhenti sampai disitu, sebelum hari ini selesai, ada penampilan project angkatan 2016 yang dipersembahkan untuk warga IMAKSI. Project angkatan mereka berupa flashmob, keren flashmobnya! Setelah itu ada games terakhir huhuhu games ini bernama 'Benteng Takeshi'. Dimana mahasiswa 2016 harus terbagi menjadi bagian yang bertahan dan menyerang. Tugas mereka membawa ember yang berisi air dan tidak boleh terkena warna yang nantinya akan disemprotkan oleh lawan. Diujung jalur telah disiapkan tulisan tanda bahwa mereka menang. Dan setelah sesi serang-menyerang dari masing-masing pihak yang berujung pada siram-siraman air, akhirnya mereka berhasil sampai finish. Yeay! Selamat!

14 ACCTION. vol #04

Games ini di akhiri dengan foto bersama, mahasiswa 2016, maupun panitia. Kemudian langsung menuju wisma lagi untuk patut diri sebelum pulang. Dan acara hari ini diakhiri dengan apel penutupan dipimpin oleh Pak Yana. Alhamdulillah selesai‌‌dan seluruh peserta menuju truk kembali untuk perjalanan pulang. Alhamdulillah seluruh peserta selamat sampai tujuannya masing-masing. Terimakasih telah mengikuti seluruh rangkaian acara IMAKSI sampai selesai, jangan bosen-bosen ya!:) Tetap sehat, tetap semangat! See you next year!

issuu.com/kominfoimaksi15


Welcome to IMAKSI.

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

15


REVIEW PROKER IMAKSI TEXT FLOWRY AJ PHOTO DOKUMENTASI PDD

It’s Time to Upgrading, Dude! So, it's been a half of our journey for this period. And all of you have done the best at anything. Let's we have some fun, lots of fun! Let's do the upgrading!

Yuk semangat terus, semangat lagi! Ayo sejenak kita refreshing bersama-sama biar makin semangat dalam menjalankan kepengurusan IMAKSI diperiode ini sampai selesai. Untuk itu divisi PSDO menyelenggarakan 'Upgrading' pada sabtu, 12 November 2016 di daerah Sagalaherang, Subang. Di salah satu rumah warga IMAKSI. Kepengurusan BEM IMAKSI Kabinet Bersinar bersama-sama pergi menuju tempat tujuan pukul 8 pagi. Setelah sampai, para peserta beristirahat sejenak sambil mendengarkan pembukaan dari ketua BEM IMAKSI, Kang Anggara (2014) dan pembacaan ayat suci Al-Quran. Setelah itu dilanjut dengan pembacaan awarding oleh panitia dengan kategori anggota terbaik, anggota terajin, dan divisi terkompak. And the winner is: Anggota Terbaik: Kang Eka (2014) dari Divisi PSDO Anggota Terajin: Kang Dityo (2014) dari Divisi EKOSOSPOL Divisi Terkompak: Divisi KOMINFO

Selamat kepada para pemenang! Semoga dengan penghargaan tersebut dapat memotivasi diri sendiri maupun orang lain untuk tetap dan terus memberikan kontribusi terbaiknya untuk IMAKSI semakin maju. Setelah itu dilanjutkan dengan games “It's Cooking Time�. Seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi 4 kelompok secara random. Eits, sebelum memasak, setiap kelompok harus mencari bahan-bahannya terlebih dahulu di tempat yang telah diberitahukan clue nya oleh panitia. Setelah waktu habis, setiap kelompok langsung berbaris dan bergantian menyiapkan makanan dengan waktu masing-masing orang adalah 10 detik. The most funniest cooking ever!:D apalagi pas bagian cowok-cowok nih masakannya banyak yang berubah rasa hahaha. Ada jurinya nih untuk menentukan pemenang yang masakannya paling enak. Dan pemenangnya adalah kelompok 1! Selamat! Ayo yang lain belajar masak lagi biar menang:D Kemudian seluruh peserta masuk kembali kedalam ruangan yang ditengahnya telah berisi makanan beralaskan daun pisang, kalo orang bandung bilang sih botram yah? Hihihi Happy lunch everyone!

Alhamdulillah kenyang yah!:D Kegiatan upgrading belum selesai lho. Agenda terakhir adalah sesi sharing antar pengurus nih. It's time for you to speak up about IMAKSI, for better IMAKSI. Secara bergiliran pengurus IMAKSI menyuarakan tentang pendapat dan kritiknya selama kepengurusan dan tentunya harapan IMAKSI kedepannya seperti apa. Semoga apa yang dikritisi dan diharapkan dalam kegiatan hari ini dapat menjadi semangat untuk kepengurusan selanjutnya demi IMAKSI yang terus jaya. So, let's finish this period dengan semangat terbaikmu!

16 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


PELATIHAN LAPANGAN ORGANISASI “Bersama Berkontribusi untuk IMAKSI� Menjelang akhir periode kepengurusan, akang teteh BEM IMAKSI 2016 akan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana ketika kita berada dalam suatu organisasi, what should we do, what we have to prepare if there is an event, and many more. Yup, kegiatan ini adalah Pelatihan Lapangan Organisasi (PLO). Bertempat di Natural Hill, Parongpong, Lembang, kegiatan ini dikhususkan untuk mahasiswa akuntansi angkatan 2016. Bertolak dari kampus UPI sekitar pukul 08.00 WIB dan tiba pukul 09.00 WIB. Let's enjoy yourself today! Diawali dengan pembukaan oleh panitia, pembacaan doa, dan sambutan dari ketua pelaksana acara, Teh Naomi dan ketua umum BEM IMAKSI, Kang Anggara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi pertama tentang Kesekretariatan dan Birokrasi Kampus oleh Teh Tasya dan Kang Dityo. Dari materi yang pertama ini diharapkan 2016 bisa mulai mengerti mengenai apa yang harus disiapkan ketika ingin menjalankan sebuah program kerja, dimulai dengan proposal, membuat surat-surat perizinan dari level yang paling bawah sampai atas. It's not as easy as you imagine, but it's always easy if you do it together:p Lalu ada p e m at e r i a n o l e h Te h N e n g R i ya n t i s ep u t a r Kebendaharaan nih. Psst who doesn't need money for a n ev e n t ? ! K i t a h a ru s p i n t a r - p i n t a r d a l a m mengalokasikan dana, baik itu pendapatan dan pengeluaran dalam sebuah acara lho! Jangan sampai kita mengeluarkan uang seenaknya tanpa melihat dana yang telah dianggarkan.

