Page 1

16 HALAMAN

NOMOR 256 TAHUN KE 70

Online :http://www.balipost.co.id http://www.balipost.com E-mail: balipost@indo.net.id

terbit sejak 16 agustus 1948 perintis: k. nadha HARGA LANGGANAN Rp 90.000 ECERAN Rp 4.000

balipost (170 rb Like) http://facebook.com/balipost

Pengemban Pengamal Pancasila

KAMIS PAING, 17 mei 2018

@balipostcom (6.000 Follower) http://twitter.com/balipostcom

@balipost_com http://instagram.com/balipostcom

TELEPON: Iklan/Redaksi/Sirkulasi (0361) 225764, 233801 Faksimile: 227418

Koster Siapkan Solusi Penuhi Kuatkan Desa Pakraman sebagai Kebutuhan Air Bersih di Kintamani Pilar Utama Pariwisata Bali Tiga Desa di Kintamani Bertekad Menangkan Koster-Ace 95 Persen Suara Alasan Mantra-Kerta Bantu Desa Pakraman Rp 500 Juta (2)

Calon Gubernur Bali nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra). TIDAK dapat disangkal bahwa perekonomian Bali berporos pada industri pariwisata budaya. Adapun inti dari pariwisata budaya adalah tradisi yang berakar dan berkembang di desa

pakraman. Tradisi tersebut memancar dalam berbagai ekspresi yang selanjutnya menjadi daya tarik pariwisata Bali. ‘’Oleh karenanya keberadaan desa pakraman harus terus dijaga

dengan berbagai upaya pelestarian, pemeliharaan, dan revitalisasi. Untuk itu diperlukan dana yang memadai dan itulah yang menjadi alasan Mantra-Kerta mengalokasikan dana masingmasing sebesar Rp 500 juta per tahun bagi desa pekraman,’’ ujar Calon Gubernur Bali nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, di Denpasar, Rabu (16/5) kemarin. Menurut cagub yang berpasangan dengan cawagub I Ketut Sudikerta itu, berbagai pertimbangan dan kajian yang telah dibaca dan dicermati membuat pihaknya dengan mantap merencanakan alokasi anggaran sebesar Rp 500 juta kepada desa pakraman jika rakyat Bali mempercayai Mantra-Kerta untuk memimpin Bali lima tahun mendatang. Hal. 15 Secara Cermat

CALON Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster, Rabu (16/5) kemarin menggelar simakrama dengan ratusan warga Desa Abangsongan, Kintamani, Bangli. Simakrama bertempat di balai banjar setempat. Hadir pada kesempatan itu Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Dewan Pertimbangan PDI Perjuangan Kabupaten Bangli Made Gianyar, jajaran Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bangli dan sejumlah tokoh masyarakat. Simakrama kali ini dihadiri sekitar 500 warga tiga desa di Kecamatan Kintamani. Adapun ketiga desa itu adalah Desa Abangsongan, Abang Batu Dinding dan Abang Suter. Hal. 15 Paling Tepat

Bali Post/kmb

SIMAKRAMA - Calon Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster, Rabu (16/5) kemarin menggelar simakrama dengan ratusan warga Desa Abangsongan, Kintamani, Bangli.

Polda Riau Diserang

LIMA TEWAS, SATU POLISI Pekanbaru (Bali Post) – Serangan teroris di Polda Riau, Rabu (16/5) pagi kemarin, berbeda dengan penyerangan Polrestabes Surabaya. Mereka tak lagi menggunakan bom, tetapi senjata tajam. Awalnya mereka menabrakkan mobil Avanza yang ditumpangi pelaku ke polisi. Sejurus kemudian, mereka turun lalu menyabet anggota polisi yang berjaga. Akibatnya dua polisi luka-luka dan satu meninggal. Aksi itu langsung dibalas. Polisi melakukan penembakan. Empat anggota teroris tewas di tempat. Sementara seorang lagi melarikan diri.

Pascapenembakan, Tim Jihandak Gegana Satuan Brimob Polda Riau memeriksa mobil Avanza yang digunakan para terduga pelaku teroris. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati serta mendapat pengawalan ketat dari personel Polda Riau bersenjata lengkap laras panjang. Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Sunarto mengatakan tim Jihandak masih menyelidiki isi dari mobil tersebut. Polisi juga sempat menemukan kabel berikut sebuah kotak. Namun, Sunarto mengatakan belum dapat dipastikan apakah benda itu sebagai bahan peledak. ‘’Dari pemeriksaan ada rangkaian kabel, ada kotak kosong. Masih didalami,’’ ujarnya. Begitu juga terkait informasi adanya seorang terduga teroris yang mengenakan pelindung tubuh, dia mengatakan masih didalami petugas. Terduga teroris yang mengenakan pelindung tubuh tersebut merupakan satu dari empat terduga teroris yang tewas ditembak polisi. Bedanya, jasad terduga teroris itu masih berada di halaman Mapolda Riau, sementara tiga teroris yang tewas telah dibawa ke RS Bhayangkara. (ant)

Bali Post/ant

PELAKU TEROR - Mobil minibus yang digunakan pelaku teror dalam kondisi rusak di depan pintu masuk Polda Riau, di Pekanbaru, Riau, Rabu (16/5) kemarin.

Tindak Teroris, Polri Libatkan Kopassus Jakarta (Bali Post) – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia melibatkan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI guna menindak jaringan teroris yang telah menebar sejumlah aksi teror di Indonesia. ‘’Kopassus sudah ikut masuk,’’ kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto, Rabu (16/5) kemarin. Ia menegaskan, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian telah menyampaikan keterlibatan Kopassus untuk menindak jaringan teroris. Setyo menuturkan, Brimob Polri telah bekerja sama dengan Kopassus untuk pengamanan saat penggerebekan jaringan teroris di tempat kejadian perkara. Sebelumnya, Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko menyampaikan tentang rencana menggerakkan kembali pasukan elite TNI Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) dari matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara guna menanggulangi tindak kejahatan terorisme. ‘’Saya sudah laporkan kepada Presiden Joko Widodo kemarin, dan beliau tertarik. Nanti kita akan bicarakan dengan Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto),’’ tutur Moeldoko. Koopssusgab TNI pernah dibentuk oleh Moeldoko saat menjabat Panglima TNI pada 2015, untuk menghadapi persoalan penanggulangan terorisme di Indonesia. Koopssusgab terdiri atas 90 prajurit terbaik dari Kopassus, Denjaka AL, dan Paskhas AU. (ant)

Aksi Teroris

Dari Bacok Kaling hingga Tebas Polisi

Bali Post/ant

DIJAGA KETAT - Suasana di lokasi penyerangan di jalan pintu masuk Polda Riau di Pekanbaru, Riau, Rabu (16/5) kemarin. Pascapenyerangan Mapolda dijaga ketat.

TIDAK hanya meledakkan bom, teroris di Indonesia juga menggunakan cara-cara konvensional. Menusuk dengan senjata tajam salah satunya. Seperti dialami Athan Syafii, Kepala Lingkungan (Kaling) IV Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai. Ia dibacok terduga teroris yang berdomisili di lingkungannya. Peristiwa itu terjadi Selasa (15/5) ketika Athan Syafii bersama petugas Densus 88 dan Brimob mendatangi sebuah rumah yang dihuni kelompok terduga teroris. Saat mengetuk pintu, secara mendadak seorang pria yang membuka pintu langsung menyerang Athan dengan menggunakan golok. Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai membenarkan bahwa Densus 88 berhasil mengamankan tujuh terduga teroris. Terkait data teroris itu, dengan alasan bukan kewenangannya, Kapolres menolak memberikan keterangan. Sementara aksi serupa juga terjadi di Markas Kepolisian Daerah Riau. Dua orang polisi mengalami luka-luka setelah disabet pedang oleh teroris. Sementara satu petugas meninggal setelah ditabrak mobil pelaku. Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Sunarto mengatakan, personel yang meninggal bernama Ipda Auzar. Korban meninggal setelah ditabrak mobil yang digunakan teroris saat melancarkan aksinya di Mapolda Riau. ‘’Anggota kita satu orang tertabrak dan akhirnya meninggal dunia atas nama Ipda Auzar,’’ kata Sunarto. Selain seorang polisi meninggal dunia, dua personel polisi lainnya, Brigadir John Hendrik dan Kompol Farid Abdullah, mengalami luka akibat tebasan senjata tajam pada bagian jari tangan dan bagian kepala. Seperti diketahui, Polda Riau diserang teroris menggunakan mobil jenis minibus Avanza pada Rabu (16/5) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Penyerangan dilakukan sesaat sebelum Kapolda Riau Irjen Pol. Nandang menggelar konferensi pers pengungkapan sabu-sabu. (ant)

’’Smart Desa’’, Duda Timur Raih Tiga Penghargaan MURI

Bupati Mas Dorong Perbekel Lebih Inovatif UNTUK memudahkan pemetaan potensi desa, kepentingan administrasi kependudukan dan program pengentasan kemiskinan, awal Februari 2018 lalu Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem membangun sistem informasi publik yang dilabeli program ‘’Smart Desa’’ (Desa Cerdas). Program itu memanfaatkan teknologi informasi yaitu sebuah program memanfaatkan aplikasi android. Walau belum lama beroperasi, inovasi itu mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang Rabu (16/5) kemarin menganugerahkan tiga penghargaan untuk desa di radius 12 km dari puncak Gunung Agung tersebut. Dua penghargaan diberikan kepada Desa Duda Timur yaitu untuk kategori desa pertama yang menerapkan aplikasi smart desa dan kategori desa pertama yang menggunakan aplikasi kependudukan secara online. Penghargaan ketiga diberikan kepada Perkebel I Gede Pawana dalam kategori penggagas aplikasi smart desa. Penghargaan diserahkan Senior Manager MURI Jusuf Ngadri di Objek Wisata Putung, Banjar Wates Kangin, Duda Timur.

Penyerahan penghargaan dihadiri Bupati IGA Mas Sumatri, Wabup Wayan Artha Dipa, Sekda Gede Adnya Mulyadi, unsur Forkompinda, anggota DPRD Karangasem Wayan Swastika dan Wayan Suparta, anggota DPRD Bali Ni Made Darmini, anggota Komisi X DPR Putu Supadma Rudana, para perbekel dan camat, kepala OPD serta Direktur PT Saebo Technology Sonny Kastara Daniswara selaku penyedia aplikasi. Melalui aplikasi smart desa, Desa Duda

Timur memiliki aplikasi khusus yang sangat mendukung program kependudukan. Disebut aplikasi tanpa jaringan internet karena proses pendataan dan pemetaannya memang tak membutuhkan jaringan internet, tetapi menggunakan teknologi khusus yang memungkinkan data dari surveyor terekem ke server langsung dari titik pendataan. Jaringan internet baru dibutuhkan ketika masyarakat ingin mengakses data dalam aplikasi tersebut. ‘’Saat itu aplikasi sudah diunduh sekitar 25 persen warga. Untuk kepala wilayah (kadus) yang sembilan orang, sudah semuanya,’’ terang Ketua LPM Duda Timur I Ketut Antara. Perbekel Gede Pawana mengatakan, ide menerapkan aplikasi smart desa didasari pada kenyataan bahwa saat ini proses pendataan penduduk belum terlaksana secara mantap karena beragam persoalan. Selain itu juga didasari keinginan untuk menyebarluaskan potensi desa, baik potensi alam maupun sumber daya manusia dan industri kecil menengah kepada publik. Hal. 15 Sangat Membantu

MURI - Penyerahan penghargaan MURI program Smart Desa untuk Desa Duda Timur di Objek Wisata Putung, Banjar Wates Kangin, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem.


denpasar

2

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Dishub Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Pengiriman Material Pasar Badung Dilakukan Malam Hari Denpasar (Bali Post) –

Proyek pembangunan Pasar Badung tahap II sedang berlangsung. Artinya, pengiriman material kembali dilakukan. Mengingat lokasi proyek berada di jalur padat lalu lintas, maka Dinas Perhubungan (Dishub) Denpasar meminta agar pengiriman material dilakukan pada malam hari. Plt. Kepala Dishub Denpasar Wayan Lemesnawa mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan Pasar Badung agar bisa berjalan lancar. Oleh karena itu, pihaknya yang memiliki kewenangan dalam pengaturan lalu lintas, telah meminta kepada pelaksana proyek untuk melakukan koordinasi dalam hal pengiriman material. “Kami meminta agar armada yang mengangkut material bisa dilakukan malam hari,” kata Lemesnawa, Rabu (16/5) kemarin. Menurut Lemesnawa, hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kemacetan di Jalan Gajah Mada.

Pasalnya, jalur tersebut pada siang hari selalu ramai. Bila masuk kendaraan besar, maka akan menambah krodit kawasan tersebut. Untuk itu, pengaturan waktu pengiriman material sangat penting. “Apabila material tiba di Denpasar pada siang hari, bisa diparkir sementara di Terminal Ubung. Saat sudah malam, baru material bisa masuk ke proyek,” katanya mengingatkan. Bukan hanya itu, Dishub juga siap melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar pengiriman material. “Kami akan siapkan beberapa rekayasa lalin

untuk kelancaran arus saat material masuk ke proyek,” jelasnya. Terhadap usulan ini, Proyek Manajer Pasar Badung PT Nindya Karya, Iwan, menyatakan siap untuk melakukan koordinasi. Pihaknya akan mendukung apa yang terbaik untuk kelancaran proyek yang digarapnya tersebut. “Kami akan selalu berkoordinasi dengan Dishub Denpasar nanti,” katanya. (kmb12) Berita ini bisa dikomentari pada acara Citra Bali Radio Global FM FM 96,5 Pukul 08.00 - 09.30 wita. Hubungi telepon 0361-7400391

figur Tembak di Tempat RENTETAN aksi teror bom dan penyerangan ke kantor polisi membuat Polresta Denpasar lebih waspada. Selain memperketat penjagaan, anggota yang bertugas di pintu masuk harus membawa senjata lengkap, mengenakan rompi antipeluru dan helm khusus. “Kalau terjadi penyerangan, langsung tembak di tempat. Saya ulangi, tembak di tempat. Keputusan sepenuhnya diserahkan kepada anggota di lapangan. Jangan menunggu perintah pimpinan lagi, langsung lakukan tembak di tempat,” tegas Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo, Rabu (16/5) kemarin. Kapolresta juga mengucapkan turut berdukacita atas kejadian di Polda Riau. “Kejadiannya tadi pagi (kemarin-red) pukul 08.30 WIB. Penyerangan oleh teroris ke Polda Riau, di mana satu anggota kena tusuk dan meninggal. Pihak teroris tiga tewas, satu luka,” ujarnya. Mantan Kapolres Gianyar ini juga memerintahkan kepada seluruh anggotanya agar lebih waspada dan antisipasi hal-hal mencurigakan. Selain itu, untuk kegiatan di tempat keramaian khususnya malam hari, ada penambahan kekuatan, khusus di Kuta, Sanur dan Kuta Selatan). Ia berharap, jangan sampai kunjungan wisatawan terganggu. “Sejauh ini Bali masih aman dan kondusif. Mudah-mudahan, tetap kondusif,” tandasnya. (rah)

Dipecat, jika Anggota Kodim Pakai Narkoba Denpasar (Bali Post) Sebagai upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkoba, Kodim 1611/ Badung rutin melaksanakan tes urine dan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Rabu (16/5) kemarin, Kodim Badung melaksanakan tes urine dan sosialisasi P4GN Triwulan II tahun 2018 bersinergi dengan BNNK Denpasar. “Kalau sampai pakai narkoba, ancamannya dipecat. Ini sudah menjadi komitmen pimpinan TNI-AD. Jadi, saya mengimbau agar jangan sekalikali menggunakan narkoba. Beri tahu juga keluarga dan tetangganya,” Dandim 1611/Badung Letkol Inf. Handoko Yudho Wibowo. Saat memberi sambutan dalam acara tersebut, Dandim Handoko menegaskan, bahaya narkoba dapat merusak generasi muda bangsa.

Saat ini, Indonesia dalam kondisi darurat narkoba. Meskipun pelaku dan bandar narkoba telah dijatuhi hukuman mati, tapi belum membuat para pelaku jera. Narkoba bisa menjerat siapa saja, baik masyarakat sipil maupun prajurit TNI dan keluarga besar TNI. “Narkoba adalah salah satu musuh utama prajurit, karena narkoba akan dapat merusak karier dan kehidupan prajurit dan keluarganya. Kita tahu bahwa sasaran dari peredaran narkoba tidak pandang bulu dan usia, kaya dan miskin, pejabat atau bukan sehingga dapat memasuki siapa saja,” tegasnya. Penyuluhan ini dilaksanakan untuk menjelaskan bahaya penggunaan narkoba, memahami gejala orang kecanduan serta mampu memberikan penjelasan tentang bahaya narkoba. Selain itu agar mampu memberikan

penjelasan tentang bahaya narkoba dan mengambil langkah-langkah yang tepat, cepat dan benar kepada anggota serta keluarga besar TNI. “Tujuan kegiatan ini agar anggota TNI dan PNS terhindar dari narkoba. Kalau pakai narkoba, pasti ketahuan dan ujungujungnya dipecat. Terus kalau dipecat, anak istri mau makan apa? Program ini perintah pimpinan atas untuk menjauhi narkoba,” ungkap Dandim. Sementara Kepala BNNK Denpasar AKBP I Wayan Gede Suwahyu mengatakan, pola penanganan narkoba di TNI-AD sangat strategis. “Kami mengapresiasi karena jika (anggota - red) terlibat langsung dipecat,” tegasnya. Menurut Suwahyu, prevalensi pengguna narkoba di Bali menurun. Ia berharap dengan keterlibatan anggota Kodim Badung ikut menerangi narkoba, penyalah guna barang terlarang ini semakin menurun. (kmb36)

Katos Dibui Enam Tahun Denpasar (Bali Post) I Gede Juni Antara alias Katos, terdakwa kasus narkoba hingga turut menjerat Jro Komang Gde Swastika alias Jro Jangol masuk bui, Rabu (16/5) kemarin dihukum enam tahun penjara. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar yang diketuai I Gde Ginarsa mengatakan, Katos terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana permufakatan

jahat tindak pidana narkotika dan prekusor narkotika. Yakni, tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan satu. Selain dibui selama enam tahun, terdakwa juga didenda Rp 1 miliar subsider empat bulan kurungan. Terdakwa dalam perkara ini dinyatakan bersalah dalam dakwaan alternatif per-

tama, yakni melanggar Pasal 114 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Hukuman yang diterima Katos ini masih lebih rendah daripada tuntutan jaksa. JPU Made Lovi Pusnawan menuntut supaya terdakwa dihukum delapan tahun penjara. Atas putusan itu, Katos langsung menerimanya. Begitu juga pihak kejaksaan selaku penuntut. (kmb37)

Tak Terdaftar di DPT

Masyarakat Tetap Bisa Salurkan Hak Pilih

Bali Post/kmb32

SOSIALISASI - Kegiatan sosialisasi Pilgub Bali 2018 kepada tokoh adat dan agama yang digelar KPU Bali, Rabu (16/5) kemarin. Denpasar (Bali Post) Masyarakat Bali yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), masih bisa menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali 2018 mendatang. Di hari H pencoblosan, cukup datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pukul 12.00 Wita sambil membawa e-KTP atau surat keterangan sudah melakukan perekaman e-KTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

081 337 032 965, (0361) 819446

FM 96,5

Topik : Penindakan Penunggak PHR, Pemkab Jangan Tebang Pilih

Sampaikan opini Anda hari ini di acara Warung Global FM 96,5 web E-mail

: www.radioglobalfmbali.com : info@radioglobalfmbali.com

Menurut anggota KPU Bali Ni Kadek Wirati, masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT masuk ke dalam daftar pemilih tambahan. Dikatakan, DPT Pilgub Bali telah ditetapkan April lalu sebanyak 2.982.201 pemilih. “Bagi yang belum terdaftar dalam DPT, nanti bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP elektronik pada alamat yang bersangkutan mulai jam 12.00 Wita,” ujar Wirati di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pilgub Bali 2018 kepada Tokoh Adat dan Agama di Kantor KPU Bali, Rabu (16/5) kemarin. Wirati mengakui masih ada masyarakat yang tercecer dan tidak masuk dalam DPT. Termasuk tokoh adat dan agama yang kemarin diundang dalam kegiatan sosialisasi Pilgub. Padahal, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin mulai dari kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit), sebelum akhirnya mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang bisa dilihat masyarakat di tempat-tempat strategis. Pengumuman DPS juga ditampilkan di website KPU, sehingga masyarakat yang belum masuk dalam DPS dapat langsung meng-input data untuk mendaftar. “Setelah input data, dilakukan verifikasi di kabupaten/kota sehingga masuk DPT. Inilah yang mungkin belum maksimal dilakukan oleh masyarakat. Kesadarannya untuk menggunakan hak pilih agar terdaftar dalam daftar pemilih, itu yang belum maksimal,” jelasnya. Sementara terkait sosialisasi, KPU Bali meminta para tokoh adat dan agama ikut membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terkait Pilgub Bali 2018 pada 27 Juni mendatang. Selain itu, agar turut serta menyukseskan Pilgub sehingga berjalan tertib dan lancar. Para tokoh adat dan agama juga diimbau agar memperhatikan jadwal kampanye para kandidat. Kampanye salah satunya tidak boleh dilaksanakan di tempat ibadah. Memasuki Bulan Ramadan, umumnya ada kegiatan buka puasa bersama dengan para pasangan calon. Acara buka puasa ini tidak dipermasalahkan sepanjang dilaksanakan di luar tempat ibadah dan pasangan calon harus hadir sesuai jadwal kampanye masing-masing. (kmb32)

SOSIALISASI - Kodim 1611/Badung rutin melaksanakan tes urine dan sosialisasi P4GN.

Bali Post/kmb36

Tegaskan Zona Menuju Bebas dari KKN dan Prima Melayani

Pemkot dan PN Denpasar Teken Pakta Integritas

PENANDATANGANAN pakta integritas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Pemerintah Kabupaten Badung dan Pengadilan Negeri (PN) Denpasar dalam menuju Zona Bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) serta Prima Melayani dilaksanakan di Kantor PN Denpasar, Rabu (16/5) kemarin. Penandatanganan pakta integritas dilakukan langsung masing-masing kepala daerah, yakni Plt. Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta serta disaksikan Kepala Kejaksaaan Negeri Denpasar Sila Halolongan Pulungan, S.H., M.H., Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar. Kedua kepala daerah meyampaikan apresiasi kepada PN Denpasar atas inisiasi bersama-sama memproklamirkan zona menuju bebas KKN serta prima melayani. Kepala PN Denpasar H. Amin Ismanto, S.H., M.H. mengatakan, langkah yang dilaksanakan dalam penandatanganan pakta integritas kali ini bersama dua daerah, yakni Denpasar dan Badung nantinya dapat tersosialisasi kepada publik tentang bebas KKN dan menuju pada pelayanan prima. Di samping itu, langkah ini juga dalam mendukung dan meningkatkan pemahaman bersama terkait dengan komitmen bersama dari pemerintah pusat hingga daerah menuju bebas KKN dan melayani secara prima. Nantinya harapan Amin Ismanto langkah ini dapat tersosialisasikan kepada masyarakat tentang KKN dan benar-benar dapat mewujudkan bebas KKN dalam mengemban tugas di masing-masing daerah. Sementara itu, Plt. Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara usai melakukan penandatanganan pakta integritas men-

gatakan, berbagai upaya dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN telah banyak dilaksanakan, namun perlu dilakukan berbagai upaya perbaikan, di mana salah satunya adalah penandatanganan pakta integritas saat ini. Upaya untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, seperti saat ini merupakan langkah strategis dan penting bagi kita semua. Langkah ini merupakan komitmen kita bersama dalam mewujudkan zona integritas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pelayanan publik. Diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi yang menargetkan tercapainya tiga sasaran, yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien

dan birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas. Terwujudnya ketiga sasaran tersebut adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Hal ini juga mengakselerasikan pencapaian sasaran hasil tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah. “Kita bersama di ruangan ini tentunya mendukung penuh pencanangan zona integritas dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi secara umum dan tentunya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Semoga dengan pencanangan zona integritas ini kita bersama dapat berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan negara,” ujar Jaya Negara. (ad887)

PAKTA INTEGRITAS - Kepala PN Denpasar H. Amin Ismanto, S.H., M.H. bersama Plt. Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan penandatanganan pakta integritas, Rabu (16/5) kemarin.


BADUNG

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Sebarkan Bau Busuk, Warga Protes Tumpukan Sampah

3

Musim Angin Timur

Ketinggian Gelombang Laut Capai 2,5 - 3 Meter

Mangupura (Bali Post) Permasalahan sampah di wilayah Kuta Selatan memang tidak ada habisnya. Bahkan akibat sampah, sejumlah warga melakukan aksi protes akibat bau busuk di sekitar lokasi mereka tinggal. Bau busuk ini ternyata bersumber dari tumpukan sampah yang dibuang di salah satu lahan warga yang ada di Gang Kencana Perum, Jalan Karangmas Sejahtera, Jimbaran. Protes warga tersebut dilakukan dengan menyampaikan surat keberatan yang ditandatangani oleh beberapa warga yang diserahkan ke Kantor Camat Kuta Selatan, Rabu (16/5) kemarin. Mereka diterima Kasi Tramtib Kecamatan Kuta Selatan Made Subamia. Kehadiran perwakilan warga ini ditandai dengan menandatangani semacam petisi. Menurut salah seorang perwakilan warga yang ditemui di Kantor Camat Kutsel, Nyoman Suati, kondisi ini sudah berlangsung sejak Januari lalu. Pembuangan sampah tersebut dilakukan di salah satu lahan milik warga berinisial WSL. Selain sampah keluarga mereka, WSL juga menyuruh salah satu perusahaan pengangkut sampah warga untuk membuang sampah di lahan milik keluarganya. Untuk itu, melalui surat tersebut warga yang tinggal di Gang Kencana, Jimbaran meminta bantuan kepada pihak kecamatan untuk menyelesaikan permasalahan pembuangan sampah di Perum Karang Mas Sejahtera Gang Kencana Jimbaran tersebut. “Karena lokasinya di pinggir jalan, jadi sangat tidak sedap dilihat. Apalagi, baunya sangat menyengat. Bahkan, ada warga setiap hari harus menyalakan dupa agar bau sampah itu tidak tercium. Baunya sangat menyengat,” ujar Suati. Saat dikonfirmasi, Lurah Jimbaran Ketut Rimbawan membenarkan adanya permasalahan sampah tersebut. Pihaknya sudah berupaya memediasi dengan mengundang WSL selaku pemilik lahan. Namun, yang bersangkutan tidak hadir. Selain itu, pihaknya juga sudah meminta kepala lingkungan setempat untuk mendekati pemilik lahan untuk terus berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut. Sementara itu, Kasi Tramtib Kecamatan Kuta Selatan Made Subamia mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti keluhan warga ini dengan turun ke lokasi. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Lurah Jimbaran yang sudah sempat menangani permasalahan tersebut. (kmb23)

Mangupura (Bali Post) -

Beberapa hari terakhir, kawasan Bali mengalami angin kencang dan gelombang tinggi. Namun, kondisi ini memang biasa terjadi setiap tahun pada musim angin timur.

