Issuu on Google+

Terbaik di Kalimantan

28

RP 3.000

Banjarmasin Post

SELASA

10 AGUSTUS 2010/ 29 SYAKBAN 1431 H

HALAMAN

NO. 14006 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987

DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

Ini Rekayasa Amerika ■ Ba’asyir Ditangkap Bersama Istri JAKARTA,BPOST - Amir Jemaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba’asyir bersama istri dan lima pengawalnya ditangkap Densus 88, Senin (9/8) sekitar pukul 09.00 WIB. Penangkapan itu terjadi di Banjar Patroman, Ciamis, Jawa Barat, saat Ba’asyir dalam perjalanan pulang ke Solo. Densus 88 dinilai bertindak berlebihan saat menangkap Ba’asyir. Mobil yang ditumpangi Ba’asyir dicegat di jalan. Kemudian, kaca mobilnya dipecahkan. Setelah itu, Ba’asyir dibawa paksa ke Jakarta. “Penangkapan terhadap Ba’asyir itu merupakan caracara biadab dan kasar. Apalagi di dalam mobil yang ditumpangi Ba’asyir itu terdapat dua perempuan tua

Ba’asyir merestui dan mendanai latihan militer di Aceh

EDWARD ARITONANG Kadiv Humas Mabes Polri

yang tidak tahu-menahu dengan persoalan yang terjadi,” ujar Sekretaris Jemaah Ansharut Tauhid (JAT), Abdur-

rahman. Siapa dua perempuan tua itu? Anak Ba’asyir, Abdurrahim, mengatakan mereka adalah Umi Aisyah Ba’asyir dan istri Direktur Pesantren Ngruki Wahyuddin. “Kalau mereka juga ikut ditangkap itu kebangetan k are n a m e re k a b a ru s a j a mengunjungi keluarga,” ujar Iim, panggilan akrab Abdurrahim.

DALAM penangkapan teroris di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/8) lalu, mencuat identitas pemilik mobil Mitsubishi Galland yakni seorang WN Perancis. Pertanyaan pun timbul, darimana asal mula keterlibatan WN Perancis tersebut? “Pemerintah Perancis sendiri kan menduga Islam garis keras itu menggunakan base-nya di Perancis. Makanya ada larangan pemakaian burka di sana,” kata pengamat teroris Mardigu Wowiek Prasetyo, Senin (9/8). Menurut Mardigu, jaringan teroris di Bandung tidak bekerja sendiri dan bersifat global. “Jaringan ini menggunakan teknologi yang lebih canggih dari jaringan sebelumnya seperti adanya penemuan laboratorium bom,” ujarnya.

„ Hal 14 kol 4-7

„ Hal 14 kol 1-3

Endang Menangis SIMPATISAN Abu Bakar Ba’asyir, Endang, menangis di Mabes Polri. Perempuan ini sedih karena tidak diperbolehkan menjenguk Ba’asyir yang ditangkap Densus 88 karena diduga terkait terorisme. “Saya tidak diberi izin, mereka terlalu ketat,” ujar Endang di Bareskrim Mabes Polri, Senin (9/8).

Jejak Rekam

Endang yang mengenakan cadar berwarna biru tua itu yakin Ba’asyir tidak tersangkut dengan jaringan teroris. “Saya yakin Ba’asyir tidak bersalah, saya tahu persis,” ujarnya. Endang mengaku sakit hati, namun dirinya tidak bisa berbuat apa-apa selain berdoa. „ Hal 14 kol 4-7

Jaringan Perancis Terbentuk

Ba’asyir

● Tahun 1983, Ba’asyir ditangkap. Ia dituduh menghasut orang untuk menolak asas tunggal Pancasila. ● 18 Oktober 2002, Ba’asyir ditetapkan tersangka menyusul pengakuan Omar Al Faruq terkait pengeboman di Bali. ● 3 Maret 2005, Ba’asyir dinyatakan bersalah atas konspirasi serangan bom 2002. Dia divonis 2,6 tahun penjara. ● 14 Juni 2006, Ba’asyir dibebaskan dari penjara.

Abu Bakar Ba’asyir NET

Gabung di FB Banjarmasin Post

Kita USTADZ Abu Bakar Ba’asyir ditangkap Densus 88. Diduga, dia terkait jaringan teroris. Santri Ba’asyir di Ngruki menilai penangkapan itu hanya pengalihan isu.

A’ar Eillen Pearce KENAPA penyebar bom berwarna hijau tiga kiloan yang dibagikan ke masyarakat tidak ditangkap? Kenapa teroris pemerintahan (koruptor) yang sudah nyata merugikan rakyat tidak ditangkap? Sungguh tidak adil.

Bjm Pro Hunter KENAPA sampai berulang-ulang kaitu di tangkap. Mun sekali di tangkap tu takunakan bujurbujur. Jangan di tangkap dilapas, ditangkap pulang.

Komentar lain di halaman 4

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

HUT KABUPATEN BANJAR - (kiri-kanan) Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group HG Rusdi Effendi AR, Bupati Banjar Khairul Saleh, Ulama Banjar KH Anang Jazouly, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Seketaris MenPAN Tasdiq Kinanto dan Wakil Bupati Banjar Fauzan Saleh menghadiri acara HUT ke-60 Kabupaten Banjar, setelah mengikuti pelantikan bupati dan wakil bupati Banjar di gedung DPRD Banjar, Senin (9/8). Berita Terkait Halaman 17.

Pelantikan Muhiddin-Irwan Bisa Molor ■ Sjachrani Teteskan Air Mata BANJARMASIN, BPOST Masa tugas Wali Kota Banjarmasin Yudhi Wahyuni bakal berakhir besok, Kamis (12/8). Namun hingga kemarin, kapan pelantikan penggantinya masih belum jelas.

Bahkan, panitia pelantikan wali kota dan wakil wali kota periode 2010-2015, belum bisa menentukan dimana lokasi pelantikan. Meski pasangan H Muhiddin-Irwan Anshari sempat

meminta agar berlangsung di Gedung Sultan Suriansyah, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Banjarmasin belum bisa mempersiapannya. „ Hal 14 kol 4-7

Premium Rp 6.000/liter ■ Pertamina Tambah Pasokan Selama Puasa BANJARMASIN, BPOST Tiga hari terakhir, antrean panjang kendaraan disemua SPBU kembali terlihat. Padahal, pada hari biasa hanya mobil berbahan bakar solar yang terlihat antre, sementara untuk roda dua dan mobil berbahan bakar premium lancar. Parahnya, karena kehabisan stok, banyak SPBU yang tutup lebih awal.Kondisi ini

Tangan Saya Dingin ■ Fahira Lemas Temui Habib Rizieq

05:00

05:10

12:28

15:50

18:29

19:40

JAKARTA,BPOST - Saat asyik berdialog dengan pengurus Front Pembela Islam (FPI), tiba-tiba Fahira Idris lemas. Putri mantan menteri Fahmi Idris itu pun dipapah meninggalkan ruangan untuk beristirahat. Senin (9/8) sekitar pukul 15.40 WIB, Fahira tiba-tiba bangkit dari duduknya dan berjalan menuju ke dekat pintu keluar. Kemudian, Fahira yang mengenakan baju muslimah warna merah dan kerudung putih ini terduduk lemas. Sontak sejumlah orang langsung menghampirinya dan memberikan pertolongan. Ketua Perbakin Jakarta itu pun langsung dibawa menuju tempat istrirahat. Diban-

Azhyzah Sooyoung YA ampun lagi-lagi masalah teroris. Memang teroris gak ada jeranya

tu sejumlah anggota FPI dan rekan-rekannya, Fahira diistirahatkan di ruang tamu di markas FPI. “Fahira lemas, kurang baik kondisinya,” ujar rekan Fahira, Uni Z Lubis. Saat ditemui, Fahira mengaku kurang enak badan karena masuk angin. “Awalnya saya baik-baik saja, tapi kok lama-lama tangan saya dingin terus mual, pingin muntah,” ujar Fahira, saat sedang duduk di teras rumah Habib Rizieq. Fahira mengatakan, awalnya dia ingin ke kamar mandi. Namun saat berjalan, ternyata dia tidak kuat. “Ternyata saya tidak kuat sehingga harus dipapah,” ujarnya. „ Hal 14 kol 1-3

memicu kekhawatiran bakal terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak selama puasa nanti. “Ini pasti akan menimbulkan dampak yang cukup besar. Jika tak segera diatasi, orang akan banyak menghabiskan waktu antre di SPBU,” kata satu pemilik SPBU, kemarin.