Dan yang terakhir ada pemberian materi seputar public speaking oleh Kang Irsyad. Nah ini dia yang paling penting, kita harus berani bersuara guys. Dalam sebuah organisasi, pendapat dari masingmasing individu itu sangat dibutuhkan demi kemajuan organisasi tersebut. Jadi jangan malu-malu untuk menyuarakan pendapatmu, be confident! Karena siapa tau ide kamu adalah ide yang ditunggu-tunggu orang lain lho! Sebelum dilanjut pada acara selanjutnya, peserta dipersilahkan untuk istirahat, shalat, dan makan terlebih dahulu. Ayo semangat! Karena setelah ini akan ada games yang telah disiapkan panitia untuk para peserta. Seluruh peserta dibagi menjadi dua kelompok, dan harus mengikuti 3 jenis permainan yang ada yaitu, Labirin, Sambung Kata, dan Rakit (Perahu). Dimana masing-masing permainan ini mewakili setiap divisi yang ada dalam BEM IMAKSI. Diakhir permainan, kelompok dengan poin terbesar akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah! Yippi! Congratulation for the winner!

Dengan berakhirnya agenda terakhir ini menandakan bahwa acara PLO hari ini telah selesai. Terimakasih untuk seluruh peserta yang telah mengikuti acara PLO kali ini, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat. See you!

TEXT FLOWRY AJ PHOTO DOKUMENTASI ACARA

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

17


REVIEW PROKER IMAKSI

“Membangun Integritas dan Kredibilitas Seorang Akuntan Menuju Indonesia Bebas Fraud�

Ada program kerja baru nih di BEM IMAKSI periode ini! Comes from 'Divisi Akademik' sebagai owner program kerja ini yaitu Pelatihan Audit, dimana acara ini merupakan pengembangan dari program kerja sebelumnya yaitu Pelatihan Software Akuntansi Zahir. Karena teknologi yang semakin maju dan berkembang sangat pesat, software akuntansi Zahir ini dirasa sudah tidak cocok ditahun ini. Sudah banyak software akuntansi lainnya yang bermunculan and of course it's more sophisticated! Tapi kali ini mencoba dengan pemberian pelatihan audit dari para expert di bidangnya, although they are still the junior auditor, Teh Mega dan Kang Kresna yang merupakan alumni dari akuntansi UPI angkatan 2011 mampu menyampaikan materi yang berkaitan dengan cukup baik. Bertempat di Ruang E405 Lt. 4 Gedung FPMIPA A, acara ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB. Oiya, acara ini free lho! Tapi hanya untuk 100 orang saja dan khusus untuk angkatan 2013 dan 2014. Hal ini dikarenakan mereka telah dan sedang mendapatkan mata kuliah Pengauditan. Materi yang disampaikan oleh pemateri adalah seputar kegiatan atau bagian-bagian yang dikerjakan oleh junior auditor dalam suatu perusahaan pada umumnya. Seperti bertemu klien, mencari informasi terkait kegiatan usaha klien tersebut, membuat neraca, analisis rasio, klaim piutang, dan lainnya. Tidak hanya itu, tapi juga mereka menjelaskan seperti, apa yang harus disiapkan ketika bertemu klien, bagaimana menjadi junior auditor yang profesional, dan implementasi ilmu akuntansi dalam perkuliahan di dunia nyata. Diakhir pematerian ada juga pemberian contoh perhitungan yang dilakukan junior auditor. It really opens our mind! Benar-benar memberikan gambaran kepada kita bagaimana profesi seorang internal auditor sebenarnya. And the last, ada sesi tanya jawab juga untuk peserta yang penasaran dan mungkin belum jelas dengan pemaparan yang telah diberikan sebelumnya. Dan cukup banyak juga lho yang mengajukan pertanyaan. Semua jawaban yang diberikan benar-benar memuaskan para penanya, nah buat yang masih penasaran boleh banget nih menghubungi akang tetehnya dibelakang, atau make an appointment sama mereka untuk belajar lebih jauh. Jangan malu-malu lho untuk dapet ilmu!:D

Jadi, bertambah lagi ilmu kita hari ini mengenai audit. Yeay! Semoga apa yang disampaikan hari ini bermanfaat untuk teman-teman yang hadir. Sampai jumpa di pelatihanpelatihan selanjutnya!:)

TEXT FLOWRY AJ PHOTO DOKUMENTASI PDD

18 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


It's time to reuni! Yay! Sejak berdirinya prodi akuntansi di tahun 2001, baru pertama kalinya pada Sabtu, 26 November 2016 diadakan reuni akbar alumni dari angkatan pertama yaitu 2002 sampai 2012. Bertempat di Ballroom Hotel Holiday Inn Pasteur, acara yang berlangsung sejak pukul 15.00-21.00 WIB telah berjalan dengan lancar dan meriah. Dengan mengusung tema “Reunite, Reminisce, Rejoice” acara ini dimaksudkan dapat menyatukan, mengumpulkan kembali warga IMAKSI yang telah menjadi alumnni untuk sama-sama mengingat, mengenang masa-masa kuliah dulu, bertemu dengan teman-teman seperjuangannya sehingga akan tercipta kegembiraan, kebahagiaan diantara mereka karena kenangan-kenangan saat masa kuliah dahulu. Dipandu oleh MC dari angkatan 2013 dan 2005 yaitu Teh Rika dan Kang Bayu, acara ini dipenuhi dengan keceriaan dan keseruan dari para alumni yang hadir dan juga bintang tamu yang turut memeriahkan acara hari itu. Mulai dari penampilan IMAKSI Voice, IMAKSI Dance, Tarian Rampak Kendang dari UKM KABUMI UPI, dan Akustikan dari mahasiswa aktif akuntansi. Penampilan mereka benar-benar keren dan menghibur seluruh hadirin yang datang. Until the audience said 'we want more, we want more' Wow! You guys did the best! Kemeriahan berlanjut saat sesi bincang-bincang atau talkshow dengan para alumni yang memiliki background pekerjaan yang berbeda. Seperti dari pemerintahan, swasta, maupun wirausahawan. Dilibatkan juga dosen prodi akuntansi yang hadir dalam sesi ini guna mengetahui sejauh mana materi akuntansi yang diberikan selama kuliah dapat mempengaruhi pekerjaan mereka dan implementasinya dalam dunia kerja. And really, there is nothing useless if you can see something from many perspectives. Para alumni berpesan kepada warga IMAKSI lainnya khususnya mahasiswa aktif untuk terus semangat dalam menyelesaikan studinya, jangan sampai kita bermalas-malasan yang berujung pada penyesalan diakhir, cause it changes nothing.

