Page 1

Dynamika Matematika

Dimensi

#1

Hallo Opening, Hallo Gumatika


SHOUT OUT Ketika teriakan membawa berkah

Gimana perasaannya masuk Gumatika??? Sahid 49:

Syifa 49: “ Kalian itu (Guma ka) adalah keluarga yang paling berharga, saranghae.”

“ Mengembangkan diri dan profesionalisme.”

Neli 50: “ Punya amanah baru.”

Daus 50: “ Menjadi pribadi yang lebih baik.”

Mega 50: “ Bikin capek ha dan pikiran tapi asyik.”

Hesty 49: “ Seru karena ketemu orang baru, banyak tantangan baru.”

Novi 49: “ Seru banget jadi lebih kenal sama civitas matema ka *cieegitu.”

Refha 50: “ Seru tapi belum berasa gregetnya.”


Dedi 49: “ Banyak belajar, banyak teman, banyak pengalaman.”

Egita 50: “ cape, padet tapi asyik dan seru banget.”

Tya 50: “ Asyik tak seper yang dibayangkan.”

Arin 50: “ Keliatan simple, tapi maju satu langkah aja penuh perjuangan dan pembelajaran.”

Choi 50: “ Dapet keprofesionalan disini.”

Merli 50: “ Sesuatu,, awalnya berpikir “A” tapi kenyataannya malah “B”.” Yuli 49: “ Bahagia karena dapat keluarga baru.”


FUTSAL|BASKET|VOLI|BADMINTON|TENIS MEJA|CATUR|ATLETIK DOTA|PES|PUISI|KARIKATUR|FOTOGRAFI|AKUSTIK

MATHEMATICS

“Colour your world with sport and art”

In 11 - 18 February 2015

GUMATIKA

@gumatikaipb gumatika.lk.ipb.ac.id C. Fajri (0896-6941-7680)


QUOMATH

Belajar peluang tuh jangan pake perasaan. Hitung aja dulu. Karena terkadang perasaan suka salah. -I Wayan Mangku, 2015


G Apa alasan anda mencalonkan diri untuk menjadi ketua GUMATIKA? A l a s a n s ay a m e n c a l o n k a n d i r i s e b a g a i ke t u a GUMATIKA adalah, yang pertama saya mendapatkan dukungan dan dorongan dari kakak kelas (math47) dan yang kedua saya mempunyai visi dan misi yang bisa membawa GUMATIKA menjadi lebih maju dan berkembang. Selain itu, saya juga ingin mencapai salah satu pencapaian hidup saya, yaitu sebagai seorang pemimpin dalam sebuah organisasi. Menjadi ketua GUMATIKA, pasti anda memiliki beberapa kesibukan. Kira-kira kesibukan apa saja yang saat ini anda jalani? Saat ini saya sedang memulai membangun hubungan eksternal dengan dosen Matematika, hal ini dilakukan agar Dosen lebih tau dan bisa lebih dekat dengan anggota maupun pengurus GUMATIKA. Selain itu saya juga sering melakukan silaturahmi dengan ketua LK yang lainnya. Dan karena saya seorang mahasiswa, saya juga memiliki kegiatan kuliah pada umumnya. Sebagai ketua GUMATIKA periode saat ini, apakah harapan anda untuk GUMATIKA saat ini? Saya berharap, pengurus GUMATIKA tahun ini memiliki ciri khas sendiri dan bisa menjadikan GUMATIKA lebih maju. Dan saya juga berharap, GUMATIKA periode saat ini memiliki ikatan kekeluargaan yang sangat erat, sehingga semua anggota dapat menjalankan proker GUMATIKA bersamaan tanpa harus melihat divisi mereka. Untuk yang terakhir nih, kasih dong motivasi untuk pengurus GUMATIKA saat ini. Saya cuma mau bilang, ayo kita bikin GUMATIKA periode ini untuk menjadi tempat yang mengembangkan dirimu, dan dapat memberikan kalian tanggung jawab. Bikin kesan yang baik setelah kepengurusan selesai.

DEDY IRAWAN PRIHANDOKO

PRO- KETUA FIL GUMATIKA Nama : Dedy Irawan Prihandoko Panggilan : Dedy TTL 1994

: Ngawi, 20 April

Asal

: Bekasi

Hobby : Backpacker (ga tau cara nulisnya), main game, baca buku No hp

: 085771743895


PROFIL

Nama : Ryvanu Adi Nugroho Panggilan : Vanu/Komti TTL : Jakarta, 13 Januari 1995 Asal

5

WAKIL KETUA GUMATIKA

: Jakarta Timur

Bagaimana perasaan anda setelah anda menjadi wakil ketua GUMATIKA? Menurut saya, tidak ada yang special. Tapi yang saya rasakan ya, pekerjaan saya semakin banyak. Namun gak sebanyak yang dibayangkan, karna saya juga masih bisa bermain bersama teman-teman saya seperti biasanya. Anda bilang banyak kerjaan yang anda dapatkan setelah menjabat, jadi kesibukan apa yang anda lakukan untuk

Hobby : Mendengarkan musik, makan

saat ini?

