Page 1

Dynamika Matematika

GOR LAMA

YON EKS

Dimensi

#1X

PEJUANG, BERJUANG, MEMPERJUANGKAN


Dimensi

#1X Pejuang, Berjuang, Memperjuangkan.


MEET THE TEAM Dynamathers

Mutia Diska @mutiadiska

Ghifari @ghifarizkikam

er

Lett s ’ r o t Edi

Seorang anak manusia yang sejak kecil tinggal disuatu daerah yang katanya dulunya banyak kapal D(r)a(r)maga.

H

aiiiii semuanya, kembali lagi Dynamath menyapa kalian, tentunya kalian sudah lama merindukanku, bukan? Maaf ya kalau aku sedikit terlambat hadir, ada beberapa masalah yang harus kuhadapi hingga bisa sampai di tangan k a l i a n . B a g a i m a n a U T S - ny a kemarin? Uhm‌ kurasa harus move on secepatnya, kalau terus menatap yang sudah lewat, kapan kita bisa melangkah ke depan? –ngomong doang sih mudah ya.

Menghuni kosan yang dikelola oleh keluarga sendiri. Sedang menapaki jalan menuju hatimu, iya hatimu...

Mahasiswi matematika yang namanya sedikit mirip dengan singkatan salah satu mata kuliah sebut saja Mu(a)tdis, sekarang sedang terdampar sebagai seorang layouter majalah.

Sarah Zai @srhzhdh

Solehr @rudians95

Seekor makhluk yang (masih) kuliah di jurusan mate ipb ini selalu ngantuk pas jam kuliah dan hidupnya cuma buat nge-game sama nonton anime, selesai.

.

Is enjoying math so muach :* Manusia normal yang suka dibuat abnormal sama manusia-manusia normal atau mungkin abnormal lainnya. Sumpah, gue normal kok :')

Shara @vionamitasharaa

Maria, Math 51.

Pejuang, Berjuang, Memperjuangkan.

Niswah Y @yanfanbl

Cewek freak yang berhasrat untuk

Seorang mahasiswi matematika yang

mengendalikan 4 elemen bumi dan

tak pandai berhitung ini menganut

suka banget dengan yang namanya

paham sedikit berbicara banyak

olahraga tapi pengennya itu semua

mendengarkan, sekian. Punya hobi

dapat dilakukan di kasur.

jalan-jalan sendiri, bukan karena terlalu lama sendiri tapi sendiri itu emang asik ko :).

Wiwik Tri H @wiwik_hardianti

Seorang gadis yang ramah, tapi bisa jadi pendiem kalau lagi laper. Hobinya mengamati benda-benda kecil yang kasat mata. Dia adalah agen intelijen yang ditugaskan di departemen infokom.

Monica R @monicarachmaw

Retno Puspita @retnopuspita19

Aku hanyalah seorang mahasiswi Seseorang yang susah ditebak jalan biasa dari departemen matematika pikirannya. Inilah aku dan akan yang luar biasa. Mahasiswi yang tak terus menjadi aku. Apapun inilah sempurna dalam mengandaikan sifatku dan semua inilah aku. sesuatu dan kadang salah dalam Te r k a d a n g l a b i l , t e r k a d a n g bimbang, terkadang bijak, dan berhitung. terkadang lemot tingkat tinggi :D.

Maria T Dwi @mariatheresiadewi

Seorang gadis bertubuh mungil dengan paras yang manis, terkadang ceria terkadang murung, walaupun lebih banyak galaunya dan terakhir hobi menulisnyalah yang menuntunnya hingga posisi saat ini.


Shout Out

Apa kamu pernah memperjuangkan sesuatu di hidup kamu? Perjuangan seperti apa? BELLA 50 Pernah perjuangin HP gue yang dicopet orang. Waktu itu sampe harus ke Polsek Bogor buat nyelesaiin masalahnya sama polisi padahal besoknya ada ujian SA

IRFAN 51 ADIT 50

Pas lulus SMA saya ga langsung lanjut kuliah karena maunya masuk PTN. Karena pas lulus

Kemarin kurang total di UAS karena lebih fokus ke Muker DPM. Perjuangan.

SMA ga lolos dimana-mana jadi kerja dulu terus uangnya dipake buat bimbel SBMPTN

NADHIF 50 Bela-belain jarang minta duit ke ortu dan cuma ngandelin beasiswa sejak lulus SMA demi hidup mandiri, tidak membebani ortu, dan masih berusaha survive sampai sekarang.

AINUN 50 Dulu ga niat kuliah, tapi karena liat

AZIZ 51 Pernah berkelahi demi nyelamatin temen yang lagi dikeroyok.

teman-teman yang lain semangat kuliah, jadi belajar lagi deh buat masuk ke IPB.


RACHMA 51 : Pernaah, waktu itu aku rela bangun jam 5 pagi buat pulang ke Jakarta padahal baru tidur selama 2 jam. Pulang ke Jakarta nya buat ngerayain anniv mama papa.

FITRI 50 Semaleman gue ga tidur buat liat monyet sama sunrise di Gunung Kapur subuh-subuh. Bagi gue itu perjuangan, haha.

Ipeh - 49

AINA 51

Duit pengemis yang terbang pernah gua perjuangin sampe ke tengah jalan yang banyak mobilnya haha

Satu bulan bolak-balik rumah sakit buat jagain mama.

Krisna - 49 Beasiswa bidikmisi yang sampai saat ini masih saya perjuangkan demi meringankan beban orangtua.

C. FAJRI 50

Hal yang saya perjuangkan sampai sekarang adalah bertahan hidup di tanah rantau. menjadikan diri ini lebih kuat dan tegar dari sebelumnya, untuk keluar dari zona nyaman. Mandiri Secara ďŹ nancial dan kehidupan.

Rani - 49 Gua pernah perjuangin banner yesung suju yang dilelang, gw sampe harus mohon mohon terus nangis nangis biar distop lelangnya dan pada akhirnya dapet gw

Ghifari- 51 Perjuangan ngerjain ini majalah, paling paling emang sampe tidur dialpha tapi alhamdulillah terselesaikan..


CONTENTS

Editor’s Letter

2

Special Shout out

17

Shout Out

3

MIT Article

19

Contents

4

Future Plan

22

Math on SPIRIT!

9

Biogmatic 1

23

Press Release TNT

11

Matherview : Dina

24

Press Release Upgrading

12

Biogmatic 2

27

Jawaban Mathriddle

13

Kalkulusiana

30

Matherview : Kak Gia

14

Mathriddle

33

Golongan Darah

16

Contact

34


QUOMATH

Kita TIDAK PERNAH BISA MENJAMIN SESUATU HAL, yang bisa lakukan KITA HANYalah BERHARAP. Prapto tri supriyo, 2016