Dan suasana semakin hangat ketika ditayangkan video dokumenter yang berisi foto-foto dari setiap angkatan saat masa kuliah dulu, para alumni sangat terhibur, ada yang tertawa, ada yang kaget melihat wajahnya terpampang di video, ada yang terharu cause they really miss that moment. Tapi acara tidak berhenti sampai disitu, setelah sesi foto bersama untuk setiap angkatan dengan para dosen, acara selanjutnya dimana merupakan puncak dan tujuan dari acara reuni akbar ini adalah pembentukan formatur untuk Ikatan Alumni Akuntansi (IKA) Akuntansi UPI. Dengan hasil sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

Bambang Senoadi (2002): Ketua Renny Friska (2010): Sekretaris Susanti (2002): Anggota Achmad Zulfikar (2003): Anggota M. Aria Septian (2003): Anggota Arie A. N. (2004) Anggota Bhatara (2004): Anggota Ade Desfrianto (2005): Anggota Asih (2005): Anggota Reza Ali Akbar (2009): Anggota Audri Utaminingsih (2010): Anggota Irsyad F. Prasetia (2012): Anggota

Nah, apa sih tugas tim formatur ini? Tim formatur ini diharapkan dapat merealisasikan terbentuknya Ikatan Alumni yang resmi besera perangkatnya dalam waktu 12 bulan sejak acara reuni akbar ini. Namun tim formatur ini belum memiliki pembina/penasehat didalam strukturnya. Untuk itu dengan langkah awal terbentuknya tim formatur ini besar harapan mereka agar mendapatkan dukungan penuh dari semua elemen yang ada, yaitu prodi akuntansi, IMAKSI, dan alumni sendiri dalam melaksanakan tugas mereka.

REUNI AKBAR PERTAMA

AKUNTANSI FPEB UPI “Reunited, Reminisce, Rejoice”

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa prodi akuntansi UPI belum memiliki Ikatan Alumni yang resmi selama lebih dari 10 tahun berdiri. Sedangkan Ikatan Alumni sangatlah penting dalam mendukung keberlangsungan prodi itu sendiri. Dimana dengan adanya ikatan ini dapat terlaksana program-program kerja yang membantu prodi, mahasiswanya, dan kegiatan lainnya. Seperti pemberian bantuan dana untuk mahasiswa yang tidak mampu, pemberian pelatihan-pelatihan berkaitan akuntansi atau softskill lainnya yang dapat meningkatkan kualitas warga IMAKSI dari para alumni yang berpengalaman, dan kegiatan positif lainnya yang dapat ditiru dari Ikatan-ikatan Alumni yang sudah ada. Sehingga terdapat kesinambungan serta kontribusi nyata dan penuh dari seluruh elemen warga akuntansi. Dan terjalin silaturahmi yang erat antara warga IMAKSI.

issuu.com/kominfoimaksi15

Semoga dengan terlaksananya acara reuni akbar perdana ini dapat menjadi langkah awal warga akuntansi UPI dalam membangun akuntansi UPI yang semakin baik, maju, dan jaya. Semoga terdapat acara-acara reuni akbar selanjutnya yang terus menyambungkan tali silaturahmi antar warga akuntansi. Cause it's always good to reunite with the olds! IMAKSI, JAYA! IMAKSI, JAYA! AKUNTANSI, JAYA!

TEXT FLOWRY AJ PHOTO TIM DOKUMENTASI

ACCTION.