No hp

ketua apabila dia sedang berhalangan, dan membantu

: 089604161361

Kesibukan saya sebagai wakil ketua GUMATIKA yaitu saya mem-backup semua dan menggantikan sang bapak bapak ketua dalam mengkonsep kebijakan yang akan diterapkan di GUMATIKA untuk periode ini. Dan untuk saat ini saya sedang menyiapkan acara terdekat, yaitu acara bakti sosial. Ok. Kira-kira apa harapan anda untuk kepengurusan GUMATIKA periode ini? Harapan saya, kita harus lebih banyak memberi, sadar dan peduli untuk sesama anggota GUMATIKA. Dan jangan melihat apa yang telah GUMATIKA berikan kepada kita, tapi lihatlah apa yang telah kita berikan untuk GUMATIKA. Dan lakukan pekerjaan dengan profesionalitas. Untuk yang terakhir, kasih dong motivasi untuk pengurus GUMATIKA periode saat ini. Jangan dibawa susah, kerjakan dengan senang hati dan iklas. Dan jangan lupa Live, Love, Laugh.

RYVANU ADI NUGROHO


KEILMUAN VIOLIN

GUMATIKA HARMONI

PROKER

1. PAMM (Pembinaan Akademik Mah Matematika) - Bimbel Guma - Try out 2. MR (Matematika Ria) - 14-15 Nove 2015 3. Math Club - Tutor - Olimpiade 4. Bindes - 8 Maret 2015 - 31 Mei 2015

BPG CELLO

BPG adalah sebuah badan yang bertugas untuk mengawasi kegiatan Gumatika sehari-hari. Biasanya, tiap Departemen dan Biro didamping oleh masingmasing 1 BPG. Tugas BPG tak hanya mengawasi saja, tetapi juga berlaku sebagai penyelesai masalah jika ada konik di dalam dan di luar Gumatika.

INFOKOM CLARINET

PROKER

1. Pubinfo - Mading - Web dan Twitter - Majalah Online 2. Sesi Poster -Mei 2015 3. Buku Tahunan - Akhir kepengurusan Infokom adalah departemen yang mengurusi masalah informasi, komunikasi, dan desain.

BPH HARMONIKA

BPH adalah petinggi dalam Himpro Gumatika yang mengurusi bagian harian Gumatika, seperti rapat kabinet, save our sekret, pengecekan proposal ke DPM, memantau proker-proker Departemen dan Biro, dan lainnya.

PSDM ACCORDION

1. 3x Upg

PROKER

2. TnT (T 3. Birthd 4. Sport PSDM adalah Departemen y Selain itu PSDM juga mengu Matematika.


hasiswa

ember

KEWIRUS GARPU TALA

Keilmuan adalah Departemen yang mengurusi bagian pendidikan dan akademik mahasiswa Matematika.

PROKER

Jersey Math, Nobar, Baju lapang, Math ice, Jaket civitas, Danus harian.

Kewirus adalah sebuah biro yang tugasnya menggalang dana dan usaha untuk memenuhi kebutuhan ďŹ nansial Gumatika.

PUBLIC RELATION PIANO

PROKER

1. Aksioma (Aksi Kunjungan Silaturahmi Organisasi Mahasiswa Matematika) - 25 April 2015 2. IMC (IPB Mathematic Challenge) -20 September 2015 3. Fieldtrip - 7 Oktober 2015

PR atau Public Relation adalah Departemen yang mengurusi bagian eksternal Gumatika. PR memperluas jaringan antara pengurus Guma dengan alumni (Gugaltika) atau dengan perusahaan.

/

grading -21 Maret 2015 21 Juni 2015 11 Oktober 2015 Training and Talkshow) day Gift and Art yang menangani bagian internal di Gumatika. urus komunitas olah raga dann seni yang ada di

MATH EVENT CYMBAL

PROKER

1. G5 League - Sesi 1: 11 Februari 2015 - Sesi 2: Desember 2015 2. WCM (Welcome Ceremony Mathematics) - 4 September 2015 3. Rataci (Ramah Tamah Civitas Akademik) - 21-22 November 2015

Math Event adalah Departemen yang mengurusi bagian event-event internal yang diselenggarakan oleh Matematika untuk mahasiswa Matematika.


PRESS RELEASE

G5 League 2015

SERUNYA PERTANDINGAN ANTAR ANGKATAN Walaupun G5 League sudah selesai, semangat dan atmosfernya masih terasa. Haaaaiiiiiiiii.........

G

umatika baru aja ngadain proker pertamanya nih yaitu G5-League. G5-

League itu salah satu proker yang ada di Gumatika yang isi acaranya

perlombaan-perlombaan yang tandingnya antar angkatan gitu. Cabang

lombanya juga macem-macem loh, ada olahraga dan seni juga. Cabang lomba olahraganya ada futsal, voli, atletik, basket, bulutangkis, dan tenis meja. Dicabang seninya ada akustik, karikatur sama baca puisi. Oh iya hampir lupa, ada pertandingan PES sama DOTA juga loh. Pokonya seru banget deh. Ini daftar pemenang dari tiap pertandingannya: Cabang olahraga: Futsal

Putra: 49

Basket

Putri: 48++

49

Putri: 50

Putra: 49 Sprint

Putri: 50 Tenis Meja

Putra: 48++

Voli

Putri: 49

Putra: 49 Maraton

Putra: 48++

Putra: 49 Estafet

Putri: 50

Bulutangkis

48++

PES

Putri: 50 50

DOTA

47++

/ ŀ ōŀ ƴƎ ǎŜƴƛр Akustik

49

Karikatur

49

Baca Puisi

50

Dari hasil diatas, kita bisa liat kalo yang jadi juara umum adalah angkatan 49. Tapi inti dari acara ini adalah bukan mencari angkatan mana yang lebih baik, melainkan agar kita bisa mengembangkan bakat yang kita miliki dibidang olaharaga dan seni. Selain itu, acara ini juga bisa menjadi awal bagi kita Matematika untuk menghadapi ajang SPIRIT FMIPA 2015.