Bali Post/kmb23

SAMPAH - Tumpukan sampah di salah satu lahan milik warga di Gang Kencana Perum Jalan Karangmas Sejahtera, Jimbaran yang diprotes warga setempat.

Dengan angin yang cukup kencang, tentunya berdampak pada peningkatan tinggi gelombang laut. Yang perlu diatensi adalah di wilayah perairan selatan Bali, seperti di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, dan Selat Lombok bagian selatan. Data dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dam Geofisika (BBMKG) Wilayah III Dempasar, ketinggian

Terminal Mengwi Dipermak Mangupura (Bali Post) – Kementerian Perhubungan RI melakukan perbaikan sejumlah gedung di Terminal Mengwi. Renovasi yang mulai dilakukan sejak sepekan terakhir ini merupakan program rutin. Tidak saja memperbaiki kerusakan atap yang bocor dan plafon jebol, tapi sekaligus melakukan pengecatan agar tampak lebih cantik dan sedap dipandang mata. Koordinator Terminal Tipe A Mengwi Cok Agung Swarmaya mengatakan, renovasi hanya pada bagian yang mengalami kerusakan. Seperti, atap bocor dan plafon jebol.

“Karena sempat saat musim hujan bocor, jadi segera direnovasi termasuk pengecatan juga,” ujar Agung Swarmaya, Rabu (16/5) kemarin. Menurut Agung Swarmaya, seluruh biaya renovasi langsung dikucurkan dari pusat. Renovasi Terminal Mengwi yang kini dikelola pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XII Wilayah Bali dan NTB ini menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 2 miliar. “Selain Terminal Mengwi, beberapa terminal lainnya juga direnovasi oleh pusat. Kalau saya tidak salah, ada 40 terminal se-Indone-

Bali Post/eka

MATERIAL –Sejumlah gedung di Terminal Penumpang tipe A Mengwi, Badung sedang direnovasi. Tampak tumpukan material dan peralatan untuk kepentingan renovasi tersebut.

sia. Salah satunya Terminal Mengwi,” katanya. Agung Swarmaya menambahkan, renovasi akan selesai dalam lima bulan ke depan. Namun, karena menjelang Lebaran, pihaknya mengebut pengerjaan proyek tersebut. “Sebentar lagi mau Lebaran, ada arus mudik. Jadi, kami fokus dulu pengerjaan (renovasi - red) yang di lobi utama, biar baguslah,” sebutnya. Agung Swarmaya mengatakan, renovasi tersebut merupakan tahap awal. Pihaknya juga akan melakukan perbaikan di pintu gerbang utama. “Ke depan, tentu apa yang kurang akan ditambah lagi. Misalnya, untuk pintu keluar, sekarang masih menjadi satu. Ke depan, tentu akan dipikirkan untuk membangun terpisah,” tegasnya. Berdasarkan pengamatan di lapangan, Rabu (16/5) kemarin, renovasi bagian gedung yang paling mencolok yakni di lobi utama terminal bertipe A satu-satunya di Bali tersebut serta seputaran terminal kedatangan. Tidak saja memperbaiki kerusakan atap yang bocor dan plafon jebol, tapi sekaligus melakukan pengecatan untuk mempercantik ruangan. (kmb27)

gelombang laut diperkirakan bisa mencapai 2,5 hingga 3 meter. ‘’Angin bertiup dari timur ke tenggara yang menyebabkan ketinggian gelombang cukup ekstrem. Ketinggian gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih itu sudah diberi peringatan dini karena kondisi sudah cukup ekstrem,’’ ujar Prakirawan BBMKG Wilayah III Dempasar Kadek Setiya

Wati saat dikonfirmasi, Rabu (16/5) kemarin. Setiya Wati mengatakan, angin kencang pada musim kemarau adalah suatu hal yang normal terjadi setiap tahunnya. Kecepatan angin saat ini di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tercatat mencapai 43 kilometer per jam. Kecepatan itu, menurutnya, masih terbilang normal, namun harus waspada. ‘’Angin kencang pada musim angin timur di Bali adalah hal yang biasa terjadi setiap tahun. Normalnya, kecepatan angin 10-40 kilometer per jam. Angin timur

Pemkab Badung Tanda Tangani Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

GUNA mewujudkan pemerintahan yang berintegritas serta bebas dari KKN, Pemkab Badung dan Pemkot Denpasar beserta jajaran Muspida menandatangani Kesepakatan Zona Integritas di Ruang Sidang Utama Cakra di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Denpasar, Rabu (16/5) kemarin. Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Plt. Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, Sekkot Denpasar Rai Iswara, Ketua PN Denpasar H. Amin Ismanto, S.H., M.H. beserta jajaran Muspida dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi yang setulus-tulusnya kepada Kepala PN Denpasar yang telah menginisiasi nota kesepahaman terkait zona berintegritas dan bebas KKN. ‘’Kami akan tetap memohon arahan dan petunjuk di dalam tatanan untuk membangun wilayah Kabupaten Badung. Sehingga antisipasi yang ingin kami laksanakan agar tidak terjadi persoalan hukum. Tidak saja dengan Pengadilan Negeri, kami Pemerintah Kabupaten Badung dan TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah - red) juga selalu berkomunikasi dan bersinergi dengan Kejaksaan Negeri Denpasar di dalam permohonan legal opinion,’’ terangnya. Bupati Giri Prasta menambahkan, Pemerintah Kabupaten Badung akan selalu mendukung sepenuhnya PN Denpasar kaitannya dengan pelaksanaan penanganan-penanganan kasus

MENANDATANGANI - Bupati Giri Prasta menandatangani Kesepakatan Zona Integritas di Ruang Sidang Utama Cakra di Pengadilan Negeri Kelas I A Denpasar, Rabu (16/5) kemarin. yang ada di wilayah Provinsi Bali khususnya yang ada di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. ‘’Selama ini, sinergitas sudah berjalan baik sekali dan kami siap selaku Pemerintah Kabupaten Badung bilamana nanti dibutuhkan untuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan Pengadilan Negeri Denpasar,’’ tegasnya. Bupati Giri Prasta juga menegaskan, Pemkab Badung tidak ingin ‘’naik kelas’’ berkenaan dengan permasalahan hukum di pemerintahan. Bila terjadi masalah siapa pun pejabat sampai ke tingkat bawahpun pasti harus berurusan dengan hukum. Mulai menjadi saksi, naik kelas menjadi tersangka, ‘’naik kelas’’

FKUB Kabupaten Badung Gelar Doa Bersama di Puja Mandala

Nyatakan Tegas Tolak dan Kecam Aksi Kekerasan Terorisme

FORUM Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung bersama Pemkab Badung, Polri dan TNI menggelar doa bersama di kompleks peribadatan Puja Mandala Nusa Dua, Rabu (16/5) kemarin. Hal tersebut untuk mendoakan negara Indonesia, Bali dan Badung pada khususnya, untuk senantiasa diberikan keselamatan, kesejahteraan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Dalam doa tersebut mereka juga menegaskan menyatakan menolak dan mengecam setiap aksi kekerasan dan terorisme, karena bertentangan dengan nilai kemanusiaan dan ajaran agama. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo, Aster Kasdam IX/Udayana Kol. Inf. Kadek Subawa, Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta, Penasihat FKUB Kabupaten Badung dan tokoh lintas agama A.A. Gde Agung, Muspika Kecamatan Kuta Selatan dan Lurah Benoa serta tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama Kabupaten Badung. Dalam kesempatan tersebut seluruh pimpinan lembaga umat di Kabupaten Badung bergantian melakukan

DOA BERSAMA - Wabup Ketut Suiasa bersama pimpinan FKUB, Polri dan TNI menggelar doa bersama di kompleks peribadatan Puja Mandala Nusa Dua, Rabu (16/5) kemarin. doa, mulai dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Keuskupan Denpasar dan Badung, Musyawarah Pelayanan Antar-Gereja (MPAG), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Kabupaten Badung. Dipilihnya kompleks peribadatan Puja Mandala sebagai lokasi doa bersama, karena Puja Mandala adalah tempat ibadah yang merupakan simbul keberagaman, kebinekaan dan harmonisasi umat beragama, persatuan harmoni dan toler-

ansi umat beragama di Kabupaten Badung. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suiasa mengajak setiap elemen dan komponen masyarakat di Kabupaten Badung untuk senantiasa menjaga persatuan, memperkuat diri dalam jalinan tali silaturahmi, toleransi, persaudaraan dan kekeluargaan. Pihaknya mengimbau agar seluruh komponen masyarakat senantiasa mengawal kedamaian dan kenyamanan di mana pun kita berada. Jangan terlena dan selalu waspada akan potensi ulah oknum yang ingin memecah

terjadi pada April hingga September setiap tahunnya,’’ katanya. Selain angin kencang, kata Setiya Wati, masih ada kemungkinan terjadi hujan karena masih ada masa udara basah sampai pada ketinggian hingga 3.000 meter di atas wilayah Bali. Kondisi ini umumnya terjadi di wilayah Bali bagian barat, tengah, timur dan sedikit di selatan, namun tidak merata. ‘’Dari analisis pemodelan cuaca, secara umum kondisi cuaca di wilayah Bali umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang,’’ terangnya. (kmb23)

belah, merusak kedamaian dan ketenteraman wilayah. “Melalui kesempatan ini, kita juga mohon tuntunan dan bimbingan agar senantiasa diberikan jalan yang terbaik. Sehingga kita bisa senantiasa menjaga kerukunan dalam berkehidupan, saling menjaga cinta kasih sekaligus mendoakan untuk diberikan keselamatan lahir dan batin. Semoga aksi terorisme di Jakarta dan Surabaya ini tidak berlanjut dan orang yang memiliki niatan tidak baik ini segera disadarkan,” paparnya. Pihaknya mengaku juga sudah menginstruksikan kepada jajarannya di tingkat terbawah untuk melakukan pengawasan dan peningkatan kewaspadaan terhadap dinamika di wilayahnya masing-masing. Pihaknya akan melaksanakan koordinasi dan konsolidasi bersama seluruh jajaran dan aparat di Kabupaten Badung. Mulai dari perbekel, bendesa adat, linmas, pecalang, tokoh adat serta tokoh masyarakat, bersama kepolisian dan TNI untuk menyatukan persepsi dan langkah dalam mengantisipasi dan menjaga keamanan wilayah di Kabupaten Badung. “Dengan koordinasi dan konsolidasi ini, kita harap akan lebih cepat kita melakukan cegah tangkal

hal-hal yang bersifat negatif,” imbuhnya. Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung Kompyang R Swandika berharap dengan diadakannya doa bersama tersebut, seluruh umat beragama yang berada di Kabupaten Badung diberikan kekuatan lahir dan batin. Sehingga seluruh masyarakat dan umat beragama bisa semakin teguh dan bersatu dalam menegakkan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45. “Kita tetap konsisten dalam mengimplementasikan tri kerukunan hidup beragama, yaitu kerukunan intern umat beragama, kerukunan antarumat beragama dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah,” ujarnya. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan kekuatan untuk senantiasa bisa melaksanakan ibadah, darma bakti dan swadharma kepada negara dan agama. Hal tersebut untuk menjaga kedamaian dan kesejahteraan negeri Indonesia, Bali dan Badung pada khususnya. Sebab, dengan aman, damai dan tenteram, hal itu merupakan modal dalam membangun Badung yang shanti dan jagadhita. (ad888)

lagi menjadi terdakwa, ‘’naik kelas’’ lagi menjadi terpidana. ‘’Jangan sampai terjadi, itulah maka kami tetap mohon arahan dan petunjuk untuk mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar,’’ tambahnya. Sementara itu, Ketua PN Denpasar dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa maksud dari pencanangan pembangunan zona intregeritas, ingin memproklamasikan bahwa kita sudah benar-benar terintegrasi dan sudah melaksanakan keinginan dari pemerintah pusat maupun daerah untuk melaksanakan Zona Integritas yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). (ad885)

Dukun Cabul Dituntut Sembilan Tahun

DUKUN cabul berusia 69 tahun berinisial AH dituntut pidana penjara selama sembilan tahun oleh JPU Peggy E. Bawengan. Dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Rabu (16/5) kemarin, terdakwa diketahui terakhir mencabuli bocah berusia 11 tahun. Selain dihukum secara fisik, jaksa juga menuntut kakek cabul itu membayar denda Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan. Menurut JPU, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam Pasal 76 E jo Pasal 82 ayat 1 UU No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 64 ayat 1 KUHP. Terdakwa akan mengajukan pembelaan dalam sidang berikutnya. Dalam surat dakwaan disebutkan, terdakwa melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan atau membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul. Jika antara beberapa perbuatan, meskipun masing-masing merupakan suatu kejahatan atau pelanggaran, ada hubungannya sedemikian rupa, sehingga harus dipandang sebagai satu perbuatan berlanjut. Perbuatan tersebut dilakukan di rumah terdakwa di Perum Puri Gading Jalan Tresna Asih, Lingkungan Bhuana Bugbug, Jimbaran, Badung, Desember 2017 lalu. (asa)


info seremoniAL

4 A K T I V I T A S S E R E M O N I A L P R O F I L E C E R I T A S U K S E S B R A N D I N G D I S I N I

Empat Dubes dan Konjen Eropa Kunjungi Undiknas Seminar dan Jajaki Kerja Sama Tri Dharma PT

UNDIKNAS University kembali membuktikan diri sebagai kampus go international. Kampus terbaik di Bali, NTB dan NTT ini, Rabu (16/5) kemarin menggelar seminar internasional bertema ‘’Kerja Sama Diplomasi dan Ekonomi‘’ dengan empat negara Eropa yakni Polandia, Republik Ceko, Slovakia dan Hongaria. Seminar atas kerja sama Kemenlu RI dan Ilmu Komunikasi Undiknas ini menghadirkan dua dubes dan dua konjen yakni Dubes Polandia Beata Stczyriska, Dubes Hongaria Judith Pach, Konjen Slovakia Jurgen Schereiber dan Konjen Ceko Radormir Karlik. Seminar dibuka Direktur Analisis Kebijakan dan Pembangunan untuk AS dan Eropa Kemenlu RI Leonard F. Hutabarat. Hadir Direktur Analisis Kemendag Dr. Kasan Muhri dan Ketua Kadin Bali A.A. Ngurah Wiraputra. Para dubes dan konjen ini memaparkan potensi unggulan negara dan peluang kerja sama eknomi dengan Indonesia. Hongaria terbuka untuk kerja sama ekonomi dengan RI, termasuk makin naiknya wisatawan Hongaria ke Bali. Polandia menawarkan kerja sama bidang pendidikan karena memiliki kampus berkualitas selain sektor energi. Slovakia menawarkan kerja sama bidang pariwisata, ekonomi dan pendidikan. Ceko mempromosikan potensi kerja sama wisata dan pendidikan. Di sela-sela seminar, empat dubes dan konjen negara sahabat sepakat menjajaki kerja sama pendidikan dengan Indonesia khususnya Undiknas dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Mereka menyiapkan beasiswa bagi pertukaran dosen karena Undiknas dinilai kampus berkualitas. Hal ini disambut baik Rektor

DUBES - Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma (empat dari kanan) bersama Dubes Hongaria dan Polandia serta Konjen Republik Ceko dan Slovakia di kampus Undiknas. Undikas Prof. Gede Sri Darma karena Undiknas berkomitmen menjadi kampus terbaik di tingkat internasional dalam penelitian dan kerja sama lainnya. Ini membuktikan Undiknas ingin meningkatkan kualitas lulusan untuk memenangkan persaingan di era global. Dikatakannya, Undiknas ingin meningkatkan kerja sama dengan empat negara Eropa Tengah ini dalam bidang pendidikan tinggi. Kerja sama ini adalah kunci kampus bisa survival. Sementara kerja sama ekonomi RI dengan negara Eropa ini sangat penting menuju digital ekonomi. Direktur Analisis Kebijakan dan Pembangunan untuk AS dan Eropa Kemenlu RI Leonard F. Hutabarat menegaskan, seminar ini harus dilanjutkan dengan action karena Presiden Joko Widodo telah memberi kemudahan bagi investasi asing serta peluang ekspor. Kerja sama ekonomi ini adalah pilar penting dalam meningkatkan ekspor In-

donsia. Apalagi Indonesia memiliki penduduk terbesar kelima di dunia adalah pasar potensial bagi produk negara lain. Ini untuk membuka peluang masuknya wisatawan asal Eropa Tengah ke Indonesia. Sementara itu, Kasan Muhri dari Kemenag menjelaskan, empat negara ini sedang getol mempromosikan diri untuk menjalin kerja sama. Empat negara ini dikenal sangat bagus dalam kerja sama pemerintah, akademik dan kalangan bisnis. Makanya mereka memilih Undiknas sebagai komponen akademik menggelar seminar ini karena Undiknas dikenal sebagai kampus berkualitas di Indonesia. Kedua, perlunya penyebaran kerja sama tiga komponen tersebut tak hanya berpusat di Jakarta. Bahkan, Undiknas adalah kampus pertama yang diajak kerja sama di Indonesia dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Peluang ini harus diambil oleh pengusaha RI, apalagi Bali dikenal memiliki sektor ekonomi kreatif andalan. (ad890)

”ASEAN Youth Cultural Exchange’’

Empat Mahasiswa STPBI ke Tiongkok SEKOLAH Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) Denpasar merupakan lembaga pendidikan tinggi bidang pariwisata dan perhotelan di Bali yang memiliki sarana dan prasarana pendidikan bertaraf hotel bintang lima. Lembaga ini telah terakreditasi secara nasional serta memiliki dosen-dosen yang berasal dari akademisi, praktisi pariwisata dan perhotelan yang telah memiliki profesionalisme dan pengalaman kerja di bidangnya masing-masing. Proses pembelajaran terdiri atas kelas teori dan praktik yang dilaksanakan di kampus dan industri melalui program Praktik Kerja Nyata (PKN). STPBI baru saja memberangkatkan empat orang mahasiswa ke Tiongkok dalam rangka ASEAN Youth Cultural Exchange. Mahasiswa STPBI yang dikirim ke Tiongkok adalah Ni Made Ayu Natih Widhiarini (D-3 PHT A), Ni Kadek Wira Adnyani (D-4 MPH B), Luh Made Saksiari (D-4 MPH D) dan Gourgius Roysandi Yogatama G. (D-4 MKP). Mereka berangkat bersama dua dosen pendamping yaitu Ni Made Ayu Sulasmini dan I Gusti Ayu Melistyari Dewi. Mereka bertolak ke negara yang penduduknya terbanyak di dunia itu, Minggu (13/5) lalu dengan mem-

Buka Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XII Tahun 2018

Gubernur Pastika Minta Para Peserta Bisa Merespons Cepat Perubahan

PROGRAM reformasi birokrasi menuntut penataan aspek kelembagaan dan ketatalaksanaan serta harus sejalan dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Paradigma good governance menuntut kesamaan persepsi serta pemahaman yang komprehensif terhadap sinergitas peran pemerintah swasta dan masyarakat dalam pembangunan. Untuk itu, pengelolaan pemerintahan yang efektif ditentukan oleh kemampuan para pejabat struktural dalam mengelola program dan kebijakan. Selain itu, pemimpin harus bisa membaca perubahan dengan baik agar tidak tergilas oleh perubahan itu sendiri. Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada acara pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XII Tahun 2018 Tematik Pariwisata di Aula Melati Kantor BPSDM Provinsi Bali, Denpasar, Rabu (16/5) kemarin. ‘’Saya berharap Diklatpim Tingkat II ini akan mendorong pemahaman para top manager untuk mampu melakukan kajian kritis dan komprehensif terhadap masalah pembangunan melalui metode dan teknik analisis yang tepat dan efektif, sehingga dapat memberikan solusi sebagai pertimbangan pengambilan keputusan bagi kepala daerah. Jadi, seluruh peserta diklat mesti dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya demi peningkatan kapabilitas dan kompetensi khususnya dalam menjalankan tugas jabatan struktural eselon II,’’ ujar Pastika. Menurutnya, para peserta diklat adalah pejabat dan calon pejabat tingkat strategis yang di samping sebagai pemimpin juga sebagai manajer. Sebagai manajer tingkat strategis, para peserta harus mampu mengelola perubahan. Kemampuan mengelola perubahan harus diikuti kemampuan berinovasi, keberanian mengambil risiko dalam setiap keputusan, serta mampu memprediksi perubahan yang akan terjadi. ‘’Kita harus bisa merespons cepat perubahan itu. Kita juga harus tahu apa itu perubahan, apa saja

BUKA – Gubernur Bali Made Mangku Pastika (kanan) memukul gong saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XIII Tahun 2018 di Kantor BPSDM Provinsi Bali, Rabu (16/5) kemarin. yang berubah, ke mana berubahnya, bagaimana kok bisa terjadi perubahan, untuk apa itu perubahan dan bagaimana posisi kita dalam perubahan ini,’’ ungkapnya. Ditambahkannya, dinamika global bergerak cepat yang bercirikan 3S (speed, surprise and suddenshift). Nilai-nilai global bersifat sangat kompleks yang bercirikan VUCA (volantility, uncertainty, complexity and ambiguity). Organisasi birokrasi harus responsif, karena hanya mereka yang responsif yang bisa survive. ‘’Seorang pemimpin harus responsif sekaligus mampu mengantisipasi dan mengelola perubahan tersebut. Pemimpin bukan manusia biasa. Seorang pemimpin harus memiliki berbagai kelebihan daripada yang dipimpinnya. Mulai dari lebih pintar, lebih berani, lebih berwibawa, lebih kaya dan berbagai kelebihan lainnya. Untuk itulah saudara-saudara dan seluruh PNS harus terus belajar,’’ pungkas Pastika sembari minta para peserta diklat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal senada disampaikan Kepala Lembara Administrasi Negara RI yang diwakili Deputi Bidang Inovasi Adminiatrasi Negara Tri Widodo.

Para peserta diklat merupakan orang-orang pilihan yang akan membawa perubahan bagi bangsa ini ke arah yang lebih baik. Untuk itu, peserta diklat diharapkan dapat mengikuti pendidikan dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya sebagai tuntutan pemenuhan persyaratan jabatan semata. Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDM Ida Bagus Sedhawa dalam laporannya menyampaikan, tujuan penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II ini untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon II atau pejabat eselon III yang lulus seleksi Diklat Kepemimpinan Tingkat II yang akan berperan dalam melaksanakan kebijakan strategi tugas dan fungsi pemerintahan, berwawasan kompetensi sosiokultural sekaligus memberikan kontribusi dalam pengembangan kepariwisataan di Tanah Air yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XII Nasional Tahun 2018 diikuti 60 orang peserta yang akan berlangsung sampai 28 September 2018 atau selama 95 hari. (ad892)

Pameran Lukisan Kanjeng Ratu Laut Kidul Karya G.K. Wedha

Bung Karno Beri Teladan Penghormatan Leluhur Padjajaran dengan Lukisan di Istana

DI TIONGKOK – Empat mahasiswa STPBI dan dua pendampingnya bersama sejumlah peserta ASEAN Youth Cultural Exchange di Tiongkok. bawa sebuah program yang sudah disiapkan untuk acara tersebut. Para mahasiswa yang diberangkatkan merasa sangat senang bisa berpartisipasi dalam acara ASEAN Youth Cultural Exchang. Selain dapat berpartisipasi, mereka memiliki kesempatan memperkenalkan budaya Indonesia khususnya Bali yang menjadi destinasi pariwisata yang diminati banyak turis yang

hendak berlibur. Dari sini kita dapat melihat bahwa banyak mahasiswa STPBI yang berprestasi dalam bidangnya, sehingga bisa membawa mereka ke kancah internasional. STPBI juga memiliki program bagi mahasiswa untuk bisa berkesempatan training di Amerika Serikat. Ini adalah program J1 yang agennya adalah PT Bali Duta Mandiri (BDM). (ad894)

Pergelaran Seni Budaya Wayang Cenk Blonk Dalam Upaya P4GN

BERBAGAI upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Berbagai metode pula sudah dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba seperti penyuluhan, dialog interaktif, FGD, penyebaran leaflet, hingga pemasangan iklan di berbagai media elektronik. Kali ini, BNN Kabupaten Badung mengemas penyampaian informasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) melalui media tradisional dengan mengadakan pergelaran seni budaya bagi masyarakat melalui pementasan Wayang Cenk Blonk di Lapangan Umum Desa Adat Plaga, Petang, Rabu (16/5) malam kemarin. Lebih dari 500 masyarakat setempat datang dalam pementasan wayang tersebut, bahkan tidak sedikit masyarakat dari luar Desa Plaga turut hadir. Pementasan seni budaya ini merupakan warna baru yang dikemas untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba mengingat angka prevalensi penyalahgunaan narkotika tahun 2017 di Indonesia mencapai 1,77% atau sekitar 3.376.115 orang, sedangkan untuk Provinsi Bali 1,62%. Penyampaian pesan melalui pergelaran seni budaya Wayang Cenk Blok ini dianggap lebih kreatif, persuasif dan menarik bagi masyarakat. Kepala BNN Kabupaten Ba-

Kamis Paing, 17 Mei 2018

WAYANG - BNN Kabupaten Badung mementaskan Wayang Cenk Blonk di Lapangan Umum Desa Adat Plaga, Petang, Rabu (16/5) malam kemarin. dung Ni Ketut Masmini, S.H., M.H. dalam sambutannya mengajak masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam upaya P4GN dengan melaporkan adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungannya ke BNN Provinsi Bali, BNN Kabupaten Badung dan IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) terdekat sehingga Desa Plaga menjadi desa yang kreatif, inovatif, mandiri dan berwawasan antinarkoba. Pada puncak acara, pementasan Wayang Cenk Blonk menjadi suguhan yang ditunggutunggu oleh warga masyarakat yang telah hadir sejak pukul 19.00 Wita. Agar pertunjukan tidak satu arah, dialog interaktif disampai-

kan dalam bentuk tanya jawab antara Kepala BNN Kabupaten Badung dan dalang. Antusiasme juga terlihat ketika masyarakat menyaksikan pergelaran seni budaya hingga akhir acara. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Badung, Camat Petang, Muspika Kecamatan Petang, Bendesa Adat Plaga dan Perbekel Desa Plaga. Besar harapan setelah berlangsungnya acara ini, pesan-pesan positif dalam upaya P4GN dapat diingat, dilakukan dan disampaikan kepada teman, keluarga dan lingkungan sekitarnya serta masyarakat di Desa Plaga dapat lebih aktif dalam upaya P4GN. (ad889)

