Page 1


FROM EDITOR MULTIFUNGSI, SERBA GUNA, IRIT SERTA HARGA YANG TERJANGKAU SEAKAN MENJADI BAROMETER YANG RELATIF DIGUNAKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA PADA UMUMNYA DALAM MEMILIH MOBIL, TAPI LEPAS DARI ITU SISI DESAIN DAN ‘TASTE’ JUGA TURUT MENGAMBIL PORSI BESAR DALAM MENENTUKAN PILIHAN.

Edisi ini kami mencoba untuk mengeksplorasi pilihan mobil dalam kategori seperti di atas, beberapa pilihan menarik yang diambil dari beragam segmen seperti, Honda dengan Mobilio, Toyota Vios, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia sampai city car 1.2L, Brio dan March. Pola pikir yang berkembang di masyarakat, mobil keluarga erat kaitannya dengan sebuah MPV. Padahal bila dilihat atau menyesuaikan kebutuhan inti MPV tak menjadi patokan yang mutlak. Contohnya, untuk ukuran keluarga inti yang terdiri dari dua orang anak, pilihan mid sedan bahkan city car pun sudah cukup, terlebih untuk keluarga modern yang lebih mengutamakan sisi fleksibilitas dari sebuah kendaraan. Vios misalnya, dengan pembaruan dari sisi desain ia tampil lebih stylish, ruang kabin yang lapang bahkan hingga bagasi. Begitu juga untuk kebutuhan keluarga yang ada di Ibu kota, city car mungil berkapasitas sedang unggul dalam memberikan efektifitas dan efesiensi bahan bakar. Bila ingin sesuatu yang baru dari mobil keluarga, Honda menjawabnya dengan Mobilio. Sebuah MPV murah dengan desain modern yang mengedepankan kenyamanan serta fitur terbaik, sedangkan untuk kelas menengahnya kami menyajikan petualangan di waktu senggang bersama KIA All New Carens. Bukan hanya itu saja, Ford EcoSport yang sebentar lagi akan datang pun telah kami jajal langsung di Thailand sementara beberapa produk baru dalam waktu sebulan kemarin juga meramaikan rubrik impression seperti, all new Nissan Teana, Toyota Yaris, Mercedes-Benz CLA, Land Rover Discovery sampai dengan BMW X5. We hope u enjoy it. Stanly Ravel Managing Editor

2

AUTOREVO MARET 2014


THE A TEAM more relax more tasty MANAGERIAL CEO - ROLAND T. SIAHAAN MARCOMM CINDY ADVERTISING ENDAH AV RIANTI MANAGING EDITOR STANLY RAVEL ART DIRECTOR AGUNG PAMUJI CONTRIBUTOR RYAN ENDY SOCIAL MEDIA HERI YUSUF

PUBLISHER PT. BOSMOBIL INDONESIA HEAD OFFICE KOMPLEK RUKO GRAHA MAS PEMUDA BLOK AD NO.3 - JL. PEMUDA RAWAMANGUN - JAKARTA TIMUR P. 021-4711796 F. 021-4711860 EMAIL REDAKSI@AUTOREVO.CO FOLLOW US: www.facebook.com/autorevomagz www.twitter.com/autorevoid

AUTOREVO MARET 2014

3


ISSUE 8 MARET 2014 CONTENTS WHATS ON_

MERCEDES-BENZ CLACLASS

6

TOYOTA EXPORT VIOS LAND ROVER DISCOVERY 2014 SUZUKI GRATISKAN SERVICE

12

22

56

54

IMPRESSION_

ALL NEW TOYOTA YARIS_ 8 ALL NEW BMW X5_ 10 NISSAN TEANA_ 20

4

AUTOREVO MARET 2014


COVER STORY

16

29

JOURNEY

38 AUTOREVO MARET 2014

5


WHATS

ON

MERCEDES-BENZ CLA-CLASS Mendobrak prinsip coupe yang biasanya digunakan untuk sedan dua pintu, Mercedes-Benz Indonesia resmi meluncurkan CLA-Class yang merupakan sedan premium berdesain coupe namun empat pintu yang lahir dari pengembangan CLS, Mercedes klasik modern. CLA-Class datang dengan dua pilihan, CLA 200 Urban dan CLA 200 Sport dan tentu saja keduanya memiliki karakter yang berbeda meski tetap mengendong mesin yang sama yaitu, 1.595 cc 4 silinder dengan putaran tenaga sebesar 156 hp yang tersalurkan melalui transmisi kopling ganda 7G-DCT. Mercedes-Benz Indonesia membandrol keduanya dengan harga sebelum pajak sebesar Rp 639 juta untuk CLA 200 Urban, dan Rp 699 juta untuk CLA 200 Sport.

6

AUTOREVO MARET 2014

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali mencatatkan sejarah dengan ekspor sedan perdananya yaitu Toyota All New Vios dalam kuota volume masif yang diproduksi langsung di Pabrik Toyota Karawang II. Menurut rencana sekitar 1.000 Vios akan diekspor per bulannya untuk tahap awal sebelum meningkat menjadi angka 3.000 unit perbulan. Vios akan diekspor ke wilayah ASEAN dan Timur Tengah, setelah sebelumnya lebih dulu diekspor ke Brunei Darussalam dan Singapura pada 2013 dan berlanjut dengan ekspor ke, Bahrain, Kuwait, Qatar, Saudi Arabia, Oman, Yordania, Uni Emirat Arab, Lebanon dan Yaman. “Toyota menempatkan Indonesia sebagai basis produksi dan suplai yang sangat penting. Toyota Indonesia telah membuktikan kualitas dan kredibilitasnya sebagai basis produksi dan suplai kendaraan multiguna seperti Kijang Innova dan Fortuner,� ungkap Hiroyuki Fukui, Managing Officer Toyota Motor Corporation.

TOYOTA EKSPORT VIOS BUATAN INDONESIA


WHATS

LAND ROVER DISCOVERY 2014 MELUNCUR DI INDONESIA Melalui sentuhan dan penyempurnaan baru yang lebih fresh, PT Grand Auto Dinamika (GAD) resmi meluncurkan model terbaru dari Discovery 2014 di Jakarta. Tampilan baru sudah terlihat dari emblem tulisan Discovery yang kini terpampang di atas engine hood yang juga merupakan sejarah baru mengantingkan tulisan Land Rover sebelumnya. Kesan fresh dilihatkan dari desain bumper dan grill yang lebih flat beserta headlamp yang kini mengaplikasi daytime running light LED baru yang membuatnya kian modern dan sporty. Discovery 2014 datang dengan sokongan mesin V6 berkapasitas 3.000 cc yang mampu menyuplai tenaga sebesar 340 PS dengan torsi maksimal 450 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan yang diklaim mampu membuat Discovery melesat dari titik 0-60 mph dengan waktu 7,7 detik saja. Adanya fitur Stop-Start System yang turut diaplikasi juga memungkinkan Discovery menghasilkan gas buang yang ramah lingkungan dengan angka CO2 sebesar 269 g/ km. Pihak GAD meluncurkan Discovery 2014 dengan harga mencapai Rp 2,050 miliar.

ON

Meningkatkan kualitas di berbagai aspek untuk memanjakan kepuasan pelanggan, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) hari ini resmi mengeluarkan kebijakan baru mengenai gratis biaya jasa service hingga 50.000 km tanpa batasan waktu. Dengan kebijakan jasa service hingga 50.000 km ini, pelanggan akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan service berkala yang lebih fleksibel, hemat biaya service berkala hingga 30%. Selain itu, pelanggan mendapatkan kepastian garansi hingga 3 tahun atau 100.000 km dengan melakukan servis berkala di Bengkel Resmi Suzuki yang didukung dengan layanan Express Maintenance serta teknisi handal yang tersertifikasi.

SUZUKI GRATISKAN BIAYA SERVICE SAMPAI 50 RIBU KM

AUTOREVO MARET 2014

7


ION

ALL NEW TOYOTA YARIS

IMPRESS

PADUAN FUN DAN AGRESIF ALL NEW TOYOTA YARIS DIKLAIM TETAP MENGEDEPANKAN UNSUR FUN DENGAN TEMA ALL ABOUT FUN DAN FUNGRESSIVE YANG TELAH TERLIHAT DARI UBAHAN DIMENSINYA. STYLISH DAN DINAMIS MESKI DENGAN UKURAN YANG SEDIKIT LEBIH BESAR KETIMBANG PENDAHULUNYA TAPI HAL INI CUKUP RADIKAL.