What they said about G5 League Menyeng(mate 50) Seru banget, apalagi 50-nya... tapi kalo bisa tahun depan tempat tanding futsal lebih bagus lagi Ryvanu(MATE 49) G5 League tahun ini acaranya seru, keren, dan menginspirasi 8)... mantap

M.Fiki(MATE 48) Dringend(mepet) tapi kece

Puput(MATE 49) Walaupun terlalu terburu-buru, yaa paling ngga bisa jadi ajaang pemanasan atlet-atlet menuju spirit... Go Fight Win! Refha(MATE 50) Hmm kurang greget, seperti asal jadi...

Lina Amalia(MATE 49) G5L keren, atletnyaa juga... semangaat buat spirit

Restu(MATE 48) Tak terduga, banyak kejadiaan di luar ekspektasi, ada yang baik ada yang buruk, banyakin publikasinya aja yaa... Hendar (MATE 48) Seru, walaupun ada beberapa hal yang kurang memuaskan tapi gak masalah hehe, semangat kedepannya


SPECIAL REPORT

P E L A N T I K A N

G U M A T I K A

H A R M O N I 2015

BPH

Kewirausahaan

Keilmuan

Math Event

PSDM

Para Petinggi

Infokom

Public Relation

PELANTIKAN SELESAI PROKER DIMULAI

D

i awal bulan Februari merupakan bulan yang cukup bersejarah nih buat pengurus Gumatika 2014/2015‌ kenapa? Soalnya di bulan ini mereka dilantik dan disahkan oleh BPG (Badan Pengawas Gumatika) yang artinya mereka mulai menjalankan proker departemen mereka masing-masing. Kegiatannya terbilang cukup formal dimana semua pengurus memakai almamater

kebanggaan (read: IPB). Pelantikan ini dihadiri oleh seluruh anggota kepengurusan Gumatika yang baru. Kegiatan inti meliputi pelantikan BPH dan semua ketua departemen, baru dilanjutkan oleh anggota masing-masing departemen. Setelah semua mengikrarkan janji suci, akhirnya para pengurus secara sah menjadi anggota Gumatika 2014/2015.


SPECIAL REPORT

P E N G U K U H A N

L 2 K 0 1 I 5 P B

UNTUK PERTAMA KALINYA SELURUH LK BERKUMPUL DI GWW

B

ukan cuma pelantikan oleh BPG aja nih, ternyata tahun ini (baru di tahun ini, perdana loh) ada pengukuhan yang langsung dipimpin oleh rektor tercinta kita. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh lembaga kemahasiswaan yang ada di IPB. Bertempat di GWW, Kegiatan ini dihadiri sekitar 3000 mahasiswa pengurus LK di IPB, dari KM hingga himpro pun turut hadir. Rangkaian acaranya

kurang lebih sama dengan pelantikan, cuma bedanya setiap ketua LK menandatangani surat pengukuhan yang dipimpin langsung oleh rektor. Ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada para pengurus LK di IPB. Semoga para pengurus bisa menjalani proker-proker mereka dengan baik dan bertanggung jawab. Selamat untuk seluruh pengurus Lembaga Kemahasiswaan di IPB tahun 2014/2015.


GUMATIKA HARMONI / /

/

GUMATIKA HARMONI /

Selaras, indah, dan lebih berwarna sehingga terbentuk Harmoni, demi Gumatika yang lebih baik

M

usik adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Hampir setiap hari kita mendengar musik bersenandung lewat apa saja. Contohnya ketika kita lagi berjalan di bara, pastinya kita akan mendengar musik dangdut berkumandang, atau ketika di kampus, pasti ada saja mahasiswa bersenandung lagu lewat mulutnya. Ibarat kata, musik itu seperti jantung manusia yang berdetak setiap saat. Musik selalu berdetak di telinga kita, entah itu lagu ataupun suara angin sepoi-sepoi yang berhembus bagai alunan musik. Semua jenis musik menghasilkan harmonisasi yang indah. Seburuk-buruknya musik, pasti ada harmonisasi yang terlibat di dalamnya. Gabungan nada, suara, tempo, dan irama membuat harmonisasi yang bisa kita nikmati sebagai musik. Gumatika kabinet Harmoni. Kepengurusan Gumatika sekarang mengambil tema Harmoni. Harmoni yang berarti keselarasan dalam alat musik. Dalam hal ini, diharapkan anggo-

ta Gumatika dapat berselaras dan bersinergi satu sama lainnya. Dan diharapkan anggota Gumatika agar bisa merasakan kebersamaan untuk semua proker yang dimiliki Gumatika (tidak ada departemenisasi). Masing-masing kita unik, yaitu memiiki ciri khasnya masing-masing. Jika kita lihat lebih mendalam, kita akan melihat bahwa ada sebuah hubungan yang dapat menyatukan kita tanpa melihat sebuah perbedaan yang ada. Namun, walaupun kita bersatu, kita tetap menjadi diri kita sendiri.

