Page 1

Redaksi/Sirkulasi/Iklan: GEDUNG PERS PANCASILA Jl. Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan Jakarta Pusat. Tlp: 021-5356272, 5357602 Fax: 021-53670771 www.suluhindonesia.com

Selasa, 8 Maret 2011

No. 45 tahun V

Pengemban Pengamal Pancasila

Dina Lorenza

Terseret Kasus Senjata Api KALAU aktor Gathan Saleh mengaku uang kiriman pengusaha Abdul Hakim ke rekening istrinya sebagai bisnis TKW, maka sebaliknya direktur PT Citra Indraarab itu merasa ditipu karena uang itu sejatinya untuk pembayaran senjata api yang ditawarkan suami Dina Lorenza itu. Senjata api itu kemudian diketahui tanpa dilengkapi surat resminya. Dengan dijanjikan surat-surat kepemilikan senjata itu segera menyusul, akhirnya terjadi transaksi Rp 40 juta untuk pembelian senjata api sekaligus surat resminya. Gathan mengatakan senjata tersebut diambil dari PT Triyuda dan yang mengeluarkan kwitansi perusahaan itu. Sebelumnya sudah ada transaksi Rp 40 juta kemudian Gathan meminta tambahan uang dengan alasan untuk mengurus izin yang mahal. Kemudian Abdul Hakim transfer Rp 4 juta yang disusul Rp 15 juta, total Rp 19 juta ditransfer ke rekening istrinya, Dina Lorenza. ‘’Saya tidak pernah berpikir dia mau menipu saya sampai Rp 59 juta,” tegas Abdul Hakim. (kmb)

PDIP Desak SBY

Segera Reshuffle

TNI Tahan

Pesawat Pakistan JAKARTA - TNI kembali menahan sebuah pesawat asing jenis Boeing 737 yang melintasi wilayah udara nasional secara ilegal. Juru Bicara TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro di Jakarta, kemarin mengatakan, pesawat yang melintas ilegal di wilayah udara nasional tertangkap layar radar Komando Sektor Pertahahan Udara Nasional II sekitar pukul 12.00 WIB. ‘’Pesawat lalu dipaksa untuk mendarat dengan pengawalan dua pesawat Sukhoi di Pangkalan Udara Sultan Hassanuddin, Makassar untuk diperiksa lebih lanjut,” katanya. Bambang mengatakan, dari hasil pemeriksaan awal diketahui pesawat ilegal itu memiliki rute Dili-Kuala Lumpur. ‘’Tentang jumlah penumpang, masih dalam konfirmasi lebih lanjut termasuk tujuan utama pesawat itu melintasi wilayah Indonesia,” ujarnya. Sebelumnya, TNI juga pernah menahan pesawat Malaysia bernomor penerbangan Bae 146-200 karena telah memasuki wilayah Indonesia tanpa ijin resmi. Pesawat yang membawa 81 penumpang termasuk kru pesawat itu, berangkat dari Dili Timor Leste, dan mendarat ilegal di Bandara Internasional Djuanda Surabaya pada 12.45 WIB, Bambang menambahkan, pengeluaran ijin terhadap pesawat asing dilakukan oleh BAIS TNI dan kini tengah dilakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk segera dikeluarkan ijin bagi pesawat asing tersebut. (ant)

JAKARTA - PDI Perjuangan mendorong Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Reshuffle kabinet dianggap penting dilakukan untuk mengefektifkan pemerintahan. “Secara politik PDI-P mendukung upaya SBY secepatnya melakukan reshuffle, kalau tidak, momentum hilang,” kata Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo di Gedung MPR/DPR Jakarta, kemarin. Menurut Tjahjo, jika Presiden terus menunda akan mengganggu kebijakan politik pembangunan pemerintah. Kerja pemerintah tidak akan optimal karena terganggu dengan persoalan rumah tangga koalisi. Padahal, Presiden berjanji mengabdi demi kepentingan rakyat. ‘’Dan kalau terus menerus tidak akan ada pergantian, ini akan menganggu, kebijakan politik pembangunan pemerintah tidak akan opti-

mal,” imbuhnya. Soal rencana masuknya Partai Gerindra dalam barisan koalisi, Tjahjo mengatakan PDIP tak akan ikut campur karena itu hak politik partai lain. begitu sebaliknya, soal presiden yang mau keluarkan partai lain, itu juga hak Presiden. PDIP, menurutnya hanya dalam posisi mengingatkan Presiden bahwa pemerintahan ini adalah presidensil bukan pemerintahan parlementer sehingga koalisi sepenuhnya di tangan Presiden. Yang pasti, Tjahjo menjamin partainya tidak akan bergabung dalam koalisi karena PDIP hanya ingin berkoalisi dengan rakyat dalam memutuskan kebijakan terkait pembangunan. Tjahjo menegaskan komunikasi yang dijalin Ketua Deperpu PDIP Taufiq Kiemas dan putrinya Puan Maharani, bukanlah dalam kepentingan bagibagi kursi kabinet. “Adalah se-

suatu yang wajar berkomunikasi poltik seperti itu, jangan langsung diartikan ada deal mau bergabung atau tidak,” tandasnya. Ketua DPP Partai Demokrat Daday Hudaya memastikan susunan cabinet baru hasil reshuffle yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama sejak Sabtu pekan lalu di Istana Cipanas akan segera diumumkan dalam waktu dekat. “Tunggu waktu saja, kemungkinan pekan ini akan diumumkan,” ungkapnya. Anggota Komisi III DPR ini mengatakan Partai Gerindra sudah bisa dipastikan akan bergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu II. ‘’Gerindra sudah pasti,” ujarnya. Sebelumnya, Presiden Yudhoyono diketahui bermalam di Istana Cipanas, Jabar dalam rangka membahas rencana reshuffle anggota Kabinet Indonesia Bersatu II. (har/son)

Kadernya di Kabinet JAKARTA - Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo menyatakan, para Ketua DPD I dan II mendesak Ketua Umum DPP Aburizal Bakrie agar bersikap tegas dengan segera keluar dari koalisi dan menarik para menterinya. ‘’Sikap ini lahir, sebagai respons atas desakan dan pernyataan kalangan Partai Demokrat tentang keberadaan Partai Golkar (PG) di Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi yang telah meyinggung harga diri para kader di akar rumput,” katanya di Jakarta, kemarin. Oleh karena itu, lanjutnya, kalangan akar rumput itu sekarang melalui ketua-ketuanya di level DPD I maupun DPD II mengeluarkan desakan kepada Ketua Umum DPP PG Aburizal Bakrie (Ical) agar segera keluar dari koalisi dan menarik para menteri atau kader Golkar dari kabinet. Bambang menambahkan, bagi Golkar kehilangan kursi menteri bukan berarti kiamat. ‘’Golkar akan berduka kalau ditinggalkan pemilihnya. Jadi, kalau dalam Setgab Koalisi Golkar ditekan-tekan untuk mendukung sesuatu ketidakbenaran, lalu harus memilih pro kekuasaan atau pro rakyat, maka Golkar akan memilih pro rakyat. Sebelumnya, Ical memang menyatakan, partai yang dipimpinnya sudah ‘kenyang’ kekuasaan, sehingga tidak akan terpengaruh gonjang-ganjing koalisi atau perombakan kabinet. ‘’Golkar bahkan sudah sangat berpengalaman dalam kekuasaan, pemerintahan, karena itu Golkar tidak akan terpengaruh irama politik yang ditabuh oleh aktor-aktor politik,” kata Ical, sapaan akrab Aburizal Bakrie. (har)

Kejar Aset Century

Gandeng Bank Dunia

Gedung DPR Baru

Masuki Tahap Tender JAKARTA - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengungkapkan pembangunan gedung baru DPR sudah mendekati proses pembangunan, termasuk tender kontraktor. ‘’Prinsipnya iya, dalam rapat pimpinan fraksi iya, sudah oke jalan. Kritik kita dengarkan tapi pembangunan gedung baru jalan terus,” kata Priyo di Gedung MPR/DPR Jakarta, kemarin. Priyo mengatakan, pimpinan DPR hanya menyetujui pembangunan gedung DPR, karena proses pembangunan gedung selanjutnya menjadi tanggungjawab BURT dan Setjen DPR. ‘’Kita sudah berpesan agar pembangunan gedung dilakukan secara terbuka, transparan, melalui mekanisme yang sah. Teknisnya saya tidak tahu tapi sudah dalam waktu dekat, KPK dan BPK silakan masuk,” terangnya. Ia menjamin, gedung baru akan merepresentasikan sebagai rumah rakyat sehingga tidak akan dibangun terlalu mewah. ‘’Yang kita butuhkan hanya penambahan gedung dan gedung itu sederhana bercitarasa parlemen bukan istana,” kilah Priyo. Sementara itu, anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR dari FPKS Refrizal menuturkan semua persiapan teknis tender sudah siap. Selanjutnya Setjen DPR akan memulai tender paling lambat akhir pekan ini. ‘’Kita lagi menanyakan konsultan tim teknis dan konsultan perencana tentang kelengkapan dan persiapan lelang tender. Sekjen belum siap, dan janji hari Senin depan tender dibuka,” terang Refrizal. Selanjutkan akan dilakukan tahap prakualifikasi tender selama sebulan. Pemenang tender akan diumumkan segera. ‘’Semua fraksi sudah setuju, apalagi Gerindra, Wakil Ketua Panja Pius Lustrilanang dari Gerindra sudah setuju,” katanya. (har)

Golkar Didesak Tarik

Suluh Indonesia/ant

POLITISI TERPOPULER - Ketua Umum PAN Hatta Rajasa (kanan) berbincang dengan Wakil Ketua DPR Pramono Anung (kiri) pada Anugerah Politisi Senayan Terpopuler 2011 di Jakarta, Senin (7/3) malam.

JAKARTA - Kejagung telah menggandeng Bank Dunia untuk membantu pengembalian aset Bank Century yang dilarikan ke luar negeri. Koordinasi antara Bank Dunia dan Tim Pemburu Koruptor (TPK) untuk memburu aset Bank Century di Swiss akan dilakukan melalui KBRI Washington senilai 155,9 juta dolar AS. Penegasan tersebt disampaikan Jaksa Agung Basrief Arief di Gedung DPR Jakarta, kemarin. Menurutnya, dukungan Bank Dunia dilakukan dalam rangka penyesuaian hukum yang berlaku di negara Swiss atau prinsip kriminal ganda. Basrief menjelaskan aset-aset Bank Century diketahui disimpan di Dresdner Bank of Switzerland (sekarang LGT Bank) atas nama Telltop Holding Limited dalam bentuk dana deposito. Namun pemerintah kesulitan menarik aset-aset itu karena otoritas Swiss menganggap bahwa aset tersebut tidak berasal dari tindak kriminal, melainkan hanya pelanggaran administrasi. Setelah dilakukan konsultasi, Bank Dunia bersedia membantu melakukan penyempurnaan materi Mutual Legal Assistance (MLA) untuk membekukan aset Century di Swiss. Untuk itu, pemerintah akan menjelaskan lebih lanjut tentang fakta-fakta kasus tindak pidana korupsi Bank Century. Fakta dimaksud yakni putusan pengadilan (PN Jakarta Pusat) atas perkara Hesham Al Waraq dan Rafat Ali Rizvi. Selain itu pemerintah menyampaikan permohonan bantuan resmi secara tertulis melalui Central Otority kepada Bank Dunia guna melaksanakan bantuan teknis yang dimaksud. (har)

Ketika Koruptor Gentayangan di Luar Penjara PENASIHAT Komisi Pemberantasan Korupsi Abdullah Hehamahua mengatakan dalam tiga tahun terakhir dia telah mengkampanyekan agar koruptor dihukum di luar penjara. Hal tersebut disampaikan Abdullah pada peresmian layanan pengadaan atau lelang secara elektronik Provinsi Kalimantan Selatan di Graha Abdi Persada, kemarin. Menurut dia, hukuman penjara bagi para koruptor sangat tidak efektif untuk memberikan efek jera bagi para pelakunya. Selain itu, kata dia, bila se-

luruh koruptor harus dihukum, maka penjara tidak akan cukup untuk menampung minimal 60 persen pegawai negeri sipil (PNS), 60 persen anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), pejabat pemerintah dan pejabat Badan Usaha Milik Negara BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Hukuman yang paling efektif bagi para koruptor, kata Abdullah di hadapan ratusan pejabat Pemprov Kalsel dan pejabat kabupaten dan kota serta pelaku usaha daerah ini adalah hukuman pancung. Selain itu, kata dia, hukuman sosial juga akan menjadi hukuman cukup efektif bagi para koruptor, misalnya koruptor dihukum dengan menyapu jalanan dan membersihkan got. ‘’Saya yakin orang seperti Artalita Suryani bila disuruh membersihkan got dan menyapu jalan tidak akan mampu

bertahan lama, bahkan bisa bunuh diri,” kata Abdullah. Kondisi tersebut berbeda bila dia dihukum penjara, bisa menyewa kamar dengan perlengkapan yang mewah sehingga tidak membuatnya jera. Begitu juga dengan pejabat lainnya, bila disuruh menoreh karet, lama-lama juga akan bunuh diri karena tidak tahan. Secara ekstrem, Abdullah juga menyatakan bahwa masyarakat juga bisa membantu memberikan hukuman kepada para koruptor tersebut. ‘’Masyarakat kalau diundang

hajatan oleh koruptor jangan datang, begitu juga kalau ada yang hajatan juga jangan diundang,” tambah Abdullah yang kembali disambut tawa dan tepuk tangan peserta. Bahkan kalau perlu, kata dia, bagi remaja yang telah berpacaran atau bertunangan dengan anak koruptor, sebaiknya segera diputuskan. Pernyataan Abdullah tersebut, sebagai salah satu gambaran tentang parahnya tingkat korupsi di Indonesia sehingga penjara tidak bisa menyelesaikan masalah kronis ini. (ant)


K ta

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

2

K ilas Narkoba Dimusnahkan RIBUAN butir narkoba terdiri dari 11.452 butir ekstasi, 901,1 gram sabu-sabu, dan 55,54 kilogram serbuk kafein senilai Rp 13 miliar dimusnahkan Polres Jakarta Utara. Barang bukti itu merupakan hasil pengembangan polisi atas pelaku bernama Niko (28) yang pada 15 Januari lalu berurusan dengan polisi karena terlibat penembakan bus Transjakarta. Dalam proses pemusnahan itu, sejumlah barang bukti ekstasi dihancurkan terlebih dahulu dengan mesin blender. Sedangkan, untuk jenis sabu-sabu dan kafein dibakar di dalam drum di halaman Polres Jakut. Kapolres Jakarta Utara, Kombes Andap Budhi Revianto mengatakan pemusnahan barang bukti narkoba ini menunjukkan proses penyelidikan yang dilakukan petugas kepolisian berjalan secara transparan. Sedangkan untuk pengembangan kasus penembakan bus Transjakarta oleh tersangka Niko, Andap menambahkan kasusnya juga telah ditangani Polres Jakarta Utara. Sejak pemeriksaan tersangka, beberapa kasus telah diungkap. Polisi berharap kasus ini tidak terjadi lagi di Jakarta Utara, karena sangat membahayakan penumpang. (ant)

Eksepsi Baasyir Ditolak JAKSA Penuntut Umum dalam perkara aksi terorisme dengan terdakwa Abu Bakar Ba’asyir, menolak semua nota keberatan atau eksepsi yang diajukan oleh terdakwa dan kuasa hukumnya pada persidangan 24 februari lalu. Jaksa menilai eksepsi yang pernah dibacakan oleh terdakwa dan kuasa hukumnya tidak beralasan.Menurut jaksa Andi Muhammad Taufik di PN. Jaksel, kemarin, ada hal yang tidak ditanggapi dalam eksepsi terdakwa dan kuasa hukumnya antara lain, surat dakwaan batal demi hukum menyangkut tentang perbuatan hukum yang tidak jelas, surat dakwaan batal demi hukum menyangkut tentang uraian yang tidak lengkap, serta surat dakwaan batal demi hukum menyangkut tentang perbuatan teror yang tidak jelas. Hal tersebut menurut jaksa sudah menyangkut pokok perkara. Dalam mencermati isi eksepsi Pemimpin Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, yang pada intinya antara lain mengenai musuh-musuh Allah terhadap Nabi Muhammad dan para mujahidin sampai akhir zaman. (wnd)

84 Kios Dibongkar SEDIKITNYA 84 kios milik pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Tebet Timur II, Tebettimur, Tebet ditertibkan petugas, kemarin. Penertiban dilakukan, karena puluhan kios itu berdiri di atas trotoar dan saluran air. Tidak ada perlawanan dari para pedagang, sebab sebelumnya pihak kecamatan telah melakukan pendekatan persuasif dan memberikan surat peringatan. Camat Tebet, Idham Ramid mengatakan, setelah ditertibkan, rencananya para pedagang akan direlokasi ke pasar PSPT yang telah disediakan. Sebelum penertiban, dikatakan Idham, pihaknya telah mengirimkan surat peringatan (SP) 1, SP 2 serta surat perintah bongkar (SPB) yang dilayangkan pada Kamis (3/3) lalu. Sedangkan lokasi penertiban, dikatakan Idham, akan dikembalikan ke fungsi semula sehingga tidak lagi terkesan semrawut dan kumuh. Selain berada di atas saluran air dan trotoar, keberadaan para PKL itu juga menutup lapangan PSPT. Mereka mendirikan kios mengelilingi lapangan, sehingga orang tidak mengetahui jika di situ ada lapangan. (kmb)

Suluh Indonesia/ant

KEBAKARAN - Puluhan warga membersihkan puing sisa kebakaran yang melanda pemukiman mereka di sekitar Jalan Pemuda, Jakarta Timur, kemarin. Kebakaran yang diduga akibat hubungan arus pendek itu melahap puluhan rumah di tempat tersebut.