LEBIH dari 200 undangan khusus hadir di Istana Mancawarna Tampaksiring, Gianyar, Bali, memenuhi undangan The Sukarno Center yang mengadakan pameran tunggal dengan tema ‘’Kanjeng Ratu Dewi Pantai Selatan’’ karya seniman asal Buleleng Made Gelgel Karma Wedha. Sebelas lukisan berukuran kecil hingga raksasa dipajang di Koridor Istana Mancawarna yang menarik perhatian pencinta seni di Tanah Air. Acara Pameran Lukisan dibuka oleh President The Sukarno Center Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III didampingi Enong Ismail (Ketua Dewan Kurator TSC), Desak Karna (putri angkat Bung Karno) dan Made Mustika (Staf Khusus Senator DPD-RI B65 Wilayah Kabupaten Gianyar). Dalam sambutannya, Arya Wedakarna (AWK) menyatakan Kanjeng Ratu Pantai Selatan adalah figur suci dan termasuk leluhur bagi umat Hindu Indonesia karena dihubungkan dengan Kerajaan Padjajaran di Jawa Barat. ‘’Umat Hindu harus tahu perbedaan antara Kanjeng Ratu Pantai Selatan yang Ratu Penguasa dan Nyi Roro Kidul yang Mahapatih Kerajaan Gaib Pantai Selatan serta keberadaan Nyi Blorong yang dipercaya sebagai rencang agung dari beliau. Jadi, jangan sampai salah kaprah. Inilah yang membuat masyarakat Bali dekat dengan figur Kanjeng Ratu karena sebagian umat melambangkan beliau sebagai kekuatan Durga. Apa pun itu, saya senang karena ini menghormati leluhur,’’ ungkapnya. Gusti Wedakarna menyampaikan bahwa lukisan Kanjeng Ratu Pantai Selatan sejak zaman Bung Karno hingga kini masih terpajang di Istana Kepresiden RI seb-

ISTANA MANCAWARNA - Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III bersama Enong Ismail, Desak Karna dan pelukis Karma Weda di Istana Mancawarna, Tampaksiring, Gianyar. agai wujud kecintaan Bung Karno terhadap budaya Nusantara. ‘’Di Jawa Barat, Bung Karno mendirikan pesanggrahan di Pelabuhan Ratu Sukabumi, di Yogyakarta para Raja Mataram menghormati Kanjeng Ratu di Parangkusumo dan Parangtritis, sedangkan di Bali, Kanjeng Ratu Pantai Selatan dipercaya berstana di Tanah Lot, Pantai Sanur, Padanggalak dan Pura Segara Rupek, Jembrana. Semua itu sah-sah saja karena umat Hindu selalu menghargai leluhur. Jika dulu Bali agak awam dengan Padjajaran, semoga melalui hal ini, Bali menjadi lebih dekat dengan Padjajaran dan pengaruh Prabu Siliwangi,’’ paparnya. Terkait Made Gelgel Karma Wedha, ia merasa bangga karena hasil karya seniman ini begitu memiliki taksu yang hebat. ‘’Tidak sembarang seniman bisa melukis wajah beliau. Sangat sulit bisa memamerkan lukisan di The Sukarno Center. Standar dari kurator sangat jelas dan tentu

kredensial (profil) seniman yang berpameran di sini akan sangat dipertimbangkan dunia karena nama besar Bung Karno. Beliau tentu bukan Tuhan, bukan pula Dewa (DIV), tapi Kanjeng Ratu adalah leluhur Nusantara yang menginspirasi banyak pemimpin bangsa, termasuk Bung Karno. Saya senang kini di seluruh Bali dibangun palinggih Kanjeng Ratu sebagai wujud bangkitnya janji Sabdo Palon Nayogenggong. Saya percaya jika kekuatan budaya Padjajaran, Mataram, Majapahit dan Bali bersatu, waskita Nusantara akan bangkit kembali,’’ ujar Shri Arya Wedakarna yang juga Senator DPD-RI asal Bali. Pameran Lukisan Kanjeng Ratu Dewi Pantai Selatan ini untuk menyambut Bulan Bung Karno dan diadakan hingga 30 Juni 2018 di Istana Mancawarna Tampaksiring, Jalan Dr. Ir. Soekarno, Tampaksiring, Gianyar. Pameran dibuka pukul 10.00–18.00 Wita dan terbuka untuk umum. (ad896)

Polres Banyuwangi Waspadai Pelabuhan Rakyat Banyuwangi (Bali Post) Aksi bom bunuh diri yang mengguncang beberapa lokasi di Surabaya membuat Polres Banyuwangi ikut siaga. Salah satunya, memperketat akses penyeberangan dari Jawa ke Bali. Tak hanya Pelabuhan Ketapang, pelabuhan rakyat juga mendapat atensi khusus. Apalagi pelabuhan rakyat di Banyuwangi bersinggungan dengan Bali. Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengatakan, pascabom di Surabaya pihaknya langsung memperketat pengamanan di semua sektor khususnya objek vital, mulai pelabuhan, bandara, depo Pertamina hingga pelabuhan rakyat. ‘’Di pelabuhan rakyat, kami menambah intensitas pengamanan. Kami juga libatkan para nelayan,’’ jelas Kapolres asal Surabaya ini, Selasa (15/5). Dijelaskannya, penambahan pengamanan dilakukan dengan menggelar razia terus-menerus setiap malam hingga dini hari. Targetnya tempat-tempat vital di Banyuwangi. Meski memiliki banyak objek

Raih sukses dengan menginformasikan kegiatan usaha/lembaga, csr, kegiatan public relations, promosi usaha, dll hub bag iklan: 0361-225764 atau sekretariat @ balipost.com Naskah maksimum 2000karakter + foto (jpg/tiff) diterima paling lambat pkl. 17.30 wita.

vital, belum ada bantuan pengamanan dari Polda Jatim, karena jumlah pasukan Polres masih cukup untuk melakukan pengamanan. ‘’Khusus di Pelabuhan Ketapang jumlah pengamanan kami tambah. Fokusnya razia penumpang yang menyeberang ke Bali,’’ ujarnya. Kapolres mengajak seluruh elemen masyarakat ikut mengantisipasi masuknya teroris ke Banyuwangi, termasuk potensi menyeberang ke Bali, sebab jumlah TNI/Polri sangat terbatas. Apalagi Banyuwangi berpotensi tumbuhnya radikalisme. ‘’Memang ada potensi, jadi kami antisipasi terus,’’ imbuh Donny. Mengantisipasi radikalisme, pihaknya banyak turun ke sekolah dan pondok pesantren (ponpes) dengan harapan aksi terorisme bisa ditekan sejak dini. Polres juga mengajak masyarakat memerangi penyebaran foto dan video tragedi bom bunuh diri. Kalau tidak, akan membuat pelaku teror makin mendapatkan angin untuk beraksi. (kmb30)


Kamis Paing, 17 Mei 2018

daerah

5

Operasi Pekat Agung

Hasil Operasi Pekat Agung

Polresta Denpasar Tangkap 257 Pelaku Denpasar (Bali Post) Operasi Pekat Agung 2018 yang dimulai sejak 27 April lalu telah berakhir, Selasa (15/5). Selama operasi tersebut, Polresta Denpasar beserta jajarannya mengungkap 129 kasus dengan jumlah pelaku 257 orang. Kasus yang diungkap yakni narkoba, pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian biasa (cusa), curanmor, perjudian, senjata tajam, premanisme, gepeng, pungli, miras dan prostitusi. ‘’Kasus tindak pidana yang ungkap itu adalah TO (target operasi) dan non-TO,’’ kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo, Rabu (16/5) kemarin. Pelaku yang ditangkap di antaranya Rybnokov Vladimir Aleksandro Vich asal Rusia dibekuk tim Opsnal Polsek Kuta. Aleksandro diciduk di Jalan Majapahit depan toko Miranda Star Shop karena membawa tiga paket kokain yang diduga hendak diedarkan kepada rekannya. Kasus premanisme yang diungkap antara lain empat debt collector berinisial BB, GAM, DS, EH dan NN. Kapolresta Hadi Purnomo didampingi Kasatreskrim Kompol Wayan Arta Ariawan mengatakan, korbannya HG beralamat di Jalan Gunung Sari, Ubung Kaja, Denpasar. Jumat (11/5) pukul 15.00 Wita saat korban berada di rumah, didatangi para pelaku. Selanjutnya mereka menyuruh korban menyerahkan uang. Jika tidak

mau bayar, pelaku mengancam akan mengambil barang-barang milik korban. Salah satu dari mereka mendorong korban. ‘’Setelah menerima laporan kasus itu, anggota kami langsung ke TKP dan menangkap pelaku. Dugaan awal ini masalah utang dan pelaku disuruh menagih. Kasus ini masih kami dalami,’’ ujar Kompol Arta. Barang bukti kasus cusa, curat, curas dan curanmor yang disita di antaranya uang tunai Rp 22.634.400, empat ekor ayam, tiga helm, enam sepeda motor, 16 HP dan tab, dua laptop, enam potongan besi, dua dispenser, satu paspor, satu kalung emas seberat 8 gram, dua kartu ATM dan dua jam tangan. Barang bukti narkoba yaitu sabu-sabu (SS) 19,39 gram, ganja 344 gram, kokain 3 klip, ekstasi 45 butir, pil koplo 10 butir dan tiga buah bong. Untuk kasus miras diamankan 835.400 liter arak dan miras impor 111 botol. Terkait kasus prostitusi disita 13 kondom, dua kondom bekas, tiga seprai, dua handuk dan satu tisu. Sementara barang bukti kasus premanisme yaitu pungli dan debt collector yaitu dua belati, satu pisau lipat, satu sangkur, satu sofgun, botol, gunting, sepeda motor, mobil dan uang Rp 1.298.000 serta tiga bendel karcis parkir. Kasus judi barang buktinya enam HP, kartu domino, kartu ATM, delapan lembar rekapan dan uang tunai Rp 1.254.000. (kmb36)

Kakak Jro Jangol Divonis 6,5 Tahun Penjara Denpasar (Bali Post) I Wayan Sunada alias Wayan Kembar, terdakwa kasus narkoba yang juga merupakan saudara Jro Jangol, Rabu (16/5) kemarin divonis bersalah dan dipidana selama enam tahun enam bulan (6,5 tahun) penjara. Majelis hakim pimpinan Novita Riama menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana melakukan percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual-beli narkotika golongan I bukan tanaman sebagaimana diatur dalam Pasal 114 ayat 1 jo Pasal 132 ayat 1 UU RI No.35 tentang Narkotika. Terdakwa juga dihukum membayar denda Rp 800 juta subsider 3 bulan kurungan. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa. Sebelumnya JPU Made Lovi menuntut supaya terdakwa dihukum selama sembilan tahun dan pidana denda sebesar Rp 800 juta subsidair 6 bulan penjara. Wayan Kembar ditangkap berawal tertangkapnya I Gede Juni Antara (penuntutan terpisah) dengan barang bukti sabusabu yang diperolehnya dari rumah terdakwa yang beralamat di Jalan Batanta No.70, Banjar Sebelanga, Kelurahan Dauh Puri Kauh, kecamatan Denpasar Barat. Dalam penggeledahan itu, petugas mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 1 buah kotak cutton but di dalamnya terdapat 6 plastik klip yang masing-masing berisi sabu, satu buah bong, satu buah kotak kayu berisi satu plastik klip berisi sabu, satu buah buku diduga berisi catatan penjualan sabu dan satu buah kotak warna hitam berisi uang tunai Rp 6.900.000 serta beberapa barang terdakwa lainnya seperti handphone, buku tabungan, BPKB sepeda motor dan satu buah pisau belati. Setelah di Polresta Denpasar dilakukan penimbangan terhadap barang bukti berupa 7 buah plastik klip berisi sabu diperoleh berat masing-masing 0,81 gram (kode A), 0,83 gram (kode B), 0,82 gram (kode C), 0,80 gram (kode E), 0,15 gram (kode F) dan 0,03 gram (kode G). (kmb37)

Dewan Buleleng Desak Pengalihan PPI Sangsit Singaraja (Bali Post) – Ketidakjelasan pengambilalihan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Dusun Pabean, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, mendapat atensi DPRD Buleleng. Dewan mendesak agar PPI yang dibangun dengan dana APBD Buleleng itu segera diambil alih oleh Pemrov Bali agar keberadaannya tidak terkesan terbengkalai. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Buleleng Putu Mangku Budiasa saat memimpin rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Perikanan Buleleng belum lama ini. Menurutnya, pemprov seharusnya mengelola fasilitas itu karena sudah diamanatkan dalam undang-undang. Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini menyampaikan jika penarikan itu tidak segera ada kepastian, dikhawatirkan PPI semakin tidak terurus, kemudian fasilitasnya rusak karena tidak dimanfaatkan. Selama ini pemprov baru menyampaikan bahwa PPI dikelola pemprov. Faktanya, pengelolaan belum optimal. Selain itu, perbaikan kerusakan dermaga pun terkesan masih rencana beberapa tahun ke depan. Dewan dari Desa Selat, Kecamatan Sukasada itu menambahkan, Dinas Perikanan Buleleng sebenarnya sudah siap melepaskan semua aset PPI. Bahkan, instansi di daerah telah mendata nilai dan kondisi seluruh aset yang ada. Hasil inventarisasi aset tersebut sudah dituangkan dalam Keputusan Bupati, sehingga Buleleng sudah siap menyerahkan dengan harapan bisa dikelola untuk kepentingan nelayan dan pengusaha bisnis ikan di Buleleng, Sapeken, Madura, dan daerah lain di Indonesia. Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Buleleng Ni Made Arnika mengatakan, dari pendataan aset yang sudah dilakukan selama ini, total aset PPI sampai pendataan terakhir mencapai Rp 14 miliar. Nilai aset ini meliputi dermaga, bangunan pendukung, dan peralatan lain. Aset yang tercatat melalui Keputusan Bupati tersebut sudah siap diserahkan kepada pemprov. Namun, karena tidak ada kepastian kapan waktu pemprov mengambi alih, sehingga pihaknya hanya bisa menunggu sampai ada kepastian pengalihan aset PPI. Ia khawatir aset akan rusak karena pemkab tidak lagi mengalokasikan dana pemeliharaan lewat APBD. Apalagi dermaga dihantam gelombang pasang beberapa waktu lalu sehingga akan bertambah parah kalau tidak segera diperbaiki. ‘’Kepada dewan, kami laporkan berkali-kali untuk memastikan kapan PPI diambil alih. Kami juga sudah siapkan data terkait nilai aset dan kondisi real, tapi sampai sekarang belum juga ada kepastian,’’ kilahnya. (kmb38)

Polresta Denpasar 71 kasus Polsek Denbar 19 kasus Polsek Dentim 4 kasus Polsek Densel 10 kasus Polsek Kuta 13 kasus Polsek Kutsel 8 kasus Polsek Bandara 1 kasus Polsek Benoa 3 kasus

Bali Post/kmb36

RILIS - Polresta Denpasar merilis pengungkapan selama Operasi Pekat 2018, Rabu (16/5) kemarin.

Antisipasi Gangguan Keamanan

Jaya Negara Instruksikan Gelar Sidak Penduduk Serentak

Denpasar (Bali Post) – Pascaledakan bom di Surabaya, situasi keamanan dan ketertiban (kantibmas) khususnya di wilayah Kota Denpasar terus mendapatkan perhatian Pemkot Denpasar. Mengantisipasi kejadian serupa, Pemkot Denpasar secara mendadak melakukan rapat koordinasi (rakor) di ruang Praja Utama Kantor Wali Kota, Rabu (16/5) kemarin. Rakor melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Deteksi

Dini (FDD) Kota Denpasar serta instansi terkait lainnya. ‘’Demi terciptanya situasi Kota Denpasar yang aman dan kondusif, aparat terbawah agar terus meningkatkan kewaspadaan serta jajaran terbawah perbekel/lurah agar mengadakan sidak penduduk secara serentak,’’ ujar Plt. Wali Kota Denpasar I G.N. Jaya Negara. Pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan para stakeholder yang melibatkan TNI, Polri, Linmas dan pecalang untuk turut menjaga stabilitas keamanan di Kota Denpasar. Selain itu, berkoordinasi dengan pihak terkait di Provinsi Bali untuk meminta informasi tentang situasi perkembangan keamanan secara nasional serta langkah-langkah

antisipasi apa yang harus dilakukan oleh Pemkot Denpasar untuk menciptakan stabilitas keamanan. ‘’Seperti kita ketahui bersama bahwa silaturahmi dan toleransi antarumat beragama di Kota Denpasar selama ini sudah terjalin dengan baik. Situasi yang sudah aman dan kondusif dengan konsep manyama braya ini jangan sampai terganggu terlebih lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan serta merayakan hari raya Galungan dan Kuningan,’’ katanya. Pada kesempatan tersebut, Jaya Negara berharap adanya masukan dan informasi dari forum dan instansi terkait yang hadir sehingga bisa melakukan langkah-langkah antisipasi. ‘’Mudah-mudahan Bali pada umumnya dan Denpasar pada khususnya tetap aman dan kondusif,’’ ungkapnya. Patroli Sementara itu, Kabag OPS Polresta Denpasar Kompol I Nyoman Gatra menyatakan, terjadinya berbagai aksi teror di berbagai wilayah mengakibatkan situasi traumatik di kalangan masyarakat. Melihat situasi saat ini, pihaknya sebagai aparat wajib berada di tengah-tengah masyarakat. Upaya yang harus dilakukan adalah langkah

konkret, salah satunya yang sudah dibentuk yakni Patroli Keamanan Terpadu yang tujuan utamanya membuat masyarakat terayomi. Ketua FKUB Kota Denpasar I Nyoman Budiana menyambut baik apa yang disampaikan Plt. Wali Kota Denpasar Jaya Negara. Menurutnya, dilihat dari perspektif FKUB, agama merupakan suatu wadah untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Kehadiran agama dapat meningkatkan harmoni serta kesejahteraan lahir dan batin umatnya. Bukan justru sebaliknya, mendiskriminasikan bahkan melakukan perbuatan-perbuatan makar, membunuh atau menghancurkan. ‘’Kami mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Pemkot Denpasar bersama aparat keamanan dalam menjaga dan meningkatkan kantimbas di Kota Denpasar,’’ tandasnya. Terkait instruksi Plt. Wali Kota yang meminta mengoptimalkan sidak duktang, Camat Denpasar Selatan I Wayan Budha mengatakan siap mengamankan perintah itu. ‘’Kami sebenarnya sudah melaksanakan kegiatan itu secara rutin, namun secara serentak akan dilakukan besok (hari ini - red),’’ tegas mantan Kasubag Protokol Setda Kota Denpasar ini. (kmb12)

KPU Bali Panggil LO Balon DPD Mayoritas Kasus Korupsi Libatkan Pengusaha yang Belum Penuhi Syarat Denpasar (Bali Post) – Sesuai hasil penelitian administrasi, delapan dari 23 bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD)-RI dinyatakan belum memenuhi syarat dari sisi jumlah dukungan. Mereka diberi waktu sejak 14 Mei hingga 20 Mei mendatang untuk melakukan perbaikan. Namun, hingga Rabu (16/5) kemarin, para bakal calon (balon) DPD melalui LO masing-masing baru sebatas melakukan konsultasi ke KPU Bali. Untuk memfasilitasi lebih lanjut, KPU Bali rencananya mengundang para LO balon DPD yang belum memenuhi syarat dalam acara rapat koordinasi, Kamis (17/5) ini. KPU Bali akan kembali menjelaskan tentang aturan dan persyaratan agar tidak ada perbedaan pendapat. Pasalnya, balon DPD yang tidak memenuhi syarat hingga masa perbaikan habis akan dinyatakan gugur dan tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. ‘’Besok (hari ini - red) kami akan undang LO khusus untuk mereka yang belum memenuhi syarat. Kami akan melakukan koordinasi sehingga semua regulasi dan ketentuan-ketentuan itu dipahami bersama dan kemudian mereka bisa memanfaatkan waktu yang masih ada ini dengan sebaikbaiknya,’’ ujar Ketua KPU Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Menurutnya, delapan balon DPD masih belum memenuhi syarat dari sisi jumlah dukungan. Sementara untuk sebaran dukungan minimal di lima kabupaten/kota sudah terpenuhi. Pihaknya menemukan ada dukungan ganda internal, dukungan

ganda eksternal, dan pemilik KTP yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk dukungan ganda internal, ada sanksi pengurangan jumlah dukungan ganda dikali 50. Ada balon yang dukungan ganda internalnya mencapai 15. Hanya satu dukungan yang diakui KPU, sehingga jumlah dukungan berkurang menjadi 14 dikali 50. Raka Sandi mengaku tidak mau gegabah dalam menyikapi masalah dukungan ganda internal. Sebab, dukungan ganda internal cukup signifikan mengurangi jumlah dukungan. Oleh karena itu, LO diundang untuk ikut melakukan pengecekan dan memberikan paraf. Pemotongan dukungan pun dilakukan oleh LO bersangkutan, yang kemudian disetujui KPU. Untuk ganda eksternal, terkait satu KTP yang mendukung lebih dari satu balon DPD. Ada pula dukungan KTP dari anggota TNI/Polri yang masih aktif sehingga dukungan itu tidak memenuhi syarat. ‘’Ada juga yang dihapus oleh sistem karena tidak masuk dalam DPT. Itu masih kami telusuri. Jika itu ada dalam DPT terakhir pilgub, kami upayakan koordinasi ke KPU RI supaya bisa dikembalikan dukungannya sehingga tidak ada yang dirugikan,’’ tandasnya. Delapan nama balon yang masih belum memenuhi syarat adalah Ni Made Ayu Sriwathi, I.B. Ketut Purbanegara, Ngurah Sugiarta, Sri Wigunawati, I Wayan Adnyana, I Nengah Wiratha, Gede Lanang Darma Wiweka dan I Gusti Made Ngurah. (kmb32)

Denpasar (Bali Post) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat mayoritas kasus korupsi di Indonesia selalu melibatkan pengusaha. Itu sebabnya KPK lantas membentuk Komite Advokasi di tingkat nasional dan Komite Advokasi Daerah (KAD) di tingkat provinsi termasuk Bali. Keberadaan KAD diharapkan dapat mengakselerasi pencegahan korupsi, khususnya di sektor bisnis. ‘’Dunia usaha sangat penting dalam pencegahan korupsi karena mayoritas kasus korupsi selalu melibatkan pengusaha. Ini juga yang membuat dunia bisnis jadi sulit berkembang,’’ ujar Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Sujanarko di sela-sela Rapat Koordinasi Pembentukan KAD Anti-Korupsi Provinsi Bali di Gedung Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Rabu (16/5) kemarin. Menurut Sujanarko, sekitar 80 persen kasus korupsi yang diungkap KPK melibatkan para pelaku usaha, selain sektor publik atau instansi pemerintah. Modus yang dilakukan umumnya dalam bentuk pemberian hadiah atau gratifikasi dan suap-menyuap. Hal itu dilakukan untuk memengaruhi kebijakan penyelenggara negara,

seperti dalam proyek pengadaan barang dan jasa serta perizinan. ‘’Hingga Desember 2017, KPK mencatat pihak swasta sebagai pelaku tindak pidana korupsi terbanyak yaitu 184 orang. Selanjutnya pejabat eselon I/ II/III sejumlah 175 orang, anggota DPR dan DPRD 144 orang atau kepala daerah 89 orang,’’ paparnya. Ditambahkannya, korporasi atau perusahaan swasta bisa menjadi subjek hukum sejak Mahkamah Agung mengeluarkan Peraturan No.13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Perkara Tindak Pidana oleh Korporasi. Sanksi dari aturan ini bisa berupa denda berat. Negaranegara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat telah lebih dulu menerapkan semangat corporate crime liability ini. KAD awalnya dibentuk di delapan provinsi pada tahun 2017. Tahun ini pembentukannya diperluas di 26 provinsi, termasuk Bali. Komite ini dibentuk berdasarkan geografis dengan melibatkan Kadin dan regulator daerah. Kedua belah pihak, yakni regulator dan pelaku usaha dapat menyampaikan dan menyelesaikan bersama kendala yang dihadapi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang berintegritas. (kmb32)

Banyak Hilang

Timses Cagub Tolak Penyerahan Alat Peraga Kampanye

Ni Made Arnika

Bali Post/kmb38

Putu Mangku Budiasa

Banyuwangi (Bali Post) – Suhu politik di Banyuwangi mulai memanas mendekati masa pencoblosan Pilgub Jatim. Terbaru, tim sukses (timses) cagub nomor 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, menolak menandatangani penyerahan alat peraga kampanye (APK) di Kantor KPUD Banyuwangi, Selasa (15/5). Timses Khofifah di Banyuwangi, Andah Wibisono, mengatakan pihaknya menolak penyerahan APK pilgub lantaran banyak APK miliknya yang hilang. ‘’Hanya beberapa hari terpasang, APK kami banyak hilang. Total sekitar 15 APK yang hilang,’’ kilahnya.

APK yang hilang jenisnya beragam, mulai baliho, spanduk hingga umbul-umbul. Pihaknya tak mengetahui apa motivasi pelaku mengambil APK tersebut. APK itu masih menjadi wewenang KPUD, sehingga pihaknya meminta KPUD Banyuwangi mengganti APK yang hilang tersebut. ‘’Kalau APK tak diganti, kami tak akan tanda tangan penyerahan,’’ tegasnya. Sementara itu, timses cagub nomor 2, Saifullah Yusuf-Puti Guruh Soekarnoputra, memilih menandatangani penyerahan APK meski mengakui ada beberapa APK yang hilang. ‘’Kami berharap tahapan pilgub berjalan lancar. Jadi, kami tanda tangan,’’ ujar Hermanto, timses

cagub nomor 1 di Banyuwangi. Komisioner KPUD Banyuwangi Jamaludin menegaskan, pihaknya tak mungkin mengganti APK yang hilang. Ia minta timses menggunakan APK tambahan. ‘’Sesuai regulasi, KPUD tak bisa memenuhi pengganti APK. Solusinya, memakai APK pengganti,’’ jelasnya. Selama ini pihaknya melibatkan timses ketika pemasangan APK. KPUD Banyuwangi memberikan baliho 10 lembar, umbul-umbul 20 lembar dan spanduk 2 lembar di 272 desa kepada masing-masing timses. Dari jumlah ini masih ada tambahan APK hingga 150 persen. (kmb30)


OPINI

6

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Harian untuk Umum

Bali Post

Pengemban Pengamal Pancasila

Terbit Sejak 16 Agustus 1948

Tajuk Rencana

Deteksi Dini Ancaman Teroris FAKTA bahwa pelaku peledakan bom di Surabaya adalah satu keluarga tentu sangat menyentak kita semua. Betapa tidak, dalam satu keluarga begitu dalam paham radikal yang tercipta serta terpelihara. Terlepas dari latar belakang pelaku, tentulah peran keluarga yang selama ini dianggap menjadi sebuah fase menentukan daripada karakter seseorang begitu mendapat pembenaran. Apakah nantinya karakter itu mengarah ke hal-hal positif atau sebaliknya memang sangat tergantung dari peran kepala keluarga itu sendiri. Dalam hal ini tentu kedua orangtuanya, ayah serta ibunya. Bagaimana dia mengarahkan anakanaknya, membekali dengan pengetahuan agama, budaya, budi pekerti, dan hal hal lain? Bersama dengan para guru di sekolah serta masyarakat di lingkungan tempat mereka tinggal. Inilah unsur atau komponen pembentuk karakter para generasi muda kita nantinya. Kalau kemudian sang panutan, orangtuanya sudah mempunyai serta menjalankan paham radikal, tentu dengan sendirinya akan berimbas kepada sang anak. Siapa yang bisa mencegah hal ini. Di samping orang-orang terdekat dari keluarga itu sendiri, tentu hal ini juga menjadi tanggung jawab tokoh agama serta tokoh masyarakat. Ini sebuah siklus. Ada saling keterkaitan yang tidak terpisahkan. Ada tali-temali saling memengaruhi satu sama lain. Masyarakat lingkungan mesti peduli dengan sekelilingnya. Mereka diharapkan saling kenal, paham serta menjadi bagian dari satu sama lain. Kalau tidak, saling tidak mengenal, cuek, mementingkan diri sendiri dan sebagainya maka semuanya akan terkotak-kotak. Semuanya akan terasing dan mengasingkan diri dari lingkungannya. Tidak bisa kalau kemudian saling menyalahkan karena ini sangat berkaitan. Peka terhadap kondisi sekeliling menjadi salah satu aspek penangkalan secara dini bisa diterapkan. Apalagi pada zaman milenial ini saat gawai atau gadget menjadi teman setia anak-anak kita sekarang. Keluarga memang menjadi benteng terakhir, tetapi bagaimana kalau kepala keluarganya yang justru bermasalah? Kita kembalikan kepada tokoh agama atau tokoh masyarakat yang menjadi panutannya. Biasanya mereka ini lebih patuh serta taat kepada tokoh panutannya. Deteksi dini terhadap perubahan pola perilaku seseorang atau sekelompok orang memang mesti melibatkan masyarakat. Tidak bisa tidak sehingga cepat bisa diantisipasi apa sebenarnya yang terjadi pada seseorang atau pada sekelompok orang. Kalau seorang anak mengalami perubahan perilaku, yang biasanya ceria kemudian tiba-tiba menjadi pemurung, cenderung pemarah dan sebagainya tentu para guru bisa mengambil sikap. Inilah model-model deteksi dini dengan melibatkan keluarga terdekat, sekolah serta lingkungan. Selain itu, diharapkan di tengah situasi seperti ini, para tokoh agama serta masyarakat mestinya ikut ambil bagian secara aktif memberikan ceramah agama yang menyejukkan serta menenteramkan. Tidak justru semakin mengobarkan semangat kebencian serta permusuhan. Sinergisitas semua elemen masyarakat akan memberikan dampak signifikan atas kondisi karut marut negeri ini. Setidaknya memberikan rasa aman bagi masyarakat. Tidak perlu takut dan secara bersama-sama memerangi paham radikalisme serta aksi terorisme. Pemerintah pun jangan memberi hati serta angin kepada kelompok-kelompok radikal. Tegakkan hukum dan berlakukan aksi tegas. Kalau kemudian pemerintah lewat Presiden Joko Widodo memberikan deadline sampai Juni tahun ini bagi pengesahan UU Antiterorisme tentu ini sebuah sinyal keseriusan pemerintah bahwa tidak ada toleransi lagi. Terlepas dari semua itu, masyarakat mesti bersatu dan semakin percaya bahwa persatuan serta kesatuan kita sebagai bangsa akan membuat kita tahan banting serta berhasil menumpas segala bentuk ancaman.

