Page 1

No. 76 tahun IV

8 Halaman

Kamis, 22 April 2010

Free Daily Newspaper www.bisnis-jakarta.com

Redaksi/Sirkulasi/Iklan: GEDUNG PERS PANCASILA Jl. Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan Jakarta Pusat. Tlp: 021 - 5357602 (Hunting) Fax: 021 - 53670771

Bisnis Jakarta/ant

PEMBATASAN BBM - Refleksi seorang petugas mengambil tuas pengisi bahan bakar di salah satu SPBU di kawasan Tanah Abang, Jakarta, kemarin. Pemerintah sedang mengembangkan pembatasan konsumsi BBM berdasarkan tahun pembuatan mobil, yaitu mobil buatan tahun 2000 ke atas tidak diperkenankan menggunakan BBM bersubsidi.

23 Penjual ORI JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan 23 calon agen penjual Obligasi Negara Ritel (ORI) yang akan diterbitkan pada tahun 2010. Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu, Rahmat Waluyanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, menyebutkan, calon agen penjual ORI tahun 2010 itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Nomor KEP-19/PU/2010 tanggal 20 April 2010. Sebanyak 23 calon agen penjual ORI itu terdiri dari 15 bank dan 8 perusahaan sekuritas. Daftar selengkapnya 23 agen penjual ORI tahun 2010 itu adalah Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Panin, Bank BII, Bank CIMB Niaga, Citibank NA, Bank Permata, Bank Danamon, Standard Chartered Bank, Bank HSBC, Bank BRI, Bank OCBC NISP, Bank Bukopin, dan Bank Mega. Sementara delapan perusahaan sekuritas adalah Danareksa Sekuritas, Trimegah Securities, Mega Capital Indonesia, OSK Nusadana Sekurities Indonesia, Ciptadana Securities, Reliance Securities, Lautandhana Securindo, dan Philip Securities Indonesia. (ant)

Rupiah Cenderung Stabil JAKARTA - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu sore masih stabil di di atas angka Rp 9.000 per dolar, karena pelaku pasar masih menahan diri untuk masuk pasar, sehingga pergerakan rupiah berada dalam kisaran sempit. Nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah menjadi Rp 9.010 - Rp 9.020 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.005-Rp 9.015 atau turun lima poin. Analis Valas PT Bank Mega Tbk, Rully Nova di Jakarta, Rabu mengatakan, rupiah memang diposisikan di atas angka Rp 9.000 per dolar agar pelaku bisnis orientasi ekspor tidak mengeluh. “Para eksportir agak mengeluh karena sulit menetapkan harga jual produknya, setelah rupiah terus bergejolak menguat,” katanya seperti dikutip Antara. Rupiah, menurut Rully, idealnya memang berada pada angka Rp 9.200 sampai Rp 9.500 per dolar, sehingga baik eksportir maupun importir dapat melakukan kegiatan usaha dengan baik. Namun, aliran dana asing yang masih terus masuk mendorong rupiah menguat hingga mencapai Rp 9.000 per dolar bahkan sempat menembusnya, meski Bank Indonesia (BI) berada di pasar. Ia mengatakan, aktifnya pelaku asing bermain di pasar domestik, karena Indonesia dinilai masih dapat memberikan nilai tambah yang lebih baik ketimbang di negara Asia lainnya. Selain pertumbuhan eknomi yang terus membaik, juga selisih bunga rupiah terhadap dolar masih tetap tinggi. (ahm)

Liberalisasi Perbankan Mundur JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengatakan lima anggota ASEAN sepakat melakukan liberalisasi perbankan dalam penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mundur menjadi 2020. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI Difi A Johansyah, di Jakarta, Rabu, mengatakan mundurnya pelaksanaan liberalisasi dalam perbankan ini terkait masalah konsolidasi di tiap negara dan faktor dominasi terhadap perekonomian mereka masing-masing. “Masalah perbankan ini cukup sensitif sehingga setiap perbankan perlu mempersiapkan diri secara matang dan faktor dominannya terhadap perekonomiannya,” katanya. Menurut Difi, beberapa aspek pelaksanaan liberalisasi perbankan dalam pelaksanaan MEA 2015 ini diantaranya “market akses” (kepemilikan, tenaga profesional) dan perlakuan yang sama terhadap perbankan lokal dan asing. Sementara untuk Asuransi dan pasar modal, dapat diterapkan pada 2015. Difi menjelaskan bahwa pelaksanaan

MEA ini ada lima pilar liberalisasi pasar tunggal dan basis produksi internasional. Kelima pilar tersebut adalah aliran bebas barang (bebas tarif dan nontarif), aliran bebas jasa (membuka pasar dan national treatment), aliran bebas investasi (rejim bebas investasi dan ASEAN satu tujuan investasi), aliran bebas tenaga kerja terampil (mobilitas tenaga kerja terampil dan standar kompetensi) dan aliran modal yang lebih bebas. Dalam pelaksanaan MEA ini, kata Difi, secara konseptual, integritas ekonomi menjanjikan peningkatan kesejahteraan bagi negara anggota ASEAN, diantaranya pembukaan akses pasar yang lebih besar, dorongan efisiensi dan daya saing ekonomi lebih tinggi, serta terbukanya peluang penyerapan tenaga kerja yang lebih besar. “Jumlah penduduk yang besar menjadi potensi utama pendukung kegiatan ekonomi MEA. Dari total populasi ASEAN tersebut, lebih dari setengahnya merupakan penduduk usia kerja produktif,” katanya.

Dia juga menyebutkan potensi perdagangan antar negara ASEAN cukup besar karena didukung ukuran perekonomian yang terus meningkat. “Total PDB kawasan ASEAN per 2009 diperkirakan mencapai 2,8 triliun dolar AS,” katanya. Pelaksanaan MEA 2015 ini bagi Indonesia perlu dimanfaatkan, mengingat 40 persen jumlah penduduk ASEAN ada di Indonesia, nominal PDB (produk domestik bruto) terbesar dan sumbar daya alam yang melimpah. “Namun Indonesia masih memiliki PR (pekerjaan rumah), terutama peningkatan daya saing industri, mengingat indeks daya saing kita masih nomor lima kalah dari Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand,” katanya,. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan persiapan nasional secara terpadu untuk meningkatkan daya saing nasional dan optimalisasi manfaat integritas ekonomi. “BI juga akan berperan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan keuangan guna mendukung daya saing nasional dan kepastian dunia usaha,” tegasnya. (ant)

9.500

9.005 9.037

9.010

Bisnis Jakarta/sep 21/4

22/4

Rp 670 per kWh. Menurut Murtaqi, pada tahun 2008, pelanggan 6.600 VA ke atas masih mendapat subsidi sebesar Rp 457 miliar. Namun, pada 2009, pelanggan 6.600 VA ke atas tidak lagi memperoleh subsidi. Murtaqi juga mengutarakan, merujuk hasil survei PLN ratarata pelanggan 450 VA berpenghasilan Rp 741.569 per bulan dengan pengeluaran Rp 699.517 per bulan, rata-rata mengkonsumsi listrik 90 kWh per bulan. Konsumen golongan ini memiliki kemampuan bayar Rp 562 per kWh per bulan. Yang dibayarkan saat ini Rp 414 per kWh per bulan. Sedangkan pelanggan 900 VA, berpenghasilan Rp 1.440. 828 per bulan, dengan pengeluaran Rp 1.357.859 per bulan, rata-rata mengkonsumsi listrik sekitar 148 kWh per bulan. Kosumen golongan ini memiliki kemampuan bayar Rp 600 per kWh per bulan dan yang dibayar saat ini sebesar Rp 603 per kWh per bulan. (ind)

Mata Uang Tunggal Asean

10.000 19/4

JAKARTA - Manajemen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membenarkan, telah menurunkan patokan subsidi listrik bagi pelanggan berdaya 6.600 VA ke atas yang notabene pelanggan listrik mewah. Klaim manajemen, hal itu dilakukan untuk menekan subsidi listrik. “Mulai tahun ini, kita terapkan program hemat bagi pelanggan 6.600 VA ke atas. Kita batasi pemakaian subsidi hanya hanya 50 persen rata-rata nasional,” ujar Direktur Manejemen Bisnis dan Resiko PLN Murtaqi Syamsudin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR di Jakarta, kemarin. Murtaqi menjelaskan, bagi pelanggan 6.600 VA ke atas yang pemakaiannya di atas 50 persen nasional, akan dikenakan tarif non subsidi atau keekonomian yakni Rp 1.380 per kWh. Sementara, apabila pelanggan konsumen dikelompok tersebut dapat dihemat maka akan dikenakan tarif subsidi adalah rata-rata

Sulit Wujudkan

KURS RUPIAH 9.000

Pelanggan Mewah Ditekan

INACRAFT 2010 - Stand pengrajin keris binaan BRI yang memeriahkan pameran “The Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair 2010” yang berlangsung di JCC, Jakarta, kemarin.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengatakan untuk mewujudkan mata uang tunggal dalam pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) masih jauh. “Satu mata uang tunggal ASEAN masih jauh, karena saat ini masih fokus pada pendalaman ekonomi. Berdasarkan pengalaman Eropa membutuhkan waktu 50 tahun baru bisa menerapkan mata uang Euro,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI Difi A Johansyah, di Jakarta, kemarin. Menurut dia, setidaknya ASEAN butuh waktu 80 tahun dari pembentukan untuk menerapkan mata uang tunggal. Difi mengungkapkan, ASEAN berdiri pada 1967 dengan orientasi politik guna mencipta-

kan perdamaian dan menjaga keamanan di kawasan Asia Tenggara. Sekitar tahun 2000-an ASEAN menekankan pada upaya menjaga stabilisasi ekonomi dan sosial sering munculnya China dan India sebagai kekuatan ekonomi baru di dunia. Difi mengatakan bahwa tujuan MEA yang dicanangkan 2015 ini membuat suatu kawasan yang stabil, makmur dan berdaya saing tinggi sebagai pasar tunggal dan berbasis produksi internasional. Dengan pasar tunggal dan berbasis produksi internasional akan terdapat aliran bebas barang, jasa, investasi dan tenaga kerja, serta aliran bebas modal. (ant)

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Satria Naradha, Wakil Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab : Nariana Redaktur Pelaksana : Nikson, Gde Rahadi, Redaksi : Ahmadi Supriyanto (Koordinator Liputan), Suharto Olii, Indu P Adi, Achmad Nasrudin, Hardianto, Darmawan S Sumardjo, Heru B Arifin, Asep Djamaluddin, Ade Irawan, Ipik Tanoyo, Bambang Hermawan, Fellicca, Aris Basuki (Bogor), Rina Ratna (Depok). Iklan : Ujang Suheli, Sirkulasi : D.Swantara. Alamat Redaksi : Jalan Gelora VII No 32 Palmerah, Jakarta Pusat. Telpon (021) 5356272, 5357602 Fax (021) 53670771. Website : www.bisnis-jakarta.com, email : info@bisnis-jakarta.com. Tarif Iklan : Iklan Mini minimal 3 baris Rp 6.000 per baris, Iklan Umum/Display BW : Rp 15.000 per mmk, Iklan Warna FC : Rp. 18.000 per mmk Iklan Keluarga/Duka Cita : Rp 7.000 per mmk, Advetorial Mini (maks 400 mmk) Rp 4.500 per mmk, Biasa (lebih dari 400 mmk) Rp 6.000 per mmk. Pembayaran melalui Bank BCA No Rekening 006-304-1944 a/n PT. Bisnis Media Nusantara, Bank BRI No Rekening 0018-01-000580-30-2 a/n PT. Nusantara Media Baliwangi. Bukti transfer di fax ke (021) 53670771, cantumkan nama dan nomor telpon sesuai registrasi.

Penerbit : PT. NUSANTARA MEDIA BALIWANGI ‰ Wartawan Bisnis Jakarta membawa tanda pengenal dan tidak dibenarkan meminta/menerima sesuatu dari sumber.


Ek bis

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

2

INDEKS HARGA SAHAM BURSA EFEK INDONESIA

INFRASTRUKTUR

715.177

PERTANIAN

11.76 1.6718

1919.5959

PERTAMBANGAN

3.9399 0.2057

2563.9929

INDUSTRI DASAR

-10.8782 -0.4225

311.355

KONSUMEN

5.151 1.6822

784.57

Code RODA-W AKKU WOMF BCIP-W LION GPRA INAI MDRN MDLN SMRA-W DAVO RMBA KIJA MRAT TMPI ALMI BVIC BKSL-W ASRI BTPN DGIK R-LQ45X JSMR JPRS PUDP 26.META SMRA SPMA LMPI SSIA BAPA MITI AGRO-W CFIN BKSL PANS TOWR INTP BIPI-W ISAT JKSW KIAS

SAHAM PENURUNAN TERBESAR BEI

Last Done

Prev Price

Total Volume

+/-

55 169 305 131 2.500 160 310 740 162 355 57 445 122 480 275 720 153 63 205 7.850 105 570 2.100 390 320 115 920 245 255 400 140 56 29 290 118 590 2.250 15.150 91 6.100 93 310

45 140 255 110 2.100 135 270 650 143 315 51 400 110 435 250 660 142 59 192 7.400 99 540 1.990 370 305 110 880 235 245 385 135 54 28 280 114 570 2.175 14.650 88 5.900 90 300

51.000 2.000 6.537.000 85.640.500 21.500 1.486.500 21.600.500 1.000 130.108.000 12.866.000 76.881.000 131.500 893.345.000 24.575.000 260.227.000 471.500 3.010.000 2.716.000 587.202.500 243.500 206.761.500 56.000 130.761.000 20.521.000 61.000 8.166.500 32.665.500 1.816.500 137.500 386.500 3.000 9.884.000 7.239.000 1.669.500 272.726.500 272.000 42.500 5.137.000 44.085.000 916.000 98.000 21.772.500

10 29 50 21 400 25 40 90 19 40 6 45 12 45 25 60 11 4 13 450 6 30 110 20 15 5 40 10 10 15 5 2 1 10 4 20 75 500 3 200 3 10

+/-% 22,22 20,71 19,61 19,09 19,05 18,52 14,81 13,85 13,29 12,70 11,76 11,25 10,91 10,34 10 9,09 7,75 6,78 6,77 6,08 6,06 5,56 5,53 5,41 4,92 4,55 4,55 4,26 4,08 3,90 3,70 3,70 3,57 3,57 3,51 3,51 3,45 3,41 3,41 3,39 3,33 3,33

Code

Last Done

Prev Price

Total Volume

+/-

+/-%

154 5 260 103 820 290 103 420 270 1.000 520 26 200 340 68 560 108 850 35 395 122 22 890 225 23 1.240 50 5.200 3.450 28 169 315 640 320 2.500 345 355 720 108 1.530 1.150 194

205 6 300 116 920 325 113 460 295 1.080 560 28 215 365 73 600 115 900 37 415 128 23 930 235 24 1.290 52 5.400 3.575 29 175 325 660 330 2.575 355 365 740 111 1.570 1.180 199

38.816.000 135.149.500 105.500 468.000 86.715.000 483.500 143.500 32.000 74.849.000 34.176.000 125.130.500 30.712.000 1.172.500 346.500 58.500 5.500 70.000 40.000 15.880.500 80.064.500 48.895.000 780.500 1.659.000 16.500 178.500 102.000 367.000 6.500 29.000 360.000 642.000 5.000 429.000 9.920.500 44.738.000 16.000 3.481.000 18.441.500 448.000 1.313.000 2.000 534.000

-51 -1 -40 -13 -100 -35 -10 -40 -25 -80 -40 -2 -15 -25 -5 -40 -7 -50 -2 -20 -6 -1 -40 -10 -1 -50 -2 -200 -125 -1 -6 -10 -20 -10 -75 -10 -10 -20 -3 -40 -30 -5