M

egusung tema ala ‘keen look’ yang agresif dan dinamis. Trapezoidal grill pada sisi depan yang dilabur dengan projector headlmap serta foglamp menghadirkan kesan mewah yang agresif, sedangkan disektor belakang terdapat rear-combination lamp yang

8

AUTOREVO MARET 2014

menyelaraskan sisi keen look-nya. Adanya aero fin dan aerokit mengoptimalisasi sisi aerodinamis pada All New Yaris TRD yang kemudian ditunjang lagi dengan kehadiran pelek alloy berdimensi 16” berdesain sporty.


IMPRESS Masuk kesektor interior, All New Yaris mengusung konsep ergonomis dan fungsionalitas dengan kelapangan kabinya yang baru. Kesan sporty yang ditonjolkan di luar turut disematkan pada pada bagian interiornya melalui dominasi warna hitam hampir diseluruh kabin hal ini pula yang membuatnya terlihat beda dengan Vios. Untuk versi TRD sendiri lapisan jok didesain lebih sporty melalui aksen jahitan merah yang megentalkan sisi sportnya. Saat menjajal duduk dibalik kemudi dari yang tim BosMobil dapatkan ternyata posisi duduknya cukup rendah yang pasti membuat berkendara maskin mengasyikan, meski terkesan landai tapi dari sisi visibilitas tersaji cukup baik.

ION

Menjawab kebutuhan targetnya yang didominasi kalangan muda, untuk perangkat audio pun telah dibenahi. Varian E paket entertainment system hadir dalam audio video touchscreen yang mampu mengakses DVD/MP3? WMA plus Aux in, USB sera Bluetooth. Sedangkan untuk TRD dan tipe G konsumen dimanjakan dengan audio system information & entertainment system yang telah dilengkapi dengan koneksi internet melalui Wifi. Pada tipe ini juga telah dilengkapi aplikasi Toyota Move yang menghadirkan informasi seputar dealer, servis rutin dan Toyota Update. Bahkan untuk TRD juga telah didukung dengan fitur navigasi dan air gesture. Masih ada lagi, untuk tipe G dan E pengaturan AC masih dilakukan secara manual sedangkan TRD sudah ditunjang dengan control panel otomatis.

Disektor mesin memang All New Yaris masih mengusung mesin yang sama dengan versi sebelumnya yaitu, 1NZFE 4 silinder 16 calve DOHC VVT-i berkapasitas 1.497 cc yang mampu menyalurkan tenaga sebesar 109 Ps dengan torsi 14.4 kg.m melalui dua pilihan transmisi, 5 percepatan manual maupun otomatis 4 percepatan. Namun menurut Takeshi Matsuda selaku Yaris Chief Engineering setidaknya ada banyak ubahan yang dilakukan Toyota untuk meningkatkan sisi performa maupun kenyamanannya.

BY . STANLY

AUTOREVO MARET 2014

9


IMPRESS

ION

ANTARA KEMEWAHAN_ _DAN KETANGGUHAN

ALL NEW BMW X5

BY . RYAN

AURA SPORTY TERGAMBAR MELALUI KONTUR BUMPER BERBENTUK X YANG SEKALIGUS MENANDAKAN ANGGOTA KELUARGA MODEL BMW X. 10

AUTOREVO MARET 2014


Dibanding pendahulunya, BMW X5 xDrive35i M Sport memiliki pesona yang lebih berwibawa, hal ini terpancar dari desain headlamp dengan tampilan unik membentang hingga grill lengkap dengan LED sebagai daytime runing light (DRL).

Soal kenyamanan jangan ditanya, baik posisi duduk pengendara ataupun penumpang semuanya dibuat nyaman, ruang kaki dan kepala yang luas dan ditambah sebaran lubang AC yang merata kesemua bagian kabin dengan kendali AC otomatis 4-zone. Pencahayaan interior mencakup 9 pengaturan desain pencahayaan, dengan LED tiga warna, biru, klasik (kuning), dan putih yang memberikan suasana teduh.

xDrive35i M Sport dibekali mesin enam silinder TwinPower Turbo, injeksi langsung dan Valvetronic yang dikombinasikan dengan Sport Automatic Transmission Steptronic 8 percepatan. Sedangkan kapasitas mesinnya mencapai 2.979 cc dengan daya maksimum 306 HP di 5.800 rpm dan torsi maksimum 400 Nm.

Pengalaman berkendara eksklusif yang ditawarkan oleh All New BMW X5 juga tercermin dalam berbagai fitur canggih. Ini termasuk Control Display 10,2 inch, BMW Navigation system Professional dengan operasi iDrive Touch. Selain itu sistem hiburan mendukung konektifitas

Sebagai fitur pendukung mesin X5 xDrive35i M Sport dilengkapi dengan BMW EfficientDynamics, dan moda ECO PRO dengan fungsi baru. Dalam mode ECO PRO, pengaturan kekuatan mesin, respons pedal gas dan karakteristik transmisi secara sistematis dirancang untuk mendukung gaya mengemudi rpm rendah yang hemat bahan bakar. BMW mengklaim SUV terbarunya ini memiliki konsum-

seperti Bluetooth dan USB. BMW X5

si 11.8 km/liter.

Ruang luas langsung terasa ketika masuk kedalam kabin.

AUTOREVO MARET 2014

11


ONE OF A KIND MORRIS MARINA COUPE 1974

12

AUTOREVO MARET 2014


CLASS

IC

BAHKAN UNTUK SETIR KEMUDINYA SAJA, AGUS HARUS SAMPAI MENDATANGKANNYA DARI LEBANON BY . ENDY

Identiknya nama Morris memang melekat pada Mini yang digunakan Mr. Bean, tapi kali ini kita tak membahas si mungil Morris Mr. Bean itu, melainkan Morris Marina Coupe yang dimiliki Agus Ari Seno sejak sekitar tahun 2012 silam. Morris Marina Coupe lansiran 1974 ini ia dapat dari informasi teman yang ada di Surabaya, sebelumnya pun ia tak mengetahui ini mobil apa. “Mobil ini waktu itu ditawari oleh teman saya di Surabaya sekitar dua tahun yang lalu. Jadi awalnya saya gak tahu ini mobil apa. Tapi setelah baca STNK-nya, saya baru tahu kalau ternyata ini Morris Marina,” Kondisi exterior cukup baik dan tak ada keropos. Jadi sang pemiliki hanya cukup mengerok cat aslinya yang diganti dengan kelir merah red Ferari. Mirisnya lampu sein depan dan aksesoris pelengkap exterior bawaan Morris Marina Coupe ini telah hilang entah kemana. Bahkan lampu belakangnya pun sudah tidak original lagi. "Cat saya pilih sesuai dengan tema mobilnya yang sportcar. Dari pertama dapat semuanya sudah nggak ori lagi, jadi saya hunting lampu sein depan di Italia, lampu belakang sebelah kiri dapat dari Belanda, dan lampu belakang

sebelah kanannya dari Lebanon. Termasuk embem-emblem juga dari Lebanon,” ucapnya. Tak jauh berbeda dengan interiornya. Sejak pertama dibeli, kondisi kabin Morris Marina Coupe berdarah Inggris ini juga cukup baik. Panel-panel asli interiornya pun lengkap, kecuali headunit dan setir kemudi. Namun, demi mengoptimalkan nuansa original pada kabin Morris Marina Coupe ini, maka Agus menambahkan headunit original Morris Marina berstatus ‘second’, dan juga ‘menghidupkan kembali’ speedometer aslinya yang kala itu sudah tidak bisa beroperasi sama sekali. Bahkan untuk setir kemudinya saja, Agus harus sampai mendatangkannya dari Lebanon. Sementara untuk trimming, semua pelapis jok diganti dengan yang non-original namun dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Termasuk doortrim dan plafonnya. Yang lebih yahud adalah sisi kaki-kakinya, masih cukup bagus tak ada perbaikan sedikitpun hingga saat ini. Sayangnya, kondisi luar biasa itu tak didukung oleh velgnya. Saat pertama ditemukan, salah satu velgnya sudah mengadopsi velg mobil lain. Untuk mengakalinya, terpaksa Agus menggunakan velg castwheel aftermarket yang memiliki nuansa palang yang sangat sporty dan sesuai dengan usia AUTOREVO MARET 2014

13


CLASS

IC

mobil. Namun begitu, hingga kini Agus masih memburu velg asli Morris Marina Coupe ini, berikut dengan doff aslinya. Dari yang paling yahud ke yang paling parah, bayangkan pertama dibeli mobil ini mengadopsi mesin Toyota Kijang. Maka setelah berburu kesana-kemari, akhirnya Agus berhasil menemukan mesin asli Morris Marina yang berkonfigurasi 4 silinder segaris kapasitas 1.300 cc, berikut dengan karburator dan gearboxnya. Lalu untuk filter udaranya, Agus untuk sementara ini mengaplikasikan filter udara aftermarket yang cocok digunakan oleh berbagai mobil. “Saya beli mobil ini alasan pertamanya pasti karena bentuknya klasik banget, dan yang kedua ya karena mobil ini langka. Saya belum pernah lihat mobil seperti ini disini," tutupnya.

