Page 1

Dynamika Matematika

Dimensi

#V111

Pertama (?)


Letter

Dimensi

#4111 Pertama (?)


MEET THE TEAM Dynamathers

tter e L s ’ r Edito

Seorang anak manusia yang sejak kecil tinggal disuatu daerah yang katanya dulunya banyak kapal, D(r)a(r)maga.

H

Mutia Diska @mutiadiska

Ghifari @ghifarizkikam

Menghuni kosan yang dikelola oleh aaaiii! Pertama-tama mari kita

keluarga sendiri. Sedang menapaki jalan

panjatkan puji dan syukur kepada

menuju hatimu, iya hatimu...

Mahasiswi matematika yang namanya sedikit mirip dengan singkatan salah satu mata kuliah sebut saja Mu(a)tdis, sekarang sedang terdampar sebagai seorang layouter majalah.

Tuhan Yang Maha Esa yang telah

membimbing usaha kami hingga terbitnya Dynamath ini. Yeheyyy!!! Akhirnya Dynamath

Sarah Zai @srhzhdh

Solehr @rudians95

dimensi satu ditahun 2016 ini atau yang ke delapan jika dilanjutkan dari Dynamath sebelumnya terbit juga setelah berbagai macam rintangan dan kesulitan yang dialami oleh kami tim redaksi. Senangnyaaa akhirnya bisa terbit juga walaupun juga sedikit terlambat dari tanggal yang telah ditentukan.

Seekor makhluk yang (masih) kuliah di jurusan mate ipb ini selalu ngantuk pas jam kuliah dan hidupnya cuma buat nge-game sama nonton anime, selesai.

Semoga dengan adanya majalah ini, kalian

Is enjoying math so muach :* Manusia normal yang suka dibuat abnormal sama manusia-manusia normal atau mungkin abnormal lainnya. Sumpah, gue normal kok :')

dapat mengenal matematika lebih dalam, dan memperdalam cintanya pada matematika,

Shara @vionamitasharaa

apalagi sama anak matematikanya, boleh

Niswah Y @yanfanbl

banget malah :p

Maria, Math 51.

Pertama (?)

Cewek freak yang berhasrat untuk

Seorang mahasiswi matematika yang

mengendalikan 4 elemen bumi dan

tak pandai berhitung ini menganut

suka banget dengan yang namanya

paham sedikit berbicara banyak

olahraga tapi pengennya itu semua

mendengarkan. Punya hobi jalan-jalan

dapat dilakukan di kasur.

sendiri, bukan karena terlalu lama sendiri tapi sendiri itu emang asik ko :).

Wiwik Tri H @wiwik_hardianti

Seorang gadis yang ramah, tapi bisa jadi pendiem kalau lagi laper. Hobinya mengamati benda-benda kecil yang kasat mata. Dia adalah agen intelijen yang ditugaskan di departemen infokom.

Monica R @monicarachmaw

Retno Puspita @retnopuspita19

Aku hanyalah seorang mahasiswi Seseorang yang susah ditebak jalan biasa dari departemen matematika pikirannya. Inilah aku dan akan yang luar biasa. Mahasiswi yang tak terus menjadi aku. Apapun inilah sempurna dalam mengandaikan sifatku dan semua inilah aku. sesuatu dan kadang salah dalam Te r k a d a n g l a b i l , t e r k a d a n g bimbang, terkadang bijak, dan berhitung. terkadang lemot tingkat tinggi :D.

Maria T Dwi @mariatheresiadwi

Seorang gadis bertubuh mungil dengan paras yang manis, terkadang ceria terkadang murung, walaupun lebih banyak galaunya dan terakhir hobi menulisnyalah yang menuntunnya hingga posisi saat ini.


Shout Out

APA YANG TERLINTAS PERTAMA KALI DIPIKIRANMU KETIKA MENDENGAR KATA GUMATIKA ? RACHMA ANDRE

49

51

Matematika tercinta

Selalu asik, selalu rame, dan kebersamaan

50

NURMA

Go Fight Win

IRUL SLAMET

50 Yang terlintas pertama kali itu ada kata “guma” sama “matika” nya

49 My inspiration. Karena di dalam perjalanan nggak pernah ikut organisasi dan sekarang ikut. Berawal dari gumatika jadi kenal banyak orang. Gumatika menginspirasi.


51

ANA

TIA

Ungu. Karena matematika itu ungu

Matematika. Himpunan profesi yang lebih niat dibandingin sama yang lain. Awalnya dikira gumatika itu sebagai event orginizer tapi setelah ada departemen MIT ternyata gumatika itu himpunan profesi beneran

50

ZUL

IWAN

Keluarga, wadah berorganisasi, tempat berevolusi

49

51

50

Sejenis makananan kah atau aliran tertentu di ipb. Atau mungkin perkumpulan teroris, wkwkwk

Membuat anak-anak yang ada didalamnya menjadi kompak

UPIT

Aii

ALI

51

Anak Matematika

NENENG Organisasinya matematika dan aku harus ikutan

51

49 Tetap jadi himpunan profesi yang baik. Gumatika selalu dihati


CONTENTS

Editor’s Letter Editor’s Letter

Shout Out

Daftar Isi Interview Ketua Gumatika Interview Wakil Ketua Gumatika

Editor’s Letter Gumatika in Space

G-5 League Editor’s Letter Pengukuhan LK/LS

2 3 5 7 8 9 2 11 2 13

14 Editor’s Letter Jawaban MATHRIDDLE 15 2 Tipsy and Tricky 17 Editor’s Letter Golongan Darah 2 19 Matherview 21 Editor’s Letter Kalkulusiana 2 26 MATHRIDDLE 29 Pelantikan Pengurus Gumatika


QUOMATH

MATEMATIKA BUKANLAH BERMAIN DENGAN ANGKA-ANGKA, TAPI BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN LOGIKA.

