SEMIMUTAN Edisi November-Desember 2021

Page 1

2021 EDITION

Semimutan

NOVEMBER DECEMBER

- Pemanasan global adalah tanggung jawab kita.

HIMPUNAN MAHASISWA FARMASI

INFO K O M


SEMIMUTAN 2021 HUBUNGI KAMI : hmfuntan HMF FK UNTAN hmf.untan@gmail.com www.hmf-untan.org

HIMPUNAN MAHASISWA FARMASI


SEMIMUTAN 2021

ISI

Big Day What's Hot? Agenda Kampus Lorong Farmasi Fantasy

HIMPUNAN MAHASISWA FARMASI


BIG DAY

HARI KESEHATAN NASIONAL 12 NOVEMBER 2021


HARI

BIG DAY 14 NOVEMBER 2021

INTERNASIONAL

Hari Diabetes Sedunia adalah kampanye kesadaran global yang terhadap diabetes mellitus dan diadakan setiap 14 November. Diselenggarakan oleh Federasi Diabetes Internasional (IDF), setiap Hari Diabetes Dunia berfokus pada sebuah tema yang berkaitan dengan diabetes, yang merupakan penyakit tidak menular yang dapat dicegah dan diobati dan mengalami peningkatan pesat di seluruh dunia.


BIG DAY



BIG DAY

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.


BIG DAY

Selamat Hari Natal 2021 & Tahun Baru 2022


What's Hot?

Rekor terbaru di Kutub Utara Badan cuaca PBB, Selasa 14 Desember 2021 mengatakan telah melakukan sertifikasi pembacaan suhu di lokasi tersebut dan hasilnya adalah 38 derajat Celcius (100,4 Fahrenheit). Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) yang berada di bawah naungan PBB mengatakan suhu di Verkhoyansk yang terpantau "lebih cocok untuk wilayah Mediterania daripada Kutub Utara" itu tercatat pada 20 Juni 2020, ketika gelombang panas menyapu Siberia dan bergerak ke utara Lingkaran Arktik. Kota di Rusia itu, Verkhoyansk terletak sekitar 115 kilometer (70 mil) utara Lingkaran Arktik dan stasiun meteorologi setempat telah mengamati suhu sejak tahun 1885, kata WMO.

sumber: https://www.liputan6.com/global/read/4764959/pbb-suhu-terpanas-di-kutub-utara-capai-38-derajat-celciuss


What's Hot?

perkembangan nft Di Alberta, Kanada, sebuah perusahaan teknologi melakukan bagian kecilnya sendiri untuk membantu dunia mencapai netralitas karbon: mengubah limbah minyak menjadi energi ramah lingkungan yang menggerakkan penambangan kripto. NFT, atau token yang tidak dapat dipertukarkan, dengan nol footprint karbon. NFT banyak digunakan oleh seniman dan artis untuk menjual produk mereka. Hal ini dilihat dapat menurunkan penggunaan kertas dan beralih ke digital. Namun, penyimpanan mereka membutuhkan energi yang sangat besar. Sekarang, dunia crypto sedang mencoba untuk berubah. Banyak platform sekarang mengiklankan kesadaran lingkungan mereka. Beberapa perusahaan bahkan selektif tentang lokasi fisik yang mereka pilih untuk menambang koin, mencari tempat yang menggunakan sumber terbarukan atau energi berlebih.

sumber: https://time.com/6120237/nfts-environmental-impact/


Agenda Kampus UJIAN AKHIR SEMESTER MASIH ONLINE

Mulai tanggal 29 November s/d 11 Desember telah diadakan ujian akhir semester (UAS) di kampus Farmasi. Namun, kondisi pandemi yang masih bertahan menyebabkan ujian pun harus dilakukan seara online, meskipun beberapa dosen juga mengadakan ujian offline dengan mematuhi protokol dengan ketat.


Lorong Farmasi

Seberapa gentingnya omicron? Para ilmuwan khawatir Omicron menimbulkan bahaya baru karena mereka awalnya tidak dapat mengukur tingkat keparahan dan potensi lolosnya vaksin, dan laporan baru-baru ini telah menjelaskan beberapa hal baru. Para ahli telah menemukan bahwa mutasi Omicron memungkinkannya lolos dari kekebalan yang diberikan oleh kedua dosis vaksin. Penelitian awal menunjukkan itu mengurangi dua dosis Pfizer hingga 30 persen efektivitas, sementara AstraZeneca berpotensi turun ke nol.


Lorong Farmasi Meski booster dapat memperbaikinya kembali menjadi 75 persen, program ini masih jauh dari mencakup semua orang, yang berarti banyak yang berada di bawah belas kasihan Omicron. Data terbaru menunjukkan penyakit yang disebabkan oleh Omicron lebih ringan dari pendahulunya. Studi awal yang diterbitkan di Inggris dan Afrika Selatan telah menemukan antara 30 persen dan 70 persen lebih sedikit orang yang memerlukan perawatan di rumah sakit.


Lorong Farmasi Para peneliti yang bekerja dengan Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) percaya bahwa ia memiliki resistensi "substansial" terhadap kekebalan alami yang diberikan oleh infeksi sebelumnya. Temuan dari lembaga Afrika Selatan mengikuti studi dunia nyata dari setiap varian yang mengidentifikasi orang 2,4 kali lebih mungkin untuk terinfeksi ulang dengan Omicron. Oleh karena itu penting untuk menjaga protokol dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Karena permasalahan yang paling utama dari omicron yaitu penularannya yang sangat cepat dan sulit dikendalikan.


Fantasy

DIET SEHAT sarapan

makan siang

sereal

salad sayur

sore

makan malam

buah

ayam


.

SEMIMUTAN 2021

> TIM REDAKSI Penanggung Jawab : Mika Saren Pengawas : Nuha Salwa Alifia Putri Tim Kreatif : Mika Saren Nuha Salwa Alifia Putri Sylvariani Firda Lestari Yunita Hananda Aulia Tazkiatunnisa Nurul Irwani Putri Rahmawati Fanny Setya Astuti Nabila Mayang Ningrum Melda Elyvia Alfian Nur Huda Shahira Audia Nadine Bulan Maharani Kusnadine Fasilia virma Sarda Amanda Putri Raden Hasya Nadhir DEPARTEMEN INFOKOM HIMPUNAN MAHASISWA FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA

HUBUNGI KAMI : hmfuntan HMF FK UNTAN hmf.untan@gmail.com www.hmf-untan.org HIMPUNAN MAHASISWA FARMASI


INFO K O M

SEMIMUTAN 2021

You can’t use up creativity. The more you use, the more you have. Maya Angelou

HIMPUNAN MAHASISWA FARMASI


Millions discover their favorite reads on issuu every month.

Give your content the digital home it deserves. Get it to any device in seconds.