14

AUTOREVO MARET 2014


CLASS

IC

AUTOREVO MARET 2014

15


CULIN

AIR

DAIHATSU NEW LUXIO

KULINERIA BARENG SAHABAT ELEGAN MENGAMBIL TEMA WISATA KULIER, ASTRA DAIHATSU MOTOR MENGAJAK BEBERAPA REKAN MEDIA DARI JAKARTA MENUJU KOTA PALEMBANG UNTUK MENGUJI KENYAMANAN BARU DARI NEW LUXIO SEKALIGUS HUNTING KULINER DI KOTA YANG TERKENAL DENGAN PEMPEK INI. BY . STANLY

16

AUTOREVO MARET 2014

Dua point penting, desain dan kenyamanan jadi pusat ubahan New Luxio yang dibandrol mulai dari Rp 157,5 - 186,8 juta. Secara keseluruhan memang desain dan tampangnya tak banyak berubah, tapi adanya sentuhan baru mulai dari depan, samping hingga sektor belakang membuatnya lebih fresh dari versi pendahulunya. Mulai dari bumper depan dan grill dengan permainan aksen chrome yang lebih lebar, side body molding juga beberapa ornamnet chrome lainya seperti pada outer mirror juga turn lamp. Sedangkan bagian belakang ada sentuhan manis dengan LED high mount stop, stop lamp clear lens, lower back door garnish serta desain bumper baru dengan reflector lamp di bagian belakang yang diteruskan dengan muffler cutter. Alhasil Luxio pun hadir cukup elegan. Setibanya di Palembang, 13 Luxio langsung menelusuri sedikit tempat-tempat ternama di sana. Redaksi pun berkesempatan untuk menjajal varian tertinggi dengan transmisi manual terlebih dahulu. Tak ada yang berubah bila menyinggung masalah performa, hal ini karena mesin yang digunakan yaitu 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan kapasitas 1.500 cc. merupakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya dengan tenaga sebesar 97 PS dan torsi 13,7 Kg.


CULIN

AIR

AUTOREVO MARET 2014

17


CULIN

AIR

Kenyamanan mulai terasa dengan ruang kabin baru bertemakan new dark interior sedangkan dashboard dibubuhi two tone color yang membuatnya lebih mewah lengkap bersama piranti hiburan 2 DIN audio. Jok yang dilapis bahan berwarna gelap dengan aksen elegan sampai gagang kemudi baru yang lebih nyaman untuk digengam dan dikendarai. Sayangnya Daihatsu tak langsung menyematkan tilt steering untuk mengatur tinggi rendahnya kemudi, tapi disisi lain ketebalan jok pengendara juga di tambahkan demi kenyamanan baru. Giliran menikmati kenyamanan penumpang baris ke-2. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, new Luxio kali ini lebih nyaman, bukan hanya dari permainan nuansa kabin yang lebih elegan, tapi di baris ke-2 juga turut mengalami improvement layakanya penembalan jok juga adanya arm rest yang berfungsi sebagai cup holder sehingga mudah untuk kami menaruh botol minuman saat menikmati jadi penumpang belakang. Kemudahan baru dari sebuah MPV yang dapat menampung 8 penumpang ini juga ditawarkan new Luxio melalui akses kebaris ke-3 yang lebih mudah dengan hadirnya fitur one touch tumble. Duduk di baris ke-3 pun tak kalah nikmat, kursi yang masih bisa disenderkan sehingga badan bisa sedikit rilex serta ruang kaki yang lapang membuat penumpang bisa sedikit nyaman meski memang jok tak setebal dengan baris ke-2.

Bagi pecinta kuliner Indonesia yang belum pernah singgah ke kota Palembang, rasanya Anda wajib untuk sesekali mampir ke kota 'wong kito galo' ini. Orang awam pasti mengira hidangan khasnya hanya berupa Pempek saja, tapi ternyata setelah dua hari bersama New Luxio hunting kuliner disini banyak ragam makanan khas Palembang yang tak kalah nikmat. Mulai dari Pindang Patin yang cukup sedap di RM. Sri Melayu yang disajikan bersama sambal buah sampai beragam menu lainnya. Kuah dengan rasa pedas dari pindang tak hanya bisa dinikmati melalui ikan patin saja, namun ada juga pindang baung, tulang serta udang. Puas menyantap pindang, giliran sore hari menikmati empek-empek olahan toko Saga, salah satu RM Pempek asli racikan orang Palembang. Pedas dan krenyes yup disitu kenikmatan empek-empek terasa hingga membuat lidah ketagihan untuk terus mengunyahnya. Saat malam hari, giliran menikmati suasa lain dari kota ini dengan pemandangan menarik dari Jembatan Ampera. Riverside restoran yang berada di Benteng Kuto menjadi pilihan menarik para jurnalis media tes drive new Luxio. Dengan view keindahan lampu-lampu Jembatan Ampera serta sanatapan malam yang tak kalah nikmat tempat ini memberi kesan yang cukup santai untuk berkumpul. Terakhir, martabak Har dan Mie Telor jadi menu sarapan sebelum akhirnya pulang menuju Jakarta.


IMPRESS

ION

D

i luncurkan dengan harga Rp 535 juta, All New Nissan Teana menempatkan diri untuk bersaing melawan para kopetitor yang lebih dulu hadir dengan versi barunya. Ubahan radikal cukup kental dari sisi eksterior yang kini lebih sporty melalui garis-garis tajam. Disektor depan bumper dan grill dibuat lebih lebar yang dipermanis dengan lapisan chrome serta tampilan headlmap yang mengikuti lekukan desain depan.

Masuk ke dalam interior, visibilitas yang baik dengan lebarnya kaca depan dijamin memberikan pandangan yang sempurna ketika mengendarainya. Di kursi depan Nissan menyematkan fitur baru berupa “Spinal Support Technology� yang mampu meningkatkan kenyamanan penumpangnya saat berkendara jarak jauh. Nissan masih mengandalkan mesin QR25DE berkapasitas 2.488 cc DOHC 16 Valve yang menurut data mampu mengalirkan tenaga sebesar 172 PS dan torsi 234 Nm melalui transmisi XTRONIC CVT. Bila dibandingkan dengan pendahulunya saat menggunakan mesin V6 jelas turun, tapi torsi yang dihasilkan meningkat sehingga mampu menghadirkan tenaga terbaik mulai dari putaran bawah, selain itu juga diklaim bahwa Teana baru ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang terbilang ramah dengan kantong alias irit berkat efek gesekan yang diminimalisasi hingga 40 persen, untuk melancarkan proses pengadaan tenaga dengan pengunaan bahan bakar seefisien mungkin. Hal ini juga ditopang dengan rasio gigi transmisi baru yang mampu menghasilkan akselerasi lebih baik.

20

AUTOREVO MARET 2014

ALL NEW NISSAN TEANA


HONDA MOBILIO PRESTIGE

MOBILIO ATTACK DIKEMAS DENGAN TAMPILAN MODERN DAN STYLISH, WAJAR BILA HONDA MOBILIO MENJADI SOSOK BARU DI KELAS LOW MPV YANG LANGSUNG MEMILIKI PAMOR BESAR, BAHKAN MEMBUAT GEGER PARA KOMPETITORNYA YANG LEBIH DULU ADA.