- TEDUH WULANDARI, 2015

6

?

? ?

41 9


Ketua Gumatika Nama Lengkap: AlďŹ en Ardyan Chandra Nama Panggilan: AlďŹ en/AlďŹ n/Fien/Pien TTL: Bekasi, 18 Mei 1995 Asal: Bekasi Hobi: Belajar Motto Hidup: Kejarlah mimpimu sebelum mimpimu dikejar orang lain

Apa alasan anda mencalonkan diri menjadi ketua Gumatika? Karena saya ingin memimpin Gumatika. Saya memiliki konsep dan alasan yang bisa membawa Gumatika menjadi lebih baik. Bagaimana kehidupan anda setelah terpilih menjadi ketua Gumatika? Alhamdulillah sekarang saya tidak me-layout lagi haha. Tapi sebenarnya lebih mending melayout daripada rapat sana rapat sini hahaha. Kalo sekarang saya harus mengkoordinasi rapat buat para pimpinan, BPH, BPG supaya bisa lebih kompak lagi agar program kerja Gumatika ke depannya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Karena sekarang lagi SPIRIT nih, apa pesan anda buat para atlet dan supporter? Buat atlet, supporter, penonton, kita di SPIRIT berjuang bukan untuk cari muka, pamer skill, atau sorak-sorak suara. Kita disini berjuang untuk Matematika. Memberi perjuangan terbaik kita untuk mengharumkan nama Matematika di FMIPA IPB. Jangan ada kata 'saya', 'kamu', 'gue', 'elo', 'angkatan ini','angkatan itu', tapi cuma ada Matematika.

Alfien Ardyan Chandra


Wakil Ketua Gumatika Nama Lengkap: LutďŹ Dwi Wicaksono Nama Panggilan: LutďŹ /Ekre TTL: Bekasi, 30 Nov 1995 Asal: Bekasi Hobi: Tidur, futsal, badminton, browsing Motto Hidup: Kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak bisa.

Bagaimana kesan anda setelah terpilih menjadi wakil ketua Gumatika in Space periode 2015/2016? Biasa saja sebetulnya. Dibilang senang nggak, kecewa juga nggak. Saya cuma bisa bilang Innalillahi, karena dengan terpilihnya sebagai wakil ketua Gumatika periode yang baru, berarti saya juga punya amanah yang baru. Pada periode sebelumnya anda juga menjabat sebagai pengurus Gumatika, bukan? Nah, menurut anda apa yang berbeda dari periode kemarin dengan yang sekarang? Jelas pengurusnya beda, nama kabinetnya juga beda, ya banyak yang beda. Oh ya, terutama ada departemen baru sekarang ini, yaitu departemen MIT. Lalu apa harapan anda untuk Gumatika periode ini, Gumatika in Space? Harapannya sih nggak muluk-muluk, yang penting harus bisa lebih baik dari sebelumnya, mengurangi atau menghilangkan kesalahan yang ada sebelumnya tanpa menambah masalah lain dan bisa menjadi himpro dan BP terbaik se-FMIPA lagi. Terakhir, bisa berikan sedikit kata-kata untuk memotivasi pengurus Gumatika in Space, terutama bagi pengurus yang baru bergabung? Ingat sumpah jabatan dan profesionalitas. Bagi pengurus yang baru, kita ini keluarga baru di gumatika yang baru, harapannya kalian bisa lebih dekat dengan pengurus lain serta anggota gumatikanya juga.

Lutfi Dwi Wicaksono


GUMATIKA IN SPACE

BPH

BPG

Badan yang mengurusi keseharian Gumatika. Mulai dari perihal keanggotaan, program kerja, keuangan, hubungan LK lain, sampai mengurusi gosip-gosip yang beredar digumatika.

BPG bertugas untuk mengawasi seluruh kegiatan guma ka. Tiap departemen di Guma ka diawasi oleh satu orang BP. Selain mengawasi, BP juga bisa diajak curhat loh! Jadi kalau ada masalah apapun bisa curhat ke BP masing-masing departemen.

Kewirus

KEILMUAN

Biro yang bertugas dibagian ďŹ nansial Gumatika. Biro ini merupakan tulang punggung Gumatika karena mendanai dan menyejahterakan departemen di Gumatika.

Departemen yang isinya kebanyakan pengajar ini bertugas menyokong akademik civitas matematika dengan berbagai pelatihan dan pembelajaran yang mereka rancang.

Proker Gu-mart, Math ice, jaket civitas, jersey matematika, baju lapang Gumatika, danus, nobar.

Proker Math club dan Matematika Ria.

MIT


PSDM

PUBLIC RELATION

Departemen yang bertugas mempererat hubungan internal para pengurus Guma ka juga sebagai wadah pengembangan bakat-bakat yang dimiliki seluruh anggota guma ka.

Departemen yang bertugas mempererat hubungan eksternal Gumatika. Mulai dari alumni, universitas lain hingga perusahaan-perusahaan.

