Page 1

Dynamika Matematika

Dimensi

#3

LULUS... TERUS?


Dimensi

#3 Lulus... terus?


MEET THE TEAM Dynamathers Alfien @alfienar_

Editor’ Letter s Assalamualaykum Wr. Wb.

A

khirnya Dynamath Dimensi 3 terbit juga!! Yoho~~~ Tema majalah bulan ini adalah “Lulus… t e r u s ? ”, s e m o g a b e r m a n f a a t b a g i mahasiswa matematika yang (masih) mencari jati dirinya. Yap, yang masih bingung abis lulus ke mana enaknya. Apa kerja, apa lanjut S2, apa nikah *eh. Yah udahlah ya, semoga majalah ini bisa menyinari hidup kalian yang jomblo membutuhkan pencerahan.

Novi Ucil @novitada

Mahasiswa jurusan matematika yang hobi tidur ini seorang pemuda yang anti mainstream terhadap anti mainstream. Kenapa? Karena yang anti mainstream sekarang udah jadi mainstream. Lebih suka mainset(e)rum.

Lina Ipeh @LinaAfifah

Satu-satunya mahasiswa imut matematika yang dipanggil ucil padahal badannya engga kecil-kecil amat dan banyak yang lebih kecil #duniamemangbegitu #curhat. Selalu tertawa, baik yang lucu sampe yang jayus.

Sarah Zai @srhzhdh

Seorang gadis yang polos tapi suka dikata preman yang masih mahasiswa aktif matematika... Dan selalu bersemangat dan sabar menunggu (kamu).

Is enjoying math so muach :* Manusia normal yang suka dibuat abnormal sama manusia-manusia normal atau mungkin abnormal lainnya. Sumpah, gue normal kok :')

Novitadayanti, Math 49.

Solehr @rudians95

Shara @vionamitasharaa

Lulus... terus?

Mega @megamigi

Mahasiswi matematika yang (sok) sibuk. Dia adalah seorang mata-mata kece yang sedang mengemban misi penting luar biasa, yaitu untuk memantau departemen infokom luardalam.

Seekor makhluk yang (masih) kuliah di jurusan mate ipb ini selalu ngantuk pas jam kuliah dan hidupnya cuma buat nge-game sama nonton anime, selesai.

Cewek freak yang berhasrat untuk mengendalikan 4 elemen bumi dan suka banget dengan yang namanya olahraga tapi pengennya itu semua dapat dilakukan di kasur.

Syifa @lailameinzie

Perempuan kecil yang tingginya engga seberapa, beratnya alakadarnya, yang tersesat di jalAn(real) yang lurus. Terkadang sering alay unstoppable dan bisa kalem untouchable. Bingung kan?

Lana @maulana0795

Orang yang kadang diasumsikan menyukai matematika yang kadang alay diantara manusia alay lainnya, namun kadang diasumsikan alay banget. Maaf, agak alay ya…??


Shout Out

Kalau udah lulus, terus mau ngapain? Diarekta 50: Pengennya fokus lanjutin S2 tapi kalo gak bisa yah kuliah sambil kerjalah.

Menik 49: Aku kan udah dikontrak sama AIA , lulus langsung kerja di AIA.

Kurnia 50: Gue bakal nyari kerja di bidang yang gue minatin banget seperti bidang keuangan atau mungkin di industri yang ada pemodelan gitu. Tapi sebenarnya gue lebih prioritasin buat lanjutin S2 dulu karena gue tahu pendidikan itu penting banget buat kehidupan gue nantinya.

Eva D 50: Setelah lulus nanti pengen lanjutin kuliah lewat jalur fasttrack tapi ga mau kerja dulu. Kalopun kerja palingan cuma ngajar doang, belum mau kerja yang lain dulu. Mu d 49: Pengennya sih bikin usaha, jadi wirausahawan muda gitu. Ada niatan lanjut S2 juga di luar negeri. Henny 48: Rencana setelah lulus gue pengen kerja dulu kalo misalnya di kasih beasiswa di tempat kerja mau lanjut S2 sih tapi S2 ga terlalu di prioritasin sih kalo ada kesempatan aja.


Silhum 49: Mau ngambil fasttrack setelah itu pengen lanjutin pendidikan lagi lanjut S3 tapi gak tau di sini, pengen dapet beasiswa di luar negeri, pokoknya pendidikan dulu, kerja belakangan. Arin 50: Kalo ada rejeki lanjutin S2 dulu kali yah trus aku juga pengen bikin usaha butik muslimah serta homey farming and gardening gitu.

Ando 47: Tujuannya sih ke S2 tapi biasanya kalo mahasiswa sudah S2 perusahan suka bingung mau ngasih gaji berapa soalnya gelar mereka sudah tinggi ditambah lagi mereka belom punya pengalaman. Makanya saya pengen kerja dulu, nabung buat S2 nanti, itung itung nyari pengalaman dulu.

Aher 48: Pengennya sih lanjut nyari beasiswa buat S2 kalo bisa yang di luar negeri tapi kalo memang belum dapet di pending dulu aja, kerja aja dulu di bidang pertambangan atau perminyakan gitu sampai nanti dapat beasiswa.

Kudo 50: Melanjutkan S2 diluar negeri ( Todai/ KAIST) atau dalam negeri ( UGM/ IPB) tentunya dengan full schollarship. Jika tidak, fokus ke passion dan nyari pekerjaan di Kaskus, Google, Microsoft atau bangun usaha sendiri.

Nina 48: Kalo ada kesempatan pengen lanjut S2 dulu kalo gaaa yah kerja dulu di bidang keuangan terus kalo udah ada jodoh yaahh ( llintheblank)

Aqiilah 50: Karena gue minatnya di bidang keuangan, mungkin gue pengen ikut ujian aktuaris dan nyoba ngasih lamaran ke perusahaan asuransi. Tapi sebenernya sebelum lulus gue pengen dapet beasiswa yang ada ikatan dinasnya gitu sama perusahaan biar ntar pas lulus bisa langsung kerja.

Hesty 49: Cari kerja, cari uang biar bisa bahagiain orang tua. Kerjanya pengen di bagian keuangan gitu kalo ga di bank atau kantor swasta. Kalo buat lanjut S2 nanti aja kalo udah kerja lama trus ada waktu dan kesempatan juga.

Slamet 50: Pertama pulang kampung dulu terus nyari beasiswa ke luar negeri. Misalkan tidak dapet beasiswa, nyari kerja dulu kalo ga dapet kerjaan yah buat lapangan pekerjaan sendiri teeeeruuuusss nyari jodoh deh.


QUOMATH

Dalam matematika tidak ada pertanyaan yang bodoh. -Agah D Garnadi, 2015-


A

GUMATIKA PRESENT

KSIKSIOMA OMA

Aksi Kunjungan Silaturahmi Organisasi Mahasiswa Matematika

Coming Soon! 25 April 2015 /

Road to UNDIP

By: Public Relation


Press Release

Aksioma 2015

KUNJUNGAN GUMATIKA IPB KE HM MATEMATIKA UNDIP

A

lhamdulillah ya proker pertama Departemen Public

puti sejarah, visi-misi, struktur kepengurusan dan program

Relation Gumatika IPB terlaksana dengan sukses.

kerja yang disampaikan dengan kece oleh masing-masing

Horreee!!! Aksioma Gumatika IPB 2015

ketua himpro. Nah! Ada sesi yang paling seru nih, FGD (Forum

dilaksanakan pada hari Sabtu 25 April 2015 di Universitas

General Discussion). Di sesi ini, kita bisa sharing sepuasnya

Diponegoro (UNDIP). Berhubung jarak UNDIP dan IPB

mengenai perbedaan himpro, pelaksanaan serta birokrasi di

terbilang jauh, rombongan Gumatika IPB berangkat ke

IPB dan UNDIP. Setelah puas berkepo ria, rombongan

Semarang pada hari Kamis, 24 April 2015. Tepat pukul 07.28

Gumatika IPB dibimbing oleh HM Matematika UNDIP untuk

WIB, rombongan Gumatika IPB tiba di UNDIP dengan selamat,

berkeliling Fakultas Sains dan Matematika (FSM). Acara

Alhamdulillah. Sambutan hangat HM Matematika UNDIP

selesai tepat pukul 14.20 WIB, diakhiri dengan sesi foto

menghilangkan rasa lelah selama diperjalanan yang memakan

bersama. Terima kasih HM Matematika UNDIP atas sambutan

waktu kurang lebih 15 jam.

hangat dan pengalamannya.