DKI Tak Akan Keluarkan Aturan

Larang Aktivitas Ahmadiyah JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta sepertinya tidak akan meniru langkah Pemprov Jatim dan Jabar yang mengeluarkan aturan pelarangan aktivitas Ahmadiyah. Pemprov DKI Jakarta dengan tegas memutuskan akan mengikuti SKB tiga menteri dan jaksa agung serta imbauan yang disampaikan Meko Polhukam Djoko Suyanto yang menyatakan, wacana pembubaran Ahmadiyah harus dikaji secara mendalam dan dibahas secara komprehensif,

holistik dan substantif. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, imbauan yang disampaikan Menkopolhukam harus dituruti oleh seluruh pemerintah daerah. “Jadi, jelas tidak boleh ada peraturan daerah maupun peraturan gubernur atau peraturan apapun di negeri ini yang melanggar konstitusi,” ujarnya di Balaikota Jakarta, kemarin. Terkait masalah itu, dikatakan Fauzi Bowo, pihaknya telah berkoordinasi dengan

sejumlah instansi terkait. Menurutnya, segala sesuatu yang diperlukan untuk menjamin keamanan, ketertiban, kerukunan dan keharmonisan kehidupan bermasyarakat di Jakarta telah tercantum dalam SKB tiga menteri. “Hanya, barangkali pemahaman SKB ini yang perlu dipahami secara lebih rinci dan jelas oleh berbagai stakeholder termasuk aparat di lapangan. Jadi, kami akan instruksikan kembali untuk menyosialisasikannya,” kata

Rumah 2 RT Musnah JAKARTA-Diperkirakan karena arus pendek listrik diperumahan warga jalan Pemuda I, api menghanguskan dua RT di Kelurahan Rawamangun, yang dihuni sekitar 120 Kepala Keluarga. Menurut saksi kebakaran yang melihat langsung, awalnya api bermula dari percikan kecil kabel listrik di sebuah gudang koran berlokasi di Rt.01, yang dengan mudah menyebar keseluruh rumah, yang menghanguskan Rt.01, Rt. 02 dan Rw.02. ‘’Rumah saya sangat dekat dengan gudang itu, kebetulan saya ada di luar rumah sekitar jam 10 malam, saat itu terlihat ada percikan api di gudang koran itu, ditambah angin saat itu sangat kencang, jadi cepat sekali api merembet ke rumah yang lain,” jelas Teguh (28) yang rumahnya juga ikut terbakar. Padatnya rumah penduduk di lingkungan sekitar dan bangunan rumah yang banyak terbuat dari kayu,

Bobol Rp 3,6 Miliar untuk pembelian rumah toko di daerah Tebet, Jaksel. DCB yang berperan sebagai petugas pemeriksa data peminjaman kredit, menaikkan dana pinjaman kredit yang diajukan H dari Rp 2,6 miliar menjadi Rp4 miliar. Meski menggunakan data fiktif, DCB membantu H meloloskan data yang palsu agar mendapatkan pinjaman dari BII. Sehingga pihak BII menyetujui pinjaman kepada H sebesar Rp 3,6 miliar dari Rp4 miliar yang diajukan H, Oktober 2010. Namun pihak BII mentransfer langsung pinjaman sebesar Rp 3,6 miliar kepada penjual rumah toko yang akan dibeli H. ‘’Pihak bank tidak mengirim uang kepada H, tapi langsung penjual rumah toko,” ujar Aris. Kemudian H meminta penjual rumah toko menyerahkan kelebihan pembayaran sekitar Rp1 miliar dari hasil pengiriman dari bank. Kemudian H memberi uang jasa meloloskan data fiktif, sebesar Rp 140 juta kepada DBC. (kmb)

Dari 2.162 minimarket yang tersebar di DKI Jakarta, hanya 67 minimarket yang memiliki izin lengkap dan sesuai Perda No 2 tahun 2002 tentang Perpasaran Swasta dan Ingub No 115 tahun 2006 tentang Penundaan Perizinan Usaha minimarket. Sementara sebanyak 2.095 minimarket diketahui melanggar perizinan. 67 minimarket yang mempunyai izin lengkap itu, 2 minimarket berada di Jakarta Timur, 4 minimarket di Jakarta Selatan

dan 61 minimarket ada di Jakarta Utara. Sedangkan sebanyak 1.383 minimarket tidak memenuhi kelengkapan persyaratan pendirian minimarket. Serta total jumlah minimarket yang tidak memenuhi persyaratan atau tidak memiliki izin sama sekali ada sebanyak 712 minimarket. Dari total 712 minimarket, di antaranya sebanyak 131 minimarket yang ditemukan melanggar Perda No 2 tahun 2002 sehingga dipastikan akan ditutup. Minimarket ini ditemu-

diperkirakan menjadi factor yang mempercepat api menjalar ke berbagai rumah yang ada. ‘’’Disini banyak rumah yang terbuat dari kayu, dan lokasi rumah yang satu dengan yang lain sangat berdekatan, jadi dengan cepat api menjalar,” tambahnya. Menurut Teguh, saat kejadian kebakaran, tim pemadam kebakaran telah tiba di lokasi dan membantu memadamkan api yang sudah menyebar dengan luas, bahkan hampir merembet ke lokasi Rw yang lain. Dan api baru dapat dikendalikan oleh tim pemadam kebakaran pada pukul 03.00 Senin kemarin, dengan kerja sama warga sekitar yang bergotong royong dengan petugas. ‘’’Tim pemadam kebakaran tiba, warga bergotong royong membantu memadamkan api, sehingga tidak meluas ke wilayah lain,’’ katanya. Kompol Dani Hamdani, Kapolsek Pulo Gadung mngtakan, pihaknya tengah melakukan olah TKP. (pts)

Mantan Karutan Brimob Suluh Indonesia/ant

DIPERIKSA - Direktur PT Prasasti Mitra, Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi alat kesehatan penanganan flu burung di Gedung KPK Jakarta, kemarin.

2.095 Minimarket Langgar Izin HASIL verifikasi sementara Pemprov DKI terhadap minimarket ternyata sangat fantastis jumlahnya.

kewenangan saya sebagai wakil pemerintah pusat di daerah adalah lebih proaktif menyampaikan hal-hal terkait elemen keagamaan dalam rangka pembinaan kerukunan umat beragama,” paparnya. Karena itu pula, sambungnya, berangkat dari pernyataan yang disampaikan Menkopolhukam dan adanya SKB tiga menteri dan jaksa agung, Pemprov DKI Jakarta tidak akan mengeluarkan peraturan melarang Ahmadiyah. (kmb)

Kebakaran di Rawamangun

Polda Ungkap Kasus JAKARTA - Anggota Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengungkap dugaan kasus penggelapan dana kredit Bank Internasional Indonesia (BII) senilai Rp 3,6 miliar. ‘’Penggelapan dana kredit ini melibatkan karyawan BII bagian ‘account officer’ dan peminjam kredit,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yan Fitri di Jakarta, kemarin. Yan mengatakan pihaknya telah menangkap tersangka yang bekerja sebagai petugas keuangan BII berinisial DCB, sedangkan satu tersangka lainnya yang berperan sebagai peminjam dana kredit, berinisial H masuk daftar pencarian orang (DPO). Perwira menengah kepolisian itu, menjelaskan DCB dan H menjalankan modus mengajukan kredit dengan menggunakan data fiktif. Kepala Satuan Fiskal Moneter dan Devisa (Fismondev) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Aris Munandar menuturkan awalnya H mengajukan kredit kepada BII sebesar Rp2,6 miliar melalui DCB,

Fauzi Bowo. Menurut Fauzi, segala permasalahan yang berkaitan dengan keamanan, kerukunan dan keharmonisan kehidupan bermasyarakat merupakan kewenangan dan tanggungjawab pemerintah provinsi. Namun, yang berkaitan dengan agama, bukanlah kewenangan pemerintah provinsi, melainkan induk yang mendelegasikannya kepada pemerintah daerah, yakni pemerintah pusat melalui Kementerian Agama. “Sehingga

kan mempunyai jarak kurang dari 500 meter dari pasar tradisional. “Ini merupakan hasil verifikasi data sementara. Data diverifikasi berdasarkan klasifikasi persyaratan perizinan yang lengkap, tidak lengkap, tidak memenuhi persyaratan dan tidak memiliki izin sama sekali,” kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, Senin (7/ 3). Namun, karena hasil verifikasi data sementara dan belum lengkap, Pemprov DKI belum bisa menentukan langkah untuk menindak ribuan minimarket yang melanggar perizinan dan persyaratan tersebut.

Sebab, dalam verifikasi data jumlah minimarket bisa saja berkembang. Tidak hanya itu, jumlah minimarket yang tidak lengkap persyaratan dan perizinannya, perlu diteliti lebih lanjut kelengkapan administrasi yang tidak lengkap dan persyaratan yang dilanggar. ‘’Karena tidak lengkap izinnya, perlu kita teliti dulu. Karena kita tidak tahu apa yang tidak lengkap dan apa yang dia langgar. Misalnya, kalau dia melanggar perda, kemungkinan besar konsekuensinya harus ditutup. Begitu juga yang tidak mempunyai izin, sudah jelas harus ditutup,” tegasnya. Selain itu, verifikasi ini akan

ditindaklanjuti dengan inventarisasi data yang lebih lengkap, khususnya terhadap 712 minimarket yang tidak memenuhi persyaratan atau tidak ada izin sama sekali. Sebab, di lapangan ditemukan minimarket yang memiliki izin lengkap, tetapi izin tersebut tidak terdaftar pada instansi yang memberikan izin. Yaitu kelurahan dan kecamatan untuk izin domisili, Satpol PP untuk izin Undang-Undang Gangguan (UUG) dan Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) untuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). (kmb)

Segera Dibebaskan JAKARTA - Hingga kemarin berkas perkara mantan Kepala Rutan Brimob, Kompol Iwan Siswanto, tak juga dinyatakan lengkap atau P21 oleh jaksa, maka tersangka penerima suap, dari Gayus HP Tambunan tersebut bisa melenggang bebas demi hukum. ‘’Sesuai hukum, (Kompol Iwan Sioswanto-red) bebas, kami akan taat sesuai hukum,’ kata Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Boy Rafli Amar di Mabes Polri Jakarta, kemarin. Iwan, yang kala itu menjabat sebagai Kepala Rutan Brimob, bersama 8 anak buahnya yang bersatus sebagai penjaga resmi ditahan oleh pihak Polri sejak 7 November 2010, karena diduga telah menerima sejumlah uang haram dari mantan Pegawai Pajak Golongan III A , Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan, guna untuk

memuluskannya, untuk keluar masuk penjara selama 68 kali saat ia ( Gayus) ditahan di Rutan Brimob. Jumat (4/3)lalu, kedelapan anah buahnya dibebaskan karena penahanya di tangguhkan. Terkait bebasnya 8 anggota Polri tersebut, mantan Kabid Humas Polda Metro jaya tersebut menjelaskan bahwa bebasnya kedelapan anak buah Iwan tersebut, karena selain ditangguhkan, hari ini (kemarin)masa penahanannya habis. Untuk itu lanjut Boy, POlri tidak mungkin melanjutkan penahanan mereka.” Ini kaitannya dengn masalah hukum. Ini kaitannya hanya mematuhi hukum yang ada,” jelasnya. Sementara itu, terkait belum juga dibebaskannya Kompol Iwan Siwanto, Polri beralasan, bahwa Polri mempunyai semecam keyakinan bahw Hari ini (kemarin), berkas akan lengkap atau P21. (wnd)


Metr politan

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

3

UU Harus Beri Jaminan

Hak Pemilik Tanah JAKARTA - RUU Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan perlu memberi jaminan hukum kepada masyarakat pemilik tanah dan pemerintah harus melakukan cara-cara sistematik agar masyarakat mau melepas hak tanahnya secara sukarela. ‘’Kecermatan negara dalam penyusunan RUU Tentang Pengadaan Tanah untuk Pembangunan pada akhirnya harus dapat menjamin masyarakat yang adil dan sejahtera serta tidak hanya untuk kepentingan segelintir orang,” ujar Anggota DPR RI Komisi V Chairul Anwar di Jakarta, kemarin. Politisi dari PKS ini mengingatkan kembali terhadap pentingnya proses musyawarah diantara pihak pemilik tanah dengan pihak yang akan mengambil tanah. ‘’(Musyawarah) Itu terkait bentuk dan/atau besarnya ganti kerugian, sebagaimana telah diatur dalam UU No. 20 Tahun 1961 mengenai Asas-

Asas Pelaksanaan Pencabutan Hak,” tutur Chairul. Menurut Chairul, pencabutan hak hanya dapat dilakukan untuk kepentingan umum dengan memberikan ganti kerugian yang layak dan dilakukan menurut ketentuan UU. Ia juga menegaskan pencabutan sebagai upaya terakhir apabila upaya lain dalam rangka memperoleh tanah melalui pemindahan hak secara langsung tidak dapat dilakukan. Seperti diketahui Indonesia masih menggunakan Pasal 18 UU No. 5 Tahun 1960 tentang UU Pokok Agraria sebagai dasar pertimbangan Usulan Pencabutan Hak. Pasal 18 UUPA menyatakan untuk kepentingan umum, termasuk kepentingan bangsa dan negara serta kepentingan bersama dari rakyat, hak-hak atas tanah dapat dicabut. (ant)

KPK Dinilai

Kekurangan Penyidik JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) mengungkapkan hingga hari kelima sejak dibuka pada 2 Maret 2011 belum ada calon hakim agung yang mendaftar. ‘’Sampai saat ini belum ada yang daftar,” kata Juru Bicara KY Asep Rahmat Fadjar, saat dikonfirmasi melalui telepon di Jakarta, Senin. Menurut Asep Rahmat Fadjar , berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya para peminat biasanya melakukan pendaftaran di hari terakhir.Pendaftaran ditutup 23 Maret 2011. Dalam pemberitaan sebelumnya KY telah mengumumkan pendaftaran Seleksi Calon Hakim Agung untuk tahun 2011 pada 2 Maret 2011. Menurut KY, pihak MA telah secara resmi mengirimkan surat kepada KY pada tanggal 23 Februari 2011. Dalam surat tersebut, Wak-

il Ketua KY Imam Anshari Saleh, pada saat konferensi pers, Selasa (1/3)MA menyatakan membutuhkan 10 orang hakim agung baru di tahun ini. ‘’MA saat ini hanya memiliki 50 orang Hakim Agung. MA berkeinginan agar jumlah total hakim agung mencapai 60 orang sesuai UU Nomor 3 Tahun 2009 tentang Mahkamah Agung,” kata Imam. Dalam proses Seleksi Calon Hakim Agung 2011 ini, terdapat beberapa perubahan dalam pelaksanaannya. Setelah dilaksanakan seleksi administrasi akan diadakan tes pembuatan makalah di tempat. ‘’Nantinya akan dibuat region-region dalam pembuatan makalah ini agar peserta seleksi tidak terlalu terbebani dalam hal biaya,” katanya. (oga)

Suluh Indonesia/ant

BAHAS KORUPSI - Wakil Ketua KPK bidang pencegahan M Jasin (tengah) berbincang dengan anggota Komisi IV saat rapat kerja mengenai penyimpangan dalam RTRWP, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, kemarin. Rapat kerja tersebut membahas usulan perubahan dan fungsi kawasan hutan dalam revisi RTRWP Kalteng, Sulteng, dan Sumbar.

Evaluasi Akuntabilitas

11 Kementerian Berpredikat Baik JAKARTA - Hasil evaluasi akuntabilitas kinerja 2010 menunjukkan 11 kementerian/ lembaga atau 13,92 persen dari total 79 intansi pemerintah pusat berpredikat baik. Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pusat ini disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, kemarin. Sebelas instansi tersebut yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Pendid-

ikan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dan Kementerian Keuangan. Selanjutnya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Pemeriksa Keuangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Kempan dan RB, serta Mahkamah Konstitusi. Sebelas kementerian/lembaga ini mendapatkan peng-

hargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB E.E. Mangindaan. ‘’Terus pertahankan dan tingkatkan kinerja sehingga prestasi yang dicapai dijadikan contoh oleh instansi pemerintah lainnya,” katanya. Bagi instansi pemerintah yang belum mencapai nilai yang diharapkan, ujarnya, diminta segera melakukan perbaikan dan pembenahan sesuai rekomendasi hasil evaluasi. Sementara itu, instansi

Kekuatan Indonesia

RUU BPJS Disahkan it bagi pasien terutama para pasien miskin. Ia memaparkan, BPJS akan menjadi penyelenggara jaminan sosial kesehatan yang akan menjamin biaya pengobatan seluruh rakyat Indonesia (“universal coverage”) di berbagai layanan kesehatan pada penyedia layanan kesehatan termasuk rumah sakit. ‘’Dengan penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan oleh BPJS, maka tidak ada lagi pasien terlantar, mengalami diskriminasi, ataupun ditolak rumah sakit karena tidak mampu membayar pengobatan,” katanya. Selain itu, lanjutnya, pembentukan BPJS diharapkan mampu mendorong perbaikan pada sistem kesehatan Indonesia terutama pada upaya preventif dan promotif kesehatan, sistem rujukan kesehatan berjenjang. (ant)

Suluh Indonesia/ant

DETASEMEN - Kapolri, Jenderal Pol Timur Pradopo (kanan) berdiskusi dengan Direktur Logistik Mabes Polri Irjen Pol.Yudi Susharyanto (kiri) saat rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, kemarin.