Life is like a piano. The white keys represent happiness and the black keys show sadness. But as you go through life's journey, remember that the black keys also makes music. GUMATIKA HARMONI, 2015


KOMUNITAS GUMA

KOMUNITAS GUMATIKA A

nak Matematika bisanya cuma ngitung doang, Ah masuk Matematika palingan juga kerjaan belajar doang. Eitsss, kata siapa? Jangan percaya ya sama doktrin-doktrin tadi. Ngerasa bosen sama pelajaran Matematika? Wah bagus tuh, berarti saatnya untuk coba gabung di Komunitas Gumatika. Lumayan kan buat menghilangkan jenuh akibat setiap hari belajar Teorema, DeďŹ nisi, Aksioma, dan kawannya. Nah, ada komunitas apa aja sih di Komunita Guma ini? Ini dia jawabannya:

KOMUNITAS OLAH RAGA

GUMAVOLI

Gumavoli ini merupakan komunitas dari anak-anak mate yang menyukai voli pada umumnya dan dari anak-anak mate yang ahli voli pada khususnya. Gumavoli sendiri memiliki prestasi juara satu voli putra pada Spirit 2014. Gumavoli sendiri di-PJ-in sama kak Fariz. Jadi, kalo kalian berminat untuk bergabung bisa tuh hubungin kak Fariz. Tempat latihan biasanya Gumavoli di GOR Lama IPB dan waktu latihannya pas kalo ada event. Jadi dateng aja yaaa pas latihan.

GUMAFUTSAL

Gumafutsal ini adalah tempat berkumpulnya anak- anak cakep yang suka futsal. Latihannya juga rutin loh hari Jumat jam 9 di Heis. Gumafutsal sendiri di-PJ-in sama kak Irul si tukang bubur, wkkkwkk maaf ya kak..... Jadi dateng aja pas latihan kalo mau gabung.

GUMATON

Nah.... Buat kalian yang suka badminton ini nih tempatnya. Gumaton sendiri punya jadwal latihan hari Sabtu jam 1 siang di GOR Lama IPB. Gumaton sendiri punya PJ yang bisa dihubungin kalo mau gabung ke Gumaton, yaitu kak Syamsul. Tapi kalo kalian mau gabung sih, datengdateng aja pas lagi latihan, karena Gumaton terbuka buat siapa aja anak mate yang mau gabung.


GUMASKET

Buat kalian yang suka basket dan pingin bisa main basket, kalian bisa ikut nih di Gumasket. Gumasket latihan di GOR Lama jam 6 pagi pada hari sabtu dan minggu di GOR Lama. Saat ini di- PJ-in sama Nata. Gumasket memiliki prestasi yaitu juara 1 Basket Putri SPIRIT 2014. Jadi ayo yang mau daftar silahkan dateng aja pas latihan.

GUMATEJA

Gumateja merupakan komunitas yang menampung kalian para penyuka tenis meja baik cowok maupun cewek. Gumateja saat ini di-PJ-in sama kak Laras yang kita tau jago main tenis mejanya. Jadi nggak perlu diragukan lagi Gumateja kita ini. Prestasi yang diraih oleh Gumateja adalah juara 1 Tenis Meja SPIRIT 2014. Jadi ayoo daftar sekarang.

GUMATIK

Ayooo gaeess yang mau dan jago atletik gabung sama Gumatik yang pasti akan menampung kalian semua. Gumatik sendiri memiliki prestasi Juara 1 SPIRITuntuk cabang marathon putra dn sprint putra serta marathon putri di juara ke-2. Saat ini Gumatik di-PJ-in sama kak Irul. Jadi pasti seru deh Gumatik kita.

KOMUNITAS SENI

Dung... tak... dung... tak... tak... siapa yang tau bunyi apa itu.... yaaa itu adalah salah satu bunyi yang digunakan digumakusi. Gumakusi merupakan komunitas musik yang menggunakan alat-alat bekas sebagai

GUMAKUSI

alat musik. Gumakusi memiliki jadwal latihan hari Rabu jam 19.30 di depan Dekanat FMIPA. Prestasi yang sudah diraih adalah Juara 1 SPIRIT 2014 dan Juara 3 IAC 2014. Saat ini Gumakusi di-PJ-in sama ka Ryvanu. Jadi bagi yang berminat bisa hubungin kak vanu yaaa.....

Nah bagi kalian yang suka banget sama akting dan sandiwara, bisa nih daftar disini. Gumateater sendiri merupakan komunitas yang di-PJ-in sama kak Lina(ipeh) jadi kalo kalian mau ikutan gabung, daftar aja yaa sama kak Ipeh. Gumateater sendiri memiliki jadwal latihan kalo ada event jadi

GUMATEATER

pasti rame banget tuh. Prestasi yang sudah diraih Gumateater adalah Juara 3 SPIRIT 2014, jadi sudah pasti tau kan kehebatan Gumateater...

Gumatari adalah komunitas yang akan menampung bakat menari kalian, jadi bagi kalian yang pengen nari ayoo gabung kesini. Gumatari saat ini di-PJ-in sama kak Neli, dan waktu latihannya sendiri kalo ada event, jadi kalo mau gabung daftar aja ya sama kak Neli.

GUMATARI

MOTHER

FATHER


Kalo kalian suka akustikkan sama main musik ini nih tempatnya. Gumakustik saat ini sendiri di-PJ-in sama kak Faris dan waktu latihannya sendiri kalo ada event. Jadi, kalo kalian mau bergabung bisa daftar aja ke

GUMAKUSTIK

MUSIC

kak Faris, terus datang deh pas latihan...

Kalian para cowok yang yang bisa nyanyi (tepatnya nasyid) kalian bisa daftar nih disini. Gumavoice sendiri saat ini di-PJ-in sama kak Fadli, oh iya perlu diingatkan kalo Gumavoice hanya buat kalian para COWOK yaaa. Oh iya, untuk waktu latihannya Gumavoice latihan saat ada event, tapi

GUMAVOICE

jangan salah Gumavoice kita nggak perlu dipertanyakan lagi kehebatannya. Gumavoice sendiri telah meraih Juara 1 SPIRIT 2014. Jadi ayoo gabung kesini.