Pukul 08.53 WIB, acara Aksioma dimulai dengan

Selepas dari UNDIP, rombongan Gumatika IPB

pembukaan oleh MC dan tilawah. Acara dilanjutkan dengan

melakukan perjalanan ke Sam Poo Kong, jalan Padanaran, jalan

sambutan dan pemaparan mengenai kedua himpro yang meli-

Simpang Lima dan hotel Graha Agung. Lokasi hotel yang berde-


katan dengan Masjid Agung Jawa Tengah memungkinkan rombongan Gumatika IPB untuk berwisata di masjid tersebut, salah satunya menikmati pemandangan dari ketinggian 99 meter di Menara Asmaul Husna. Tepat pukul 09.13 WIB, rangkaian Aksioma Gumatika IPB 2015 berakhir dan kami pun bersiap untuk menuju Bogor.


Wisudah

W

isuda, merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Karena pada saat itulah kita bisa

membanggakan orang-orang yang kita cintai dengan memperoleh titel sesuai dengan bidang masing-masing.

Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melaksanakan wisuda tahap V pada hari Rabu, 29 April 2015 kemarin yang

bertempat di Gedung Graha Widya Wisuda. Setiap acara wisuda, kampus IPB Dramaga selalu dipenuhi oleh orang-orang, mulai dari keluarga, sahabat, pacar, teman departemen, dan temen omda. Selain itu, acara wisuda juga merupakan sarana bagi sebagian orang untuk mengais rejeki. Ada wisata kuliner, orang jualan bunga, studio foto dadakan, bahkan tragisnya ada pencopet yang memanfaatkan keramaian ini untuk melaksanakan aksinya. Pada wisuda tahap V ini, terdapat 13 orang mahasiswa Departemen Matematika yang sudah sah untuk menggunakan titel S.Si di belakang nama mereka. Berikut sedikit wawancara singkat dengan 3 orang mahasiswa lulusan matematika.

KIKI RIZKI ROMADONA SABILA

ROMADHONIYAH

(BELLA)

(KIKONG) Gimana perasaannya abis

Gimana perasaannya abis

wisuda?

wisuda?

Deg�degan, alhamdulillah

YEAY!! Finally gue lulus!

akhirnya udah lulus, udah

Sarjana coy! Ya lumayan

wisuda. Semoga setelah ini

tepat waktu 4,5 tahun.

dilancarkan semua jalannya‌ sama semoga

Rencana abis lulus mau

cepet nyusul aja. Segera!

ngapain nih?

Kalau lulus pas , tapi segera

Yang pasti ingin cepat segera mendapatkan

nyusul mungkin ada yang lama.

pekerjaan yang baik, ingin jadi orang yang sukses dan

Rencana abis lulus mau ngapain nih?

pengennya sih kerja diinstansi pemerintah, cuma gimana

membawa nama baik almamater Matematika. Kalau Oh, kalau saya masih kontrak ngajar di SMA. Jadi lanju n ngajar

rezekinya aja. Kesibukannya selama dua bulan setelah ijazah

dulu. Kalau PNS pas itumah, lagi passionnya dan emang lebih

keluar itu cari-cari pekerjaan, job seeker gitu. Planning

suka ngajar. Mau sih ke bidang�bidang yang lain, tapi minatnya itu

kedepannya ya nabung dulu, kerja dulu, baru nikah.

di ngajar dan perbankan. Kalau ke aktuaris engga terlalu berminat, itu plan kedua setelah ngajar. Kalau buat lanjut S2 sih belum ada. Kalau nikah itu rencana jangka panjang. Fachriadi Fadhilah (Didi) Gimana perasaannya abis wisuda? Seneng sih, tapi sedih juga karena telat wisudanya. Mana temennya cuma dua belas orang, cowoknya cuma tiga orang doang. Rencana abis lulus mau ngapain nih? U d a h ke r j a d u a b u l a n d i O J K , k a n kontraknya sampe Desember. Kalo Januari belum dapet pekerjaan lagi, nah baru pikirin buat lanjut S2. Pengennya diterima beasiswa di Itali, Milan. Maunya sih ambil jurusan bisnis.

HAPPY CONGRADUATION


QUOMATH

Hidup baru dimulai setelah lulus. -Berlian, 2015-


Lulus, terus?

5

BIDANG MINAT

MATEMATIKA

A

pa kalian tahu Departemen Matematika IPB Program Sarjana memiliki empat bidang minat? Bidang minat ini diambil oleh mahasiswa tingkat akhir untuk bahasan dalam tugas akhirnya atau sering kita sebut SKRIPSI. Inilah beberapa bidang yang ada‌

S

ecara umum, matematika murni ( pure

mathematics) adalah matematika yang

sepenuhnya termotivasi lebih pada sebab dan

MATEMATIKA

MURNI

akibat, alasan, berbandingkan sebagai sebuah aplikasi. Hal ini dibedakan dengan adanya ketelitian, abstraksi, dan keindahan. Mengkaji dan mengembangkan teori serta metode matematika, ruang lingkupnya merupakan kajian matematika teoritis yang menunjang bidang riset operasi, matematika komputasi, matematika ekonomi, keuangan dan aktuaria dan pemodelan matematika. Topik penelitian meliputi teori ruang vektor, teori bilangan algoritmik, aljabar teori pengkodean, analisis real dan kompleks, teori persamaan diferensial, teori Hidden Markov dan kriptograďŹ .


M

engkaji dan mengembangkan

matematika komputasi serta

penerapannya untuk menyelesaikan

MATEMATIKA

KOMPUTASI

masalah real. Ruang lingkupnya merupakan kajian teori dan pengembangan serta penerapan teknikteknik komputasi matematik yang meliputi metode numerik, elemen hingga, beda hingga, dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalahmasalah real yang berskala besar. Topik penelitian meliputi scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control, komputasi paralel, visualisasi data skala besar, sistem PDB skala besar dan software matematika komputasi berbasis objek.

RISET OPERASI

M

engkaji dan mengembangkan

metodologi riset operasi, model riset

o p e ra s i s e r t a p e n d e k a t a n u n t u k

memecahkan permasalahan riset operasi serta penerapannya pada berbagai disiplin. Ruang lingkupnya yaitu kajian metodologi riset operasi dalam memodelkan dan memecahkan permasalahan pencarian solusi optimum yang ditemukan pada berbagai disiplin. Topik penelitiannya berupa optimum algoritma untuk memecahkan permasalahan kombinatorial optimisasi, optimisasi pada vehicle routing problem dan aplikasinya dalam berbagai permasalahan dan model simulasi.

MATEMATIKA EKONOMI,

KEUANGAN,

DAN AKTUARIA

M

engkaji dan mengembangkan aplikasi

m a t e m a t i k a d i b i d a n g e ko n o m i ,

keuangan dan aktuaria. Ruang

lingkupnya berupa pemodelan matematika yang diterapkan dalam bidang ekonomi pertanian, keuangan dan financial derivatif serta bidang aktuaria yang terkait dengan masalah perasuransian secara umum. Topik penelitian meliputi aplikasi kontrol optimum dan teori permainan pada bidang ekonomi, aplikasi matematika pada bidang keuangan dan financial derivatif pemodelan matematika dalam pasar modal dan manajemen investasi, aplikasi matematika pada bidang aktuaria dan manajemen risiko.

M

e n g e m b a n g k a n d a n m e n e ra p k a n

konsep-konsep yang berkaitan dengan

MATEMATIKA PEMODELAN

pemodelan matematika, baik yang

bersifat deterministik maupun probabilistik. Ruang lingkupnya berupa mengkaji, mengembangkan, dan m e n e ra p k a n m o d e l - m o d e l d i n a m i k d e n g a n persamaan diferensial dan model-model stokastik dengan teori peluang dan proses stokastik serta mengembangkan matematika statistik. Topik penelitiannya yaitu kajian teoritis model-model dinamik dan terapannya, kajian teoritis model-model stokastik dan terapannya.