22

AUTOREVO MARET 2014


BY . STANLY

AUTOREVO MARET 2014

23


EUFORIANYA BERSAMBUT DENGAN ANGKA PEMESANAN YANG MELONJAK TINGGI MESKI BARU BEBERAPA SAAT DILUNCURKAN. HINGGA MARET INI IA TELAH MENCATAT PENJUALAN 10 RIBU UNIT PER BULAN.

Tak dipungkiri, kunci kesuksesan si ‘baby’ Honda ini memang datang dari tampilan desainnya yang out of the box sebagai low MPV. Kompak serta modern tak seperti kompetitor lainnya yang masih mengandalkan desain moderat. Hal ini tak lepas dari riset panjang yang dilakukan Honda untuk pasar Indonesia dikalangan pengguna MPV murah, tak heran bila sisi ground cleareance pun masih cukup mempuni sedangkan dimensi juga dijaga menyesuaikan lahan parkir rumah umumnya. Sayang tak semuanya nampak baru karena bagian depan masih familiar dengan mengadopsi milik Brio, sedangkan dari beberapa sisi desain eksteriornya kalau boleh jujur kami lebih suka dengan tampilan belakang yang cukup futuristik dengan desain landai dan headlamp yang serasi dengan lekukan desainnya.

24

AUTOREVO MARET 2014

Bagian samping dihiasi garis serta lekukan halus yang memberikan nuansa dinamis sedangkan sisi stylish ditonjolkan melalui ornament chrome serta desain velg yang melekat pada Mobilio Prestige. Lanjut ke interior, lagi-lagi Honda hanya mengaplikasi tampilan minimalis dari Brio pada Mobilio, mulai dari desain dashboard, doortrim, jok hingga nuansanya yang serupa. Tapi kami angkat topi dari sisi kelapangannya, baik head room maupun legroom yang tersaji ditiap baris. Bahkan adanya blower AC di baris kedua ikut menjadi penambah kenyamanan penumpang belakang, sedangkan untuk menjamin kenyamanan lebih, akses ke baris ketiga dipermudah dengan adanya fitur one touch tumble sehingga kursi bisa melipat dengan sekali tekan.


SEPERTI CINDERELA YANG DATANG TERLAMBAT KE PESTA DANSA TAPI JUSTRU MENDAPAT SAMBUTAN YANG PALING MERIAH.

AUTOREVO MARET 2014

25


Diciptakan sebagai mobil keluarga, selain memiliki kompartemen dan cup holder ditiap sisi pintu, visibilitasnya juga tersaji dengan baik yang menambah kenyamanan penumpangnya baik di depan samping maupun kaca belakang. Mirisnya bagasi belakang kurang lapang bila bangku baris ke tiga digunakan, tapi bila dilipat ruang pun cukup lapang.

26

AUTOREVO MARET 2014

Duduk dibalik kemudi, dan mulai merasakan sensasi performanya. Tak perlu lama untuk beradaptasi karena sebelumnya kami pernah menjajalnya di Jogja, lagi pula nuansanya tak berbeda dengan Brio. Mengusung musin i-VTEC 1.500 cc yang serupa dengan Jazz tak membuat tenaga pun terut serupa, akselerasi tarikan bawahnya sedikit lamban hal ini mungkin karena dimensinya yang panjang sebagai mobil keluarga, sedangkan diputaran atas Mobilio masih mampu mengantarkan performa yang maksimal, saat kick down di Tol Cikampek angka 140 km/ jam bisa kami tebus tapi dalam kondisi 3 penumpang, bukan full loaded 7-penumpang.


Meski Mobilio berbodi lebih panjang namun kenikmatan handling masih serupa dengan Brio, karena itu bermanuver atau menyalip beberapa kendaraan di kecepatan 80 - 100 Km/jam masih cukup gesit. Satu lagi transmisi CVT yang diaplikasikan dengan teknologi Grade Logic Control ternyata menyumbang sisi efesienya, saat siang hari penggunaan dalam kota dengan tiga orang penumpang serta berkendara normal angka di MID menunjukan hingga 12,7 Km/L, sedangkan saat melaju di kecepatan konstan tol Cikampek antara 90-100 Km/jam angka MID pun berubah menjadi 14,8 Km/L.

AUTOREVO MARET 2014

27


POINT OF VIEW Bagi keluarga muda maupun keluarga mapan, Honda Mobilio bisa menjadi pilihan yang menarik, dari sisi desain ia telah menunjang kemasan yang diidamakan keluarga modern begitu juga dengan sisi kenyamananya, menempuh perjalanan jauh sisi efesiensi dan tenaga masih menunjang bahkan ketika mengantar keluarga belanja ke mall akan memberikan nuansa yang beda dari MPV murah lainnya. Dibandrol sebesar Rp 198 juta untuk varian Prestige yang merupakan versi tertingginya rasanya masih masuk akal meski kami akui dari sisi interior masih sedikit minimalis.

28

AUTOREVO MARET 2014


ALL NEW TOYOTA VIOS TIPE G

STILL PLEASANT AND COMFORTABLE BAGI PASANGAN MUDA DENGAN SATU ANAK KENYAMANAN SERTA KELAPANGAN VIOS BISA MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA BY . STANLY

AUTOREVO MARET 2014

29


RE

VIEW

DESAIN ALA KEN LOOK

30

AUTOREVO MARET 2014

Setelah menjajal varian tengah giliran merasakan versi teratas dari All New Toyota Vios yang memiliki tag line speed maker fuel saver ini.Secara tampilan tak berbeda jauh, tapi hadir sebagai varian teratas pastinya ia memiliki point tersendiri. Salah satunya dari foglamp yang mendampingi desain ala ken look-nya, selain itu akses fleksibilitas turut dikedepankan dengan aplikasi keyless entry yang memudahkan untuk masuk ke dalam kabin tanpa repot menekan tombol kunci, begitu pula saat menghidupkan cukup menekan tombol start/stop engine-nya saja. Kelir red micca metallic yang menjadi unit test drive kali ini membuat nuansa agresifnya makin kental, lebih lagi kehadiran velg 16" bertema sporty. All New Vios memang menegaskan ubahan radikal yang cukup jauh dari versi sebelumnya. Sudut-sudut agresif lebih ditonjolkan dari sisi desain, sedangkan bagian samping lebih menampilkan kesan dinamisnya yang senada dengan garnis chrome di buritan belakang.

Tampilan interior mengusung kesan elegan yang membuatnya terlihat sedikit mewah. Minimalis tapi fresh, yup itu kesan yang kami tangkap dari sisi interiornya. Tatanan dahsboard terbilang biasa saja, namun berkat aksen kulit hitam dengan detail jahitan yang menutupinya serta permainan dua warna membuat ambience elegant cukup keluar, sementara tombol AC yang berada ditengah dengan model digital segaris dengan head unit entertainment layar sentuh menegaskan sisi kemewahannya.


RE

VIEW

BERMAIN DI KELAS BAWAH RASANYA VIOS CUKUP MAMPU MEMILIKI KEISTIMEWAAN TERSENDIRI DI MATA KONSUMENNYA.

Bicara mengenai kenyamanan, waktu menjajal duduk dibalik kemudi ruang kaki dan kepala cukup nyaman, begitu juga dengan penumpang depan. Sedangkan di baris ke dua sudut sandaran masih mampu memanjakan penumpang dewasa, apalagi dilengkapi arm rest bersama dua buah cup holder. Mirisnya, lapisan kulit jok masih terkesan low profile yang ditambah lagi dibeberapa bagian terlihat tidak rapih, namun begitu bagi sebuah sedan Toyota yang bermain di kelas bawah rasanya Vios cukup mampu memiliki keistimewaan tersendiri di mata konsumennya. AUTOREVO MARET 2014

31


RE

VIEW

Puas dengan desain luar-dalam giliran sedikit mencicipi performa tarikan mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder DOHC. Menurut data, Vios anyar ini memiliki tenaga maksimal 109 Ps dan torsi 14.4 Nm yang tersalurkan dari transmisi konvensional otomatis 4-percepatan. Waktu menekan gas dari titik nol, putaran mesin sedikit berat tapi setelah mencapai di putaran 2.500 - 3.500 RPM luapan tenaganya baru terasa. Bisa dikatakan olahan tenaga mesinya tak seagresif tampangnya, sedangkan perpindahan gigi meski konvensional tapi cukup halus dengan nafas yang lebih panjang.