Gumagambar adalah komunitas yang menampung para pemilik kemampuan dan kemauan untuk menggambar, jadi kalo itu kalian gabunglah disini. Gumagambar saat ini di-PJ-in sama kak Rina dan slalu latihan pas kalo ada event, jadi nggak makan waktu kalian.

Kalo kalian suka foto-fotoin kejadian atau pemandangan disekitar kalian, kalian bisa tuh gabung di komunitas ini. Saat ini komunitas ini di-PJin sama kak Novi dan selalu latihan minimal 1 kali perbulannya di lantai 2 Statistika. Jadi ayo gabung kesini dan salurkan minat bakat kalian.

GUMAGAMBAR GUMAGRAFI

Nah itu semua tuh komunitas yang ada di Matematika. Banyakkan? Maka dari itu kita harus tunjukkan kalo kita sebagai matematikawan nggak cuma bisa ngitung rumus dan buktiin teorema. Akan tetapi, kita juga bisa ahli dibidang olah raga dan seni. Jadi , mana komunitas mu????

MUSIC

MOTHER

FATHER


/

UPGRADING 1 GUMATIKA 21 Maret 2015 DON‛T MISS IT, GUYS!

By: PSDM


QUOMATH

Belajar matematika seperti belajar mobil. Anda tidak bisa hanya melihat orang lain. Coba pegang kemudi tersebut dan rasakan. Nabrak kanan kiri sedikit tidak apa-apa. Lama kelamaan anda akan lancar. -I Wayan mangku, 2012-


SPECIAL REPORT

SPIRIT 2015

TANTANGAN MATEMATIKA MEMPERTAHANKAN JUARA UMUM

Math on SPIRIT on MIPA Faculty. Dengan kata lain, SPIRIT itu

T

juara umum cabang olahraga ini. Departemen Matematika

perlombaan antar departemen yang ada di Fakultas

sudah memenangkan juara umum untuk cabang olahraga

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dalam

sebanyak dua kali yaitu ketika tahun 2013 dan 2014. Dan

ahukah kalian SPIRIT itu apa? Yups, SPIRIT itu

Matematika. Yupss, dengan perjuangan yang sangat

singkatan dari Sport Competition and Art Festival

panjang dan menegangkan akhirnya kita bisa memenangkan

perlombaan ini di bagi menjadi dua cabang perlombaan,

tahun 2015 ini, semoga kita bisa mempertahankan juara

yaitu perlombaan untuk cabang Sport dan perlombaan

umum ini. Aamiin.

cabang Seni. Perlombaan diadakan selama dua minggu, dan untuk perlombaan seni biasanya dilakukan di minggu akhir.

Cabang olahraga yang diperlombaan antara lain: Sepak

Siapakan juara umum untuk cabang olah raga? Kalian pasti

bola, Basket, Futsal, Voli, dan masih banyak lagi. Apakah

bangga karena yaaa juara umum untuk cabang olahraga

kalian sudah siap untuk menjadi pencetak sejarah kembali?

SPIRIT 2014 yaitu departemen kebanggaan kita yaitu

Sejarah yang telah di goreskan oleh kakak-kakak kita.


Apakah kita bisa mempertahankannya? (Tanyakan pada diri

ďŹ nal, dan semoga tim sepak bola kita ini bisa menang di ďŹ nal

sendiri).

nanti. Aamiin.

Math on SPIRIT.

Untuk lomba seni akan dilaksanakan pada tanggal 14-15

Pembukaan SPIRIT 2015 dilakukan pada 20 Februari 2015

mulai untuk latihan rutin. Seperti perkusi yang setiap

kemarin. Setelah ituuuu, untuk pertama kali kita,

malam setelah pertandingan mereka siap dan sigap tak

Maret 2015. Dan bisa kita lihat nih para seniman kita sudah

Matematika bertanding setelah pembukaan itu.

kenal lelah untuk latihan dan berjuang untuk

Pertandingan pertama kita yaitu pertandingan basket

mempertahankan juara tahun lalu. Dan kalo kalian lewat

putra melawan departemen BIOKIMIA. Hari berikutnya

kortan kalian pasti akan melihat tim yang sedang menari

yaitu pada hari Sabtu tanggal 21 Febuari 2015 ada

dan senam. Yupss, mereka adalah para Aerobikers, pejuang

pertandingan voli putri melawan departemen GFM dan

Aerobik kita yang selalu latihan sampai pagi.

alhamdulilaah yah kita bisa menang . Selain itu FYI basket putri kita masuk FINAL loh. Dan juga voli putra kita juga

Pokoknya buat para SOULMATH, kita harus berjuang

masuk ďŹ nal . Untuk Sepak bola, alhamdulillah kita masuk ke

bersama. GO! FIGHT! WIN!

Data sampai dengan 28 Februari 2015


MATHERVIEW

Fariz Ananda

Matherview: Edisi SPIRIT

ATLET SERBA BISA

Y

ah pasti udah pada kenal lah sama yang namanya Fariz Ananda ini. Mahasiswa Matematika IPB angkatan 49 ini ternyata engga cuma bisa hitung-hitungan dan membuktikan teorema aja loh. Doi ternyata juga punya bakat lain di luar perkuliahannya. Bisa dibilang kalo Fariz ini multitalent. Yuk, kita simak wawancara kita dengan Kak Fariz ini mengenai julukan (yang dia bilang sendiri) Atlet Serba Bisa ini.