BPG

Proker Upgrading (I, II, III), math awards, math on spirit.

Proker Aksioma desa, aksioma universitas, aksioma perusahaan, teorema (tentatif), dan IMC.

Departemen yang baru ada diperiode ini bertugas dalam mengembangkan potensi kreativitas civitas matematika dalam hal penerapan bidang ilmu matematika. Proker TNT, Pengarsipan projek, pembuatan PKM.

MATH EVENT

INFOKOM

Departemen yang berisi para event organizer gumatika. Kegiatan mereka adalah membuat acara-acara yang berkenaan dengan pengakraban seluruh civitas matematika IPB.

Departemen ini mengurusi bagian publikasi informasi dan komunikasi untuk seluruh anggota guma ka, baik informasi dari dalam maupun luar.

Proker RATACI, G5 League

Proker Socmed, mading, majalah online (Dynamath), sesi poster.


PRESS RELEASE

G5 LEAGUE 2016 G5-League 2016 ini adalah proker pertama Guma ka sekaligus proker pertama Math Event yang berduet dengan PSDM. Kegiatannya bukan cuma pertandingan-pertandingan olahraga, tapi juga lombalomba seni loh, sesuai dengan tagline G5-League tahun ini “Think Crea vely, Act Suppor vely�. Tahun ini, peserta G5-League adalah mulai dari angkatan 51, 50, 49++ ditambah sama kakak-kakak S2, rame bukan? Kegiatan G5-League ini dimulai dengan opening yang diadakan di Gymnasium pada tanggal 10 Februari 2016 dan dilanjutkan dengan pertandingan futsal. Harihari berikutnya dilanjut dengan pertandingan tenis meja, PES, atle k, bulutangkis, dota, basket, catur, dan voli. Tak lupa ditutup dengan closing pada tanggal 17 Februari 2016 yang diwarnai dengan lomba-lomba seni, yaitu akus k, puisi, karikatur dan hiburan stand up comedy dari komika masing-masing angkatan yang lumayan mengocok perut.


Ini da ar pemenang dari ap pertandingannya Putra : 51

Futsal

Putra : 51 Voli

Putri : 49

Putri : 51

Putra : 49 Basket

Putra : 50 Sprint

Putri : 49

Putri : 51 Putra : 51

Putra : 51 Maraton

Estafet

Putri : 49

Putri : 51

Lompat Jauh

Putra : 51

Putra : 51 Catur Putri : 50

Putri : 49

Bulutangkis

51

Tenis Meja

51

PES

49++

Akustik

49

Puisi

51

FotograďŹ

51

Karikatur

51

Stand UP Comedy

49++

Sekarang udah tau kan siapa juara umumnya? Yap, angkatan baru yang for the ďŹ rst me ikut G5-League hehehe Angkatan 51. Yaaay, selamat buat juara umum dan juara-juara lainnya. Tapi gengs, yang harus diingat adalah G5-League ini bukan ajang untuk mencari angkatan mana yang terkuat dan yang terhebat. Tapi, ini adalah jalan awal dan juga bekal buat Matema ka maju di Spirit FMIPA. Semoga departemen kita bisa mempertahankan gelar juara umum di Spirit nan yaa, aamiin..


SPECIAL REPORT

Pengukuhan merupakan acara formal untuk

menjalankan amanahnya. Selanjutnya, pemberian surat

meresmikan terbentuknya pengurus lembaga periode baru.

pengukuhan kepada masing-masing ketua LK/LS yang akan

Acara ini juga tanda awal suatu lembaga untuk mulai

diberikan langsung oleh Rektor IPB. Sistem ini berbeda dengan tahun kemarin dimana para Ketua LK/LS menandatangani

menjalankan amanah yang telah dipegang. Tahun ini, pengukuhan seluruh LK/LS IPB dak jauh

dahulu surat pengukuhan setelah itu diserahkan. Para ketua

berbeda dengan tahun sebelumnya. Bertempat di GWW,

LK/LS maju satu per satu menerima surat pengukuhan dan

tepatnya tanggal 16 Januari 2016 pengukuhan ini

menjabat tangan rektor sebagai tanda telah sahnya mereka

dilaksanakan dan

sebagai pengurus. acara in

dihadiri oleh pengurus LK/LS dan para

pe nggi IPB. Meskipun jumlah pengurus yang hadir

dak

sebanyak tahun kemarin, pengukuhan tetap berjalan dengan

pun telah selesai dan ditutup

dengan foto bersama para pengurus dan pe nggi IPB. Selain sebagai apresiasi, pengukuhan ini juga bertujuan

hikmat. Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu

agar para pengurus lebih semangat dalam menjalankan segala

kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne IPB lalu dilanjutkan

tugas dan amanahnya. Semangat menjalankan tugas untuk para

dengan membacakan ikrar suci untuk mengemban amanah

pengurus LK/LS IPB, semoga periode tahun ini lebih baik dari

yang telah diberikan. Seluruh pengurus yang hadir dengan

tahun sebelumnya.

lantang mengucap ikrar sebagai tanda kesungguhan dalam


SPECIAL REPORT

B P H

P S D M

M E

M I T

K E I L M U A N

I N F O K O M

PELANTIKAN PENGURUS GUMATIKA 2015/2016 Diawal periode kepengurusan baru, Badan

P R

Pengawas Guma ka (BPG) selalu mengadakan pelan kan. Pada kepengurusan kali ini tepatnya hari Sabtu 19 Desember 2015 para pengurus menghadiri acara formal tersebut. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci AlQuran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne IPB dan Mars Guma ka. Selanjutnya para Ketua departemen dan Badan Pengurus Harian mengikrarkan janji se a pengurus. Suasana dalam ruangan pun tenang seiring berjalannya acara. Kemudian giliran para anggota masing-masing bersumpah dan mengkikrarkan janji se a pengurus. Dengan berakhirnya acara in dan pembacaan doa, resmilah para pengurus Guma ka periode 2015/2016.