Untuk bermanuver ia terbilang lincah bagi sebuah sedan yang memiliki dimensi 4,410x1,700x1,475 (PxLxT), ditopang dengan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan bersama dengan steering EPS membuatnya smooth saat bermanuver, terlebih setingan suspensinya berada ditingkat yang sedang, tidak lembut dan tidak keras yang masih memberikan bantingan nyaman saat di kecepatan tinggi. Saat mengajaknya jalanjalan dalam dan luar kota dengan berkendara normal kami mencatat angka konsumsi bahan bakar 12,2 km/liter untuk dalam kota dan 14,6 km/ liter saat menempuh perjalanan ke Bogor, masih dalam kategori bersahabat bukan. Overall, Vios tipe G yang dibandrol sebesar Rp 279,1 juta ini memiliki tampilan yang jauh lebih modern ketimbang pendahulunya, bagi Anda yang menginginkan sebuah sedan dengan harga terjangkau, tampilan sporty serta tingkat kenyamaan yang dibarengi dengan konsumsi bersahabat All New Vios bisa menjadi

32

AUTOREVO MARET 2014

MENIKMATI LAGULAGU KESAYANGAN YANG ADA DI GADGET ANDA PUN KIAN MUDAH MELALUI FITUR DLNA


RE

VIEW

salah satu jawabannya. Bagi pasangan muda dengan satu anak kenyamanan serta kelapangan Vios bisa memenuhi kebutuhan Anda, apalagi ruang bagasi Vios terbilang cukup lapang sehingga tak repot ketika membawa barang banyak atau perlengkapan si kecil waktu perjalanan jauh. Tak hanya itu, bagi kaum executive muda yang sifat pekerjaanya 'mobile' dan lebih mengutamakan penampilan serta fitur juga mampu diakomodasi All New Vios. Selain fitur fleksibilitas yang telah di utarakan serta keiritan konsumsi bahan bakarnya, kehebatan lain yang dimiliki Vios juga datang dari perangkat entertainment yang bisa mengakses internet melalui jaringan wifi hingga dapat memanjakan Anda berseluncur ke dunia maya selama perjalanan. Cukup dengan mengandalkan koneksi wifi baik dari modem maupun via teethering hand phone Anda sudah dapat menikmati layanan internet berjalan di dalam kabin Vios. Menikmati lagu-lagu kesayangan yang ada di gadget Anda pun kian mudah melalui fitur DLNA yang diterapkan Vios pada piranti entertainmentnya, file yang bisa di-sharing antara lain mencakup format video, audio, dan gambar. Masih ada beberapa fitur menarik lainnya seperti, voice command yang memudahkan Anda menjawab panggilan telepon saat berkendara.

AUTOREVO MARET 2014

33


FORD ECOSPORT

THE ALTER EGO

MENJAWAB KEBUTUHAN SEBUAH SUV UNTUK KAUM URBAN PERKOTAAN, FORD SIAP MELUNCURKAN ECOSPORT YANG BERMAIN DI KELAS MID-SUV. AUTOREVO DIBUAT TERKESI-

34

AUTOREVO MARET 2014


BY . STANLY

EXCLUSIVE REPORT

MA KETIKA MENGENCANI ECOSPORT LANGSUNG DI HUA HIN, THAILAND BEBERAPA WAKTU LALU BERSAMA BEBERAPA REKAN MEDIA NASIONAL LAINNYA. AUTOREVO MARET 2014

35


FIRST

DRIVE

B

aik dari sisi desain, interior, fitur sampai dengan performanya telah kami rasakan selama menempuh perjalanan sepanjang 180 KM. menelusuri sudut-sudut kota Hua Hin mulai dari pesisir pantai sampai perkebunan anggur. Layaknya pelesiran sekaligus menguji kemampuan EcoSport yang akan melawan Terios, Rush bahkan Juke sekalipun di pasar Indonesia nanti. Tak perlu panjang lebar, langsung masuk kesisi pembahasan inti yang diawali dengan penampilan eksteriornya. Meski berbadan besar, tapi para teknisi Ford telah merancang secara khusus desain EcoSport untuk tetap memiliki sisi aerodinamis melalui beberapa lekukan pada sektor depan juga kap mesin, samping hingga sisi belakangnya.

kan udara mengalir tampa hambatan. Bentangan kaca yang cukup lebar membuat sisi visibilitas cukup jelas bagi pengendara dan penumpang, terlebih EcoSport Titanium juga dilengkapi dengan sunroof yang membuat tampilanya lebih berkelas.

Grill depan trapezoid serta desain headlamp yang ramping tak hanya membuat tampilanya terlihat gagah namun juga memberikan kesan modern, bahkan tak hanya itu sisi aerodinamis juga diperoleh dari garis lampu yang membentang ke belakang yang memungkin-

36

AUTOREVO MARET 2014

Sektor belakang memang terkesan kaku dan konvensional berkat adanya konde alias ban cadangan yang melekat di pintu belakang, tapi hal ini ditegaskan oleh JoĂŁo Marcos Ramos selaku Chief Designer Ford Amerika Selatan yang mengatakan, “Sebuah SUV sejatinya memang menempatkan ban cadangan di belakang bukan ditempat lain atau di bawah, ini seperti

sudah menjadi elemen penting dari jati diri SUV. Sedangkan bila dilepas atau ditempatkan diruangan lain itu bukan SUV namanya.� Sebenarnya keberadaan ban belakang kami nilai cukup relatif, hal ini tergantung dari cara pandang pengunaannya tapi overall tampilannya cukup modern lebih lagi dengan desain stoplamp yang senada dengan lekukan garis body serta sekaligus dijadikan gagang pintu untuk membuka bagasi belakang. Overall meski modern tapi gen SUV tetap terpancar melalui ground clearance yang tinggi hingga mencapai 200 mm yang diklaim oleh Ford mampu mengarungi air setinggi 550 mm.


COZY ATMOSPHER

Ruang kabin dari SUV 5-seater ini serupa dengan Fiesta apalagi ketika melihat tampilan dashboardnya. Jok berlapis kulit khusus dengan detail jahitan merah membuatnya nampak berkelas, ruang kaki dan kepala di baris pertama tak perlu dipertanyakan lagi sedangkan di baris kedua masih sama dengan Fiesta yang kami anggap sedikit minim di sisi leg-roomnya.

Cozy, hal ini yang kami rasakan ketika berada di dalam dan mulai berjalan dengan EcoSport. Kesenyapan kabin dari EcoSport patut untuk diacungi jempol, hal ini berkat material peredam sauara yang dipasang diberbagai sektor seperti, pintu, atap dan bodi yang mencegah suara dari luar masuk ke dalam kabin, sedangkan untuk mengurangi desing dan kebocorannya para taknisi Ford mendobel penyegelan untuk pintu dan menerapkan teknologi baru untuk segel kaca hasilnya EcoSport memiliki indek artikulasi yang cukup rendah yaitu mencapai 2,5 db. Tak sampai disitu, di dalam kabin EcoSport juga memiliki headliner akustik terbaik yang mambantu menyerap kebisingan dari lingkungan

sekitar. Sedangkan untuk lebih memaksimalisasikan lagi kaki-kaki terutama sektor suspensi dikembangkan secara khusus melalui peredam hydrolock yang menggunakan cairan hydrolic sebagai tambahan menghilangkan energi ketika peredam mendekati eksistensi penuh hingga menghindari kebisingan saat mengemudi terlebih ketika melintasi jalan tak rata atau polisi tidur.