Menteri Tak Terganggu Isu Reshuffle JAKARTA - Menko Kesra Agung Laksono mengaku masih konsentrasi bekerja dan tidak terganggu dengan isu perombakan kabinet. Agung yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan selama perjanjian politik Golkar dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyobo dalam koalisi belum dicabut, maka ia masih tetap bekerja seperti biasa. ‘’Kalau soal koalisi itu saya kira selama per-

janjian politik belum dicabut, ya berlangsung terus. Artinya, posisinya seperti sekarang di dalam koalisi,” ujarnya. Agung mengaku pekerjaannya tidak terganggu dengan isu perombakan kabinet dan sampai saat ini tidak mengalami masalah komunikasi dengan Presiden Yudhoyono maupun menteri-menteri lainnya. Meski demikian, Agung mengatakan, Presiden Yudhoyono tidak secara khusus mem-

beri arahan kepadanya agar berkonsentrasi bekerja dan tak perlu terusik dengan isu perombakan kabinet. ‘’Saya kira sudah tahu sendirilah, dalam pidato-pidato saya kira sering disampaikan juga,” ujarnya. Hal senada disampaikan oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto bahwa isu perombakan kabinet tidak mengganggu konsentrasi kerja para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. ‘’Santai sajalah. Saya merasa

semuanya dekat, semuanya baik bagi saya,” ujarnya. Kemarin Presiden Yudhoyono menggelar rapat di Kantor Kepresidenan. Rapat dihadiri oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Mendag Mari Pangestu, Menlu Marty Natalegawa. (ant)

Kabinet Agar Lebih Profesional JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida, mengatakan, rakyat akan lebih mengapresiasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jika segera menetapkan kabinet profesional ketimbang menghabiskan waktu untuk tawarmenawar politik dengan “membungkam” parlemen. ‘’jika terus sibuk mengurus dan bagibagi jatah jabatan kepada parpol koalisi, maka bukan saja

peluang untuk kerja efektif dalam tiga tahun sisa masa jabatan akan hilang, melainkan akan semakin menciptakan instabilitas politik,” katanya di Jakarta, kemarin. Apabila itu terjadi, lanjutnya, berpotensi mengganggu optimalisasi pelayanan masyarakat. Dikatakannya, rekrutmen kekuatan partai politik untuk masuk dalam koalisi baru, niscaya akan mencipta-

Kesehatan, dan Kementerian Agama. Instansi yang mendapat predikat cukup di antaranya adalah Kementerian Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup, Badan Pertanahan Nasional, Mahkamah Agung, dan Kejaksaan Agung. Kemudian dua instansi mendapat predikat kurang untuk akuntabilitas kinerjanya yakni Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban dan Badan SAR Nasional. (ant)

Keanekaragaman Hayati

ICW Desak JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak agar Rancangan UndangUndang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial segera disahkan agar dapat memuluskan pembentukan Badan Pengawas Rumah Sakit. Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Febri Hendri, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, mengatakan, pemerintah dan DPR harus segera mensahkan RUU BPJS dan membentuk PP (Peraturan Pemerintah) tentang BPRS. Febri menegaskan, baik BPJS maupun BPRS merupakan dua lembaga yang diamanatkan oleh UU Nomor 49 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Menurut dia, dua lembaga itu penting guna meningkatkan kualitas pelayanan rumah sak-

yang memperoleh predikat memadai atau cukup baik sebanyak 39 instansi atau 49,37 persen, predikat agak kurang sebanyak 27 instansi atau 34,18 persen, dan predikat kurang sebanyak 2 instansi atau 2,53 persen. Instansi yang mendapat predikat cukup baik di antaranya adalah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian

kan gangguan suasana kerja di jajaran PNS. ‘’Padahal, Presiden seharusnya memberi contoh penyelenggaraan negara dengan sistem presidensial sesuai konstitusi, dengan kabinet yang profesional, yang tidak terus menjebak dan merepotkan dirinya dalam urusan elitisme koalisi,” tandas doktor ilmu politik yang sudah dua kali terpilih sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah

(DPD) RI itu. Aroma Transaksional Sementara itu, secara terpisah, salah satu Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Stefanus Gusma mengemukakan, perdebatan tentang pecahnya koalisi bukan atas dasar kepentingan rakyat miskin. (ant)

JAKARTA - Pakar lingkungan hidup Emil Salim mengatakan, keanekaragaman hayati menjadi kekuatan Indonesia dalam menghadapi persaingan global dengan kebangkitan negara-negara berkembang maupun negara maju. ‘’Kita menghadapi persaingan abad 21 dengan kebangkitan negara-negara seperti China, India dan Korea. Dalam persaingan ini kekuatan Indonesia pada sumber daya alam hayati yang tidak dimiliki negara lain,” kata Emil Salim usai rapat persiapan Indonesia meratifikasi Protokol Nagoya di Jakarta, kemarin Indonesia merupakan negara kedua terbesar yang memiliki keanekaragaman hayati setelah Brazil. Letak Indonesia yang diapit dua benua dan dua musim, menjadikan Indonesia negara kaya sumber daya alam daratan dan lautan. ‘’Kalau kita kuat dalam sumber daya alam hayati daratan dan lautan, sedangkan negara lain tidak memilikinya, maka jika kita menaikkan nilau tambah kita akan unggul dalam persaingan,” tambah mantan Menteri Lingkungan Hidup itu. Dikatakannya, perhatian dunia saat ini sudah bergeser dari sektor pertambangan dan teknologi genetik menjadi kata kunci sehingga perlu menaikkan nilai tambah sumber daya alam hayati dengan pemanfaatan teknologi. Misalnya, pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk obatobatan memerlukan teknologi sehingga memberi nilai tambah. Penguasaan teknologi menjadi kata kunci dalam pemanfaatan sumber daya alam hayati tersebut. ‘’Kita lakukan ini demi keberlanjutan anak cucu kita supaya hidup tangguh dan mampu bersaing dengan negara lain,” ujarnya. Pakar lingkungan Setijati Sastrapradja mengungkapkan bahwa kehidupan manusia tergantung pada sumber daya alam hayati yang memiliki kelebihan selalu didapat dan terbarukan. (ant)


Megap litan

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

4

L intas Bayi Ajaib Lahir di Depok SEORANG bayi ajaib lahir di Depok, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Samudera RT 004/RW 002, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Muhammad Raditya Adha Maulana (3 bulan) lahir pada 16 November 2010, sehari sebelum Hari Raya Idhul Adha. Bayi pasangan Rojalih (32) dan Gusri (32) memiliki 23 jari dan sudah dalam keadaan disunat. Menurut Gusri, kelahiran putra keempatnya tersebut normal dan sehat. Hanya saja tangan kanan anaknya memiliki enam jari, sedangkan jari manis dan tengah tangan kirinya menempel. Sedangkan kedua kakinya memiliki masing-masing enam jari dan berfungsi normal. Menurut Gusri, bayi berjenis kelamin laki-laki ini, hingga saat ini hanya mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Saat berusia dua bulan, berat bayinya memiliki berat 7 kg. Hanya saja, imbuhnya, sampai saat ini belum melakukan penimbangan berat badan dan diperkirakan sekitar 10 kg lebih. Ia menambahkan, saat kelahiran Raditya sempat membuat warga masyarakat mendatangi rumahnya untuk melihat bayi ajaib itu. (rin)

Empat Kios Disegel APARAT Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyegel empat kios di jalan TMP Taruna, Kelurahan Babakan, karena pemiliknya tidak mengatongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sesuai Perda No.7 Tahun 2001. Kepala Seksi Pengawas Bangunan Dinas Tata Kota Pemkot Tangerang, Rusdi mengatakan, berdasarkan Perda No. 7 Tahun 2001 bahwa selama pemilik belum mengurus perizinan maka tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan seperti membangun bagian lain. Bahkan bila pemilik kios tidak juga mengurus perizinan dengan batas waktu tertentu, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Bila batas waktu yang ditetapkan tidak diindahkan, petugas Satpol PP akan mengunakan alat berat untuk membongkar. Mengenai tindakan menyegel kios tersebut, petugas sudah melaporkan masalah itu ke Wali Kota Tangerang, H. Wahidin Halim. (ant)

Ditemukan Mayat Bayi WARGA Kampung Lebak Wangi, Kelurahan Rangga Mekar, RT 06/11, Kec.Bogor Selatan, Kota Bogor, kemarin digegerkan dengan penemuan sosok mayat bayi berjenis kelamin laki-laki di tepi Sungai Cisadane. Jasat bayi yang diperkirakan baru berumur dua hari tersebut, diduga merupakan hasil hubungan gelap kedua orang tuanya. Besar kemungkinan untuk menghindari rasa malu meraka, maka bayi malang tersebut sengaja dibunuh dan jasatnya kemudian dibuang ke kali. Meski demikian untuk proses penyelidikan lebih lajut, jasat bayi malang tersebut oleh petugas kepolisian setempat langsung dibawa ke RS.PMI Bogor. Sejumlah saksi di lokasi mengatakan, pada saat ditemukan kondisi bayi tersbut sangat mengenaskan. Kondisi phisik bayi tersebut selain bayak ditemukan luka membiru, kondisi bayi yang terlihat tali pusernya masih mempel di perut itu juga mulai membusuk.(bas)

TMP Bekasi

Jadi Lokasi Prostitusi BEKASI - Taman Makam Pahlawan Bulak Kapal Bekasi, Jawa Barat, kerap dimanfaatkan oknum masyarakat sebagai tempat prostitusi terselubung akibat minimnya fasilitas penerangan dan keterbatasan petugas pengawas. ‘’Lokasi ini memang sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para pengamen dan gelandangan. Bahkan, tidak jarang pula ada keluhan dari masyarakat terkait perbuatan mesum di lokasi TMP,” kata penjaga TMP Bulak Kapal Bekasi, Arifin, di sela persiapan agenda Tabur Bunga menjelang HUT Kota Bekasi ke 14 pada 10 Maret 2011 di Bekasi, kemarin. Ia mengakui, lokasi tersebut sering menjadi tempat berbuat mesum karena pada malam hari gelap gulita akibat minimnya lampu penerangan yang terpasang. ‘’Kami hanya memasang dan menyalakan lampu pada malam hari hanya pada saat-saat tertentu. Misalnya, pada malam renungan suci 17 Agustus dan hari pahlawan,” katanya.

Hal itu dilakukan pihaknya untuk mengamankan lampu dari upaya pencurian dan perusakan, karena lokasi TMP Bulak Kapal mudah diakses masyarakat dengan pagar pembatas yang relatif pendek dan mudah dipanjat. Dikatakan Arifin, ia pernah berusaha melarang warga yang kerap bermalam di lokasi tersebut. Namun, justru dirinya dikeroyok. ‘’Ketika saya melarang mereka, justru malah saya yang dikeroyok. Sehingga, kita masih takut untuk tegas melarang mereka yang masuk areal makam,” ujarnya. Berdasarkan pantauan, keberadaan lampu penerangan hanya berjumlah 30 tiang dari total luas lahan 1,5 hektare. Masing-masing tiang dipasang dua buah lampu, enam tiang lampu terpasang di halaman utama dan sisanya di sekitar taman pemakaman. Sebagian lampu juga nampak terpasang di bawah nisan setiap makam yang berjumlah 229 makam di wilayah setempat. (ant)

Suluh Indonesia/ant

SABU CELANA DALAM - Dua tersangka penyelundup sabu asal Iran berinisial AF (28) dan AS (35) bersama barang bukti sabu sabu yang mereka seludupkan di celana dalam di kantor Bea dan CUkai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, kemarin. Kedua pelaku menyelundupkan sabu dari Iran dengan modus di simpan di dalam celana dalam.

Bolos Kerja

Anggota Polisi Dipecat TANGERANG - Polres Metro Kabupaten Tangerang, Banten, memecat anggota yang malas bekerja sebagai bentuk sanksi serta memotivasi anggota lain untuk disiplin menjalankan tugas. ‘’Kami memang memecat anggota yang selalu malas dan membolos masuk kerja,” kata Kapolres Metro Kabupaten Tangerang Kombes Pol Wahyu Widada di Tangerang, kemarin.

Menurut dia, anggota polisi yang dipecat yakni Bigadir Dua (Brigda) Christon Sani Tarigan yang selama ini bertugas di Mapolsek Metro Pakuhaji. Dalam acara pemecatan tersebut Kapolres Metro Kabupaten Tangerang langsung memimpin upacara dan disaksikan puluhan rekan Christon Sani Tarigan. Kapolres mengatakan bahwa Christon sudah mendapatkan peringatan se-

belumnya dan bahkan teguran tertulis tapi tidak diindahkan. Demikian pula Christon telah menjalani sidang kode etik profesi karena sering membolos dalam waktu yang lama ketika bertugas di Pakuhaji, tapi tidak merubah kebiasaanya tersebut. Kapolres menambahkan, akhirnya diputuskan bahwa Christon dipecat secara tidak hormat dan mencopot semua

Segera Larang Ahmadiyah DEPOK - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Depok mendesak Wali Kota Nur Mahmudi Ismail untuk mengeluarkan peraturan wali kota (Perwa) mengenai larangan aktivitas Ahmadiyah di Kota Depok. Ketua Fraksi PKS, Muttaqin, di Depok, kemarin mengatakan pelarangan tersebut merupakan tindak lanjut larangan Ahmadiyah yang telah dimaklumatkan sebelumnya oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriyawan pada 3 Maret 2011 lewat Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 12 Tahun 2011. Menurut dia, sebenarnya

selama ini kami telah meminta wali kota untuk mengeluarkan perwa yang dimaksud. Namun wali kota belum mengeluarkan perwa tersebut karena berdasarkan saran jajaran birokrasi di bawahnya hal tersebut melampaui kewenangan daerah. Berdasarkan UU Otonomi Daerah, urusan Agama adalah kewenangan pusat. Seharusnya kata Muttaqin saat ini wali kota tidak perlu ragu lagi untuk mengeluarkan perwa tersebut, kalaupun nantinya pemerintah pusat itu menanggap perwa tersebut tidak legal, silahkan saja pemerintah pusat mencabutnya. PKS sebagaimana ajaran Is-

lam, katanya sangat menghormati setiap keyakinan manusia, namun kalau keyakinan yang menyimpang itu ditempelkan atas nama Agama Islam maka itu adalah penistaan agama. ‘’Pada masa Abubakar, Musailamah Al Kazzab yang mengklaim dirinya sebagai nabi, bersama para pengikutnya diperangi oleh Abu Bakar sampai tuntas,” ujarnya. Dikatakannya Ahmadiyah yang meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabinya, merupakan penistaan terhadap Agama Islam, sehingga layak untuk dibubarkan, kecuali mereka mau menyatakan Ahmadiyah bukan Islam. (ant)

Cemari Lingkungan

Pabrik Akan Ditutup TANGERANG - Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Banten, H. Ahmad Jaini , meminta pemerintah kabupaten setempat supaya meninjau ulang perizinan pabrik yang berada di Desa Karet, Kecamatan Sepatan yang diduga mencemari lingkungan sekitar. ‘’Selayaknya aparat berwenang di Pemkab Tangerang meninjau ulang perizinan beberapa pabrik di Desa Karet, Sepatan, Tangerang,” kata H. Ahmad Jaini di Tangerang, kemarin. Menurut dia, sejumlah pabrik di kawasan tersebut telah mengeluarkan limbah, salah satu diantaranya berupa serbuk sehingga menimbulkan dampak bagi penduduk setempat. Demikian pula ada warga yang terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas sehingga sulit bernafas karena setiap hari rumah di lingkungan mereka dihujani debu berupa serbu dari pabrik kayu.