-24,88 -16,67 -13,33 -11,21 -10,87 -10,77 -8,85 -8,70 -8,47 -7,41 -7,14 -7,14 -6,98 -6,85 -6,85 -6,67 -6,09 -5,56 -5,41 -4,82 -4,69 -4,35 -4,30 -4,26 -4,17 -3,88 -3,85 -3,70 -3,50 -3,45 -3,43 -3,08 -3,03 -3,03 -2,91 -2,82 -2,74 -2,70 -2,70 -2,55 -2,54 -2,51

DILD-W ELTY-W TFCO GSMF JECC BTON CKRA KPIG BNII DILD BBKP MLPL-W SMMT ARTI KBLI LPGI BUDI-W KKGI MASA-W BMTR TMPI-W AMAG-W RALS LAPD KBRI-W AMRT UNSP-W MBAI SMDR VRNA-W IDKM ASDM ADES NIKL ANTM AISA MPPA-W BWPT PRAS JPFA INVS BAYU

SAHAM BROKER BEI Code YP PD DR NI ZP KK CP FZ LG

REKAPITULASI BEI

Name

Value

Vol

eTrading Securities Indo Premier Securities OSK Nusadana Securities Ind BNI Securities Kim Eng Securities Phillip Securities Indonesia Valbury Asia Securities Waterfront Securities Ind Trimegah Securities Tbk

334.583.666.000 279.747.558.000 419.877.574.000 215.949.380.000 354.906.034.000 202.879.400.500 198.655.742.500 155.004.114.000 185.605.484.000

1.030.936.500 750.896.000 748.659.500 481.352.500 364.593.000 363.951.500 517.261.000 402.078.500 432.900.500

Freq 29.827 23.122 12.538 11.771 11.185 10.206 9.546 8.568 7.457

Papan Regular Rights Warrants Market Total Foreign Buy Foreign Sell Net Foreign Transaction

2.39 0.3056

178.135

1.115 0.6299

SAHAM TERAKTIF BEI (REGULER)

SAHAM KENAIKAN DAN PENURUNAN TERBESAR BEI SAHAM KENAIKAN TERBESAR BEI

PROPERTI

Volume

Value

6.550.330.500 63,301,554.000 564.306.516

4.498.477.266.704 943.083.756 41.318.066.572

7.745.144.414

5.128.953.416.030

796.707.561 526.646.227 270.061.334

1.728.480.860.750 1.449.157.436.322 279.323.424.428

Code

Value

Vol

Freq

Last

+/-

BVol

Bid

Offer

OffVol

BMRI BBRI FAST JSMR ASII BUMI INDY ADRO PGAS TLKM INCO BBNI ASRI ANTM KIJA SMGR TRUB PTBA KLBF BSDE JECC INTP TMPI ENRG BBKP LPKR BDMN UNTR INDF TINS UNSP BBCA BBTN ITMG DILD BMTR BKSL BNBR AALI SMRA MEDC GJTL

421.437,61 291.761,46 282.555 270.163,11 264.391,99 224.330,31 191.077,84 185.931,56 159.715,36 144.331,35 135.295,03 123.509,28 118.595,17 113.491,05 106.233,24 101.046,90 98.744,25 93.502,23 89.194,43 84.325,86 82.386,69 76.860,75 70.841,28 70.429,29 68.497,72 68.433,41 64.627,53 62.403,89 47.999,09 44.656,23 42.356,01 41.813,18 40.271,64 35.707,42 33.759,44 32.425,81 32.334,15 30.819,19 30.009,10 29.534,77 26.727,98 24.539,07

159.164 69.076 86.940 261.522 11.823 189.615 122.858 169.107 77.125 35.928 53.076 103.054 1.174.405 89.476 1.786.690 24.759 1.468.417 10.447 87.473 213.586 173.430 10.274 520.454 927.475 250.261 230.554 22.876 6.329 24.940 32.920 169.954 14.426 52.331 1.857 68.352 160.129 545.453 863.162 2.531 65.331 18.615 50.144

2.282 1.590 1 3.092 2.114 2.462 1.571 1.282 1.421 1.646 885 1.075 4.010 1.947 5.540 407 6.625 805 958 1.506 11.759 687 3.420 3.371 1.901 1.951 529 559 844 556 372 391 1.009 377 1.284 1.424 2.070 1.317 482 973 452 613

5.350 8.450 0 2.100 45.150 2.350 3.075 2.200 4.150 8.100 5.100 2.450 205 2.500 122 8.200 133 17.900 2.025 790 820 15.150 275 150 520 600 5.650 19.800 3.825 2.675 495 5.750 1.530 38.300 1.000 395 118 72 23.500 920 2.850 980

150 100 0 110 1.250 -50 25 0 25 150 -50 75 13 -75 12 150 3 300 0 -10 -100 500 25 1 -40 10 150 200 -25 -50 -5 -100 10 -50 -80 -20 4 0 0 40 -25 -10

1.319 3.109 10 10.586 1 21.002 4.227 29.845 10.940 133 4.550 10.960 96.137 4.899 30.458 1.086 34.460 222 26.097 2.973 2.869 50 8.295 8.560 10.105 16.570 28 91 6.992 1.792 32.253 1.502 3.520 2 332 1.812 10.237 841 375 1.692 1.218 431

5.300 8.450 6.500 2.075 45.150 2.325 3.050 2.175 4.125 8.050 5.000 2.425 200 2.475 121 8.150 132 17.850 2.000 790 810 15.100 270 149 520 590 5.600 19.750 3.825 2.650 490 5.750 1.520 38.300 1.000 390 117 71 23.500 910 2.825 970

5.350 8.500 7.000 2.100 45.250 2.350 3.075 2.200 4.150 8.100 5.100 2.450 205 2.500 122 8.200 133 17.900 2.025 800 820 15.150 275 150 530 600 5.650 19.800 3.850 2.675 495 5.800 1.530 38.350 1.010 395 118 72 23.600 920 2.850 980

9.242 619 1 7.396 38 3.715 6.695 6.032 4 6.199 14.221 15.431 69.144 1.977 3.625 322 14.694 97 10.226 12.973 167 48 18 16.772 3.859 17.172 142 114 3.672 3.193 13.985 2.875 668 1 780 2.993 6.718 71.348 15 4.183 107 2.050

INDEKS INTERNASIONAL BEI (ASIA PASIFIK) Nama Indeks

Simbol

Hang Seng Index Kuala Lumpur Composite Index Seoul Composite Index Tokyo Nikkei 225 Manila Composite Index Stock Exchange of Thai Tokyo SE Index Taipei Weighted Index Australia All Industrial Index Australia Twenty Leaders Singapore Straits Time

HSI.X KLCI KOSPI NI225 PHSC SET TOKS TWI XAI XTL I019.X

Value 21.510,9297 1.333,6400 1.747,5800 11.090,0498 3.204,4700 757,8500 1.725,2400 7.990,5298 1.226,4900 2.941,5300 2.967,6499

+/-112,4512 2,2600 29,5499 189,3701 56,9700 -7,9100 0,0000 90,1099 0,0000 0,0000 -13,7202

+/-%

Updated

-0,5200 0,1697 1,7200 1,7372 1,8100 -1,0330 0,0000 1,1406 0,0000 0,0000 -0,4602

Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Rabu, 21 April 2010 Last Update 21/4/2010

Bank Saudara Tawarkan Saham JAKARTA - Bank Himpunan Saudara Tbk (Bank Saudara) berencana akan melakukan penawaraan saham terbatas ke II (right issue II) pada semester kedua 2010 sebesar Rp 200 miliar dalam rangka memperkuat struktur permodalan. Penawaran saham terbatas ke II sebesar Rp 200 miliar akan memicu total modal disetor perseroan meningkat menjadi Rp 455 miliar, kata Dirut PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Farid Rahman kepada pers usai paparan publik di Jakarta, kemarin. Farid Rahman mengatakan, aksi korporasi ini direncanakan akan dilaksanakan pada semester ke II 2010 dengan persetujuan terlebih dahulu dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

“Kami optimis penawaran saham terbatas ke II akan dapat dilaksanakan sesuai dengan waktunya untuk meningkatkan penyaluran kredit sejalan dengan makin membaiknya pertumbuhan ekonomi di dalam negeri,” katanya. Bank Saudara, lanjut dia optimis akan menjadi bank papan menengah yang pada 2013 nanti dapat memiliki aset sebesar Rp 10 triliun lebih. Karena itu, pada tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan aset mencapai Rp 3,4 triliun dengan dukungan pertumbuhan kredit sebesar Rp 538 miliar dan tingkat NPL (non performing loan) dibawah dua persen, sehingga total kreditnya akan mencapai Rp 2,5 triliun, katanya. Ia mengatakan, Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tahun ini

diproyeksikan menghasilkan laba tahun berjalan sebesar Rp 58 miliar. Bank Saudara, menurut dia juga akan mengakuisisi sejumlah Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS)dalam upaya mengembangkan usaha dibidang syariah. “Kami akan mengembangkan BPRS pada tahun ini sebesar Rp 3 miliar, dimana perseroan telah mengakuisisi BPRS di Cirebon yang bernama Bank Artha Fisabillah sebesar Rp 500 juta,” katanya. Farid Rahman mengatakan, perseroan akan membagikan dividen sebesar Rp 6 kepada nasabah yang akan dibayarkan pada 25 Juni 2010. “Sedangkan 57,28 persen atau Rp 20,54 miliar dari total laba itu akan dipergunakan perseroan sebagai laba ditahan,” katanya. (ant)

IHSG Bangkit JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, kembali menguat ke level 2.900 yang ditutup naik 21,556 poin (0,75 persen) ke posisi 2.912,826. Mengikuti IHSG, indeks kelompok 45 saham unggulan (LQ45) juga menguat 5,566 poin (0,99 persen) ke posisi 566,014. Pengamat pasar modal Nico Omer J di Jakarta, Rabu mengatakan, sentimen Wall Street mulai stabil setelah semakin banyak emiten atau 82 persen melaporkan pertumbuhan kinerja yang lebih baik. Ia menambahkan, kabar dari Jerman yang melaporkan peningkatan data consumer con-

fidence juga turut menjaga optimisme investor karena membaiknya ekonomi Jerman positif untuk Eropa dan ekonomi dunia pada umumnya. Sementara dari dalam negeri, hampir seluruh saham berhasil menutup gap terbuka akibat anjlok di awal pekan, terutama ANTM dan INCO. Harga nickel yang menjadi underlying kedua saham tersebut memang pulih lebih cepat kembali ke level 27.000 dolar AS per ton. “ANTAM bahkan tidak terpengaruh oleh rencana perseroan untuk right issue,” katanya. Sementara beberapa saham di kawasan Asia diantaranya Indeks Hang Seng melemah

112,45 poin ke level 21.510, Indeks Nikkei-225 menguat 189,37 poin ke level 11.090 dan Indeks Singapore Strait Time turun 13,72 poin ke level 2.967. Transaksi saham yang terjadi sebanyak 141.142 kali dengan jumlah saham yang berpindah tangan mencapai 7,111 miliar lembar dan nilai Rp 4,543 triliun. Dan 118 saham naik, 103 saham turun dan 75 saham tidak bergerak. Sementara saham-saham yang mengalami kenaikkan diantaranya, Jasa Marga (JSMR) naik Rp 110 ke Rp 2.100, Astra International (ASII) naik Rp 1,250 ke Rp 45,150, Bank Negara Indonesia (BNI) Rp 75 ke Rp 2.450. (ant)

Niaga Syariah Gandeng Multifinance JAKARTA - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) bekerja sama dengan tiga perusahaan multifinance yaitu PT Mandala Multifinance Tbk, PT Nusa Surya Ciptadana, dan PT Amanah Finance bagi pembiayaan kendaraan bermotor. Syariah Banking Head CIMB Niaga U Saefudin Noer,

dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu, mengatakan kerja sama ini dimaksudkan untuk meningkatkan akses yang lebih mudah bagi masyarakat dalam hal pembiayaan Syariah untuk kepemilikan kendaraan bermotor melalui sinergi bank dengan perusahaan multifinance. “Pembiayaan Syariah di

Tanah Air memiliki potensi bisnis yang besar. Untuk itu, kami terus bersinergi dengan mitra usaha sebagai upaya meningkatkan jumlah pembiayaan syariah di segmen ini,” katanya. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan modal kerja perusahaan multifinance untuk pengembangan usahanya. (ant)

Bisnis Jakarta/ant

HASIL POKJA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa bersama Mensesneg Sudi Silalahi (kanan) menyampaikan rencana aksi hasil rapat kelompok kerja (pokja) saat rapat kerja Presiden RI dengan Menteri-Menteri dan Gubernur se-Indonesia di Istana Tampaksiring, Bali, kemarin.

Reformasi Birokrasi Gagal

Perlu Rekonstruksi Total JAKARTA - Pengamat ekonomi Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Ichsanuddin Noorsy mengatakan, saat ini menjadi momentum untuk melakukan rekonstruksi (membangun kembali) reformasi birokrasi yang dinilai gagal. “Kita perlu tata ulang, kita rekonstruksi, tak perlu di dekonstruksi (dihancurkan untuk dibangun kembali). Kita rekonstruksi reformasi birokrasi ini sejalan dengan undang-undang dasar kita,” katanya di Jakarta, Rabu. Menurut dia, reformasi birokrasi yang terjadi saat ini salah arah karena mendasarkan diri pada liberalisasi dan privatisasi. “Semuanya hanya diukur

dengan seberapa cepat memperoleh izin, bukan seberapa besar layanan kepada masyarakat tersebut diperhatikan, sehingga masyarakat memperoleh kepastian layanan hukum, kepastian jaminan rakyat, kepastian kesehatan, pendidikan, kepastian perumahan, kepastian hidup layak, kepastian pekerjaan, kepastian bagi orang miskin dan yang terlantar, kepastian distribusi bagi hajat hidup orang banyak, ini yang seharusnya menjadi ukuran,” katanya. Ia mengatakan, Indonesia belum terlambat untuk melakukan rekonstruksi reformasi birokrasi. Menurut dia, ada tiga tahap dalam reformasi birokrasi yaitu ketatalembagaan, ketatalaksanaan dan pemberian

ganjaran dan hukuman (reward and punishment). Namun selama ini, menurut dia, pemerintah melakukan tahapan yang meloncat dengan mengadakan ganjaran dan hukuman melalui remunerasi terlebih dahulu tanpa diawali perbaikan dalam ketatalembagaan dan ketatalaksanaan. Akibatnya reformasi birokrasi menjadi kacau, sementara negara diboroskan dengan biaya remunerasi. “Uang sudah digelontorkan tapi tidak ada hasil reformasi yang memuaskan,” katanya. Ia menambahkan, kekacauan saat ini berpotensi membesar karena, reformasi birokrasi yang mengandalkan remunerasi tersebut dibiayai melalui bantuan dari Bank Dunia

sebesar 145 juta dolar AS. “Kalau Bank Dunia mencabut bantuannya, terus kita mau bayar pakai apa, ini juga perlu dipikirkan,” katanya. Namun demikian, menurut dia, karena remunerasi telah dijalankan, maka pencabutan remunerasi juga akan menimbulkan dampak ‘demotivasi’ (hilangnya motivasi) bagi birokrasi. Untuk itu, menurut dia, rekonstruksi birokrasi sebaiknya segera dilaksankan. “Kalau anda cabut akan mengalami kasus ‘demotivasi’. Demotivasi ini berbahaya bagi bekerjanya mesin birokrasi, agar tidak terjadi ‘demotivasi’ mesin birokrasi, maka harus terjadi rekontruksi birokrasi,” katanya. (ant)