FUN N SMART DRIVE

S

eperti telah dibahas sebelumnya, fitur yang digunakan EcoSport hampir serupa dengan yang diaplikasi pada Fiesta. Mulai dari perangkat Audio berkualitas, Ford SYNC yang mampu memanjakan penumpangnya dengan beragam fitur cerdas melalui sistem perintah suara yang juga memberikan akses untuk berinteraksi dengan perangkat gadget atau handphone melalui Bluetooth sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara atau penumpang dalam hal kepraktisan untuk mengakses lagu maupun menjawab panggilan tele-

38

AUTOREVO MARET 2014

pon. Hebatnya teknologi SYNC ini mampu menghubungkan 12 handphone berbeda tanpa menggunakan kabel, cukup dengan mem'pairing'nya saja. Berkat kesenyapan kabin tadi, pengguna bisa lebih fun mendengarkan lantunan suara dari lagu-lagu kesayangan, asyiknya lagi EcoSport juga memiliki sistem layaknya adaptive sound pada audionya yang memungkinkan volume audio untuk menyesuaikan sesuai kecepatan dari pengendaraanya. Rasanya tak berlebihan bila Ford mengklaim EcoSport sebagai urban SUV cerdas, karena dalam hal fitur dan teknologi yang ditawarkan cukup berlimpah. Menyalakan mesin pun tinggal menekan tombol 'star 'n stop' tanpa perlu memutar kunci, begitu juga saat membuka pintu yang tak perlu lagi menekan tombol kunci. Berbodi bongsor pun tak menjadi masalah dengan


adanya rear parking sensor lengkap dengan gambaran visual dari MID kecilnya. Fitur lainnya seperti, rain sensor wipers sampai dengan sisi safety sepertinya tak perlu lagi untuk didebatkan. Bukan hanya ruang lapang saja, tapi tempat penyimpanan pun turut diperhatiakn dengan banyaknya kompartemen yang menyebar di ruang kabin EcoSport. Sedangkan untuk kapasitas kargonya sendiri ia memiliki cakupan hingga 705 liter.

AUTOREVO MARET 2014

39


S

elain beberapa kelebihan tadi, kini giliran mencoba performanya. Berbekal mesin yang sama dengan Fiesta, 1.500 cc dan transmisi Powershift 6 percepatan dual dry-clutch kami merasakanya sepanjang 180 Km di Hua Hin. Menurut data mampu mengantarkan tenaga hingga 110 PS dengan torsi 142, meski pengujian tidak begitu sempurna karena kami berjalan secara rombongan, tapi rute yang kami tempuh cukup beragam, mulai dari kawasan padat, jalan raya hingga jalur berkelok yang tak begitu berbeda dengan Indonesia. Tenaga yang dikeluarkan cukup membuat kami kaget, pasalnya dengan body yang lebih bongsor dari Fiesta diputaran atas ia mampu melesat dengan cepat. Bukan kecap semata, disela-sela iringan rombongan, sesekali iseng menjauhkan diri lalu meng-kickdown pedal gasnya, hingga menyusul dibarisan depan. Hasilnya cukup mengiurkan, perpindahan ditiap giginya cukup smooth dan saat berada

40

AUTOREVO MARET 2014

di putaran 2.500-3.500 rpm tenaganya seakan siap memberikan respon yang cepat ketika pedal gas diinjak. Meski hanya sekilas tapi angka 150 km/jam mampu ditembusnya, namun kami akui diputaran bawah masih cukup lamban. Ups, hampir lupa bila butuh tenaga yang lebih responsif silakan jajal mode manualnya dengan mengeser tuas ke posisi S dijamin putaran mesin pun lebih terasa.


Teknologi twin independent variable camshaft timing (TiVCT) yang diterapkan EcoSport dapat menyesuaikan tumpang tindih antara katup masuk dan buang secara tepat sehingga memberikan tenaga yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan berpengaruh pada penghematan bahan bakarnya. Selama perjalan berlangsung dengan beragam kondisi angka konsumsi rata-rata di MID berkisar 1:13 - 14 km/jam, cukup lumayan bagi sebuah SUV berbadan bongsor. Yup, atas dasar ini kami memberikan judul 'Alter Ego'. Seakan mengambarkan sisi berbeda meski ia menganut mesin dan fitur yang hampir serupa dengan Fiesta. Bila Fiesta bisa dinikmati untuk mobil perkotaan dengan beragam fitur penunjang lifestylenya, EcoSport memberikan sisi berbeda yang tak hanya bisa di guakan dalam kota, diajak berpetualan atau melakukan road trip keluar kota pun mampu meladeninya. Overall, dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 195,4 - Rp. 242,4 juta, rasanya EcoSport pantas untuk menjadi perhitungan Anda.

AUTOREVO MARET 2014

41


ALL NEW KIA CARENS

LEISURE TIME WITH

ALL NEW CARENS 42

AUTOREVO MARET 2014


S

EAKAN TAK ADA BOSANNYA MENJELAJAH JAWA BARAT, KOTA YANG KAYA SPOT WISATA ALAM, MULAI DARI PEGUNUNGAN, BUKIT, KEBUN TEH, DANAU, PANTAI SAMPAI KULINERNYA YANG NIKMAT. TAK HAYAL LAGI-LAGI BANDUNG MENJADI PILIHAN REDAKSI UNTUK SEKADAR BERLIBUR MELEPAS PENAT SEKALIGUS MENGUJI KENYAMANAN SERTA PERFORMA DARI MPV MODERN ASAL NEGERI K-POP, ALL NEW KIA CARENS. AUTOREVO MARET 2014

43


FIRST

DRIVE Bandung Selatan menjadi target perjalanan kali ini, tepatnya menuju ke salah satu wisata alam di kawasan Ciwidey, Situ Patenggang. Bila ada yang pernah kesana pasti tau medan yang akan dilalui, cukup beragam dan sedikit menantang. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, refreshing ringan kali ini ditemani oleh All New Kia Carens, sebuah MPV 7-seater modern yang memiliki desain compact, tak seperti kebanyakan MPV lainnya yang rata-rata bertubuh boxy. Carens sendiri diklaim memiliki sisi keyamanan serta performa yang cukup memukau sebagai sebuah MPV keluarga, dan hal ini pun membuat kami penasaran untuk menjajalnya.

CARENS SENDIRI DIKLAIM MEMILIKI SISI KEYAMANAN SERTA PERFORMA YANG CUKUP MEMUKAU SEBAGAI SEBUAH MPV KELUARGA

44

AUTOREVO MARET 2014

Berisikan 6 orang penumpang dewasa, kami memulai petualangan bersama All New Carens dengan kapasitas 2.000 cc DOHC Dual CVVT yang mampu menyuplai tenaga 152 dk dan torsi maksimal 194 Nm melalui transmisi 6 percepatan otomatisnya. Sekadar info sebelumnya kami pernah mencicipi performanya, tenaga yang keluar mamang cukup memukau dari titik 0 - 100 km/ jam mampu dituntaskan dalam kurung waktu kurang dari 10 detik, dukungan desain bodi yang aerodinamis memberikan efek tak hanya dari segi tampilan tapi juga performanya, untuk seukuran mobil keluarga 7 seater tentu ini cukup bertenaga dan bagi Anda yang ingin mencari tampilan berbeda dari sebuah MPV, Carens bisa menjadi jawabannya.


DRIVE

BY . STANLY

FIRST

AUTOREVO MARET 2014

45


Perjalanan awal tentunya harus melahap Tol Cikampek dan Cipularang sebelum akhirnya rute berganti dengan kepadatan dan kemacetan lokal dikawasan Kopo. Sekilas cerita, saat melajukan Carens di Tol Cipularang dengan kondisi full loded kami manfaatkan untuk menguji performa ibarat membawa keluarga besar. Tarikan bawah memang sedikit berat karena mengendong 6 penumpang, perpindahan gigi tetap halus tanpa adanya hentakan sedangkan ditarikan atas menginjak pedal gas lebih dalam tenaga seakan terus melonjak keluar dan putaran mesin pun kian tinggi mengibaratkan tenaga terus berputar, yup bermain di rpm 2.500 - 3.500 sudah cukup membuktikan olahan tenagannya.

46

AUTOREVO MARET 2014

Yang mengasyikan adalah hadirnya fitur Flex Steer memungkinkan pengguna untuk memilih mode berkendara sesuai dengan medan yang dilaluinya, saat dikecepatan tinggi layaknya di tol pindahkan ke mode sport yang membuat kendali kemudi sedikit berat hingga stabil saat diajak melesat. Ketika jalan santai seperti memasuki daerah padat kembali mode normal digunakan, bahkan bila ingin lebih santai pengendara bisa memilih mode comfort.


Dengan muatan penumpang sebanyak itu, melibas tanjakan di kawasan Ciwidey sebelum memasuki wisata Situ Patenggang, performa Carens kembali membuktikan putaran tenaga ditiap perpindahan giginya. Diimbangi handling yang smooth, All New Carens pun mampu melahapnya dengan mudah. Sedikit keluhan dialami penumpang baris ke tiga yang merasa bantingan Carens ketika bermanuver sedikit agresif terasa keras plus ruang head room yang minim hingga mempengaruhi kenyamanannya ketika berada terlalu lama.

