Issuu on Google+

Banjarmasin

28

Post

RP 3.000

HALAMAN

SENIN

6 SEPTEMBER 2010/ 27 RAMADAN 1431 H

NO. 14033 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987

DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

Mujiburr

Aktivitas Takwa

Madam

APA yang harus kita lakukan selama 24 jam dalam upaya meraih titel takwa? Tentu gelar takwa tidak akan kita raih tanpa berbuat dan melakukan aktivitas ke arah pencapaian takwa tersebut. Di bawah ini diuraikan gambaran aktivitas ideal yang dapat kita lakukan dalam mengisi waktu sehari semalam dalam bulan Ramadan.

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

BUKA PUASA - Sebanyak 1.000 anak panti asuhan berbuka puasa bersama di halaman Duta Mall, Banjarmasin, Minggu (5/9). Kegiatan ini diselenggarakan Indosat kerja sama dengan Banjarmasin Post Group, Duta Mall, Bank Kalsel serta sponsor lain. Berita terkait halaman 12.

„ Hal 14 kol 1-3

ahman

IDUL Fitri segera tiba. Orang-orang berjejal di terminal, pelabuhan dan bandar udara. Jalan-jalan pun dipadati kendaraan bermotor. Mereka semua adalah para pemudik yang ingin berlebaran bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman. Para pemudik itu hampir semuanya adalah perantau di kota-kota besar. Dalam budaya Banjar, merantau disebut madam. „ Hal 14 kol 4-7

Tiap Bulan Keluar Penjara „ Anthony Pasrah Jadi Tersangka Lagi JAKARTA, BPOST - Mungkin ini ‘fasilitas’ khusus yang bisa dinikmati koruptor di Indonesia. Narapidana kasus penyimpangan dana Bank Indonesia (BI), Anthony Zeidra Abidin, setiap bulan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta. Anthony Zeidra Alasannya, untuk menjalani pengobatan.

ANTARA/ WAHYU PUTRO A

MUDIK - Seorang warga Yogyakarta memanggul kardus besar menuju bus yang akan membawanya mudik ke kampung halaman di Jabar, Minggu (5/9). Seminggu menjelang lebaran, arus mudik di berbagai daerah mulai meningkat.

Kita MUDIK sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, demikian pula di Kalsel. Saat ini, aktivitas pulang kampung itu makin terlihat. Bahkan, ada yang rela tidur di bandara atau pelabuhan menunggu waktu pemberangkatan.

Bahkan, kadang-kadang mantan gubernur Jambi sekaligus mantan anggota DPR ini dengan bebas melenggang keluar dari penjara, lebih dari sekali. Konon, selain berobat, Athony juga pulang ke rumahnya di Bintaro, Tangerang, Banten.

Saat dikonfirmasi, Kepala Lapas Cipinang, I Wayan Sukerta membenarkan informasi itu. “Dia kan baru menjalani operasi jantung,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (4/9). Namun, Wayan membantah kabar Anthony bisa bebas

Komentar lain di halaman 4

Kentang Terbesar KENTANG milik Peter Glazebrook di Northampton Massachusetts, AS menjadi kentang terbesar di dunia. Betapa tidak, beratnya 3,8 kilogram. Pada 2008 pernah ada petani Lebanon mempuTHE SUN nyai kentang seberat 11,3 kilogram. Namun tidak jelas, berat kentang tersebut tidak tercantum di buku rekor dunia. Yang pasti, yang tertoreh di Guinness Book of Records adalah kentang seberat 3,5 kilogram. “Dibutuhkan musim tanam yang panjang agar bisa mendapat kentang dengan ukuran sebesar mungkin. Itu kentang jenis kondor yang mudah tumbuh,” kata Peter. (tsn)

Jadi nggak benar itu. Namanya juga isu, selalu merasa yakin saja. Izinnya untuk berobat. Dalam izin itu harus ada keterangan dokter, hasil berobatnya itu apa? Setelah berobat, dia harus kembali ke lapas,” kata Wayan. „ Hal 14 kol 4-7

Banyak Divonis Bebas BENARKAH Indonesia masih memiliki komitmen pada pemberantasan korupsi? Berdasar putusan pengadilan sejak 1 Januari 2010 sampai 1 Juli 2010, tercatat 54.82 persen terdakwa korupsi divonis bebas di pengadilan umum, yakni pengadilan negeri, pengadilan tinggi, dan mahkamah agung. „ Hal 14 kol 5-7

SI PALUii

Gabung di FB Banjarmasin Post

Gusti Ridho MET PuLank Kampunk SILATURAHMI dgn KELUARGA BESAR & Temu kangen kwn2 Bahari. Spnjang Perjalanan Berhati2 Terhadap kjahatan Baik Naik kapal,Pesawat,n mobil. Smga slmat sampai Tujuan,AMIN

keluar masuk penjara dengan dalih berobat, untuk mengunjungi keluarganya. Dia menegaskan selalu melakukan pengawasan ketat. Bahkan, untuk bisa rutin mengawasi, Wayan mengaku tinggal di dekat Lapas Cipinang. “Mengapa? Agar bisa bisa memantau selama 24 jam, siang dan malam.

Mahitung Puasa

Masayu Aliestya Sudiadnyana YA harus berpakaian yg sewajarnya,,dan jng memakai perhiasan yang mncolok, krn dlam krmaian itulah org2 jahat biasanya beraksi.

MATAN tadi Garbus sibuk banar mambalik-balik almanak nang bagantung di masigit. Palui bingung banar

Cham Choel BeDagum MUDIK .mudik..jgn lupa keamanan rumah dan benda yang ditinggalkan jangan sampai jadi musibah..kebakaran atau pencurian..

malihat kalakuan kawalnya itu. Napa Bus nang dihitung? ujar Palui handak tahu. Kada karasa-an labih satangah bulan kita puasaan, ujar Garbus mamanderi Palui. Hitung bujur-bujur Bus ai, - Sudah masuk pahabisan Ramadan, Lak-ai bujur kada labih satangah bu+ Pikiran bacabang ka mana-mana, Nang-ai lan? sahut Palui. Anang Gayam „ Hal 14 kol 1-3

Berbuka di Little India

BANJARMASINPOST/ISTIMEWA

KABIRO Keuangan Pemprov Kalsel, H Gustafa Yandi (dua dari kiri) bersama jemaah Masjid Angullia, Singapura yang mayoritas warga keturunan India.

LITTLE India adalah salah satu kawasan di Singapura yang mayoritas warganya keturunan India dan beragama Islam. Berbuka puasa bersama komunitas India di sana menjadi pengalaman menarik saya pada Ramadan tahun ini. Pada 28 Agustus 2010, saya dan istri, Hj Rusda, terbang ke Singapura. Tujuan kami menjenguk kerabat yang menjalani operasi di Mount Elizabeth Hospital. Meski di Negeri Singa, kami tetap berpuasa. Untuk berbuka, kami sengaja mencari tempat khusus. Bukan di restoran atau kafe tetapi masjid. Ya, kami mencari masjid yang menyediakan takjil. Kami ingin mencari kebersamaan sekaligus melihat kehidupan kaum muslim di negara lain. Berdasar beberapa referensi, kami memilih Masjid Angullia, Little India. Kebetulan istri saya masih keturunan India dari nenek buyutnya. Jadi sedikit banyak ada ikatan emosi.

IMSAK 04:53

SUBUH 05:03

ZUHUR 12:22

ASAR 15:37

MAGRIB 18:25

ISYA 19:33

„ Hal 14 kol 1-3

0609/B01

2 Banjarmasin Bungas

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Deny Berambisi Raih Rekor Muri BANJARMASIN, BPOST Berambisi mendapat penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (Muri), Deny Dwi Hermanto mengelingi Nusantara dengan mengendarai sepeda motornya. Mungkin hal ini sudah beberapa kali dicoba pengendara tanguh lainnya. Akan tetapi, remaja asal Wonosari, Yogyakarta, ini boleh dikata satu pengendara motor keliling nusantara termuda. Bayangkan saja, usianya kini cuma 19 tahun. Remaja yang akrab disapa Gempol ini menyebutkan sudah melintasi 17 Provinsi di Indonesia. Dan Kalsel adalah provinsi urutan 18 yang dipijaknya. “Saya sudah menjalani 17 provinsi, mulai dari Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan yang ke 18 ini adalah Kalsel,” sebutnya.

Selain berambisi menyabet rekor Muri sebagai pengeliling Indonesia termuda dengan berkendaraan motor, dia pun mengaku punya ambisi untuk melihat komunitas kendaraan sejenis dengan motor yang ditungganginya. “Kebetulan saya bergabung di klub motor di Yogyakarta. Jadi saya juga ingin mengetahui sejauh mana perkembangan klub motor di Indonesia,” ucap putera seorang prajurit TNI ini. Kisahnya, setelah mendapat persetujuan dari orangtua, perjalanan dimulai 30 Juni 2010. “Orang tua saya mendukung dalam perjalanan saya ini. Dan Alhamdulilah tidak ada kendala dalam perjalanan saya sampai sekarang,” ungkapnya. Disinggung tentang ongkos perjalanan, dia menutur-

BANJARMASIN POST GROUP/NURHOLIS HUDA

Deny Dwi Hermanto dan Musdiar

kan, sebagian besar biaya yang dikeluarkannya berasal dari klub motornya di Yogyakarta. Bahkan dua hari lalu mendapat kiriman Rp 600.000 dari klubnya. Mengenai pengalaman unik yang dialami, dia lebih menilai Kota Riau sebagai salah satu kota berkesan yang pernah dipijaknya. “Di Pekanbaru, Riau, saya diajak anggota klub motor di sana dan juga oleh himpunan mahasiswa pecinta alam untuk diajak berburu dan memancing. Di situlah aku menemukan banyak teman dan pengalaman yang mengesankan,” ungkapnya. Setelah dari Bumi Lambung Mangkurat, dia berencana melanjutkan ke Kalimantan Timur. Ia pun yakin, mulai dari ujung barat Indonesia, yakni Sabang, rencananya akan terwujud untuk sampai Merauke. Jika begitu, maka totalnya melewati 33 provinsi di Indonesia. “Mohon doakan supaya saya sampai di tujuan,” pinta Deny. Sementara itu, koordinator komunitas salah satu motor Kalselteng, Musdiar, mengaku berapresiasi atas anak tanguh dari Yogyakarta ini sehinga bisa selamat sampai Kalsel. “Saya bangga dengan Deny ini karena di antara pengendara motor keliling Indonesia yang saya temui selama ini hanya dirinyalah yang paling muda,” ungkapnya, seraya mendoakan Deny untuk bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya. (qq)

Ayah Alfa Tak Bisa Tidur QAnak Hilang Usai Berbuka Puasa BANJARMASIN - Alfa Rizkia (9), “Saya semalem tidak bisa tidur. siswa Kelas II SDN Teluk Dalam 10 Saya mencari keliling-keliling, belum Banjarmasin Barat, menghilang ketemu juga,” tuturnya. dari rumah ibu tirinya, Rusmaniah Ada tetengganya bernama (40), di Jalan Sutoyo S, Teluk DaJumdi yang sempat melihat Alfa. lam 10 Nomor 35 RT 16 RW 5, Gang Terakhir posisi anak itu disebutSurya, Banjarmasin Barat, Sabtu kan ada di bundaran Masjid Sa(4/9) sore. bilal Muhtadin. Keterangan Rusmaniah, se“Saya sudah mengejar ke belum hilang, Alfa sedang bermain sana, ternyata tidak ada juga,” bersama temannya. Lalu pikirnya, sedihnya. anak itu pergi ke Langgar Alfatih Tamrin pun kemarin sudah untuk ikut berbuka puasa bermenyebarkan selebaran foto diri sama. Alfa ke pengurus RT setempat. Alfa Rizkia “Awalnya dia main bulu tangJuga, mengabari ke anggota kis, terus bermain ke luar gang. Tapi sehabis Barisan Pemadam Kebakaran setempat untuk magrib, ditunggu-tunggu ternyata tidak kemdiinformasikan lewat radio komunikasi. bali-kembali,” ungkapnya, Minggu (5/9). Ciri-ciri putrinya itu, berambut keriting, Segera saja ia dan keluarganya mencari ke berbaju oranye dan celana pendek di bawah tetangga-tetangga. Namun tidak berhasil lutut. Logat bahasanya kental dengan dialek menemukannya. “Kami mencarinya kemanaamuntai karena sekolah TK-nya di sana. mana sudah masih belum ketemu,” ucapnya. Dia berharap siapa yang menemukan Sementara itu, M Tamrin, ayahnya kandung putrinya itu agar mengantar ke alamat ruAlfa, mengaku tidak bisa tidur nyenyak atas mahnya atau menghubungi nomor ponsel kehilangan buah hati yang disayanginya itu. 085248494465. (qq)

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

KERJAKAN SIRING - Seorang pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Siring Ujung Murung, Banjarmasin.

Siring Terkendala Pembebasan Lahan BANJARMASIN, BPOST - Rencana pembangunan siring Sungai Martapura atau agro river walk city yang dibangun di kawasan Pasar Ujung Murung, bakal mengalami kendala. Pasalnya, pembangunan siring yang digadang-gadang menjadi salah satu pembangunan yang dibangun Pemko Banjarmasin itu terkendala lahan. Mengingat untuk program itu, diharuskan ada pembebasan lahan di kawasan setempat. Bahkan karena ada proses pembebasan lahan tersebut nantinya, bisa dipastikan proses pembangunan siring itu bisa mundur hingga 2011. Hal tersebut diungkapkan

Ichwan Norchalik, Ketua Tim Pembebasan Lahan Pembangunan Siring itu, terkait pembebasan lahan yang pastinya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ia katakan, saat ini pihaknya belum bisa melanjutkan pembebasan lahan tersebut. Utamanya, masih menunggu arahan Dinas Pengelolaan Sungai dan Drainase. “Saat ini kami sedang menunggu permintaan dari Dinas Pengelolaan Sungai dan

Drainase. Kan mereka yang punya kewenangan atas pengerjaan siring ini,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota, akhir pekan tadi. Ichwan yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Pemerintahan Kota Banjarmasin itu, mengakui, pihaknya masih belum mengetahui proses ganti rugi terhadap status lahan yang akan dibangun siring. Namun, lanjutnya, pembebasan lahan itu akan mengacu pada status kepemilikan lahan. Jika ada bukti kepemilikan lahan, akan diberi ganti rugi. Jika tidak ada, akan diberi tali asih. Sementara itu, selanya, sampai saat ini Pemko Banjarmasin pun belum melaku-

kan pendataan atas kepemilikan lahan yang akan dibebaskan tersebut. Namun perkirakan yang ada, susulnya, lahan yang akan dibebaskan nanti hanya ratusan meter persegi. Ukuran itu diperoleh jika melihat jarak antara langgar yang ada di kawasan yang ada sampai Jembatan Antasari. Sebelumnya, rencana ini digagas Dinas Pengelolaan Sungai dan Drainase. Instansi terbilang baru ini ingin membangun siring yang mempunyai pedestrian atau area untuk pejalan kaki. Siring yang peruntukannya untuk berjalan santai itu, direncanakan dibangun dengan panjangnya mencapai 130 meter dan lebar 4,2 meter. (ll)

BUNCU

Bangunakan Jembatan Penyubarangan

ELPIANUR ACHMAD

KURANG labih satahun sudah median jalan nang tinggi wan lebarnya semeter di Jalan A Yani pal 1 sampai pal 7 tuntung dibangun. Desain wan bentuknya kokoh. Di tangahnya ditanami kambang wan pohon. Jalan utama ngitu jadi labih nyaman, lebar wan banyak lampu hias warna-warni. Suasana kota jadi tambah indah wan asri. Mun dilihat dari sisi nang ini, Kota Banjarmasin kahada kalah dibandingakan kota ganal lainnya. Di kanan wan kiwa jalan, pamandangan kahada lagi camuh nangkaya bahari. Rasanya masih kaingatan sawaktu mantan Wapres Jusuf Kalla manyambat Banjarmasin rigat, pas sidin baelang ke Banjarmasin. Fungsi utama median jalan gasan mamisah dua arus lalu lintas dari arah nang balawanan, supaya macet ku-

rang wan bubuhan nang bekendaraan terjaga keselamatannya. Tagal, pamarintah jangan mamparhatiakan bubuhan bakendaraan haja. Urang nang bajalan batis gin harus diingatakan. Mun kawa median jalan dirancang nyaman gasan bubuhan nang bajalan batis. Diulahakan wadah manyubarang di titik-titik nang rancak jadi kalaluan bubuhannya. Jadi, kaamanan urang nang bajalan terjaga. Pinanya, pamarintah kurang mamparhatiakan fasilitas gasan manyubarang jalan. Matan Jalan A Yani pal 2 sampai pal 6, mediannya tinggi. Tagal, zebra cross gasan manyubarang jauh-jauh, limbah 100-an meter hanyar ada. Bubuhan bajalan batis kangalihan manyubarang. Makanya, masih banyak warga nang banaik ke median jalan lalu manyubarang. Warga mamilih mahantas lantaran kahada mau repot ke wadah panyubarangan nang jauh jaraknya. Padahal, gawian kaya ngitu babahaya wan mangganggu arus lalu lintas. Kahada jarang terjadi, kecelakaan lalu lintas gara-gara warga mahantas. Mambangun jambatan penyubarangan kalihatannya cocok banar. Mun kawa harus lakas digawi gasan mengantisipasi korban kepadatan arus lalu lintas nangkaya di

Jalan A Yani, S Parman, Hasan Basry wan jalan lainnya. Jembatan penyubarangan hanyar ada sabuting di Kota Banjarmasin, yaitu nang ada di depan Mitra Plaza, di Jalan Pangeran Antasari. Mun ada jembatan penyeberangan, warga jadi labih aman. Bubuhannya kahada lagi begasakan manyubarang jalan. Tagal, amun mambangun jembatan penyeberangan harus diperhatiakan efektivitas, keindahan wan keselarasan penataan kota. Jangan sampai menambah camuh kota. Selain nyaman wan aman gasan warga kota, jembatan penyubarangan gin kawa manambah PAD. Di sisi jembatan kawa dipasangi papan reklame. Jadi, mauntungakan gasan pemko. Nah, pilih nang mana, handak untungkah handak rugikah, lantaran banyak kecalakaan? Samunyaan tergantung pemko jua. (*)

(*)

0609/B02

Banjarmasin Bungas 3

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

E-MAIL: BUNGAS@BANJARMASINPOST.CO.ID

Anggrek Kalsel Menghilang „ Spesies Meratus Dimiliki Orang Luar BANJARMASIN, BPOST - Keelokan anggrek Kalimantan Selatan mulai punah. Dari sekitar 1.000 jenis anggrek, saat ini yang bisa ditemukan hanya 125 jenis. Ironi, beberapa spesies anggrek asli Banua kini justru ‘dikuasai’ orang asing. Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel, Hj Aida Muslimah Rosehan, di sela-sela buka bersama komunitas peduli lingkungan mengungkapkan hal tersebut. Menurutnya, kelangkaan tersebut selain adanya perambahan, juga ekosistem sudah mulai tidak mendukung. “Anggrek itu hidupnya di hutan-hutan, kalau habitatnya dirusak secara otomatis anggreknya ikut mati. Selain itu juga banyak yang dijual penduduk maupun warga lain,” katanya. PAI pun berusaha melakukan perlindungan jenis anggrek asli Banua dengan melakukan kerjasama dengan balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) untuk memproteksi tanaman langka tersebut. Dari data yang mereka miliki, anggrek Meratus yang sudah mulai langka salah satunya jenis Bulan Pelaihari. Jenis anggrek itu sangat menarik, karena memiliki ca-

Dendrobium Lowii dan dendrobium hepaticum kini justru dimiliki orang asing, sedang di Kalsel sudah tidak ditemukan lagi

Spesies Anggrek Langka Meratus „ Phalaenopsis

amabilis var pelaihari „ Phalaenopsis modesta „ Phlaenopsis gigantea „ Paphiopedilum lowii „ Paphiopedilum supardii ngang ketika ada pameran anggrek se-dunia di Singapura, ada beberapa jenis anggrek yang merupakan tanaman asli dari Kalsel. Bahkan, dia melihat ada dua spesies anggrek yang

sudah tidak ditemukan lagi di Banua. Agar bisa dikembangkan di Kalsel, dirinya terpaksa membeli anggrek itu dari penangkarnya. “Dendrobium Lowii dan dendrobium hepaticum adalah dua jenis anggrek asli Kalsel beberapa puluh tahun silam. Kini justru orang asing yang punya dan di Kalsel sudah tidak ditemukan lagi,” terangnya. Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu saat ini juga banyak jenis anggrek yang sudah tidak original karena untuk melangsungkan kehidupan jenis tersebut, harus dilakukan penyilangan. (coi)

BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

MIDNIGHT SALE - Warga memadati lantai satu Duta Mall, Banjarmasin untuk berbelanja kebutuhan lebaran, Jumat (3/9) malam.

bang yang lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. “Bunganya memang bagus dan tangkainya sekitar 25-50 tangkai, makanya sangat digemari orang dan menjadi sasaran utama para penggemar anggrek,” ujarnya. Hal senada dikatakan salah satu pengurus PAI Kalsel Yulianto. Dia sempat terce-

kabar bumi selidah

Cuaca Tak Ganggu Pertanian MARABAHAN, BPOST Cuaca yang tidak bersahabat berupa angin kencang dan curah hujan yang cukup besar dijamin tidak mengganggu pertanian di Kabupaten Barito Kuala (Batola). Kalaupun ada perubahan, hal tersebut terkait pergeseran masa panen, yang biasanya Juli dan Agustus, sekarang dilakukan pada Agustus dan September. “Imbasnya ditakutkan pada tingkat produktivitas gabah,” kata Kepala Dinas Pertanian Batola, Zulkifli Yadi Noor, kemarin. Zulkifli juga menjamin tingginya curah hujan sampai sekarang tidak mengganggu pertanian di Batola. Wilayah Batola berupa lahan pasang surut, berbeda dengan lahan lebak. Data yang sudah dihimpun luas tanam 2010 sudah mencapai 100,38 persen. Luas tanam yang paling besar di Kecamatan Tabunganen mencapai 12.517 hektare, sedangkan yang paling sedikit di Kecamatan Kuripan 20

Saldo Akhir 29 Agustus 2010

hektare dari sasaran tanam 75 hektare. Persoalan yang dihadapi petani dalam kondisi alam seperti sekarang ini hanya anakan padi yang kurang banyak dan pemupukan. “Keterlambatan tanam, benihnya diganti dengan benih unggul. Gangguan lain yang dihadapi petani adalah hama, banjir, dan padi banyak yang roboh,” ujarnya. Kondisi ini, kata Zulkifli, tidak begitu besar mengganggu pertanian, namun berdasar data hal tersebut berpengaruh pada produktivitas yang ditarget 36,52 kwintal per hektare. “Musim hujan juga memperpanjang masa masaknya padi. Seharusnya, musim kemarau sudah masuk bulan Mei lalu,” tutur Zulkifli. Menyinggung harga gabah sekarang, Zulkifli menyatakan cukup menguntungkan petani. Gabah kering giling ukuran kecil mencapai Rp 60 ribu/blek, sedangkan yang besar Rp 35 ribu/blek. (don)

537.152.083

0609/B03

4 Banjarmasin Bungas

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Calon Guru Bosan Diceramahi BANJARMASIN, BPOST - Meskipun tugasnya nanti memberikan pelajaran kepada siswa, ternyata para calon guru pun bisa merasa bosan jika diceramahi. Hal itulah yang dirasakan sebagian peserta program persiapan belajar (P2B) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unlam. Selama dua hari, sejak Minggu (5/9), sebanyak 300 mahasiswa baru kelas nonreguler mengikuti kegiatan wajib tersebut. Mereka semua masuk dalam kelompok B. Sedangkan kelompok A yang merupakan kelas reguler teleh menyelesaikan P2B-nya. Namun, karena materi program lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dengan mendengarkan ceramah dari narasumber, sejumlah peserta pun mengeluh bosan. “P2B di PGSD ini menurut aku tidak seru. Masak dari pagi hingga nanti, kegiatannya ceramah dan dikurung di aula terus. Bikin ngatuk saja,” kata Muhammad Elias, alumni Man 3 Martapura. Hal senada disampaikan rekannya, Zahrataun Nisa. Alumni MAN 1 Barabai ini juga menilai kegiatan berlangsung monoton dan tidak ada tantangannya. Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD, Arif Yandi Hidayat, mengatakan

pihaknya hanya sebagai pendamping. Sedangkan yang mengonsep kegiatan adalah dosen yang menjadi panitia. Sementara itu, Ketua Inti P2B PGSD Unlam Banjarmasin, Djulkifli, mengatakan konsep sengaja agak formal untuk menekankan pada nilai pendidikannya. Pelaksanaan P2B di PGSD juga tidak mewajibkan peserta membawa atribut yang aneh-aneh seperti bakul dan sejenisnya. Menurutnya sebagai calon guru, mahasiswa PGSD seharusnya mulai membiasakan diri dengan hal itu. Apalagi materi yang disampaikan merupakan pengenalan sebelum menjalani perkuliahan. “Mulai dari cara belajar dan sistem di perguruan tinggi, pemanfaatan perpustakaan hingga visi-misi PGSD,” paparnya. Meskipun berada di ruangan, lanjutnya, penyampaian materi tetap diselingi dengan game atau permainan dan ada jeda untuk beristirahat. Program P2B bersifat wajib. Peserta yang dinyatakan tidak lulus harus mengulang lagi tahun berikutnya. Mereka juga tidak dapat mengikuti program alih tahun (PAT), tidak mendapat beasiswa dan tidak dapat diikutsertakan sebagai mahasiswa berprestasi.(qq)

BANJARMASIN POST

Kita

Gabung di FB Banjarmasin Post

MUDIK sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, demikian pula di Kalsel. Menjelang lebaran yang tinggal empat hari lagi, aktivitas mudik yang dilakukan para pendatang maupun warga banua yang berada di luar daerah makin kentara. Mereka bahkan rela tidur di Bandara atau pelabuhan demi mudik. IWAN SYACH FISIK mesti fit, klau mau pake mobil atau motor sndiri pastikan sdh d servis, stnk n sim jgn lupa, yg bwa motor bwa jas hujan, yg naik angkutan umum jgn bwa brang blebihan, perhiasan yg d pakai jgn lebay! HENDRA WIJAYA MENJAGA brng bawaan, tingkatkn kwaspadaan, jgn smbrngan menerima pemberian org, yg pasti harus berhati2 jgn sampe jd korban pembiusan... krna itu yg marak terjadi..!!! ETTY CUAAEM KESELAMATAN diri n jgn lp waspada, krn byk skli kita temui kejhtn dmn2, pokoke dmn pun berada ya hrs ht2 menjaga keselmtn dan kenymn’n diri kita. VAL ‘AKIRA’ YANG pasti siapkn keamanan tuk pribadi dl,.,pengaman, bhkn ksehatan alat transportasi yg dipakai,.,stlh itu patuhi rambu n ga ngebut pastinya. upayakn mudik d siang hari saja. ZAINATIR RAIYAH HATI2 nyimpan uang n jgn lpa bwa obat2n yg mgkn dprlukn..Masayu Aliestya Sudiadnyana ya harus berpakaian yg sewajarnya,,dan jng memakai perhiasan yang mncolok, krn dlam krmaian itulah org2 jahat biasanya beraksi, VADARINGAN BEMBY HENKZ YANG pnting menjaga kshatan agar mudik nyaman sampae k tjuan,jug menjaga agar memperhatikan brang” bwaan dan juga kapastas angkutan baek udara,laut,darat agar tdk trjadi hal” yg tdk di inginkan. ARY WIBOWO ALEXANDRO KESELAMATAN diri yg dutamakan, yg tidur d bandara utamakan keamanan brg bwaan, yg mudik pke kndraan pribadi ttap hati2 d jalan. MUHAMMAD APRIANSYAH AL-HAMDANI SEBELUM mudik berdoa demi keselamatan diri,keluarga&harta.Jaga kesehatan fisik&mental karena dijalan nanti mungkin menemui hal2 yg tak terduga.Bawa barang/uang seperlunya,jgn berlebihan utk menghindari hal2 yg tak diinginkan.Simpan nomor2 telpon penting.”Selamat mudik lebaran”.

WEN THEHONDA HATI2 dgn barang bw an klo perlu barang yg dbawa sperlu’y sajaaaa. Uang betul2 djaga,,, persiapkan diri lhr dan batin,,, tetap waspada dc! BIE KEN SASUKE PESAN bie tuk para pemudik, sblm brngkt periksa dlu sgla praltan tuk mudik, sprt kendaraan en lain’x, slalu hati2 di perjalanan en “selalu utamakan keselamatan” ABDY SAGITA SEBAIKNYA jgn menggunakan perhiasan yg mencolok agar tidak mengundang hal2 yg tidak di inginkan serta jgn beli tiket dari calo yah...moga sampai k tujuan dgn slamat dn bs lebaran bersama keluarga ter cinta.

PLAFON RUSAK - Siswa SDN Basirih 8 Banjarmasin belajar di dalam ruangan kelas yang rusak plafonnya beberapa waktu lalu. Banyak sekolah yang berharap DAK 2010 segera cair agar bisa segera memperbaiki fisik sekolah yang rusak seperti ruang kelas.

Juknis DAK Baru Terbit „ Disdik Minta Perpanjangan Waktu BANJARMASIN, BPOST - Sekolah-sekolah penerima dana alokasi khusus (DAK) 2010 di Banjarmasin harus bersabar. Meskipun petunjuk teknis (juknis) penggunaan DAK 2010 telah terbit, namun dananya belum bisa dicairkan. Disdik Kota Banjarmasin masih menunggu jawaban dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terhadap permohonan perpanjangan waktu penggunaan DAK 2010. Juknis dinilai terbit terlalu mepet dengan tenggang waktu penggunaan dana. Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nor Ipansyah, mengatakan lambatnya juknis terbit membuat

alokasi dana kemungkinan tidak terserap optimal. Padahal, penggunaan dana dibatasi hanya pada tahun berjalan. Karena itu, saat pertemuan di Kemendiknas beberapa hari lalu, sebanyak 451 kadisdik kabupaten dan kota se-Indonesia--termasuk Kadisdik Banjarmasin, meminta perpanjangan waktu dalam penggunaan DAK. “Sisa waktu empat bulan

pada tahun ini diprediksikan tidak cukup untuk penggunaan DAK,” ucap Ipansyah. Sebelum ada keputusan terhadap permohonan itu, semua kadisdik pun sepakat tidak akan menggunakan DAK 2010. Meskipun proposal dari sekolah-sekolah penerima DAK sudah diterima sejak awal tahun ajaran baru. Dikatakannya, bila tetap digunakan tahun ini, dananya dikhawatirkan tidak akan terserap semua dan mengalami banyak kendala karena waktu yang terlalu singkat. Tapi, bila ditangguhkan pencairan dan penggunaannya, pihaknya berharap alokasi dana yang sudah ada di 2010 tidak dihapus melainkan digabung dengan DAK tahun berikutnya. Kabid Sarana dan Prasarana Disdik Kota Banjarma-

sin, HM Fauzi Adenan, mengatakan DAK 2010 rencananya dialokasikan untuk 101 sekolah baik negeri maupun swasta di Banjarmasin. Total dananya sebesar Rp 20 miliar. Hingga saat ini banyak sekolah yang sudah mengajukan proposal untuk perbaikan fisik bangunan, mulai dari ruang kelas, perpustakaan dan tambahan ruangan kelas. “Usulan bisa diterima berdasarkan tingkat kerusakan dan kepentingan sekolah mana yang lebih mendesak. Kita akan mensurvei dulu sekolah mana yang perlu dibantu,” kata Fauzi. Semua tergantung dari survei lapangan. Meskipun berada di tengah kota, bila memang perlu perbaikan bangunan akan dianggarkan. (kk)

RI’ZHA D’LONGFAR JAGA kesehatan,, keselamatan dan Waspadalah...waspadalah ADHITYA INDRA TIPS agar mudik aman, cek kondisi kendaraan, pastikan kondisi tubuh fit, pastikan baterai & pulsa hp dlm keadaan penuh... :) HABIBI TAJAR IKUTI aturan yg berlaku...insya allah selamat sampai tujuan DHIEN KAYU JABUK YANG pasti menjaga barang yg di bawa gasan bulik dan memeperhatikan orang2 yg di sekeliling klo ada orang yg mencurigakan lapor aj kepada petugas. HARIS ITUE FADILLAH MUDIK boleh lah, tapi jgn juga moment mudik dibikin ajang ugal ugalan buat pengendara motor yang se’enak’y meluncur di jalan. Banyak supir mobil yang puasa nang’ae. Jd kd tapi hawas mangontrol jalan. Diranjah’y, sorang jua sakit’y. Kada b’hari raya, Tahu toe rasa Zidien Shi Phuddin YANG hrus d lakukan...Hte2 dgn orng yg tak d knal krna skarang bnyak kjahatan yg modusx hipnotis...Jgn brpakaian trlalu mencolok(perhiasan),bsa mengundang tindk kejahatan..Siapkn fisik sblom ,supya tdk trjadi hal seperti kcelakaan swaktu mengemudi..Dll

WULANDRIFS MISSPOCKET KESEHATAN, barang bawaan, dan yg penting bagi yg membawa anak kecil agar selalu menjaga anaknya utk selalu berada disamping kita... AHMAD JANAWI BERHATIHATI jangan membawa barang berlebihan, memakai perhiasan yang bisa mengundang kejahatan, dan yang menggunakan kendaraan pribadi, agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dengan baik. 0609/B04

SENIN, 6 SEPTEMBER 2010 M / 27 RAMADAN 1431 H

Bahas Zakat Salah Sasaran SELAMA ini masih ada orang yang sulit membedakan antara zakat, infak, dan sedekah. Akibatnya, ketika menyalurkannya sering tidak tepat sasaran. Misal, uang zakat digunakan untuk membukakan puasa. Padahal, di antara mereka yang mengikutinya, mungkin ada orang yang mampu. Untuk meluruskan kesalahpahaman itu, pengelola Masjid Arrahim Sultan Adam Banjarmasin bekerja sama dengan 2FA Tersenyum, Minggu (5/9), menggelar seminar. Ratusan hadirin antusias menyimak materi yang disampaikan narasumber. A Rahim Audah menjelaskan infak itu membelanjakan harta atau jiwa di jalan Allah. Sedangkan pengertian sedekah lebih luas lagi karena tidak mengenal waktu dan penerimanya. Adapun zakat, waktu dan jumlahnya sudah ditentukan. “Zakat harus dilakukan setelah satu tahun dengan jumlah 94 gram emas. Mini-

mal 2,5 persen dari harta itu wajib dikeluarkan,” katanya. Ia mencontohkan kalau sekarang harga emas Rp 355 ribu per gram dikalikan 94 gram, berarti mereka yang memperoleh keuntungan usaha Rp 33.370.000 selama setahun, wajib berzakat minimal 2,5 persen. Kalau usaha itu dimulai Februari, maka di bulan yang sama pada tahun berikut harus mengeluarkan zakat. Jangan ditunda-tunda. “Di masyarakat sering terjadi, karena dianggap afdol berzakat menunggu bulan Ramadan. Padahal, kita tidak pernah tahu umur kita bakal

Penerima Zakat 1. Fakir 2. Miskin 3. Panitia zakat 4. Mualaf 5. Budak 6. Orang yang berutang 7. Sabilillah 8. Ibnu Sabil

sampai. Karena itu, bersegeralah menunaikan zakat,” imbuh Rahim. Ada pula yang berzakat pada orangtua, padahal menyantuni ayah dan ibu itu memang kewajiban anak. Menurutnya, zakat mal itu untuk membersihkan harta, sedangkan zakat fitrah buat membersihkan diri. Jadi, ia mengibaratkan zakat itu seperti daki yang keluar saat menggosok tubuh. Karenanya, kata Rahim, pantaskan itu diberikan pada orangtua? “Jangan pernah membiasakan meminta dan meneri-

Dari Duafa untuk Duafa BERBUAT kebaikan bukan hanya dengan cara membagikan sembako cuma-cuma, tetapi bisa juga dengan cara lain yang lebih efektif. Seperti yang dilakukan oleh BNI Syariah Cabang Banjarmasin ini. BNI Syariah Banjarmasin menjual paket sembako murah kepada kaum duafa. Paket yang senilai Rp 50 ribu dijual Rp 20 ribu. Selanjutnya uang hasil penjualan itu dibagikan kepada kaum duafa. Jadi dari duafa untuk duafa. Kegiatan ini berlangsung di Masjid At-Taqwa Jalan A Yani Kilometer 3,5 Banjarmasin, Jumat (3/9) sore. Kegiatan tahunan bertajuk Bazaar Sembako Murah ini serentak dilakukan di seluruh cabang BNI Syariah di Indonesia. Pemimpin BNI Syariah Cabang Banjarmasin, Dade Dermawan, mengatakan kegiatan ini ditujukan kepada warga duafa di sekitar masjid berwarna hijau tersebut. Demi kelancaran, setiap orang diberikan kupon antrean.

BANJARMASIN POST GROUP/YAYU FATHILAL

TAKJIL GRATIS - Karyawan BNI Syariah Banjarmasin membagikan takjil kepada warga dan pengendara yang lewat di depan kantor mereka.

Paket sembako yang dijual berjumlah 200 buah. Isinya antara lain gula pasir, minyak goreng, tepung, mentega, susu dan sirup. “Sedang hasil penjualan akan diserahkan kepada Rumah Zakat untuk menyalurkan,” kata pria yang baru lima bulan berdomisili di Banjarmasin ini. Namun dia meminta agar dana tersebut diserahkan utuh dalam bentuk uang. Ini agar bisa digunakan secara maksimal oleh penerimanya.

Karyawn BNI Syariah juga membagikan takjil gratis di depan kantor Jalan A Yani Km 3,5 Banjarmasin. Dimulai pukul 17.30 Wita, ratusan gelas bubur gunting dibagikan kepada warga dan pengendara yang lewat. “Acara ini memang inisiatif kami untuk meramaikan Ramadan tahun ini. Ini sudah yang ketiga kali dan terakhir,” kata Kepala Bagian Umum BNI Syariah Cabang Banjarmasin, Syahdian Noor. (nn/*)

ma uang zakat. Kalau bisa, hindari keluarga kita dari itu,” katanya seraya menegaskan yang berhak menerima zakat hanya mereka yang masuk kategori delapan asnab. Selain mengulas masalah zakat, Rahim Audah juga menguraikan tentang energi sedekah. Menurutnya, orang yang dermawan itu memberi sebelum diminta. Ia pun menuturkan kisah orang yang meski kurang mampu, tapi tetap rajin bersedekah. Akhirnya, mereka mendapat kelapangan hidup. Ketua panitia, H Fauzi, mengatakan seminar ini diadakan untuk memberi pemahaman kepada kaum Muslim tentang pentingnya zakat, infak, dan sedekah. Sehingga, ketika mereka beribadah tidak sekedar sangkaan, tapi benar-benar mengacu pada Alquran dan sunah. “Terbukti respon jemaah lumayan positif. Banyak pertanyaan riil yang mereka ajukan,” kata Fauzi. (ali)

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

JELANG IDULFITRI - Warga memenuhi los lantai II Sentra Antasari, yang menjual beragam pakaian jadi. Menjelang Idulfitri, sejumlah pusat perbelanjaan di Banjarmasin ramai pembeli dari berbagai daerah di Kalsel.

Masukkan Koin Dapat Air Zamzam TERHITUNG mulai 4 September 2010, pengambilan air Zamzam di Kota Makkah lebih mudah. Hal itu ditandai dengan peresmian proyek distribusi dan kemasan air Zamzam bernilai jutaan dolar. Proyek ini untuk untuk memastikan kebersihan dan distribusi air dari sumur bekas jejak kaki bayi Nabi Ismail ke seluruh Makkah. Air dari sumur akan disimpan dalam tong khusus sebelum didistribusikan. Menteri Air dan Listrik Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Rahman Al Hussayen, mengatakan tangki itu dapat menampung 10 juta liter air. Air ke-

mudian disalurkan melalui empat pipa baja anti karat. Dua juta liter di antaranya akan disalurkan setiap hari ke satu pabrik terdekat untuk dikemas. “Proyek ini menggunakan teknologi canggih untuk memastikan kebersihan air, mulai dari sumur sampai dikemas. Proyek ini dilengkapi dengan pendingin, sistem pengawasan dan antiasap,” kata Al Hussayen. Raja Abdullah meresmikan proyek perluasan pipa

Zamzam senilai 187 juta dolar itu untuk memenuhi kebutuhan jemaah Masjidil Haram serta jutaan orang yang menunaikan ibadah haji dari seluruh dunia. Al Hussayen memaparkan air Zamzam dalam kemasan itu akan disalurkan ke 42 tempat khusus. Jemaah bisa mendapatkan 10 liter air Zamzam dalam kemasan di tempat itu dengan memasukkan koin di mesin yang disediakan. “Proyek ini selesai dalam waktu 30 bulan dan ditujukan pula untuk memperbaiki sistem distribusi air Zamzam di dalam Masjidil Haram” kata Al Hussayen seperti dikutip Kantor Berita BBC, Sabtu (4/9). Umat Islam percaya sumur Zamzam tercipta de-

ngan mukjizat melalui Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim yang mencari air di gurun pasir untuk bayinya, Ismail. Dalam pencariannya, Siti Hajar lari dari bukit Shafa ke Marwa hingga 7 kali tapi tidak menemukan sumber air. Hal itu berakhir setelah air secara tiba-tiba keluar dari sela-sela jejak kaki bayi Ismail yang kemudian menjadi sumur Zamzam. Jutaan umat Islam yang melakukan ibadah umrah dan haji setiap tahun membawa Zamzam ke negara masing-masing sebagai oleholeh yang berkah. Dari sejak zaman Nabi Ismail hingga kini, sumur kuno itu tidak pernah kering. Padahal diambil sudah bermiliar liter tiap tahun. (tribunnews)

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

BANTU PANTI - Babam Community (club pencinta mobil) menyerahkan batuan kepada salah satu panti asuhan di Banjarmasin, Minggu (5/9). Beragam kegiatan sosial mereka gelar selama Ramadan.

