Page 1

Dynamika Matematika

ALPHAMARET

Dimensi

#X

L(e)baran Saat Liburan (?)


Dimensi

#X L(e)baran Saat Liburan (?)


MEET THE TEAM Dynamathers

Letter s ’ r o Edit

Seorang anak manusia yang sejak kecil tinggal disuatu daerah yang katanya dulunya banyak kapal, D(r)a(r)maga.

A

Mutia Diska @mutiadiska

Ghifari @ghifarizkikam

Menghuni kosan yang dikelola oleh

ssalamualaikum Wr Wb.. Hellooo!

keluarga sendiri. Sedang menapaki jalan

Haiiii! Puji syukur kita panjatkan

menuju hatimu, iya hatimu...

kepada Allah SWT karena atas

Mahasiswi matematika yang namanya sedikit mirip dengan singkatan salah satu mata kuliah sebut saja Mu(a)tdis, sekarang sedang terdampar sebagai seorang layouter majalah.

rahmat-Nya lah akhirnya Dynamath ini bisa terbit. Setelah melalui perjuangan yang cukup d a l a m s a m b i l b e r - UA S r i a , a k h i r n y a

Sarah Zai @srhzhdh

Solehr @rudians95

terkumpullah butir-butir konten majalah ini hehe :3. Yap, Dynamath muncul lagi loh dengan tema spesial “L(e)baran Saat Liburan (?)� (bisa

Seekor makhluk yang (masih) kuliah di jurusan mate ipb ini selalu ngantuk pas jam kuliah dan hidupnya cuma buat nge-game sama nonton anime, selesai.

kalian artikan sendiri kan :p haha). Pastinya Dynamath kali ini berbau bulan Ramadhan, l(e)baran dan..... liburaaaannnn! Mulai dari suka senengnya puasa, resep takjil ala-ala anak kosan, sampai tips n trik buat mudik ada di

Is enjoying math so muach :* Manusia normal yang suka dibuat abnormal sama manusia-manusia normal atau mungkin abnormal lainnya. Sumpah, gue normal kok :')

dimensi kali ini! Masih banyak lagi lainnya yang

Shara @vionamitasharaa

tentunya baru lohhh! Oh iya ada ucapan spesial loh dari seluruh pengurus GUMATIKA in Space

Niswah Y @yanfabl

>< Penasaran? Sok aja langsung baca :) dan selamat menikmati :D

Cewek freak yang berhasrat untuk

Soleh R, Math 50.

L(e)baran Saat Liburan (?)

Wiwik Tri H @wiwik_hardianti

Seorang gadis yang ramah, tapi bisa jadi pendiem kalau lagi laper. Hobinya mengamati benda-benda kecil yang kasat mata. Dia adalah agen intelijen yang ditugaskan di departemen infokom.

Hanyalah mahasiswi matematika yang

mengendalikan 4 elemen bumi dan

tak pandai berhitung. Penganut paham

suka banget dengan yang namanya

sedikit berbicara banyak

olahraga tapi pengennya itu semua

mendengarkan, sekian.

dapat dilakukan di kasur.

Monica R @monicarachmaw

Retno Puspita @retnopuspita19

Aku hanyalah seorang mahasiswi Seseorang yang susah ditebak jalan biasa dari departemen matematika pikirannya. Inilah aku dan akan yang luar biasa. Mahasiswi yang tak terus menjadi aku. Apapun inilah sempurna dalam mengandaikan sifatku dan semua inilah aku. sesuatu dan kadang salah dalam Te r k a d a n g l a b i l , t e r k a d a n g bimbang, terkadang bijak, dan berhitung. terkadang lemot tingkat tinggi :D.

Maria T Dwi @mariatheresiadwi

Seorang gadis bertubuh mungil dengan paras yang manis, terkadang ceria terkadang murung, walaupun lebih banyak galaunya dan terakhir hobi menulisnyalah yang menuntunnya hingga posisi saat ini.


Shout Out

Apa Momen Yang Ga Bisa Kalian Lupain Saat bulan Ramadhan? Siti L 51 Pernah bukber bareng temen smp. Karna rame, mejanya bareng-bareng sama orang lain. Pas udah beli minum, tanpa ngeliat orang disebelah ngambil minum gua :'(

Juni 51 Pertama kali puasa full maksain banget sampe magrib, pas jam 5 sore badan panas tapi tetep maksain, eh besoknya ga bisa puasa karna sakit.

Lana 50 Pernah liburan dikampus dan itu sepi parahhhh, dikosan sendirian, cari makan bingung, sedih bange

Diarekta 50 Jadi pas pertama ke kampus pas puasa tahun ini, sebelum berangkat ngisi botol minum. Eh baru inget kalo lagi puasa

Vivie Sundari 49 Waktu itu aku dijalan ngantuk banget terus makan permen, ngehnya pas udah abis permennya haha

Hani 51 Ada momen pas lagi ngabuburit, waktu itu baru turun dari mobil, ngaca dimobil sebelah. Eh ba- ba mobilnya jalan, ternyata ada orangnya-_- maluuuu


Ihat 50

Fika 49

Waktu mau sahur bareng nata, alďŹ en, re a sama jihan. Ternyata gas dikosan aku habis. Keliling2 kosan buat nyari tempat buat masak, pas makanannya udah jadi eh udah mau imsak-_-

Dulu pernah beberapa menit lagi menjelang buka puasa bikin jus melon. Pas udah jadi tangan reďŹ&#x201A;ex nyendok terus nyobain jusnya :')

Bagas 51 Pas udah takbiran tapi besoknya gajadi

Maika 51

Saat-saat menyedihkan puasa pertama

lebaran, ternyata diundur. Akhirnya puasa lagi

diasrama TPB, makan sahur sambil nangis

dan malemnya takbiran lagi.

karna makanan paket ramadhannya ga sesuai selera huhuhu

MuďŹ d 49

Yuli 49

Waktu masih kecil, pulang dari solat subuh

Pas lagi main sama adik sepupu, aku disuapin

ngeliat segelas teh diatas meja. Entah kenapa

wafer sama dia dan aku mau. Pas udah abis

diminum aja itu tehnya, pas udah sampe

wafer 3 baru inget kalo lagi puasa, alhasil seret

mulut baru inget dan langsung dimuntahin

karena belum minum hehe

haha


CONTENTS

Editor’s Letter Letter Shout Out

Daftar Isi Biogmatic Mathinfo Editor’s Letter Press Release : Sesi Poster 1 2016 Press Release : Math Awards 2016 Press Release : Editor’s Letter Upgrading 2 Press Release : Art day 2016