vol #04

19


INTERVIEW Dream Don't Work Unless You Do! Halo warga akuntansi! Kali ini crew telah mewawancarai lagi salah satu alumni yang keren banget dan tentunya bisa memotivasi kalian semua nih. Siapa ya kira-kira? Perempuan kelahiran Pematangsiantar 18 april 1991 ini menghabiskan masa SMP dan SMA nya di Sumatera Utara. Kemudian langsung melanjutkan studi S1 nya pada tahun 2009 di UPI, Bandung dengan jurusan akuntansi. Yup, sekarang Teh Yohana Carla Sitanggang sedang melanjutkan studi S2 nya di Belanda. Wow! Siapa nih yang mau kuliah di luar negeri juga seperti Teh Yohana? Nah dalam wawancara kali ini Teh Yohana atau yang akrab di panggil Teh Yoyo bakal berbagi tips dan triknya lho! Yuk langsung simak hasil wawancara kita! 1. Cerita sedikit dong teh dulu kegiatannya selama kuliah di UPI itu apa aja teh? Saya mahasiswa akuntansi UPI angkatan 2009 dan lulus pada tahun 2013. Kegiatan selama kuliah standar seperti kalian. Kuliah sambil ikut kegiatan IMAKSI baik menjadi panitia dan pengurus, hingga tahun terakhir. Selain IMAKSI, saya juga ikut dalam beberapa kegiatan keluarga mahasiswa katolik (KMK) UPI dan sempat bergabung di BEM REMA, hingga akhinya memutuskan untuk keluar BEM REMA karena waktu yang sudah mulai padat. Selain organisasi, saya juga rajin ikut seminar dan training yang berkaitan dengan akuntansi dan audit, ikut dalam tim olimpiade, bekerja part time di salah satu studio foto sambil menunggu jadwal PLA, menjadi asisten lab mata kuliah management accounting dan pada tahun terakhir, saya magang di salah satu KAP di Jakarta, Grant Thornton dan langsung bekerja disana setelah sidang. Standar bukan? Saya yakin saat ini mahasiswa juga melakukan hal yang sama bahkan mungkin lebih baik lagi. 2. Dan sekarang teteh sedang melanjutkan studi S2 di Belanda nih, itu gimana ceritanya teh? Tips dan triknya menurut teteh yang bisa dibagi sama temen-temen IMAKSI apa nih teh? Iya benar, sekarang lagi lanjut master di Erasmus University Rotterdam, dengan beasiswa LPDP. Berawal dari mimpi untuk bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi dari S1 di luar negeri. Sebelumnya bahkan senang sekali bercanda dengan salah satu dosen (saya yakin kalian kenal), Pak Denny, bahwa kelak kami akan bertemu di Eropa. Bermimpi boleh saja, kalau masih realistis ya harus dikejar dong ya? Saya kejar mimpi saya, begitupun pak Denny, eh 2016 kemarin kami benarbenar bisa bertemu. Gak ada tips and trik khusus. Apalagi triknya. Untuk hal seperti itu adanya usaha, niat dan doa. Kalau tips, mungkin lebih ke arah saran kali ya. Saran saya untuk yang mau lanjut sekolah dengan beasiswa, jangan takut bermimpi dan keluar dari zona nyaman. Itu hal pertama. Hal kedua, rajinrajin lihat program dari portal kampus-kampus yang dituju, lihat apa yang dibutuhkan (termasuk IELTS), lalu iseng-iseng disiapin apa yang kira-kira sulit. Ya, Bahasa tentunya yang paling penting. Hal yang sama berlaku untuk beasiswa. Klise mungkin, tapi itulah yang saya lakukan dulu, sambil bekerja pula. Kalau mau tau lebih banyak bisa kontak saya saja. Tapi jangan tanya begini “Teh yoyo, caranya gimana biar dapat beasiswa?”. Kalau itu saya juga sampai saat ini gak tau bentuk penilaian saya dulu gimana sampai lulus. Haha. TEXT FLOWRY AJ

20 ACCTION. vol #04

3. Terkait acara reuni akbar perdana akuntansi UPI dan akreditasi A yang telah didapat, pendapat teteh gimana? Dampak untuk kedepannya dan khususnya untuk alumni kira-kira apa aja nih teh? Reuni akbar itu sangat baik. Itu wadah yang tepat untuk alumni saling diskusi mengenai apa yang harus dilakukan oleh alumni terutama agar dapat membantu Akuntansi UPI semakin baik dan dikenal masyarakat luas, terutama institusi-institusi ternama. Kalau bukan alumninya yang berusaha, lalu siapa lagi yang bisa diluar pihak kampus? Ajang seperti itu juga bisa dimanfaatkan untuk bangun koneksi dengan alumni-alumni yang sudah bekerja di institusi yang baik, siapa tahu bisa ikutan kerja disana juga kan? Hehe. Yang paling penting sebenernya membangun pendapat, bagaimana kita bisa membantu memajukan akuntansi UPI. Nah, sudah akreditasi A kan? Itu berarti pemerintah pun sudah mengakui kualitas kita. Tugas kita bagaimana mempertahankan itu dan membuka pintu untuk banyak pihak mengetahui bahwa kualitas kita tidak kalah dengan pendahulu-pendahulu departemen akuntansi di universitas lain yang terkenal. Dampak untuk alumni dengan akreditasi A ini tentu baik. Terutama untuk yang mencari kerja, tapi masih belum efektif karena banyak orang yang masih bertanya, UPI dimana? Oh, ada akuntansi UPI yang bukan untuk jadi guru ya? Begitu. Makanya saya sebut tadi bahwa ini adalah tugas bersama, yang seharusnya bisa dibawa di reuni akbar. 4. Masih dalam suasana tahun baru, nah biasanya ditahun baru seperti ini ada agenda apa aja teh? Pernah merayakan tahun baru di Belanda gak nih teh? Agenda tahunan sebelum kuliah lagi sih stock opname di klien. Hehe. Sejak bekerja, tahun baru jadi hari yang biasa untuk saya. Tapi tahun ini berbeda, Karena saya bisa pulang sebentar setelah 1,5 tahun gak pulang dan berkumpul dengan keluarga. Tradisi keluarga ya berkumpul bersama dan saling sharing tentang satu tahun ke belakang dan saling bermaaf-maafan. Orang batak menyebutnya “mandok hata”. Hehe. Kalau tahun 2016 kemarin saya menghabiskan tahun baru di Belanda. Rame sekali bahkan sampai ada kebakaran karena banyak “bule”-nya yang mabuk di jalanan sambil merayakan tahun baru. Disini juga orang-orangnya bisa gak kekontrol kok. Umumnya tiap kota di Belanda punya satu titik di tengah kota untuk merayakan tahun baru dengan kembang api yang meriah. Jadi bisa dibayangkan berisiknya Belanda saat itu, Karena kembang api hanya legal saat tahun baru saja. Diluar tahun baru, kembang api itu dilarang. Hasil wawancaranya seru banget kan? Cerita-cerita dari Teh Yohana benar-benar menambah semangat kita ya untuk terus belajar dengan baik dan berusaha keras untuk mengejar mimpi kita. Dan di akhir wawancara Teh Yohana titip pesan nih, “Semoga membantu ya jawaban-jawaban saya. Selamat bermimpi anak muda! Ditunggu di Eropa!” Tuh ditunggu sama Teh Yohana di Eropa lho! So, it's your turn now to reach your dream! See you on top!

issuu.com/kominfoimaksi15


EXCLUSIVE INTERVIEW

iw th Mr. Yana Setiawan

TEXT FLOWRY AJ

On this chance, we have interviewed Pak Yana. Pasti kenal dong sama dosen yang super ramah ini? Dosen yang sedang menyelesaikan disertasinya dalam bidang Ilmu Manajemen ini memiliki segudang prestasi lho. Beliau pernah mendapatkan gelar wisudawan terbaik ke 1 di tingkat FPEB dan terbaik ke 2 di tingkat Universitas pada periode april 2008 yang lalu. What a good achievement! Selain prestasi akademik, Pak Yana juga pernah lho menjadi Ketua BEM REMA UPI pada tahun 2006. Dan berikut adalah hasil wawancara crew bersama Pak Yana;