S URAT PEMBACA Pembaca Bali Post bisa mengirimkan surat pembaca berupa; ide, keluhan dan saran terhadap pelayanan publik, infrastruktur maupun hal lain yang menyangkut kepentingan publik melalui WA di nomor 0816581142. Sertakan foto KTP atau ID lain yang masih berlaku.

Jual Jam? Redaksi terhormat, saya seorang guru swasta di sebuah sekolah swasta. Saya sudah mengajar di sekolah saya kurang lebih delapan tahun. Saya pun telah diangkat sebagai guru tetap yayasan. Setiap harinya, saya mengajar kurang lebih enam kelas dengan hitungan jam kurang lebih 12 jam. Bahkan, dalam seminggu saya mengajar sekitar lima puluh jam termasuk ekstra. Kebetulan di sekolah saya masih berlaku dua shift. Beberapa bulan yang lalu saya telah mengikuti kegiatan PLPG dan hasilnya saya telah lulus. Ketika saya tahu diri saya telah lulus, saya iseng mengecek info GTK pada SIM PKB saya. Di sana tercatat saya hanya mengajar 10 jam per minggu. Sementara pada saat ini bagi peserta yang lulus PLPG dapat mengajukan pemberkasan asal sudah punya NRG dan memenuhi syarat mengajar 24 jam per minggu. Aris Darmawan

Hanya Masyarakat Mampu Menekan Teroris Keluarga Untuk kesekian kalinya teroris membikin ulah di Indonesia. Apa yang dilakukan teroris di Timur Tengah dan Teluk Parsi, juga dilakukan di Indonesia. Pembaruan-pembaruan cara kejahatan mereka juga seperti itu. Apabila mereka melaksanakan kejahatannya dengan cara bunuh diri, itu juga dilakukan di Indonesia. Jika itu dilakukan dengan melibatkan perempuan, bahkan perempuan yang hamil, juga terjadi di sini. Dan jika secara keji kejahatan itu dilakukan dengan melibatkan anak-anak, fenomena demikian juga terjadi di Indonesia. Dan pembaruan yang terjadi di Indonesia adalah teroris yang melibatkan satu keluarga sebagai peluru. Seolah berbarisan menggendong alat peledak, itulah yang terjadi pada hampir seluruh ledakan yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu. Lebih memperlihatkan kekejiannya lagi, setelah masyarakat heboh pagi harinya dengan ledakan sekeluarga itu, malam harinya ada ledakan lagi dan berulang lagi pada besok paginya. Dari kacamata tujuan untuk menciptakan kehebohan dan kengerian di masyarakat, barangkali tujuannya tercapai.

M

ereka menciptakan kengerian yang bertingkattingkat. Artinya, sebelum masyarakat sempat menenangkan diri dan memahami persoalannya, justru terjadi ledakan lagi. Kiranya fenomena ini tidak ada di negara-negara lain, termasuk di Timur Tengah. Tetapi apabila dilihat dari kekejamannya terhadap kemanusiaan, inilah teroris paling kejam. Mereka tidak saja membunuh orang tidak bersalah yang sedang sembahyang, bahkan membunuh (juga memberi penyadaran mungkin soal bunuh diri itu) anak-anak yang dilahirkan dan ditumbuhkannya sendiri. Macan saja tidak seperti ini! Dari konteks ini, masyarakat semua (bukan hanya pemerintah), teori yang memerintahkan teroris untuk do it with yourself, telah berhasil dipraktikkan dan diperbarui di Indonesia. Teori do it with yourself ini adalah semacam ajakan dan seruan untuk melakukan tindakan demikian secara mandiri,

Oleh I Nyoman Santur tanpa perlu harus membentuk organisasi. Mungkin pembentukan organisasi tersebut dipandang terlalu lama, dan kurang efisien karena memerlukan waktu untuk mendidik dan menata organisasi. Do it with yourself ini jauh lebih ringkas, dan bisa dilakukan kapan, di mana saja, melalui cara yang selalu tersedia, dan demikian pula dengan proses pembelajarannya. Dengan jaringan komunikasi yang demikian mudah di zaman sekarang serta menampilkan berbagai informasi teknologi (dan inspirasi) yang demikian mudah, para teroris penganut paham ini dapat secara mudah belajar di mana saja. Maka cara merakit bom pun dapat dilakukan di mananama dengan pengetahuan baru, dan itu cukup dilakukan secara mandiri. Keluarga menjadi wahana paling efektif untuk mendayagunakan dan mempraktikkan paham do it with yourself ini. Pertama, dalam keluarga di Indonesia, kepala memegang peranan yang paling penting. Dalam hal ini, in-

doktrinasi melalui contoh-contoh dan nilai-nilai yang diyakini akan secara lebih mudah menyebar di antara keluarga. Kedua, dalam hubungan orang tua dan anak, ketergantungan anak (juga istri) kepada kepala keluarga, sangat tinggi. Sosialisasi yang dilakukan dapat berlangsung secara ringkas, yaitu di rumah sendiri melalui pesan kedekatan anak dan orangtua. Karena ketergantungan itu, apa yang dilakukan oleh sang kepala keluarga cenderung akan diikuti. Teroris yang meledakkan diri di Surabaya pernah menasihatkan kepada anaknya untuk bersabar dan mengikhlaskan saja ketika sang anak menangis pada sebuah persembahyangan. Ini artinya bahwa di samping mungkin ada penolakan dari si anak, tetapi karena peran orangtua itu demikian besar, maka peristiwa tersebut akhirnya terjadi juga. Ketiga, keluarga jelas terhindar dari segala penciuman dari pihak luar, termasuk juga dari petugas keamanan penjinak teroris. Akibatnya, indoktrinasi maupun

sosialisasi nilai-nilai tetap dapat berlangsung tanpa banyak menimbulkan kecurigaan dari pihak luar. Di Surabaya, banyak yang terkejut kalau para peledak diri itu adalah tukang teror karena dalam pergaulan sehari-hari ia pintar berkomunikasi. Sudah menjadi etika umum, bahwa tidak pantas untuk mengurusi keluarga orang lain. Kultur ini sangat menguntungkan bagi pengembanganpengembangan teroris berbasis keluarga karena apa pun yang didiskusikan, hanya keluarga itu yang tahu. Jika kemudian ada pihak lain yang mengetahui “isi” kegiatan dari keluarga yang bersangkutan, itu hanya mungkin dilakukan dari hubungan keluarga yang sangat dekat. Keluargakeluarga yang dekat ini pasti mempunyai hobi, kebiasaan, pemahaman, nilai dan akhirnya ideologi yang sama sehingga benar-benar mampu mengetahui kehendak masing-masing pihak. Dalam hubungan penyebaran teror (terorisme), maka hubungan keluarga yang dekat seperti ini, sangat membahayakan. Jelas mereka mempunyai jalinan dan keanggotaan yang lebih banyak dengan nilai dan ideologi yang sama. Dengan demikian, efek penghancurannya pasti lebih banyak dan meluas juga. Di Surabaya, hal ini sangat kelihatan. Bahwa keluarga peledak bom di gereja-gereja itu bersahabat karib dengan keluarga yang meledakkan bom di Polwiltabes. Demikian juga dengan para peledak diri yang ada di Sidoarjo. Bagaimana kemudian harus menindaklanjuti persoalan ini? Dari sisi wacana, tidak boleh menyalahkan pemerintah. Kita semua yang salah. Sebab, ke-

Kampanye Wisata dan Produk Lokal

Indonesia patut berbangga karena kaya akan daerah wisata yang demikian tumpah ruah. Predikat Indonesia sebagai kawasan wisata kelas dunia ini memang bukan isapan jempol belaka. Baru-baru ini, United Nation World Tourism Organization (UNWTO) mengakuinya. Video pariwisata Indonesia berjudul “Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful Indonesia” menyabet penghargaan prestisius di UNWTO Video Competition 2017. Nama besar Indonesia sebagai kawasan wisata favorit tentu tak lepas dengan andil berbagai daerah yang juga kaya akan destinasi wisata yang sudah dikenal di mata dunia, seperti halnya Bali yang begitu lekat sebagai kawasan surganya wisata. Harapannya berbagai keunggulan serta potensi wisata Bali berdampak signifikan pada ekonomi masyarakat sekitar. Tentu berbagai lini yang terkait wisata perlu dirawat dan dibenahi. Selain, kawasan-kawasan wisata tersebut harus dikembangkan lebih inovatif dan menarik juga perlu digali secara optimal, dengan didukung strategi promosi, pemasaran, atau kampanye yang kreatif. Dalam melakukan promosi wisata tentu pemerintah daerah tidak bekerja sendirian. Perlu melibatkan entitas lainnya, salah satunya yang strategis ialah generasi muda. Berkaitan dengan generasi muda dalam hal ini, pendekatan yang paling pas ialah melalui media sosial (medsos).

Oleh Suwanto Pasalnya, telah kita ketahui bersama pada era cyber information, kehadiran generasi muda dengan medsos ibarat dua sisi mata uang logam, yang tak bisa terpisahkan. Promosi lewat medsos oleh generasi muda tak hanya terkait dengan destinasi wisata, melainkan produk-produk lokal daerah tersebut. Adapun salah satu cara untuk mempromosikan daerah wisata dan produk lokal ialah dengan membentuk komunitas generasi muda yang dapat melakukan kampanye melalui media sosial. Sebagaimana yang telah digencarkan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tazbir selama setengah tahun belakangan. Tazbir secara resmi menggagas dengan mengusung narasi besar gerakan

Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dengan tugas di antaranya memasarkan tempattempat pariwisata ke dunia internasional secara online (dalam jaringan/daring) melalui media sosial. Kementerian pariwisata merintis terbentuknya komunitas ini di berbagai wilayah Indonesia. Mengadaptasi dari apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, tak ada salahnya Bali sebagai daerah dengan destinasi wisata dan produk lokal yang sangat menarik merasa perlu menggandeng anak-anak muda untuk turut memajukan pariwisata serta mendongkrak penjualan produk lokal melalui internet. Karena anak muda inilah yang sudah akrab dengan gaya hidup digital. Ini adalah bagian penting dari strategi promosi wisata serta produk lokal.

Apalagi, pada era globalisasi seperti saat ini lajur kilat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) menuntut kita untuk selalu berbenah mengikuti denyut nadi dinamikanya. Hadirnya medsos sebagai konsekuensi dari kemajuan iptek ini memberi dampak signifikan bagi seluruh aspek kehidupan, termasuk paradigma dalam mempromosikan destinasi wisata ataupun produk lokalnya. Upaya ini tentunya harus didukung dengan pengelolaan wisata harus lebih profesional, pemberdayaan dan peningkatan mutu produk lokal. Harapannya dengan ini semua, selain banyak wisatawan yang berkunjung, mereka juga banyak yang membeli produk lokal, sehingga pada akhirnya berefek pada peningkatan perekonomian masyarakat. Penulis, mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga dan Pendididkan Kimia UNY

‘’Mengadaptasi dari apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, tak ada salahnya Bali sebagai daerah dengan destinasi wisata dan produk lokal yang sangat menarik merasa perlu menggandeng anak-anak muda untuk turut memajukan pariwisata serta mendongkrak penjualan produk lokal melalui internet. Karena anak muda inilah yang sudah akrab dengan gaya hidup digital. Ini adalah bagian penting dari strategi promosi wisata serta produk lokal.’’

tika konstelasi teroris itu sudah sampai pada batas keluarga, memerlukan tindakan yang sangat spesifik untuk memberantasnya. Negara-negara super di Barat, macam Amerika Serikat atau Prancis, tidak mampu mengatasi persoalan ini. Mereka selalu kecolongan dengan orang yang berani mati dan bertindak sendirian, berbasis keluarga. Karena itu, kita semualah yang harus melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya adalah dengan menjadi orang yang celing (tajam penglihatan) terhadap gerak-gerik orang mencurigakan, di mana saja dan menginformasikannya kepada aparat. Hanya, masyarakat yang mampu mencegah teroris seperti ini karena masyarakat basisnya akar rumput. Teroris yang berbasis keluarga adalah teroris yang berbasis akar rumput. Inilah yang menjadi alasan bahwa hanya masyarakatlah yang mampu mmberantas makhluk jahat dan keji bernama teroris tersebut. Yang harus diwaspadai di Indonesia saat ini adalah jenis teror lain yang mungkin juga dibidik oleh para teroris, yaitu menabrakkan mobil di keramaian. Masyarakat Indonesia suka bergerombol, terutama dalam melaksanakan kegiatan hari raya. Cara menabrakkan mobil ini bagi teroris cukup efektif karena mampu memberikan efek mengerikan kepada banyak orang. Teroris yang tidak takut mati itu, justru akan mendapat bonus hidup kalau ditangkap polisi, tidak dibunuh dan bonus itulah yang bisa dipakai untuk mengembangkan tindakan nekat berikutnya. Penabrak akan dapat mengkalkulasi tindakannya jika dianggap gagal dan memesankan kepada pihak lain untuk memperbaiki.

POJOK Anggota DPRD soroti toko modern yang tak bisa perpanjang izin. - Pasar tradisional lepas dari pengamatan. *** Polisi sudah melibatkan Kopassus menindak jaringan teroris. - Tak usah tunggu revisi UU Antiterorisme. *** Pascateror bom, pendataan penduduk pendatang digencarkan. - Setelah itu longgar lagi.

 Perintis : K.Nadha,  Pemimpin Umum: ABG Satria Naradha Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Wirata Redaktur Pelaksana : Made Sueca, Dira Arsana Sekretaris Redaksi: Sugiartha Redaktur Eksekutif: Parwata Redaksi: Daniel Fajry, Mawa, Subrata, Diah Dewi, Giriana Saputra, Wayan Sumatika Anggota Redaksi Denpasar: Asmara Putra, Dedy Sumartana, Yudi Karnaedi, Pramana Wijaya, Eka Adhiyasa, Rindra, Agustoni, Ngurah Kertanegara, Komang Suryawan, Made Miasa, Agung Dharmada, Oka Rusmini, Umbu Landu Paranggi, Maya. Bangli: IA Swasrina, Eka Prananda, Buleleng: Mudiarta. Gianyar: Manik Astajaya. Karangasem: Bagiarta, Klungkung: Sosiawan, Negara: IB Surya Dharma, Tabanan: Dewi Puspawati,Wira Sanjiwani. Jakarta: Nikson, Hardianto, Ade Irawan. NTB: Agus Talino, Izzul Khairi, Raka Akriyani. Surabaya: Bambang Wiliarto. Banyuwangi: Budi Wiriyanto Kantor Redaksi: Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232. Telepon (0361)225764, Facsimile: 227418, Alamat Surat: P.O.Box:3010 Denpasar 80001. Perwakilan Bali Post Jakarta, Bag.Iklan/Redaksi: Jl.Palmerah Barat 21F. Telp 021-5357602, Facsimile: 021-5357605 Jakarta Pusat. NTB: Jalan Bangau No. 15 Cakranegara Telp. (0370) 639543, Facsimile: (0370) 628257. Manajer Sirkulasi: Budiarta, Manajer Percetakan: Tri Iriana, Marketing/Pengaduan Pelanggan: K. Budiarta. Ombudsman: Jimmy Silalahi. Alamat Bagian Iklan: Jl.Kepundung 67A, Denpasar 80232 Telp.: 225764, Facsimile : 227418 Senin s.d. Jumat 08.00-19.00, Sabtu 08.00-13.00, Minggu 08.00-19.00. Tarif Iklan : Iklan Mini: minimal 2 baris maksimal 10 baris, Minggu s.d. Jumat Rp 49.500,- per baris, Sabtu Rp 64.350,- per baris Iklan Umum: < 100 mmk Rp 50.000 per mmk, >100 mmk Rp 55.000 per mmk. Iklan Keluarga/Duka Cita: Rp 40.000 per mmk. Advertorial Rp 25.000 per mmk. Iklan Warna: 2 warna Rp 55.000, 4 warna Rp 75.000 per mmk. Pembayaran di muka, iklan mendesak untuk dimuat besok dapat diterima sampai pukul 18.00. Alamat Bagian Langganan/Pengaduan Langganan: Jl.Kepundung 67A Denpasar 80232 Tel: 225764, Facsimile: 227418. Harga Langganan: Rp 90.000 sebulan, Pembayaran di muka. Harga eceran Rp 4.000. Terbit 7 kali seminggu. Surat Izin Usaha Penerbitan Pers: SK Menpen No. 005/SK/Menpen/SIUPP/A.7/1985 Tanggal 24 Oktober 1985, ISSN 0852-6515. Anggota SPS-SGP, Penerbit: PT Bali Post. Rek. BCA KCU Hasanudin Denpasar AC: 040-3070618 a/n PT. Bali Post. Rek. BRI Jl. Gajahmada Denpasar A/C: 00170 1000320 300 an Pt.Bali Post.  WARTAWAN BALI POST SELALU MEMBAWA TANDA PENGENAL, DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER


7

TABANAN

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Atasi Sampah Plastik

Dibangun Pabrik Daur Ulang Tabanan (Bali Post) Meningkatnya jumlah penduduk menyumbang peningkatan volume sampah, baik organik maupun anorganik. Setiap hari, rata-rata 250 meter kubik sampah dibuang ke TPA Mandung. Bahkan, diprediksikan TPA Mandung akan mengalami overload lima tahun lagi. Karenanya untuk mengatasi permasalahan ini, pabrik pendaur ulang sampah yang dikelola pihak ketiga akan dibangun di Tabanan. Hal ini terungkap saat Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima kunjungan dari PT Hasura Mitra Gemilang, Selasa (15/5). Menurut Bupati Eka, selama ini peningkatan jumlah sampah di Tabanan dari hari ke hari kian mencemaskan. Apalagi bertambahnya jumlah

sampah plastik yang mengandung bahan-bahan kimiawi berbahaya dan baru bisa terurai setelah ratusan tahun lamanya. Meningkatnya penggunaan sampah plastik, karena kebiasaan penggunaan kantong plastik atau tas kresek di toko, warung, pusat perbelanjaan dan supermarket. Produk-produk barang konsumen juga banyak yang dikemas dengan plastik, bahkan plastik yang berlapis aluminium foil yang membutuhkan ratusan tahun untuk mengurainya. ‘’Masyarakat sudah dibuat nyaman dengan kantong plastik dan kurang kesadarannya terha-

dap bahaya dari plastik,’’ terang Eka. Dalam mengatasi permasalahan mengenai sampah plastik ini, lanjut Eka, di Tabanan sudah terdapat bank sampah, baik yang dikelola secara mandiri oleh masyara- kat maupun lembaga. Selain melakukan daur ulang sampah an-

Ombudsman Cek Kinerja Saber Pungli dan BPN

Bali Post/ist

PELAYANAN - Ombudsman mengecek proses pelayanan publik di Polres Tabanan, Rabu kemarin. Tabanan (Bali Post) – Ombudsman RI Perwakilan Bali, Rabu (16/5) kemarin mengecek kinerja tim Saber Pungli serta seluruh SOP pelayanan publik di Polres Tabanan. Mereka diterima seluruh tim saber pungli Polres Tabanan, Kasat Intelkam AKP Ni Luh Komang Sri Subakti, Kasat Lantas AKP Ni Kadek Citra Dewi Suparwati dan staf lainnya. Sebelum turun mengecek pelayanan publik di jajaran Polres Tabanan, tim Ombusdman diterima di ruang Rupatama Polres Tabanan untuk mendengar penjelasan tentang kinerja tim Saber Pungli Polres

Tabanan termasuk prosedur yang dijalani dalam pelayanan publik. Anggota Ombusdman Ni Nyoman Sri Widhiyanti bersama dua staf melihat secara langsung proses pelayanan publik di Polres Tabanan, seperti pelayanan pelaporan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), pelayanan sidik jari, SIM, SKCK, maupun BPKB. Tim juga menanyai Standard Operating Procedur (SOP) terkait pelayanan publik di jajaran Polres Tabanan. Selain itu, juga dicek sarana dan prasarana pendukung pelayan publik di Polres Ta-

banan serta kesigapan personel Polres dalam memberikan pelayanan publik. Kasat Intelkam AKP Ni Luh Komang Sri Subakti mengatakan suatu kebanggaan bagi Polres Tabanan kedatangan rombongan dari Ombudsman RI Perwakilan Bali. Diharapkan dengan kedatangannya kali ini dapat memberikan saran dan masukan bagi Polres Tabanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan. Usai di Polres Tabanan, rombongan selanjutnya mendatangi Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengecek pelayanan pembuatan sertifikat di badan pusat yang bertempat di kabupaten ini. Apalagi banyak isu yang beredar jika pelayanan di BPN dianggap kurang transparan. Usai meninjau dua lokasi layanan publik tersebut, Widhiyanti mengatakan, pihaknya terjun ke Tabanan untuk mengecek kepatuhan instansi dalam penerapan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. ‘’Kami hanya ingin turun langsung melakukan survei terkait kepatuhan instansi dalam pelayanan publik sesuai dengan UU 25 Tahun 2009,’’ ucapnya. (kmb28)

organik dalam hal ini plastik, bank sampah juga memproses sampah organik untuk dipakai sebagai kompos. Dengan adanya pabrik daur ulang sampah plastik diharapkan nantinya bisa semakin membantu mengatasi permasalahan sampah di Tabanan. Ia juga berharap pabrik ini ke depan bisa menghasilkan produk daur ulang yang bisa diterima dan bermanfaat bagi masyarakat Tabanan. Diharapkan juga hasil itu bisa dipromosikan di Bumda Tabanan melalui kerja sama. ‘’Saya harap hasilnya nanti bisa diteri-

ma dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga nantinya bisa dipromosikan di Bumda Tabanan, dan Bumda bisa mempromosikan hasil dari daur ulang itu kepada masyarakat, baik di Tabanan maupun di luar Tabanan,’’ ujar Eka. Sementara itu, Direktur PT Hasuna Mitra Gemilang, Tjoeng Lukito, menyampaikan dalam mendaur sampah plastik di Tabanan, pihaknya akan mengombinasikan dengan kulit gabah (organik). Ia melanjutkan pihaknya memilih Tabanan karena merupakan ikon lumbung padi sehingga mudah untuk mendapatkan bahan baku yaitu kulit gabah. ‘’Dengan mendaur ulang kembali sampah ini, tidak hanya mengurangi sam-

pah plastik tetapi dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan peralatan rumah yang memiliki nilai tinggi, seperti gazebo, meja, tempat sampah, hingga pot,’’ jelasnya. Mengenai kesiapan Bumda Tabanan untuk membantu penyaluran produk sampah daur ulang, Direktur Bumda Tabanan, Putu Sugi Darmawan, Rabu (16/5) kemarin, mengatakan pihaknya siap. Namun untuk pelaksanaannya tentu memerlukan koordinasi dengan pihak terkait. Menurutnya, Bumda Tabanan pada prinsipnya mendukung apa yang menjadi program pemerintah daerah apalagi program yang bisa menangani tentang sampah. ‘’Namun untuk pelaksanaannya, kita sedang menunggu arahan lebih lanjut dari OPD terkait termasuk apa yang masuk dalam kewenangan Bumda,’’ ujarnya. (kmb24)

Cegah Teroris, Polisi Intensifkan Sidak Tabanan (Bali Post) -

Pascaserangan bom di Surabaya dan terakhir di Riau, jajaran kepolisian diinstruksikan siaga satu. Pengamanan pintu masuk ke kantor polisi, baik Polres maupun Polsek di tiap wilayah diperketat. Tidak hanya itu, pihak kepolisian juga mengintensifkan sidak penduduk pendatang (duktang). Di wilayah Kota Tabanan, Selasa (15/5) malam, petugas menyisir tiga desa yakni Desa Dauh Peken, Delod Peken, dan Desa Bongan. Hasilnya, ada sepuluh warga pendatang yang kedapatan tidak melengkapi diri dengan identitas lengkap. Dua orang dari Desa Dauh Peken dan delapan orang dari Desa Delod Peken. Kapolsek Kota Tabanan, Kompol I Gede Made Surya Atmaja mengatakan, warga yang tidak lengkap dokumennya atau tanpa identitas selanjutnya diserahkan ke kantor desa untuk membuat surat keterangan lapor diri atau melengkapi administrasi kependudukan. Surya Atmaja mengatakan, selama kegiatan tidak ditemukan orang atau barang-barang yang mencurigakan. Sidak duktang dalam rangka mencegah paham radikal dan terorisme dilaksanakan mulai pukul 19.00 Wita sampai dengan pukul 21.30 Wita. ‘’Kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya penduduk ilegal serta mengantisipasi masuknya teroris dan terjadinya tindak kriminal menjelang hari raya,’’

ucapnya, Rabu (16/5) kemarin. Lanjut disampaikan, sidak duktang melibatkan tiga puluh personel Polsek Tabanan didukung oleh Babinsa, linmas, pecalang, dan aparat desa serta terbagi menjadi tiga tim dengan sasaran rumah kos atau kontrakan yang berada di tiga desa. Dijelaskan pula tujuan kegiatan razia penduduk pendatang ini dilaksanakan selain untuk mendata dan memeriksa administrasi kependudukan, juga untuk mengantisipasi masuknya teroris pascaledakan bom di Surabaya dan juga untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas menjelang bulan suci Ramadan, hari raya Galungan dan Kuningan serta hari raya Idul Fitri. Diharapkan, masyarakat dapat mendukung tindakan kepolisian yang dilakukan oleh Polsek Tabanan untuk melawan teroris atau tindak kriminal lainnya yang sangat meresahkan masyarakat, dengan meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan apabila menemukan orang-orang atau aktivitas yang mencurigakan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya dan mengaktifkan kembali siskamling. (kmb28)

Bali Post/kmb38

PENDUDUK PENDATANG - Petugas menyisir penduduk pendatang di tiga desa di setwilkum Polsek Tabanan.

