Page 1

2

Banjarmasin Post SELASA

23 SEPTEMBER 2008 / 23 RAMADAN 1429 H

banjarmasin bungas

37 Caleg Dipastikan Gugur ■ DCS Diumumkan 26 September 2008 BANJARMASIN, BPOST - Sebanyak 37 calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kalsel dari sejumlah partai politik (parpol) peserta pemilu 2009 dipastikan gugur. Mereka tidak melengkapi berkas administrasi, meskipun telah diberi kesempatan memperbaikinya.

METRO BANJAR/AYA SUGIANTO

DISITA- Seorang petugas menyusun rokok yang beredar secara ilegal, Senin (22/9). Ratusan ribu bungkus rokok ilegal berbagai merek, disita jajaran Bea dan Cukai saat operasi selama Agustus hingga September 2008.

Rokok Ilegal Beredar di Banjarmasin BANJARMASIN, BPOST Hasil operasi petugas Bea dan cukai Regional Kalsel dan Kaltim Agustus-September 2008, menemukan puluhan ribu bungkus rokok berbagai merek yang diduga ilegal tanpa pita cukai. Selama operasi tersebut, Bea Cukai menyita 186 kardus berisi 154.790 bungkus rokok. Diantar rokok yang disita mereknya adalah Apolo, Antariksa, Dji Ga Toe, Gress Mild serta Blank. Sepuluh kardus ditemukan di Banjarbaru, 34 kardus didapat di Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin (menggunakan pita cukai bekas) dan sisanya ditemukan di salah satu ruko Kelurahan Kampung Melayu, Banjarmasin.

“Kota Banjarmasin menjadi titik awal pendistribusian di seluruh pulau kalimantan” “Operasi tersebut kami lakukan berdasarkan pengelolaan informasi dari berbagai sumber, seperti media yang melakukan investigasi serta masyarakat,” kata Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Regional Kalsel dan Katim, Nasir Adnan, Senin (22/9). Bea dan Cukai melihat, modus pendistribusian rokok tersebut dengan cara mengirim melalui jasa angkutan umum, seperti truk kontainer

yang berasal dari luar Pulau kalimantan. Kabid Penindakan Kantor Bea dan Cukai wilayah Kalimantan Timur, Imron menambahkan, pihaknya tetap mengamati rantai distribusi tersebut secara berkelanjutan. “Nampaknya, kota Banjarmasin menjadi titik awal pendistribusian di seluruh pulau kalimantan. Bahkan, mereka menggunakan kedok sebagai perusahaan ekspedisi untuk melancarkan aksi tersebut,” ujarnya. Imron mengucapkan terima kasih pada intansi kepolisian. “Kita dapat menyelamatkan kerugian negara atas pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar Rp 300 juta,” katanya. (ee)

Hasil rapat koordinasi Pokja Pencalegan di Aula KPU Kalsel Senin (22/9), rata-rata caleg gugur karena kekurangan berkas, seperti tidak menyertakan ijazah, surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian dan surat keterangan kesehatan serta foto. Ketua KPU Kalsel Mirhan AM mengatakan, pihaknya

tidak memberi toleransi bagi caleg yang gugur. Partai juga tidak diperbolehkan mengajukan ganti. “Dalam verifikasi kita ada 37 caleg yang tidak memenuhi persyaratan berkas administrasinya, meskipun sudah kita beri kesempatan memperbaiki. Kebanyakan dari partai kecil, tapi ada juga dari

Silaturahmi dengan Berbuka BULAN Ramadan dimanfaatkan parpol peserta pemilu untuk bersilaturahmi sekalgius mendulang simpati. Beragam kegiatan digelar dengan mengumpulkan massa, sala hsatunya dengan acara buka puasa bersama. Senin (22/9) DPD Partai Golkar dan DPW Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar acara buka puasa bersama. Partai Golkar memilih buka puasa bersama kader mudanya, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) di kantor DPD Partai Golkar, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Sedangkan PAN berbuka bersama anakanak panti asuhan Muhammadiyah Putra Sungai Kidaus, di Jalan Pangeran Banjarmasin. Ketua AMPG DPD Partai Golkar Kalsel, Gusti Perdana Kesuma mengatakan, acara buka puasa untuk mempererat silaturahmi dan menjaga

kader muda partai yang tergabung dalam AMPG tetap solid. “Kita tahu bahwa pada pemilu yang akan datang 65 presen sampai 70 persen pemilih adalah pemilih pemula yang berusia 35 tahun ke bawah. Ini yang akan kita rebut supaya mereka tertarik kepada Golkar,” katanya. Sementara itu Sekretaris DPW PAN Kalsel, Rahmat Nopliardy menjelaskan acara buka puasa yang diikuti pengurus DPD, DPC dan caleg PAN tingkat Kalsel dan Kota Banjarmasin adalah memenuhi instruksi DPP PAN. Instruksi tersebut menyebutkan, PAN lebih mendekat kepada masyarakat dengan lebih banyak menjalin silaturahmi melalui kegiatan sosial. Pada Sabtu (20/9) Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) juga berbuka puasa bersama dan silaturahmi dengan kadernya di kediaman Armain Djanit. (nda)

partai besar,” kata Mirhan, Senin (22/9). Dia menduga, ada sebagian caleg yang gugur karena sengaja bahkan tidak tahu bila diusulkan sebagai caleg. Sebab, pihaknya mendapati ada berkas yang tidak ditandatangani caleg bersangkutan. Mirhan mengatakan, sesuai jadwal, pihaknya selesai menyusun hasil verifikasi dan menetapkannya menjadi daftar calon sementara (DCS) pada 26 September 2008. Pimpinan Parpol kemudian diminta untuk men g es a h k a n D C S . S e t e l a h itu, dipublikasikan lewat media cetak dan elektronik untuk ditanggapi masyarakat mulai 27 September sampai 9 Oktober 2008.