1. Gimana nih Pak ceritanya bisa bergabung dengan prodi akuntansi UPI? Jadi awalnya itu setelah lulus S1, saya langsung melanjutkan studi S2 saya di UPI juga, kemudian studi S3 masih dikampus yang sama. Namun sampai ini masih berusaha untuk merampungkan disertasi saya. Untuk studi S2 dan S3 saya memperoleh beasiswa dari Pemprov Jawa Barat dan juga Kementerian Distek dan Dikti. Kemudian mendapat tugas untuk mengajar di prodi akuntansi terkait penyelesaian studi saya. Dan telah mengajar asistensi di prodi akuntansi UPI sejak tahun 2009, namun baru resmi pada tahun 2016 lalu. 2. Dan kemarin itu alhamdulillah prodi akuntansi UPI meraih akreditasi A, nah kirakira yang dibutuhkan/prosesnya itu seperti apa sih Pak? Untuk memperoleh akreditasi A itu ada panduannya, ada standarnya. Prodi hanya perlu melakukan beberapa berkas administratif seperti laporan dan review kinerja manajemen prodi selama 4 tahun kebelakang. Seperti prestasi apa saja yang pernah diraih oleh mahasiswa, maupun dosennya, dan bagaimana kondisi lulusannya. Untuk meraih sebuah akreditasi tidak dilihat dari usia prodi tersebut, asalkan telah menghasilkan lulusan maka sudah bisa melakukan akreditasi.

issuu.com/kominfoimaksi15

3. Terkait acara reuni akbar perdana, Pak Yana selaku koordinator dosen, menurut Bapak dampak dari kegiatan tersebut untuk kemajuan prodi akuntansi itu apa saja? Yang sangat jelas dampaknya adalah kerjasama antara alumni dan dosen semakin nyata dalam rangka meningkatkan kompetensi prodi maupun mahasiswa agar mampu bersaing dengan yang lainnya. Kemudian reputasi prodi sendiri semakin baik dan positif, silaturahmi semakin erat, feedback antara alumni dan dosen meningkat, networking antara mahasiswa, alumni, dan dosen juga semakin baik. Kemudian dari acara reuni itu sendiri telah terbentuk tim formatur yang nantinya akan merealisasikan sebuah Ikatan Alumni yang resmi. Dengan terbentuknya IKA tersebut maka diharapkan seluruh unit dalam elemen akuntansi UPI dapar bersama-sama bersinergi dalam kebaikan dan kemajuan. 4. Harapan dan pesan untuk prodi akuntansi dan mahasiswanya di tahun 2017 apa nih Pak? Prodi mampu meningkatkan kinerjanya ke arah yang semakin baik, prestasi dosen maupun mahasiswa dapat terus meningkat, kemudian dosen-dosen yang sedang menyelesaikan studi nya dapat selesai ditahun ini. kemudian adanya dosen prodi akuntansi yang bisa memperoleh gelar guru besar. Kemudian untuk IMAKSI semoga terus menorehkan prestasinya dalam b i d a n g e k s t r a k u l i k u l e r, d a n m a m p u menghadirkan program-program kerja yang berkorelasi dengan peningkatan akademik. Untuk seluruh mahasiswa tetap rajin belajar, terus aktif di organisasi, tingkatkan softskill kalian. Karena mahasiswa tanpa organisasi seperti hidup tanpa darah. Jadi terus berkontribusi dan tebarkan manfaat untuk orang banyak.

Wah balance banget ya Pak Yana ini, akademik oke, organisasi juga oke. As we know, mahasiswa itu dikenal dengan agent of change, dimana mahasiswa merupakan para penerus bangsa yang diharapkan mampu membawa perubahan yang positif untuk orang banyak. Terimakasih Pak Yana untuk waktunya! Sukses selalu untuk Pak Yana! Dan tentunya prodi akuntansi juga teman-teman IMAKSI lainnya ya. Ayo terus berkontribusi, karena yang muda yang berkarya!:)

ACCTION.

vol #04

21


22 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


TEXT ARIZAL ZL

Halo mahasiswa akuntansi! Seperti dalam tabloid ACCTION edisi-edisi sebelumnya yang membahas isu-isu terkini, kali ini kita akan membahas tentang isu yang berhubungan dengan ekonomi lagi yaitu pembuatan uang baru. Terlebih ini menjadi kali pertama dalam sejarah Indonesia dimana diluncurkan 11 uang baru secara serentak. Tau gak sih sebenarnya siapa yang mempunyai kewenangan untuk menerbitkan dan mencetak uang baru? Sesuai dengan UU No. 23 Tahun 1999 (UUBI) yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut, menarik, dan memusnahkan uang dimaksud dari peredaran adalah Bank Indonesia (BI) sedangkan yang bertugas untuk mencetak adalah Perum Percetakan Uang Negara Republik Indonesia (Peruri), peruri sendiri merupakan satu-satunya perusahaan percetakan uang yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui juga bahwa proses pencetakan uang itu memerlukan proses yang panjang dan tentunya biaya yang tidak sedikit, apalagi jika uang tersebut baru, membutuhkan proses yang lama dari mulai desain sampai uang tersebut siap diedarkan (untuk detailnya googling aja lha ya karena sekarang kita lagi ga bahas prosesnya :D). Apalagi uang rupiah emisi 2016 ini memiliki sistem pengamanan 9-12 jenis yang tentunya berefek pada biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan uang tersebut sekaligus menjadikan rupiah sebagai salah satu mata uang yang memiliki tingkat keamanan tertinggi di dunia. Alasannya sih katanya biar gak gampang buat dipalsuin hihi, tapi untuk besaran biaya pasti yang dikeluarkan untuk pembuatan uang tersebut, Suhaedi, selaku Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, menyatakan bahwa itu bersifat rahasia dan tidak dipublikasikan. Akan tetapi yang jelas BI menganggarkan dana untuk mencetak uang pertahun sebesar Rp. 3,5 triliun yang mencakup pencetakan uang dan pendistribusian kepada masyarakat. Nah oleh karena itu, timbul pertanyaan apakah pengorbanan waktu dan biaya tersebut sesuai dengan tujuan diciptakannya uang baru ini? Setelah melakukan penelusuran pada berbagai sumber, setidaknya ada 4 alasan kenapa Bank Indonesia mengeluarkan uang baru. Berikut alasan-alasannya: 1. Menunjukkan Keberagaman dan Merepresentasikan NKRI “Kalau melihat yang sudah ditetapkan Pak Presiden, itu merepresentasikan NKRI, jadi di sana ada pahlawan dari Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, NTT dan lainnya. Itu esensinya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi.