Quick Report

MATE ON CLOSING SPIRIT 2015 S

SYuKUR(_)N NAZAR SPIRIT

I

tu yang di dalem kurung, antara diisi sama huruf “a” biar

jadi SYUKUR(A)N atau diisi sama huruf “i” biar jadi

SYUKUR(I)N. Itu semua tergantung sudut pandang

masing-masing. Ohiya, anak mate pasti tau kenapa para pemimpin-pemimpin Gumatika di foto itu jadi botak semua. Kenapa hayo? Masih pada inget engga nih? Mereka jadi botak

abtu, 11 April 2015 kemaren, seluruh mahasiswa

karena nazar mereka sendiri. Jadi ceritanya ini kesepakatan

matematika bisa berbangga dan lega. Kenapa? Kenapa

dan nazar antarpemimpin di Gumatika aja, Untuk para cowok,

hayo... Karena acara Closing SPIRIT yang ditunggu-

mereka sepakat bernazar rambut botak dan yang cewek pake

tunggu akhirnya terlaksana juga setelah beberapa waktu lalu

rok panjang selama 2 minggu saat kuliah. Mereka bernazar

mengalami perubahan hari beberapa kali. Di malam itu juga

seperti itu dengan syarat kalau matematika juara umum lagi di

ada sesuatu yang dinanti-nanti, yaitu pengumuman pemenang

SPIRIT tahun 2015 ini. Dan seperti yang kita tahu mate juara

lomba olah raga dan seni SPIRIT. Dan tak lupa juga

umum lagi tahun ini untuk yang ke-3 kalinya. Nah, selesai

pengumuman juara umum SPIRIT tahun ini yang sangat

Closing SPIRIT, para pemimpin Gumatika langsung menuntun

ditunggu-tunggu oleh anak mate. Pasalnya ini adalah kali ke-3

semua anak mate yang hadir di Gym untuk kumpul di pomi.

matematika mempertahankan juara umum di cabang olah raga

Mereka bilang aja kejutan dari pemimpin Gumatika. Dan

SPIRIT. Ohiya, engga lupa juga, Gumakusi turut memeriahkan

ternyata kejutan itu adalah BOTAKIN RAMBUT DI DEPAN

Closing SPIRIT tahun in dengan penampilannya sebagai

SEMUA ANAK MATE HAHAHA...

pembuka acara. Di akhir acara, para supporter mate turun ke lapangan setelah pengumuman juara umum dan melakukan

Entah itu jadi ajang SYUKURAN untuk mate atau jadi

foto bersama piala juara umumnya. Tahun depan akan menjadi

SYUKURIN untuk para pemimpin yang dibotakin. Apapun itu,

tantangan sendiri bagi matematika untuk mempertahankan

yang jelas mereka telah berusaha untuk memotivasi diri

juara umum lagi untuk yang ke-4 kalinya. Nah, pertanyaannya,

supaya mate juara umum lagi. Dan tentu aja hasilnya sesuai

bisakah kita mengulanginya lagi?

dengan apa yang mereka dan kita harapkan.


MATHERVIEW

Angga Dwi Indrianto

Mapres Matematika Berwawasan Lingkungan

N

ama lengkap Angga Dwi Indrianto asal Jepara kelahiran 26 Desember, sepuluh tahun sebelum tsunami Aceh. Dari

lahir bahkan nenek dan buyut asli Jepara semua. Bersekolah mulai dari TK hingga SMA di Jepara juga. Baru kali ini

sekolah di luar kota, ya pas kuliah ini. Hobi yang paling disenangi yaitu mencari tantangan seperti mencoba hal-hal

yang baru. Contohnya ya seperti perkusi ini kan hal yang baru bagi saya. Sejak kecil dilarang oleh Ibu untuk bermain alat musik yang ramai seperti Drum Band, perkusi dan lain sebagainya. Baru pas di kuliah ini nyoba dan baru diberi tahu ke orang tua sewaktu dapat juara pertama kali di perkusi, waktu itu juara 3 di Semarak Bidik Misi tahun 2013. Setelah itu baru benar-benar diizinkan bermain lagi. Hobi lainnya yaitu mendengarkan musik dan di bidang akademiknya lebih suka mencari tahu sendiri atau browsing di internet. Saya juga gemar membeli buku-buku tapi uniknya tidak dibaca seutuhnya. Saya ini tipe orang yang ekstensif yang hanya membaca garis besar dari suatu tulisan. Tidak perlu dibaca semua yang terpenting sudah dapat garis besarnya ya sudah cukup. Hobi juga baca diktat-diktat kuliah seperti diktat kalkulus, graf sampai diktat anreal untuk tingkat S2 pun punya dan dibaca. Kebiasaan buruknya yaitu sering ketiduran saat ada jadwal kuliah dan pelupa terhadap hal-hal terkecil. Bahkan untuk urusan buang air seringkali lupa.


Kak Angga jadi Mapres terpilih atau mencalonkan diri?

Hal lain yang kira-kira membuat Kak Angga bisa terpilih jadi

Sedikit bingung, ya. Jadi ceritanya waktu semester 4 dulu kan

Mapres?

pernah kena cekal dan pernah dapat nilai E. Logikanya, kalau

Ya, paling banyak prestasinya sih dari perkusi. Pernah juara

sudah begitu seharusnya mungkin nama saya sudah tercoret

debat juga waktu itu dapet juara satu partneran sama Izul.

untuk bisa jadi mapres. Nah, di awal semester 5 tiba-tiba ada

Juara satu lomba kalkulus di IMC 2013 partneran sama Egi dan

surat dari ketua departemen untuk 5 orang mahasiswa yang

kemarin masuk semiďŹ nal Calculus Cup di UNJ partneran sama

akan mengikuti pelatihan bahasa inggris untuk persiapan

Aul dan Laras. Lalu pernah juga didanai PKM nya dulu tentang

seleksi mapres. Saya salah satunya dari 5 mahasiswa yang

sosial yaitu bikin monopoli tentang kenakalan remaja. Lainnya

namanya tercantum dalam surat itu. Awalnya saya kira ada

paling delegasi-delegasi lokal seperti kemarin pas TPB ke

kesalahan dalam surat itu karena saya kira nama saya sudah

Sumedang menghadiri semacam MUNA daerah gitu terus ikut

ter-blacklist untuk bisa jadi mapres. Masih belum sepenuhnya

Musyawarah Tahunan (MUSTA) IKAHIMATIKA dan terakhir

percaya diundang dalam pelatihan itu, saya penasaran apa

ikut CSL (Climate Smart Leader), lomba proyek lingkungan gitu

benar yang dipanggil itu saya. Akhirnya saya menghadiri

partneran sama kakak tingkat dari FAHUTAN dan masuk

pelatihan itu 3 kali beturut-turut karena ternyata nama saya

babak ďŹ nal.

masih tetap tercantum dalam daftar hadir pelatihan bahasa inggris tersebut. Masuk semester 6, saya dapat sms dari Pak

Bagaimana dengan tulisan, sudah berapa kali Kak Angga bikin

Prapto untuk menghadap ke ruangannya dan ternyata terpilih

Paper?

sebagai Mahasiswa Berprestasi dari Departemen Matematika

Saya baru buat dua paper dan itupun tidak ada yang lolos. Dua-

berdasarkan hasil keputusan rapat rabuan.

duanya tentang pengolahan limbah kayu, namanya biokomposit kaya semacam bahan furnitur 'Olympic' gitu, tapi

Menurut Kak Angga sendiri, kenapa bisa terpilih jadi mapres?

bahannya berasal dari limbah kayu yang sudah siap pakai dan

Mungkin karena saya pernah presentasi di luar negeri, lebih

perekatnya pakai yang ramah lingkungan. Sebenarnya saya ga

tepatnya di Singapore.

terlalu bagus di bidang tulis menulis.

Wah, bagaimana ceritanya tuh ka bisa presentasi disana?

Banyak sekali ya prestasinya tapi kok kebanyakan prestasinya

Jadi ceritanya waktu itu kan ikut IGAF(Indonesian Green

tentang lingkungan ya kak?

Action Forum), Organisasi Lingkungan yang sekarang jadi

Nah iya ini yang lucunya nih. Saya itu cinta lingkungan gara-

UKM di IPB, baru masuk bulan Februari dan bulan Maret itu

gara masuk IGAF. Jadi waktu kumpul perdananya waktu itu

ada Call for Application gitu. Nah saya berminat banget waktu

saya datang kan dan ternyata itu pembentukan kabinet karena

itu karena ga perlu buat paper atau abstrak, jadi cuma mengisi

yang datang sedikit dan salah satunya itu saya, jadi langsung

formulir dan waktu itu masih ada bagian yang kosong yang ga

terpilih jadi ketua bagian project lingkungan. Masalahnya, saya

diisi sebetulnya. Ada ratusan orang dari seluruh Indonesia

ini kan mahasiswa matematika dan ga tau apa-apa tentang

yang mendaftar saat itu, yang terpilih hanya tiga dan tiga-

lingkungannya. Nah, dari situ saya mulai belajar dari nol

tiganya dari IPB. Alhamdulillah banget kan bisa terpilih karena

tentang lingkungan sendiri. Bahkan kemarin waktu seleksi jadi

acara itu memang benar-benar gratis dari biaya pesawat, hotel

mapres presentasinya tentang lingkungan yaitu tentang

sampai makan. Sebenarnya acara yang Forum ASEAN nya

limbah kayu. Tidak mengangkat tema yang berkaitan dengan

hanya dua hari tapi waktu itu bersamaan dengan Singapore

Matematika sama sekali.

