Issuu on Google+

INDONESIA EDITION

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

FOKUS & OPINI | P2

(GETTY IMAGES)

Bumi Masuki Periode Kerap Gempa

MOBILE : M.EPOCHTIMES.CO.ID | WEBSITE : WWW.EPOCHTIMES.CO.ID | EDISI 250 | 10 - 16 MEI 2012

Hugh Hendry:

LOOK INSIDE

Optimis Terhadap AS, Pesimis Terhadap RRT

(THE EPOCH TIMES)

Mengungkap Tujuan Alien Mengincar Bumi

ZHANG DONGGUANG The Epoch Times

KEHIDUPAN | P3

Kota Ordos di Provinsi Mongolia Dalam, RRT, adalah kota hantu yang sedikit sekali penduduknya, dan oleh penduduk setempat dijuluki “Dubai RRT”. Foto menunjukkan jalanan yang sepi. (AFP PHOTO / MARK RALSTON)

(THE EPOCH TIMES)

Mengenal Kentang Lebih Dekat KESEHATAN | P4

Hancurnya Fantasi Obama Terhadap PKT B

YI LIN The Epoch Times

(THE EPOCH TIMES)

Kualitas Pendidikan Memprihatinkan LINTAS BUDAYA | P6

Pada 5 Mei Washington Post menerbitkan komentar sehubungan peristiwa Chen Guangcheng baru-baru ini. Pengaruh yang terjadi dalam hubungan RRT-AS telah menghancurkan fantasi Obama terhadap Partai Komunis Tiongkok.

elakangan ini terjadi kontroversi diplomatik AS-RRT sehubungan dengan Kedubes AS di Beijing memberi perlidungan sementara kepada Chen Guangcheng yang melarikan diri dari tahanan rumah, sehingga membuat hubungan kedua negara kembali ke kondisi lama yang tidak menyenangkan. Sejak pertemuan antara Nixon dan Mao Zedong pada 1972, RRT-AS pernah berkali-kali menghadapi situasi menyerupai sekarang ini. Mereka seakan selalu berupaya menahan diri menghadapi suatu perubahan besar yang kelak tak dapat diprediksikan. Ini jelas telah memengaruhi hubu-

ngan kedua belah pihak, namun masih tidak sampai merusak hubungan mereka, karena setiap pihak sama-sama yakin hubungan mereka sangatlah penting dan tidak boleh terjadi kerugian besar. Ketika 3 tahun lalu Hillary sebagai menlu AS mengunjungi negara-negara Asia, dia menyatakan bahwa mereka mengharapkan kerja-sama ASRRT memasuki suatu era baru, tidak lagi dipengaruhi oleh perdebatan antara kedua-belah pihak sehubungan dengan laporan mengenai penahanan terhadap masyarakat pro demokrasi, Lama Tibet dan lain-lain yang dianiaya hingga meninggal.

Bersambung ke hal 7

Darah Paling Purba Ditemukan di Tubuh Mumi Iceman Oetzi

Icemen Oetzi yang terkubur selama 5.000 tahun lebih di daerah pegunungan Alpen adalah mumi alamiah yang tersimpan paling purba dan paling sempurna dewasa ini. (AFP PHOTO / ANDREA SOLERO)

LUO DONGPING The Epoch Times

Penelitian terhadap tubuh mumi Icemen Oetzi yang terpendam selama 5.000 tahun lebih di pegunungan Alpen, telah berhasil menemukan peninggalan darah manusia yang paling purba dalam sejarah, demikian menurut pendapat para ilmuwan peneliti dari Jerman dan Italia.

M

ereka menggunakan metode Skala Nano, dengan mikroskop bertenaga atom menganalisa contoh darah yang diambil

dari irisan jaringan tubuh Oetzi yang luka terpanah dan robek di bagian tangan kanannya. Para ahli mengidentifikasi kematian Oetzi karena terpanah, dan ujung panah masih tertinggal di dalam tubuhnya. Oetzi diperkirakan lahir pada 3300 SM. Penelitian tersebut dilakukan oleh Center for Smart Interfaces dari Darmstadt Technical University bersama Center for Nano Sciences Munich, Jerman. Pemimpin team peneliti Albert Zink (46), warga negara Jerman, adalah dekan Institute for Mummies and the Iceman dari Bolzano European Academy. Jasad Oetzi ditemukan di permukaan sungai es pada 1991 oleh dua pendaki gunung Jerman. Nama Oetzi diambil dari suara

bahasa Jerman nama tempat jasad ditemukan, kini mumi Oetzi disimpan di Museum Arkeologi South Tyrol Bolzano, Italia, adalah mumi alamiah yang paling utuh dan purba dewasa ini. Sejak 20 tahun lalu hingga sekarang, para ilmuwan telah mengumpulkan data gigi, usus, dan perut dari jasad Oetzi secara utuh. Melalui analisa dengan metode iptek tinggi, disimpulkan tinggi Oetzi sekitar 160 cm, berat badan lebih kurang 50 kg, golongan darah O, mata dan rambut berwarna coklat, serta meninggal pada usia lebih kurang 45 tahun.

Mestinya pengacara tuna netra Chen Guangchen dengan tongkatnya berjalan sendiri baik-baik, namun sialnya ia tiba-tiba diseret oleh menlu AS Hillary Clinton yang sama-sama “tuna netra” dalam karikatur Washington Post tertanggal 5 Mei ini. Celakanya mereka berdua telah salah jalan dan bersama-sama memasuki perangkap yang dipasang oleh PKT, “jepret”! Tertangkap sudah… Keadaan kasus ini persis seperti yang digambarkan karikatur tersebut. Kali ini AS tidak memerankan lakonnya dengan baik dan tidak berhasil menjalankan misinya, malah menjadi santapan PKT. (WASHINGTON POST)

Icemen juga memiliki kutukan? Sejak Icemen Oetzi ditemukan hingga sekarang, sedikitnya 7 nyawa orang yang terkait telah melayang secara tidak normal, di antaranya Helmut Simon, salah seorang penemu Iceman, meninggal dalam suatu pendakian gunung salju. Konrad Spindler, ketua regu peneliti Iceman Austria, meninggal terserang penyakit kanker, dan lain-lainnya. Teringat akan mitos pengaruh kutukan Firaun, maka ada yang mengatakan icemen juga memiliki kutukan. Akan tetapi juga ada ilmuwan yang berpendapat bahwa Icemen tidak beralasan untuk mengutuk orang yang menemukannya. (tys)

PARADE BUDAYA DAN PAWAI BUNGA 2012: Parade budaya dan pawai bunga dalam rangka memperingati hari jadi kota Surabaya ke719 diikuti oleh 70 peserta dari berbagai instansi di Jawa Timur pada Minggu (6/5). Parade dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Surya, Surabaya. (ROBERT PUDYANTO / THE EPOCH TIMES)

Melihat ekonomi RRT selama jangka waktu panjang, Manajer Investasi dari ‘Eclectica Asset Management‘ yang dijuluki “Fund Predators” – Hugh Hendry, sudah cukup lama tidak menulis artikel, dan juga lama tidak muncul dalam acara wawancara khusus di TV, karena para nasabahnya “melarangnya untuk tampil di media massa”. Situs blog Macro Business dari Australia beberapa hari lalu memberitakan, sejak Hendry merilis video yang membicarakan efek busa sabun sektor properti di RRT dengan jumlah rumah kosong yang membeludak, dalam suatu jangka waktu tertentu ia selalu pesimis terhadap RRT. Karena terlalu awal memiliki pandangan pesimis ini, maka banyak pesaingnya yang menilai pandangan Hendry salah. Namun sebenarnya ia justru terus meraup keuntungan tanpa menempatkan dana di RRT. Dalam surat kepada para nasabahnya baru-baru ini, Hendry justru semakin pesimis terhadap RRT dan Jepang, namun sebaliknya ia optimis terhadap AS. Hendry menulis, “Banyak orang telah memperhatikan, tahun ini sangat istimewa. Kekhawatiran pasar terhadap pertumbuhan jangka panjang RRT telah menggantikan kekhawatiran terhadap krisis hutang Eropa. Dan posisi AS sebagai pemimpin perekonomian dunia sama sekali tidak terlampaui oleh RRT. Ada orang berpendapat, dalam 10 tahun ini RRT bakal menggeser AS sudah merupakan suatu konsensus, namun dibandingkan dulu kami justru semakin optimis terhadap pertumbuhan ekonomi AS.” Ia menjelaskan, “Terobosan dalam pertambangan gas alam dan minyak serpih, ditambah lagi dengan adanya restrukturisasi hutang negara dan upah buruh, AS sedang menciptakan sebuah titik peralihan baru yang bersejarah. Jika membandingkan keduanya, kami justru semakin pesimis terhadap pertumbuhan ekonomi RRT, sehingga kami pun menilai pesimis terhadap kebanyakan harga saham dan produk industri di Asia.” Ia berkata, “Saya sangat tertarik pada sebagian saham AS, tetapi sangat khawatir Jepang mungkin akan menjadi pusat perhatian berikutnya yang akan menyeret seluruh dunia. Dilihat dari sisi positif, saya yakin kita akan semakin mendekati titik awal pasar ‘bullish’ (jika bukan pasar bullish pada 1932, juga akan sangat mungkin pasar bullish pada 1982).” Dilihat dari pandangan Hendry, masalah yang dihadapi ekonomi saat ini adalah hasil akhir dari stabilitas nilai tukar mata uang (seperti Euro dan RMB terhadap USD), sangat mungkin akan menciptakan ketidakstabilan dunia seperti di tahun 1920 dan 1930. Ia menuliskan, “Pada saat itu, kurs tetap relatif menjadi standar di seluruh dunia. Kini, (mata uang Euro) Uni Eropa dan RMB yang menempel pada USD telah menjadi dua mekanisme besar penetapan kurs tetap.” Menanggapi kebijakan perdagangan luar negeri RRT dan RMB yang menempel pada USD, Hendry berpendapat, “Setelah RRT diterima di WTO, melemahnya USD menyebabkan bursa NASDAQ rontok, nilai perdagangan riil USD menurun drastis. Awalnya, bagi RRT ini adalah suatu keuntungan besar.

Bersambung ke hal 7


2

FOKUS DAN OPINI Bumi Masuki Periode Kerap Gempa

The Epoch Times

Dalam waktu 24 jam selama 11-12 April, seluruh dunia terjadi 6 kali gempa berkekuatan 6,0 SR (Skala Richter) ke atas, di antaranya di wilayah laut dekat Sumatera, Indonesia bahkan terjadi gempa kuat 8,5 SR. Banyak yang merasakan baru-baru ini gempa kerap kali terjadi, terutama di wilayah seputar Samudera Pasifik. Pakar umumnya beranggapan, saat ini pergerakan kerak bumi telah memasuki periode yang sangat aktif. Pada Maret 2010, majalah AS Lancet menerbitkan laporan riset yang mengatakan, dalam 10 tahun terakhir, di seluruh dunia gempa telah menewaskan sebanyak 780.000 jiwa, hampir mencapai 60% dari total seluruh korban bencana alam yang terjadi di dunia. Sebanyak 2 miliar jiwa lainnya terkena dampak langsung akibat gempa. Laporan tersebut menyebutkan, selama satu dekade terakhir ini, 3 gempa yang paling mematikan adalah gempa di Haiti pada 12 Januari 2012 yang berkekuatan 7,0 SR dan menewaskan lebih dari 300.000 orang ; kemudian disusul di posisi kedua, gempa di wilayah perairan Samudera Hindia dekat pulau Sumatera, Indonesia pada 26 Desember 2004 yang menewaskan lebih dari 200.000 orang; dan di posisi ketiga adalah gempa pada 12 Mei 2008 di Wenchuan, RRT, menewaskan hampir 70.000 jiwa. Selain itu gempa 9 SR di timur laut Jepang terjadi pada 11 Maret 2011. Gempa tersebut memicu gelombang tsunami terbesar setinggi 40,5 meter yang menewaskan sedikitnya 15.854 jiwa dan 3.155 jiwa lainnya hilang, lalu 26.992 orang lainnya luka-luka, serta merusak 1.168.453 rumah, dan juga menyebabkan kebakaran serta kebocoran reaktor nuklir. Itu merupakan gempa terbesar yang pernah diamati dan dicatat di Jepang, juga menimbulkan gelombang tsunami yang terparah, merupakan bencana alam yang mendatangkan kerusakan paling parah di Jepang setelah PD II. Wilayah Lingkar Pasifik Kerap Terjadi Gempa Presenter dari situs Stasiun Gempa RRT Sun Shihong baru-baru ini mendapati, memasuki abad ini di seluruh dunia telah terjadi berkali-kali gempa berkekuatan besar, terutama gempa di Indonesia pada 26 Desember 2004 lalu yang berkekuatan 9,0 SR, lalu gempa 8,0 SR di Wenchuan tanggal 12 Mei 2008, kemudian gempa di Chili berkekuatan 8,8 SR pada 28 Februari 2010, serta gempa 9,0 SR di Jepang tanggal 11 Maret 2011. Sun Shihong menyatakan, dilihat sekarang ini, frekuensi gempa berskala 8 ke atas di seluruh dunia meningkat pesat beberapa tahun terakhir ini, setara dengan level aktivitas gempa paruh pertama abad sebelumnya. Paruh pertama abad lalu frekuensi aktivitas gempa juga agak tinggi, lalu melemah di paruh kedua, memasuki abad ke-21 aktivitas gempa kembali menunjukkan tandatanda peningkatan, “Seandainya aktivitas gempa memiliki masa periodik setiap 100 tahun sekali, maka saat ini

Vonis Dulu, Baru Cari Bukti Sebenarnya, kedamaian dan manfaat Falun Gong telah menyebar luas ke seluruh dunia, para pe-tinggi PKT termasuk Jiang Zemin sendiri tidak hanya sudah tahu sejak awal, bahkan sanak keluarga para anggota tetap Politbiro PKT pun berlatih Falun Gong, ini sudah bukan rahasia lagi. Sebelum 1996, di Distrik Zhi-zhuyuan, Kota Beijing, ada seorang praktisi Falun Gong yang datang ke rumah Jiang Zemin untuk mengajarkan Falun Gong kepada istrinya, Wang Zhiping. Karena dalam Falun Dafa tidak ada rahasia apa pun, semua terbuka, tidak memandang jabatan, hidup manusia hanya puluh-an tahun, siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat? Siapa yang akan menentang

Riset modern menunjukkan, bumi telah memasuki periode kerap gempa yang luar biasa besar. Foto merupakan puing-puing istana negara Haiti yang hancur diguncang gempa. (GETTY IMAGES)

mungkin kita kembali memasuki tahap kerap terjadinya aktivitas gempa berskala besar.” Sepanjang abad ke-20 gempa terbesar di dunia terjadi pada 22 Mei 1960 di Chili, dengan kekuatan 9,5 SR dan dalam waktu sebulan terjadi 2 kali gempa 8,0 SR, dan juga 10 kali gempa 7,0 SR. Gempa yang dahsyat tidak hanya mengakibatkan 6 gunung berapi meletus, tapi juga membentuk 3 gunung api baru, dan mengubah total paras negara Chili. Peneliti Rusia juga pernah meramalkan dengan blak-blakan, dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, di seluruh dunia akan terjadi gempa bersifat pemusnahan massal, kekuatannya akan jauh melebihi gempa yang menyebabkan tsunami tahun 2004 di Indonesia. Kesimpulan ini berdasarkan hasil penelitan pakar gempa Rusia yang berhasil merumuskan catatan proses gempa dan memprediksi modus terjadinya gempa tersebut. Pakar bernama Vladimir Kosovo Nabokov dari Institut Riset Geomatematika dan Teori Prediksi Gempa Internasional di Russian Academy of Science mengatakan, pusat gempa itu mungkin akan terjadi di salah satu dari 5 wilayah yang diperkirakan, yakni: sambungan lempengan antara AS dan barat Kanada, Chili, Kashmir, Pulau Sumatera Indonesia, dan Samudera Hindia dekat Kepulauan Andaman. Ramalan Unik Gempa Tiongkok Kuno Seperti anggapan banyak ilmuwan modern, saat ini ramalan gempa merupakan masalah yang sulit dipecahkan di dunia, namun ilmu pengetahuan Tiongkok kuno sejak dulu kala telah memiliki suatu metode unik untuk memprediksi gempa. Menggunakan fenomena perubahan langit, pergerakan tata surya serta penyatuan pemikiran manusia dengan Langit, sejak beribu tahun lalu, masyarakat Tiongkok telah memiliki metode dan cara efektif untuk meramalkan gempa. Meskipun

suatu ajaran yang mengajarkan kebaikan pada manusia? Oleh karena itu, di berbagai tempat latihan Falun Gong di Beijing, banyak pejabat dari berbagai instansi dan dengan berbagai latar belakang serta jabatan datang untuk berlatih, mulai dari instansi pusat, kementerian negara, pensiunan kader, semuanya menerima Dafa tingkat tinggi dari Master Li Hongzhi ini, dan staf dari sistem keamanan publik pun tidak sedikit yang ikut berlatih. Akan tetapi PKT yang lahir dengan kekerasan, terutama golong-an seperti Luo Gan yang secara khusus menangani sistem kediktatoran, merasa sangat tidak tenang melihat Dafa bermoralitas tinggi ini berkembang hingga mencapai hampir seratus juta orang hanya dalam waktu beberapa tahun saja, dan selalu menganggap Falun Gong sebagai sasaran yang harus diawasinya.

gempa merupakan pergerakan di dalam kerak bumi, namun gempa memiliki suatu korelasi dengan salah satu fenomena tertentu di alam semesta. Catatan mengenai gempa dalam sejarah Tiongkok, paling awal dimuat di Zhu Shu Ji Nian, yang menguraikan masa akhir Dinasti Xia, sekitar abad ke-19 SM, gempa yang terjadi pada 3.800 tahun silam, ini adalah catatan gempa tertua Tiongkok kuno yang dapat ditelusuri. Para ahli gempa kuno juga sudah sejak awal menyadari, setiap kali terjadi fenomena aneh di alam, suara dan gas tidak biasa yang keluar dari gunung, keanehan pada hewan dan tumbuhan, mereka memiliki pengamatan yang sangat tepat terhadap jejak aneh langit dan bumi di alam 3 dimensi manusia. Metode memprediksi gempa yang sering mereka gunakan ada dua jenis: pertama, mengamati bintang, dalam catatan Tiongkok kuno tercatat ratusan pengalaman memprediksi gempa dengan cara mengamati bintang. Kedua adalah mengamati tanah, yang berusia lebih muda daripada mengamati bintang, terutama dimulai sejak Dinasti Ming (abad XV). Memprediksi bintang dengan mengamati tanah terutama berdasarkan keadaan tidak normal secara makro di atas maupun di bawah tanah atau memprediksi gempa dengan mengamati keadaan tidak wajar dekat ke permukaan tanah. Pandangan arus utama di zaman Tiongkok kuno menganggap, gempa diakibatkan oleh “hilangnya keseimbangan Yin dan Yang”, terutama berhubungan langsung dengan perilaku tidak baik seorang penguasa, itu adalah peringatan Langit terhadap umat manusia. Dan setiap kali terjadi gempa atau bencana alam lainnya, penguasa akan mencari penyebabnya pada diri sendiri, introspeksi perilaku diri sendiri, raja akan mengakui kesalahannya sendiri. Eksisnya induksi antar langit dan manusia mengindikasikan, setiap pergerakan yang terjadi di alam semesta, sebenarnya berasal dari manusia sendiri. (lie)

Pada 1996, Wakil Menteri Penerangan Xu Guangchun, mengumpulkan semua redaktur dari 10 surat kabar terbesar di pusat untuk rapat, meminta agar surat kabar Guangming Daily menerbitkan artikel yang memfitnah Falun Gong, serta meminta surat kabar besar lainnya ikut mengutip berita tersebut. Setelah itu, Biro Penerbitan dan Berita yang berada di bawah naungan Departemen Penerangan PKT mengeluarkan instruksi ke semua Biro Penerbitan dan Berita di seluruh provinsi untuk melarang penerbitan buku Zhuan Fa Lun, Zhong Guo Fa Lun Gong dan lain-lain, yang waktu itu merupakan buku-buku terlaris di Beijing, dengan alasan buku tersebut “menyebarkan ajaran sesat”. Demi meraup aset politiknya, Xu Guangchun hendak menyematkan sebuah sebutan “ajaran sesat yang rendah” terhadap Falun Gong. Bersambung ke hal 7

Bab VI : PKT Merusak Kebudayaan Bangsa

Merusak benda-benda budaya Perusakan terhadap benda-benda budaya (peninggalan kuno) juga merupakan bagian penting dari perusakan kebudayaan tradisional oleh PKT. Di dalam kampanye “menjebol empat unsur usang”, berapa banyak buku-buku tunggal (tulisan tangan) dan karya-karya kaligrafi dan lukisan yang disimpan dengan hatihati oleh para intelektual, semuanya

10 - 16 Mei 2012

Pilihan Moral Dalam Tsunami Politik Petinggi PKT Kini saatnya untuk bersikap, rakyat menunggu terlalu lama, perubahan drastis pasti terjadi, di dalam pertarungan antara lurus dan jahat tidak ada penonton netral.