Bahkan limbah lain yang mencemari lingkungan sekitar yakni air sumur penduduk dan saluran pembuang berwarna hitam. Akibat limbah pabrik, maka lantai rumah penduduk terutama di bagian teras penuh debu sehingga setiap dua jam harus dibersihkan mengunakan kain basah agar tidak berterbangan. Ahmad Jaini mengatakan, pihaknya pernah menegur pimpinan perusahaan tersebut dan kemudian mendapatkan tanggapan serius, namun beberapa hari belakangan kembali terulang. Upaya yang dilakukan, katanya, yakni merekomendasikan kepada aparat terkait supaya melakukan tindakan hukum terhadap perusahaan yang mencemari lingkungan. Dia mengatakan, petugas dari BLHD Tangerang harus turun ke lokasi agar dapat melihat pencemaran. (ant)

Suluh Indonesia/rin

AJAIB - Bayi 34 jari M Adha Raditya Maulana, 3 bulan saat digendong ibunya. Bayi ini dianggap sebagai berkah keluarga, karena banyaknya keganjilan phisik, seperti jari mencapai 23 buah.

atribut kepolisian yang selama ini disandangnya. Wahyu mengatakan, pihaknya tidak segan menindak anggota polisi di wilayahnya yang melakukan pelanggaran dan kejadian seperti ini agar tidak terulang oleh petugas lainnya. ‘’Bagi yang melakukan pelanggaran saya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas, dan saya tidak mau ada anggota yang melakukan pelanggaran

ini kembali,” ungkap Wahyu. Untuk tahun 2011, kata Wahyu bahwa Kapolri mencanangkan tanpa pelanggaran sehingga semua anggota harus disiplin dan taat terhadap aturan yang berlaku. Pimpinan tidak akan memberhentikan anggota bila tidak bersalah melanggar aturan, dan tidak bangga telah memecat anggota apalagi dengan tidak hormat, demikian Wahyu Widada. (ant)

Jelang Musda

PAN Depok Makin Panas DEPOK - Situasi dunia politik di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Depok mulai memanas jelang musyawarah daerah (Musda) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Depok pada April 2010. Dua kandidat yang dijagokan menjadi ketua partai berlambang matahari terbit tersebut mulai obral janji dan saling klaim. Mereka adalah Hasbullah Rahmat dan Kaharudin Bajo. Ketua Ranting PAN, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Ahmad Fikri menegaskan, siapapun kader PAN berhak mencalonkan diri dan dicalonkan menjadi ketua partai. ‘’Tidak ada salahnya kader dan simpatisan PAN menyebut nama seseorang yang layak memimpin partai. Apalagi orang tersebut memiliki kemampuan menejerial dalam memimpin sebuah partai besar,” katanya, kemarin. Kedua nama tersebut, lanjut dia, saat ini memiliki dukungan massa kuat. Mereka berdua memiliki kemampuan dan integritas tinggi untuk memasinisi lokomotif PAN. “Jangan dianggap persaingan dua kader PAN sebagai suatu yang tabu. Atau dianggap sebagai sebuah konflik. Yang terjadi saat ini merupa-

kan sebuah proses demokratisasi,” katanya. Dia mengingatkan, tokoh pendiri PAN, Prof Amien Rais mendirikan PAN untuk kepentingan bangsa dan negara. Amien Rais juga mengajarkan kader dan simpatisannya untuk memahami dan menjalankan nilai-nilai demokrasi. Tidak berlaku otoriter atau berlaku sebagai pengusaha tunggal. ‘’Tidak benar kalau ada pelarangan atau ada pembusukan sesama calon ketua. Yang sekarang berlangsung merupakan pernak pernik demokrasi itu sediri. Kalau saling klaim itu soal biasa, tidak ada kecap yang mengaku nomor dua,” tegas Fikri. Sekali lagi, Fikri mengingatkan, Amien Rais selalu mencontohkan bagaimana berdemokrasi. Ia tidak ragu untuk tidak menjabat sebagai ketua partai. ‘’Kalau memang di Depok sudah ada calon yang dianggap mumpuni ya silakan saja bersaing memperebutkan kursi ketua,” ujarnya. Ketua FPAN DPRD Depok, Acep Saepudin berkelit adanya pertikaian dalam internal PAN. Hingga saat ini, kader dan simpatisan PAN masih menginginkan Hasbullah Rahmat. (rin)

Ketika Angkutan Umum Ditinggalkan DINAS Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat jumlah penumpang angkutan umum dalam kurun waktu 2009 dan 2010 di wilayah setempat semakin menurun seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Kasi Angkutan Orang Dishub Kota Bekasi, Johan Budi, di Bekasi, Senin, mengungkapkan sedikitnya 30 angkutan umum dari berbagai trayek di wilayah setempat telah ditinggalkan penumpang dan berhenti

beroperasi hingga Januari 2011. “Kondisi angkot di Kota Bekasi ini sudah terpuruk karena tidak ada lagi penumpang. Pesaing angkot itu terutama berasal dari sepeda motor,” ujarnya.

Jumlah angkutan di Kota Bekasi berdasarkan data yang ada di Organda mencapai 5.000 armada. Angkot tersebut dioperasikan dalam 60 trayek berbeda. Hal senada diungkapkan Ketua Kelompok Kerja Sub Unit Angkot, Organda Bekasi, Alex Setiawan. Menurut dia, penumpang Angkot sudah mengalami penurunan yang signifikan dalam dua tahun terakhir. “Saat ini, angkot sudah sepi penumpang. Penurunan jumlah penumpang bisa sam-

pai 50 persen sejak 2009 lalu,” katanya. Menurut dia, faktor penyebab situasi tersebut akibat masyarakat cenderung memilih menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi dibandingkan naik angkot. “Dahulu, belum banyak sepeda motor dan kendaraan pribadi sehingga angkot masih menjadi pilihan masyarakat,” ujarnya. Sementara itu, data dari kantor Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) Kota Bekasi, jumlah kendaraan

roda empat mencapai 791.909 unit pada 2009. Jumlah itu ditambah dengan kendaraan roda dua dan tiga sebanyak 113.317 unit. Dari jumlah total kendaraan tersebut, terdapat 189.510 kendaraan baru. Pada 2010 terdapat 940.970 kendaraan yang memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jumlah kendaraan tersebut bertambah 229.911 unit sepanjang 2010. Jumlah kendaraan baru terdiri dari kendaraan roda empat sebanyak 136.491 unit dan roda dua 93.420 unit. (ant)


pini

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

F OKUS Mengembalikan Kepercayaan Publik ERBAGAI bentuk pesta perayaan dalam menyambut tahun baru 2011 telah usai. Perayaan pergantian tahun baru ini hampir terjadi di seluruh kota di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Dan tak jarang, pesta yang digelar berlumuran aksiaksi euforia yang kurang begitu bermanfaat. Kegembiraan kita merayakan tahun baru 2011 dengan penutupan tahun 2010, dibarengi dengan semakin menguatnya ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah. Ketidakpercayaan tersebut menyentuh di berbagai aspek, di antaranya politik dan hukum. Masalah pemberantasan korupsi dan penegakan hukum masih menjadi persoalan utama yang paling banyak disoroti publik. Pola atau cara penyikapan publik tak bergeser jauh dari apa yang berkembang setelah terbentuknya penyelenggara negara di bawah kepemimpinan SBY untuk kedua kalinya. Kekecewaan publik pada kinerja lembaga penyelenggara negara tampak kuat mendominasi sikap publik. Dalam menilai kinerja kelembagaan, apresiasi negatif paling banyak disampaikan atas kinerja DPR. Skandal Bank Century yang menggerogoti citra pemerintahan Yudhoyono di pengujung tahun 2009 berlanjut dengan proses hukum atas kasus penggelapan pajak yang melibatkan Gayus Tambunan pun tak luput dari sinisme publik. Model penanganan kedua kasus tersebut memperkuat sinisme publik terhadap penyelenggara negara. Sikap apriori publik bermuara pada karut-marut penanganan korupsi yang banyak berpusar pada tarikan kepentingan politik kekuasaan. Dari berbagai persoalan politik dan hukum, tampak kesangsian publik paling tinggi terkait perbaikan kondisi penanganan kasus-kasus korupsi tahun ini. Sementara itu, terkait masalah hukum, beberapa waktu yang lalu dalam pidatonya di Istana Negara, SBY sendiri mengatakan bahwa ada empat hal yang mempengaruhi kepercayaan publik terhadap penegakan hukum. Pertama, adanya sorotan tajam terhadap penegakan hukum oleh dunia. Ini terkait perangkat hukum bagaimana dunia memandang hukum di negeri ini. Kedua adalah korupsi. Ketiga adalah terjadi kejahatan dan penyimpangan yang dilakukan penegak hukum di wilayah manapun. Dan Keempat adalah adanya serangan pers dan publik terhadap penegakan hukum yang berlangsung sistematis. Itulah beberapa penyebab kepercayaan publik terhadap pemerintah menjadi turun akhir-akhir ini. Padahal, kepercayaan publik merupakan modal sosial yang sangat penting bagi pemerintah. Pemerintah kalau sudah kehilangan kepercayaan dari rakyat, mereka akan kehilangan optimisme dalam menjalankan roda pemerintahan. Akhirnya, pemerintahn yang baik (good government) sulit terwujud. Lalu, bagaimana seharusnya pemerintah mengembalikan kepercayaan publik yang sempat memudar tersebut? Setidaknya ada beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan pemerintah beserta jajarannya. Pertama, menjaga idealisme negara secara konsisten. Pemerintah tidah harus terpengaruh oleh negara lain yang mencoba mengintervensi urusan-urusan negara. Idealisme bangsa harus dipertahankan. Kedua, memelihara dan menjaga mutu atau kualitas dari semua proses yang harus dilalui pemerintah dan jajarannya dalam menjalankan roda pemerintahan. Artinya, para penyelengggra negara dalam menjalankan wewenang dan kekuasaannya sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak berbuat sewenang-wenang. Ketiga, tidak melakukan disorientasi, misalnya lembaga penegak hukum itu tidak menengakkan hukum sebagaimana mestinya dalam kaitannya dengan upaya-upaya peningkatan kualitas yang akan diraihnya. Dan keempat, berupaya terus-menerus memenuhi tuntutan dan aspirasi masyarakat yang dengan selalu mengedepankan relevansi, mutu atau kualitas layanan dan hasilnya sekaligus. Kepentingan rakyat harus selalu diprioritaskan. Kalau keempat langkah ini dilakukan secara baik dan konsisten. Besar kemungkinan kepercayaan publik terhadap pemerintah bisa diraih kembali. Kepercayan publik yang dijaga akan melahirkan jati diri sebagai bangsa baik di mata masyarakat domestik maupun dunia. Namun pada kenyataannya, sampai hari ini pemerintah dan bahkan lembaga berskala besar sekalipun di negeri ini ternyata belum mampu menjaga trust atau kepercayaan itu dengan baik. ***

B

Bang D

el

PDIP desak presiden lakukan reshuflle

Isyarat Koalisi kian dekat ...

5

Perda Pro-Rakyat :

Mendorong Pengembangan Potensi Daerah SALAH satu dampak positif berkembangnya ide otonomi daerah adalah menguatnya eksistensi peraturan daerah (perda). Perda sebagai produk legislatif daerah yang memungkinkan pengembangan segala potensi kekhasan daerah mendapat payung yuridis yang jelas. Perda merupakan local wet, yang mempunyai prototipe yang sebangun dengan undang-undang (wet) di tingkat pusat. Tidak terbantahkan lagi bahwa perda adalah salah satu peraturan perundang-undangan yang mempunyai kekuatan legitimasi untuk memperdayakan daerah. Perda sebagai hal krusial bagi suksesnya desentralisasi dan agenda tata pemerintahan yang baik (good governance). Kebijakan otonomi daerah bertujuan membuat pemerintah daerah lebih responsif terhadap kebutuhan-kebutuhan lokal dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kepada publik. Otonomi daerah membawa perubahan yang bisa memunculkan aspirasi dan partisipasi masyarakat setempat dalam pembangunan. Akan tetapi, di sisi lain dalam perkembangannya, otonomi daerah juga melahirkan persoalan ketika lahir peraturan daerah yang tidak sejalan dengan sistem hukum nasional dan cenderung mengabaikan hak sosial ekonomi suatu kelompok masyarakat. Pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk membuat peraturan daerah dalam upaya menyejahteraan masyarakat. Peraturan daerah yang dibuat oleh pemda haruslah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam artian pemda tidak boleh membuat perda yang tidak menyejahterakan masyarakat. Namun, saat ini banyak perda yang dibuat oleh eksekutif dengan legislatif lebih cenderung untuk kebijakan yang tidak pro-masyrakat. Di samping itu, tidak sesuai dengan tata cara pembuatan perda, berbenturan dengan hukum nasional dan bertentangan dengan HAM (sosial ekonomi). Sejatinya perda itu tidak boleh melanggar hak esensial dari masyarakat itu sendiri. Sejak diterapkannya otonomi daerah memang sangat jarang perda yang berkaitan langsung dengan pro-kepentingan masyarakat luas. Agar perda tidak dipermasalahkan oleh masyarakat, sudah seyogianya eksekutif dan legislatif melibatkan masyarakat dalam penyusunan peraturan daerah. Hal inilah yang tidak dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam menyusun rancangan peraturan daerah. Yang terjadi justru kecenderungan penyusunan peraturan dilakukan sepihak antara legislatif dan eksekutif tanpa melibatkan masyarakt karena mengejar ‘’target’’. Padahal, sudah diamanatkan dalam undang-undang bahwa masyarakat harus dilibatkan agar peraturan yang disahkan tidak bermasalah di kemudian hari. Sudah semestinya pemerintah daerah membuka akses informasi bagi masyarakat sebagai salah satu stakeholder mengenai rencana pembuatan perda. Munculnya perda yang bermasalah di tengah masyarakat hal ini disebabkan para eksekutif dan legislatif masih hidup dalam alam pikiran sempit, sektoral/sektarian,

Oleh : Raymond Simamora* parsial. Misalnya, para pembuat kebijakan masih menyukai dan memelihara kekuatan-kekuatan diskriminatif, patriarkis dengan berlindung di balik payung hukum dan atas nama otonomi daerah. Rancangan kebijakan pemerintah daerah yang mengarah pada menafikan nilai-nilai sosial ekonomi harus dihentikan. Perda-perda yang bisa memancing kontroversi di tengah masyarakat di tingkat lokal harus segera dibatalkan. Sebab, jika dibiarkan, akan menjadikan masyarakat apatis, reaktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kebhinekaan masyarakat dan keragaman daerah, mesti diberikan jaminan hidup. Bila setiap daerah mengeluarkan peraturan masing-masing tanpa mengacu dan memperhatikan pranata kehidupan sosial ekonomi, akibatnya berbahaya, dan dapat menimbulkan keresahan dalam masyarakat lokal itu sendiri. Sehingga dalam hal ini pemerintah daerah bukannya melindungi masyarakat, kebijakankebijakannya justru memunculkan kebingungan di dalam masyarakat. Bahwa saat ini berkembang perda yang menonjolkan kelokalan di daerah itu, tanpa memperhatikan masyarakat di sisi lain, baik dari sisi sosial maupun ekonomi. Pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap perda yang ada di daerah. Bahkan, Mendagri memiliki kewenangan untuk membatalkan perda yang dianggap bertentangan atau merugikan kepentingan masyarakat. Seperti diketahui, berdasarkan peraturan perundang-undangan, ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengategorikan perda menjadi perda yang bermasalah. Pertama, kesesuaian dari substansi materi perda dengan pengaturan dalam perundangan yang lebih tinggi. Kedua, kesesuaian substansi materi perda dengan kepentingan umum atau masyarakat. Secara normatif, sebagaimana dimuat di dalam Konstitusi Republik Indonesia dan juga Kovenan Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya, jelaslah apa yang menjadi hak setiap warga negara, terutama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Begitu juga halnya dengan kewajiban pemerintah

daerah untuk memenuhi hak-hak tersebut. Namun, gagasan dan praktik pelaksanaan pembangunan dan pemenuhan hak ekonomi, sosial, dan budaya ini, tidak dapat dilepaskan dari cita-cita dan ideologi negara untuk membawa bangsa ini pada kesejahteraan dan keadilan sosial, sebagaimana yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa. Tanpa perspektif pembangunan yang demikian, maka upaya tersebut takkan pernah terwujud. Homo Economicus dan Homo Juridicus Perda yang disarikan di tengah masyarakat berada dalam ruang kosong dengan hasil yang kontroversial. Hal ini akibat pembuatannya yang dipaksakan dari atas (pemda) tanpa ada partisipasi masyarakat. Tentu respons masyarakat baru akan muncul apabila perda tersebut menimbulkan kontroversi atau masalah baru tengah masyarakat. Tidak ada alasan setiap pemerintah daerah dapat membuat peraturan daerah yang dapat melanggar hak asasi (sosial ekonomi), dengan alasan kekhususan daerah. Persoalan dengan lahirnya perda-perda yang kontroversial adalah dilupakannya prinsip dasar peraturan hukum, harus menjamin hak asasi manusia. Penyebab Bermasalah Banyak perda yang bermasalah kemungkinan besar disebabkan kurangnya pemahaman aparat penyusun perda tentang asas-asas hukum dalam memperhatikan konteks yuridis, sosiologis, filosofis, ekonomis dan politis dalam teknik penyusunan peraturan daerah yang baik dan benar. Kemungkinan lainnya yang dapat menjadi penyebab banyaknya perda bermasalah adalah belum adanya standar harmonisasi dan perangkat/instrumen (tools) yang dapat dijadikan tolok ukur dalam melakukan harmonisasi. Peraturan daerah haruslah dimaknai lebih daripada sekadar hukum yang tertulis, tetapi haruslah menjadi hukum yang hidup dan berhati nurani. Peraturan daerah tidak berada dalam ruang hampa, tidak bersifat esoterik, melainkan berada dalam ruang kehidupan so-

sial yang penuh pergulatan kemanusiaan dan kemasyarakatan dalam lingkungan geopolitik dan geostrategis yang dinamis. Dari konstruksi yang terdapat dalam UUD 1945 maka hak, kewenangan dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus rumah tangga daerah lebih diarahkan pada pemenuhan kepentingan masyarakat. Sebagai penjabaran Pasal 18, 18A dan 18B, maka Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 menggariskan bahwa maksud dan tujuan pemberian otonomi daerah adalah memacu kesejahteraan, pemerataan pembangunan dan hasilhasilnya serta meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara optimal dan terpadu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat; menggalakkan prakarsa dan peran serta aktif masyarakat dalam penyelenggaraan otonomi daerah secara luas, nyata, dan bertanggung jawab, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, peningkatan pelayanan publik dan daya saing daerah. Di dalam perancangan perda, pemda harus mampu membangun keseimbangan (homeostasis) kepentingan para pihak yang menjadi sasaran peraturan tersebut. Karena hal ini menyangkut dua sifat dasar manusia yaitu manusia sebagai homo economicus dan manusia sebagai homo juridicus. Sebab, kualitas dan konsistensi perda adalah dasar yang sangat penting untuk menyediakan pelayanan dan untuk menjaga harmonisasi kehidupan bangsa. Sebagai homo juridicus, manusia dalam hidupnya selalu menggunakan prinsip-prinsip hukum. Manusia ingin mendapatkan ketenteraman, ketenangan dan kepastian terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Dari sudut ini, manusia dalam kehidupannya akan selalu memenuhi kewajiban-kewajiban yang dibebankan kepada dirinya dalam rangka pemenuhan segala sesuatu yang menjadi haknya. Manusia mematuhi aturan agar dirinya memperoleh kepastian pewujudan apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Oleh karena itu, pada saat mengatur, haruslah dapat menciptakan keseimbangan kedudukan manusia sebagai homo economicus dan juridicus. Apabila pemda gagal dalam mewujudkan keseimbangan, maka efektivitas pengaturannya akan diragukan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mempertahankan kepentingannya tersebut dapat menimbulkan kendala-kendala dalam implementasi peraturan daerah. Setiap peraturan perundang-undangan yang dibuat harus mampu mewujudkan tujuan pengaturan itu sendiri, antara lain menciptakan kepastian hukum, mewujudkan keadilan, memberikan kemanfataan sosial. *Penulis, advokat dan pengamat politik

Suluh Indonesia Mengundang Anda menulis dalam kolom ini. Caranya: Kirim Tulisan Anda ke alamat Gedung Pers Pancasila Jl. Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan Jakarta Pusat atau Kirim ke E-mail: info@bisnis-jakarta.com. Panjang Tulisan Maksimal 7.000 karakter. Tulisan akan dimuat juga secara sinergis dengan Kelompok Media Bali Post.