Perbarindo DPK Bali Barat Gelar Literasi dan Edukasi Perbankan Ubah Stigma Masyarakat Terkait BPR

Bali Post/kmb24

PUSKESMAS - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menghadiri penilaian puskesmas berprestasi di Puskesmas Selbar, Rabu (16/5) kemarin.

Puskesmas Selbar Nominasi Puskesmas Berprestasi

Tabanan (Bali Post) Puskesmas Selemadeg Barat (Selbar) masuk dalam nominasi dan menjadi wakil Kabupaten Tabanan dalam lomba puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Bali. Penilain lomba ini diadakan Rabu (16/5) kemarin, dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Kehadiran Bupati Eka sebagai bentuk motivasi dan dukungan kepada Puskesmas Selbar dalam mengikuti penilaian tersebut. Penilaian puskesmas berprestasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dalam meningkatkan peran serta leading sector dan semua komponen masyarakat. Bupati Eka mengatakan, di Tabanan sudah secara bertahap membangun puskesmas yang representatif dan layak baik sumber daya

manusia, sarana dan prasarana dan operasionalnya. Dirinya juga mengingatkan kembali mengenai cara pandang kesehatan yang didengungkan selama ini yaitu paradigma sehat. Hal tersebut mengedepankan usaha promotif dan preventif dengan tidak mengabaikan usaha kuratif dan rehabilitatif. ‘’Semakin meningkatnya kualitas kesehatan di bidang promotif dan preventif dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas menjadi lebih baik,’’ ujarnya. Kepala Dinas Kesehatan Tabanan I Nyoman Suratmika memaparkan, Puskesmas Selemadeg Barat merupakan 1 dari 20 puskesmas yang ada di Tabanan dengan kategori puskesmas perdesaan. Jumlah jejaring pelayanan kesehatan yang dimiliki 7 buah puskesmas pembantu, 4 buah poskesdes, dan 73 posyandu balita dengan

365 kader. Puskesmas Selbar dan jaringannya ini melayani 11 desa dan 74 dusun. ‘’Puskesmas Selemadeg Barat didukung 81 orang tenaga kesehatan, dengan klasifikasi medis perawat, bidan, perawat gigi, kefarmasian, gizi, kesehatan masyarakat, sanitarian, dan tenaga teknis lainnya,’’ jelasnya. Puskesmas Selemadeg Barat, menurut Suratmika, selama ini telah melakukan beberapa inovasi guna meningkatkan manajemen dan kinerjanya seperti seppema, si klepon, rapikepler, dan angkah seatap. Sementara itu, Ketua Tim Penilai Provinsi I Made Suwirta mengatakan, tujuan lomba puskesmas berprestasi adalah untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi FKTP dalam meningkatkan peran serta leading sector dan semua komponen masyarakat. (kmb24)

PROGRAM literasi dan edukasi perbankan kini semakin gencar dilakukan. Hal ini bertujuan agar masyarakat semakin mengenal, paham dan nantinya bisa memanfaatkan produkproduk yang disediakan industri keuangan, khususnya BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Seperti yang dilakukan Perbarindo DPK Bali Barat yang merupakan gabungan 32 BPR dari wilayah Bali Barat melaksanakan kegiatan tersebut, Selasa (15/5), di Universitas Tabanan dan diikuti ratusan mahasiswa setempat. Selain pemberian materi, juga diisi penandatanganan kerja sama antara Perbarindo DPK Bali Barat dengan Universitas Tabanan. Seperti disampaikan Ketua Panitia acara I Putu Agus Hendra Nartha yang juga Direktur PT BPR Amerta Sari Kerambitan, saat ini belum semua masyarakat tahu tentang perbankan. Bank ada dua yakni bank umum dan BPR, yang keduanya sama-sama dilindungi pemerintah dan dana nasabah dijamin LPS. ‘’Lewat ajang ini, kami ingin menepis stigma pandangan masyarakat yang berasumsi jika bank umum dan BPR

beda, padahal sama. Samasama dilindungi pemerintah meski diakui memang ada plus minusnya, tapi layanan kami lebih cepat dan mengena apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,’’ ucapnya. Bertema ‘’Melalui Edukasi dan Literasi Kita Tingkatkan Kecerdasan Finansial di Era Digital’’, lanjut Agus Hendra, diharapkan dengan makin maraknya pemasaran di era digital akan ada sinkronisasi dengan usaha keuangan BPR. ‘’Minimal masyarakat melek secara finansial, dan mengajak mereka agar memanfaatkan BPR baik dalam memenuhi kebutuhan modal usaha maupun menyimpan dananya. Sebab, seluruh dana masyarakat di BPR dijamin LPS,’’ terangnya. Sementara itu, Ketua Perbarindo DPK Bali Barat I Nyoman Gede Suamba, S.E. mengatakan, pertumbuhan BPR secara umum untuk di Kabupaten Tabanan stagnan atau dalam artian meski mengalami pertumbuhan tetapi tidak terlalu banyak. Di sisi dana pihak ketiga, dikatakan Gede Suamba yang juga Direktur PT BPR Restu Dewata ini, bertambah, tetapi dalam pertumbuhan

kredit masih melambat. ‘’Indikator penyebabnya karena sekitar tahun 2016 banyak memberikan kredit di sektor properti karena boomingnya properti di Tabanan. Sayangnya belakangan ini mulai lesu dan bermasalah,’’ ucapnya. Lewat kegiatan literasi dan edukasi yang akan rutin dilakukan ke depan, BPR bisa makin dikenal dan dekat dengan nasabahnya. Apalagi BPR dalam mendukung pengembangan eko-

nomi masyarakat bawah (UMKM) bertekad memberikan pelayanan yang terbaik. Di sisi lain, Rektor Universitas Tabanan I Gede Made Rusdianta menyambut baik kegiatan yang dilakukan Perbarindo DPK Bali Barat. Bahkan ke depan, pihaknya berharap akan ada kelanjutan kerja sama yang baik antara pihak universitas dengan BPR, misalnya saja dalam penempatan kerja, magang dan lainnya. (ad891)

MOU - Penandatanganan MoU antara Perbarindo DPK Bali Barat dengan Universitas Tabanan.


KARANGASEM

8 SOSOK

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Dicurigai Pemakai Narkoba

Betul-betul Pengalaman Berharga MENJADI peserta Lemhanas adalah sebuah pengalaman langka. Sebab, tidak sembarang orang bisa mendapatkan kesempatan pendidikan tersebut. Tahun ini, peluang itu pun didapat Ketua DPRD Karangasem Nengah Sumardi. Momentum itu benar-benar dimanfaatkan Sumardi untuk menggali potensi dirinya utamanya terkait pemahaman wawasan kebangsaan lebih baik. Lemhanas RI selama ini menjadi lembaga yang mampu mencetak kader pemimpin nasional berkualitas. Di Lemhanas, para pemimpin daerah, kata Sumardi, bukan saja akan mendapat pendalaman pengetahuan tentang bernegara, tetapi juga nilainilai Pancasila. Agar kelak mereka menjadi komponen bangsa berkualitas, sehingga mampu memenuhi tuntutan dan juga kemajuan pembangunan saat ini. Program Lemhanas disertai keunggulan inovasi, kreativitas, integritas, dan etos kerja untuk mewujudkan kemandirian bangsa, dalam rangka menjaga ketahanan nasional. ‘’Di sana pembicaranya jenderal semua. Minimal, bintang dua di pundak,’’ kata Sumardi sepulang ke Karangasem, saat jeda pendidikan di Lemhanas RI. Selain itu, dia merasakan pendidikan Lemhanas mampu menjadikan pemimpin yang memiliki kredibilitas dalam membangun karakter bangsa, berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab sesuai nilai-nilai kebangsaan dan falsafah Pancasila. Dia menambahkan, sebelum seseorang menjadi pemimpin besar, Lemhanas ini juga memberi bekal pergaulan dunia internasional, dengan kemampuan diplomasi dalam rangka memperjuangkan kepentingan nasional. ‘’Di sana kita betul-betul dididik menjadi seorang pemimpin yang memiliki wawasan luas. Setelah jeda nanti kembali balik ke sana mengikuti pendidikan lanjutan. Betul-betul pengalaman berharga,’’ kata politisi Partai Golkar ini. (gik)

Puluhan Sopir Truk Galian C Dites Urine

Pawai Ta’aruf

Warga Kecicang Islam Kutuk Radikalisme dan Terorisme Amlapura (Bali Post) Menyambut datangnya bulan puasa, Selasa (15/5) malam warga Muslim Banjar Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Karangasem menggelar Pawai Ta’aruf. Pawai yang mirip malam pangerupukan menjelang hari raya Nyepi tetapi tanpa ogoh-ogoh itu dipusatkan di sepanjang Jalan Veteran atau By-pass Jalur 11 Karangasem setelah sebelumnya start dari Masjid Jami Baiturrahim, Kecicang Islam. Iring-iringan pawai itu dimulai sekitar pukul 20.00 Wita. Sebelumnya, ribuan warga berkumpul di halaman Masjid Jami Baiturrahim. Dipandu Banser yang dibantu Pecalang Desa Adat Bungaya, Linmas, TNI, dan kepolisian. Mereka membentuk barisan sebelum kemudian bergerak menuju Jalan Veteran yang berada di seberang jalan sebelah timur kampung. Peserta pawai itu mengenakan busana khas Muslim. Sebagian dari mereka membawa obor layaknya malam pangerupukan. Iring-iringan pawai itu diawali drum band anak-anak disusul seni rudat dan warga. Pawai Ta’aruf itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan warga Muslim di Banjar Kecicang Islam. Namun, pawai kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Sejumlah warga terlihat membentangkan spanduk dukungan kepada aparat kepolisian dalam menindak terorisme. Melawan aksi radikalisme dan mengutuk aksi terorisme yang terjadi di Kota Surabaya, Riau di tempat lainnya di Tanah Air. Kepala Wilayah (Kawil) Kecicang Islam Irfan Ardiansyah mengatakan, Pawai Ta’aruf digelar untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan di mana aktivitas puasa pertama di Kecicang Islam dilaksanakan Kamis (17/5) ini. Acara rutin tahunan itu tak hanya melibatkan warga Muslim, warga non-Muslim terutama krama Hindu juga selalu ambil bagian. Pawai Ta’aruf di Kecicang Islam itu, kata Irfan Ardiansah, adalah bentuk toleransi, kebersamaan, keberagaman antara umat Muslim dengan Hindu. Pawai Ta’aruf sebagai salah satu simbol toleransi antarumat beragama. Sesungguhnya hal itu merupakan warisan leluhur yang senantiasa terus dijaga dan dipupuk. ‘’Ini adalah bentuk toleransi bersama, persatuan, keberagaman, dan kerukunan antarumat beragama. Kita semua mengutuk kejadian bom bunuh diri di Surabaya,’’ tegasnya. Tokoh masyarakat Kecicang Islam, Tuan Guru H. Marzuki, menyampaikan pandangan serupa. Pihaknya bahkan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga warisan leluhur dan selalu hidup rukun berdampingan. ‘’Rasullah SAW mengajarkan perdamaian, leluhur mengajarkan seperti itu. Kami mengutuk segala bentuk radikalisme dan terorisme. Kami mendukung aparat kepolisian dan ikut berduka atas terjadinya korban,’’ ujarnya. Perbekel Bungaya Kangin I.B. Sulendra juga mengatakan komitmen toleransi antarumat beragama di Bungaya Kangin sudah terbina sejak dahulu. Pihaknya pun mengajak seluruh warga, baik Muslim maupun non-Muslim menjadikan Bulan Suci Ramadan kali ini untuk semakin meneguhkan komitmen itu. Hubungan kekerabatan yang selama ini sudah terbina agar selalu dijaga oleh seluruh komponen. ‘’Solidaritas menjadi tameng untuk kita bersama-sama mewujudkan keamanan,’’ katanya. (kmb)

Bali Post/kmb

PAWAI TA’ARUF - Warga Kecicang Islam melaksanakan Pawai Ta’aruf untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan.

Amlapura (Bali Post) -

Puluhan sopir truk galian C mendadak dicegat personel Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karangasem dan instansi terkait lainnya saat melintas di rest area Banjar Dinas Kangkang, Desa Kerta Mandala, Abang, Rabu (16/5) kemarin. Mereka dicegat untuk dilakukan tes urine. Pasalnya, selama ini dicurigai menjadi pemakai narkoba. Pelaksanaan tes urine itu bekerja sama dengan Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali. Mereka berkolaborasi untuk memaksimalkan hasil tes urine ini. Informasinya bahwa sopir truk galian C ini diduga menggunakan narkotika. Hal itu sangat meresahkan. Sebab, jika berkendara dalam pengaruh narkotika, maka sangat berisiko membahayakan bukan saja diri sendiri juga orang lain saat melintas di jalan raya. “Kami tidak ingin itu terjadi. Makanya sekarang kami lakukan tes urine langsung pada sopirnya di jalan,” tegas Kepala BNNK Karangasem AKBP I Nyoman Sebudi di tengah-tengah pelaksanaan tes urine di

lokasi. Pelaksanaan tes urine dipimpin AKBP I Nyoman Sebudi didampingi Kasi Dayamas, Kasi P2M, dan Kasi Rehabilitasi BNNK Karangasem. Kegiatan ini juga didukung personel Dinas Perhubungan 5 orang, jajaran TNI 5 orang, dipimpin langsung Danramil Abang Kapten I Ketut Sumendra dan jajaran kepolisian Polsek Abang dengan 10 personel polisi. Banyak pihak yang dilibatkan dalam pelaksanaan tes urine kali ini. Hal itu menunjukkan keseriusan BNNK Karangasem menekan penyalahgunaan narkoba yang semakin meresahkan di Karangasem. Pelaksanaan tes urine ini dilaksanakan sejak pukul 10.30 Wita sampai 15.30 Wita. Ada 30 sopir truk galian

C yang dicegat langsung untuk menjalani tes urine. Hasilnya, tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba maupun jenis obat-obatan terlarang lainnya pada sopir truk itu. Hasil pelaksanaan tes ini disampaikan secara langsung kepada peserta usai pelaksanaan tes. “Kami juga ingatkan dan imbau agar tetap peduli terhadap lingkungan kerja dan keluarga. Hindari narkoba itu agar selamat dalam perjalanan di jalan raya,” tegas Sebudi. Sebudi menambahkan, bagi perusahaan, keberadaan karyawan atau pekerja yang bebas dari penyalahgunaan narkoba, jelas sangat diuntungkan. Sehingga dalam situasi negara darurat

Sopir truk galian C ini diduga menggunakan narkotika. Hal itu sudah pasti sangat meresahkan. Sebab, jika berkendara dalam pengaruh narkotika maka sangat berisiko membahayakan bukan saja diri sendiri, juga orang lain saat melintas di jalan raya. Kami tidak ingin itu terjadi. Makanya sekarang kami lakukan tes urine langsung pada sopirnya di jalan. Kepala BNNK Karangasem AKBP I Nyoman Sebudi

narkoba ini sekarang perusahaan pemerintah/BUMN dan swasta diwajibkan melaksanakan tes urine. Demikian juga bagi para calon dan pekerja, sebelum melamar pekerjaan wajib bersih dari penyalagunaan obat-obatan terlarang dan narkoba ini. Karena seperti itu persyaratannya, maka banyak permintaan

pelaksanaan tes urine dari perusahaan-perusahaan. Tujuannya, untuk mengetahui kondisi dan juga kualitas pekerjanya. “Ini sangat baik dan sudah banyak perusahaan yang mau secara mandiri, bahkan sudah mau melakukan pengadaan alat tes urine bagi pekerjanya,” jelasnya. (kmb31)

Hidupkan Putung, Duda Timur Gunakan BUMDes Objek wisata Putung sempat melambungkan nama Karangasem ke dunia internasional. Tidak heran, suasana sejuk dengan panorama yang indah di sekitarnya itu menjadikan Putung dulu objek wisata favorit dan benarbenar berhasil menjadi andalan Karangasem. Setelah lama terbengkalai, Putung yang ada di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat itu berencana memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desanya, untuk menghidupkan kembali Putung dari keterpurukan sebelumnya. Bagaimanakah rencana Putung itu didesain sehingga mampu mengundang para wisatawan agar ramai lagi berkunjung ke tempat nan indah itu?

PUTUNG - Kondisi objek wisata Putung saat ini.

PERBEKEL Desa Duda Timur I Gede Pawana yang ditemui, Rabu (16/5) kemarin, mengatakan memanfaatkan BUMDes untuk mengelola objek wisata, hal itu sebenarnya memang sangat memungkinkan. Pihaknya mengaku sudah pernah berkonsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Karangasem. “Secara teknis, hal itu sangat memungkinkan. Makanya, sekarang kami matangkan rencana ini dengan pemerintah daerah,” kata Pawana usai menerima

penghargaan Rekor Muri di objek wisata Putung. Lahan objek wisata Putung adalah aset milik Pemkab Karangasem. Setelah rancangan kerja sama Pemkab Karangasem dengan BUMDes Desa Duda Timur rampung, maka dipercaya harapan membangun Putung lagi, akan segera terealisasi. “Pembangunan objek wisata Putung akan dibantu pemerintah daerah. Pengelolaannya nanti oleh desa. Semoga tahun 2019, semua rencana itu bisa terwujud,” kata Pawana. Kepala Dinas Pariwisata

Karangasem I Wayan Astika, Rabu kemarin, belum berkenan memberikan keterangan perihal rencana ini. Terakhir, sejak batalnya salah satu investor lantaran gagalnya negosiasi dengan Pemkab Karangasem, tidak ada lagi cerita rencana investasi dari para investor yang berangan-angan mengembangkan Putung. “Silakan tanyakan langsung dengan Bupati,” pinta Astika. Putung sejatinya sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata alternatif. Di objek tersebut,

Bali Post/gik

Pemkab Karangasem punya 1,2 hektar lahan. Di lahan itu bisa dibanguni fasilitas pariwisata. Di sana juga ada spot-spot wisata milik desa adat. Spot-spot wisata itu baru bisa dikembangkan dengan maksimal jika induknya yakni Putung sudah tertata dengan apik dan bagus. Salah satu spot wisata yang cukup potensial dikembangkan menjadi destinasi wisata adalah Air Terjun Jagasatru. Air terjun setinggi 35 meter itu berada di alur tebing pada bagian bawah Putung. Secara administratif,

Air Terjun Jagasatru masuk wilayah Banjar Pateh, Desa Duda Timur. Objek wisata Putung merupakan hamparan perbukitan yang menawarkan panorama ke arah laut selatan Karangasem. Dari puncaknya tersaji pemandangan alam sangat indah. Tebing di bawahnya cocok untuk aktivitas trekking. Bahkan, rutenya sangat istimewa, melewati kebun-kebun penduduk. Air Terjun Jagasatru memberikan nilai lebih dibandingkan lokasi trekking di tempat lain. (gik)


GIANYAR

Kamis Paing, 17 Mei 2018

9 HUT Ke-41, YKI Gelar IVA Gratis bagi Ibu-ibu di Desa Sukawati

Bali Post/kmb35

DIPERIKSA - Terlihat pengunjung diperiksa Kapolsek Ubud Kompol Made Raka, sambil dijaga ketat aparat bersenjata.

Pascapenyerangan Mapolda Riau

Seluruh Kantor Polisi Dijaga Ekstra Ketat

Gianyar (Bali Post) -

Polisi berompi antipeluru dengan senjata laras panjang kini memeriksa seluruh pengunjung. Bahkan, kendaraan pengunjung sempat dilarang masuk ke dalam kantor polisi. Kabag Ops. Polres Gianyar Kompol Dewa Mahaputra mengakui penjagaan bertambah ketat dari kejadian pertama di Surabaya. Dikatakan, hal ini menjadi instruksi seluruh jajaran kepolisian. ‘’Jadi, kami hanya melaksanakan sesuai instruksi,’’ ujar Dewa Mahaputra. Walau penjagaan ekstra

ketat, pengunjung yang hendak melakukan pelayanan tetap dapat masuk ke dalam Mapolres Gianyar. Seperti pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun surat kelakuan baik tetap diterima. ‘’Pelayanan masih tetap bisa dilakukan. Cuma mereka yang masuk diperiksa dulu,’’ jelasnya. Pengamanan lebih ketat karena Polres Gianyar memberlakukan sistem parkir kendaraan di luar Mapolres. Kendaraan pengunjung yang biasanya boleh masuk, kali

ini harus parkir di tepi Jalan Ngurah Rai Gianyar. Padahal, di jalan tersebut terdapat rambu larangan parkir. Mengenai kondisi tersebut, Dewa Mahaputra mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar. ‘’Parkir di luar dulu sementara. Untuk itu (rambu larangan parkir) kami koordinasi. Karena situasinya begini. Jadi, sementara kendaraan pengunjung parkir di luar,’’ jelasnya. Berbeda dengan kendaraan

personel kepolisian yang bertugas di Polres, mereka bisa parkir di dalam. Menurutnya, penjagaan super ketat ini tidak saja berlangsung di Mapolres, di kepolisian sektor seperti polsek-polsek di seluruh Gianyar juga diberlakukan penjagaan yang sama. “Ini belum tentu sampai kapan. Kami menunggu instruksi juga,’’ jelasnya. Walau menjaga diri dari ancaman teror, kepolisian juga tetap menjaga objek wisata yang tersebar di Gianyar. Mengenai tenaga pengamanan masih menggunakan personel dari Polres Gianyar. ‘’Apabila diperlukan baru kami meminta tambahan personel ke Polda Bali,’’ tandasnya. (kmb35)

Gianyar (Bali Post) Tercatat ada ratusan wanita di Kabupaten Gianyar yang masuk kategori rawan sosial ekonomi. Mereka merupakan para wanita yang menjadi tulang punggung keluarga. Namun, dari jumlah itu hanya sebagian yang baru tersentuh bantuan pemerintah, seperti pemberian bantuan bibit babi. Rabu (16/5) kemarin, terdapat 25 wanita rawan sosial ekonomi yang diberikan bantuan bibit babi oleh Dinas Sosial Kabupaten Gianyar.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar I Made Watha mengungkapkan, bantuan berupa bibit babi betina ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan sejak 2014. Berdasarkan data per 2017, di Kabupaten Gianyar tercatat 873 wanita rawan sosial ekonomi yang menjadi tulang punggung keluarga. ‘’Mereka adalah para wanita yang berjuang dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya,’’ katanya. Namun, dari jumlah tersebut diakui tidak seluruhnya terdaf-

tar sebagai penerima bantuan. Sejak 2014 hingga saat ini, tercatat baru 125 wanita rawan sosial ekonomi telah menerima bantuan, sisanya akan diberikan secara bergilir tiap tahunnya. ‘’Sebelumnya, kita lakukan klarifikasi ke lapangan bekerja sama dengan pihak desa. Bantuan ini kita fokuskan pada warga kurang mampu dan yang betul-betul layak menerima bantuan,’’ terang Watha. Watha menambahkan, bantuan ini dimaksudkan untuk pemberdayaan wanita yang

selama ini menjadi tulang punggung keluarga. Harapannya, bantuan ini dapat dikembangkan menjadi usaha, guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. ‘’Bantuan ini sebagai modal untuk selanjutnya dikelola sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga,’’ kata Watha. Sebanyak 25 wanita rawan sosial ekonomi yang menerima bantuan bibit babi ini berasal dari tiga desa yakni Desa Singapadu Kaler Kecamatan Sukawati, Desa Lodtunduh

Teror susulan yang terjadi di Mapolda Riau, membuat jajaran polisi wilayah lain lebih meningkatkan pengawasan, termasuk di Gumi Seni Gianyar. Penjagaan superketat kini dilakukan di Mapolres Gianyar hingga di masing-masing Polsek pada Rabu (16/5) kemarin.

SALAH satu hal penting yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker adalah penerapan pola hidup sehat. Sebanyak 43 persen dari seluruh kasus kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, sedangkan 30 persen dari kasus dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati pada keadaan dini. Hal ini ditegaskan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar dr. I.A. Cahyani Widyawati pada acara deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara serangkaian HUT ke-41 YKI sekaligus menerima kunjungan kerja Bali International Combine Clinical Meeting (BICCM), di Kantor Desa Sukawati, Gianyar, Rabu (16/5) kemarin. Berdasarkan data morbiditas rawat inap di RSUD Sanjiwani Gianyar, tahun 2015 tercatat dari 11.537 kasus rawat inap, 413 kasus disebabkan oleh kanker. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5,8 persen meninggal. Tahun 2016 terdapat 11.832 kasus rawat inap, 365 disebabkan oleh kanker dengan kematian 6,3 persen. Sedangkan tahun 2017 terdapat 147 penderita kasus kanker yang domisili di Kabupaten Gianyar. Mencermati situasi ini, menurut Cahyani, diperlukan upaya konkret dan berkesinambungan dalam pencegahan dan pengendalian kanker sejak dini serta berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan perannya masing-masing dalam rangka mengurangi bebannya akibat kanker. Pada kesempatan itu, Cahyani juga mengucapkan

Ratusan Wanita Alami Rawan Sosial Ekonomi

SOSIALISASI - Suasana sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara serangkaian HUT ke-41 YKI yang sekaligus menerima kunjungan kerja Bali International Combine Clinical Meeting (BICCM), di Kantor Desa Sukawati Gianyar, Rabu (16/5) kemarin. banyak terima kasih pada tim dokter spesialis dari Adelaide Delegation of Field Visit 8 th BICCM yang khusus datang ke Kabupaten Gianyar melihat secara langsung pelaksanaan IVA tes, Sadanis dan Cryotherapy pada 160 wanita PUS di Desa Sukawati. Mereka khusus ingin melihat langsung penanganan kanker khususnya kasus kanker pada kehamilan atau cancer in pregnancy. ‘’Selain pemerintah, masing-masing anggota masyarakat maupun komunitas peduli kanker memiliki kekuatan untuk melakukan tindakan dalam rangka mengurangi dampak kanker pada individu, keluarga, dan komonitas,’’ tegas Cahyani. Sementara itu, Ketua Panita Kegiatan serangkaian HUT ke-41 YKI dr. Budayasa, Sp.OG. mengatakan, YKI Cabang Gianyar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Sukawati 1,

Kantor Desa Suwati dan PKK desa setempat mengadakan screening IVA pada 160 wanita PUS dari 13 banjar di Desa Sukawati. Pada kesempatan itu juga dilakukan Cryotherapy yang ditangani oleh dokter konsultan dari RSUP Sanglah Denpasar dan Sadanis untuk pencegahan kanker payudara. Menurut dr. Budayasa, sasaran pelaksanaan IVA tes adalah perempuan umur di atas 30-50 tahun yang sudah menikah. Cakupan IVA tes di Kabupaten Gianyar angkanya cukup tinggi di atas 30 persen. Angka ini berada di atas target nasional minimal 30 persen dari jumlah ovokasi PUS 30-50 tahun. Selain pelaksanaan IVA tes, pada kesempatan itu juga masyarakat diberikan sosialisasi tentang kanker oleh Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (Kompak) dari Fakultas Kedokteran Unud Denpasar. (ad886)

Kecamatan ubud, dan Desa Bresela Kecamatan Payangan. Masing-masing orang menerima dua ekor bibit babi betina. Jadi, total bantuan bibit babi betina yang diserahkan hari ini 50 ekor. (kmb35) BIBIT BABI - Kadis Sosial Kabupaten Gianyar Made Watha menyerahkan bantuan bibit babi kepada wanita rawan sosial ekonomi di Desa Singapadu, Sukawati, Rabu (16/5) kemarin.