MENGATASI kelangkaan bahan bakar minyak menjadi tugas pertama Rudy Ariffin sejak dilantik kembali menjadi gubernur Kalsel periode 2010-2015. Dia berjanji memanggil Pertamina untuk meminta penjelasan seputar kondisi yang terjadi saat ini. Terlebih, kekosongan BBM yang membuat antrean di semua SPBU ini bisa memicu keresahan masyarakat.

„ Hal 14 kol 4-7

„ Hal 14 kol 4-7

Rudy Siap Sidak

SI PALUii

Badut Bisa Menakutkan

Ubat Mangantuk SABAN malam Jumahat wan Sanayan, Garbus malihat Palui tulak bajalanan wan bininya. Garbus bingung kamana bubuhannya badua itu. Kamanaan bajalanan wan bini saban malam Sanayan dan malam Jumahat? ujar Garbus merawa. „ Hal 14 kol 1-3

- Bensin sudah Rp 6.000-an, Lak-ai + Bagarakan sahurnya bajalan haja, Nang-ai Anang Gayam

BADUT dikenak sebagai sosok yang lucu, menggemaskan dan menghibur. Tapi sebagian besar anak kecil di Inggris mengaku tidak suka, bahkan takut dengan badut. Penyebabnya, sebagian besar media menggambarkan badut sebagai sosok kejahatan NET dalam berbagai film. Seperti dilaporkan dalam Nursing Standard Magazine, hasil penelitian oleh University of Sheffield kepada 250 anak berusia 4-16 tahun, akibat pencitraan miring tersebut, badut secara universal tidak disukai anak-anak. Dikutip dari Digitaljournal.com, Senin (9/8), anak-anak kini berpikir badut adalah sosok yang jahat sehingga mereka jadi takut. Selain itu, sebagian analis dan psikolog percaya riasan di wajah badut yang berlebihan bisa membuat takut anak-anak. Agar ketakutan tidak berlanjut menjadi Coulrophobia (fobia badut), orangtua diharapkan mulai memperkenalkan badut sebagai sosok yang lucu kepada anak mereka. Bisa juga dengan memberi pujian saat anak mau berdekatan dengan badut. (dtc/djc)

1008/B01


2 Banjarmasin Bungas

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

Segera Bentuk Posko Aspirasi „ Ical Enggan Komentari Nasdem BANJARMASIN, BPOST- Ketua DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie tidak mau berkomentar tentang ormas Nasional Demokrat (Nasdem) bentukan Surya Paloh, mantan rivalnya saat Munas di Bali beberapa waktu lalu. Menurut pria yang akrab disapa Ical ini, terlalu kecil untuk mengomentari organisasi yang diisi sejumlah tokoh partai berlambang pohon beringin itu. Aburizal Bakrie yang ditemui usai menutup Rakerda I Partai Golkar Kalsel, Minggu (8/8) sore, lebih senang membicarakan persoalan partai ke depan. Termasuk menyiapkan sejumlah jurus untuk menghadapi undang-undang pemilu dan partai politik yang akan mengikuti pesta demokrasi 2014. “Dari pada buang-buang energi, lebih baik memikirkan organisasi ini agar lebih baik,” ujarnya.

Mantan Menko Kesra itu meminta semua kader Partai Golkar lebih banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat. Seperti menggelar pengobatan gratis maupun bakti sosial, tanpa harus menggantungkan diri pada kebesaran atribut partai. Hal itu dilakukan untuk menyongsong Pemilu legislatif 2014. Partai Golkar bertekad meraih 30 persen suara. Sementara itu, hasil rapat kerja daerah (Rakerda) I DPD Partai Golkar Kalsel yang berlangsung selama tiga hari menghasilkan sembilan rekomendasi. Salah satunya membentuk posko aspirasi untuk menampung keluhan dan menyerap aspirasi masyarakat secara cepat. Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, HA Sulaiman HB mengatakan, posko tersebut untuk mempercepat respons terhadap keluhan masyarakat. (coi)

BANJARMASIN POST GROUP/INFOKOM GOLKAR

TUTUP RAKER - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Abu Rizal Bakrie (kanan) bersama Dewan Penasihat DPD Parti Golkar Kalsel, HG Rusdii Effendi AR (kiri) usai menutup rapat kerja daerah Partai Golkar Kalsel di Gedung Golkar Kalsel, Minggu (8/8).

Hidayatullah Divonis Setahun „ Kasus Dugaan Korupsi Dana Raskin BANJARMASIN, BPOST- Sahrul Bahrani dan Noor Hidayatullah menundukkan kepala ketika mendengar majelis hakim Pengadilan Negeri Banjarmasin membacakan vonis terhadap mereka, Senin (9/8) sore. Majelis hakim menyatakan dua terdakwa kasus dugaan korupsi pendistribusian beras miskin (raskin) untuk warga Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur itu bersalah. Mereka dinyatakan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan melanggar pasal 3 juncto pa-

Penyimpangan Beras Raskin Q

Terdakwa:

Noor Hidayatullah: „ Vonis penjara satu tahun serta denda Rp 50 juta atau digantikan dengan penjara tiga bulan, jika tida bisa membayar denda tersebut „ Dihukum untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 9 juta atau hartanya akan dilelang jikauang pengganti tak bisa di bayar. Jika hartanya tak mencukupi, akan digantikan dengan penjara selama dua bulan

Sahrul Bahrani „ Vonis hukuman penjara selama satu tahun dua bulan dan denda Rp 50 juta, atau digantikan dengan hukuman penjara selama tiga bulanserta membayar uang pengganti Rp 78 juta lebih

sal 18 ayat (1) huruf b Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Hidayatullah merupakan mantan Lurah Kuripan. Dia mendapat hukuman lebih ringan dibanding Bahrul yang sebelumnya menjabat Ketua Dewan Kelurahan Kuripan. Hidayatullah divonis penjara selama satu tahun serta denda Rp 50 juta atau digantikan dengan penjara tiga bulan, jika tidak bisa membayar denda tersebut. Dia juga dihukum untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 9 juta atau hartanya akan dilelang jika uang pengganti tak bisa dibayar. Jika hartanya tak mencukupi, akan digantikan dengan penjara selama dua bulan. Sedangkan Sahrul dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun dua bulan dan denda Rp 50 juta, atau digantikan dengan hukuman penjara selama tiga bulan serta membayar uang pengganti Rp 78 juta lebih. Putusan hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum, Margono SH cs, yang sebelumnya menuntut keduanya penjara selama satu tahun enam bulan dan denda Rp 50 juta subsider enam bulan kurungan.

Pengumuman Lelang Ke Dua - II Eksekusi Hak Tanggungan

BPOST GROUP/BUDI ARIF RH

DIVONIS - Sahrul dan Hidayatullah menjalani sidang putusan di PN Banjarmasin, Senin (9/8) sore.

Menanggapi putusan hakim tersebut, kuasa hukum Hidayatullah, Abdul Hakim menyatakan masih pikir-pikir. “Kita masih pikir-pikir apakah akan menerima putusan itu ataukah banding,” kata Abdul Hakim. Diberitakan koran ini sebelumnya, Hidayatullah dan Sahrul dihadapkan ke persidangan atas dugaan korupsi dalam pendistribusian raskin di wilayah Kelurahan Kuripan. “Khusus untuk Hidayatullah alias Dayat, dugaan korupsinya berkisar dari Januari 2005 sampai Juni 2006. Sedangkan untuk Sahrul berlangsung dari 2005 hingga 2007,” kata Margono beberapa waktu yang lalu.