A SYAUKANI ARSYAD Ketua Umum Quranic Intellegence Centre Banjarmasin

Shaum dan Khalifah SHAUM Ramadan adalah salah satu media untuk membersihkan hati sehingga mampu berfungsi kembali. Salah satunya menyadari adanya fungsi kekhalifahan pada diri manusia sesuai ketetapan Allah (Qs 2:30). Inni jaailun fil ardhi khalifah. Ketetapan juga bermakna kitab, artinya sudah dikitabkan manusia menjadi Khalifah. Berkenaan dengan kitab, ayat tentang shaum juga berhubungan erat dengan kitab. Bagaimanakah hubungan shaum dengan kitab? Allah berfirman dalam Qs 2:183. “Hai orang-orang yang beriman dikitabkan bagimu shiyam sebagaimana dikitabkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” Ayat di atas begitu muhkamat menjelaskan hubungan kitab dan shaum. Tapi sebelum kita membahas tentang hubungan keduanya, terlebih dahulu kita kaji apa pengertian kitab yang dimaksud Allah. Pada ayat ini dijelaskan bahwa pengertian kitab adalah juga ketetapan atau formulasi dari Allah yang di dalamnya ada batasan dan ukuran tertentu. Misalnya batu dikitabkan menjadi batu, pohon dikitabkan menjadi pohon, binatang dikitabkan

menjadi binatang dan manusia dikitabkan menjadi manusia. Maka semua ciptaan Allah mempunyai kitab, mempunyai ketetapan atau formulasi tertentu. Demikianlah ketetapan Allah pada setiap ciptaanNya. Jadi berbeda kitab manusia dengan kitab makhluk lainnya. Karena adanya perbedaan kitab ini maka muncul pula perbedaan perilaku pada setiap makhluk. Sedangkan perilaku kitab manusia inilah yang disebut fitrah. Itulah sebabnya di dalam Alquran dijelaskan bahwa diri manusia di sebut Kutubun Qayyimah. Diwajibkannnya manusia untuk bershiyam ternyata teramat penting bagi manusia, yaitu untuk menjaga diri manusia agar tetap menjadi khalifah, sesuai dengan kitab (ketetapan dan formulasi) penciptaannya. Itulah kemudian Allah menurunkan Alquran di bulan Ramadan agar menjadi tuntunan yang dapat

menjaga kitab manusia. Khalifah adalah fungsi diri manusia di muka bumi (Qs 2:30) inni jaailun fil ardhi khalifah, namun ketika berbicara fungsi maka kita juga mengenal manfaat. Fungsi mengarah pada satu-satunya tujuan, sementara manfaat mengarah pada berbagai kebergunaan. Spidol itu fungsinya untuk menulis, namun manfaatnya bisa juga untuk melempar kucing, alat ketuk dan lainlain. Khalifah mangarah pada satu-satunya tujuan yaitu Allah SWT. Sementara manfaat diri manusia bisa saja sebagai guru, dosen, direktur, tukang pentol, penjahit, pegawai kantor, dokter, perawat dan ribuan jenis profesi lainnya. Shaum mengarahkan manusia pada fungsi diri manusia sebagai khalifah, setelah 11 bulan manusia hidup dalam manfaat (profesi/pekerjaannya ) masing- masing. (*)

0609/B05

Penentuan Nasib Pesona Gaun Venus Williams 11 Pemain SEJAK mengalami SAMPAI saat ini, dari 18 pemain hukuman diskualifikasi yang dinilai layak masuk skuad Barito karena penghinaan yang Putera, baru tujuh pemain yang dilakukannya terhadap mendapatkan kontrak dari manajemen hakim garis di semi-final Laskar Antasari. Oleh karena itu, Senin ini, tenis putri melawan Kim rencananya, manajemen Laskar Clijsters, tahun lalu, Antasari bakal bertolak ke Malang, untuk pertama kalinya Jawa Timur untuk menyelesaikan Serena Williams tampil di kontrak pemain yang tersisa, termasuk ajang turnamen tenis. lima the winning team.

Halaman

Senin, 6 September 2010

10

24

Sugeng Wahyudi halaman

Halaman 617 Halaman AP PHOTO

RABU adalah hari libur bagi skuad New York Red Bulls, salah satu tim yang berlaga di Liga sepakbola Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS). Maka itulah hari dimana Kiper Red Bulls, Bouna Coundoul bisa beristirahat lebih tenang, sekaligus menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan lebih khusuk. Pada hari istimewa itu, ia tak akan lagi menderita lapar dan letih berkepanjangan akibat latihan keras yang digodok pelatih Hans Backe’s. Sebagai muslim yang taat, Coundoul menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini, kecuali pada hari ketika ada pertandingan. Selebihnya, saat latihan, ia tetap berpuasa. Dan hal itu, mau tak mau, memang membuat latihannya jadi terasa jauh lebih berat. Akhir pekan lalu misalnya, Coundoul menjadi starter saat Red Bulls --tim yang kini diperkuat Thierry Henry-menjamu San Jose Earthquakes. Nah, pada hari-H, ia tak berpuasa untuk menjaga kondisi tubuhnya. Dan akan membayar puasanya pada hari lain, selain tentunya membayar denda yakni memberi makan orang miskin. “Tak mudah menjalani latihan, apalagi bermain, dalam kondisi berpuasa. Terus-terang saja, sulit sekali mencapai standard level terbaik dalam kondisi perut kosong,” ujarnya dikutip dari BigApple Soccer, belum lama ini. Kiper 28 tahun ini mengatakan, dirinya sudah terlatih sejak kecil untuk menamatkan puasa di bulan Ramadan. “Sejak usia sepuluh tahun saya sudah tamat puasa sebulan penuh. Karenanya, terasa sangat kehilangan ketika kita terpaksa tak berpuasa lantaran akan bertanding. Perasaan itu pasti selalu muncul,” ujarnya. Namun, lanjut pria kelahiran Dakar, Senegal 4 Maret 1982 ini sebenarnya yang lebih berat lagi adalah menjalani puasa di luar lapangan. Maksudnya? “Inti puasa adalah menjaga hawa nafsu. Dan menahan nafsu

Bouna Coundoul

dalam kehidupan sehari-hari itu sungguh sangat sulit.” Ia lalu memberi contoh sejumlah larangan lain yang jika dilanggar akan membatalkan puasa. “Saat berpuasa, kita harus menjadi orang yang bisa menahan diri. Tak boleh bergosip atau membicarakan orang, tak boleh berbohong, pokoknya tak boleh melakukan perbuatan tercela,” ujarnya. Nah, lanjutnya, justru di luar lapangan ia banyak bertemu dengan godaan semacam itu. “Saya berada dalam atmosfer yang menggoda setiap hari. Ketika teman-teman datang, mereka berkoar tentang apa yang dilakukan semalam dengan para gadisnya. Saya harus menahan diri tak larut dalam pembicaraan itu. Itu sulit karena mereka adalah rekan mainku. Mereka bicara segala macam gosip, dan saya hanya bisa duduk di sudut sembari terdiam,” katanya. Tantangan lain, lanjut Coundoul, adalah ketika berlatih dalam cuaca yang sangat panas. Jika cuaca ekstrem demikian, sebelum latihan para pemain diwajibkan

mengonsumsi banyak air agar tubuh mereka tak dehidrasi. Namun, karena berpuasa, mantan kiper Martin Luther King HS ini tak bisa minum air. Solusinya, ia melakukan hal terbaik yang bisa dilakukan yakni mengguyurkan air ke kepala, atau membasahi handuk, dan terus menempelkannya di kepala. Toh, lanjutnya, hal itu tak terlalu menolong. “Tetap saja tenggorokan terasa kering. Saya memang tak sekuat yang dibayangkan orang-orang. Kadang di saat latihan saya harus duduk diam dulu menenangkan

diri karena merasa lutut saya mulai gemetar. Begitulah memang faktanya.” Namun, pria tinggi besar ini mengatakan semua itu dilakoni dengan keyakinan selain sebagai ibadah, juga sebagai latihan untuk membentuk diri ke level yang tertinggi. The highest level, dalam istilahnya. “Saya sudah berpengalaman menangani hal ini. Karenanya setiap kali ada latihan drill session (pola latihan yang membutuhkan stamina tinggi, Red), saya akan berjuang sekuat tenaga menyelesaikannya. Dan ketika pelatih bilang ‘break’, saya pasti akan berlari ke air pancuran, membasahi sekujur tubuh dengan air. Itu sugesti yang menyegarkan,” ujarnya sambil tertawa. (Tribunnews/den)

Coundoul Fact Nama lengkap: Bouna Coundoul Tanggal lahir: 4 Maret 1982 (usia 28) Tempat lahir: Dakar, Senegal Tinggi: 188 m Posisi: Kiper Klub Informasi Klub sekarang: New York Red Bulls Nomor: 18 Karier Y unior Yunior 2002-2004Albany Great Danes Karier Senior 2005-2008Colorado Rapids52(0) 2009-New York Red Bulls28(0) Tim nasional 2007-Senegal

Dipantau Setiap Hari KETEGUHAN Bouna Coundoul menjalankan puasa di bulan Ramadan tak menjadi masalah bagi pelatih New York Red Bulls, Hans Backe. Sang pelatih memang sudah berpengalaman karena sebelumnya saat melatih klub Yunani, Panathinaikos --dimana terdapat sejumlah pemain muslim-- ia sudah dihadapkan pada kondisi serupa. “Tak terlalu menjadi masalah karena posisinya adalah kiper. Lain hal kalau ia striker, atau gelandang, pasti akan ada kebijakan khusus,” ujarnya. Ia pun percaya, sebagai pemain profesional, Coundoul paling tahu kondisi tubuhnya. Untuk mengantisipasi, Backe bekerja sama dengan pelatih kiper Des McLaeenan terus memantau kondisi sang kiper, dan juga kiper pengganti Morris. Ia tak segan mengganti Coundoul jika kondisinya dinilai tak layak. “Kita harus menghormati agama orang lain. Tak ada lagi yang bisa kita lakukan selain terus memantau kondisinya, dan memastikan apakah ia layak diturunkan atau tidak,” kata sang pelatih. Coundoul sendiri mengatakan sangat disiplin menjaga kondisi tubuhnya. Selama Ramadan ia tidur lebih cepat, dan bangun sebelum pukul lima pagi untuk sahur, kemudian tidur kembali. “Biasanya saat latihan saya tak merasa terlalu letih. Mungkin karena di saat bersamaan adrenalin saya naik hingga tak merasakan lelah. Namun justru setelah latihan saya merasa sangat lemas. Biasanya setelah itu saya akan pulang, dan rileks,” ujarnya. Ia mengatakan, tetap berpuasa adalah komitmennya sebagai seorang muslim. “Inilah saya, seorang muslim, dan juga seorang kiper. Dan saya melakukan hal ini dengan kesadaran penuh. Karenanya, saya siap dengan segala konsekwensinya. Termasuk juga jika dibangkucadangkan,” kata Coundoul. (Tribunnews/den) 0609/B06

Super Ball 7

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010 AP PHOTO

Jelang Argentina vs Spanyol

ARGENSKUAD ARGENTINA TINA, salah Asal Klub di Spanyol satu tim ■ Barcelona raksasa Lionel Messi dunia akan Javier Mascherano menjamu Gabril Milito juara dunia ■ Real Madrid Spanyol di  Angel di Maria Buenos Gonzalo di Hugain Aires dalam sebuah laga ■ Atletico Madrid persahabatan Sergio Aguero yang akan ■ Valencia dilangsungkan, Ever Banega Selasa (7/ 9). Inilah pertemuan dua tim yang menjadi representasi Amerika Latin dan Eropa. Datang dengan status juara dunia dan juga juara Eropa, Spanyol tentunya akan menjadi pusat perhatian ribuan manusia yang akan memadati Stadion El Monumental, tempat bersejarah yang merupakan markas klub elite Argentina, River Plate. Sementara bagi mayoritas pemain Spanyol, ini akan menjadi pengalaman pertama mereka datang ke Argentina, negara yang tidak hanya pernah dijajah oleh Spanyol di masa silam tetapi juga negara yang menjadi rumah kebanyakan rekan satu tim di tingkat klub. “Pemain Spanyol sangat bersemangat untuk melihat bagaimana para penggemar di sini

Fabregas Ingin Spanyol Kalah dengan Terhormat PELA TIH tim nasional Spanyol, Vicente Del PELATIH Bosque menilai, superstar Argentina, Lionel Messi, yang pernah mengharumkan nama Spanyol bersama Barcelona dengan membawanya juara Liga Champion adalah pemain luar biasa yang selalu membahayakan lawan. Bahwa Messi tak mencetak gol di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Del Bosque menilai, Messi cuma sial sedang tidak beruntung. Hal kontras dialami Messi bersama Argentina, ia sangat subur bersama Barcelona sementara melempem saat bersama negaranya sendiri. “Messi adalah pemain yang fantastis. Kami memiliki pemain pemain yang mengenalnya dengan baik, tetapi ia mampu menemukan solusi untuk setiap masalah. Sekalipun tak mencetak gol di Piala Dunia, ia luar biasa. Itu hanya faktor keberuntungan karena ia beberapa kali melepaskan bola yang meleset sedikit saja,” kata Del Bosque. Meski begitu, Del Bosque menilai pemainpemain Argentina merupakan ancaman bagi siapa pun. Ia pun mengaku mengharapkan Argentina menampilkan performa terbaiknya saat melawan Spanyol. Pertemuan sebelumnya kedua tim pada November 2009, Spanyol menang 2-1. “Pertemuan terakhir kami adalah pertandingan bagus. Pemain mereka selalu kompetitif. Mereka memiliki kualitas dan selalu cepat beradaptasi terhadap gaya sepak bola kami. Terlepas dari apa yang terjadi di Afrika Selatan, tim nasional mereka selalu sangat dihargai,” ungkap Del Bosque. Spanyol sendiri akan menghadapi Argentina dalam kapasitas sebagai juara dunia. Menurut Del Bosque, lebih dari sekadar kebanggaan, gelar itu memberikan kepercayaan diri sekaligus tanggung jawab (T ribun besar.(T (Tribun ribun-AP PHOTO/VICTOR R. CAIVANO news/cen) Cesc Fabregas

mengekspresikan diri,” Kata bintang Argentina kelahiran Rosario, Lionel Messi, yang juga menjadi superstar di Spanyol bersama Barcelona. Bermain di depan orang banyak di mana para fans bernyanyi selama 90 menit tanpa jeda tentu pemandangan menarik untuk dilihat, khususnya di stadion seperti El Monumental, di mana Argentina mengangkat Piala Dunia pada tahun 1978. Laga ini juga menjadi ajang pertemuan pemain-pemain Argentina yang akan melawan mayoritas rekan-rekan mereka di klub-klub Spanyol. Iker Casillas akan berhadapan dengan teman baiknya di Real Madrid, Gonzalo Higuain. Javier Mascherano yang baru saja bergabung dalam skuad Barcelona akan melakukan perkenalan unik dengan rekan-rekannya melawan mereka yang mayoritas adalah pemain tim nasional Spanyol. Pertemuan kedua negara sangat menarik disimak karena Argentina dan Spanyol memiliki banyak hal yang sama dari segi budaya dan bahasa, dan banyak orang Argentina adalah keturunan orang Spanyol. Pertautan kedua negara sangat kental dan laga ini seperti perang saudara antarkeduanya. Laga ini juga reuni bagi mantan bintang Barcelona asal Argentina, Juan Roman Riquelme yang memiliki kesempatan untuk melihat mantan rekan tim dan teman baiknya, Andres Iniesta, pahlawan Spanyol di final Piala Dunia. Ajang ini pun jadi kesempatan untuk para pemain Argentina pulang kampung, dan menikmati atraksi liga setempat, Argentina Apertura. Seperti dilakukan penyerang Inter, Andres D’Alessandro yang hadir ketika River Plate ditahan Argentino Juniors. Demikian juga Diego Milito yang menonton kalahnya Racing Club 1-2 di tangan Clon de santa Fe di Avellaneda, akhir pekan lalu.

Begitu pula bintang Manchester City, Carlos Tevez yang ikut memanfaatk waktu senggangnya menyimak partai el Clasico, Boca kontra San Lorenzo. Penggemar Argentina pastinya akan kembali terhibur melihat timnya melawan tim pemegang Piala Dunia. Argentina terakhir kali melawan juara dunia saat melawan Brasil 2005 lalu dimana saat itu mereka menang 3-1 berkat dua gol dari Hernan Crespo dan Riquelme. Terakhir kali Argentina menghadapi pemegang Piala Dunia dan tim tersebut berasal dari Eropa di tahun 1977. Ketika itu Jerman Barat berhasil menundukkan Argentina pada pertandingan yang berlangsung di stadion Bombonera Boca La. Bagi Spanyol sendiri, laga ini bisa dijadikan ajang membiasakan diri dengan iklim dan kerumunan lawan sebagai persiapan dan antispasi mereka bermain di Piala Dunia di Brasil empat tahun kedepan. Iklim sepakbola di Buenos Aires sangat mirip dengan di Porto Alegre, Brasil, tempat pertandingan Piala Dunia mendatang. Di atas lapangan, permainan menjanjikan kontes sepakbola menyerang dan kedua tim diharapkan bermain terbuka dengan memeragakan sepakbola indah nan atraktif. Pelatih anyar Argentina Sergio Batista diharapkan mampu menampakkan hasil sentuhannya setelah menggantikan Diego Maradona. Sementara Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque membawa skuad penuh dengan kekuatan dahsyat yang baru saja menang telak atas Liechtenstein 4-0 di laga kualifikasi Euro 2012.(Tribunnews/cen)

PHOTO/NATACHA PISARENKO

LATIHANStriker Argentina, Carlos Tevez berlatih di Buenos Aires, Argentina (3/ 9) jelang uji coba melawan Spanyol pada Selasa (7/9) waktu setempat.

0609/B07

18 8 Soccer Hot soccer Newshot news SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Dua Gol untuk Laga Ke-100 KAMERUN membayar penampilan buruk mereka di putaran final Piala Dunia 2010 lalu dengan penampilan ciamik pada Grup E babak kualifikasi Piala Afrika 2012. Menghadapi tuan rumah Mauritius, di stadion Anjalay, kemarin, The Indomitable Lions menggebuk tuan rumah dengan skor telak 3-1. Bintang kemenangan partai tersebut tak lain striker Samuel Eto’o, yang mencetak dua gol. Sepasang gol tersebut menjadi kado istimewa bagi penyerang asal Inter Milan tersebut, karena malam kemarin menjadi catatan tersendiri caps 100 yang diperoleh pria berkulit keling itu. Eto’o membuka kemenangan Kamerun dengan mencetak gol melalui tendangan bebas yang tidak bisa dihalau kiper Marie Jose Ivan pada menit ke-36. Empat menit kemudian,

pemain tuan rumah Jonathan Bru menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan tim tamu. Setelah itu, Kamerun kembali di depan setelah sang kapten tim mencetak gol dua menit pascarehat setelah memanfaatkan kerjasa dengan gelandang Henri Bedimo. Tepat satu jam pertandingan, Eric ChoupoMoting membuat kemenangan Kamerun makin aman. Hasil ini membuat mereka duduk di puncak klasemen sementara Grup E. Sang pelatih anyar, Javier Clemente juga tak kalah girang. Paling tidak, tiga poin dalam laga tandang perdana menjadi indikator kalau Kamerun tak salah memilih pelatih untuk memberi warna segar. “Saat paling membahagiakan adalah

Rooney Bisa Ditinggalkan ■ Gara-gara Tersandung

Kasus Selingkuh MENJELANG lawatan ke Swiss pada partai kedua babak kualifikasi Euro 2012, timnas Inggris dihadang masalah pelik. Kali ini bukan cedera pemain, melainkan sisi negatif kehidupan personel tim yang mencuat ke media massa. Kali ini sang korban adalah striker Wayne Rooney. Pemain yang dua hari silam dimainkan pada posisi playmaker oleh pelatih Fabio Capello tersebut membuat berita besar. Dosa perselingkuhannya dengan wanita pekerja seks komersial bernama Jennifer Thompson, terendus kalangan media. Kemarin, berita tentang kehidupan pribadi striker Manchester United itu menjadi headline di beberapa media besar seperti Mirror dan News of The World. Kasus ini tentu saja sangat mengejutkan, mengingat sesudah menikah dan memiliki seorang anak hasil buah perkawinannya dengan Coleen McLoughlin, perangai Rooney berubah drastis. Ia lebih menonjolkan sisi kedewasaan, meski rasa emosi tinggi kadang masih keluar di lapangan hijau. Terkuaknya isu perselingkuhan tersebut membuat sang istri kabarnya sudah meminta cerai, dan kini sudah pisah ranjang. Latar inilah yang kemungkinan membuat pelatih Fabio Capello tidak akan mengikutsertakan Rooney melawat ke kandang tuan rumah Euro 2008 tersebut. Seorang sumber dekat Don Fabio, seperti dirilis News of The World, mengungkapkan, masalah yang menimpa pribadi pemain biasanya menjadi perhatian penuh Capello. “Meski dia pemain kunci, bisa jadi mentalnya terganggu yang membuat konsentrasi bermain menjadi buyar, serta fisiknya menurun. Fabio sudah memikirkan untuk meninggalkan Wayne di Inggris saja,” ucap sang sumber. Hasil investigasi Mirror mengungkapkan, Rooney sudah berkencan gelap dengan Jenny Thompson sejak empat bulan lalu. Mereka sudah bertemu tujuh kali, dan setiap perjumpaan eks striker Everton itu harus membayar 1200 pounds atau sekitar Rp 27 juta. Jika Rooney benar-benar ditinggal, Capello akan dipusingkan siapa tandem yang tepat untuk Jermain Defoe. Peter Crouch dan Bobby Zamora cedera, sementara nama Darren Bent serta Carlton Cole tidak masuk. (Tribunnews/ bud)

menang pada pertandingan pertama, dan berada di kandang lawan. Hasil ini membuat kami mengalami banyak kemajuan,” komentar Clemente, di www.fecafootonline.com. Hasil mengejutkan dialami timnas Togo yang kembali mengalami kekalahan pada partai ketiga di Grup K. Tanpa Emmanuel Adebayor, mereka tunduk dari Botswana dengan skor 1-2. Joel Mogorosi menjebol jala tim tamu pada menit keenam. Namun gelandang Serge Gakpe mampu membalas sebelum rehat dan Jerome Ramatlhkwane memastikan raihan tiga angka Botswana, setelah menjebol jala Togo pada menit ke-56. Togo pun makin terbenam ke dasar klasemen Grup K setelah tak pernah memperoleh satu pun kemenangan dalam tiga laga, hanya meraih dua hasil seri. (Tribunnews/bud)

Hasil kkualif ualif ik asi ualifik ikasi Piala Afrika: Algeria Mauritius Uganda Botswana Gambia Côte d’Ivoire Guinea-Bissau Cape Verde Afsel Sudan Tunisia

1-1 1-3 3-0 2-1 3-1 3-0 1-0 1-0 2-0 2-0 2-2

Tanzania Kamerun Angola Togo Namibia Rwanda Kenya Mali Niger Congo Malawi Samuel Eto’o,

Blanc Ragu Lawan Bosnia

KEKALAHAN 0-1 pada partai perdana babak kualifikasi Euro 2012 saat menjamu Belarusia, membuat seluruh personel timnas Prancis lunglai. Mereka wajib menang atas tuan rumah Bosnia Hersegovina tengah pekan ini, namun sisi mental

ditengarai bakal menjadi masalah besar. Tidak hanya pemain, sang pelatih Laurent Blanc yang biasanya selalu optimistis, kini malah mulai ragu dengan kekuatan yang ada sekarang. Seperti dirilis FFF, kemarin, Blanc menyebut, kans timnya untuk menang di kandang lawan dua hari mendatang, terbilang hanya fifty-fifty. “Sulit bagi kami tampil tanpa beberapa pemain inti Peluang kami di Bosnia fifty-fifty,” ucap Blanc. Blanc memang terlihat kesulitan dalam meramu tim tanpa beberapa pemain inti seperti playmaker Yoann Gourcuff, striker Nicolas Anelka, Patrice Evra, Franck Ribery, Jeremy Toulalan, Samir Nasri, Hatem Ben Arfa, Lassana Diarra dan Yohan Cabaye, yang tak bisa tampil karena kasus indisipliner sampai cedera. Eks pelatih Bordeaux tersebut mengakui, sejak semula ada kondisi kurang menguntungkan di lini tengah. Dan Blanc menyebut kombinasi Jeremy Menez, Yann M’Vila, Abou Diaby, Florent Malouda atau Mathieu Valbuena, tidak maksimal. Bahkan ia mengindikasikan sosok Malouda yang tampil tajam di Chelsea, seolah

bermain sendirian. Semua itu ditambah dengan situasi tiga penyerang dipastikan tidak akan merumput di Stadion Olimpiade Bosnia, Rabu (8/9) dinihari WIB mendatang. Loic Remy, Louis Saha dan Guillaume Hoarau, ketiganya cedera saat melawan Belarusia. Tak heran kalau striker yang benar-benar segar hanya Kevin Gameiro. Blanc pun sudah berinisiatif untuk memanggil penyerang pengganti, yakni penggedor asal Olympique Lyonnais, Jimmy Briand. Yang membuatnya tersenyum, Karim Benzema dipastikan fit. Strikre Real Madrid ini menyatakan siap tempur. “Bosnia lawan yang sangat kuat. Mereka hampir lolos ke piala dunia lalu, kini yang perlu kami lakukan adalah fokus dan melupakan kekalahan kemarin,” kata striker Real Madrid ini, di Le Parisien. Omongan Benzema jelas benar seratus persen. Bosnia terkenal sebagai tim yang bermain penuh agresivitas, bertenaga dibarengi teknik serta taktik bermain tinggi. Apalagi pelatih Bosnia, Safet Susic menggunakan strategi yang tergolong langka di Eropa, yakni 3-5-2. Lima pemain tengah, Zvjezdan Misimovic, Elvir

DAILY MAIL

Yakin Milan Tersubur Rudal Mematikan dari Sarajevo

Alex Pato

PENCETAK dua gol pada partai perdana AC Milan di Serie A, Alex Pato menegaskan, dirinya tidak

dan tak sabar untuk melakukan debut bersama Robino dan Ibra dalam satu lapangan. Sama seperti pelatih Massimiliano Allegri, Pato punya hasrat besar untuk menjadi bagian dari trio Brasil di lini tengah penyokong Ibra. “Saya belum berbicara dengan Robinho, tapi saya yakin seratus persen kami akan berhasil dan menjadi trio yang siap memberi ancaman besar pada lawan. Kami akan menjadi tim yang sangat luar biasa,” tukas Pato, di Goal.com, kemarin. Ia pun berjanji akan memperlihatkan semua ancaman itu saat Milan menghadapi tim lemah lainnya, Cesena. (Tribunnews/ bud)

KALANGAN pewarta di Prancis terkenal sangat kejam. Hal itu mereka buktikan kembali saat pasukan Ayam Jantan takluk 0-1 di kandang sendiri dari Belarusia pada partai pertama Grup D kualifikasi Euro 2012. Kehilangan tiga poin menjadikan perjalanan setahun mendatang dipastikan sangat berat. Bukannya memberi dorongan moril, pers Prancis malah ramai-ramai menyerang timnas. L’Equipe misalnya, dengan garang menyebut kalau ‘perilaku’ pasukan Laurent Blanc telah membuat seisi negeri lengang dan Belarusia seolah bermain sendiri tanpa ada tekanan. “Timnas Prancis hanya menang sekali dalam 10 partai terakhir, dan sudah

10 K ejutan di Kejutan Kualif ik asi Eur o ualifik ikasi Euro Cyprus 1-1 Italia Norway 2-1 Italia Wales 1-0 Jerman Belarus 1-0 Belanda Cyprus 3-2 Spanyol Iceland 1-0 Rusia Georgia 1-0 Rusia Latvia 3-2 Turki (agg) Irlandia Utara 3-2 Spanyol Portugal 4-4 Cyprus

(1983) (1991) (1991) (1995) (1998) (1998) (2003) (2003) (2006) (2010)

soccer short

Pers Prancis Serang Timnas

merasa mendapat saingan dengan kedatangan duo tajam, Robinho dan Zlatan Ibrahimovic. Malah sebaliknya, ia yakin pasukan Rossoneri bisa menjadi yang terkuat, sekaligus tertajam dalam urusan menjebol jala lawan. “Saya yakin Milan akan menjadi tim tersubur di Serie A, Coppa dan Liga Champions. Kami memiliki banyak pemain hebat, terutama yang baru saja bergabung bersama kami. Mereka bukan pelengkap, melainkan langsung menjadi elemen utama tim, jadi tunggu saja peningkatan ketajaman kami dalam menjebol jala musuh,” tukas Pato. Ia mengaku sangat bergairah

Rahimic, Senijad Ibricic, Miralem Pjanic, Senad Lulic dan Mensur Mujdza adalah barisan pemain yang kenyang pengalaman Eropa. Kombinasi mereka terbukti efektif untuk menyokong performa duo striker tajam yang bermain di Bundesliga, Edin Dzeko dan Vedad Ibisevic. Kemenangan 3-0 di kandang Luksemburg pada partai perdana Grup D, akhir pekan kemarin, memberi sinyal kalau Prancis akan mendapat hambatan luar biasa. “Kami ingin mendapat poin penuh pada dua pertandingan awal. Satu tugas selesai, kini kami siap memberi hadiah para suporter dengan mengalahkan Prancis,” kata sang playmaker, Zvjezdan Misimovic, usai kemenangan atas Luksemburg. (Tribunnews/bud)

XISCO XISCO- Striker Newcastle United asal Spanyol ini dipastikan absen tiga pertandingan setelah mendapat kartu merah saat The Toon Army menghadapi tim cadangan Sunderland, akhir pekan kemarin. Xisco akan absen menghadapi Blackpool, Everton dan di Carling Cup kontra Chelsea.

sepantasnya mereka akan mendapat penderitaan luar biasa di Sarajevo nanti,” tulis harian berpengaruh tersebut. Le Parisien menambahkan keoptimisan akan hasil buruk yang siap diterima masyarakat sepakbola Prancis di Bosnia nanti. “Malam yang mengerikan akan terus berlanjut, dan kami siap untuk menerima rudal mematikan itu datang dari tanah Sarajevo,” sebut Le Parisien. Sementara tabloid France Soir menyebut kalau segerombolan pasukan berkostum timnas telah memberi rasa malu luar biasa di depan wajah bangsa sendiri. “Akankah nanti akan membaik, kami ragu hal itu bisa terjadi,” tulis France Soir. (Tribunnews/bud)

D AW SON SON- Bek tengah Tottenham Hotspurs ini absen selama delapan pekan. Dawson terkena cedera ligamen lutut yang harus memaksanya menjalani terapi. Ini sebuah pukulan cukup berat bagi Spurs karena selama ini Dawson nyaris tak tergantikan BEHRAMI BEHRAMI- AS Roma masih mengejar pemain sayap lincah West Ham United, Valon Behrami. Pengejaran terhadap pemain internasional asal Swiss tersebut sudah terjadi sejak Desember lalu, tapi Presiden Il Lupi, Rosanella Sensi menyebut pihak The Hammers terlalu pelit pada pemain yang sebenarnya kurang berguna di Upton (bud) Park tersebut.(bud)

Carra Cetak Gol untuk Liverpool dan Everton

DAILY MAIL

JAMIE Carragher menikmati laga testimoni untuk mengenang 14 tahun kesetiaannya bersama tim senior Liverpool dengan hasil memuaskan. Ia mencetak dua gol, masing-masing satu ke gawang Everton dan Liverpool, dalam laga penuh emosional

antara Liverpool XI kontra Everton XI, di Stadion Anfield, Minggu (5/9) dinihari WIB. Partai itu sendiri berakhir dengan kemenangan The Reds, 4-1. Gol pertama Carra tercipta setelah sepakan Michael Owen

mengenai tangan Jose Baxter. Tanpa ampun, Carra langsung menjebol jala Iain Turner. Bek berusia 32 tahun itu kembali mencetak gol di babak kedua, tapi kali ini dengan cara unik, yakni menceploskan si kulit bundar ke gawang sendiri. Ceritanya, Carra melanggar striker Everton, James Vaughan di kotak terlarang. Hadiah penalti pun diberikan wasit pada pasukan David Moyes. Namun bukan pemain tim tamu yang mengambil, melainkan Carra sendiri yang masih memakai kostum Liverpool, menjebol jala gawang sendiri!. “Saat saya kecil dengan status fans berat Everton, saya selalu punya impian untuk mencetak gol melawan Liverpool, jadi

itulah kenapa saya mengambil penalti itu, dan kini saya bahagia bisa melakukan itu, yakni menjebol jala Liverpool,” ucap Carra, di situs klub, Minggu (5/9). Tiga gol The Reds lain disumbang Luis Garcia, Joe Cole dan striker muda, Nathan Eccleston. Pertandingan tersebut juga bertujuan mengumpulkan dana untuk disumbangkan pada Yayasan 23, yang dikelola Jamie Carragher. Tercatat lebih dari 1 juta pounds atau sekitar Rp 13,5 miliar terkumpul pada laga amal tersebut. Beberapa karib, baik baru maupun lama, turut ambil bagian seperti Steven Gerrard, Joe Cole, Michael Owen, Luis Garcia, Emile Heskey, Danny Murphy dan Jerzy

Dudek, Tim tamu juga diperkuat beberapa eks pemain ataupun pemain aktif Everton seperti Tony Hibbert, Francis Jeffers, Leon Osman, Yakubu, Lee Carsley, Leighton Baines, Mikel Arteta dan Jermaine Beckford. “Saya mengucapkan terima kasih pada FA dan seluruh orang yang sudah membantu terciptanya pertandingan yang tak mudah ini,” imbuh Carra. Carragher menjalani debutnya di Premier League pada musim 1996/1997 saat Liverpool masih ditangani Roy Evans. Ia sempat bermain di banyak posisi, di antaranya gelandang bertahan, bek kiri dan bek kanan, sebelum akhirnya mandeg di posisi bek sentral. (Tribunnews/bud)

Jamie Carragher DAILY MAIL

Sport Hot News 9

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Lazarte Pertahankan Sabuk IBF Junior ■ Pacquiao Prihatin Tewasnya Putra Bob Arum PETINJU Argentina, Luis Alberto Lazarte, berhasil mempertahankan sabuk juaranya setelah menang dengan angka mutlak atas penantangnya, Nerys Espinoza, asal Nikaragua di laga tinju yang berlangsung di Kota Buenos Aires, Argentina, Minggu (5/9) WIB. Lazarte dinyatakan menang angka 116-111 oleh ketiga juri tinju. Dengan kemenangan ini, Lazarte

menambah rekor tinjunya menjadi 48-9-1. Tahun ini Lazarte berhasil mempertahankan gelar juara dua kali, Mei lalu ia baru menaklukkan penantang lainnya yeng bernama Carlos Tamara. Sedangkan karier Espinoza semakin terpuruk, pemilik rekor tinju (29-6-1) ini tak pernah memenangkan pertarungan dalam tiga kali pertarungan perebutan gelar. Juni lalu

perjuangannya di atas ring dihentikan oleh Julio Buitrago. Pada pertandingan yang digelar di Klun Once Unidos, Buenos Aires, kemarin, kedua petinju sama-sama bermain ngotot di ronde-ronde awal. Namun sejak ronde kedua, Lazarte terus unggul dalam memasukkan pukulan. Sementara itu juara tinju asal Filipina, Manny Pacquiao.

Button Incar Kemenangan di Sirkuit Monza SETELAH dua pembalapnya meraih posisi pemenang (P1) dan gagal finish di Sirkuit Spa Belgia, tim Vodafone McLaren-Mercedes siap bekerja keras untuk kembali memenangi race yang akan berlangsung di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (12/9) depan. Pembalap McLarenMercedes Jenson Button yang gagal finish di Sirkuit Spa, Belgia di balapan sebelukmnya masih menyesali nasib nahasnya. Dia belum bisa memaafkan aksi fatal Sebastian Vettel, pembalap RedBull, yang nyeruduk sisi mobilnya hingga membuat Button gagal melanjutkan race. “Tentu saja, hasil gagal finish saya di Spa adalah hal yang sangat tidak saya inginkan. Ini merusak perjuangan saya di persaingan klasemen. Hasil itu menghempaskan saya dari jalur juara. Jadi, tak ada pilihan lain, saya akan berusaha menempatkan diri saya kembali agar bisa bersaing lagi di perebutan juara,” tekad Button. Seperti dilansir f1technical, Button merasa dalam persiapan race di Spa pun dilakukan dengan sangat hati-

GETTY IMAGES/MARK THOMPSON

Jenson Button hati dan kerja keras. Kekasih model berdarah Jepang, Jessica Michibata ini optimistis di Italia nanti dia bisa membayar kegagalan di Spa. “Saya suka membalap di Monza. Ini memberikan pengalaman yang unik bagi saya. Jarang sekali ada penurunan kecepatan dan selalu beradu kecepatan tinggi sepanjang trek lurus,” katanya. Sedangkan rekan setim, Lewis Hamilton mengatakan bahwa kemenangan di Spa adalah bukti bahwa tim McLaren mampu

membuktikan sebagai tim yang pantang menyerah. Ia pun siap mengincar kemenangan lagi di Monza, “Sirkuit ini banyak kenangan indah bagi saya. Ini adalah salah satu trek klasik Formula satu,” katanya. Persiapan juga dilakukan oleh team principal McLaren, Martin Whitmarsh. Di sana lah menurutnya McLaren biasa menunjukkan perjuangan terbaiknya. “Kami akan siap untuk sekali lagi mendorong dan bekerja keras untuk sekali lagi menjadi pemenang race,” pungkas Whitmarsh.(tribunnews/mba)

Red Bull Jajal Trek Baru Korea TIM Red Bull Racing menjadi tim Formula satu pertama yang menjajal trek sirkuit baru F1 di Korea. Mantan pembalap Red Bull Junior, Karun Chandok mengendarai mobil balap di sana untuk menguji kesiapan trek dipakai grand prix F1. Chandok menghabiskan 14 lap di sirkuit baru Kores ini. Meski baru ujicoba, banyak fans RedBull yang hadir untuk menonton. Sekitar empat ribu orang memadati tribun penonton selama pengujian

berlangsung. Mereka penasaran ingin melihat persiapan balapan F1 pertama yang akan digelar di Korea. Tak hanya mobil Red Bull, mobil balap Formula BMW pun ikut menjajal trek baru dna juga beberapa pembalap touring car Korea. “Penampilannya sangat menarik, saya pikir ini akan banyak aksi saling salip antar pembalap,” kata Chandok. Pembalap asal India ini merasa masih perlu ada penambahan fasilitas balap F1

di sana. Pengerjaan sirkuit ini dikejar waktu sehingga buruburu untuk memenuhi persyaratan. Sirkuit ini mampu menampung penonton sebanyak 120 ribu orang termasuk 16 ribu penonton di tribun utama. Di dekat sirkuit ada beberapa hotel yang menyediakan sebanyak 5000 kamar dan didukung 500 bis yang mengangkut keperluan (tribunpengunjung sirkuit.(tribunnews/mba)

menyampaikan ucapan belasungkawa atas tewasnya putra promotor tinju, Bob Arum. John Arum, anak Bob Arum, ditemukan tewas saat sedang mendaki di daerah pegunungan di sekitar Washington. “Saya ikut berduka cita dengan apa yang terjadi terhadap anak Bob Arum, saya ikut mendoakan dia,” kata Pacquiao.(tribunnews/mba)

Wozniacki Tak Bisa Dianggap Enteng PETENIS Rusia, Maria Sharapova, tak bisa menganggap enteng Caroline Wozniacki. Dia menilai petenis unggulan utama itu sebagai petenis tangguh dan pantang menyerah. Dua petenis pirang ini bertemu di babak perempatfinal AS Terbuka 2010, Senin (6/9). “Dia seorang pejuang dia pantang menyerah. Dia bisa bermain seharian dan mampu merubah gaya permainan dengan baik sehingga membuat lawan hilang keseimbangan, dan dia pemain yang serba bisa. Itulah kenapa dia menjadi petenis unggulan pertama,” kata Sharapova. Ajang bergengsi AS Terbuka menjadi saksi pertemuan dua petenis yang memiliki nama besar itu. Wozniacki merupakan petenis unggulan pertama sedangkan Sharapova merupakan mantan petenis nomor satu dunia. Tak heran banyak pengamat melihat pertandingan ini sebagai laga penentuan finalis. Siapapun yang menjadi pemenang diperkirakan akan bisa sampai ke babak final. Perjalanan Wozniacki cukup spektakuler di turnamen ini, tahun lalu petenis berusia 20 itu dihempaskan oleh Kim Clijsters namun dalam waktu 12 bulan kemudian ia bisa menjelma menjadi penantang berat dan kandidat kuat juara. Permainannya semakin mapan dan terus mengangkat peringkatnya hingga melejit ke peringkat dua dunia dibawah petenis AS, Serena Williams. Wozniacki memang tak tergoyahkan, dalam empat

Melandri Pindah ke WSBK SETELAH lama diisukan akan pindah ke tim Superbike, pembalap San Carlo Honda Gresini, Marco Melandri, akhirnya benar-benar memutuskan pindah haluan. Pembalap MotoGP ini akan pindah ke salah satu tim Superbike. Dua tim pilihannya yang santer disebut-sebut adalah BMW dan Yamaha Sterilgarda, keduanya berlaga di ajang World Superbike 2011. Sebagian sumber mengatakan Melandri akan bergabung dengan tim pabrikan Jerman BMW, namun sebagian lagi menyebutkan Melandri akan bergabung dengan Yamaha Sterilgarda.

Seperti dilansir GPone, kesepakatan kontrak sudah ditandatangani pekan ini setelah Manajer Melandri Alberto Vergani bertemu dengan Lin Jarvis dan Laurenz Klein Koerkamp. Pengumuman resminya akan dilakukan segera setelah race Superbike yang digelar di Nurburgring. Pembalap asal Italia itu akan mengendari motor di tim BMW WSBK di 2011 Musim ini di pentas MotoGP, Melandri menjadi pembalap yang mengendarai motor Honda RC212V di tim San Carlo Honda Gresini. Di klasemen sementara, Melandri menempati posisi ke-10

dengan koleksi poin sebanyak 61. Tak pernah meraih podium atau mendapat pole position, sepanjang 11 kali race grand prix yang sudah digelar, Melandri menempati prestasi terbaik sebagai pembalap di posisi kelima. Prestasi terbaik Melandri di kelas MotoGP adalah menjadi runner up pada tahun 2005 bersama tim Honda. Saat masih di kelas 250cc, Melandri pernah jadi juara dunia yaitu pada tahun 2002. (tribunnews/mba)

FOTO/TWO WHEELS BLOG

AYO BANGUN- Valentino Rossi dengan helm bermotif jam weker.

Di pertandingan sebelumnya Shgarapova membantai petenis AS, Beatrice Capra dengan skor 6-0 dan 6-0. Sebelumnya Wozniacki berhasil melaju ke babak delapan besar usai mengalahkan petenis Taiwan, Chan Yung-Jan, dengan skor 61 6-0. Sementara itu kejutan terjadi saat petenis Serbia, Jelena Jankovic ditaklukkan oleh petenis Estonia, Kaia Kanepi dengan skor 2-6, 6-7(1). Sedangkan Svetlana Kuznetsova berhasil meraih kemenangan ke-100 setelah menaklukkan rekan senegaranya, Maria Kirilenko dua set langsung 6-3 6-4. Di bagian putra, Juara lima kali AS Terbuka, Roger Federer memastikan masuk babak keempat. Petenis asal Swiss menyingkirkan petenis Prancis, Paul-Henri Mathieu 6-4, 6-3 dan 6-3.(tribunnews/mba)

Hasil AS Terbuka NOMOR PUTRI Zvonareva - Dulgheru 6-2, 7-6 Petkovic - Peng Ab. AP PHOTO/PAUL J

Caroline Wozniacki

Wickmayer - Schnyder 7-6, 3-6, 7-6 Kanepi - Jankovic 6-2, 7-6 Cibulkova - Domínguez 6-0, 6-1

turnamen terakhir tahun ini secara beruntun ia berhasil memborong tiga gelar juara. Usia Wozniacki dan Sharapova terpaut tiga tahun, Sharapova lebih tua. Cedera sempat memaksanya berhenti mengikuti turnamen. Meski performa Sharapova surut namun petenis cantik ini tetap jadi sosok glamor di dunia olahraga tenis. Ada banyak kesamaan antara kedua petenis ini khususnya

dalam hal rambut yang samasama pirang dan terlihat menarik. Namun di lapangan, keduanya memiliki tipe permainan yang berbeda. Sharapova memiliki gaya pukulan yang tajam menohok sedangkan Wozniacki memiliki karakter permainan yang sabar dan taktis. Rela berlari mengejar bola ke manapun hingga pemain lawan membuat kesalahan.