International Water Week jadinya lebih lama disana jadi seminggu. Makanya waktu itu kena cekal KO, harusnya kan

Oh jadi cinta lingkungan karena tuntutan profesi di UKM ya?

bisa ikut kuliah pengganti dan bebas cekal tapi karena ada

Awalnya sih karena tuntutan UKM itu tapi ternyata semakin

tambahan acara itu jadinya kena cekal. Jadi ya itu, ada

didalami saya semakin penasaran. Ya hitung-hitung jadi nilai

pengorbanannya pasti tapi kan pengorbanan itu sesuai dengan

tambah tersendiri lah. Bukan cuma mahasiswa matematika

apa yang didapat. Memperluas link dan bisa kenal dengan

tapi juga punya pengetahuan tentang lingkungan. Jadi kalau

orang-orang disana, seperti itu.

ditanya tentang lingkungan misal tentang pemanasan global atau Climate Change gitu saya bisa jawab. Nah, makanya

Presentasinya tentang apa?

sekarang saya suka mendalami lingkungan.

Saya presentasi dua kali disana. Pertama presentasi negara dan yang kedua kan dari negara-negara itu dibagi lagi menjadi

Itu dia prestasinya Kak Angga yaitu bukan sekedar mahasiswa

empat kelompok besar. Nah, di kelompok itu saya lagi yang

matematika. Lalu, apa motivasi Kak Angga dalam berprestasi?

presentasi. Saya sendirian pula waktu itu presentasinya.

Motivasi saya cuma satu yaitu ingin membanggakan orang tua.

Sendirian ngadepin orang-orang PBB di forum internasional

Terserah mau dibilang ambisius atau apapun itu, asalkan orang

untuk yang pertama kalinya.

tua bangga itu sudah cukup bagi saya.


Sekarang Kak Angga lagi sibuk apa saja? Sebetulnya lagi pengen vakum tapi masih ada amanah jadi

Motto hidup Kak Angga? 1.

“Man Jadda wa Jada�, jika kita berusaha dengan

ketua bidang project di IGAF di bagian pusatnya, di pramuka

sungguh-sungguh Insya Allah akan mendapatkan apa

jadi anggota non aktif tapi masih terdaftar namanya sebagai

yang kita inginkan.

pengurus, masih aktif di Gumakusi juga. Kalau forum-forum di

2.

“Allah tidak pernah memberikan apa yang kita

dunia maya yaitu jadi anggota Global Youth Biodiversity

inginkan tapi Allah selalu memberikan apa yang kita

Network (GYBN) yang merupakan forum internasional dan

butuhkan� karena segala sesuatu yang kita inginkan

juga anggota di UNEF, badan PBB yang bergerak di bidang

belum tentu kita butuhkan untuk saat ini.

lingkungan tapi regional ASEAN aja. Tips dan trik biar bisa jadi Mapres? Sebenarnya ini bukan tips dan trik dari saya sendiri tapi dari kakak kelas juga yang sudah dua tahun jadi mapres dan ini yang saya jalankan juga. 1.

Mapres itu bukan cuma nilai akademiknya yang bagus. Salah, kalau beranggapan mapres itu IPK nya selalu tinggi. IPK tinggi itu bukan jaminan jadi

Rapid Question

mapres. Jadi, harus berprestasi di bidang akademik dan non akademiknya juga. Memang bobot prestasi akademik untuk jadi mapres cukup tinggi tapi juga.

Biasa atau Luar biasa? Luar Biasa Krea f atau Inova f? Inova f

Banyak ikut organisasi, delegasi dan lain-lain. Bukan

Gagal tampil atau Gagal ujian? Gagal tampil

sekedar ikut doang tapi punya peran juga disana,

Organisasi atau Kepani aan? Organisasi

prestasi non akademiknya bisa jadi pertimbangan 2.

yang penting kita dalami apa yang kita bisa dan kita punya potensi di bidang tersebut lalu dikembangkan. Mumpung masih kuliah. 3.

Akademik atau Nonakademik? Akademik

Perbanyak link karena semua itu berasal dari jejaring (link).

Jalan beda tujuan sama atau Jalan sama tujuan beda? Jalan beda tujuan sama Dungtak atau Tingces? Tingces


Golongan Darah

Hayo, cek dulu golongan darahnya sebelum jauh A

Tipe A

AB

Tipe AB

Umumnya gigih serta dapat diandalkan dan sangat

Biasanya kurang inovatif tetapi sangat terorganisir, kritis,

konsisten dengan suatu metode. Suka bekerja berdasarkan

kreatif, sensitif dan bisa mengerjakan banyak hal sehingga

perintah dan tidak terlalu menyukai kejutan. Sangat handal

sangat cocok untuk menjadi seorang pejabat.

untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian detail kecil

Pembawaannya cenderung lebih tenang, sejuk dan tidak

dan keteraturan, namun tidak terlalu mengandalkan

gegabah sehingga cocok juga untuk menjadi seorang

pemikiran kreatif.

pemuka agama.

Pekerjaan yang cocok antara lain akuntan, administrasi,

Pekerjaan yang cocok untuk golongan darah AB antara lain

sekretaris, pegawai perpustakaan, jaksa dan ekonom.

Humas (Hubungan Masyarakat), penulis, teknisi, manajer, guru dan jaksa.

B

O

Tipe B

Tipe O

Berjiwa merdeka, sangat kreatif, individualis, pemikir,

Sangat menikmati kekuasaan dan tidak pernah malu untuk

mencintai kebebasan, jujur dan pekerja keras. Namun

berusaha mendapatkannya. Sangat kompetitif, ambisius,

karena cenderung tidak punya rasa malu, kurang bisa

terbuka, kuat dan cocok menjadi seorang pimpinan.

diandalkan untuk diplomasi resmi dan menjadi pimpinan

Kadang-kadang lebih handal untuk urusan mencari uang

dalam sistem organisasi konvensional.

daripada mencari teman.

Pekerjaan yang cocok untuk golongan darah B antara lain

Pekerjaan yang cocok untuk golongan darah O adalah

detektif, ilmuwan, petualang, wartawan, artis dan

Akuntan, politisi, pengusaha, terapis dan menteri.

psikiater.

Sumber: https://www.facebook.com/WizardSweetOfHogwarts/posts/165306260294814


K

N ITA U M O TUTOR SESI UAS

S

6 JUNI 2015 ANGKATAN 50 MATKEU GRAF ALGORITMIK

RUANG SEMINAR ALPHA

ANGKATAN 51 PLM

By: Keilmuan

dx


QUOMATH

Perempuan itu seperti matematika semakin didalami semakin sulit dimengerti. -Rian Kurnia 50, 2015-


POSTER 2015

BE CAREFUL 6 MEI 2015 At Dept Math Corridor

By: Infokom


Press Release

Sesi Poster 1

PINDAH KUADRAN, KENAPA TIDAK?

Kak Judi menyampaikan pindah kuadran, kenapa tidak?

H

Pak Toni memberikan fakta seputan lulusan Matematika IPB

alooo!! Tepat di hari Rabu 6 Mei 2015 bertempat di

kalah rempong juga itu dekor sekaligus photoboot. Tapi tenang

ko r i d o r m a t e m a t i k a , d e p a r t e m e n I n f o ko m

aja..karena segenap warga Gumatika akan siap membantu :D

Gumatika ngelaksanain prokernya yang

bekerjasama dengan Departemen Matematika nih. Apa hayo?