Rangkaian Editorial 9 Komentar Mengenai Partai Komunis (66): Berbagai kelompok religius telah tercerai-berai di bawah tindasan kekerasan oleh PKT. Para elit sejati dari kalangan agama Buddha dan Tao telah ditindas, yang tersisa sudah banyak kembali menjalani kehidupan duniawi. Sementara itu masih ada banyak anggota Partai Komunis yang terselubung, mereka secara khusus mengenakan kasaya46), jubah pendeta Tao ataupun jubah pastur untuk menginterpretasikan secara serong isi kitab Buddha, kitab Tao dan Alkitab, dan mencari dalil dari kitab-kitab tersebut bagi keperluan gerakan PKT.

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

Laporan Khusus The Epoch Times

Mengekspos Kembali Fakta Sejarah Puluhan Ribu Praktisi Falun Gong Ajukan Petisi 25 April (2) The Epoch Times

TheEpochTimes

dibakar dan dihancurkan menjadi bubur kertas. Di rumah Zhang Baojun tersimpan lebih dari 10.000 jilid buku, oleh pentolan tentara merah, dijadikan bahan bakar untuk menghangatkan badan, sisanya dikirim ke pabrik kertas untuk dihancurkan jadi bubur kertas. Seorang kakek ahli memperbaiki karya kaligrafi dan lukisan bernama Hong Qiusheng, yang dijuluki orang sebagai “dokter ajaib” untuk karya kaligrafi dan lukisan kuno. Dia pernah menyelesaikan penempelan karya-karya agung kelas dunia dalam bidang kaligrafi dan lukisan yang jumlahnya tak terhitung, seperti lukisan pemandangan karya kaisar Dinasti Song, Huizong47), lukisan bambu Su Dongpo48), dan lukisanlukisan karya Wen Zhengming49) dan Tang Bohu50). Lebih dari beberapa dekade, sebagian besar dari ratusan karya kaligrafi dan lukisan kuno yang telah dia selamatkan dari kehancuran dan menjadi koleksi nasional kelas satu. Karya-karya kaligrafi yang disimpannya dengan

mencurahkan segenap upaya, kini dengan tiga kata “Empat Unsur Usang” habis dilalap api. Setelah kejadian ini, bapak tua Hong berkata dengan mengucurkan air mata,“Karya kaligrafi dan lukisan seberat 100 jin51) (50 kg) lebih, membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk membakarnya!” 52) Ketika hal-hal duniawi datang dan pergi Kuno, moderen, hilir mudik Sungai dan gunung tak pernah berubah kemegahannya Dan tetap menjadi saksi dari jalan kecil ini 53) Apabila orang Tionghoa zaman sekarang masih mempunyai sedikit ingatan terhadap sejarah, mereka mungkin merasa berbeda ketika mendeklamasikan puisi Meng Haoran ini. Tempat-tempat historis di pegunungan dan sungai yang terkenal di Tiongkok telah rusak dan musnah dalam badai kampanye “menjebol empat unsur usang”. Tidak hanya Paviliun Anggrek, tempat dimana Wang Xizhi54) menulis

Demi untuk meraih posisi tinggi, Luo Gan terus menciptakan fenomena tidak stabil, agar semua orang memperhatikan pekerjaannya di Komite Politik dan Hukum, sehingga dapat memberinya peluang untuk dinaikkan menjadi salah satu anggota Komite Politbiro PKT. (INTERNET)

karya Pengantar Kumpulan Puisi yang Digubah di Paviliun Anggrek55) bukan saja telah dirusak, bahkan kuburan Wang Yizhi sendiri juga dirusak. Bekas tempat tinggal Wu Cheng’en56) di Provinsi Jiangsu telah dihancurkan, bekas tempat tinggal Wu Jingzi57) di Provinsi Anhui telah dihancurkan. Batu prasasti tulisan pujangga kuno Su Dongpo (pujangga Tiongkok kuno yang tersohor dari Dinasti Song) Gubuk Pemabuk di Tepi Jalan58) dirobohkan oleh “revolusionis muda”59), dan tulisan di atas prasasti tersebut dikerok hingga rontok. Saripati kebudayaan Tiongkok telah diwariskan dan diakumulasikan lebih dari beberapa ribu tahun. Sekali rusak, tidak dapat diperbaiki lagi. Tetapi PKT secara biadab menghancurkannya dengan mengatasnamakan “revolusi” tanpa merasa bersalah ataupun malu. Ketika kita menyesalkan Tentara Sekutu Inggris-Prancis membakar habis Istana Musim Panas Kuno, yang juga dikenal sebagai “istana dari segala istana”, ketika kita menyesalkan karya monumental Ensiklopedia Yongle60) ludes akibat api perang kaum agresor, bagaimana dapat kita mengantisipasi bahwa

Sejak Februari lalu, situasi politik di RRT mengalami serangkaian peristiwa besar yang menarik perhatian dunia. 6 Februari malam, kepala Biro Keamanan merangkap wawalikota Chongqing, Wang Lijun, yang melarikan diri ke Konjen AS di Kota Chengdu, dengan mengungkap kasus rencana memberontaknya Bo Xilai (pemimpinnya sendiri di Chongqing) dan Zhou Yongkang (pemimpin Komite Politik & Hukum yang membawahi bidang keamanan seluruh negeri). Sebulan kemudian, Bo Xilai dilengserkan dari jabatan. Anggota tetap Politbiro PKT, Zhou Yongkang, yang mendukung Bo Xilai dan mendapat kekuasaan di luar hukum, pembengkakan kekuasaan, serta penindasan yang dilakukannya terhadap Falun Gong pun semakin jelas muncul ke permukaan. 27 April, pengacara HAM tuna netra dari Shandong yakni Chen Guangcheng melarikan diri ke Kedubes AS di Beijing, lagi-lagi memusatkan perhatian dunia terhadap situasi HAM yang terjadi di RRT serta sisi gelap kekuasaan Zhou Yongkang yang mengepalai Komite Politik dan Hukum. Tak Sesederhana Konflik Internal Petinggi PKT Mungkin ada orang berpendapat, serangkaian peristiwa tersebut hanyalah semacam pertikaian internal antara sesama petinggi PKT semata. Sebenarnya tidak sesederhana itu. Badai tsunami politik ini telah mengungkap latar belakang sejarahnya yang sangat luas, yang akan menentukan bahwa perubahan situasi kali ini tidak bisa disepelekan, kini peristiwa ini telah berkembang menjadi saatnya bagi rakyat yang menuntut keadilan untuk menentukan pilihan moral bagi masa depan Tiongkok sendiri. Selama 63 tahun pemerintahan PKT, terlalu banyak sudah kejahatan yang dilakukannya terhadap rakyat. Dalam perjalanan panjang selama 5.000 tahun sejarah Tiongkok, tidak ada satu pun dinasti atau kekuasaan politik yang memperlakukan rakyat Tiongkok sekejam PKT. Bahkan di masa damai, ratusan juta rakyat Tiongkok ditindas, telah menewaskan 80 juta jiwa rakyat secara tidak wajar, atau setara dengan 13 kali lipat korban pembantaian Yahudi oleh Hitler, juga setara dengan lebih dari 200 kali lipat jumlah korban tewas dalam peristiwa Pembantaian Nanjing oleh Jepang. Penindasan brutal yang dilakukan oleh partai komunis terhadap tubuh fisik, mental, juga adat budaya Tiongkok, terutama terhadap ratusan juta rakyat Tiongkok yang meyakini metode kultivasi “Sejati, Baik, Sabar” selama 13 tahun lamanya, yang merupakan penindasan yang lebih sadis lagi dan dibenci orang. Saat ini, karena kejahatan yang dilakukannya terhadap rakyat Tiongkok, PKT pun semakin mendekati akhir dari perjalanannya. Akibat dari penindasan terhadap Falun Gong dalam jangka waktu yang sangat panjang telah terungkap seluruhnya, tak ada seorang pun yang mampu meneruskan penindasan ini, juga tidak ada yang dapat menutupi fakta ini. Di tengah masyarakat Tiongkok, baik petinggi pemerintahan, pejabat menengah bawah, maupun rakyat biasa, merasa sangat tidak senang akan penindasan terhadap Falun Gong. Apalagi perlawanan secara damai oleh ratusan juta praktisi Falun Gong, telah membuat penindasan ini sulit untuk diteruskan, terhentinya penindasan pasti akan terealisasi suatu saat nanti. Pemimpin tertinggi PKT yakni Hu Jintao (presiden RRT), Wen Jiabao (PM), dan Xi Jinping (calon pengganti Hu) sama-sama tidak bersedia memikul tanggung jawab atas penindasan terhadap Falun Gong yang diprakarsai oleh Jiang Zemin. Sementara kekuatan Jiang Zemin, Zhou Yongkang, dan Bo Xilai, justru masih terus melakukan penindasan itu, bahkan tidak segan-segan memberontak karena hal ini, sehingga memicu terjadinya badai kemelut perseteruan politik di antara para petinggi PKT yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bersambung ke hal 7

kerusakan yang diakibatkan oleh PKT begitu sangat meluas, bertahan lama dan lebih menyeluruh dibandingkan kaum agresor? Bersambung Catatan:

[46] Jubah Kasaya dipakai oleh biksu. [47] Kaisar Huizong dari Dinasti Song, alias Zhao Ji (memerintah 1100-1126 M). [48] Su Dongpo (1036-1101) adalah seorang penyair dan penulis Tiongkok kuno yang terkenal dari Dinasti Song. Dia merupakan salah satu dari 8 master prosa zaman Dinasti Tang dan Song. [49] Wen Zhengming (1470-1559), seorang pelukis Tiongkok era Dinasti Ming. [50] Tang Bohu (1470-1523), seorang cendikiawan Tiongkok yang terkenal, juga sebagai pelukis dan penyair pada era Dinasti Ming. [51] Jin, satuan berat yang digunakan Tiongkok. Satu jin setara dengan 0.5 kg. [52] Dipetik dari Berapa Banyak Peninggalan Kebudayaan Yang Dimusnahkan Dengan Api oleh Ding Shu. [53] Diambil dari puisi Meng Haoran (689-740 M), seorang penyair terkenal dari Dinasti Tang. [54] Wang Xizhi (321-379 M), seorang master kaligrafi yang paling terkenal sepanjang sejarah, dari Dinasti Tang.

[55] Kata Pendahuluan Lan Ting yang asli ditulis Wang Xizhi pada masa puncak karir kaligrafinya (usia 51 tahun, 353 M), diakui seluruh dunia sebagai artikel yang paling penting sepanjang sejarah kaligrafi Tiongkok. [56] Wu Cheng’en (1506-1582), seorang penyair dan novelis Tiongkok pada masa Dinasti Ming dan pengarang Perjalanan ke Barat (di Indonesia dikenal cerita kera sakti, Sun Gokong), salah satu dari 4 novel Tiongkok klasik yang terkemuka. [57] Wu Jingzi (1701-1754), seorang penulis kelas atas dari Dinasti Qing dan pengarang buku Pelajar (Rulin Waishi, juga dikenal sebagai Sejarah Tidak Resmi Para Pelajar). [58] Prosa ditulis oleh Ouyang Xiu (1007-1072), salah satu dari master prosa terbesar pada Dinasti Tang dan Song. Ou-yang Xiu memanggil dirinya “pemabuk tua”. [59] Nama lain Tentara Merah. [60] Ensiklopedia Yongle atau Yongle Dadian, sebuah ensiklopedia disusun oleh kaum pelajar dari Dinasti Ming (1403-1408). Memuat lebih dari 22.000 naskah yang terdiri dari 370 juta kata, mempunyai volume 40 meter kubik. Saat ini hanya tertinggal kira-kira 800 naskah yang ditemukan sebagian dan sisanya rusak atau hilang.

Hingga 7 Mei 2012, orang yang mengundurkan diri dari Partai Komunis Tiongkok serta organisasi-organisasi yang terkait, sebanyak:

115.674.569


KEHIDUPAN Mengungkap Tujuan Sebenarnya Alien Mengincar Bumi (1) TheEpochTimes

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

3

10 - 16 Mei 2012

BEISHANG DE XIANZHI The Epoch Times Kisah tentang Alien dan penampakannya yang semakin sering di seluruh penjuru dunia, belakangan ini memperoleh tanggapan ramai oleh pembaca netter global, meskipun masih terdapat pro-kontra dalam hal tersebut, mulai edisi kali ini The Epoch Times menurunkan salah satu cerita populer tersebut untuk menambah wawasan pembaca.

Perlu dijelaskan terlebih dahulu, percaya lah, Alien itu eksis, dan memiliki keterkaitan sangat mendalam dengan umat manusia.

A

lien yang tak berniat jahat terhadap manusia, kita sebut Alien-positif, sedangkan yang berniat jahat, misalnya melakukan penculikan manusia, membahayakan manusia, dikenal sebagai Alien-negatif, seperti manusia kadal, orang abu-abu dan lainnya. Banyak sekali orang zaman sekarang mempertanyakan, seandainya Alien diyakini ada, mengapa hingga sekarang mereka tidak mengadakan kontak resmi dengan manusia dan tidak menginvasi bumi? Inilah alasan banyak orang berkata Alien itu tidak eksis. Sejumlah orang beranggapan, mengandalkan level iptek yang dimiliki Alien, bukankah hal sepele bila mereka hendak menguasai bumi? Juga banyak orang beranggapan, berkat peran Alienpositif-lah yang telah berperan menghambat konspirasi Alien-negatif, maka Alien tidak berhasil menguasai bumi. Namun betulkah demikian? Dapatkah dipastikan Alien-positif lebih kuat daripada Alien-negatif? Di dalam sejarah pertempuran Bima Sakti zaman dahulu, terdapat banyak sekali kasus Alienpositif dihajar oleh Alien-negatif hingga lari tercerai-berai. Bahkan jika mereka sekarang telah menjadi kuat, mengapa tidak dengan terang-terangan tampil di bumi untuk mencegah Alien-negatif? Dengan demikian bukankah manusia bumi akan lebih merasa bersyukur dan memuliakan mereka bagaikan orang suci? Apakah me-