Sekedar berani dan mau, InsyaAllah pasti bisa. Fariz, 2015


Oke Kak Fariz, lagi sibuk apa nih sekarang? Biasa ada sibuk film nih… hahaha. Dih serius -_- ntar ditanyain IPK kuliah nih. Eh jangan-jangan haha. Sibuk apa ya? Lagi sibuk mayor SPIRIT nih untuk beberapa minggu ini dan ke depan. Loh kok mayornya jadi ganti SPIRIT? Karena ini event-event setahun sekali di fakultas kita, jadi mayor ini harus diikuti. Jadi lo tiap tahun ambil mayor ini kak? Tahun kemaren ngambil, engga? Tahun kemaren sih ngambil, sekarang ini udah yang kedua kalinya. Mungkin tahun depan yang ketiga, udah, yang terakhir. Ya aturannya sih sebenernya tiga kali. Doain aja gue sampe tiga kali aja, ya hahaha… Emang SPIRIT-nya ikut apa aja? Kalo tahun kemaren… apa aja ya? Voli, basket, bola, terus dramus, akustik, apalagi ya? Udah sih. Cuma yang paling fokus itu basket sama dramus. Terus kalo tahun ini? Tahun ini voli, basket, terus bola, daftar doang tapi kemaren engga main, soalnya bareng sama basket jadi engga mau cape. Lagian nanti jadi maruk banget. Pemain kan juga banyak. Kalo emang ada pemain kan engga usah dipaksain main, bagi-bagi jatah aja. Apa lagi ya? Ohiya gue tenis meja juga didaftarin coba haha. Kalo lomba seninya? Kalo seni sih palingan dramus, bantu-bantu aja kalo emang kurang pemain. Akustik juga, bantu-bantu kalo kurang pemain. VOKAL GRUP JUGA haha. Hahaha… itu lo emang berbakat di sana atau cuma garagara engga ada orang terus nolongin lagi? Karena emang serba bisa dan yang lain engga bisa haha. Yomaaan hahaha… Bukannya mau sombong, cuma tinggi hati ya haha sama aja. Cuma ya, sebenernya emang bukan bisa atau engga tapi mau atau engga mau. Banyak kok sebenernya yang bisa, tapi ya emang pada ma… ya gitulah. Jujur kalo futsal gue juga engga bisa-bisa, maksudnya ya gue mau dan kalo latihan tetep ikut. Tapi tahun kemaren futsal tuh emang banyak yang minat jadi gue bilang ke pelatihnya “Jar, gue engga usah dimasukkin, pemain udah banyak”. Jadi Kak Fariz itu bisa dibilang atlet serba bisa dong? Serba mau sih.

Jadi Kak Fariz nganggep diri kakak berbakat atau… Bisa. Gini loh, misalkan gue bisa main gitar, ya gue bisa, cuma sekedar bisa. Bukan orang yang jago. Ada yang lebih jago lagi di mate. Valen lebih jago. Dulu ada Kak Udin, lebih jago juga. Jadi gue cuma jadi pelengkap. Ya sekedar bisa. Kalo dramus, awalnya gue engga ikut tahun lalu. Cuma karena kurang orang jadi ikut. “Riz, ikut dramus.” “Oke, siap.” Dan tau-tau gue jadi pemeran utama cowok, gue dijadiin yang gantengnya haha. Ya sekedar berani dan mau, InsyaAllah pasti bisa. Itu bagi waktunya gimana, Kak? Aa… Kuat-kuatin aja. Sebenernya kayak kemaren tuh sempet nge-drop. Ya mungkin karena makannya lupa. Yang berat tuh sebenernya dramus, perkusi, aerobic, itu yang berat, pasti pulangnya sampe malem. Sampe jam 2, jam 3, bahkan sampe jam 4. Kalo basket pasti subuh mulai latihannya. Jadi yang biasanya nge-drop yang ikut basket sama antara 3 seni tadi. Yang seni latihannya dari malem sampe subuh, eh jam 5nya lanjut lagi. Nah kuliahnya juga udah maksain, malah jadi sakit. Tahun kemaren gara-gara SPIRIT, yang sakit kak Hendar. Sakit tipes gara-gara mayor SPIRIT. Ya tapi gapapa lah, demi mate. Sampe “Ndar, kuliah gak?”, “Engga dulu lah haha. Kuliah gampang. Kuliah itu 2 minggu sebelum UTS.” Jadi sekarang beneran mayor SPIRIT? Iya lah, mate harus juara terus lah tiap tahun. Malu kalo engga dipertahanin gelarnya. Kak, tema majalah bulan ini kan tentang Pembukaan gitu kak. Majalah baru, kepengurusan baru, dan lain-lainnya itu serba baru. Nah kenapa Kak Fariz lebih milih masuk Guma? Karena… Jujur dari SMA engga pernah ikut organisasi. Jadi engga berani kalo langsung ke BEM atau lainnya. Itu ruang lingkupnya udah luas, jadi ya Guma aja lah yang masih di Departemen. Kan tahun lalu udah Guma ya Kak, udah pengalaman dong. Kenapa masih di Guma lagi? Ya namanya juga udah jatuh cinta, gimana dong? Haha. Harapan buat Guma untuk kepengurusan tahun ini apa? Harapannya makin terus maju, makin lebih baik dari tahun sebelumnya. Ya pokoknya kata-kata klise lah, buat penyemangat. Tapi intinya bertindaklah, jangan hanya berkata.

Rapid Question Bakat atau kerja keras? Kerja keras SPIRIT atau Matematika? Matematika

Mau, tapi bisa kan? Ya bisalah dikit-dikit.