Selain ada pameran poster yg berisi skripsi para peserta, di

Yap! Sesi Poster. Ini nih kegiatan dimana setiap mahasiswa

sespos ini juga ada kuliah umum lho. Namanya sih kuliah

yang udah ngambil mata kuliah karya ilmiah I di semester 7 dan

umum, tapi ternyata lebih ke sharing gitu alias berbagi

belum seminar hingga batas yang ditentukan, jadinya kena

pengalaman. Pengalaman siapa gitu? Yaitu pengalamannya

'hukuman'. Apa teh hukumannya? Diliat dari nama kegiatannya

Kak Judi (yang kini sudah tak cocok lagi dipanggil 'kak'). Nah

juga tau, mereka harus buat poster terus nanti dinilai tuh

Kak Judi ini alumni matematika angkatan pertama lho, kalau

posternya sama dosen-dosen matematika gituu..

angkatan ipb beliau ini angkatan 26. Topik yang dibahas Kak

Nah yang ribet dari Ses(i)Pos(ter) ini tuh persiapan partisinya,

Kuadran, Kenapa Ngga?'. Pindah kuadran ini maksudnya

Judy menarik banget nih sob! Topiknya berjudul 'Pindah mulai dari benerin kayunya, bungkusin kayunya, pasang tali

seperti pindah haluan pekerjaan yaitu dari karyawan menjadi

yang kenceng biar partisinya kuat gak lepas-lepas dan yang gak

pengusaha.


POSTER 2015

Setelah bercerita tentang kisah pindah kuadran lanjut ke... Koridor mateee. Ngapain?? Yup ini acara intinya, presentasi poster. Masing-masing peserta stand by di samping poster mereka. Tiap peserta akan dinilai oleh tiga orang dosen secara bergantian. Gacuma presentasi ke dosen dan mahasiswamahasiswa lain yg dateng ngunjungi, tapi penilaian dosennya itu juga bakal nentuin si pemenang sespos I. Untuk tingkat s1, dimenangkan oleh kak Anif, kak Entri, dan kak Mair dan S2 dimenangkan oleh kak Nur Hasanah. Dan akhirnya kegiatan ini selesai kurang lebih pukul 12:30.

Dan jangan lupa nantikan Sesi Poster II...!!

Suasana Sesi Poster 1: Banyak mahasiswa matemarika yang melihat

Dosen sedang bertanya mengenai poster yang dibuat oleh mahasiswa

Meet the team Sesi Poster


Lulus, terus?

Programmer?

Ahli ? Optimasi

Akt

uar

Dosen

Ana Keu lisi ang s an?

ia?

? Market Co nsulting ?

Kriptograf?

Game Developing?

n? a w a k i t a Matem

lusan u L e c e Pekerjaan K

Mate

? Penerbangan?

r e n n a l P y Cit

Transportasi?

MATEMATIKAWAN Kalau kalian tertarik dengan akademik dan menyukai teori-teori matematika, profesi yang mungkin pas adalah menjadi Ilmuwan atau Matematikawan. Di sini kalian akan menjadi seorang peneliti matematika, bisa mendalami teori-teori lama matematika atau menemukan teori baru yang akan membuat nama kalian terkenal di kancah internasional. Nanti nama teorinya bisa dinamai dengan nama kalian dengan akhiran –ian.

DOSEN Ini salah satu pekerjaan umum yang biasa orangorang ajukan kepada mahasiswa matematika. Eiitss, tapi jangan salah, jadi Dosen itu gajinya tinggi looh. Apalagi kalau kalian yang udah lulus S1 terus mau lanjut S2 atau S3 di luar negeri, pasti bakal nambah tuh pundi-pundi gajinya. Tapi di sini bukan gaji aja yang penting, ngajar orang lain suatu ilmu dan jika ilmunya diterapin, akan jadi ladang amal juga untuk para Dosen.


AKTUARIA

ACTUARY &

INSURANCE

Nah ini dia salah satu profesi yang paling dicari di Indonesia karena kelangkaannya. Untuk masalah gaji, profesi Aktuaria ini menjadi profesi dengan gaji termahal di Amerika sana. Gimana kalau di Indonesia? Udah pasti gajinya juga tinggi, karena kelangkaan dan kepentingannya yang tinggi. Secara umum, profesi ini digunakan dalam dunia asuransi dan ekonomi. Memprediksi ekonomi di masa depan, menghitung premi dan angka kematian, dan meminimumkan risiko yang akan terjadi pada perekonomian Negara. Seru bukan jadi Aktuaris?

PENERBANGAN Salah satu pekerjaan kece lulusan mate adalah jadi orang penerbangan. Tapi bukan jadi pilot pesawat atau tukang mesinnya ya, itu beda lagi lingkupnya. Lulusan mate biasanya kerja di bidang optimasinya, seperti penjadwalan penerbangan. Di situ kita harus bisa bikin jadwal pesawat supaya teratur dan engga tabrakan dengan pesawat lain, gimana jadinya nasib p e n u m p a n g k a l a u a d a d e l ay p e s a w a t , d a n memprediksi pengeluaran biaya operasional agar bisa dibuat seminim mungkin. Menarik banget kan?

ANALISIS KEUANGAN Jadi tukang analisis kayaknya cukup keren untuk level karir. Salah satunya adalah analisis keuangan. Kalau analisis itu kerjaannya udah pasti jadi tukang nganalisis sesuatu supaya bisa ditarik kesimpulan. Nah, seorang analis keuangan kerjaannya mengecek laporan keuangan untuk menganalisis kapasitas dan posisi keuangan perusahaan, dan untuk menilai kemampuan keuangan suatu bisnis atau perusahaan di masa depan. Matkeu sama Pasmod bisa loh digunain di bidang ini.

TRANSPORTASI DARAT Liat macet tiap hari, delay kereta yang lama, dan padatnya lalu-lintas biasanya bikin kita jenuh bin dongkol. Saatnya anak mate terjun ke bidang t ra n s p o r t a s i d a ra t u n t u k m e n g o n t r o l d a n memprediksi kepadatan lalu-lintas. Sama kayak di bidang penerbangan, di sini kita bisa membuat jadwal kendaraan, mengatur biaya minimum untuk operasional, berapa lama delay yang dibutuhkan agar penumpang engga perlu nunggu lama kalau naik kereta, dan juga bisa meneliti berapa rata-rata penumpang kereta tiap harinya atau berapa maksimal kapasitas jalan raya agar engga terjadi macet. Tertarik terjun di bidang ini?


PROGRAMMER DAN AHLI KOMPUTER Selain anak ilkom, lulusan mate bisa juga loh turun ke bidang peng-komputeran. Berbekal dasar Algoritma Pemrograman, bidang ini bisa jadi langganan pekerjaan lulusan matematika. Untuk urusan kodingmengoding, anak mate engga kalah jago loh sama jurusan lain. Karena dalam dunia koding, logika yang kuat menjadi bekal penting agar bisa membuat program yang sesuai dengan keinginan dan menghindari stress akibat compile error..

CITY PLANNER Perancangan kota juga bisa dilakukan oleh lulusan matematika. Biasanya merancang lokasi yang tepat supaya engga terjadi overlapping lokasi bangunan. Lulusan matematika di bidang ini diharapkan bisa menata suatu kota supaya lebih tertata rapi. M i s a l ny a , d i G ra f A l g o r i t m i k k i t a d i a j a r i n menempatkan base camp pemadam kebakaran di sebuah kota agar bisa dicapai ke semua tempat dengan waktu minimal. Contoh lain, mengatur lokasi antar-Alfa Mart (maap sebut merk) yang satu dengan yang lainnya supaya engga terlalu berdekatan atau terlalu kejauhan. Menarik banget kan?

AHLI RISET OPERASI

100

2X+Y ≤ 100 80

X ≤ 40

OPERATION RESEARCH EXPERT

FEASIBLE SOLUTION

X+Y ≤ 80

40

50

80

GAME DEVELOPER Lulusan mate bisa juga loh terjun ke ranah bidang game-game-an. Menurut beberapa sumber, matematika sangat bermanfaat di industri game sehingga matematika sering dipakai dalam membuat game. Matematika seperti apa yang dipakai? Yaitu statistika dan pemodelan matematika. Contoh, statistika digunakan untuk meningkatkan experience atau yang biasa digunakan untuk naik level. Lulusan mate sangat bisa diandalkan untuk menjadi game developer atau pengembang game. Nah, buat yang suka game dan anak mate, tertarik untuk masuk bidang ini?

Seorang ahli Riset Operasi sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang usahanya terkait d e n g a n p r o d u k s i d a n d i s t r i b u s i . B i a s a ny a perusahaan ingin memproduksi barang dengan biaya seminimal mungkin saat bahan terbatas, namun ingin profit yang semaksimal mungkin dan juga ingin mendistribusikan barang produksinya ke beberapa toko dengan demand dan supply yang sekian, namun dengan ongkos distribusi paling minimum. Posisi sebagai ahli Riset Operasi sangat diharapkan mampu memenuhi keinginan perusahaan tersebut. Udah belajar Pemrograman Linear, Pemrograman Tak Linear, PRO, dan Kontrol Optimum bukan?