K E W I R U S


LOGIC GAME

A

N A B

AW

J

DIMENSI VII

MATHRIDDLE

P

elakunya adalah loper koran. Alasannya dia dak mengantar koran ke rumah itu pada hari rabu dan kamis, menandakan bahwa ia sudah tahu kalau di rumah itu dak ada yang baca korannya, sehingga ia beranggapan kalau dak masalah jika dia dak mengantar koran ke rumah itu.

y

ang memecahkan kaca jendela adalah Mark benson, karena mark itu maksudnya tepat sasaran.

P

ria buta itu tau karena ia bersin. sehingga ia tau bahwa di dalam kotak itu ada kucing.


MATHEMATICS

MATHEMATICS

UPGRADING I 20 Maret 2016

SAVE THE DATES AND BE THERE!

By : PSDM


Tipsy And Tricky

1. Bangun Pagi

12 9

3 6

Dengan membiasakan bangun pagi badan kita akan terasa lebih vit. Beberapa pakar kesehatan juga mengatakan dengan membiasakan bangun pagi kita dapat menghirup udara segar yang berpengaruh kepada kinerja otak kita, memperlancar peredaran darah dan menjauhkan kita dari penyakit paru-paru. Sebelum memulai aktivitas kita dapat merenggangkan anggota badan kita, sehingga dapat melemaskan otot-otot yang kaku.

2. Mengonsumsi Buah-buahan Dengan mengkonsumsi buah-buahan bisa membantu metabolisme tubuh dan menambah kesehatan dalam kehidupan kita. Konsumsilah buah-buahan di siang hari atau sore hari sesuai selera anda, buah juga bisa meningkatkan mood kita dalam pekerjaan yang padat, seperti pisang dan buah pir atau apel.


3. Kurangi Makanan Berlemak Tanpa disadari, kita sering mengkonsumsi makanan siap saji, makanan yang terlalu banyak menggunakan penyedap rasa dan mengandung banyak lemak. Apalagi kita dalam bekerja dituntut untuk selalu cepat dan tepat. Maka kesehatan tubuh dan pola makan yang sehat adalah yang paling utama. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak.

3. Olahraga Mandiri Banyaknya aktivitas yang kita lakukan mengakibatkan sedikitnya waktu yang kita miliki untuk berolahraga, maka kita harus mau olahraga mandiri, misalnya dengan senam sendiri di rumah. Kita bisa melihat gerakan senam dengan bantuan laptop jadi kita bergerak dengan mengikuti gerakan yang ada. Yang melatih kita untuk konsentrasi. Dengan senam sendiri dirumah kita dapat kapan saja melakukannya. Sehingga badan kita kembali bugar dan segar. Yang menimbulkan keuntungan untuk kesehatan tubuh kita.

5. Atur Waktu TIdur Banyak pakar kesehatan mengatakan maksimal waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah delapan jam. Kita harus mengatur waktu tidur dan tidak memaksakan diri untuk tidur larut malam. Karena tidak baik untuk kesehatan dan dapat mengakibatkan turunya semangat, munculnya sifat malas serta menimbulkan kegemukan badan.


Golongan Darah

A B AB O

Orang yang memiliki golongan darah ini memiliki konsistensi dan fokus yang sangat tinggi. Karena itu dia sangat menyukai sesuatu yag bersifat tenang. Olahraga yang cocok untuk tipe ini adalah : Olahraga pengolahan jiwa dan pikiran seperti Yoga dan Taichi, dan juga bermain Golf.

Pemilik Golongan Darah ini adalah orang yang sangat easy going, santai dan sering kali dibilang sebagai “Sang Penikmat Hidup�. Ya, kebebasan adalah segala-galanya bagi dia dan permasalahan sepertinya bukan masalah besar baginya. Jika Anda pemilik golongan darah ini maka jenis olah raga yang bisa Anda lakukan adalah : Bersepeda, Bulu Tangkis, Tenis, Berenang, Naik Gunung.

Pemilik Golongan Darah ini memiliki sifat yang sedikit unik dimana sangat menyukai sesuatu yang aneh dan memiliki akal serta kreatiďŹ tas yang tinggi, namun terkadang juga berkepribadian ganda. Ya, terkadang dia sangat suka dengan ketenangan namun dia juga sering kali sangat menyukai hal-hal yang bersifat kebebasan. Golongan darah ini merupakan paduan antara golongan darah A dan B, jadi dia bisa melakukan olahraga yang dilakukan oleh kedua Golongan Darah ini.

Inilah tipe Golongan Darah paling “tidak bisa diam� namun terkadang juga cenderung egois. Pemilik Golongan Darah ini biasanya sangat berjiwa besar, sensitif, punya sifat tidak mau kalah namun dia sangat supel dan mudah bergaul dengan orang lain. Pemilik Golongan Darah ini rata-rata memiliki teman yang sangat banyak dan ratarata memiliki jiwa usaha yang tinggi. Olahraga yang sangat cocok dengan Golongan Darah ini adalah : Bela Diri, Lari ( jenis apapan sampai marathon), Bungee jumping, Paralayang, Aerobik dan beberapa olahraga agresif lainnya.