Himpro atau kuliah? Himpro Olah raga atau seni? Olah raga, deh


GOLONGAN DARAH

GOLDAR GOLDAR A B O

Sementara tampak tenang, mereka memiliki standar tinggi seperti (perfeksionis) bahwa mereka cenderung bola saraf di dalam. Tipe A adalah yang paling artistik dari golongan darah. Mereka bisa pemalu, apik, dapat dipercaya, dan sensitif. Tujuan berpikiran berorientasi dan kuat, tipe B akan memulai sebuah tugas dan terus sampai selesai, dan diselesaikan dengan baik. Tipe B adalah individualis kategori golongan darah dan menemukan cara mereka sendiri dalam hidup.

Jenis O adalah keluar, dan sangat sosial. Mereka adalah inisiator, walaupun mereka tidak selalu menyelesaikan apa yang mereka mulai. Kreatif dan populer, mereka senang menjadi pusat perhatian dan tampil sangat percaya diri.

AB

Jenis AB adalah kepribadian membagi kelompok darah. Mereka bisa menjadi keduanya keluar dan pemalu, percaya diri dan pemalu. Sedangkan bertanggung jawab, tanggung jawab terlalu banyak akan menimbulkan masalah. Mereka dapat dipercaya dan suka membantu orang lain.

A B O AB

Kompatibilitas dengan Grup Darah: A is most compatible with A and AB B is most compatible with B and AB AB is most compatible with AB, B, A and O O is most compatible with O, and AB


KALKULUSIANA

PROFIL Nama

: Kalkulusiana

NIM

: G541300isi-isi

Asal

: Nomaden

Motivasi

: Ingin lebih pintar dari Matematika.

Status

: Mahasiswa (kadang aktif, kadang kurang sinyal)

Ciri Khas

: Kantung mata yang tebal (bukan karena sering begadang, tapi karena sering ketiduran di kelas).


KALKULUSIANA

ir ta

e C

A

KALKULUSIANA

walnya Kalkulusiana engga tertarik sama sekali masuk organisasi. Boro‐boro masuk organisasi, masuk kuliah aja sering salah kelas, apalagi nan , bisa‐bisa salah masuk organisasi. Di jurusan Kalkulusiana, ada organisasi yang namanya Guma ka, Gugus Mahasiswa Se a Kawan. Di sini orang‐orangnya dituntut untuk jadi orang yang punya jiwa kese akawanan yang nggi, tak se nggi Gunung Joyowijoyo sih, namun se nggi cintaku padamu… oh jodohku… Memasuki semester ke‐4nya, Kalkulusiana banyak melihat temannya sibuk sana‐sini, ikut kepani aan sini‐situ, nongkrong di sekret ini‐itu, sampai pulang malem dan nginep di kampus itu‐itu. Semua ini membuat Kalkulusiana heran dan bertanya‐tanya, “ngapain sih orang‐orang ini?” Atas kekepoan yang begitu nggi, Kalkulusiana mendapat gagasan bagus. Dia ingin bergabung di organisasi jurusannya, Guma ka. Sebelumnya, dia hanya menjadi mahasiswa kupu‐ kupu, kuliahpuniya‐kuliahpun dur. Hari itu, balah Open Recruitment (Oprec, bukan Oplet) ke p e n g u r u s a n G u m a ka 2 0 1 4 / 2 0 1 5 . O p r e c i t u mempersilahkan para mahasiswa ngkat 2 dan 3 untuk menda ar sebagai pengurus atau ketua Guma ka.

MASUK GUMA

Melihat hal ini, Kalkulusiana dak nggal diam. Dia juga langsung ambil bagian dalam kepengurusan baru ini. Tidak tanggung‐tanggung, Kalkulusiana mengambil formulir untuk menda ar sebagai ketua Guma ka yang baru. Alasannya satu, supaya menjadi an ‐mainstream. Kalkulusiana memersiapkan segala persyaratannya, seper foto dengan gaya alay, surat rekomendasi dosen, fotokopi KTM mahasiswa angkatan atas‐pertengahan‐bawah, surat kelakuan baik dari polisi setempat, surat izin mengemudi, kartu keluarga, kartu BPJS, wah banyak deh persyaratannya. Semua persyaratan itu disimpan di dalam amplop berwarna polkadot. Memang aneh persyaratannya. Setelah semuanya lengkap, Kalkulusiana dengan pedenya menyerahkan semua berkas ke BPG, Badan Penyayang Guma ka. “Kak, saya mau menyerahkan formulir Balon (Bakal Calon) ketua Guma ka yang baru.” Kata Kalkulusiana dengan pedenya sambil membusungkan dada. “Loh kamu yakin mau da ar jadi Balon ketua Guma ka?” “Wess, iya dong kak. Kesempatan untuk jadi pemimpin jangan sampe disia‐siakan.” Jawab Kalkulusiana dengan


bijak. “Eh, tapi kan…” “Tapi kenapa kak? Kakak ragu sama kemampuan saya?” Tanya Kalkulusiana heran. Si kakak BPG mau menjawab soal pendapat Kalkulusiana tadi, namun dengan cepat dipotong oleh Kalkulusiana. “Kakak jangan gitu lah. Mentang‐ mentang saya masih junior ngkat 2, kakak jadi meragukan saya!” “Buk…an” “Udahlah kak, saya tau.” Kalkulusiana memotong pembicaraan. “Saya tau yang nan jadi ketua Guma kakak kelas ngkat 3, kan? Tapi saya mau coba buk in ke semuaaaa orang kalau saya pun bisa jadi ketua Guma. Kakak liat aja nan !” Ada keheningan sejenak sejak kalimat terakhir Kalkulusiana tadi. Kakak BPG terdiam beberapa saat. “Kok diem kak? Terpana sama pernyataan saya?” Merasa menang, Kalkulusiana melanjutkan. “Makanya kak jadi orang jangan suka meremehkan orang lain. Syukur‐syukur ada yang mau da ar. Coba kalau engga ada, gimana coba? Kakak tuh harusnya berterima kasih sama saya karena sudah mau jadi calon pemimpin masa depan Guma, dan juga…”