Ek bis

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

3

Investasi Rp 1.500 Triliun Untuk Infrastruktur TAMPAK SIRING - Pemerintah akan mendorong investasi Rp 1.500 triliun untuk pembangunan sejumlah infrastruktur hingga 2014 mendatang sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan mencapai 7,7 persen di tahun tersebut. Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam paparan rekomendasi rapat kerja Presiden dengan menteri, gubernur dan pemangku kepentingan di Istana Tampak Siring, Bali, kemarin mengatakan, infrastruktur yang akan dibangun tersebut salah satunya men-

dorong adanya keterhubungan antar wilayah di Indonesia. “Investasi infrastruktur antara lain pembangunan atau perbaikan 20.000 km jalan, pembangunan 15.000 megawatt listrik dan perluasan pelabuhan-pelabuhan utama serta pembangunan pelabuhan baru yang terintegrasi dengan kawasan ekonomi khusus,” katanya. Rekomendasi juga menyatakan dari nilai investasi tersebut dilakukan penyelesaian dry port pada 2010, meningkatkan kapasitas angkut kereta api masing-masing di Sumatera,

Jawa dan Kalimantan. “Juga pembangunan double track angkutan batu bara dan komoditas lainnya untuk Sumatera dan Kalimantan dimulai tahun 2011,” katanya. Untuk pertumbuhan ekonomi, rekomendasi juga menyebutkan harus dilakukannya pertumbuhan yang merata di seluruh wilayah dengan cara sinergi kebijakan pusat dan daerah. “Kebijakan sinergi pusat dan daerah mencakup membangun produk atau sektor unggulan dan kluster untuk meningkatkan nilai tambah, memastikan debottlenecking infrastruktur,

pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan merencanakan kawasan ekonomi khusus termasuk pemberian insentif yang mendukung,” kata Hatta. Rencana aksi yang akan dilakukan terkait hal itu adalah akan dilakukannya identifikasi kendala konektivitas, PNPM untuk pembangunan infrastruktur atau penciptaan kesempatan ekonomi dan intervensi khusus pemerintah pusat atau daerah untuk wilayah yang termarjinalisasi. Sementara itu rekomendasi terkait pertumbuhan investa-

si maka kebijakan yang diambil antara lain koordinasi untuk menghilangkan ego sektoral, pembiayaan jangka panjang dengan upaya penurunan tingkat suku bunga riil dan pencarian sumber dana alternatif seperti Jamsostek dan Asuransi Dana Pensiun. Hatta menambahkan, kelompok kerja I bidang pembangunan ekonomi juga merekomendasikan adanya investasi sebesar Rp 10.000 triliun dalam lima tahun dimana 50 persen diantaranya dana itu berasal dari pihak swasta, baik nasional maupun asing sehingga

pembangunan ekonomi dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi bisa terwujud. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi seperti yang ditargetkan pada akhir 2014 mendatang, juga direkomendasikan untuk mendorong nilai ekspor menjadi 200 miliar dolar AS pada tahun tersebut. “Itu dapat dicapai dengan peningkatan daya saing perusahaan Indonesia karena iklim investasi yang baik, daya penetrasi produk Indonesia di pasar global meningkat terutama di kawasan Asia Timur,” kata Hatta memaparkan.

Rapat kerja nasional di Istana Tampak Siring secara resmi ditutup Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin siang. Rapat kerja yang dihadiri seluruh menteri kabinet, Gubernur, Ketua DPRD, pimpinan BUMN dan lembaga pemerintah serta kalangan swasta dan teknokrat. Presiden meminta agar rekomendasi rapat kerja segera dituangkan dalam instruksi presiden yang akan ditandatangani dalam waktu dekat kemudian disampaikan ke setiap kepala daerah dan diimplementasikan. (ant)

Masuk Gresik

BUMN Sekuritas

Danareksa Tunggu Intsruksi Pemerintah

Gelar Roadshow IPO Garuda-KS

JAKARTA - PT Danareksa menyatakan, siap membeli 1,25 persen saham Rajawali Corporation di PT Semen Gresik Tbk (SMGR), jika mendapat restu dari pemerintah. “Kami (Danareksa) siap. Tinggal menunggu instruksi dari pemerintah (Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan selaku kuasa pemegang saham,” kata Direktur Utama Danareksa, Edgar Ekaputra, kemarin. Realiasi pembelian saham senilai sekitar Rp 517 miliar tersebut tergantung pengarahan pemerintah. “Kalau diminta dipercepat, ya kami percepat. Karena hanya pengalihan hak membeli oleh pemerintah kepada Danareksa,” kata Edgar. Rajawali Corporation melalui anak usaha, Blue Valley, berencana melepas 1,25 persen saham atau setara 73,847 juta lembar saham di Semen Gresik. Meski sudah memberi persetujuan pembelian yang diesekusi melalui BUMN, namun pemerintah belum menentukan perusahaan yang akan membeli saham tersebut. Selain Danareksa, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) juga disebut-sebut berminat masuk ke Gresik. Edgar tak mempermasalahkan soal pendanaan untuk membeli saham

perusahaan semen pelat merah itu. Pembiayaan pembelian bisa dari internal kas yang dikombinasi dengan pinjaman perbankan. “Dana sekitar Rp 500 miliar tidak terlalu besar. Kita siap saja, karena Danareksa memiliki “line bank” di luar negeri yang bisa memberikan pinjaman setiap saat,” ujarnya. Menurut Edgar, dana yang sewaktu-waktu dapat kita tarik bisa mencapai Rp1 triliun-Rp 1,5 triliun. Meski begitu diutarakan Edgar, kepastian pengambialihan berada pada Kementerian BUMN. “Bisa saja kami tidak sendiri, atau menggandeng pihak lain. Tunggu saja informasinya,” tegas Edgar. Sebelumnya, Menteri BUMN Mustafa Abubakar menuturkan, Danareksa lebih berpeluang untuk menjadi pemilik saham Semen Gresik. “Kelihatannya mereka (Danareksa) serius, dan sepertinya juga lebih mengarah ke Danareksa,” kata Mustafa. Untuk itu, Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham akan menyampaikan surat kepada Kementerian Keuangan apakah akuisisi saham tersebut dilakukan dalam bentuk investasi saham pemerintah atau dalam pola transaksi lainnya. (ant)

JAKARTA - Tiga BUMN Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan Bahana Sekuritas fasilitasi non-deal roadshow PT Garuda Indonesia dan PT Krakatau Steel (KS) ke Hong Kong dan Singapura terkait rencana penawaran saham kepada publik (IPO). “Non-deal roadshow dilakukan pekan depan, untuk menjaring minat inves-

tor asing untuk membeli saham ke dua perusahaan melalui pasar modal,” kata Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Edgar Ekaputra, kemarin. Non-deal roadshow atau penawaran tanpa ikatan kepada calon investor dari Singapura dan Hong Kong karena merupakan salah satu basis investor untuk kawasan Asia. “Garuda dan Krakatau Steel kami ikutkan

sekalian, untuk mencari tahu seberapa besar minat calon investor terhadap rencana IPO mereka,” kata Edgar. Sesuai rencana, Garuda akan IPO pada kuartal III 2010, dengan jumlah saham yang akan dilepas maksimum 40 persen. Adapun dana yang diperkirakan diperoleh perusahaan penerbangan plat merah ini sekitar 300 juta dolar AS. Sedangkan IPO Krakatau

Steel direncanakan pada November 2010 dengan melepas hingga 30 persen saham, dengan dana yang akan diraih sekitar Rp2 triliun. Non-deal roadshow Garuda dan KS itu akan diikutkan bersamaan dengan 12 BUMN yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia. “Kami mendapat penugasaan dari Kementerian BUMN untuk mempro-

BUMN Publik

Ungguli Swasta di Pasar Modal

Pelanggan 6.600 Va

Tak Lagi Disubsidi JAKARTA - PT PLN (Persero) mengungkapkan, pada 2009, pelanggan listrik golongan 6.600 volt ampere (VA) ke atas sudah tidak lagi mendapat subsidi. “Sebagai dampak program penghematan, pelanggan 6.600 VA ke atas tidak lagi dapat subsidi,” kata Direktur Manajemen Bisnis dan Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin dalam rapat dengan dengan Komisi VII DPR di Jakarta, kemarin. Pada 2009, PLN mulai menerapkan program hemat bagi pelanggan 6.600 VA ke atas yakni membatasi pemakaian subsidi hanya 80 persen rata-rata nasional. Bagi pelanggan 6.600 VA ke atas yang pemakaiannya di atas 80 persen nasional, akan dikenakan tarif nonsubsidi atau keekonomian yakni Rp 1.380 per kWh. Sedang, tarif subsidi ad-

alah rata-rata Rp 670 per kWh. Menurut Murtaqi, pada tahun 2008, pelanggan 6.600 VA ke atas masih mendapat subsidi sebesar Rp 457 miliar. Namun, pada 2009, pelanggan 6.600 VA ke atas tidak lagi mendapat subsidi. Malah, PLN mendapat tambahan pemasukan dari penerapan program hemat 6.600 VA ke atas pada 2009 sebesar Rp2 ,967 triliun. Pada 2010, PLN menurunkan lagi batas hemat bagi pelanggan 6.600 VA ke atas dari 80 persen ke 50 persen rata-rata pemakaian nasional. Penurunan batas hemat tersebut diperkirakan akan menambah pendapatan PLN pada 2010. PLN mencatat laba bersih 2009 sebesar Rp 10,355 triliun dan terdapat uang kas Rp 13 triliun. (ant)

mosikan kinerja BUMN publik yang belakangan ini semakin meningkat,” katanya. Ia menuturkan, menjadi bagian penting bagi pemerintah untuk memaparkan kinerja BUMN kepada investor. Meski belum resmi ditetapkan menjadi penjamin emisi (underwriter), ke tiga BUMN sekuritas memiliki tanggungjawab mempromosikan Garuda dan Krakatau Steel. (ant)

Bisnis Jakarta/grd

MENU TERBARU – Eeusreena (tengah) diapit Pinnywati Chandra dan Edwin Lau saat menunjukkan MOS Premium Wagyu Burger yang merupakan menu terbaru MOS Burger Indonesia di Gerainya di lantai 4 Plaza Indonesia Jakarta kemarin.

MOS Burger

Hadirkan Hidangan Terbaru nan Unik JAKARTA – Setelah hadir di Indonesia untuk memberikan sajian alternatif makanan cepat siap saji yang lebih sehat serta unik, di awal 2010 ini, MOS Burger Indonesia menghadirkan MOS Premium Wagyu Burger. Dengan menghadirkan cita rasa khas Jepang, burger ini ditawarkan dengan harga terjangkau, Rp 34.000, dan dengan keju dihargai Rp 36.000. ‘’Menu ini sudah dapat dinikmati di gerai kami di Plaza Senayan dan Plaza Indonesia. Selain itu, kami juga menawarkan Chicken Pate Hamburger dan Chicken Pate Cheeseburger yang dapat dinikmati dengan harga Rp 10.000 dan Rp 12.000,” jelas Operational Manager MOS Burger Indonesia, Eeusreena di Gerai Plaza Indonesia, kemarin. MOS Premium Wagyu Burger, menawarkan keunikan cita rasa premium khas Jepang, dengan menggunakan daging Wagyu Australia Grade 9+ (Top Grade) sebagai daging burger. ‘’Daging Wagyu ini dipadukan dengan premium sauce khas Jepang, Mushroom Saute, Original Premium Saute Onion, dan tentu saja dengan sayuran selada yang berlimpah,” urai Eeusreena menambahkan. Selain rasanya yang premium, MOS Premium Wagyu Burger dihadirkan dengan ukuran yang premium, dengan daging burger 42 persen lebih besar dari sajian MOS Burger lainnya, serta roti/bun yang 23 persen lebih besar dari MOS Burger biasanya. Sebelumnya, Direktur PT MOG Indonesia, Pinnywati Chan-

PROMO SPESIAL DAIHATSU

DAIHATSU

SUZUKI BANJIR DISCOUNT

PAKET MURAH

Discount s/d 18Jt, Bunga Ringan

Innovation For Tomorrow

DAIHATSU PSP

PARKING SENSOR

TUNAS FRIEND

FREE GPS

MERK MOBIL

TOTAL DP

ANGSURAN

NEW XENIA

9 JUTA’AN

3 JUTA’AN

NEW TERIOS

20 JUTA’AN

4 JUTA’AN

NEW LUXIO

4 JUTA’AN

4 JUTA’AN

NEW SIRION

17 JUTA’AN

4 JUTA’AN

NEW GRANMAX MB

6 JUTA’AN

3 JUTA’AN

NEW GRANMAX PU

3 JUTA’AN

2 JUTA’AN

UNTUK INFORMASI & PEMESANAN SILAKAN HUBUNGI

EDY

WAHYU

992 64917 0813 1010 9219 Darurat 24 jam

Home Service

Xenia

: Tdp 10 Jt / 2Jtan

Terios

: Tdp 12 Jt / 3Jtan

Luxio

: Tdp 8 Jt / 3Jtan

G.Max mb : Tdp 8 Jt / 3Jtan G.Pu

: Tdp 6 Jt / 2Jtan

Sirion

: Tdp 16 Jt / 3Jtan

Tlp

Car Care

%

DEALER RESMI READY STOCK

Data Dibantu Proses Cepat Bs Tukar Tambah C.003358-Mbl

DAN BUNGA RINGAN

PU

DP 500 Rb / Angsuran 1Jtan DP 2 Jt / Angsuran 2 Jtan KARIMUN DP 1 Jt / Angsuran 2 Jtan SWIFT DP 3 Jt / Angsuran 3 Jtan APV

SX4,GRANDVITARA READY STOCK TERIMA TRADE’IN,PAGI DI SURVEY

Terima Tukar Tambah OnLine 24 Jam

998 54548 0817 8464 12

OUR SERVICE :

dra menjelaskan, kebutuhan akan makanan berkualitas dengan harga terjangkau telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat perkotaan, terutama Jakarta yang masyarakatnya memiliki karakter yang lebih terbuka. ‘’MOS Burger Indonesia terus berkeinginan menciptakan makanan yang makin berkualitas, sehat dan tentunya pada kisaran harga yang terjangkau bagi pencintanya. Ini dapat dilihat pada MOS Premium Wagyu Burger,” ungkap Pinnywati Chandra. Daging sapi Wagyu, diketahui berasal dari sapi ternak Jepang. Daging sapi Wagyu memiliki tekstur daging yang lebih halus yang membuatnya memiliki rasa yang lebih nikmat serta lebih sehat karena memiliki kandungan lemak yang sedikit dan tidak menyebabkan berbagai penyakit seperti kolesterol. ‘’Tapi kami harus memakai daging Wagyu impor asal Australia, karena berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia yang hanya membolehkan mengimpor daging sapi dari Australia dan New Zealand,” jelas Pinnywati Chandra. Menurut professional chef Edwin Lau, lemak dalam daging Wagyu memiliki lebih banyak lemak tak jenun tunggal yang akan mencair pada suhu kamar sehingga baik untuk dijadikan bagian diet rendah kolesterol. ‘’Tekstur yang terlihat selayaknya marmer, serta cita rasa yang tinggi membuat daging Wagyu sebagai salah satu hidangan yang paling lezat untuk disantap,” jelas Edwin Lau. (grd)

HUB : 0818 4083 24

Ryan 9188 1797 C.003319-Mbl

SORE MOBIL DI KIRIM

DP BS 10%

PAKET DAIHATSU 2010

XENIA TERIOS LUXIO GRNAD MAX

DP 12 JTAN/ANGS 4 JTAN DP 17 JTAN/ANGS 5 JTAN DP 19 JTAN/ANGS 4 JTAN DP 16 JTAN/ANGS 3 JTAN

CASH BACK 10% & FREE GPS

021-71385316 GRAND LIVINA LIVINA XR LIVINA X GEAR X TRAIL SERENA FRONTIER NAVARA BONUS 1 LCD + DVD + MP3 + USB 2 ASURANSI 1 TAHUN DLL

DP 16.900.000 DP 17.600.000 DP 18.900.000 DP 36.300.000 DP 35.700.000 DP 31.900.000

Hub:

021-33763905 021-92759901 021-93288936 0813 7481 9106 C.003340-Mbl2

HUB : 94-666-127 SEBELUM HARGA NAIK

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tercatat di pasar modal dinilai mampu bersaing dengan perusahaan swasta karena memiliki setidaknya delapan keunggulan. “Dari 16 BUMN publik (BUMN terbuka) sebanyak 12 perusahaan di antaranya mencatat performa yang sangat baik dalam hal likuiditas saham, kapitalisasi pasar dan kinerja keuangan,” kata Equity Capital Market PT Danareksa Chandra Pasaribu, kemarin. Dalam lima tahun terakhir, delapan keunggulan perusahaan milik negara dibanding swasta di Bursa Efek Indonesia (BEI), meliputi tingkat pengembalian modal (ROE), tingkat pengembalian aset (ROA), tingkat profitabilitas. “Perbandingan pertumbuhan laba bersih dari BUMN ternyata masih lebih baik, demikian juga dari setoran dividen, yang bisa mencapai rata-rata 45 persen,” kata Chandra. Menurutnya, deviden pay out ratio BUMN umumnya jauh lebih tinggi, dan secara konsiten disetor kepada pemerintah dan pemegang saham lainnya, dibanding dividen yang dibagikan perusahaan swasta kepada pemegang saham. Dari sisi kapitalisasi pasar, dari 16 BUMN mampu menguasai hampir 30 persen dari total kapitalisasi pasar saham. Sedangkan dari tingkat kewajiban terhadap dari modal (DER), BUMN memiliki rasio yang lebih rendah, dan terus menurun dalam lima tahun terakhir. “Rasio ini menggambarkan bahwa kemampuan melunasi utang sangat tinggi, sebagai cerminan bisnis perusahaan BUMN pada posisi yang sehat,” tegas Chandra. Dengan rasio-rasio yang lebih bagus diutarakannya, BUMN memiliki tingkat leverage yang tinggi, untuk meningkatkan nilai pemegang saham. Pertumbuhan aset BUMN sedikit di bawah pertumbuhan aset dari non-BUMN. “Ini mungkin akibat dari strategi pertumbuhan yang lebih konservatif dibandingkan dengan perusahaan swasta lainnya,” ujarnya. Poin penting yang juga keunggulan BUMN adalah tata kelola perusahaan (GCG) makin membaik hampir atai bahkan menyamai perusahaan swasta. “Pengelolaan BUMN dari waktu ke waktu makin transparan. Ada lompatan yang jauh dalam hal transparansi dibanding puluhan tahun lalu di BUMN,” katanya. (ant)


4

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

Ketentuan Penulisan :

Hubungi kami 021- 5357602, 68877000 (Jkt) 0251- 8401018 (Bogor)

Kirim SMS 08559900000 021-68799000

1. Materi diketik rapi/bukan tulisan tangan

Pembayaran :

Registrasi :

2. Rangkaian huruf besar hanya

Bank BCA

Reg:nama lengkap:no tlp rmh/kantor

diperkenankan untuk pengetikan singkatan umum.

No.Rek. 006-304-1944

Teks Iklan

A/N : PT.NUSANTARA MEDIA BALIWANGI

IK:teks iklan baris

Contoh :PLN,BUMN, TOEFL,dsb

Bank BRI

minimum 90 karakter = 3 baris

No.Rek. 00 18-01-000580-30-2

maksimum 120 karakter = 4 baris

Faksimili 021-53670771

3. Penebalan diperkenankan hanya pada baris pertama dg jumlah huruf maks; 25 karakter

Internet www.bisnis-jakarta.com Pemuatan : 1. Iklan dapat dimuat setelah bukti transfer pembayaran kami terima 2. Untuk pemuatan besok, diterima selambat-lambatnya pkl.17.00 WIB 3. Komplin tidak lebih dari 2 hari sejak tanggal iklan dimuat 4. Pemuatan Iklan Ralat maksimum 7 hari setelah iklan pertama dimuat

A/N : PT. NUSANTARA MEDIA BALIWANGI

Langsung Gedung Pers Pancasila, Jl.Gelora VII No.32 Palmerah Jakarta Pusat Bogor Trade Mall Lt. 2 Blok DI No.11 Jl. Ir. H. Juanda Bogor 16123 Tarif : Mini/baris Rp.6.000/baris min 3 baris max 10 baris Satu kolom Rp. 15.000/mm (min 30 mmk-max 200mmk) Display BW Rp. 15.000/mmk Display FC Rp. 18.000/mmk Tarif belum termasuk PPN

Bukti transfer pembayaran di fax ke : 021-53670771 Cantumkan nama/no.tlp sesuai registrasi

Klasika Ragam UNTUK PEMASANGAN IKLAN

Telp :021 - 5356272, 5357602 Fax. 021 - 53670771 Jakarta Pusat

BENGKEL

MUSIK

PELUANG USAHA

PERLENGKAPAN RMH

JAKARTA SELATAN

JABODETABEK

JABODETABEK

JABODETABEK

JABODETABEK

Bengkel Las AC MBL.SPCLS Ganti/ Psg Kompresor 400-800Rb & TRM Servis Prbaikn 6MS mbl JP6-eropakorea Hub:Tebet Jaya AC 7014566783917879 Jl Tebet Brt ke amana 1/59

BELI SMUA Alat Musik: Kyboard, drum, power,mixer,speaker,ampligitar,mic werles,dll Hub:021-28952465-081906 385588(Ebi)

Anda bs bk travel sstm online dg 1,5jt ctk tkt 86612596/97,92336208 www.mandiritravel.com

Cash&Credit Proyek ac pnsc, daikin,sharp,york,dll ceilingduct split,flor,caset.Hub:0817879787

G.35977

G.36039

G.31809

012-003322

Acc Grand Piano J.Cpt.Ymh G3E Ors Jpg,Ors Pedal 3,Pjg 183cm. Htm Sgt istw Ful Ors.68077783

Anda bs bk.ktr cab.Travel Jkt & L.kota,strtgs,Bth Tmpt 3x4,ijin lgkp,lgsg operasi.Midas Tour Jl.Depnaker No.25 K.Jati JakTim 8004884/8002244/08111899351 www.midas-tour.com

Gordyn,sofa,carpet,blinds,wpaper,cuci sofa+gordyn T’murah, Ph:96039640-081585013841

BENGKEL AC MBLSpcls Ganti/Psg Kompressor 400-800Rb. mbl jpg-erp korea& TrmServis perbaikan grns Hb. Tebet Jaya AC 70145667-83917879 Tebet Dalam 4J/59

HANDPHONE

G.31890

JAKARTA SELATAN Pelatihan Teknisi Hp Teknisi Hp 600Rb Teknisi Komp 400Rb Disc 20% Unt 10 Pdftr Ptma SW&HW Instrtr Bpglm,Full AC,Bns Obeng, Diklat&Stfkt SIAP Krj,Hub.Mmi: 3161660/71577914/90251189 012-003311

Acc piano jual yamaha hrg 6jt. U1(18)U3(21,5)Petrof (19,5) grs 3th+stem.32102066-7500906 G.31891

Big Sale*U1/U2/U3/UX30/M1/LU 101 Hit item LU-90 Rp.16,9 jt.Peter Piano 735 6057 Bintaro G.31892

KERJASAMA

G.35979

Franchise Piramizza Babarafi Cab:Duren.Sisa 4th sdh ada Plggan.92855515/08121008156 G.35980

AGEN PULSA

DANA TUNAI

JAKARTA SELATAN

JABODETABEK

Di jual pulsa murah M-Kios dan all operator dgn harga: 5:4250/ 10:9250/15:14250/20:19250/ 25:24250/50:47250/100:91250.H: 081237935675/081211650123 101-003316

Agunan BPKB 1 Jam Cair Tanpa Survey, bisa bayar bunga saja hub Maju Artha 7260581,7261979,7268115 Ciledug Ry20H Cipulir

PINJAMAN DANA TUNAI Jmn BPKB Mbl’95 Keatas,Truk,Trailer,Sertifikat & Mtr’03.Hub: Herman 24Jam 36873374 Bekasi & Jakarta G.33061

G.33489

Agunan BPKB(Mbl-94up&Truck98up) A4 Delima Ry 5A-JakTim 86609057.Boulever Ry24 Kelapa Gading 4533859.bekasi 88960289 G.33490

KURSUS JABODETABEK

JABODETABEK

KAMI MENDIDIK & MENYALURKAN Baby Sitter Bayi,Balita,Jompo& PRT Utk Dlm&Luar Kota. Hub: Ibu NELI 02133031946, 91023969, 0813 2389 1338

JABODETABEK

G.35967

JABODETABEK

Bhs Jepang,cpt-mdh;pckp/bc-tls/ persiap noken, Muwardi III/8. Grogol.71054933 / 0818726674

Sapto Kreasi (Jasa Arsitek) trm design rumah-kantor-hotel-intr-rab pngwasan. Hub:Eko(021 32460204. 0818803042) konsultasi grts

Guru Privt Piano,Vocal ank&dews dtg krmh Prof.Ujian&knsr.sbr, mrh.90338900,0878811100 71

012-003333

G.36035

G.33060

PROPERTI

G.36034

ALAT BANGUNAN

MAJU JAYA LESTARI

C.003336-Pro2

- Jl. Raya Daan Mogot KM-2 No. 40A ±50 Mtr Sebelum Rel KA Pesing Jakarta Barat 11460

( 5640037 - 5630060

C.003331-Alat

Bursa karir UNTUK PEMASANGAN IKLAN

Telp :021 - 5356272, 5357602 Fax. 021 - 53670771 Jakarta Pusat

LOWONGAN

ADM & KEUANGAN

ADM & KEUANGAN

Dibth Adm,Wnt,min SMA,Bisa Comp(Excel&Word),Diutmkn Pglm.PO BOX 1588 JKT 10015

Persh Mcr Senior u/Koordinator Finance & Accounting (Wnt) S1 Domsl Jakbar,Lam Fax:5811722 G.36044

Perush Cargo Bth Accounting Pglm 2th.krm CV ke komp.Niaga Cempaka Mas Blok O No.28 Jl.Letjend Suprapto-Jakpus 10640 G.36045

Prsh.Sepatu cari urgent: 3 org Adm Wnt,max.30th, min.SMA, pglmn tdk diutmkn, bs operasikan windows. Max.24 April’10. wlkin Intvw: Jl. Bande ngan Utara I no.16.Ph.021-6904787 G.36046

Staf Acc,W,SMEA/D1,23th,bs komp,L/K,pjk,krm ke:Tmn Surya 5 Blok JJ 5/28 x.drs JakBar G.36047

Wnt SMEA Adm bs word,excel u/ adm.cv lmrn Jl.Ry Ps.Minggu No.16 Jks12740 SuryaSakti Ban

Hanya 2,6jt,TVIExpress Bisnis Internasional www.tvi workinsmart. com/?id=asnawaty 081930716999081534711311 G.35981

SOLUSI KRISIS M’mbah Incom Dgn Bw/ Jual C’milan Klasik Dktr,Pabrik prmhn Untg Bsr&Mdh Laku:88966620,98955990, 0818191926 G.31817

PELUANG USAHA

PERLENGKAPAN RMH

Peluang usaha sampingan unt krywan/ i,ibu Rt,pensiunan,medis,guru dll,p/f time,hub 93741912/081384354247/ 08161110259 www.sehat-kaya.com 012-003324

Dicari Mitra Usaha Tela Krezz utk wilayah jak-tim,investasi murah&terjangkau, peroses sangat cepat.Hub:08128053448 G.31816

JABODETABEK

JABODETABEK

Adv 3ngr Sin-Thi-Mly-gtg:phktBangkok-Vietnam;China. 56941717 www.happytourindo.com

JABODETABEK

J.Rotary Oven Eloma-Germany, Setrika set & Electric boiler Hub/Sby: 081 2171 3999 G.36041

Jual Spr Mrh:Pizza Oven-Conveyor Electric Lincolin-USA,Kompor,Freezer 32674608/70597575 G.36042

Peluang Bisnis Franchis Ayam Goreng Fatmawati CP:Herry 085217090609 www.fatmawati.com

G.35983

Dom & Intl Tiket, Hotel, Visa. Passport, Land Tour, Cruise. Onassis 56981131, 98288280, G.35984

Promo Univ Studio Sing-Mal-Thai/ Bkk-Pty/Vietnam/Phuket. Visi Travel 63854748,6346452 G.35985

G.36043

Psat Tiket Murah Pket Tour Voucher Hotel,Umroh & Haji,Antar. Hub: Laenatour 24Jam 8356660, 88359088,8356439

Terapi O’S Pria Dewasa u/ melatih kekuatan otot Vitalitas & meningkatkan Hormon anda lebih banyak! Khusus panggilan by iwan 083893060787 TNG

White Horse. Bus Pariwisata, Medium&Mini van: ISO,OHSAS,asu ransi. Jkt 021-63865555, Jogja 0274497630, Bali 0361-722187, Palembang 0711-420605

012-003321

G.35987

SALON JAKARTA SELATAN

AC Baru Mitsubishi, General, TCL 320W & semua Merk.Service/ TT.”TIP” 54350960/68/80

G.35986

G.36036

Asahi Mas Alumunium Sell/Do All Glass & Aluminium works. Hub:6616123,hunting:99887828 G.36037

SOLUSI KRISIS M’mbah Incom Dgn Bw/ Jual C’milan Klasik Dktr,Pabrik prmhn Untg Bsr&Mdh Laku:88966620,98955990, 0818191926

Canopy polycarbonate stenlis pintu teralis,A.Maling,Fgate Tlp 54350657,54350707,68529888

G.31817

G.36038

KARTU KREDIT

PUSAT JUAL & SEWA SCAFFOLDING

GRIYA SAWANGAN ASRI tahap 3, SHM, Rangka atap baja ringan, “tanpa uang muka” Type 29/60, 29/90, 36/84, 45/105 Lokasi sawangan depok. Hub : 021-71525660, 71085656, 98305600, 94003438

012-003313

JABODETABEK

Kursus Kilat:TOEFL-IELTS-TOEIC Conv.2Mgg,skor tgl,bnyk sukses ph.70662628-71209455 Slipi 76

G.35743

DESIGN ARSITEK

101-003338

DANA CPT&AMAN Jmnn Bpkb Mtr& Mbl Pt.Bfi Finance Indonesia, Tbk myrn 44552020, Sunter: 94779838, Meruya:94205088,Dpk:99825904

Program S1,2Th 8Bln,D3 1Th, EKNMI,AKNTNSI,MNJMN,Biaya 350Rb Lsg Kuliah.S2(MM)Mx 2Th Biaya 550Rb Bs Lsg Kul,AKRDTS B Tmpt Strtgs, Hub:08128924611/71577914/3161660/ 90251189

BABY SITTER

DANA TUNAI ***DANA TUNAI*** Jaminan BPKB “Motor” aman&resmi Hub:021-71523900/021-94667657 Dibutuhkan:Agen,Mediator

JAKARTA SELATAN

G.35224

TOUR & TRAVEL

RESTORAN & CAFE

G.35978

Di Over Usaha Bridal & Wedding souvenir yang sedang berjalan. peminat serius T:021-32700878

PENDIDIKAN JABODETABEK

G.36040

SERVICE REPARASI

G.36050

Dibthkan ! Admin/Accounting : Pria/ Wnt Min SMU/D3 Bs Komp.Lmrn dikrmkn ke KINDO Komp.Citra Niaga Blok A No.8 Citra Garden 2 Jakarta Barat G.36051

LAIN-LAIN Dibthkn Sgr Design Grafis Pglm Min 2th.Memiliki Daya Kreativitas Tinggi. CV krm ke Jl.Kramat V No. 11B Jkt 10430 G.36018

Dibthkn sgr: Kary SMU/D1/D3 bag.Admin&Electrical Engineering min S1.Krm ke PO Box 6940 JKP PG 10640A G.36019

Dicari Designer Printing Textile, M/ F, pengalaman Hub. 081316788868 / 08128006834 G.36020

STRESS DENGAN TAGIHAN KARTU KREDIT/KTA - Alihkan Tagihan, Tlp & Kolektor Kepada Kami ! - Bayar Sesuai Kemampuan & Stop Bunga ! - Lunas Dengan Discount 50% Atau Lebih ! - Tidak Mampu Bayar Karena Suatu Hal ?