Disebutkan dalam berkas dakwaan, raskin yang dikirim oleh Perum Bulog Wilayah Kota Banjarmasin, ditebus menggunakan dana talangan Pemko Banjarmasin. Ketika sampai di tempat Dayat, ternyata tidak seluruhnya didistribusikan kepada penerima, yakni rumah tangga miskin. Sebagian memang didistribusikan tapi sisanya justru dijual kepada pedagang beras. Sebagian uang hasil penjualan diserahkan kepada Dayat dan staf Kelurahan Kuripan serta untuk keperluan pribadi Sahrul. Perbuatan keduanya diduga telah menyebabkan kerugian Negara hingga ratusan juta. (ncl)

DI BUTUHKAN SEGERA

Lamaran kirim ke

PT Omega Internasional

Martapura, 24 Agustus 2010 Wisnu Prihandoyo Unit Manager

Poltabes-Densus 88 Usut Penembakan BANJARMASIN, BPOST- Kasus penembakan hingga tewas terhadap M Rafi’i di kawasan Jalan KS Tubun Banjarmasin, tepatnya di dekat Hotel Kharisma, jadi perhatian serius aparat Poltabes Banjarmasin. Aparat Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) masih disebar untuk menyelidiki siapa pelaku penembak misterius tersebut. “Sekarang kita masih dalam tahap penyelidikan. Doakan saja kita segera bisa mengungkapnya,” kata Kasat Reskrim Poltabes Banjarmasin, Kompol Suhasto, Senin (9/8). Menurut Suhasto, pada kasus ini pihaknya sudah mengetahui ciri-ciri

pelaku penembakan berdasar keterangan saksi. Pelaku juga hanya satu orang. Namun, menurut Suhasto, satu hal penting yang saat ini masih didalami aparat Sat Reskrim adalah motif penembakan. “Berdasar hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi, motifnya bukan karena pencurian dengan kekerasan, pemerasan atau sejenis,” kata dia. Suhasto mengatakan, pihaknya masih terus menggali informasi karena kalau motifnya sudah diketahui akan mempermudah proses penyelidikan mengungkap pelaku penembakan. Dituturkan Suhasto, untuk mengusut kasus ini, pihaknya juga sudah berkoor-

dinasi dengan Intel Korem 101/Antasari. “Selain itu kita juga berkoordinasi dengan Densus 88 untuk membantu proses penyelidikan,” kata Suhasto. Sementara itu, saat disinggung kemungkinan ada atau tidaknya keterlibatan oknum aparat, Suhasto tidak berani memastikan. “Kita tidak bisa memastikan, yang jelas pelakunya masih dalam penyelidikan,” ujarnya. Seperti diketahui, Sabtu (7/8) Rafi’i (17) warga Jalan 9 Oktober, Gang Moroseneng RT 24, Pekauman, Banjarmasin tewas ditembak oleh seorang pria tak dikenal di bagian tengkuknya. (ncl)

1008/B02


Banjarmasin Bungas 3

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

E-MAIL: BUNGAS@BANJARMASINPOST.CO.ID

Operasi Azhimi Tertunda

Dilacak Hingga Distributor „ Razia BPOM Temukan Makanan Kedaluwarsa BANJARMASIN, BPOST Wajah H Anang terlihat pucat saat tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalimantan Selatan, melakukan razia makanan di tokonya. “Baru pertama ini toko

saya dirazia dan diperiksa. Saya juga tidak tahu apanya yang diperiksa,” ucap H Anang. Toko yang berada Sentra Antasari No 25 itu diperiksa oleh tim gabungan hampir satu jam. Sejumlah pembeli pun terpaksa mengurungkan niatnya belanja di toko ter-

sebut. Razia selain dilaksanakan di Pasar Sentra Antasari, juga menyasar sejumlah kios di Pasar Lama, dan Pasar Baru, Senin (9/8). Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Banjarmasin, Safriansyah mengatakan razia yang dilaksana-

kan untuk mengawasi penggunaan produk pangan menjelang Ramadan. “Ada beberapa temuan jenis makanan dan minuman seperti jelly dan agar serta makanan anak-anak yang tidak ada tanggal kedaluwarsanya di Pasar Antasari. Kami langsung memberikan surat peringatan ke penjual dan menyita barang tersebut,” lanjutnya. Ditambahkannya, barang yang di bawa akan disita dan dikembangkan masalahnya

hingga ke distributor dan pabriknya. Menurutnya, akan ada sanksi adminitrasi bagi produsen yang mengedarkan produk pangan tanpa ada keterangan tanggal kedaluwarsanya dan data komposisinya. Dalam razia di Pasar Baru Indah ditemukan permen dan makanan ringan yang tidak terdaftar. Sedangkan di Pasar Lama, tim BPOM menemukan 19 jenis makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa. (kk)

BANJARMASIN, BPOST - Keinginan orangtua Ahmad Fauzan Azhimi, Roby Sugara (30) dan Norhansyah (27), agar anaknya bisa segera menjalani operasi rekonstruksi wajah di RSUD Ulin Banjarmasin, harus tertunda. Tiba di Rumah Sakit U“Yang terpenting ada mum Daerah (RSUD) Ulin, dua yakni, pasien dengan digendong oleh nenekharus memenuhi nya, Robanah (40) yang menumpangi mobil kijang biru berat badan minimal bernomor DA 168 E, dari Basepuluh pon atau lima rabai, Hulu Sungai Tengah kg dan umurnya harus (HST), Senin (9/8) pukul 16.sepuluh bulan” 00 Wita, dokter memastikan Azhimi belum bisa dioperasi. DR DHARMA MAULEGHA Menurut Dokter Spesialis Bedah Anak, dr Dharma PTR Maulegha SpBP, ada bebesore kemarin, ia bersama orapa persyaratan yang harus rangtua dan neneknya belum dipenuhi untuk bisa dilakumendapatkan kamar. kan operasi, salah satunya Hal ini dikarenakan, orangmengenai umur minimal. tua Azhimi tidak terdaftar “Yang terpenting ada dua dalam Jamkesmas maupun yakni, pasien harus memeJamkesda. “Kami hanya nuhi berat badan membawa surat minimal sepuluh keterangan tidak pon atau lima kilomampu, kartu gram dan umurkeluarga (KK) dan nya pun harus sesurat permohopuluh bulan,” nan. Kami tidak ujarnya. membawa JamSementara, Azkesmas maupun himi yang mendeJamkesda,” ucap rita kelainan berupa Kepala Seksi Ibu memiliki lubang hidan Bayi Dinkes dung di bagian keHST, Husnawati, ning ini, baru beruyang mengantar BPOST/RENDY NICKO sia tiga bulan. Azhimi. Azhimi Adapun setibaSurat ketenya di RSUD Ulin, Azhimi rangan tidak mampu ini, lanlangsung diperiksa dokter jutnya, bisa mengurangi biajaga. ya perawatan. Menurut salah satu dokter Ketika dihubungi, Humas jaga, pemeriksaan yang dilaRSUD Ulin, Muhammad Yukukannya sifatnya prosedusuf mengatakan, pihaknya ral. Pemeriksaan itu antara lebih mengutamakan pelalain, pernapasan, denyut nayanan si anak. “Azhimi akan di, suhu tubuh, berat badan, menggunakan jaminan keselingkar kepala, dan hemohatan dari RSUD Ulin terglobin. lebih dahulu. Baru besok oSayangnya, Azhimi belum rangtuanya mengurus admibisa tidur nyenyak. Sampai nistrasi,” ujarnya.(ll)

Mulai Manfaatkan Resi Gudang MARABAHAN, BPOST Meningkatnya harga beras ternyata tidak membuat kehidupan petani sejahtera. Salah satunya disebabkan masih adanya sistem ijon dalam pola transaksi petani di Barito Kuala (Batola). Akibatnya, hasil pertanian khususnya padi lebih banyak dinikmati tengkulak. Karena saat petani panen, mereka justru harus membayar utang pada tengkulak. Namun kini petani yang tergabung dalam sejumlah kelompok petani bersiap ‘melawan’ tengkulak yang beroperasi saat musim tanam. Bahkan, para petani ini mendapat dukungan Bank

Saldo Akhir

Kalsel. Sistem resi gudang yang mulai dilaksanakan bulan ini memberi kemudahan bagi petani untuk mendapat dana segar dengan menyerahkan resi dari gudang penyimpanan. “Petani dapat memperoleh dana 70 persen dari hasil pertanian yang disimpan di gudang,” kata Kepala Bank Kalsel Cabang Marabahan H Adi Rosyadi. Pemkab Batola bahkan telah mempersiapkan resi gudang selama dua tahun. “Thailand dan Amerika Latin sudah mampu melaksanakannya,” tambah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batola M Hasbi.(don)

9 AGUSTUS 2010

559.414.700

1008/B03


4 Banjarmasin Bungas

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

Guru Protes Tunjangan BANJARMASIN, BPOST - Tunjangan profesi guru PNS Kota Banjarmasin kuota 2006, 2007 dan 2008 telah cair awal Agustus tadi. Namun, ada saja guru dan pengawas yang protes karena jumlah uang yang diterima tidak sama dengan rekannya. Kemarin, sejumlah guru dan pengawas yang protes tersebut tampak mendatangi kantor Disdik Kota Banjarmasin. Mereka datang untuk mengklarifikasi jumlah uang tunjangan yang diterima.