Pilihan XIAO YING The Epoch Times Setiap orang mempunyai relasi sendiri, mulai dari keluarga, teman, teman sekelas hingga teman sejawat dan lain-lain, yang terbentuk menjadi jaringan erat tak terpisahkan. Manusia yang hidup didalam jaringan tersebut, setiap saat pasti menghadapi pilihan. � Sebagai contoh: Apakah perlu membawa HP ketika bepergian, berkomunikasi

reka juga berprinsip melakukan kebaikan tanpa mencari pengakuan? Ada yang mengatakan, demi tidak mengganggu umat manusia, mereka sebagai suku bangsa yang lebih tinggi derajatnya tidak mengganggu perkembangan peradaban suku bangsa yang lebih rendah. Meskipun demikian, di dalam bangsa Alien juga tidak berada dalam 1 tingkatan, terdapat banyak sekali contoh, suku yang lebih tinggi telah mengarahkan bangsa yang lebih terbelakang dalam hal perkembangan peradaban, kenapa tidak dapat dilakukan terhadap manusia bumi? Coba dibayangkan sekali lagi, ketika suatu peradaban memiliki kemampuan penjelajahan antar planet dan mampu mengeksplorasi alam semesta, hanya karena di planet tersebut terdapat kehidupan lantas melepas penyelidikan mereka? Bukankah itu justru sasaran penyelidikan mereka? Ketika mereka menyaksikan di planet lain juga terdapat kehidupan yang cerdas, dan lebih rendah tingkatannya daripada mereka, akankah merasa ketakutan sehingga tidak berani bersinggungan dengan mereka? Alien meneliti umat manusia sudah ribuan tahun lamanya, mana mungkin takut akan manusia? Ada juga yang berpandangan, oleh karena umat manusia sekarang mampu menggunakan senjata nuklir, Alien khawatir perilaku merusak umat manusia itu dapat membahayakan eksistensi mereka, maka dari itu sekarang mereka secara skala besar memberi peringatan kepada umat manusia. Maka coba dibayangkan sejenak, taruh kata bumi akan musnah, paling banter hanya berdampak terhadap sistim tata surya saja, tidak bakal berdampak terhadap galaksi lainnya, mengapa sejumlah besar Alien yang berasal dari planet nun jauh di sana juga begitu memperhatikan bumi? Ada yang berkata, lantaran mereka tidak tega atas kepunahan umat manusia, itulah sebabnya disaat umat manusia menghadapi krisis hari kiamat lantas mengulurkan pertolongan. Terdapat banyak sekali planet di dalam alam semesta, di setiap planet sebetulnya terdapat makhluk hidup, hanya saja cara eksistensinya berbeda, lingkungan dan ruang hidupnya juga berbeda. Setiap saat selalu terdapat kehancuran dan kelahiran planet baru, begitu suatu planet musnah maka kehidupan pun musnah, terhadap hal tersebut pantaskah Alien terheran-he-ran? Mengapa Alien-positif tidak menolong kehidupan tersebut, malah khusus hanya dengansiapa, makan siang bersama siapa, pulang ke rumah hal apa yang pertama harus dikerjakan. Saat malam, kecuali istirahat masih harus mengerjakan apa saja. Standar dari pilihan tergantung pada nilai pandang seseorang, apalagi berkaitan dengan hidup seseorang. Apakah Anda mau hidup asal-asalan seperti seekor burung kecil, berterbangan dengan bebas tanpa terikat, ataukah Anda ingin hidup dengan panutan dari orang bijak dengan cita-cita luhur, terus-menerus mengingatkan diri kita sendiri, untuk mendapatkan peningkatan jiwa dan penempatan batin? Tentunya, tidak ada orang yang ingin menjadi orang jahat yang melakukan pelanggaran hukum bukan? Ada orang berkultivasi untuk sebuah

merasa sangat tertarik oleh umat manusia yang di atas bumi ini? Mari membahas mengenai Alien-negatif. Jika Alien-positif betul-betul memiliki sejumlah penyebab sehingga tidak dapat mengadakan kontak langsung dengan manusia, maka Alien-negatif tidak memiliki problematika tersebut. Tujuan mereka adalah agresi dan merampas sumber daya alam planet. Di dalam sejarah Bima Sakti tempo dulu, planet yang mereka jajah jumlahnya tak terhitung, tentu tidak semuanya bergerak secara diam-diam. Meskipun terdapat hambatan dari pihak Alien-positif, mereka juga dapat berkonfrontasi secara terbuka, di atas bumi atau di dalam Tata Surya yang berdekatan dengan bumi, tetapi kenyataannya, pertempuran antara Alien-positif dan negatif selalu dilangsungkan di pinggiran Tata Surya kita, ada sebagian merupakan pertempuran berskala besar, akan tetapi umat manusia tidak dapat langsung mendeteksinya. Bagi mereka perlukah bertindak diam-diam seperti itu?

petunjuk jalan kehidupan. Juga ada orang yang bercita-cita menjadi relawan dalam masyarakat. Semangat mereka patut dipuji, jiwa mereka terang dan cemerlang. Ketika Konfusius harus membayar kepada Chen Cai, Zilu menunjukkan raut wajah tidak terima, namun dengan tenang Konfusius berkata kepada Zilu, “Seorang budiman bisa menjaga etika moral walau dia dalam keadaan miskin, sedang seorang kerdil jika menjumpai situasi kemiskinan sangat mungkin sekali dia melanggar aturan hukum dan menjadi orang jahat.� Ketika Wen Tianxiang meninggal dengan tenang, dalam surat terakhirnya dia menuliskan, “Konfusius berkata menyumbangkan nyawa demi usaha adil, Mengzi berkata memilih keadilan, hanya dengan

Belajar Bersyukur, Mengagumi, Memberi dan Toleran

Cara kedua : Menikmati atau mengagumi proses, agar setiap hari menjadi menarik.

Kehidupan ini adalah sebuah proses, bukan sebuah hasil, jika Anda tidak bisa menikmati atau mengagumi proses, hasilnya akan bagaimana semua orang sudah tahu. Kehidupan ibarat tanda kurung, kurung yang sebelah kiri adalah kelahiran, kurung yang sebelah kanan adalah kematian. Pekerjaan yang hendak kita lakukan adalah me-ngisi diantara tanda kurung kiri dan kanan itu, harus memperjuangkan mengisi penuh tanda kurung itu dengan kehidupan yang menarik dan hati yang bersahaja.

Cara keempat: Perasaan independen. Perasaan independen adalah jangan membiarkan sumber kebahagian diri sendiri didirikan diatas perilaku orang lain. Ada orang yang selalu mengkhawatirkan masa depan, selalu bermuram hati. Jangan menyusahkan diri sendiri padahal tidak ada gangguan apa-apa. Jika hal yang Anda kawatirkan itu tidak bisa Anda kendalikan, maka biarkan terjadi dengan wajar. Kita hanya bisa memikirkan hal-hal dalam kemampuan diri sendiri.Jika dalam kemampuan diri sendiri maka berusahalah sekuat tenaga, jika tidak dalam kemampuan diri sendiri maka biarkanlah.

Cara ketiga : Hidup pada saat ini. Ada orang yang bertanya kepada seorang biksu agama Buddha tentang arti dari hidup pada saat ini? Biksu itu menjawab, makan adalah makan, tidur adalah tidur, inilah yang disebut hidup pada saat ini. Hidup pada saat ini adalah membuat semua orang bergembira pada saat sekarang ini. Jika sekarang ini Anda tidak bergembira, maka itu bukan hidup pada saat ini. Tentunya, hidup pada saat ini bukan berarti hari ini ada arak lalu mabuk pada hari ini, tetapi meskipun hari ini ada arak Anda

buh manusia, umat manusia, akan tetapi keinginan Alien mencapai tujuan ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sejak zaman kuno Alien sudah mengadakan kontak dan meneliti manusia bumi, di dalam kitab kuno manusia terdapat catatan sejarah yang berhubungan dengan mereka. Sejak dahulu mereka sudah mendapati tubuh manusia tanpa cela, level iptek mereka pun tak mampu melakukannya. Sayangnya manusia sendiri tidak menyadari dan menganggap pusaka sebagai sampah, malah mendambakan tubuh milik Alien, misalnya robot. Alien berupaya menguasai tubuh manusia, tetapi telah dikalahkan oleh manusia. Rasanya mustahil, meskipun iptek Alien terasa begitu tinggi dihadapan manusia, namun dihadapan suatu kelompok orang malah bagaikan mainan anak-anak. Sekelompok orang itu adalah kultivator (zaman dulu disebut pertapa) yang mempercayai sang Pencipta, kultivator yang memiliki kemampuan sakti supranatural. (whs) Bersambung minggu depan

keadilan yang total, kebajikan baru bisa tiba. Membaca kitab orang suci, hal apakah yang dipelajari? Mulai sejak ini, tiada hal apapun yang saya sesali.� Kesetiaan dan nyalinya yang bajik, ditukarkan dengan sebuah nama baik dari sebuah loyalitas dalam sejarah. Oleh karena itu nama kebaikannya tersebar luas hingga ribuan tahun. Menghadapi berbagai macam pilihan dalam hidup, harus melihat bagaimana standar menerima atau menolak dari seseorang! Tidak peduli apapun pilihannya, jika dapat tidak menyesali hasil pilihannya sendiri, jika dapat lebih memikirkan orang lain, mungkin itu adalah pilihan yang paling baik, karena didalam hatinya terdapat sebuah ketenangan. (lin)

tidak mabuk agar esok tidak ada kerisauan. Hidup dalam proses dengan waktu yang akan datang sebagai panduan. Hidup pada saat ini, harus belajar untuk menemukan setiap hal baik yang terjadi pada diri sendiri, harus yakin pada kehidupan sendiri yang sedang membentang dengan cara yang paling baik. Jika Anda tidak bisa hidup pada saat ini, maka Anda akan kehilangan saat ini.

Gaya hidup dewasa ini dipenuhi kesibukan, namun sebagian orang berada dalam masalah kejiwaan. Sebenarnya bila menguasai prinsip, dengan sendirinya dapat melihat dengan jelas akan banyak hal.

Cara pertama: Mengubah sikap. Kita tidak bisa mengubah masalah yang telah terjadi, tetapi kita bisa mengubah sikap kita untuk menghadapi masalah itu. Luka yang diderita oleh seseorang dari sebuah masalah yang terjadi tidak akan lebih parah dari pandangan dia terhadap masalah yang telah terjadi itu. Masalah itu sendiri tidak penting, yang paling penting adalah pandangan orang tersebut terhadap masalah ini.

Ada yang berkata itu merupakan pertempuran alam semesta, armada Alien sangat raksasa, lokasi tata surya kita terlalu kecil, maka itu pertempuran diadakan di luar tata surya. Sesungguhnya, armada induk Alien ada yang sangat luar biasa besar, bahkan ada yang lebih besar daripada bumi, bertempur di dalam sistem tata surya betulbetul dirasakan terlalu sempit. Di bumi selain terdapat pangkalan Alien-negatif, juga pangkalan Alien-positif, pesawat berjenis kecil mereka dengan leluasa berkeliaran di atas udara bumi, mengapa kita tidak melihat bentrokan skala kecil mereka di atas udara? Sebetulnya mengapa Alien-positif dan Alien-negatif tidak berani mengadakan kontak resmi terbuka dengan manusia? Tidak inginkah mereka menduduki bumi? Realitanya, mereka memimpikan dapat menguasai bumi dan menguasai umat manusia dan sejak zaman dahulu sudah berpikir demikian. Sebelum peradaban umat manusia kali ini mereka sudah mengincar manusia. Meskipun mereka memeras otak, berkonspirasi hendak menguasai bumi, tu-

Cara kelima: Belajar untuk bersyukur. Di Barat mempunyai Hari Thanksgiving, pada hari itu semua orang akan bersyukur dan berterima kasih pada orang lain yang pernah memberikan bantuan. Kebanyakan orang akan mengirimkan sebuah SMS kepada semua orang atas dukungan dan kasih sayang mereka, berterima kasih kepada mereka atas bantuan yang pernah mereka berikan. Anda mengirimkan sebuah SMS, maka orang lain pasti akan membalas, dengan demikian akan terjadi reaksi berantai, maka Hari Thanksgiving tersebut akan dilewatkan dengan sangat menyenangkan bagi semua orang, hubungan antar manusia akan berubah menjadi lebih harmonis. Bersyukur bisa membuat perasaan hati seseorang menjadi baik. Ada sebuah pepatah dari

Barat yang mengatakan: Dengan perasaan kasih makan sayuran, lebih nikmat dari pada makan daging sapi dengan perasaan dendam. Cara keenam: Surga atau neraka timbul dari hati. Ada sebuah cerita yang sangat menarik. Tuhan membawa seseorang pergi ke neraka, dia menemukan orang-orang yang berada di neraka semuanya kurus kering. Mereka menggunakan sendok khusus, tapi pegangan dari sendok itu sangat panjang dan kepala sendok sangat kecil, bukan hanya diri sendiri sama sekali tidak bisa makan, bubur yang disendok pun berserakan diatas lantai. Akhirnya bubur dalam kuali habis tumpah semua, mereka lalu saling menyalahkan dan dendam satu dengan yang lain. Tuhan juga membawa orang tersebut pergi ke surga, orang tersebut menemukan semua orang di surga bersukaria dan mereka semua orang bertubuh padat. Mereka menggunakan sendok yang berbentuk sama seperti yang ada di neraka, juga makan bubur yang sama, tetapi mereka saling menyuapkan bubur yang telah di sendok kepada orang lain. Dia menyuapkan bubur kepada orang itu, dan orang itu menyuapkan bubur kepada dia, akhirnya semua orang bisa menikmati bubur itu. Kisah cerita tersebut menjelaskan harus bisa belajar melayani dengan baik kepada orang-orang yang berada disamping kita. Jika Anda menganggap orang lain sebagai iblis, maka Anda akan hidup didalam neraka. Jika Anda menganggap orang lain sebagai malaikat, maka Anda akan hidup didalam surga. Jika Anda bisa mengubah orang lain menjadi iblis, maka Anda sedang menciptakan neraka. Jika Anda bisa mengubah orang lain menjadi malaikat, maka Anda sedang menciptakan surga. Bagaimana baru bisa mengubah orang lain menjadi malaikat? Harus bisa belajar bersyukur, mengagumi, memberi dan bertoleransi. (lin)


4

KESEHATAN Mengenal Kentang Lebih Dekat

SHARREN CELCILIA Kentang goreng, donut kentang, sup kentang, kripik kentang, perkedel, siapa yang tidak mengenal aneka makanan tersebut?

N

amun, tahukah Anda dengan tanaman kentang itu sendiri? Kentang (Solanum tuberosum L) adalah tanaman umbi-umbian yang merupakan makanan pokok di Eropa, walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Kentang merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dikonsumsi yakni kentang itu sendiri. Untuk daerah tropis seperti Indonesia, kentang cocok untuk ditanam di dataran tinggi yang mempunyai iklim sejuk. Tanaman kentang bersifat menjalar, batangnya berbentuk segiempat yang panjangnya sekitar 50 – 120 cm dan tidak berkayu. Batang dan daun dari kentang berwarna hijau kemerah-merahan atau berwarna ungu. Terdapat 3 jenis kentang, yakni kentang kuning, kentang putih dan kentang merah. Penggolongan ini berdasarkan warna kulit dan daging umbi. Kentang kuning memiliki kulit dan daging umbi kuning, kentang putih memiliki kulit dan daging umbi putih, dan kentang merah mempunyai warna kulit merah dan daging umbi kuning.Yang termasuk dalam golongan kentang kuning contohnya adalah varietas Pattrones, Katella, Cosima, Cipanas, Granola, dan lain sebagainya. Untuk golongan kentang putih contohnya adalah varietas Donata, Radosa, dan Sebago. Sedangkan untuk kentang merah terdapat varietas Red Pontiac, Desiree, dan Arka. Namun dari ketiga jenis kentang tersebut, jenis kentang yang paling disukai adalah kentang kuning karena memiliki rasa yang enak, gurih, dan empuk. Ada juga kentang yang berwarna hijau. Namun sebaiknya kita menghindari pengonsumsian kentang ini sebab dapat mengakibatkan sakit perut, buang-buang air dan sakit kepala. Kentang hijau sebenarnya adalah kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari. Warna hijau ini berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. Oleh karena itu, hindari mengolah kentang yang masih muda dan berwarna hijau agar manfaat dan kandungan gizi kentang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Di dalam kentang terkandung banyak sekali zat-zat yang berguna bagi tubuh. Kentang termasuk salah satu jenis umbi yang mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Menurut Kesehatan Kanada 2007, minimal kebutuhan vitamin C seseorang adalah 60mg/hari. Dengan kandungan vitamin C 20 mg/100gr, maka dengan mengonsumsi kentang sebanyak 300gr kita sudah memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya. Vitamin C mempunyai manfaat sebagai antioksidan, dimana dapat mencegah

terjadinya oksidasi lemak jenuh menjadi bahan peroksida yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, antioksidan juga membantu mencegah penuaan dini dan mengatasi berbagai masalah kulit. Kentang juga mengandung beberapa vitamin lain seperti vitamin B6 yang berperan dalam sintesis dan metabolisme protein. Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Kandungan gizi berikutnya dalam kentang adalah Sodium (Na). Sodium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi berfungsi untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Hal ini akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastis, dan otot menjadi lentur. Selanjutnya ada karbohidrat dan pati yang merupakan sumber enegi utama bagi tubuh manusia. Kentang mempunyai segudang manfaat, baik dibidang kesehatan, kecantikan maupun di bidang industri rumah tangga. Sebagai salah satu sumber terbesar karbohidrat, kentang dapat dijadikan sahabat dalam mengatur pola makan. Kentang dapat digunakan sebagai menu alternatif bagi Anda yang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi tetapi kandungan kalori yang lebih sedikit daripada nasi dan gandum. Di bidang kesehatan, kentang merah baik digunakan sebagai pengobatan cattaral (penyakit hidung yang menyebabkan hidung selalu beringus). Kandungan protease inhibitornya yang tinggi mampu menetralisir virus-virus tertentu. Penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik UNY, Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si, berhasil menemukan bahwa kulit dari kentang kleci berpotensi sebagai pencegah tumbuhnya sel kanker. Kentang ini mengandung senyawa antioksidan dan antipoliferasi (antiperbanyakan sel kanker) golongan triterpenic acid. Dari hasil penelitiannya, senyawa triterpenic acid yang terkandung berupa ursolic acid (UA) dan oleanolic acid (OA). Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si. melakukan uji aktivitas antipoliferasi ekstrak kentang kleci, khususnya bagian kulit dan daging dengan sel kanker payudara MCF-7 (Michigan Cancer Foundation-7). Dengan menggunakan metode MTT assay, sel kanker diinkubasi selama 72 jam menggunakan reagen MTT dan dengan pengukuran tingkat viabilitas sel dengan ELISA reader. Dari hasil penelitian, ternyata menunjukkan sel kanker mengalami kerusakan morfologi, fragmentasi DNA, dan kematian sel-sel kanker. Manfaat lainnya dari kentang adalah sebagai pembantu dalam mengatasi depresi. Dengan mengonsumsi kentang, hormon serotonin pada otak akan meningkat sehingga akan menciptakan good mood pada seseorang. Hormon serotonin merupakan hormon yang berada di otak dan diproduksi secara alami. Penelitian oleh Dr. Avinash Kant dari Universitas Nottingham, Inggris mengatakan, aroma kentang yang

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 Mei - 16 Mei 2012

Downward Dog Push-Up EMMA-KATE STAMPTON The Epoch Times

Push-up adalah daftar latihan pokok bagi semua pelatih. Di awal, latihan ini tampaknya memang sulit, namun setelah Anda kuat melakukannya, akan sangat bermanfaat jika melakukan 10 modifikasi push-up (bertumpu dengan lutut) sampai 10 modifikasi push-up dasar (dengan menggunakan tumpuan jari-jari kaki ).