TERIMAKASIH ATAS KONT


TRIBUSINYA DI SPIRIT 2016


SPIRIT 2016

MATH ON SPIRIT! S

etiap tahunnya BEM FMIPA IPB mengadakan pesta olahraga dan seni antar departemen di FMIPA yang dinamakan SPIRIT. Acara ini bertujuan untuk menyatukan semua Departemen di FMIPA menjelang Olimpiade Mahasiswa IPB dan IPB Art Contest nanti. Tahun ini SPIRIT bertemakan “SPIRIT Berbedaâ€? yang dimaksudkan bahwa meskipun terdiri dari 8 departemen berbeda tetapi kita tetap satu FMIPA. Selama hampir sebulan setiap departemen bertanding untuk memperebutkan medali emas. SPIRIT tahun ini dimulai pada tanggal 19 Februari 2016 dan selesai pada tanggal 13 Maret 2016. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Closing Ceremony tahun ini dibarengi dengan lomba aerobik yang menjadi penentu Juara Umum Cabang Olahraga. Departemen matematika sendiri telah menjadi juara umum cabang olahraga selama 3 tahun berturut-turut, namun di tahun ini departemen matematika tidak lagi menjadi juara umum cabang olahraga melainkan menjadi juara umum cabang seni. Pada perolehan medali cabang olahraga, matematika berada pada urutan kedua dengan memperoleh enam emas, empat perak dan empat perunggu. Namun pada cabang seni departemen matematika memboyong juara umum dengan perolehan tiga emas dan empat perak. Meskipun tidak lagi juara umum cabang olahraga, matematika sendiri mengalami peningkatan yang signiďŹ kan dibanding tahun sebelumnya yang mendapat empat emas, tiga perak, dan tiga perunggu pada cabang olahraga serta belum menjadi juara umum di cabang seni. Peningkatan ini tidak lepas dari perjuangan para atlet dan dukungan para supporter yang dengan sepenuh hati mewakili departemen matematika. Namun pada cabang seni departemen matematika memboyong juara umum dengan perolehan tiga emas dan empat perak. Meskipun tidak lagi juara umum cabang olahraga, matematika sendiri mengalami peningkatan yang signiďŹ kan dibanding tahun sebelumnya yang mendapat empat emas, tiga


perak, dan tiga perunggu pada cabang olahraga serta belum menjadi juara umum di cabang seni. Peningkatan ini tidak lepas dari perjuangan para atlet dan dukungan para supporter yang dengan sepenuh hati mewakili departemen matematika. Banyak persiapan yang telah dilakukan departemen matematika menjelang SPIRIT tahun ini. Mulai dari pelaksanaan G5 League yang ditujukan untuk menyatukan dan melihat potensi serta kemampuan para atlet yang akan berlaga di SPIRIT, hingga latihan rutin untuk mengembangkan potensi para atlet. Kebanyakan cabang olahraga dilatih oleh para senior matematika yang ahli dibidangnya dan beberapa dilatih oleh pelatih dari luar. Para atlet mengaku meskipun lelah tetapi banyak pengalaman yang mereka dapatkan dan ada kepuasan tersendiri dari apa yang mereka perjuangkan. Selama SPIRIT, baik atlet maupun supporter telah berjuang keras. Atlet dengan segala kemampuan yang dimiliki dan supporter dengan teriakkan semangat kepada atletnya. Tidak hanya mahasiswa yang masih aktif, para senior pun menyempatkan hadir melihat pertandingan para junior dan memberikan nasihat serta masukan, membuat atlet menjadi lebih semangat. Dengan melihat kemajuan dan kualitas atlet tahun ini, bukan tidak mungkin di tahun depan matematika meraih dua gelar juara umum. Tetapi harus dibarengi dengan niat dan usaha yang tidak biasa untuk meraihnya serta dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

So, do your best for MATHEMATICS! and See you on SPIRIT 2017!


PRESS RELEASE

Training and Talkshow 1

PELATIHAN MICROSOFT EXCEL 1, PUBLIC SPEAKING,

DAN PEMBUATAN PKM

S

abtu, 19 Maret 2016 telah diadakan sebuah acara Pelatihan Microsoft Excel Part I, Public Speaking dan Pembuatan PKM. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari Training and Talkshow (TNT) 2016. Tepat pukul 08.10 WIB acara yang bertempat di RK AGB 2.02A ini dimulai. Setelah pembukaan dengan tilawah, acara dilanjutkan dengan perkenalan pembicara pertama oleh master of ceremony (MC). Pembicara pertama yang membahas mengenai PKM bernama Hendi Okta Kurniawan, beliau merupakan mantan Direktur Forces IPB tahun 2014/2015. Training mengenai PKM berlangsung sampai dengan pukul 10.10 WIB.

dzuhur, dan makan siang. Setiap peserta mendapatkan paket makan siang gratis. “Makan siang gratis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi saya untuk datang ke training ini,� ungkap salah satu peserta training. Setelah selesai makan siang, sesi ketiga dimulai sekitar pukul 13.05 WIB. Pembicara sesi ketiga tidak kalah keren dengan sesi sebelumnya, beliau adalah Ikrom Mustofa,S.Si. seorang Mahasiswa Berprestasi 2 Nasional, pemenang berbagai LKTI, paper, essay, dan sudah menjelajah ke berbagai negara di dunia. Beliau menyampaikan materi Public Speaking kepada para peserta training. Beliau langsung mengajak peserta untuk berani berbicara, menyampaikan pendapat, saran, dsb. 30 menit terakhir peserta diminta untuk mempraktikkan langsung berdasarkan materi public speaking yang telah didapat yakni dengan maju ke depan dan berbicara mengenai topik yang telah ditentukan. Acara Pelatihan Microsoft Excel Part I, Public Speaking dan Pembuatan PKM berjalan dengan lancar dan dana yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran. Acara ditutup oleh MC dengan doa bersama dan berakhir tepat pukul 14.35 WIB.

Banyak dari peserta antusias mengikuti training ini, terbukti dengan persiapan mereka membawa laptop dan juga Selanjutnya MC memandu peserta keaktifan bertanya pada saat training yang dalam hal ini adalah para pengurus berlangsung. Gumatika IPB untuk mengikuti sesi kedua yakni tentang Microsoft Excel. Pelatihan Microsoft Excel Part I ini disampaikan langsung oleh alumni Matematika IPB bernama Rizky Eka Yulando,S.Si. Setiap peserta dilatih tentang bagaimana menggunakan Microsoft Excel, khususnya penggunaan Microsoft Excel yang sering dibutuhkan di dunia kerja. Banyak dari peserta antusias mengikuti training ini, terbukti dengan persiapan mereka membawa laptop dan juga keaktifan bertanya pada saat training berlangsung. Sesi kedua berakhir tepat pukul 12.10 WIB. Selanjutnya peserta dipersilakan untuk istirahat, sholat


PRESS RELEASE

Upgrading 1

UPGRADING GUMATIKA IN SPACE

T

anggal 20 Maret 2016 kemarin, Upgrading 1 akhirnya telah

-lah simbol warna Departemen Matematika, dan men-share-nya

berhasil dilaksanakan. Apasih acara Upgrading itu?

di grup Gumatika in Space. Seru banget bukan! Adapun kelompok

Upgrading itu adalah salah satu acara dari departemen

yang menang dalam suatu games akan diberi reward berupa

PSDM Gumatika IPB yang isinya berbagai macam permainan dan

bintang yang mana kelompok yang mengumpulkan bintang

pastinya full of fun! Karena apa? Karena disitu adalah saatnya

terbanyak akan menjadi kelompok terbaik dan mendapatkan

pengurus gumatika mengakrabkan dirinya masing-masing dengan

hadiah menarik dari panitia.

rekan-rekan satu divisi mereka di Gumatika, lewat berbagai sajian games menarik yang penuh dengan kerjasama dan kegembiraan.

Selain Games, ada juga acara sharing-sharing pengalaman dari pengurus Gumatika sebelumnya. Sharing

Acara dimulai dengan pembukaan dan kumpul di meeting

pengalaman ini disampaikan oleh Ketua Gumatika in Space, Wakil

point di Pojok MIPA. Acara dimulai sekitar pukul 7.30 WIB. Setelah

Ketua Gumatika in Space dan perwakilan BPH Gumatika in Space.

berbagai rangkaian pembukaan, main event-pun dilaksanakan.