“Saya sempat kecewa karena jumlah uang tunjangan berbeda dengan rekan lainnya. Saya ke Disdik untuk memperjelas masalah ini,” kata pengawas TK/SD yang enggan disebutkan namanya, Senin (9/8).

Menurut pihak Disdik Kota Banjarmasin, dirinya salah saat mencantumkan nominal gaji pokok terbaru. Meskipun masih merasa kecewa, akhirnya dia mau pulang. Kabid PMPTK Disdik Kota Banjarmasin, Rujali, melalui salah satu stafnya menjelaskan jumlah uang yang diterima tiap guru atau pengawas memang bervariasi sesuai dengan gaji pokok mereka. Tunjangan itu juga dikenakan pajak PPH sebesar 15 persen. Perbedaan terjadi karena

Mahasiswa Baru IAIN Dipondokkan BANJARMASIN, BPOST Mahasiswa baru IAIN Antasari segera memulai masa perkuliahan setelah selesai mengikuti Orientasi Pengenalan Studi, Akademik dan Kemahasiswaan (Opesa). Bagi mereka yang kurang menguasai Bahasa Arab dan membaca Alquran akan dimasukkan dalam asrama selama satu tahun. Rektor IAIN Antasari Banjarmasin, Akhmad Fauzi Aseri, mengatakan kebijakan tersebut untuk menyamakan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan Bahasa Arab dan baca tulis Alquran yang menjadi pelajaran wajib di kampus setempat. “Mahasiswa baru yang memiliki nilai Bahasa Arab dan kemampuan membaca Alqurannya rendah saat tes

ujian masuk kuliah akan dipondokkan satu tahun,” katanya. Mereka akan menempati asrama yang berlokasi di dalam kampus setempat. Saat ini, IAIN memiliki tiga asrama, terdiri dari satu asrama puteri dan dua asrama putera yang daya tampungnya total 450 orang. Menurut Akhmad, selain asrama, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan rumah susun khusus mahasiswa (rusunawa). “Rumah susun mahasiswa belum bisa digunakan karena masih dalam proses penyelesaian,” lanjutnya. Sementara itu, Kabag Perlengkapan dan Rumah Tangga IAIN Antasari, Mukhlis, mengatakan rusunawa merupakan program dan diba-

ngun oleh Kementerian Perumahan Rakyat sejak 2009 lalu. Rencananya terdiri dari empat lantai dengan 68 kamar. “Nantinya akan digunakan untuk mahasiswa sebagai asrama tempat tinggal. Semakin cepat selesai semakin baik,” ucapnya. Mahasiswa IAIN Antasari Jurusan Tarbiyah, Bahrul Helmi, mengaku senang dengan rencana berdirinya rusunawa di IAIN. Itu bisa membantu tempat tinggal sementara bagi mahasiswa baru di IAIN Antasari.

“Mahasiswa bisa menghemat biaya bila tinggal di rusunawa. Proses belajar mengajar pun bisa lebih efektik dan terkontrol oleh pihak kampus,” ujar Bahrul. (kk)

adanya kesalahan guru ataupun pengawas saat mencantumkan jumlah gaji pokoknya. Hal itu membuat jumlah tunjangan yang diterima berbeda, meskipun golongan dan tahun mengajar sama. Namun hal itu masih bisa diperbaiki lagi untuk penerimaan tunjangan selanjutnya. “Supaya tunjangan selanjutnya sama dengan yang lainnya. Mereka harus memperbaiki nominal gaji pokoknya dulu,” katanya. Kabag Keuangan Pemko,

Devi, menyebutkan total dana untuk tunjangan profesi guru PNS kuota 2006, 2007 dan 2008 yang dicairkan sebesar Rp 16.096.088.000 untuk lima bulan. “Setelah dana dicairkan, kita akan membuat laporan terkait dengan pencairan tersebut. Laporan itu akan dikirimkan ke Departemen Keuangan (DepKeu) Pusat,” ujarnya. Pencairan selanjutnya akan diproses DepKeu setelah menerima laporan dari pihaknya. (kk)

Kita Gabung di FB Banjarmasin Post UNTUK kesekian kalinya, ustad Abu Bakar Baasyir ditangkap densus 88 karena diduga terkait jaringan teroris. Santri Baasyir di Ngruki tetap menilai tidak terkait terorisme, penangkapan hanya pengalihan isu. LhondoNess Whiskey Brandalzz Kantoran TIM densus kurang kerjaan G ada yg lebih baik yaa selain ngusut kasus teror. Liat tuh rakyat miskin dan koruptur berjaya. Sebenarnya apa sih tugas aparat tu yah??? Muhammad Gafar Rasyidi JANGAN suuzan dlu. And mudahan lancar pnyelidikannya. Rock N Rool BINGUNG Mencari kebenaran apa sih.. Cape deh Eiraniffa Sari Al-Angsawi JANGAN langsung tangkap, gunakn praduga dlu dong. Informasi jngan dr yg di tangkap saja. Qie’ Malkavian GA mau ngurusin lah..Terserah mereka.. Ambil hikmahnya aja! Midi Tensa Zangetsu TANGKAP ja.sdh brapa kali ngtu keluar masuk.jelas2 sdh.anak buah mengiyau guru pas dtangkap,malah kd meakui.mana ada maling ngaku maling. Agus Suriadi INILAH Indonesia, para penegak syariat di kekang dan di masukkan Bui, sungguh negara ini mengecewakan... Yudi Mahmud Al-Kuini Hidayat SEMOGA Buya kada terkait isu teror lagi... Redy Pharma KLO memang tebukti bolehlah ditangkap. Jangan dilepas lg. Tapi klo ga ada bukti jgn asal tangkap dong. Kita dukung upaya Densus 88 demi ketentraman NKRI dr ancaman teroris. Mu Mus SIKAPI dengan bijak dan jernih klo memang betul ada keterlibatannya alangkah ironisnya pihak pengamanan sudah lama kenal dengan beliau ( ba asyier ) koq ngga bisa menangkap...berhasil terus dipatahkan oleh pihak ustaz bapak Abu bakar ba asyier...? Rusliannoor Rush SELALU saja berulang seperti itu. Kalau ada hal2 yg ingin disembunyikan, pasti isu teroris yg dimunculkan. Bagaimana dengan Century, Elpiji 3 kg, dll.