Editor’s Letter

Resep

2 3 5 7 8 9 2 11 2 12 13 2 14

Hirosima

Editor’s Letter

Selamat Lebaran! Tipsy and Tricky

Editor’s Letter

Jawaban Mathriddle Math on OMI-IAC

Editor’s Letter

Math Colour Mathinfo

Editor’s Letter

Kalkulusiana Mathriddle CP

15 2 17 19 2 21 23 2 25 27 2 30 33 34


QUOMATH

jANGAN pERNAH BERHENTI MENELITI MATEMATIKA KARENA ITU YANG PALING BANYAK AMAL KEMANUSIAANNYA I wAYAN MANGKU -2016-


Biogmatic

o

abu wafa Matematikawan Muslim Sejati

A

bu Wafa dilahirkan pada tanggal 10 Juni 940M atau 328H di Buzjan, Khurasan, Iran. Beliau terlahir dengan nama Abu alWafa Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yahya Ibn Ismail Ibn Abbas al-Buzjani. Paman-paman beliaulah yang telah berjasa memperkenalkannya dengan ilmu matematika ini yaitu Abu Umar alMaghazli dan Abu Abdullah Muhammad Ibn Ataba serta Abu Yahya alMarudi dan Abu al-Ala' Ibn Karnib. Kesenangan Abu Wafa akan ilmu matematika sangat didukung oleh keluarganya dan situasi saat itu dimana ketika Abu Wafa lahir, di wilayah Iran sedang berkembang sebuah dinasti Buwaih (945-1055) dimana sangat mendukung ilmu pengetahuan dan seni. Pada tahun 983M, Dinasti Buwaih memindahkan pemerintahannya ke Baghdad, sehingga untuk mendukung penelitiannya, Abu Wafa juga ikut pindah ke Baghdad. Di Baghdad, Abu Wafa bergabung bersama para ilmuwan lainnya yaitu Al Quhi dan Al Sijzi yang juga ilmuwan matematika. Para ilmuwan ini mendapat tempat istimewa di istana Adud Ad Dawlah. Bahkan karena kecintaannya pada ilmu dan para ilmuwan, sang putera mahkota Sharaf Ad Dawlah membangun sebuah Observatorium di lingkungan istana dan diresmikan pada tahun 988M di bulan Juni. Abu Wafa dan para ilmuwan pun semakin bersemangat mengembangkan ilmu pengetahuan terutama astronomi dan matematika serta semakin betah tinggal di istana. Abu Wafa telah berhasil membangun kuadran dinding yang berfungsi memantau pergerakan bintang-bintang di langit. Namun sayang, setelah sang sultan Sharaf Ad Dawlah wafat, observatorium itu ditutup. Abu Wafa dikenal sebagai ilmuwan yang serba bisa. Seluruh hidupnya ia dedikasikan untuk melakukan berbagai penelitian dan melahirkan berderet inovasi penting bagi ilmu matematika. Seperti telah meneliti dan membenarkan berbagai pemikiran Euklid, Diophantos dan Al Khawarizmi. Namun sayang hasil pembenaran pemikiran Abu Wafa terhadap pemikiran tokoh sains diatas telah hilang entah kemana. Beliau juga telah menghasilkan kitab Al-Kamil yaitu buku lengkap yang membahas tentang aritmatika praktis.

Hasil karya Abu Wafa lainnya yaitu Kitab fima Yahtaju Ilaihi alKuttab wa al-Ummal min 'Ilm al-Hisab yang membahas tuntas tentang aritmatika disamping kitab Al Kamil yang juga hasil karyanya. Dua salinan kitab itu, sayangnya tak lengkap, kini berada di perpustakaan Leiden, Belanda serta Kairo Mesir. Dalam geometri, ia menulis â&#x20AC;&#x153;Kitab fima Yahtaj Ilaih as-Suna' fi 'Amal al-Handasaâ&#x20AC;?. Buku itu ditulisnya atas permintaan khusus dari Khalifah Baha' ad Dawla. Salinannya berada di perpustakaan Masjid Aya Sofya, Istanbul. Kitab Al-Majesti adalah buku karya Abu Wafa yang paling terkenal dari semua buku yang ditulisnya. Salinannya yang juga sudah tak lengkap kini tersimpan di Perpustakaan nasional Paris, Prancis. Trigonometri berasal dari kata trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur. Ini adalah adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen. Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada ketidaksetujuan tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang, trigonometri adalah bagian dari geometri. Dalam trigonometri, Abul Wafa telah memperkenalkan fungsi tangen dan memperbaiki metode penghitungan tabel trigonometri. Ia juga tutur memecahkan sejumlah masalah yang berkaitan dengan spherical triangles. Secara khusus, Abu Wafa berhasil menyusun rumus yang menjadi identitas trigonometri. Inilah rumus yang dihasilkannya itu: sin(a + b) = sin(a)cos(b) + cos(a)sin(b) cos(2a) = 1 - 2sin2(a) sin(2a) = 2sin(a)cos(a) Selain itu, Abu Wafa pun berhasil membentuk rumus geometri untuk parabola, yakni: x4 = a and x4 + ax3 = b. Rumus-rumus penting itu hanyalah secuil hasil pemikiran Abu Wafa yang hingga kini masih bertahan. Kemampuannya menciptakan rumus-rumus baru matematika membuktikan bahwa Abu Wafa adalah matematikus Muslim yang sangat jenius.


MATHINFO

TIMELINE AKADEMIK 18 Juli 2016 s/d 7 Agustus 2016

PERWALIAN

5 Septe mber 2016

A PERK WAL ULIA HAN

8 Agu

stus 2 016 s/d 15 Ag ustus 2016 PEM BAYA RAN UKT, BPM P

13 September 2016 s/d 16 September 2016

KRS B

22 Agusuts 2016 s/d 25 Agustus 2016

KRS A

20 September 2016 s/d 21 September 2016

PEMBAYARAN BPMK


Press Release

Sesi Poster 1 BERBAGI ILMU BERSAMA CIVITAS MATEMATIKA

T

anggal 4 Mei 2016 kemarin Sesi Poster I telah selesai dilaksanakan. Sesi poster ini adalah program kerja departemen Informasi dan Komunikasi Gumatika IPB yang bekerja sama dengan departemen Matematika. Apasih sesi poster itu? Sesi poster dengan nama bekennya sespos adalah sebuah â&#x20AC;&#x153;hukumanâ&#x20AC;? buat mahasiswa matematika semester 7 yang sudah mengambil mata kuliah Karya Ilmiah I namun belum melakukan seminar sampai batas waktu yang ditentukan, walaupun bentuknya seperti hukuman tapi bukan berarti mengerjakannya dipaksa ya :p. Oleh karena itu, mereka harus membuat poster yang berisikan materi tentang skripsi yang sedang mereka buat. Kegiatan sesi poster ini diawali dengan melakukan persiapan. Persiapannya itu mulai dari memperbaiki partisi yang rusak, memasang benang ke partisinya, sampai melapisi partisi dengan menggunakan kertas metalik. Ribet ya persiapannyaa.


Rangkaian acara sesi poster ini diawali dengan kuliah umum. Pembicara kuliah umumnya keren-keren lho. Kuliah umum sesi pertama diisi oleh Rebecca Johnson dan dilanjutkan dengan Drs. H. Moh Arodhi dari Klinik Pendidikan MIPA yang memberikan materi pada kuliah umum sesi kedua. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan penilaian poster. Poster mereka dinilai oleh dosen matematika. Pada rangkaian acara penilaian poster ini tidak hanya dihadiri oleh dosen maupun mahasiswa yang bersangkutan, namun mahasiswa matematika lainnya (angkatan 50,51 maupun pascasarjana) bisa hadir dan juga dapat langsung bertanya ke mahasiswa yang mengerjakan poster tersebut. Mengikuti sesi poster ini gak ada ruginya kan? Karena di sesi poster ini kita dapat saling berbagi ilmu, berbagi cerita, dan dapet saran yang bagus-bagus dari mahasiswa yang mengerjakan poster tersebut. Bukan cuma dari mahasiswanya tapi dari dosennya juga.


Press Release

Math Awards APRESIASI UNTUK MEREKA YANG BERPRESTASI

M

ath Awards merupakan program kerja terbaru dari

seperti olimpiade ON MIPA, kejuaraan Mag-D, dan lomba essay

Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa

tingkat Nasional. Wah ini membuktikan bahwa mahasiswa-

Gumatika IPB yang mana acara inti dari kegiatan

mahasiswi IPB tidak hanya pandai bergulat dengan angka-angka

tersebut ialah memberikan apresiasi kepada para mahasiswa-

dan teorema saja yah, namun juga mampu berprestasi di bidang-

mahasiswi Matematika IPB yang berprestasi, baik dalam bidang

bidang lain selain yang berhubungan dengan Matematika. Terus

akademik maupun non-akademik. Kegiatan ini dilangsungkan

Semangat dalam meraih prestasi yah teman-teman semua!

pada hari Jumat, 13 Mei 2016 yang lalu. Math Awards merupakan

Oh ya, acara ini juga diselingi berbagai macam sesi

wadah bagi mahasiswa-mahasiswi Matematika IPB yang

hiburan loh! Seperti Akustik dari setiap angkatan antara lain dari

berprestasi untuk terus berlomba-lomba dalam meraih prestasi

matematika '49, matematika '50, dan matematika '51. Lalu yang

serta untuk memotivasi teman-teman di Departemen Matematika

tak kalah seru ada juga Stand Up Comedy dari juara 1 Stand up

IPB untuk juga menorehkan prestasi-prestasi lainnya demi

comedy SPIRIT 2015 dari Matematika '49, solo dangdut dari

mengharumkan nama Departemen Matematika IPB. Kegiatan ini berlangsung di RK AGB 202A, dimulai pukul

angkatan 51, dan juga yang tak kalah seru ialah puisi berantai. Intinya acara ini juga merupakan salah satu sarana untuk melepas

19.05 dengan diawali pembukaan oleh MC dan tilawah.

penat , karena banyak juga hiburan yang terselipkan di berbagai

Dilanjutkan dengan beberapa patah kata dari ketua Pelaksana

rangkaian penyerahan apresiasi prestasinya. Jadi nggak bakal

yakni Firdaus Saleh, dan tak lupa juga kata sambutan dari Ketua

bosen deh ada di acara ini!