Kuznetsova - Kirilenko 6-3, 6-4 Sharapova - Capra 6-0, 6-0 Wozniacki - Chan 6-1, 6-0 NOMOR PUTRA Soderling - de Bakker 6-2, 6-3, 6-3 Montañes - Nishikori 6-2, 2-1 Ab. Melzer - Ferrero 7-5, 6-3, 6-1 Federer - Mathieu 6-4, 6-3, 6-3 Gasquet - Anderson 6-4, 7-6, 7-5 Monfils - Tipsarevic 7-6, 6-7, 6-2, 6-4 Fish - Clement 4-6, 6-3, 6-4, 1-6, 6-3 Djokovic - Blake 6-1, 7-6, 6-3

Spanyol Lolos Perempatfinal Basket

Marco Melandri

Ayo, Bangun Rossi! JIKA kita menyimak race MotoGP yang digelar di Sirkuit Misano Italia tadi malam, ada hal yang menarik yang dilakukan pembalap Fiat Yamaha, Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu menggunakan helm yang paling baru. Helm dengan desain jam weker besar, gambar jam alarm yang biasa dipakai untuk membangunkan dari tidur. Seperti biasa, Rossi selalu melakukan hal yang unik di race yang dinilainya sebagai race yang spesial. Di race yang digelar di kampung halamannya, Rossi menyampaikan pesan buat dirinya sendiri agar segera bangkit. Helm warna hijau memiliki

FOTO/OLE

LUIS Alberto Lazarte usai mengandaskan perlawanan penantangnya, Nerys Espinoza.

gambar lingkaran jam dengan jarum warna merah yang menunjukkan pukul 10 kurang lima menit. Helm ini tetap memiliki nuansa logo bulan dan matahari yang sudah jadi trademarkRossi. Helm paling gress Rossi ini merupakan helm yang didesain oleh Aldo Drudi. Di atasnya terlihat ada gambar jam weker besar. Menariknya jam gambar jam beker di helm Rossi itu bisa diubah-ubah baik jamnya maupun diubah tanggalnya. Lama tak bisa jadi pemenang race dirasakan seperti sedang tertidur, Rossi berharap bisa bangkit dan menang lagi. Ayo, bangun Rossi! (tribunnews/mba)

JUARA bertahan Spanyol masih menunjukkan tajinya sebagai tim yang layak jadi juara kembali di kejuaraan dunia basket. Tim yang mengalami kekalahan dua kali di babak penyisihan grup ini berhasil menyingkirkan Yunani di babak Eight Final yang digelar di Sinan Erdem Dome, Minggu (5/9) WIB. Skuad Spanyol unggul atas Yunani dengan skor akhir 80-72. Fran Vazquez dan Felipe Reyes yang tidak turun sebagai starter skuad Spanyol menambah 12 poin dan 17 rebound. Demikian pula dengan Sergio Llull tetap memukau meski sebelumnya duduk di bangku cadangan. Llull mencetak sembilan poin hanya dalam 15 menit saja. Di kuarter pertama dan kedua, Spanyol memimpin 22-19 dan 15-12. Pada kuarter ketiga, Yunani mengimbang hingga kedudukan menjadi 51-52. Spanyol kembali melesat di kuarter akhir dan menuntaskan pertandingan dengan skor 80-72. Laga ini menandai laga terakhir ikon basket Yunani, Dimitris Diamantidis. yang mengumumkan pensiun dari timnas basket Yunani. Ke depan, pemain bernomor 13 ini hanya ingin konsentrasi pada klub basket yang ada di AP PHOTO/MARK J TERRIL Panathinaikos saja. Pemain berusia 30 PEMAIN Spanyol Juan-Carlos Navarro saat berusaha tahun ini sudah merasa banyak memasukkan bola ke kubu Yunani di turnamen basket pengalaman menarik bersama Timnas internasional di Turki, akhir pekan lalu. dan saat ini menurutnya sudah saatnya giliran pemain muda yang menggantikan. Dengan kemenangan ini maka Spanyol akan Popovic saat laga tersisa lima detik membuat menghadapi Serbia di babak perempatfinal. skor menjadi imbang 72-72. Free throw Aleksandr Spanyol pernah membantai Serbia di ajang Rasic membuat Serbia memimpin 73-72. Upaya final EuroBasket tahun lalu yang digelar di terakhir Kroasia lewat lemparan Popovic Polandia. kandas. Serbia memastikan diri ke perempatfinal Setelah pertandingan Senin (6/9) antara sertelah menang atas Kroasia. Pertandingan ini Slovenia melawan Australia dan pertandingan berakhir dengan skor 73-72 untuk Serbia. antara Turki melawan Prancis, agenda Kroasia sempat memimpin 27-19 di kuarter pertandingan selanjutnya mempertemukan pertama. Memasuki kuarter kedua, Serbia Amerika Serikat melawan Angola dan Rusia berhasil memepet ketinggalan menjadi 34-36. melawan Selandia Baru yang akan berlangsung Kuarter keempat, lemparan bebas Marko Selasa (10/9).(tribunnews/mba)

10 Sporten

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Tolak Ukur di PraPON „ KONI Gelar Buka Puasa Bersama Atlet dan Pelatih DOKUMEN BPOST GROUP

MENCAPAI target 10 besar pada PON XVIII, Riau, 2012 yang dibebankan bagi KONI Kalsel tidaklah mudah. Perlu kerja keras dari semua pihak yang terkait untuk mewujudkannya. Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI Kalsel, H Sulaiman HB pada acara buka puasa bersama atlet, pelatih dan pengurus olahraga di Gedung Upik Futsal, Banjarmasin, Sabtu (4/9). Meski demikian, tolok ukur keberhasilan pencapaian target itu dapat

H Sulaiman HB

dilihat pada kejurnas dan PraPON. Jumlah atlet yang bisa lolos ke ajang tingkat nasional itu, bisa menjadi acuan awal bakal tercapai atau tidaknya target itu. Setidaknya, target 10 besar itu bisa menjadi motivasi agar semua pihak yang terkait, seperti atlet, pelatih dan pengurus bekerja maksimal. Bukan hanya itu, dukungan pemerintah dan masyarakat juga diperlukan untuk menggapainya. “Saat ini, dukungan pemerintah dan masyarakat sudah bagus,

hanya perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya. Salah satu contoh, ujar pemilik klub Barito Putera ini, atlet yang mampu meraih emas di kejurnas akan dipermudah mendapatkan status PNS, apalagi jika setingkat PON Oleh karenanya, dia berharap momentum itu jangan sampai dilewatkan para atlet untuk meraih prestasi. Selain itu, anggaran yang terus meningkat untuk olahraga juga sangat diharapkan untuk menunjang prestasi itu.

Sementara, Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan yang hadir dalam acara buka puasa itu mengatakan, pemerintah akan berupaya meningkatkan perhatiannya bagi olahraga di Kalsel. Namun, karena keterbatasan anggaran yang tersedia, tidak semua permintaan dapat dipenuhi. “Kita fokuskan pada yang lebih mendesak dulu. Yang lainnya, baru menyusul,” katanya. Dalam acara buka puasa yang juga dihadiri segenap pengurus KONI Kalsel dan cabang olahraga itu, diselipkan acara penyerahan bonus bagi atlet peraih medali pada kejurnas yang telah dijalani. Selain itu, diserahkan juga uang gizi bagi atlet Pelatprov Wasaka sebesar Rp 1 juta. (ire)

Penentuan Nasib 11 Pemain MEMANG, seleksi pemain yang digelar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, tidak seperti yang diharapkan. Sampai batas waktu seleksi 5 September ini, hanya mendapatkan 18 pemain yang dinilai layak mengisi skuad Barito Putera.

DOKUMEN BPOST GROUP

LATIHAN - Beberapa calon pemain Barito Putera sedang menjalani latihan sekaligus seleksi menjelang Kompetisi Divisi I Liga Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu.

Uji Coba Lawan Persela MARTAPURA FC benar-benar menyiapkan timnya untuk berlaga pada Kompetisi Divisi III Liga Indonesia 2010 putaran wilayah yang dijadwalkan dimulai 30 September ini. Salah satunya, Manajemen Martapura FC menambah dua amunisi baru sebelum berlaga di ajang itu. Mereka, Sumarson dari PS Manokwari Junior dan Adi Nugroho, punggawa Persema Malang. “Sumarson diposisikan sebagai penyerang dan Adi Nugroho yang ditempatkan sebagai pemain bertahan. Motivasi kita agar para pemain bersaing untuk menjadi tim inti,” ujar pelatih Martapura FC, Junaidi, Minggu (5/9). Menurutnya, penambahan dua pemain itu untuk memacu semangat

dan motivasi para pemain Martapura FC agar berkompetisi untuk menjadi pemain inti. Dengan penambahan dua pemain baru itu, pemain tak bermalas-malasan berlatih. Jika bermalas-malasan, bakal menjadi penghuni bangku cadangan. Masuknya pemain baru membuat jumlah pasukannya menjadi 21 pemain. Dengan demikian, secara tim, Martapura FC sudah siap 100 persen baik mental maupun fisik. Apalagi, sebagian besar pemain Laskar Sultan Adam itu melakukan pemusatan latihan di Malang, Jawa Timur. “Bahkan, Senin (6/9) ini, tim Martapura FC akan beruji coba dengan klub Persela Lamongan Junior, Jawa Timur,” ujarnya.

Manajemen Martapura FC, ucap PNS Dinas PU Banjar ini, hanya belum mendapat jawaban kepastian tuan rumah, setelah pihaknya mengajukan Stadion Mini Barakat sebagai salah satu tempat pertandingan. “Kita berencana mendatangi Pengprov PSSI Kalsel untuk memastikan usulan kita sebagai tuan rumah pelaksana pertandingan putaran wilayah,” ujarnya. Pengprov PSSI Kalsel, ucapnya pernah berjanji akan menyampaikan hasil dari usulan manajemen Martapura PC itu, setelah lebaran ini. Sementara, Biro Umum PSSI Kalsel, Anang Suryadi mengatakan, kemungkinan besar Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) bakal menyetujui usulan tersebut. (ii/ire)

Dari 18 pemain yang dinilai layak itu, baru tujuh pemain yang sudah menyelesaikan kontraknya untuk berlaga di musim kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2010/2011. Sementara, 11 pemain lainnya masih menunggu kepastian manajemen Barito Putera. Menurut Manajer Operasional Barito Putera, M Noor, Senin (6/9), manajemen akan bertolak ke Malang untuk menyelesaikan kontrak pemain sisanya. “Senin ini, kami akan berangkat ke Malang untuk menyelesaikan kontrak

Senin, Manajemen akan berangkat ke Batu Malang guna menyelesaikan sisa kontrak pemain

M NOOR

Manajer Operasional Barito Putera

pemain yang belum dikontrak. Kita berharap, semuanya berjalan lancar,” ujarnya. Dikatakan Biro Status dan Alih Status PSSI Kalsel

diperhatikan pemain. Bisa ini, sisa pemain yang saja, kontrak yang bakal kotraknya bakal diseledisodorkan itu tidak sesuai saikan itu juga termasuk dengan keinginan pemain. lima the winning team Barito Dengan begitu, kontrak itu Putera pada Divisi I Liga tidak akan terjadi. Indonesia 2009/2010. Oleh karena itulah, “Kalau tidak aral Senin, manajemen Barito Putera Manajemen akan berangkat sendiri yang langsung ke Batu Malang guna datang ke Malang untuk menyelesaikan sisa kontrak memastikannya. pemain baik lima orang itu Pelatih Barito Putera, maupun tambahan yang Salahudin berharap, ke 18 lain,” ujarnya. pemain hasil seleksi tahap II Hanya saja, dia tidak bisa dibereskan kontraknya. menjelaskan, apakah Dengan begitu, pihaknya penyelesaian itu membuat siap menggelar latihan resmi sisa pemain yang belum tanpa beban apapun. (ire) teken kontrak itu bakal mendapatkannya. Pemain yang sudah dikontrak Dia hanya mengatakan, z M Sandy Firmansyah (kiper) dalam z Guntur (stopper) kontrak, sebelum z David Farastianto (gelandang kanan) diraih z Ferdiansyah (gelandang kiri) kesepakatan, z Sugeng Wahyudi (penyerang) tentunya ada z Sahrul (bek kiri) klausul yang z Khairul Anam (bek kanan). harus

Kalsel Hanya Miliki 20 Wasit MARAKNYA event futsal di Kalsel, saat ini, memang didukung dengan banyaknya gedung futsal. Berbagai pihak seolah berlomba-lomba menyiapkan sarana dan prasarana refresentatif untuk olahraga tersebut. Sayangnya, maraknya event futsal itu tidak didukung dengan sumber daya manusia (SDM) wasit futsal (wasfut) yang memadai dalam memimpin pertandingan. Salah satu wasfut bersertifikat, Muhammad Fitriyadi mengaku prihatin dengan kondisi itu, karena tak sedikit tim yang dirugikan dengan wasfut tak bersertifikat. Diakuinya, untuk mengatasai masalah itu, terdapat kendala, yaitu organisasi yang mewadahi futsal,

DOKUMEN BPOST GROUP

KURANG- Wasit spesialis futsal masih kurang di Kalsel. Padahal, event futsal makin sering digelar.

seperti BFN Kalsel belum terbentuk secara resmi. Padahal, ucapnya, organisasi futsal itu menjadi satu wadah dengan Pengprov PSSI Kalsel yang membawahi Biro Futsal. PSSI Kalsel

seharusnya proaktif meminta biro futsal menyosialisasikan pentingnya pelatihan wasit futsal. “Wasfut di Kalsel ini, hanya ada 20 orang. Mereka wasit futsal (wasfut) yang mendapatkan pelatihan dari Badan Futsal Nasional (BFN),” ujarnya. Sayangnya lagi, mereka belum menyebar di 13 Kabupaten/Kota. Hampir semuanya berada di Banjarmasin. Pria yang akrab disapa Yadi ini mengatakan, banyak mantan pemain sepak bola maupun pelatih sepak bola yang berani memimpin pertandingan futsal meski belum bersertifikat. Mungkin, mantan pemain atau pelatih sepak bola itu diminta panitia kejuaraan untuk memimpin pertandingan futsal. (ii)

Berharap Tempat di PPLP PENGURUS Taekwondo Indonesia (TI) Kalsel punya harapan besar agar taekwondoin binaannya mendapatkan tempat pada Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPL) Kalsel. Ketua bidang prestasi TI Kalsel, Jufhari mengatakan, harapan itu muncul karena banyaknya taekwondoin junior yang berpotensi di beberapa kabupaten/kota di Kalsel. Menurut Pelatih taekwondo PON Kalsel pada PON XVII di Samarinda, Kaltim 2008 itu, mereka berpotensi meraih medali di kejurnas jika dipoles dengan baik. “Seperti Rianda peraih medali perak pada kejurnas TI di Malang, Jawa Timur 2010,

Willem peraih medali emas kejurnas 2009 dan Sultani, peraih medali emas kejurnas 2009 merupakan sebagian dari atlet TI junior Kalsel,” katanya di sela acara buka puasa Pengurus KONI Kalsel dengan atlet, pelatih, pembina olahraga dan wartawan olahraga di Indoor Upik Futsal, Sabtu (4/9). Dikatakannya, keuntungan atlet taekwondo TI Kalsel masuk PPLP tersebut, selain mereka dapat insentif yang bisa meningkatkan motivasinya dalam berlatih, juga bisa serius dan bersama-sama berlatih dengan pelatih asal Korea Selatan yang didatangkan saat ini. Sebenarnya, ujarnya, usulan TI Kalsel agar atlet mereka

masuk PPLP tersebut, bukan hanya pada tahun ini. Sejak 2003, ketika TI Kalsel diketuai Dance R Arsa, usulan itu telah diajukan. Bahkan TI Kalsel pada saat latihan yang ditinjau langsung utusan dari Dinas Pendidikan Nasional, Aniah, sebagai perpanjangan tangan Mennegpora saat itu, usulan itu sampai sekarang belum ada realisasinya. Sampai saat ini, harapan itu terus ada. “Hampir seluruh daerah di Indonesia atlet taekwondo junior sudah masuk PPLP, termasuk Aceh,” ujarnya. “Saya berharap Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel jangan memandang sebelah mata pembinaan taekwondo,” kata Jufhari. (buy)

0609/B10

Otomotif 11

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Waspadalah Mudik Sepeda Motor Meski pemerintah sering menghimbau agar para pemudik Lebaran menghindari pulang kampung pakai sepeda motor, namun pilihan ini tetap diambil banyak orang, terutama dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Risiko tinggi pun tak dipedulikan. Pemudik motor tetap membawa banyak oleh-oleh dan barang bawaan, plus anak-anak balita. Nah, apa yang harus diwaspada oleh para pemudik sepeda motor dan bagaimana meminimalisir risiko? BILA tidak dipersiapkan dengan matang, mudik dengan bersepeda motor bisa berujung malapetaka. Impian untuk bisa bertemu dengan orangtua atau kerabat di kampung halaman bisa beralih ke urusan rumah sakit, bahkan bisa pula berurusan dengan liang kubur! Karena risikonya yang tinggi, sebaiknya para pemudik

Pakai Helm yang Benar-benar Aman DEMI keamanan, jangan mempertaruhkan nyawa dengan tidak membawa peralatan yang sesuai standar keamanan. Dalam hal tali menali barang di motor, misalnya, jangan sampai pakai tali yang cenderung meregang dan simpul menjadi longgar. Untuk itu gunakan tali yang baik yang tidak terpengaruh oleh panas matahari serta memiliki daya cengkeram yang baik seperti tali elastis atau jaring. Pada prinsipnya semua barang boleh kita bawa asal tidak melebihi kemampuan sepeda motor dan tidak melanggar hukum, tetapi sangat disarankan untuk tidak membawa barang barang cair dan yang mudah terbakar. Pakailah pelindung kepala alias helm yang benar-benar sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Pilih Safety Helmet yang layak pakai, sarung tangan ( setidaknya bawa 2 pasang ), jaket yang nyaman untuk menahan terpaan angin, pilihlah warna jaket yang cerah dan memantulkan cahaya sehingga mudah dilihat pada malam

hari, kemudian celana panjang dari bahan jeans, Jas hujan dan sepatu yang menutupi tumit, Selanjutnya dokumen yang diperlukan, obatobatan yang menjadi kebutuhan pribadi, suplemen, obat tetes mata, obat penghilang rasa pegal dan obat pusing kepala kemudian bawa juga tool kit standar, dan spare part standar seperti Busi, bolham lampu, kabel kopling, kabel gas. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, selalu ada kekuatan dari Yang Maha Kuasa untuk mengatur itu semua, berdoalah sebelum berangkat agar Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi perjalanan kita. Jika anda merasa ngantuk dan letih jangan paksakan diri untuk terus melaju, ngantuk dan letih adalah “early warning “ dari sistim kebugaran badan kita yang meminta untuk beristirahat, tidak ada cara yang paling efektif selain

beristirahat, banyak kasus kecelakaan terjadi karena pengendara sepeda motor memaksakan diri tetap melaju, diantaranya karena merasa sudah dekat dengan tujuan, atau sudah mengonsumsi minuman yang mengandung caffeine / taurine. Beristirahatlah setelah maksimum 3 jam nonstop perjalanan anda, beristirahat kurang dari 3 jam setelah perjalanan akan lebih baik, bagaimanapun juga anda bukan seorang pe-rally profesional, bukalah helm, kendorkan semua ikatan seperti sarung tangan, ikat pinggang, sepatu, lakukan olah raga ringan, dan hirup udara sebanyak-banyaknya. Lakukan juga pemeriksaan terhadap Sepeda motor anda, seperti rantai, baut-baut pada poros ban, tekanan angin pada ban dan jumlah oli. Manfaatkanlah pos-pos mudik yang banyak didirikan disepanjang jalur mudik, saat beristirahat anda dapat juga berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya sehingga mereka tahu kondisi dan posisi anda. (*/ berbagai sumber)

motor benar-benar ekstra hatihati dengan memerhatikan berbagai kiat aman sepanjang perjalanan. Apa saja kiatkiatnya? Berikut ini paparannya: Z Siapkan Mental Anda Bisa jadi menggunakan sepeda motor adalah alternatif terakhir anda untuk mudik, jika memang demikian buat senang perasaan anda,

hilangkan beban, perasaan was-was, kekhawatiran yang berlebihan, bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kegiatan yang menyenangkan. Z Siapkan Pengetahuan Anda Perluas pengetahuan anda tentang rencana mudik yang akan dilaksanakan, meliputi kondisi rute, kondisi sepeda motor dan informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik, Peta mudik berikut informasi tambahan lain biasanya terbit di korankoran nasional H-7 s.d H-3. Z Siapkan Stamina

Istirahat yang cukup sebelum anda pergi, hindari minum obat-obatan yang membuat anda ngantuk dan lemah. Untuk memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum pergi, lakukan persiapan mudik secara bertahap, dan terencana. Z Matangkan Fisik Sepeda Motor Cara yang singkat dan pasti adalah membawa sepeda motor anda kebengkel terpercaya, sampaikan ke mekanik bahwa motor tersebut akan dibawa oleh anda sebagai alat transportasi mudik, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan 1 minggu sebelum dipakai

FOTO-FOTO: DARI BERBAGAI SUMBER

mudik, sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi kembali dengan motor anda terutama jika ada perbaikan lanjutan. Pastikan kelengkapan standar motor berfungsi dengan baik, kaca spion, sistim kelistrikan ( CDI, Head lamp, Sign lamp, horn, Fuse system ), sistim pengereman ( Kanvas rem, minyak rem, kabel rem ) , sistim penggerak ( kopling, gear, ban, rantai dll ) dan Chasis. Pada umumnya sepeda motor tidak dirancang untuk membawa banyak beban, tetapi jika kita terpaksa membawa barang untuk bepergian jauh kita harus memperhatikan sisi keselamatan didalam mengendarai sepeda motor, pada prinsipnya barang yang kita bawa harus tidak mengurangi kemampuan kita didalam mengendalikan sepeda motor dan lalu lintas sekitar dan memenuhi aturan lalu lintas yang ada, Usahakan mengatur beban kearah depan sepeda motortempatkan beban diatas, didepan sumbu belakang, mengikat beban dibagian belakang sumbu sepeda motor akan menambah pusat gravitasi motor yang mempengaruhi cara motor mengerem dan berbelok, kemudian atur penempatan beban secara merata. Kami sarankan menyimpan barang yang akan dibawa pada tempat yang khusus didesign untuk membawa barang, seperti Tail Box, side box, maupun Tank bag, jika menggunakan dus usahakan dus tersebut terikat kuat, diatas sadel motor dan tidak mempengaruhi posisi pengendara sepeda motor. (tribunnews/berbagai sumber)

Jangan Nyetir Sambil Dengarkan Musik KECELAKAAN mudik dengan sepeda motor seringkali terjadi karena hal-hal kecil yang dianggap sepele tapi sebenarnya sangat berbahaya. Apa saja? Berikut ini contoh-contohnya: Z Jangan mengambil jalur kanan dan mengambil jalur yang bukan merupakan peruntukan motor seperti trotoar dan sejenisnya karena sangat beresiko terhadap kecelakaan dan bisa menyebabkan resiko yang sangat fatal. Z Hindari kecepatan tinggi,

berbelok patah dan pengereman keras saat melewati jalan penuh batu, lubang, lumpur, pasir atau pada kondisi lalu lintas ramai dengan pejalan kaki atau mungki hewan yang menyebrang. Z Operasikan rem depan lebih kuat dari rem belakang dan lakukan pengereman pada saat bersamaan antara depan dan belakang. Z Hindari berkendara dengan satu tangan dengan alasan apapun, serta tingkatkan kewaspadaan berkendara

terutama pada malam hari dikarenakan penyinaran sepeda motor yang menyebabkan pandangan kita terbatas. Z Jangan gunakan earphone untuk menggunakan walkman atau radio atau MP3 set saat berkendara, karena hal ini sangat membahayakan bagi keselamatan diri dan orang lain. Z Tidak menggunakan perangkat handphone saat berkendara, carilah area aman untuk menerima

handphone dan berhentilah sejenak jika panggilan dimaksud memang sangat penting untuk diterima. (*/berbagai sumber)

Jangan Terprovokasi Kebut-kebutan SELAMA dalam perjalanan menggunakan sepeda motor, terapkan cara mengendara yang aman dengan kecepatan stabil, tidak sering main gas, apalagi kebut-kebutan. Jangan memaksa diluar batas kemampuan anda, memaksakan memacu sepeda motor diluar batas kemampuan bisa terjadi karena ingin cepat sampai, atau terprovokasi oleh keadaan, dan ini sangat berbahaya. Pastikan anda memiliki pandangan yang jelas dan luas saat memasuki suatu kondisi jalan. Jangan berspekulasi.

Jika anda membawa penumpang, beri tahu kepada penumpang agar bisa “sejiwa� dengan anda, tidak banyak bergerak, tidak menurunkan kaki dari foot step walaupun sepeda motor sedang berhenti sejenak di lampu merah atau ditengah kemacetan. Posisikan penumpang anda kearah depan dari as ban belakang, artinya penumpang harus sedekat mungkin dengan pengendara. Periksa kembali kondisi sepeda motor anda catat kejadian dan kondisi rute yang telah dilalui, lakukan persiapan yang sama untuk kembali ke kota asal.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan pesan agar sebaiknya tidak membawa anak-anak saat mudik pakai sepeda motor. Berdasarkan perkiraan, jumlah pemudik tahun ini akan mencapai 2,2 juta orang, termasuk didalamnya adalah anak-anak. Untuk itu, KPAI mengimbau kepada semua pemudik untuk selalu menjaga dan memberikan perlindungan bagi anak-anak selama perjalanan mudik. Demikian disampaikan oleh Ketua KPAI Hadi Supeno dalam siaran pers, Selasa (24/8).

Anti Macet Tapi Berisiko Tinggi SELAIN murah meriah, mudik dengan sepeda motor disukai kalangan masyarakat menengah ke bawah karena dapat menerobos momok kemacetan di jalanan. Selain itu juga dapat menghemat waktu. Setidaknya masih bisa bergerak atau bisa mengambil jalan alernatif melalui gang sempit atau jalan setapak saat terjadi kemacetan di jalur utama. Selain itu juga alasan lebih santai dalam artian dapat berhenti untuk beristirahat kapan saja dan di mana saja: res area, masjid, bawah pohon atau bahkan di pos ronda pinggir jalan. Alasan lain adalah punya cerita tersendiri yang lebih asik dan lebih unit dibandingkan dengan kendaraan lain. Di samping itu juga bisa dengan mudah memperoleh sepeda motor baru dengan mengambil kredit tanpa atau dengan uang muka yang sangat ringan. Tentunya, ya. karena

punyanya cuma sepeda motor alias tidak punya mobil sendiri. Namun apapun alasannya yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar dapat bersepeda motor dengan aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan, inilah yang paling penting. Karena perhatikan hal-hal berikut demi keamanan: Z Persiapkan mental dan yakinkan kondisi fisik dalam keadaan fit (termasuk tidak dalam pengaruh / mengkonsumsi obat). Z Persiapkan mantel / jas hujan yang sesuai standar kenyamanan dan keamanan pengendara dan penumpangnya. Z Periksa tekanan angin, ukuran dan ke-ausan alur ban sesuai standar dari pabrikan motor untuk kestabilan kontrol saat melakukan pengereman dan berbelok dalam kecepatan tertentu. Z Periksa ketersediaan bahan bakar karena bahan bakar yang cukup akan memberikan ketengan-

gan. Z Periksa fungsi normal rem depan dan belakang, termasuk kanvas rem, minyak rem dan tali rem. Periksa fungsi alat-alat pendukung lancarnya berkendaraan seperti lampu sain, lampu depan dan belakang, lampu rem dan periksa posisi kaca spion agar memberikan hasil yang maksimal untuk kenyamanan dan keamanan. Z Duduk senyaman mungkin pada posisinya dengan pandangan bebas dan posisi tangan maupun kaki dalam jangkauan yang nyaman untuk mengoperasikan semua fungsi kendaraan. Z Selalu gunakan lajur kiri dan jalur peruntukan khusus untuk kendaraan bermotor, Selalu memberikan tanda dengan menyalakan lampu sein kepada pengendara lain sebelum berpindah jalur, belok kiri atau kanan, serta pastikan kondisi lalu

lintas dalam kondisi aman sebelum melaksanakan pindah jalur. Z Lakukan pengereman disertai dengan pengurangan gigi secara bertahap. Begitupun ketika hendak berakselarasi, lebih cepat memindahkan gigi pada yang lebih tinggi, lebih baik. Itu bisa mengurangi risiko ban sliding. Z Usahakan sebisa mungkin anda harus terlihat, seperti dengan menggunakan warnawarna cerah, baik pada motor maupun pakaian anda. Ingat, kepanikan adalah pemicu terbesar kecelakaan motor. Karenanya, pelajarilah situasi motor Anda, serta lingkungan sekitar dengan baik, serta berkendara tidak melebihi kapasitas diri dan motor Anda. (*/ berbagai sumber)

Khusus bagi pengguna sepeda motor, KPAI beberapa kali menekankan agar tidak menyertakan anak-anak dalam perjalanan mudik sehubungan banyaknya laporan kecelakaan yang mengakibatkan anak-anak menjadi korban. Selain ancaman kecelakaan, perjalanan jauh dengan sepeda motor bisa mengganggu kesehatan anak, disamping dapat menimbulkan rasa takut karena padatnya lalu lintas. KPAI meminta kepada seluruh jajaran aparat yang terkait baik pusat maupun daerah untuk memberikan

jaminan keselamatan dan pelayanan yang prima agar tradisi mudik dapat berlangsung aman dan terkendali. Sesuai data, jumlah kecelakaan selama mudik tahun 2009 lalu mencapai 1.444 kasus serta mengakibatkan korban meninggal, luka berat maupun ringan, termasuk didalamnya anak-anak. Untuk itu, KPAI meminta agar tahun ini seluruh jajaran aparat yang terkait untuk melakukan koordinasi dan langkah-langkah preventif yang lebih intensif, agar jumlah kejadian kecelakaan dapat ditekan.(*/berbagai sumber)

SENIN, 6 SEPTEMBER 2010 M / 27 RAMADAN 1431 H

Tahun Depan Pecahkan Rekor PUSAT perbelanjaan terbesar di Kalselteng, Duta Mall dibanjiri seribuan kaum duafa dan anak panti, Minggu (5/9) petang. Kedatangan mereka bukan untuk berbelanja, melainkan untuk memenuhi undangan dari Indosat yang saat itu menggelar acara Buka Puasa Akbar 1.000 Duafa.

BANJARMASIN POST GROUP/ALIANSYAH

SANTUNI DUAFA - Head of Indosat Banjarmasin, Syamsul Bahtiar (kanan), beserta para perwakilan pendukung Buka Puasa Bersama 1.000 Duafa, menyerahkan bantuan kepada anak panti, Minggu (5/9).

Antre di Rumah Puar

BANJARMASIN POST GROUP/ALIANSYAH

PAKET LEBARAN - Puar Junaidi membagikan paket lebaran kepada duafa di kediamannya, Minggu (5/9).

Mereka Bisa Berlebaran ANAK-anak Panti Asuhan Harapan Ibu Jalan Cendana, Kayutangi, Banjarmasin, gembira. Mereka bisa berlebaran. Sabtu (4/9) sore, anak-anak yatim itu menerima mukena baru untuk Salat Idulfitri dan uang saku. Bingkisan lebaran itu didapat dari PT Suzuki Finance Banjarmasin. Penyerahannya dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa bersama. Deputi Area Manager Kalseltengtim, Budiman, mengatakan pihaknya rutin melaksanakan kegiatan sosial ini. Panti Asuhan Harapan Ibu sudah dua kali mereka kunjungi. Selain memberikan bingkisan lebaran kepada 40 anak, Suzuki Finance menyumbang Rp 5 juta pada Yayasan Harapan Ibu. Budiman berharap bantuan tersebut bermanfaat, apalagi beberapa waktu lalu panti ini mengalami keba-

karan. Nur Aini, pengurus panti, mengaku bersyukur atas bantuan tersebut. Ia mendoakan semoga Allah memberikan pahala kepada pemilik dan karyawan PT Suzuki Finance Banjarmasin. Ustadz Syofwani dalam tausiyahnya, menekankan sesungguhnya dalam karunia Allah terdapat hak-hak mereka yang memerlukan. Ia menceritakan, pada suatu hari raya, Rasulullah menuju masjid. Di tengah jalan beliau bertemu seorang anak yatim yang berpakaian compang-camping dan menangis karena kelaparan. Nabi pun membawa anak itu ke rumah dan menyuruh Fatimah memandikannya, memberikan pakaian bagus, dan mengasih makan. Setelah itu, anak tadi pun bermain dengan gembira bersama teman-teman sebayanya. (ali/*)

SUZUKI MEMBANTU - Deputi Area Manager Kalseltengtim Suzuki Finance, Budiman, menyerahkan bantuan kepada anak Panti Asuhan Harapan Ibu Jalan Cendana, Kayutangi, Banjarmasin.

USAI buka puasa dan Salat Magrib, ratusan tukang becak dan warga sekitar bergerombol di depan pagar rumah H Puar Junaidi di Jalan Banjar Indah Permai VI RT 51 Banjarmasin, Minggu (5/9). Mereka antre menunggu giliran menerima paket lebaran. Anggota DPRD tersebut mengatakan kegiatannya membagikan paket lebaran merupakan rutinitasnya setiap Ramadan sejak 2003. Bahkan, ia sulit meninggalkan kebiasaan itu. “Soalnya, di awal Ramadan mereka selalu menanyakan. Agenda pribadi ini untuk mencontohkan kepedulian kepada anak-anak,” katanya. Dalam kegiatan itu, Puar melibatkan AMPI, untuk memotivasi organisasi lain melakukan aktivitas sosial. Tidak harus dalam bentuk pembagian paket, membersihkan lingkungan sekitar pun bisa. Kali ini ia membagikan 1.000 paket lebaran. Sebelum buka bersama, ia menggelar tasmiah dan akikah anak ketujuhnya. Prosesi pemberian nama dipimpin oleh Habib Umar Bahasyim dari Martapura. Dalam tausiyahnya, Ustadz Syarwani mengatakan anak bukan semata anugerah, tetapi juga amanah Allah. Menurut Syarwani ada lima kewajiban orangtua kepada anak yakni memberi nama yang baik, mendidik, mengajari keterampilan supaya bisa mandiri, jangan sampai anak dikasih makanminum dan pakaian dari nafkah yang tidak halal. “Terakhir, kalau sampai umurnya menikah anak,” tandasnya. (ali/*)

Keceriaan anak yatim dan kaum duafa makin bertambah karena mereka juga mendapat angpao. Begitu juga saat berbuka puasa, mereka mendapat paket nasi dari Texas Chicken. Ustadz Arbain dalam ceramahnya menyatakan, dalam tiap harta yang kita miliki terdapat hak orang miskin yang wajib dikeluarkan. “Rasulullah juga mengajarkan kepada kita, bila ingin masuk surga sering-seringlah me-

muliakan dan berbagi dengan anak yatim, serta kaum duafa,” katanya. Dikisahkannya, pada masa Rasulullah, ada seorang penjahat yang sempat tergerak hatinya menolong seorang anak yatim yang ditemuinya di jalan. Saat itu, orang jahat yang sering melakukan maksiat itu membelikan sehelai baju kepada anak yatim tersebut. Mendapat baju baru membuat anak yatim itu merasa

senang sekali. Hal itu membuktikan adanya rasa kasih sayang dari sang penjahat. Rupanya, saat ajalnya menjemput, malaikat bersiap untuk melempar penjahat tadi ke neraka. Hanya si anak yatim itu tidak rela, sehingga akhirnya Allah memutuskan untuk memasukkannya ke surga. “Demikianlah keajaiban memuliakan anak yatim dan duafa,” kata Ustadz Arbain. Untuk itu dia mengimbau semua pihak untuk senantiasa bersukur atas segala nikmat Allah SWT, yang salah satunya berbagi dengan orang-orang di sekeliling yang membutuhkan. Sebelumnya, Syamsul Bahtiar selaku Head of Indosat Banjarmasin menyatakan, kegiatan Buka Puasa Akbar 1.000 Duafa ini terselenggara

berkat dukungan mitra bisnis Indosat. “Ini merupakan bukti dari keikhlasan untuk saling berbagi,” katanya. Dia berharap tahun depan mereka bisa memecahkan rekor tahun ini dengan menyantuni lebih dari seribu anak yatim dan kaum duafa. Indosat juga menyerahkan bantuan senilai Rp 28 juta lebih, serta bantuan secara simbolis kepada Langgar Dawatul Khair berupa 10 mushaf Alquran dan uang Rp 2 juta. Hadir dalam acara itu, General Manager Duta Mall Maria Agnes Aprillia, General Manager Rattan Inn Aristo, Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post Group Yusran Pare, Wakil Pemimpin Perusahaan Banjarmasin Post M Fahmy Noor, General Manager Duta TV dan undangan lainnya. (mmi/*)

Saatnya Wartawan Membaur SANTAI dan penuh keakraban. Itulah suasana buka puasa bersama pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Selatan, yang digelar di kantor PWI Jalan Pangeran Hidayatullah Lingkar Utara Dalam, Sabtu (4/9). Sekitar 100 undangan memenuhi ruang utama gedung berlantai dua tersebut, di antaranya Ketua PWI Kalsel Faturahman, Kepala Biro Hu-

mas Pemprov Kalsel Hermansyah, Kepala Kesbangpolinmas Fakhrudin AM dan Manager Redaksi BPost Group, Irhamsyah Safari. Mereka berbaur menjadi satu sambil mendengarkan ceramah mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kalsel, Fachmi Arief. Dalam ceramahnya sekitar 10 menit itu, guru besar IAIN Antasari Banjarmasin tersebut menegaskan profesi war-

Niat Saja Dicatat Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa pergi ke tempat tidur sedang berniat akan qiyamul lail, lalu dia dikalahkan matanya sehingga pagi hari, ditulislah baginya apa yang telah diniatkan. (HR Abu Darda)

tawan tidak mengurangi ketakwaan. Bahkan justru membawa kebaikan selama profesi itu dijalankan dengan baik. “Jangan pesimis, profesi jurnalis itu baik. Karena memberikan pencerahan dan

informasi yang bermanfaat bagi umat,” ujarnya. Dalam sambutannya, Faturahman mengatakan acara tersebut untuk mengakrabkan wartawan di tengah kesibukan menjalankan tugas. (coi)

Senangnya Buka di Rattan Inn RINA senang bukan main. “Saya senang bisa buka puasa di tempat yang bagus sepert ini. Apalagi di kasih bingkisan,” ucap anak Panti Asuhan Siti Arrahmah Sungai Miai Banjarmasin ini. Dia tidak sendiri. Ada sekitar 107 anak yatim dari berbagai panti asuhan di Banjarmasin yang diundang Manajemen Rattan Inn, Jumat (3/9). Mereka mendapat bingkisan berupa mukena dan sarung. Acara buka puasa bersama itu juga dimeriahkan oleh penampilan Kelompok Habsy Arraudah dan Kelompok Habsy Panti Asuhan Al-Mudakkir. Selain itu, ada pula tausiah dari Ustadz H Marbani, yang intinya mengajak semua hadirin meningkatkan keislaman dan mengasihi anak yatim yang menjadi kunci masuk surga.

Acara ini juga digabung dengan Media Gathering. General Manager Rattan Inn, Aristo R Waney, bersyukur karena hotelnya bisa kembali menyelenggarakan berbuka puasa bersama anak yatim dan wartawan. “Ini adalah salah satu program sosial kemasyarakatan RatBANJARMASIN POST GROUP/NURCHOLIS HUDA tan Inn Banjarmasin. HIBURAN NASYID - Kelompok nasyid menghibur hadirin acara buka puasa bersama anak yatim yang digelar Ini juga sebagai bentuk dalam manajemen Rattan Inn. kepedulian terhadap kata Aristo. sesama, sekaligus sebagai ajang meDengan kegiatan ini, dia berharap ningkatkan tali silaturahmi antara Rattan Inn bisa lebih dekat dengan Rattan Inn dan awak media yang mayarakat sekitar. (qq/*) banyak memberikan bantuan berita,”

Lebaran Asyik Bersama Seperti yang sudah banyak diketahui masyarakat, Fila adalah sport’s brand terkenal yang berasal dari Italia dan sudah berumur hampir satu abad. Kini showroom Fila telah hadir di Duta Mall Banjarmasin sejak 12 Mei 2010. Sambutan yang baik dari masyarakat Banjarmasin terhadap kehadiran showroom Fila mendorong kami untuk selalu berusaha lebih memuaskan konsumen kami di Banjarmasin dengan mengadakan berbagai promo yang menarik dan sangat

menguntungkan. Untuk moment Idul Fitri kali ini, Anda bisa mendapatkan discount 30% untuk produk-produk terbaru Fila. Bukan hanya itu saja, setiap minimum pembelian Rp 250.000 Anda bisa mendapatkan discount 50% untuk T-Shirt atau Polo Shirt Fila. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan produk Fila dengan berbagai program promo yang spesial ini! FILA, Italian Authentic Performance Style. (*)

0609/B12

Nusantara - Luar Negeri 13

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Muslim AS Dicekam Ketakutan „ Peringatan 9/11 Rentan Aksi Anarkisme NEW YORK, BPOST - Muslim di Amerika Serikat merapatkan barisan. Mereka bersatu mewaspadai aksi anarkisme yang rentan terjadi pada peringatan runtuhnya menara kembar Wolrd Trade Center 11 September, yang bertepatan dengan Idul Fitri. Saat ini, muslim Amerika dicekam ketakutan, karena banyaknya sentimen antiIslam, yang timbul akibat serangan yang terjadi sembilan tahun silam. Apalagi, jauh-jauh hari sekte Kristen Dove World Outreach Center di Florida mengampanyekan aksi pembakaran aksi pembakaran kitab suci umat Islam, Alquran, pada saat peringatan runtuhnya WTC itu. Kemudian, sentimen antiIslam itu memuncak setelah munculnya sejumlah demonstran yang tidak terima atas wacana pembangunan masjid di ground zero, dekat lokasi WTC. Para ulama Amerika menyerukan muslim di Negeri Paman Sam meningkatkan penjagaan pada masjid-masjid mereka. Ulama khawatir peringatan Idul Fitri bagi umat Islam itu, disalahartikan sebagai peringatan serangan teroris. Victor Begg, salah satu anggota Dewan Organisasi Islam Michigan, menyatakan, pihaknya telah meminta bantuan para pemimpin agama lain agar menyuarakan pluralisme. Komunitas Islam di AS juga akan melakukan aksi memberikan bantuan kepada lingkungannya, guna menunjukkan kesetiaan mereka kepada Amerika. Langkah itu, kata Begg, dalam upaya melindungi komunitas Islam dari hal-hal tidak diinginkan. Mereka akan dikerahkan membersihkan taman, memberi makan tuna wisma, dan memberikan mainan bagi anak yang sakit, sebagai kampanye nasional promosi Islam pelayan

kemanusiaan. “Kami dapat memperkirakan ada orang gila di luar sana yang akan melakukan aksi gila. Tapi, kami tidak ingin menciptakan histeria di antara umat Islam,” katanya, Minggu (5/9). Begg yakin, Amerika, secara umum mendukung pluralisme. “Namun, terdapat banyak informasi salah beredar di luar sana, yang menimbulkan kebingungan,” ujarnya. Sementara, Islamic Center di banyak kota di Amerika saat ini meningkatkan pengawasannya, dan menjaga hubungan dekat dengan para penegak hukum.