CRYPTOGRAPHY

SECURITY SYSTEM KRIPTOGRAF

MARKET CONSULTANT

Untuk anak mate yang seneng sama permainan puzzle dan suka bermain dengan angka-angka, pekerjaan yang mungkin cocok setelah lulus nanti adalah Kriptografer. Di era komputer sekarang ini, seorang perancang atau pemecah sistem keamanan atau Kriptografer sangat dibutuhkan untuk membuat atau memecahkan kode, password dan PIN. Kode untuk sistem keamanan ini bisa dibuat oleh anak matematika. Namun, anak matematika lebih cocok untuk membuat konsep sistem keamanannya. Alasannya yaitu anak matematika lebih mahir dalam teori bilangan karena memang sudah dasarnya ilmu matematika itu adalah tentang bilangan. Dan dasar dari sistem keamanan password atau PIN adalah angka-angka yang dikombinasikan dan diubah melalui proses enkripsi-dekripsi. Tertarik untuk membuat sistem keamanan yang kece?

Profesi seorang marketing bukan cuma digeluti oleh anak manajemen atau marketing. Nyatanya anak matematika bisa juga terjun di bidang marketing, kebanyakan sebagai market consultant. Yang diperlukan seorang konsultan pasar adalah bagaimana kita bisa memandu sebuah klien perusahaan untuk memasarkan produk mereka sesuai target. Konsultan pasar ini biasanya meneliti dan mencari data di lapangan agar bisa diketahui kondisi pasar dan kondisi konsumen saat ini. Sebagai anak matematika, beruntunglah atas logika mereka yang kuat karena sangat bermanfaat dalam meneliti dan mencari data agar dapat diambil sebuah kesimpulan yang tepat.

So, apa pilihanmu? CRYPTOGRAPHY

SECURITY SYSTEM 100 2X+Y ≤ 100 80 X ≤ 40

OPERATION RESEARCH EXPERT

FEASIBLE SOLUTION

X+Y ≤ 80

40

ACTUARY &

INSURANCE

50

80


Gumaleri

Gumaleri: Fokab

FOTO KABINET GUMATIKA HARMONI

BADAN PENGURUS HARIAN

BADAN PENGAWAS GUMATIKA


INFOKOM

KEWIRAUSAHAAN

KEILMUAN

MATH EVENT

PSDM

PUBLIC RELATION


Special Report

GUGALTIKA

PERANGKUL ALUMNI MATEMATIKA IPB

G

UGALTIKA merupakan himpunan alumni lulusan S-1

departemen Matematika FMIPA IPB. Kegiatan rutin

yang dilakukan GUGALTIKA di antaranya adalah

pemberian beasiswa, pemberian sumbangan dana untuk yang tertimpa musibah (kemalangan), pemberian buku, seminar dunia kerja dan temu alumni. Selain itu, dalam upaya meningkatkan layanan pendidikan dan kesesuaian antara kurikulum pendidikan serta kebutuhan tenaga kerja, dilakukan pula tracer study untuk mendapatkan masukan dari alumni departemen Matematika FMIPA IPB. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kepuasan alumni terhadap departemen Matematika yang mencakup proses pembelajaran serta sarana dan prasarana. Masukan ini akan dijadikan salah satu pertimbangan dalam meningkatkan kinerja departemen Matematika yang antara lain tercermin dari kualitas proses pembelajaran yang semakin baik dan lulusan yang berkualitas yang mampu bersaing dalam pasar tenaga kerja. Pengisian kuisioner dapat dilakukan secara online.

gi lain. (https://www.gugaltika-ipb.org/tentang-gugaltika-ipb/) Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu

Tracer study dilaksanakan untuk mencari informasi dari

GUGALTIKA dan bagaimana kabar para alumni Matematika

atasan alumni mengenai tingkat kepuasan (evaluasi) terhadap

IPB, tim Dynamath magz bertanya langsung ke ketua umum

alumni departemen Matematika yang meliputi pertanyaan

GUGALTIKA yaitu Kak Rhesa Yogaswara alumni Matematika

tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan penilaian bagi

IPB angkatan 37. Berikut hasilnya:

pekerjaannya. Selanjutnya dipertanyakan pula mengenai kepuasan terhadap alumni dan kinerja alumni Dldepartemen Matematika jika dibandingkan dengan alumni dari perguruan ting-


Saat ini apa aja sih kesibukan GUGALTIKA? GUGALTIKA memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1. 2.

Membangun jaringan alumni sebagai penunjang

4.

Pemilihan ketua GUGALTIKA 2016 - 2019 akan dilaksanakan Desember 2015, dengan kandidat sbb: -

Frederick Math41: Business Development

dunia kerja dan usaha

MetroTV. Pelatih Sepak bola IPB yg berhasil

Sebagai sarana untuk meningkatkan positif image

membawa harum nama IPB ke kancah Asia Tenggara di kejuaraan di Malaysia.

departemen Matematika IPB -

Rudi Math46: Seorang analyst perusahaan

Kesibukan saat ini masih membangun infrastruktur dasar

konsultan people management. Ex Ketua

seperti:

Gumatika.

1.

Merapikan dan menyempurnakan AD ART

2.

Mengumpulkan database alumni

3.

Melakukan kaderisasi keorganisasian di IPB karena mayoritas anak Matematika IPB tidak senang berorganisasi

-

Hardono Math45 : PNS konservasi dan litbang kehutanan Indonesia. Ex Ketua MPJ.

-

Abi Math48: Aktuaris AIA Insurance. Ex Ke t u a Pe l a k s a n a I P B M a t h e m a t i c s Challenges yang juga merupakan ketua pelaksana pertama di GUMATIKA yg

Kalau saat ini GUGALTIKA masih membangun infrastruktur,

berhasil menggaet sponsor sangat besar

berarti GUGALTIKA masih baru ya kak?

seperti dari Manulife dan AIA.

Ngga baru-baru banget sih. Gugaltika lahir tahun 2001, ketua pertamanya Kak Ahmed (Ahmad Hendra MarďŹ adi) angkatan

Jadi, kita tidak perlu bingung bagaimana setelah lulus nanti

29, sekjennya Warsito. Namun yang berorganisasi di

karena kita punya GUGALTIKA yaitu organisasi yang

Matematika memang beda dengan jurusan lain ya jadi banyak

membantu dan merangkul para alumni Matematika IPB.

tertidur. Dulu saya diangkat tahun 2010. Sudah lima tahun

Beruntunglah kita sebagi Mahasiswa Matematika IPB, sob!

periode saya yang seharusnya sudah diganti 2013 yang lalu.

Jadi pengen cepet lulus kan?

Oh begitu, jadi seharusnya periode kepengurusannya selama tiga tahun ya kak? Lalu, apa kegiatan terakhir GUGALTIKA untuk para alumni? Nah itu dia, belum ada rumusannya karena AD ART nya belum ďŹ x. Kegiatan terakhir sih Gugaltika sering buat acara dinner gathering di Jakarta. Apa ada kegiatan lainnya? Kegiatan lainnya adalah seperti bagaimana membangun dan membina adik-adik mahasiswa. Contohnya seperti apa kak? Seminar math challenge dan seminar dunia kerja. Seminar ini kerjasama dengan GUMATIKA kok. Oh iya, IMC ya. Lalu bagaimana dengan alumninya, kebanyakan para alumni Matematika IPB bekerja di bidang apa saja sekarang kak? Survey terakhir di tahun 2010 mayoritas guru, yang kedua banker, ketiga IT, keempat research industry, dst. Terakhir, Kak Rhesa juga mengadakan acara gathering silaturahmi bersama para alumni dan beberapa mahasiswa Matematika IPB di Jakarta tanggal 5 Mei 2015. Acara tersebut berjalan lancar dan terselenggara dengan baik dan inilah hasilnya: 1.

Penambahan kas GUGALTIKA

2.

Meeting kecil program sosial GUGALTIKA akan

3.

Reuni akbar akan dilakukan dibulan desember 2015.

dilakukan dalam waktu dekat. Dengan GUMATIKA sebagai pelaksana kegiatan.