SURAT A NDA Tambah Area Hijau KONDISI taman di Jakarta kelihatannya dibiarkan tidak terurus. Beberapa taman yang terletak di pusat kota seperti Taman Suropati, Taman Menteng atau Situ Lembang memang mendapatkan perhatian khusus. Tetapi taman lainnya yang tersebar di pelosok Jakarta nampaknya memprihatinkan. Saya membaca tulisan di sebuah rubrik di harian ini beberapa waktu lalu. Dan nampaknya memang pemprov harus serius pada targetnya untuk menghijaukan Jakarta paling tidak 10 peren dari total wilayah Jakarta. Jangan sampai, pemanfaatannya salah untuk keperluan yang tidak jelas. Taman kota menjadi amat mahal untuk warga Jakarta. Kenya-

manan yang sedikit itu haruskah direbut oleh tangan-tangan tak bertanggung-jawab dengan merusaknya. Beberapa taman bahkan terlihat menyeramkan sehingga siapapun yang akan melepas lelah dipastikan bakal takut. Taman kota menjadi satu-satunya tempat murah untuk melepas penat dan hiburan murah bagi warga Jakarta. Karenanya, harus ada tindakan tegas jika memang ada pihak-pihak yang merusak taman dengan sengaja karena itu berarti menghilangkah hak warga lainnya untuk memperoleh kenyamanan. Naufal Ahmad Cempaka Sari, Jakpus

Kemacetan Jalan Raya Kukun Kian Parah ARUS barang dan orang menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kota Tangerang, Provinsi Banten, atau sebaliknya, terhambat karena jalan raya Kukun, Kecamatan Rajeg, rusak sehingga kemacetan lalu lintas semakin parah. Kerusakan jalan di kawasan Kukun itu terutama di jembatan perbatasan Kabupaten Tangerang dengan Kota Tangerang menyebabkan kendaraan roda dua dan mobil kesulitan melintas. Banyak warga yang terlambat kerja dan berangkat ke luar kota dengan pesawat akibat tertahan oleh kemacetan lalu lintas

beberapa jam di jalan raya Kukun tersebut terutama di kawasan jembatan padahal ruas jalan lainnya mulus mengunakan konstruksi semen cor bertulang. warga sudah beberapa kali menyampaikan masalah jalan rusak tersebut ke aparat kecamatan setempat agar secepatnya diperbaiki, tapi tidak juga ditanggapi serius. Bahkan penduduk setempat juga sudah menyampaikan kepada petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Pemkab Tangerang, namun belum juga ada realisasi perbaikan. Demikian pula mengenai kerusakan jalan itu juga sudah dika-

barkan kepada anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari daerah asal pemilihan Kecamatan Rajeg dan Pasar Kemis, tapi belum mendapatkan jawaban serius. Bahkan seorang warga Desa Sukatani, Kecamatan Rajeg memberanikan diri mengirim pesan singkat (SMS) melalui telepon selular kepada Bupati Tangerang H. Ismet Iskandar se-

hubungan kerusakan jalan di wilayahnya. Namun sejauh ini belum juga ada tanggapan apalagi diperbaiki. Oleh karena itu, mohon kiranya jalan tersebut segera diperbaiki agar arus barang dan orang berjalan lancer. Rahma Shanty Perumahan Taman Waled Tangerang

Fasilitasi Pengendara Sepeda SEPEDA dibuat jalur khusus Di jalur-jalur tertentu memang masih impian para pengendara sepeda. Perlu rambu yang lebih tegas. Barangkali yang seharsunya dilakukan adalah menyempitkan jalan. Agaknya pemerintah belum berbuat sesuatu yang benar-benar memberi

jalan bagi pengendara sepeda. Mungkin sebuah pekerjaan yang sulit menyediakan jalur khusus sepeda. Semoga ada kepastian untuk terwujudnya Jalur sepeda. Trisno Setiawan Tambora, Jakarta Barat

Sampaikan saran, kritik dan keluhan mengenai kebijakan Pemerintah, fasilitas umum atau lainnya ke: PO BOX 6233 JKBKG, Jakarta 11062, redaksi: Jl Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan, Jakarta Pusat. Fax: 53670771 atau e-mail: info@bisnis-jakarta.com. Lampirkan foto copy KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan cantumkan nomor telepon yang bisa dikonfirmasi.

Pemimpin Umum : Satria Naradha, Wakil Pemimpin Umum/Redaksi/Penanggung Jawab : Wirata, Redaktur Pelaksana : Nikson, Gde Rahadi, Redaksi : Hardianto, Ade Irawan, Bogor : Aris Basuki, Depok : Rina Ratna, Kontributor Bekasi : Muhajir, Nendi Kurniawan, Safa Aris Muzakar, Iklan : Ujang Suheli, Sirkulasi : D.Swantara. Alamat Redaksi : Jalan Gelora VII No 32 Palmerah, Jakarta Pusat. Telpon (021) 5356272, 5357602 Fax (021) 53670771. Website : www.bisnis-jakarta.com, email : info@bisnis-jakarta.com. Tarif Iklan : Iklan Mini minimal 3 baris Rp 6.000 per baris, Iklan Umum/Display BW : Rp 15.000 per mmk, Iklan Warna FC : Rp. 18.000 per mmk, Iklan Keluarga/Duka Cita : Rp 7.000 per mmk, Advetorial Mini (maks 400 mmk) Rp 4.500 per mmk, Biasa (lebih dari 400 mmk) Rp 6.000 per mmk. Pembayaran melalui Bank BCA No Rekening 006-304-1944 a/n PT. Nusantara Media Baliwangi, Bank BRI No Rekening 0018-01-000580-30-2 a/n PT. Nusantara Media Baliwangi. Bukti transfer di fax ke (021) 53670771, cantumkan nama dan nomor telpon sesuai registrasi.

Penerbit : PT. NUSANTARA MEDIA BALIWANGI ‰ Wartawan Suluh Indonesia membawa tanda pengenal dan tidak dibenarkan meminta/menerima sesuatu dari sumber.


lahraga

6

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

Persipura Benamkan Arema JAYAPURA - Tiga gol sumbangan striker haus gol Boas Sollosa, masing-masing menit ke-60, 63 dan 87, membawa tuan rumah Persipura mengalahkan tamunya Arema Malang, dengan skor telak 6-1 dalam lanjutan kompetisi putaran kedua Liga Super Indonesia di stadion Mandala Jayapura, Senin. Tiga gol kemenangan Persipura lainnya dipersembahkan Zah Rahan menit ke-15, Lukas Mandowen menit ke-78 dan Yustinus Pae menit ke-81. Sementara satu-satunya gol Arema diciptakan pemainnya Roman Chamelo menit ke-4. Dengan hasil ini Persipura semakin memantapkan posisinya sebagai pimpinan klasemen sementara dengan nilai 35. Pertandingan yang dipimpin wasit Mardi dari PSSI berlangsung seru yang diwarnai saling serang dengan tempo yang relatif cepat. Tak ingin malu di depan publiknya, tim tuan rumah langsung menggempur pertahanan tim tamu yang turun dengan pe-

main terbaiknya. Baru empat menit pertandingan, lewat serangan balik cepat yang berbuah tendangan sudut, pemain Arema FC, Roman Chamelo berhasil memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti Persipura yang mengubah skor 1-0 bagi keunggulan timnya. Ketinggalan satu gol, Persipura terus menggempur pertahanan Arema FC, lewat kerja sama para pemainnya terus berhasil menciptakan banyak peluang. Puncaknya menit ke-15, Zah Rahan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah bola tendangan bebasnya sebagai hadiah wasit atas pelanggaran pemain belakang Arema pada Rahmat Rivai, tak mampu ditangkap kiper Achmad Kurniawan. Berhasil menyamakan skor, pemain Persipura semakin gencar menyerang. Pada menit ke-21, kiper Arema Achmad Kurniawan dikartu merah wasit Mardi karena melanggar Rahmat Rivai.

Pelatih Arema Miroslav Janu kemudian menarik M.Ridhuan dan menggantikannya dengan kiper cadangan Syaifudin. Sayangnya, hadiah penalti yang diberikan wasit pada Persipura, gagal dimaksimalkan Boas Sollossa yang tendangannya masih melebar disudut kiri gawang, sehingga kedudukan 1-1 bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Persipura terus mendominasi jalannya permainan, terlihat dari penguasaan bola dan serangan yang sangat dominan. Sebaliknya, pemain Arema terlihat seperti kelelahan dan kehilangan sentuhannya. Hasilnya, menit ke-60 Boas Sollosa berhasil menjebol gawang Syaifudin, setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak mampu diantisipasi. Lima menit berselang, pemain yang menjadi top skor sementara liga Super Indonesia itu kembali menambah gol, yang membawa Persipura memimpin dengan skor 3-1.

Tidak sampai disitu, Pemain cadangan Lukas Mandowen yang masuk menggantikan Rahmat Rivai ikut mencetak gol di menit ke-78. Tiga menit berselang pemain pengganti lainnya Yustinus Pae yang masuk menggantikan Ortizan Sollosa berhasil menambah perbendaharaan gol, yang membuat Persipura unggul 5-1 atas Arema. Pesta gol tim berjuluk “Mutiara Hitam” itu ditutup sang kaptennya Boas Sollosa sekaligus menciptakan hattrick, setelah eksekusi tendangan penaltinya, yang diberikan wasit akibat pelanggaran Syaifudin atas Ian Kabes sukses mengecoh penjaga gawang Arema. Skor 6-1 untuk kemenangan tim Persipura Jayapura bertahan hingga usai pertandingan. Pelatih Persipura, Jaksen Tiago mengaku bangga dengan hasil yang diperoleh anak asuhnya. “Anak-anak bermain sukup bagus, dan menciptakan banyak peluang dan gol. Hanya saja masih banyak

Lolik Rebut Gelar Pemain Terbaik NBL SURABAYA - Pemain senior Garuda Flexi Bandung I Made Sudiadnyana atau akrab disapa Lolik dikukuhkan sebagai pemain terbaik Liga Basket Indonesia 2011 atas pencapaian prestasinya sepanjang musim ini. Pengumuman Lolik sebagai peraih gelar “Most Valuable Player” (MVP) dilakukan Komisioner NBL Azrul Ananda saat konferensi pers menjelang pertandingan “Championship Series” di Surabaya, kemarin. Penetapan pemain terbaik didasarkan pada formula perhitungan dengan mempertimbangkan statistik pemain selama musim reguler dan hasil voting pelatih pada setiap akhir

pertandingan. “Lolik adalah salah satu aset berharga, baik bagi tim maupun liga ini. Pada usianya yang sudah melewati 40 tahun, penampilannya masih tetap luar biasa,” kata Azrul. Menurut ia, Lolik berulang kali menjadi motor serangan bagi Garuda Flexi Bandung dan penghargaan MVP sangat layak diterimanya. “Mudahmudahan penghargaan ini bisa memberi inspirasi bagi pemain-pemain yang lebih muda untuk terus mengembangkan diri tanpa henti,” tambahnya. Sebagai penghargaan atas prestasinya, Lolik berhak mendapatkan hadiah sebuah mobil All New Chevrolet

Spark yang disiapkan NBL. Selain gelar pemain terbaik, NBL Indonesia juga mengumumkan 12 kategori penghargaan lain sepanjang pelaksanaan kompetisi musim ini, di antaranya pemain pendatang baru terbaik (Rookie of the Year) yang disabet Valentino Wuwungan dari tim Satya Wacana Angsapura Salatiga. Kemudian pelatih terbaik (Coach of the Year) diberikan kepada Rastafari Horongbala (Pelita Jaya Esia Jakarta). Sementara pencetak poin terbanyak (Top Score) diraih Ary Chandra juga dari tim Pelita Jaya Esia Jakarta. Seluruh penghargaan tersebut akan diserahkan saat pel-

aksanaan Championship Series atau babak “play off” di DBL Arena Surabaya pada 813 Maret 2011. Pertandingan penentuan untuk merebut jawara NBL musim ini melibatkan delapan tim, yakni Pelita Jaya Esia Jakarta sebagai pamuncak klasemen akhir melawan Bimasakti Nikko Steel Malang yang menempati ranking delapan. Kemudian Satria Muda Britama Jakarta (2) bertemu Muba Hangtuah Indonesia Muda Sumsel (7), Dell Aspac Jakarta (3) menghadapi Stadium Jakarta (6), dan tuan rumah Nuvo CLS Knights Surabaya (4) ditantang Garuda Flexi Bandung (5). (ant)

kekurangan yang harus jadi evaluasi tim,” kata Jaksen. Sementara pelatih Arema

Miroslav Janu mengakui timnya bermain buruk. “Anakanak bermain buruk. Selamat

buat Persipura, mereka tim hebat dan pantas menang,” ujarnya. (ant)

PICKUP POINT Baca dan Dapatkan Harian Suluh Indonesia - Bisnis Jakarta Pada Lokasi Di Bawah Ini HOTEL TRANSJAKARTA -

Koridor Koridor Koridor Koridor Koridor Koridor Koridor

1 2 3 4 5 6 7

: Kota – Blok M : Harmoni – Pulo Gadung : Kali Deres – Pasar Baru : Pulo Gadung – Dukuh Atas : Ancol – Kampung Melayu : Halimun – Ragunan : Kp. Melayu – Kp. Rambutan

SPBU SPBU PERTAMINA -

SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU SPBU

34.115.10, Arteri Panjang 34.132.09, Rawamangun 34.106.05, Let.Jend. Soeprapto 34.135.05, Kramat Jati 34.138.06, Kampung Rambutan 34.131.02, Matraman 34.111.03, KS. Tubun 34.129.02, Gatot Subroto 31.129.03, HR. Rasuna Said 34.125.07, Cilandak KKO 34.164.02, Margonda Raya, Depok

RESTORAN & CAFE -

Hertz Chiken, HR. Rasuna Said Bumbu Desa, Jl. Suryo, Senopati The Bondies, Jl. Ampera Raya D’Cost Seafood, Jl. Kemang Raya Black Canyon Coffee, Jl. Raya Cipete Dapur Sunda, Jl. Raya Cipete Dapur Sunda, Jl. Gatot Subroto Sari Ratu, Jl. Raya Barito Suryo Cafe & Steak, Jl. Warung Buncit Suryo Café & Steak, Pasar Raya Grande Gumati Café, Jl. Paledang Bogor De-leuid, Jl. Padjajaran Bogor Restoran Kawasan Puncak Bogor

-

Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel

Paninsula Ibis Santika Kartika Chandra Crown Century Park Sultan Mulia Le Meridien Sahid Grand Hyatt Millennium Arya Duta Nikko Saripan Pacifik Papaho Bogor

TRADE CENTER -

Blok M Plaza Mall Cilandak Depok Town Square Cilandak Town Square Plaza Setia Budi Bogor Trade Mall Pusat Grosir Bogor Plaza Depok Mall Depok ITC Depok

OFFICE BUILDING -

BCA RMK, Jl. Raya Kedoya Plaza Sudirman, Jl. Jend. Sudirman FIF Finance, Jl. Raya Kedoya FIF Finance, Jl. Padjajaran Bogor Bank Mandiri, Jl. H. Juanda Bogor Bank BTN, Jl. Pengadilan Bogor Bank BTN, Jl. Bojong Gede Kantor Telkom, Jl. Padjajaran Bogor Kimia Farma, Jl. H. Juanda Bogor

TEMPAT UMUM HOTEL -

Hotel Ambara Hotel Grand Mahakam Hotel Batavia Hotel Manhattan

-

RS. Dharmais, Jakarta Stasiun Kereta Api Bogor Pertokoan Tas Tajur, Bogor Taman Matahari, Bogor Taman Safari, Bogor

Jakarta : Gedung Pers Pancasila Jl. Gelora VII No. 32 Palmerah Jakarta Pusat ( 021) 5357602 - Fax (021) 53670771 : Bogor Trade Mall Lt. 2 Blok D1 No. 11 Jl. Ir H. Juanda Bogor 16123 ( 0251) 8401018 - Fax (0251) 8401018

Tarif iklan Mini/Baris : Mini/baris Rp.6.000/baris min 3 baris max 10 baris Satu kolom Rp. 15.000/mm (min 30 mmk-max 200mmk) Display BW Rp. 15.000/mmk Display FC Rp. 18.000/mmk Tarif belum termasuk PPN Materi Iklan diserahkan berupa file dalam bentuk CD/Flashdisk dengan format: Coreldraw atau Photoshop

Bogor

RAGAM SULUH INDONESIA - BISNIS JAKARTA ALAT MUSIK

ANTENA / PARABOLA

BIRO BANGUNAN

ELEKTRONIK

MESIN & ALAT BERAT

PERLENGKAPAN RMH

FURNITURE

JABODETABEK A.MC (021 2360 0600/93366205.Dicari Piano,Ymh Samic,Kawai Keyb KN 7000/ 2600/2400/YMH PSR 1000/2000/ 3000,Dll,Korg Rind