1008/B04


Banjarmasin Post SELASA, 10 AGUSTUS 2010 M /29 SYAKBAN 1431 H

Bikin Pasar Wadai Harus Izin JAJARAN tenda berwarna biru mulai ditata di Jalan Jenderal Sudirman, depan Korem 101/Antasari hingga kantor Gubernur Provinsi Kalsel, sejak Senin (9/8). Pasar Wadai Ramadan ini rencananya dibuka Gubernur Rudy Ariffin, Rabu (11/8). Kepala Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, Hesly Junianto, mengatakan agenda tahunan Pemko Banjarmasin ini bisa dijadikan pilihan oleh warga untuk mencari hidangan berbuka puasa sekaligus

menarik wisatawan. Kemarin, beberapa orang mengecek stan yang akan mereka tempati. Bahkan, ada yang telah memasang alas meja. Salah satu di antaranya adalah Darmawati (27) warga Sungai Jingah Banjarmasin, yang mengaku setiap tahun berjualan

Diserbu Istri Prajurit SINAR matahari yang terasa membakar kulit tidak menghalangi semangat ratusan ibu yang sejak Senin (9/ 8) pagi menyemut di halaman Makorem 101 Antasari Banjarmasin. Para istri anggota TNI AD itu langsung menyerbu 16 stan yang menjual aneka keperluan rumah tangga seperti gula pasir, beras, minyak goreng, telur ayam dan peralatan salat. Mereka berjubel di semua stan untuk memborong kebutuhan menyambut Ramadan. “Ayo cepat-cepat mumpung murah, bisa untuk persiapan puasa,” celetuk seorang ibu sambil sibuk memilih dagangan. Ya, itulah suasana pasar

murah yang digelar Korem 101/ Antasari dan Banjarmasin Post Group. Dalam waktu cepat aneka kebutuhan pokok ludes diborong para ibu. Apalagi kebutuhan pokok yang dijual lebih murah dibandingkan di pasaran. Seperti gula pasir hanya dijual Rp 7 ribu per kilogram atau lebih murah sekitar Rp 3 ribu dari harga umum. “Semoga pasar murah ini bisa meringankan prajurit,” kata Komandan Korem 101/ Antasari Banjarmasin, Kolonel Inf Heros Paduppai. Jajarannya juga akan menggelar kegiatan serupa pada pertengahan Ramadan nanti. Sekaligus sebagai persiapan untuk menyambut Lebaran.(coi/*)

di pasar wadai tersebut. Darmawati akan berjualan bingka berendam, bingka tapai, bingka telur dan bingka kentang. Selain itu, dia menjual agar-agar, kelepon, dan titipan beberapa orang. Selama berjualan di pasar wadai, dia selalu untung. “Hasil tahun lalu cukup bagus. Harapannya tahun ini makin banyak” ujarnya. Hariah (40) warga Belitung Darat Gang Inayah juga ingin berusaha di tempat ini. “Nantinya saya jualan kue lapis, keraban, bingkah dan sejenisnya,” ucapnya. Pasar wadai tidak hanya terpusat di tempat ini. Di tempat lain juga banyak bermunculan. Tapi, pengelola pasar wadai tersebut pada tahun ini tidak bisa seenaknya mendirikan pasar wadai. Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin mengharuskan pengelola pasar wadai mengajukan permohonan izin. “Ini sesuai dengan surat edaran Wali Kota Yudhi Wahyuni nomor 511/090/ DPP/VII/2010,” kata Kepala Dinas Pasar Kota Banjarmasin, Sukadani. Mengenai titik mana saja yang diharuskan untuk memohon izin, Sukadani menegaskan surat edaran itu berlaku di seluruh Banjarmasin. (qq/ll)

BPost Berbagi Kebahagiaan DALAM rangka menyemarakkan Ramadan 1431 H, Banjarmasin Post Group akan menggelar berbagai kegiatan. Kegiatan bertajuk Ramadan Penuh Hikmah (Rammah) itu merupakan wujud kepedulian media terbesar di Kalimantan ini terhadap umat Islam di Banua. “Salah satu program kami adalah berbagi kebahagiaan dengan anak yatim. Acara ini dilangsungkan di panti asuhan-panti asuhan yang sudah ditentukan,” kata Manager Iklan dan Promosi, Suharyanto. Dalam kegiatan bersama sponsor ini, BPost Group mengajak anak panti bernyanyi, mendengarkan cerita islami, tausiyah, kemudian ditutup dengan berbuka bersama dan Salat Magrib berjemaah. Sda pula acara berbagi kebahagiaan dengan kaum duafa. Program ini sudah menjadi trade mark Banjarmasin Post Group

selama beberapa tahun terakhir. “Keluarga duafa terpilih akan diajak berbelanja untuk kebutuhan puasa dan lebaran di salah satu pusat perbelanjaan di Banjarmasin,” ujar Suharyanto. Keluarga itu juga akan diberikan santunan buat meringankan beban selama menjalani ibadah puasa. Usai berbelanja, mereka diajak buka puasa bersama. Program berikutnya, BPost akan mengunjungi surau-surau terpilih di Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Untuk mengisi waktu masyarakat bakal dihibur dengan musik dan kesenian bernuansa islami lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dan buka bersama. Tak ketinggalan, program buka bersama relasi dan mitra kerja. Ini sudah menjadi rutinitas BPost setiap bulan Ramadan. Begitu pula Ramadan 1431 H kali ini. (ali)

Drs Masdari MSi Dosen Fakultas Dakwah IAIN Antasari

Pemutihan Dosa ISTILAH pemutihan sudah tidak asing lagi bagi kita. Kata ini sering dimaknai dengan pembersihan dan penghapusan. Namun makna semacam ini bukan suatu yang berdiri sendiri atau otomatis begitu saja, melainkan ada syaratnya. Setidaknya harus ada itikad untuk melakukan suatu berdasarkan ketentuan. Pemutihan pajak kendaraan misalnya, baru dapat dilakukan manakala si pemilik bersedia mematuhi pelunasan ke depan sesuai aturan. Dalam perspektif agama, pemutihan lebih dipahami sebagai penghapusan dosa. Untuk itu ada syarat yang harus dipenuhi seperti melakukan taubat dengan sebenarnya (taubatan nasyuha), menyelesaikan segala sesuatu jika berkaitan dengan utangpiutang, kesalahan terhadap sesama. Kemudian berjanji setulis hati tidak mengulangi perbuatan dosa; kesalahan; kedurhakaan kepada orangtua, suami/istri; kemunafikan dan kezaliman. Di Ramadan yang penuh hikmah, berkah, rahmat dan

keampunan, Allah SWT berjanji memutihkan dosa hamba-Nya. Hanya pemutihan baru bisa diberikan apabila hamba-Nya melaksanakan puasa sebagaimana mestinya. Puasa bukan hanya menahan diri dari segala sesuatu yang sifatnya lahiriyah, tetapi juga batiniyah. Kedua dimensi ini harus dipadukan dan dikelola. Pola pikir, sifat dan sikap harus dijaga. Demikian pula segala keputusan serta perbuatan, tidak boleh bertentangan dengan ajaran agama. Itulah alasannya mengapa Rasulullah SAW mengingatkan (seperti diriwayatkan Imam Bukhari): Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapat apa-apa dari puasanya selain lapar dan dahaga”. Betapa ruginya kita, sudah susah payah menahan lapar dan dahaga tetapi tidak meraih pemutihan dosa hanya karena tidak bisa menjaga mulut dari menggibah orang, berlaku curang, tidak transparan dalam menimbang atau gara-gara berani mengurangi

ukuran dan takaran serta menerapkan putusan tanpa keadilan atai memberikan sesuati tanpa diikuti keikhlasan. Puasa mendidik sekaligus melatih kita mentradisikan keiklasan, belajar merasakan penderitaan orang miskin. Puasa membukakan mata hati kita mengenai betapa perlunya memiliki kearifan lokal dan sosial, mengetuk kalbu untuk berbuat rukun dan santun. Pemutihan dosa di bulan Ramadan akan diperoleh siapapun sepanjang mereka mampu berpuasa sesuai tuntunan agama. Juga menindaklanjuti pesan moral yang terkandung dalam ibadah puasa. Rasullah SAW sampai menilai ‘harga’ suatu ibadah ditentukan oleh sejauh mana kita mengimplementasikan pesan moralnya. Apabila ibadah itu tidak meningkatkan akhlak kita, Rasulllah menganggap ibadah itu tidak bermakna. Atau bisa jadi menuai ganjaran sebaliknya. Ketika seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah ada orang yang berpuasa di siang hari dan bangun di malam hari untuk salat malam (qiyamul lail), tetapi dia menyakiti tetangga dengan lidahnya”, Rasulullah menjawab, “Dia di neraka”. Jadi hanya orang yang sanggup mengaplikasikan pesan moral puasa Ramadan lah yang akan mendapatkan pemutihan dosa dari Allah SWT.*