3. Memperkenalkan Pahlawan Negara Berikut nama-nama pahlawan nasional yang ada pada masingmasing desain uang baru: 1· Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta – Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) – Proklamator Indonesia 2· Ir. H. Djuanda Kartawidjaja – Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) – Pengukuh kedaulatan Indonesia 3· Dr. G.S.S.J. Ratulangi – Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) – Gubernur pertama Sulawesi 4· Frans Kaisiepo – Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) – Pahlawan kemerdekaan Indonesia 5· Fitur blind code yang membuat uang baru lebih ramah 'rabaan' bagi penderita tuna netra. 6· Dr. K.H. Idham Chalid – Rp 5.000 (lima ribu rupiah) – Guru besar Nahdatul Ulama 7· Mohammad Hoesni Thamrin – Rp 2.000 (dua ribu rupiah) – Perintis revolusi kemerdekaan Indonesia 8· Tjut Meutia – Rp1.000,00 (seribu rupiah) – Pejuang kemerdekaan Indonesia dari era kolonial Belanda 9· Mr. I Gusti Ketut Pudja – Rp 1.000 (seribu rupiah) – Tokoh penentu NKRI 10· Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang Rp 500 (lima ratus rupiah) – Pelindung kemerdekaan Indonesia 11· Dr. Tjiptomangunkusumo – Rp 200 (dua ratus rupiah) – Pendiri Tiga Serangkai 12· Prof. Dr. Ir. Herman Johanes – Rp 100 (seratus rupiah) – Pelindung paripurna Indonesia.

4. Mengatasi Maraknya Peredaran Uang Palsu 2. Perwujudan Kedaulatan RI Uang baru tersebut merupakan perwujudan kedaulatan Republik Indonesia karena mencantumkan frasa Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI). “Yang memiliki makna filosofis rupiah simbol kedaulatan RI,” kata Agus Martowardojo.

Agus Martowardojo mengatakan bahwa uang rupiah baru yang dikeluarkan memiliki paling tidak 9-12 tipe pengaman. Beberapa diantaranya ada dari sisi color shifting, jika dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul perubahan warna. Dari sisi rainbow feature, jika dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul bayangan nominal uang. Fitur UV yang dapat menimbulkan bayangan saat dilihat di bawah sinar matahari dan

“Terus gimana dong kalo uang baru diterbitkan dan diedarkan? Nanti jumlah uang yang beredar jadi tambah banyak terus timbul inflasi?” Tenang...diedarkannya uang baru ini pasti akan berbarengan kok dengan ditariknya uang lama sehinnga jumlah uang yang beredar tetap stabil. Setelah dibeberkan penjelasan serta alasan kenapa BI menerbitkan uang baru, silahkan kalian nilai sendiri apakah tujuan tersebut telah sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini sehingga perlu untuk mencetak 11 uang baru secara serentak bersama-sama? Ps: semoga tulisan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian ya! :)

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

23


AMBers

ACCTION'S MYSTERY NUMBERS

?? -1 (?1/3 )? -1 ??

BY GARINI PUTRI

Cos 0

6

6 ? ????????

5 8

??

9 7

2

7

v9 ????

3

Log 105

3P 2

9 23C23

2

1

8

22

8 8

3 5

24 ACCTION. vol #04

32 6

3! ???????? 9872 ???????? 1234

4

7

issuu.com/kominfoimaksi15


“Our Culture Our Memories” 3-17 Desember 2016

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

25


ACCOUNTING SPORT & FUN TEXT FLOWRY AJ PHOTO DOKUMENTASI PDD

Let's show up your talent! Bertemakan “Play Fun, Fair Play” yang dimaksudkan warga IMAKSI dapat bersenang-senang, terhibur, tapi tetap bermain secara benar dan adil dalam setiap pertandingannya, sehingga tidak mengurangi nilai dari sportifitas dan profesionalisme itu sendiri dalam bertanding. ASF ini terdiri dari beberapa perlombaan dari berbagai cabang olahraga seperti Futsal, Basket, Badminton, Catur, Voli, dan kali ini ada permainan tradisionalnya lho! Yaitu Tarik Tambang, Karung Ber-Uang, dan Gobak Sodor (Kamana Lur). Eits gak cuma olahraga aja, tapi ada seninya juga! Karena ada lomba akustik guys! Setiap angkatan sangat diharapkan partisipasinya dalam setiap perlombaan agar tercapai tujuan dari acara ini. Dimulai pada 3 Desember 2016, pembukaan acara Accounting Week berlangsung di Taman Bareti yang dihadiri oleh dosen pembimbing proker ini yaitu Ibu Alfira, dimana beliau menerbangkan balon sebagai tanda resminya acara AW dimulai. Ada penampilan tarian daerah juga dari IMAKSI Dance yang memeriahkan acara pembukaan ini. Setelah itu langsung dilanjut dengan perlombaan permainan tradisional, Tarik Tambang, Karung Ber-Uang, dan Gobak Sodor (Kamana Lur). Perlombaan berlangsung sangat seru dan penuh dengan tawa dari setiap peserta. “Gimana gak ketawa, liat muka mereka dan tingkah para pemain bikin ngakak banget”, ucap Dea (2014) saat permainan berlangsung. Kemudian dilanjut pertandingan Badminton pada malam harinya di GOR Cilimus. Terdapat 2 kategori yaitu, tunggal putra dan ganda campuran. Dan dilanjut pertandingan Catur pada tanggal 5-7 Desember 2016. Dan pertandingan yang ditunggu-tunggu nih, ada pertandingan Basket Putra dan Putri pada 10 Desember 2016, pertandingan Voli pada 11 Desember 2016, dan pertandingan olahraga terakhir adalah Futsal pada 12 Desember 2016. Ketiga pertandingan dilangsungkan di Lapangan SECAPA AD. Sebelum puncak acara AW pada Accounting Graduation nanti, puncak ASF sendiri berlangsung pada 16 Desember 2016 di Teater Terbuka Museum UPI sekaligus dengan perlombaan akustik.