Bali Post/kmb35


JEMBRANA

10

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Pelajar Tewas Dilindas Truk

Terjangan Ombak Mengganas

Negara (Bali Post) Jalur nasional Denpasar-Gilimanuk kembali memakan korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas. Seorang pelajar asal Asah Duren, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Gede Agus Pratama Putra (17), meregang nyawa setelah terlindas truk tangki nopol L 9466 UT di jalan umum, tepatnya di depan Pasar Desa Pekutatan, Jembrana Km 69-70 jurusan Denpasar-Gilimanuk, Rabu (16/5) pagi. Kepala korban remuk dan meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP). Informasi yang dihimpun menyebutkan, truk tangki yang dikemudikan Mujaini (45) asal Banyuwangi bergerak dari arah barat. Begitu tiba di depan Pasar Pekutatan, tiba-tiba korban yang mengendarai sepeda motor Honda Vario nopol DK 5506 IH hendak menyalip dari arah kiri. Terjadinya senggolan yang membuat korban tidak bisa menguasai kendaraannya. Korban jatuh ke kanan dan masuk ke kolong truk. Tak pelak, roda belakang truk pun melindas tubuh korban. Kejadian itu membuat warga sekitar kaget. Mereka berduyun-duyun datang ke TKP guna mengetahui kejadiannya. Sedangkan korban mengalami luka parah dengan kepala remuk dan meninggal di TKP. Guna penyelidikan lebih lanjut, jenazah korban dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan, sopir truk diamankan polisi untuk menjalani pemeriksaan. Tak hanya itu, sejumlah saksi juga dimintai keterangan. Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Yoga Widiatmoko seizin Kapolres Jembrana saat dikonfirmasi membenarkan adanya kecelakaan tersebut. Setelah pihaknya menerima laporan, sejumlah petugas langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Olah TKP pun dilakukan. Dari hasil sementara, kecelakaan itu terjadi diduga akibat kurang hati-hatinya korban ketika hendak mendahului truk dari sisi kiri. “Untuk lebih jelasnya, kami masih dalami kasus kecelakaan ini,” katanya. (kmb26)

Jalan Menuju Pantai Pebuahan Putus

Bali Post/olo

Negara (Bali Post) –

Terjangan ombak semakin mengganas di Pantai Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara. Selain merusak sejumlah rumah warga, jalan menuju permukiman juga putus. Jalan yang baru setahun diaspal ini tergerus ombak hingga setengah. Warga pun tidak bisa melewati jalan yang menuju deretan warung-warung kuliner tersebut.

Bali Post/kmb

KECELAKAAN - Kondisi sepeda motor milik korban sesaat setelah terjadinya kecelakaan dengan truk di jalan umum, tepatnya di depan Pasar Desa Pekutatan, Jembrana, Rabu (16/5) kemarin.

Menurut sejumlah warga menyebutkan ombak tinggi dan begitu ganas terjadi pada Selasa (15/5) malam. Beberapa warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat karena terjangan ombak terasa sangat dekat. Keesokan harinya, ombak ternyata tidak saja menghancurkan rumah warga, tetapi juga akses jalan di pantai yang sejatinya baru diperbaiki. Putusnya jalan ini membuat warga tidak bisa melintas. Mereka terpaksa harus memutar melalui jalan alternatif lain yang lebih jauh. “Sudah sejak Minggu lalu ombaknya terasa besar.

Kalau malam (suara) gemuruh begitu terdengar keras dan disertai dengan angin kencang. Tadi malam yang paling keras (ombak),” tandas salah seorang warga, Rabu (16/5) kemarin. Dari pengamatan, ada beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan, bahkan ada yang putus. Padahal di pinggir jalan itu sudah dipasangi batu armor dengan harapan bisa menghadang ombak. Namun, nampaknya tidak berhasil. Faktanya jalan di sana hingga jebol. Perbekel Banyubiru, Masturi membenarkan kondisi abrasi yang semakin

parah di wilayah Dusun Pebuahan itu. Ada beberapa titik jalan yang tergerus, tetapi tidak sampai putus. Jalan itu masih bisa dilalui kendaraan roda dua, sedangkan untuk mobil sudah tidak memungkinkan. “Ada beberapa titik (jalan) yang tergerus. Tadi kami berikan bantuan sembako sekitar 30 warga yang terkena dampak,” terangnya. Kendati kondisinya sudah parah, warga masih bertahan dan beberapa warung makan seafood juga masih beroperasi. “Masih ada jalan lain untuk bisa ke sana (Pantai Pebuahan),“ tambahnya. Untuk bantuan awal, pihaknya memberikan bantu sembako kepada puluhan warga yang rumahnya tergolong rusak parah dan sedang. Sementara jalan yang tergerus itu merupakan aset kabupaten dan memang baru beberapa waktu lalu diperbaiki. Sedangkan untuk upaya lainnya, pihak desa sudah melaporkan

agar dapat dibantu revertment pantai. Sebelumnya, cuaca buruk yang terjadi sejak Minggu (13/5) sore di Kabupaten Jembrana mengakibatkan sejumlah permukiman diterjang ombak. Dari informasi yang dihimpun, gempuran ombak menerjang dua titik pantai di Gilimanuk, Kecamatan Melaya dan Banyubiru, Kecamatan Negara. Bahkan sejumlah bangunan milik warga hancur. Di Lingkungan Jineng Agung, Gilimanuk sejumlah bangunan hancur digerus ombak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian material akibat kejadian itu mencapai puluhan juta rupiah. Selain di Lingkungan Jineng Agung, abrasi juga terjadi di Lingkungan Asri. Ombak air laut sampai masuk ke halaman rumah warga dan jalan di pinggir pantai. Akibatnya dua bangunan milik warga jebol. (kmb26)

Diterjang Angin Kencang, Puluhan Prajurit TNI Disiagakan di Pelabuhan Gilimanuk Rumah Warga Ambruk Antisipasi Teroris Masuk Bali

Negara (Bali Post) Terjadinya serangkaian teror bom di sejumlah wilayah, terutama di Surabaya dan Sidoarjo membuat aparat keamanan bersinergi melakukan

pengamanan di objek vital. Seperti halnya di pintu Pelabuhan Gilimanuk. Pengamanan di salah satu pintu masuk Bali ini tak hanya dilakukan aparat kepolisian. Akan tetapi,

puluhan prajurit TNI pun ikut serta melakukan penjagaan, pengamanan dan pengawasan. Hal ini diungkapkan Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok

Bali Post/kmb

PEMERIKSAAN - Sejumlah petugas melakukan pemeriksaan di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (16/5) kemarin. Tak hanya kepolisian yang melakukan pemeriksaan, tetapi juga dari prajurit TNI.

dalam apel gabungan TNIPolri, Selasa (15/5) sore. Ia mengatakan Pelabuhan Gilimanuk merupakan salah satu pintu masuk Bali di bagian barat. Untuk itu, sudah seharusnya dijaga dengan melakukan pengamanan secara ketat. Terlebih adanya serangkaian aksi teror bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur serta di daerah lainnya. Letkol Djefri menjelaskan, kegiatan pengamanan dan pengawasan yang dilaksanakan prajurit TNI ini merupakan back-up terhadap Polri. Pihak TNI mempertebal kekekuatan pengamanan dengan penambahan personel. 4 prajurit dari Pos TNIAL, 1 prajurit Subdenpom IX/3-2 Jembrana, 5 prajurit dari Kodim 1617/Jembrana dan 10 prajurit dari Yonif Mekanis 741/GN. “Kita amankan setiap jengkal tanah Bali. Kepada prajurit TNI yang bersenjata, saya harap bisa lebih jeli dan waspada dalam membantu mengawasi serta dapat mengawal rekan-rekan kita yang sedang memeriksa barang-

barang dan surat-surat baik penumpang maupun barang dalam kendaraan,” tegas Dandim. Sementara itu, Kapolres Jembrana AKBP Budi Perdamaean Saragih menegaskan, pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk diharapkan selalu bersinergi antara TNI-Polri, sehingga pelaksanaan pengamanan senantiasa dapat berjalan dengan baik dan kompak. Sebelumnya, ia juga sempat menyampaikan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan pascaterjadinya serangkaian aksi teror bom, pihaknya menambah personel sebanyak 50 orang. Di areal Pelabuhan Gilimanuk yang meliputi Pos I dan Pos II, personel yang sebelumnya sebanyak 23, kini ditambah menjadi 27 anggota. Pengamanan itu juga di-backup 10 personel pasukan elite Polri dari Satbrimob Bataliyon C Polda Bali. Mereka ini dilengkapi senjata laras panjang. “Kita jaga dan awasi pintu masuk Pulau Bali ini secara bersama-sama,” imbuhnya. (kmb26/kmb)

Pohon Tumbang di Dewasana

Negara (Bali Post) – Angin kencang yang menerjang wilayah Negara belakangan ini mengakibatkan rumah warga ambruk. Tak hanya itu, sebuah pohon di Lingkungan Dewasana, Kelurahan Pendem juga tumbang dan menutup penuh jalan setempat, Rabu (16/5) kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, dampak adanya pohon tumbang itu membuat akses jalan desa sempat tertutup beberapa jam. Peristiwa pertama terjadi pada Selasa (8/5) lalu, dimana angin kencang yang menerjang di wilayah perbukitan itu merobohkan rumah milik I Putu Gunawan Yasa di Lingkungan Dewasana. Untungnya korban yang sudah memiliki firasat ini, memilih tinggal di bangunan lainnya. Untuk itu korban bisa selamat dari reruntuhan. “Kita sudah laporkan dan sekarang korban sementara tinggal di bangunan satunya,” kata Ke-

pala Lingkungan Dewasana Wayan Sunarta kemarin. Bangunan rumah warganya itu sudah rapuh sehingga ketika terjadi angin kencang mudah roboh. Selain rumah warga roboh, angin kencang juga mengakibatkan sebuah pohon yang berada di kebun warga tumbang. Pohon berdiameter 80 cm itu tumbang hingga melintang di tengah jalan. Pohon yang membentang di tengah jalan ini sempat memutus akses jalan. Hingga akhirnya ditangani dengan memotong batang dan mengevakuasinya ke pinggir jalan. Lurah Pendem I Wayan Putra Mahardika saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Batang pohon itu sempat menutup akses jalan poros, namun setelah menerima laporan langsung dapat ditangani. “Sudah ditangani tadi (kemarin - red). Kini akses jalan sudah normal,” pungkasnya. (kmb26)

Upacara ”Palebon” Pekak Jegog

Diiringi Gamelan Jegog dan Tarian Putri Bambu SENIMAN yang memiliki andil besar dalam kesenian Jegog asal Desa Sangkaragung, Jembrana, I Ketut Suwentra (Pekak Jegog), kini telah berpulang. Meninggalnya sosok yang dikenal ramah bergaul dan eksentrik ini bukan saja menjadi duka bagi keluarga, namun juga masyarakat Jembrana serta kalangan seniman dalam dan luar negeri. Semasa hidupnya, Suwentra yang kerap dipanggil Pekak Jegog ini konsisten mengembangkan kesenian Jegog hingga menjadi kebanggaan masyarakat Jembrana dan Bali. Kecintaan pencipta tarian Makepung ini terhadap Jegog dibuktikan melalui Yayasan Suar Agung yang kini sudah mencetak para penabuh Jegog hingga mencapai tujuh generasi. Maestro Jegog ini menitipkan pesan kepada anak-anaknya dan seluruh seniman, agar Jegog tetap berkumandang.

Hingga akhir hayatnya, saat palebon di Setra Sangkaragung, Rabu (16/5) kemarin, gamelan Jegog pun ikut mengiringi sampai proses pembakaran selesai. Iringan Jegog Tabuh Sidakarya ini dipersembahkan para generasi yang diajarinya. Selain tabuh Jegog, tarian Putri Bambu juga dipentaskan

di antara para pelayat dari berbagai daerah di Bali dan luar negeri. “Ini (iringan jegog) spontan dan memang permintaan beliau (alm.) dari masugan (bertanya pada arwah almarhum). Beliau meminta agar disertakan juga topi koboi dan kacamata kesayangannya,” ujar I Gede Oka

Bali Post/olo

PALEBON – Suasana upacara palebon seniman Jegog I Ketut Suwentra atau lebih dikenal Pekak Jegog yang diiringi dengan alunan gamelan Jegog, Rabu (16/5) kemarin.

Artha Negara, anak pertama almarhum Suwentra saat ditemui di sela-sela upacara palebon. Satu hal yang berulang kali disampaikan kepada Artha Negara, yakni agar Jegog tetap berkumandang, terutama Yayasan Suar Agung. Karena itu, Artha Negara yang saat ini berkiprah di Amerika Serikat meneruskan bakat ayahnya dan berkeinginan kembali ke tanah air. Di antara lima anak Pekak Jegog, Artha Negara memiliki bakat paling menonjol dan beberapa kali tampil. Bahkan juga mencipta tarian. Bapak dua anak yang saat ini sedang menempuh gelar doktor (Ph.D.) di University of California mengenal sosok ayah sekaligus sahabat terhadap almarhum. Kenangan yang paling berkesan, kata dia saat menciptakan tarian Tiing Sangkep. Tarian yang menceritakan pemimpin memberikan con-

toh dan tongkat komando itu, ia merasa menjadi satu dengan ayahnya. “Beliau menginginkan agar Jegog tetap dilanjutkan sampai semampunya hingga seluruh dunia tahu,” tambah Arta Negara didampingi adik kandungnya, Komang Wisnu Wardana. Perlu diketahui, Pekak Jegog meninggal dunia pada Kamis (10/5) lalu di RSUP Sanglah. Jenazah Pekak Jegog tiba di rumahnya di Kelurahan Sangkaragung, Sabtu (12/5). Selama disemayamkan, sejumlah kawan dan tamu serta para pejabat di Bali hadir memberikan penghormatan terakhir kepada maestro Jegog ini. Seniman yang lahir di Jembrana pada 12 Desember 1948 meninggal karena menderita kanker paru. Pekak Jegog selain berkiprah dalam kesenian Jegog, juga merupakan dosen di Nagoya Collage of Music. (olo)

Bali Post/olo

TUMBANG – Pohon tumbang yang diterjang angin kencang sempat menghalangi jalan poros di Lingkungan Dewasana.


Kamis Paing, 17 Mei 2018

BULELENG

11

Penindakan Penunggak PHR

Pemkab Jangan Tebang Pilih Singaraja (Bali Post) -

Wacana Pemkab Buleleng untuk menindak tegas penunggak pajak, khususnya hotel dan restoran, mendapat respons positif. Hanya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Buleleng Dewa Ketut Suardipa meminta itu berlaku secara merata, bukan tebang pilih. Tak sebatas itu, kebijakan tersebut juga harus diimbangi penertiban akomodasi pariwisata yang ditengarai cukup banyak bodong.

PERTANIAN - Lahan pertanian di pinggir Danau Buyan terendam.

Bali Post/kmb45

Terendam Air Danau Buyan

Kerugian Pertanian Rp 1,7 Miliar

Singaraja (Bali Post) Luapan air Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng telah lama merendam belasan hektar lahan pertanian. Fenomena alam itu telah menyebabkan kerugian hingga miliaran rupiah. Menyikapi hal itu, pemkab mewacanakan untuk menggelontorkan bantuan berupa bibit. Berdasarkan pantauan, Rabu (16/5) kemarin, air danau yang bersandingan dengan Danau Tamblingan, Kecamatan Banjar ini masih merendam lahan pertanian di Dusun Buyan dan Dasong. Sama sekali tidak ada petani yang beraktivitas. Lahan garapannya yang sebelumnya tertanami sayuran dan stroberi telah dipenuhi semak belukar. Tak hanya itu, air juga masih menggenangi beberapa permukiman warga. Seorang petani, Luh Sutami, mengatakan air danau sejak dua minggu lalu sudah mulai surut. Namun, belum mampu membuat petani lega. ‘’Beberapa hari tidak hujan. Memang air surut, tetapi sedikit,’’ ungkapnya. Fenomena yang tahun lalu sudah sempat terjadi ini telah menyebabkan petani kelimpungan. Tidak ada hasil panen, tetapi harus membayar kontrakan lahan. ‘’Banyak yang ngontrak. Sekarang gagal panen,’’ ucapnya. Dihadapkan kondisi demikian, petani tak bisa berbuat banyak. Penghasilannya hanya mengandalkan lahan tidak terendam yang tidak terlalu luas. ‘’Sekarang hanya bisa menunggu. Kalau surut, baru bisa menanam lagi,’’ imbuhnya. Panen sayuran yang anjlok berimbas pada berkurangnya pasokan ke Pasar Pancasari, hingga memicu lonjakan harga. Untungnya tak berselang lama pasokan datang dari Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. ‘’Sekarang, sayur lebih banyak dari Candikuning. Biasanya pertanian di sini (bantaran Da-

nau Buyan - red) yang banyak,’’ sebut seorang pedagang, Luh Arini. Pasokan minim, katanya, hanya terjadi pada stroberi. Harganya mencapai Rp 45 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya yang hanya Rp 22 ribu. ‘’Biasanya sehari dapat dari petani 20 kilogram. Sekarang hanya 2 kilogram. Kualitasnya juga tidak bagus,’’ tuturnya. Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Buleleng I Gede Subudi mengatakan, sesuai hasil pendataan, lahan terendam mencapai 18 hektar. Rinciannya, lahan stroberi 12 hektar, sayuran 3 hektar, tomat 2 hektar, paprika dan cabai masing-masing setengah hektar. Total kerugian Rp 1.752.000.000. ‘’Ini ada di Dusun Dasong dan Buyan,’’ ungkapnya. Pejabat asal Kecamatan Busungbiu ini menyebutkan, pemkab telah menganggarkan pemberian bantuan bibit sebesar Rp 23.400.000. Hanya itu terbatas pada stroberi dengan alasan sebagai komoditas unggulan. ‘’Sudah dianggarkan di induk tahun ini. Untuk bibit lain, seperti sayuran, masih bisa diupayakan petani,’’ jelasnya. Dinyatakan pula, petani yang lahannya terdampak mencapai 44 orang. Penggelontoran bantuan akan diawali verifikasi. ‘’Nanti petani akan dikumpulkan dulu,’’ tandasnya. (kmb45) Lahan Pertanian Terendam Air Danau Buyan n Stroberi 12 hektar n Sayuran 3 hektar n Tomat 2 hektar n Paprika setengah hektar n Cabai setengah hektar Total kerugian Rp 1.752.000.000.

Di bumi Panji Sakti, terdapat 179 hotel dan restoran. Itu belum termasuk vila. Sampai saat ini, tak dimungkiri masih ada hotel dan restoran yang menunggak pajak. Namun, ditegaskan, itu bukan disengaja. Tetapi karena adanya kekeliruan dalam manajemen yang tidak menambahkan 10 persen dari pajak yang telah diatur dalam peraturan daerah. Itu biasanya include dalam menu yang ditawarkan pada wisatawan. ‘’Kami sangat mendukung kebijakan pemkab ini. Hotel dan restoran yang kami datangi rata-rata bersedia melunasi,’’ ujarnya, Rabu (16/5) kemarin. Ditegaskan, dalam pe-

mungutan tunggakan pajak, pemkab harus berlaku secara adil dan jangan tebang pilih. Demikian juga halnya dengan audit. Tidak lagi sebatas menyasar hotel dan restoran yang sudah mendapat penghargaan dan mengikuti aturan. ‘’Ini disampaikan pemilik hotel dan restoran. Kok yang sudah dapat penghargaan saja yang sering diperiksa. Semestinya mendapat perlakuan sama. Supaya tidak tebang pilih,’’ katanya. Tak hanya itu, pemkab juga perlu melakukan penertiban terhadap vila yang ditengarai masih banyak bodong. Itu tak sebatas merugikan akomodasi yang sudah beri-

zin, namun juga pendapatan daerah yang menguap. ‘’Sudah tidak mengantongi izin, nyari wisatawan. Nanti yang sudah berizin tidak dapat apa-apa. Kami berharap ini ditertibkan,’’ tegasnya. Khusus untuk pajak yang dipungut, diharapkan bisa dipergunakan lebih besar untuk pembangunan pariwisata, salah satunya infrastruktur. ‘’Sebab, sampai sekarang masih ada destinasi yang perlu perhatian dan perawatan. Sehingga wisatawan bisa tertarik untuk datang lagi,’’ ujar Suardipa. Sebelumnya, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan akan menindak tegas perusahaan yang tidak

menyetorkan pajak. Langkah awal yang dilakukan adalah mengubah perbup. Dari ini, pemkab memberikan peringatan pertama, kedua, dan peringatan ketiga. Khusus untuk peringatan ketiga, pemkab akan memasang plang atau stiker yang menunjukkan perusahaan sedang menunggak pajak. Mendukung hal tersebut, pemkab juga mempersiapkan beberapa orang PNS untuk mengikuti pendidikan sebagai juru sita. Mereka nantinya ditugaskan mengeksekusi setiap ada perusahaan yang terbukti menunda melunasi pajak baik PHR, PBB, maupun PAT. Tunggakan pajak ini menjadi temuan DPRD Buleleng. Salah satunya pada hotel dan restoran di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada terhitung 31 Desember 2017. Rinciannya, Pajak Hotel Rp 288.770.115 dan Pajak Restoran Rp 143.383.091. (kmb45)

Diduga Terserang Virus Panleukopenia

Beberapa Kucing Mati Mendadak Singaraja (Bali Post) Warga resah karena banyak kucing mati mendadak. Kematian kucing itu diduga karena terserang virus panleukopenia. Seorang warga Kelurahan Banyuning, Made Narta Arianta, Rabu (16/5) kemarin, menemukan beberapa ekor kucing di Lingkungan BTN Banyuning Indah mati secara mendadak. Kematian beberapa ekor kucing tersebut hampir terjadi setiap hari. Tak pelak kondisi ini memunculkan kekhawatiran akan menyebarkan penyakit tertentu yang berpotensi menular kepada manusia. Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buleleng Drh. Wayan Susila membenarkan telah menerima pengaduan kematian beberapa ekor kucing

secara mendadak di Lingkungan BTN Banyuning Indah. Setelah dilakukan pemeriksaan, kucing itu mati karena terserang virus panleukopenia. Penyakit ini menular lewat kontak langsung atau melalui air liur, kencing, muntahan, dan kotoran kucing yang terinfeksi. Selain itu, anak kucing juga dapat tertular virus dari induknya, kalau induk terserang virus ini pada saat bunting. ‘’Kita temukan kalau kucing itu mati diduga terinveksi panleukopenia. Gejala serangannya seperti muntah dan mencret dan itu sampai 80 persen terjadi kematian terutama pada kucing yang masih muda,’’ katanya. Susila menambahkan, salah satu cara mencegah penularan virus ini adalah dengan vak-

sinasi. Terkait dampaknya kepada manusia, Susila memastikan virus ini hanya terjadi pada kucing. Dirinya juga memastikan kalau virus ini tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan, kasus ini berbeda dengan virus rabies yang bersifat sonosis atau menular pada manusia. (kmb38)

Drh. Wayan Susila


KLUNGKUNG

12

Kamis Paing, 17 Mei 2018

Rencana Relokasi Pedagang Blok A Pasar Semarapura

Dikeluhkan, Bangunan Kios Sementara Tanpa Pintu Semarapura (Bali Post) -

Bali Post/ina

RILIS - Kasus pengungkapan SS dirilis jajaran Polres Klungkung, Rabu (16/5) kemarin. Kedua pelaku pemakai SS digiring ke sel tahanan Polres Klungkung.