1008/B05


6

Banjarmasin Post

Super Ball

Style

SELASA

10 AGUSTUS 2010/ 29 SYAKBAN 1431 H

Jadwal Imsakiah Ramadan 1431 H/ 2010 M

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1431 H / 2010 M Daerah Khusus Daerah Khusus Ibukota Jakarta Ibukota Jakarta

PARA pesepakbola muslim di Liga Jerman mendapat kompensasi tak berpuasa selama Ramadan kali ini. Fatwa yang mengundang polemik tersebut keluar dengan harapan para pemain sepakbola muslim yang berlaga di Bundesliga bisa tetap menjaga performa saat bertanding. Fatwa tersebut keluar dari hasil diskusi grup muslim dengan pengurus sepakbola Jerman, yang melibatkan juga para pakar dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Polemik boleh-tidaknya pemain tak berpuasa ini mencuat setelah salah satu klub Bundesliga, FSV Frankfurt melarang tiga pemainnya berpuasa pada Ramadan tahun lalu. Dikutip dari Yahoosports, larangan keluar setelah mereka melihat performa ketiga pemainnya jauh menurun saat bertanding di bulan Ramadan. Setelah diselidiki, diketahui ketiga pemain yang tak disebut jati dirinya

Mesut Ozil

itu ternyata tetap teguh menjalankan puasa. Pihak manajemen FSV Frankfurt menilai ketiga pemain telah melanggar kontrak yang disepakati. Kontrak tersebut memang tak mencantumkan secara eksplisit larangan berpuasa. Namun, ada pernyataan yang menyebutkan mereka harus selalu tampil optimal saat bertanding tanpa terkecuali. Kontan, hal ini memicu kontroversi. Komunitas muslim yang jumlahnya semakin banyak di Jerman ramai-ramai mengeluarkan protes. Mereka menilai, keputusan pihak manajemen Frankfurt telah membelenggu hak seseorang untuk menjalankan ajaran agama. Patut diketahui, puasa pada bulan Ramadan di Jerman memang jauh lebih lama ketimbang di Indonesia. Apalagi, biasanya Ramadan jatuh pada musim panas. Lama waktu siang hari sangat panjang dan waktu berbuka puasa adalah sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Sementara, ratarata pertandingan digelar pada sore hari. Nah, tak ingin kasus serupa terulang di Ramadan kali ini, sejumlah pihak terkait lantas mengadakan diskusi intensif untuk mencari jalan keluar.

Para pakar dari Universitas Al-Azhar pun ikut dalam diskusi ini. Hasilnya, keluarlah fatwa tersebut.Dalam pernyataan resminya terkait keringanan

tak berpuasa, pihak Universitas Al-Azhar menuliskan, “Kontrak antara pemain dengan timnya mensyaratkan si pemain harus menjaga performa dalam pertandingan (ini tak berlaku untuk liga amatir, atau yang hanya menjalankan hobi). Dan jika sepakbola memang adalah mata pencahariannya, serta jika ia memang harus bermain saat Ramadan, maka ia boleh tak berpuasa,” demikian diungkap pihak Al Azhar seperti dikutip dari Times Online baru-baru ini. Adanya fatwa terbaru untuk musim ini disambut lega manajemen Frankfurt. “Kami sangat gembira akhirnya ada kesepakatan yang membuat para pemain bisa tetap tampil profesional, dan menjaga performanya saat bertanding. Dan saya harap fatwa ini tak mengurangi konsentrasi mereka untuk tetap beribadah,” ujar Direktur Sport Frankfurt, Bernd Riesig. Sekretaris Jenderal grup muslim di Jerman, Aiman Mazyek menggaris-bawahi, izin tak berpuasa ini hanya berlaku untuk mereka yang akan bertanding. Artinya, jika tak ada pertandingan, atau bahkan hari libur, fatwa itu dinyatakan tak berlaku, dan para pemain muslim harus tetap menjalankan ibadah puasa. “Para pesepakbola muslim itu tentunya harus tetap berpuasa saat tak ada pertandingan. Dengan demikian, mereka tetap mengikuti dan menghormati bulan suci ini,” ujarnya dilansir dari Peace FMonline. Para pemain sepakbola muslim memang banyak bermain di Liga Jerman belakangan ini. Bahkan, di timnas Jerman untuk Piala Dunia 2010 lalu sedikitnya ada dua pemain yang beragama Islam, yakni Mesut Ozil, dan Sami Khedira. Rata-rata mereka adalah peranakan dari Tunisia, Turki, atau negara Islam lainnya. (Tribunnews/ den)

Pemain Top Muslim di Bundesliga

Mohamed Zidan Dortmund

Hamit Altintop Muenchen

Franck Ribery Bayern Muenchen

Khalid Boulahrouz Stuttgart

Halil Altintop Schalke 04

Mesut Ozil Werder Bremen

Hari

Imsak

Subuh

Terbit

Zuhur

Azhar

Maghrib

Isya

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30

4:33 4:33 4:33 4:33 4:33 4:32 4:32 4:32 4:32 4:31 4:31 4:31 4:30 4:30 4:30 4:29 4:29 4:29 4:28 4:28 4:27 4:27 4:27 4:26 4:26 4:25 4:25 4:24 4:24 4:23

4:43 4:43 4:43 4:43 4:43 4:42 4:42 4:42 4:42 4:41 4:41 4:41 4:40 4:40 4:40 4:39 4:39 4:39 4:38 4:38 4:37 4:37 4:37 4:36 4:36 4:35 4:35 4:34 4:34 4:33

5:59 5:58 5:58 5:58 5:57 5:57 5:57 5:56 5:56 5:56 5:55 5:55 5:54 5:54 5:54 5:53 5:53 5:52 5:52 5:51 5:51 5:50 5:50 5:49 5:49 5:48 5:48 5:48 5:47 5:46

12:00 12:00 12:00 11:59 11:59 11:59 11:59 11:59 11:58 11:58 11:58 11:58 11:57 11:57 11:57 11:57 11:56 11:56 11:56 11:55 11:55 11:55 11:55 11:54 11:54 11:54 11:53 11:53 11:53 11:52

15:22 15:21 15:21 15:21 15:20 15:20 15:20 15:20 15:19 15:19 15:18 15:18 15:18 15:17 15:17 15:16 15:16 15:15 15:15 15:14 15:14 15:13 15:13 15:12 15:12 15:11 15:10 15:10 15:09 15:08

17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:57 17:56 17:56 17:56 17:56 17:56 17:56 17:56 17:55 17:55 17:55 17:55 17:55 17:55 17:54 17:54 17:54 17:54

19:08 19:08 19:08 19:08 19:08 19:07 19:07 19:07 19:07 19:07 19:07 19:06 19:06 19:06 19:06 19:06 19:05 19:05 19:05 19:05 19:05 19:04 19:04 19:04 19:04 19:03 19:03 19:03 19:03 19:03

Jadwal Daerah Lainnya Banten : Bandung : Cirebon : Madiun : Purwakarta : Surabaya : Solo : Semarang : Yogyakarta : Ambon : Banda Aceh : Banjarmasin : Bengkulu : Denpasar : Jambi : Kupang : Medan : Manado : Merauke : Palembang : Padang : Pekanbaru : Palangkaraya : Samarinda : Batam : Bangka : Pontianak : Balikpapan : Lampung : Makassar :

+2.5 menit -3 menit -7 menit -19 menit -3 menit -24 menit -16 menit -14 menit -14 menit -85.1 menit +46 menit -31.6 menit +18 menit -34 menit +13 menit -67 menit +33 menit -72 menit -72 menit +8 menit +26 menit +21 menit -29 menit -24 menit +18 menit +6 menit +4 menit -25 menit +8 menit -51 menit