Setelah acara sharing akhirnya adalah pengumuman kelompok

Karena adanya kendala dari tidak hadirnya beberapa anggota

terbaik yang mengumpulkan bintang terbanyak. Kelompok

Gumatika yang telah mengkorďŹ rmasi kehadirannya, ada sedikit

tersebut adalah kelompok 1! Selamat ya buat pemenangnya dan

perubahan mekanisme kelompok, yang tadinya Upgrading 1 ini

tingkatkan terus kekompakan divisinya masing-masing ya untuk

berisikan games berkelompok perdivisi akhirnya ada beberapa

kelompok lain yang belum beruntung. Berbagai rangkaian acara

kelompok yang beranggotakan sedikit personil yang hadir di mix

ditutup dengan foto bersama sekitar pukul 10.30 WIB.

dengan kelompok beranggotakan sedikit personil yang lain yang

Adapun dalam hal realisasi dana dari rangkaian kegiatan

akhirnya menghasilkan 6 kelompok. Walaupun terdapat kendala

Upgrading 1 alhamdulillah tidak melebihi dana yang dianggarkan.

tersebut acara tetap mampu dilaksanakan secara maksimal sampai

Mulai dari keperluan acara antara lain perlengkapan games dan

akhir penutupan.

konsumsi, semuanya tidak melebihi target anggaran dana. Tidak

Setelah pembagian beberapa kelompok baru tiap

ada biaya-biaya tak terduga sepanjang acara. Sampai dengan akhir

kelompok diberikan peta dimana games-games tersebut tersebar

acara, rangkaian acaranya berlangsung lancar dan terealisasi

di sekitar kampus. Games yang disediakan disebar dalam bentuk

dengan baik.

pos-pos pada titik yang berbeda-beda. Tiap kelompok harus mampu menemukan letak games-games tersebut melalui clue yang tertera pada peta yang diberikan. Games-games-nya apa ajasih? Ada games lempar air, games piramid kemenangan, games susun kata, dan games temukan aku. Selain itu, setiap kelompok diberikan challenge untuk berfoto dengan stranger di sekitar kampus yang menggunakan baju berwarna ungu, dimana ungu ada-

Sampai jumpa di upgrading selanjutnya!


LOGIC GAME

N A B

A

AW

J

DIMENSI VIII

MATHRIDDLE

Rumah hantu Sebenernya ada yang aneh, tapi si aku gak menyadari. Di awal kan udah dijelasin kalo mereka itu cuman bertiga. Aku dan dua temannya. Tapi pas si aku nanya “Aku tidak melihat satupun hal yang aneh, bagaimana dengan kalian?” Yang jawab ada 3 orang padahal kan cuman dia sama dua temennya… “Aku tidak” “Aku juga tidak” “Aku tidak melihat apapun” Berarti yang satu orang lagi hantu yang matanya dicongkel yang bilang “Aku tidak melihat apapun”

kucing Waktu dia mau kekamar mandi si aku hidupin semua lampu, tapi pas dia dateng lampunya mati dan ada kucing. Kemungkinan pertama si kucing yang matiin. Kemungkinan kedua kucingnya cuman lewat(?)

murder Di US dan UK penyebutan lantai nya berbeda. Di US lantai pertama disebut first floor, kedua : second floor. Di UK lantai pertama disebut Ground floor, lantai kedua : first floor dst. Jadi yang teriak di luar itu sebenernya mau ngasih tau si aku bahwa sebenernya pembunuhannya di Second floor (lantai ketiga karena mereka ada di London) lantai ketiga itu tempat si aku menginap. Polisi yang memblokade lift dan tangga itu sebenernya adalah pembunuhnya. Dia blok tangga sama lift supaya nggak ada polisi yang naik dan nangkap dia.


MATHERVIEW

LAWAKAN KAK GIA

Moch. Gia Priyana

Q : Gimana kabarnya kak? G : Kabarnya baik. Q : Lagi sibuk ngapain aja kak akhir-akhir ini? G : Lagi nyusun skripsi sama main sama temen. Q : Persiapan apa aja yang dilakukan sebelum tampil SPIRIT kemarin kak? G : Pertama diliat temanya apa, setelah itu baru dipikirin apa yang mau disampein ke penonton, terus nyari materi. Biasanya kalo gue bikin materi, belajar dan ngeliat dulu dari stand comedy-an yang ada di tv-tv. Awalnya dari keresahan, maksudnya itu apa yang bikin kita resah di topik yang bersangkutan dengan tema, misalnya kenapa birokrasi di Indonesia itu ribet banget. Dari keresahan itu timbulin premis-premis terus premis-premisnya itu dijabarin. Lalu dari beberapa premis itu dibuat punchline (pukulan atau bagian lucunya). Materi yang bagus itu yang awalnya gak ketebak tapi ujung-ujungnya ngelucu. Terus materi yang bakalan gue bawain gue coba dulu ke kakak gue, jadi gue stand up comedy di depan kakak gue aja. Kakak gue aja yang nonton.

Q : Motivasi ikut cabang stand up di SPIRIT ngewakilin Matematika apa kak? G : Awalnya gara-gara G5 League dari 3 angkatan dipilihnya langsung dari situ. Kan waktu itu ada juri-jurian kan nah itu yang dipilih gue. Disuruh Daus sih sebenernya. Q : Saat tampil pernah ada pengalaman yang gak sesuai dengan ekspetasi gak kak? G : Ada,gue pengennya mereka ketawa tapi gak dapet gitu ketawanya. Biasanya itu salahnya di gue ngomongnya kecepetan sama di intonasinya. Kadang tuh suka jadi kaku, untuk ngatasinnya gue langsung pindah ke materi selanjutnya. Pernah di tahun lalu di G5 League orangnya itu pada mikir “ini apa sih?�. Tapi kalo menurut gue selera humor mereka yang rendah haha. Q : Kalo untuk tahun-tahun sebelumnya kakak juga yang ngewakilin matematika cabang stand up di SPIRIT? G : Gak. Tahun sebelumnya itu kak Zulfirman juara 2. Pas gue baru masuk departemen yang ngewakilin kak Ando angkatan 47.


Q : Gimana perasaan kakak waktu tau juara satu? Nyangka gak kak bakalan menang? G : Gak nyangka sih, soalnya katanya ada yang lebih lucu. Gue juga lucu cuman katanya pas dia tampil banyak yang ketawa tapi dia gak sesuai dengan tema sama waktunya molor. Tapi dalam diri gue sendiri ada optimisnya kalo gue bakalan juara. Q : Inspirasi materinya itu datengnya dari mana kak? G : Observasi, baca-baca di internet. Kadang itu timbulnya dari obrolan sama temen. Q : Stand up itu ada pelatihannya sama ada latihan rutin gak kak? G : Gak sih. Kalo latihan kalo mau tampil aja. Cuma kadang kalo ada yang lucu suka gue tulis. Q : Pernah ikut komunitas gitu gak kak? G : Belom sih, sebenernya pengen cuma gak ada waktunya. Q : Gimana caranya kakak tau kalo materi yang bakalan bawain itu lucu? G : Biasanya gue tes dulu nih sama temen kayak ngobrol dan becanda biasa, tapi gak izin dulu kalo bakalan mau ngelucu. Buat taunya sih langsung aja diobrolin terus kalo ketawanya banyak, materinya gue pake. Minimal dicoba 2 sama 3 ke orang yang berbeda. Jangan kalo kita punya materi langsung ditampilin karena kita kan gak tau nantinya bakalan kaya gimana. Q : Sejak kapan mulai suka stand up? G : Sejak semester 4. Q : Kenapa tertarik sama stand up? G : Awalnya liat di tv-tv. Unik gitu untuk ngelucu depan orang, padahal kan susah ya. Akhirnya gue coba-coba. Dari kehidupan sehari-hari kan juga suka bikin orang ketawa tapi kebanyakan dari ngeledekin orang nah dari situ gue pengennya gue ngelucu gak dari ngeledekin orang doang, tapi pengennya ada materi yang bermakna.