JABODETABEK Agar bayang & bintik di tv anda benar benar bersh “Agen Ant” ant 100rb prbl 1,5jt indvsn,dll 6847600046516000-80221200

JABODETABEK AMA SALE AGENT & DISTRIBUTOR Aplicator Water Proofing Semua Sistem Flor hardener water stop PVC + Rubber Injeksi, Epoxy dll. Hub.70161113, 08128068884.,0817188466. Email.sonnysanwan@gmail.com www.agenwaterproofing.blogspot.com

JABODETABEK Ahli CCTV & IP Camera. Bisa rekam,monitor di HP & Laptop. Hub*3Media* 56942364

JABODETABEK Rental,rental&jual Genset 5 Kva2000 Kva baru dan bekas hub: 08164241104/081805897133

JABODETABEK Cuci carpet,sofa,Jok mbl,Gordyn S.Bed,anti bakteri. Ph 91050001-02, 36891000 Ricky’s Decorator

JABODETABEK Jual Sofa Import 3.2 1+1Mj kc Mdl Modern kain/klt sntss 100% br=3jt: 5850621/081317733014

G.37980

JABODETABEK Eng,Toefl,conv, Mat,I PA, Akunt, Bhs, Jl. Padesin. 25,Micheal. 08571645 8536.(Pengajar Tung gal)

G.37520

BUKTIKAN!Jual Plg Mrh Sejkt Drum,Gtr,Key,Pwr,Mxr,Spk Array, Mic,Acc,Dll, Recording,Marching Band. 68261000, 73447358 Diantar G.37521

JAK’S MUSIC JUAL/BELI alat Musik & SOUND SYSTEM YMH, Rolnd,KORG, Tama, Sonor, IBANEZ, MAR SHALL, Fender, GK, BOSE, PV, PH: 79180349/ 081210312341

G.37943

Agar bayang &bntk tv anda benar2 brsh ant tv/prbl,skynindo:7301369(jksl) 5606227 (jkbr) 8341714 4(jktm) 837856 27(bks)71137333(dpk 569622359(tgr) G.37944

BATTERY GENERATOR

Jk MUSIC Beli Semua Merk Alat Music: PWR,MIXER,Speakr,Drum,Amply Gtr Keyboard Dll.PH 021322229905087871172327

JABODETABEK (Pembangkit listrik Tenaga Aki/ dijamin paling irit&legal). Kontro versi Multifungsi:1)Tmbh Daya listrik(tnp Biaya tmbh daya rekPLN) 2)Listrik Emergensi s/d 4.500W 3)Pengganti listrik PLN.4) Tambahan Daya generator. SMS Nama/ Almt Anda, ke:0812-80-300-300, kami Kirim Info & Spesifikasi.

G.37523

G.37844

JAZZ MUSIC: Beli Keyboard, Mixer, Power,Amply,Speaker,Drum,Alat Musik,Sound System, Dll.Hub: Romy,021-32287874

Cash/Kredit Gen.Set dari 2 KVA s/d 2000 KVA Hubungi “Tehnik Unggul”, Telp: 6391752-6398079 Jl.Hayam Wuruk 78-A, Jakarta, Jl..Kebon Jati No.21-23,Tlp.(022) 4239737 – 4238643, Bandung

G.37522

G.37524

SUMATRA MUSIC. JL.BL.TT. SRVC. JUAL:KN 2600 Mulus.KN 2400 SD.Kami bBeli Mahal KN Semua Type Rusak. Normal.Hub: 0813 9921 9130 Pancoran JAK-SEL G.37525

ANTENA / PARABOLA JABODETABEK Agar bayang & bintik di tv anda benar benar bersh “Antena tv” 100rb & Pabola 1.5jt indvsn dll 83311183-44764156-71443335 G.37938

Agar bayang & bintik di tv anda benar2 bersh “Ababail tv” 100rb & Pabola 1.5jt indvsn,dll 409595985689149-96007335 G.37939

Agar bayang & bintik di tv anda benar2 bersih Ant tv 100rb.Pabola1.5jt indvsn “CV.Sony Elektro” 5698108871444770-83284848 G.37940

Agar bayang & biotik di tv anda benar benar bersh “Agen Ant” ant 100rb dpt ant +kbl+jek+psg prbl 1,5jt “Toshiba elektro” Jakut 45441122 Jaktm 80771122 Jakps 37261122 Jaksl 72801002 Bksi 8601122 Tgrg 65960666

G.37845

ANTIBOCORSPESIALWATERPROOF mengatasi bocor pada dak/plat beton,talang beton,dinding,km wc,kolam renang dll. Tenaga ahli jaminan penuh 1 thn(Material+Tenaga)Mlyn luar kota. Mitra Utama 021-71295206/021-44715715 G.37981

ARSITEKTUR, INTERIOR, Furnitur telp.021-91330801,0817746471 (24 jam) email:mail.studio52@gmail.com http// kitchenset-studio52.blogspot.com G.37982

ARSITEK DESAIN & Gambar Bestek,Rumah Tinggal,Ruko dll. Hub.021-33343533, 96810910, 70035445,085888228282 G.37983

PRATAMA:BANGUN /RENOVASI/ Pengurusan IMB, Ruko, Hubungi: 081210900989, 24 Jam

G.37529

SEKOLAH / KURSUS

G.37044

G.37846

Dijual Diesel Genset Silent 17.5 KVA Type 3 TNV 84 T – GGE Engine Yanmar Generator Stanford, Genuine, 100% Baru, Ready Stock di Jakarta, Garansi 1 Thn, Harga 60 Juta Nego Hubungi : 021-44357457

BIRO TEKNIK JABODETABEK Abadi SpcPmsgn:Cnpy, Polycar bonat Tangga Stainles, Tmph, Konstr Baja, Almn, R. Door/Grile F.gate dll Trm Servis:56971291-68428238-91265210 G.37398

G.37487

BOR JET PUMP Pakai Mesin Rotasi Bisa Cari Air Bagus Hubungi : “TRI JAYA TEHNIK” 70015848/4755262/ 0812-801-0033

Dijual Mesin Cetak Ex Eropa Sakurai OL 52E Th.92, 0OL 252 EP Th91, OL 252 EPII Th 93. OL 252 EII Th 98 Hub : 0813.1062.8269, 0878.8496.8172

MAJU JAYA Spc Pintu Folding Gate P. Roll Door, Knpy Poly Carbnt, Drng Lpt Tralis, P. Kasa Krey Kusen, Alum Vrtkl, trm servis:5415131/98712238

G.37848

G.37400

Dijual Mini Excavator Dozer, Wheel loader,bobcat,sakai roller ex. Japan:71578038/0816 712 308 G.37849

Dijual: Genset Cummins Brands New KTA 50 G3 Geno Stamford. Hub:Multi Powerindo Jaya, 021-54366159

G.37399

Ahli Bangunan baru renov bocor cat berkwalitas terjamin. hub **83384638, 087880611683**

JABODETABEK Lsng Krj buat ngelem Teh Rosela PT HDN 1 box Rp.70rb, 50 box Rp 3,5jt hub/sms: 021.97887026/ 083897985200 Bp.Edi Sutanto 002-003754

G.36079

G.37949

Trm Psnan Kasa nyamuk,kanopi kusen pnt,vrtkal/horizontal,woodblind,kreyfold doorgate 5643032

Khusus reparasi ganti kain sofa kursi politur ulang kulit asli kain oscar dll tlp 50324867

G.36080

AC Baru Mitsubishi, General, TCL 320W & semua Merk.Service/ TT.”TIP” 54350960/68/80

JABODETABEK Anda Bisa Jualan Dimana Saja, pakai Tenda Lipat&Bs Promosi Hub:021-6620098 Terpal.com

G.37405

JABODETABEK Agunan BPKB 1 Jam Cair tanpa survey,bisa byr Bunga saja.Hub:Maju Artha 7260581-7261979-7268115 Ciledug Ry 20H Cipulir

Buku Menu Untuk Resto & Cafe Mulai desain,foto sd. Jadi.Hasil Rapi & Bagus.Hub.0818152583

PELUANG USAHA JABODETABEK wwww.medistro.com mau jual pulsa atau pakai sendiri? Daftar gratis LEBIH MURAH 081218894015-08583262129 G.37322

MandarinKilat:TOEFL-IELTS-TOEIC Conv.2Mgg,skor tgi,bnyak sukses ph.70662628-71209455 G.37022

INGIN USAHA TAHU BULAT Syrt mdh wil.Jakarta,Bks,Dpk:02196008998081211617077 tangerang,0818220129 pendapatan 3-4jt/bln G.37324

Design Graphic, Autocad, 3Dmax Office XP, Java, ASP,komputer Akutansi, MYOB,Pajak,H.Ashari 121Roxy ph.63856849/51 G.37020

PUTUS Sekolah ?Hub:Dian Persada 7711805-081387555556-91743043 Slsai Cpt/Tpt.Biaya Trjgkau U/Mmprlh Ijzh SD,SMP,SMAResmi G.37742

PNDDKN BBS USIA Sls Cpt&Tpt Dpt Ijzh.SD,SMP,SMA.Dknas UN Juni 2011 Lnjt S1&S2.Bks8845025.08131797912 Jk 5660626.Cptt 99726870 G.37743

Kuliah Jalur Khsus Program D3,S1,S2,S3 Semua Fakultas, Cepat, Resmi Terakredi tasi.Dpt Income. SUBANDI 98078136, 081381977739 G.37744

MESIN & ALAT BERAT

DICARI Agen Sandal Btk Bola, Panda,apel, Strwbery, Monkey, Kodok, Mbl, Love, dll.Lucu&Laku 0217320149, 93694767, 97909979 G.37325

DAPATKAN PENGHASILAN Jutaan Perbulannya Dari Internet Anda Buka (Klik) www.hasilusahaku.com/?id=su santi Tanpa Modal,Kesempatan terbatas G.37326

BISNIS WARNET HANYA 9jtan(5Komp) Terima Beres!Profit 2jt/ bln.7Thn Pnglmn.Dijamin Puas 02192699236.www.warnet-alpha.net G.37327

USAHA YG BOOMING SAAT INI Pghsilan Jutaan/Bln Tahu Bundar & Cireng+Grobak Komplit Lsg Jln. Hy 2,5Jt. 0813871 77466. 83243799 G.37328

Hny 5jt,gabung bisnis valas int’l Profit Tiap hari SMS”Berminat” Hp:087881125834(Sutrisna SE) G.37951

JABODETABEK Airman Compressor PDS 90,125,175,390CFM Used Jp&Mesin las Miller 250,500A.0818731829

Modal Usaha s/d 500M 08138185 1272,0 85780881867 ,0821118 59862 Jl Margonda 23A Jakarta

G.37532

Sedia Emas batangan LM Antam Bonus Trik Keajaiban Investasi Emas R.Stock jumlah byk!! Hub:08567.31.0006

G.37264

Jual Mesin Pemecah Batu. Penghalus Serbaguna H: Nego Cari Agen 081357902435

G.37952

G.37950

RESTORAN & CAFE

KERJASAMA

G.36036

Belajar Sulap bersama Om Jack “Mas-ter Of Classical Magic”. Pdftran Rp. 300rb. Anda Pasti bias Mahir !!! hub. 0219348641608161992784

G.37984

Deutz AG (Germany) Mercedes Benz Mtu. Kualitas Bagus dgn bahan baker hemat untuk industri. Harga lebih menarik dari penawaran yang anda terima Ph.024-3519324 / 3541080. trianabintang.com

G.37272

LOWONGAN

G.35904

G.35775

G.35905

Dana Tunai Prs Cpt 1hr cair,Panca Artha,AM.Sangaji 17ph.6303481/ 82/83jmn BPKB MBL/Mtr aman

Dijual ex restoran:meja/kursi,alat2 kitchen dll.Muara karang blok G6 Brt no ph 91075144

G.35776

TOUR & TRAVEL JABODETABEK Dom & Intl Tiket, Hotel, Visa. Passport, Land Tour, Cruise. Onassis 56981131, 98288280, G.35984

Psat Tiket Murah Pket Tour Voucher Hotel,Umroh & Haji,Antar. Hub: Laenatour 24Jam 8356660, 88359088,8356439 G.35986

AGEN TIKET MURAH&DIANTAR Global Jaya Travel, Pswt Dom&Int’l Smua Tujuan. Vchr Hotel, Paket Tour, Sewa Mbl Ph: 6327155-91856789

G.35906

Fas* R.rapat,165rb,Trns 60rb:Htl Prima Indah,G.Sahari,Sbrg Mg 2 Square 021.62203606/6591078 G.37945

Hotel Grand Kopo Jl.Kopo 163 Bdg T:(022) 5206252 / 5206681+Meeting Room Hrg Mulai 145Rb G.37946

SERVICE REPARASI JABODETABEK Ahli Service TV SONY:858.4604 Tv Lyr Lebar,LCD,Plasma,teknisi Ex.Pabrik part asli,grs,seDki G.36077

G.35155

Ad 01Ngr-lbrn dis.Phuket-bkk pty7H,7jt/sin-pnang-thai-phkt9 h/ 56941717 happytourindo.com

Rym Tehnik AC,kulkas, P.Air,K.gas, M.cuci,W.Heater Jl.Kedoya Duri 8 T.5803154/5823631 G.36078

G.37474

Bayar diBali.Gratis 100foto+dvd Tour ke Bali 4D3N 4Jt/2pax htl Tour : www.balipromotour.com 0852 28202777 / 0852 18218998

Davinaland Spcl Sprgbed Reparasi Per+Ganti Kain Hrg No.4/288rb,3/31 5Rb,2/385Rb,Bergaransi 87905977/ 085287941246 G.36068

G.37947

AHONG SERVICE 021-9302856663852076,Service Ahli Tv,Sony, Toshiba,Politron,Aiwa,Sharp,Gold Star,Digitc,Samsung,Mitsubishi

PERLENGKAPAN RMH

Pusat Tiket Murah Vocher Hotel pket Tour Umroh 7 Haji,Diantar Hb:Laentour 88359088-24jam

G.37850

G.37265

Ahli WC Mampet. Prima Karya 021-7243149-7266245.sdot,bgn baru,dak bcr,rnv,ldg,cat.lbr buka

Jual Msn Pres Scrab Ex Jpn, Cool Pres Triplek Uk.2600x1300,Pres Kapas/Krdus/Fiber Bak Fuso Uk.7200.08128399899

G.36069

Diewa/DijualDieselGenset Kap 80 – 2000 KVA, “Harga Murah” Hub: (021) – 5405679 / 5405646

JABODETABEK Canopy polycarbonate stenlis pintu teralis,A.Maling,Fgate.Tlp 54350657,54350707,68529888

G.37948

Agar bayang & biotik di tv anda benar benar bersh “Antena TV” 100rb & parabola 1,5jt indvsn,dll 56944433-83270533,71057878

Adv Sin Kul Pen Hatcai Bangka Toba Bali Lmb Lovina pdr garut Asoy 6330577, 6330219/31/32

AC,air bor,disp,frezr kulks,TV,K.Gas M.Cuci p.air,Solhrt,dll JK-Tehnik: 71793880,jual beli

G.37942

G.37851

G.37266

G.37269

G.36078

G.37024

G.37469

G.37941

Ahli Bocor:Dak: Tmbk:K. Mdi:dii: Renov:100% Grnsi&Tg.Jwb-Raja Bocor:68686835, 081384099925

G.37532

G.37953


lahraga

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

7

Lakers Hentikan Rekor Spurs SAN ANTONIO - LA Lakers tampil sempurna saat menghadapi tim terbaik NBA musim ini, San Antonio Spurs. Lakers berhasil menghentikan rentetan rekor manis Spurs dengan kemenangan 99-83. Bertandang ke markas Spurs di AT&T Center Arena, Minggu malam waktu setempat, Kobe Bryant dkk tampil luar biasa. Mereka pun akhirnya sukses menghentikan catatan 22 kemenangan Spurs di kandang. Ini menjadi kemenangan perdana Lakers dari tiga pertemuan terakhir melawan Tony Parker cs, sekaligus kemenangan ketujuh secara beruntun di musim ini. Menghadapi Spurs yang sejauh ini tercatat sebagai tim terbaik dengan 51 kemenangan, Lakers justru tampil penuh semangat. Dorongan untuk bisa mengejar Spurs di puncak klasemen umum wilayah Barat, memberikan motivasi besar buat anak-anak asuh Phil Jackson yang saat ini masih tercecer di urutan tiga. Inisiatif serangan yang diambil Lakers pun membuahkan hasil positif. Duet Kobe dan Pau Gasol sukses memporakporandakan pertahanan Spurs. Kuarter pertama sepenuhnya menjadi milik Lakers dengan keunggulan 34-13. Dominasi Lakers terus berlanjut di kuarter kedua, Kobe terus menunjukkan aksi-aksi gemilangnya dan membantu Lakers menambah 31 poin, sementara Spurs mulai tampil lebih baik dengan menambah 24 angka. Paruh pertama di tutup masih untuk keunggulan Lakers 65-37. Pertarungan ketat terhampar di paruh kedua. Ketatnya pertarungan membuat kedua tim tak bisa mencetak banyak poin. Lakers hanya mam-

MOBIL DIJUAL BMW BMW 318-i’2001Triptonic Exclu sie Silver Novil J. Cpat 118, 5jt (TT/ K) Jl. Raya Malang Samping Pom. Bensin Cipinang Indah I No. 8 Jktim 9924480/081387778187 G.37985

BMW 318-i’98 Manual mls skl Pjk Pjg J. Cpt 68, 5Jt Nego (TT/K) Jl, Raya Malang Samping Pom. Bensin Cipinang Indah I No. 8 Jaktim 9924480/081387778187 G.37986