SUMBER: DEPARTEMEN AGAMA

IKLAN BANK MEGA 4x300

1008/B06


Sport Hot News 7

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

Menanti Pengumuman Resmi Rossi ■ Kepastian Kepindahan dari Yamaha ke Ducati

AP PHOTO/JENS MEYER

BERSAING - Pembalap Ducati, Casey Stoner (depan), bersaing dengan pembalap Yamaha, Valentino Rossi, pada GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, 18 Juli lalu. Rossi bakal menggantikan Stoner di Ducati. AKHIR pekan ini balapan MotoGP akan digelar di Sirkuit Brno Republik Ceko. Namun tak sekadar balapan MotoGP biasa, pada akhir pekan nanti akan ada pengumuman besar tentang masa depan Valentino Rossi. Balapan MotoGP yang merupakan seri ke10 itu diagendakan menjadi saat pengumuman dari The Doctor. Juara MotoGP

sembilan kali ini santer disebut-sebut akan pindah tim dari Yamaha ke Ducati. Media Italia menyebutkan Rossi sudah hampir pasti akan pindah ke Ducati. Rumor ini muncul bermula dari pernyataan CEO dan Presiden Ducati, Gabriele Del Torchio, yang mengatakan Rossi akan menjadi mitra dari Nicky Hayden sebagai pembalap Ducati di musim MotoGP 2011. Namun beberapa hari terakhir, seperti dilansir CycleWorld.com, ada cerita berbeda dari Ducati. Mereka menolak telah mengontrak Rossi untuk menjadi pembalapnya musim depan. Dalam siaran persnya mereka mengumumkan bantahan sekaligus masih memiliki harapan untuk menggaet Rossi. “Berita yang ada sekarang menunjukkan telah terjadi kesalahan, dan menimbulkan rumor yang pada akhirnya terus berkembang. Bagaimana dan kapan kesepakatan itu dicapai maka kami akan segera mengeluarkan pers release,” demikian pengumuman yang dikeluarkan oleh Ducati. Meski demikian masih kuat anggapan bahwa Rossi akan menggunakan nomor 46 nya bersama Ducati. Tampaknya, fans harus menunggu apa yang pastinya akan terjadi setelah grand prix Brno yang digelar 15 Agustus mendatang. Race di Brno merupakan yang ketiga bagi Rossi setelah comeback-nya dari cedera patah tulang. Pembalap berusia 31 tahun itu pernah mengalami masalah serius di saat latihan di putaran keempat Sirkuit Mugello. Setelah absen di Sirkuit Mugello, Rossi juga absen di Silverstone, Assen, dan Catalunya. Rossi memulai balapan lagi saat MotoGP digelar di Sachsenring dan meraih posisi keempat. Berikutnya, Rossi menempati posisi ketiga saat race digelar di Laguna Seca, ia berdiri di podium bersama dengan pemenang race, Jorge Lorenzo, dan runner up, Casey Stoner. Di klasemen sementara, Rossi baru memiliki 90 poin dan berada di posisi kelima. Posisinya tertinggal jauh dari Lorenzo yang berada di puncak klasemen dengan 210 poin. Rossi dan para rider MotoGP lainnya kembali bersiap balapan di Sirkuit Brno setelah selama dua pekan libur. Selama ini, Rossi berusaha untuk menjaga kebugarannya.(Tribunnews/mba)

AP PHOTO/CHRIS CARLSON

AP PHOTO/JACQUELYN MARTIN

SELEBRASI - Selebrasi petenis Rusia, Svetlana Kuznetsova, setelah mengalah- CIUM TROFI - Petenis Argentina, David Nalbandian, kan Agnieszka Radwanska (Polandia) pada final turnamen Mercury Insurance mencium trofi juara turnamen Legg Mason Tennis Open di California, Senin (9/8). Classic di Washington, Senin (9/8).

Nalbandian Kantongi Rp 2,8 M ■ Juara, Kuznetsova Naik ke Peringkat 14 Dunia PETENIS wildcard, David Nalbandian, menjadi juara turnamen tenis Legg Mason Tennis Classic. Petenis asal Argentina ini berhak mengantongi hadiah sebesar 281,5 ribu dolar AS atau sekitar Rp 2,8 miliar. Di partai puncak, Senin (9/ 8), Nalbandian secara mengejutkan berhasil mengalahkan petenis unggulan kedelapan asal Siprus, Marcos Baghdatis. Dalam pertandingan yang berlangsung selama dua jam lebih ini, ia menang stright set 6-2 dan 7-6 (7-4). Bagi Nalbandian, ini merupakan gelar juara yang ke-11 sepanjang karier tenisnya, dan gelar pertama setelah memenangkan kejuaraan tenis di Sydney

pada Januari 2009. “Saya pikir secara umum saya sudah bermain dengan sangat baik di turnamen ini. Walaupun dalam beberapa momen saya merasa permainan saya masih kurang bagus. Namun akhirnya saya bisa menemukan momen terbaik dan pertandingan hebat sudah saya lalui untuk meraih gelar juara ini. Saya sungguh merasa gembira,” ucap Nalbandian. Prestasi Nalbandian ini cukup spektakuler karena untuk mengikuti turnamen ATP 500 itu ia bermodalkan sebagai petenis peringkat 117 dunia. Peringkat Nalbandian turun karena ia sering mengalami cedera. Sedangkan Baghdatis merupakan mantan finalis

Australia Open dan semifinalis Wimbledon. Rangkingnya kini sudah masuh 20 besar dunia. “Saya tak akan pernah lupa, bahwa saya dulu adalah petenis peringkat 150 dunia dan kini bisa menembus rangking 20 dunia. Di masa depan saya mengincar rangking dan penampilan yang lebih baik lagi,” tekad Baghdatis setelah kalah di babak final turnamen tenis lapangan keras di Amerika ini. Pada ajang turnamen WTA San Diego, petenis Rusia, Svetlana Kuznetsova berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Agnieszka Radwanska asal Polandia di babak final dengan skor 6-4, 6-7, dan 6-3.

Di laga final, ia sempat merasa gugup dan kedua lututnya terasa gemetar. Apalagi di set ketiga posisinya sempat tertinggal 1-2. Namun ia berhasil mengejar dan tak putus asa untuk memenangkan pertandingan. “Terasa lucu akhirnya saya bisa memenangkan juara. Jika saya kalah, saya mungkin berpikir apakah lebih baik saya pensiun saja dari bermain tenis? Tapi akhirya saya menang,” tegasnya. Gelar juara yang diraihnya menambah daftar juara yang ketiga kalinya. Prestasi ini mengangkat posisi rangkingnya menjadi peringkat 14 dunia dalam daftar rangking petenis WTA terbaru yang diumumkan pekan ini.(Tribunnews/mba)

Suzuki Bertahan di MotoGP 2011 SETELAH sempat diisukan akan mundur dari ajang balapan MotoGP 2011, tim Rizla Suzuki menegaskan mereka seratus persen akan tetap bertahan dalam persaingan MotoGP 2011. “Saya yakin 100 persen, Suzuki akan bertahan di MotoGP untuk musim 2011,” tegas Bos Tim Suzuki, Paul Denning, Senin (9/8). Suzuki memang meraih hasil kurang memuaskan di kelas MotoGP pada musim ini. Tim yang biasa menggunakan warna biru ini hanya meraih satu kali kemenangan race MotoGP sejak ada perubahan dari penggunaan mesin 500cc ke 800cc. Kemenangan itu diraih pada akhir tahun 2001 dan sejak 2008 tak pernah meraih podium. Terakhir kali Suzuki meraih gelar juara adalah saat

zaman pembalap Kenny Robert Jr di tahun 2000 ketika balapan masih menggunakan mesin 500cc. Namun, Denning mengatakan Rizla Suzuki tak akan mengikuti jejak Kawasaki yang mundur dari balapan MotoGP pada musim 2008. Diakui Denning memang saat ini sedang menghadapi masalah bisnis yang memasuki masa berat. Namun menurutnya hal ini bisa disiasati dengan menyiapkan model yang lebih ekonomis dalam kiprahnya di MotoGP tahun depan. Musim 2011 merupakan tahun-tahun terakhir MotoGP menggunakan mesin 800cc, dan MotoGP akan bersiap menggunakan mesin 1000cc yang mulai diterapkan di 2012. Suzuki perlu

mengembangkan lebih jauh lagi desain semua motor balapnya jika mereka tak ingin tertinggal jauh. Denning tak banyak berbicara lebih dalam tentag bagaimana nasib tim setelah berakhirnya masa kontrak balapan MotoGP di 2011. Pembalap MotoGP dari tim Rizla Suzuki masih memiliki kontrak di musim 2011. Alvaro Bautista masih memiliki kontrak hingga tahun depan, namun Loris Capirossi pernah menyatakan kekecewaannya dengan kurang berhasilnya tim ini. Capirossi bahkan sudah mulai mengadakan pembicaraan dan pendekatan dengan Pramac Ducati untuk musim depan. Ia sudah mengadakan penjajakan salah satunya dengan mantan rekan setimnya, Toni Elias.(Tribunnews/mba)