LEGAL SANDRA DONNA ANGGUN 9343 1564 9958 0256 9103 2023 9917 3734 9137 4451 3211 2948 C.003345-K.kredit

BERMASALAH DENGAN KARTU KREDIT/KTA - STRESS DI KEJAR KOLEKTOR/TLP BANK ? - BYR SESUAI KEMAMPUAN & STOP BUNGA ! - BYR DGN DISCOUNT 50% ATAU LEBIH, - TIDAK MAMPU BYR KRN SUATU HAL ?

LEGAL

RAHMA CASSY KIKI FANNY

: 9032 6546 : 9214 9399 : 9177 3940 : 9159 0931

Ada masalah CC/KTA? Stres dikejar kolektor! Disc 50% - 90% / tdk mampu byr sama sekali? Dijamin LEGAL

Novi Sinta Sari Sonya Lia Okta Eka

9631 7887 3308 7878 9264 0765 7159 9591 9475 4059 9969 3763 9767 7223

C.003339-K.Kredit

C.003308-K.kredit

LAIN-LAIN

LAIN-LAIN

LAIN-LAIN

Bth Supervisor utk Garment,D3 max 35thn,berpengalaman, jujur, Hub ph 6695856

Cari:Junior Design,bs 3D,A.Cad& Cek Lap,Pglmn 2th.Jl Tmn Pluit Kencana Sltn no.37 Telp:6628756

Anda siap krj jd Guru PG/TK Min Smu ada plthn BKS9838460, 8211903, P.Gde 8479726,Cigsi 82498887Cbtg 68374853

G.36023

G.36002

G.36063

Bth tiketing smu d mgt t duren wnt ramah pgln 1 th mrktg tour & tiket hu: 0811903886 G.36024

Bth tkg Finishing Melamic&Cat Duco,Pglmn 5Th u/Pabrik Mebel Di Tgrg*Yanto 0813.213.18249 G.36025

Bth u/Garment Mekanik,Tk pola yg B’pglmn Dtg Lsg PT.High Apparel Ind.7310529-97707887 G.36026

Dcr Mdl Iklan & Sinetron Ikuti Audisi Acting&Modeling Search’10 P/W usia 6s/ d30th.Krm 3fyo&CV.BM Organizer.Po Box 7108 Jkt/SA 10350 Ph:02145858880-81/93247953/93551074 G.36003

DIbutuhkan Mekanik Motor Berpglmn Bengkel Umum/Resmi Siap Kerja, Lsg Dtg Zaneta Motor Jl.Arteri Kelapa Dua No.22(Jl.Panjang) Kbn Jeruk Jak-Bar G.36060

Bth segera:Cashier,Nail Art, Menipedi, Beatucian & SPA wanita pengalaman salon dpn GOR Tangerang,hub.02133737190

Bank Swasta Mbthkan Sales Mngr, SPv&Sales,Khss yg b’pengalamn &Punya team,Gaji,kmsi&bns hub:Andrian 081807935906-92234015

G.36027

G.36061

A skin centre need beautician & Doctor Fax: 5667982. email: carla@carlaskincare.com G.35995

Acc,Adm,BM,Gdg,Hrd,Rcp,Spv P/ W SMA/K-S1 Inc 2,3-6jt sms dt 0857 17364769 Bp.Pandu.SE G.35996

Acc,Adm,BM,Gdg,Hrd,Rcp,Spv Smu/ k-s1 inc 2-6jt Sms nm#usia#pdkn k ibu IRA 085711226651 G.35997

Bth 1.Ka.Ops(KO)2.Pengawas Ops(PO)/Perush Outsource Jasa Pengamanan Krm HRD Bp.Ardi Jl.Penjernihan 1/8 T.Abang G.35998

Bth:SPV,Pria,D3/S1 Teknik Sipil/ Arsitek,Bertngjwb,Dpt Bekerja Dbwah Tekanan,Siap Overtime Pglmn2th.lmrn lsg:Perdana Kav.K143 Jakbar (021-5688630) G.35999

Cari Sgr 2 Org Sekr & 1 Org Adm Import,Wnt Sgl max30th SMA-D3,I’net & Komp.B.Inggris aktif diutamakan dom.Lbk.Bulus Cldk & sekitarnya.test & interview Hub.PT Wijayaputra Adipe rkasa Ph:75904583-75904608 Anna

G.36048

Dicari Pramuniaga P/W,20th,tinggal Keb-Baru sktrnya.Lmrn lkp:PO BOX JKS Jkt 12014

Dibth Accounting & Purcashing Min SMK,Pglmn, Wnt,Max 25th Dtg Lsg: Jl.Perdana Blok D No.9 Pesing, JakBar.Telp:569 69 569

G.36021

G.36000

Arsitek,Desain Interior& Drafter, S1.Krm CV ke Rukan Artha Gading i-12. Klp Gdg

Cari:Bag Stock,Min D3,Jl.Raya Prancis,Pergudangan Bandara Benda Permai F3A No.68 15211

G.36049

G.36022

G.36001

Cari Baby Sitter Prt.Jmp,U/Saku 4Jt(Msa,Spr,Hkng,Brnai)Gj5Jt/Bl Grts sponsor 7Jt Pt Rimba 8497285484971469-70533132-3372229470582811 G.36064

Segera Kerja,Prshn Int’l P/W D3S1 25-55th,muslim,income mulai 2jt hub:Ahmad Nassa 021-96768393. Wulan Ps 087887655757

LOWONGAN Andakah yang kami cari? Pria dan Wanita berusia 25 hingga 40 tahun. Pendidikan S1 semua jurusan dan berwawasan luas Ikuti Casting Presenter Bali TV edisi Indonesian Network on Yes TV Kirim CV anda ke: Gedung Pers Pancasila.Jln Gelora VII No.32 Jakarta Pusat Via Email: sdm@balitv.tv Sertakan contoh rekaman suara dan visual,pas photo 4x6 3 lembar dan foto full body/ ukuran 4R tampak depan dan samping dengan pakaian formal

G.36065

G.09-Low

PJTKIResmiDEPNAKERTKWPRTGRA TIS Mlysia, Sngpur, Hongkong, Taiwan wnt218-40th proses cpt+ Astek+ Uang saku TLP. 96822502-96822503-08131 9323900-08567555480 (BU. KOM ALA)

Suluh Indonesia / Bisnis Jakarta membutuhkan tenaga untuk dididik sebagai :

G.36066

Dicarikaryawati min sma/smk diprshaan penjualan brg retail:0212388686798450658,klplilin,klp gading

ANDA BINGUNG Br Lulus+ PHK+ Pengnggrn+PnsnnKrjDdlmKtrDgPghsln ttp/Bln(Bkn Sls/Yys/MLM)SMS Dt/ Hub:Bp.Alan 085717229996

G.36062

G.36067

DI BUTUHKAN SEGERA MASTER CONTROL Perusahaan Konvegensi Media Indonesia Network MembutuhkanTenaga, Dengan Syarat Sbb : 1. Pendidikan SMK Multimedia 2. Umur Max. 25 Tahun 3. Belum Berkeluarga 4. Bersedia Dididik Lamaran dibawa langsung ke : Gedung Pers Pancasila Jln GeloraVII No.32 Palmerah Jakarta Pusat

I Wartawan Spesifikasi : a.Pria / Wanita b.Pendidikan S1 semua jurusan c.Umur Maksimal 25 tahun d.Komunikatif e.Tidak merokok f. Belum menikah g.Berdomisili di wilayah Cikarang (Bekasi) / Bogor h.Melampirkan sebuah karya tulis sepanjang dua halaman folio dengan tulisan tangan yang mengambil tema “ Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah (Sesuai dengan domisili pelamar)”

G.07-Low

II Marketing Spesifikasi :

SECURITY

² PENDIDIKAN SMU SEDERAJAT ² USIA MAX 25 TAHUN ² MEMILIKI SERTIFIKAT ² BELUM MENIKAH ² DOMISILI DI BEKASI

a.Pria / Wanita b.Pendidikan S1 semua jurusan c.Umur Maksimal 25 Tahun d.Komunikatif e.Tidak merokok f. Belum menikah g.Berdomisili di wilayah Cikarang / Bogor

LAMARAN DI KIRIM KE G.08-Low

Lamaran ditujukan via post ke PO BOX 6233 JKBKG Atau G E D U N G P E R S PA N C A S I L A Jl. Gelora VII No 32 Palmerah Selatan Jakarta Pusat


5

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

Head Office : GEDUNG PERS PANCASILA Jl. Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan Telp. 021 - 5356272, 5357602 Fax. 021 - 53670771 Jakarta Pusat

PENGOBATAN Website : www.bisnis-jakarta.com Email : info@bisnis-jakarta.com / iklan_bisnisjakarta@yahoo.co.id

OBAT-OBATAN

OBAT-OBATAN

OBAT-OBATAN

JABODETABEK

JABODETABEK

JABODETABEK

BU Sonia/Eny Vitalis Pria Tambah Uk Lmh Syahwat, Ttp Bangun & Ttp Hdp Pdk Pinang Gg H Goden No7 Ciputat Raya Jks ( SALON DEWI TRI ) 02171527272

THE BEST MASSAGE Pijat Kebugaran, aLulur, Refleksi, Theraphy, Lmh Shwat Ditgni Tng Prof Hub. SHINTA 081383711679

AI MSGE Stw, Bnar2 bsa pjat, lulur, reflexi & terapi, ramah sopan & sabar (pnglamn 24 jam) Hub.081808216254

KBGRN + REF + LLR,TNG PRIA PLHN,FULL AC HUB.RONALD 021.97520729

G.36054

G.36056

D & G BENHIL MASSAGE

JABODETABEK NICO MASSAGE PIJAT ENAK TNG PRIA SOPAN RAMAH DAN PROF Call 0812.186.7720 - 021-32088880

G.36057

G.36055

G.36053

JUAL MINYAK AJAIB KALIWIANG BOR NEO. Dlm tmbh ukuran prkasa (lk),Pulih Perawan (Wnt). Hub: Dra.Lydia Hp.0818991496-021977 14442. (LN/17/04)

OBAT-OBATAN

G.36059

TERAPI SEGER, Bugar Sensasi Rilexsasi Tenaga Pria Muda & Wanita Trampil. Hub: Mario 02197333843 Mampang Prapatan Raya

AHLI MENGATASI Terlambat Datang Bulan Lama/Baru, Haid Tidak Lancar, Cukup 1x Datang Di Jamin. Hub: 0852 8635 2009. Garansi

G.36058

G.36060

PENGOBATAN ALTERNATIF SUMBER WARAS OLEH : “NYI WARAS SUKMA” AHLI KEBATINAN (DENGAN METODE HYDROTHERAPY & DOA) MENGOBATI BERBAGAI MACAM PENYAKIT MEDIS NON MEDIS DAN BANTU ATAS MASALAH ANDA

P

E

N

Y

A

K

I

- Radang Tenggorokan/Amandel - Mimisan - Pegel Linu - Turun Bero - Keseleo - Turun Bero/Hernia - Lemah Syahwat - Tumor - Kanker - Asma

- Darah Tinggi - Stroke - Darah Rendah - Migrain - Datang Bulan Tidak Teratur - Infeksi Vagina - Maag - Lambung/Liver - Diare - Batu Ginjal

M

A

- Jual Beli Rumah/Tanah - Keharmonisan Rumah Tangga - Jauh Jodoh - Urusan Bisnis - Penglarisan

S

A

L

- Buka Aura - Buka Usaha Baru - Pagar Rumah - Pagar Usaha - Anak/Orang Hilang

A

T

- Paru-paru - Jantung - Alergi/Gatal-gatal - Katarak/Mata Rabun - Rheumatik/Lumpuh/Stroke - Diabetes/Kencing Manis - Ingin Gemuk/Langsing - Dan Lain-lain

H - Naik Jabatan - Ingin Punya Keturunan - Perselingkuhan - Tolak Hujan - Dan Lain-lain

INSYA ALLAH SEMUA BISA DIATASI

CENTRAL OBAT KUAT & ALAT BANTU SEX

SILAKAN HUBUNGI “NYI WARAS SUKMA”

JL. PATRIOT NO. 19 KAMPUNG DUA (DEPAN MASJID AL-FALAH) KRANJI - BEKASI BARAT TELP. (021) 9983 2970, (021) 9130 0696, HP. 0817 6708 748 C.003354-Peng

FATLOSS PELANGSING SUPER CEPAT

B.ADJI SOKO RUWAT JIWO

PELET SEPUH

Bagi yang merasa minder, kurang percaya diri, terbuka aura, dan susah jodoh. Ruwatan Jiwo bisa menuntaskan keluhan tersebut.

Dimanapun si Dia berada ( Pria/Wanita & Sejenis). Bisa disatukan kembali dengan PELET SEPUH yang maha dashyat ini. (Reaksi 2 sampai 3 hari)

UANG BERKAH Sudah tersedia pecahan terkecil s/d terbesar guna dibelanjakan dan akan kembali ke pemilik nya lagi Cocok untuk melunasi hutang dan modal usaha. (Mahar setelah berhasil)

Cukup 1 Pak Fatloss Langsung Terbukti Turun Berat Badan 5-6 Jg Dalam Jangka 1 Minggu 100% Alami Dan Aman Tanpa Efek Samping * Turun Berat Badan * Kecilkan Perut Buncit & Paha Jadi Ideal * Kurangi Nafsu Makan * Larutkan Kolestrol Tinggi * Mengandung Vitamin E Yang Berfungsi Untuk mengencangkan & Menghaluskan Kulit.

AHLI NUJUM ANGKA Solusi cepat dan instan mendapatkan angka jitu yang dijamin tembus.(Garasi tembus 4 angka s/d 2 angka).

PELARIS DAGANGAN Usaha apapun bisa dibantu dengan pesat. supaya maju, lancar, bertahan, Berjaya & Sukses

Rp. 150.000 Beli 2 Bonus 1

MEDITASI REZEKI Terbukti secara langsung dan nyata, bisa dibuktikan ditempat.keinginan anda dapat terwujud dalam waktu 3 jam. tanpa resiko. tumbal, dan bebas untuk semua agama. (Mahar setelah sukses)

Aturan Pakai Minum 1 Kapsul Fatloss Setelah Sarapan Pagi Dengan Air Hangat Pastikan Anda Dapat Produk Yang Asli Hanya Pada Kami. VIAGRA USA 70 Rb/butir Beli 3 Bonus 1 1 Botol Isi 30 Rp. 1 Juta

A L A M AT : C i l e d u g R a y a . J l n . P e s a n t r e n G g . G a r u d a R t . 0 0 3 / 0 2 N o . 6 K r e o S e l a t a n , L a r a n g a n Ta n g e r a n g

Telpon : 021-94803567 / 0813 9928 1054

PAKET MAHAR KONSULTASI DAN PENDAFTARAN Rp.200.000,-

C.003361-Peng

CIALIS ENGLAND 20 MG ISI 4 RP. 150.000 50 MG ISI 10 RP. 300.000 80 MG ISI 6 RP. 200.000

SPONTAN MENAMBAH STAMINA & MENJADIKAN PRIA PERKASA

BONO KELING SOLUSI KOMPLIT DIMASA SULIT BONDO DONYO Jalan pintas menuju kesuksesan hanya 3jam sesuai permohonan terwujud nyata tanpa tumbal (mahar setelah hasil)

DUIT WINGIT

DAFTAR & KONSULTASI RP.200.000,-

Karena kesakralannya apabila dibelanjakan akan kembali lagi (mahar setelah hasil) PELARIS DAGANG, SUSUK, TRANSFER JANIN, JUAL TANAH / RUMAH dll.