QUOMATH

AKAN SUKSES BELAJAR MATEMATIKA KETIKA MAMPU MENGIMAJINASIKAN GEOMETRI DAN MEMAHAMI MAKNANYA

- SUGI GURITMAN, 2016


MATHERVIEW

Vionamita Shara

Matematika, Olahraga dan Seni Jadi Satu Can k, manis dan pinter masak itu sudah biasa untuk seorang cewek. Tapi kalo sudah can k, manis tapi pinter berlaga dilapangan, Vionamita Shara adalah salah satu jagoannya. Memang nggak ada yang salah dengan apa yang kalian baca barusan kok. Mahasiswa Matema ka semester 6 yang sering dipanggil Shara ini menyukai olahraga, terutama basket. Selain basket, Shara juga suka main futsal dan voli. Hobinya saja tak kalah keren, yaitu main catur. Di kompe si G5 League 2016 yang diadakan bulan Februari kemarin saja, Shara mengiku hampir seluruh cabang lomba seper basket, voli, tenis meja, futsal dan catur. Ia juga ak f di Gumakusi. Ingin tahu lebih lanjut tentang Shara, simak hasil wawancara eksklusif m Dynamath dengan mahasiswa matema ka dengan bakat luar biasa ini.


Jadi gini kak, berdasarkan per mbangan yang lama oleh m Dynamath (sok serius), dari sekian banyak atlet mate, kak Shara terpilih untuk dikulik tentang bakat olahraga dan seninya. Langsung kepertanyaan pertama saja ya kak, bagaimana kabarnya? Kemarin kan sibuk di pertandingan G5 League terus langsung dilanjut dengan Spirit. Ya... yang pas capek, terus yang G5 League kemarin memang la hannya buat Spirit juga jadi ya pas G5 League sekalian fokus buat Spirit. Terus kalo lagi sibuk gini, apa kabar dengan kuliahnya kak? Keteteran enggak? Kalau kuliah ya kuliah, masih kaya biasa gue kuliah sih, walau ngantuk ngantuk dikit. Kalau kuliah ngantuk mah kayanya wajar kak bagi mahasiswa. Kalo belajarnya gimana kak? Ya biasa saja, gue kalau ada kegiatan sama nggak ada kegiatan belajarnya yaa biasalah. biasa SKS, mepet-mepet ujian. SKS tapi nilainya tetap bagus 'kan kak? Kata siapa, nggak juga ah Buk nya jadi asprak metstat juga kemarin kak. 'Kan itu dulu, masa lalu. Memang nggak ada rencana buat ngasprak lagi kak semester depan? Gak tau dah.. Passion buat kesananya belum ada lagi. Kemarin itu pengalaman pertama jadi asprak ya kak? Iya, pengen nyoba, pengen nyari pengalaman saja gitu. Siapa tahu ada kecocokan disana. Nah setelah nyoba itu ngerasa ada kecocokan buat jadi asprak nggak kak? Tahunya nggak ternyata, buat gue enggak. Tapi kakak termasuk orang yang suka cari pengalaman baru itu ya. Oh iya kak, kemarin 'kan habis tanding basket tuh, gimana sensasi tanding pertama di Spirit 2016 ini? Sesuatu banget, debut pertama gue tanding basket rasanya sesuatu banget. Ooh baru pertama maen di Spirit ya kak, kirain tahun kemarin juga main. Engga, gue tahun kemarin nggak main 'kan gagal jadi atlet basket. Tapi tahun ini, perdana tanding langsung menang ngalahin anak ilkom. Keren. Gimana lawan ilkom, termasuk lawan yang susah dikalahkan nggak? Alhamdulillah, bisalah kita lewa n, bisa kita kalahkan, ya susah juga sih sebenernya. Oh iya, kakak itu suka basket dari dulu atau baru baru ini? Gue sih sebenernya memang suka olahraga apa saja. Terus pas pertama kali nyoba basket itu pas TPB CUP, itu pun kepaksa garagara kelas nggak ada yang mau, ya udah gue deh yang disuruh maju. Eh pas ikut- ikut kaya gitu tau taunya berasa enak, ya udah pas masuk departemen gue gabung sama senior-senior mate yang jago basket. Jadi kakak ru n ikut komunitas basket diguma sampai sekarang? Iya