Hadiah bagi Penemu Pembakar Masjid KEPOLISIAN federal AS menawarkan hadiah sebesar Rp 180 juta bagi penemu pembakar masjid di Pusat Kegiatan Islam Murfreesboro di negara bagian Tennessee. Penyidik AS memastikan masjid yang sedang direnovasi tersebut teridentifikasi dibakar orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam insiden kebakaran 28 Agustus lalu itu, para petugas tanggap darurat mengatakan tercium bau bahan bakar diesel di lokasi. Hingga kin, polisi belum tahu apa motivasi si pelaku pembakaran tersebut. Mereka menduga aksi itu merupakan kejahatan dengan motif kebencian. Aparat masih terus memeriksa rusaknya alat konstruksi di lokasi pembangunan Islamic Center di Murfreesboro. Empat alat konstruksi untuk pembangunan masjid juga diduga dibakar. Guna mengungkap kasus pembakaran itu, aparat menawarkan imbalan 20 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 180 juta bagi informasi yang menghasilkan penangkapan pelaku. Pusat kegiatan Islam yang baru itu dibangun karena fasilitas yang ada saat ini dianggap sudah tidak memadai. Rencana itu menimbulkan perdebatan sengit di kalangan masyarakat, sama seperti yang terjadi dengan rencana pembangunan pusat kegiatan Islam dekat lokasi serangan teroris 11 September 2001 di kota New York. (voa/tnc)

Parni Ogah ke Malaysia BATAM, BPOST - Menjelang Lebaran, sebanyak 53 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerjadi Malaysia di pulangkan ke kampung halamannya. Rata-rata mereka berasalah, baik itu pribadi maupun terkait kelengkapan surat-surat izin tinggal di Malaysia. Parni, satu di antara 53 TKI itu, mengaku senang bisa pulang ke kampung halamannya. Dia sudah ditunggu suami dan anaknya di Pacitan. “Tadi saya telepon ke anak saya, katanya dia sudah kangen sama saya,” jelas Parni yang sudah membelikan baju seragam sepak bola kesukaan anaknya. Parni mengaku ogah kembali lagi ke Malaysia, karena sudah lelah dan bosan selama

“Kami meminta setiap orang tetap waspada dan melaporkan segala sesuatu yang dianggap mencurigakan. Kami juga minta agar umat Islam tidak terprovokasi oleh apa pun,” ujar Ramzy Kilic, anggota Dewan Hubungan Islam Amerika yang bermarkas di Tampa, Florida. Dikabarkan akan ada demonstrasi di lokasi pembangunan masjid dekat ground zero. Demonstrasi ini akan menampilkan Geert Wilders, politisi Belanda pembenci Islam yang pernah heboh dengan film “Fitna”. Pada Selasa (besok), masyarakat Islam Amerika Utara akan mengadakan pertemuan puncak Kristen, Muslim, dan para pemimpin Yahudi di Washington. Pertemuan yang diselenggarakan itu di antaranya untuk mengatasi rasa takut dan intoleransi antara sesama pemeluk agama. (ap/voa/tnc/vvn)

bekerja di negari Jiran tersebut. “Saya sudah lelah dan bosan, Mas, saya hanya ingin membuka usaha di kampung halaman bersama suami dan anak saya,” jelasnya. Dari 53 TKI yang dipulangkan tersebut, 45 perempuan, tujuh laki-laki, dan satu anak balita yang masih berumur 1,5 tahun. Mereka akan dipulangkan ke sejumlah daerah, di antaranya Lombok, Jabar, Jatim dan Sulawesi dengan menggunakan KM Kelud tujuan Jakarta. Menurut Ashar, Kasi Korban Tindak Kekerasan dan Pekerja Migran Dinas Sosial Pemerintah Kota Batam, para TKI tersebut baru beberapa hari berada di penampungan sementara di Sekupang. (tribunnews)

ANTARA/NOVERADIKA

GUGAT KEISTIMEWAAN - Dua orang aktivis yang tergabung dalam Kawulo Ngayogyakarta Hadiningrat melakukan aksi damai di depan Gedung Agung, Yogyakarta, Minggu (5/9). Aksi tersebut digelar dalam rangka memperingati 65 tahun Hari Keistimewaan Yogyakarta yang jatuh pada Minggu (5/9), dan dalam aksinya mereka mengugat tentang ketidakjelasan RUUK DIY.

Menlu Anifah Pesimistis „ Hari Ini Berunding dengan Indonesia KUALA LUMPUR, BPOST - Hari ini, perundingan antara Indonesia dan Malaysia di Kinabalu digelar, guna membahas tapal batas kedua negara. Namun, Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman pesimistis. Dia menyebut, potensi konflik antarkedua negara tetap terbuka dan dikhawatirkan meluas. “Kita harus sadar sebagai negara bertetangga. Namun, hal seperti ini (konflik) dapat terjadi lagi di masa yang akan datang,” katanya, seperti dikutip laman berita Bernama. Alasan Anifah, karena perairan pesisir dan batas maritim kedua negara sangat jauh dan luas. “Karena itu, kemungkinan terjadi lagi ben-

Jusuf Kalla mengatrokan, sangat betakan, pemerintah sar,” ujarnya. harus tegas dalam Menurutnya, jika penyelesaian konsituasi serupa terjadi flik dengan Malaylagi di perairan kesia. Hubungan Indua negara, maka donesia-Malaysia yang terpenting adamemanas dalam tilah bagaimana kega pekan terakhir, dua negara dapat yang dipicu oleh pemengendalikan sinangkapan tiga petuasi sehingga isu Anifah tugas Kementerian tidak terus berkemKelautan dan Perbang dan membesar. ikanan di Tanjung Berakit, Jika tidak, suasana akan Kepulauan Riau, oleh Polisi semakin panas dan masalah Diraja Malaysia. akan semakin runcing. “Dan Diplomasi yang dilakukan yang paling penting lagi, suapemerintah menuai kritik sana harus dapat dikendalikarena dinilai terlalu lunak. kan sehingga tidak ada pihak “Pemerintah harus tegas kaluar dengan agenda tersemrena ini berkaitan dengan bunyi yang akan memanfaatmempertahankan wilayah kan situasi,” tambahnya. negara,” ujar Kalla, yang kini Mantan Wakil Presiden

menjabat Ketua Umum PMI Pusat, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, kemarin. Kalla, yang juga pernah menjadi tokoh perdamaian Aceh, mengungkapkan, penyelesaian masalah perbatasan memang sangat teknis dan akan memakan aktu lama. Pemerintah Indonesia dan Malaysia dijadwalkan duduk di meja perundingan untuk membahas masalah perbatasan dalam Joint Ministerial Meeting di Kinabalu pada 6 September besok. “Perundingan soal perbatasan pasti sangat ketat. Oleh karena itu, tim perunding kita harus kuat dan ahli serta punya bukti-bukti,” ujar Kalla. (brn/vvn/kps)

Baghdad dan Pakistan Diteror Bom BAGHDAD, BPOST - Tiga pekan lalu, belasan calon tentara tewas saat sebuah bom bunuh diri menghantam kompleks kementerian pertahanan. Kemarin (5/9), teror serupa di tempat yang sama kembali terjadi, hingga menyebabkan seorang tewas. Pihak kementerian dalam negeri menyebutkan, data sementara seorang tewas dan tiga lainnya cedera akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 10:50 waktu setempat dekat distrik-distrik Bab al Muatham, ibu kota Irak itu. Ledakan kuat itu terjadi dekat markas besar Komando Militer Rusafa di Baghdad

timur, menimbulkan asap mengepul di udara. Ledakan itu diawali dengan ledakanledakan yang lebih kecil hampir serentak di ibu kota itu. Markas besar militer itu digunakan sebagai pusat perekrutan tentara pada 17 Agustus ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan bom yang dibawanya, menewaskan 59 orang. Ledakan itu adalah terbesar melanda Baghdad sejak pusat pengrekrutan tentara itu diserang dan terjadi empat hari setelah pasukan AS secara resmi mengubah perang mereka di Irak dan misi tempur menjadi operasi-ope-

rasi “memberikan nasehat dan membantu.” Wakil Presiden AS Joe Biden meluncurkan misi baru di Baghdad pekan lalu, membuka satu tahap baru dalam penggelaran tujuh tahun pasukan yang telah menewaskan 4.400 tentara AS itu. 53 Tewas Di Pakistan, aksi kekerasan juga terjadi, ketika serangan bom bunuh diri menghantam rombongan pawai muslim Syiah di kota Quetta, Pakistan Barat Daya. Aksi pada Jumat itu, mengakibatkan sebanyak 53 orang tewas dan 197 lainnya cedera.(afp/ ap/vvn/kps)

0609/B13

14 Etalase

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Tembus 145 Juta Pengguna SALAH seorang pendiri Twitter Evan Williams menyatakan Twitter telah memiliki lebih dari 145 juta pengguna. Williams, dalam sebuah posting di blog Twitter, juga mengatakan hampir 300 ribu aplikasi telah dikembangkan di layanan ini. Aplikasi itu memungkinkan pengguna untuk berhubungan satu sama lain dengan pesan maksimal 140 karakter. “Layanan baru membantu orang mendapatkan hasil maksimal dari Twitter, berkontribusi terhadap pertumbuhan pengguna dan peluang bisnis baru yang keduanya penting untuk kelangsungan hidup jangka panjang,” kata Williams, kemarin. Bos Twitter itu mengatakan, jumlah orang yang menggunakan Twitter di perangkat mobile telah melonjak 62 persen sejak pertengahan

April dan 16 persen dari pengguna baru melalui ponsel, naik dari lima persen pada April. “Empat puluh enam persen pengguna Twitter secara teratur menggunakan perangkat mobile,” kata dia. Situs jejaring itu mengambil alih aplikasi mobile Tweetie pada April 2010 dan mengubahnya menjadi program untuk perangkat iPhone buatan Apple. Aplikasi juga ada untuk pengguna Twitter di

BlackBerry dan perangkat yang didukung oleh sistem operasi android. Williams juga mengumumkan 10 aplikasi teratas yang telah digunakan untuk mengakses Twitter selama 30 hari terakhir. Tujuh puluh delapan persen menggunakan website Twitter.com dan 14 persen menggunakan m.twitter.com. Selain itu, delapan persen mengunakan SMS, delapan persen menggunakan Twitter untuk iPhone, dan tujuh persen menggunakan Twitter untuk Blackberry. Aplikasi lain dalam 10 besar adalah TwitPic, sebuah program untuk meng-upload foto, TweetDeck, Echofon, Google Friend Connect dan UberTwitter. Twitter mengatakan penambahan angka hingga lebih dari 100 persen karena orang sering menggunakan lebih dari satu aplikasi untuk mengakses layanan tersebut. (kps)

Hasil MotoGP z Dani Pedrosa 44.22.059 z Jorge Lorenzo +1.900 z Valentino Rossi +3.183 z Andrea Dovizioso +6.454 z Casey Stoner +18.479 z Ben Spices +28.385 z Colin Edwards +34.934 z Alvaro Bautista +38.157 z Hector Barbera +40.943 z Marco Melandri +42.377

AFP PHOTO / ANDREAS SOLARO

JATUH - Pembalap Jepang, Shoya Tomizawa, terjatuh sebelum ditabrak pembalap Alex de Angelis dan Scott Redding saat mengikuti balapan MotoGP Santa Monica di Sirkuit Misano, Minggu (5/9).

Aktivitas Takwa „ Sambungan hal 1

Kita mulai dengan bangun tidur sekitar pukul 03.00 pagi. Walaupun kadang fisik dan mata masih lesu dan ngantuk, dengan semangat keimanan dan keikhlasan dapat membangkitkan kita dari tempat tidur, kemudian menuju kamar mandi untuk berkumur, membasuh muka, atau mengambil air wudu. Mungkin kita langsung makan sahur sekadarnya kemudian Salat Tahajud diteruskan membaca Alquran menunggu waktu subuh. Atau Salat Tahajud dulu baru makan sahur dan membaca Alquran menunggu subuh. Semua itu kita lakukan dengan rela dan penuh semangat, karena yakin itulah yang lebih diridhai Allah SWT dan demikianlah sunnah Rasulullah. Masuk waktu subuh, kita segera salat dengan khusyuk berjemaah di masjid atau rumah bersama keluarga. Selesai Salat Subuh dan zikir, kita mungkin melakukan aerobik, belajar menambah ilmu, atau kembali membaca Alquran sambil memahami

atau mungkin beristirahat sejenak. Sebelum pukul 07.00 kita sudah siap melanjutkan tugas-tugas di hari itu. Misalnya; belajar menuntut ilmu, ke kantor, bekerja mencari nafkah yang halal, atau kegiatan-kegiatan lainnya. Kesemuanya kita lakukan dengan niat ibadah kepada Allah SWT. Sebaiknya ketika kita berangkat untuk melakukan aktivitas seperti tersebut di atas, hendaklah dengan satu pertanyaan yaitu; apa yang bisa kita perbuat untuk orang lain, masyarakat dan umat? Kita berangkat dengan bekal rasa kasih kepada sesama dan lingkungan. Kita berangkat dengan penuh tawakal dalam menghadapi kenyataan hidup dan bertekad untuk berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan, bukannya frustrasi dan meratapi. Sebagai seorang yang telah berniat puasa dengan penuh iman dan ikhlas karena Allah, hari itu kita keluar rumah atau di dalam rumah menunaikan tugas-tugas dengan bekal kejiwaan dan mental

San Marino Berduka rohaniah yang mantap, lapang, ikhlas, cerah dan sabar. Itulah mental yang unggul dan terpuji. Karena semalam kita telah Salat Tahajud dengan khusyuk dan mengaji Alquran. Setiap pekerjaan kita laksanakan dengan dedikasi yang tinggi, tertib dan bersih. Usaha dilakukan dengan ulet dan jujur. Keberhasilan yang kita raih tidak membuat kita lupa daratan bahkan membuat kita lebih dekat pada Allah. Andaikata seseorang menyakiti hati kita atau merugikan pribadi kita, maka tahanlah amarah itu, lalu diikhlaskan. Kita pun tetap bergaul dengan baik —dengan orang yang membuat marah— karena kita tidak mau memutuskan silaturahim. Jika seseorang memerlukan pertolongan maka kita tolong dia dengan hati ikhlas. Kita senantiasa memupuk hati agar selalu terbuka, lapang dan bersih. Dalam menjalankan puasa kita selalu melakukan zikrullah. Semua amaliah tersebut kita lakukan dengan rela karena sadar akan firman-firman Allah SWT. (*)

Berbuka di Little India „ Sambungan hal 1

Jalan-jalan yang lebar dan bebas macet, membuat perjalanan dari Mount Elizabeth Hospital ke kawasan Little India, lancar. Hanya saja, perjalanan agak ‘terganggu’ oleh banyaknya traffic light. Karena tidak membawa baju muslim, kami mampir ke Mustafa Center. Di toserba milik warga keturunan India ini saya membeli baju koko dan peci agar tampilan menjadi lebih afdol. Beberapa menit sebelum saatnya berbuka, kami tiba di masjid yang tidak terlalu besar itu. Sembari menunggu beduk, saya berkeliling masjid dan menemukan diorama sejarah masjid dalam empat bahasa yakni Inggris, India, China, dan Melayu. Terntara nama Angullia

diambil dari seorang pedagang asal Mumbai, India bernama Salleh Eussoof Angullia pada 1890. Akan tetapi diyakini, sebelum kedatangannya, masjid ini sudah berdiri meski belum bernama. Di sini saja jadi teringat Masjid Sabilal Muhtadin. Beberapa orang sibuk menyiapkan takjil, dengan ratusan mangkuk, piring, dan gelas yang disusun rapi di atas meja. Makanan berbuka yang akan disiapkan pun bubur, sangat mirip Bubur Asyura. Hanya saja selain berisi sayuran, dicampuri daging kambing. Sebagai penghobi daging kambing, tentu cocok bagi saya. Tradisinya juga sama. Jemaah bersila saling berhadapan, di tengahnya tersedia takjil versi lengkap Kenapa saya sebut takjil versi lengkap sebab selain

bubur, pengelola masjid menyiapkan es susu sirup merah, roti canai atau prata khas India. Juga ada kue pastel dan buah termasuk kurma. Jemaah yang sama-sama menunggu waktu berbuka, sangat ramah terhadap pendatang. Mereka juga komunikatif terlebih ketika mengetahui kami dari Indonesia. Waktu berbuka pun tiba. Tidak lama kemudian, jemaah dengan tertib membuang sampah bekas takjil masingmasing. Salat Magrib pun digelar dengan Imam Masjid Angulia, Abdullah Jamaali. Yang unik, usai salam, Imam langsung memimpin pembacaan doa. Tidak ada wirid. Saya pun berpikir, kalau di-Indonesiakan, aliran jemaah Masjid Angullia ini apa? Muhamadiyah atau NU. (gustafa yandi)

Mahitung Puasa „ Sambungan hal 1

Bujur labih satangah bulan Lui ai karna kita mulai puasa hari Rabu tanggal 11 Agustus dan hari ini tanggal 6 September, ujar Garbus. Ikam salah hitung Bus ai, aku yakin banar bahwa puasa ikam kada sampai satangah bulan, paling-paling saminggu, ujar Palui. Kita kada kawa mangaramputakan hitungan hari, Jumat ka Jumat hitungannya 8 hari. Parasaan sudah tiga hari Jumat kita lalui, ditambah sampai hari ini Lui ai, balas Garbus. Bujur haja hitungan urang puasa labih satangah bulan malah tinggal sapuluh hari haja lagi, tapi puasa ikam kada sampai saminggu, ujar Palui. Puasaku kaya orang jua hitung hari bulan puasanya, ujar Garbus. Kada usah bakaramput Bus ai, salawas saminggu ini aku babarapa kali malihat ikam masuk ka wa-

rung sakadup, ujar Palui. Wahhhh.......... ikam mambuka rahasiaku, sahut Garbus. Kuta kita ini halus kada kawa bakaramput, tiap masuk ka warung sakadup puluhan mata nang malihatnya, ujar Palui. Tapi kenapa maka ikam tahu aku rancak masuk ka warung sakadup? balas Garbus. Biarpun urang kada malihat Bus ai, Tuhan tahu haja. Jadi kita di banua ini kada kawa bakaramput dan kada kawa balindung-lindung, ujar Palui. Aku hiran banar kanapa maka ikam tahu samunyaan warung- warung yang kumasuki. Musti ada nang mamadahakan, ujar Garbus. Sumpah nah, kadada urang nang mamadahakan, ujar Palui. Kalu kaya itu aku curiga, musti ada mata-mata ikam, ujar Garbus manggasak. Sudah kupadahakan bahwa kadada urang nang ma-

madahakan dan kadada jua mata-mataku, ujar Palui. Aku hiran banar kanapa maka ikam tahu harinya, tahu jamnya dan tahu warung sakadupnya wayah aku masuk kasitu, balas Garbus. Kada usah hiran dan kada usah bingung Bus ai, Palui tahu samunyaan warungwarung sakadup wadah makan nang ikam masuki, ujar Tulamak nang hanyar datang umpat bapander. Bila kadada bukti wan saksi sama wan fitnah, sahut Garbus. Kada usah takabur Bus ai, karna satiap ikam tuntung makan lalu kaluar.......... maka Paluilah nang masuk mangganti bakas kadudukan ikam itu, sahut Tulamak. Ada saksinya ujar Palui. Satiap aku masuk mangganti bakas kadudukan ikam itu aku kada saurangan tapi pasti badua wan Tulamak ujar Palui mangalakak tatawa kada hakun kalah karna sama-sama tabuka rahasianya kada pamuasa. (ivd)

AWAN duka menyelimuti Sirkuit Misano, San Marino, yang sebenarnya cerah saat berlangsung balapan motor, Minggu (5/9). Pembalap muda Jepang Shoya Tomizawa meninggal akibat cedera parah saat balapan Moto2. Pria berusia 19 tahun ini sedang berada di posisi empat ketika terjadi kecelakaan di depan Alex de Angelis dan Scott Redding. Nasib sial menghampiri Tomizawa, karena dua pembalap di belakangnya tersebut melindasnya dengan kecepatan tinggi. Tomizawa langsung dilarikan ke rumah sakit di Riccione untuk mendapatkan perawatan. Tetapi takdir berkata lain, karena nyawanya tak bisa diselamatkan. Tomizawa termasuk salah satu pembalap sensasional pada musim perdana Moto2. Sebelum tampil di kelas yang baru dimulai musim ini, dia memiliki reputasi bagus di kelas 125 cc dan 250 cc karena hampir selalu berada di barisan depan. Dia secara instan tampil di Moto2

dan mencatat kemenangan bersejarah untuk Technomag-CIP pada seri pembuka di Qatar. Setelah itu, dia meraih pole position di Jerez dan Bryno. Akibat kecelakaan maut ini, de Angelis juga cedera dan Redding sempat mendapatkan perawatan di sirkuit, meskipun tidak terlalu parah. Pedrosa Di kelas MotoGP, pembalap andalan Repsol-Honda Dani Pedrosa tak memberi peluang terhadap seterunya dari Yamaha, Jorge Lorenzo untuk mendahuluinya sejak sejak start sampai finish. Sukses di sirkuit Misano merupakan kemenangan keempat Pedrosa di musim ini dan kedua setelah di Indianapolis. Dengan total 208 angka ia makin memperkecil jarak ketinggalannya dari Lorenzo. Performa Honda RC212V besutan pembalap Spanyol ini memang sangat luar biasa. Tiga kali ia mengukir fasted lap. Mulai lap tiga ia terus memperlebar jarak dengan Yamaha M1 dari 1,3 detik menjadi 3,01 di lap tujuh.

Lorenzo harus puas dengan finish kedua. Meski dapat tambahan 20 angka, pembalap Spanyol yang sudah mengantongi tujuh kemenangan itu tetap memimpin klasemen dengan 271 angka. Penampilan luar biasa dipertontonkan Valentino Rossi. Meski kondisi kesehatan belum pulih, The Doctor masih mempertunjukkan keperkasaannya. Dia berhasil melibas Stoner pada lap sembilan dari sisi dalam. Sebelum itu, ia coba menekan dari dalam tapi ke uarnya terlalu melebar sehingga dapat dilewati Stoner. Baru di lap sembilan, pembalap Australia itu disikatnya. Balapan MotoGP San Marino juga diwarnai kecelakaan yang dialami pembalap tuan rumah Loris Capirossi (Suzuki) dengan Nicky Hayden. Mereka bersenggolan karena Loris mencoba menambil ancang-ancang masuk tikungan ke kanan dengan menggeser ke kiri. Sedangkan Hayden datang dari sisi luar, sehingga senggolan tak tak terhindarkan. (kps/mgp)

Tiap Bulan Keluar Penjara „ Sambungan hal 1

Menyinggung pengakuan Pengacara Aulia Pohan --terpidana dalam kasus yang sama-- Amir Karyatin bahwa kliennya sering mampir ke rumah saat berobat, Wayan berdalih lain. “Saya tidak tahu. Sejak saya bertugas, tidak ada ada izin untuk keperluan ke rumah. Boleh ke rumah, kalau ada keluarga sakit, pernikahan, atau meninggal. Itu izin khusus,” katanya. Wayan yang baru menjabat kepala lapas selama enam bulan justru mengungkapkan baiknya perilaku Anthony selama mendekam di penjara. “Dia baik, sama saja dengan penghuni lainnya. Tidak ada pengistimewaan meski dia pejabat,” tegasnya. Mengenai status tersangka yang kembali disandang Anthony, Wayan mengaku sudah mengetahui. Beberapa hari lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 26 politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) --termasuk Anthony-- dalam kasus dugaan suap. Para politisi itu diduga

menerima cek pelawat terkait uji kelayakan dan kepatutan deputi gubernur BI yang dimenangkan Miranda S Goeltom, 2004 silam. “Iya, saya sudah tahu. Kalau kami sih nggak ada masalah,” ujar Wayan. Pengacara Anthony, Maqdir Ismail saat dihubungi menyangkal kabar itu. “Tidak benar itu. Klien saya keluar untuk memeriksakan kesehatan,” tegasnya. Mengenai status tersangka yang kembali disandang Anthony, Maqdir menilai itu sebagai suatu bentuk keti-

dakadilan. “Tetapi klien saya pasrah saja,” ucapnya. Dirawat Berdasar catatan BPost, saat menjadi tahanan KPK, Anthony pernah dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta. Dia menempati paviliun dr Sukarman kamar 4411 yang bertarif Rp 1.350.000 sehari. Seorang petugas RS mengungkapkan kamar Anthony adalah kamar termewah. Kamar di lantai empat itu bertipe suite diamond. Anthony menjadi terpidana kasus penyalahgunaan dana Yayasan Pengembang-

an Perbankan Indonesia (YPPI) ke DPR. Selain dia, terpidana lain adalah para pejabat BI seperti Burhanuddin Abdullah, Oey Hoey Tiong, dan Rusli Simanjuntak serta mantan anggota DPR Hamka Yandhu. Selain mereka, KPK juga menjebloskan empat pejabat BI yakni Aulia Pohan, Bun Bunan Hutapea, Maman Soemantri dan Aslim Tadjudin. Aulia yang juga besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bebas pada pertengahan bulan lalu karena mendapat remisi. (tribunnews/coz)

Banyak Divonis Bebas Berdasar data hasil investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW), terdapat 166 terdakwa dengan 103 kasus. Pengadilan negeri mengadili 82 kasus, pengadilan tinggi sebanyak tujuh kasus, dan mahkamah agung menangani 14 kasus (kasasi 11 kasus dan peninjauan kembali 3 kasus). Pada 2009, persentase terdakwa koruptor yang divonis bebas sebanyak

59.26 persen, 2008 mencapai 62.38 persen, 2007 sebanyak 56.84 persen, 2006 mencapai 31.40 persen, dan 2005 sebanyak 22.22 persen. “Dapat dipastikan angka 54.8 persen bakal bertambah karena masih menyisakan semester kedua 2010. ICW pun hanya bisa memantau 1.965 terdakwa padahal secara riil jumlahnya lebih banyak,” ucap aktivis ICW, Febri Diansyah kepada pers di Jakarta,

Minggu (5/9) Kendala yang dihadapi untuk mendata jumlah terdakwa itu adalah keengganan mahkamah agung mengungkap jumlah terdakwa korupsi yang sudah divonis. “Hakim MA harus serius memberi penekanan kepada para hakim untuk meningkatkan komitmen pemberantasan korupsi. Karena trennya meningkat. Ini bukan main-main,” ucapnya. (tribunnews/ yog)

orang yang merantau ke sana. Karena alasan ekonomi pula orang tetap berani merantau ke Malaysia, meski cukup banyak kasus TKI yang disiksa tuannya di sana. Selain merantau ke kota atau ke luar negeri, ada pula yang merantau ke pulau sepi penduduk melalui program transmigrasi. Pemerintah berharap, dengan transmigrasi, kepadatan penduduk di Jawa, Bali dan Madura berkurang, dan para transmigran akan hidup lebih sejahtera di tempattempat baru yang disediakan. Namun ke mana pun orang merantau, ia tentu rindu ingin pulang, dan lebaran merupakan saat yang tepat. Biasanya, perantau yang pulang berusaha menunjukkan kesuksesannya kepada keluarganya dan orang-orang sekampung.

Bahkan biar pun hidup di rantau susah, waktu pulang kampung ia berusaha tampil segaya dan sesukses mungkin. Apalagi kalau ia benarbenar sukses. Datang dengan mobil mengkilat, si suami berpakaian necis dan si isteri bergaun anggun dengan perhiasan gemerlap laksana toko emas berjalan. Sesampai di kampung, keluarga berkerumun menyambut khidmat. Si bos lalu berbagi sukses dengan menebar uang zakat dan sedekah. Bos kita ini juga dengan bangga bercerita tentang pesona kehidupan kota, sambil menggunakan Bahasa Indonesia, kata ‘lu’ ‘gue’ ala anak Jakarta, atau ‘unda nyawa’ ala orang Banjar Kuala. Dialek asli dan khas bahasa kampung yang sebenarnya tak kalah indah, sebisa

mungkin ia hindari. Tentu saja tidak semua perantau sukses suka pamer dan bergaya. Sebaliknya, ada perantau gagal, tapi gayanya keren abis. Namun adapula perantau gagal yang lebih memilih tidak pulang karena tak tahan menyandang malu. Sebaliknya, ada pula yang terpaksa pulang karena sudah tak sanggup lagi menghadapi kesulitan di perantauan. Menurut agama, semua manusia di dunia ini adalah perantau. Nenek moyang kita, Adam dan Hawa, jatuh dari surga lalu menjadi perantau di dunia fana ini. Kelak, kita pasti akan pulang kepada-Nya. Ketika itulah kita akan membuktikan diri sebagai perantau sukses yang penuh dengan amal kebaikan, atau perantau gagal yang berlumuran dosa. (*)

„ Sambungan hal 1

Madam „ Sambungan hal 1

Sebagai masyarakat pesisir yang sering bertemu orang-orang asing, orang Banjar relatif suka madam, mencari peruntungan dan pengalaman di negeri orang. Selain orang Banjar, orang Bugis yang pandai membuat perahu dan mencari ikan di laut juga gemar merantau. Kaum pria Minang senang merantau pula. Garis keturunan dalam budaya Minang dilihat dari jalur perempuan, bukan laki-laki. Pria Minang bujangan tak layak tinggal di rumah. Ia tidur di surau atau merantau. Kini alasan utama orang merantau bukan budaya, tapi ekonomi. “Ada gula, ada semut,” kata pepatah. Walau Jakarta sudah amat padat dan macet, masih saja banyak

Smart Biz 15

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

The Best Syariah Awards 2010 BANK Kalsel kembali menunjukkan kelasnya. Kali ini, bank kebanggaan urang banua ini mendapat gelar The Best Syariah Awards 2010 untuk kategori aset kurang dari Rp 500 miliar. Penghargaan itu diterima Direktur Utama Bank Kalsel, H Juni Rif’at.

ISTIMEWA

PENGHARGAAN - Direktur Utama Bank Kalsel, H Juni Rif'at (tengah) menerima penghargaan The Best Syariah Award 2010 dari Majalah Investor, Selasa (31/8) lalu di Jakarta.

Digelar Usai Lebaran „ Undian Bulanan Berhadiah Dua Honda Beat USAI lebaran, pengundian bulanan tahap kedua program Shopping Vaganza akan segera digelar. Dua unit sepeda motor Honda Beat dan 10 voucher belanja akan dibagikan untuk pelanggan Indosat yang berbelanja di Duta Mall. “Pengundian bulanan kedua dipastikan digelar usai lebaran. Bagi pengunjung yang belum memasukkan kupon undian, masih punya kesempatan ikut. Jadi sambil berbelanja kebutuhan lebaran, bisa berkesempatan mendapat hadiah sepeda motor,” kata Staf Keuangan dan Akuntansi Duta Mall, Elsa Melanie. Selain hadiah bulanan, kesempatan memenangkan hadiah utama berupa satu unit Honda Freed dan dua unit Honda Scoopy masih terbuka lebar. Caranya mudah. Bagi pengguna kartu Indosat, Matrix, Mentari, IM3, dan Starone yang berbelanja Rp 100.000 (berlaku kelipatan), di semua tenant Duta Mall akan mendapatkan satu ku-

BANJARMASIN POST GROUP/RESTUDIA

TUKAR STRUK - Dua orang pengunjung Duta Mall menukarkan struk belanjaannya dengan kupon Shopping Vaganza di counter khusus Indosat, Minggu (5/9). Shopping Vaganza dengan hadiah utama Honda Freed itu makin menarik minat masyarakat untuk berbelanja di Duta Mall.

pon undian. Tinggal menukarkan struk belanja ke counter khusus Shopping Vaganza di lantai satu Duta Mall dan memperlihatkan bukti sebagai pengguna Indosat, kesempatan memenangkan puluhan hadiah pun didapat. Selain itu, pengunjung juga berhak mendapatkan kupon ganda, jika berbelanja di Hypermart dan Matahari De-

Penganugerahan penghargaan oleh Majalah Investor itu digelar pada Selasa 31 Agustus 2010 lalu, dihadiri sekitar 200 bankir dan institusi syariah se-Indonesia. Majalah Investor memberikan penghargaan ini kepada 11 institusi keuangan syariah terbaik, delapan produk keuangan syariah terbaik, tiga tokoh syariah, dan satu penghargaan khusus. Bank syariah terbaik 2010 pada unit usaha syariah (UUS) perbankan, BPD Aceh menempati urutan teratas untuk kategori UUS beraset di atas Rp 500 miliar. UUS terbaik beraset di bawah Rp 500 miliar, ada juara kembar yang memiliki skor penilaian akhir sama, yaitu UUS Bank Kalsel dan UUS BPD Sumatera Utara. Pemeringkatan institusi dan instru-

men syariah ini merupakan yang kelima kali diadakan Majalah Investor. Di tengah perkembangan bisnis perbankan syariah yang makin atraktif, penghargaan ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi Bank Kalsel, dan masyarakat banua. Penilaian kinerja keuangan institusi syariah sebagian besar mengacu pada penilaian institusi konvensional yang disesuaikan dengan parameter syariah. Pada bank syariah, ada 11 kriteria yang digunakan untuk penilaian kuantitatif, yaitu ROA (return on asset), BOPO (biaya operasional berbanding pendapatan operasional), rasio simpanan wadiah dan Tabungan Mudharabah terhadap DPK. Selain itu, pertumbuhan

satu tahun laba bersih pembiayaan, pangsa pembiayaan, pangsa dana masyarakat, dan persentase pembiayaan mudharabah-musyarakah. Kriteria berikutnya adalah porsi penerimaan dana ZIS terhadap laba bersih, porsi penyaluran dana qardh terhadap laba aset, dan porsi aset UUS terhadap aset induk. Juni Rif;at mengatakan, keberhasilan yang diraih Bank Kalsel merupakan rahmat Allah SWT yang ditunjang kerja keras seluruh jajaran manajemen, dewan pengawas, pegawai, didukung kepercayaan pemegang saham dan seluruh elemen masyarakat Kalimantan Selatan. Untuk itu, tambahnya, Bank Kalsel mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemegang saham, seluruh nasabah, debitur, dan mitra kerja, dan masyarakat Kalimantan Selatan. “Kami ucapkan atas bantuan dan kerja samanya dalam mendorong kemajuan Bank Kalsel,” kata Juni Rif’at, Minggu (5/9). (mmi)

Ludes dalam Satu Jam RENCANANYA PT Travellindo menggelar Bazar Ramadan hingga pukul 13.00 Wita, Minggu (5/9). Tapi, baru satu jam digelar, paket sembako dan pakaian murah langsung ludes diserbu warga. Sejak pagi, ribuan orang memadati kantor perusahaan jasa penyelenggara umrah dan haji plus di Jalan Banuahanyar Banjarmasin ini. Begitu Bazar Ramadan dibuka, pengunjung langsung menyerbu . General Manager PT Travellindo, Agus Ariyanto didampingi M Rizali membuka bazar itu pukul 09.00 Wita. Warga yang telah menunggu sejak pagi langsung menyer-

bu usai bazar itu dibuka. “Kita menyiapkan seribuan paket sembako dan langsung ludes hanya dalam tempo satu jam,” katanya. Selain paket sembako, ratusan potong pakaian anakanak dijual seharga Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Tak ayal, hanya dalam waktu sekejap, pakaian untuk lebaran itu pun langsung ledes dibeli pengunjung. “Bazar ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan kami di Bulan Ramadan, sebelumnya kami juga menggelar sunatan massal dan buka bersama anak panti asuhan se-Kota Banjarmasin di Masjid Sabilal Muhtadin,”

BANJARMASINPOSTGROUP/ASPIAN

PAKET MURAH - Ribuan warga menyerbu Bazaar Ramadan yang digelar PT Travellindo, Minggu (5/9). Selain 1000 paket sembako murah yang dijual Rp 50.000 per paket, juga ada penjualan pakaian serba Rp 5.000.

katanya. Sejumlah warga yang ditemui mengaku sangat ter-

bantu dengan adanya bazar tersebut karena harganya sangat murah. (mmi)

partment Store. Di sini, jika Anda berbelanja Rp 100.000, tidak hanya mendapat satu kupon, tapi dua kupon sekaligus. Selain di Hypermart dan Matahari Department Store, kupon pelanggan juga akan dikalikan dua, jika membeli voucher pulsa Indosat senilai Rp 50 ribu, dengan maksimal 15 kupon tambahan. Kupon akan dikalikan tiga, jika membeli voucher senilai Rp 100 ribu, maksimal 40 kupon tambahan. (mm)

Kalau Serangan Kram Datang Kaki Kiri Tak Bisa Digerakkan Frankie Lendeng (34 th) warga Jalan Eddy Gagola, Kombos Timur, Kecamatan Singkil, Manado – Sulut, berusaha mempertahankan diri dari kedatangan pengganggu kesehatan. Namun, meski demikian tetap saja ada gangguan kesehatan yang datang kepada Frankie. “Paha sebelah kiri seringkali kram dan terkadang mati rasa. Kalau serangan kram datang, kaki kiri tak bisa digerakkan dan otomatis pekerjaan terhenti,” ujar Frankie memulai obrolan. Sudah banyak usaha yang dilakukan Frankie untuk mengatasi kendala kesehatannya itu, namun hasilnya belum memuaskannya. Kebetulan suatu hari seorang teman membaca testimoni Gentong Mas di harian lokal dan menyarankan untuk mencobanya. Karena keinginan sembuh yang besar, Frankie langsung mencoba Gentong Mas dan minum rutin sehari dua kali. Baru habis dua kotak, manfaat Gentong Mas sudah terasa. “Gentong Mas hebat, baru dua kotak, kram di kaki reda dan tak muncul lagi, sekarang kerja semangat lagi dan rejeki tetap lancar,” ucap Frankie gembira dan penuh syukur. Dan yang paling menggembirakannya adalah stamina tubuh terasa makin prima dan vitalitas sebagai lelaki sejati terasa makin mantap. “Setelah yakin dan merasakan sendiri manfaatnya, saya memutuskan untuk rutin minum Gentong Mas yang lezat dan banyak manfa-

atnya ini,” kata Frankie menutup perbincangan. Kesehatan merupakan harta yang sangat bernilai. Jika tubuh sehat kerja optimal dan rejeki lancar. Sedangkan jika sakit, kerja terhenti dan uang terkuras untuk biaya pengobatan yang semakin mahal. Gentong Mas dengan Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) sebagai bahan utamanya memang terbukti memiliki banyak khasiat. Menurut dokter Asep Hermana, Gentong Mas mampu mengatasi gangguan syaraf seperti kram (mati rasa) pada tangan dan kaki karena mengandung berbagai vitamin Neorotropic seperti Thiamin, Pyridoxin dan Cyanocobalamin yang berguna untuk mencegah kerusakan sistem syaraf dengan membantu pembentukan Myelin (selubung saraf). Pakar tanaman obat, Jeff Nugent dalam buku “Permaculture Plants (2004)” menulis bahwa Riboflavin dan Ascorbic Acid, yang dikandung Gentong Mas, memperlancar metabolisme, memperbaiki kerja sel dan memperkuat kekebalan tubuh. Sedangkan menurut Imunolog Jerman, Hidelbert Wagner, Nigella Sativa, yang menjadi bahan Gentong Mas, menambah daya tahan tubuh terhadap alergi, masuk angin dan meningkatkan vitalitas seksual secara alami. Meski demikian, pola hidup sehat yaitu olahraga teratur, kurangi rokok dan banyak minum air putih juga diperlukan. Gentong Mas dibuat dari bahan murni pilihan dan diproses alami tanpa campuran bahan kimia dan tanpa

pengawet. Kini, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang merasakan manfaat Gentong Mas membuat tingkat permintaan melonjak secara signifikan. Untuk informasi lebih lanjut hubungi : 0511 – 6289882 / 081250980570 Banjarmasin : Apt Kesuma Jl A Yani,Apti Aulia Jl Hasan Basri, Apt Al Hidayah Jl Veteran, Apt Cendra wasih Jl Pangeran Samudra, Apt Al Mukaramah Jl Zafri Zamzam, Apt Amandit Farma Jl Kampung Melayu Darat No.56. Banjarbaru: Apt Thaibah Km.34, Apt Ratu Elok, Apt Salma. Amuntai: Apt Sari Mulia Farma Jl Nurman Umar, Apt Sari Mulia 2, Apt Anika Fita Pasar Amuntai. Tanah Bumbu: Apt. Segar Farma Jl Transmigrasi No.25 Plaju, Apt Al Hidayah Jl Sei Danau, Apt Hikmah Pagatan Jl Anang Panengah No.43 Pasar Pagatan. Tabalong: Apt Matingrat, Jl IR PHM Noor Sulingan No.33, Apt Zippo Farma Jl Ir PHM Noor RT.8 Mabu’un. Apt Sari Farma Jl Jaksa Agung S. Rantau: Apt Medika Farma, Jl MTQ Rantau, Apt Murah, Jl. B. Hasan Basry Rantau. Martapura: Apt. Anugrah Jl. Irigasi No.8 Gambut, Apt. Cahaya Hidup, Jl. A. Yani Km.39,5 MTP, Apt. Sekumpul MTP. Barabai: Apt. Sepia Farma, Jl. Murakata seberang Rmh Sakit, Apt. Rahica Farma, Jl. Ir PHM Noor Barabai utara, TO. Ilham Pasar baru. Kandangan: Apt. Adira Jl. Kerja Bakti Kandangan, TO. Mama Eno Jl. Antasari, TO. H. Ayub IB, Jl. Blok Damai Pasar Kandangan. Pelaihari: Apt. AnaFarma Jl HJ Boeyasin No.2 Pelaihari. Palangka Raya : 081346382718. Depkes:P-IRT: 8 1 2 . 3 2 0 5 . 0 1 . 1 1 4 www.gentongmas.com (*) 0609/B15

16 Festival Tanglong & Bagarakan Sahur 2010

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Para Jawara Foto Bersama

BANJARMASINPOST GROUP/AYA SUGIANTO

Luar Biasa....

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

Lepas Konvoi

Kembang Api

Parade Tanglong

BANJARMASINPOST GROUP/AYA SUGIANTO

Musik Akustik

BANJARMASINPOST GROUP/AYA SUGIANTO

BANJARMASINPOST GROUP/APUNK

Dalang

BANJARMASINPOST GROUP/APUNK

n

Tribun

SENIN

6 SEPTEMBER 2010/ 27 RAMADAN 1431 H

Borneo

Banjarmasin Post

17

Pemprov Kalteng Patah Arang ■ Usulkan Perpanjangan Inpres PLG PALANGKARAYA, BPOST - Ketidakkonsistenan pemerintah pusat mengucurkan dana untuk program rehabilitasi dan revitalisasi lahan eks Program Lahan Gambut (PLG) di Kalteng menjadi momok.