D

Searah jarum jam. Atas: Macam-macam jenis kentang. Kanan Bawah: Masker kentang untuk kecantikan. Kiri Bawah: Aneka makanan berbahan dasar kentang. (WIKIPEDIA, THE EPOCH TIMES)

dipanggang dapat memicu kenangan positif dalam otak manusia ketika orang menciumnya. Aroma kentang panggang tersebut membuat orang yang menciumnya merasa lebih rileks dan bahagia. Mayoritas para peserta yang ikut dalam penelitian tersebut teringat kembali akan masa kecilnya yang begitu menyenangkan, terutama saat orang tua mereka membuatkan makanan favorit mereka. “Penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara untuk mengetahui mengapa kita punya respons emosional saat mencium aroma kentang panggang,” jelas Dr. Avinash Kant. Menurutnya, aroma yang terbentuk selama proses pemanggangan secara tidak sadar mampu membangkitkan kenangan lama orang yang mencium aroma tersebut, terutama pengalaman saat kali pertama mereka menyantap kentang panggang. Kentang juga berkhasiat untuk perawatan kulit wajah. Kentang dapat dibuat masker yang bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam di kulit wajah dan membuatnya tampak lebih bersih. Caranya, kentang dikupas dan getahnya dioleskan ke seluruh permukaan wajah dan dibiarkan hingga mengering, baru kemudian dibilas dengan air. Selain itu, kentang juga berkhasiat membuat mata yang lelah terlihat tampak lebih bersinar dan menghilangkan bengkak pada mata. Caranya adalah kentang diparut dan dimasukkan ke dalam kain tipis, seperti kain kasa atau kain mori dan kemudian dikompreskan ke kelopak mata.

Sharren Celcilia adalah Mahasiswi Farmasi Universitas Padjadjaran Bandung Th. 2011

Peradaban Modern, Masyarakat Modern, dan Penyakit Modern (Bag. 1) Ilmu pengetahuan modern sangat memengaruhi orang. Dewasa ini, masyarakat menjalani peradaban modern dan menderita penyakit baru.

D

asar dari ilmu pengetahuan modern adalah pengamatan secara langsung. Dilakukan terhadap objek nyata yang terlihat, ilmu pengetahuan modern memberlakukan metode pemeriksaan yang kualitatif dan kuantitatif. Betapa majunya peradaban kita dewasa ini, jika kita dengan tenang menengok kembali sejarah peradaban manusia, secara obyektif menganalisis penemuan arkeologi, dan dengan seksama mempertimbangkan kembali fenomena yang tidak diketahui, kita akan menyimpulkan bahwa penelitian ilmiah masa kini hanya salah satu kemungkinan dari banyak jalur yang bisa dieksplorasi. Adalah kekeliruan jika meyakini bahwa kita hanyalah satu-satunya peradaban manusia yang pernah ada. Banyak penemuan yang menunjukkan bahwa peradaban prasejarah lainnya juga pernah eksis. Untuk mengeksplorasi lebih teliti dan memahami lingkungan kita dan alam semesta dimana kita hidup, kita harus secara terbuka melihat metode ilmiah lainnya, yang mungkin benar-benar berbeda dari diri kita sendiri. Jika kita menolak keras kemungkinan adanya metode lain, secara tidak langsung kita membiarkan emosi kita membatasi diri kita daripada menerima pola pikir ilmiah yang sejati. Jika kita menerobos kepercayaan, konsep, dan pengondisian yang kita peroleh setelah kelahiran, kita pasti akan menemukan ilmu yang lebih berkembang. Ilmu pengetahuan modern lebih banyak melakukan perusakan dan pencemaran lingkungan hidup dan secara tidak langsung membantu meracuni tubuh kita. Sebagai imbalannya, kesenangan seseorang hanya berjangka pendek. Penemuan-penemuan ilmu pengetahuan modern mengajarkan orang untuk berjuang mendapatkan materi, untuk memanjakan diri. Sebagian orang berpendapat hidup kita saat ini jauh lebih baik daripada orang kuno. Tampaknya kita tidak bisa membayangkan apakah orang-orang zaman kuno juga merasa senang. Sebenarnya, orang kuno juga bahagia. Mereka selaras dengan alam—pegunung-

an hijau, air yang biru, burung terbang, dan awan putih. Mereka tanpa beban. Mereka hidup dalam alam pembebasan, eksis di dunia di mana seseorang selaras dengan rencana Tuhan. Itu adalah kebahagiaan yang sejati— kebahagiaan yang mendalam, berkelanjutan, damai, dan nyaman. Kebahagiaan semacam itu dapat memelihara hati dan tubuh seseorang. Sebaliknya orang modern berjuang terlalu keras hingga menyakitkan, selalu sibuk, dan tidak pernah menikmati kebahagiaan dari sisi lain. Banyak manusia modern telah kehilangan kebajikan manusia, seperti kepedulian, ketekunan, toleransi, kedamaian, dan kesopanan. Lima rasa harus seimbang, seseorang tidak bisa terikat pada satu hal pun. Dalam peradaban modern, manusia telah dibebani dengan meningkatnya jumlah penyakit modern. Bagaimana pendekatan dari masalah ini? Hanya dengan melepaskan keterikatan dari ilmu pengetahuan modern dan peradaban modern kita baru mampu memahami dan memecahkan masalah. Ketidakseimbangan Yin dan Yang Budaya Tiongkok kuno percaya bahwa interaksi antara Yin dan Yang menciptakan alam semesta dan semua materi. Gerakan alam semesta, termasuk semua materi, mengikuti aturan saling menghidupi dan keseimbangan Yin dan Yang. Tubuh manusia adalah alam semesta kecil. Meskipun memiliki pola gerakan tersendiri, namun juga berhubungan dengan seluruh alam semesta. Orang kuno memiliki banyak pepatah yang dimaksudkan untuk mengajar orang tentang hubungan antara membina kehidupan dan perubahan musim. Berikut adalah beberapa pepatah kuno: • Manusia mengikuti langit dan bumi dan selaras dengan matahari dan bulan. • Mengikuti alam, mencegah Qi buruk masuk dari luar, memelihara yang di musim semi dan musim panas, dan memelihara yin di musim gugur dan musim dingin. • Jika seseorang menentang Qi musim semi akan merusak hati, jika menentang qi musim panas akan merusak jantung, jika menentang Qi musim gugur akan merusak paru-paru, dan jika menentang Qi musim dingin akan merusak ginjal. Setiap saat hidup harus tertib dan selaras dengan perubahan Yin dan Yang.

Orang kuno juga mengatakan seseorang yang mengumpulkan Qi Yang harus menghabiskan waktunya di luar rumah saat siang hari. Saat matahari terbit di pagi hari, Qi akan muncul. Qi berada pada puncaknya di siang hari dan memudar di sore hari. Gerbang Qi tertutup setelah gelap, sehingga seseorang sebaiknya juga tidak aktif karena akan mengganggu tendon dan tulang setelah matahari terbenam. Jika seseorang membalikkan jadwal ini, tubuhnya akan menderita. Jelaslah jika aktivitas seseorang bertentangan dengan hukum musim dan Yin dan Yang yang berlaku pada hari itu, tubuh manusia akan berada dalam kekacauan. Hasilnya adalah ketidakseimbangan Qi dan darah dan dapat mengakibatkan penyakit. Bukankah kehidupan malam dan semua kesenangan lainnya dewasa ini tidak selaras dengan perubahan Yin dan Yang di alam semesta? Orang kuno mengatakan bahwa kebanyakan penyakit disebabkan oleh sikap waspada di pagi hari, mengantuk di siang hari, adanya rangsangan di sore hari, dan aktif di malam hari. Ini berarti bahwa gejala penyakit yang timbul memiliki hubungan tertentu dengan perubahan yin dan yang. Banyak orang telah mengalami hal ini, yang juga dikonfirmasi oleh pengobatan modern. Orang kuno mengenal Tao, mengikuti aturan yin dan yang, dan mematuhi aturan metafisik. Mereka menahan diri dalam kebiasaan makan, bangun dan tidur secara teratur, dan tidak pernah memosisikan diri dalam kondisi tegang dalam pekerjaan. Mereka hidup sesuai waktu yang telah ditakdirkan, sering hidup lebih dari 100 tahun. Dewasa ini berbeda. Orang-orang mengonsumsi alkohol dan memanjakan diri dalam aktivitas yang abnormal. Ketika mereka mabuk, mereka menguras energi vital. Orang tidak tahu bagaimana memelihara energi vital mereka dan tidak mengatur waktu dengan seksama untuk menghemat energi. Banyak orang hanya peduli terlibat dalam kesenangan. Mereka mengalami pasang surut, dan perilaku mereka tidak menentu. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mulai melemah di usia 50 tahunan. (feb) —Diambil dari Pure Insight Bagian pertama dari artikel serial.

ownward-facing dog push-up adalah variasi dinamis dari gerakan push-up dasar yang paling menantang daripada dasar push-up. Jika Anda sering melakukan pose dan peregangan ala yoga, Anda pasti mengenal downward-facing dog. Variasi downward-facing dog push-up terutama menarget bahu dan punggung. Dikatakan, gerakan ini tidak memiliki hubungan khusus dengan gerakan yoga, ini hanya meniru salah satu pose yang populer. Dalam Pilates, peregangan semacam ini disebut reverse tabletop. Mulai Mulai dengan posisi papan atau push-up. Posisikan tangan lebih lebar dari bahu dan buka kaki selebar pinggul. Tekan pinggul ke atas hingga membentuk segitiga dengan tubuh Anda. Inilah pose downward-facing dog atau reverse tabletop. Jika Anda kesulitan mengangkat pinggul tinggi-tinggi, pindahkan tangan Anda sedikit lebih dekat dengan kaki. Tekan dada ke arah paha sehingga tubuh dalam pose segitiga. Manfaat utama dari gerakan ini adalah peregangan yang sangat bagus untuk punggung dan paha belakang. Jika otot terasa sangat ketat, tahan dalam posisi ini sekitar 30 detik (atau 5 kali ambil napas dalam-dalam). Gerakan Tarik napas saat mulai menurunkan kepala ke arah lantai. Siku akan menekuk bersamaan dengan tubuh bagian atas bergerak lebih dekat ke lantai. Buang napas saat Anda menekan punggung kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini 6 sampai 12 kali. Lakukan hingga tiga set saat Anda merasa lebih kuat. Kembali ke posisi downward-facing dog diantara setiap gerakan push-up adalah penting. Jangan biarkan beragam sudut yang terbentuk di seluruh tubuh berubah, jika tidak Anda harus mengompromikan gerakan. Manfaat Umumnya manfaat utama melakukan pushup adalah memperkuat bagian dada, bahu, dan punggung. Namun, variasi gerakan downwardfacing dog push-up terutama menargetkan bahu dan punggung. Ini sangat bagus untuk membangun kekuatan dan mengencangkan tubuh bagian atas. Juga membuat latihan menjadi lebih menarik dalam hal variasi gerakan. (feb) Emma-Kate adalah seorang pelatih pribadi dan pelatih dan guru Pilates yang berdomisili di Brisbane, Australia.

Orang kuno umumnya menyelaraskan diri dengan alam, dan hubungan ini memberikan mereka rasa akan keseimbangan dan perdamaian. (SUN MINGGUO/THE EPOCH TIMES)

Ini adalah gerakan sulit. Pastikan Anda telah menguasai push-up dengan sempurna sebelum melakukan variasi ini. (JOCELYN BONG)

Alergi Ragweed dan Jamur Meningkat CASSIE RYAN The Epoch Times Pertengahan tahun lalu, terjadi peningkatan alergi di Amerika Serikat terutama disebabkan oleh kepekaan terhadap ragweed (sejenis rumput-rumputan) dan jamur, menurut hasil awal dari studi lintas negara terbesar, oleh Quest Diagnostics Health Trends. Dengan judul “Alergi Lintas Amerika”, studi ini menunjukkan hasil analisis 4 tahun dari hampir 14 juta tes alergi dari 2 juta pasien yang sensitif terhadap dua zat tertinggi dari 11 alergen yang diuji: 15 persen untuk ragweed dan 12 persen untuk jamur. Peningkatan alergen gabungan antara lain tungau debu rumah, kucing, anjing, dan makanan tertentu, adalah 5,8 persen. “Kami yakin ini adalah studi nasional besar pertama yang menunjukkan prevalensi kenaikan alergi, yang disarankan oleh studi lain, terutama disebabkan oleh peningkatan alergen berbasis lingkungan yang dikaitkan dengan perubahan iklim,” kata penulis studi Dr. Stanley J. Naides di Quest Diagnostics dalam siaran pers. “Perlu penelitian tambahan, mengingat kekhawatiran akan pemanasan iklim, untuk mengonfirmasi temuan ini dan menilai ke-

mungkinan dampak kesehatan masyarakat.” Penelitian sebelumnya menunjukkan pemanasan suhu dapat menyebabkan musim semi lebih lama. Ini mengakibatkan penambahan jumlah beberapa alergen, seperti ragweed. Studi lain melaporkan pada awal tahun lalu oleh The Epoch Times yang mengungkap musim ragweed terjadi hampir satu bulan pada 2009 dibandingkan 1995 di posisi lintang yang lebih tinggi di Amerika Utara. Pemanasan suhu juga menyebabkan tingkat jamur lebih tinggi, karena muncul akibat curah hujan, menurut Quest Diagnostics. Dr. Princess Ogbogu, asisten profesor kedokteran dan pediatri di Ohio State University, mengatakan perlu studi lebih lama, dan mencatat studi ini tidak termasuk kepekaan terhadap serbuk sari rumput dan pohon. “Sulit untuk mengatakan 100% akibat perubahan iklim,” katanya, menurut NewsMedical. Ahli alergi pediatric, Susan Schuval, di Cohen Children’s Medical Center, New York, mengatakan ukuran studi sangat mengesankan, lapor News-Medical. Namun, ia menambahkan bahwa studi ini didasarkan pada tes darah yang memiliki tingkat kekeliruan positif sekitar 15 sampai 20 persen. (feb)


IPTEKS

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 - 16 Mei 2012

Hemat Pemakaian Air

Laporan dari Jerman:

Dapat Dimanfaatkan untuk Produksi Energi dan Pupuk CASSIE RYAN The Epoch Times

Air layak minum yang bersih dan sebuah sanitasi merupakan salah satu hak asasi manusia. Tetapi di seluruh dunia masih terdapat hampir 780 juta orang yang tidak punya akses air layak minum dan kira-kira 2,6 miliar orang hidup tanpa sanitasi.

N

amun air juga merupakan suatu faktor ekonomi yang penting. Bahkan sekarang ini sektor pertanian dan industri mengonsumsi sekitar empat per lima dari air yang berharga tersebut. Dan kebutuhan air kian menanjak. Organisasi untuk kerjasama ekonomi dan perkembangan (OECD - Organization for Economic Cooperation and Development) memperkirakan, sampai 2050 konsumsi air di seluruh dunia akan meningkat lebih dari setengahnya. Dan 40 persen dari penduduk dunia akan hidup di daerah-daerah yang ektrem kekurangan air, yaitu sekitar 2,3 milyar orang lebih banyak dari hari ini. Air merupakan Sumber Daya Alam yang Berharga

Menurut OECD, 2050 konsumsi air di seluruh dunia akan meningkat lebih dari setengahnya. Dan 40 persen dari penduduk dunia akan hidup di daerah-daerah yang ektrem kekurangan air. (THE EPOCH TIMES)

Teknologi baru memudahkan penanganan air minum yang lebih bertanggung jawab, yakni dengan membersihkan air limbah secara efektif, bahkan memungkinkan untuk digunakan sebagai bahan produksi biogas dan pupuk. Sampai saat ini, kita masih menangani sumber daya air dengan boros. Misalnya, di Jerman, setiap orang mengomsumsi kira-kira 120 liter air setiap harinya, dan hanya 3 liter darinya yang digunakan sebagai air minum. Sepertiganya digunakan untuk menyiram kotoran di toilet. Air minum bersih di banyak wilayah dunia ini sangat disayangkan bila diboroskan hanya untuk membersihkan kotoran saja. Solusisolusi itu dikembangkan oleh para peneliti dari Institut Fraunhofer, sebuah institut yang bekerja pada Interfasial dan Bio teknik proses

(IGB) dan sistem serta penelitian inovasi (ISI) di proyek DEUS (desentralisasi sistem infrastruktur air kota). Mendaur Ulang Air Hujan Baik itu pengairan untuk kebun maupun untuk menyiram toilet, tidak harus menggunakan air yang layak minum. Terutama di daerahdaerah kering akan bermanfaat jika menggunakan air hujan dan air cuci yang dipersiapkan untuk kebutuhan pribadi. Oleh sebab itu para peneliti Fraunhof mengembangkan sebuah alat daur ulang air modern. Sehingga dihasilkanlah air cuci bebas kuman yang sesuai dengan tuntutan peraturan air minum (TVO - TrinkwasserVerordnung). “Air hujan yang sudah dipersiapkan, bisa dipakai untuk mandi serta menyiram toilet dan kebun”, ujar Dr. Dieter Bryniok dari IGB di Stuttgart. Sanitasi Kedap Udara Kurangi Pemakaian Air Salah satu bagian penting adalah sanitasi yang kedap udara (vakum). Dengan cara ini pemakaian air dapat diturunkan secara drastis. Toilet kedap udara untuk sekali penyiraman memerlukan hanya sekitar 0,5 liter air. Sebagai pembanding, toilet konvensional memerlukan antara 4-8 liter air. Selain itu, biaya investasi dan pemeliharaan lebih rendah daripada sistem saluran air limbah konvensional. Air limbah perumahan dibersihkan secara biologis dalam suatu alat kedap udara dengan membran yang berdaya tinggi. Inti dari sistem ini adalah campuran total bioreaktor-anaerob, dimana air limbah diperlakukan kedap udara di dalam ketiadaan oksigen dan bagian-bagian organiknya diubah menjadi biogas, campuran dari metana dan karbondioksida. Bioreaktor-bioreaktor ini dikombinasi dengan lembaran filter rotasi. Air limbahnya ditekan tembus melalui lembaran filter dari keramik. Rotasi membranmembran keramik itu mencegah pembentukan lapisan permukaan. Dengan ini daya penyaringannya bisa dipertahankan dalam waktu lama. Air yang sudah dibersihkan mengalir ke dalam melalui poros

berongga dari alat filter ini. Besar pori-pori membrannya antara 60 nanometer (10-9) dan 0,2 mikrometer (10-3). Semua partikel yang lebih besar disalurkan ke bioreaktor. Juga bakteri-bakteri diarahkan ke reaktor. Di sana bakteri-bakteri itu mengolah sampah-sampah organik yang telah tersaring. Biogas yang diperoleh dapat menghasilkan tenaga listrik dan energi panas. Seluruh sistem ini beroperasi dengan bebas udara, dan keuntungannya, ia tidak berbau. Menghasilkan Biogas dan Pupuk Keistimewaan selanjutnya dari konsep pembuangan ini yaitu, alat pembersih air limbah ini bisa mengolah di samping air limbah perumahan juga sampah-sampah biologis dapur. Dapur-dapurnya dilengkapi dengan perajang sampah yang dipasang di bawah wastafel. Sistem ini dihubungkan dengan saluran-saluran air limbah perumahan. Dengan lebih banyaknya sampah organik di air limbah, makin banyak pula produksi biogas. Sampah bio dan air limbah membuat produk sampingan lebih lanjut, yaitu pupuk. Nitrogen dan fosfor diubah menjadi garam-garam amonium dan fosfor, yang kemudian dapat diperoleh kembali dengan bantuan teknologi membran. “Konsep manajemen air DEUS 21 ini sesuai untuk daerah-daerah yang belum mempunyai infrastruktur air dengan jaringan selokan dan sistem daur ulang air sentral, atau di daerah-daerah yang infrastruktur lamanya tidak memadai tuntutan baru yang dikarenakan perubahan iklim atau relokasi penduduk“ tutur Bryniok menerangkan. “Sistem ini juga cocok terutama untuk ekspor ke daerah-daerah yang kering, karena sistem ini bisa dicocokkan khusus untuk kebutuhan di daerahdaerah kering dan semi kering.“ Proyek Terkini di Tiongkok Saat ini para peneliti Fraunhof tengah mengelola proyek Advanced wastewater treatment (pengolahan lanjutan air limbah) di Guangzhou, yang mengoptimasikan teknologi DEUS di taman industri Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, yang disesuaikan dengan persyaratan-persyaratan di Tiongkok. (hky)