Kakak kan futsal bisa, voli bisa, tenis meja bisa pokoknya apapun deh kakak bisa, nah dari semua itu yang paling kakak sukai dan jadi hobi itu apa sih kak? Catur. Jago catur juga nih kak Shara, nambah lagi kebolehan yang kakak miliki. Suka catur dari kapan kak? Dari SMP. Malahan sebangsa futsal, basket, voli segala macem itu bisa ya baru-baru ini dan nggak terlalu pelajarin dari dulu. Tapi kalo catur emang udah dari SMP itu udah diarahin ke catur. Sering ikut kompe si catur dari SMP? Lumayan sering sih. Kalo di seni, kakak suka apa? Perkusi. Ikut tampil Spirit juga nih pas . Ikutlah pas . Megang apa kak perkusi? Belum tau sih, gue sih pengennya megang galon tapi gara-gara udah keisi spot-nya ya gue ngalah aja deh. Pegang apapun semoga gumakusi menang di Spirit deh yaa.Menurut kakak sebuah bakat itu bawaan lahir atau sesuatu hal yang bisa diasah? Bakat pas bawaan dari lahir, tapi yang jelas asal ada kemauan pas bisa juga tumbuh. Kaya gue gitu, bisa basket voli segala macem ya gara-gara gue mau dan gue suka. Ya udah sekarang gue jadi atlet Spirit nih buk nya. Nih kakak 'kan atlet dari berbagai cabang olargara. Gimana cara bagi antara belajar dan la han? Kuliah ya kuliah, la han ya la han, belajar ya belajar, lagian kan juga nggak ada jadwal yang bentrok antara kuliah dan la han. Terus udah di plot-plo n juga kok kapan jadwal belajar dan kapan jadwal la han. Jadi mayor gue sekarang Spirit. Berar dikuliah masih aman ya? Aman, kalo kuliah pas dateng dan pas dengerin tapi kalo lagi nggak fokus ya tau lah Tapi nilai tetep bagus 'kan? Mungkin masih dibilang bagus lah, lumayan. Siapa sih kak yang menajdi inspirasi untuk menjadi atlet? inspirasi sih nggak ada tapi gue termo vasi aja sih ngelihat disana-sini banyak kekurangan atlet gitu, padahal sih sebenernya gue tahun ini nggak pengen ikut Spirit terlalu full gitu tapi setelah ngelihat kenyataan kaya sekarang atlet-atlet yang berbakat dibidangnya banyak yang nggak mau gitu, jadi gue ngerasa kesel . padahal gue juga nggak bisa bisa banget, sekedar bisa saja. Iya sih kak, banyak atlet- atlet yang berbakat juga tapi mungkin emang belum terketuk pintu ha nya. Tapi kakak op mis 'kan mate jadi juara umum lagi di Spirit tahun ini? InsyaAllah harus op mis. Oke makasih kak udah mau dikepoin. Semoga mate menang.


Biogmathic

Lebih dekat dengan :

PYTHAGORAS

Nama Asal Usia Predikat Julukan

: Pythagoras : Samos, Ionia : sekitar 75 tahun (570 SM-495 SM) : Matematikawan dan Filsuf Yunani : Bapak Bilangan Pythagoras? Sebagian besar orang pas berpikir

Pythagoras banyak dikenal atas pembuk annya tentang

tentang teorema a2+b2=c2 ,tapi tahukah kalian tentang

teorema Pythagoras yang sangat populer pada bidang

penemu teorema ini? Yap, penemu teorema Pythagoras

geometri. Teorema ini menyatakan bahwa kuadrat

dak lain bernama Pythagoras itu sendiri. Selain

hipotenusa dari suatu segi ga siku-siku adalah sama

mengenal karyanya, kita juga harus tahu siapa

dengan jumlah kuadrat dari sisi lainnya. Walaupun

penemunya. Oleh karena itu, Mari mengenal dan lebih

teorema ini telah diketahui bahkan sebelum lahirnya

dekat dengan Pythagoras. Pythagoras adalah salah satu ahli Matema ka

Pythagoras, namun teorema ini dibuk kan secara

yang banyak berkontribusi dalam dunia matema ka. Ia yakin bahwa matema ka menyimpan semua rahasia alam semesta dan percaya bahwa beberapa angka memiliki keajaiban. Pada masanya, Pythagoras sering berkelana demi mencari ilmu, setelah berkelana ia kembali ke Samos. Pada tahun 530 SM ia berpindah ke kota Kroton, Italia Selatan. Di kota inilah ia mendirikan sebuah tarekat

sistema s pertama kali oleh Pythagoras. Ia membuk kan teorema ini dengan menggunakan metode aljabar untuk membangun triple Pythagoras, lalu mengaitkannya dengan hubungan antara sisi-sisi dari segi ga siku-siku dan sudut-sudut yang berdekatan. Tidak ada yang tahu pas

bagaimana Pythagoras

membuk kan teorema tersebut, namun kurang lebih

beragama dengan sebutan “Kaum Phytagorean”. Kaum

seper itulah pembuk annya. Tidak banyak sejarah yang diceritakan mengenai

Phytagorean sangat berjasa dalam meneruskan

Pythagoras, semua sejarah sebagian besar hanya

pemikiran-pemikiran Pythagoras dengan semboyan

diceritakan melalui kesaksian-kesaksian sehingga dak

mereka yang terkenal “Authos epha, ipse dixit” yang

ada sejarah yang benar-benar jelas mengenai

ar nya “dia sendiri yang telah mengatakan demikian”.

Pythagoras.


QUOMATH

BERJUANGLAH SAMPAI DIGIT TERAKHIR DARI PI

- FATIMAH AZZAHRA, 2016


P U B L I C

T

RAINING

and

S P E A K I N G

T

ALKSHOW

19 Maret 2016

BY: MIT


KALKULUSIANA

PROFIL Nama

: Kalkulusiana

NIM

: G541300isi-isi

Asal

: Nomaden

Motivasi

: Ingin lebih pintar dari Matematika.

Status

: Mahasiswa (kadang aktif, kadang kurang sinyal)

Ciri Khas

: Kantung mata yang tebal (bukan karena sering begadang, tapi karena sering ketiduran di kelas).