PELET MENYAN IRENG Hanya dengan segelintir menyan anda ditolak cinta disakiti dia akan kembali lagi mengemis cinta kepada anda hanya hitungan jam

TEROPONG ANGKA GAIB Bagi penggemar toto & penggila bola kami jamin dengan teropong gaib ini pasti tembus

TELPON : 021 9022 8989 - 0813 8561 4678 ALAMAT: JL.ULUJAMI RAYA Gg.WARBEN RT.05/05 NO.33 JAKSEL - RUTE : DARI BLOK M NAIK KOPAJA 613 TURUN ALAMAT C.003362-Peng

SANTIKA MESSAGE THERAPHY & RELAXATION Tempat Anda Melepaskan Lelah, Letih. Mau Yg Seger2 & Enak2? Full Service DenganTenaga Wanita Muda Pilihan 16-22 th Cantik, Putih,Sopan & Ramah

BUTUH TENAGA WANITA

HUB : 021-33801183 - 021-98836066 C.003342-Sln

TEH LIANA THERAPY MENGATASI SEMUA PROBLEM PRIA EJAKULASI DINI, LEMAH SYAHWAT IMPOTENSI KEBUGARAN SENSUAL DI TANGANI DENGAN TENAGA WANITA TRAMPIL & PROFESIONAL BADAN JADI PRESS & SEGAR 24 ONLINE

HUB. 0878.8503.7012 021.9069.4023 C.003315-Peng

* * * * * *

Levitra Germany Boda Shooping Green Viagra Semut Hitam Nangen Procomil Spray

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

200.000 180.000 300.000 120.000 180.000 150.000

1-3 Menit Dioles Dengan ARABIAN OIL + Dipompa Langsung Terbukti Panjang +22cm. Besar, Keras Kuat & Tahan Lama Di Jamin 100%. Paten Permanen Tanpa Efek Samping. Bisa Mengobati Mani Encer, Ejakulasi Dini, Impotensi & Lemah Syahwat.

“ BERGARANSI ”

BEROBATLAH SEGERA SEBELUM TERLAMBAT

(Hadir Memberi Solusi Urusan Duniawi)

ARABIAN OIL + Alat Pompa Penis Permanen

Vacuum + Oil Big Long Rp. 320.000 Vacum + Cream Payudara Rp. 320.000 Alat Bantu Sex P/W Lengkap

OBAT GAIRAH WANITA REAKSI SPONTAN RP. 150.000 PRODUK YANG ASLI HANYA ADA DITEMPAT KAMI

AONG CENTER (021) 7002 9654 - 0813 8332 5333 JL. EKOR KUNING NO. 14 JAKARTA KOTA (0251) 2167 799 - 0878 8097 1555 JL. KEDUNG HALANG NO. 23 BOGOR C.003355-Peng2

SPECIAL SPECIAL PRIA PRIA PERKASA, PERKASA, EREKSI EREKSI KERAS, KERAS, KUAT, KUAT, KENCANG, KENCANG, TAHAN TAHAN LAMA LAMA & & BERULANG-ULANG BERULANG-ULANG JOSS JOSS

VIAGRA USA 100mg

LEVITRA BAYER

4 BUTIR Rp. 200Rb & 1 BTL ISI 130 RP 1Jt

20ml 1 KOTAK ISI 4 Rp. 150Rb & 100ml 1 BTL ISI 30 Rp. 900Rb

AFRICA BLACK

PROCOMIL SPRAY

CAPSUL ISI 6 Rp. 100Rb

LONG TIME Rp. 150Rb

PERANGSANG SEX PERMEN ISI 6 RP. 250RB CENTRAL ALAT BANTU

CENTRAL COSMETIC LIDA SLIM Capsul Capsul Super Super Spesial Spesial Turunkan Turunkan Berat Berat Badan, Badan, 1Bulan 1Bulan Turun Turun 7-23 7-23 kg kg Aman Aman dan dan Terbukti, Terbukti, Rp Rp 170.000,170.000,-

PENINGGI BADAN USA Capsul Capsul Alami Alami Penambah Penambah Tinggi Tinggi Badan Badan Dengan Dengan Cepat Cepat & & Aman Aman (3-6 (3-6 m). m). Isi Isi 250 250 Capsul, Capsul, Rpa.170.000,Rpa.170.000,-

VACUM + CREAM PAYUDARA Vacum Vacum + + Cream Cream Payudara Payudara USA, USA, 1X 1X Oles Oles Langsung Langsung Kencang, Kencang, Besar, Besar, Padat Padat Berisi, Berisi, Mengembalikan Mengembalikan Yang Yang Kendur Kendur Jadi Jadi Kencang Kencang HANYA HANYA Rp.300,000,Rp.300,000,-

CREAM PEMUTIH MUKA

VIBRATOR DOUBLE ELEKTRIK.......... RING EREKSI MUTIARA..................... KONDOM MUTIARA DURI................. PENIS SILIKON MANUAL................... PENIS GETAR ELEKTRIK.................... PENIS TELUR TEMPEL ELEKTRIK..... PENIS MUTIARA GETAR GOYANG... PENIS EXOTIC MAJU MUNDUR........ PENIS IKAT IMPOTEN LESBIAN....... VAGINA SILIKON MUNGIL GETAR... VAGINA GTR GOYANG, MERINTIH.. VAGINA HOT, EMPOT, BULU........... VAGINA MADONA FULL BODY........

Cream Cream Siang Siang + + Malam Malam + + Sabun Sabun Untuk Untuk Memutihkan Memutihkan & & Mengembalikan Mengembalikan Kulit Kulit Secara Secara Alami Alami Tanpa Tanpa Pengelupasan Pengelupasan Rp. Rp. 160.000,160.000,-

PENGHILANG BEKAS LUKA

200Rb 125Rb 150Rb 200Rb 250Rb 350Rb 350Rb 350Rb 425Rb 300Rb 400Rb 650Rb 900Rb

CARI AGEN LUAR PULAU / NEGERI

Formula Formula Khusus Khusus Menghilangkan Menghilangkan Semua Semua Jenis Jenis Bekas Bekas Luka Luka Lama Lama (100% (100% Aman) Aman) Rp. Rp. 140.000,140.000,-

MR.AHENG

Jl. Margonda Raya No.315 Depok

(021) 9264 1411

Jl. Jl. Industri Industri Raya Raya Blok Blok No.4 No.4 Kebayoran Kebayoran Jkt Pst

SMS

0852 9070 3333 0857 1919 1946

Wilayah JABODETABEK Siap Antar Langsung ( Pembayaran Dirumah ) C.003344-Obt C.003344-Obt


M nitor

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

Brad Pitt

Menikah AKTOR ganteng Brad Pitt (46) dan pasangan hidupnya aktris seksi Angelina Jolie (34) dikabarkan bakal segera menikah. Rencana pernikahan itu dilakukan berdasarkan permintaan empat dari enam buah hatinya. Pasangan yang jatuh cinta setelah bermain bersama dalam film ‘Mr. and Mrs. Smith’ di tahun 2005 ini, akhirnya menyerah dengan permintaan ketiga anaknya, Maddox (8), Pax (6) dan Zahara (5) dan Shiloh (3) untuk meresmikan hubungan mereka dalam ikatan perkawinan. Sementara dua anak lainnya, yaitu si kembar Knox dan Vivienne yang baru berusia 22 bulan belum dapat menyampaikan keinginannya. “Pertama Maddox yang meminta agar kedua orangtuanya menikah, lalu disusul oleh Shiloh and Zahara, sementara Pax berpendapat, kedua orangtuanya akan terlihat keren saat mengenakan cincin pernikahan,” ujar seorang sumber yang dekat dengan keduanya. (femalefirst.co.uk/dar)

S i n o ps i s F i l m Menebus Impian

NUR (Acha Septriasa) adalah seorang mahasiswi yang menjalani kehidupan keras bersama ibunya, Sekar (Ayu Diah Pasha), yang seharihari bekerja sebagai buruh cuci. Sang ibu memilih agar anaknya memfokuskan diri pada kuliahnya, sedangkan Nur berpikir bagaimana bisa secepatnya bekerja dan memperoleh penghasilan. Dalam perjalanannya, Nur kemudian bertemu

Kiki ‘The Potters’

Agar Anak Berani Berpendapat

PERSETERUAN vokalis grup band ‘The Potters’, Kiki dengan mantan kekasihnya Nikita Mirzani belum juga mereda. Setelah saling melapor ke polisi beberapa waktu lalu, kemarin Kiki mengusir sang mantan pujaan yang hadir dalam konferensi pers yang tengah digelarnya. Kejadian itu bermula saat Kiki tengah diwawancara seputar masalah pribadinya di sebuah restoran di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Tanpa dinyana, Nikita ternyata datang. Kiki pun kemudian menyambut Nikita dan mengajaknya duduk bersama dan menjelaskan permasalahan mereka. “Suruh dia duduk di sini, biar dikonfrontir,” kata Kiki yang langsung ditolak Nikita. Kiki kemudian menegaskan bahwa dalam acara itu dirinya hanya mengundang wartawan. Tak lama, Nikita pun dipersilakan keluar oleh petugas restoran. (dar)

PERKEMBANGAN cara mengajar saat ini membuat anak menjadi subyek pembelajaran. Dalam proses belajar-mengajar, si anak kini seringkali harus aktif menyampaikan pendapatnya kepada guru dan rekan-rekannya. Seringkali, si anak justru merasa rendah diri saat diminta menyampaikan ide-idenya di depan kelas. Berikut beberapa tips untuk membuat anak berani menyampaikan argumennya:

Green Day

Kamis, 22 April

Main Drama

Melalui Satelit Palapa C2/ Telkomvision

21.00 21.30 21.35 22.00 22.05 23.00 23.30 24.00

Mars Indonesia Raya Mars Bali Jagadhita Lagu Ngastitiang Bali Puja Trisandya Dharma Wacana Pitra Yadnya Bag.1 Seputar Bali Pagi Bali Channel Lintas Mancanegara Happy Holy Kids Lila Cita Suara Dewan TV Mart Jacko Fitness & Health Lejel Home Shopping Puja Trisandya Dharma Wacana Tuhan Adalah Hakikat Kehidupan Bag.1 Berita Siang Klip Bali Klinik Totok Perut TV Mart Jacko Fitness & Health Kidung Interaktif Gita Shanti Galeri Music Wirasa Sekilas Berita Dunia Pendidikan Dharma Wacana Puja Trisandya Seputar Bali Klip Bali Orti Bali Debat Pemilukada Kota Denpasar Lintas Mancanegara Sekilas Berita Dunia Kita Sekilas Berita Dialog Jeng Ana Suluh Indonesia Bali Channel Penutup

06.30 07.00 08.00 08.30 09.00 10.00 11.00 11.30 12.00 13.00 13.30 14.00 14.30 15.30 16.00 16.30 17.30 18.30 19.00 20.00 20.30 21.00 22.00

Seputar Bandung Raya Klip Parahyangan Lintas Mancanegara Warisan Nusantara Home Shopping Non Stop Hits Dunia Kita Mozaik Khatulistiwa Klip Parahyangan Tanggara Pasundan Midang Happy Holly Kids News Kids Dialog Interaktif Klinik Totok Perut Dialog Interaktif Klip Parahyangan Seputar Bandung Raya Dialog Interaktif Music Holic Asah Asih Asuh Golempang Lintas Manca Negara

06.35 07.05 07.35 08.05 08.35 09.00 10.00 10.30 11.00 12.00 12.05 12.30 13.00 13.15 13.30 14.00 14.30 15.30 16.00 16.30 17.00 17.05 17.30 18.00 18.15 19.13 19.30 20.00

Beri perhatian Simaklah setiap perkataan anak dengan sabar dan lakukan kotak mata saat anak menyampaikan pendapatnya. Tunjukkan ketertarikan Ketertarikan yang kita tunjukkan terhadap setiap pendapat anak, akan membuatnya merasa nyaman untuk menyampaikan pendapatnya. Jangan memotong pembicaraan Jangan menyela sebelum anak selesai berbicara. Hargai

hak mereka untuk berbicara dan memberi pendapat. Berikan empati Tempatkan diri kita sebagai teman. Gunakan gaya empati saat berbicara dengan anak. Pertegas dengan bahasa kita Simpulkan pendapat anak bahasa kita, karena akan membantunya mengenali konsep dan ide yang aka disampaikan dengan lebih baik. (dar/berbagai sumber)

Jennifer Lopez

Acara TV //

05.52 05.54 05.56 06.00 06.05

dengan Dian (diperankan Fedi Nuril), seorang mahasiswa yang sudah mulai mapan. Dian ini menginspirasi Nur dan membuat Nur kembali berani untuk bermimpi dan bercita-cita kembali. Namun setelah beberapa kali jatuh bangun, Nur mulai merasa ragu terhadap mimpi miliknya yang tampak mustahil untuk diraih. Benarkah impian dapat merubah nasib seseorang? (*)

Tips

Usir Sang Mantan

2010

6

BAND punk rock, ‘Green Day’ kemarin memulai debut barunya sebagai pemain drama musikal. Kelompok beranggotakan tiga orang ini menyebut langkah mereka tampil di teater Broadway, New York itu sebagai keputusan ‘alamiah’ dari album mereka ‘American Idiot’ tahun 2004. M u s i k baru mereka

yang dibawakan dalam titel dan lagu sama dengan album laris yang memenangkan Grammy. “Ini bukan ‘Oklahoma’. Ini ‘American Idiot’. Dibawakan langsung dan tepat ke hadapan Anda,” kata sang vokalis Billie Joe Armstrong kepada Reuters. Pentas perdana ini malah lebih menarik perhatian kaum

muda, ketimbang penikmat biasa Broadway, namun tidak segempar konser-konser musik mereka. Pentas itu menceritakan kehidupan tiga pemuda pasca Serangan 11 September, mengekspos seks, obatobatan dan kebinasaan perang. (ant)

Tara Reid

Tunangan AKTRIS Tara Reid dikabarkan putus dari tunangannya, pengusaha Michael Axtmann. Kabar itu merebak setelah sang aktris mengubah statusnya di situs jejaring sosial menjadi ‘single’. Bintang ‘American Pie’ ini telah menjalin hubungan dengan Axtmann sejak awal tahun lalu. Axtmann yang merupakan pebisnis internet itu bahkan telah melamar Reid Januari lalu. Keduanya bahkan dilaporkan bakal menggelar pernikahan pada musim panas tahun ini. Namun status ‘single’ yang ditulis sang aktris di situs jejaring sosial dan dikutip oleh blogger yang juga selebriti Perez Hilton itu kontan membuat impian Reid untuk tampil bak Cinderella di hari pernikahannya itu langsung buyar. (aceshowbiz.com/dar)

Anak Normal PENYANYI Jennifer Lopez rupanya sudah ‘bosan’ menjalani hidup sebagai selebriti yang selalu mendapatkan sorotan publik. Istri penyanyi latin Marc Anthony bertekad untuk membesarkan kedua anaknya dengan cara ‘normal’. Bintang ‘Back-up Plan’ yang mempunyai sepasang anak kembar, Max dan Emme (2) ini ingin anak-anaknya tetap memiliki kehidupan pribadi dan jauh dari sorotan publik. Wanita kelahiran New York ini percaya, pemberitaan media yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi anak-anaknya. “Kami bukan jenis oprangtua yang suka memamerkan anak-anak kami. Marc sangat tak suka jika itu terjadi. Dia sangat protektif terhadap anak-anaknya. Kami tak ingin anak-anak kami mendapatkan sorotan seperti yang kami dapatkan,” ujar pelantun hits ‘If You Had My Love’ ini. (contactmusic.com/dar)