Q : Lomba sama event apa aja yang pernah kakak ikutin? G : Kalo lomba resminya itu Liga Kastrat juara 2 di BEM FMIPA sama kemarin SPIRIT juara 1. Terus kemarin ada yang nawarin di Career G tanggal 24 sama mau ikutan lomba IAC.

Q : Siapa idola kakak di stand up comedy? G : Awalnya itu Jui Purwotodari stand up Bogor. Sekarang lagi nge idolain Uus. Q : Menurut kakak stand up comedy buat kakak sendiri itu apa? G : Hobby aja sih. Cuma buat selingan aja. Kan emang dasarnya seneng bikin orang ketawa. Terus seneng mempermalukan diri sendiri. Gue juga gak pernah mikirin jaim didepan cewek. Kalo hobby lain selain stand up comedy itu futsal. Q : Coba kak urutin antara futsal, stand up sama matematika G : Stand up comedy, futsal, matematika. Q : Sebenernya cita-cita kakak apa? G : Dari kecil pengen jadi polisi. Tapi pas SMA polisi itu dikutuk sama masyarakat mulu. Terus lama-lama cita-cita-citanya pengen jadi insinyur di teknik. Tapi sekarang ini pengen jadi polisi lagi, terus pengen ikut tes kalo udah lulus. Q : Target yang ingin dicapai di stand up comedy apa? G : Yang deket-dekat ini juara IAC, kalo kedepannya belom tau karena belom fokus ke stand up juga, soalnya ini kan cuma hobby aja. Q : Pengen tampil didepan siapa? G : Pengen tampil didepan masyarakat banyak, kaya di Stand Up Comdy Festival. Stand up fest itu kaya diruangan gede banget segede GWW lah kira-kira. Soalnya penontonnya dari berbagai lapisan masyarakat. Q : Harapan buat lomba stand up ini apa kak? Sama buat pesertanya? G : Harapannya buat lomba-lomba kaya gini diperbanyak lagi soalnya dari lomba kaya gini menghasilkan banyak uang. Maksudnya stand up comedy itu kaya nyanyi juga, karena sekarang ini stand up comedy jadi trend. Banyak acara-acara tv yang menggunakan jasa stand up comedian. Buat peserta bagus juga sih karena bisa menghibur masyarakat yang udah stres sama kerjaan dan kehidupannya.


Golongan Darah

A

AB

Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten serta berusaha seideal mungkin. Maka dari itu, mereka dikenal sebagai oramg yang perfeksionis. Orang yang memiliki golongan darah A juga paling kreatif dan artistik dibandingkan gololongan darah lainnya.

Orang dengan golongan darah AB sulit diprediksi, tetapi dapat dipercaya dan bertanggung jawab. Memiliki perasaan yang sensitif dan lembut, tapi juga keras terhadap diri sendiri dan orang dekatnya

B

O

Pemilik golongan darah B suka penasaran dan tertarik terhadap segala hal baru, mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobi, tetapi cepat sekali merasa bosan. Ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal dan tidak mau hanya dianggap rata-rata sehingga mereka akan fokus dalam mengerjakan hal tersebut.

Sang empunya golongan darah O adalah orang yang terbuka, enerjik, sosial dan paling eksibel jika dibandingkan dengan semua golongan darah lainnya. Disukai oleh semua orang meski keras kepala dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.


SPECIAL SHOUT OUT

GUMAKUSI GUMAKUSI on SPIRIT 2016 BAGAimana perasaannya pertama kali ikut lomba perkusi di SPIRIT dan juara I? “Perasaannya deg-degan banget pas mau tampil. Awalnya takut gak menang sih, eh ternyata menang dan seneng banget.” Meidina n. - 51

“Senang, capek, tapi luar biasa. Kekeluargaannya dapat banget.” Ainun n. - 50

Apa suka duka ikutan lomba perkusi di SPIRIT? “Rasa sukanya pas ikut lomba seruu bisa nambah pengalaman, makin akrab juga sama pemain yang lain. Dukanya cape pasti, gara-gara latihan sampe malem jadinta badan jadi kurang fit. Kuliahnya jadi rada keteteran wkwk. Talitha a. - 51

Lebih suka tampil perkusi di acara-acara atau lomba? alasannya? “ Acara dongssss, gak terlalu beban, dibayar pula :"""). “ Nuraini j. - 51

Perbedaan tampil perkusi di SIRIT 2016 dengan kompetisi perkusi yang pernah kalian ikuti sebelumnya (SPIRIT DAN IAC tahun 2015)? “Meskipun gua sebelumnya emang pernah ikut IAC tapi beda banget rasa, lebih deg degan pas SPIRIT sekarang. Mungkin karena kan pemainnya juga sambil latihan perkusi sambil lomba buat SPRIT yang lain juga jadi latihannya ga semaksimal IAC yg waktu itu latihannya lebih sering dan lebih maksimal.”

Aqiilah g. - 50

Bagaimana perasaan kali tampil perkusi di SPIRIT 2016 dimana ini merupakan lomba perkusi pertama yang diikuti? “perasaan gw seneng sekaligus deg-degan juga sih, soalnya kan baru pertama ikut spirit di cabang perkusi, dan diakhir gw lega soalnya masih bisa pertahanin gelar juara hehe” Soleh R. - 50

Pernah ikutan lomba perkusi sebelumnya? “Belum pernah, baru pertama kali juga ikutan komunitas perkusi hehe.” Niswah y. - 51


Apa perbedaan tampil perkusi sebagai pengisi suatu acara dengan tampil perkusi sebagai peserta lomba? “Kalo buat tampil di acara-acara gitu ga serepot dan ga secapek tampil buat lomba. Tampil di acara latihannya ya palingan Cuma dua ato tiga hari aja, tapi kalo lomba bisa sampe 2 minggu dan belom lagi harus nyiapin tema serta property lainnya.” Vionamita s. - 50

Sudah berapa kali ikut lomba perkusi di SPIRIT dan apa yang membedakan lomba perkusi SPIRIT tahun ini dengan lomba perkusi yang pernah kakak ikuti sebelumnya, baik persiapan maupun persaingan ? “Gumakusi sudah tampil spirit 6 kali (2011-2016). Saya sudah tiga kali (2014-2016). Tahun ini (2016) kita punya lebih banyak sumberdaya dan persiapan. Persaingan juga semakin seru karena perkusi dari departemen lain sudah banyak berkembang dari tahun sebelumnya.” Ryvanu adi n. -49

Kenapa kakak memilih perkusi dibandingkan dengan lomba yang lain? “ Karena gue ga jago olahraga jadi gue milih perkusi aja.” dedy irawan p. -49 “Udah dari masuk departemen. Pas semester 3. 3 kali berarti ya hoho. Beda tahun haha. Persaingannya jelas lebih ketat, soalnya departemen lain mainnya makin bagus juga.” lina a. -49

APAKAH ADA pengalaman atau kejadian yang tidak terlupakan saat tampil perkusi? KALAU ADA, APA? “Banyak sih, tiap nampil pasti ada insiden yg ga dilupain, tapi disitulah serunya. Yg paling seru pas nampil pertama di IMC, lempar stik ga bisa nangkep dan nggelinding ampe tempatnya tamu undangan.” aNGGA dWI I. -49

Pesan atau harapan untuk junior-junior di gumakusi DAN JUGA GUMAKUSI KE DEPAN? “Harapannya bisa terus berprestasi dan diundang di mana mana hoho. Trus tingkatin kreativitas dan skill nya yaaw.” ALFIEN A. -50

“Jangan menyerah terus lah berkembang dan berjuang . Tampilkan yg lebih bagus lagi, cari ide-ide untuk kedepannya” dENY. -50 “Pertahanin gelar juara pertama perkusi SPIRIT dan rebut juara pertama perkusi IAC.” dEDY IRAWAN P. -49