Sedang bermimpi menjadi seorang yang pertama kali terbang ke bulan.


KALKULUSIANA

ir ta

e C

KALKULUSIANA

Malam ini adalah malam terakhir dalam liburannya, karena besok sudah mulai kuliah seperti biasa. Di depan pagar kost-nya, kalkulusiana duduk sambil menekukkan kedua kakinya hingga lututnya setara dengan dadanya, serta kedua tangannya melingkari kakinya seakan memeluk sesuatu karena tidak ada yang mau dipeluk olehnya. Duh, jadi baper deh malammalam seperti ini. Okay, back to the topic. Ia menengadahkan kepalanya dan menatap langit hitam di atas kepalanya, beruntungnya dia karena langit sedang cerah, sehingga dia bisa melihat bintang. Di saat-saat malam seperti ini, kalkulusiana sering memerhatikan langit dan melihat bintang-bintang berkelip-kelip bertebaran di langit seakan tidak lelah untuk menghiasi kanvas hitam yang disebut langit malam. Kalkulusiana teringat kejadian yang dia alami ketika masih kecil. Setelah beberapa saat kalkulusiana terlelap dalam tidurnya, ia membuka matanya karena merasa ada suara bising yang mengganggu pendengarannya. Tidak, itu bukan suara bising, tapi suara obrolan.

Batinnya sambil mengernyitkan alisnya. Meskipun Kalkulusiana yakin bahwa suara yang ia dengar adalah suara obrolan, ia tetap tidak bisa mengerti apa yang m e n j a d i i s i p e m b i c a ra a n ny a . K a r e n a a r w a h penasarannya, eh salah, maksudnya rasa penasarannya semakin menjadi-jadi, Kalkulusiana menyibakkan selimutnya dan beranjak turun dari tempat tidurnya. Sekali lagi ia mengernyitkan alisnya ketika menyadari yang tersentuh oleh kulit telapak kakinya bukanlah lantai kamarnya, melainkan permukaan kasar dari suatu planet. Dalam sekejap sekelilingnya berubah menjadi hitam seperti langit malam dan dari kejauhan ia melihat sekitar empat atau lima orang sedang berbincang-bincang. Kalkulusiana berjalan mendekati sekelompok orang tersebut, tetapi yang ia rasakan bukan semakin dekat dengan mereka, melainkan semakin jauh, padahal ia merasa sudah berjalan maju. Huft. Kalkulusiana menghela napas dan mulai berpikir apa yang terjadi pada dirinya.


KALKULUSIANA

Ia mencoba menggerakkan kakinya ke arah belakang seperti berjalan mundur, alhasil ia malah semakin dekat dengan sekelompok orang itu. Ada apa sebenarnya dengan dunia ini? Ah, bukan, ini bukan di dunia! Sahutnya dalam hati. Walaupun Kalkulusiana belum memahami apa yang terjadi sebenarnya, ia tetap mengikuti ketetapan di tempat ini seperti berjalan mundur untuk maju. Semakin dekat... semakin dekat... semakin dekat... dan yang tertangkap oleh matanya bukanlah sosok manusia, melainkan sebuah makhluk dengan bentuk kepala yang sangat aneh. Ada yang berbentuk segitiga piramida, ada yang bentuknya hampir seperti prisma segilima, dan sebagainya. Kalkulusiana berpikir untuk tidak melanjutkan langkahnya dan kembali ke tempatnya semula, tetapi mereka sudah melihat kedatangan Kalkulusiana. “Ahsbsurbekosbheosm,” ucap si kepala segitiga piramida. “Hduskwniekbdoak snidbdisosuua,” sahut si kepala kubus. Kalkulusiana baru menyadari bahwa dia ada di sebuah planet asing dan tiba-tiba saja ia mengenakan pakaian seperti seorang astronot. Kalkulusiana berlari ke arah tempat tidurnya yang sudah berubah menjadi sebuah roket dengan pintu terbuka. Namun, sebelum ia sempat menginjakkan kakinya di dalam roket, tubuhnya melayang dan bergerak ke arah sekumpulan makhluk berkepala aneh tadi. Seakan menjadi tawanan, Kalkulusiana di bawa ke dalam sebuah tempat di mana banyak sekali kaum mereka. “Egsjsiajikhsuy!” ucap salah satu dari mereka sambil mengangkat tangannya. “Egsjsiajikhsuy!” yang lain ikut meneriakan kata yang sama. “Egsjsiajikhsuy!” semakin lama semakin banyak yang meneriakan kata aneh itu.