BMW 318i ‘ 89/90 Biru Kondisi Mulus Komplit AC RT Velg Racing Nopol T H = 25 Jt Dmi Hub : 02199299779/085881287739 G.37987

pu mengemas 16 angka, atau satu angka lebih banyak dari Spurs yang mengoleksi 15 poin. Tertinggal jauh, sekira 29 angka di kuarter penentuan, membuat pelatih Spurs Gregg Popovich melakukan sejumlah pembenahan, salah satunya dengan mengganti strategi. Perubahan yang diinstruksikan Popovich mulai membuahkan hasil. Spurs mulai bangkit dan mengejar defisit ketertinggalannya. Trio bintang andalan, Tim Duncan, Tony Parker dan Manu Ginobili mulai tampil solid dan terus menyumbang poin demi poin. Sayang, 31 poin yang mereka hasilkan di kuarter terakhir ini tetap tak mampu menyelamatkan Spurs dari kekalahan. Sempat terkena technical foul di kuarter kedua, Kobe tetap mampu memberikan kontribusi maksimal untuk Lakers. Kobe tampil sebagai pemain terbaik sekaligus pendulang angka terbanyak di kubu Lakers dengan raihan 26 poin, tujuh rebounds dan lima assists. Pau Gasol juga memberikan kontribusi signifikan dengan lesakkan 21 poin, disusul penampilan cemerlang dua pemain pengganti, Lamar Odom dan Shannon Brawn yang mengemas 15 dan 12 poin. Di kubu Spurs, Gary Neal yang masuk dari bangku cadangan tampil sebagai pencetak angka terbanyak dengan lesakkan 16 angka, diikuti Tony Parker dan George Hill yang sama-sama mengoleksi 14 poin. “Mereka (Lakers) sudah menekan kami sejak pertandingan dimulai dan seiring pertandingan, kami menyadari (bahwa sulit menang dari Lakers),” ujar Guard Spurs, Gary Neal menilai Lakers tengah dalam performa terbaiknya, seperti dikutip Yahoosports. (ant)

HONDA Accord & All A/T CRV, City,Civic, Fred,Jazz.Bunga 0%, Angs 3jtn, Dp0%. 081219281116 / 92091116

BMW 318i E46 New Model ‘99 AKhir Hitam, Orisinil Cat, AC/Dbl Air Bag / ABS Triptonik VR20 jok Klit, Jual cpt Hub: 94108197/0899001629 Grogol Jakbar G.37991

BMW 318i MNL TH 96 Merah Audio VR17, J. klit, RT/CD, INT+EXT 99% ! TDP 17. 3Jt Ags 25 Jt 90372270 G.37992

FORD All New Escape, Everest, Fiesta R.stk, Bng0% + Bonus akhir tahun. Ford Klp Gading. 4524412-36 G.37801

Escape 3.0 AT 4x4 05 htm j-klt sroof, tgn 1 pjg full ors best cond tdp 41jt ag.4,3jt BRN Auto Whole TC mgg-2:021-26106103 G.37802

Everest 2.5 AT 09 Htm, Tgn 1 dar br, jok kulit, Tv, Km 34.000 Service rcd.08159999019 G.37803

ih mudah menembus pertahanan mereka,” kata mantan pelatih Milan itu sebelum memusatkan perhatian pada penentuan “sudetto” laga sekota dengan Milan pada April. “Pertandingan sekota selalu mendebarkan. Itu amat spektakular dan kami harus memenangkannya,” katanya. Tim urutan ketiga Napoli kelihatannya kehilangan peluang dalam perburuan gelar musim ini, tim Azzurri itu ditahan seri oleh tim papan

bawah Brescia di San Paolo, dimana pelatih Walter Mazzarri dikeluarkan dari ruan tempat duduknya karena melancarkan protes. Di Udine, tembakan penalti babak kedua yang dilancarkan Antonio Di Natale, merupakan gol ke-22 musim ini, membuat Udinese menang 1-0 atas tim papab awah Bari, sehingga mereka berada di urutan keempat di atas Lazio yang akan bertanding lawan Palermo.

Pelatih Francesco Guidolin, yang timnya Udinese kalah dalam empat laga terakhir mereka, mengatakan merupakan hal hebat mereka dapat memenangi pertandingan itu. “Hari ini kami memenangi pertandingan sukar pada musim ini,” kata Guidolin, yang timnya amat mengejutkan mencetak tujuh angka di Palermo minggu lalu. “Bari tidak menyerah tetapi saya punya 25 pemain yang amat memberi harapan saat ini,” katanya. (ant)

MERCEDES B 170 ’06 Gold Champagne, Sevice Rec VR 17,sangat terawatt,spt baru, Hub.0838 70000 870

NISSAN Grandis AT th 2005 Terawat Surat Lengkap, Harga Nego, 08129759499/ 8308495 Ext.680

TOYOTA Alphard Welcabe X 18 Speaker Hitam Ready Stock Hub: 021 99727829, 081289437000

TOYOTA L Cruiser VX 100 Diesel ‘07 CKD Astra (form B) hitam + Harrier 3.0 Airs ‘03 hitam, ist. Manggala Jaya Motor, Jl Biak no 6 (dkt Jl Musi) 3446686, 0812-1888-1888

MOBIL DICARI MAU JUAL MOBIL, Kami Beli Dngan Harga Pntas, Trima Mbil msih kredit, Mau Diover Credit/ Dbyar Cash. 32171580-92926215081381488798 (bsa Sma)

G.37822

G.37870

G.37694

Altis ‘08/09 V A/T Med.Silver kond.istimwa,DP10%,Krd sd 4th 0815.833.9614/0813.1021.7952

G.37807

G.37823

All New March year end promo, Dgn 17jt-an bawa pulang mobil anda,tersedia All New Type. Hub skrg : Jelita 89609992

Accord New Mdl At’07/08 hitam TV,259jt/(tt/k)tebet timur dlm II/ 37A:8305806-0815991977

Benz E 320 NE ’98 Hitam, KM 80rb, Bagus/Istimewa. Hub: 33672542 (Sunter)

G.37705

Corona Absolute 2.0 MT 94/93 meraih tgn 1 dr baru antic mls km dikit,komplit . 081113556

G.37808

G.37824

ISUZU ElF New Facelif 4B (100Ps), 6B(125Ps)DP/bng 0% grts bak/box Kbn Jeruk….:532-1260,93008807 Harmoni….:633-0888,70464640 Kalimalang….:865-6979,865-1201 Mangga Bsr:624-0410,628-2416

MITSUBISHI Grandis 2.4’2005/06 silver tgn1 dr br,tv,jok klt,mls, trwt.Hub: 7278.2222 / 0818.989.270

G.37814

G.37990

Pandev dan Yuto Nagatomo semua terjadi pada babak kedua, menutup gol awal Rodrigo Palacio pada menit ke-40 bagi Genoa, sebelum tim tamu menambah angka akhir melalui Mauro Boselli pada akhir pertandingan. Pelatih Inter Leonardo memberikan komentar usai pertandingan. “Tidak mudah menembus lima orang yang berada di lini pertahanan mereka, tetapi setelah Pazzini menciptakan gol kami menjadi leb-

Benz RS Matic 350 Tahun’05 Hitam, Km.14 Ribu, Cash/Kredit. Hubungi: iD1 Car 0812 865 3761

Panther Gr Touring’2009 bln 8 hitam km 35 rb kond trwt baik 100% ors ownr lgs 08176922920

BMW 318i AT Th’2004 light Green VR19 Baru Kondisi Bgus Siap pakai Jual cpt Mrah hnya 158Jt, Hub: 081388974705 kmplek PCI JT Bening

ROMA - Gebrakan mengesankan pada babak kedua membuat Inter Milan yang sempat kecolongan akhirnya mengukir angka kemenangan 5-2, Minggu waktu setempat, atas Genoa di San Siro sehingga angka mereka terpaut lima poin dari pimpinan klasemen Seri A AC Milan sedangkan Napoli mulai kehilangan peluang musim ini. Dua kali gebrakan Eto’o serta masing-masing satu gol dari Giampaolo Pazzini, Goran

G.37806

G.37988

G.37989

Inter Perpendek Jarak

Accord & All Citi Civic CRV,Fred, Jazz,r.stok.DP0%,angs3jtn,bg 0%+v.cool/TV mbl.bs TT ph. 6129999

BMW 318i 2003 Akhir hitam F. Lift Triptonic, istw- Full Orisinil Jok kulit , VR 18 Crome, Low kmu Body Kit TT/Kredit. 155Jt-Ng BU. 554422268770101 BMW 318i 2003 Silver, sngt trawt, jok kulit istimewah, KF perfection khs pggmr, Jaksel 0818407666

Suluh Indonesia/ap

CETAK GOL – Defender Inter Milan Yuto Nagatomo (tengah) saat mencetak gol bagi timnya ke gawang Genoa dalam lanjutan LIga Serie A Italia di San Siro kemarin.

G.37813

Truck ElF 6/4roda, microbus 16 seat Dmax db/Sgl cab smart, PU,touring,LS LV Euro-2.Discount menarik. PT.Raharja Ekalancar Tlp.021-6266370 / 56941588 G.37815

KIA All Picanto dp.12jt, Travello, Pregio,Bng 0% Bns Assesoris R. Stock Hub.94121218-99937051 G.37816

MAZDA 2 HB/Sedan,6RX8,CX7,CX9&BT 50Unit Ready Penawaran Menarik c/tt/k0817155343/71103402 G.37817

G.37511

Grandis GLS AT’08 Htm S.Pakai Ph.92594480-087878771239 www.pusat mobilebekas.com G.37512

Grandis MIVEC 2.4’07,A/T,Htm, Konds.Mulus 99%,tgn 1,bonus velg 19"-2 pasang,hub:Lee 081281250018,0813-22543396 G.37513

Pajero Sport 2009 Abu2,At,Km 15Rb.Cat Full Ori Hub.02168788839 Wtc Mgg 2 G.37514

New Grandis ’10 paket 2th bunga0%,pajero sport R.stock .hub.083892998544/92259295

G.37818

CX7, CX9, M2,M6,Cuci Gudang. Dapatkan penawaran terbaik disbanding iklan lainnya. HuB: 085901155, Endang 0819.700849 G.37819

RX-8 AT 05 merah tg 1 low km nopil leather VR20 xenon ful orsist DP41jt ag11jtan Magna Mtr 0856 93551029 /021-37288801 G.37820

G.37928

Dijual mbl kjg toyota 2.0 wrn mrh metalik thn 01,stnk baru perpjg,bukond msn ok.hub 021 32421844 G.37929

Alphard 3.0 MZG 06/05 Hitam (kond.spt Mbl Br)100% Full ors km35rb Pke dr Br 085691181541 G.37686

Alphard3.0 MZG Hitam’07,Full Option,km.52ribu,Kond.Bagus. Hub.92859092 / 08989801721 G.37687

G.37688

G.37374

G.37689

Alphard New Mdl’08 slvr tgn1 18 Sticker krey f.box 3camera STNK 1th km4rb Vkool f.Option Mulya mobil 08561978403 G.37690

All New Pajero Sport 4x2AT, DP38jt Bisa Bw Plg Mbl,Hadiah Lsg GPS,V-cool,New Blackberry Bunga 0% selama persedia an msh ada,rady stock bs tukar tambah Hub:08138904 0489, 0818088842

AVANZA angs. 2,5Jt, Inova angs. 3jtan, Vios Tdp 5jtan, Proses Cpt, TT, pasti OK Hub: 23621001,92798238 G.37993

G.37866

All New Pajero Sport Bunga 0% Free Vkool+GPS Ready Stock 02192480600,081389668779

ALPHARD S AUDIOLESS 100% km Avanza G M/T’2008 Silver KM.2300 Spt Baru Hub:Lebak Bulus 2 Ph.70262177 Jaksel

G.37867

G.37731

Colt diesel FE74/12SPS/6ban S.Speed/HD’10 spt Br 197jt dp22jt a7,3x35:5860555,081389552078 G.37868

G.37697

Camry 2.4 Type G Man’2005 Facelift Hitam Mbl Tdk Mengecawakan 168jt nego 0812.13399767 G.37574

Alphard (2.4) ASG’06+05 Silver Jok Kulit Krey KM 20Rb tt/k Trend Mbl 45847430-45843435 Alphard (3.0 MZG06 Pakai’07 Silver+AXL’06 Facelift Htm J Klt 2TV+Camera45846735-4177 G.37571

Alphard ASG 07 Silver 100% Orii Tgn1 HomeTheater 2TV 2Cam 500jt Nego Hub:0817 185 911

New Pajero Diesel’00 Hitam Ors s.roof E.seat heater lkp trwt tdk kcw,stnk baru 081932000722 Pajero Sport Exceed 4.2 Diesel AT 09 Silver KM16RbVR17,j.klt AC Dbl Roofrack jl.Cideng Barat no. 88(PN88) ph.3808786/8232

G.37696

Cygnus 4.7 Facelift ‘01 Hitam 100% antik tgn 1 Cam 3Tv Xenon Km 35rb Hub: 0817 000 2517

G.37570

Alphard ASG’07 silver,h:theater LC Cygnus ‘04 htm,C.box,N,visn Harierr Airs 3.0 ‘04 htm, 3cam Camry 2.4 V AT’07 hitam,J.kulit Avanza S/Yaris J.RJS 6546117

G.37373

G.37375

CX-9,Th 2009,putih.km 14.500 Tgnl,Pjk Panjang,kondisi trwt Pakubuwono VI/7…..725.2333

TOYOTA New Xenia,Terios,Dp hny 8jtan/ang 2jtan,kredit s/d 5th,bng3%, R.Stock ada bonus.Data Dibnt,prsescpt. Hb.91235601,70125700

G.37695

Avanza,Innova,Rush New,Pesan Skrg,Hrg Ngikat Bunga 4,95% Hub:37542000-081398792000 G.37732

Everest Thn 2007 2,5L 4X2 AT hitam, leather set, 70.000 230 jt nego hubungi : 081382382288

MERCEDES A150’06/07Dark Blue,km 30rb Rec,J.Klt,Sgt Trwt,Full Ori int rapibg4,75%68822244/98770594

FTO sport v6 2.0 Mivec AT Tiptronic ‘00 hitam,km15rb antik,simp VR18,Chrom Body Kit,spoiler GT Wing TT/Krd bng 4,75% Jl.Alaydrus No.15 ph 6345911

Alphard Velifire 2.4 Z Burgundy*10, km5rb.2Tv,3Cam,18spk,F.ori 0878.8007.7582/682.10635

G.37804

G.37821

G.37869

G.37693

Altis 1.8 V’08 Matic Wrn Hitam, Kondisi Bersih, Trwt,Kebayoran Lama Hub: 0812 925 3863 G.37572

Altis G VVTI AT 08/09 hitam,99% spt baru VR16,star batok J klt F ors bng 6,5% Jl.Balikpapan PN 15 No.11 ph 3808025/26 G.37573

Camry Q 3.5 08/09 mesium slvr km2000 99% baru TT/K 4240789 0811.970214 Bungur Besar 18

G.37652

G.37994

Landcruiser Diesel VXR AT’97 Intercooler merah Nopol B 8++ mls sgt twrt 338jt nego Hub: Imanda Mobil:021-5534098 / 99

Berani Beli Mobil Harga Bagus Cash & Over Kredit Smua Merk & Type Eropa Japan Korea 02132561795- 0817655348

G.37967

G.37995

LandCruiser VX 100 th 2000 Hitam Sun Roof 3bris Nopil 385jt nego 72791964/ 085881182920

ADA TANGERANG Berani Beli Mobil Dgn Hrg Tinggi Th.90 s/d 2011 BPKB Asli/Duplikat. Mas Tio 021 . 70283933/08128907676 Cimone

G.37968

Landcruiser VX’95 Hijaumet tg 1 pjkpjg istw:70110328-45842640 Prima Blvr Tmr ND.1/21 Klp Gd G.37969

Landcsr Lexus 4,7 new’03pk low km Record astra,Ac digit dbl tnki ful ori tnp cat ulang,smpn antic,Mulya Mtr S-78 Kmyoran G.37970

LC Cygnus 04 Pth mutiara tgn 1 km30rban,ser rec f.ors bestcond TDP.185jt ang.20jt “BRN Auto” Whole TC M-2 # 021-26106103 G.37971

LC Cygnus 4.7 th 2004 hitam Night view, spt br, Radio dlm 16B. 72791964, 085881182920

G.37999

GEMILANG MENYEWAKAN Avanza, APV, Inova Mobil Brsih, Nyaman + Sopir pengaaman Dlm & Luar Kota 0218847395-96168810081514301065

G.37973

VOLVO S40,End03,2000cc,Htm Metalik, FullSpec,Velg19,Mulus Tgn3, Hrg.105 Nego.Ary 0818602525 G.37974

S 60 (2000cc) turbo 2004 matic low km jok elect kulit air bag hitam Hub:0878 7785 0897 BSD G.37975

Innova V Dsl’08 M/t+V’07 m/t+v’06 m/t sgt trwt istw spt br khs Pemakai:0818.07918819

S 90 EXE 1997,Silver,84rb tgn II, antic, Hubungi: 08159998300, 02150530036

G.37647

G.37976

Kijang Innova G’05 Matic,Kaca Vcool,hitam,bensin,pjk pjg,160jt/ Nrgo.Klender.085 888892642

S40 AT Turbo Th’2003 Biru Km 80Rb Hrg 83jt (TP) Hub: 92990995 Jtbening

G.37649

G.37977

G.37650

G.37998

PODO ASRI MANDIRI 94904204/ 73454088/71436262 SW : Inova, Avanza, Xenia, Apv, Grand mx, Lgx, Pu, Mercy Hrian, Blnan, Lps kunci Wding Trm Ttpn