ANTARA/UNTUNG SETIAWAN

CALON PENUMPANG - Sebanyak 3.000 calon penumpang Kapal Motor (KM) Binaiya berdesakan di pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (5/9). Arus mudik lebaran melalui pelabuhan Sampit hingga memasuki H-5 mengalami peningkatan sebesar 30 persen.

In

d

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng pun mulai patah arang bisa menyelesaikan program tersebut sesuai target yaitu akhir 2011. Seperti diketahui, rehabilitasi dan revitalisasi PLG dituangkan dalam Instruksi Presiden (inpres) Nomor 2 tahun 2007 dengan kebutuhan dana sekitar Rp 9,5 triliun. Sayangnya, kucuran dana dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait, sangat minim, yakni totalnya hanya sekitar lima persen dari kebutuhan dana tiap tahunnya. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalteng, Herry Susanto Moelyono juga tak menampik kondisi itu. Menyadari kondisi itulah sehingga muncul rencana mengusulkan agar inpres terkait PLG tersebut diperpanjang hingga 2014. “Kondisinya memang seperti itu. Dananya sangat minim sehingga banyak program tidak bisa dilaksanakan, termasuk program yang kami buat untuk transmigrasi,” kata Herry kemarin. Menurut dia, rehabilitasi dan revitalisasi eks PLG harus terus dilaksanakan agar tidak sampai gagal untuk kedua kalinya. Bahkan jika perpanjangan inpres tidak disetujui, kata dia, sudah ada antisipasi agar program itu diakomodir dalam peraturan daerah (perda). Disnakertrans Provinsi Kalteng memprogramkan penempatan 62.100 kepala keluarga (KK) transmigran di kawasan PLG. Saat PLG dimulai pada 1997 lalu hingga

gagal semasa pemerintahan Orde Baru, tercatat 15.600 KK transmigran di kawasan itu, namun hanya tersisa 8.500 KK, sedangkan 7.100 KK meninggalkan lokasi karena tidak sanggup bertahan. Aktivis lingkungan yang merupakan Direktur Eksekutif Save Our Borneo (SOB) Nordin menilai, saat ini banyak permasalahan hukum terkait perizinan perkebunan kelapa sawit dan tambang di eks PLG. Hal itu menjadi salah satu pertimbangan pemerintah pusat sehingga terkesan ragu mengucurkan anggaran untuk PLG. (mgb)

Sudah Dikaveling Sawit KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalteng Herry Susanto Moelyono mengakui banyak kendala yang dihadapi dalam penempatan transmigrasi di lokasi eks PLG. Selain belum lengkapnya sarana pendukung di areal yang dicadangkan, banyak kendala teknis lainnya seperti sertifikasi lahan, ketebalan gambut lebih dari tiga meter serta banyaknya lokasi yang ternyata sudah dikavling perkebunan kelapa sawit dan pertambangan. “Kendala lain belum adanya izin pelepasan kawasan hutan untuk areal yang dicadangkan itu. Di sana juga ternyata sudah ada arahan lokasi oleh bupati untuk perkebunan sawit dan tambang. Isi inpres dengan kondisi di lapangan jauh berbeda. Ini memang harus menjadi pe2rhatian serius,” kata Herry. Informasi dihimpun BPost, saat ini terdapat sedikitnya 23 izin perkebunan kelapa sawit di kawasan PLG dengan luas areal mencapai 935.225 hektare. Kondisi itu jauh berbeda dengan isi lampiran instruksi presiden yang mencadangkan lahan perkebunan sawit hanya 10.000 hektare. (mgb)

Advertorial

Harun: SKPD Harus Sinergi KEBERHASILAN pemerintah daerah menjalankan peran, tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sangat tergantung bagaimana seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dapat menyinergikan kinerja mereka. Sinergis dalam ar ti SKPD dapat saling menyatukan visi misi dan mengoordinasikan program kerja dan seluruh potensi dan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan bersama organisasi pemerintah daerah. Hal itu diungkapkan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Harun Nurasid saat melaksanakan Safari Ramadhan yang diikuti eluruh kepala SKPD di kampung kelahirannya Haruyan, Kamis ( 2/9). “Sinergi mustahil dapat tercipta apabila tidak ada rasa saling kebersamaan, kekompakan, dan pengertian antarseluruh SKPD,” ujar Harun yang didampingi Wakil Bupati Faqih Jarjani dan Ketua DPRD H Gusti Rosyadi Elmi. Menurut orang nomor satu di Bumi Murakata

itu, kebersamaan hanya akan tumbuh apabila semua kepala SKPD dapat saling berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif meniadakan ego sektoral. “Termasuk dengan menyer takan selur uh kepala SKPD dalam Safari Ramadan, selain agar dapat akrab dengan saya yang baru dilantik sebagai bupati, sekaligus mereka dapat bertemu dan berkoordinasi “ kata Harun. Pada kesempatan itu Harun membawa kabar gembira bagi warga Haruyan. Pasalnya Jembatan Sungai Gatal yang selama ini rusak meskipun sering diperbaiki, akan direhab agar layak dilalui oleh warga. “Kepala Dinas PU telah melaporkan kepada saya bahwa Jembatan Sungai Gatal pada tahun ini akan direhab agar layak dilalui,” ujarnya yang disambut tepuk tangan ratusan warga dan seluruh Pambakal se-Haruyan sebagai tanda ekspresi gembira.

Advertorial

s ek

Terlalu Banyak Perda Retribusi 18

Empat Titik Rawan Ancam Pemudik 20

Rahasia Kelezatan Dodol Perenggi

28

PT Arutmin Berbagi Kebahagiaan berisi makanan dan minuman ser ta perlengkapan salat kepada sejumlah posyandu. Antara lain posyandu yang mendapat bingkisan adalah Desa Baharu Utara, Kotabaru Tengah, Hilir Muara, Dirgahayu, Gunung Sari, Gunung Ulin, Sungai Taib, dan Stagen. Bantuan akan diserahkan perusahaan secara simbolis di Aula Kecamatan Pulaulaut Utara, hari ini, Senin (6/9). PT Arutmin Indonesia NPLCT, Tanjung PeISTIMEWA FOTO BERSAMA - Port Manager PT Arutmin Indonesia NPLCT, Tanjung mancingan sebelumnya Pemancingan Hafis Syahrul Iwan (kiri) berfoto bersama dengan anak yatim, juga memberikan bantuan Setelah menyerahkan tali asih di Gedung Islamic Centre, Sabtu (4/9). makanan dan minuman ser ta perlengkapan salat kepada 210 orang warga Desa Sarangtiung, RATUSAN anak yatim piatu dari beberapa panti wilayah operasional perusahaan. asuhan, memadati gedung Islamic Centre, Mereka yang menerima bantuan, terdiri atas Kotabaru, Sabtu (4/9). Mereka berbuka puasa janda, anak-anak, orangtua, dan warga kurang bersama dengan manajemen PT Arutmin Indomampu. Bantuan diserahkan perwakilan mananesia NPLCT, Tanjung Pemancingan. jemen, Mustafa Haryanto. Pada kesempatan itu perusahaan memberikan PT Ar utmin Indonesia juga memberikan tali asih yang secara simbolis diserahkan manabantuan sembako kepada 137 petugas kebersihan jemen kepada pengurus panti asuhan. Yaitu Panti yang diserahkan langsung oleh M Zen perwakilan Asuhan Al Istiqomah, Desa Sigam, Sarangtiung, perusahaan kepada Dinas Tata Kota dan PeruGunung Sentral, Semayap, dan Panti Asuhan mahan. Sebatung. Tidak terlewatkan oleh perusahaan per tamPor t Manager PT Arutmin Indonesia Tanjung bangan batu bara itu, adalah pemberian sembako Pemancingan Hafis Syahrul Iwan mengatakan, kepada 49 petugas pemadam kebakaran. pemberian tali asih kepada 197 anak yatim piatu Bingkisan serupa juga diberikan kepada yang tersebar di Kecamatan Pulaulau Utara itu Danramil dan Babinsa di lingkup Kecamatan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian peruPulaulaut Utara. sahaan. Sebanyak 28 imam dan khatib di Masjid Al Menurut Hafis, di bulan Ramadan ini, anak Fitrah, Tanjung Pemancingan juga mendapat yatim piatu sangat memerlukan uluran tangan bingkisan yang diserahkan secara simbolis M Zen, semua pihak, agar saat Lebaran mereka dapat Enviro dan Comdev Supv PT Arutmin kepada merasakan kebahagiaan sebagaimana layaknya Kepala Kantor Depar temen Agama (Depag) anak-anak lainnya yang memiliki orangtua. Kotabaru. Masih banyak lagi acara yang dilaksanakan PT Di kediaman Manajer PT Arutmin Indonesia, Arutmin, selama Ramadan yang penuh berkah dan selain dilaksanakan buka puasa bersama, salat magrifah ini. Tak hanya memberi bantuan rutin magrib berjamaah, dan salat tarawaih, perusahaan dan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada juga memberikan bingkisan kepada 96 perangkat posyandu balita dan lansia. Namun manajemen desa. (*) perusahaan juga memberikan bingkisan yang

ISTIMEWA

BUKA PUASA - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Harun Nurasid memberikan sambutan saat buka puasa bersama dengan warga Haruyan

0609/B17

18 Banjar Satelit

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Diki Tak Kapok Ditangkap

■ Jual Sekarung Mercon dan Petasan Besar BANJARBARU, BPOST - Bukannya mendapat untung besar, Diki (23) warga Pelambuan, Banjarmasin justru berurusan dengan polisi. Sekarung mercon dan petasan berdaya ledak besar yang dibawanya diamankan aparat Polsekta Banjarbaru Kota, Sabtu (4/ 9) malam. Diki nekat hendak menjual sekarung mercon tersebut di Lapangan Murdjani, Banjarbaru. Belum sempat menggelar barang dagangannya di sebuah lapak polisi keburu mengamankan dan membawanya ke Mapolsekta Banjarbaru Kota. Kepada petugas Diki mengaku membeli mercon tersebut di Bajar-

masin dan sengaja dijualnya ke Banjarbaru. “Saya beli sedikit demi sedikit sejak awal Ramadan lalu, dikumpulkan untuk malam puncak ini. Beli di gudangnya langsung di Kelayan. Totalnya Rp 1.500.000, untuk yang termahal ada yang saya jual sampai Rp 300 ribu tapi belum sampai terjual sudah ketahuan petugas,” kata Diki pasrah. Petugas mengamankannya karena mercon yang dijualnya bukan berukuran kecil. Namun, besarbesar dan berdaya ledak tinggi. Bahkan ada yang panjangnya sampai satu meter bak sebuah bazooka. Jenis mercon tabung dan aneka mercon berukuran besar lainnya,

petasan pun ada yang sebesar kaleng susu. Berangkat dari Banjarmasin, meski menaiki sepeda motor dirinya tidak merasa repot membawa sekarung petasan berukuran besar tersebut ke Banjarbaru. “Saya tidak sekali ini saja ditangkap, tahun lalu juga pernah ditangkap tapi di Banjarmasin. Dengan kasus yang sama, “ kata lelaki bertubuh kurus itu. Dalam waktu yang sama petugas juga mengamankan warga yang terkait pemakaian petasan berdaya ledak besar. Adalah Warga Pelaihari, Tio (17). Yang satu ini bukan penjual, tapi pembuat sekaligus pamakai.

Petasan sebesar kaleng susu dibuatnya sendiri di rumah lalu dipakainya untuk diledakan di Murdjani. “Saya buat sendiri di rumah, dengan cara membundel kertas secara melingkar, lalu diberi bubuk mercon yang dibeli dari teman. Saya tidak menjual tapi hanya untuk sendiri,” katanya pasrah. Kapolsekta Banjarbaru Kota, AKP Jumina mengatakan mereka yang melanggar terkena tindak pidana ringan. “Sementara barangnya kami sita. Karena sangat berbahaya dengan daya ledaknya yang begitu besar,” katanya. (kur)

BANJARMASIN POST GROUP/KURNIAWAN

MERCON - Petugas Polsekta Banjarbaru Kota mengamankan sekarung mercon dan petasan dari Diki (kaus putih) dan seorang pemakai, Tio (kaus hitam), Sabtu (4/9) di Lapangan Murdjani.

Terlalu Banyak Perda Retribusi MARTAPURA, BPOST - Pemkab Banjar memutuskan untuk menggabungkan sejumlah perda tentang pajak dan retribusi dalam satu perda. Sebab, begitu banyak perda tentang pajak dan retribusi yang mendesak untuk diselesaikan 2010 ini. Sejumlah perda yang memiliki kesamaan dikelompokan dalam bentuk satu perda. Dari 35 perda yang sekarang berlaku, nantinya hanya akan ada tiga perda tentang retribusi dan satu perda tentang pajak. Kepala Bagian Hukum Pemkab Banjar, Harry Supriadi mengatakan, total perda tentang pajak dan retribusi yang harus direvisi 35 perda. Bila seluruh perda tersebut dibahas satu persatu tentunya tidak akan selesai-selesai. Sedangkan, untuk menyelesaikan perda ini cukup mendesak waktunya. Ada perda yang sudah harus direvisi sebelum akhir 2010 dan ada pula perda yang sudah harus diselesaikan sebelum 2011.

“Kalau kita bahas satu persatu keseluruhan perda sebanyak 35 tidak akan selesai-selesai” HARRY SUPRIADI Kabag Hukum

“Kalau kita bahas satu persatu keseluruhan perda sebanyak 35 tidak akan selesaiselesai. Perlu waktu yang

panjang bertahun-tahun untuk menyelesaikannya,” terang Harry, Sabtu (4/9). Harry menjelaskan, untuk menyiasati keperluan revisi perda ini pihaknya mengelompokan sejumlah perda yang dianggap memiliki kesamaan dan waktunya mendesak harus diselesaikan akhir tahun 2010 ini. Berdasarkan UU NO 28/ 2009 tentang pajak dan retribusi, ada perda tentang pajak yang baru dilimpahkan dari pusat ke daerah. Misalnya, pajak air tanah, sarang burung walet, bea pembuatan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) . Untuk pajak air tanah, sarang burung walet serta BPHTP ini sejak 2011 nanti pemerintah pusat tidak lagi memungut. “Bila kita tidak menyiapkan perdanya pada akhir 2010 ini maka daerah akan kehilangan potensi pendapatan yang diserahkan ke daerah. Karena itu, kita kejar waktunya untuk menyelesaikan perda-perda ini. Saat

ini, semuanya tengah dalam proses penggodokan,” terang Harry. Menurutnya, setelah dikelompokkan akan ada empat perda saja, yakni tiga perda tentang retribusi dan satu perda mengenai pajak. Tiga perda tentang retribusi ini menyangkut retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha dan retribusi perizinan tertentu. Sedangkan satu perda mengenai pajak, bebernya, pajak hotel, pajak restoran, pajak parkir, pajak reklame, pajak mineral bukan logam dan batuan serta pajak yang baru seperti pajak air tanah, sarang burung walet serta bea pembuatan hak atas tanah dan bangunan. “Jumlah perda pajak yang dikelompokkan menjadi satu perda ada 11 sedangkan untuk retribusi ada 31 perda. Saat ini, untuk pajak tengah kita godok. Jadwal kami, Oktober sudah penyampaian Bupati sehingga sebelum 2010 nanti itu sudah selesai,” katanya. (wid)

Tambah Satu Kecamatan Lagi

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

WASPADA - Pengendara dan pejalan kaki di kawasan Jalan A Yani km 33, Loktabat Banjarbaru, perlu mewaspadai beberapa titik trotoar yang banyak berlubang, terlebih saat hujan turun kawasan tersebut sering tergenang air, Minggu (5/9).

MARTAPURA, BPOST - Meski jumlah kecamatannya mencapai 19 Pemkab Banjar sepertinya masih ingin menambah satu kecamatan lagi. Kecamatan Simpangempat kembali diwacanakan untuk dimekarkan dan dibentk kecamatan baru. Alasannya, desa-desa yang tersebar dan jauhnya jarak desa dengan pusat kecamatan untuk pengurusan masalah administrasi menjadi pemicu pemekaran. Seperti Desa Makmurkarya. Pembakal Makmurkarya, H Kati, mengaku, mendengar wacana tersebut dan ini memang sudah lama dinantikan penduduk setempat. Jarak menuju ke Kantor Kecamatan Simpang Empat sekarang ini memang sangat jauh sehingga sangat susah ketika hendak

mengurus surat menyurat seperti KTP, kartu keluarga dan lainnya. Selama ini, untuk mengurus KTP dan administrasi kependudukan lainnya warga menitipkan kepada pembakal. Karena letak desa yang cukup jauh dari kecamatan sehingga sangat melelahkan bila ada urusan yang harus diselesaikan di Kecamatan. Perlu waktu sekitar satu jam untuk menempuh perjalanan sekitar 80 kilometer menuju kantor Kecamatan Simpang Empat. Itupun bila dalam kondisi panas, tetapi bila sudah cuaca hujan seperti sekarang ini perlu waktu dua bahkan sampai tiga jam. “Kebetulan jalan di desa kami masih berupa jalan tanah sehingga becek dan berlubang. Kalau hujan, bisa 2-3 jam

lamanya untuk sampai ke kantor kecamatan. Makanya, kami sangat mendukung pemekaran ini,” terangnya, Sabtu (4/9). Kabag Tapem Kabupaten Banjar, Aidil Basith membenarkan wacana pemekaran tersebut. Wacana tersebut, secara lisan sudah ada disampaikan masyarakat saat safari Ramadan di Simpangempat. Selanjutnya, tinggal disampaikan permohonan tertulis dari masyarakat. Alasan pemekaran ini, bebernya, karena letak desa-desa di kawasan tersebut cukup jauh dengan kantor kecamatan sekarang ini. Seperti di antaranya, Desa Sumbersari, Sindangjaya, Cintapuri, Simpanglima, Makmurkarya dan Alalakpadang. (wid)

0609/B18

19 Bumi Antasari

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Batal Bangun RS Gunung Kayangan ■ Ditawarkan kepada Investor PELAIHARI, BPOST - Pemerintah Kabupaten Tanahlaut mengurungkan niatnya membangun rumah sakit di kawasan Gunung Kayangan. Bagi pihak ketiga (investor) yang berminat bisa mengambilalihnya. Bupati Tala H Adriansyah (Aad) mengatakan setelah dikaji secara lebih mendalam ternyata dibutuhkan biaya yang sangat besar untuk membangun dan mengoperasionalkan rumah sakit di kawasan Gunung Kayangan. Sementara masih banyak kepentingan publik lainnya yang juga mendesak dipenuhi, seperti infrastruktur dan sarana prasarana pertanian. Karenanya untuk sementara waktu pemerintahannya akan mendorong pemaksimalan pelayanan di rumah sakit yang ada (RSUD Hadji Boejasin). Tenaga medis terus ditambah dan dilengkapi, termasuk peralatannya sehingga pelayanan kesehatan menjadi lebih baik lagi. Namun begitu pemerintahannya juga tetap akan mendorong pendirian rumah sakit baru di wilayah kota Pelaihari. Dengan begitu masyarakat akan semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. “Pihak manapun yang berkeinginan membangun rumah sakit di Kota Pelaihari akan kami dukung, apakah

DOK BPOST GROUP

“Pihak manapun yang berkeinginan membangun rumah sakit di Kota Pelaihari akan kami dukung” ADRIANSYAH Bupati Tala

kalangan swasta atau dari parpol sekali pun. Dengan catatan orientasinya benarbenar untuk membantu masyarakat miskin, misalnya berobat gratis,” kata Aad. Pemerintahannya akan siap bekerja sama jika ada pihak yang berkomitmen seperti itu. “Silakan bangun rumah sakit, tak perlu besar, yang penting punya komit-

men mulia seperti itu, menyediakan layanan pengobatan gratis bagi masyarakat kecil. Nah, nanti biaya pengobatannya akan ditanggung pemda,” ucap Aad. Aad menegaskan kesehatan adalah salah satu kebutuhan mendasar masyarakat yang harus dilindungi dan diayomi pemerintah. Karenanya pemerintah akan memberikan dukungan penuh jika ada pihak yang berkeinginan membangun rumah sakit yang orientasinya fokus pada pelayanan masyarakat, terutama masyarakat kecil melalui layanan pengobatan gratis. Bagaimana dengan Gunung Kayangan? Aad mengatakan tempat itu tetap bisa digunakan untuk pembangunan rumah sakit. Apalagi panorama alam di sekitarnya sangat elok dan udaranya sejuk. Cocok untuk rumah sakit layanan khusus (VIP). “Karena itu kalau ada investor yang berminat membangun rumah sakit di situ, kami membuka diri.” Saat ini kawasan Gunung Kayangan dijadikan wisata alternatif oleh Pemkab Tala. Di puncak gunung telah dibangun resor dengan dua menara serta area parkir. Kendati tak banyak, tiap hari ada saja pelancong yang singgah, terutama pengendara yang sedang bepergian jauh. (roy)

Warga Malaysia Tetap Tenang BATULICIN, BPOST - Memanasnya hubungan Indonesia dengan Malaysia ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap warga Malaysia yang tinggal di Tanahbumbu (Tanbu). Kapolres Tanbu AKBP Winarto mengatakan, enam warga negara Malaysia yang tinggal di Tanbu hingga kini belum minta minta perlindungan. Kasi penempatan tenaga kerja Disnaker Tanbu Ade Hendana kepada mengatakan, keenam warga negara Malaysia yang

tinggal di Tanbu itu bekerja di perkebunan kelapa sawit dan pertambangan batu bara. Menurut Ade Hendana, ada 73 orang warga negara asing yang bekerja di Tanbu, mereka itu berasal dari 14 negara, di antaranya Inggris, Sri Lanka, dan Malaysia. Sementara Kabid Perkebunan Dinas Kehutanan Tanbu Mujiono mengatakan, investasi Malaysia di Tanbu hingga sekarang juga tidak terpengaruh dengan memanasnya hubungan kedua negara itu. Investasi Malaysia di Tanbu umumnya bergerak di bidang tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit. Untuk perkebunan kelapa sawit ada dua perusahaan dengan besaran luas perkebunan lebih dari 11 ribu hektare yang tersebar di Kecamatan Kusanhulu, Sungai Loban, dan Angsana. Perusahaan Malaysia memperkerjakan warga lokal, namun pimpinan teNET SAWIT - Perkebunan kelapa sawit di Kalimantan dikuasai investor tap berasal dari negeri jiran itu. (him) dari Malaysia.

BANJARMASIN POST GROUP/HELRIANSYAH

TAK DILANJUTKAN - Pembangunan Taman Kota Siringlaut yang memasuki tahap kedua, tak dilanjutkan, karena memerlukan dana yang cukup besar yaitu Rp 54 miliar.

Irhami Hentikan Proyek Siring Laut ■ Tak Ingin seperti Limburraya KOTABARU, BPOST - Proyek pengembangan Taman Kota Siringlaut yang memasuki pengerjaan tahap kedua terancam tidak dilanjutkan, karena anggarannya terlalu besar. Seperti diketahui, proyek peninggalan Bupati Sjachrani Mataja itu diperkirakan menelan dana Rp 54 miliar yang bersumber dari APBD Kotabaru. “Kalau pekerjaan dilakukan bertahap, dengan dana sebesar itu, sepuluh tahun tidak selesai. Jadi kita hentikan saja, kalau ada dananya,

sekaligus saja dikerjakan. Tidak usah bertahap,” kata Irhami. Irhami mengatakan kebijakan itu diambil, karena dia tidak ingin proyek pengembangan wisata Siringlaut yang bakal menjadi ikon daerah itu bernasib seperti Pasar Limburraya yang sampai sekarang fasilitas di sana tidak bisa difungsikan. Seperti lift dan tangga berjalan (eskalator). Sampai dengan tahap dua ini, kata dia, pembangunan Taman Kota Siringlaut sudah menyerap dana APBD lebih

Rp 10 miliar. “Jadi lebih baik dana sebesar itu digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur lain,” kata Irhami yang diiyakan wakilnya Rudy Suryana. Sebelumnya, Irhami juga meminta kepada kontraktor menyerahkan dokumen kontrak proyek itu untuk diperiksa apakah sudah sesuai pengerjaannya. Selain memeriksa dokumen, satu bundel kontrak proyek pengembangan wisata Siringlaut yang dikerjakan PT Buana Karya Wiratama sejak

27 Mei sampai 23 Oktober 2010, dibawa Irhami ke rumah untuk diteliti lebih cermat. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Kebudadayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kotabaru Mucharan Rasid, hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi karena telepon genggamnya tidak aktif. Pantauan BPost di lokasi proyek, pembangunan taman Siringlaut tetap berlangsung. Namun sayang, tak satu pun pengawas yang mau memberikan keterangan terkait proyek itu. (sah)

Diny Nyambi Ngorder Makalah AKHIR pekan tadi menjadi hari penuh makna bagi Dinny Maxsalina (20). Bola matanya berbinar. Impian membeli buku penunjang kuliah segera menjadi kenyataan. “Alhamdulillah masih ada yang peduli pada kami, anak-anak orang miskin. Uang ini akan saya belikan buku-buku kuliah,” kata Dinny saat ditemui usai mengikuti buka puasa dan penyerahan beasiswa di Balairung Tuntung Pandang, Jumat (3/9) malam. Ada 14 mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang juga menerima beasiswa. Per orang menerima Rp 1 juta. Dinny berasal dari keluarga paling tidak mampu. Mahasiswi semester lima Fakultas

Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Negeri Lambung Mangkurat itu tak memiliki ayah lagi sejak lima tahun silam. Sejak itu kondisi ekonomi keluarganya kian lemah hingga sang ibu, Rafidah (42), harus kerja keras mencari nafkah. Mengojek. Itulah profesi sang ibunda Dinny yang berdomisili di Jalan Pusara, Pelaihari. Meski profesi itu cenderung dominasi kalangan pria, Dinny tak pernah merasa malu atau risih. Sebaliknya ia bangga karena sang ibu memberi contoh nyata bekerja keras dan bertanggung jawab. Menyadari keterbatasan kemampuan finansial orangtuanya, Dinny harus mengimbanginya dengan hidup pri-

hatin selama kuliah. Makan dengan lauk seadanya. Terpenting baginya cepat selesai kuliah dan bisa mandiri. Kerja keras sang ibu memotivasinya untuk turut belajar hidup sesungguhnya. Meski hari-hari sibuk dengan tugas kuliah, ia meluangkan waktu untuk mencari nafkah. “Saya nyambi membantu mengerjakan makalah sesama mahasiswa. Alhamdulillah walau tak seberapa, hasilnya bisa untuk nambah-nambah keperluan kuliah saya,” kata Diny. Beruntung selama ini sejak tahun lalu, sebuah organisasi kemasyarakatan di Tala yakni BKLH (Bina Kemasyarakatan dan Lingkungan Hidup) Tala memasukkan namanya dalam daftar penerima beasiswa. (roy)

0609/B19

20 Banua Anam

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Rp 2,5 M untuk Beli Asrama ■ Dewan Tolak Rencana Pemkab Tabalong TANJUNG, BPOST - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong membeli sebuah bangunan rumah di Kota Banjarmasin tidak disetujui Badan Anggaran (Banggar) DPRD setempat. Alasannya, rumah dengan bahan kayu yang rencananya dijadikan asrama puteri atau tempat tinggal untuk mahasiswi atau pelajar asal Tabalong yang mengenyam pendidikan atau kuliah di Kota Banjarmasin itu harganya mencapai Rp 2,5 miliar. “Kita sangat berat untuk menyetujui usulan pemda tersebut. Karena sesuai informasi dari komisi II yang mengecek ke Banjarmasin belum lama tadi, kondisi rumahnya sangat tidak layak,” kata anggota Banggar DPRD Tabalong, Ampera AY Mebas, Minggu (5/9). Menurutnya, kondisi rumahnya buruk dan tidak bisa langsung ditempati menjadi asrama. “Karena masih bentuk rumah biasa dan kalau di-

bandingkan dengan jumlah anggaran daerah yang diusulkan di Bagian Tapem sangat tidak sepadan,” katanya. “Pemda Tabalong kalau mau membeli gedung atau rumah untuk asrama puteri itu lebih baik cari rumah yang sudah bentuk kos-kosan atau banyak kamarnya,” kata kader PKPB ini. Sementara rumah yang diusulkan pemda setempat, Sudarmadi SH MH, anggota Banggar lainnya menambahkan, setelah dibeli harus direnovasi lagi untuk memperbanyak kamarnya. “Sebenarnya kita (dewan) sangat setuju dengan rencana Pemda Tabalong untuk mengadakan asrama puteri setelah asrama putera lebih dulu ada di Banjarmasin,” kata mantan Ketua Asrama Himpunan Pelajar dan Mahasiswa TabaLong (HPMT) Banjarmasin ini. Namun, imbuhnya, lokasi rumah yang akan dijadikan asrama puteri Tabalong, juga sa-

ngat tidak strategis, yakni Jalan S Parman, masuk gang dan cukup jauh dengan lingkungan kampus atau perkuliahan. “Sementara anggaran daerah yang akan disediakan cukup besar Rp 2,5 miliar. Kalau mau menyediakan asrama puteri, lebih baik cari Jalan Kayutangi I atau II. Selain, bentuknya sudah bentuk koskosan dan harganya mungkin jauh lebih sepadan,” Sudarmadi. Untuk itu, ditegaskan kader PAN ini, karena kondisi rumah yang akan dibeli tidak sesuai dengan harga yang diusulkan, pihaknya menolak (menunda) anggaran pembelian asrama puteri yang diusulkan pemda dalam APBD-P Tabalong 2010 ini. Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten Tabalong, Nanang Mulkani ketika dikonfirmasi masalah itu belum bisa diperoleh penjelasannya. Berulang kali nomor teleponnya dikontak selalu tidak aktif. (mdn)

BANJARMASIN POST GROUP/SYAIFUL AKHYAR

GERBANG KOTA - Beragam aktivitas warga Rantau di dekat pintu gerbang Kota Rantau. Pintu gerbang Kota Rantau berada di pusat kota dan ramai dikunjungi warga.

Empat Titik Rawan Incar Pemudik ■ Tapin Aktifkan Pos Pengamanan Pendamping RANTAU, BPOST - Warga yang mudik ke arah hulu sungai, Kalteng atau Kaltim diharapkan berhati-hati saat memasuki Kabupaten Tapin. Pasalnya, di kawasan ini setidaknya ada empat titik paling rawan kecelakaan. Titik rawan kecelakaan itu, yakni di Jalan Brigjen H Hasan Basery km 2 Rantau. Analis anatomi kerawanan merinci kondisi jalannya yang lurus namun agak sempit dan tidak ada bahu jalan. Pada Agustus lalu kawasan tersebut memakan satu korban pengendara sepeda motor meninggal kecelakaan. “Memasuki titik rawan ini,

sedikit saja arah kendaraan melebar dengan gegabah tanpa memperhatikan pengendara lain di belakangnya, peluang kecelakaan sangat mungkin. Terlebih, di jalur lurus ini kendaraan cenderung berkecepatan tinggi,” jelas Kasatlantas Tapin, Eko Tjahyo Untoro SH SIK. Jalur lurus dan sempit tanpa bahu jalan mengakibatkan kendaraan tak leluasa meng-

hindar jika ada aral mendadak di hadapan, karena terbatasnya lebar badan jalan. Titik rawan kecelakaan berikutnya di Jalan A Yani km 105 kawasan Desa Sawang, Kecamatan Tapin Selatan. Selama sebulan terakhir ini, sudah meminta satu korban pengendara sepeda motor. “Kerawanan kecelakaan di titik ini selain dipicu kondisi jalan lurus dan sepi, juga karena ada persimpangan tiga keluar masuk jalan desa,” katanya. Kemudian, Jalan A Yani km 85 Binuang juga termasuk rawan kecelakaan karena kondisi jalan agak menikung, ada persimpangan empat

“Kerawanan kecelakaan di titik ini selain dipicu kondisi jalan lurus dan sepi, juga karena ada persimpangan tiga keluar masuk jalan desa” EKO TJAHYO UNTORO Kasatlantas Tapin dan keramaian di persimpangan. Titik paling rawan berikut-

nya di jalur By Pass Jalan Jenderal Sudirman. Kondisi jalannya banyak menikung, terdapat tepian sungai, sempit dan tak ada bahu jalan sehingga sangat berbahaya jika kendaraan mendadak melebar arah. Terlebih jalur ini merupakan jalur lintas mobil angkutan penumpang antardaerah dan provinsi. “Kita mengimbau kepada pengendara supaya berhatihati setiap kali memasuki kawasan rawan kecelakaan atau jalan yang kondisinya berbahaya,” imbaunya. Untuk membantu melakukan pemantauan dan penanganan yang terkait dengan

TITIK RAWAN DI WILAYAH TAPIN ■ ■ ■ ■

Jalan Brigjen H Hasan Basery km 2 Rantau Jalan A Yani km 105 kawasan Desa Sawang Jalan A Yani km 85 Binuang Jalur By Pass Jalan Jenderal Sudirman Sumber Satlantas Tapin

keamanan dan kenyamanan lalu lintas kendaraan, satlantas setempat telah mengaktifkan pos pengamanan pendamping di sejumlah titik strategis. Di antaranya pos pengamanan di Jalan A Yani km 85 Binuang dan pos di Jalan Brigjen H Hasan Basery depan kantor BRI.

Pos pendamping ini selain untuk memantau dan menangani kelancaran arus lalu lintas kendaraan, juga untuk antisipasi kecelakaan. “Termasuk penanganan kecelakaan, juga untuk memberikan pelayanan kepada para pengendara seputar keluhan permasalahan lalu lintas,” jelas Eko. (sar)

0609/B20

Tambun Bungai 21

Banjarmasin Post SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Kepala Dinas Bantah Ada Mogok ■ Dokter Fitri Sebut Pelecehan Profesi KUALAKAPUAS, BPOST - Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Ani Handaningrum membantah tindakan tidak masuk kantor yang dilakukan sebagian besar perawat maupun staf Puskesmas Anjir Serapat, Selasa (31/8), sebagai mogok kerja.

BANJARMASIN POST GROUP/NORJANI ASERAN

SEPI - Ketika moda angkutan darat dan udara kebanjiran penumpang arus mudik lebaran, pengusaha angkutan sungai hanya gigit jari. Penumpang kapal jurusan Palangkaraya-Bahaur yang sandar di Dermaga Rambang itu tetap sepi penumpang.

Pernyataan itu menimbulkan pertanyaan, terlebih bantahan itu disampaikan beberapa hari setelah peristiwa terjadi. Apalagi sebelumnya, sejumlah pejabat termasuk Ani harus bolak-balik ke puskesmas tersebut untuk mempertemukan para bawahannya. “Tidak ada pemogokan. Setelah saya telusuri, (ketika itu) ada yang sedang ke bank, sakit, dan membayar pajak. Ada juga yang memang tidak masuk, tapi bukan karena pemogokan,” kata Ani, Sabtu (4/9). Pernyataan itu berbeda dengan perkataan dia sebelumnya. “Sanksi bagi pegawai yang mbalelo tetap ada, karena aksi mogok seperti ini sangat merugikan masyara-

kat,” kata kadinkes ketika datang ke Puskesmas Anjir Serapat setelah mendengar adanya mogok perawat dan staf. Waktu itu, dia sempat menunggu di puskesmas karena hanya ada tiga bawahannya yang memberikan pelayanan. Dari keterangan, mogok kerja yang dilakukan perawat dan staf puskesmas itu merupakan puncak konflik internal yang terjadi dengan dr Fitri Ningrum Intani selaku kepala puskesmas. Penyebabnya, jasa medis dari pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) bagi perawat tak dibayar. Terkait masalah itu, dr Fitri dalam pernyataan tertulisnya kepada BPost, antara lain

menjelaskan bahwa keterlambatan pembagian jasa medis Jamkesmas di puskesmas itu karena masalah internal. Bendahara Jamkesmas mengundurkan diri karena sakit, dan adanya keberatan dari suami yang bersangkutan yang disampaikan secara pribadi kepadanya. Alasan itulah yang membuat jasa Jamkesmas belum bisa dibagikan sampai ada bendahara pengganti, dan untuk sementara uang Jamkesmas dipegang kepala puskesmas. Upaya mencari bendaraha pengganti juga tidak terpenuhi karena tidak ada yang mau, sehingga masalah itu dilaporkan ke dinas untuk ditindaklanjuti. “Penolakan staf terhadap diri saya sebagai Kepala Puskesmas Anjir Serapat merupakan pelecehan profesi, yang ti-

dak mustahil membuat saya keberatan. Sebagai dokter PNS, saya mendapat SK resmi dari pemerintah sehingga mutasi dan sebagainya dilakukan sesuai prosedur. Bukan diusir oleh staf,” kata Fitri. Dia menyatakan siap diperiksa, jika tindakannya itu dianggap menggelapkan uang Jamkesmas. Masalah itu juga menarik perhatian Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Don Leiden, yang secara khusus datang ke Puskesmas Anjir Serapat untuk melihat jalannya pelayanan, Sabtu. “Saya tidak mau ikut campur. Tidak ada pelajaran kepada perawat untuk memperparah pasien bahkan membuatnya meninggal, melainkan bekerja sesuai dengan prosedur,” katanya. (ami)

■ Rumah Betang Digarap 2011

Dilengkapi Water Boom dan Lapangan Adat RENCANA pembangunan rumah betang Kapuas di Kelurahan Sungaipasah, Kecamatan Kapuashilir, kian dimatangkan. Tidak hanya sebagai cagar budaya, kawasan itu bakal dilengkapi berbagai fasilitas wisata. Dalam detail enginering desain (DED) yang telah dibuat Dinas Pekerjaan Umum Kapuas, pada lahan seluas 3,5 hektare tersebut kelak dibangun kolam renang berikut water boom yang dilengkapi beberapa wahana. Ada pula fasilitas lain, seperti kios suvenir dan lapangan adat. “Kita menginginkan, lokasi itu tidak hanya menjadi tempat yang memberikan wisata budaya, tapi juga sebagai taman wisata,” ujar Kabid Cipta Karya Dinas PU Kapuas Paulus Manginte, Sabtu (4/9). Bakal dilanjutkannya pembangunan rumah betang Kapuas di Kelurah-

bali dibangun huma hai (rumah besar). gelar Raksapati I. an Sungaipasah Kecamatan KapuasNamun kembali rusak dimakan usia Usianya yang tua serta perawatan hilir, beberapa waktu lalu diungkappada sekitar 1980. yang kurang, membuat rumah itu tak kan Bupati HM Mawardi saat melaMengingat sejarahnya, kawasan di bertahan dan akhirnya ambruk pada kukan ramah tamah dengan romsekitar rumah betang Sungaipasah itu 1900. Setelah itu, pada 1900-an kembongan Susur Sungai Barito-Kayahan dijadikan sebagai salah satu BPost 2010. cagar budaya di Kabupaten “Kita punya rumah betang di Kapuas. Pemerintah pusat Sungaipasah yang sampai kini pada 2004-2006 juga melakubelum terbangun. Nanti kita akan kan penataan kawasan kota kembangkan tempat itu sehingga, lama Kualakapuas itu, namun bisa menjadi salah satu tempat tidak sampai pada tahap wisata budaya di Kapuas,” kata penyelesaian, termasuk pada Mawardi. pembangunan rumah betang. Bangunan rumah betang di SuPaulus mengaku, pihaknya ngaipasah merupakan salah satu belum mengalkulasi total biacagar budaya yang menjadi cikal ya yang dibutuhkan untuk pebakal berdirinya Kota Kualakanyelesaian dan pembangunan puas. Rumah panjang yang biasakawasan rumah betang ternya dihuni oleh sejumlah kepala sebut. Yang pasti, alokasi dana keluarga dalam satu garis ketuNET runan itu, diperkirakan dibangun WISATA - Rumah betang di Kapuas ini akan dilengkapi akan diusulkan dalam APBD Kapuas pada 2011. (ami) pada 1806 oleh Malik yang ber- water boom dan sarana wisata lainnya.

Palangka Raya sekitarnya

IMSAK 04:55

SUBUH 04:05

ZUHUR 11:24

ASAR 14:37

MAGRIB 17:27

ISYA 18:36

0609/B21

22

23

Banjarmasin Post

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

SUZUKI

Avanza G VVTi 2010 100% br Grey, Merah, Slvr, bns srng jok / karpet dsr C/K

Hrg Nego

V.57027-14/9

Avanza G VVTi 06, 07, 09 barang istimewa, spt Baru Cash/Krdt HARGA NEGO V.57027-14/9

Terios Bonus TV mobil + hdh menarik r stock Manual / Matic. Bunga 5% DP 24jtan V.59778-15/9

R stock Xenia Manual / Matic bonus kaca film,sarung jok, karpet dsr. Bunga 5% DP 13jtan V.59778-15/9

SX Over Th08 Grey / Hitam ‘08 Matic Full Var barang gress ky br Harga Nego V.061156-3/10

Swift ST Th08 Biru barang mulus kaya baru Harga Nego V.061156-3/10

Carry Pick Up 1.5 Th2008. Espass Th95 Harga 23,5jt Harga Nego V.000-3/10

MITSUBISHI

Escudo 1.6 Th2004. Merah Hati Th03 Harga 117jt Nego V.000-3/10 Escudo 2.0i 02 Akhr htm jrng pakai ABS AC CD Audio 085753200000/085249611111 Harga Nego V.060922-7/9

Avanza bonus body caver

Yaris

TDP 17jt

TDP 19jt

V.059233-9/9

V.059233-9/9

Fortuner ‘06 Silver Asli Banjar Fortuner 07 Htm C/K. V. 000-7/10 Harga Nego

Jazz S Th08 Putih. jAZZ a/t TH 04 Harga Nego V. 000-7/10

9 unit Avanza Baru G VVTi ‘10 100% BR bns srg jok, karpet, kaca film V.059155-9/9 Harga Nego

V.059233-9/9

X Over ‘07 AT asli Banjar. X Over 07 AT Merah Harga Nego V. 000-7/10

Innova G Th‘08 Escudo 2.0 01. Terios TX AT ‘07 Cash / kredit V. 000-7/10 Harga Nego

Fortuner G Lux 08 New Model & Fortuner G Lux 05 htm C/K V.059155-9/9 Harga 295jt Nego

Luxio Cash Back 10jt+bonus kaca film sarung jok karpet dasar Bunga 5% / 4th V.060570-26/9

Terios DP 25 jutaan+bonus kaca film sarung jok karpet dasar,TV mbl Bunga 5% / 4th V.060570-26/9

Tyt Altis Th04 Akh Hitam Hrg 125jt Vios 03, Kjg LGX 03 C/K V.059155-9/9 Harga Nego HUB ISTANA MOTOR JL LINGKAR BENUA ANYAR HP.08125123674/ 05117401974/081349751985 MAU JUAL MOBIL HUB H. YANTO 08125123674 / 0511 - 7401974/081349751985 MINGGU TETAP BUKA

Pick Up DP 9 jutaaan

Xenia DP 13 Jutaan +bonus kaca film sarung jok karpet dasar V.060570-26/9 Bunga 5% / 4th

X Trail Cash back langsung asesoris DP 40jt / Angsuran 2,5jt

Terios DP 16jtan atau Angs 3jtan + hadiah

Xenia DP 12jtan atau Angs 2,5jtan + hadiah

V.058843-5/9

V.60033-16/9

V.60033-16/9

Jazz RS & CRV 2010 100% BR pilih wrn Disk 5-10jt C/K V.059155-9/9 Harga Nego

Strada L200 Turbo ‘08 Eks Pth eks pkaian sndr Plt DA 4412853/0811516661. Harga Nego V.060668-4/10(Hmd)

NISSAN

Jazz IDSi ‘08Silverstone. Yaris E Th08 Merah full var brg bgs C/K V.57027-14/9 HARGA NEGO

Suzuki X Over Th2008. Orange Swift ST ‘08 Merah barang bagus V.57027-14/9 HARGA NEGO

HUB. SHOWROOM SUNU MOTOR Jl A Yani Km 8,7 Banjarmasin Telp. 0511-4281637/7405859/0811514948

Luxio Cash Back 10jt/bonus kaca film sarung jok karpet dasar,TV mbl Bunga 5% DP 12jtan V.59778-15/9

Grand Max Pick Up Angsuran 2jtan cash back s/d 5jt. V.59778-15/9 Bunga 5% DP 8jtan

Hubungi 081351874874 / 0511-7582343 BUNGA RENDAH TIADA TANDING BUKTIKAN !!!