PERPINDAHAN GIGI TETAP HALUS BERMAIN DI RPM 2.500 - 3.500 SUDAH CUKUP MEMBUKTIKAN OLAHAN TENAGANNYA

AUTOREVO MARET 2014

47


SITU PATENGGANG Hawa sejuk mulai terasa ketika melintas di perbukitan kebun teh Nusantara, diiring lagu-lagu ala anak muda dari head unit 2DIN yang masih sedikit konvensional akhirnya All New Carens berlabuh di kawasan wisata Situ Patenggang yang dikaruniai indahnya pemandangan danau dan hamparan kebun teh bernuansa sejuk. Kaca pun sengaja di bukan agar bisa menikmati langsung pemandangan dan terpaan angin yang masuk keruang kabin.

48

AUTOREVO MARET 2014


JOUR

Danau pun kami jelajahi dengan menyewa sebuah perahu hingga menuju salah satu tempat unik diseberangnya. Menurut info, danau ini terikat kuat mengenai kisah cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu kian Santang dan Dewi Rengganis. Setelah berpisah sekian lama akhir mereka saling mencari dan bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta�. Sang Dewi pun meminta dibuatkan danau dan

sebuah perahu untuk berlayar bersama, perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka), dan konon menurut cerita yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, bakal mendapat cinta yang abadi, just like them ... hmmm so sweet bukan. Tak sampai sore hari saat cuaca mulai dingin dan kabut mulai turut, menandakan waktu kami yang sudah habis

NEY

dan harus beranjak pulang. Singkat cerita, satu hari punuh menempuh perjalanan menuju lokasi wisata yag memang tak rugi untuk di kunjungi cukup menepiskan rasa penat akibat pekerjaan dan suasa kota, tapi di balik itu semua yang lebih meyenangkan adalah perjalanan bersama All New Carens, yang mampu menyuplai tenaga terbaik dibarengi sisi konsumsi bahan bakar yang bersahabat. Kenyamanan dalam berkendara serta kala menjadi penumpang juga cukup memuaskan.

AUTOREVO MARET 2014

49


FIND OUT!

MODEL WINDA RAHAYU


HOW WE CAN MAKE IT ONLINE IN EVERY DETAIL


SMALL N SMOOTH


SMALL FOR BIG CITY

HONDA BRIO E 1.2 A/T Memiliki dimensi mungil baik dari desain maupun mesin sebagai city car seakan sudah menjadi keharusan, tapi bagaimana bila dimensi mungil serta kapasitas mesin yang kecil itu dituntut menghasilkan tenaga yang berlimpah ditambah lagi dengan kelapangan yang menghasilkan kenyamanan untuk penggunanya .... Hmm, hal ini pun dijawab langsung oleh New Honda Brio E 1.2 A/T.


LIFESTYLE ANAK MUDA

Dilahirkan untuk memenuhi para penggunanya yang sebagian banyak beraktivitas di kota besar baik sebagai pekerja kantoran maupun lifestyle anak muda, Brio 1.2 A/T datang dengan desain serupa dengan anggota keluarga lainnya seperti, Brio 1.3 maupun Brio Satya. Bedanya ia sudah dilengkapi dengan garnis chrome di belakang juga rear wiper, selebihnya tetap sama dari sektor eksterior.

54

AUTOREVO MARET 2014


Lanjut ke interior, lagi-lagi hampir tak ada perbedaan. Tampilan mungil seakan terpatahkan saat duduk di balik kemudinya, rancangan desain yang apik membuat visibilitas depan sangat baik, sedangkan kenyamanan sudah dirasakan dari kelapangan ruang kaki dan kepala di baris depan yang dikolaborasikan melalui jok bertemakan semi bucket dengan head rest yang menyatu. Masih sama dengan kasus sebelumnya, di baris ke-2 ruang kaki sedikit tak bersahabat bagi seukuran tubuh orang dewasa bila terlalu lama berada di dalam.

Kecil-kecil cabe rawit, hal ini yang redaksi rasakan ketika mengajak Brio 1.2 E A/T ini sedikit jalan-jalan di dalam kota maupun menempuh perjalanan ke Bogor. Dibekali mesin yang turun satu peringkat dari sebelumnya, 1.2 SOHC 4-silinder i-VTEC Brio memberikan kesan pertama yang mengagetkan dengan agresifnya respon di putaran bawah. Dari hasil data, Honda mengklaim Brio memiliki tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 109 nm pada 4.500 rpm, dan hasilnya sudah terasa sejak putaran bawah.

Makin mengasyikan lagi dengan transmisi otomatisnya yang disokong teknologi shift hold control, grade logic control juga sistem drive by wire yang menjamin mampu mengatur tenaga ditiap perpindahan giginya. Sedikit bermanuver dikemacetan Jakarta, tubuh mungilnya sangat menguntungkan kala meliuk-meliuk menyalib beberapa kendaraan, hal ini juga berkat dukungan kemudi beserta fitur electric power steering yang membuatnya smooth saat handling. Mulai dari Sunter Kemayoran - Senayan hingga Cibubur menerjang kemacetan

AUTOREVO MARET 2014

55


BY . STANLY

di jalur-jalur rawan, konsumsi yang didapatkan redaksi menyentuh angka 13,2 Km/l dengan catatan berkemudi normal dan 2 orang penumpang tanpa barang. Ingin merasakan performanya, Tol Jagorawi menjadi arena pengujian redaksi memacu tenaga yang ada pada Brio 1.2 A/T ini. Tanpa panjang lebar pedal gas langsung dibejek, serentak aliran tenaga langsung menyuplai ke kaki-kaki yang membuat si mungil ini melesat cepat. Putaran mesin lebih keluar kala perseneling di turunkan pada posisi S dibarengin dengan gemuruh dari balik kap mesin yang mulai masuk

56

AUTOREVO MARET 2014

keruang kabin saat bermain di rpm 3.000 juga getaran pada kaki-kaki yang mambuat kami mengendorkan pedal gas. Intinya, Brio mampu memberikan kejutan dari performanya meski hanya sejenak. Bukan hanya itu, saat menempuh perjalanan dengan beragam pola berkendara kami mencatat angka konsumsi 15,6 Km/l sedangkan saat konstan 100 km/jam ia mampu meyentuh hingga 20,8. Bagi pengendaranya tak perlu khawatir mencari posisi mengemudi yang efesien, karena Brio telah dilengkapi dengan indikator ECO yang menyala untuk mengindikasikan berkendara ekonomis.


NEW NISSAN MARCH 1.2

Bermain di kelas city car 1.200, Honda Brio yang dibandrol sebesar Rp 146 juta tak lantas melenggang sendirian karena masih ada pemain lama yang juga telah mendapat sentuhan baru, Nissan March 1.2. March datang dengan penyegaran yang minim pada sektor eksterior, desain grill baru serta bumper merupakan satu-satunya modal yang dimiliki untuk mencirikan varian barunya, sedangkan di sektor interior bisa dikatakan sedikit lebih drastis dibanding pendahuluya.

BY . STANLY

MORE FASH ION

AUTOREVO MARET 2014

57


Sisi Interior kini tampil lebih atraktif dengan suasana yang modern. Headunit serta beberapa perlengkapan lainnya mampu memberikan kesan fresh meninggalkan sisi minimalis dari interior Brio, masalah kelapangan kabin juga hampir 11-12 hanya saja kami akui visibilitas Brio lebih mapan ketimbang March. Tapi overall, March lebih unggul dari sisi nuansa serta kemewahan kabin, walau pun secara desain ia kurang berevolusi.

Masuk ke sisi performa, Nissan yang menggondong mesin sama dengan Brio memiliki olahan tenaga 76 Ps dan torsi 10.6 kg-m, hal ini lebih kecil ketimbang Brio. Dari tarikan bawah sudah terasa, March sedikit lebih lamban sedangkan di putaran atas hampir serupa dengan Brio. Intinya masalah respon Brio lebih unggul, sedangkan dari sisi efesiensi saat mengajaknya berkeliling dalam kota dengan berkendara normal tanpa beban berlebih indikator yang kami dapat sekitar 11-12,4 km/liter, hanya beda sedikit dengan Brio.

58

AUTOREVO MARET 2014

Tak bermaksud membandingkan karena tetap pilihan kami lempar ke konsumen, hanya saja menurut kami keduanya cukup mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi mereka yang tinggal dan beraktivitas di Ibu Kota. Bicara mengenai kelebihan dan kekuranganya tentu juga menjadi 'taste' alias selera dari masing-masing pengunanya.