Tanggapan dimasukkan melalui KPU atau Panwaslu. Jika ada tanggapan yang negatif terhadap caleg pada DCS, KPU akan meminta klarifikasi parpol pada 10-14 Oktober 2008. “Bila parpol ingin mengganti caleg dalam DCS karena adanya tanggapan masyarakat tersebut diberikan waktu pada 11 sampai 21 Oktober. Verifikasi pengganti DCS yang diajukan dilakukan parpol 12 sampai 24 Oktober,” imbuhnya. Setelah itu, KPU akan menyusun dan menetap kan daftar calon tetap (DCT) anggota DPR, DPRD tingkat I dan II pada 13-30 Oktober dan diumumkan 31 Oktober 2008. (nda)

Police Line

Ibu Guru Dilindas Truk KECELAKAAN lalu lintas di Jalan Sultan Adam, Senin (22/9) sekitar pukul 14.30 Wita merenggut nyawa Seni Maria (46). Korban berprofesi sebagai guru tinggal di Jalan Sungai Bilu Laut Banjarmasin. Korban yang berboncengan dengan anaknya menggunakan motor, Ema Chandra Kirana (22) terjatuh dari motor saat hendak menaiki sisi jalan beton di depan SPBU Sultan Adam. Bertepata dengan itu, truk membawa pasir melintas lalu langsung melindas korban. Menurut Yusnansyah, suami korban yang merupakan pegawai PT Pos Indonesia di bagian logistik, saat itu istrinya dari rumah hendak menuju ke Unlam untuk kuliah. “Saya mengetahui peristiwa kejadian tabrakan ini setelah mendapatkan kabar dari anaknya yang saat itu bersama ibunya,” ujarnya. Sementara itu sopir dum truk pembawa pasir yang melindas Guru Sekolah Dasar Banua Anyar 10 tersebut sudah diperiksa Sat Lantas Poltabes Banjarmasin. Akibat kecelakaan tersebut sempat memacetkan ruas Jalan Sultan Adam. kondisi korban yang memprihatinkan sedikit memakan waktu untuk melakukan evakuasi. Mayat korban akhirnya dievakuasi ke RSUD Ulin setelah mobil patroli Satlantas Poltabes tiba di tempat kejadian. (bb/ee)

Tingkatkan Kualitas Keikhlasan UMAT muslim harus meningkatkan kualitas keikhlasan amal ibadahnya, terutama dalam kegiatan ritual dan kegiatan bersifat sosial. “Kita perlu minta pertolongan dari Allah supaya jangan ada yang mengganggu keihklasan amal ibadah tersebut,” ujar Ustad Musaffa Zakir Lc. Alumnus Universitas Al Azhar, Mesir itu memberikan siraman rohani pada acara buka puasa Banjarmasin Post Group dan rekan bisnis di Schawner Room Hotel Plm Banjarmasin, Senin (22/9) petang. Hadir pada acara itu, Pemimpin

Redaksi Banjarmasin Post Group, Pramono BS, Pemimpin Perusahaan Wahyu Indriyanta, perwakilan Hotel Palm serta undangan lainnya. Kegiatan yang disponsori Mobile 8, Caplines, Ie-be, dan Freshtea itu diselingi dengan penyerahan secara simbolik bingkisan kepada 30 anak Panti Asuhan Hikmah Zam Zam Banjarmasin. Menurut Front Officer Hotel Palm, Fauzi Ridwan, kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang istimewa dalam menjalin silaturahmi antara pihak hotel dengan BPost Group.

SERAHKAN BINGKISAN Front Officer Hotel Palm Banjarmasin Fauzi Ridwan (kiri), menyerahkan bingkisan kepada seorang anak Panti Asuhan Hikmah Zam Zam, disaksikan Pemred Banjarmasin Post Group, H Pramono BS, di Schwaner Room, Senin (22/9).

“Setahun yang lalu, kami memang pernah melakukan kegiatan serupa. Namun, pada kesempatan yang kedua ini terlihat berbeda, karena kita bisa memberikan bingkisan menarik kepada anak-anak panti asuhan,” ujarnya Food And Beverage Manager Hotel Palm, Sandi Hermawan menambahkan, dengan adanya kegiatan tersebut dia mengharapkan hubungan bisnis yang telah terjalin antara Palm Hotel dan Banjarmasin Post Group makin erat. “Semoga kegiatan ini menjadi agenda setiap tahun,” ujarnya. (ee) BANJARMASINPOST/SYAFRUDIN

Banjarmasin Post  

Banjarmasin Halaman 2

Advertisement