New CRV A/T Th06. Silverstone, asli Banjar brg full variasi V.061156-3/10 Harga Nego

All New CRV th 08 silverstone brg gress V.061156-3/10 Harga Nego

HUB HY MOTOR Jl Sultan Adam Ruko No 3 Banjarmasin HP 08125016535 / 7517732 / 7394472

Ford Escape Th2003 Hitam siap pakai variasi Harga Nego V.000-3/10

Dijual Timor th 2000 Hitam

Rush

Harga 42jt Nego

TDP 20jt

V.000-3/10

Hubungi ANSHARI MOTOR Jl Sultan Adam Telp 0511-7675522 / 6195347 / 085249383305

Kijang Innova V.059233-9/9

TDP 20jt

Ready stock, Bunga dan Angsuran Ringan Swift Th08 Silver asli Bjr orsnl var lkp Hub 081251115202. V.061394-13/9 Harga Nego

Hub 7427818/7106111/085248254999/081351435758

HUB ANUGERAH VARIASI JL A YANI Km 1 No 29 C, 29 D, 29 E TELP 081351567889

Bunga 5% / 4th

V.060570-26/9

Hub 081251229944 / 0511-7446505 HARGA SUPER MIRING, JANGAN SALAH PILIH DEALER

X Trail ST Th04 Silver bs krdt Hub D Basuni 08125014347/7414347. V.061351-9/9 Harga Nego

MITSUBISHI

Terios Angs 3jtan+bns,kc film, srg jok, karpet dsr, TV mbl V.000-29/9 TDP 14jtan

Xenia Angs 2jtan+bns srg jok, kc film karpet dsr. TDP 10jtan V.000-29/9

Sirion M th 2007 Manual merah mls trwt Harga Nego V.60851-29/9

Swift ST Th08 Manual asli Bjm Km 20rb pjk panjang 1th Harga 152jt Nego V.60851-29/9

Grand Vitara JLX Th07 Abu2 mls Honda Jazz ‘07 Vtech Harga Nego V.059010-6/9

All New CRV Th07 Hitam mulus Mits Kuda Diamond ‘03 asli Bjr Htm Harga Nego V.059010-6/9

Luxio Cash Back hadiah menarik DP mulai 15%

V.59033-9/9

Terios Bns Cover Jok,Karpet dsr, Kc film, plus bns cntik DP 17jtaan V.59033-9/9

Mits *kredit tnp bunga ready stock Triton, Pajero, Colt Diesel, 085251306362.

Avanza G Total DP 40.000.000 Angsuran 3.914.000 Hrg 163.250.000 Nego .059508-13/9

Avanza G Total DP 60.000.000 Angsuran 3.220.000 Hrg 163.250.000 Nego .059508-13/9

Jazz S MT Total DP 50.000.000 Angsuran 5.038.000 Harga 209jt Nego V.059508-13/9

Jazz S MT Total DP 75.000.000 Angsuran 4.165.000 Harga 209jt Nego V.059508-13/9

X Gear DP 25juta / Angsuran 2,5 juta

Innova G MT Total DP 60.000.000 Angsuran 5.776.000 Hrg 242.150.000 Nego .059508-13/9

Innova G MT Total DP 85.000.000 Angsuran 4.872.000 Hrg 242.150.000 Nego .059508-13/9

CRV 2.0 MT Total DP 85.000.000 Angsuran 8.632.000 V.059508-13/9 Harga 358jt Nego

CRV 2.0 MT Total DP 125.000.000 Angsuran 7.211.000 Harga 358jt Nego V.059508-13/9

Grand Livina Hadiah langsung asesoris DP 25jt / Angsuran 2,5 jt

Navara full asesoris DP 60juta/ Angsuran 6 juta

Pick Up DP 9jtan atau Angs 2jtan

V.058843-5/9

V.058843-5/9

V.60033-16/9

V.058843-5/9

Over krdt G Livina SV 1.5X Grey sisa Angs 42x4,4jt Hub 081350253000. Harga 45jt Nego V.061161-6/9

V.061216-3/10

Luxio Angs 3jtan hdh Honda REVO/ cash back 12jtan. V.000-29/9

Pick Up Angs 2jtan+bns souvenir menarik TDP 9jtan V.000-29/9

PAKET SUPER MURAH DAIHATSU Hub Novi 085249842580 / 7559219 Rudi 081253029889/6230889 Harga Super Miring Pelayanan Oke Prss 1 hr selesai

2 unit G Vitara JLX Matic Manual Th07 Hitam V.60851-29/9 Harga Nego

Yaris E Th07 Manual Merah variasi V.60851-29/9 Harga Nego

X Over Th08 Manual Orange. Terios TS 09 silver Harga Nego V.059010-6/9

Hub SINAR ABADI MOTOR, Jl A Yani Km 9,700 No. 97 Sebrang Pom Bensin 08115002016 / 0511 - 6181990 TERIMA TUKAR TAMBAH CASH / KREDIT

2 Unit Jazz RS 08 silver & Biru. Yaris 06 V.059010-6/9 Harga Nego

SINAR JAYA MOTOR JL SULTAN ADAM 48 7474554 / 0811505997

Granamx Pick Up, Angs 2jtan. Cash back plus bns menarik V.59033-9/9 DP 9jtaan

Xenia Bns Cover Jok,Karpet dsr, Kc film, plus bns menarik V.59033-9/9 DP hnya 13jtaan

Hub 085651000065 Pick Up ‘82 Hijau Tua body mls siap pakai msn ok 081349706276 / 7672770. V.060932-8/9 Harga Nego

Jazz VTec Th08 Hitam, audio full asli Bjr V.059278-15/9 Harga Nego

Swift 07 CBU hitam . Jual Avanza 08/Estilo 92 V.059278-15/9 Harga Nego

Jazz VTec MMC Th2006 Manual Hitam. V.060517-24/9 Harga 145jt Nego

CRV 2.4 Tahun 2008. Hitam, Plat DA, Cash / kredit. V.060517-24/9 Harga 310jt Nego

New Avanza ‘10 Slvr htm grey. krdt mrh Avanza ‘08 New Model htm bs TT C&K V.056699-9/9 HARGA NEGO

Honda New CRV 02 merah mnl siap pakai.Jazz 04 mnl orsnl Km sdkit Plat DA HARGA NEGO V.056699-9/9

Terios DP 16jtan atau Angs 3jtan + hadiah

Xenia DP 12jtan atau Angs 2,5jtan + hadiah

V.000-4/9

V.000-4/9

Truck Dump PS 100 Th91 Plat KH Hub 085754044666. V.060949-10/9 Harga 57jt Nego

Jual Nissan X Gear Th2009. Kuda Grandia Th2003. V.059278-15/9 Harga Nego

Ford Focus 06 asli banjar. Jual Xenia 1.3 asli banjar silver V.059278-15/9 Harga Nego

UD TITIPAN ILLAHI MOTOR Jual Beli Mobil Cash / Kredit

7548234 / 081348227734 6218009 / 087815208009

Jazz RS Th09 Mulus siap pakai Plat DA . Harga 210jt Nego V.060517-24/9

Jazz S Th08 Terawat, mulus siap pakai Plat KH . V.060517-24/9 Harga 185jt Nego

HUB : PT TBK MOTOR 0511-3306868 / 081351491972 / 7165681

Hyundai Tucson 2006 hitam AT mulus jarang ada bs TT C/K V.056699-9/9 HARGA NEGO

Mercedes-Benz A140 Th00 Silver Ma nual, bgs.Swift ST 08 mnal silver siap pakai V.056699-9/9 HARGA NEGO

WAHYU MOBILINDO, Jl S. Adam No. 3 Rt. 28 Telp. 0511-3304706, 7535899, 081349753777 (seberang RM H. Fauzan) Banjarmasin

Pick Up DP 9jtan atau Angs 2jtan

Minibus Gran Max DP 12jtan atau Angs 2,5jtan

V.000-4/9

V.000-4/9

BMW 325 Th02 Hijau VR audio brg mantap V.000-4/9 Harga 175jt Nego

X Over Th08. Abu2 Met, mls banget V.000-4/9 Harga 171jt Nego

Freed Th09 PSD Hitam, asli DA var mls trwt C/K. V.000-27/9 Harga Nego

All New Civic AT’08 Silverstone asli DA. All New Jazz RS ‘08 AT Htm trwt Harga Nego V.000-27/9

2 unit All New CRV2.4 Th05 Silverstone & All New CRV 2.4 Htm’07 VR20 Harga Nego V.000-27/9

PROSES CEPAT & UNIT READY STOCK Hubungi MADI 7628408 / 081251344242 IWAN 7524845 / 085251616192

Avanza DP 17jtan bonus khusus+ ready stock

Rush DP 20jtan diskon khusus + bonus

V.060406-26/9

V.060406-26/9

Blazer SE Th01 Silver asli Bjr fas lkp DVD VR Crom mls var 7256706. V.061194-7/9 Harga 66jt Nego

Kjg LGX 1.8 Bensin 03 silver

Escudo 2.0 Th2001. Biru

Harga Nego

Harga Nego

V.058204-29/9

2 unit Innova G Manual Th2005. Hitam barang istimewa V.058204-29/9 Harga Nego

Strada Th06 Merah barang OK Hub 081351739294. Harga Nego V.060942-5/9

Karimun Estilo ‘08 Hijau Met. Getz Th06 Hitam Hrg 103jt Nego V.000-4/9 Harga 181jt Nego

NissanSerenaHighwayStar‘08Silverstone mls trwt tgn 1 Hub 08195178899 TP. Harga Nego V.061210-7/9

BUNGA MURAH PROSES MUDAH Via BCA FINANCE Informasi Kredit Hub 0511-7648204 / 7616066 / 6299600

Nissan Livina X Gear ‘09 Manual Sprt baru Silver 081351301999. Harga Nego V.061281-8/9

V.058204-29/9

2 unit Suzuki Swift ‘08 Silver Th09 Merah Tua Manual V.058204-29/9 Harga Nego

HUBUNGI : TAMAN MOTOR Jl Lingkar Banua Anyar Tembus Gatot Subroto Banjarmasin 081351181599 MINGGU TETAP BUKA

BUNGA MURAH PROSES MUDAH Via BCA FINANCE Informasi Kredit Hub 0511-6121120 / 7648204 / 7616066

Paket Agustus Bunga Cuma 1% Hub D Basuni 08125014347 / 0511-7414347.

Luxio Cash back 12jtan V.60033-16/9

LEBARAN BERSAMA DAIHATSU Hubungi AGIL 085258719904 / 7710196 EKA 08125055476 / 7182082 Persyaratan kami bantu plus cepat

Over kredit LSX Th04 Bensin DP30jt Over krdt Opel Blazer ‘01 DP20jt V.061151-3/10 Harga Nego

Xenia Li ‘05 1000cc & Xenia Li ‘07 Carry PU ‘10 off the road V.061151-3/10 Harga Nego

Honda Jazz VTec MT Th07 Angs 4.083.400x35bln DP 49 808 400 Harga 150jt Nego V.059183-9/9

Toyota Rush S/AT Th07 Angs 4.491.700 x 35bln DP 54 706 200 Harga 165jt Nego V.059183-9/9

12 Unit Avanza VVTi Th2010. Hitam, Silver, Merah, Abu2 100% baru V.061158-28/9 Harga Nego

New Karimun Estilo Th09 pemakaian ‘10 Hitam Km 3000 kond 99,9% Harga Nego V.061158-28/9

Over krdt City Z ‘01 DP30jt Jazz ‘09 DP 75jt Carry Realvan ‘96 DP20jt V.061151-3/10 Harga Nego

Suzuki APV Th2005. Kijang LX Th02. V.061151-3/10 Harga Nego

Hyundai Getz 1.5 MT Th07. Angs 3.049.000x35bln DP 37.501.000 V.059183-9/9 Harga 112jt Nego

Suzuki Karimun MT Th08. Angs 2.994.500x35bln DP 36.847.500 V.059183-9/9 Harga 110jt Nego

Grand Livina XV Manual Th2008 Kondisi 99% V.061158-28/9 Harga Nego

New Jazz RS Th2010 10% baru Warna Putih Mutiara V.061158-28/9 Harga Nego

HUBUNGI : CV CAHAYA BERSAMA MOTOR JL. A YANI KM 14,8 KOMP PERUM GURU LAPANGAN BOLA MANDIRI GAMBUT 7200070 / 7333853 / 081251015132

SABRIENA MOTOR Bunga Murah Proses Mudah Via BCA Finance Hub 0511-7728277 / 085251490000

HUBUNGI : CV LUHUR PERKASA Jl A Yani Km.5 Banjarmasin Telp : (0511) 3252128 / 3252134. Terima Pesanan Semua Jenis Mobil

Djl L300 PU Box ‘04 Coklat Tembakau asli Bjr tgn 1 pjk 1th 7435610/081351371717. V.060731-2/10 Harga Nego

HONDA

Suzuki Splash GL 2010 99,9% Baru pakaian 2bln V.000-4/9 Harga 138jt Nego

2 unit Swift Th09 Abu2 Th08 Biru kayak baru Harga 150jt Nego V.000-4/9

Yaris Th09 Silver Met barang mantap Harga 153jt Nego V.000-4/9

AG MOBIL Pangeran Hidayatullah Ruko 53 Kav 18 dan 20 HP. 081349333910 / 0511-6259888 Terima Pesanan Semua Mobil

2 unit Grand Vitara JLX AT Th2007. Silverstone ‘08 Putih Mutiara mls C/K Harga Nego V.000-27/9

Yaris E Th08 M/T Merah Met. Livina Th08 M/T Silverstone, mls trwt Harga Nego V.000-27/9

Kjg Innova G ‘09 New Model Silver var siap pk mls trwt C/K Harga Nego V.000-27/9

Hub SMS MOTOR Jl Sultan Adam No 15 Rt 14 Telp 0511 - 6187251 / 7401515 / 081253521515 / 0811511515 Banjarmasin TOYOTA

10 Unit Avanza Baru Harga Nego

Innova 2004 - 2010 V.058892-5/9

Harga Nego

Kijang Krista 2001 - 2004

Escudo 2003 - 2006

Harga Nego

Harga Nego

V.058892-5/9

Yaris DP 19jtan ready stock diskon khusus + bonus

Innova DP24jtan Diskon khusus+ bonus

V.060406-26/9

V.060406-26/9

DAPATKAN KENYAMAN LEBARAN BERSAMA TOYOTA Bisa Tukar Tambah Hub 085249403769 / 081332727579 / 7150383 / 7565066 SUZUKI

Djl cpt Nissan Serena HWS ‘05 Km22rb tgn1JlSAdamKompMandiriPermaiNo7Bjm. Harga Nego V.000-9/9

CHEVROLET

ISUZU / PEUGEOT

Chevrolet Tavera MT 02 silver met alik hub 05117400578 V.000-9/9 Harga 105jt Nego

Isuzu Th02 Bak Kayu Siap jalan brg ok bs cash / krdt 085754044666. V.060944-10/9 Harga 75jt Nego

Chev Spark Sporty Th05 Biru Muda CD jok klt 7378900/081351977080. Harga Nego V.060845-8/9

Panther PU Th04&95 Htm VR PW AC tape ‘05 Box Biru 081231186262. V.061279-8/9 Harga Nego

Captiva ‘07 Akh Htm Kinclong DA VIP Km26rb bs krdt 7464885/085251306362. V.000-18/9 Harga Nego

Peugeot 406 Lemans MT ‘01. Biru Tua Met pjk br sgt trwt 087815740622. V.061068-6/9 Harga Nego

KIA

Honda Jazz 06 IDSi matic silver stone lkp 081348540039/7704166 V.61325-8/9 Harga 135jt Nego

Honda Civic Th07 Silver orisinil mls terawat Hub 0511-7217117. Harga Nego V.000-5/9

Jazz VTec ‘05 Akh Asli Bjr Km 30rb cat asli mls 1tgnTV CD full var 081251195800. V.060910-5/9 Harga Nego

Ford Escape ‘04 Manual Silver orsnl cat ban baru istmw 081351269295. V.060979-6/9 Harga Nego

Picanto Th04 Akh Hitam fas lkp asli Bjm Hub 0511-7512425. Harga 88jt Nego V.000-13/9

Honda Nova Sport 2 pnt Th89. AC dingin V17 Hub 081348037028. Harga 35jt Nego V.060938-5/9

Hnd Accord Maestro ’90 Pth mls VR17 AC dgn pny pribadi bn br 081348031307. V.060677-7/9 Harga Nego

Jazz Sporty VTec Th07 Silver Airbag Km rndh pajak 1th 081250980649. Harga Nego V.061209-7/9

New Ford Escape ‘10 Bunga 0% DP Murah Hub Yulie 0811518191/7763334. Harga Nego V.000-6/10

Kia Carnival GS Matic ‘00 Silver AC dbl PS,PW,CL081331367835/7166588. V.061199-9/9 Harga 65jt Nego

Hnd Genio ‘92 Biru Cerah, AC dingin, PW,PS,VR,msn ok siap pakai 7455009. Harga 54jt Nego V.061208-7/9

Honda Jazz Fit Th03/04 Matic Merah AC tape VR17 bs TT 0811508570. V.060860-9/9 Hrg 110jt Nego

Hnd Civic Wonder 2 pnt Silver Met AC tape VR siap pakai 7461430. V.000-13/9 Hrg 25,5jt Nego

Ford Escape XLT Matic ‘06 Merah Met mls bs TT Hub 6302955/6183115. Harga 145jt Nego V.061102-9/9

DAIHATSU

Taft GT 4x4 Th95 Putih mls fas AC tape Hub 08125018455. V.061270-8/9 Harga 57jt Nego

V.058892-5/9

Harga Nego

V.058892-5/9

Djual Kjg SSX Diesel ‘97 Merah Maron klng mls 08115004856/087815490511. Harga Nego V.061082-6/9

Kjg Th94 Abu2 PS AC Dbl RT mls sp pakai 7533335 / 08125008204. Harga 58jt Nego V.061219-6/9

Szk Karimun Estilo ‘08 abu2 met mls trwt siap pakai 0511-7665353 No SMS Harga Nego V.000-14/9

Szk Escudo 1.6 Th04 Full var mls orsnl Hub7502092/081349700045. Harga Nego V.060801-9/9

Szk Forsa GL Th87 Merah AC CD VR BR siap pakai 085250052212. Harga 25jt Nego V.000-9/9

Djl Mbl Twincam Liftback ‘89 PS AC CL Hub 0511-7669933/0811513996. V.061277-8/9 Harga 38jt Nego

Avanza Th2008 Blue Aqua Hub 0511-7577978. V.000-5/9 Harga Nego

Over kredit Escudo Nomade ‘00. Hitam Met pakai audio HP081256450505. V.061212-7/9 Harga Nego

X Over 08 Orange met mulus spt baru asli bjm km sgt rndh 7423599 V.000-6/9 Harga Nego

Djl Suzuki Splash GL Th2010 Biru Met Hub 081349472323. V.059467-13/9 Hrg 140jt Nego

2 unit Avanza G Th05 Htm & Silver AC dbl orsnl mls var lkp 7060222. V.060900-5/9 Harga Nego

Mitsubishi Kuda Th00 AC dbl, PS, PW, audio orsnl cat Hub 7055168. V.061420-14/9 Harga 80jt Nego

Taruna CSX 00 Hijau Silver AC RT VR asli Bjr mls var lkp 05117576753 Hrg Nego V.61282-9/8

L300 Pick Up Th90 Diesel Coklat siap pakai Hub 0511-7622929. V.061429-14/9 Harga 35jt Nego

Terios TX ‘08 Htm, AC dbl,CD,MP3 asli Bjr DA VIP orsnl lkp 081250195555. V.060902-5/9 Harga Nego

Tyt Rush S Th08 Silver Km7rb Pribadi full var 087814141068 / 7432333. V.061268-24/9 Harga Nego

Avanza Baru 2010 R stock. Show Room Amiruddin Mtr 081348767224/7453538. V.059008-8/9 Hrg 155jt DP 25Jt

Jual Cpt Avanza VVTi 06 Akhr silver sgt mls trwt 6200654/4425333 Harga Nego V.61317-9/9

R.Stock PU 10&15 DP 12jt Angs 2jt Dealer Szk Hub7080837/085285481260 V.059160-9/9 Harga Nego

Szk Carry 1,5 Station 2000 Ac Tape jarang pakai mls Hub 7581178 V.061336-9/9 Harga Nego

Djl Swift GT2 Th2010 Matic SIlver full var jok klt Hub 081349105897. V.060765-13/9 Hrg 165jt Nego

L300 Box 2006 siap pakai Hub 0511-7679600 V.061334-9/9 Harga Nego

Avanza G Th2010 Hitam full var kond sprt baru asli Bjr Hub 7677460 bs TT. V.061051-5/9 Hrg 151jt Nego

Kjg Grand Th96 Biru Met PS VR AC dbl 081348981306/4787226. V.061189-5/9 Harga 70jt Nego

Tyt LC VX R ‘97 Hijau Met Tyt LC Cygnus ‘00 Htm fas lkp 7259788/081251025778. V.000-17/9 Harga Nego

Szk Forsa Th86 Biru Met AC tape VR BR bs TT spd mtr 0811515839. V.061233-7/9 Harga Nego

Escudo Th03 Full modif VR19 Hub 0511 - 6224285 / 6286020. V.060950-13/9 Harga Nego

Szk Grand Vitara ‘08 Awal Biru Muda Met mls trwt 081251260088/08125423511. V.061211-7/9 Harga Nego

Kuda Grandia ‘03 Abu2 Silver DVD AC Dbl PW PS 085294329029/7241441. V.061045-13/9 Harga 90jt Nego

HYUNDAI

Innova Th07 Akh Silver asli Bjr 0511-7300061 / 081348500107. V.000-13/9 Harga Nego

Kjg KF52 Th95 Merah Met msn+bd ok AC VR audio Hub081349786147. V.061181-6/9 Harga Nego

Xenia Li VVTi ‘07 Silver full var pjk br kond trwt Hub 081251266178. V.061152-7/9 Harga Nego

BMW / CHERY

Kia Picanto Th09 Bulan 12 Abu-abu Km 5rb Hub 087814002929/7586250. V.60388-7/9 Harga Nego

Jazz IDSi ‘04 Matic Biru Met, DVD, MP3, full var V17” 7378486/08125043620. V.061383-13/9 Hrg 122jt Nego

Freed PSD Byr 25jt sdh angs+ass Hub Azy 7513535 / 081349496344. Harga Nego V.060517-23/9

Djl CRV Th09 Baru. Abu2 Tua Met brg mls jrg pkai 085252901710. V.061221-24/9 Hrg 315jt Nego

Over krdt Escape Limited ‘09 Plat VIP full var ss 23bln Hub ETI 085249939282. V.061191-13/9 DP 79jt Nego

New Spark DP15jt bs tukar tambah 1.2cc Hub 7413009/081351977080. Angs 2,9jt V.061035-14/9

BMW 318i Th02 Matic Full var IM3, sunroof audio+TV Hub 081349000860. Hrg 300jt Nego V.059292-13/9

Grand Max PU 1.5 Std ‘09 Over krdt ss 10x3,6jt mls msn ok 7621000/08125054532. V.061108-9/9 Harga 55jt Nego

Kijang LGX 1.8 Th03 Biru Met brg siap pakai Hub 0511-7558388. V.061070-6/9 Hrg 119jt Nego

Kjg Th86 AC, Deco luar dalam Biru mls Hub9070767 / 081250102118. V.061030-6/9 Harga 30jt Nego

Trajet GLS Th02 Pjk panjang asli Bjr kond ok siap lebaran 6147835. V.060940-5/9 Harga Nego

Djl X Over Th08 Abu2 Met mls Km 19rb Hub 0511-7420569 / 7319270. V.061376-13/9 Hrg 169jt Nego

Baleno 00 silver audio kond mls siap pakai Hub 0511-7509408 V.61326-8/9 Harga 81jt Nego

Dijual Suzuki SX4 XRoad Th08 Htm DA Bjr 08166752307 / 08195134765. V.000-13/9 Harga Nego

Djl Strada Th05 Hitam Silver istmw Hub 0511-7427277 / 6377083. V.060641-5/9 Hrg 160jt Nego

Dijl Tyt Kijang 2002 silver met Hub 085821394899 Harga Nego V.000-8/9

Tyt Alphard 2.4 ACL A/T ‘05 Silver ist ats nm sndri 7579200/081351766701. V.058963-5/9 Harga Nego

Kjg Grand Th94 Biru Met AC dbl tape PS pjk br 6213520/081351533442. Harga 63jt Nego V.061053-5/9

Tyt Rush ‘08 Matic Hitam Met mls sprti br pjk 1th ass all risk 08125105994. V.061057-5/9 Hrg 180jt Nego

Jual cpt Hyundai Getz 07 Br tlr, Full Var mls trwt 6200654/4425333 Hrg Nego V.61319-9/9

Szk Futura Th91 Biru Met pribadi msn baik bs TT spd mtr 081349560555. Harga 25jt Nego V.000-14/9

Swift 06 merah met Pjk 1 th trwt AC dingn Fog Lamp 4281630/7497280 V.061340-9/9 Harga Nego

Escudo 2.0i 03 silver jrg pakai Km25rb ABS TV Full Audio 08164565165 Harga 135jt Nego V.61285-9/9

Paket Mits Colt Diesel DP37jt/Angs 4,9jt Triton Angs 5,7/DP38jt 0852251306362.

Kijang Pick Up th 2000 Hub 081349552166 V.61296-9/9 Harga Nego

Djl cpt Tyt Innova G Th05 Hitam, tgn 1 mls No Bjm sgr Hub 7373678. V.061431-19/9 Harga Nego

Dijl cpt Kijang G 93 Abu2 met Hub 05117073824/081351000208 V.061341-9/9 Harga Nego

Yaris Type S ‘08 AT. Silver Met VR18 TV DVD ori Tyt C/K ist 081348130114. V.061240-8/9 Harga Nego

Hyundai Avega Etlh ‘07 Akh Pmki ‘08 Coklat Met mls asli Bjr 4369602/7114534. V.061427-17/9 Harga Nego

Suzuki Aerio Th02 Silver fas TV remote AC VR Hub 082153288999. V.061428-14/9 Harga Nego

Katana 88/89 hitam Rt VR AC msn Siap pakai Hub6205768/081351176623 V.61286-7/9 HRG 30,5jt Nego

Szk Aerio Th05 Coklat Muda Met Cat orsnl trwt fas var lkp pjk br 7416023. V.000-13/9 Harga Nego

Dijl CRV 2005 matic hitam brg mls bs cash/krdt Hub081952735252/7421778 V.000-9/9 Harga Nego

V.061266-4/10

Visto Matic 02 Biru muda brg istw Vars Bs krdt 081349485777/7485777 Harga Nego V.061338-9/9

Jual cpt Timor Th96 Htm STNK Pjng Hub0511-7407505/081251333234. Harga 38jt Nego V.061379-13/9

Timor Th00 Merah Ferari fas lkp mulus VR17 Hub 08524835921. V.061193-7/9 Hrg 42,5jt Nego

Hnd City ‘97 Merah Orange msn bgs AC dingin BRVR 9225155/081251333234. V.061213-7/9 Harga 75jt Nego

Honda Civic Ferio Vtec 96 TV Audio Grey istw 085248180869 Harga Nego V.61310-9/9

Mercdz Benz 300E ‘89/90 Mnl Pth Mdl Master Piece jok klt wood pnl audio 081348180721. V.000-8/9 Hrg 55,5jt Nego

Djl Jazz IDSi Th05 Merah Muda Met siap pakai 08125031100 / 6102179 C/K. V.061032-6/9 Hrg 127,5jt Nego

Jazz IDSi 05 silver met fas lkp Hub 0811503023 V.61264-16/9 Harga Nego

Mercy C180 Elegand Th95/94 Hijau Met audio TV R17 istmw 7418687. Harga Nego V.061410-9/9

Jual cpt 2 unit Jazz VTec Matic/Sporty ‘06. Asli Bjr pjk 1th sgt mls 7575152 TP. V.060303-8/9 Harga Nego

Honda Accord Vrestec 87 CL PW PS AC Hub 081349552166 V.61308-9/9 Harga Nego

Rexton230 Deluxe 4x4 ‘02 Htm Met jok klt asli 081933745962/9194200. V.060708-5/9 Hrg 150jt Nego

New Escape Promo lebaran DP0%* Hub Mufi 7593334/Riri081351049494/Kiki6115577. V.050177-20/9 Harga Nego

Chevrolet Zafira Th01 Hitam fas kond bagus Hub 081953660164. Harga Nego V.061188-5/9

BMW 1.8 Th97 Akh Slvr aslu mls pjk 1th Hub 0511-7449607/087814434972. V.061276-8/9 Harga Nego

Taruna CSX 99 Akhir merah silver Full Var fas lkp 085248074414 Lok Bjb Hrg 88jt Nego V.61322-5/9

ISUZU

Ford Lasser ‘97 Silver msn sngt bgs AC sgt dgn 90% asli 7407505/085822298558. V.060908-5/9 Harga 28jt Nego

Panther LV 03 putih AC Tape siap pakai Hub 081351623157 Harga Nego V.061335-9/9

New Ranger SC4x2, DC 4x4 DP40jtan Hub Amie 6115188 / 081351788445. V.000-6/10 DP 15jt

Panther Pick Up 05, 07, 08 nama sendiri dr baru 081348240902/7220812 V.061330-5/10 Harga 82jt Nego

CheryTiggo 2.0 ‘08 silver Full Var mls spt BR asli Bjr 08125113187/085230005506 V.060920-7/9 Harga Nego

DAIHATSU

Over krdt Terios TX Advanture ‘10 Htm/bln 6,6jt ss 32bln Hub081348415577. V.000-15/9 DP 35jt Nett

Feroza 94 Hijau muda met TV Audio VR Bd klng Hub 081251140577 Harga 52jt Nego V.061337-9/9

DIJUAL RUMAH BJM

MERCY / REXTON

Yaris E ‘06 Akh Manual Silver TV DVD asli Bjr orsnl var lkp 081251115202. V.061395-13/9 Harga Nego

Terios DP17jt + hdh TV mbl & aksesoris Xenia DP 13jt+hdh 081351173456. V.058831-4/9 Harga Nego

Nissan Terano Kingsroad 2003 2006 V.058892-5/9 Harga Nego

TOYOTA

All New Corolla’96 AC ABS PW PS E mirror,airbagVR17audioDA085248276202. V.061072-5/9 Harga Nego

Daihatsu Espass ‘95 Silver AC dingin tape VR 7559454/081349575050. V.061061-5/9 Harga 32jt Nego

Honda Jazz 2004 - 2010 V.058892-5/9

Hub HARIS MOTOR Jl. Brigjend H. Hasan Basri No. 11 Rt.16 Kayu Tangi Bs Tkr Tmbh Cash/Kredit, Siap membelimbl bks/mewah HP. 0816214929, 081349640899, 0811519827 Flexi (0511) 7462188, 7432107

Avanza G ‘06 Akh Silver lkp VDVD MP3 fullvarorsnlmls081351547289/7548927. V.060629-6/9 Hrg 127jt Nego

Djl Truck PS120 Bak Kayu SP Jualan Hub 081251408295 No SMS. V.061242-6/9 Harga Nego

FORD

Rmh Komp H Bakti Indah fas lkp Hub 081348998579 V.061251-6/9(Ktr) Harga Nego

Feroza Th94 Variasi VR TV full audio bd klng ist Hub 085754044666. V.060946-10/9 Harga 53jt Nego

Rmh Komp Mustika Griya Angkasa Km27 L Ulin Dpn Bandara 081348855911 Hrg 125Jt Nego V.61300-13/9(Hmd)

Xenia Li Family 07 Aqua Blue jok Bcklif tgn 1 Plat L 7462088/08152127696 V.61320-9/9 Hrg 117,5jt Nego

Over krdt BTN T42 Komp Persada Asri Hdl Bakti No25 Hub08125128908 V.61295-17/9(Hmd) Harga Nego

24

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

BANJARMASIN LOWONGAN Dibthkan sgr Teknisi Vrs Mobil min.lulusan SMA/STM sederajat. Lmrn krm ke PO.BOX 345. 961027

Dibthkan Sopir berpengalaman,SIM A umur min.40th. Lmrn kirim ke PO.BOX 345. 961025

Dcr. 1.Dept Collector (intern) & ADM, Wnt max.27th,pglmn min.2th,Fokus Penaghn Piutang & Maintenance Custome, SMU/D3.2.Sales Pria max. 28th pglmn min.3th SMU/D3. Kirim lmrn ke PO.BOX 840 BJM. 961185

Dcr. llsn SMA/D3/S1 u/dididik mjd Guru Play Group/TK (0512) 2727444 Plh.7187772 Bjm 7600051 Bjb. 961203

Butuh bbrp Tukang Masak Jawa, Tkg Soto Lamongan & Tkg Martabak brpglmn, ulet & jujur. Lmrn Kotak Pos 356 Bjm. 961288

Dcr. Score Girl syarat: Wnt,penampilan menarik. Lmrn antr ke GG1001 Jl.Hasan Basri 2/3/4 Bjm. 961316

Dcr. 1.org Sales,6 org Sopir,8 org Helper (tkg angkat) pend.SMA umur dibwh 25th tdk merokok,jjr,rjn,disiplin & ber tggjwb. Lmrn ke PT.Berkat Budi Jl.Psr.Baru No.101 Bjm. 030910

Dcr. llsn sklh mnengah Farmasi AA,llsn SMEA . Lmrn dtjkan ke Apotik Amandit Jl.Kamp.Mly Drt 3253940.

DIKONTRAKKAN

DIJUAL MOBIL

DIJUAL MOBIL

JASA

KURSUS

Trm kost u/Karywn. Fas.AC,non AC, KMD dlm Jl.Bandarmasih Komp.DPR Gg.2A No.6 Rt.19 Bjm. 7513019/ 087815262854.

Djl.cpt Avanza G Th.2005 hitam full Var harga Rp 115jt nego. Hub. (0511) 7403871/08115009615.

Toyota Fortuner G Lux A/T Th2006. Hitam Hub 08115009696. Dijual Honda Nova Th89 AC RT CD VR PS Hrg 32,5jt Nego Hub 0511-3365488 / 6155290 / 08125025253.

LPK ANANDA Jl Gatot Subroto & Jl Banjar Indah, Kursus mengemudi di jmn bisa! Pkt 280rb+Disc 7174300/0813 48149494.

RAHAYU RENTAL CAR Innova, Avanza,Xenia,BMW,Fortuner. Hub. 3274275/7562807/081351930864.

310810F

TEKNIK ELEKTRONIK menerima panggilan,perbaikan TV,Tape, VCD, DVD, dll.Hub. (0511) 7406535/08152 115733. 959483

210810

AUDICAM PHOTO & VIDEO Perkawinan,video clip,ultah,iklan TV,profile, transfer video & edit Jl.Sutoyo S No.159 (Seb. Tower PDAM). (0511) 6227191.

LPK TRIO Pkt mrh 180rb diskon/grnsi uang kembali belajar mengemudi pasti bisa...! Jl.Hasan Basri No.61 (seb.Dinas PU). 7214000/081351684000.

SATRIA rent car :4x4:Strada (12jt/bln)800rb/hr) Ranger (10jt/bln-500rb/ hr),Innova G ’09 (8jt/bln),Avanza G (5jt/ bln),hrg.diluar driver. 74006887400689-0811510688.

959464

Diswkn rmh beton br minimalis 3KT, AC,Grs,lkp+prbt lok. Jl.Cemara Raya Gg.Tanjung 9 No.1 hrg.2,4jt/bln. (0511) 7403965. 959707

961207

Terima Kost Karywati Jl.Sabadra No.19 Belakang POLTABES Bjm. 32500 82.

DIJUAL TANAH

961400

Dcr Karyawati bisa Komputer min SMA/ sederajat. Lamaran ke CV Luhur Perkasa Jl A Yani Km 5 No 1(Showroom Mobil). 050910-B

Dibthkan Kary-i Llsn min SMP utk jg Tk Fotocopy & Desain grafis bs Corel & Photoshop Lmrn antar lg di CV CMU Jl Pramuka Rt34 No16 Bjm 70249. 050910-D

DIJUAL RUMAH Djl/ovr krdt Rumah T.80 di S.Andai Komp.Herlina Perkasa Jl.Tanjung Blok Matahari 3 7614181/0852498 76143. 959503

Rmh Tk.2,6KT ats,4KM,kmr bwh,3KT, 3KM,1 kmr Pembnt,grs,SHM,Lt.300m2 Jl.Manggis Sarikaya 9A . 0811504 717/7766557. 959964

Djl.Toko 2 pintu lokasi di Psr.Kalindo Blok A/9 Jl.Belitung Bjm . Hub. (0511) 3301308/0813485875. 960363

Cash & krdt T.45/160,56/160 proses cpt & mdh UM bs diatur. Komp.H.Iyus S.Adam 7433485/0816456921/ 4315551. 960534

Rmh Komp.HKSN Permai Blok B8 No.388 Rt.35. Fas.PLN,PDAM, Telp, Grs. Mbl,AC. Hub. 081329412513 TP.

Tnh uk.34x425 SHM dkt Mesjid Agung ± 7000 m Loktabat Bjb. Hub. 0852 48461383/0852822273540. 961352

Djl.cpt tnh uk.800m ada rmh dipinggir jl.raya Jl.Kaladan No.48 Rt.14 Kec. Dusun Selatan (Buntok) . 085248 500578. 961354

Djl.tanah SHM uk.17x85 Jl.A.Yani Km.15,5 Bjm . Hub. 081348197366. 961401

Dijual tnh Jl Djok Mentaya Lt760m 2 Lb1050m 2 Hrg 4,5Milyar Hub 05116296836/0511-6373864. 030910F

Dijl Tnh Jl Gatot S Uk.750m2 dan 570m2 hrg 1.650.000/m 2Hub 0511-62968 36/0511-6373864. 030910G

Dijual tanah 1,7Ha Jl Handil Bakti dekat Kantor Camat harga nego Hub 08125190368. 040910-B

DIJUAL MOBIL

959735

Dijual Innova G Matic Th.2007 Akhir mulus. Hub. 081277071465/(0511) 4283563. 961231

Daihatsu Xenia hitam 1300cc Xi VVTi Th.2008 Variasi asli Banjar hrg.nego. 6278239. 010910A

BU ovr krdt Avanza Tipe G Th.2010 abu2 TDP 59jt ccln 4,8jt ss 28x. Hub. (0511) 7251381/085232766113 TP. 961235

Djl. Tyt Yarris 2006/07 mls spt baru,htm met.sgt,trwt,Nopol B 148jt/nego. Hub. 081251288009 TP. 961253

Djl. Visto Th.2002 hijau met,harga Rp 72,5jt. Hub. 7601008/3255442.

050810A

Djl. Strada Dbl Cab.Th.’06 wrn merah. Fas.lkp,AC,Tape,hrg.175jt. (0511) 6212133/085248573073. 958982

Avanza G hitam ‘10 buka bungkus kas lkp lsg bawa plg bs TT hrg.nego. 08125017049/6215064 C/K. 960701

010910D

961248

Djl. Prkt Warnet : Komp.,LCD 19"+ Games+ UPS=11 unit,2 AC,2 Modem,1 Kulkas,2 Meja,Printer 70jt/nego. 0811500088.

961299

KIA Visto Zipdrive Th.2003 kuning emas jrg pakai (bening luar dlm) asli Banjar Hub (0511) 7359985 TP. 961298

Djl. Kuda Super Exeed RH 00 ungu silver met.PW,CL,Remote,AC dingin,mls, hrg. 73jt nego. 7233737/08125119 893. 961304

Avanza G A/T Th.2010 bln 5 ,wrn hitam, harga 167jt nego,cash/credit 4th. Hub. (0511) 7400176. Kjg Krista Th.’98 warna biru. Fas.lkp hrg.89jt nego bisa TT. Hub. (0511) 6183115. 961271

Jazz 06 hrg.135jt Swift 05 128jt,Getz 03 90jt,Katana 96, 45jt . Hub. 0812 51098750. 961273

Karimun 01 bln 11 silver body dan mesin oke hrg.71jt/atas nama pembeli hrg.76jt nego. (0511) 6278198. 961315

Kjg Grand ‘95 64jt. Esteem 91/92, 39jt. Corolla GL ’83, 23,5jt. 0813514223 93/6149217 Bjb.

Over kredit Xenia Li ‘08 silver. Fas.lkp, sdh byr 24x3jt/bln.49jt. Hub. 0812 5066776. Ass All Risk. 030910A

Szk Baleno Th.2000 biru, Tyt Soluna Th.2001 putih hrg.nego. Hub. (0511) 6191927/081349579058. 961387

Over kredit Kijang Krista 2001 silver, Honda Jazz 2004 merah. Hub. (0511) 6191927/081349579058. 961385

Jazz VTec A/T ‘05 ,Escudo 20i ABS 02/ Escudo JLX ’94,Jimny 88/91, Taruna CSX 99,New CRV ’07/08 Manual. 08125018455.

Dibuka perumahan baru!!! harga mrh, RSH bersubsidi Komp.Sinar Berangas Jl.Alalak Berangas ± 5 mnt dari Pusat Kota Bjm T.36/120m2 dinding bata plester, atap seng metal,DP mrh mrh mulai 6jt jl.8m/7m. Hub. 6288477 ,6312425, 7371582,085249897999,08524 8145144.

961380

Djl.Mbl. Grand Vitara Th.2008 metalik, tangan pertama,Plat Sby. Hub. (0511) 4421054 jam kerja. Honda Civic ’08 Manual Km.15rb Ton 1 hitam mulus BU. Hub. 0811511251 No.SMS. 961391

961073

961214

Dijua cpt rmh Jl.Sultan Adam Komp. Taekwondo . Hub. (0511) 7434514 hrg.nego. 961252

Rmh 2 kmr 1 ruang keluarga,ruang mkn+dpr. Jl.Cempaka Raya Simpang Patih . (0511) 6261631 TP. 961255

Rmh Jl.S.Parman samping STIKES dkt RS Islam cck utk Kost2an. Hub. 7489667/0813494339. 961389

HANDPHONE SCUDETTO 0511-3366534. Dptkan Lampu Emergency dll utk sejumlah pembelian Accessories, sparepart & alat service HP. 956166

Kjg Comando Th.’92 warna biru met. Fas.Tape,sarung jok,VR,siap pakai. Hub. 0811507059 hrg.nego. 960762

Feroza SE ‘94 hijau silver,AC dingin ,CD,VR,BR,body klg,msn ist,hrg.55,5jt (nego). 08125017049/6215064. 960865

Terios TX ‘07 silver,AC double hrg.150jt. Terrano S1 ’03 hrg.110jt nego bs TT. Hub. 0811518118. 280810A

Over kredit Xenia 1,3 Sporty warna greey DP 20jt sisa 33 bln. Hub. (0511) 7119696.