Jamur Patogen Meluas - Flora Fauna Terancam Punah CAI JIALING The Epoch Times Ilmuwan baru-baru ini mengatakan bahwa spesies jamur patogen (organisme yang dapat menyebabkan penyakit pada tubuh inang) yang terbawa melalui perdagangan, perjalanan, dan perubahan iklim, mengakibatkan ancaman terhadap pasokan pangan dan keanekaragaman hayati. Para ilmuwan menunjukkan, sedikitnya tujuh macam epidemi

jamur yang diketahui orang sedang merajalela. Lebah, kelelawar, katak, karang lunak, penyu laut, beras dan gandum, telah terserang. Penelitian ini diterbitkan oleh majalah Nature yang menyebutkan, kesehatan manusia dan mata pencahariannya sedang mengalami mara bahaya, karena jamur ini hanya dalam kurun waktu setahun, terhadap jagung, gandum, dan beras saja sudah dapat mengakibatkan kerugian hingga 60 miliar dollar AS (5,3 triliun rupiah). Laporan tersebut memperi-

ngatkan: “Jamur dan spesies mirip jamur ini banyaknya tak terhitung, baru-baru ini telah menyebabkan kematian flora dan fauna secara serius, bahkan telah muncul situasi kepunahan dalam spesies liar, serta keamanan pangan pun terancam.” Laporan selanjutnya menunjukkan, jamur mematikan yang terdapat pada kulit katak Chytrid yang ditemukan pada 1997, di setiap benua habitat binatang amfibi tersebut, sudah terdapat sejumlah 500 jenis katak dan kodok di 54 negara telah terinfeksi. Di sebagian daerah Amerika Tengah sudah terdapat hampir 40% spesies amfibi yang telah punah. Pada saat ini, sejumlah besar kelelawar di Amerika Utara dan Kanada mengalami kematian karena terinfeksi penyakit hidung putih. Tubuh asli jamur patogen ini di kalangan penyakit hidung putih juga disebut Geomyces destructans,

KIRI: Jutaan kelelawar di Amerika Utara dan Kanada mengalami kematian akibat terinfeksi penyakit Hidung Putih (Geomyces destructans). (LAYANAN IKAN DAN MARGASATWA AMERIKA / AFP) ; KANAN: Karat jamur sefalosporin yang mematikan di batang gandum. (AFP)

yang dapat menyebabkan terbentuknya plak putih di mulut dan hid-

ung kelelawar. Jamur ini diyakini tumbuh di dalam gua. (hui)

Apakah Déjà Vu Disebabkan oleh Dimensi Paralel Alam Semesta? CHIPPY YAN The Epoch Times

BERUGATEES

The Indonesian Heritage T Shirt: Reyog, Leak Kalagumarang (color), Leak Kalagumarang (black on black), & Drupadi. Call: Miko 085732333616 PIN 21DC2ECB

Dr Michio Kaku, seorang fisikawan teoritis dan penulis buku terlaris, mengukngkapkan tentang kemungkinan penyebab déjà vu, yaitu suatu keadaan aneh yang seolah sudah pernah Anda alami sebelumnya, namun Anda yakin bawah Anda memang belum pernah mengalaminya. Satu teori yang berusaha menjelaskan fenomena ini adalah bahwa Anda sebenarnya mungkin sudah pernah mengalami keadaan yang sama sebelumnya. Berada dalam keadaan yang sudah dikenal ini lalu muncullah sepenggal

ingatan yang pernah kita simpan di dalam otak kita,” kata Dr. Kaku. “Namun fisika kuantum menyatakan ada kemungkinan bahwa déjà vu mungkin disebebkan oleh kemampuan Anda dalam ‘beralih’ di antara alam semesta yang berbeda,” ujar Dr. Kaku. Mirip dengan gelombang radio dari berbagai frekuensi yang ada di ruang tamu Anda, banyak dimensi alam semesta yang juga ada secara serempak. Sementara radio Anda harus memilih frekuensi tertentu dari satu pemancar radio, alam semesta kita yang terdiri dari atomatom yang berosilasi pada suatu frekuensi khusus di mana alam semesta lain tidak bergetar pada

frekuensi tersebut. Alam semesta yang sedang bergetar pada frekuensi yang sama, pada umumnya “tidak sefase” satu dengan yang lain karena pembedaan yang disebabkan oleh waktu, tetapi ketika mereka “sefase”, secara teoritis dimungkinkan untuk “bergerak maju dan mundur” di antara alam semesta. Jadi meskipun hal itu masih “belum pasti”, itu mungkin bisa terjadi ketika Anda sedang mengalami déjà vu, Anda sedang “bergetar serentak” dengan sebuah dimensi alam semesta yang paralel, menurut Dr. Kaku. Video penjelasan Dr. Kaku dapat dilihat di link http://www.youtube. com/watch?feature=player_ embedded&v=Ks_UHmaZcSg. (pls)

5

Era Baru Komputer Ala Infinite Z CHIPPY YAN The Epoch Times Setelah menikmati hampir 30 tahun kekuasaan yang tidak tertandingi, mouse dan keyboard kini tengah bersiap ditandingi sistem baru di depan mata, yang telah siap untuk menggulingkan pemerintahan mereka dan membawa dunia komputer menuju era baru. Sebelum ini, banyak yang telah mencoba sistem baru, ada pena tablet, kemudian layar sentuh, dan baru-baru ini muncul sistem yang dapat mendeteksi gerakan fisik pengguna. Namun tak satu pun yang mampu menimbulkan suatu ancaman yang berarti pada modul-modul kuno dibandingkan gadget yang diluncurkan oleh laboratorium Infinite Z. ZSpace menyerupai sesuatu dari sebuah film fiksi ilmiah. Menggunakan augmented reality untuk membuat obyek melayang di ruangan yang dapat diambil, dipindahkan, dan diubah oleh pengguna seolah-olah obyek tersebut nyata. Hal ini juga dimungkinkan untuk menggunakan layar 3D dengan resolusi super tinggi, kacamata 3D pasif (terpolarisasi), dan stylus laser yang digunakan untuk mengontrol semuanya. “Saya pikir kami punya sesuatu yang benar-benar revolusioner,” ujar CEO Infinite Z, Paul Kellenberger. Yang diberikan oleh ZSpace adalah kemudahan penggunaan. Ini dimaksudkan untuk membawa interaksi manusia-komputer ke lebih banyak pekerjaan tingkat manusia, mirip dengan cara Anda mengambil, memindahkan, dan bekerja dengan benda fisik. Menurut Kellengerder, ke depannya mereka akan terus berusaha menciptakan alat tambahan yang lebih alami, seperti menggantikan stylus dengan sarung tangan yang memungkinkan pengguna bekerja dengan benda-benda digital. Sedangkan dari segi tujuan Kellenberger menyebutkan bahwa semua ini adalah untuk mengurangi sebanyak mungkin penghalang antara pengguna dan pekerjaan mereka. “Jika Anda melihat, sistem kami ini cukup unik dan alami. Tidak perlu pelatihan. Orang-orang akan cepat memahami,” katanya. Respon yang mereka dapatkan sangat baik sejauh ini. Kellenberger menyampaikan komentar yang telah diterima perusahaannya: “Ini akan mengubah cara orang menggunakan CAD, dan ini akan mengubah cara orang dalam menggunakan komputer.” Kacamata memiliki sensor builtin yang melacak gerakan pengguna. Sementara untuk melihat sebuah benda yang diproyeksikan ke udara dari layar, jika Anda memindahkan kepala, Anda akan dapat melihatnya dari sudut yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan mulus, sehingga Anda perlu memiringkan kepala Anda dan melihat gambar yang tiba-tiba beralih ke 2D dari sisi obyek. Sehingga, Anda akan melihatnya tampak alami seolah-olah benda itu secara fisik dapat mengambang di udara. Tetapi jika semua berjalan sesuai rencana, dalam lima tahun ke depan, salah satu dari sistem baru ini bisa terhubung ke setiap komputer dan dapat digunakan untuk semua sistem, mulai dari video game hingga penelitian medis. “Visi dalam perusahaan adalah untuk menggantikan mouse dan keyboard, sehingga setiap komputer desktop di rumah harus memilikinya,” kata Kellenberger. Untuk membuatnya lebih mudah diakses, perusahaan merilis sebuah perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan untuk menciptakan cara baru dalam menggunakan sistem tersebut, sehingga memperluas jangkauan ke platform baru. Dia juga menambahkan, “Ada banyak ide-ide penggunanaan lainnya dari para pengguna kepada kami, namun saat ini kami masih belum mampu mengkreasikannya.” (rob)

Sebuah gambar promosi dari Infinite Z menunjukkan bagaimana pemakai dengan menggunakan sistem ZSpace dapat bekerja dengan obyek virtual 3D yang diproyeksikan. (INFINITE Z)


6

LINTAS BUDAYA

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 - 16 Mei 2012

Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Memprihatinkan ROBERT PUDYANTO The Epoch Times Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2012 ini masih diwarnai dengan unjuk rasa dari berbagai elemen mahasiswa di berbagai kota di Indonesia. Pada intinya semua menyuarakan keprihatinan akan kualitas pendidikan di negara ini. Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Diantara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999). Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia. Dan masih menurut survei dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pe-

mimpin teknologi dari 53 negara di dunia. Memasuki abad ke-21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena beberapa hal yang mendasar. Pendidikan yang seharusnya merupakan lokomotif awal pembaruan dan kemajuan bangsa, kini telah banyak diwarnai dengan permasalahan yang tidak semestinya. Politisasi pendidikan di Indonesia semakin marak. Akibatnya mutu pendidikan semakin merosot. Yang kita rasakan sekarang adanya ketertinggalan dalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain. Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidik-

an yang menghambat penyediaan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang. Kualitas pendidikan Indonesia yang rendah itu juga ditunjukkan data Balitbang (2003) bahwa dari 146.052 SD di Indonesia ternyata hanya delapan sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Primary Years Program (PYP). Dari 20.918 SMP di Indonesia ternyata juga hanya delapan sekolah yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Middle Years Program (MYP) dan dari 8.036 SMA ternyata hanya tujuh sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Diploma Program (DP). Kualitas pendidikan di Indonesia memang masih sangat rendah bila di bandingkan dengan kualitas pendidikan di negara-negara lain. Hal-hal yang menjadi penyebab utamanya yaitu efektivitas, efisiensi, dan standardisasi pendidikan yang masih kurang dioptimalkan. Masalahmasalah lain yang menjadi penyebabnya yaitu : 1. Rendahnya sarana fisik, 2. Rendahnya kualitas guru, 3. Rendahnya kesejahteraan guru, 4. Rendahnya prestasi siswa, 5. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, 6. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, 7. Mahalnya biaya pendidikan.

Seorang siswa tuna netra sedang mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan dibantu 2 orang guru. 1 guru membacakan soal ujian, sedangkan guru lain menulis jawabannya. (R. PUDYANTO)

8. Politisasi pendidikan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Adapun solusi yang dapat diberikan dari permasalahan di atas antara lain dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan, dan meningkatkan kualitas guru serta prestasi siswa. Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke sistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing s ecara

sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik mutunya dan akan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional. (et)

Si Bijak dan Pemberani Yue Fei Secret China

P

ara ahli strategi militer terkenal dan pahlawan anti-Jurchen (suku di Mongolia), Yue Fei (1103 - 1142 M), lahir selama periode berperang dari Dinasti Song Utara di Kota Tangyin, Provinsi Henan, Tiongkok. Meskipun orang tua Yue Fei adalah petani yang sangat miskin, ia masih mampu mendedikasikan waktu untuk mempelajari buku-buku sejarah dan seni perang, serta seni bela diri. Menurut catatan dari Dinasti Song, dia bukan hanya seorang pemanah yang baik, tetapi juga terampil dalam penggunaan berbagai senjata. Dia membunuh banyak lawan terkenal di medan perang dan dianggap tiada bandingannya. Pada 1122, Suku Jurchen utara menyerbu Dinasti Song. Dikarenakan ketidakmampuan penguasa, serta korupsi pemerintah yang merajalela, Dinasti Song terus kehilangan tanah dan hendak diserbu. Saat bergabung dengan tentara, Yue Fei masih berusia lima belas tahun. Ketika ayahnya meninggal, ia berhenti dari tentara dan kembali ke rumah untuk

berkabung atas kepergian ayahnya. Pada 1126, ketika Suku Jurchen mengadakan serangan besar-besaran di Dataran Tengah, Yue Fei kembali bergabung dengan tentara. Sebelum ia meninggalkan

rumah, ibunya menato punggungnya dengan perkataan “melayani negeri ini dengan setia”. Dia segera naik pangkat karena keberanian dan keberhasilannya di medan perang. Ketika ibukota dikepung Jurchen,

Yue Fei bergabung dengan Jenderal Zong Ze, wakil komandan pasukan, ke medan laga dan berulang kali berhasil mengalahkan Jurchen. Setelah Yue Fei memimpin 500 tentara ke medan perang dan mengalahkan 10.000 Jurchens. Zong Ze memuji Yue Fei atas keberaniannya, kebijaksanaan, dan keterampilan pertempuran yang tak tertandingi. Kecakapan militer luar biasa Yue Fei benar-benar mulai menunjukkan dirinya, setelah ia dipromosikan ke peringkat komandan. Dia tidak pernah mengikuti prinsip-prinsip dan sangat memercayai bahwa “Sebelum pergi ke medan perang, seseorang harus memilih sebuah strategi. Namun, harus kreatif akan perubahan situasi.” Zong Ze sependapat dengan Yue Fei dalam hal ini. Strategi perang dan keterampilan seni bela diri Yue Fei tampaknya datang dengan sangat alami. Dia juga mengatakan bahwa campur tangan Langit memainkan peran dalam apa pun yang dia lakukan. (et)

Awas Ada “Beruang Runtuh”! The Epoch Times

Kampus Boulder cabang University of Colorado pekan lalu, karena disatroni seekor beruang cokelat lantas menjadi sorotan media global. Andy Duan siswa dari Taiwan yang membidik dengan kameranya beruang cokelat terjatuh dari pohon, juga karena memperebutkan hak cipta foto dengan sekolahnya sempat menjadi obyek perhatian media. menurut perkiraan awal sedikitnya 500 media telah menerbitkan foto ini secara global. Beruang

Indonesian Culturemix:

Menggali Ide Beragam Budaya ROBERT PUDYANTO The Epoch Times Surabaya Fashion Parade (SFP) kembali hadir untuk ke-5 kalinya di Surabaya dengan tema Indonesia Culturemix. Sebagai salah satu ajang bergengsi untuk eksplorasi talenta para desainer Jawa Timur khususnya, SFP ke-5 dimulai 2 Mei 2012 di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya.

T

cokelat dengan berat 90 kg memasuki kampus tersebut dan bertengger di atas pohon, menimbulkan perhatian para siswa. Pihak sekolah dengan darurat memanggil polisi, kemudian beruang cokelat besar ini ditembak dengan obat penenang, yang kemudian runtuh dari pohon, ditampung oleh matras yang telah dipersiapkan oleh polisi, Andy fotografer untuk koran kampus universitas Colorado – Boulder, di saat yang tepat telah mengabadikan momentum tatakala beruang cokelat terjatuh dari pohon. Andy (22) dibesarkan di Hsinchu, Taiwan, tujuh tahun yang lalu datang dan belajar di Amerika. (tys)

ema yang diangkat melambangkan penggalian ide dari beragam kekayaan budaya Indonesia yang tidak terpaku pada busana tradisional saja. Ide tersebut dapat diambil dari keindahan alam, bangunan bersejarah, tradisi, keunikan budaya Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Acara ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintah kota Surabaya, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia Jawa Timur (APPMI), Pakuwon Group, serta beberapa partner lainnya. Selain menampilkan busana karya para desainer terkenal Indonesia seperti Ian Adrian, Oka Diputra, Denny Djoewardi, Djoko Sasongko, dan Ayok Dwipancara, serta puluhan lainnya, SFP 2012 juga mengadakan lomba Men’s Wear Fashion Design, award untuk fashion desainer kategori umum, pemula, lomba fashion ilustrasi, dan lomba model. “SFP digelar berkala setiap tahun dalam rangka memperingati hari jadi Kota Surabaya dan menyemarakkan Shopping Festival,” jelas Sutandi Purnomosidi, Marketing Director Pakuwon. (et)

(KOLEKSI ANDY DUAN)

Mengupas Aksara Tionghoa (10) :

Cara Penulisan Aksara YI 9

1

Aksara 醫(Yi)

3 5

4

8

6 7

The Epoch Times

Pertukaran piktogram untuk kata obat atau perawatan medis dalam bahasa Tionghoa menunjukkan perubahan dalam praktek kedokteran di Tiongkok. Aksara 醫(Yīi) merupakan kata benda untuk obat serta kata kerja untuk perawatan medis. Simbol asli seperti yang ditemukan pada prasasti tulang (oracle) dari zaman sebelum Masehi adalah jauh lebih sederhana. Terdiri dari anak panah yang mudah dilihat dan kail. Pada zaman kuno, busur dan anak panah merupakan senjata umum, termasuk selama masa peperangan. Para tentara yang terluka akibat panah dibutuhkan alat pencabut panah dari tubuh mereka. Alat pilihannya adalah kail. Bagi yang mampu mencabut panah dari tubuh dengan menggunakan kail disebut dokter, sedangkan proses pembersihan dianggap sebagai perawatan medis. Dengan demikian dapat di-

2

12

10 11

13 simpulkan bahwa 4.000 tahun yang lalu simbol oracle menjelaskan cara praktek pengobatan pada zaman itu. Sebagai peradaban yang maju, penulisan aksara Tionghoa untuk kata obat atau pengobatan menjadi: 醫 (Yī). Aksara ini terdiri dari tiga bagian yaitu : 医 (Yī), 殳 (Shū) dan 酉 (Yŏu). 殳 (Shū) yang ditunjukkan pada oracle sebagai kata tangan, memegang alat; ini menunjukkan alat atau peralatan, tetapi juga untuk pisau yang digunakan selama operasi. Simbol oracle 酉 (Yŏu) terlihat seperti tong anggur besar dari keramik, melambangkan alkohol, mungkin digunakan untuk membersihkan pisau dan membius pasien pada waktu bersamaan. Dalam aksara 醫 (Yī), simbol 酉 (Yŏu) berarti membersihkan pisau selama operasi dengan alkohol, dan pembiusan pasien yang dioperasi.