Dua Pemakai SS Diamankan Polisi Semarapura (Bali Post) Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Klungkung berhasil menangkap dua pengguna narkoba jenis sabu-sabu (SS). Keduanya masing-masing berinisal IBNY (34) dan IDGN (22). Mereka diamankan petugas usai melakukan transaksi di dua lokasi berbeda. Tersangka IBNY yang tinggal di Lingkungan Pekandelan Kelurahan Semarapura Kelod ini diamankan di Jalan Teratai, Semarapura, tepatnya di depan SMPN 1 Semarapura pada Minggu (6/5) malam. Penangkapan terhadap tersangka IBNY ini bermula dari adanya informasi yang diterima Satreskoba Polres Klungkung akan adanya peredaran narkotika di wilayah Kecamatan Klungkung. Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti petugas dengan melakukan penyelidikan. Berbekal informasi dan ciri-ciri orang yang dicurigai, sekitar pukul 21.30 Wita petugas langsung mencegat tersangka saat sedang melintas di depan SMPN 1 Semarapura. Dari hasil penggeledahan yang dilakukan, ditemukan barang bukti berupa satu paket SS yang dibungkus dengan plastik klip seberat 0,57 gram bruto atau 0,04 gram netto. Selain itu polisi juga mengamankan satu pembungkus rokok dan satu buah HP milik tersangka. Oleh petugas, tersangka dan barang bukti langsung dibawa ke Polres Klungkung. Sedangkan tersangka IDGN yang beralamat di Banjar Blong, Desa Getakan berhasil diringkus di Jalan Ahmad Yani No. 8 Lingkungan Besang Kawan, Klungkung pada Senin (7/5). Tersangka diamankan sesaat setelah melakukan transaksi narkoba di depan sebuah bengkel. Petugas yang mendapati hal tersebut langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan. Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita satu paket SS yang dibungkus plastik klip warna bening dan digulung dengan tisu serta dibungkus dengan lakban hitam. Berat SS yang dibawa tersangka, yakni 0,37 gram bruto atau 0,02 gram netto. Kasat Narkoba Polres Klungkung AKP Gusti Ngurah Yudistira didampingi Kasubag Humas Polres Klungkung AKP Gede Ardana mengatakan, penangkapan terhadap kedua pengguna SS ini merupakan bagian dari upaya memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Klungkung. Diterangkan, para tersangka ditangkap usai melakukan transaksi SS. Berdasarkan hasil keterangan yang didapat dari kedua tersangka, barang bukti SS yang kini disita petugas dibeli untuk dikonsumsi pribadi. Keduanya mengaku sudah menjadi pemakai sejak beberapa bulan terakhir. ‘’Saat ini kedua tersangka sudah ditahan dan kini sedang kita proses,’’ kata AKP Yudistira. (kmb40)

Rencana Pemkab Klungkung merelokasi pedagang di Blok A Pasar Semarapura ke areal parkir serangkaian rencana penataan pasar, dikeluhkan beberapa pedagang. Masalahnya tempat penampungan sementara yang dibuatkan di selatan Pura Melanting itu dinilai sempit dan rawan banjir. Tak hanya itu, pedagang juga meragukan keamanannya lantaran bangunan terbuat dari kayu triplek dan tidak dilengkapi pintu. Seperti yang diungkapkan salah seorang pedagang, Darmayani, Rabu (16/5) kemarin. Dia mengatakan rencana relokasi pedagang di Blok A akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat direlokasi nanti, dirinya akan diberikan tempat berjualan sementara dengan ukuran yang lebih kecil dari kiosnya sekarang, yakni 2x1,8 meter. Dengan ukuran yang sempit itu, dirinya tidak bisa memikirkan bagaimana caranya menempatkan seluruh barang dagangannya di sana. “Raknya saja tidak bisa masuk,” ujarnya. Dia juga menyebut lokasi yang akan digunakan mere-

lokasi pedagang kurang nyaman karena rawan banjir saat musim hujan. Tak hanya itu, dari sisi keamanan juga diragukan lantaran bangunan tempat berjualan sementara itu tidak dilengkapi pintu. Hal serupa juga diungkapkan pedagang lainnya, Wayan Resmi. Diakuinya, kondisi tempat relokasi cukup kecil. Meski demikian, dirinya mengaku menerimanya, terlebih sudah menjadi kesepakatan bersama. Sementara itu, Kepala UPT Pasar Klungkung Komang Widiasa Putra saat dikonfirmasi mengatakan sesuai aspirasi pedagang saat kegiatan sosial-

isasi belum lama ini, relokasi direncanakan setelah hari raya Galungan. Sesuai permintaan pedagang kain, mereka akan ditempatkan satu kompleks di tempat parkir selatan Pura Melanting. Mengenai keluhan kecilnya ukuran tempat penampungan sementara, dia menyarankan supaya ditanya-

kan ke dinas terkait. Di lain pihak, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Wayan Mustika menerangkan tempat penampungan sementara yang kini masih dalam proses pengerjaan sudah melalui tahap sosialisasi ke pedagang. Dia menjelaskan

karena anggaran terbatas yakni Rp 175 juta, tempat penampungan pedagang tidak bisa dibuat lengkap dengan pintu. Terkait hal itu pihaknya pun meminta pedagang untuk berpartisipasi melengkapi tempat berjualannya masingmasing dengan pemasangan pintu. (kmb40)

PPDB SMA/SMK Dibuka Empat Jalur Semarapura (Bali Post) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK tahun 2018/2019 akan dibuka melalui empat jalur. Keempat jalur tersebut meliputi, jalur alasan khusus, prestasi, keluarga tidak mampu, dan jalur zonasi. Khusus jalur zonasi, PPDB saat ini tidak lagi ditentukan mengacu pada google map, melainkan berdasarkan kecamatan. Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Bali di Kabupaten Klungkung Nyoman Ratmaja, Rabu (16/5) kemarin mengatakan, sesuai draf petunjuk teknis Provinsi Bali 2018/2019, PPDB dilakukan dengan sistem online.

Ada empat jalur yang dibuka. Keempat jalur tersebut memiliki mekanisme dan dasar seleksi tersendiri. Untuk jalur alasan khusus dan jalur prestasi, pendaftarannya dibuka pada 11 dan 12 Juni 2018. Sementara jalur keluarga tidak mampu pendaftarannya dibuka tanggal 18 dan 20 Juni 2018. Sedangkan jalur zonasi, pendaftarannya dimulai 28 sampai dengan 30 Juni 2018. Ratmaja menyampaikan dalam jalur zonasi saat ini, penerimaan peserta didik baru tidak lagi ditentukan mengacu google map seperti tahun sebelumnya. Melainkan ditentukan berdasarkan kecamatan. Dia mencontohkan untuk SMAN 1 Banjarangkan, misalnya, zonanya meliputi Kecamatan Banjarangkan, Klungkung dan Gianyar. Itu artinya calon siswa yang bersekolah di SMAN 1 Banjarangkan diprioritaskan yang berasal dari tiga kecamatan tersebut. Namun, apabila kuota yang dibuka masih terdapat sisa, sekolah itu masih bisa menerima siswa dari kecama-

tan, bahkan kabupaten lainnya yang masuk dalam zona II seperti Susut, Tembuku, Blahbatuh, Sukawati, Tampaksiring, Ubud, Rendang, Sidemen, Dawan dan Bangli. “Kalau dulu kan pakai google map. Misalnya, SMAN 1 Banjarangkan, radiusnya ditentukan 7 kilometer pakai google map. Sekarang pakai kecamatan,” jelasnya. Sementara untuk SMK, kata Ratmaja, tidak ditentukan zonasi per kecamatan. Calon siswa dari Klungkung bisa memilih bersekolah di kabupaten lainnya, sesuai sekolah yang jurusannya. “Karena jurusannya kan beda-beda. Calon siswa yang mau mengambil jurusan perikanan misalnya, dia bisa bersekolah di Bangli. Sebab di Klungkung tidak ada jurusan perikanan,” imbuhnya. Pria asal Badung ini menambahkan, dengan upaya ini diharapkan penyebaran siswa di masing-masing sekolah bisa merata. Tidak akan ada lagi muncul kesan sekolah favorit dan tidak favorit. (kmb40)


BALI GLOBAL CLASSIFIED ADS

Kamis Paing, 17 Mei 2018

13

IKLAN MINI - IKLAN PELUANG EMAS

Sarana promosi, mempertahankan, memperluas pasar serta meningkatkan citra perusahaan, Paling efektif, mini biaya, maksimal hasilnya � Tarif iklan Mini/Baris

: Minggu s/d Jumat : Rp 49.500,- per baris, Sabtu : Rp 64.350,- per baris (30 character), minimum 2 baris, maksimum 10 baris (bayar dimuka), Adlibs Radio Global/Genta/Besakih Rp 50.000 (3 x siar) � Iklan Peluang Emas : Rp 795.000,- maksimum ukuran 1 kolom X 3 cm, 10 kali muat/bulan (bayar dimuka) tidak termasuk iklan lowongan/dijual/dikontrakkan rumah, tanah, ruko, mobil, dll. Tarif khusus 70 tahun Bali Post. Iklan mendesak untuk dimuat besok, diterima sampai pukul : 18.00 Wita � Materi iklan diserahkan berupa file dalam bentuk CD/Flashdisk dengan format: Coreldraw, Photoshop atau Iklan Anda di desain langsung di bagian iklan Bali Post, GRATIS! � BCA 040 - 2784847 A/n. PT Bali Post, BRI Denpasar 00170 - 1000320300 PT Bali Post

BVC Kerja Luar Negri Resmi Biaya Koperasi LPD unt Semua Usia Pasutri No Pdidikan Hotel PkebunanResto pasti Brangkat,Line WA081375409869&087754689692

Urgent Cleaning Service pglmn 1Th.Krm CV:rismasata@gmail.com

B.BP.001.05.18.0000640

Vila di Seminyak mencari Security Telp.0361-736674

B.BP.001.05.18.0000877

B.BP.004.05.18.0000622

Dbthkn Office Girl:diutmakn yg bisa Bhs Inggris,Rajin&Cekatan Admin:Min.SMK,Wnt,cept tanggap Timeline Manager:Brpglman di bdang Produksi Garment,cekatan mampu bkrja dibawah tekanan Krm CV ke:info@kingtrading.com Telp:0361-731726/langsung ke Jl.Raya Kerobokan No.1X Br.Semer,Kerobokan

B.BP.001.05.18.0000853

Dcr Karywn/Wati,Lulusan SMA,Bs Komputer,Jl.Ry.Sesetan 135 Dps

B.BP.001.05.18.0000858

Dcr Krywati u/Apotik.Kirim Lam ke Jl.Mertasari 108 Sidakarya

DIJUAL MOBIL BMW

Djl BMW X5 XDrive 301AT Abu2 Metalik KM41200 Th’2009 Istmwa Jarang Pakai Hub.08123812222

B.BP.153.05.18.0000874

DATSUN

Supir SIM B1 Gaji: 2Jt-an/bln, Sales Mrkting,FO :085103167222

B.BP.001.05.18.0000864

Tukng Aspal Parkir Hotel,Gudng, restauran,Jalan,Bongkar Bangunan Hub:082144422817

B.BP.001.05.18.0000752

B.BP.001.05.18.0000803

Dcr SPG Max30th&Sudah Menikah Punya SIM C.Bawa Lam ke Banoli Motor Jl.Buluh Indah No.75 Dps

Dicari Sopir untuk Toko Listrik.SMS ke:0811394065

B.BP.153.05.18.0000876

Resto in Canggu Looking for Barista, Exp Good English Send CV to:hello@oldmans.net B.BP.001.05.18.0000883

Dcr Lls SMU-S1 utk Guru PG/TK ada Diklat. Lgs Krj.0811380028 B.BP.821.05.18.0000246

Dcr sgr:Sekretaris,Accounting (Bs bhs.Inggris)&Tukang Jahit Gaji Bgs+BPJS Tlp.(0361)755204 B.BP.001.05.18.0000766

Accountant needed for international travel. Min.5 years experince. English speaking. Send letter of application and resume to: receptifindo@gmail.com

B.BP.004.05.18.0000871

Dicari Chiushih&Karyawan/wati Hub:0361-724526.

B.BP.001.05.18.0000856

Driver SIM A & Tenaga Bongkar u/Ekspedisi.08175275283 -DPSB.BP.001.05.18.0000861

Garmen Cr Checker(W)+Tk.Jahit Borongan(P/W)Hub.081999677757 B.BP.001.05.18.000052

SERVICE

B.BP.001.05.18.00008630

Need Villa Supervisor/Head Butler for Villa in Canggu. Good Spoken & Written English. Tlp:0811385656 or Send CV to: thebali_villa8@yahoo.com B.BP.001.05.18.0000844

SERVICE

SERVICE

FOTOCOPY DIJUAL MOBIL

DIJUAL MOBIL

RUPA-RUPA

DIJUAL MOBIL

DIJUAL RUMAH

B.BP.141.05.18.0000882

Dilelang Honda Mobilio’14 dan Grand Livina’14,Asli Bali Hub.089619874461

Panther LS HiGrade’04 Spr Istw Br Simpanan,08123808700 Bs Crd B.BP.141.05.18.0000879 MAZDA

Mazda CX7 GT Putih’2010 AsBali 225jt Bs Tkr,085100856999 Prbd

B.BP.001.05.18.0000855

B.BP.001.05.18.0000862

Dijual Kebun Jeruk Siap Panen Kintamani.Hub:082144180048/Oka

B.BP.001.05.18.0000849

Tnh 2 Are di Jl.Ry.Tumbakbayuh Bs Beli 1 Are Hub.081337141817

B.BP.001.05.18.0000866

Tnh Kav 1-1,5-2-9-16 are CashKrd Jl.Tangkuban Perahu Padang Smbian0817342802,085100878402

B.BP.001.05.18.0000685

Dikont.Toko LT2 Murah A.Yani U 40JT,Dkt Conato H:081934341117

ISUZU

Dcr Sopir SIM A untuk Klinik Hewan Hub.(0361)723777

B.BP.001.05.18.0000082

Dijual Cepat Tanah Murah 1,5 A Serongga Gnyr Hub:0361-461236

Jazz RS Matic Th’2011 Asli DK Putih H.081238116467

B.BP.141.05.18.0000881

B.BP.001.05.18.0000755

DIJUAL TANAH Tnh Nempil 250Jt/A,Jl.Besakih PondokCitraPmogan08123871809

DISEWAKAN TOKO

B.BP.001.05.18.0000847

Dcr Salesman utk Ban Mobil Max 30th&Mekanik Bisa Buka Pasang Ban.Bawa Lamaran ke Banoli Motor Jl.Buluh Indah No.75 Dps

Dcri Pramuniaga Pria,Admin Min D3,Akunting Hub.Graha Multi Daya Elektrik Jln.T.Umar No.70

B.BP.164.05.18.0000884

� Denpasar : (0361) 225764 (hunting) WA. 081802411818 e-mail:iklanbp@yahoo.co.id, iklan@balipost.co.id

HONDA

Honda Accord 2.4 Matic Th’2007 Hitam H.081999315168

B.BP.001.05.18.0000754

LOWONGAN

BUC Datsun go+16 Pth asDK Tgn1 TVCamera,VelgRcg,081805330222

Informasi pasang iklan Telepon

B.BP.141.05.18.0000878

DicariMarketing,wanita/pria, maks 25th,penampilan menarik,mudah bergaul,semangat kerja tinggi,kerja Tim,kirim lamaran ke: Jl. Kepundung No.67 A Denpasar/ Email: konvergensiiklan@gmail.com iklanbp@yahoo.co.id

***Matahari Auto Gallery*** *Hub:0361-464168/081238116467* *Mercedes SLK240 AMG’12 Merah* *Range Rover Evoque Dinamic Luxury 3 TV Th’2011 Hitam* *Fortuner G Th’10 Hitam Istw*

G.01

B.BP.141.05.18.0000880

B.BP.001.05.18.0000804

DICARI TOKO

Dicari toko/warung/ruko di jual daerah Renon,Panjer Sesetan Denpasar Hub via wtsap 081558900389 B.BP.004.05.18.0000873

DIJUAL RUKO Djl Cpt & Murah Ruko 2 Unit Jl Tegal Wangi II/34 Sesetan Densel Hrg 2M Hub.087864154888 TP B.BP.030.05.18.0000454

Jual Mrh Ruko LT2 Cash&Credit Jl Raya Pesiapan Tabanan Hub:081805687070/087861468770 B.BP.001.05.18.0000851

MERCEDEZ

RUPA-RUPA Yg ingin hsilkan ratusan hingga jutaan hnya dgn chattingan di HP cara akan di bimbing dari nol sampai bisa Hubungi via Wtsap 081558900389

B.BP.004.05.18.0000872

RUPA-RUPA *Simpanan 90 Juta Langsung dpt Scoopy Gratis Hub.081238011111 B.BP.001.05.18.0000783

KEHILANGAN Hlg BPKB No.C9890436-O DK 1074 CA An. I Wayan Muditha,SE B.BP.001.05.18.0000845

Hlg BPKB No.E8433775-O DK 4097 AAO An. I Wayan Muditha,SE B.BP.001.05.18.0000846

BIRO JASA

Bntu Lap Pajak SPT Tahunan PKP NPWPSIUPPasport081338344155 B.BP.001.05.18.0000058


BANGLI

14

Kamis Paing, 17 Mei 2018

SOSOK Ajak Perhatikan Makanan

Musnahkan - Barang bukti miras yang dimusnahkan pihak kepolisian.

Bali Post/kmb41

Polres Bangli Musnahkan 535 Liter Miras

Bangli (Bali Post) -

Jajaran Polres Bangli bersinergi dengan TNI dan Pemkab Bangli memusnahkan barang bukti (BB) sebanyak 535 liter minuman keras (miras), Rabu (16/5) kemarin. Pemusnahan BB ini dilaksanakan serangkaian HUT ke-61 Kodam IX/ Udayana dan Hari Bhayangkara ke-72. Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo menegaskan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil operasi tim gabungan yang dilakukan selama sebulan. Jelas dia, miras yang diamankan ini diperoleh di sejumlah warung tradisional milik warga di Bangli. ‘’Pemusnahan miras ini kita lakukan untuk menciptakan suasana yang kondusif jelang bulan puasa. Selain itu, aksi ini juga untuk meminimalisir

tindak pidana yang dilakukan masyarakat akibat terpengaruh miras,’’ tegas Tri Waluyo. Dia menjelaskan, jelang bulan puasa pihaknya bakal terus gencar melakukan operasi untuk mencegah peredaran miras di masyarakat. ‘’Upaya ini kita lakukan agar umat muslim dapat melaksanakan puasa dengan khidmat,’’ paparnya. Jalan Sehat Sementara itu, dalam rang-

ka memperingati HUT ke-61 Kodam IX/Udayana dan Hari Bhayangkara Ke-72, juga dilaksanakan olahraga bersama bertempat di Makodim 1626/ Bangli. Jalan sehat ini diikuti ratusan peserta dari jajaran Polres, TNI dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Bangli. Kodim 1626/Bangli Letkol Cpm. Andy Pranoto mengatakan, kegiatan olahraga bersama dilaksanakan dalam rangka menjalin hubungan sin-

ergitas TNI-Polri dan instansi terkait dalam rangka HUT ke-61 Kodam IX/Udayana dan Hari Bhayangkara ke-72 serta mewujudkan pilkada damai Juni mendatang. ‘’Kegiatan ini untuk menjalin hubungan sinergitas TNIPolri untuk mendukung tugas pokok sehari-hari. Karena seberat apapun tugas di lapangan kalau sudah dilaksanakan secara bersama-sama, maka akan terasa ringan dan dapat dijalankan dengan baik dan maksimal. Bagi umat muslim yang ada di wilayah Bangli selamat menjalankan bulan puasa,’’ kata Andy Pranoto. Sementara itu, Kapolres

Bangli AKBP Agus Tri Waluyo mengajak seluruh anggota TNIPolri agar selalu bekerja sama di lapangan (sinergitas) untuk menciptakan situasi wilayah Bangli yang kondusif. ‘’Untuk menjaga keamanan harus dilaksanakan secara gotong royong. Karena dengan begitu, maka secara otomatis tugas pokok dapat dilaksanakan dengan baik,’’ tegasnya. (kmb41)

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Karena untuk bisa melakukan aktivitas, maka kondisi tubuh harus sehat dan bugar. Untuk menjaga kesehatan tubuh, masyarakat Bangli diharapkan mampu menjaga pola makan dengan baik. Hal itu diungkapkan Bupati Bangli I Made Gianyar saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD), Selasa (15/5). Bupati Made Gianyar menjelaskan, pangan sehat dan bergizi yang akan dikonsumsi merupakan suatu keharusan. Karena makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. ‘’Kalau ingin sehat, kita harus bisa meniru pola hidup orang Jepang, yang begitu bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Tentu hidup ini tidak akan berarti kalau kita sakit. Apalagi penyebabnya adalah makanan yang kita konsumsi secara sadar. Sehingga masyarakat diharapkan bisa memperhatikan kesehatanya,’’ ucapnya. Made Gianyar menambahkan, pangan yang dikonsumsi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kesehatan tubuh seseorang. Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat serius mengurus ketersediaan pangan dan keamanan pangan. Menurutnya, ketersediaan pangan saja tidak cukup kalau pangan yang tersedia tersebut tidak sehat. Maka dari itu, pihaknya mengajak para kader yang sudah dilatih dalam bimtek ini, supaya dapat mereplikasi dan mengetoktularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat di sekitar. ‘’Kita tidak ingin pengetahuan dalam Bimtek selesai di sini. Tetapi ini bisa disebarluaskan agar masyarakat semakin sadar dan cerdas dalam memilih pangan yang sehat,’’ pintanya. Terkait dengan pangan sehat bagi masyarakat, Bupati Made Gianyar juga mengaku sudah berkali-kali menyampaikan seruan, imbauan dan instruksi kepada masyarakat, khususnya pedagang agar bisa menjual pangan yang sehat kepada konsumen dalam hal ini masyarakat Bangli. Termasuk menyediakan makanan di kantinkantin sekolah harus benar-benar sehat dan tidak membahayakan bagi yang mengkonsumsinya. ‘’Kalau sampai terjadi di kantin sekolah, maka pedagang di sana harus diganti. Kan banyak sekali yang pengen jualan di sekolah. Kita ingin masyarakat Bangli terlindungi dari pangan berbahaya,’’ tegasnya. (nan)

Jelang Hari Raya Galungan

Tekan Pengangguran

Pemkab Berikan Warga Miskin Harga Daging Babi Tembus Rp 60 Ribu/Kg Pelatihan Keterampilan Berbagai upaya dilakukan Pemkab Bangli melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Tenaga Kerja dan Transmigrasi menekan kemiskinan. Salah satunya dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada warga miskin lewat program Balai Latihan Kerja (BLK) yang berlokasi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjar Kayuamba Desa Tiga Susut. Apa saja pelatihan yang diberikan, berikut laporannya. Plt. Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli Ida Bagus Weda Astika didampingi Plt. Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Cok Gede Agung Panji mengungkapkan, program Balai Latihan Kerja (BLK) yang dibuat tersebut untuk membantu m a sy a rakat ya ng b elum memiliki pekerjaan, yang nantinya bakal diberikan berbagai pelatihan sesuai dengan basic yang dimiliki. Dia menjelaskan, program BLK membuat 19 paket kegiatan di antaranya salon kecantikan, perbengkelan, servis HP, kepariwisataan, pengolahan pascapanen dan kursus menjahit. ‘’Dari 19 paket sekarang ini sudah berjalan sebanyak empat paket. Program ini diperuntukkan untuk masyarakat umum Bangli yang belum memiliki pekerjaan tetap. Tapi program ini diprioritaskan untuk warga miskin. Program ini dilaksanakan setiap tahun dan anggarannya diberikan oleh pemerintah pusat,’’ ucapnya belum lama ini.

Dijelaskan Weda Astika, untuk materi kegiatan yang diberikan kepada para peserta memang dari Pemkab Bangli. Materi pelatihan tersebut selanjutnya diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan dana. Sementara para instruktur yang memberikan pelatihan tersebut adalah mereka yang sudah memiliki keahlian di bidangnya dan bersertifikat. Kata Astika, khusus untuk tahun ini, pemerintah pusat menganggarkan Rp 1 miliar lebih untuk mendukung program tersebut. ‘’Mereka diberikan pelatihan sampai mereka benar-benar siap untuk terjun di dunia kerja sesuai pelatihan yang diikuti. Bahkan khsusus untuk di pariwisata peserta sampai disertifikasikan,’’ paparnya. Disinggung apakah setelah selesai mengikuti pelatihan mereka sudah terserap di dunia kerja atau membuka usaha sendiri, Weda Astika menegaskan, pihaknya belum tahu secara pasti. ‘’Inilah yang perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah mereka sudah bekerja, membuka

usaha atau belum. Karena selama ini belum dilakukan evaluasi seperti itu,’’ paparnya. Lebih lanjut dikatakannya, jika memang setelah mengikuti pelatihan ingin membuka usaha secara mandiri, pihaknya meminta supaya mereka memilih lokasi yang strategis dan peluang usaha yang dibuka. Dan yang paling penting harus memiliki semangat dan jiwa kewirahusahaan. Karena di zaman sekarang persaingan bisnis semakin ketat dan jika tidak memiliki semangat itu, maka akan sulit untuk berkembang dan eksis. ‘’Dalam membuka usaha jangan mudah menyerah. Harus mempunyai keyakinan agar usaha yang dibangun bisa berkembang,’’ tegasnya. Sementara itu, Plt. Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Cok Gede Agung Panji menambahkan, untuk meningkatkan kualitas calon pencari kerja khususnya yang bakal mencari kerja ke luar negeri sekaligus menyalurkan mereka ke luar negeri, pihaknya secara tidak langsung dibantu oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dari pihak swasta. ‘’Mereka diberikan pelatihan bahasa asing. Sehingga mereka menguasai bahasa asing dan dapat lancar dalam berkomunikasi. Karena bekerja ke laur negeri harus memahami bahasa asing,’’ tegasnya. (nan)

Menjarit - Warga miskin saat mengikuti pelatihan menjahit.

Bali Post/kmb41

Bali Post/kmb41

MEROKET - Salah satu pedagang daging babi di Bangli menggelar dagangannya. Jelang hari raya Galungan harga daging babi di pasaran tembus Rp 60 ribu per kg.

Bangli (Bali Post) Menjelang pelaksanaan hari raya Galungan dan Kuningan, harga daging babi di pasaran meroket. Untuk di tingkat peternak harga daging babi mencapai Rp 32 ribu per kg. Sementara untuk di tingkat pasaran harga daging tembus kisaran Rp 58-60 per kg. Meroketnya harga disebabkan jumlah babi siap potong sangat minim. Salah seorang peternak babi asal Banjar Sala, Desa Abuan Susut, Ketut Mupu, Rabu (16/5) kemarin mengungkapkan, sejak sebulan lalu harga babi memang mengalami peningkatan. Harga jual babi di tingkat peternak kisaran Rp 31 ribu sampai Rp 32 ribu per kg. Sebelumnya harga daging babi kisaran Rp 21 ribu hingga Rp 22 ribu per kg. Sedangkan harga di pasaran berada kisaran Rp 25 ribu hingga 26 ribu per kg. ‘’Melambungnya harga babi belakangan ini, selain karena dekat hari raya Galungan dan Kuningan, juga diakibatkan sedikitnya populasi babi yang mengakibatkan peternak tidak laku memelihara babi. Dan untuk saat ini sudah siap panen. Babi yang dipanen berusia 7 bulan dengan berat 100 kilogram. Namun kembali pada masing-masing peternak,

jika hanya mencari berat 80 kilogram, usia 5 bulan sudah bisa dipanen,’’ ucapnya. Sementara itu, pedagang daging babi di Pasar Kidul Bangli, Dewa Ayu Mustini, tidak menampik jika harga daging babi belakangan ini cukup mahal. Dia menjelaskan, di pasaran harga daging babi tembus Rp 58 ribu sampai Rp 60 ribu per kg. Mahalnya harga daging diakibatkan sedikitnya peternak yang memelihara babi, akibat tidak adanya bibit babi. ‘’Kalau daging campuran sedikit lebih murah yakni Rp 55 ribu per kg-nya. Kalau daging saja harganya Rp 58 ribu sampai Rp 60 ribu,’’ ucapnya. Pedagang asal Banjar Sidawa Desa Tamanbali, Bangli itu menambahkan, harga daging babi diprediksi bakal terus meningkat. Pasalnya, dalam waktu dekat bakal ada hari raya Galungan dan Kuningan. ‘’Kemungkinan harga daging tetap mahal. Bahkan saat Galungan bisa saja harga daging mengalami kenaikan lagi. Karena kenaikan daging ini sudah terjadi beberapa kali,’’ ucapnya seraya menambahkanm meskipun harga daging mahal, namun pembeli tidak terlalu mempermasalahkannya dan langganan tetap ramai berbelanja. (kmb41)


15

Kamis Paing, 17 Mei 2018

WARUNG GLOBAL

Honor Kecil, Penyebab Rendah Minat Jadi KPPS

RENDAH minat masyarakat menjadi anggota KPPS. Demikian topik Global yang dibahas, Rabu (16/5) kemarin. Beberapa pengopini menyatakan honor kecil menjadi salah satu alasannya. Sementara syarat yang harus dilengkapi cukup banyak. Lalu apalagi alasan yang lainnya. Berikut ramkumannya. Febri di Denpasar memprediksi kurangnya ketertarikan masyarakat untuk menjadi anggota KPPS karena honornya dinilai tergolong kecil dengan risiko kerja tinggi, sehingga mereka lebih memilih pekerjaan lain. Honor KPPS sebaiknya ditingkatkan agar banyak peminatnya. Bu Ayu di Badung mengatakan, enggannya masyarakat terlibat sebagai KPPS karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, sedangkan honor yang akan diterima tidak setimpal dengan beban kerja sebagai KPPS. KPPS mesti bekerja secara profesional demi terciptanya pemilu yang aman, damai dan kondusif di tengah masyarakat.