Djl.rmh T.70 kamar 3,PLN,PDAM,siap huni di Komplek Bunyamin 3/Residence Blok B No.3 hrg.Rp 290jt. Hub. 7442787/08125102787.

Jazz Th.’06 Akhir Manual silverstone body kit orsnl mls hrg.138jt Km rendah hrg.nego. 7558239/081348147519.

961432

961153

Dijl Rmh Simp Gusti V Komp Mustika fas lkp 3KT 2KM Hub 0511-6200410/ 085348042317 harga Nego. 040910D

961154

Honda Jazz RS Th.’08 hitam matic, Dump Truck Canter ’08 bak std. Hub. (0511) 7060008/081349605913. 961398

Avanza G ‘04 biru kaleng & cat orsnl, mls,mesin Ok variasi bs TT hrg.114,5jt nego. 085252327315. 961424

Jual cepat Mobil Carry Station 1.0 Th.92 kondisi siap pakai harga Rp 27,5jt nego. 081250041951. 961436

Djl.cpt Escudo 2.0 ‘03 hitam,AC,Tape, Remote,orisinil Km.29rb hrg.130jt (nego). 0811505566/7505566. 961405

Daihatsu Feroza Th95 Body kaleng Hijau Silver fas lkp hrg nego bs TT Hub 08125025253 / 0511-7372233.

962224

DOLLAR...RIYAL...RINGGIT. Hub. ARTA Money Changer Jl.Haryono MT No.4 Bjm. (0511) 3356055. Bandara Syamsuddin Noor Bjb (0511) 6205000. 950229

HOME PLAZA design,bangun & renovasi membantu Anda mewujudkan rumah impian yg cantik & modern. 7420002. 960310

RUMAH CUCI CINTA : Jasa cuci & setrika Rp 7000/kg,antr jmpt gratis.Hub. 7429768 karena cinta kami ada.

960661

AUDIO SERVICE ELEKTRONIK Spesialis Service TV,Msn Cuci (panggilan). Hub. (0511) 7416077/08125035225.

959318

PERMATA AC spesialis service bongkar psng,perbaikan AC.AC rmh & ktr semua merk Gratis+freon. (0511) 7152740.

Simp 082153234567/277777/278888/139999/ 022222/222777/222888/028888/029999/ 059999/131313/330000/378888/349999/ 379999, 081345555999/569999, 08125014 9999/53509999 As085248 317777/309999 Flx bjm6300000/7180000/6118888 Pleihari 05122700000 Hub0811505058 200810

MENTARI PHONE Specialist Service HP Satelite,BB,rubah bahasa PDA. Hub. (0511) 7417779. 960675

BLACKBERRY WW,New: BB9000 3,2jt second,BB 8700, 1,1jt,Bold 9000 3jt, Serv,Upgrade OS 100rb,aksesoris BB. (0511) 7088090 PIN BB: 23DF951E. 961146

050310O

960957

961131

SERVIS PANGGIL Genset,Radar Marine,GPS,UHF/VHF,Kulkas,M.Cuci, TV,Inst.Listrik,dll. 3363164/6348757.

040910-E

BANJARBARU Paket Ramadhan melayani jual/beli baru/bks PS2,DVD,PS2 HDD,PSP,PS3, TV LCD,Laptop. (0511) 7408122/ 081351988822. 959850

MZ ELEKTRONIK Jual beli TV,DVD, kulkas,msn cuci,PS1 Laptop,dll (km siap dtg k rmh). (0511) 6119023/081645 30912.

DIJUAL RUKO Ruko 3Lt 8 pnt Jl.Gatot Subroto Sebrg. Dealer Daihatsu/samp.Pengadilan Agama Bjm 7423155-0813494961 55 No.SMS. 958940

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Pkt Kesehatan Multisistem,Hexagonal, Ultrafiltration,R.O (NASA USA),Water Treatment,byk bonus,Design Proses oleh Sarjana Kesehatan UI JKT. Garansi,Std Depkes,SNI hrg.mulai 16jt.Hub.OASIS (0511) 7417410/ 081349463579. 947038

DEPO AIR MINUM ISI ULANG SIST. (UVRO) NASA USA Ozon,Bio Energi, Hexagonal,Water Treatment,byk bonus, garansi,sedia sparepart depo: Gln,ttp tisu dll,std Depkes SNI. Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511)7406726/74033 88/0811503331. Cash/credit,hrg.mulai 10jtan. 958913

Jerawat+basmi ampuh juga layani luar Banjarmasin hrg.300rb. Hub. 0878 17257454. 959201

CETAK CPT mrh-bs ditunggu-GRAFITI GEDE Komp.K.Tangi Permai R.11 Jlr I. Hub. 3306251/081351171177. 100810C

070510B

Tnh Jl.A.Yani Km.34 Sebrag Hotel Permata In Bjb Lt.13.924m2. (0511) 7423155-081349496155.

955924

Djl.tnh uk.10x25 bersertifikat Komp. Ratu Elok Jl.Puput Ujung Bjb . 0813 48172768/3300991.

TONYMAS RENTAL sdia mbl Xenia, Avanza,dll,hr-an,mgg-an,bln-an.Sopir/ non Sopir,nego 7751808/081150 8077. 958975

BENAWA PUTRA RENTAL CAR (0511) 4782222,7335555. Menyewakan sgl jenis mbl kebutuhan anda. 070810E

RADJA RENT CAR New Jazz ’09,XOver 10,Yaris,Rush,Innova,hr-an/blnan.Hub. 081349682703/085717490 459. 959057

Trmh mrh PASHA RENTAL BJM . Mnywkn Avanza G VVTi,hr-an,mgg-an. Hub. 70 700 40/085651123769. 959077

BENAWA PUTRA RENTAL CAR (0511) 4782222/7335555. Menyewakan sgl jenis mbl kebutuhan anda.

959107

VERA RENT CAR menyediakan Avanza 10,Innova 10,L-200,Estrada 4x4 dilkp.Ass+all Risk 0811508748/ 3306342/7434273.

961262

959882

DITA MASSAGE/SCRUB ditngi Wnt muda berpnmpln.mnrk sopan & rapi. Hub. (0511) 7145790 khusus Wnt.

RIZQ RENT 0511-7403965 Avanza Th 2010 Rp5jt/bln, Xenia Rp4,5jt/bln bs harian, jam2an.

961112

Terima Panggilan Massage & Lulur tradisional khusus Wnt. Hub. 08524 8604242 (Cici)/(021) 53251666 (Ony).

310810D

New My Tronic All Operator trx cpt stock terjmn, hrg bersaing, terpercaya. Dicr sub distributor utk seluruh daerah hub Sell Shop Jl A Yani Km2 No.1-2 Bjm. 020910

Bingung isi Dompet XL ,MKios,Ayo gabung Maestro Pulsa & Mahameru Pulsa. Info SMS 085651336666. 020910A

Specialist HP second Anda mau jual HP dengan harga tinggi? Datang ketempat kami. Depot Ti@ra Pekauman Bjm 7418445/3260782. 050910-H

JASA

961314

961419

Dewi Massage ditangani tenaga kerja muda berpenampilan menarik tidak mengecewakan Hub 0511-7190412 Khusus Wanita 050910-C

KURSUS LPK DIVA Paket khusus Kursus mengemudi dijmin bs! hny.150 dpt disc. 619 8000/085249962995 Jl.S.Adam Dpn. SMA 5 Bjm. 960270

LPK JAYA ARUM Bljr bs 5 mcm Mbl Innova,Xenia,Avanza,Jazz,Civic. Hub. Jl.Mesjid Jami 7558582/6225142. 960691

100810D

Ter tarik dg Network Marketing? Kesempatan Bisnis sbg Konsultan/SPV, Ltr Blkg:Mhswa,Paramedis/Medis, Karywn,PNS Rp 2-5jt/bln. Serius (0511) 7762889. 959795

Bc.Norsehan MLM SOPHIE MARTIN Paris (0511) 7707235/08195466957 utk jadi member baru dapat diskon keanggotaan. 959903

Jenuh dg kondisi keuangan anda saat ini? Coba Bisnis Nutrisi & Kesehatan modal mulai 700rb. Income 2-4jt/bln. Hub. 9046350/081520328500. 300810C

Disewakan Baliho uk.4x6m, lokasi strategis di pusat kota Kuala Kapuas. Hub. 08125012052. 961234

CV.SENTRAL AC Bkr Pasang,Service, Perb.AC rumah & kantor semua merk AC. 7408439/08125057997. 957726

YOGA MASSAGE dr.Bandung pria/ pasutri,khusus panggilan 24 jam (No. SMS).Hub.081250028500 khusus pria. 959002

Mau krdt Mbl/Dana utk Lebaran Jamnkn BPKB Mbl P.Up,Truck dr Th.90 prss cpt& mdh. (0511) 7531800/0852 48702801. 959310

PINEAPPLE LAUNDRY Terima Gorden, Bedcover, pakaian dll 6500/kg Grts antar jemput 0511-7333449/0813512 15999.

Dijual Tintah Printer Khusus Printer Epson bisa cetak di kertas AP, Krungkut, Ivory, Stiker, Karkir & HVS (tidak luntur) Hub 0511-7494500 / 08125194700. 040910-A

ELEKTRONIK HEBOH...MURAH+Kwalitas Tinggi, Garansi,jl.cpt pkt puasa,Sony PS2 DVD Rp 900rb,PS2 HDD Rp 1jt450rb (HDD Grnsi),PS3HDD,120GB (isi Gambar+kst PS3) Rp 3jt600rb,XBOX360 Ver.Tinggi+ bns 3jt,PSP+PSI dll Jl.Kinibalu Ruko 5 Sebr.LP3i lkp (0511) 7331798,khusus Grosir 081351990400.

080810

070810D

Cuci kiloan hrg.member s/d 5000 grnsi brsh 100% PDAM ststem anti bakteri. Hub. KUMALA LAUNDY 4421028/ 081251093905.

BAYU GAMES D beli plg mhl baik/rsk. Ps,PSNDD,PSP,PS3,TV,AC LCD HP. SMS almt km krm Hub 0511-7667 787.

959381

960962

MAYA menerima panggilan pjt tradisional & lulur 24 jam tdk menyediakan tmpt khusus Wnt no.SMS.08125355 8488.

040910-C

959430

Panther Th.’92 biru metalik Tape,VR, PS, AC,harga Rp 42,5jt nego. Hub. 7214309.

Dijual Kijang Comando Th92 Model Grand Harga 32,5jt Hub 0511-3365488/ 6155290/08125025253.

KARTIKA MASSAGE Trm panggilan full body Massage & lulur,body Scrub.Hub. 081349711102/085842520533.

961183

050910-E

959450

961392

958942

BANJARBARU TRANSPORT CAR Innova,Kapsul,Avanza,Xenia,L200, Strada,Triton 4x4,Fortuner. 7572295/ 081348467147.

Kami beli HP Anda GSM/CDMA, kondisi apapun sehrg.150rb. Kunjungi Galerry Fren Jl.A.Yani Km.4,5 Bjm atau Hub.ADI (0511) 8887888. GLORY PULSA S5/AS5=5.350,S10/AS10= 10.250,S20/AS20=20.050,S25/AS25= 24.950,Indosat 5=5.250, I.10= 10.250, I.25=24.650,Multi Operator Jl.A. Yani Km.2 No.IA (0511) 3261698/7605678.

961301

Tnh Jl.A.Yani Km.34 Sebrg.Bank Mandiri Bjb uk.L.17,5 P.60m (0511) 7423155-081349496155 No.SMS.

MUTIARA RENTAL 7493322/(0511) 3257326/7523377/0811519649 sedia Innova,Krista,Avanza,Terios hrg.sewa nego.

Voucher Games Online (PB, Lyto, Megaxus dll) Jual Eceran & partai Hub 0852 4836 8586.

960863

Djl.rmh Jl.Sei.Sumba Komp.Keruing Indah Blok D No.13 Gt.Manggis 3KT, lkp hrg.250jt nego. 081351844 454.

CITRA TRAVEL (0511) 7400677/081 1511911,sdia L200 (4x4),Tyt Rush, Innova,Avanza,Pick Up hr-an/blnan.

Rias Pengantin & Totok Aura Paket silver Gold Platinum ekonomis siap pnggil. Merie 7526289/081953715 751. 961272

960153

Djl.cpt rmh di Jl.A.Yani Km.30 Komp. Benawa Indah Blok H (dkt Villa Bungas) Bjb Lt.12x12,5m SHM hrg. 300jt (nego). 081251333813.

DIJUAL TANAH

959074

ISMAR LAUNDRY DRY CLEAN bungas mrh hny 5500/kg,PDAM,karpet, horden, sofa,dll. An/Jpt,Cleaning Service (rmh, ktr,r.skt,pabrik,bank,dll). 4311378/ 7472589.

DIJUAL RUMAH Rmh berkwlitas T.90,120 & Ruko (baru) siap tinggal,komplit,pgr kel. Perum Nirwana Permai pggr jl.raya Bhayangkara (samp.Ktr BKN REG VIII/sblm SPN) Bjb. 7409527/08125064537.

RENTAL/CARTER

961302

Jual beli,tkr tmbh,service & prwtn PS One,PSX,PS2,PS3,PSP,X-Box,Box 350,Game Boy,Stick+isi Games:PS2, PS3, PSP,NDS Lite X-Box,Film,lagu & foto.Upgrade & Down Grade,Service,bs ditgg.Hub. 7573838,7248134,44 31547.

040910-D

Honda Jazz Th2004 harga 125jt Hub 08115007118.

Puji syukur pada Yesus dan Bunda Maria atas terkabulya doa novena 3 salam Maria FX GUNAWAN .

040910A

960528

250810H

PUJI SYUKUR

953844

DEPO AIR MINUM ISI ULANG SIST. (UVRO) NASA USA Ozon,Bio Energi, Hexagonal,Water Treatment,byk bonus, garansi,sedia sparepart depo: Gln,ttp tisu dll,std.Depkes SNI. Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511)7406726/7403 388/0811503331. Cash/credit,hrg.mulai 10jtan.

960526

Reflexi dan full body Massage . Hub.Radit 081351616249 (khusus Laki2).

Dicari Gadai rumah lok.HKSN/AMD min.2th. 7195860. 961452

Anda mau bangun ruko,rmh,gudang atau rehab. Kami ahlinya desain grafis. Hub. DECOR PLUS (0511) 7616699/ 081351864555.

960605

961360

DICARI

DEPOT AIR MINUM SIST: UV.konv-RO Bio Energi Magnetik-Gexagonal & RO Industri tekh USA & Japan,garansi tutup galon Rp 160/psg.Hub.RIMA (0511) 7403088-7413088/081351403088.

960472

Pemasangan Internet Speedy gratis & sdh dpt Modem. Hub.Fathur (0511) 7134497.

Disewakan Alat Berat Excavator Komatsu PC200-6,Wheel Louder Komatsu WA200,WA 350-1 & WA 450, Coal Crushing Plan 200 Ton/jam,lkp dg Timbangan Truck & Genset. 0811 501212.

310810

DECOR PLUS melyn desain+ pelaksanaan,Interior,rmh,ktr dll.Desain Grafis. Hub. 081347794007/ (0511) 7571080.

960591

040910B

ALAT BERAT

RUPA-RUPA

960441

Terima Massage,Pijat Tradisional tdk sedia tmpt khusus Wnt. Hub. 08134 9323987 Leny No.SMS.

961377

960826

BINTANG LAUNDRY & Dryclean menerima cuci pakaian,horden, bedcover dan karpet hanya 6500m2. 70701114228111.

AKHMAD TEKNIK spesialis panggilan serv.AC,kulkas,M.cuci,bongkar psg AC rmh/ktr & jual beli AC br/bks (0511) 6133826/081521584819.

RENTAL/CARTER

Dibuka Brevet Perpajakan A & B Terpadu tgl 19 Sept 2010 Sekretariat Jl Serai No.49 Rt.36 Simp Gatot Subroto VIII Bjm Hub 0511-3267927/08524 9634561 (Sri), 081349411512 (Zhie).

959808

TARYO TECHNIK Servis ditempat,TV, Kulkas,AC.Msn Cuci,Dispenser,dll.Hub. (0511) 7602132.

SUMBU PULSA.COM AUTORIZED Dealer Pulsa Electric mrh dipakai send.untg djl kembali hrg.mrh 725 3030/www.sumbupulsa.com.

961384

961018

Rmh br T.70 Jl.Mufakat Buncit Ujung Bumi Mas Raya Km.4,5 Bjm hrg.nego cash/krdt. Hub. 0811507809. Djl.rmh baru Lt.221 Lb.221 Lb.120 KT.3, KP1,KM2 Jl.Hikmah Banua (Sbr Bunyamin 1) .Hub. (0511) 7418558/ 08125050198.

961381

010910C

Tyt Yaris E Th.2007 Akhir biru Aqua TV+DVD jok kulit STNK/Pajak baru. Hub. 082153025315 TP.

961343

961009

960579

CPU DCore=2.1jt P4-2.6=1jt P4-2.0= 900rb P4-1.6=800rb LCD 15"+TV= 850rb Ready CPU BUp MB Proc HD SDRAM DDR LAN CDRM VGASC Mon/ srvs Pelma7429944/081348626260

Dijl Innova G 05 silver met VVTi spt baru PW PS Hrg 162,5jt Nego Hub 7505892 / 4365251.

961321

960983

960477

SERVICE KOMPUTER . Teknisi ke rmh Anda.Hanya Rp 50rb praktis,mrh.Hub. 081351144123/(0511) 6207123.

240810

Djl.cpt Truck Isuzu Bak Kayu Th.’95 Rp 26jt/nego. Hub. (0511) 9259000.

Djl.rumah baru cash/KPR Type 77/161 Jalan Raya Dharma Bhakti V Km.5 lingkungan tenang & aman. Hub. (0511) 7502828-1081348682006.

Servis Komputer n Jaringan hemat cuma 50rb,terima instalasi Warnet.Hub. Rudi 08875005977/(0511) 8805148.

Djl. Komptr.scnd Spek: AMD 64 4600+ DDR 2 1GB,HDD 80GB,MB Ecs,Monitor LCD 17" LG. (0511) 7615264.

300810A

960973

959733

961247

T.120/3KT.Fas.lkp Komp.S.Adam Permai & T.75. Rmh br Hook Jl.Baru, 2KT.Fas.lkp Komp.Tmn Citra Raya Hdl Bakti nego. 08115001011/081151 1911. Komp.Persada Permai Jlr 22 No.91 msk Persada 3 hrg.40jt+over.Hub. 7526667/081351653336.

Spesialis Komp.Warnet & Games Online. P4 DC 2,7/1GB/250GB/LCD 17/Headset/ MS/KB/Rp 3.000/AMD Athlon X2 2,7/ 1GB/250GB/LCD15/Headset/MS/KB Rp 2.600. Hub. BTC COM 3301257/6161128.

Dijl Xenia Family 07 hijau daun spt baru AC PW PS CD DVD 115jt Nego Hub 0511-7505892 / 4365251.

961293

Ovr krdt Xenia Xi ‘08 htm,AC,PS, PW,EM,VR lkp.sdh byr 30x3,4jt/bln. 08125066776.

959758

Obral Paket Warnet . Intel Atom/1GB/ 250/LCD15/MS+KB Rp 2,250&AMD Sempron/1GB/250/LCD15/MS+KB Rp 2,350. BTC COM Bjm 6161128/ 7462760 Bjb: 4780536/6255345.

960804

961353

Cetak cpt full color brosur-k.namastiker-nota-dos-buku-kaos 2011. SUMBER MAS 6105757/7175500.

959274

Djl.tnh pinggir Jl.A.Yani Km.9 17x80 sdh diuruk. Hub. (0511) 7409282/ 081250853000 TP.

Tnh uk.20x60 SHM Jl.Handil Bakti Ds.Semangat Bakti-Barito Kuala. Hub. 085248461383/085822273540.

YAMARA Cor. Dicari Mobil Truck utk disewa dlm jumlah banyak. Hub. (0511) 6116500/081351333888.

Dicari Komputer Dual Core seken/ AMD X2 atau bs tukar tambah dg Laptop. Hub. 7639770.

961283

961265

959737

AMEL MASSAGE ditangani Wnt muda berpenampilan menarik dan ramah. Hub. (0511) 6211364 khusus Wnt.

KOMPUTER

961261

961232

960693

LPK MENTARI Pkt mrh 250rb+disc.& dpt souvenir cntk bljr mengemudi pst bs,bs dpt SIM.Hub.Jl.S.Parman No.221 (Pertokoan Muhammadiyah) seb.Szk. 7441888/6155443.

310810C

Kost utk Karywn. Fas.lkp Jl.Yos Sudarso No.11/Airmantan Bjm. 7480859/081 25121766.

Tnh SHM Ls.2.800m2 Jl.A.Yani Km.17 samp/150m di Terminal baru Rp 1.487.000.000 TP. 08195471036/747 2589.

959523

AJENG menerima panggilan pjt tradisional & lulur 24 jam tdk menyediakan tmpt khusus Wnt no.SMS. 08125602 2567.

961402

PELUANG BISNIS

961244

961220

961399

Jupiter MX 2005 biru siap pakai tgn 1 hrg.7,5jt. Hub. (0511) 7527232/ 08125067895 maaf TP.

Dikont.rmh+perabotan 18jt/th,3 kmr tdr di Komp.Kayu Tangi II Rt.20 . Hub. 087815779695.

Djl.1 bidang tnh 60 borongan dekat kavlingan tanah Jl.Trans Kalimantan Landihung dihumai dg hasil baik hrg.bs nego. Hub.Amir (0511) 8830272.

Dcr.sgr Medical Ref u/di tpt di mana saja tdk diutmkn penglmn. Lk/Pr yg penting komunikatif. Lmrn diantr ke almt PT.TIA Jl.Kacapiring Besar No.38 Bjm.

961246

961036

961328

Disc.10% stiap pengisian pulsa Indosat nominal 25-50-100 di BIP Ponsel Jl.P. Kemerdekaan No.19 Rt.22 Bjm. Hub. (0511) 3367108 Jl.A.Yani Km.35 samp. Museum Bjb. 7104222 berlaku sampai 30 Sept.2010 lakasi isi pulsaampun pian.

Djl.Spd.Mtr Megapro ‘2008 hitam Plang Bintang,terawat Rp 14,5jt/nego. Hub. 085248922123.

Dikontrakkan rumah lantai 2 Jl.Dahlia I No.21 Bjm . Hub. 081351321987.

Pershn yg brgrk di Per tambangan mencari: 1.Manager Tambang (Sarjana Teknik Tmbang),2.Pengawas Tmbang, 3.Oprtr Exca penglmn.min.3th,umur max.45th. Lmrn dibw ke Gatsu Jl.Rama 7 No.64 3253653. 030910C

050910-G

DIJUAL SPD MOTOR

Dikont.r mh Jl.Simpang Belitung samp.Salon Mahkota No.21 Rt.13 . Hub. (0511) 6180698/085251616369.

Tanah 3.500m SHM Jl.A.Yani Km.5,5 No.10 samp.Toko Lima Cahaya ada bangunan rmh toko,gdg bs sewa/krj sama. Hub. 081349759482 TP.

050910-F

ELEKTRONIK

170810C

RIZQ RENT (0511) 7403965 Avanza Th.2010 Rp 5jt/bln,Xenia Rp 4,5jt/bln bs harian,jam2an. 960043

CV.RAISSA Avanza,Rush,Innova,Jazz RS,Fortuner,Triton 10 Spr/tnp Spr sw hrbln-an. 081348174448/(0511) 7244 480. 960087

KRISTA TRANSPORT : Rental/Carter Mbl sgl jurusan,droping,hr-an,Airport PP dll. (0511) 7218586/7217575/ 081351376997. 960398

DIANA RENTAL CAR Sdia Avanza, Innova,L-200,Rus,Fortuner,Hnd Civic, Sdn 3250017/7400773/0811518 4041/08125100884/7443222. 960445

SHIDDIQ RENT Avanza,Xenia,Inov, Terios,Jazz,Yaris,Fortuner,Ranger. Antr jemput Bandara 7403871/0811500 9615. 960475

RENTAL ANISA Sedia:Innova, Terios, Avanza,Xenia,Jazz,doble Cbn. Hub.081 348175557/ 6114854 disc.5%. 960496

CV.SEMPURNA TRAVEL Angkutan penumpang perorangan & car tern. Tuj.Bjm-P.Raya-Sampit PP. Fas.full AC, musik+snack. Armada mbl terbaru th.2010. Tarif disc.15%.Hub.Bjm (0511) 7316776 P.Raya (0536) 3355455 Sampit (0531)6700222. 240810D

RIZKI RENT CAR Kjg,Terios,Xenia, Avanza,Everst&Ranger 4x4 7766303/ 081351312790 bs jam2an,hr-an. 7766 303/081351312790. 960971

N “41” LA Innova,Avanza/Xenia,Kjg Kapsul mulai 175rb/hr,20rb/jam. Trim carter Bandara,dll. 7438283/0813 49130303.

958944

960834

DIJUAL RUKO Djl.Ruko 2 lantai di Jalan Sultan Adam Bjm . Hub. 085251998333/7555078. 961245

BU ovr kredit Ruko 2Lt (sdh ada usaha/ Warnet) Jl.Mistar Cokrokusumo Sei. Besar Bjb hrg.nego. 081253025266. 961318

RENTAL/CARTER CAHAYA RAHMAN RENTAL mlyni sw Mbl jam2an,droping,hr-an antr jmpt Bandra 0811501129/(0511) 74549 99/7505553. 180610D

WILDAN RENTAL CAR Triton,L200,Innova,Jazz,dll. (0511) 7556221081351700756-081348716449 Bjb-Mtp. 959967

EXCLUSIVE RENT CAR 4WD New Pajero Sport Exceed,Strada Triton Exceed 2010,Kawasaki KLX 150. 0859 50050055. 960482

MESIN/SPARE PART Dijual Mesin Es Krim , barang Ok,harga nego. Hub. (0511) 6164231. 961311

M A R TA P U R A DIJUAL TANAH Tnh Jl.A.Yani Km.37 dkt RM.Asian Sei Pering Mtp L.19,5x82m. (0511) 7423155-081349496155. 958946

DIJUAL RUKO Ruko 2 lantai 3 pintu samp. MM. Sekumpul Mtp (0511) 7423155081349496155. 958938

K A N DA N G A N JASA Menerima Pengetikan Dokumen, Makalah, Skripsi dll cepat dan ekonomis Hub 081345557350. 050910-A

TA N A H B U M B U DIJUAL TANAH Djl.tnh uk.100x150m dan 150x150 sblh timur SMAN Satui lok.Jl.Provinsi hrg.nego. 081225021405. 961042

K A P UA S DIJUAL MOBIL Opel Blazer Sport 2001 DOHG wrn silver A.n.sendiri dr baru. Hub.Jl.A.Yani 17 Kuala Kapuas. 961312

S U R A B AYA MESIN/SPARE PART GENSET 25,30,40,45,70,85,100, 150, 250,350- Catt 350KVA-Denyo 125KVA. PT.Nikaba (031) 7411188-9.

31010A

10SBY3

WIJAYA RENTAL BJB Innova, Avanza, Xenia,L-200,Ford Ranger, Tr iton, APV, dll Hub. 0813510 10794/ (0511) 7503084.

MSN MRH EX JPN & RRT Bubut Skrap Fres Milling Compressor Crankshaft Kolter Honing Forklift. MAJUJAYA (031) 7493838-5858 Fax.(031) 74939 39.

010910B

5616SBY

25

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

BANJARMASIN

Djl cpt rmh hook dpn SD Bunyamin I Km6 Hub 081251216999 TP. V.057955-11/9(Alam) Harga Nego

Rmh Jl Adyaksa I No59 Rt27 K Tangi lkp 081351123789/08115005398. Harga Nego V.059962-18/9(Alam)

Rmh Lb105m2 Lt150m2 Jl Kemiri No99C Gatsu 7435332 / 08125190023. Harga Nego V.058110-7/9(Alam)

BANJARMASIN

Djl rmh Jl Dharma Budi ITmbs Pramuka 2lt 5kt Lt10,5x20 Lb 15x9 Hub 7251568 V.061280-14/9(Hmd) Harga Nego

Dijl Ruko Jl Pinus (KTangi/S.Adam) samp M.Arrahim Lt2 Hub085248352982 Harga Nego V.61206-30/9(Ktr)

T60 Jl Belitung Drt Komp Belitung Permai No2A 081284000678/7240789. Harga Nego V.061339-8/9(Adit)

PELAIHARI

Djl rmh d Jl Komp Persada Raya I Jlr 1B No7 Hub7422954/081349388439. V.061362-8/9 Hrg 500jt Nego

Dijl cpt Ruko 2 Pintu Lt 2 Jl H.Boejasin Pelai hari (cck u/ Srng B.Walet) 081348465858 V.60543-18/9(Ktr) Hrg Nego

BJM / BJB / PELAIHARI

Djl cepat rumah di Citra Garden Hub 0511-3270245 / 08125015888. V.061435-7/10(Ari) Harga Nego

Rmh br Lt10x20 Lb8x10 Komp Rahayu Pembina 4D 08125172970/7702575. V.061278-14/9(Hmd) Harga Nego

Ovr krdt Rmh Komp Basirih Jl Garuda Gg Nuri I Rt45 Hub 081952806444. V.061241-6/9(Ktr) Hrg 260jt Nego

Dijl/Dikontr Rmh Komp Pondok Metro Indah K.Tangi Blok C11 lkp 0811501907 V.58462-8/9(Ktr) Harga Nego

Rmh T70 Plus 3KT 1KM Lt11x17 LB9x10 Komp Pondok Kelapa Bjb 05117552626 V.060130-28/9(Hmd) Hrg 400jt Nego

Jl Cpt Rmh Citra Garden 4KT/4KM/ PDAM 2200W Telp 081349492888 Harga Nego V.60828-4/9(Ktr)

Ruko 3 pintu 3 lt di Km 9 tanpa sekat PLN PDAM 0511-7550888. Harga Nego V.060785-8/9(Ktr)

T90 Komp Rahayu Pembina 3 Pagar+ cnpi+tmn 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061104-14/9(Hmd)

Djl Komp Ratu Asri AYani Km8 Lt15x15 2 lt Lb150 pgr+canopi grs 7368444/7314418. Harga 850jt Nego V.058712-14/9(Hmd)

Dkontrkn mrh rko 1 pt 3 lt Jl Belitung Rya Rt09 No23 Hub 08134914003/7583612. Harga Nego V.058625-16/9(Ktr)

T65 Komp Rahayu Pembina 3 Pagar+ canopi 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061098-14/9(Hmd)

T75 Komp Rahayu Pembina 3 Pagar+ canopi 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061090-14/9(Hmd)

T95 Jl Dharma Bakti 5C Pagar+ taman 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061096-14/9(Hmd)

Rmh2tkdihookJlPramukaKompDPRDNo 30Kmr3KM3P130mLt306HP08115404361 Harga Nego V.060668-19/10(Hmd)

T80 Komp Rahayu Pembina 3 Pagar+ canopi 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061092-14/9(Hmd)

Rmh Tepi Jl Cempaka Raya cck u/ ush/Ktr LB170 Lt630 H085248018888 V.060918-4/9(Ari) Harga 1M Nego

Djl rmh S Adam Komp Mandiri Permai No78 5Kt 2AC 3Km SHM 081349545889. V.058997-9/9(Hmd) Harga Nego

T85 Komp Rahayu Pembina 3 Pagar+ canopi 7400671/0811517848/7556346. V.061094-14/9(Hmd) Harga Nego

Djl rmh Jl Bumi Mas Raya Km 5 Komp Bumi Ayu No1 Rt9 Bjm 3269919. V.060758-6/9(Ktr) Harga Nego

Djl rmh Komp AMD Permai Blok A10 No259 3kt 2km 081251750673. V.060906-8/9(Hmd) Harga Nego

Rmh Jl Sei Andai Komp Kesehatan Rt41 T36-70 Hp081253251333/05114413499 V.60367-9/9(Ktr) Mulai 139jt

Djl ruko 2lt 5x20 Jl Lingkr Dlm Utara No8 dkt Jmbtn Banua Anyar 7421757. Harga Nego V.060501-4/9(Hmd)

T58 Komp Rahayu Pembina 3 Pagar+ canopi 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061106-9/9(Hmd)

T65Central 4/Raga Buana KTangi Pagar+ cnpi 7400671/0811517848/7556346. V.061084-14/9(Hmd) Harga Nego

T39 Central 4/Raga Buana K Tangi Pagar 7400671/0811517848/7556346. V.061088-14/9(Hmd) Harga Nego

Rmh djl Jl Skmpul Rya Komp Skmpul Indah Blk J No 5 Bjb 0811514743. V.060959-9/9(Ktr) Harga Nego

Rmh T180/200 Komp Mustika G Asri A/J No35. 08127642120/7243281. Hrg 400jt Nego V.060386-24/9(Hery)

Rmh+toko Jl Matah 2 Kel Krg Taruna 2 Plh Lt20x40m SHM 081348841599. Harga Nego V.060696-19/9(Dyt)

TOYOTA

Sambungan dari Halaman 22 ...

DA I H AT S U

DP 17jutaan + hadiah TV mobil Xenia DP 13jtan Hub 081351173456. V.058831-12/9

Xenia DP12jt Terios DP 16jt Pick Up DP 8jt Luxio DP7jt 085251260321/6356226. V.059178-10/9

T48 Central 4/Raga Buana K Tangi Pagar 7400671/0811517848/7556346. Harga Nego V.061086-14/9(Hmd)

Tyt Avanza, Rush, Yaris, Innova, plg murah 7218050/0811517576 berhadiah DP Ringan V.059925-8/9

SUZUKI

Pkt Murah, New Xenia,Terios, PU prss cpt + diskon 6129899/085248830179. DP 10% Angs s/d 5th V.000-22/9

Estilo Special Agsts TDP 6,5jt an krdt s/d 4th Hub 081348660633.

AT V

JEEP

New ATV Matic 110cc R7 12jt 110cc R8 15jt 50cc 5,5jt 081348467575/6326603. Harga Pas V.000-7/9

Terios Biru DP 17 jutaan atau Angsuran 3 jutaan

Xenia Merah DP 13 jutaan atau Angsuran 2,5 jutaan

V.061332-5/10

V.061332-5/10

Terios Biru DP 17 jutaan atau Angsuran 3 jutaan

Xenia Merah DP 13 jutaan atau Angsuran 2,5 jutaan

Pick Up Biru Hanya 8 juta atau Bulanan hanya 2 jutaan

Luxio Hijau Hanya 7 juta atau Bulanan hanya 2 jutaan

V.61292-5/10

V.61292-5/10

V.059255-10/9

V.059255-10/9

V.000-10/9

CJ 7 Th85 Siap pakai Hijau Hub 0511-7187272 / 081251727272. Hrg 125jt Nego V.60036-5/9

Pick Up Biru DP 8 jutaan atau Angsuran 2 jutaan

Luxio Hijau DP 7 jutaan atau Angsuran 2,8 jutaan

V.061332-5/10

V.061332-5/10

READY STOCK PROSES CEPAT MELISSA 0511-7624400 / 0852 4966 0123

Pick Up Biru DP 8 jutaan atau Angsuran 2 jutaan

Luxio Hijau DP 7 jutaan atau Angsuran 2,8 jutaan

Terios Biru Hanya 15 juta atau Bulanan hanya 3 jutaan

Xenia Merah Hanya 11 juta atau Bulanan hanya 2 jutaan

V.61292-5/10

V.61292-5/10

V.059255-10/9

V.059255-10/9

PROSES CEPAT & MUDAH SALIM ASTRA 08125054532 FAISAL ASTRA 081334221897

SPECIAL PAKET RAMADHAN READY STOCK + PROSES CEPAT DAN MUDAH HUB 081250729326 / 0511 - 7665118

26 Mimbar Opini

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

TAJUK

Meraih Makna Ritus Menuju Udik ADEGAN itu selalu berulang saban tahun. Orang menyemut di pusat perbelanjaan seperti tak ada lagi kesempatan esok hari. Uang mengalir ke kantong-kantong para saudagar dan ke keranjang mereka yang bisa memanfaatkan situasi. Bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta api, diulari para pengantre tiket. Mereka berbondong berebut kesempatan agar bisa pulang ke udik sesuai jadwal yang dirancang, seakan melaksanakan ritus tahunan, kembali ke kampung halaman. Kampung halaman, tempat di mana kultur kaum urban berakar, memang menyimpan nilai yang luar biasa. Kenangan pula yang menyebabkan munculnya rasa cinta kampung halaman. Keduanya saling berkaitan dan saling menguatkan. Tidak mungkin seseorang rela berdesak-desakan antre untuk sekadar mendapatkan tiket kereta api, bus, atau lainnya kalau tidak didasari rasa cinta. Mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri. Itulah yang dituju para calon pemudik, agar bisa berkumpul bersama sanak keluarga. Itu pula yang menyebabkan pusat-pusat perbelanjaan, swalayan, dan toko dibanjiri pembeli. Mereka pun berlomba ‘menghisap’ orang dengan iming-iming pesta diskon besarbesaran. Orang pun berbondong-bondong menggelontorkan duit yang mungkin saja merupakan hasil tabungan selama setahun. Ritus kembali ke kampung halaman itu kadang memunculkan fenomena yang sebenarnya bertentangan dengan akal sehat. Saban tahun kita selalu melihat bagaimana orang seakan tidak lagi peduli pada yang lain, saling sikut berebut tempat lebih dulu ke dalam bus, kereta api dan kapal laut. Ya, kegairahan untuk merayakan hari kemenangan pertempuran rohani lewat puasa sebulan penuh, dimanfaatkan dengan begitu baik oleh kalangan pebisnis untuk merangsang pola konsumtif yang meledak-ledak. Tak cuma toko makanan dan pakaian yang mendadak laris di setiap bulan Ramadan, para penjual mobil, sepeda motor, alat elektronik yang kadang kegunaannya dalam hidup ke-

seharian tidak berada pada urutan kebutuhan primer, mendadak jadi barang yang laris. Bulan Ramadan tampaknya selalu jadi ajang di mana orang merasa harus meningkatkan arus belanjanya secara berlipat. Orang bisa saja bilang, jangan campuradukkan dan jangan persandingkan antara urusan peribadatan dengan perniagaan, karena masing-masing berada pada tataran logikanya sendirisendiri. Tapi itulah fenomena menarik yang selalu terpampang di depan mata tiap Ramadan di sejumlah kota besar di negeri ini. Bayangkan, jika saja potensi dana dari masyarakat yang begitu berlimpah itu separonya dialirkan untuk pengembangan dan pembangunan umat demi menyemarakkan syiar agama, hasilnya tentu akan sangat fantastis. Umpama penduduk negeri ini 230 juta jiwa. Lalu 85 persennya atau sekitar 190-an juta adalah muslim. Seperempat dari 85 persen itu anggap saja kalangan yang mampu menyisihkan infak, misalnya seribu rupiah sebulan, maka betapa besar jumlah yang terhimpun untuk kepentingan umat. Mungkin saja kesadaran untuk memajaki harta sendiri lewat pelaksanaan zakat mulai tumbuh pada sebagian warga muslim. Namun potensi itu belum digali dan dikembangkan sebagai kekuatan untuk membangun umat, karena lembaga pengelolanya belum ditata dengan baik dan profesional. Tapi yang namanya manusia, tetap saja terkurung oleh naluri dasar manusiawi kemanusiaannya yang kadang tak peduli pada manusia lain. Bahkan pada saat tertentu, kalau perlu, memakan dan menindas manusia lain demi kepuasan duniawi sendiri. Itu sebabnya, gagasan ideal mengenai pengelolaan zakat, infak dan sedekah dengan melembagakannya seringkali tak berkutik berhadapan dengan kenyataan. Bahwa, makin kaya seseorang cenderung makin kikir dia untuk menyisihkan hartanya bagi kepentingan orang lain, namun demikian boros membelanjakannya untuk memuaskan nafsunya yang seolah tak pernah terpuasi. (*)

SUARA REKAN

Silaturahmi SILATURAHMI berasal dari bahasa Arab, yang secara harfiah berarti menyambungkan kasih sayang. Kata shilah berasal dari kata washala yang memiliki makna sampai atau menyambung. Sementara rahim berasal dari akar kata rahima yang memiliki arti kasih sayang, saling berlaku lemah lembut, kekerabatan, atau kekeluargaan. Islam menempatkan silaturahmi sebagai sesuatu yang penting yang menjadi kunci dari keberhasilan manusia dalam tugasnya menjadi khalifah di muka bumi. Silaturahmi bahkan juga menjadi kunci, apakah seseorang berhak menjadi penghuni surga atau tidak. Dalam praktiknya sehari-hari, ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menjalin silaturahmi. Mulai dari senantiasa mengucapkan salam saat bertemu sesama muslim, menafkahi anak-anak yatim, menjalankan aturan muamalah secara benar, hingga saling mengucapkan maaf seperti yang umum kita lakukan menjelang Idulfitri. Terkait yang terakhir, kita juga mengenal banyak sekali cara yang biasa ditempuh untuk menyampaikannya. Yang ideal, tentu dengan bertemu dan secara langsung bermaafmaafan. Namun cara yang lain juga tak kalah baik, misalnya melalui telepon, pesan singkat di telepon seluler, surat elektronik, atau kartu lebaran, terutama jika kesempatan bertemu sedikit sulit karena jarak atau kesibukan. Sebagian beranggapan, menyampaikan pesan secara tertulis melalui kartu lebaran adalah cara yang paling menyenangkan hati ka-

rena punya banyak sekali kelebihan. Kekuatan berkomunikasi dengan kartu lebaran jauh lebih bermakna karena panjang usianya. Visualisasi dan nilai kedekatan yang ada pada kartu lebaran, menjadi hal lebih yang tidak tada pesan-pesan serupa yang disampaikan melalui SMS. Sentuhan personal kartu lebaran dinilai mampu mewakili kehadiran seseorang, mewakini ungkapan hatinya, sekaligus dapat mengobati kerinduan. Namun, kembali kepada makna silaturahmi, apa pun cara yang kemudian kita jadikan pilihan untuk kita lakukan, sungguh bukanlah masalah selama nilai yang esensial dari silaturahim tersebut ada, tak terabaikan. Mengirim SMS, email, atau kartu lebaran hanya akan bermakna jika mengirimkannya dengan kesungguhan, ketulusan meminta maaf seraya berharap bahwa pesan itu sampai. Itu sebabnya, keindahan kata serta bagus tidaknya kartu, kemudian tak pernah bisa kita jadikan ukuran dari kualitas silaturahim yang diharapkan. Banyaknya kartu yang kemudian dikirim juga bukan ukuran bahwa silaturahmi terbina. Silaturahmi jadi sulit dicerna ketika kita mengirimannya secara mekanik, sekadar mengirim, sekadar membalas pesan. Silaturahim melalui surat, SMS atau email hanya akan berarti jika yang kita kirimkan itu adalah sebuah kejujuran. Kejujuran yang kita kirimkan sendiri, kita tulis sendiri, dan tentu saja dengan uang sendiri. Minal aidin wal faidzin. Semoga Allah senantiasa merahmati kita semua. (*)