14

17

16

15 18

19 Perubahan aksara Tionghoa untuk obat/pengobatan dan perawatan medis adalah gambaran dari perubahan dalam praktek kedokteran Tiongkok. Ini merupakan petunjuk yang jelas bahwa obat/pengobatan tradisional Tiongkok tidak hanya tergantung pada pengobatan herbal saja, tetapi juga melakukan operasi, bahkan di zaman kuno. (deb)


SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 - 16 Mei 2012

7

sambungan hal 1

Hancurnya Fantasi... Hillary mengatakan: “Kami pada dasarnya mengetahui mengenai dialog HAM, apa yang akan dikatakan oleh PKT. Kita harus terus-menerus mendorong mereka (memperbaiki HAM), namun dorongan tersebut tidak boleh mengganggu isu penting dalam keamanan dan ekonomi kedua belah pihak.” Menghancurkan Fantasi Obama Terhadap PKT

SUPERMOON 2012: Panorama Supermoon yang terlihat di kota Surabaya. Supermoon merupakan tanda kemunculan Bulan yang tampak besar, bulat, dan terang. Saat Supermoon, purnama terjadi bersamaan atau berimpitan dengan perigee, waktu saat Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi. Pada Supermoon kali ini, Bulan hanya berjarak sekitar 350.000 km. Sebenarnya, tak ada yang terlalu istimewa saat Supermoon terjadi. Memang Bulan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang, namun, hal ini takkan bisa diketahui dengan mudah tanpa teleskop. (ROBERT PUDYANTO / THE EPOCH TIMES) sambungan hal 1

Optimis Terhadap... Dua tahun setelah 2005, rasio nilai ekspor netto RRT terhadap PDB meningkat satu kali lipat, dan setelah itu kembali mengalami peningkatan berlipat, dari yang awalnya hanya 5% pada 2001-2004, meningkat menjadi 20% pada 2005-2008. Selama periode tersebut, ekonomi RRT sering melampaui target mencapai hampir 10% dari PDB.” Ia juga menuliskan, “Menurut prinsip dasar ekonomi, sudah seharusnya RMB meningkat pesat pada saat ini. Namun hal ini tidak diperbolehkan terjadi. Pejabat PKT melakukan intervensi dalam jumlah besar di pasar valuta untuk menjaga nilai tukar RMB tetap rendah, dan membeli banyak cadangan devisa sambungan hal 2

Pilihan Moral... Oleh karena itu, di balik pergelutan politik di kalangan petinggi PKT, secara langsung juga menyangkut kelanjutan dari penindasan terhadap ratusan juta praktisi Falun Gong, menyangkut kelanjutan penindasan terhadap kelompok minoritas akar rumput seperti Chen Guangcheng, atau sebaliknya menghentikan penindasan dan menghukum pelakunya, serta melindungi masalah HAM yang paling fundamental bagi rakyatnya. Alih-alih menyebutnya dengan pertikaian kekuasaan, lebih tepat jika peristiwa ini disebut pertarungan antara kaum lurus dan sesat serta penentuan pilihan moral.

asing. Bank Sentral PKT juga menekan suku bunga menjadi rendah, sangat rendah… Rendahnya suku bunga simpanan yang mengejutkan ini telah membuat rasio pendapatan sektor rumah tangga di RRT terhadap PDB merosot sebanyak 20% selama 1992-2008, juga membuat rasio konsumsi mereka terhadap PDB rontok… Rakyat tidak mau menempatkan uang mereka di bank yang memberikan bunga rendah, rakyat pun menjadi kaum spekulan aset di seluruh Tiongkok.” Terakhir, Hendry menambahkan, “Dalam jangka waktu lama, kami berpendapat krisis ekonomi mungkin berasal dari AS, lalu akan menyebar ke Eropa. Hal ini telah terjadi. Akan tetapi, kami juga berpendapat, krisis ini akan berakhir setelah merambah sampai ke Asia.” (sud) Membersihkan Pelaku Penindasan Untuk Raih Simpati Rakyat Saat seluruh dunia melihat rekaman film pendek Chen Guangcheng, akan merasa murka akan kekejaman yang dialaminya, dan merasa terkejut terhadap keadaan HAM rakyat Tiongkok di bawah penjajahan PKT. Dan apa yang dialami Chen bukan kasus tunggal. Di RRT, orang yang mengalami peristiwa serupa tak terhitung banyaknya. Yang sempat diberitakan di media massa antara lain adalah Gao Zhisheng, Hu Jia, Ai Weiwei, dan lainlain, belum lagi jutaan rakyat yang mengajukan petisi, umat beragama, kaum independen, mereka semua mengalami sendiri betapa kekejaman. Belum lagi ratusan juta praktisi Falun Gong yang selama ini tak pernah diberitakan, mereka difitnah oleh PKT, disalah artikan dalam kasus-kasus reka-

Seperti halnya peristiwa pembantaian Tian An Men 1989 yang telah menghancurkan rencara George Bush senior untuk mengembangkan hubungan baik kedua negara, perjalanan pengacara tuna netra Chen Guangcheng yang sulit dalam melindungi HAM juga telah menghancurkan fantasi pemerintah Obama terhadap penguasa PKT (Partai Komunis Tiongkok). Fu Xiqiu, ketua Assistance to China dalam pengasingan mengatakan: ”Ini adalah saat terakhir. PKT tidak layak dipercayai. Hari ini mereka memberi jaminan, keesokan harinya justru melanggar janji.” Yang dimaksud Fu adalah sebelum Chen meninggalkan Kedubes AS, PKT menjamin Chen selanjutnya akan berada dalam kondisi aman dan dapat sewaktuwaktu dijenguk oleh diplomat AS. Namun setelah Chen diopname di rumah sakit, pejabat AS tidak lagi dapat menemuinya.Selain seorang dokter Kedubes AS pada Jumat lalu pernah menemui Chen, pejabat AS lainnya sejak hari Kamis (3/5) sama sekali dilarang menjenguk Chen. Ruang rawat inap Chen telah diblokir oleh petugas keamanan PKT, di sana Chen memperoleh perawatan kakinya yang terluka sewaktu lari dari ta-hanan dan penyakit lambung yang diderita sebelumnya. Chen sebelumnya tidak ingin meninggalkan Tiongkok, namun kini ia justru ingin terbang ke AS. yasa seperti “1.400 kasus” dan “kasus bakar diri di Tiananmen”, mengalami siksaan fisik, bahkan diambil organ tubuhnya dalam keadaan hidup-hidup - “Semua itu adalah kejahatan yang belum pernah terjadi di muka bumi”. Di bawah penjajahan PKT, penjara mal praktek hukum ada dimana-mana, masyarakat Tiongkok telah dijadikan sebagai suatu penjara ala premanisme. Setiap tahunnya terjadi ratusan ribu kali aksi perlawanan rakyat, ini adalah suatu bukti yang sangat kuat. Di tengah para pejabat tinggi PKT, setiap orang yang berharap untuk memecahkan penjara sesat ini dan mengembalikan kebebasan bagi rakyat, serta berupaya menegakkan kembali keadilan, adalah suatu tindakan yang terpuji. Sebaliknya bagi orang yang berusaha mempertahankan penjara sesat ini, bahkan semakin menindas rakyat, akan menjadi musuh bagi rakyat

Seorang perempuan diseret pergi oleh petugas keamanan ketika dia melakukan protes di luar Rumah Sakit Chaoyang tempat Chen Guangcheng menjalani perawatan. (ED JONES / AFP / GETTY IMAGES)

PKT dengan gusar mengutuk AS telah melanggar hukum internasional. Namun tidak dijelaskan secara konkrit telah melanggar hukum internasional yang mana. Mereka mengutuk AS melalui cara yang tidak lazim telah mengizinkan Chen masuk ke Kedubes AS adalah mencampuri urusan dalam negeri RRT. RRT bahkan menuntut Amerika untuk meminta maaf, tetapi telah ditolak oleh pihak AS. AS Sekali Lagi Kehilangan Kesempatan Dewasa ini kedua-belah pihak masing-masing sibuk mengurusi urusan dalam negeri sendiri. Pada November mendatang, AS akan menyelenggarakan pemilihan presiden baru, PKT juga pada waktu yang sama akan mengadakan “Kongres PKT ke-18”. Kedua belah pihak sama-sama berharap pertikaian mereka tidak diperun-cing. Pemerintah Obama juga mengalami tekanan. Komite eksekutif masalah Tiongkok Kongres AS menyelenggarakan sidang dengar pendapat darurat terkait dengan peristiwa Chen. Jubir persidangan menuntut pemerintah Tiongkok. Hukum langit berlaku. Perwakilan kekuatan sesat PKT yakni Bo Xilai telah terungkap tipu muslihatnya, karir politiknya pun langsung pupus. Sementara Zhou Yongkang dan Jiang Zemin sebagai dalang yang telah menindas Falun Gong juga akan segera menghadapi peradilan oleh sejarah ini. Pembersihan dan pengadilan terhadap dalang penindasan, adalah penegakan keadilan, perlindungan bagi kebajikan, juga sejalan dengan kehendak rakyat dan juga Langit. Saat petinggi kekuasaan melakukan pembersihan terhadap kelompok yang berdosa, berarti telah menampilkan kebajikan dan keberanian, dan membuka lembaran masa depan baru bagi Tiongkok. Tindakan mereka itu akan mendapat dukungan penuh dari rakyat, juga akan memenangkan dukungan serta keper-

AS merefleksi kembali hubungan dengan PKT. Senator Wolf mengatakan: ”Amerika telah kehilangan kesempatan dalam peristiwa Tian An Men 1989. Apakah pemerintah dewasa ini juga tidak dapat menangkap peluang bersejarah ini?” Wolf mengatakan, ia menuntut seluruh dokumen termasuk dokumen rahasia dalam perundingan dengan PKT tersebut diperiksa. Hadirin lainnya menuntut pemerintah AS menempatkan masalah HAM pada posisi sentral dalam diplomatik AS-RRT, seperti halnya pada masa Perang Dingin AS-Uni Soviet. Amerika telah menempatkan isu HAM pada posisi sentral dalam perundingan kedua-belah pihak. Pengalaman PKT: Lempar Keluar Oknum Pro Demokrasi Tercerai-berainya Uni Soviet sangat menakutkan pemimpin RRT. Mereka meneliti secara seksama keruntuhan PK Soviet, dan tidak ingin PKT menempuh jalur yang sama. Pengalaman yang mereka pelajari yaitu PKT harus menghindarkan diri terjerumus ke dalam cayaan rakyat, serta merupakan penggunaan kekuasaan yang tepat. Sebelum perubahan besar itu tiba, setiap orang menentukan pilihan moralnya, menentukan pilihan bagi masa depannya sendiri. Di tengah perubahan besar dalam pertarungan antara kaum sesat dan kaum lurus ini, segala sesuatu yang bakal terjadi adalah di luar batas kategori politik dan di luar batas kategori perseteruan, karena pilihan kita saat ini, akan menentukan masa depan kita. Tingkat moralitas, keadilan, kebaikan kita, adalah tiket masuk kita ke masa depan. Di saat masyarakat Tiongkok menderita kesengsaraan, masyarakat dunia yang bebas diharapkan memberikan perhatian ekstra kepada mereka dan membantu masyarakat Tiongkok menempuh tanggung jawab moral mereka sendiri dalam menghadapi perubahan besar di da-

perundingan resmi tentang HAM. Pada 1975, Uni Soviet telah menandatangani apa yang disebut Nota Kesepahaman Helsinki, selanjutnya masyarakat pro demokrasi Soviet menggunakan Nota tersebut membuat Soviet terpaksa mengalah, dan juga mendapat dukungan dari masyarakat internasional. Pengalaman Soviet memberitahukan kepada pimpinan PKT bahwa untuk menghadapi oknum pro demokrasi yang merepotkan itu, cara yang terampuh adalah dengan mengirim mereka ke luar negeri. Masyarakat pro demokrasi Tiongkok yang berada di pengasingan sebagian besar telah luntur dan tidak berani untuk bersuara lagi. Li Cheng, pakar politik Tiongkok dari Lembaga Brookings Washington mengatakan, Chen Guangcheng bertahan tinggal di RRT bagi PKT adalah hal yang sangat berbahaya. Membiarkannya tinggal, sama dengan sebuah bom waktu. Li menuturkan, “Dahulu mereka lebih baik mengirim oknum pro demokrasi seperti ini ke luar negeri. Di luar sana oknum-oknum tersebut akhirnya sering kali terpinggirkan.” (tys) lam sejarah ini. Di tengah pertikaian antara sesat dan lurus, tidak ada penonton netral. (sud)

The

Epoch Times

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

PEMIMPIN UMUM: YS Then

PEMIMPIN REDAKSI: Widiyanto

WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ajeng Utami

REDAKTUR PELAKSANA:

sambungan hal 2

Mengekspos Kembali... Awal 1997, Luo Gan memerintahkan Departemen Keamanan Publik untuk melakukan penyelidikan di seluruh negeri, mengumpulkan berbagai bukti untuk memvonis bahwa Falun Gong adalah “ajaran sesat”. Namun kantor keamanan di seluruh negeri akhirnya melaporkan “belum ditemukan adanya masalah” setelah penyelidikan tersebut dilakukan. Juli 1998, sebuah instansi di Departemen Keamanan Publik mengeluarkan sebuah pemberitahuan Nomor 555 Tahun 1998 mengenai “Penyelidikan Terhadap Perkembangan Falun Gong”, yang terlebih dahulu menetapkan Falun Gong sebagai “ajaran sesat”, lalu disertai dengan instruksi: harus menguasai keadaan di dalamnya, dan menemukan bukti pelanggaran hukum. Jelas sekali bahwa dokumen yang diterbitkan oleh Luo Gan tersebut bersifat menjatuhkan vonis terlebih dahulu, baru kemudian mencari bukti. Waktu itu banyak mata-mata dan intelijen dari kepolisian dan satuan militer yang masuk ke lokasi latihan Falun Gong dan berpura-pura latihan bersama dengan praktisi Falun Gong lainnya, juga belajar Zhuan Falun bersama mereka. Namun tak disangka tidak ada yang bisa dimata-matai di dalam Falun Gong,

KLASIKA !

semua kegiatan praktisi sangat terbuka, dan bebas keluar masuk, tanpa ada pendaftaran, tidak ada keanggotaan, dan tidak dipungut biaya. Justru sebaliknya banyak mata-mata yang kemudian justru menjadi praktisi yang setia setelah secara lebih dalam memahami Falun Gong. Yang mengejutkan Luo Gan adalah, dari seluruh laporan penyelidikan yang terkumpul dari seantero negeri, tidak ada satu pun bukti kejahatan yang terdeteksi. Luo Gan juga frustasi setelah menyadari bahwa orang yang bertanggung jawab masalah Qigong di Departemen Keamanan Publik ternyata sangat paham akan Qigong (baca: ji kung, ilmu olah pernapasan dan meditasi), dan banyak di antara mereka yang berlatih Qigong. Akhirnya pada 1996, Luo Gan sengaja merombak Departemen Keamanan Publik, semua orang-orang yang bertanggung jawab di bidang Qigong dimutasi ke bagian lain, agar jalannya untuk menindas Falun Gong lebih mulus. Paruh kedua tahun 1998, para pensiunan tua Dewan Kongres yang dikepalai oleh Qiao Shi, melakukan penyelidikan dan riset terhadap sistem keamanan berdasarkan surat pengaduan dalam jumlah besar dari masyarakat mengenai masalah perlakukan ilegal terhadap Falun Gong juga masalah para praktisi Falun Gong dalam berlatih secara massal, pada akhirnya didapat kesimpulan bahwa “Falun Gong banyak bermanfaat bagi rakyat dan sama sekali tidak ada

kejelekan”, dan di akhir tahun yang sama laporan penyelidikan tersebut pun diserahkan kepada Komite Politbiro. Tak Ada Slogan, ataupun Yel-Yel Dilihat dari berbagai jejak yang ada, He Zuoxiu menulis artikel untuk memfitnah Falun Gong, serta perlakukan anarkis polisi Tianjin terhadap praktisi Falun Gong, bukan merupakan hubungan sederhana antara sebuah majalah dengan pembacanya semata. Pihak Tianjin jelasjelas telah mendapat instruksi dan tekanan langsung dari Luo Gan. Begitu berita tersebar cepat hingga ke Beijing, ratusan ribu praktisi pun terkejut karenanya. Puluhan ribu praktisi setelah mengetahui berita tersebut merasa perlu mendatangi Biro Pengaduan untuk mengajukan petisi, untuk menyampaikan permintaan mereka secara damai kepada pemimpin negara. Karena sebelum itu, meskipun banyak praktisi yang bekerja di instansi negara sudah mendengar bahwa Luo Gan telah memerintahkan kepolisian untuk mencari-cari kesalahan untuk ditudingkan kepada Falun Gong, namun karena praktisi selalu mematut kultivasi diri dengan Sejati, Baik, Sabar dan meningkatkan moralitas masyarakat serta memperbaiki mentalitas, sehingga Luo Gan pun tidak bisa menemukan kesalahan apa

pun, oleh karena itu meskipun kepolisian sering mengusik, tapi tidak dapat menciptakan peristiwa rekayasa apa pun. Sementara kasus penangkapan praktisi Falun Gong oleh polisi Tianjin, membuat praktisi yang berkultivasi merasakan, pemegang kekuasaan PKT kembali melakukan kebiasaan perseteruan antar tingkatan. Dengan harapan baik ini, praktisi Falun Gong yang mengetahui hal ini pun menghubungi praktisi lain di luar daerah, dan berjanji untuk bertemu. Akhirnya, hari itu di Biro Pengaduan Negara di Zhongnanhai pun hadir puluhan ribu orang yang bermaksud mengajukan petisi, inilah “peristiwa 25 April” yang menggemparkan itu. Yang perlu dijelaskan adalah, setelah Revolusi Kebudayaan, PKT harus menghadapi banyak keluhan dan ketidak puasan rakyat karena gerakan politiknya, sehingga terpaksa membentuk sistem pengajuan petisi. Oleh karena itu pengajuan petisi secara pribadi maupun massal pun mendapat perlindungan hukum dan undang-undang di RRT, dan tidak perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada instansi kepolisian, juga tidak perlu mendapat izin untuk hal ini. Dilihat dari sisi tertentu, ini adalah suatu kemajuan, setidaknya legalitas perjuangan rakyat untuk menegakkan keadilan seperti di zaman dahulu kala telah diakui. (tys)

Oscar Nugroho

REDAKTUR:

Eva Lestari, Dennis Purwoko, Febriant Hendriani, Lindsey Widya

PENERJEMAH:

Linjaya, Sudianto, Hongky, Yanny, Leon, Mila, Nia, Hui Hui, Dewi Mala

WEBSITE: Hartoyo

FOTOGRAFER:

Jefferson, Hartono, Robert Pudyanto

REPORTER:

Amelia Wulan, Leonardo, Rachmat, Boedijono, Manuh

ALAMAT:

The Epoch Times Indonesia Raya Panjang Jiwo Permai 34, Surabaya Tel: (031) 8431116 Fax: (031) 8496442 contact@epochtimes.co.id

DISTRIBUSI - PEMASARAN:

Jakarta : Ye Qiumei 083871571505 Surabaya : Liing (031) 70780630 Bali : Alimin 08165 444 779 Medan : (061) 77499135, 4572615 Semarang : Budi (024) 70712407 Yogjakarta : Tjipto (0274) 7848434 Lombok : Heryanto 081757 1281 Pontianak : Athiam 085822535966

SALES / IKLAN:

Andhy (031) 71168787 Robert (031) 70999799 Maya (031) 75152605

IKLAN WEB:

Reymond (031) 91042120

DONASI:

PT. Sinar Epoch Acc. BCA 1070255797

Bersambung minggu depan

Manfaatkan untuk kebutuhan usaha/pribadi Anda.