“Lebih kompak lagi lah. Pecel kerasa enak bukan karena kacangnya, terasinya, ataupun sayurnya, Tapi kombinasi dari semuanya. Begitu juga gumakusi, bisa hebat bukan karena ada satu atau dua orang yg jago, namun kombinasi dari semua orang di dalamnya.” ANGGA DWI I. -49 “ Berani mencoba! Perkusi itu bukan hanya untuk yang memiliki bakat, tapi juga untuk semua orang. Sekali coba, pasti ketagihan haha. GUMAKUSI: GO FIGHT WIN!!!” rYVANU ADI N. -49

“Latiannya lebih rajin lagi, jangan ngaret kalo latian hoho. Pukulannya diubah semua.” LINA A. -49


MIT ARTICLE

HOLMES DAN KOPI

Pernahkah kamu dengar nama Sherlock

kasus 'Scandal in Bohemia', Sherlock pernah berkata

Holmes? Sherlock Holmes adalah tokoh detektif fiksi

“Salah besar mengajukan teori tanpa mempunyai data.

yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle. Holmes

Secara tak sadar, kita akan mengubah fakta agar cocok

merupakan seseorang detektif yang hampir sempurna

dengan teori, dan bukannya teori yang seharusnya

karena dia memiliki otak yang cerdas, mata yang tajam,

disesuaikan dengan fakta”. Selain itu Sherlock juga

kemampuan berkelahi, dan kehebatan lainnya. Mungkin

menggunakan metode reductio ad absurdum untuk

kekurangannya hanya satu, yaitu pecandu obat

mendapatkan suatu kesimpulan, dalam kasus 'The

terlarang.

Blanched Soldier', Sherlock berkata “...setelah saya

Menurut saya seorang ilmuwan dan detektif memiliki beberapa kesamaan. Sherlock selalu

menyingkirkan semua kemungkinan yang tak masuk akal, maka yang masih tersisa, itulah hal yang benar”.

memutuskan sesuatu berdasarkan data yang ada, dalam Sumber: Susanto, Hadi. 2015. Tuhan Pasti Ahli Matematika. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka Sir Arthur Conan Doyle. 2003. Sherlock Holmes: The Complete Novels and Stories. US: Bantam Books


Hal penting lain yang membuat Sherlock seperti seorang

Selain itu paper mengenai noda kopi ini telah dirujuk

ilmuwan adalah ketelitiannya dalam mengamati segala

oleh ribuan karya tulis lain. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa seorang

sesuatu yang ada di sekitarnya. Sherlock bisa ilmuwan dan detektif tidak hanya harus pintar dalam mengetahui pekerjaan, kondisi keuangan, bahkan memecahkan masalah tetapi juga harus memiliki kondisi rumah tangga seseorang hanya berdasarkan pengamatan dari hal­hal kecil. Seringkali Sherlock

pengamatan yang tajam. Noda kopi yang menurut kita hanya hal yang

mendahului polisi dalam memecahkan kasus karena

biasa dan remeh, tetapi bagi para ilmuwan hal ini adalah

Sherlock memerhatikan hal­hal yang dianggap remeh

sesuatu berharga. Bahkan dari setetes noda kopi kita

oleh orang lain. Dalam sains pun banyak penelitian besar yang

bisa mempelajari aliran kapilaritas, sifat penguapan cairan, dan banyak hal lain.

berasal dari pengamatan hal­hal yang dianggap remeh oleh orang lain. Ada suatu karya ilmiah berjudul “Capillary Flow as the Cause of Rings Stains from Dried Liquid Drops” yang membahas penyebab air kopi yang mengering membentuk lingkaran yang berwarna lebih pekat di bagian luarnya. Penulisnya menjelaskan bahwa bagian dari noda kopi memiliki tingkat penguapan yang berbeda. Sehingga pola tersebut terbentuk karena serbuk kopi di bagian tengah terdorong arus aliran dalam air kopi ke bagian pinggir. Aliran tersebut muncul karena penguapan paling cepat terjadi di pinggir.

Paper tersebut adalah sebuah paper yang pendek (sekitar 3 halaman) dan padat mengenai topik yang sederhana. Tetapi paper itu terbit di jurnal sains top di Amerika dan ditulis oleh peneliti dari University of Chicago, salah satu universitas top di dunia.

Sumber: Susanto, Hadi. 2015. Tuhan Pasti Ahli Matematika. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka Sir Arthur Conan Doyle. 2003. Sherlock Holmes: The Complete Novels and Stories. US: Bantam Books


QUOMATH

setiap ilmu yang ada di dunia pasti penting dan sangat berguna entah kapan waktunya. SHINTA DEVI 36, 2016


Future Plan

STEP MENUJU WISUDA versi Dept. Matematika BAGAN Proposal Penelitian

Karya Ilmiah 1

Praseminar

Sesi Poster

Seminar

Ujian Akhir

Karya Ilmiah 2

Ujian Komprehensif

Sidang

Keterangan : ·

Karya Ilmiah 1 : Diambil di semester 7 atau lebih ketika syarat sks sudah

> 3 bulan

terpenuhi. Karya Ilmiah 1 meliputi

Revisi dan Pengurusan SKL

Proposal Penelitian, Sesi Poster, dan Pra Seminar. ·

Karya Ilmiah 2 : Diambil setelah atau bersamaan dengan karya ilmiah 1.

Wisuda

Penilaian berdasarkan kualitas skripsi,

<= 3 bulan

Ket. :

proses pengerjaan skripsi, dan hasil uji

= Lulus = Belum Lulus

pada sidang.

·

Seminar : Presentasi hasil tugas akhir dengan jadwal yang telah disetujui.

·

Sesi Poster : Kegiatan pembuatan poster oleh mahasiswa tingkat akhir yang mengambil karya ilmiah tetapi belum mendapat jadwal seminar sampai H-1 sesi poster dan jadwal seminar tidak lebih dari 2 minggu setelah sesi poster.

·

Pra Seminar : Kegiatan seminar mahasiswa tingkat akhir yang telah mengikuti sesi poster tetapi masih belum mendapat jadwal seminar sampai batas waktu yang ditentukan.

·

Ujian Akhir : Terdiri dari dua ujian, yaitu ujian komprehensif dan sidang. Rata-rata pelaksanaan 1-2 minggu setelah seminar atau kurang dari itu tergantung persiapan mahasiswa dan jadwal dosen pembimbing serta dosen pengujinya.

·

Perbaikan draft dan pengurusan Surat Keterangan Lulus (SKL) : Berdasarkan aturan IPB, lama pengerjaan perbaikan draft maksimal 3 bulan setelah sidang. Jika melewati batas waktu, maka harus melakukan sidang ulang. Mahasiswa dapat mengurus SKL setelah draft diperbaiki dan difiksasi.

·

Mahasiswa dinyatakan lulus ketika SKL keluar dan tanggal kelulusan adalah tanggal dikeluarkannya SKL tersebut.


Biogmatic

LEONHARD EULER Matematikawan Unggulan Abad ke-18

Nama Asal Usia Profesi Julukan

: Leonhard Euler : Swiss : 76 tahun ( 1707-1783) : Matematikawan dan Fisikawan Pionir : Bapak Analisis Matematika Modern

Nama Euler mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi apa kalian tahu seberapa hebat matematikawan asal Swiss ini? Ya, Leonhard Euler adalah ahli matematika terbesar di dunia dan dianggap sebagai matematikawan unggulan abad ke-18. Penemuan-penemuan nya banyak di bidang kalkulus dan teori graf. Euler juga mengenalkan banyak notasi dan terminologi matematika modern, terutama untuk analisis matematika, seperti konsep fungsi matematika . Euler pernah mengambil les dari Johann Bernoulli, seorang matematikawan Eropa terkemuka. Bernoulli lah yang meyakinkan Euler bahwa dirinya telah ditakdirkan untuk menjadi seorang matematikawan hebat. Bakat luar biasa yang ditemukan Bernoulli dari Euler ini menjadi hal yang luar biasa pula bagi sejarah matematika. Buah pikiran Euler yang berhamburan tiada henti ini menghasilkan titik tolak bagi penemuan-penemuan matematika lainnya. Misalnya, serentetan rumus Lagrange yang rumus dasarnya ditemukan oleh Euler sehingga sering disebut rumus Euler-Lagrange. Adapun analisa Fourier di bidang teknik matematika, rumus dasarnya juga pertama ditemukan oleh Leonhard Euler sehingga dikenal dengan julukan formula Euler-Fourier.