Kalkulusiana mulai berpikir dan menebak-nebak apa yang akan mereka lakukan pada dirinya yang masih melayang ini. Tiba-tiba saja sebuah bintang besar dan sangat terang yang bernama polaris datang dan memancarkan sinarnya yang bisa melemahkan kekuatan makhluk-makhluk aneh ini. Begitu pula dengan Kalkulusiana, ia tidak lagi melayang karena kekuatan mereka sudah dikalahkan oleh sinar polaris. Polaris mengantarnya kembali ke roketnya dan menyuruhnya segera kembali ke dunia sebelum kekuatan sinarnya melemah. Setelah menutup pintu roketnya ia mengambil sesuatu yang entah bisa disebut sebagai makanan atau bukan, karena bentuknya yang aneh dan cara memasaknya yang unik. Sebuah plastik transparan dengan isi makanan kering yang harus dicampur dengan air agar bisa dimakan. Kalkulusiana merasa cara memasaknya sangat mudah seperti pop mie, tetapi setelah ia memasukkan air tanpa memperhatikan seberapa banyak air yang ia berikan, makanan yang ada di tangannya berbentuk seperti bubur cair yang hampir menyerupai jus makanan, dengan terpaksa ia memakannya karena tuntutan perutnya. Tidak berapa lama setelah ia memakan bubur aneh itu, perutnya terasa mulas, karena sifat sok tahu-nya, ia asal menekan tombol yang ada di dalam toilet. Muncul banyak air berwarna kuning kecoklatan dari lubang k*****, semakin tinggi... semakin tinggi... semakin tinggi, karena Kalkulusiana tidak bisa berenang, ia pasrah kalau hidupnya berakhir karena tenggelam dalam roket bodohnya. Namun, ada suara teriakan yang bisa ia mengerti karena dua kata itu diucapkan dalam bahasa Indonesia. “KALKULUSIANA BANGUN!!!” ternyata yang teriak adalah ibunya dan ia bukan tenggelam di dalam roket bodoh, tetapi disiram oleh ibunya karena susah sekali untuk dibangunkan.


LOGIC GAME

MATHRIDDLE PERTANYAANNYA: APA YANG TERJADI???

RUMAH HANTU

P

ada suatu malam aku diajak oleh kedua temanku untuk berburu hantu di sebuah rumah tua dimana dulunya pernah terjadi pembunuhan. “Aku dengar si pembunuh menjagal orang-orang ini,” kata salah satu temanku. “Pas arwah mereka benar-benar marah,” “Ya, aku dengar ini adalah pembantaian massal” sahut temanku yang lain. “Rupanya, si pembunuh mencongkel mata sang suami dan membacok sang istri dengan pisau yang besar. Kemudian dia mencekik anak-anaknya hingga tewas,” “Apakah kalian benar-benar serius atau kalian hanya menakutnaku ku saja? Kalian tahu betapa takutnya aku terhadap hantu,” sahutku. Pintu depan pun kami buka, kami berjalan sambil berpegangan tangan karena di dalam sana gelap total dan kami hanya berbekal satu lampu senter. Kami menelusuri ruang tamu dan dapur, kemudian turun ke ruang bawah tanah dimana pembunuhan keji tersebut terjadi. Kami masih bisa melihat dengan jelas darah bercipratan di tembok. Tempat ini memang benar-benar mengerikan, tapi kami dak melihat satupun kejanggalan atau sesuatu yang aneh. Pada saat keluar dari ruang bawah tanah, aku bertanya kepada temanku. “Aku dak melihat satupun hal yang aneh, bagaimana dengan kalian?” “Aku dak” “Aku juga dak” “Aku dak melihat apapun” Jadi memang benar-benar dak ada hantu, aku merasa lega.

MURDER

A

ku dan isteriku menghabiskan liburan panjang kami untuk berlibur ke Inggris. Suatu perjalanan panjang yang harus kami tempuh dari New York menuju ke London. Kami menginap di suatu hotel di pinggiran kota untuk melepas lelah usai perjalanan. Pada malam harinya di saat kami dur, kami terbangun oleh suara bising dari luar. Aku melihat ke luar jendela dan mendapa bahwa banyak polisi di luar sana. Mereka berteriak kepadaku bahwa telah terjadi sebuah perampokan dan pembunuhan pada lantai dua. Aku menginap di lantai ga, dan melihat polisi telah memblokade li dan tangga. Si pembunuh terjebak dan dak akan bisa turun ataupun naik ke lantai atas, jadi kami dak berada dalam bahaya. Aku dan istriku akan kembali dur. Aku berharap polisi dapat menangkap pembunuh tersebut.

Kucing

A

ku sangat ketakutan semalam, setelah aku membaca cerita yang sangat menakutkan pada suatu website. Yang lebih parah lagi aku sendirian di rumah karena orang tuaku pergi ke luar kota. Jadi, Aku menyalakan lampu di kamarku dan pada seluruh koridor yang menuntunku menuju kamar mandi, itu membuatku merasa lebih baik. Ke ka aku selesai mandi dan kembali. Aku menyalakan lampu kamarku, dan pada saat bersamaan seekor kucing melompat ke atap rumahku dan membuat suara gaduh di dekat jendela kamarku. Hal itu

membuatku terkaget-kaget.


QUOMATH

APABILA SUDAH BISA MEMBUAT KESIMPULAN, ITULAH YANG DISEBUT BELAJAR.

- RETNO BUDIARTI, 2016


Pertama HAKIKATNYA ADALAH PERMULAAN, AKAN TETAPI DIA BISA MENJADI SUATU AKHIR, AKHIR DARI KEBURUKAN.

GUMATIKA IPB Alamat: Sekret FMIPA IPB CP Dynamath: 089630995157, Soleh Copyright 2016

@gumatikaipb ipbgumatika@gmail.com

gumatika.lk.ipb.ac.id

Dynamath dimensi 8  

Dynamath dimensi #8 Welcome back Dynamath! Kepengurusan baru dengan tim redaksi yang baru tapi dengan majalah yang sama, Dynamath! Dynamath...

Dynamath dimensi 8  

Dynamath dimensi #8 Welcome back Dynamath! Kepengurusan baru dengan tim redaksi yang baru tapi dengan majalah yang sama, Dynamath! Dynamath...

Advertisement