Gumatika yaitu AlďŹ en Adryan Candra. Selanjutnya Sesi apresiasi

Realisasi dana kurang mencapai target yang dianggarkan

yang terdiri dari 7 sesi pun disuarakan. Apresiasi kepada para

dalam hal pemasukan. Dana yang diperoleh tidak mencapai

mahasiswa diwujudkan dalam bentuk pemberian medali apresiasi.

pemasukkan yang dianggarkan. Dana yang masuk hanya sebesar

Sedangkan bentuk perlombaan dan kejuaraan yang telah diraih

RP1.379.000 dari target dana yang sebelumnya dianggarkan

sangat beragam. Kejuaraan yang paling banyak diraih ialah

sejumlah Rp1.600.000. Namun walaupun tidak mencapai target

kejuaraan di ajang SPIRIT 2016. Ada sekitar 21 cabang baik itu dari

dana yang dianggarkan, dana pengeluaran yang digunakan

cabang olahraga maupun cabang seni yang diraih kemenangannya

ternyata tidak melebihi dana pemasukannya, yakni sebesar

oleh Departemen Matematika. Wow! Hebat bukan? Bahkan kita

Rp1.329.000. Segala kebutuhan mulai dari dekorasi, medali,

dinobatkan sebagai juara umum SPIRIT 2016 cabang seni loh! Wah

konsumsi mampu terpenuhi dengan biaya yang minim namun tetap

wah, semoga hal ini dapat dipertahankan dan malah di tahun yang

memuaskan sesuai target.

akan datang kita bisa meraih juara umum di bidang olahraga juga ya! Selain itu banyak juga prestasi di bidang akademik yang diraih,


Press Release

Upgrading 2 MATHERCHEF 2016

T

anggal 4 Juni 2016 kemarin akhirnya telah terlaksana Upgrading ke-dua yang bertemakan masak-memasak. Nama acaranya adalah 'Matherchef 2016'. Tentunya acara ini adalah salah satu acara seru lain yang dilaksanakan oleh departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa yang sebelumnya juga telah melaksanakan acara Upgrading pertama yang bernama â&#x20AC;&#x153;Fun Games with GUMATIKAâ&#x20AC;?. Tujuan dari acara ini tak lain dan tak bukan adalah untuk memperkokoh dan mempererat solidaritas antar pengurus GUMATIKA, sehingga dalam menjalankan proker-proker selanjutnya, chemistry yang terbentuk antar pengurus terasa semakin kuat. Pasti pada penasaran kan seperti apasih acaranya? Yuk disimak baik-baik. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 14.40. Walaupun acara ini tidak dimulai sesuai dengan rundown yang telah dibentuk, namun keseruannya tidak berkurang sama sekali loh. Sebelum acara dimulai, pada pukul 13.00-14.00 WIB peserta diagendakan untuk mengumpulkan barang-barang yang telah ditentukan untuk dibawa tiap masing-masing kelompok. Acara sempat berpindah tempat dari kandang parkir depan FMIPA menuju koridor dekat NCC karena terdapat kendala yakni hujan angin disertai petir, sehingga tidak memungkinkan pelaksanaan kegiatan ini untuk dilaksanakan di area kandang parkir depan FMIPA. Namun, kendala tersebut dapat teratasi. Lalu sekitar pukul 14.40 acara pun dimulai. Pembagian resep untuk tiap kelompok dilakukan dengan sistem undian mengambil kertas resep. Sistem masak-memasak kali ini diawali dengan sistem masak secara estafet dimana tiap orang dalam tiap kelompok mendapatkan giliran untuk memasak selama satu menit. Setelah sesi estafet berakhir dengan 1 kali

pergantian, sesi masak secara bebas pun dilakukan. Sistem penilaian pun diambil dari beberapa unsur, antara lain, cita rasa, plating, kebersihan, kekompakan, dan kedisiplinan. Setelah selama 90 menit acara masak bebas berlangsung, hasil masakan yang telah jadi dibawa ke ruangan seminar alfa untuk kemudian dipresentasikan oleh masing-masing perwakilan tiap kelompok dan dinilai oleh 3 orang juri yakni AlďŹ en, Aqiilah, dan Firdaus sebagai perwakilan. Alhasil berdasarkan penilaian para dewan juri, peraih juara satu ialah departemen Public Relation dengan masakan Capcaynya yang nendang banget. Selamat yah untuk departemen Public Relation, kalian memang luar biasa hebat dan kompak! Akhirnya sekitar pukul 20.00 WIB acara ini ditutup dengan sesi halal bihalal mengingat waktu pelaksanaan acara adalah H-1 masuknya bulan Ramadhan. Wah seru banget bukan? Adapun untuk realisasi dana, alhamdulillah tidak melebihi dana yang dianggarkan. Dari dana yang terkumpul sebesar Rp 415.000 hanya dikeluarkan sebesar Rp 387.800. keperluannya antara lain adalah berupa perlengkapan masak dalam skala besar seperti tabung gas, minyak goreng, beras, sendok plastik, tissue, mangkuk dan piring sterofoam dan lain sebagainya. Dana yang tersisa pun akan dialokasikan untuk kegiatan Upgrading ke-3 nantinya.

TUNGGU UPGRADING SELANJUTNYA YA!!


Press Release

ART DAY 2016

T

anggal 24 Juni 2016 kemarin yang kebetulan merupakan bulan puasa, Art Day 2016 telah selesai dilaksanakan. Art Day ini adalah program kerja departemen Math Event Gumatika IPB. Apasih Art Day itu? Jadi Art Day itu adalah salah satu rangkaian penyambutan mahasiswa Matematika IPB yang baru masuk ke departemennya. Art day ini merupakan ajang untuk memperkenalkan komunitas seni dan olahraga yang ada di Departemen Matematika IPB serta mengakrabkan angkatan baru dengan angkatan lainnya lewat penampilan seni. Art Day dimulai pukul 13.00, rangkaian acara Art Day ini diawali dengan penampilan kece dari Vokal Grup Departemen Matematika IPB yang menjadi juara satu SPIRIT 2016 kemaren lohh, setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan seni yang ditunggu-tunggu dari angkatan baru yaitu angkatan 52. Angkatan 52 menampilkan drama musikal yang katanya sudah dipersiapkan dari sebelum ujian lohhh. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi Komunitas Seni dan Olahraga oleh Departemen PSDM Gumatika IPB. Disini diadakan sesi tanya jawab tentang komunitas Seni dan Olahraga yang ada di Departemen Matematika IPB. Selanjutnya juga ada games seru untuk angkatan 52, serta tidak ketinggalan penampilan stand up comedy oleh Kak Gia '49 yang merupakan pemenang lomba stand up comedy SPIRIT 2016. Saat Art Day kemaren angkatan 52 juga dibagi menjadi beberapa kelompok, serta diberikan tugas-tugas yang harus mereka kerjakan untuk rangkaian penyambutan mahasiswa baru selanjutnya yaitu Welcome Mathematicians 52. Acara terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu adalah buka puasaaaa!!! Yap disini kita buka puasa bersama, semuanya berbaur baik angkatan baru maupun angkatan lainnya dan ditutup dengan bermaaf-maafan sebelum pulang kekampung halamannya masing-masing untuk menyambut hari raya idul fitri.


Resep

!