Dalam urusan matematika sendiri, Euler khusus tertarik di bidang kalkulus, rumus differensial, dan ketidakterbatasan suatu jumlah. Euler menghabiskan banyak waktu untuk memperluas kalkulus diferensial dan integral hingga mencapai bentuk mpdern seperti sekarang. Kalkulus differensial parsial digagas pertama kali oleh Euler. Ada juga Formula Euler yang menunjukkan adanya hubungan antara fungsi trigonometrik dan jumlah imaginer, dan dapat digunakan untuk menemukan logaritma tentang jumlah negatif. Ini merupakan satu dari formula yang paling luas digunakan dalam semua bidang matematika. Kiprahnya dalam matematika bermulai sejak Euler berumur 26 tahun saat menjadi guru besar matematika, hingga pada umur 28 tahun matanya buta sebelah dan di umur 59 tahun kedua matanya buta. Namun hal ini tidak menyurutkan tekadnya sehingga dijuluki sebagai ahli matematika yang paling produktif di dunia sebab ketika kedua matanya buta, Euler tetap menulis dengan cara mendiktekan hasil pemikirannya kepada orang lain. Bahkan sesudah Euler meninggal, hasil karyanya yang bertumpuk tetap dimuat di majalah ilmiah secara bersambung selama 50 tahun. Wow, hebatnya Bapak Analisis Matematika Modern ini.


MATHERVIEW

DINA KURNIAWATI

TENDANGAN SI DINA Cewek kecil mungil yang biasanya di panggil Dina ini hobinya main futsal. Mahasiswi semester 4 ini ngefans banget sama Bambang Pamungkas.Yang dulunya selalu duduk di bangku cadangan, sekarang bisa menjadi pemain terbaik dan top scorer futsal putri di SPIRIT 2016. Untuk tau lebih lanjut , simak hasil wawancara eksklusif tim Dynamath dengan mahasiswi yang dijuliki Dina BP ini.


Q : Apa kesibukan Dina akhir‐ akhir ini selain kuliah? D : Ngurusin PSDM, latihan buat OMI sama ngajar les kalo sabtu minggu. Q : Di OMI ikutan cabang lomba apa aja? Futsal sama estafet. Q : Ada latihan gitu gak selain buat persiapan OMI? D : UKM futsal sih, tapi lagi break dulu soalnya yang ngelatih kan angkatan 49 jadi lagi sibuk‐ sibuknya tugas akhir gitu. Q : Gimana pengalaman pertama menjadi atlet di Spirit kemarin? D : Seru, Keren kak. Q : Keren dibagian mananya? D : Futsal putri kan baru pertama di Spirit dan mate bisa jadi juara 1 tuh keren banget. Dan yang tahun lalu di OMI cuma bisa jadi cadangan sekarang bisa main langsung tuh rasanya aaah ga bisa diungkapkan lah. Haha Q : Akhirnya bisa menyalurkan bakatnya yaa haha. Pernah jadi suporter gak? D : Iyaa dong itu pasti kalo buat mate mah. Q : Latihannya tiap hari ya? D : Ya gak tiap hari juga sih, paling 2 kali seminggu lah, tapi ga rutin juga sih yang penting seminggu itu ada latihan. Q : Menurut Dina, Spirit kemarin gimana? Terutama departemen matematikanya sendiri? D : Jujur sih kak kalo buat suporternya itu kemarin masih kurang. Soalnya pas tanding itu kalo suporternya lemes, atletnya juga ngerasa lemes. Beda kalo suporternya rame, pasti para atlet juga mikir “ waah mereka udah dukung kita kaya gitu, jadi kita harus memberikan yang terbaik untuk mereka juga” gitu kak. Q : Terus buat atletnya? D : Buat atletnya, mereka udah memberikan yang terbaik kok kak, walaupun mereka punya kesibukan masing‐ masing tapi mereka masih nyempetin latihan. Pokoknya semua totalitas deh buat Mate mah. Q : Apa suka dukanya Spirit kemarin? D : Sukanya itu kita menang banyak, terus bisa ngerasain Spirit pertama kali tuh kaya gini loh ternyata, euforianya dapet banget lah kak. Kalo dukanya itu ya suporternya itu sih kak. Q : Capek enggak? D : Capek iya tapi karena kita seru seruan aja jadi capeknya gak kerasa walaupun pulang malem bahkan sampe tengah malem dan dapet omel‐omelan dari bapak tapi ya gapapa lah kak.

Q : Adakah kejadian unik atau seru yang gak terlupakan waktu Spirit kemarin? D : Apa yaa haha.. yang ga bisa dilupain itu ya bisa nge goalin buat mate, yang gak pernah bayangin sebelumnya “ kok bisa sih Dina ngegoalin”. Kok bisa padahal Cuma kaya gini, padahal dulu Cuma pemain cadangan yang masih abal‐ abal lah. Q : Gimana perasaannya jadi Top Scorer dan MVP di MIPA? D : Aiiiih itu kayanya salah deh tuh haha padahal masih banyak yang jago dari Dina. Tapi yang pasti rasanya seneng banget kak bisa jadi Top Score. Gak nyangka sama sekali kak. Q : Sudah sejak kapan Dina main futsal? D : Dari TPB, soalnya dulu pas SMA belom ada jadi baru kesampaian explore kesukaan bolanya ya pas kuliah. Q : Sejak kapan mulai suka bola? Dan latar belakangnya apa? D : Dari SMP kak, awalnya itu gara‐ gara nonton tanding futsal di SMP kok seru ya, terus ditmbah liat pemain bola kaya Bambang Pamungkas sumpah itu keren banget kak. Ya udah sampe sekarang jadi suka sama bola. Q : Ada gak sih tips and triks biar jadi pemain top kaya Dina gitu? D : Kalo latihan itu harus serius, kalo waktunya bercanda ya bercanda tapi kalo serius ya serius. Kalo udah dilapangan tuh harus saling percaya antar pemain. Misal ada kesalahan jangan nyalahin orang lain dulu, mending intropeksi kenapa kesalahan itu bisa terjadi. Dan yang paling penting itu sabar. Q : Kalo tips and triks buat diri sendiri? D : Harus latihan fisik biar pas tanding tenaganya gak cepet abis, latihan dasar seperti passing dan shooting itu harus sering sering di latih. Q : Dari flashback Spirit kemarin, optimis gak tahun depan bisa juara umum seni dan olahraga? D : Optimis banget lah kak, soalnya banyak banget atlet Mate yang keren‐ keren. Q : Pesan untuk Spirit tahun depan? D : Kalo buat atletnya latihannya yang rajin kalo buat suporter lebih diramein aja biar atlet‐ atletnya juga semangat mainnya. Q : Pertanyaan terakhir nih, ada kata kata motivasi? D : Jangan pernah berhenti untuk bermimpi karena mungkin suatu saat mimpi itu nisa jadi kenyataan kalo kita bener‐ bener mau usaha.