Contibutor

Dwilaras Athina

APLIKASI

PERCANTIK PARIWISATA

PERKAYA INDONESIA

S

iapa tak ingin kaya di kawasan kompetensi tinggi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)? MEA bertujuan memperkecil kesenjangan antara negara-negara ASEAN dalam hal pertumbuhan perekonomian. Berbekal sumber daya alam dan masyarakat yang kompetitif, Indonesia sangat berpeluang menjadi pemenang dalam integrasi perekonomian global MEA. Kesempatan untuk berkompetisi dalam MEA pun bukan hanya dari sektor barang dan jasa, namun juga tenaga kerja terampil, investasi atau aliran modal, dan kepariwisataan. Sektor kepariwisataan, dapat digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan objek dan daya tarik wisata di Indonesia. Salah Wahab (1975:55) mengemukakan pariwisata adalah salah satu jenis industri baru yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktif lainnya. Selanjutnya, sebagai sektor yang kompleks, pariwisata juga merealisasi industri-industri klasik seperti industri kerajinan tangan dan cinderamata, penginapan dan transportasi. Indonesia memiliki daerah wisata yang cukup banyak dan tersebar di seluruh provinsi, baik wisata alam dan wisata budaya bahkan wisata agama. Akan tetapi, Data Badan Pusat Statistik tahun 2013 menunjukkan masih banyak perbedaan yang signiďŹ kan dari beberapa objek pariwisata di masingmasing provinsi Indonesia. Sebagai contoh menurut data tahun 2013 provinsi Bali merupakan provinsi paling banyak dikunjungi dibanding provinsi lainnya. Penerimaan tamu asing hingga 4802,70 (dalam ribuan) jauh berbeda dengan provinsi lainnya, contohnya saja provinsi Nusa Tenggara Timur yang hanya 19,80(dalam ribuan). Alasan mengapa banyak objek pariwisata di Indonesia jarang dikunjungi adalah objek pariwisata tersebut kurang dirawat oleh penduduk sekitar atau masih kurangnya perhatian pemerintah. Mahasiswa sebagai agent of change yang tersebar di seluruh provinsi dapat membuat strategi agar pariwisata yang terlantar di Indonesia diperhatikan. Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, mahasiswa dapat mengembangkan software yang berbasis mobile apps maupun web apps. Sebutlah aplikasi yang akan dikembangkan yaitu Aplikasi Percantik Pariwisata Perkaya Indonesia atau Beautify

Tourism Enrich Indonesia (BTEI). Aplikasi BTEI menyediakan tempat bagi mahasiswa yang ingin merekomendasi perbaikan pariwisata. Oleh sebab itu, nantinya mahasiswa dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk perbaikan objek pariwisata masing-masing provinsi mahasiswa tersebut. Alur kerja mahasiswa dan pemerintah dalam menjalankan aplikasi ini yaitu (1) mahasiswa mengirim data-data objek pariwisata sebelumnya yang dikira perlu diadakan perbaikan, (2) mahasiswa merekomendasi perbaikan atau langsung mengirimkan proposal perbaikan objek pariwisata sesuai dengan keinginan mahasiswa tersebut yang tentunya dibawah pengawasan dosen pembimbing, (3) Pemerintah Pusat menyeleksi proposal perbaikan objek pariwisata di masing-masing provinsi dan menjalankan proyek perbaikan, dan (4) Pemerintah Pusat mempromosikan secara luas objek pariwisata yang sudah diperbaiki. Aplikasi BTEI bukan hanya diperuntukan memperbaiki objek wisata pantai dan kelautan, namun juga objek wisata kehutanan, pertanian, souvenir (seperti tekstil, kulit, kayu, dan batu alam), serta akomodasi untuk menuju ke objek pariwisata seperti perbaikan jasa pengangkutan laut, jalan raya, angkutan sungai, dan rel kereta. Setelah perbaikan dilakukan, Pemerintah Pusat berkewajiban mempromosikan objek pariwisata. Promosi pariwisata yang dilakukan pemerintah dapat sekaligus menjadi promosi barang dan jasa di masing-masing objek pariwisata tersebut. Kepariwisataan yang produktif dapat mengalirkan keuntungan yang berlipat dari peningkatan devisa negara, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemerataan kesempatan kerja. Dengan demikian diharapkan dari aksi perubahan yang dilakukan mahasiswa dengan aplikasi BTEI, Indonesia dapat menjadi pemenang integrasi perekonomian global MEA.

Oleh: Dwilaras Athina G54120002 Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


QUOMATH

Interpretasi sel dummy dalam dunia nyata adalah jangan pernah menjadi dummy, sebab akan selalu menjadi prioritas terakhir. -Laras 49, 2015-


you To

We want

be

Dynamath

Contributor

Kategori: 1. Cerita Basi 2. Artikel MEA 3. Puisi 4. Automathobiography 5. Tips and Trick 6. All about math

Syarat & Ketentuan: 1. Mahasiswa/i Mate S1 2. Gabut 3. Free di bulan Juni, Juli, Agustus 4. Suka nulis (ngetik) 5. Udah, itu aja

By: Infokom


KALKULUSIANA

PROFIL Nama

: Kalkulusiana

NIM

: G541300isi-isi

Asal

: Nomaden

Motivasi

: Ingin lebih pintar dari Matematika.

Status

: Mahasiswa (kadang aktif, kadang kurang sinyal)

Ciri Khas

: Kantung mata yang tebal (bukan karena sering begadang, tapi karena sering ketiduran di kelas).

Sedang berusaha memahami arti dari lulus yang sebenarnya.


KALKULUSIANA

ir ta

e C

KALKULUSIANA

S

ebagai mahasiswa, Kalkulusiana selalu berpikir tentang bagaimana nasibnya setelah lulus nan . Sekarang dia ada di jurusan matema ka dan pertanyaannya adalah “gue bisa jadi apa setelah lulus dari jurusan ini?”. Dia memikirkan mata kuliah Kalkulus, “Dari mata kuliah ini, ada engga ya yang bisa dipake di kerjaan nan ? Ah susah kayaknya. Orang kan engga selalu perlu ngitung turunan kalo mau beli barang‐barang… atau ngitung duit sendiri pake integral terus cuma orang yang engga ada kerjaan doang yang ngitung laju perubahan air kran ke ka lagi ngisi air bak mandi.” Selanjutnya dia memikirkan mata kuliah lainnya, Aljabar Linear. Begitu juga dengan Matema ka Diskret. Kalkulusiana dak bisa membayangkan apa yang bisa dia lakukan nan setelah lulus dengan pelajaran‐pelajaran tersebut. Ini membuatnya pusing 7 keliling bara bolak‐balik. Suatu malam, Kalkulusiana duduk di depan jendela kamarnya. Suasanya malam itu tampak hening. Diiringi dengan suara jangkrik yang saling bersahutan secara bergan an. Ada yang cuma “krik” sekali, ada juga yang dua kali “krik‐krik”. Lalu akhirnya jangkrik‐jangkrik itu memain‐

Kejutan Wisuda

kan bunyinya secara bergan an menjadi “krik‐krik‐krik bunyi hujan, sepedaku roda ga, kudapat dari ayah, karena rajin belajar… dumtak‐degces‐woyyy *efekdrum~” Alunan suara jangkrik ini membuat Kalkulusiana engga nyaman. Tapi biar keliatan lebih drama s, dia tetap duduk di tempatnya sambil memandang keluar jendela. Cahaya bulan malam itu masuk ke dalam kamarnya dan memunculkan siluet Kalkulusiana yang lagi duduk merenung. Kira‐kira begini renungannya: “Oh bulan yang lagi terang‐terangnya, bagaimana nasib kejombloanku kuliahku setelah lulus nan ? Apakah ini jalan yang benar? Apakah ini ilmu yang benar? Apakah jurusan ini jurusan yang tepat? Aku merasa seper tersesat. Oh apa yang harus aku lakukan?” Ya begitulah kira‐kira. Ini mirip seper ABG‐ABG labil yang lagi nyari ja diri dengan cara sinetron. Setelah lelah merenung semalaman tanpa jawaban, Kalkulusiana ter dur. Yah yang namanya orang dur pas ada mimpinya kan ya. Sama halnya dengan Kalkulusiana. Malam itu dia bermimpi didatangi oleh Newton, si empunya Kalkulus. Dari mana dia tau kalau itu Newton? Entahlah. Ya biar keren aja bisa dida‐