BETWEEN DAIHATSU NEW LUXIO

‘n NISSAN NEW EVALIA Sama-sama mendapat penyegaran baru dalam hal kenyamanan dan desain, dua MPV yang mengusung konsep ‘van’ ini, Daihatsu New Luxio dan Nissan New Evalia memang tercipta dengan komposisi ruang atau kapasitas yang lebih luas dibandingkan jenis MPV lainnya. Meski bermain di kelas yang sama, tapi tetap ada perbedaan dari keduanya dan perbedaan ini yang kami coba angkat untuk dijadikan referensi bagi calon pembeli.

BY . STANLY


Dari beragam hal perbedaan, kami fokuskan dalam beberapa hal seperti, desain, fitur, harga, kenyaman serta performa tapi tentunya masalah ‘taste’ tetap menjadi acuan tersendiri atara Evalia maupun Luxio dimata konsumen. Masuk ke interior, disini Evalia harus berbesar hati karena sentuhan baru dari Luxio mengalahkan kesan minimalis dari Evalia. Mulai dari kombinasi dark and light grey pada kabin sampai dengan permainan two tone color disisi dashboard yang memiliki tatanan lebih modern dari Evalia. Sedangkan sisi kelapangan keduanya kami anggap cukup imbang baik dari baris pertama hingga ke tiga.

BAK PINANG DIBELAH DUA

Ungkapan ini cocok untuk mengibaratkan keduanya apalagi bila hanya melihat dari sisi visual saja yang bisa dibilang ‘fifty fifty lah’. Dari segi dimensi, Luxio harus mengakui bahwa Evalia lebih unggul dengan 4.400 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.850 mm, dan jarak sumbu roda 2.725 mm sedangkan Luxio dibekali panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.915 mm dan jarak sumbu roda 2.650 mm.

60

AUTOREVO MARET 2014

Hal ini menguntungkan Evalia dalam hal kelapangan, selain itu dengan jarak dari tanah 175 mm yang notabenya lebih rendah 5 mm dari Luxio juga memudahkan bagi penumpang Evalia saat memasukkan barang ke dalamnya. Dilain sisi, dengan ground clearance lebih tinggi Luxio unggul ketika melintas di jalan rusak, terlebih saat mengangkut barang banyak sehingga tak perlu begitu khawatir mentok. Bicara mengenai ‘taste’ atau rasa, harus diakui meski telah mendapat sentuhan baru dengan tampilan lebih stylish dan elegan dengan ornament khrome, tapi desain modern Evalia pada nampak depannya lebih menggoda. Sedangkan sisi samping hingga belakang kami lebih menyukai desain Luxio baru yang lebih atraktif ketimbang Evalia yang terlihat polos.


FITUR

Fitur cukup menjadi masalah yang tak kalah pelik dalam sebuah mobil keluarga, kebanyakan konsumen ingin memiliki fitur yang canggih meskipun hanya sanggup membeli sebuah low MPV sekalipun, suka tak suka tapi kurang lebih itu kenyataanya.

Suka tak suka, Luxio wajib angkat topi mengenai fitur yang ada pada Evalia. Mulai dari perangkat safety, Evalia sudah dilengkapi dengan dengan airbags meski hanya tersedia untuk pengemudi saja yang dikolaborasikan dengan ABS+EBD+BA untuk pengeremannya. Bukan hanya itu, Evalia juga mengadopsi MID sebagai sarana informasi kendaraan yang juga dilengkapi dengan rear view camera, tak lupa kesan modern ditambahkan dengan kehadiran keyless entry sedangkan disisi entertainment ia juga memiliki roof LCD untuk memberikan hiburan untuk penumpang.

Dalam beragam hal Evalia memang unggul, tapi tak semuanya lho… salah satunya datang dari sistem audio, Luxio hadir dengan head unit 2Din yang lebih modern, meski tak seberapa besar dibandingkan Evalia tapi hal ini cukup memberikan petunjuk dari perkembangan Luxio yang kini menyandang tag line ‘sahabat keluarga modern’. Ups … satu lagi blower AC yang dimiliki Luxio meski konvensional ternyata lebih efektif ketimbang Evalia yang terkesan ‘memaksakan’ dengan menempatkan blower dibaris ke-3 tepat disamping penumpang.

AUTOREVO MARET 2014

61


INSIDE LUXIO

62

AUTOREVO MARET 2014


PERFORMANCE

COMFORT

Kenyamanan yang dimiliki oleh keduanya lagi-lagi kami anggap ‘beti’ alias beda tipis. Bukan hanya ketika jadi penumpang saja, melainkan posisi saat berkendara juga diperhatikan. Luxio dengan kemudi baru, kami akui lebih asyik digenggam ketimbang versi sebelumnya, sayangnya ia tak dilengkapi dengan tilt steering untuk mengatur posisi kemudi layaknya Evalia. Perbaikan dengan menebalkan lapisan jok di setiap baris terbukti membuat nyaman, terlebih bagi penumpang depan dan pengendara yang duduk diatas mesin sehingga bisa meredam hawa panas yang dikeluarkan.

Baik Luxio maupun Evalia masih mempertahankan mesin yang sama dengan versi sebelumnya. Luxio menggendong mesin 1.495 cc 4-silinder yang mampu menyuplai tenaga sebesar 97 dk dan torsi 134 Nm. Saat menjajalnya di Palembang beberapa waktu lalu putaran bawah cukup bertenaga untuk varian X M/T, hal ini tentu tak lepas dari torsi yang lumayan besar. Sebaliknya ketika sedikit mencicipi paket transmisi manual 4 percepatan, tenaga di bawah masih terasa berat. Nissan Evalia pun tetap mengusung mesin HR15DE yang berkapasitas 1.498 cc dengan tenaga 109 Ps dan torsi 14.6 Kgm. Secara data Evalia memang memiliki torsi lebih besar ketimbang Luxio, saat kami menjajalnya varian XV A/T putaran bawah sedikit sama dengan Luxio X A/T, sedikit berat tapi setelah melaju tenaga diatasnya terus terisi. Yang terpenting dari keduanya adalah bukan masalah seberapa kencang ia bisa berlari, tapi lebih kearah fungsinya sebagai sebuah MPV van yang memiliki kelapangan lebih ketimbang MPV biasanya.

AUTOREVO MARET 2014

63


Nissan Evalia memiliki kenyaman yang telah diupgrade, sayangnya hanya seputar kabin saja sedangkan sektor eksterios masih sama dengan versi sebelumnya. Mengenai kaca samping di baris ke-2 pun belum berubah, masih menggunakan konsep yang sama. Sedangkan untuk Daihatsu Luxio, bisa dibilang cukup variatif. Eksterior yang lebih mewah dengan beragam ornament baru, sampai dengan sisi kenyamana baru di ruang kabin. Fleksibilitas juga ditingkatkan dengan hadirnya one tuch tumble sehingga memudahkan penumpang masuk baris ke-3. Fitur sedikit beda tipis, Luxio memiliki audio modern, sedangkan Evalia dilengkapi dengan roof monitor yang memungkinkan penupang hingga baris ke-3 bisa menikmati piranti entertainmentnya. Selain itu Evalia juga telah dilengkapi fitur penunjang seperti rear view parking yang memudahkan pengendara saat parkir mengingkat komposisi bodynya yang besar. Melihat dari segi ubahan yang cukup drastis kami lebih mengungulkan Daihatsu Luxio. Kenyamanan serta tampilannya patut untuk diacungi jempol meski masih ada beberapa kekurangan seperti fitur safety.

POINT OF VIEW


EVENT GALLERY

INDONESIA MARCH COMMUNITY 15 MARET 2014

MITOSI

RAYAKAN HARI ULANG TAHUN 16 MARET 2014

66

AUTOREVO MARET 2014


PARJO 3

SLIDEFEST 2014 18 MARET 2014

(PASAR JONGKOK 3) 1-2 MARET 2014

EVENT GALLERY AUTOREVO MARET 2014

67


Thin line between your way and the highway is


70

AUTOREVO MARET 2014

Autorevo Maret 2014  

Autorevo Digital Magazine Maret 2014

Autorevo Maret 2014  

Autorevo Digital Magazine Maret 2014

Advertisement