DON’T TRY THIS

AT HOME !!! SAGU MUTIARA

S

agu mutiara adalah makanan yang berasal dari olahan sagu. Sagu mutiara dapat diolah menjadi cendol, bubur mutiara, jajanan pasar dan lain- lain. Bubur sagu mutiara merupakan olahan bubur yang dibuat dengan menggunakan bahan baku tepung sagu. Sagu mutiara ini cocok untuk hidangan buka puasa karena bubur sagu mutiara memiliki tekstur kenyal, rasa yang manis dan enak. Bahan/ bumbu: Ø Air387 ml Ø Garam ¼ sendok Ø Daun pandan 1 lembar Ø Sagu mutiara putih 61 gram Ø Pewarna makanan merah muda ½ sendok Ø Gula pasir 55 gram Ø Tepung beras 10 gram Ø Nata de coco

Bahan saus: Ø Santan Ø Garam Ø Daun pandan Cara memasak: 1. Rebus air, garam, gula dan daun pandan sampai mendidih 2. Masukkan sagu mutiara putih dan pewarna merah muda, dan masak sampai matang sambil diaduk 3. Tambahkan tepung beras dan aduk sampai kental 4. Rebus santan, garam dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih 5. Bubur siap disajikan bersama saus dan nata de coco *Untuk 2 porsi

Terakhir... Selamat Menikmati dan Don’t Try This at Home!


Hirosima

Buletin of Hirosima Kesalahan-Kesalahan yang Umum Dilakukan dan Tips-Tips Menjalankan Ibadah pada Bulan Ramadhan Sungguh sangat disayangkan pada bulan yang mempunyai banyak keutamaan ini sebagian orang-orang yang berpuasa di bulan ini melakukan berbagai kesalahan. Dan sebagian kesalahan lebih besar dari kesalahan yang lainnya, diantara kesalahan itu adalah : 1. Menyia-nyiakan waktu di bulan Ramadhan “Sungguh celaka seseorang yang mendapatkan bulan ramadhan kemudian berakhir bulan ramadhan tetapi dosanya tidak diampuni.” (HR. Tirmidzi). 2. Puasa tetapi tidak shalat “serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.” (Qs. Ar-Ruum:31) 3. Tidak meninggalkan perkataan dusta dan ghibah “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan mengamalkannya, dan melakukan tindakan kebodohan, maka Allah tidak butuh atas perbuatannya meninggalkan makan dan minumnya.” (HR. Bukhari) 4. Berlebih-lebihan dalam makan dan minum “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Qs. Al-A'raaf : 31) Sesungguhnya banyak amalan yang dapat kita lakukan untuk menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dan juga di luar bulan Ramadhan, antara lain : 1. Mendirikan shalat tahajud 2. Mengakhirkan makan sahur (mendekati imsyak) 3. Shalat sunnah fajar sebelum shubuh 4. Shalat subuh berjamaah di Masjid (perempuan menyesuaikan) 5. Shalat wajib berjamaah di Masjid (perempuan menyesuaikan) 6. Mendirikan shalat sunnah rawatib 7. Merutinkan olahraga 8. Dzikir pagi 9. Perbanyak tilawah 10. Mendirikan shalat dhuha 11. Hindari berbohong (meski bercanda) dan juga ghibah 12. Perbanyak bersedekah dan berinfaq 13. Perbanyak menjalin silahturahim 14. Berlomba-lomba melakukan kebaikan dan mengajak saudara-saudara kita untuk ikut melakukannya 15. Menghadiri majlis ilmu 16. I'tikaf di Masjid 17. Mentadaburi Al-Qur'an (membaca artinya, tafsirnya, dan asbabun nuzulnya, serta menghafalnya) 18. Membaca hadist-hadist Rasulullah SAW 19. Dzikir sore 20. Menyegerakan berbuka (disunnahkan dengan yang manis) dan jangan berlebihan. 21. Dirikan shalat tarawih 22. Muhasabah diri dan perbanyak istighfar

J

angan pernah ragu dan takut terlambat untuk berubah menjadi lebih baik, karena Allah akan selalu menyediakan waktu untuk kita berbenah diri sampai Allah memanggil kita untuk kembali ke sisi-Nya. Teguhkan diri kita untuk perbaiki diri tanpa nanti dan istiqomah tanpa tapi, sehingga pribadi kita dapat seperti Rasulullah SAW yang akhlaknya manis penuh dengan kelembutan dan kesejukkan. Dan rangkullah teman-teman dan saudara-saudara kita untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan dan bersemangatlah dalam menjalankannya. Iringi dengan melodi cinta dan kasih sayang dalam rangkullan kita sehingga kita dapat merasakan kenyamanan dalam menjalani hidup ini. Cintailah Allah semaksimal mungkin karena sejatinya kita hidup di dunia ini hanya untuk meraih ridho-Nya.


Hirosima


GUMATIKA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI MOHON MAAF


IN SPACE RAYA IDUL FITRI 1437 H LAHIR DAN BATIN


Tipsy And Tricky

TIPS UNTUK

MUDIK Tips Mudik Dengan Sepeda Motor Motor merupakan sarana transportasi yang paling mudah kita jumpai. Kendaraan sepeda motor untuk mudik sebaiknya harus melewati beberapa pengujian sebelum berangkat mudik ke kampung halaman agar selamat dan sehat sampai tujuan. Beberapa hal yang wajib diketahui saat hendak melakukan mudik lebaran dengan sepeda motor adalah cek rantai motor, cek mesin, cek oli secara berkala, cek kondisi sistem lampu, dan juga periksa kondisi tubuh jangan sampai tidak fit ketika melakukan perjalanan mudik. Selain itu cek juga perlengkapan kendaraan motor seperti helm full face, pengaman lutut, sarung tangan, masker, body protektor, jaket, obat-obatan dan juga jas hujan untuk berjaga-jaga ketika tibatiba hujan diperjalanan. Jangan membawa barang berlebihan pada kendaraan motor, jika terpaksa harus membawa barang yang banyak sebaiknya paketkan saja barang tersebut.

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi Hal yang harus diperhatikan jika ingin mudik dengan mobil pribadi adalah sebagai berikut: servis mobil sebelum berangkat, cek kondisi busi ganti setiap 20.000 km, pakai bahan bakar yang bagus seperti pertamax, periksa dan cek oli rem, jangan lupa memakai safety belt atau sabuk keselamatan, kontrol batas kecepatan maksimum pada saat berkendara, pakai dua tangan saat anda menyetir, kurangi bobot kendaraan dengan cara jangan membawa beban barang secara berlebihan, jangan konsumsi alkohol atau obat terlarang pada saat sedang berkendara, matikan sementara ponsel atau alat komunikasi lainnya terutama bagi driver atau supir.


Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum Persiapkan barang bawaan Barang yang akan dibawa pada saat mudik harus disiapkan rapi. Pakaian bisa dimasukkan ke tas jinjing atau ransel. Sementara jika

Cari tiket jauh hari sebelum berangkat Hal ini untuk mengantisipasi harga tiket naik jika dipesan diharihari tertentu, seperti H-10 lebaran sampai hari H lebaran.

ingin membawa oleh-oleh berupa makanan atau kue, sebaiknya dimasukkan ke dalam kotak kardus dan dibungkus rapi dengan kertas koran, lakban dan tali rafia supaya aman, mudah dikenali dan mudah dibawa.

Bawalah bekal secukupnya Bekal yang dimaksud di sini adalah makanan dan minuman. Karena dalam perjalanan, tentu butuh juga makanan dan

Pakailah baju yang nyaman

minuman. Apalagi untuk yang berpuasa, tentu butuh

Pakailah pakaian yang nyaman, seperti baju kaos. Jangan lupa

makanan untuk buka dan sahur. Roti yang kaya serat dan

membawa jaket yang hangat untuk mengantisipasi udara dingin

kue-kue basah serta kurma, bisa dibawa di kotak khusus.

saat perjalanan malam.

Bawalah air mineral secukupnya, atau bila ingin minuman hangat seperti teh hangat, bisa menyiapkannya di dalam termos kecil yang biasa dipakai untuk travelling.