“BUKAN GITU ,OII.” “Lah terus kenapa?” tanya Kalkulusiana dengan herannya. “DEADLINE‐NYA UDAH LEWAT 15 MENIT YANG LALU. KAMU TELAT NGUMPULIN BERKASNYA, JADI KAMU GAGAL JADI BAKAL CALON KETUA” “HAH? SERIUSAN KAK? ARRRRGGHHH…” “MAKANYA DENGERIN DULU ORANG NGOMONG!” Yah begitulah akhirnya, dia engga lihat tanggal kadaluwarsanya. Akhirnya dengan ini Kalkulusiana resmi menjadi mantan bakal calon ketua Guma ka periode 2014/2015. Baru juga jadi calon bakal calon, belum jadi calon, udah gagal duluan. Ini sama aja kayak kalah sebelum bertanding. Dan ini sama aja kayak mau nembak cewek, tapi sebelum ngomong “aku suka sama kamu, kamu mau engga jadi pacar aku?”, si ceweknya udah bilang “sorry ya, kalo kamu mau nembak aku, aku engga mau, bye!”. Itu lebih sakit sob daripada udah ngomong terus ditolak. Hikss nasib.

Pertamax, Gan.


LOGIC GAME

MATHRIDDLE PERTANYAANNYA: APA YANG TERJADI???

PENCURIAN BANK

T

erdengar laporan ke New York police Department bahwa bank setempat telah dirampok. Detektif Elliot Stabler & Detektif Olivia Benson sudah dikirim ke tempat kejadian. Detektif Stabler yakin perampoknya belum pergi jauh dan memutuskan untuk mencari di daerah sekitar. Mereka mencari ke tempat Nicole's Laundromat (tempat mesin cuci koin), namun tidak berhasil. Lalu mereka mencari ke Broadway Grill, tempat makan, sekali lagi mereka tak menemukan apa-apa. Bangunan terdekat berikutnya adalah Dave's Digital Photos. Mereka masuk kedalam dan bertanya pada pemiliknya lalu melihat-lihat ke sekitar. Mereka tidak menemukan apa-apa, tapi mereka melihat ruangan kecil di belakang bangunannya. Ketika Detektif Benson meminta untuk melihat kedalam, pemiliknya bilang “Itu adalah Darkroom (kamar gelap) ku, tempat dimana foto-fotoku di buat. Jika kamu membuka pintu dan cahaya masuk, itu akan merusak semua foto-foto yang ada di dalam.” Tapi Detektif Benson menjawab, “Okay, tapi sekarang kami akan menangkapmu. Kamu adalah perampok bank itu, dan uang itu disembunyikan di bangunan ini.”

PRIA GANTUNG DIRI

D

i sebuah ruangan tanpa jendela yang terkunci dari dalam, seorang pria ditemukan mati gantung diri. Kakinya tidak menyentuh lantai. Ruangannya benarbenar kosong. Tidak ada meja, kursi atau apapun disana selain pria dan tali yang menggantung di langit-langit. Hanya ada genangan air di bawah kakinya. Bagaimana cara pria itu bunuh diri masih belum diketahui.

PRIA TUA TERJUN

D

i sana ada seorang pria tua yang tinggal sendirian. Ia merasa sangat lelah ketika ia ingin pergi kekamar mandi. Ketika keluar dari kamar mandi, ia mematikan lampu sebelum pergi tidur. Pagi harinya ia mendengar berita lewat radio bahwa ada kapal laut yang menabrak karang. Pria itu menyesal lalu membuka jendela dan melompat terjun dari tempat tinggalnya itu.

Kirim jawaban kamu ke Sekret Gumatika IPB dan menangkan hadiah yang tak terduga dari kami. Semoga kalian kaget dengan hadiahnya.


A

GUMATIKA PRESENTS

KSIKSIOMA OMA

Aksi Kunjungan Silaturahmi Organisasi Mahasiswa Matematika

Coming Soon! 25 April 2015 /

Road to UNDIP

By: Public Relation


QUOMATH

Terkadang gua pengen ninggalin atletik, futsal, sama bola. tapi gak bisa. karena gak ada yang bisa bikin gua nangis, sedih, seneng, kecewa selain olah raga. -Irul 49, 2015


THE BIGGEST GAME EVER

MATEMATIKA ROAD TO FINAL WATCH US ON THE GAME

Final Sepak Bola

Perebutan Juara 3 Futsal

MAT Vs KIM

MAT Vs KIM

Sabtu, 7 Maret 2015 At 16.30 WIB

Minggu, 8 Maret 2015 At 11.00 WIB

Supported by: At Gymnasium IPB /


WELCOME TO GUMATIKA HARMONI 2014/2015

@gumatikaipb ipbgumatika@gmail.com

gumatika.lk.ipb.ac.id

Dynamath dimensi 1  

Pengen tauuuuu, apa sih Gumatika? Apa aja yang ada didalamnya dan kesibukan mereka? Cuma orang-orang yang serius dan rapat doang tiap hari?...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you