Untuk pemasangan iklan mini silahkan hub (085) 6310 0300, (031) 7116 8787, (031) 7515 2605

PROPERTI - SURABAYA

OTOMOTIF

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

Jual Rumah Graha Family blok D LT/LB 546M2/400M2, 4+3KT, 3+1KM. Listrik 6600, hdp Selatan. Hub 031 3122 8221 0857 3094 7070

Jual Mobil Second Honda Civic Ferio 1998. Warna Hijau Metallic. istimewa. body kaleng. interior orisinal. Hubungi: Dwisatrio 78038068

- CARI JODOH Aku Chi Hwa Hwa anjing jantan perkasa cari istri Berminat? Nego bossku Lisa 0881 936 9353

Depot Shan Shan Ubaya Terima pesanan nasi bungkus, nasi kotakan, dan tumpeng. Menu aneka penyetan, aneka kremesan, aneka menu kuah, dsb. Hub Christina 031-72107688

TIO COLLECTION Menerima pesanan tas, dompet, souvenir, tempat aqua gelas, semua bahan terbuat dari manik2 (moonte). Di daerah Sidoarjo, Jawa Timur. Hub: 031-77519698 /081331139682

Jual Makanan Sehat cabang Rumah Gizi - Sby dan Sayuran/Beras/Buah Organik cabang Brenjonk-Kaliandra. Melayani pesan antar untuk daerah Sidoarjo (Surabaya+Ongkos kirim). Yani 081 2300 4063 / 031 8072936


8

IKLAN

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 - 16 Mei 2012

Seluruh Praktisi Indonesia Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Master Li Hongzhi & Selamat Hari Falun Dafa Sedunia ke-20 13 Mei 2012

Pilihan Dafa yang menyelamatkan dunia terlahir di Timur, Tetapi bukanlah Partai Komunis Tiongkok. Sang Pencipta mengapa memilih tanah tersebut ? Karena demi menggunakan bara api dari partai sesat untuk menempa intan. Pengikut Dafa yang menderita apa bedanya dengan Sang Sadar di masa lampau? Manusia jangan salah memilih arah tujuan, Mengambil hati partai jahat akan tertipu muslihat iblis. Dafa telah tersebar sampai ke Barat, Memahami fakta kebenaran adalah harapan untuk dapat terselamatkan ! LI HONG ZHI 3 Mei 2012


SENI & LITERATUR

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 - 16 Mei 2012

9

Para Pelukis Alam Liar Dipamerkan di London dalam Bulan Ini JANE GRAY The Epoch Times

LONDON - Gambar-gambar ini mungkin akan terlihat seperti foto pada pandangan pertama, karena detail yang tampak halus dan mumpuni. Namun pada kenyataannya, setiap rambut halus dari gorila ini secara susah payah dibuat oleh goresan tangan seniman pelukis satwa liar, Chris Wright, yang berkarya dengan menggunakan arsiran pensil. “Ketika saya menggambar, saya merasa hebat, karena tidak ada lagi yang mengaburkan pikiran saya,” ujar Wright menjelaskan. “Jika saya terlihat sedang duduk, bukan berarti saya sedang bersantai. Saya berusaha memahami semua detail sebuah obyek secara tepat. Saya tahu bahwa seseorang akan menghargai karya seperti ini, dan saya gembira karena karya saya dapat dinikmati oleh begitu banyak orang.” Wright adalah salah satu dari 40 seniman kontemporer kondang yang berspesialisasi dalam melukis hewan liar yang dipamerkan di The Animal Art Fair (TAAF) pada bulan Mei ini di London. TAAF telah berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir. Hal ini dimulai ketika sang pendiri, Jamie Polk dan Barnaby Parker melihat banyak teman-teman seniman mereka yang menderita akibat harus membayar tarif komisi yang tinggi untuk galeri, sehingga mereka ingin menciptakan kesempatan baru bagi para seniman untuk dapat berinteraksi langsung dengan pembeli. Dan kini, ini telah menjadi sebuah kesuksesan besar. Sang

seniman akan membayar satu kali biaya untuk stand mereka, dan 90 persen dari seluruh penjualan akan langsung masuk ke kantong seniman. Ini tentunya menguntungkan para seniman jika dibandingkan dengan komisi yang harus dibayarkan di galeri yang bias mencapai 40-50 persen. Sedangkan sepuluh persennya disumbangkan untuk mitra amal TAAF, The Angus Lawson Memorial Trust. “Saya melihat cara pemasaran seni seperti ini akan tren dalam beberapa tahun ke depan,” ujar, pendiri dan direktur TAAF, Polk. Harga dari karya seni yang dijual berkisar 100 euro (1,2 juta rupiah) per print, dan karya original berkisar dari 250-12.000 euro (sekitar 3-140 juta rupiah). Saat Anda mengunjungi pameran, dijamin Anda akan menemukan beberapa macan tutul dan jerapah serta burung unta yang tampak sangat murung, karya seniman satwa liar Dominique Salm. “Ia seolah menggambarkan bagaimana para hewan itu mengintip pada Anda secara histeris,” ujar Salm. “Saya kira momen seperti itu tidak pernah dilukiskan sebelumnya, jadi saya ingin menangkap karakter itu.” Salm yang merupakan pemenang 2009 BBC Wildlife Artist of the Year, Kategori Mamalia Dunia, secara rutin mengadakan pameran di London dan New York. Sulit untuk tidak tertawa ketika melihat lukisan burung untanya. “Komentar yang saya dapatkan kebanyakan juga lucu-lucu, seperti, ‘oh ia tampak mirip dengan ibu mertua saya’, ‘tidak tampak seperti ini dan begitu ...’. Tak jarang dalam sebuah pameran, orang-orang tidak tahu bahwa sayalah sang senimannya, dan saya berdiri di sana mendengarkan komentar-komentar itu, dan itu benar-benar lucu.” Penggemarnya termasuk cucu

Sir Winston Churchill, Nicholas Soames dan Rupert Soames, yang mengaku memiliki ketertarikan terhadap burung unta. Sebaliknya, lukisan gajah Salm justru tampak sedang mengantuk dan malas, dan secara halus diwarna dengan tinta merah tanah. Salm menggambarkan nuansa Afrika yang sebenarnya pada karyanya, dan bahkan membuat mereka tampak lebih hidup. Seniman Chris Wright juga akan kembali ke TAAF tahun ini. Semangatnya terhadap satwa liar datang melalui goresan pensilnya yang halus, yang menangkap keindahan dan karisma setiap hewan, tanpa kesalahan di setiap detailnya. “Saya ingin melalui karya seni saya dapat membuat orang menghargai hewan ini. Karena saya tidak setuju jika hewan liar harus terus hidup di penangkaran,” Wright menjelaskan. Wright tidak hanya seorang seniman, ia juga seorang petugas program senior di Born Free Foundation, yang memiliki misi untuk menjaga kelestarian satwa di alam liar. Dan sebagian dari hasil penjualan karya seninya akan disumbangkan untuk Born Free Foundation. Mungkin salah satu karyanya yang paling tampak hidup adalah Titus, gorila gunung silverback –spesies sangat langka yang hanya ditemukan di bagian terpencil Afrika. Gambarnya terinspirasi dari momen yang ditangkap oleh kamera rekan Wright di Born Free, Ian Redmond, yang dipelajari secara mendalam oleh Dian Fossey dan kemudian memperkenalkan gorila kepada Sir David Attenborough, salah satu penyiar dan pecinta alam terhandal di dunia. Meskipun Wright tidak berada di tempat kejadian bersama Ian Redmond pada saat itu, ketika mengerjakan karya ini ia teringat kenangan tak terlupakannya ber-

sama gorila di Uganda. “Ketika menggambar, saya benar-benar ingin menghidupkan kembali seluruh kenangan itu, dan saya senantiasa tidak sabar untuk duduk di meja gambar saya lagi,” jelasnya Titus ditampilkan dalam Film Gorillas In the Mist dan film dokumenter BBC pada 2008, Titus: The Gorilla King, yang dipelajari secara mendalam oleh Dian Fossey. Gambar rumit Wright seluruhnya dikerjakan hanya dengan menggunakan media pensil. “Orang sering memberikan perhatian lebih ketika mereka mengetahui seseorang melakukan sesuatu dengan tangan mereka sendiri, dan bukannya sebuah foto,” tutur Wright. (osc)

ATAS: Titus Sang Raja Gorilla: Terinspirasi dari foto yang diambil oleh Ian Redmond, yang dipelajari secara mendalam oleh Dian Fossey dan memperkenalkan gorila kepada salah satu penyiar dan pecinta alam terhandal di dunia, Sir David Attenborough. (COURTESY OF CHRIS WRIGHT); TENGAH: Ekspresi hewan yang membuat Anda tersenyum: Burung unta karya Dominique Salm yang menampilkan sisi kelucuan mereka. (COURTESY OF DOMINIQUE SALM); BAWAH: Mengantuk: Gajah karya Dominique Salm yang berwarna merah tanah yang melambangkan nuansa Afrika. (COURTESY OF DOMINIQUE SALM)

Sabin Howard: Pria yang Memahat Dewa sebenarnya, yang mungkin hanya terdiri dari tumpukan balok arang di lantai, maka saya akan menganggapnya bermasalah, karena sebenarnya seni itu merupakan refleksi dari sebuah kebudayaan yang telah berlangsung selama berabad-abad,” kata Howard, yang mengajar kuliah patung figur dan gambar di tingkat pascasarjana selama 20 tahun. “Saya tidak ingin diwakili oleh, katakanlah, potongan lumpur yang dioleskan pada kanvas, atau tumpukan batu bata. Saya ingin diwakili oleh seni yang benar-benar menunjukkan kepada kita martabat sebagai seorang manusia yang berbudaya,” katanya. Sabin Howards sedang bekerja pada patung “Apollo” di studionya yang terletak di kawasan Bronx, New York. (COURTESY OF SABIN HOWARD)

Sabin Howard, “Hermes,” perunggu. (COURTESY OF SABIN HOWARD)

EVAN & KATY MANTYK The Epoch Times

NEW YORK-Memasuki studio Sabin Howard di kawasan Bronx merupakan sebuah pengalaman yang unik. Melalui patung-patung manusianya yang tampak sangat hidup, menggambarkan para Dewa yang tampak menatap tajam namun tetap terkesan sederhana dan penuh semangat. “Para kolektor sangat menyukai patung-patung itu sebagai pajangan di rumah mereka, karena

mereka mampu mengubah energi dari sebuah ruangan,” kata Howard. Howard, yang telah menghabiskan hidupnya di antara Italia dan New York, memilih berdiri di depan patung Apollo (Dewa Matahari dari tradisi Yunani dan Romawi) dengan bentuk fisik yang sempurna dan berpose anggun. “Anda dapat melihatnya, seolah ada yang menusuk sanubari Anda mengangkatnya ke awangawang. Anda akan dapat merasakan keagungan dan kebesarannya. Ini benar-benar akan Anda rasakan saat melihatnya langsung,” tutur Howard. Patung Apollo tersebut diselesaikan Howard dalam tempo lebih dari lima tahun dan membutuhkan

85.000 dollar AS (sekitar 722 juta rupiah) untuk memproduksinya. Jumlah itu meliputi biaya bahan baku dan guna membayar dua orang model untuk berpose selama berjam-jam. Untuk mengapresiasi karya Howard, Stefano Acunto, ketua Yayasan Akademi Italia (Italian Academy Foundation - IAF), mengatakan, “Kata masterpiece dalam bahasa Italia adalah capolavori. Lavori berarti untuk tenaga pekerja. Dan itulah yang Anda saksikan dalam patung karya Sabin.” Dan kerja kerasnya terbayar. Setelah Sabin membuat patung pertamanya, ia dapat membuat cetakan dan mampu membuat seri. Dengan sekitar 180 kolektor di seluruh dunia, dia telah menjual tiga seri pertama dari patung Apollo yang total berjumlah enam buah dan berencana untuk membuat enam lagi. Melalui kerja sama dengan IAF, karya Howard, termasuk patung-patungnya yang terdiri dari Apollo, Aphrodite, dan Hermes, dipamerkan pada Maret lalu di Institut Arsitektur Klasik dan Seni (ICAA), di New York, AS. Dan pertanyaan yang paling sering muncul adalah: Mengapa ia sering memahat dewa? “Saya memilih judul yang universal, yang dapat dipahami oleh masyarakat. Dan seni merupakan salah satu bentuk pelayanan masyarakat,”

kata Howard. Kontemporer Versus Klasik Karya Howard merupakan sesuatu yang dapat langsung diapresiasi dan dipahami orang karena keterampilannya dalam menampilkan bentuk yang proporsional. “Para pekerja kantoran dan pemadam kebakaran dapat langsung memahaminya. Mereka masuk ke sini dan berkata, ‘Wow, ini adalah sebuah karya seni yang nyata,” tutur Howard. Namun, patungnya juga sekaligus berlawanan dengan karya patung-patung modern yang tampak lebih abstrak dengan bentuk yang serba tidak jelas. “Apa yang Sabin lakukan adalah sangat penting karena karyanya mencerminkan tema dan teknik yang merupakan dasar dari seni, yang sering diabaikan begitu saja dalam produksi seni kontemporer,” kata Acunto. Howard, 48, mengatakan bahwa seni modern dalam 50-60 tahun terakhir sudah terlalu mengakar dalam bahasa akademis. “Kini, bagian konseptual dan manual menjadi lebih penting daripada seni itu sendiri. Jadi ketika Anda membaca semua filosofi ini tentang sebuah karya, Anda akan merasa bahwa tidak ada yang salah dengan itu semua. Namun ketika Anda melihat obyek yang

‘The Art of Life’ Para pembukaan pamerannya di ICAA pada Maret lalu, Howard juga merilis resmi bukunya yang berjudul The Art of Life, yang ia tulis bersama istrinya, Traci L. Slatton, yang juga seorang novelis pemenang penghargaan. “Mimpi saya adalah untuk mendidik dan mengubah arah dunia seni modern. Saya benarbenar melihat seni sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, dan itu menjadi sangat penting bagi saya,” kata bapak dari empat orang anak ini. Ada bab tentang sejarah seni patung dan sebuah bab tentang bagaimana Howard menciptakan patung. Dalam bab terakhir, tentang kehidupan sebagai patung, dan tentang kekuatan seni. “ Jika Anda melihat sebuah patung ... Anda tidak akan melihatnya ditaruh begitu saja di lantai. Ia pasti akan ditaruh di atas sebuah alas atau dasar, atau jika Anda melihat sebuah lukisan, ia berada di dalam bingkai. Jadi, ketika Anda melihat sebuah karya seni, Anda seolah tengah dibawa ke dalam portal menuju dunia lain,” menurut Howard. “Jadi itu dimaksudkan untuk membawa Anda, menuju ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Jadi ini tentang apa yang kita dapat. Itu merupakan hal yang sama yang dilakukan oleh orang-orang Yunani di masa lalu, yaitu untuk

menunjukkan apa yang mereka bisa,” katanya. Menurut Howard, hal inilah yang kurang dari budaya modern kita. Akibatnya, sulit bagi calon seniman untuk memulai terjun ke dunia ini. “(Seni) tidak lagi dianggap sakral, sehingga kehilangan banyak kekuatannya dalam memengaruhi budaya,” katanya. Meskipun demikian, masih ada harapan. “Anda harus bekerja keras dalam menghasilkan karya seni Anda, sehingga ketika itu dilihat oleh orang lain, dapat membuat orang teringat lagi mengenai konsep tradisional,” katanya. “Seorang seniman adalah pengambil risiko. Ini bukan karir yang aman,” katanya. Aphrodite “Apollo” dan “Aphrodite” adalah contoh sempurna tentang bagaimana Howard mampu mengekspresikan ide-ide yang bersangkutan dalam teknik tradisional. “Aphrodite” merupakan karya yang dibuat untuk memperingati 104 tahun perayaan dermawan Kathryn Davis. “Dia berkata kepada saya, ‘Sebagai orang yang dapat meninggalkan dunia ini dalam beberapa tahun mendatang, saya ingin melihat dunia ini menuju perdamaian. Saya tahu ini adalah fantasi, tapi ini adalah mimpi saya, ‘” kenang Howard. Howard kemudian melakukan riset terhadap Aphrodite, sang dewi cinta, dan membuat karya patungnya. “Saya melihat ini dalam cara yang bertentangan dengan dewa perang, Ares,” katanya. “Lalu saya berpikir banyak tentang apa itu perang. Yaitu saat dimana ketika manusia ketidakseimbangan dan terlalu banyak agresor, sehingga daya rusak menjadi lebih besar dari yang seharusnya.” “Kemudian saya menemukan bahwa Aphrodite diwakili oleh Libra, yang dilambangkan dengan simbol timbangan. Jadi ini menjadi keseimbangan antara surga dan dunia dan yang nyata,” ujar Howard sebagai penutup. (osc)


10

BISNIS & EKONOMI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 10 - 16 Mei 2012

Munich Membidik 100 Persen Bersih Konsumsi Energi pada 2020 ILYA RZHEVSKIY The Epoch Times

Sejak pakta untuk menghentikan semua pembangkit energi nuklir di Jerman pada 2022 ditandatangani, banyak proyek baru yang menggunakan energi alternatif mulai membuahkan hasil. Salah satu laporan terbaru yang dibuat Walikota Munich Christian Ude, menetapkan target untuk menjadikan Munich sepenuhnya dipasok oleh energi hijau pada 2020.