Hindari pemberian dari orang yang tidak dikenal Dijaman sekarang banyak sekali modus-modus penipuan,hipnotis dll. Jadi waspadalah jika ada seseorang yang kita tidak kenal memberikan makanan atau minuman (biasanya pelaku memasukan obat-obatan kedalam makanan atau minuman tersebut untuk menjalankan kriminalnya) sudah banyak terjadi

Persiapkan baterai hp dan pulsa Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon tetapi tidak bisa digunakan.

korban dengan modus ini.

Persiapkan penghilang kebosanan Jangan lupa cek keadaan rumah/kontrakan/kosan Pastikan listrik dalam keadaan mati, pastikan kompor gas sudah dicabut dari tabung gasnya, periksa pintu, jendela dan pastikan sudah aman terkunci.

Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin dapat dihindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya kita mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.


LOGIC GAME

A

N A B

AW

J

DIMENSI IX

MATHRIDDLE

ALONE “Aku telah bebas dari penjara minggu lalu” penjara yang dimaksud adalah rumah sakit jiwa. “Sebelumnya, aku telah membunuh empat orang” 4 orang yang dibunuh adalah keluarganya sendiri (Ayah,Ibu,Kakak perempuan dan adik laki-laki) “Alasan mereka membebaskanku adalah karena mereka mengatakan bahwa aku telah sembuh.” Sebenernya dia belum sembuh karena dia masih menganggap keluarganya hidup. “Tak seorangpun dalam keluargaku bicara kepadaku lagi. Aku merasa kesepian. Aku harus membuat makanan sendiri dan mulai mencari pekerjaan” jelaslah ya nggak ada yang bicara sama dia karena keluarganya kan udah mati dia bunuh.

VIDEO Riddle ini ada beberapa versi jawabannya. Versi pertama : si aku adalah orang yang merekam video bunuh diri pacarnya dan mengirim video tersebut ke emailnya sendiri. Versi kedua : Si pacarlah yang mengirimkan video tersebut karena di Jepang arwah dipercaya dapat melakukan hal tersebut.

REGRETS Ada beberapa versi jawaban dari riddle yang ini. Versi pertama : si tentara sebenarnya mau pulang ke kampung halamannya karena dia kena ranjau itu dan dia kehilangan tangan dan kakinya. Tapi dia menelpon orang tuanya dulu, apakah dia diterima dengan kondisi seperti itu dengan alasan temannya yang terkena, namun ia bunuh diri setelah mendapatkan jawaban seperti itu. Versi kedua : si tentara sebenarnya sudah mati dan dialah yang menelpon orangtuanya.


QUOMATH

PERCAYA, YAKIN DAN TERUS JALANI, KARENA KERAGUAN HANYA AKAN MENGHILANGKAN LEBIH BANYAK MIMPI DARI PADA KEGAGALAN ITU SENDIRI SYIFA N.A 49, 2016


Math on OMI-IAC

MATH ON OMI - IAC

O

MI (Olimpiade Mahasiswa IPB) dan IAC (IPB Art Contest) memang telah usai. Para kontestan dan atlet telah berjuang sekuat tenaga untuk masingmasing fakultasnya, dalam pertandingan pasti ada kalah dan juga menang. Kalah bukan berarti akhir dari segalanya dan juga menang bukan berarti harus berpuas diri, yang penting sudah berusaha bagi fakultas tercinta. Berikut adalah mahasiswa/i dari Departemen Matematika Fakultas MIPA yang telah mengharumkan nama Fakultas dan Departemennya dalam mengikuti ajang tahunan OMI dan juga IAC. Semoga tahun depan dapat lebih baik lagi dan Semangat Civitas Matematika!

Ahmad Fajri S. -Sepakbola OMI 2016 -Estafet Putra OMI 2016 (Juara 2)

Alfien Ardyan Chandra -Tulis Lakon IAC 2016

Dina Kurniawati -Futsal Putri OMI 2016 (Juara 3) -Estafet Putri OMI 2016

Firdaus Saleh -Sepakbola OMI 2016

Jefry Yoanda -Cipta Puisi IAC 2016 (Juara 1) -Baca Puisi IAC 2016 (Juara 1)

Laella Agustin -Teater IAC 2016

Asnelly Putri -Aerobik OMI 2016 (Juara 3)

Ikhwanudin -Teater IAC 2016

Moch. Gia Priyana Fajar -Stand Up Comedy IAC 2016 (Juara 3)

Calvin -Voli Putra OMI 2016

Inassa Amira Shinta -Basket Putri OMI 2016

M. Iqbal Maulana -Teater IAC 2016 -Aerobik OMI 2016 (Juara 3)


Pandu Septiawan -Desain Poster IAC 2016

Retno Puspitasari -Teater IAC 2016

Robby Prima Meliala -Renang OMI 2016 -Voli Putra OMI 2016

Vionamita Shara -Catur OMI 2016(juara 1) -Tenis Meja putri OMI 2016

M. Nagib Alatas -Comic Strip IAC 2016

Rose Purba D -Teater IAC 2016

Mutia Diska -Tenis Meja Putri OMI 2016 Rhea Mary Savista -Marathon Putri OMI 2016 -Estafet OMI Putri 2016 -Estafet Putri OMI 2016

Sarah Astari -Futsal Putri OMI 2016(juara 3)

M Tokhirul Akhadi -Futsal Putra OMI 2016 -Sepakbola OMI 2016 -Sprint Putra OMI 2016

Siti Ikrimah -Futsal Putri OMI 2016 (Juara 3) -Estafet Putri OMI 2016

Nur Imad Al Haq -Tenis Meja putra OMI 2016(juara 2) -Estafet Putra OMI 2016(juara 2) -Voli Putra OMI 2016

Novalia Kartika -Solo Pop IAC 2016

Vocal Group Mate (Sarah Astari, Bella Permata Sari, Ghifari Rizkika, M Hanafi, Dita Sri W, Novalia Kartika) -Vocal Group IAC 2016

Gumakusi (Alfien Ardyan C, Ainun Nafisah, Soleh Rudiansyah, Vionamita Shara, Dedy Irawan P, Ryvanu Adi Nugroho, Zulfirman Siregar, Angga Dwi I, Bagas Pamungkas, Talitha Asmata V, Indra Permana, Adam Priyo H) -Perkusi IAC 2016 (Juara 3)


MathColour

See your personality based on your favorite colors! Merah adalah warna yang melambangkan kekuatan, kesehatan, dan vitalitas. Warna ini biasanya disukai oleh mereka yang berkepribadian terbuka, agresif, impulsif, dan penuh semangat. Kelebihan dari para penyuka warna merah adalah optimisme dan disiplin mereka yang tinggi dan sikap dinamis yang mereka miliki. Sedangkan kekurangan mereka adalah terlalu ambisius, subjektif, dan cenderung mudah menghakimi orang lain.

Warna merah gelap ini merupakan lambang dari kesuksesan dalam menghadapi cobaan hidup. Merah hati adalah warna kesukaan orang yang dewasa karena tempaan hidup. Pengalaman hidup yang berat di masa lalu telah merubah orang penyuka warna merah marun menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan dan murah hati. Orang yang menjadikan merah marun sebagai warna kesukaannya memiliki disiplin tinggi seperti halnya orang yang menyukai warna merah.

Warna ini mewakili aspek kelembutan dalam ciri-ciri kepribadian yang ditunjukkan oleh warna merah. merah muda melambangkan cinta dan kasih sayang tulus. Orang yang menyukai warna ini biasanya memiliki sikap keibuan. Karena itulah sebagian besar penyuka warna merah muda adalah perempuan. Orang dengan kepribadian tipe merah muda selalu merasa butuh perlindungan, perlakuan khusus, dan hidup yang tenang. Mereka sangat membutuhkan cinta, ingin merasa dicintai dan dilindungi. Mereka biasanya memiliki sikap yang charming dan lembut. Tetapi keburukannya adalah mereka cenderung rapuh dan sensitif.