QUOMATH

KETIKA DALAM MATEMATIKA KITA MENGENAL KONVERGEN MAKA DALAM KEHIDUPANKITA MENGENAL kOMITMEN, KEDUANYA SAMA-SAMA INGIN MENCAPAI SUATU TITIK ATAU CAPAIAN TERTETU C. FAJRI 50, 2016


Biogmatic

MONTY HALL PROBLEM

Z

!! ! K ON

Bayangkan kamu ada di sebuah acara bernama Let's Make a Deal dengan pembawa acara bernama Monty. Monty menunjukkan tiga pintu tertutup, dengan satu pintu berisi mobil Mercedez-Benz S-Class dan dua pintu lain berisi zonk. Misal kamu memilih satu pintu, yaitu pintu A. Untuk memberi kesan tegang, Monty akan membuka satu pintu lain, misal C yang berisi zonk. Lalu Monty akan bertanya, â&#x20AC;&#x153;Apakah anda tetap memilih pintu A, atau akan pindah ke pintu B?â&#x20AC;? Kebanyakan orang menganggap bahwa tidak ada bedanya antara tetap memilih pintu A atau berpindah ke pintu B. Bagi kebanyakan orang, pintu A atau B memiliki peluang yang sama yaitu 50% berisi mobil. Tapi apakah ini benar? Apakah penambahan informasi baru, yaitu pintu C tidak berisi mobil tidak berpengaruh terhadap peluangmu membawa pulang sebuah mobil ?


Biogmatic

Misal diasumsikan bahwa mobil diletakkan acak diantara tiga pintu, kamu memilih pintu A, dan Monty selalu membuka pintu yang tidak berisi mobil. Misal didefinisikan tiga kejadian A, B, dan C yaitu mobil berada di balik pintu A, B, atau C. Selanjutnya D menyatakan kejadian Monty membuka pintu C dan tidak ada mobil di balik pintu C. Maka permasalahannya adalah mencari P(A|D) dan P(B|D), yaitu peluang mobil ada di pintu A atau B jika diketahui pintu C tidak berisi mobil.

Dari Teorema Bayes diperoleh bahwa

·

P(A) = P(B) = P(C) = 1/3

·

P(D|A) = ½, karena jika pintu A berisi mobil maka pintu B dan C tidak berisi mobil sehingga Monty bisa membuka pintu B atau C yang tidak berisi mobil.

·

P(D|C) = 0, karena jika pintu C berisi mobil, maka Monty tidak akan membuka pintu C.

·

P(D|B) = 1, karena jika pintu B berisi mobil dan kamu memilih pintu A, pasti Monty akan membuka pintu C.

Sehingga :

Dengan cara yang serupa diperoleh P(B|D) = 2/3. Jadi dalam kondisi tersebut peluang kita mendapatkan mobil akan lebih tinggi bila kita berpindah dari pintu A ke pintu B. Dengan menggunakan analisis Bayes yang sederhana, kita memiliki peluang 67% untuk membawa pulang a brand new Mercedez-Benz S-Class.

Sumber:cSaeed Ghahramani. 2005. Fundamentals of Probability with Stochastic Process. US: Pearson Education http://www.math.ucla.edu/


Fasilitas

AYO JALAN-JALAN! By : Public Relation


KALKULUSIANA

PROFIL Nama

: Kalkulusiana

NIM

: G541300isi-isi

Asal

: Nomaden

Motivasi

: Ingin lebih pintar dari Matematika.

Status

: Mahasiswa (kadang aktif, kadang kurang sinyal)

Ciri Khas

: Kantung mata yang tebal (bukan karena sering begadang, tapi karena sering ketiduran di kelas).

GOR LAMA

YONEKS

Sedang berusaha memperjuangkan sesuatu yang pantas untuk diperjuangkan


KALKULUSIANA

ir ta

e C

KALKULUSIANA

PEJUANG KEPAGIAN (?)

Kalkulusiana terpaksa bangun pagi karena sudah

Ia langsung mengambil ponsel dari saku celananya dan

membuat janji untuk latihan basket. Tentunya kalian

melihat posting-an jadwal latihan pada grup atlet basket

masih ingat bagaimana ia berjuang untuk mendaftarkan

Cepilit 2016. Tertera 10 Maret 2016 04.00 p.m. pada

dirinya sebagai atlet pada tahun lalu, kali ini ia berhasil

baris kedua posting-an jadwal latihan, walaupun ia

terdaftar sebagai atlet mewakili matematika pada

sudah melihat jadwal latihan pada ponselnya, ia tetap

pertandingan Cepilit. Oleh karena itu, sesuai jadwal

tidak menyadari kesalahannya, ia hanya berpikir bahwa

latihan yang sudah dibuat berdasarkan kesepakatan

teman-temannya sangat suka datang terlambat pada

bersama yang tidak dihadiri oleh Kalkulusiana, ia harus

sebuah janji. Maka dari itu ia duduk di tengah lapangan

bangun pagi dan berjalan menuju lapangan basket gor

basket dan membuka roti yang ia bawa untuk sarapan.

lama. Sambil mendengarkan musik melalui headset yang tersambung pada ponsel di dalam saku celana jeansnya, ia bersenandung dan berlari-lari kecil menuju tempat latihan. Namun, ada yang hal aneh ketika ia sampai pada lapangan basket gor lama, yaitu tidak ada orang satu pun di sana.

Ah, pada ke mana ini anak-anak yang lain? Dasar anaknya tukang jam dan tukang karet, makanya sekarang datangnya jam karet kalau janjian. Batin Kalkulusiana.


KALKULUSIANA

Ah, pada ke mana ini anak-anak yang lain? Dasar anaknya tukang jam dan tukang karet, makanya sekarang datangnya jam karet kalau janjian. Batin Kalkulusiana. Bahkan hingga tiga bungkus roti dengan isi berbeda-beda habis dilahap olehnya, ia tidak melihat tanda-tanda teman-temannya di sekitar gor lama. Kalkulusiana kesal sambil meremas-remas plastik pembungkus roti dan melemparnya ke tempat sampah di dekatnya, tapi gumpalan plastik kotor itu sama sekali tidak masuk ke dalam tempat sampah tersebut. Seorang gadis berkulit putih dan berparah manis berjalan mendekati tempat sampah dan mengambil gumpalan plastik roti milik Kalkukusiana dan memasukkannya ke dalam tempat sampah. Kalkukusiana tampak salah tingkah ketika melihatnya, ditambah lagi gadis yang mengenakan jersey berwarna ungu itu membuang sampah miliknya. Ia berusaha mengatur degup jantungnya yang tidak beraturan karena gadis dengan celana training berwarna abu-abu tua itu berjalan mendekat ke arahnya. Namun, ia hanya ke-GRan, padahal gadis itu sama sekali tidak ada niatan untuk berjalan mendekatinya, gadis berkerudung abu-abu misty itu hanya ingin berjalan ke dalam lapangan basket. Ternyata gadis itu juga seorang atlet basket. Pikir Kalkulusiana sambil mengamati gerak geriknya. Kalkulusiana mengambil ponselnya dan melihat jam yang tertera pada layarnya. 05.07. Ia merasa kesal pada semua temannya karena tidak ada satupun yang datang, meski sudah lewat satu jam dari waktu yang ditentukan. Baru saja ia ingin mengetik kalimat ocehannya pada grup atlet basket Cepilit 2016, suara seorang gadis memanggilnya. Secara reďŹ&#x201A;eks telinganya menghantarkan rangsangan suara merdu itu ke otaknya dan langsung menggerakkan kepalanya mencari sumber suara yang memanggilnya. Ia tidak percaya pada penglihatannya pada saat ini, karena satu-satunya yang ia lihat seperti memanggilnya adalah gadis itu. Kalkulusiana menunjuk dirinya dengan jarinya untuk memberi isyarat pertanyaan apakah dirinya yang ia maksud. Gadis itu melemparkan senyum manisnya sambil menganggukkan kepalanya perlahan. Kalkulusiana merasa tubuhnya tidak memiliki massa sama sekali atau bahkan kakinya terasa tidak menyentuh aspal ketika berjalan mendekatinya. "Kamu ingin bergabung dengan kami? Tim kami kurang satu orang untuk bermain," tanya gadis itu dengan memberikan tatapan memohon. Tanpa pikir panjang, Kalkulusiana langsung mengangguk cepat menyetujui permintaannya.