Ben Affleck

Inspirasi Anak AKTOR ganteng Ben Affleck mengaku terinspirasi sang anak untuk menjadi aktivis lembaga amal di Republik Demokratik Kongo. Menurut bintang ‘Peral Hasrbour’ ini, menjadi ayah membuatnya merasa memiliki tanggung jawab terhadap dunia. “Aku pikir banyak orang yang mudah tersentuh saat melihat orang lain berjuang demi hidupnya. Tapi buatku, perasaan sensitive itu mulai muncul saat anakku lahir. Saat itu, aku mulai merasa dapat berempati terhadap penderitaan orang lain,” ujar suami aktris Jennifer Garner ini. Bintang berusia 37 tahun ini leih lanjut mengatakan, saat dirinya pergi ke Kongo, dirinya bernar-benar melihat perjuangan keras penduduk di sana hanya untuk sekadar mempertahankan hidupnya. “itulah yang membuat motivasiku kian bertambah untuk membantu mereka,” tandasnya. (hollyscoop.com/dar)


Cerem nial

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

7

Ancol Gelar Program Menarik Bertema Beauty With Culture JAKARTA - Memperingati dan sekaligus memeriahkan Hari Kartini, Ancol Taman Impian kembali menampilkan beberapa program acara dan kegiatan menarik bagi para pengunjungnya. Di rilis yang dikirimkan ke Bisnis Jakarta, tahun ini, mengambil tema “Beauty With Culture” untuk perempuan Indonesia, pusat rekreasi dan wisata terbesar dan terlengkap menghadirkan beber-

apa program acara yang ditujukan untuk kaum perempuan. Selain acara soft launching Banquet Ancol, juga dipersembahkan berbagai acara dan inovasi berkaitan dengan beauty, culture, dan women. Ancol Taman Impian juga memberikan harga special untuk kaum perempuan yang ingin berekreasi ke Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra, Atlantis, dari tanggal 21 – 23 April

2010 dengan potongan harga tiket sebesar 20 persen. “Tema program acara Ancol Taman Impian dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kartini pada tahun ini adalah Beauty With Culture yang juga berkaitan dengan beauty, culture dan women,” kata Direktur PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk., Winarto. Untuk Banquet Ancol yang acara soft launching-nya ber-

Krisis Thailand jalanan wisata merupakan salah satu kebutuhan manusia. Krisis tersebut telah memberikan pengaruh signifikan bagi pergerakan turis yang masuk ke Indonesia. “Sebagian besar turis yang mengalihkan perjalanannya dari Thailand ke Indonesia berasal dari Australia,” katanya. Turis-turis Australia itu mayoritas memilih Bali sebagai tujuan wisata utama. Karena itu, pada periode Januari-Maret 2010 kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia ke Pulau Dewata mengalami pertumbuhan 62,8 persen. “Pertumbuhan sebesar itu merupakan angka yang fantastik, dan ini diperkirakan terjadi akibat adanya pen-

galihan perjalanan wisman dari Thailand ke Bali,” katanya. Pada 2009, Bali menerima kunjungan turis Australia sebanyak 446.570 orang atau meningkat 42,62 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 313.111 orang. Tercatat pada Januari 2010, jumlah turis Australia yang datang ke Bali mencapai 44.412 orang atau meningkat 58,86 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Pada Februari 2010, Bali kedatangan turis asal negeri kangguru tersebut sebanyak 33.190 orang atau naik lebih dari 60 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu yang hanya 20.265 orang. (ant)

Free Parking Botani Square After Hour BOGOR - Botani Square merupakan mall dengan traffic tertinggi di antara mall lainnya di kota Bogor, maka untuk lebih meningkatkan kepuasan pengunjung setia Botani Square, Botani Square memberikan free parking setiap hari Senin sampai dengan Kamis mulai pukul 20-24.00, tak termasuk hari libur nasional dan hanya untuk kendaraan roda empat. Program ini dinamakan Free Parking Botani After Hour dan akan berlangsung dari tanggal 19 April – 31 Mei 2010. Program yang belum per-

nah diadakan mall-mall lain sebelumnya di kota Bogor ini mendukung seluruh tenant Botani Square pada umumnya dan tenant-tenant yang masih dibuka di atas pukul 22.00 pada khususnya seperti Fun_Oke Family Karaoke, XXI Cinema, Celebrity Fitness dan Oz Lounge. Botani Square adalah mall terbesar dengan luas area yang disewakan 42.000 m2 dan terlengkap di kota Bogor, karena di dalamya terdapat IPB International Convention Centre (IICC) dan Hotel Santika. Bot-

ani Square terletak di posisi strategis yaitu di pusat Kota Bogor, samping pintu masuk tol Bogor, dan tepat depan Tugu Kujang. Botani Square saat ini memiliki tenant-tenant besar serta terkemuka seperti Giant, Electronic City, XXI, Celebrity Fitness, Starbucks, Fun World, Bread Talk, J.Co, Sony Erricson, LG, Nokia dan masih banyak lagi. Botani Square saat ini telah menjadi tujuan seluruh masyarakat Bogor dengan traffic pengunjung rata-rata 40.000 orang per-hari. (grd)

Sabun Mandi Citra Lasting White

Hadiah untuk Perempuan Indonesia

Anggiaswari Odang

pada kulit. Sehingga, dengan penggunaan secara teratur, kulit dapat menjadi tampak lebih cerah alami, terlihat bersih dan sehat. ‘’Sabun mandi Citra Lasting White baru (dengan formula bengkoang) merupakan hadiah dari Citra untuk perempuan Indonesia atas usaha dan peranannya dalam kehidupan keluarga dan masyarakat juga sebagai bukti komitmen Citra dalam mempercantik perempuan Indonesia baik secara fisik dan mental,”tambah Riri. Brand Ambassador Sabun Mandi Citra Lasting White Acha

Septriasa mengatakan, Kulit yang cerah alami, bersih, dan sehat membuat dirinya lebih percaya diri. ‘’Saya bangga terpilih menjadi Brand Ambassador Sabun Mandi Citra Lasting White, karena ini pertama kali saya menjadi brand ambassador,” terangnya. Film Menebus Impian mengisahkan perjuangan seorang perempuan dalam menggapai impiannya dan bertransformasi menjadi sosok yang berdikari, tangguh dan terbebas dari kesulitan ekonomi ini menghadirkan kembali semangat Kartini modern di dalam kehidupan masyarakat saat ini. Dalam film ini, Acha memerankan karakter Nur, dan ia berusaha mengeluarkan potensi terbaik yang ada pada dirinya. ‘’Saya benar-benar berusaha bertransformasi menjadi sosok Nur dengan mengeluarkan kemampuan berakting, kualitas vokal dan juga penampilan terbaik saya. Saya ingin memberikan yang terbaik bagi pengemar saya,” tukas Acha. Pada kesempatan itu juga hadir, Maudy Koesnadi, Dewi Motik dan Penulis Script Film Menebus Impian, Titin W. (grd)

(021) 37371257, 087770573037, 08567089999

Terbuka kesempatan sebagai ass pelatih-p/w, tersedia insentif, bonus & royalti

JAKARTA – Memahami kulit yang cerah alami, bersih, dan sehat adalah dambaan perempuan Indonesia. Untuk itu Citra menghadirkan sabun mandi Citra Lasting White baru (dengan formula bengkoang) yang melengkapi rangkaian produk perawatan kulit perempuan Indonesia. Berkenaan dengan peluncuran sabun mandi ini, serangkaian kegiatan dilaksanakan untuk menginspirasi perempuan Indonesia, seperti melalui White March dan pembagian produk yang diadakan serentak di Jakarta, Bandung dan Surabaya, prosesi pembukaan kado besar yang berisi sabun mandi Citra Lasting White baru oleh Acha Septriasa, acara bincangbincang seputar pemberdayaan perempuan, hingga keterlibatan Citra menjadi sponsor film Menebus Impian. Brand Building Citra PT Unilever Indonesia, Tbk., Anggiaswari Odang yang akrab disapa Riri, mengatakan, Citra telah hadir selama 25 tahun di tengah masyarakat Indonesia dan selalu berusaha memahami kebutuhan perempuan Indonesia. ‘’Untuk itu, kami persembahkan sabun mandi Citra Lasting White baru (dengan formula bengkoang) untuk memenuhi kebutuhan perempuan Indonesia akan produk perawatan kecantikan yang dapat membuat kulit lebih cerah alami, bersih dan sehat sehingga membantunya bertransformasi menjadi lebih percaya diri namun dengan harga terjangkau,” paparnya. Transformasi merupakan salah satu proses dalam upaya pemberdayaan perempuan di mana tiap fase kehidupan yang dilalui oleh perempuan adalah proses pembelajaran dan metamorfosa yang membuat perempuan tersebut bertransformasi menjadi lebih baik. Dan ketika seorang perempuan bertransformasi menjadi percaya diri dan mandiri maka ia memberdayakan dirinya. Sabun mandi Citra Lasting White baru terbuat dari bengkoang alami yang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu dan dipakai oleh para Putri Keraton. Bengkoang dipercaya dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam

wanita,” kata Winarto. Kegiatan menarik lainnya terkait dengan Hari Kartini adalah penggunaan kostum kain tradisional dari Bali sebagai baju operasional karyawan dalam melayani pengunjung Dunia Fantasi pada 21 April 2010. “Kain Bali ini sebagai representasi penghargaan kepada identitas budaya Indonesia yang memiliki nilai filosofi, histori, dan keunikan,

bukan hanya bagi seluruh bangsa Indonesia namun juga dari kacamata dunia,” ucapnya lagi. Selain itu, dalam rangka launching Banquet Ancol, Ancol Taman Impian juga akan menggelar acara Weeding Exhibition 2010 dan Food Festival denga tema “Unique Experince” bertempat di Hall Rama Shinta Dunia Fantasi pada 30 April hingga 2 Mei 2010 mulai dari

pukul 09.00 – 21.00 WIB. Selain perusahaan vendor di bidang catering, bridal, video & photography, decorations, wedding ring, souvenirs wedding, wedding cake dan entertainment, Wedding Exhibition 2010 juga akan menghadirkan perusahaan invitations, spa, venue, dan romantic honeymoon, serta acara menarik lainnya seperti talk show, live music, games dan festifood. (grd)

Telkom Andalkan Retensi

Dorong Turis Beralih ke Indonesia JAKARTA - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) mencatat krisis yang terjadi di Thailand baru-baru ini mendorong turis terutama dari Australia untuk mengalihkan perjalanannya ke Indonesia. “Kami memantau ternyata ada sebagian banyak turis dunia yang tidak jadi kesana (Thailand) dan mengalihkan perjalanannya ke Malaysia, Singapura, dan Indonesia,” kata Direktur Promosi Luar Negeri Kemenbudpar, I Gde Pitana, di Jakarta, kemarin. Pihaknya menyatakan prihatin atas peristiwa krisis berdarah yang menimpa negara sahabat, Thailand. Namun, semua pihak tidak dapat mengelak bahwa per-

langsung 21 April 2010, pihaknya ingin mempersembahkan sekaligus memperkenalkan kepada kaum perempuan. “Pernikahaan merupakan sebuah momen terpenting dalam kehidupan seorang wanita. Melalui Banquet Ancol ini kami ini memperkenalkan sebuah layanan pesta pernikahan yang spesial sehingga bisa menjadi sebuah kenangan menarik bagi kehidupan seorang

SENI PENGELOLAAN JATI DIRI OTAK Setelah sukses sesuai dengan harapan !!!....kini kami hadir ditempat anda !!! Solusi mudah untuk percepatan penyelesaian berbagai masalah fisik & mental.

7 kepastian manfaat : 1. Mempercepat pemulihan kesehatan dari dalam. 2. Meningkatkan sistem energi tubuh, stamina, daya tahan (endurance) & performa. 3. Meningkatkan sistem imunitas dan melindungi diri dari serangan radikal bebas. 4. Mempelancar jalan darah, menstimulasi syaraf, memperkuat massa tulang dan regenerasi sel tubuh 5. Menjadi otak yang damai, harmonis, cerdas, kreatif dan produktif, menghindari kepikunan stress dan depresi. 6. Menembus keterbatasan diri, Membangunkan kekuatan asli jati diri anda. 7. Memperkuat power & pertahanan diri serta mampu mengirim energi positif kemanapun setiap saat. Pr og r am - pr o g r am pember dayaan otak : Pemberdayaan untuk peserta sehat Pemberdayaan untuk peserta sakit Pemberdayaan khusus lanjut usia

Meningkatkan ARPU JAKARTA - Program retensi berupa pemberian undian hadiah bagi pelanggan telepon tetap (fixed line) PT Telkom dinilai mampu meningkatkan pendapatan dari penggunaan layanan per pelanggan (average revenue per user/ARPU) hingga delapan persen. “ARPU fixed line saat ini sekitar Rp 105 ribu-Rp 110 ribu per bulan, dan diperkirakan meningkat menjadi Rp 115 ribu hingga akhir tahun,” kata Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G. Wiryanata usai pengumuman pemenang “Telkom Poin Rejeki Tumpah” (TPRT), yang dirilis dari Antara Jakarta, kemarin. Menurut Nyoman, program retensi ini efektif meningkatkan penggunaan layanan telepon tetap. Program TPRT ditujukan bagi pelanggan layanan Telkom, yaitu pelanggan telepon rumah, layanan Flexi Home, internet Speedy, YesTv (TV berbayar). Minat pelanggan Telkom mengikuti program TPRT terus bertambah. “Tak hanya di kota besar, tapi juga pelanggan di daerah,” katanya. Program ini diikuti 85 persen dari sebanyak 7,3 juta pelanggan fixed line, dari total pelanggan fixed line 8,3 juta satuan sambungan. Kemudahan yang akan diperoleh pelanggan dari program ini adalah menukarkan poin yang dimiliki pelanggan dengan hadiah langsung sesuai jumlah poin tertentu, atau berupa undian berhadiah yang diumumkan setiap tiga bulan dan enam bulan. “Kami juga menyediakan hadiah utama berupa mobil mewah, laptop, televisi, dan pesawat telepon pada setiap akhir periode undian pada akhir tahun,” kata Nyoman. Adapun hadiah langsung yang disediakan voucher belanja, wisata, dan barang-barang rumah tangga. “Telkom tertantang mempertahankan jasa telepon tetap kabel di tengah tren penurunan layanan ini dari waktu ke waktu,” ujarnya. Ia menegaskan, “Kami berusaha agar kurva layanan ini tidak terus turun. Paling tidak kami dapat mempertahankan jumlah pelanggan pada angka yang sama setiap tahun.” Sementara itu, operator seluler PT Telkomsel dalam rangka memperingati Hari Kartini meluncurkan program “Dunia Wanita Telkomsel”. “Layanan ini merupakan kado istimewa bagi para wanita Indonesia,” kata VP Digital Music & Content Management Telkomsel, Krishnawan Pribadi.

Anak perusahaan Telkom ini menyediakan ragam layanan khas seputar dunia wanita, seperti tren life style miss Jinjing, tips cantik dan sehat dr. Sonia Wibisono, tips keluarga dan anak bersama Kak Seto, resep masakan ala Farah Quinn. “Semua layanan ini dapat diakses melalui Dunia Wanita *468#, dan akan terhubung dengan menu dan tips seputar dunia wanita,” kata Khrisnawan. Masih ada menu meliputi gaya hidup, seputar dunia belanja, fashion, traveling, ramalan bintang. Info dan tips seks dari dr. Boyke, dan pengobatan herbal ala dr. Hembing. Rumah dan Keluarga, karier dan keuangan, dan zona cewek. “Telkomsel telah dipercaya lebih dari 45 juta pelanggan dari kalangan wanita atau 55 persen dari total pelanggan Telkomsel yang mencapai sekitar 85 juta nomor,” Khrisnawan. (grd)

Bisnis Jakarta/ant

REJEKI TUMPAH TELKOM - I Nyoman G Wirianata (kanan) mendapat penjelasan dari OVP Marketing Teni Agustini tentang hadiah bagi pemenang program Telkom Poin Rejeki Tumpah di Jakarta, kemarin.