Oranye adalah warna yang melambangkan kemewahan dan kesenangan. Orang yang menyukai warna oranye biasanya berkepribadian menyenangkan dan menonjol. Mereka sangat menyukai interaksi sosial. Orang dengan pribadi oranye berjiwa muda, tidak kenal takut, penuh rasa penasaran, dan tidak mudah lelah. Mereka suka dan bisa menarik perhatian orang lain, karena itu berbakat menjadi populer. Tetapi sifat seperti itu juga menjadikan mereka suka mencari-cari perhatian dan cenderung mendramatisir keadaan. Selain keburukan dari sikap penyuka warna oranye (kebanyakan orang populer) tergolong plin-plan, mudah mengubah pendirian agar dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya.

Kuning adalah warna keceriaan, kebijaksanaan, dan imajinasi. Warna kuning biasanya dipilih oleh orang yang haus petualangan, menyukai hal-hal baru dan aktualisasi diri. Sama seperti matahari yang cahayanya mengandung banyak unsur warna kuning, orang yang menyukai warna kuning juga memiliki kepribadian 'cerah'. Kuning juga mewakili intelektualitas dan segala hal yang berhubungan dengan pikiran. Karena itulah orang yang menyukai warna kuning biasanya cerdik, berbakat dalam bisnis, dan memiliki selera humor yang baik. Mereka memiliki pikiran yang jernih, bisa menilai kemampuan sendiri secara tepat. Mereka sangat menyukai kebebasan, baik dalam mengambil tindakan maupun berpikir. Ini merupakan hal yang bagus karena menandakan kalau mereka suka menjadi orang yang independen. Tetapi di sisi lain mengakibatkan orang penyuka kuning jadi suka melalaikan tanggung jawab dan sulit bekerja dengan orang lain.

Hijau adalah warna yang melambangkan harmoni dan keseimbangan. Hijau mewakili harapan dan perdamaian. Warna ini biasanya disukai oleh mereka yang berkepribadian lembut dan jujur. Orang penyuka hijau biasanya terus terang dalam berkata-kata, suka berada dalam komunitas dan mampu bersosialisasi dengan baik. Mereka sangat menyukai kedamaian hidup dan karenanya akan melakukan berbagai hal untuk mencapai hal itu. Mereka tidak suka mencari masalah dan pemecahan lewat jalan kekerasan. Namun, karena sikap cinta damai itu pula, biasanya orang penyuka warna hijau lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri saat berinteraksi dalam komunitas. Mereka bisa bersikap sederhana dan sabar, dan karena itu kadang suka dimanfaatkan oleh orang lain.


Warna biru memberikan kesan lembut, menenangkan dan perhatian. Warna ini melambangkan kehati-hatian, konservatisme, dan introspeksi. Orang penyuka biru biasanya sabar, sensitif, punya pengendalian diri yang bagus, dan mudah menyadari kesalahannya. Mereka senang jika dikagumi orang lain karena kebijaksanaan dan kestabilan karakter mereka. Mereka loyal jika sudah meyakini sesuatu. Tetapi orang yang menyukai warna biru seringkali menunjukkan sikap yang terlalu hati-hati. Karena itu mereka lebih menyukai sesuatu yang bersifat konservatif. Dan karena sikap konservatif itu pula mereka jadi sering curiga pada orang yang memiliki kepribadian serba spontan dan menonjol seperti para penyuka merah dan oranye.

Penyuka warna turqoise/pirus/atau biru kehijauan biasanya memiliki pribadi yang rumit. Mereka memiliki imajinasi tinggi dan pemikiran yang orisinil. Karena itu biasanya mereka bisa diandalkan untuk menghasilkan ide yang cemerlang dan kreatif. Tetapi orang yang menyukai warna ini biasanya juga terlalu menahan diri. Ada beban berat yang mereka sembunyikan di balik sosok mereka yang tampak tenang.

Penyuka warna ini, yaitu warna ungu muda, biasanya orang yang hidup dalam 'dunia mimpi'. Mereka terlalu fokus dengan diri sendiri hingga tidak menyadari hal-hal yang terjadi di sekitar mereka dan mereka cenderung tidak suka bekerja keras. Mereka suka hal-hal mewah seperti pergaulan dengan lingkungan kelas atas. Menyukai baju-baju bagus dan selalu berusaha tampil modis. Mereka memiliki jiwa kreatif, sifat yang sopan, menyenangkan, dan jenaka.

Orang yang menyukai warna ungu biasanya individualistik, jenaka, sensitif, dan selalu ingin tampil beda. Pribadi mereka yang menyukai hal-hal unik dan berbeda menjadikan mereka dipenuhi ide kreatif dan tidak menyukai hal-hal yang bersifat konvensional, cocok menjadi pimpinan. Sebenarnya para penyuka ungu termasuk pribadi yang toleran, tetapi mereka juga cenderung rewel, temperamental, dan berharga diri tinggi. Mereka suka menarik diri dan bersikap kasar jika ada orang yang salah paham terhadap mereka.

Para penyuka warna cokelat memiliki stamina yang baik. Mereka sabar, berpendirian kuat, serta mudah introspeksi. Karena itu para penyuka cokelat bisa diandalkan. Tetapi karena pendirian kuat mereka dipadu dengan sikap konservatif, hal itu menjadikan mereka keras kepala, tidak fleksibel, dan tidak suka melakukan tindakan impulsif. Mereka tidak terlalu pandai berbicara dan kurang bijaksana, tetapi sangat suka jika diberikan tanggung jawab dan akan berusaha untuk menjalankan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya.

Abu-abu adalah lambang dari kehati-hatian dan kompromi. Mereka adalah orang yang rajin, berbakat dalam bisnis, dan mau bekerja keras tanpa imbalan. Tetapi hal ini juga menjadikan mereka cenderung kerja berlebihan. Mereka membutuhkan kedamaian dan ketenangan dalam hidup mereka. Para penyuka abu-abu yang sudah dewasa ingin agar kesulitan dan kesenangan dalam hidup mereka berjalan seimbang. Sementara yang masih muda cenderung menarik diri dari kehidupan sehari-hari dan berusaha menyembunyikan kepribadian mereka.

Warna hitam menunjukkan pribadi yang bermartabat, dihargai orang lain tetapi tidak pula menonjolkan diri. Orang yang menyukai warna ini biasanya memang suka menciptakan kesan misterius bagi orang lain di sekeliling mereka. Pola pikir mereka sulit diterka, sebab tidak terlihat dari penampilan luar mereka. Mereka juga suka menahan diri dari hasrat dan keinginan duniawi.

Putih adalah warna yang menjadi simbol kemurnian, kesucian, dan kepolosan. Warna ini identik dengan kemudaan dan kemurnian. Penyuka warna putih menandakan bahwa dirinya memiliki sikap perfeksionis. Mereka cenderung menetapkan standar yang terlalu tinggi terhadap segala sesuatu. Namun, orang yang menyukai warna putih biasanya juga menyukai segala sesuatu yang sederhana. Gaya hidup yang mereka terapkan pun cenderung sederhana.


MATHINFO

Lipat Kertas 42 x, Tumpukannya Sampai di Bulan? Percayakah anda, bahwa dengan melipat kertas seukuran A4 sebanyak 42 kali, lalu hasil lipatannya ditumpuk, maka bentangan tumpukan itu bisa mencapai bulan! Bagaimana mungkin? Mari kita lihat perhitungan sederhananya. Rata-rata ketebalan kertas adalah 0.1 mm. Kalau kita lipat selembar kertas sekali akan diperoleh 2 tumpukan. Kalau ini dilipat lagi, maka pada lipatan kedua akan menghasilkan 4 tumpukan (22). Demikian seterusnya, sehingga pada lipatan ke-42 akan diperoleh 242 tumpukan. 42

-6

Berarti ketebalannya adalah 2 Ă&#x2014; 0.1 Ă&#x2014; 10 km =439 805 km. Ini melebihi jarak rata-rata bumi-bulan sebesar 384 400 km. Jadi secara matematis masuk akal, bukan? Tetapi pada prakteknya mungkinkah hal ini bisa dilakukan? Cobalah lipat secara berulang selembar kertas berukuran sedang. Maksimum kita dapat melakukannya hanya sampai 6-7 lipatan! Lagipula 242 tumpukan itu sama dengan 4 398 046 511 104 (hampir 4.4 triliun) tumpukan. Bisa dibayangkan andaikan bisa betapa kecilnya ukuran tumpukan itu. Mungkin wujud fisik kertas sudah tidak bisa dilihat lagi. Inilah sebuah contoh yang sangat sederhana bahwa apa yang tidak mungkin secara praktis, bisa jadi masih mungkin secara matematis. Namun demikian, tidak sedikit fenomena-fenomena alam seperti prediksi gempa bumi, tsunami yang baru bisa didekati secara matematis. Konsep-konsep matematika umumnya bersifat abstrak. Dari konsep-konsep abstrak inilah kemudian banyak lahir model-model matematik yang digunakan untuk membantu mengungkap fenomena-fenomena alam atau permasalahan-permasalahan dalam kehidupan seharihari. Sang ilmuwan besar - Galileo menulis, "The great book of nature can be read only by those who know the language in which it was written. And that language is mathematics..." Karena itu, janganlah membenci matematika. Bila alatalat canggih komunikasi, transportasi, dll. "dibedah", pasti di sana ditemukan matematika. Ia adalah alat bantu untuk bisa sukses dalam era persaingan global yang makin ketat dewasa ini...