tangi sama ilmuwan. Newton yang saat itu datang ke mimpi Kalkulusiana, mulai menaseha nya. “Hai Kalkulusiana. Namamu diimplementasikan dari materi matema ka yang aku temukan dahulu. Kau tau apa itu?” Tanya Newton. “HAH SIAPA? INI DI MANA??? DI MANA INI???!!!” Ohiya, Kalkulusiana belom sadar kalau dia lagi mimpi. Jadi mungkin dia syok karena mimpi ketemu Newton ini. “Namamu diimplementasikan dari materi matema ka yang aku temukan dahulu. Kau tau apa itu?” Tanya Newton mengulangi. “Saya… Kalkulusiana.” Jawab Kalkulusiana yang sekarang udah mengendalikan diri. “Aku tau apa yang sedang kamu keluhkan. Lulusan matema ka itu sebenarnya bisa ke mana saja. Bisa ke UI, bisa ke ITB, bisa ke rumah, bisa ke‐liling duniaaa…” “Tapi mana buk nya? Guweh… eh saya belom pernah dengar lulusan matema ka itu sukses di luar sana kecuali jadi guru atau dosen.” “Seper nya percuma meyakinkan kau saat ini. Kau akan benar‐benar tau setelah lulus nan .” Newton memberikan pernyataannya. “Jadi silahkan lulu…” “Tapi saya kan belom lulus.” Jawab Kalkulusiana. “Yaudah cepet lulus dul…” “Kalo gitu, sama aja saya engga dapet info apa‐apa. Bukannya mas Newton dateng buat ngasih penjelasan ya?” Tanya Kalkulusiana. “Iyasih. Aku tak bisa memberi info detail. Namun, sebelum kau lulus, kau harus melihat bagaimana kakak kelasmu lulus.” “Wisuda maksudnya?” “Yoi. Datanglah ke wisuda kakak kelasmu besok pagi. Dan tanyalah kepada mereka apa yang akan mereka lakukan setelah mereka lulus ha ha ha ha ha…” Lalu Newton pun menghilang diiringi efek suara tawa film laga indosi*r. Keesokan paginya Kalkulusiana segera berangkat ke GWW untuk menyaksikan orang‐orang wisuda atas saran dari Mas Newton. Di sekitaran GWW penuh dengan orang‐orang. Kayaknya banyak keluarga atau kolega‐kolega dari si wisudawan/wa yang datang. Kalkulusiana tampak kesulitan untuk masuk ke dalam GWW karena rame oleh orang‐orang.

Kondisinya sekarang sama seper macetnya Bogor di sore hari. Bedanya, antrean macet ini diperankan oleh orang‐ orang. Banyak yang saling mendorong untuk masuk ke dalam GWW. Bahkan ada yang senggol‐bacok‐senggol‐ bacok. “WOI SELOW DONG!” protes seorang bapak‐bapak sangar yang sedang mengantre 2 antrean di depan Kalkulusiana. “WOI JANGAN DORONG‐DORONG DONG!” protes ibu‐ibu gaul‐kekinian‐paruh‐baya di belakang Kalkulusiana. “WOI ADA DUIT SATU JUTA JATOH WOIII!!!” teriak Kalkulusiana memecah keramaian menjadi keheningan. Semua orang yang megantre otoma s liat ke bawah. “Mana duitnya?” Tanya seorang bapak‐bapak heran. “Ah, boong lu ya!” kata seorang anak muda kepada Kalkulusiana. “Engga, gue bukan boong, gue Kalkulusiana.” Jawab Kalkulusiana ngawur. “AH PHP LO! HAJAAARRRR!!!” Tak disangka‐sangka kericuhan terjadi di dalam GWW. Kondisinya gan yang tadinya cuma macet biasa, jadi macet gara‐gara ada demo buruh di tengah jalan, ricuh. Semua ini gara‐gara Kalkulusiana. Beruntung karena kondisi lagi rame, dia lolos dari amukan massa dengan cara berjalan diam‐diam menghindari kericuhan. Dia berjalan keluar dari GWW, mendekat ke Gladiator di seberang GWW. “Fiyuuh… untung bisa lolos.” Kalkulusiana memba n. “Loh? Hape gue mana? Hape gue?” Kalkulusiana yang dari tadi merasa aneh karena dak merasakan sebuah benda kotak mengisi celananya, mulai sadar. Hapenya engga ada di sakunya.

“Loh hape gue mana?! KE MANAAA??? HAPE GUE KE MANA??!! AAARRRRGGGHHHH… Ternyata hapenya ilang dicuri seseorang di dalam GWW tadi saat dia mengantre masuk. Yah namanya juga nasib. Belom sempat menemukan jawaban dari pertanyaannya tentang “kalo lulus, bisa ke mana?”, eh hapenya malah ilang. Meskipun begitu, Kalkulusiana mulai sadar, dia memang tersesat di kampus ini… tapi tersesat di jalan yang benar. Mudah‐mudahan.

Kemalingan, Gan.


LOGIC GAME

MATHRIDDLE PERTANYAANNYA: APA YANG TERJADI???

Di Restoran

A

Pintu Kamar

K

etika aku tiba di rumah sepulang sekolah, tidak ada

seorangpun di sana. Ayah dan ibuku masih belum pulang.

Seperti biasa, setelah mengunci pintu, akupun pergi ke

ku bekerja di sebuah restoran. Larut malam, saat restoran ini

kamarku. Aku kemudian menutup pintu dan berganti baju di dalam

sedang sepi, aku melihat sepasang muda-mudi. Sepertinya

kamar. Saat hendak membuka pintu, aku terkejut. Pintu kamarku tak

mereka berpacaran. Sang gadis tampak antusias bercerita

mau membuka.

pada sang laki-laki. Namun sang laki-laki sebaliknya, ia tampak sangat

Seolah-olah ada yang memeganginya dari luar.

gugup. Bahkan tingkah lakunya sangat mencurigakan. Ia sama sekali

Aku tak mengunci kamarku, jadi seharusnya pintu itu terbuka dengan

tak tersenyum dan hanya mengetuk-ngetukkan jarinya ke atas meja.

mudah. Mungkin saja pintuku rusak, namun pikiran bahwa “ada

Lama-kelamaan, aku menyadari bahwa ketukan jarinya memiliki

seseorang menahan pintuku dari luar” membuatku takut.

irama.

Untunglah kamarku terletak di lantai satu dan sambil membawa

Taptaptap. Tap tap tap. Taptaptap.

telepon genggam, akupun keluar dari jendela. Saat aku berada di luar,

Taptaptap. Tap tap tap. Taptaptap.

beruntung aku bertemu ibuku yang baru saja tiba di depan rumah.

Irama itu sangat catchy sehingga mudah kuingat. Mereka duduk di

“Ibu … pintu kamarku …mungkin ada orang…” aku berkata dengan

sana beberapa lama, hingga suatu saat mereka memutuskan pergi. Aku

terbata-bata karena masih ketakutan. Namun ibuku justru tertawa. Ia

merasa bersalah, mereka mungkin merasa agak terganggu sebab sejak

tak mempercayaiku. Kamipun masuk dan ibu mencoba membuka pintu

tadi aku terus memandangi mereka.

kamarku. Ternyata pintu itu terbuka dengan sangat mudah. Lihat, bisa

Saat membayar bon di kasir, sang gadis tersenyum sangat manis

kan? Jangan berpikir yang aneh-aneh. Rumah ini sudah tua, jadi wajar

kepadaku, sementara sang pria dengan tatapan tajam menatap ke

kalo pintu ini sudah rusak.” Akupun masuk dan ibuku meninggalkan

arahku sebelum akhirnya pergi. Ups, apa ia merasa cemburu? Benar-

rumah sambil tertawa. Dengan perasaan malu, aku membuka kunci

benar pria yang aneh (mungkin depresi). Entah mengapa, perasaanku

jendela dan menatap ke luar. Angin berhembus di wajahku dan aku

menjadi tidak enak. Aku harap gadis itu baik-baik saja.

mulai tertawa. Ah, mana mungkin ada orang mesum masuk ke kamarku? Hari masih siang bolong begini.

Cara menjawab: Jawab Riddle di twitter dengan mention ke twitter Gumatika @gumatikaipb dengan hashtag #MathRiddle. Minimal harus menjawab 1 pertanyaan. Batas waktu Riddle berlaku selama 1 minggu sejak Dyn-Magz dipublish. Dua orang pertama yang bisa menjawab, berhak mendapat hadiah dari tim Dyn-Magaz.


QUOMATH

Kenapa kita jatuh? Agar bisa bangkit kembali. -Refha 50, 2015-


Coming together is a beginning, keeping together is progress, working together is success. Henry Ford

GUMATIKA IPB Alamat: Sekret FMIPA IPB CP Dynamath: 081932306906, Novi Copyright 2015

@gumatikaipb ipbgumatika@gmail.com

gumatika.lk.ipb.ac.id

Dynamath dimensi 3  

Lulus, terus? Ini pertanyaan yang biasa diajukan orang-orang sewaktu masih kuliah. Dynamath dimensi 3 kali ini akan membahas tentang apa-apa...