"Perkenalkan namaku Analisia," sahutnya sambil mengulurkan tangannya. " K a l k u l u s i a n a ," i a m e n c o b a s e - j a i m m u n g k i n dihadapannya untuk memberikan kesan stay cool, padahal kalau tidak ditahan, mungkin saja dari hidungnya sudah mengalir darah. Analisia sangat pandai menangkap bola ataupun mengecoh lawan untuk melindungi bola yang sedang ada di tangannya. Selain itu, ia juga pandai memasukkan bola ke dalam ring lawan meskipun dari jarak yang terbilang jauh bagi Kalkulusiana yang masih pemula dalam permainan basket. Sebisa mungkin Kalkulusiana menahan rasa malunya karena kemampuannya yang tidak ada apaapanya jika dibandingkan dengan Analisia. Sampai permainan pertama berakhir, Kalkulusiana tidak memiliki kesempatan memegang bola ataupun memasukkan bola ke dalam ring. Mereka beristirahat beberapa menit sebelum melanjutkan ke permainan selanjutnya. "Apa yang kamu lakukan pagi-pagi seperti ini sendirian di depan gor lama?" tanya Analisia. "Awalnya aku ada janji untuk latihan basket jam empat pagi, tapi tidak ada satu temanku yang muncul sampai aku ketemu kamu dan kamu menyelamatkanku dari kesendirian," "Apa kamu yakin janjiannya jam empat pagi? Bukankah itu terlalu pagi untuk latihan basket?" "Ini, kamu bisa lihat sendiri jadwalnya," Kalkulusiana membuka post grupnya dan menunjukkannya kepada Analisia. Namun, baru sesaat ia membacanya, tawa di bibirnya tidak bisa ia tahan. "Apa yang kamu tertawakan?" "Kau tidak mengerti artinya p.m.?" "Mengerti, itu artinya pagi," Analisia semakin tidak bisa menahan tawanya. "p.m. artinya antara 12 siang hingga 11.59 malam dlam bahasa inggris,â&#x20AC;? Kalkulusiana tersipu malu ketika menyadari kebodohannya dihadapan seorang gadis yang baru saja ia sukai. Ia kenundukkan kepalanya dan tidak berani menatap Analisia yang sedang berjalan kembali menuju lapangan basket. Bahkan jika mengingat bagaimana hebatnya Analisia dalam permainan basket, Kalkulusiana semakin malu dengan kemampuannya sendiri


LOGIC GAME

MATHRIDDLE PERTANYAANNYA: APA YANG TERJADI???

Regrets

ALONE

Pada akhir perang di Irak, seorang tentara Amerika menelpon kedua

Aku telah bebas dari penjara minggu lalu. Sebelumnya, aku telah

orang tuanya di kampung halamannya. “Hai Ayah dan Ibu” kata tentara

membunuh empat orang, dan aku juga telah menyesali

tersebut. “Mereka akan mengirimku pulang dalam beberapa hari. Ke ka

peerbuatanku. Alasan mereka membebaskanku adalah karena

aku pulang, maukan kalian mengurusku hanya untuk beberapa saat

mereka mengatakan bahwa aku telah sembuh. Ayah dan Ibuku

saja?”

dak bekerja, mereka menghabiskan waktunya duduk di ruang

Orang tuanya merasa sangat senang mendengar berita bahwa anaknya

keluarga di rumah. Kakak perempuanku berdiam diri di kamarnya

akan pulang ke rumah. “Tentu saja!” balas ayahnya. “Kau bisa nggal

sambil mendengarkan radio. Dia sudah berhen kuliah. Sebelum

bersama kami selama yang kamu mau”. Lalu anaknya berkata “Salah satu

aku masuk penjara, aku selalu bermain bersama adik laki‐lakiku

temanku dak memiliki tempat nggal untuk dituju, dan apakah Ayah

se ap waktu. Sekarang ia hanya dur di depan televisi. Tak

dan Ibu keberatan jika ia ikut nggal bersama kita sebentar saja?”. “Tidak

seorangpun dalam keluargaku bicara kepadaku lagi. Aku merasa

apa, temanmu selalu kami sambut dengan baik untuk nggal di rumah”

kesepian. Aku harus membuat makanan sendiri dan mulai

kata Ibunya. “Tetapi ada yang harus kalian ketahui” kata anaknya.

mencari pekerjaan.

“Temanku itu habis menginjak lading ranjau saat kami berperang. Dia kehilangan kedua tangan dan kakinya.” Setelah berdiam cukup lama Ibunya mengatakan “Baiklah, dak apa‐apa jika hanya beberapa hari, tetapi sangat merepotkan untuk mengurus orang cacat. Itu akan menjadi beban bagi kami. Mungkin akan lebih baik

VIDEO

jika kau dapat menemukan rumah sakit untuk sekumpulan veteran

Beberapa hari yang lalu pacarku mengirimkanku e‐mail dengan

perang.” Mendengar hal tersebut, tanpa basa‐basi si anak langsung

sebuah video sebagai lampirannya. Ke ka ku tonton video

menutup telponnya.

tersebut, aku dibuat takut. Video tersebut menayangkan

Keesokan harinya, orang tuanya mendapat telepon dari komandan

bagaimana pacarku melakukan bunuh diri, diawali dengan dia

pasukan anaknya. Dengan sangat menyesal ia mengatakan bahwa

mengikatkan tali di sekitar lehernya dan melompat dari kursi.

anaknya bunuh diri. Mendengar kabar tersebut, orang tuanya kecewa.

Mengapa pacarku mengirim sesuatu yang aneh seper itu??

Beberapa hari kemudian, mayat anaknya dipulangkan ke Amerika menuju

Upacara pemakamannya diselenggarakan besok, tetapi karena

rumah orang tuanya. Ke ka orang tua anak tersebut membuka pe

alasan tertentu aku dak mau hadir, tapi aku sangat menyesali

ma nya, mereka langsung menjadi sangat sedih dan menangis tersedu‐

kepergiannya.

sedu.

Cara menjawab: Jawab Riddle di twitter dengan mention ke twitter Gumatika @gumatikaipb dengan hashtag #MathRiddle. Minimal harus menjawab 2 pertanyaan. Batas waktu Riddle berlaku selama 1 minggu sejak Dyn-Magz dipublish. Dua orang pertama yang bisa menjawab, berhak mendapat hadiah dari tim Dyn-Magaz.


CONTACT

E-Mail

CP Dynamath

ipbgumatika@gmail.com

Website

Soleh - 089630995157

Official Line Account

TELSTAR Infokom Official Twitter Account

gumatika.lk.ipb.ac.id Address

Sekret FMIPA

@uuul12599l

@gumatikaipb

Feel free to contact us!


BERJUANGLah UNTUK SESUATU YANG Layak DIPERJUANGKAN

GUMATIKA IPB Alamat: Sekret FMIPA IPB CP Dynamath: 089630995157, Soleh Copyright 2015

@gumatikaipb ipbgumatika@gmail.com

gumatika.lk.ipb.ac.id

Dynamath dimensi 9  

Haiii, selamat datang di gor lama! #lohko #apaini haha bercanda ko.. Haiii, kami hadir lagi disini, iya disini, sebagai bacaan wajib civitas...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you