SUMBER : blog.kuthaardana.com


QUOMATH

KALAU SOMBONG BISA MENAIKKAN DERAJAT HIDUP KITA, KENAPA ENGGA? DWILARAS ATHINA -MATH 49-


WELCOME MATHEMATICIAN 52 “BECOMING A STAR FOR MATHEMATICS”

COMINGSOON 31 AGUSTUS 2016 By : Math Event


KALKULUSIANA

PROFIL Nama

: Kalkulusiana

NIM

: G541300isi-isi

Asal

: Nomaden

Motivasi

: Ingin lebih pintar dari Matematika.

Status

: Mahasiswa (kadang aktif, kadang kurang sinyal)

Ciri Khas

: Kantung mata yang tebal (bukan karena sering begadang, tapi karena sering ketiduran di kelas).

ALPHAMARET

Sedang berusaha mengejar bis untuk pulang kampung


KALKULUSIANA

ir ta

e C

KALKULUSIANA

L

ibur telah tiba... Libur telah tiba... Hore... hatiku gembira... Kira-kira seperti itulah perasaan kalkulusiana ketika libur sudah di depan matanya, karena ia sudah mempersiapkan diri dan barang-barang untuk pulang ke kampung halamannya yang entah berada di mana. Sudah dari jauh hari pula ia membeli tiket bus yang menjadi pilihannya sebagai alat transportasinya menuju rumah tercinta (padahal belum tentu rumahnya cinta sama dia). Pada hari pertama liburnya, ia sudah bangun dari subuh untuk memeriksa kembali apakah ada barang miliknya yang tertinggal. Satu tas ransel yang biasa ia gunakan untuk kuliah dan satu tas jinjing berukuran tiga kali dari tas ranselnya. Ia membayangkan keluarga besar dan tetangganya sudah menantinya di depan rumah dan sekitarnya dengan senyum lebar di wajahnya. Dengan cepat ia meraih kedua tasnya dan keluar dari tempat kost-nya karena tidak sabar untuk memeluk kedua orang tuanya yang sudah lama tidak bertemu –sekitar satu tahun yang lalu. Tidak hanya dia yang melakukan perjalanan pulang kampung pada hari pertama libur, sehingga angkot yang ia naiki dari depan gang kost-nya langsung penuh dengan mahasiswa-mahasiswa yang membawa

Kemewahan yang Sederhana

tas-tas besar seperti miliknya. Disipitkanlah matanya agar pandangannya menjadi lebih fokus ketika melihat sesosok wanita yang tidak asing dalam pikirannya. Karena rasa penasarannya yang kuat, ia mengikutinya sampai naik ke dalam bus. Namun, begitu sampai di dalam bus, ia harus menerima sakit hati yang begitu dalam, wanita yang dikenalnya duduk bersama pria lain dan tersenyum lebar menyapanya. Ia ingin marah karena merasa seharusnya senyum itu hanya menjadi miliknya, tetapi apa dayanya, kenyataannya ia bukanlah siapa-siapa, hanya kepahitan yang terasa di dadanya yang menuntutnya untuk membalikkan tubuhnya dan keluar dari bus tersebut. “Kalkulusiana!” panggilnya dengan suara yang begitu dirindukannya. Sontak K a l k u l u s i a n a l a n g s u n g m e n g g e ra k k a n kepalanya ke arah sumber suara dan menatap dengan makna menunggu kelanjutan katakatanya. “Kau juga naik bus ini? Berarti kampung halaman kita searah dong,” sahut Analisia dengan antusias. “Eh, nggak, tapi...” belum sempat ia melanjutkan kata-katanya, Analisia memotong ucapannya.


“Duduk di sini saja supaya kita bisa mengobrol,” sahutnya sambil menunjuk tempat duduk di seberangnya. Tanpa pikir panjang, Kalkulusiana langsung berjalan menuju tempat duduk yang ditunjuk oleh Analisia dan meletakkan tas jinjingnya di bagasi yang berada tepat di atas tempat duduknya. Bahkan sampai supir bus yang ia naiki melajukan busnya, Kalkulusiana masih tidak menyadari bahwa ia seharusnya tidak berada di dalam bus itu. Ia terlalu fokus pada pembicaraannya dengan Analisia atau lebih tepatnya memanfaatkan kesempatan yang mungkin tidak datang dua kali. Sampai Analisia menanyakan kembali dimana kampung halaman Kalkulusiana, ia baru panik karena salah naik bus dan berteriak-teriak kepada supir bus untuk menghentikan busnya. Untungnya, terminal bus belum terlalu jauh, sehingga ia bisa berlari untuk mengejar jam keberangkatan bus yang seharusnya ia naiki. Namun, ketika ia melihat jam tangannya, kepanikan kembali melanda dirinya, kalau bus tersebut berangkat tepat waktu, berarti sudah lima menit berlalu dari jam yang dijadwalkan. Ia melihat bus yang mengarah ke kampung halamannya melaju melewatinya, secara refleks ia langsung berlari dan berteriak agar bus tersebut berhenti. Kenyataan memang lebih sering pahit daripada imajinasi. Begitu Kalkulusiana sampai di kampung halamannya, jalan menuju rumahnya sangat sunyi, bahkan kedua orang tuanya pun tidak menyambutnya di depan rumahnya. Kalkulusiana menghela napas panjang mengingat kata-kata orang tuanya tahun lalu sebelum ia berangkat dari

rumah. “Tahun depan jangan lupa pulang ya, Nak,” Pengorbanannya selama kurang lebih tiga bulan menghemat pengeluaran agar bisa membeli tiket pulang tidak sebanding dari yang ia harapkan. Sedangkan salah satu saudaranya dari dalam rumah melihat dari jendela dan melaporkan bahwa Kalkulusiana sudah datang. Ibunya yang tengah memasak makanan kesukaan Kalkulusiana untuk berbuka puasa langsung memberikan kode kepada anggota keluarga yang lainnya agar tidak memberitahukan persiapan yang akan diberikan kepada Kalkulusiana. Saudaranya yang tadi melihat dari jendela beranjak ke kursi panjang di ruang tamu dan berpura-pura membaca koran. “Koran yang kau baca terbalik,” sahut Kalkulusiana singkat ketika memasuki ruang tamu. Ia langsung beralih ke kamarnya untuk meletakkan tas ransel dan tas jinjingnya, serta merapikan beberapa pakaian yang ia bawa pulang untuk dimasukkan ke dalam lemari pakaiannya. Di dalam lemari pakaiannya, tergantung rapi baju koko berwarna putih abu bersih dengan motif uliran cantik berwarna putih. “Ibu! Ayah! Ini untukku?” tanyanya pada ayahnya yang sudah berdiri di ambang pintu kamar kalkulusiana. Ayahnya mengangguk sambil tersenyum. Setelah adzan maghrib selesai berkumandang, ayahnya mengajak keluarganya untuk shalat bersama. Lalu, ibunya membuka tudung saji dan terlihat beberapa makanan kesukaan Kalkulusiana yang masih mengepul, sehingga keharumannya menyeruak ke sudut-sudut ruang makan.