G.37972

G.37575

Kijang LX Diesel’03 New Model Silver,H:104jt Vrac,TV,DVD Pwr ster Hub:92764747/0817151825

G.37997

*DISEWAKAN KHSS ISUZU ELF 2009* 10 & 15 Seat Charter Dalam/ Luar Kota antar Jmput Kayawan Hub : 08129204249/9255321

LC Cygnus AT01 hijau VR16 Jklt Eseat Sroof, Heater, Hidraulic coolbox bng 4,75% Jl. Balikpapan PN15 no11 ph3808025/6 Mg bk

Innova E Diesel 2008, Abu Tua, Tangan 1. Call:081398565539 G.37645

G.37996

MOBIL DISEWAKAN ADELIA RENT CAR 0813.1549.3122 Inova, Panter, Avanza, Xenia, 250rb/ hri, Luar Kota 350rb/hri, Supir MUSLIM Pengalaman

S60 2.3T. Tahun 2004 Aug,Black Int.Beige. Km 63rb. Terawat. Hub. 0815 1070 8188

G.38000

PUSAT RENTAL MOBIL, LGX, Inova, Avanza, Xenia, Apv, DLL.12 jam+Sopir Mli 250rb. Lpas knci 3,7Jt/bln, Zero Rent7812159,94444401, 71046747 G.38001

.CHEAP CAR RENTL-AVL New Kjg Inv,Avnz,Lux,APV,Pregio,Elf,Wedding Car Best Price&Srvc 70719830/ 08158811889 Get Free G.37925

ELSHA “RENT CAR” Menywkn Apv, Avanza,Inova,Mbl Brsh Nymn+Sopir Dlm&Luar Kta.02196358027-84996306081310673454-085697971950 G.37926

AUTO69.DK 250rb/hr,LK350rb/hr APV Arena,Lxury,Xnia,Luxio,Avnz,Trios,Inva,G.Lvna Pkt 350rb/6jm+BBM,70365359/9980 2562 G.37927

G.37978

Kijang PU’06 Hitam Siap Pakai 84,5jt (Nego) C/K Jl.Palapa I No.13 Kedoya JB:5804264/66

S80 2.3T ‘2005 tgn 1 dr baru low KM j-kulit pjk ojg ban baru antic jarang ada full ors DP.42jt angs.5,7jt Hub:021-97822067

PERLENGK. OTOMOTIF Sedia embos u/pbrk ban,gum radial, expt ke Pireli, u k: 30, T:68821350,E: rosalinda77@kimo.com

G.37651

G.37979

G.37704


Nasi nal

Suluh Indonesia, Selasa 8 Maret 2011

8

Pemprov Bali

Data Jalan Rusak DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali masih mendata ruas jalan yang rusak agar dalam anggaran APBD tahun 2012 dialokasikan dana perbaikan, sehingga tak ada lagi jalan provinsi yang rusak. ‘’Gubernur Bali sudah memerintah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mendata ruas jalan yang ditangani provinsi. Berapa panjangnya yang rusak dan berapa dana yang dibutuhkan agar bisa disiapkan untuk anggaran tahun 2012,” kata Kabag Publikasi dan Dokumentasi Pemprov Bali Ketut Teneng di Denpasar, kemarin. Menurut Teneng, Pemprov Bali belum mengantongi data jalan yang rusak, sehingga belum bisa merinci berapa anggaran yang dibutuhkan. Apalagi, kata dia, ruas jalan yang ditangani provinsi cukup panjang dan perlu koordinasi dengan kabupaten/kota di Bali untuk membahas mana jalan

provinsi dan jalan kabupaten. ‘’Kalau Pemprov Bali sudah memiliki data lengkap terkait jalan rusak yang ditangani Provinsi Bali, baru akan bertemu dengan bupati dan wali kota,” katanya. Ia mengatakan, tahun 2012 jalan-jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Bali akan diperbaiki supaya tidak ada lagi jalan yang rusak. Namun, perbaikan ruas jalan yang rusak maupun pemeliharaan akan dilakukan sekala prioritas, sehingga tidak ada lagi ruas jalan yang rusak. ‘’Gubernur Mangku Pastika berharap agar ruas jalan rusak yang ditangani Provinsi Bali untuk ke depannya tidak ada lagi yang rusak,” ujarnya. Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PU Bali I Ketut Artika mengatakan, panjang jalan yang ditangani Pemprov Bali mencapai 860,53 kilometer. (kmb)

Korban Lapindo Tutup

Jalan Porong-Gempol Suluh Indonesia/ant

SIDOARJO - Puluhan korban lumpur Lapindo di luar peta terdampak asal Besuki, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, menggelar demonstrasi (demo) dengan menutup jalur alternatif Porong-Gempol. Salah seorang perwakilan warga M Ali mengatakan warga terpaksa melakukan demonstrasi karena sudah kesal dengan janji-janji pemerintah yang tidak serius menyelesaikan dampak semburan lumpur Lapindo itu. ‘’Kami meminta kepada pemerintah untuk serius dalam menyelesaikan masalah dampak semburan lumpur Lapindo, khususnya bagi warga yang berada di luar peta terdampak,” katanya. Ia mengemukakan, semburan lumpur ini sudah hampir lima tahun menghantui warga Sidoarjo yang tinggal di kawasan Porong, Jabon, dan Tanggulangin. ‘’Namun hing-

ga saat ini masalah lumpur itu terus berlangsung dan belum terselesaikan,” katanya. Menurut dia, aksi yang dilakukan oleh warga itu merupakan tindakan spontanitas supaya masyarakat luas tahu kalau persoalan luapan lumpur Lapindo masih belum terselesaikan sejak 29 Mei 2006. Dalam aksinya, warga juga membawa batu dan membentangkan batang bambu yang digunakaan menutup jalur alternatif di kawasan Besuki. Warga juga mengancam akan mendatangkan massa yang lebih banyak jika tuntutannya tidak segera dituruti oleh pemerintah. Akibat aksi ini, sejumlah kendaraan yang melintas di jalur alternatif Porong - Gempol terpaksa terjebak dalam kemacetan dan harus melakukan putar balik. Namun, demo warga itu berjalan tertib hingga mereka membubarkan diri. (ant)

TANGGUL JEBOL - Sejumlah kendaraan melintas melewati banjir di Desa Kalibuntu, Kecamatan Losari, Brebes, Jateng, kemarin. Banjir setinggi 30 Cm - 1,5 meter tersebut diakibatkan tanggul sungai Cisangarung yang jebol, sehingga mengakibatkan sebanyak 2.220 rumah di 5 desa dan 212 Ha sawah terendam air.

Di Jawa Barat

794 Ibu Tewas Melahirkan BANDUNG - Sebanyak 794 perempuan di Jabar tewas saat melahirkan akibat mengalami pendarahan dan mengidap hipertensi. ‘’Meski angka kematian itu menurun dibandingkan 2009, namun tetap menjadi pekerjaan rumah karena masih tinggi,” kata Kabid Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Jabar, Niken Budisastuti di sela-sela Seminar Kependudukan dan KB di Bandung, kemarin. Niken menyebutkan, jumlah

ibu yang melahirkan pada 2010 di Jabar sebanyak 685.274 orang, sebanyak 794 orang ibu diantaranya meninggal dunia baik itu saat kehamilan, melahirkan maupun masa nifas. Sedangkan kematian ibu saat melahirkan pada 2009 sebanyak 814 orang. Penyebab utama kematian ibu melahirkan di Jabar, kata dia adalah pendarahan dan hipertensi. Selain itu terdapat pula kasus akibat penanganan yang tidak melibatkan tenaga medis. ‘’Kelahi-

ran hanya dengan paraji atau dukun beranak sangat berisiko, dan sebagian besar menjadi pemicu lambatnya pertolongan kepada ibu melahirkan di saat masa kritis,” katanya. Puskesmas Desa Ia menyebutkan, pemicu kerawanan saat melahirkan juga akibat hamil usia muda atau terlalu tua, jaran kelahiran yerlalu pendek dan kurangnya pemeriksaan kondisi kehamilan. Untuk menekan angka ke-

Riau

Rusak Fasilitas Umum

kabupaten/kota di Riau hanya Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu yang tidak dijumpai virus tersebut. ‘’Dari tahun ke tahun, virus ini banyak terjadi pada musimmusim penghujan karena lembab dan bisa berkembang biak dengan cepat,” kata dia. Meskipun demikian, lanjutnya, hingga saat ini belum ditemukan kematian pada manusia. ‘’Berbagai upaya dilakukan seperti melakukan langkah partisipator dan pemberdayaan pada masyarakat. Sejak 2008 lalu, ada petugas partisipator yang mendeteksi secara dini dimana kasus berada dan direspon dengan cepat,” jelasnya. Ia juga meminta masyarakat tetap mewaspadai bahaya virus flu burung dari unggas, karena ancamannya masih cukup besar. Selain di Riau, Provinsi Sumattra Barat kini juga diserang flu burung. (ant)

APV Vs Truk

Tiga Orang Tewas TEMANGGUNG - Tabrakan truk bermuatan cabai dengan minibus Suzuki APV di jalur Parakan-Kendal di depan SPBU Ngadirejo Temanggung, Jawa Tengah, Senin pagi, mengakibatkan tiga orang tewas dan empat korban luka. Ketiga korban tewas adalah penumpang dan sopir Suzuki APV warga Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, yakni Slamet (60), sopir Suzuki APV Suharjo (50), keduanya saat ini berada di PKU Muhammadiyah Parakan dan Diah Retno Wahyu Rukmini (58) di RSK Ngesti Waluyo Parakan. Empat korban luka, yakni sopir truk, Rahmat Ihsan (27) warga Salaman, Kabupaten Magelang, penumpang Suzuki APV Yeni Novita (37), Antariksa Lutfi (7), dan Galih (25). Truk itu AB 8024 AK. Rahmat yang mengalami patah tulang paha kanan kini menjalani perwawatan di PKU

Muhammadiyah, sedangkan tiga korban luka-luka lainnya dirawat di RSK Ngesti Waluyo. Menurut Rahmat peristiwa terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Kejadian berawal saat kendaraannya melaju dari arah Parakan menuju Jakarta berpapasan dengan sebuah bus dari arah Kendal di depan SPBU Ngadirejo. Namun mobil APV nomor polisi AB 1805 PF di belakang bus tersebut tiba-tiba nyelonong ke kanan sehingga tabrakan tidak terelakkan. ‘’Saya sudah berusaha menghindar ke kiri, tetapi tabrakan masih terjadi. Kemungkinan sopir APV mengantuk karena posisinya tidak akan mendahului kendaraan lain tetapi tiba-tiba nyelonong ke kanan,” katanya. Upaya evakuasi terhadap sopir APV berjalan cukup lama karena terjepit oleh badan mobil yang ringsek. (ant)

kelahiran. Pemprov Jabar sendiri telah berupaya mencetak sebanyak 2.000 bidan desa sejak 2009 yang selanjutnya akan di sebar ke daerah asal masing-masing. ‘’Paraji dilibatkan terutama pascakelahiran, mereka terus diberi pengetahuan tentang kebersihan dan standar penanganan kelahiran yang aman. Kelahiran tetap harus dilakukan oleh bidan,” kata Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Jabar itu menambahkan. (ant)

Banjir Bandang di Jember

KLB Flu Burung PEKANBARU - Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Riau, Sri Mulyati, mengatakan saat ini kondisi Riau waspada flu burung. ‘’Sepanjang tahun ini terdapat 31 kasus di 29 desa yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Riau,” kata Sri di Pekanbaru, kemarin. Dari 31 kasus tersebut terdapat 750 ekor unggas yang mati mendadak dan positif terkena virus H5N1 atau flu burung. Dimana kasus tertinggi di Pekanbaru yang mencapai 301 unggas yang mati. Dijelaskannya, pada Januari lalu terdapat 17 ekor unggas yang mati mendadak di dua desa yakni Kandis dan Kerinci. Kemudian pada Februari meningkat menjadi 540 ekor dengan 23 kasus di 22 desa. ‘’Dan pada Maret ini terjadi 6 kasus di 6 desa yang menewaskan 193 ekor unggas.” kata dia. Ia menyebutkan, dari 12

matian ibu, Dinas Kesehatan Jabar membangun sebanyak 87 Puskesmas Poned atau yang dilengkapi dengan fasilitas penanganan persalinan. ‘’Persalinan wajib didampingi oleh petugas medis, salah satunya melengkapi dengan Puskesmas Poned di daerah, termasuk menempatkan bidan di Puskesmas desa,” kata Niken. Terkait pemberdayaan paraji atau dukun beranak, kata Niken sebagai pendamping petugas bidan saat proses

Suluh Indonesia/ant

HASHIS - Dua Polisi mengkawal warga negara Prancis, CL yang menjadi tersangka sindikat narkoba di Polda Bali, Denpasar, Bali, kemarin. CL ditangkap saat membawa hashis 2,01 gram.

JEMBER - Sejumlah fasilitas umum di Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur, rusak, akibat banjir bandang yang terjadi di kawasan setempat. Kepala Desa Pakis, Zaini, Senin mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap kerusakan sejumlah fasilitas umum seperti jalan yang terputus, pipa saluran air bersih, dan jembatan darurat yang menghubungkan dua dusun. ‘’Jalan yang rusak dan terputus sepanjang 300 meter, pipa saluran air bersih rusak sepanjang 400 meter, dan jembatan darurat yang rusak sepanjang 15 meter,” paparnya. Banjir bandang menerjang empat dusun di Desa Pakis yakni Dusun Cempaka, Pakis Utara, Kemundungan, dan Gluduk, pada Jumat (4/ 3) malam, sehingga menyebabkan sedikitnya 50 rumah warga terendam banjir bercampur lumpur dan satu rumah rusak parah. Akses jalan yang menghubungkan Dusun Cempaka dan Dusun Pakis Utara, Desa Pakis, juga terputus, sehingga aktivitas warga terganggu. Bahkan, sejumlah

siswa tidak bisa sekolah akibat terputusnya akses jalan tersebut. Menurut Zaini, pihaknya akan menyampaikan data kerusakan tersebut kepada Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Jember, namun perangkat desa belum bisa memastikan berapa total kerugian akibat banjir bandang tersebut. Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Pakis, Mahruf, mengatakan rusaknya saluran air bersih menyebabkan sebagian warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. ‘’Kami mencatat sedikitnya ada lima titik saluran air bersih yang rusak, sehingga warga harus berjalan agak jauh untuk mendapatkan pasokan air bersih,” tuturnya. Ia berharap pemerintah desa setempat segera memperbaiki pipa saluran air bersih dan sejumlah fasilitas umum lainnya. Secara terpisah, Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi mengatakan, akan memanggil sejumlah pihak terkait dengan penanganan banjir. (ant)

Bule Selundupkan Narkoba Dalam Perut SEORANG bule, Tina Rasmussen (37), wanita berkebangsaan Denmark yang mencoba menyelundupkan narkoba jenis hasish yang tersimpan dalam perutnya, ditangkap pihak Polda Bali dalam suatu penyergapan. Direktur Narkoba Polda Bali Kombes Pol Mulyadi, di Denpasar, kemarin mengatakan, petugas yang mendapat informasi, berhasil menangkap Tina yang baru turun dari pesawat dan keluar dari pintu kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai Bali pada Kamis (3/3) lalu. Didampingi Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Gde

Sugianyar, Kombes Mulyadi menyebutkan, selain menangkap Rasmussen, pihaknya juga menangkan CL (38), pria asal Prancis yang diduga kenal dekat dengan bule wanita asal Denmark itu. Dari Rasmussen petugas menyita sebanyak 23 kapsul berisi narkoba jenis hasish seberat 218,23 gram, yang sebelumnya tersimpan dalam perut

saat dia berhasil lolos keluar dari pintu Bandara Ngurai Rai, ucapnya. Dirnarkoba menjelaskan, yang pertama kali berhasil ditangkap ialah Rasmussen, kemudian baru menyusul diringkus CL yang diduga teman dekat dari wanita si penyelundup barang terlarang itu. Menurut Mulyadi, penangkapan atas Rasmussen merupakan hasil koordinasi Polda Bali dengan petugas interpol yang menginformasikan adanya wanita bule berangkan dari India dan singgah di Thailand yang diduga kuat membawa narkoba menuju Bali. Dari informasi itu, petugas

yang melakukan pencegatan di halaman parkir Bandara Ngurah Rai langsung melakukan penyergapan dan penangkapan terhadap wanita yang memiliki ciri-ciri tubuh seperti yang disampaikan oleh pihak interpol tersebut. ‘’Dari barang yang dia bawa, kami tidak menemukan narkoba. Namun petugas yang menaruh curiga, akhirnya membawa yang bersangkutan untuk menjalani pemeriksaan dengan perangkat deteksi khusus atau rontgen ke Rumah Sakit BIMC Kuta,” ucapnya. Ternyata benar, lanjut dirnarkoba, perangkat di rumah sakit tersebut berhasil “mem-

baca” bahwa di dalam rongga badan di bagian perut Rasmussen terdapat sejumlah benda anek berbentuk kapsus. Mengetahui itu, petugas kemudian menggiring tersangka ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata ada dugaan kuat bahwa kapsul yang berada dalam perut Rasmussen berisi serbuk narkoba. Untuk lebih memastikannya, petugas medis setempat memberi obat pelarut untuk mengeluarkan kapsulkapsul tersebut lewat anus tersangka. ‘’Dari perut tersangka berhasil dikeluarkan 23 butir kapsul,’’ katanya. (kmb)

Edisi 08 Maret 2011 | Suluh Indonesia  

Headline : PDIP Desak SBY Segera Reshuffle

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you