Manca negara

Bisnis Jakarta, Kamis 22 April 2010

8

25 Tahun untuk Diktator BUENOS AIRES - Sebuah pengadilan kota Buenos Aires menjatuhkan hukuman penjara 25 tahun bagi diktator terakhir Argentina, Reynaldo Bignone (82), kemarin. Hakim pengadilan itu menvonis Bignone bersalah karena terbukti memerintahkan penyiksaan dan penahanan sewenang-wenang terhadap warga Argentina semasa pemerintahannya tahun 1982-1983. Pengadilan juga menghukum enam pejabat negara yang pernah bertugas pada era pemerintahan Bignone. Dalam persidangan itu, banyak di antara para pengunjung membawa foto sanak saudaranya yang tewas atau hilang pada masa pemerintahan Bignone itu. (ant/afp)

2 Spion Korut Dibekuk SEOUL – Pihak keamanan Korea Selatan telah menangkap dua mata-mata Korea Utara karena merencanakan untuk membunuh seorang pembelot berpangkat tinggi, dua hari lalu. Kedua orang dari unit spionase militer Korea Utara itu ditahan oleh para pejabat intelijen Korea Selatan setelah mereka tiba di Seoul dengan perintah untuk membunuh Hwang Jang-Yop, kata kantor berita Korsel Yonhap. Hwang, arsitek ideologi ‘juche’, atau kepercayaan pada diri sendiri, rezim Korea Utara, pernah menjabat sekretaris Partai Pekerja yang berkuasa dan tutor pemimpin Korut Kim Jong-Il. Ia membelot pada 1997, saat melakukan kunjungan ke Beijing, dan menjadi pejabat berpangkat paling tinggi yang pernah melarikan diri dari negara komunis bergaris keras itu. Hwang, yang berusia 87 tahun, sekarang tinggal di bawah penjagaan di sebuah alamat rahasia di Korea Selatan untuk mencegah setiap upaya oleh Korea Utara untuk membunuhnya. Ia telah menerima beberapa ancaman kematian. Para pejabat Korea Utara tidak dapat dihubungi dengan untuk dimintai komentar. Beberapa jaksa penuntut, seperti dikutip kantor berita Yonhap, mengatakan kedua mata-mata Korea Utara itu masuk dengan diam-diam ke Thailand pada akhir Desember melalui China, menyamarkan diri mereka sebagai pembelot. Mereka kemudian dikirim ke Korea Selatan. Orang-orang Korea Utara itu dikenali sebagai Kim dan Tong, keduanya berusia 36 tahun, telah dilatih sebagai matamata sejak 2004, menurut Yonhap. Laman Inernet resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, menyiarkan komentar pada 5 April yang mengancam Hwang dengan kematian karena kecamannya atas rezim Pyongyang. “Kalian mestinya tidak lupa, pengkhianat senantiasa dibunuh dengan pisau,” katanya. (ant/afp/rtr)

Petinggi Al Qaeda Irak Terbunuh WASHINGTON - Pasukan Irak dan Amerika Serikat (AS) telah menewaskan seorang pemimpin regional Al Qaeda, Selasa lalu, dua hari setelah serangan yang menewaskan dua komandan penting jaringan itu di Irak. Komandan pasukan AS di Irak, Jenderal Ray Odierno, mengatakan pada televisi Fox News bahwa pemimpin regional yang ditargetkan dalam serangan itu adalah yang mengatur operasi militer Al Qaeda di Irak utara. Para pejabat militer AS mengenali tokoh itu sebagai Hazim Ilyas Abdalah al-Khafaji, yang juga dikenal dengan nama Yasir al-Hambali. Serangan itu dilakukan berdasarkan pada informasi yang dikumpulkan sedikit demi sedikit dari sebuah operasi besar Ahad yang menewaskan komandan penting Al Qaeda di Irak, Abu Omar Al-Baghdadi dan Abbu Ayub al-Masri, kata jenderal tersebut. “Ia adalah yang memimpin operasi dari semua jalan hing-

ga ke Mosul ke luar ke perbatasan Suriah,” kata Jenderal Odierno. Ia menambahkan bahwa pasukan Irak dan AS telah meninjau kembali lebih banyak informasi yang ditemukan dalam serangan Ahad itu. Operasi bersama yang ditujukan pada para pemimpin penting Al Qaeda di Irak itu berlangsung 10 kilometer dari Tikrit, kampung halaman mantan presiden Saddam Hussein. PM Irak Nuri al-Maliki, yang menyimpan foto kedua orang itu sebelum dan setelah kematian mereka, menyatakan, Senin, bahwa Al Qaeda sekarang “telah berdarah ... dan lemah sekali” dan bahwa ancaman besar pada keamanan negara itu telah digeser. Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan kematian itu telah menimbukan ‘pukulan yang secara potensial menghancurkan’ Al Qaeda di Irak. (ant/afp)

Bisnis Jakarta/ap

PROTES KENAIKAN HARGA – Pemimpin senior Partai Oposisi Bharatiya Janata Party (BJP) L.K. Advani (tengah) memimpin ribuan pendukungnya dalam unjuk rasa memprotes kenaikan harga beras di depan gedung parlemen, di New Delhi, India, kemarin.

Iran Tantang AS TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei, kemarin mengatakan, Teheran tidak akan mengijinkan Amerika Serikat (AS) mendominasi Republik Islam itu. Pernyataan itu merupakan pukulan keras terhadap ‘ancaman nuklir’ Presiden AS Barack Obama. “Tidak seorangpun seharusnya berani mengancam manusia seperti ini. Kami tidak akan mengijinkan AS menjatuhkan dominasi internalnya kepada Iran dengan ancamanancaman ini,” kata Ayatollah Khamenei, yang dikutp kantor berita Fars. Khamenei, berbicara di hadapan sekelompok perawat, menunjukkan kemarahannya pada Obama dan mengatakan bahwa masyarakat internasional seharusnya bereaksi, merujuk pada kebijakan baru nuklir AS yang melarang penggunaan senjata nuklir namun mengecualikan Iran dan Korea Utara. “Ancaman nuklir Obama

memberikan tanda hitam dalam catatan pemerintah,’ kata pemimpin Iran, yang negaranya telah dirujuk dalam kebijakan AS sebagai setara dengan ancaman serangan nuklir. Teheran dan Washington tidak memiliki hubungan diplomatik sejak revolusi Iran 1979. Perseteruan telah tumbuh berkembang sejak Teheran melakukan program nuklir kontroversial yang diduga Washington sebagai tameng upaya mengejar persenjataan nuklir, sebuah tuduhan yang disangkal Iran. Presiden Mahmoud Ahmadinejad pekan lalu menyeru penangguhan Washington dari Badan energi Atom Internasional bersama dengan negara-negara lain pemilik senjata nuklir. Dalam perkembangan yang sama, Deputi Wakil Menteri Pertahanan AS James Miller mengatakan, Iran dapat membangun rudal balistik yang da-

pat menghantam negaranya tahun 2015 mendatang. “Kemungkinan itu paling cepat tahun 2015,” katanya saat dengar pendapat di Senat. Tetapi ia mengatakan bahwa perkiraan itu adalah apabila ada ‘bantuan asing’ untuk kemungkinkan Iran meningkatkan teknologi rudalnya. Sebuah laporan tahun lalu dari Pusat Intelijen Udara dan Ruang Angkasa Nasional Angkatan Udara AS mengatakan Iran dapat membangun sebuah rudal balistik antar benua yang dapat menghantam wilayah AS pada tahun 2015-2018, jika mendapat bantuan dari luar. Para pengamat mengatakan kendaraan ruang angkasa Safir Iran, yang Teheran tempatkan di orbit Februari 2009, memiliki potensi diubah menjadi sebuah rudal jarak jauh. Washington terus mengikuti dengan seksama program rudal Iran dan Korea Utara (Korut). (ant/afp)

Dua Polisi Tewas bagian besar suku Siam. Penyerang itu, yang diyakini pejuang, sering menyasar suku Siam dan Melayu, yang terkait dengan negara Thailand, seperti, polisi, tentara, pejabat pemerintah dan guru. Tidak ada kelompok mumpuni mengaku bertanggungjawab atas serangan di wilayah itu, tempat sebagian besar orang berbicara dengan logat Melayu sebagai bahasa pertama mereka dan lama mengeluhkan pembedaan, khususnya dalam pendidikan dan kesempatan kerja. Sejumlah orang diduga gerilyawan pada awal April menembak mati enam warga desa di wilayah bergolak Thailand selatan itu. Warga desa di propinsi Narathiwat tersebut diserang, kata polisi Kolonel Sanit Suwanno. Dua mayat ditemukan di sebuah pikep dan empat lagi ditemukan di dekat hutan berbukit, tambahnya. Sementara itu, 10 polisi dan tentara juga terluka sesudah sebuah bom meledak saat mereka melakukan perjalanan ke tempat penembakan tersebut, kata polisi. (ant/afp/rtr)

Ribuan Warga India Gelar Unjuk Rasa NEW DELHI - Ribuan pengunjuk rasa menggelar aksinya di ibu kota India, New Delhi, kemarin, untuk memprotes kenaikan cepat harga bahan pangan dan sejumlah tagihan konsumen. Sejumlah pelaku unjuk rasa dari beberapa negara bagian tetangga tiba menggunakan bus-bus khusus dan kereta api untuk mengikuti aksi yang diselenggarakan oleh kelompok oposisi utara, Partai Bharatiya Janata (BPJ) untuk memprotes inflasi harga pangan, yang saat ini mencapai tingkat 17 persen untuk inflasi tahun ke tahun. Presiden BPJ Nitin Gadkari telah menyalahkan kenaikan harga pada ‘kebijakan perekonomian salah dari pemerintah’. Inflasi tinggi, terutama yang mempengaruhi harga pangan, merupakan pemicu bagi ketidakstabilan politik di negara itu, yang sekitar 370 juta rakyatnya hidup dibawah garis kemiskinan. Aksi unjuk rasa itu dilakukan sehari setelah bank pusat menaikkan tingkat bunga sebesar

seperempat poin di bulan ke dua, secara berturutan untuk mencoba mengoreksi kembali keseluruhan inflasi, yang berada pada angka 9,9 persen. Aksi unjuk rasa itu, yang para pesertanya mengibatkan bendera hijau dan kuning kunyit BPJ, adalah peristiwa terakhir dari serangkaian aksi unjuk rasa kenaikan harga pangan menyusul kekurangan pasokan setelah musim kemarau tahun lalu, yang terburuk dalam hampir empat dasa warsa terakhir. Data terakhir menunjukkan bahwa inflasi pangan berada di titik 17,22 persen, dengan rata-rata di atas 15 persen sejak November. Pihak oposisi menyalahkan Partai Kongres Perdana Menteri Manmohan Singh karena gagal menjaga stabilitas harga sejak kembali berkuasa pasca pemilihan umum tahun lalu, dengan kebijakan pro rakyat miskinnya. Pihak oposisi menuduh pasokan pangan menurun karena sistem penyimpanan yang buruk. (ant/afp)

Dua Heli Tabrakan Enam Tewas

Granat Meledak PATTANI - Dua polisi tewas dan 43 orang lainnya menderita cedera sesudah sebuah granat dilemparkan ke arah mereka di depan markas polisi di Thailand Selatan, kemarin. Dua orang mengendarai sepeda motor melemparkan granat M67 ke petugas itu sesaat setelah mereka berkumpul untuk menyanyikan lagu kebangsaan di markas mereka di propinsi Pattani. Polisi menyatakan dua polisi tewas dalam perjalanan ke rumah sakit dan tiga lagi luka parah, satu di antaranya kemudian meninggal. Sementara itu, seorang pria Melayu berusia 40 tahun ditembak mati dalam sergapan tersangka pejuang di propinsi Narathiwat pada Selasa malam, kata polisi. Lebih dari 3.900 orang, baik suku Siam maupun Melayu, tewas dalam enam tahun kerusuhan di daerah kaya karet berbatasan dengan Malaysia itu, yang berpenduduk sebagian besar suku Melayu. Propinsi Pattani, Yala dan Narathiwat adalah bagian dari kesultanan mandiri dikenal sebagai Patani sampai dicaplok pada 1909 oleh Thailand, yang dikuasai se-

Kenaikan Harga

Bisnis Jakarta/ap

MENDARAT– Setelah sempat tertunda akibat kabut, kemarin pesawat ulang-alik Discovery akhirnya mendarat di Pusat Ruang Angkasa Kennedy di Cape Canaveral, Florida.

Palestina Tingkatkan Perlawanan BILIN - Perdana Menteri (PM) Palestina Salam Fayyad, kemarin meningkatkan ‘perlawanan damai’ terhadap penjajahan Israel dengan memboikot barang-barang permukiman di seluruh Tepi Barat. “Ada kemajuan dalam pemboikotan produk-produk permukiman, yang datang dari gagasan perlawanan damai rakyat, dan saya mengharapkan kami akan membersihkan pasar-pasar kami dari semua barang-barang permukiman pada akhir tahun ini,” katanya dalam satu konferensi internasional di desa Bilin, Tepi Barat. Desa itu menjadi lokasi protes-protes setiap minggu terhadap pagar pemisah Israel yang kontroversil, pada saat itu para pemuda meneriakkan yel-yel dan melemparkan batu-batu ke pasukan Israel, yang menanggapinya dengan penyemprotan gas air mata dan menembakkan peluru-peluru karet. Konferensi yang mendukung perjuangan damai itu di-

hadiri ratusan warga Palestina serta 250 warga asing dan 150 warga Israel, kata pihak penyelenggara, yang mengatakan banyak delegasi asing tidak hadir karena pembatalan penerbangan di Eropa. Fayyad mengulangi janji untuk melaksanakan proyekproyek pembangunan di daerah yang disebut Daerah C, bagian Tepi Barat yang berada di bawah kekuasaan militer Israel lebih dari 60 persen wilayah itu. “Kami akan tetap mengerjakan proyek kami untuk membangun negara kami di Daerah C dan di sisi lain tembok itu, karena kami menganggap seluruh tanah yang diduduki tahun 1967 adalah daerah Palestina dan daerah yang tidak dapat diganggu gugat,” katanya. Israel mengatakan tembok diperlukan untuk melindungi warganya dari serangan, sementara Palestina menganggap sebagai bagian dari perampasan tanah dan merampas masa depan mereka. (ant/afp)

BOGOTA - Sebanyak dua helikopter bertabrakan dan jatuh, Selasa, di Kolombia baratdaya, menewaskan enam personil militer termasuk seorang jenderal dan melukai lima orang lagi, demikian keterangan militer. Peristiwa tragis tersebut terjadi selama peresmian satu pangkalan militer di Tolima, bagian barat-daya Kolombia, kata Pasukan Militer Kolombia dalam satu pernyataan. Kedua helikopter itu —satu

Bell 222 dari Vertical Aviation dan satu Huey dari milik Angkatan Bersenjata Kolombia— bertabrakan ketika sedang naik. Di antara korban tewas adalah Brigadir Jenderal Fernando Joya Duarte, komandan pasukan militer di sebelah selatan Tolima, dua kolonel dan tiga prajurit. Pemerintah menyatakan satu komisi teknis Angkatan Udara telah dikirim untuk menyelidiki kecelakaan tersebut. (ant/xin)


Bisnis Jakarta - Kamis, 22 April 2010  

Bisnis Jakarta - Kamis, 22 April 2010

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you