26 ACCTION. vol #04

Dalam penentuan pemenang lomba akustik ini gak sembarangan lho, karena ada 3 juri yang memang ahli dalam bidang ini. Seluruh peserta lomba akustik diwajibkan membawa 2 buah lagu, 1 lagu tradisional, dan 1 lagu bebas. Dimulai sekitar pukul 15.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 21.00 WIB puncak ASF ini benar-benar wow banget! Penampilan peserta yang memukau, dan tentunya guest star yang gak kalah asyiknya! Benar-benar menghibur! Oiya, disela-sela penampilan akustik, diumumkan juga oleh panitia para pemenang dari pertandingan-pertandingan kemarin. Dan diakhir acara diumumkan pemenang akustik kali ini. Who's curious about the winners?! Here's the list: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15.

Tarik Tambang: Putra=2015 dan Putri=2016 Karung Ber-Uang: Putra=2015 dan Putri=2016 Gobak Sodor (Kamana Lur): Putra dan Putri=2016 Tunggal Putra: Rizky Ray March (2013) Ganda Campuran: Ilham Aslam dan Frisca (2016) Catur: Angger Dimas (2015) Basket Putra: 1=Alumni, 2=2014 Basket Putri: 1=2014, 2=2016 Bola Voli: 1=2013 tim A, 2=2013 tim B Futsal Putra: 1= Setan Pohon, 2=2013 Futsal Putri: 1=2015, 2=2013 Top Skor Futsal Putra: Arvandi Saputra (Alumni) Top Skor Futsal Putri: Mustika Intan (2015) Akustik: 5 Sekawan (2013) Juara umum: 2015

Selamat kepada para pemenang! Semoga terus terjaga semangatnya! Terimakasih untuk seluruh peserta yang telah berpartisipasi. Ayo yang belum menang, harus ikut tahun berikutnya ya! Persiapkan diri dan tim kalian sebaik mungkin untuk menjadi pemenang hihi. Eits AW belum selesai lho, acara puncaknya akan berlangsung esok hari pada sabtu 17 Desember 2016.

issuu.com/kominfoimaksi15


A S F

2 0 1 6

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

27


TEXT FLOWRY AJ

Happy Graduation akang teteh warga IMAKSI yang telah menyelesaikan studi S1 nya tahun ini! Let's us give you a little celebration for your achievement! Bertempat di Hotel Regata, Setiabudi tepatnya di Lt. 11 Skypool dengan tema Back To 70's, puncak acara AW ini dihadiri oleh para wisudawan dan wisudawati, dosen, dan juga tamu undangan. Acara yang dimaksudkan untuk merayakan kelulusan warga IMAKSI ini berlangsung sangat meriah. Dan sesuai dengan temanya nih, para hadirin diajak untuk kembali pada tahun 70-an, suasana tempat, dekorasi, dan tentunya dress code yang digunakan juga benar-benar seperti kembali pada tahun 70-an hihihi. Dipandu oleh MC acara kali ini yaitu Ridho (2013) dan Fika (2014), acara Wishnight itu berlangsung sangat manis dan meriah. Dimana dalam setiap sesinya selalu terdapat iringan musik dari para bintang tamu seperti Julia dan Novia, Curly and Me, Ilham and friends, yang membawakan lagu-lagu khas tahun 70-an yang menambah syahdunya malam itu. Dan tidak lupa pula ada pemberian penghargaan kepada dosen dan wisudawan. Kategorinya adalah; 1. Dosen terdisiplin: Pak Agus 2. Dosen Ujian Tersulit: Bu Mimin 3. Dosen Tergaul: Bu Alfira 4. Mahasiswa Terhits: Kang Juju (2012) 5. Mahasiswa Terbaik: Kang Juju (2012) 6. Mahasiswa Terlalu Lama Sendiri: Kang Yogie (2012) 7. Best Dresscode Male: Kang Irsyad (2012) 8. Best Dresscode Female: Teh Della (2012)

28 ACCTION. vol #04

PHOTO DOKUMENTASI PDD

Selamat kepada para pemenang award! Semoga penghargaan ini senantiasa memotivasi dalam melakukan kebaikan ya! Selain bintang tamu yang sengaja diundang oleh panitia, IMAKSI sendiri gak mau kalah dalam member hiburan kepada hadirin. IMAKSI Voice dan IMAKSI Dance juga menyuguhkan penampilan yang keren abis! Pemandangan dari lantai teratas hotel yang menyajikan landscape kota bandung, citylight yang benar-benar indah, membuat acara malam itu benar-benar luar biasa. What a romantic and beautiful night! Persembahan dari para wisudawan sebagai persembahan terakhir mereka untuk teman-teman IMAKSI UPI juga menambah hangatnya suasana malam itu. Sebelum acara berakhir ada persembahan dari panitia berupa flashmob dan penayangan video dokumenter tentang perjalanan mereka dari awal kuliah, cerita, kenangan, semua masamasa yang mereka lalui bersama. And it's really touch all the audience's heart! Such a masterpiece! Dan acara hari ini ditutup dengan penerbangan balon LED yang telah ditempel post it berisi harapan-harapan para wisudawan dimasa yang akan datang. Then, their wishes fly away, hope that God hears, reads it, and actualizes it. Amiin… so, once again, happy graduation! Have a bright future ahead! It's not a farewell, it's a welcoming you to the new world. See you on top! Dengan begitu berakhir sudah acara AW kali ini! Semoga tujuan yang diinginkan bisa tercapai semua melalui acara-acara yang ada. Dan bisa menghadirkan AW yang lebih baik untuk tahun-tahun selanjutnya. Bye!