Zakat Solusi Pengentasan Kemiskinan “AMBILLAH zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka ....” (QS Attaubah ayat 103). dulfitri tinggal hitungan hari. Berbagai aktivitas untuk menyambutnya sudah terasa jauh hari sebelumnya. Mulai dari mempersiapkan hidangan buat tamu, merencanakan pulang kampung, silaturahmi, ziarah kubur, sampai hal yang tidak pernah dilupakan di setiap perayaannya, yaitu membeli pakaian baru dan aksesorinya. Setiap menjelang Lebaran, ada hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu aktivitas berbagi dengan sesama baik berupa makanan (seperti beras untuk zakat fitrah), maupun uang bagi orang yang kurang mampu, yaitu pembagian zakat dari muzakki (pemberi zakat) kepada yang mustahik (yang berhak menerima). Berbagai macam cara, yang dilakukan muzakki dalam pembagian zakat tersebut. Tujuannya hanya satu, yaitu agar zakat yang mereka keluarkan benar-benar tersalurkan kepada yang berhak menerimanya. Diharapkan, zakat itu bisa membantu kelangsungan hidup orang yang menerimanya di kemudian hari. Saat ini banyak muzakki yang masih menggunakan sistem pembagian dengan face to face, yaitu memanggil mustahik datang ke rumahnya untuk menerima pembagian tersebut. Kalau ditinjau dari kecepatan penyampaian, memang sistem seperti itu mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi muzakki dan mustahik, karena secara langsung mereka bisa berinteraksi. Pembagian zakat seperti itu memang tidak serta merta bisa disalahkan, karena itu hak muzakki. Namun kalau kita cermati lebih jauh, zakat yang langsung dibagikan kepada mustahik hanya mempunyai fungsi sementara. Uang konsumtif hanya bisa bertahan paling lama seminggu, setelah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, mereka

I

Muhammad Adi Riswan Al Mubarak SHI kembali dalam keadaan semula; kekurangan. Uang yang dibagikan dengan metode itu dinilai tidak efektif untuk menyejahterakan kaum duafa. Pun dengan pembagian itu sering kali disertai dengan dampak sosial yang tidak diinginkan, desakdesakkan tidak bisa dihindari dan akhirnya bisa memicu terjadinya kericuhan. Bahkan bisa menimbulkan korban jiwa. Di dalam Alquran ada banyak pengulangan kata zakat. Ada sekitar 30 kali, dan 27 di antaranya bergandengan dengan kewajiban mendirikan salat. Zakat berasal dari bahasa Arab, yaitu az zakah yang bisa mempunyai arti suci, bersih, berkembang, beres, bertambah, berkah, dan baik. Dengan menunaikan kewajiban membayar zakat diharapkan dapat menyingkirkan kesenjangan antara si kaya (muzakki) dengan si miskin (mustahik). Memupuk kembali interaksi sosial, menjalin silaturahmi, dan mengurangi kecemburuan di masyarakat. Sedangkan menurut istilah, zakat adalah pemberian tertentu dari harta tertentu kepada orang yang telah ditentukan dengan waktu dan timbangan yang tertentu pula. Adapun harta yang wajib dizakati adalah emas, perak, mata uang, harta perniagaan

dan hewan ternak (sapi, kambing dan unta), apabila sudah genap setahun. Juga di saat panen tanaman biji-bijian dan buah-buahan. Sang muzakki wajib mengeluarkan 1/40 dari uang dan barang perniagaannya, 1/10 dari biji-bijian dan buahbuahan yang disirami tanpa biaya, 1/20 pada tanaman yang disirami dengan mengeluarkan biaya. Orang yang wajib menerima zakat terbagi delapan yaitu fakir, miskin, orang yang berjuang di jalan Allah, pengurus zakat (amil), mualaf, budak, orang yang berutang tidak bisa membayarnya, dan mereka yang sedang dalam perjalanan dalam meraih rida Allah. Entaskan Kemiskinan Selama ini zakat sering dibagikan langsung secara individu dan tradisional kepada mustahik. Dalam hal ini seolah-olah ada semacam ‘pembiaran’ untuk meninabobokan orang miskin, karena tiap tahun terutama menjelang Lebaran hampir menjadi sebuah proyek besar yang menjanjikan bagi mereka untuk mendapatkan uang zakat. Minimnya kesadaran muzakki untuk menyalurkan zakatnya (termasuk, infak, sedekah, wakaf dan lain-lain) kepada lembaga pengelola zakat, membuat zakat belum memenuhi fungsi zakat itu sendiri. Perlu diingat, zakat pada intinya untuk memberantas kemiskinan. Bukan sebaliknya, memelihara kemiskinan. Bukan tidak mungkin tujuan mulia tersebut bisa terealisasi, ditunjang dengan pengelolaan zakat secara proporsional dan pendayagunaan yang tepat. Mengingat, potensi zakat di Indonesia makin hari makin menunjukkan pertumbuhan. Tersebutlah seorang sahabat Rasulullah SAW yang mengadukan kondisi kehidupannya yang miskin. Untuk makan sehari-hari berkekurangan. Melihat keadaan seperti itu, Rasulullah SAW langsung tanggap dan bertanya: “Apa yang engkau miliki wahai sahabatku, kemudian dia menyebutkan bahwa

barang yang paling berharga bagi dirinya hanyalah sebuah cangkir. Tak lama kemudian Rasulullah menawarkan lelang kepada sahabat yang lain. “Wahai sahabat-sahabatku, siapa yang kiranya mau membeli cangkir ini?” Lantas beberapa orang sahabat menawar, namun Rasulullah menolak karena tawaran yang dilontarkan belum dianggap pantas. Sejurus kemudian Rasullullah sepakat dengan tawaran salah seorang sahabat yang lain dan dia menjual cangkir tersebut. Namun beliau tidak lantas menyerahkan uang tersebut kepada sahabatnya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Rasulullah memerintahkan kepada sahabatnya, agar uang yang diperoleh tersebut digunakan untuk membeli sebuah kapak. Rasulullah meminta sahabat itu untuk bekerja keras sampai memperoleh kehidupannya, dan dia menaati sehingga mampu mendapatkan nafkah dengan bekerja menggunakan kapak tersebut. Dengan bekerja, maka dia bisa menemukan sendiri rezeki yang dijanjikan oleh Allah dengan upaya sendiri. Bukan dengan meminta-minta. Kisah itu yang menginspirasi lembaga pengelola zakat untuk menghimpun zakat untuk dikelola, disalurkan, didayagunakan, dan sebagai investasi aset yang produktif dan digunakan untuk mengangkat harkat martabat orang Islam. Selain itu, kisah tersebut juga mengisyaratkan kepada kita bahwa menjadikan zakat sebagai aset produktif lebih bersifat fungsional dari sekadar memberi uang konsumif yang hanya bisa dinikmati sesaat. Sudah saatnya umat Islam ‘sadar ’ untuk menyalurkan zakatnya kepada amil zakat, baik itu lembaga yang dikelola oleh pemerintah maupun ormas Islam. Dengan demikian, harta yang mereka keluarkan bisa tersalur kepada yang benar-benar membutuhkan dan sebagai solusi pengentasan kemiskinan. * Alumni Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin

Tulisan Opini bisa dikirim ke email: redaksi@banjarmasinpost.co.id (Maksimal 5.000 karakter tanpa spasi). Sertakan nama, alamat lengkap, nomor telepon, nomor rekening dan fotokopi (KTP). Opini yang terbit akan kami berikan imbalan ke nomor rekening penulis. Terima kasih.

Cara Bijak Manfaatkan THR

Sisihkan untuk yang Kurang Mampu Homepage: http//www.banjarmasinpost.co.id : PT Grafika Wangi Kalimantan : SK Menpen No. 004/SK MENPEN/ SIUPP/A.7/1985 tgl 24 Oktober 1985 Sejak Tanggal : 2 Agustus 1971 Direktur Utama : Herman Darmo Penerbit SIUPP

e-mail : redaksi@banjarmasinpost.co.id Pemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR Pendiri : Drs H J Djok Mentaya (1939-1994) Drs H Yustan Aziddin (1933-1995) HG Rusdi Effendi AR

Banjarmasin Post Group Pemimpin Redaksi: Yusran Pare Wakil: Harry Prihanto Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan Manajer Peliputan: Dade Samsul Rais Wakil: Elpianur Achmad Manajer Produksi: M Taufik Redaktur Eksekutif: Muhammad Yamani (Banjarmasin Post), Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari (Serambi UmmaH), Ribut Rahardjo (Online/Radio). Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari Wakil: Agus Rumpoko Redaktur: M Royan Naimi, Noor Dachliyanie A, Sigit Rahmawan A, Umi Sriwahyuni, Syamsuddin, Sudarti, Alpri Widianjono, R Hari Tri Widodo, Kamardi, Ernawati, Donny Sophandi, Didik Triomarsidi, Mahmud M Siregar. Asisten: Noorjani Aseran, Halmien Thaha, Edi Nugroho, Eka Dinayanti, Sofyar Redhani. Staf Redaksi: Aliansyah, Hanani, Burhani Yunus, AM Ramadhani, Syaiful Anwar, Mohammad Choiruman, Aries Mardiono, Anita Kusuma Wardhani, Syaiful Akhyar, Mahdan Basuki,Khairil Rahim, Idda Royani, Ibrahim Ashabirin, Eko Sutriyanto, Aspian, Sutransyah, Faturahman, Irfani Rahman, Jumadi, Budi Arif RH, Anjar Wulandari, Doni Usman, Mustain Khaitami, Siti Hamsiah, Hari Widodo, Ratino, M Risman Noor, Salmah, Murhan, George Edward Pah, Rahmawandi, M Hasby Suhaily, Helriansyah, Nia Kurniawan. Fotografer: Kaspul Anwar, Aya Sugianto. Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni, Aminuddin Yunus, Riduansyah, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, Kiki Amelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin. Design grafis/illustrator: Ivanda Ramadhani, Derry Hasbi, Agus Setya Dharma. Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita, Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FX Ismanto, Johson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yulis Sulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta General Manager Percetakan: D Yusgianto Wakil PP (Bidang Humas): M Fachmy Noor Manajer Iklan & Promosi: Suharyanto (08115002002) Manajer Sirkulasi Fahmi Setiadi (08115003012) Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya, Jl AS Musyaffa No 16 Banjarmasin 70111, Telepon (0511) 3354370 Fax 4366123, 3353266, 3366303 Bagian Redaksi: Ext 402-405 ; Bagian Iklan: Ext. 113, 114 ; Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117 Pengaduan Langganan: 08115000117 (0511) 3352050 Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12 Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan 5490666 Fax (021) 5495358 Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya, Telp (031) 8471096/ 843428, Fax (031) 8471163 Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511) 4780356, Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km.2,5 Palangka Raya, Telp (0536) 3242361 Tarif Iklan: zDisplay Umum: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk Berwarna (FC): Rp 45.000/mmk zDisplay Halaman 1: Hitam Putih (BW): Rp 45.000/mmk Berwarna (FC): Rp 90.000/mmk zIklan kolom/Duka Cita: Hitam Putih (BW): Rp 15.000/mmk Berwarna (FC): Rp 30.000/mmk zIklan Kuping: (FC) Rp 100.000/mmk zIklan Baris: (FC) Rp 20.000/baris: (BW): Rp 15.000/baris zIklan Satu Kolom : (FC)Rp 30.000/mmk, (BW): Rp15.000/mmk Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%. Harga Langganan: Rp 75.000/bln Percetakan: PT Grafika Wangi Kalimantan Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru Telepon (0511) 4705900-01 Isi di luar tanggung jawab percetakan Setiap artikel/tulisan/foto atau materi apa pun yang telah dimuat di harian “Banjarmasin Post” dapat diumumkan/dialihwujudkan kembali dalam format digital maupun nondigital yang tetap merupakan bagian dari harian “Banjarmasin Post”. WARTAWAN “BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER.

Siti Hafsah Honorer Pengadilan Agama Amuntai

RAMADAN belum berakhir, namun suasana Lebaran sudah begitu terasa. Berbagai kebutuhan menjelang hari raya telah dirancang sedemikian rupa, bahkan sering kali perencanaannya melebihi kapasitas ekonomi yang ada. Dan sudah menjadi hal yang lumrah, jika tunjangan hari raya begitu dinanti kehadirannya karena dapat menambah kebutuhan yang melonjak menjelang Lebaran. Hal seperti itu sebenarnya wajar-wajar saja. Tapi, sadarkah kita bahwa fenomena Lebaran di negara kita, sering kali mengaburkan esensi Idulfitri yang sebenarnya. Sering kali kita ingin menampilkan se-

suatu agar terlihat eksklusif. Maka tak jarang, uang THR habis hanya untuk membeli sesuatu yang kita inginkan bukan hal yang kita perlukan. Akhirnya uang THR akan menguap begitu saja. Sebenarnya, kita dapat lebih bijak memanfaatkan THR dengan menahan diri untuk tidak terlalu sering mengunjungi tempat-tempat penuh ‘godaan belanja’ seperti mal, toko pakaian, toko alat rumah tangga ataupun pasar. Dengan begitu, kita dapat mengerem keinginan untuk berbelanja barang yang sebenarnya tidak kita perlukan. Ada baiknya menyusun daftar barang belanjaan yang

kita perlukan sebelum pergi ke pasar, untuk menghindari kemungkinan berbelanja yang tidak diperlukan. Selain itu, jangan lupa sisihkan untuk orang lain, karena esensi Idulfitri yang sesungguhnya adalah berbagi kebahagiaan dengan mereka yang tak punya. Islam menganjurkan untuk bersikap zuhud dalam artian bukan hidup tanpa harta. Melainkan, penuhilah kebutuhan kita namun tidak secara berlebihan karena dalam harta yang dititipkan pada kita, juga terdapat hak mereka yang tak punya. Semoga kita dapat menjalankan esensi Idulfitri dan kembali fitri.(*)

Prioritas Kebutuhan dan Berbagi SUDAH merupakan hal lazim setiap menjelang Lebaran, karyawan mengharap cairnya tunjangan hari raya. Mendapatkan THR tentu sesuatu yang sangat menggembirakan. THR merupakan hak setiap karyawan yang sudah memenuhi umur kerja minimal setahun. Besarnya THR minimal satu bulan gaji atau sesuai kebijakan perusahaan dalam perjanjian kerja.

Hal yang harus disikapi dengan bijak adalah memanfaatkan THR sesuai prioritas kebutuhan. Apabila masih ada baju yang bagus, tidak perlu membeli baju baru. Apabila tidak perlu makanan tambahan, mengapa harus membeli makanan yang pada akhirnya hanya berlebihan. Bukankah kemenangan Idulfitri tidak dilihat dari pakaian baru, tetapi hakikatnya adalah

kemenangan batiniah. Yang perlu diingat, sekecil apa pun THR yang diterima harus disyukuri. Tengoklah ke sekeliling kita, berapa banyak warga yang tidak beruntung mandapatkan THR. Untuk itu, sudah sewajarnya kita berbagi dengan mereka. Anggaplah THR itu bonus rezeki dari Tuhan, sehingga dengan berbagi pun tidak mengurangi pendapatan. (*)

Mugiharto Wakhmadi Pemerhati Pendidikan dan Sosbud di Banjarmasin

Tema minggu depan: Penanganan Masalah Gepeng SAMPAIKAN komentar Anda maksimal 500 karakter secara santun ke redaksi@banjarmasinpost.co.id, disertai salinan kartu identitas diri dan foto (mohon jangan pasfoto). Komentar terbaik untuk tiap minggunya, mendapat kenang-kenangan manis dari BPost. Jadi, saatnya Anda bicara demi kebaikan bersama.

Layanan Publik 27

Banjarmasin Post

SENIN 6 SEPTEMBER 2010

Dilanjutkan

PEMBACA setia BPost, silakan sampaikan keluhan, saran dan kritik Anda terhadap public service atau masalah pembangunan di banua kita, secara singkat, cerdas dan santun melalui SMS ke nomor (0511) 7445000. Caranya: Ketik HOT <spasi> (isi SMS Anda)

Tata Kembali KEPADA Yth. Wali kota dan pihak yang berwenang. Tolong dong tata kembali kebersihan di daerah pasar kawasan Antasari. Sampah berserakan dan baunya semerbak ke mana-mana. Malu sama daerah-daerah lain, apakah seperti ini cerminan warga Banua? Buat para pedagang hendaknya sadar diri juga untuk tidak membuang sampah sembarangan. (087815114xxx)

Kapan Melengkapi KEPADA Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, kapan kami guru-guru non PNS yang sudah lulus sertifikasi tahun 20062007 melengkapi data untuk inpassing (penyesuaian) gaji pokok. (085248003xxx) TANGGAPAN : INPASSING guru-guru non PNS menunggu instruksi dari Kementerian Agama pusat. Namun, untuk proses pendataan bisa dilakukan sejak sekarang dengan menghubungi Kemenag kabupaten/kota masingmasing. Edi Murdianto SAg Kasi Ketenagaan Mapenda Kemenang Prov. Kalsel

Di Bawah UMR KAMI karyawan Hotel Aq Banjarmasin, di mana gaji kami di bawah UMP/ UMR dan masih dipotong uang makan. Tolong bantuan instansi terkait, terutama Depnaker dan PHRI menindaklanjutinya. (08971477xxx) TANGGAPAN : SEBELUMNYA kami pernah melakukan pemeriksaan reguler secara sample tenaga kerja, salah satunya ke karyawan Hotel Aq Banjarmasin. Berdasarkan hasil wawancara dengan karyawan hotel tersebut, mereka mengaku gajinya telah memenuhi UMR dan UMP. Kalau memang gaji mereka di bawah UMR, agar karyawan tersebut memberikan informasi data yang lengkap mengenai berapa gaji mereka sebenarnya dan lain-lainnya kepada petugas Depnaker, sehingga kami bisa menindaklanjutinya. Drs Syamsul Rizal Kadisnaker Kota Banjarmasin

TANAH LAUT - Selamat atas pelantikan gubernur Kalsel. Terima kasih pak ai jalan sudah nyaman, tapi biar lebih pas di desa kami jalan menuju Muara Kintap sangat tidak nyaman pak ai. Kemarin ada perbaikan, tapi terhenti, tolong pak gubernur ya lanjutkan perbaikannya sampai ke pantai Muara Kintap Kab. Tanah Laut yang memiliki potensi perikanan kelautan sangat tinggi. (085249936xxx)

Andaikan Juga

Tanpa Bukti

Tidak Kelar

SERING saya lihat di TV, pencuri kepergok kemudian dihakimi masa sampai babak belur bahkan ada yang sampai tewas. Andaikan pelaku korupsi juga dihakimi masa seperti itu. (05117484xxx)

TAPIN - Yth. Bupati Tapin dan kasat Pol PP Pemda Tapin, kami resah atas prilaku oknum anggota Satpol PP, yang meminta secara paksa pungutan berupa uang sebesar Rp 150.000 - Rp 600.000 tanpa disertai bukti pembayaran dengan alasan yang tidak jelas kepada pedagang kaki lima di Rantau atau dengan dalih penertiban PKL. (081351777xxx)

KAPUAS - Kepada bupati Kapuas, kenapa di Desa Tamban Baru Timur, kami diberi proyek PNPM air bersih, tapi proyek CSWHP air bersih tidak kelar, airnya belum dirasakan, bangunanya sudah hancur. Tolong dong pak bupati diusut, ratusan juta dananya lho pak. (085249190xxx)

Sesuai Prosedur

BANJAR - Tolong kepada pihak Pertamina agar segera melakukan sidak ke SPBU Gambut yang sering saya liat masih aja ada pembelian dengan jerigen 25 liter. Padahal antrean mobil dan motor yang lebih perlu bensin, masih panjang. Saya liat ada kerja sama antara pengecer jalanan dengan petugas pengisian bensin. Tolong ditindak tegas. (081348655xxx)

Buat Taman KEPADA ibu lurah Pasar Lama, dengan dibuatkannya siring di depan SDN Pasar Lama 3 Jalan Sulawesi diharapkan jangan sampai ada lagi bangunan di atas atau di depannya. Kalau bisa dibuat taman secepatnya, biar jadi indah dan asri. (085232978xxx)

Sangat Busuk KEPADA Yth. Bapak gubernur dan kepala BLH prov. Mohon ditertibkan dan buatkn aturan bagi angkutan karet, sistem boks misalnya, karena tetesan air getah yang tercecer di jalan baunya sangat busuk. Bau ini bikin muntah pengguna jalan dan mengganggu kesehatan. Belum lagi bikin malu terhadap tamu-tamu yang berasal dari luar Kalsel. Cocok kalau kalsel diidentikkan para tamu sebagai prov. jorok. Malu kita pak, mohon ditindaklanjuti. (081251187xxx)

Menutup Saluran YTH. Mohon kepada dinas terkait atau camat Banjarmasin Selatan dan lurah Pemurus Dalam untuk menugaskan aparatnya turun ke lapangan untuk melihat langsung atas seorang warga yang beralamat di Jalan Thamrin RT 26 Kompleks Beruntung Jaya telah melakukan pengurukan sungai di samping rumahnya yang akibatnya menutup saluran air. Yang bersangkutan pada waktu lalu ada kesepakatan dengan warga disaksikan oleh lurah, namun sampai sekarang tidak melakukan perjanjian itu, padahal saat ini sedang dilakukan pengerjaan proyek saluran oleh Pemko di Jalan Thamrin yang saluran airnya menuju ke samping rumah tersebut, mohon diperhatikan. (081351831xxx)

TAPIN - Terima kasih Samsat Rantau yang melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur, tingkatkan terus kinerjanya, jangan beri kesempatan buat calo untuk bermain, ini terbukti pada waktu saya memperpanjang STNK, jumlah yang saya bayar sama dengan yang tertulis di STNK. Sekali lagi terima kasih. (081348904xxx)

Lakukan Sidak

Asal Ada TANAH LAUT - Yth. Kepala Disdik Tanah Laut, ajang debat Bahasa Inggris tingkat SMA adalah lomba berlanjut sampai tingkat nasional dan untuk tingkat provinsi, Tanah Laut selalu masuk grand final, namun lomba yang baru saja diadakan disdik seakan asal ada lomba, tak satu pun pejabat yang hadir dalam pembukaan, meskipun setingkat kabid, padahal acara resmi, sehingga langsung acara debat, seakan tak ada yang peduli. Namun jika sudah ke tingkat provinsi banyak dari kalangan disdik yang berebut ingin mendampingi lomba, jika boleh gurunya tidak usah. Apakah bapak kepala disdik tahu hal ini atau hanya percaya dengan laporan bawahan. Mohon maaf bapak, ini hanya koreksi di akhir masa jabatan bapak. (082153055xxx)

Jadi Tidak Ramah

Jadi Sasaran

Sangat Bangga

KEPADA bapak polisi kapoltabes Banjarmasin Yth. Saya kemarin membuat SIM C baru di poltabes, baru sampai ke loket depan untuk menanyakan bagaimana langkah-langkah untuk pembuatan SIM baru, eh saya malah ditawarin sama seorang polisi dengan berkata, â&#x20AC;&#x153;Ini anda mau ngurus sendiri atau gimana?â&#x20AC;? Setelah saya jawab bahwa akan mengurus sendiri, pak polisi tersebut malah jadi tidak ramah kepada saya. Apa maksudnya itu? Pada saat tes, melewati beberapa pembatas yang jarak sudutnya sangat tidak mungkin untuk dilewati. Juga pembatasnya tidak boleh jatuh dan kaki tidak boleh turun, jika hal itu terjadi, maka harus diulang lagi dari awal. Kalo saja di jalan yang sebenarnya kaki tidak boleh turun, pasti warga Banjarmasin sudah masuk UGD semua, karena mencegah kaki turun ketika lampu merah atau melewati tikungan yang tajam dan sempit. Coba anggota Poltabes disuruh mencoba ujian praktek tersebut, paling cuma 5 - 10 orang yang bisa. (081952823xxx)

BANJARMASIN juga termasuk kota yang lemah keamanan dan kenyamanan, sehingga jadi tempat sasaran perampokan. Bank-bank dan para pengusaha serta warga jadi cemas dan waswas, sementara kerja polisi lambat dan hampir sakarat, tidak banyak terbukti dapat menangkap para pelaku perampokan. Apakah intel-intelnya bekerja sama dengan perampoknya ya? atau atau asyik-asyikan didugem karaoke atau diskotik? Tahu ah, ulun urang awam kada tapi paham jua. Tolong pang kapolda dan kapoltabes, kayapa supaya kota kita aman dan nyaman dari kejahatan perampokan. (081351555xxx)

POLRES HST, kami sebagai warga Barabai sangat berbangga dan berterima kasih atas kerja kerasnya menangkap gembong rampok yang selama ini membuat kami warga HST resah, terutama bagi para korban yang selama ini dirugikan atas sepak terjangnya, kami berharap dihukum seberat-beratnya. (085251015xxx)

Beri Pengamanan KEPADA Yth. Kapolres Tanah Laut dan Bupati Tanah Laut. Mohon kiranya kantor pos di kota Pelaihari dan di kecamatan diberi pengamanan tempat pengambilan uang pensiun para pensiunan. (087816262xxx)

Dahulukan Jerigen KEPADA Yth. Polda Kalsel dan Pertamina. Mohon ditegur keras dan ditindak tegas pengelola SPBU Km. 5, karena pegawainya terangterangan menjual solar kepada penjual eceran dalam jumlah banyak ke jerigen. Padahal saat itu mobil dalam antrean panjang untuk beli solar, tapi mereka bukannya mendahulukan mobil-mobil yang antre tersebut, malahan sambil melayani para pelangsir solar. Pantas saja solar di SPBU tersebut cepat habis terus, kalau begini cara kerjanya. (08115015xxx)

Mohon Perhatian BANJARBARU - Kepada Yth. Bapak wali kota Banjarbaru, mohon diperhatikan untuk pegawai bapak, karena tidak ada THR yang diterima, sedangkan karyawan toko saja dapat, masa PNS Banjarbaru tidak ada. (05116187xxx) TANGGAPAN : MEMANG tidak ada kebijakan tentang adanya pembagian THR bagi karyawan Pemko Banjarbaru di tahun 2010. Pasalnya, kami baru saja menjabat, sehingga apa yang dikerjakan sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Kami sangat memahami keinginan karyawan ingin mendapatkan THR, namun kami berharap kepada seluruh karyawan Pemko Banjarbaru juga memahami masalah ini. Namun, melihat keadaan sekarang, tahun depan bisa dicantumkan tunjangan THR bagi karyawan Pemko Banjarbaru, sehingga akan mendapat THR seperti Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarmasin dan itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan di Pemko. Drs H Ogi Fajar Nuzuli MAP Wakil Wali Kota Banjarbaru

Tambah Parah KOTABARU - Yth. Bupati Kotabaru dan Dinas PU Kab. Kotabaru, tolong perbaiki Jalan Batu Selira - Sigam karena rusaknya tambah parah dan sudah banyak korbannya. (08125166xxx)

Pakai Batang TABALONG - Yth. Bupati Tabalong. Umailah haratnya jembatan di Jalan Muara Harus masih pakai batang nyiur. Supannya pang zaman modern ini masih aja kaya itu. Kasihan. (081953801xxx)

Tolong Pang BANJARBARU - Sekarang ini di Banjarbaru parkir merajalela, di Lapangan Murjani aja, setiap ada acara pasti Rp 2.000 - Rp 5.000 ribu untuk sepeda motor, maka tolong pang pemerintah menertibkannya. (05117447xxx)

Bisa Membantu TAPIN - Bapak bupati Tapin Yth. Kami atas nama masyarakat Tandui, agar bapak bisa membantu untuk membangun desa kami di Datu Suban, karena desa kami seperti desa mati, tidak ada kemajuan sama sekali, listrik tidak ada, jalan sakit. Maka bantulah kami untuk memajukan desa kita jua pak ai. (087815627xxx)

Tempat Pacaran BATOLA - Sangat memprihatinkan, bekas helipad di bawah Jembatan Barito sering dijadikan tempat pacaran dan mesum oleh para remaja, mohon ditindak karena ini adalah simbol banua yang banyak pengunjung dari luar, jangan sampai bikin malu. (081953797xxx)

Tidak Terawat TANAH LAUT - Kepada Yth. Bapak bupati Tanah Laut. Tolong pang pak, objek wisata yang ad di Tala itu diperhatikan sungguh-sungguh, karena banyak yang tidak terawat, terbengkalai, padahal itu semua kan, punya kita warga Tala sendiri. (085249294xxx)

Tanpa Kepastian BANJARBARU - Kecewa dengan pelayanan kantor Badan Pertanahan Nasional cabang Banjarbaru. Kami mau meroya sertifikat tanah kami, prosedur dan biaya administrasi sudah kami lengkapi, tapi dengan alasan belum ditandatangani, tidak selesai sampai hari ini. Bahkan tidak ada kepastian sampai dua minggu ke depan, ini menurut pegawai yang ada pada saat itu. Kami juga disambut dengan tidak ramah dan pertanyaan kami tidak dijawab dengan ramah. Padahal kami mengurus hal yang serupa di kantor BPN cabang Banjarmasin, hanya butuh waktu 30 menit. (087814291xxx)

Kada Sadar HULU SUNGAI SELATANDinas Kesehatan HSS, cuba segera bertindak. Warga kami hamil dan kada sadar di RS Hasan Basry Kandangan yang ulih dokternya dikirim ke Banjarmasin, tapi kada sadar, apalagi dioperasi, pas ai selajur. Bujur ajakah kaya itu caranya? cubai pang dinas kesehatan maneliti. Di RS itu, setiap urang sakit parut disuruh uperasi, cobai pian kasitu, bapadah sakit parut, musti disuruh sidin operasi. Dari Telaga Langsat. (08125020xxx)

Sedia Ambulan BATOLA - Kepada Yth. Kepala Dinkes Batola. Pak, tolong pang disediakan ambulan untuk Puskesmas Berangas. Kami sebagai warga kesulitan bila handak berobat ke rumah sakit. (05116321xxx)

Buka 12 HULU SUNGAI TENGAH Yth. Kepala KP Pratama Barabai. Berdasarkan SE Dirjen pajak nomor 79/2010 tentang SOP Perpajakan ,untuk restitusi pajak hanya berkisar antara 7 hari - 8 bulan, tergantung kriteria wajib pajak, bukan 12 bulan seperti yang saudara umumkan lewat media ini. Tolong berhenti membodohi masyarakat. Trims (085249997xxx)

0609/B27

28

Banjarmasin Post

Trans

Kalimantan

SENIN

6 SEPTEMBER 2010/ 27 RAMADAN 1431 H

Mantera Rahasia Kelezatan Dodol Perenggi MAKANAN ringan biasanya dibuat dengan resep berupa aneka bahan yang bisa diperoleh di pasar. Namun, penganan khas Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalbar ini sungguh berbeda. Ada satu ‘bahan’ yang tak bisa diperoleh di pasar karena dodol perenggi khas desa tersebut dibuat dengan membacakan mantera. Wartawan Tribun

Buah Perenggi

NET

Pontianak (Grup Banjarmasin Post) berkesempatan mengunjungi Desa Raja, Jumat (3/9). Tak jauh dari keraton Ismahayana Landak, empat ibu rumah tangga terlihat sibuk membuat berbagai macam kue. Dengan lincahnya, tangan-tangan perempuan paruh baya itu mengadukaduk bahan kue yang ada di hadapan mereka. “Sekarang ni tinggal bikin kue yang ringan-ringan saja,” kata Nyemas Arpani, satu di antara perempuan itu. Sepintas kue-kue yang dibuat ibu-ibu rumah tangga itu penganan yang disaji-

kan saat Lebaran pada umumnya, yakni kue kering. Namun, setelah diperhatikan dengan saksama, ada beberapa jenis penganan yang terbilang agak asing, di antaranya dodol perenggi itu. Penganan ini berbahan dasar sejenis labu berwarna kuning dan bisa diperoleh dengan mudah di pasar. Namun ternyata, makanan ringan khas di daerah itu hanya ada saat Lebaran dan hanya ada di Ngabang. “Tak rumit sih membuatnya. Cukup menyiapkan kelapa, buah perenggi, gula merah, gula pasir, dan tepung ketan,”

ujar Nyemas. Namun, ada satu ‘resep’ yang dirahasiakannya. Apa itu? Ternyata, ada rapalan mantera yang harus diucapkan dalam hati saat memulai mengolah adonan. “Banyak orang yang bisa membuat dodol seperti ini. Namun, rasanya berbeda karena ada rahasia yang tidak mereka ketahui,” katanya. Dia menyimpan erat-erat rahasia di balik gurihnya dodol perenggi buatannya. Itu karena selama ini banyak orang memesan makanan seharga Rp 70.000 per kilogram itu. (tk)

Daging Malaysia Tidak Ditoleransi SINTANG, BPOST - Pemerintah Kabupaten Sintang tidak akan menolerir masuknya daging beku asal Malaysia. Bagi pelaku usaha yang memasukkannya ke Sintang akan ditindak tegas.

Tidak ada alasan memasukkan daging ilegal ke Sintang karena itu akan merugikan masyarakat “Tidak ada alasan memasukkan daging yang jelasjelas ilegal ke Sintang karena itu akan merugikan masyarakat,” kata Bupati Sintang, Milton Crosby, akhir pekan kemarin. Menurutnya, pengawasan terhadap peredaran baik itu daging ayam maupun sapi menjelang Lebaran akan diperketat melalui instansi teknis yang ada di Sintang. “Kami akan terus memantau dan

NET

MILTON CROSBY Bupati Sintang

jika ada pelaku pasar yang nekat dan ketahuan maka akan kami tindak tegas,” Milton menegaskan. Beberapa hari terakhir, Kalbar dihebohkan oleh masuknya daging beku asal Malaysia melalui pintu lintas batas di Entikong. Menurut Milton, daging beku itu selain ilegal juga tidak diketahui pasti higienis atau tidak. Namun, dari informasi yang diperolehnya, beberapa

Hanya Dua Perusahaan KEPALA Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, Abdul Manaf Mustafa mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, hanya ada dua perusahaan yang memiliki izin edar daging beku. Menurut Manaf, pihaknya sudah mengeluarkan ultimatum bagi siapa saja yang akan menjadi distributor daging beku harus memenuhi persyaratan dalam UU tersebut. “Salah satu persyaratan memiliki nomor kontrol veteriner. Nah, di Pontianak ini hanya ada dua yakni Fresh Mart dan Hypermart,” kata Manaf di Pontianak, Sabtu (4/9). Dia menambahkan, peredaran daging beku yang masuk ke Kota Pontianak selalu melalui pemantauan dan pengawasan dinasnya. “Itu ada pengawasnya dan tidak banyak jumlahnya. Satu tahun hanya 45,5 ton,” ujar Manaf. Angka itu jika dibanding dengan kebutuhan daging di Kalbar sebanyak 6.750 ton tidak sampai satu persennya. (ant)

jam setelah tidak lagi beku, kualitas daging itu sangat tidak bagus. “Kasihan masyarakat kita kalu mengonsumsi daging yang tidak bagus. Apalagi beberapa pekan terakhir ada kekhawatiran terhadap penyakit flu burung yang bisa saja dibawa melalui daging beku itu,” jelasnya. Dia mengatakan langkah tegas harus diambil terhadap siapa saja yang nekat membawa daging ilegal ke Sintang karena itu juga demi kepentingan masyarakat. “Begitu ada informasi daging asal Malaysia beredar di Kalbar kami langsung meningkatkan pengawasan,” kata dia. Menurutnya, untuk mengantisipasi kebutuhan daging ayam dan sapi di Sintang menjelang Lebaran, pihaknya sudah melakukan persiapan. Kebutuhan ayam broiler akan diupayakan bisa diperoleh dari Singkawang. “Sementara kebutuhan daging sapi kami minta pelaku pasar bisa mencarinya di Kalbar atau bahkan bila perlu sapi dari Madura,” ujarnya. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, Abdul Manaf Mustafa juga mewantiwanti masuknya daging beku ilegal. “Itu yang harus menjadi perhatian bersama untuk diberantas,” tegasnya. Dia juga menegaskan, daging-daging tidak resmi tidak terjamin kesehatan dan keamanannya demikian juga kehalalannya. “Apalagi hasil pengamatan selama ini daging itu umumnya adalah daging kerbau yang didatangkan dari India dan Amerika Latin, dan sangat berbahaya,” ujarnya. (ant/rai)

ANTARA/JESSICA WUYSANG

MERIAM KARBIT - Sejumlah anak berdiri di atas meriam karbit di Banjar Serasan, Pontianak, Kalbar, Sabtu (4/9). Meriam karbit, yang terbuat dari kayu belian tersebut, merupakan permainan tradisi tahunan khas Kota Pontianak yang rutin digelar tiap malam takbiran dan setelah shalat Idul Fitri.

Rapor 12 Perusahaan Merah SAMARINDA, BPOST - Tim bentukan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur memberikan rapor merah kepada 12 perusahaan di wilayah itu yang bergerak di bidang jasa dan industri pada 2010. “Selain itu, ada satu perusahaan yang mendapat rapor hitam, sehingga sejumlah perusahaan yang mendapat nilai jelek harus memperbaiki kinerja. Setiap aktivitas perusahaan harus berwawasan lingkungan,” kata Kepala BLH Kalimatan Timur, Tuparman di

Jembatan Tarakan Belum Jelas

Lebaran, Enam Puskesmas Buka

TARAKAN - Konsep pembangunan jembatan penghubung dari Tarakan melalui Pulau Sadau, tembus ke Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan, belum jelas. Demikian dikemukakan, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Menurut Awang, dia belum menerima usulan jelas tentang rencana pembangunan jembatan tersebut baik dari Pemkot Tarakan dan Pemkab Bulugan. “Hingga saat ini konsep rencana pembangunan jembatan itu belum ada dan usulannya juga belum jelas,” ujarnya. Awang meminta kepada Pemkot Tarakan dan Pemkab Bulungan untuk aktif dalam menyusun perencanaan tersebut dan menyampaikan kepada Pemprov Kaltim. “Konsepnya harus disusun dahulu, dan konkritnya seperti apa. Sebab untuk membangun jembatan ini harus diketahui berapa besar kebutuhan biaya yang diperlukan, hingga detail engineering design (DED)-nya,” ungkapnya. Orang nomor satu di Provinsi Kaltim ini mengatakan, dia mendukung perencanaan pembangunan jembatan tersebut. “Program yang datang dari masyarakat dan untuk daerah, saya pasti mendukung, apalagi ibukota provinsi kaltara akan berada di Bulungan,”ujarnya. (tk)

SAMARINDA - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Samarinda menyiapkan enam puskesmas tetap buka saat libur Lebaran 9-13 September 2010. Dengan begitu, masyarakat tetap bisa menikmati layanan kesehatan gratis di puskesmas terdekat saat libur Lebaran. Keenam puskesmas itu adalah Puskesmas Lempake, Remaja, Temindung, Trauma Center, Kampung Baqa dan Karang Asam. “Karena berdasarkan pengalaman libur Lebaran tahun lalu, masyarakat yang memeriksakan kesehatan ke puskesmas cukup banyak. Maka itu, tahun ini kami menyiapkan enam puskesmas agar tetap buka saat libur Lebaran nanti,” kata Kepla DKK Samarinda, drg Nina Endang Rahayu, Mkes. Puskesmas mulai buka pada pukul 09.00-17.00 Wita. Bahkan, Puskesmas Remaja, Karang Asam dan Trauma Center tetap buka saat hari Lebaran, 10 September 2010. Selain enam puskesmas itu, dua puskemas lagi beroperasi selama 24 jam, yakni Puskesmas Palaran dan Sei Siring. Maklum, kedua puskesmas ini memang memiliki fasilitas ruang rawat inap. (tk)

Samarinda, Sabtu (4/9). Dia mengatakan, 12 perusahaan yang berapor merah itu adalah PT Indo Pusaka (PLTU Lati) yang berkedudukan di Kabupaten Berau, kemudian PT Rimba Wana Lestari di Kabupaten Kutai Kartanegara, PT Bukit Baiduri Energi di Kutai Kartanegara/Samarinda, dan PT Insani Bara Perkasa di Kutai Kartanegara/Samarinda. Selanjutnya PT Anugerah Bara Kaltim yang berkedudukan di dua tempat yakni Samarinda dan Kutai Kartanegara, PT

Tanito Harum di Samarinda/Kutai Kartanegara, PT Berau Bara Energi di Berau, dan perusahaan perkebunan bernama PT Etam Bersama Lestari di Kutai Timur. Selain itu, ada empat rumah sakit yang berapor merah yakni RSUD dr H Soemarmo Sosroatmodjo di Kabupaten Bulungan, RS H Darjad di Samarinda, RSUD I A Moeis di Samarinda serta RSUD Taman Husada di Kota Bontang. Salah satu rumah sakit mendapat nilai terburuk sehingga menerima bendera hitam RSUD dr Abdul Rivai di Berau. (ant)

TKI Mudik Lewat Entikong ENTIKONG, BPOST - Antrean panjang tenaga kerja Indonesia yang mudik Lebaran terlihat di loket pemeriksaan paspor Pos Pemeriksaan Lintas Batas Entikong, Kabupaten Sanggau, Sabtu (4/9). Sejak subuh, antrean TKI yang akan pulang sudah terlihat memanjang di loket pemeriksaan paspor. “Tenaga kerja yang masuk ke Malaysia sudah mulai berkurang, bukan lantaran lapangan kerja tidak ada, melainkan pekerja kita yang ada di seberang sudah pada mudik. Ini terlihat sejak awal bulan Ramadan,” kata Rossy Halilintar, petugas Imigrasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi di PPLB Entikong, Kabupaten Sanggau. Dia mengatakan, selama ini memang pintu perbatasan dibuka lebih awal, yakni pukul 05.00 WIB. Namun, aktivitas baru berjalan sekitar pukul 06.00 WIB. Sejak memasuki awal Ramadan, intensitas kepulangan warga negara Indonesia dari seberang cukup tinggi. Bahkan, sejumlah bus antarnegara yang berangkat dari Kuching menuju Pontianak terlihat penuh sesak oleh penumpang. “Biasanya paling setengahnya saja penumpang yang

menggunakan bus antarnegara,” katanya. Menurut dia, itu terjadi karena TKI yang bekerja di Malaysia sudah mendapatkan izin dari majikan untuk cuti. Selain itu, mereka juga mengejar tiket keberangkatan menuju daerah masing-masing, terutama ke Pulau Jawa. Seorang TKI asal Magelang, Jawa Tengah, Suparman, mengatakan sudah hampir satu tahun tidak pulang karena tidak ada waktu. Kebetulan Lebaran tahun ini dia diizinkan oleh majikan untuk mudik. “Di samping itu, kita juga takut tidak kebagian tiket pulang. Biasanya jika menjelang Lebaran, semua tiket, baik pesawat maupun laut, sudah habis terjual,” katanya. Kepala Unit TPI Entikong Heri Maryono mengatakan, kesibukan petugas imigrasi setempat berlangsung sejak awal Ramadan hingga menjelang H-1 Lebaran. Setelah itu, baik aktivitas tenaga kerja maupun warga negara Indonesia yang akan masuk mencari pekerjaan akan mengalami lonjakan. “Sebagian tenaga kerja itu kembali lagi ke Malaysia membawa teman atau saudaranya untuk menjadi pekerja di sana,” katanya. (kps/ant)

0609/B28


Banjarmasin Post edisi Senin 6 September 2010