Akhirnya punya bAJU baru.... :’’’


LOGIC GAME

MATHRIDDLE

PERTANYAANNYA: APA YANG TERJADI???

SERAPH Seorang gadis bernama Lily bercerita kepada teman-temannya kalau dia memiliki rahasia gelap yang telah ia sembunyikan selama bertahun-tahun. Orang tuanya telah dibunuh ketika ia berusia 15 tahun. Ia mengatakan bahwa kakak laki-lakinya menggila dan dan menusuk Ayah dan Ibunya hingga tewas. Teman-temannya terkejut mendengar cerita menyedihkan dari Lily tersebut. “Aku turut prihatin mendengarnya” kata salah satu temannya. “Lalu apa yang terjadi pada kakakmu?”. “Dia langsung dibekuk polisi” kata Lily. “Setelah melalui persidangan, pada akhirnya kakakku dijatuhi hukuman atas pembunuhan dan akan segera di eksekusi mati. Kau tidak akan percaya betapa sulitnya itu. Aku menjalani hidup dengan penuh kesedihan. Aku tidak bisa makan dan tidur, dan segera ingin melupakan kenanganku yang kelam tersebut. Hingga pada akhirnya aku mengalami depresi berat yang benarbenar membuatku gila, bahkan amnesia yang memerlukan waktuku bertahun-tahun untuk pulih dan bisa menjalani hidup seperti biasa lagi”. “Apakah kamu pernah menceritakan kisah ini pada orang lain sebelumnya?” Tanya temannya. “Tidak pernah” sahut Lily. “Aku mulai bertanya-tanya, tapi hal tersebut tidak pernah terjawab. Saat aku menemui kakakku sebelum eksekusi matinya, dia tidak mengucapkan sepatah kata pun. Dia tidak pernah menjelaskan mengapa dia membunuh Ayah dan Ibu kita. Dia hanya memandangku dengan senyuman ketika eksekusi matinya dimulai.”. “Mungkin ada cara untukmu bisa mengetahui semua itu” kata salah satu temannya. “Terserah padamu untuk mengikutinya atau tidak, tapi aku kenal dengan seorang peramal. Dia bisa berkomunikasi dengan arwah, dan mungkin bisa membantumu mencari jawaban tersebut.” Beberapa hari kemudian, Lily memutuskan untuk menemui sang peramal yang disarankan oleh temannya itu, dan berkonsultasi mengenai masa lalunya. Sang peramal mematikan lampunya, menyalakan lilin dan duduk dikursinya sambil menundukkan kepalanya, dan mulai masuk ke alam bawah sadarnya. “Sekarang tanyakan padaku apapun yang kau inginkan” bisik sang peramal. Lily lantas menanyakan “Apa yang membuat kakakku kehilangan akalnya?” Dengan suara lirih sang peramal menjawab “Sebenarnya kakak laki-lakimu itu tidak pernah gila. Dia sepenuhnya sadar.”. “Lantas apa yang menyebabkan kakakku membunuh kedua orang tuaku?” Tanya Lily. “Kakakmu sebenarnya hanya bertanggung jawab atas kematian satu orang.” Jawab sang peramal. Tiba-tiba Lily menyadari semua itu. Dia lalu meneteskan air mata dan mulai menangis tersedu-sedu.

THIEF Terdengar laporan ke New York police Department bahwa bank setempat telah dirampok. Detektif Elliot Stabler & Detektif Olivia Benson sudah dikirim ke tempat kejadian. Detektif Stabler yakin perampoknya belum pergi jauh dan memutuskan untuk mencari di daerah sekitar. Mereka mencari ke tempat Nicole's Laundromat (tempat mesin cuci koin), tetapi tidak berhasil. Lalu mereka mencari ke Broadway Grill, tempat makan, sekali lagi mereka tak menemukan apapun. Bangunan terdekat berikutnya adalah Dave's Digital Photos. Mereka masuk kedalam dan bertanya pada pemiliknya lalu melihat ke sekitar. Mereka tidak menemukan apa-apa, tapi mereka melihat ruangan kecil di belakang bangunannya. Ketika Detektif Benson meminta untuk melihat kedalam, pemiliknya bilang “Itu adalah Darkroom (kamar gelap)ku, tempat dimana fotoku dibuat. Jika kamu membuka pintu dan cahaya masuk, itu akan merusak semua foto yang ada di dalam.” Tapi Detektif Benson menjawab, “Okay, tapi sekarang kami akan menangkapmu. Kamu adalah perampok bank itu, dan uang itu disembunyikan di bangunan ini.”

RAIN Malam ini sedang hujan deras sekali. Ketika kami sampai pada suatu tempat, aku menghentikan mobilku di depan sebuah terowongan. Temanku dan aku pernah mendengar rumor dan legenda bahwa terowongan ini berhantu. Mereka mengatakan ketika mengendarai mobil dan melintasi terowongan ini pada malam hari, hal yang aneh akan terjadi. Kami kemari untuk mengetes keberanian kami dan memastikan bahwa rumor tersebut benar. Terowongan ini letaknya sangat terpencil dan tidak banyak kendaraan yang melintas. Suasana angker dan menyeramkan langsung kami rasakan begitu memasuki terowongan ini. Aku menjalankan mobil dengan pelan, berharap sesuatu yang aneh benar-benar terjadi, tetapi ketika kita mencapai ujung terowongan kami tidak melihat sesuatu apapun yang mengerikan. Aku dan temanku kecewa. “Ayo kita melintas lagi,” kataku. Teman-temanku setuju dan aku memutar mobilku saat diujung terowongan. Sekali lagi, kita tidak mengalami hal yang aneh. Aku memutar mobilku di dalam terowongan beberapa kali setiap kali kami hendak mencapai ujung. Setelah empat atau lima putaran, salah satu temanku berkata, “Lebih baik kita pulang saja teman-teman.” Kupikir dia benar, lama-kelamaan kami menjadi bosan, dan suara hujan yang turun ke atap mobil kami semakin lama semakin mengganggu kami. Akan tetapi ada sesuatu yang aneh dengan nada bicara temanku tersebut. Tepat sebelum kami keluar terowongan, kuhentikan mobilku dan melihat kebelakang. Aku menyadari bahwa salah satu temanku tersebut menggigil dan terlihat ketakutan. Teman-temanku yang lain menatapnya dan bertanya “Apa yang salah denganmu? Apakah kamu melihat sesuatu?” Lalu ia berkata “Apa kamu tidak mendengarnya?” “Mendengar apa?” kataku. Setelah terdiam cukup lama, ia mengatakan “Hujan, suara hujan….!”

Cara menjawab: Jawab Riddle di twitter dengan mention ke twitter Gumatika @gumatikaipb dengan hashtag #MathRiddle. Minimal harus menjawab 2 pertanyaan. Batas waktu Riddle berlaku selama 1 minggu sejak Dyn-Magz dipublish. Dua orang pertama yang bisa menjawab, berhak mendapat hadiah dari tim Dyn-Magaz.


CONTACT

E-Mail

CP Dynamath

ipbgumatika@gmail.com

Website

Soleh - 089630995157

Official Line Account

TELSTAR Infokom Official Twitter Account

gumatika.lk.ipb.ac.id Address

Sekret FMIPA

@uuul12599l

@gumatikaipb

Feel free to contact us!


Lebaran, silaturahim Terjaga, Liburan, Oke juga

KOK MUTER LAINE

ANTAR KOTA ANTAR JEMPUT

GUMATIKA IPB Alamat: Sekret FMIPA IPB CP Dynamath: 089630995157, Soleh Copyright 2016

@gumatikaipb ipbgumatika@gmail.com

gumatika.lk.ipb.ac.id

Dynamath dimensi 10  

Assalamualaikum Wr. Wb. Haiiii! We are finally back! With our tenth of publications, Dynamath finally back! Dengan tema "L(e)baran Saat Libu...

Dynamath dimensi 10  

Assalamualaikum Wr. Wb. Haiiii! We are finally back! With our tenth of publications, Dynamath finally back! Dengan tema "L(e)baran Saat Libu...

Advertisement