issuu.com/kominfoimaksi15


issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

29


UPCOMIN20G1

7

S E I V O M A

AN

TH TEX

AH AID W U R

New Year, New Movie

“ ” Yap! Setelah banyak nya film-film keren di tahun 2016 seperti Captain America : Civil War, Batman vs Superman, Star Trek Beyond and many more. Nah film-film yang akan keluar di tahun 2017 ini ga kalah keren lho! 2017 is shaping up to be a great year for movies, with a ton of great movies already on the schedule. So, we've prepared which movies you'll want to plan on seeing in theaters each month. Here are the list: JANUARY 2017 January 6 Amityville: The Awakening Genre: Horor January 6 Underworld: Blood Wars Genre: Action, Horor January 20 xXx: The Return of Xander Cage Genre: Action January 20 Split Genre: Thriller, Horor January 27 Resident Evil: The Final Chapter Genre: Thriller, Action

FEBRUARY 2017

MARCH 2017

APRIL 2017

February 3 Rings Genre: Drama film, Thriller February 10 Fifty Shades Darker Genre: Drama film, Romance February 10 John Wick: Chapter Two Genre: Crime film, Thriller February 10 The Lego Batman Movie Genre: Fantasy, Action February 17Fist Fight Genre: Comedy

March 3 Logan Genre: Action, Science Fiction March 3 Before I Fall Genre: Mystery, Drama film March 10 Kong: Skull Island Genre: Fantasy, Science Fiction March 17 Beauty and the Beast Genre: Fantasy, Romance March 24 King Arthur: Legend of the Sword Genre: Fantasy, Drama film March 24 Power Rangers Genre: Science fiction, Action March 24 CHiPs Genre: Drama film, Action March 31 Ghost in the Shell Genre: Fantasy, Science fiction

April 7 Smurfs: The Lost Village Genre: Fantasy, Adventure April 12 Gifted Genre: Drama film April 14 The Fate of the Furious / Fast Furious 8 Genre: Crime film, Action April 21 Unforgettable Genre: Drama film, Thriller

30 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


TICKET

MAY 2017

JUNE 2017

JULY 2017

May 5 Guardians of the Galaxy Vol. 2 Genre: Fantasy, Action May 19 Alien: Covenant Genre: Science Fiction, Thriller May 19 The Nut Job 2 Genre: Adventure, Comedy May 26 Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales Genre: Fantasy, Action May 26 Baywatch Genre: Action, Comedy

June 2 Wonder Woman Genre: Fantasy, Action June 9 Dark Universe: The Mummy Genre: Action, Adventure, Horor June 9 World War Z 2 Genre: Science Fiction, Thriller June 16 Cars 3 Genre: Sport, Action June 23 Transformers: The Last Knight Genre: Science Fiction, Thriller June 30 Despicable Me 3 Genre: Science Fiction, Action

July 7 Spider-Man: Homecoming Genre: Science Fiction, Fantasy July 14 War for the Planet of the Apes Genre: Science Fiction, Drama film July 28 The Dark Tower Genre: Fantasy, Science Fiction

AUGUST 2017

SEPTEMBER 2017

OCTOBER 2017

August 25 Blazing Samurai Genre: Action, Comedy August 18 Flatliners Genre: Science Fiction, Drama film August 18 The Hitman's Bodyguard Genre: Action, Adventure

September 8 I.T. Genre: Mystery, Crime film September 22 The Lego Ninjago Movie Genre: Drama film, Action September 22 Granite Mountain Genre: Drama film

October 6 Blade Runner 2049 Genre: Science Fiction October 6 Kingsman: The Golden Circle Genre: Action, Adventure October 6 My Little Pony: The Movie Genre: Fantasy, ACtion October 13 The Snowman Genre: Crime film, Drama film October 20 Insidious: Chapter 4 Genre: Mystery, Thriller October 27 Saw: Legacy Genre: Thriller, Horor

NOVEMBER 2017

DECEMBER 2017

November 3 Thor: Ragnarok Genre: Fantasy, Science Fiction November 17 Justice League Genre: Fantasy, Science Fiction November 22 Coco Genre: Fantasy, Mystery November 24 Paddington 2 Genre: Comedy, Animation

December 15 Star Wars: Episode VIII Genre: Fantasy, Science Fiction December 22 Jumanji Genre: Fantasy, Action December 22 Pitch Perfect 3 Genre: Comedy December 25 The Greatest Showman on Earth Genre: Drama film, Biography

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

31


KimoKal

MUSIC REVIEW

Danilla

TEXT PHOTO

?

WHAT’S IN MY PLAYLIST 32 ACCTION. vol #04

ANNISA NUR .F

1. Sore - Pergi Tanpa Pesan 2. Silampukau - Puan Kelana 3. Rusamilitan - Senandung Senja 4. Fleet Foxes - MyKonos 5. Banks - Under the Table issuu.com/kominfoimaksi15


Part of My Journey

e r lo

p x E

G N E T N E G UJUNG

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

33


e r o pl

Ex

G N E T N E G UJUNG

TEXT PHOTO

IRSYAD F. PRASETIA S.E

AND HERE WE ARE THE TEAM

EXPLORER OF

UJUNG GENTENG

34 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


TEXT PHOTO

IRSYAD F. PRASETIA S.E

TRAVEL And look, what we found

Pantai Ujung Genteng banyak memiliki kelebihan, yaitu, air laut yang jernih dan suasana yang jarang terjamah banyak orang menjadi sebuah kesan tersendiri bagi para penikmat pantai. Di sebelah pantai Ujung Genteng ada juga Pantai 7 Ombak yang biasanya dipakai para turis mancanegara untuk melakukan Surfing, dan ada juga Pantai Pangumbahan yang terkenal dengan penangkaran penyu, di Pantai Pangumbahan kalau kita beruntung kita bisa melihat pelepasan anak penyu/ tukik dan kita juga bisa melihat penyu bertelur pada malam hari, tentunya dengan bantuan petugas penangkaran hehe.

issuu.com/kominfoimaksi15

ACCTION.

vol #04

35


KNOWLEDGE

SUMBER

Fenomena Psikologis yang Sering Kamu Alami Kamu pasti sering iseng mikir gini,

Saking seringnya kamu mengalami hal tersebut

36 ACCTION. vol #04

issuu.com/kominfoimaksi15


Fiersa Besari


ACCTION Vol. 4