Arya di Denpasar mengatakan, masyarakat merasa takut akan dampaknya jika terjadi hal-hal yang berimplikasi hukum di kemudian hari. Ada semacam ketakutan jika suatu hari pilkada sudah usai, teryata TPS tempat bertugas ada masalah. Sementara Werda di Gianyar menilai di Denpasar dan Badung memang rendah peminatnya. Sedangkan di kabupaten lain ramai peminat. Ini artinya kurang pemerataan lapangan kerja. Ia menanyakan apakah tidak boleh warga dari kabupaten lain menjadi KPPS di daerah tersebut. Ardana di Gianyar menduga rendahnya minat masyarakat menjadi

KPPS disebabkan pengumuman yang dipasang KPU tidak maksimal diakses masyarakat. Selain itu, penghasilan yang minim juga dianggap sebagai faktor penyebab. Jarang masyarakat yang mau terlibat dan di satu sisi beban kerja mereka cukup berat. Sudana di Tabanan mengatakan, KPPS harus bekerja secara profesional sehingga tidak ada diskriminasi dalam pilkada. Selain itu, KPPS harus mampu menjalankan tugas dengan sigap, tegas dan bertanggung jawab serta mampu bekerja sama dengan penuh transparansi. Dengan begitu proses pemilu akan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan harapan kita. (dika)

OTT Bupati Bengkulu Selatan

KPK Periksa Empat Orang Jakarta (Bali Post) – Empat orang yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, tiba di gedung KPK Jakarta, Rabu (16/5) siang kemarin untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Mereka datang sekitar pukul 12.20 WIB secara berurutan dengan menggunakan empat mobil berbeda. Empat orang yang dibawa itu adalah Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, Wati, seorang aparatur sipil negara (ASN), Juhari, seorang kontraktor, dan Heni, istri Bupati Dirwan. KPK akan melanjutkan pemeriksaan terhadap keempatnya setelah sebelumnya dilaku-

kan pemeriksaan awal di Markas Polda Bengkulu, Selasa (15/5). Sebelumnya, KPK mengamankan Bupati Dirwan, istri, dan dua orang lainnya di rumah Bupati di Jalan Gerak Alam Kota Manna, Bengkulu Selatan, Selasa (15/5) petang. Selain itu, KPK juga mengamankan uang sekitar Rp 100 juta dalam OTT tersebut. Transaksi tersebut diduga terkait dengan proyek di Bengkulu Selatan. Setelah operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh petugas KPK, suasana lingkungan kantor pemerintah tetap kondusif dan berjalan biasa, seperti yang terlihat pada Rabu kemarin. Namun, sejumlah aparat kepolisian masih terlihat

berjaga di sekitar kantor pemerintahan. Berdasarkan pantauan, pegawai negeri bekerja seperti hari-hari biasa, namun sejumlah pejabat tidak berada di ruang kerja mereka dan belum diketahui alasannya. Bahkan, rapat verifikasi rumah nelayan yang dijadwalkan berlangsung pukul 09.00 WIB harus ditunda akibat banyak pejabat yang tidak hadir. Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Teddy Setiawan mengaku turut perihatin atas kejadian yang menimpa Bupati Dirwan Mahmud. ‘’Kami perihatin atas kejadian yang terjadi Selasa kemarin,’’ ujar Teddy. (ant)

Sangat Membantu Dari Halaman 1 ‘’Potensi desa bisa kita pasarkan dengan aplikasi ini. Terpenting, ini sangat membantu dalam pendataan penduduk utamanya mendukung program pengentasan kemiskinan,’’ katanya. Ketua Forum Perbekel Provinsi Bali ini mengatakan, aplikasi smart desa punya banyak manfaat lain. Salah satunya di bidang mitigasi bencana. ‘’Aplikasi ini juga memungkinkan aparatur desa menerapkan program quick response, pelayanan cepat kepada masyarakat,’’ jelasnya. Bupati IGA Mas Sumatri mengatakan, kemampuan mengakses teknologi sangat penting untuk kemajuan desa. Aplikasi smart desa yang sudah diterapkan Duda Timur mesti jadi penyeman-

gat desa-desa lain, termasuk jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten. Pihaknya menilai inovasi tersebut merupakan solusi ataupun jawaban atas kendala-kendala yang selama ini muncul dalam pengembangan potensi desa dan pengelolaan administrasi kependudukan. ‘’Pemerintahan desa adalah aktor utama pembangunan, sehingga inovasi-inovasi seperti ini sangat dibutuhkan,’’ ujarnya. Bupati mengakui perlu program terencana dan pelibatan lintas sektor untuk mewujudkan smart desa tersebut. Sesuai namanya, smart desa juga harus ditopang oleh komponen yang juga smart (pintar) mulai dari institusi, infrastruktur, pelayanan langsung, smart tenkologi dan inovasi. Membangun desa cerdas tidak

Secara Cermat Dari Halaman 1

‘’Kami melihat posisi desa pakraman sangat strategis dalam perekonomian Bali sehingga kami mantap dan sepenuh hati mengalokasikan dana sebesar Rp 500 juta per desa per tahun bagi perawatan dan memajukan desa pakraman,’’ ujar Rai Mantra. Lebih jauh Wali Kota Denpasar yang sedang cuti itu menjelaskan bahwa pihaknya telah menyusun skema penganggaran secara cermat yang memungkinkan alokasi dana desa tersebut terealisasi. Terkait hal itu, Rai Mantra mengajak semua pihak yang peduli pada keberlangsungan pariwisata budaya di Bali untuk memahami spirit dari rencana alokasi yang menurutnya sangat realistis itu. ‘’Ini merupakan reinvestasi (investasi kembali - red) dari

pemerintah daerah sebagai representasi masyarakat Bali secara luas, termasuk di dalamnya pelaku industri pariwisata, untuk mengukuhkan keberadaan desa pakraman yang merupakan pilar utama dari pariwisata Bali,’’ tegas Rai Mantra. Rai Mantra menambahkan,

terbatas pada kecanggihan ICT (Information, Communication dan Technology) saja, tetapi yang utama adalah bagaimana konsep smart desa ini bisa mengubah kapasitas dan tata cara masyarakat dalam berinteraksi. ‘’Smart desa memberi instrumen bagi pemerintah desa untuk berinovasi melayani warga, sekaligus dari sisi akuntabilitas dan keterbukaan informasi. Semoga Smart Desa Duda Timur menjadi pendorong perbekel se-Karangasem untuk lebih berinovasi demi memajukan desanya,’’ pungkasnya. (ad893)

agar rencana tersebut tak sekadar wacana, pihaknya secara tegas menuangkannya dalam kontrak politik sehingga menjadi dokumen terbuka di mana pada saatnya publik bisa mengontrolnya. Kontrak Politik Sebagaimana telah diberitakan bahwa pasangan Mantra-Kerta pada Sabtu (5/5) lalu telah menandatangani dua kontrak politik sebagai janji yang pasti mereka wujudkan jika keduanya dipercaya oleh rakyat Bali untuk menjadi pemimpin Bali lima tahun ke depan. Kontrak politik pertama menyatakan bahwa akan langsung me-

Manulife Cetak Laba Rp 2,6 Triliun Raih Pertumbuhan Kuat pada 2017 PERUSAHAAN asuransi Manulife Indonesia pada tahun 2017 mencetak laba komprehensif sebesar Rp 2,6 triliun. Pencapaian itu jauh di atas kinerja tahun 2016 di mana laba komprehensifnya sebesar Rp 664 miliar atau tumbuh 290%. ‘’Kami bangga dengan pencapaian di 2017 ini. Kinerja Manulife Indonesia terus membaik tiap tahunnya. Kami akan terus fokus dalam memberikan solusi keuangan yang tepat dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah kami yang beragam,’’ ujar Presiden Direktur & CEO Manulife Indonesia Jonathan Hekster dalam paparan kinerja konsolidasi Manulife Indonesia tahun 2017 di Jakarta, Rabu (16/5) kemarin. Hekster menjelaskan, pertumbuhan bisnis positif terus diraih. Hal ini karena Manulife fokus pada peningkatan pelayanan kepada nasabah dan menerapkan model bisnis berkelanjutan. Ia mengatakan pertumbuhan juga terjadi di premi bisnis baru yang naik 19% (yoy) menjadi Rp 4,4 triliun dari tahun 2016 sebesar Rp 3,7 triliun. ‘’Ini merupakan kondisi yang sehat dan bagus sekali,’’ tambahnya. Selain itu, lanjut Hekster, sepanjang 2017 Manulife Indonesia meraih total premi dan deposit Rp 25 triliun atau naik 34% dari tahun 2016 yang sebesar Rp 18,6 triliun. Ia memaparkan, dana kelolaan asuransi syariah juga meningkat dari tahun 2016 sebesar Rp 2,3 triliun menjadi Rp 2,88 triliun pada 2017. Selain itu, dana kelolaan MAMI sebesar Rp 65,7 triliun. ‘’Posisi aset kami berada di tiga besar, DPLK juga top 3, begitu juga manajemen aset yang masuk tiga besar,’’ ujarnya. Selama 33 tahun di Tanah Air, Manulife Indonesia merupakan bagian dari Manulife

KEPUASAN PELANGGAN - (Dari kiri) Director and Chief Financial Officer Manulife Indonesia Colin Startup, Director Apriliani Siregar, President Director & CEO Jonathan Hekster, Director and Chief Marketing Officer Novita Rumngangun, Director Hans De Waal, dan Director Karjadi Pranoto memperlihatkan pesan WhatsApp kepuasan pelanggan, sebelum mengumumkan Kinerja Keuangan 2017, di Jakarta, Rabu (16/5) kemarin. Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada. Perusahaan global ini beroperasi di Asia, Kanada, dan Amerika Serikat. Aset yang dikelola sekitar Rp 10.000 triliun di dunia. ‘’Menjadi perusahaan yang sangat kuat,’’ kata Hekster. Direktur & Chief Financial Officer Manulife Indonesia Colin Startup menjelaskan, penjualan melalui distribusi bancassurance menyumbang kontribusi sebesar 28% dari total kinerja perusahaan. ‘’Kontribusi itu ditopang kerja sama yang kuat antara Manulife Indonesia dengan para bank mitra dalam menyediakan solusi yang tepat bagi nasabah,’’ katanya. Dalam paparannya, Startup juga menyebutkan pe-

mantapan posisi modal yang makin kuat. Hal itu terlihat dari Risk-based Capital (RBC) sebesar 582% untuk bisnis konvensional dan 372% untuk Tabarru’ Syariah. Angka itu jauh melampaui batas minimum yang disyaratkan pemerintah sebesar 120% untuk konvensional dan 30% untuk Tabarru’ Syaria. Startup mengakui, angka RBC itu meningkat dari tahun 2016 yang sebesar 410% untuk bisnis konvensional dan 87% untuk Tabarru’ Syaria. Sepanjang 2017, Manulife Indonesia telah membayar klaim ke nasabah sebesar Rp 6,6 triliun atau sekitar Rp 18 miliar per hari atau berkisar Rp 753 juta per jam. Tahun 2016, jumlah Manulife Indonesia membayar klaim asuransi,

nilai tunai penyerahan polis, anuitas, dan manfaat lainnya sebesar Rp 6,8 triliun. Sedangkan tahun 2015 mencapai Rp 5,6 triliun. Pembayaran klaim yang cepat menjadi salah satu fokus layanan Manulife Indonesia. Hal itu jugalah yang membuat Manulife terus dipercaya sehingga aset dana kelolaan terus meningkat dari Rp 55,8 triliun di tahun 2016 menjadi Rp 67,6 triliun di 2017. ‘’Kami menyadari tanggung jawab kami sebagai penyedia asuransi terpercaya untuk membayarkan klaim kepada nasabah. Karena itu, kami selalu berupaya berinovasi menyederhanakan dan mempermudah pengalaman nasabah, serta membayar klaim secara cepat dan tepat,’’ papar Hekster. (kmb)

Paling Tepat Dari Halaman 1 Tokoh masyarakat Kintamani Komang Rai Sukaja di hadapan warga mengatakan bahwa Koster merupakan calon gubernur yang paling tepat untuk memimpin Bali lima tahun ke depan. Sebab, Koster bersama Cok Ace merupakan tokoh pemimpin yang sudah terbukti dan teruji. ‘’Pak Koster dan Pak Cok Ace, keduanya sama-sama doktor dan dosen. Kenapa mereka yang paling tepat jadi pemimpin Bali? Karena Bali ke depan membutuhkan pemimpin yang cerdas dan pintar, dan paling penting peduli serta berpihak pada masyarakat,’’ ungkapnya. Oleh karena itu, pihaknya optimis Koster-Ace akan meraih kemenangan 95 persen suara di ketiga desa tersebut. ‘’Waktu Pilkada Bangli, Pak Gianyar dan Sedana Artha di sini menang 91 persen. Rasanya untuk KosterAce optimis bisa menang 95 persen suara nggih!’’ serunya yang dibalas pekikan ratusan warga, ‘’Koster-Ace menang, nyurati Presiden RI begitu mereka dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bali 2018-2023. Sebagai bentuk kesungguhan, pada hari itu juga Mantra-Kerta dalam kapasitas sebagai pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali telah bersurat kepada Presiden RI agar mencabut Perpres 51/2014. Kontrak politik kedua, mencanangkan bantuan Rp 500 juta per tahun kepada setiap desa pakraman sebagai bentuk kesungguhan menjadikan desa pakraman sebagai pilar utama pelestarian dan pengembangan budaya Bali. (kmb)

Koster-Ace menang’’. Ada beberapa hal yang disampaikan warga kepada Wayan Koster. Rai Sujaka menjelaskan, sudah sejak lama desanya selalu kesulitan air bersih. ‘’Air di sini itu sulit. Pemasaran hasil pertanian dan peternakan juga sepertinya perlu mendapatkan bimbingan. Tolong Pak Koster carikan jalan keluar,’’ pinta Sujaka. Koster memahami hal itu. Ia brrjanji akan menuntaskan persoalan air bersih yang dialami oleh warga Kecamatan Kintamani, khususnya Desa Abangsongan. ‘’Saya sudah dengar kalau air di sini katanya susah, karena harus diangkat dari danau. Dana yang diperlukan Rp 15 miliar. Masalah ini sudah berpuluhpuluh tahun tidak selesai. Saya berkomitmen ini harus diselesaikan,’’ tegas Koster. Jikapun harus merogoh kocek Rp 15 miliar untuk mengangkat air bersih dari danau, Koster tak mempersoalkan hal itu. Sumber dana bisa dari APBN, karena dirinya yang tiga periode menjadi anggota

DPR-RI memiliki hubungan kedekatan dengan pejabat pusat. Selain itu, dengan pola 1 jalur, Koster juga memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Sama-sama kader PDI Perjuangan, dirinya juga menjadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014. Dan hasilnya, suara Bali 71 persen untuk Jokowi-JK. ‘’Pola satu jalur memudahkan kita mendapatkan kebijakan baik itu dari kegiatan maupun anggaran dari pusat. Kalau tidak ada anggaran pusat, kita bisa pakai APBD Bali. Tujuannya hanya satu, persoalan klasik air bersih di Kintamani bisa tuntas,’’ tegasnya. Hanya, di sisi lain ia akan mengerahkan tenaga ahli untuk mencari sumber air baru selain dari danau. ‘’Kita cari juga sumber baru. Kalau dari bawah ngangkutnya terlalu berat biayanya. Coba kita carikan sumber baru, tapi prinsipnya soal air harus selesai,’’ ujarnya. Sementara soal pertanian dan peternakan, Koster juga menyatakan komitmennya un-

tuk mengurus hal itu dari hulu hingga hilir. Untuk pemasarannya, ia akan mensinergikan pertanian dan peternakan dengan sektor pariwisata. Tiap tahun, Koster melanjutkan, jumlah turis yang datang ke Bali mencapai 6 juta orang. Jumlah itu harus dimanfaatkan dengan baik agar industri pariwisata bisa memberikan kontribusi bagi sektor pertanian dan peternakan. ‘’Maka harus ada sinergi melalui peraturan supaya hotel dan restoran, terutama di Badung, Denpasar dan Gianyar wajib memakai produk lokal, buah lokal seperti jeruk dan kopi serta bawang, cabai, tomat, harus dari Kintamani. Begitu juga dengan hasil peternakannya. Nanti kita buatkan standar kualitas yang baik bagi pertanian dan peternakan kita agar bisa bersinergi dengan industri pariwisata,’’ katanya. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan simulasi pencoblosan kertas suara memilih pasangan nomor urut 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati. (kmb)

Kamis, 17 Mei 2018 05:00 Wita 05:52 Wita 05:54 Wita 05:56 Wita 06:00 Wita 06:05 Wita 06:35 Wita 07:05 Wita 07:35 Wita 08:00 Wita 09:00 Wita 09:30 Wita 10:05 Wita 10:30 Wita 11:05 Wita 12:00 Wita

Gayatri Mantra Mars Indonesia Raya Mars Bali Jagadhita Lagu Ngastitiang Bali Puja Trisandya Dharma Wacana Sradha dan Bakti (1) Seputar Bali Pagi Bali Channel Serial Kartun Bagus And Friend Bali Channel Tourist TV DW TV Healthy Life Dunia Kita Taksu Kadek Srongga Bali Channel Tourist TV Puja Trisandya

12:05 Wita 12:30 Wita 13:00 Wita 13:30 Wita 14:05 Wita 14:30 Wita 15:30 Wita 16:05 Wita 17:00 Wita

17:30 Wita

Dharma Wacana Sradha dan Bakti (2) Berita Siang Klip Bali PT Dinamika Tiga Pilar Home Shoping Klip Bali Kidung Interaktif Bali Channel Tourist TV Lila Cita Sanggar Tari Cilinaya (2) Nangun Yadnya Karya Mamungkah Ngenteg Linggih, Pura Desa Pakraman Kutampi, Nusa Penida Klungkung Taman Sari TK Fajar Harapan (1)

18:00 Wita 18:05 Wita 19:00 Wita 19:30 Wita 20:00 Wita 21:00 Wita 21:30 Wita 22:00 Wita 22:05 Wita

23:00 Wita 23:05 Wita 23:30 Wita

Puja Trisandya Seputar Bali Giliran Anda Orti Bali Dialog Interaktif Dedy Susanto Bondres Ngakak Folk Song Berita dan Bincang Terkini Lila Cita Calonarang Pelawatan Ida Ratu Ayu Br. Suwung Batan Kendal Sesetan (5) Berita dan Bincang Terkini Folk Song Bali Channel


balipost (166rb Like) http://facebook.com/balipost

Kamis Paing, 17 mei 2018

@balipostcom (5.495 Follower) http://twitter.com/balipostcom

@balipostcom http://instagram.com/balipostcom

iklan@balipost.co.id redaksi@balipost.com

Apresiasi Tinggi untuk Tim Medis

RICUH - Kericuhan terjadi di kuarter keempat pertandingan antara tuan rumah Boston Celtics kontra Cleveland Cavaliers, Rabu (16/5) kemarin.

DAVID Silva mengapresiasi secara khusus tim medis di sebuah rumah sakit di Spanyol. Berkat perawatan mereka, putra Silva, Mateo, bisa pulang. Silva tak tampil dalam delapan pertandingan Premier League sejak Natal. Waktu itu, dia beralasan ada urusan pribadi. Bahkan, dia juga absen dari parade trofi juara bersama rekan satu timnya di Manchester City. Rupanya, dia masih berkutat dengan urusan pribadinya itu. Silva memang harus pulang balik Manchester ke Sevilla. Dia hanya ingin intens menjaga buah hati yang lahir prematur. Mateo, putranya itu, dirawat di salah satu rumah sakit di Valencia sejak

lahir pada Desember. Kabar menggembirakan baru saja diumumkan gelandang Spanyol itu. Dia menyebut Mateo sudah boleh meninggalkan rumah sakit pada Selasa (15/5). ‘’Akhirnya kami bisa pulang,’’ cuit Silva lewat akun twitter-nya. ‘’Kami berterima kasih atas profesionalitas dan penanganan tim persalinan dan unit ICU di Rumah Sakit Casa de Salud selama lima bulan ini. Terimakasih,’’ kata Silva. (kmb33/afp)

Bali Tuan Rumah Kejuaraan Kungfu Internasional Denpasar (Bali Post) Untuk pertama kalinya, Bali menjadi tuan rumah kejuaraan kungfu internasional bertajuk ‘’1st Bali Open International Kungfu Championship 2018’’ di kawasan wisata Nusa Dua, 17-23 Desember mendatang. Ketua Panpel Agus Wijaya usai melakukan audiensi dengan Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Rabu (16/5) kemarin, menerangkan pihaknya menargetkan 1.000 peserta, sementara atlet kungfu yang menyatakan ikut berpartisipasi hingga kini 500 atlet. Agus Wijaya menyebutkan, atlet kungfu yang ikut berpartisipasi seperti dari Malaysia, Singapura, Taiwan, Australia, dan Turki, sedangkan atlet Indonesia yang menyatakan ambil bagian dari Bali, Jatim, Jateng, DKI, Jabar, dan Sumut. ‘’Event bergengsi ini dirangkaikan dengan kejurnas wushu tradisional, sebab kami bersinergi dengan Bidang Wushu Tradisional Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI),’’ jelas Agus yang juga Ketua Yayasan Garuda Dewata (Garda) Bali ini. Di sisi lain, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi menyatakan, pihaknya memberi apresiasi terhadap peran serta sasana Garda Bali, yang mampu menghelat hajatan kungfu bertaraf internasional. ‘’Kami salut atas terselenggaranya event internasional ini. Bahkan, di Indonesia, baru sasana di Bali yang berani menggelar turnamen berkelas internasional. Hal ini merupakan terobosan serta inovasi panpel,’’ pujinya. Alasannya, kata Suwandi, ke depan hajatan berkelas dunia bakal tren, mengingat Bali kini getol menggelorakan sport tourism, yakni memadukan olahraga dengan pariwisata. ‘’Langkah dan model seperti ini bisa ditiru cabor lainnya,’’ pesannya. (022)

Semifinal NBA

Bali Post/afp

Cavs Kalah Lagi di Boston Boston –

Cleveland Cavaliers kini tertinggal 0-2 dari Boston Celtics di final Wilayah Timur. Cavs ditaklukkan Celtics 94-107, meski LeBron James mengemas 42 poin. Melakoni game kedua masih di TD Garden, Rabu (16/5) kemarin, Cavs sempat mengungguli Celtics di paruh pertama. Usai memimpin 27-23 di akhir 12 menit pertama, Cavs mengemas 28 poin untuk tetap mengendalikan permainan dalam kedudukan 55-48. Akan tetapi, Celtics tancap gas di kuarter ketiga dengan mendulang 33 poin dan hanya kemasukan 22 poin. Tim tuan rumah berbalik unggul tujuh angka dengan skor 84-77. Tensi semakin panas. Saat Celtics memimpin 9789 dengan sisa 3 menit 49 detik, power forward-nya

Marcus Morris mengenai wajah shooting guard Cavs JR Smith usai mendorong Al Horford untuk menggagalkan lay-up-nya. Smith dan Morris kemudian saling dorong sebelum dipisahkan. Tiga lemparan bebas Horford masuk ke keranjang, Celtics melaju mulus tanpa bisa dihentikan Cavs sampai pertandingan berakhir. LeBron melengkapi performanya selama 39 menit dengan triple-double. Bintang basket berusia 33 tahun itu membukukan 10 rebound dan 12 assist unuk Cavs. Kevin Love membukukan double-double

dengan 22 poin dan 15 rebound, sedangkan 11 poin ditambahkan pemain cadangan Kyle Korver. Sementara itu, Celtics lebih merata usai lima starternya mampu mendulang doble digit angka. Shooting guard Jaylen Brown mencetak 23 poin dan tujuh rebound, Horford 15 poin dan 10 rebound, sedangkan Terry Rozier, Morris, dan Jayson Tatum mengemas masing-masing 18 poin, 12 poin, dan 11 poin. Cavs akan gantian menjadi tuan rumah di game ketiga pada 20 Mei. Celtics tidak pernah gagal melaju setelah unggul 2-0 lebih dahulu. ‘’Kami akan berjuang. Di fase ini, kami tidak peduli apakah kami menang dengan setengah poin atau satu poin. Kalau kami menang, itu yang terpenting,’’ ujar Rozier. (kmb33/afp)

Pengamanan Asian Games Berstandar Internasional

Jakarta (Bali Post) – Indonesia memastikan pengamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 sesuai dengan standar internasional yang telah ditetapkan Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Komite Paralimpiade Asia (APC). ‘’Saya sudah meminta Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) dan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) segera memberi tahu OCA dan APC bahwa kondisi Indonesia terkendali dan aman karena aparat keamanan terus mengendalikan situasi,’’ kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Rabu (16/5) kemarin. Imam mengakui sejumlah negara peserta Asian Games mendapat informasi terbatas terkait dengan keamanan Indonesia, menyusul peristiwa ledakan

Bali Post/afp

PARADE - Parade Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu. Jelang diselenggarakannya pesta olahraga terbesar di Asia tersebut, pemerintah telah menyiapkan strategi pengamanan dengan standar internasional guna menjamin kelancaran perhelatan akbar tersebut.

bom di Surabaya dan pengumuman peringatan diri bepergian ke Indonesia dari sejumlah negara. ‘’Kami mengabarkan kepada semua atlet dan masyarakat, INASGOC dan INAPGOC sudah bersepakat untuk tidak mundur atau mengubah rencana dalam menyukseskan penyelenggaraan ini karena ada tindakan terorisme yang cukup mengkhawatirkan,’’ kata Imam. Dia optimistis peristiwa tindakan terorisme di Surabaya tidak memengaruhi dukungan para sponsor untuk membantu penyelenggaraan Asian Games 2018. ‘’Ada sponsor yang baru masuk tadi malam untuk memberikan dukungan dan bonus bagi atlet. Sponsor makin bersemangat untuk Asian Games,’’ katanya. Indonesia, kata Imam, telah menjelaskan ke sejumlah perwakilan negara

peserta terkait dengan lokasi peristiwa ledakan bom di Surabaya yang jauh dari lokasi penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang. Sebelumnya, Ketua INASGOC Erick Thohir memastikan pengamanan Asian Games 2018 akan dilakukan berlapis untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan, seperti tindakan teror. ‘’Akan ada ring satu, dua, tiga karena sudah sesuai standar internasional. Tentu kami akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait,’’ kata Erick. Selain itu, dia menegaskan, semua orang yang terlibat dalam pelaksanaan Asian Games 2018 harus memiliki tanda pengenal yang terakreditasi. Ini berlaku pula bagi masyarakat yang ingin menonton langsung pertandinganpertandingan Asian Games. (ant)

Edisi 17 Mei 2018 | Balipost.com  

Headline : Polda Riau Diserang. Lima Tewas, Satu Polisi

Edisi 17 Mei 2018 | Balipost.com  

Headline : Polda Riau Diserang. Lima Tewas, Satu Polisi

Advertisement