T

aruhan besar untuk mencapai tujuan ambisius ada pada energi angin, yang dianggap lebih murah untuk dibangun daripada jenis pembangkit energi alternatif lain. Bavaria, negara bagian Jerman dimana Munich adalah ibukotanya, dikenal memiliki potensi terbesar bagi ladang angin di Jerman. “Bavaria memiliki potensi terbesar untuk energi angin di Jerman secara keseluruhan, tetapi ber-

samaan itu muncul pasar di bidang ini,” kata Christian Ude. Negara bagian di Jerman lainnya, memiliki ladang angin lebih banyak dibandingkan Bavaria, yang saat ini hanya memiliki 486 turbin angin. Sebagai contoh, Negara Bagian Niedersachsen memiliki 5.501 turbin angin dan Brandenburg memiliki 3.053 turbin. Kota Munich hanya memiliki 1 turbin yang masih dalam konstruksi saat ini. Rencananya membangun 200 turbin angin tambahan yang dapat memasok 1 miliar kWh (kilowatt jam) pada 2020 nanti. Setiap turbin memproduksi sekitar 5 juta kWh dan dapat memasok kebutuhan listrik sekitar 2.000 rumah tangga. Jika populasi Munich sebesar 1,3 juta jiwa, dan setiap rumah tangga memiliki sekitar 4 orang, maka secara perhitungan, 200 turbin akan persis memasok listrik di seluruh kota. Selain energi angin, masih ada sumber energi alternatif lain yang juga akan meluncurkan saham mereka dalam portofolio energi hijau, seperti energi surya, biomassa, biogas, dan lain-lain. Tentu saja, turbin angin tidak dapat dibangun langsung di Kota Munich, akan mengganggu kehidupan normal masyarakat akibat tingginya tingkat kebisingan dan

turbulensi konstan yang dihasilkan dari perputaran turbin, bahkan jangan sebut bagaimana tampilan visual kota dengan turbin yang berputar dimana-mana. Rencananya akan dibangun di daerah pedesaan di luar Kota Munich. Sejauh ini, 40 komunitas masyarakat telah menunjukkan minatnya untuk memiliki ladang angin kecil yang terdiri dari maksimal tiga turbin. Biaya pembangunan satu turbin angin sekitar €5 juta ($AS 6,6 juta) dan membangun 200 turbin akan memerlukan investasi sebesar € 1 miliar. Saat ini, masyarakat menyatakan bahwa mereka bisa menutupi 50 persen dari biaya, juga ingin menerima 50 persen dari keuntungan proyek tersebut. Sisanya harus datang dari pemerintah ataupun sponsor swasta lainnya. Sponsor terbesar sejauh ini adalah SWM Bayernwind, anak perusahaan STADTWERKE München GmbH, yang merupakan produsen energi terbesar di Bavaria. Ada juga pihak yang tidak mendukung proyek ini, menyatakan bahwa hal itu akan mengganggu alam, pemandangan, dan menciptakan kebisingan serta turbulensi. Seperti yang diketahui, bahwa siapapun yang tinggal dekat dengan putaran bisa merasakan tanah sedikit bergetar seakan terjadi gempa

Kanselir Jerman Angela Merkel beristirahat diatas platform turbin angin saat mengunjungi sebuah ladang angin pada 18 Agustus 2010 lalu di Krempin, Jerman. Menyusul keputusan Jerman untuk memutus ketergantungan pada tenaga nuklir, Munich mencari cara untuk membuat tenaga angin sebagai salah satu sumber utama listrik. (AFP/GETTY IMAGES)

ringan. Turbin juga dikenal dapat memukul mati para burung dengan bilah kipas mereka. Argumen yang mendukung energi angin adalah, satu turbin angin dapat menghasilkan 5 juta kWh per

tahun bisa memasok listrik 2.000 rumah tangga dan dengan demikian menggantikan 1,9 ton batubara, yang menghemat sekitar 5.000 ton emisi CO2 ke atmosfer. Hal ini juga berkontribusi terhadap fakta bahwa

bencana berskala besar seperti kecelakaan nuklir Fukushima dapat dihindari jika energi nuklir diganti dengan energi angin yang jauh lebih aman.(tam)

Perusahaan RRT Kirim Pipa Gas Baja Tak Layak Pakai ke Slowakia . Hasilnya adalah sekitar 8 - 12 J, dimana nilai minimal yang diperlukan adalah 27J, yang berarti baja tersebut terlalu rapuh dan dapat ditembus oleh gas dibawah suhu yang rendah. Hal ini dapat mengakibatkan ancaman ledakan dan membahayakan jiwa manusia, terutama karena gas yang dikirim itu disalurkan dalam tekanan tinggi. “Pipa-pipa ini sama sekali tidak dapat digunakan dalam industri gas, dan kita rekomendasikan agar pipa-pipa ini dikembalikan,” kata Caplovic dari analisanya. Hasil serupa juga didapatkan oleh dua tempat pengujian independen lainnya, salah satunya dari Welding Research Institute di Bratislava dan satunya lagi dari laboratorium di perusahaan mesin Pvni brnenska Strojirna.

PETER SEDIK The Epoch Times Gudang gas bawah tanah yang dibangun di Slowakia pada era 70-an, telah membawakan hasil dalam beberapa tahun terakhir ini. Cadangan gasnya membantu menopang ketidakpastian dalam komsumsi gas di setiap musimnya, begitu juga turut membantu mengamankan cadangan gas nasional di masa-masa terjadinya penghentian atau gangguan terhadap proses impor gas. Pada September tahun lalu, mantan Perdana Menteri Slowakia Iveta Radicova, mengumumkan pembangunan gudang gas baru di Gajary-baden, yang sekaligus akan menambah kapasitas penyimpangan dari seluruh kompleks tersebut yang berlokasi di Slowakia barat sebesar 500 meter kubik, sehingga menjadi total kapasitas sebesar 2,5 miliar meter kubik pada 2014 nanti. Ketika subkontraktor dari Slowakia, PT. Segametal Power, mencari sebuah pemasok pipa baja yang layak digunakan untuk memasok gas ke gudang ini, pilihan terbaik jatuh kepada perusahaan baja RRT, yaitu perusahaan baja Hebei Zhonghai, yang berlokasi di Kota Cangzhou, Provinsi Hebei. “Mereka memiliki semua sertifikat yang diperlukan dan menawarkan harga yang sangat bagus,” kata Balazovicova, CEO dari Segametal Power, kepada The Epoch Times. Karena tekanan terhadap saluran pipa gas sangat tinggi, maka pipa-pipa yang digunakan harus memenuhi standar kualitas tertentu yang dirincikan pada surat kon-

Tidak Dapat Dikembalikan

Contoh-contoh pipa baja yang telah dikirim. perusahaan RRT. (PT> SEGAMETAL POWER)

trak pengirimannya. Setelah 300 tons pipa yang telah dikirm ke Slowakia, ternyata pipa-pipa tersebut ditemukan berkarat bagian dalamnya, jadi semua pipa-pipa tersebut pun harus disikat ulang. Selama proses pembersihan itu dilakukan, sebagian dari kulit pipa pun terkelupas. “Sejak saat itu, kita mulai meragukan kualitas seluruh barang yang dikirimkan,” kata Balazovicova. Kualitas Buruk Karena jalur pipa gas itu berlokasi di sepanjang Desa Plavecky Stvrtok, dekat sebuah daerah perumahan, Segametal Power dari Slowakia ini tidak bisa meng-

ambil risiko dengan menggunakan baja yang tidak layak pakai tersebut untuk mengirimkan gas. Dengan biaya pengeluaran sendiri, mereka menguji pipa yang telah dikirimkan itu ke Fakultas Teknik Material dan Teknologi Universitas Teknologi Slowakia. Setelah melakukan berbagai tes, Profesor Caplovic menemukan bahwa pipapipa baja tersebut tidak lulus standar API 5L/EN 10208, yang diwajibkan sesuai dengan yang ada di surat kontrak. Selain kandungan karbon yang melebihi batas normal, semua sampel hasil pengujian baja tersebut tidak memenuhi standar “tes tahan banting dan kelenturan”

Apa itu Pelatihan Bisnis? DAVE MATHER

Baru-baru ini saya mencari di Web menggunakan kata kunci “business coaching” (pelatihan bisnis). Saya mendapat 42,6 juta masukan. Wah! Mungkin saatnya untuk membedakan apa yang kami di Dale Carnegie Business Group, maksudkan mengenai pelatihan bisnis. Saat menelusuri Web, saya tersadar bahwa beberapa orang yang berprofesi sebagai pelatih bisnis terlibat dalam apa yang kita sebut pembinaan pribadi. Sebagai ilustrasi, berikut adalah beberapa kutipan dari berbagai situs yang menjelaskan tentang “pelatihan bisnis”. “Anda akan mendapatkan bantuan pemasaran dari saya, umpan balik, dan inspirasi—rasanya seperti memiliki mitra bisnis yang besar tapi (menyimpan) semua keuntungannya!” Kutipan ini merupakan konsultasi, atau sebuah pembinaan “ahli”. Pendekatan ini terkadang membuahkan hasil tetapi dibatasi oleh mental database konsultannya. Berikut ini kutipan lain: “Seorang pelatih (yang) profesional telah dilatih untuk bekerja dengan klien pada lebih dari 200 jenis tujuan, masalah, dan situasi yang berbeda.” Ini jelas pelatih yang “ahli”. Disamping itu, apakah Anda benar-benar percaya orang tersebut adalah pakar pada lebih dari 200 jenis masalah dan situasi? Masih ada lagi: “Kami melatih para eksekutif dan tim organisasi dalam kepe-

mimpinan, pembelajaran, dan mengubah penguasaan.” Ini semua adalah hal yang baik, tetapi semua itu adalah kegiatan pendidikan, bukan pelatihan bisnis. Sebelum pelatihan-kompetensi dimulai, perlu untuk mengoneksikan setiap orang pada arah tujuan dan filsafat organisasi tersebut. Saya tidak bisa menahan untuk menambahkan yang satu ini: “Pelatihan Bisnis adalah sebuah proses yang dapat membantu membimbing siapapun, di tingkat manapun, dalam setiap bisnis baik besar atau kecil, fasilitas, perusahaan, atau lingkungan organisasi untuk lebih mengembangkan keterampilan profesional seseorang, meningkatkan efektivitas, produktivitas, nilai, dan daya pemasaran—yang pada gilirannya, berfungsi untuk meningkatkan produktivitas & profitabilitas organisasi atau perusahaan di tempat dia bekerja, dan akhirnya, memengaruhi garis dasar (bottom line) perusahaan.” Apa itu klaim? Saya merasa lelah saat membacanya. Sekali lagi, ini adalah seseorang yang mendengarkan dari posisi yang mencoba untuk mengajarkan Anda sesuatu. Kami tidak menyiratkan bahwa orangorang tersebut melakukan pekerjaan yang menyedihkan. Namun, pokok bahasan ini membingungkan, terutama jika Anda mencari sebuah pelatihan untuk memajukan bisnis Anda. Contoh-contoh ini hanya menunjukkan bahwa istilah “pelatihan bisnis” terdapat di seluruh Web, tetapi tidak memiliki standar,

definisi universal yang dapat dipahami. Koneksikan Karyawan pada Visi Bersama Sebelum pelatihan-kompetensi dimulai, perlu untuk mengoneksikan setiap orang pada arah tujuan dan filsafat organisasi tersebut. Pengalaman kami menunjukkan bahwa orang dapat terkoneksi pada visi bersama dalam 90 menit atau kurang, kontras dengan banyaknya waktu kita yang membosankan, presentasi atas-bawah yang telah kami alami. Berhubungan dengan orang lain terjadi antar telinga kita, bukan dari mulut kita. Berapa banyak waktu dan sumber daya yang menurut Anda, umumnya perusahaan habiskan pada inisiatif yang cepat pudar dan mati? (Terlalu banyak) Sudah waktunya bagi pelatihan bisnis untuk model bisnis yang jelas. Pembinaan untuk Masa Depan yang Diinginkan Pelatihan yang efektif mendukung perjalanan organisasi secara nyata ke masa depan yang diinginkan. Semakin jelas karyawan melihat masa depan potensi mereka, semakin mereka ingin mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengubah visi menjadi kenyataan. Tanpa perspektif ini, pelatihan berasal dari masa lalu. Beberapa keterampilan dan fundamental adalah abadi, tetapi sebagian besar industri menghadapi tantangan untuk menciptakan masa depan mereka - bukan menciptakan kembali. Sama seperti dalam olahraga, sikap

Setelah menerima hasil temuan tersebut, pihak importir Slowakia memutuskan untuk mengembalikan barang tersebut. Tetapi, sikap pemasok asal RRT tersebut tiba-tiba berubah, dan mereka tidak melayani keluhan dan menjadi tidak ramah. Menurut CEO Segametal Power, perusahaan Hebei Zhonghai tersebut menolak jika barang mereka dikembalikan dan setelah beberapa kali ada keraguan pesanan, mereka juga menolak untuk menukarkan barang kiriman tersebut. Perusahaan itu juga tidak mau memberikan tanggapan terhadap pertanyaan The Epoch Times saat memberikan keterangan pers. CEO perusahaan Slowakia menghubungi Duta Besar RRT di Bratislava dan Kamar Dagang Hebei, tetapi tidak membawakan hasil. Menurut pengalamannya, pertanyaannya itu tidak mendapat tang-

adalah sebuah faktor, tetapi peningkatan kompetensi cenderung berdampak pada sikap, bukan sebaliknya. Pelatihan bisnis yang efektif adalah berbasis-kompetensi. Hindari menilai sikap orang lain, dan fokus pada membantu mereka menjadi lebih efektif dan membuahkan hasil yang terlihat. Sama seperti dalam olahraga, sikap adalah sebuah faktor, tetapi peningkatan kompetensi cenderung berdampak pada sikap, bukan sebaliknya. Fokus pada perilaku yang terlihat. Kompetensi membangun rasa percaya diri. Praktek dan Latihan Kebanyakan pebisnis mengalokasikan sedikit waktu (jika ada) untuk benar-benar melakukan pelatihan bisnis. Bayangkan jika atlet profesional dibina sama seperti yang beberapa pebisnis lakukan. Seorang pemain baseball akan berkata, “Siapa yang memiliki waktu untuk latihan, saya terlalu sibuk bermain game.” Seorang pemain sepak bola mungkin berkata, “Saya adalah pemain tahun ini pada musim lalu. Saya tidak membutuhkan latihan pra-musim, dan saya tentu tidak perlu umpan balik atau pelatihan—biarkan saja saya di lapangan.” Atlet profesional tidak melupakan pertandingan di musim-libur, tetapi mereka masih berlatih, biasanya setiap hari. Musisi profesional selalu berlatih, berlatih, dan berlatih. Sebelum konser Rolling Stones barubaru ini, seorang teman saya berjalan menyusuri jalan di stadion dan mendengar salah satu lagu favoritnya, Angie. Dia mengintip melalui pintu masuk dan melihat Rolling Stones sedang berlatih lagu yang telah mereka tampilkan selama beberapa dekade. Lihatlah sekelilingmu dan dengarkan. Berapa banyak profesional sejati yang

gapan, dan hanya dibuat berputar-putar, atau diberikan rekomendasi agar menghubungi pihak kepolisian RRT setempat ataupun situs pemerintah RRT. Duta besar Republik Slowakia di Beijing juga mencoba membantu, tetapi belum bisa menangani situasinya sejauh ini. “Dengan penuh penyesalan kami nyatakan bahwa ini bukanlah insiden yang bersifat tunggal,” ujar salah satu karyawan di kedutaan kepada The Epoch Times. Organisasi-organisasi lain di Slowakia juga mencoba membantu untuk mengembalikan baja itu. Marian Farkas asal Kamar Dagang Sinaco, yang khusus membantu perusahaan-perusahaan di Slowakia untuk melakukan bisnis dengan RRT, menyarankan agar intervensi pribadi dijadikan sebagai alternatif satu-satunya, karena perusahaan RRT menolak untuk berkomunikasi. Dengan mengakui bahwa melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan di RRT telah mengalami banyak hambatan, dia menyarankan agar mereka seharusnya mencari masukan dari kamar dagang mereka terlebih dahulu sebelum melakukan kontrak dengan RRT. Segametal Power juga menghubungi perusahaan penerbit sertifikat TUV Rheinland untuk mengevaluasi ulang sertifikatsertifikat yang mereka terbitkan kepada para perusahaan manufaktur di RRT. Menurut informasi yang diberikan kepada The Epoch Times, perusahaan tersebut telah menghubungi cabang mereka di RRT untuk menyelidiki masalah ini. Hingga hari ini, Perusahaan pipa baja Hebei Zhonghai masih menolak pengembalian pipa baja mereka. Pihak importir dari Slowakia juga telah menghubungi pengacara mereka untuk mengurus kasus ini. (ltv)

telah bekerja untuk Anda? Dengarkan percakapan mereka tentang apa yang penting. (sambil lalu, apa kaitan Anda dengan berlatih atau sedang dilatih?) Bisnis adalah lebih kompleks dan kurang dapat diprediksi daripada sebelumnya. Kita cenderung untuk mencari pengetahuan para ahli dalam bidang kita dan menghabiskan sedikit waktu berlatih dan sedang dilatih. Model bisnis tradisional adalah mencari senjata untuk disewa guna memecahkan masalah kita. Sayangnya, seorang ahli biasanya mewakili sesuatu dari masa lalu dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengajar kita apa yang mereka tahu atau mencoba menerapkan hal-hal dari masa lalu mereka, atau lebih buruknya, “praktik terbaik”. Apa yang organisasi saat ini butuhkan adalah penemuan, bukan konvensi. Dalam kolom berikutnya, kami akan menyelidiki bagaimana-melatih orang lain untuk kinerja yang unggul. (ajg)

Dave Mather adalah seorang Spesialis Koorporasi pada Dale Carnegie Business Group di Toronto. Situs Dave: http://ca.linkedin.com/in/ davematherdalecarnegie


The Epoch Times Indonesia Edisi 250