Libur, Alonso Tetap Pikirkan Balapan ■ Kans Juara Masih Fifty-fifty SAAT ini para pembalap dan kru di semua tim Formula One (F1) sedang libur. Demikian pula dengan pembalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso. Di libur panjang ini,

Alonso kembali berlibur dari Senin hingga Kamis di Maranello, Italia. Di sela-sela liburannya, pembalap Spanyol ini ikut menghadiri acara peluncuran buku “Ercole Colombo” di Madonna di Campiglio, Italia. Meski saat libur, Alonso mengatakan selalu menyempatkan setidaknya beberapa menit dalam sehari untuk memikirkan balapan F1. “Saya tak mungkin melupakan semua tentang balapan dalam masa beberapa pekan ini. Meski libur, saya saya tetap memikirkan Fernando tentang Alonso balapan. Mungkin sekitar

10 menit saya gunakan untuk berpikir tentang balapan. Saya juga akan memikirkan race yang akan dihadapi di Belgia,” kata Alonso dilansir f1automoto. Sama seperti pembalap F1 lainnya, masa libur adalah masa untuk break dari ajang balapan. “Tak ada perbedaan banyak, namun setelah beberapa kali saya mengalami ketidakberuntungan dalam race, sekarang kami sudah kembali dalam jalur yang tepat. Mobil balap kami sudah kembali tangguh sehingga membuat merasa lebih optimistis,” katanya. Hal yang terpenting saat ini adalah untuk tetap tenang dalam persaingan. Tetap berkonsentrasi menjalani sisa balapan yang masih setengah jalan. Mark Webber, Lewis Hamilton, Jenson Button, dan dirinya sama-sama berjuang untuk meraih gelar juara. “Peluangnya masih sama, saya pikir peluang untuk juara masih fifty-fifty,” ucap Alonso. (Tribunnews/mba) 1008/B07


8

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

1008/B08


SELASA

10 AGUSTUS 2010

Banjarmasin Post

9

1008/B09


10 Sporten

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

Hadiah Utama Masih Aman

ISTIMEWA

TROFI - Kapolda Kalsel Brigjend Pol Untung S Rajdab (kiri) menyerahkan trofi kepada salah satu pemenang Bhayangkara Golf Tournament, Minggu (8/8).

HADIAH utama untuk hole in one pada turnamen golf bertajuk Bhayangkara Golf Tournament 2010 di Padang Golf Swargaloka, Banjarbaru, masih aman di tangan panitia. Dalam turnamen golf yang diselenggarakan atas kerjasama pengelola Padang Golf Swargaloka dan Polda Kalsel itu, diikuti 251 pegolf. Meski panitia menyediakan hadiah hole in one yang menggiurkan, tak seorang pun peserta berhasil melakukan

hole in one. Padahal, ada lima hadiah utama hole in one disediakan panitia di antaranya tiga buah mobil plus satu unit rumah di Perumahan Citra Graha dan Deposito senilai Rp 100 juta. “Hadiah itu tetap aman karena pemain tak ada yang berhasil melakukan hole in one di setiap ronde yang ditentukan panitia dalam turnamen ini,” ujar Seksi Turnamen, Wakimin kepada BPost, Senin (9/8). Wakimin yang juga pembina atlet golf Pengprov PGI Kalsel itu menuturkan turnamen yang digelar setiap tahun itu diikuti 251 pegolf. Sementara pegolf putri andalan Kalsel, Kurniawaty tak mampu tampil maksimal pada turnamen itu. Dia harus puas berada di urutan ketiga karena kalah dari rivalnya, Normala dan “Kurniawaty berada di urutan ketiga. Dia kalah atas Normala dari Kaltim dan Christian Kunti Robensyah dari Banjarmasin yang menempati urutan pertama,” ujar Wakimin yang juga PNS di Polresta Banjarbaru itu. (ii)

Kaget Bisa Dapat Medali PADA Kejuaraan Menembak AntarPengcap Perbakin 2010 yang digelar di lapangan Tembak Arjuna dan Widya Saksama, Sungai Ulin, Banjarbaru, 4-8 Agustus, Tapin memang tidak mampu meraih emas. Dari delapan nomor yang dipertandingkan, baik putra maupun putri, hanya lima medali yang mampu dipersembahkan kontingen Perbakin Tapin, di antaranya tiga perak dan dua perunggu Memang, Perbakin Banjarbaru tidak terkalahkan dengan menjuarai hampir semua nomor yang dipertandingkan dan mengantarkannya menjadi juara umum. Hanya nomor Air Rifle Hunting Putra dan 10 meter Air Rifle Match Putra

yang tidak menjadi terbaik. Dua gelar yang lepas itu diraih Kotabaru. Wakil Ketua Perbakin Tapin, H Dony Wirawan mengatakan, hasil yang mampu diraih para penembak Tapin itu cukup menggembirakan. Mengingat, 32 atletnya itu merupakan petembak pemula. Bahkan, ujar Ketua Batu Gunung Mulia Harapan Binuang Muda Shooting Club (BHSC) ini, semua petembaknya itu belum pernah mengikuti kejuaraan tingkat provinsi.

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

BIDIK SASARAN - Petembak membidik sasaran dalam kelas berburu Kejuaraan Menembak Antar-Pencab Perbakin Kalsel di lapangan Tembak Arjuna SPN Sungai Ulin, Banjarbaru, Minggu (8/8).

“Mereka benar-benar pemula. Jadi, hasil yang kami raih itu cukup memuaskan kami,” katanya. “Saya sendiri kaget dengan hasil yang dapat diraih ini. Memang, tidak ada medali emas, tapi, ini

sudah cukup memuaskan,” ujarnya. Hasil ini, kata pria yang akrab disapa H Doni ini, menjadi motivasi menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII kalsel di Kotabaru nanti. (ire)

1008/B10


Laporan Khusus 11

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

Mudahkan Warga Pelosok „ BP2T Luncurkan Mobil Pelayanan Perizinan Keliling PELANTIKAN HG Khairul Saleh dan HA Fauzan Saleh sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banjar periode 2010-2015 menjadi lebih bermakna dan patut disyukuri Pemkab Banjar dan masyarakat pada umumnya. Pasalnya, di saat sama Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kabupaten Banjar meraih sejumlah penghargaan. Penghargaan yang diterima antara lain dari Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN) dalam bidang Inovasi Mobil Layanan Perizinan Keliling. Sekretaris MenPAN, Tasdiq Kinanto SH mewakili MenPAN menyerahkan penghargaan tersebut langsung kepada Kepala BP2T Banjar, HG Abidinsyah disaksikan Bupati Banjar HG Khairul Saleh, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin dan ribuan undangan, Senin (9/8). Selain itu, penghargaan sama juga diberikan Gubernur Kalsel dan Bupati Banjar. Pada kesempatan itu, Tasdiq Kinanto, Rudy Ariffin dan HG Khairul Saleh mengikuti proses launching Mobil Layanan Perizinan Keliling. Mobil itu merupakan kepedulian dari pengusahapengusaha di Kabupaten Banjar untuk membantu kelancaran pelayanan perizinan di Serambi Mekkah. Layanan itu diharapkan dapat lebih mendekatkan BP2T dengan seluruh masyarakat di Kabupaten Banjar, khususnya di perdesaan. Tasdiq yang sempat mampir ke Kantor BP2T Banjar dibuat terkagum-kagum akan kinerja dan keseriusan BP2T. “Saya kagum. Artinya di BP2T ada pembenahan dan memiliki sistem baik. Pelayanan perizinan cepat, murah dan transparan. Saya sangat bahagia,” katanya.

Dengan peluncuran mobil layanan perizinan keliling itu, Tasdiq mengaku Kabupaten Banjar merupakan daerah yang patut dicontoh daerahdaerah di Kalsel dan di Indonesia pada umumnya. “Saya kira kabupaten atau kota lain harus meniru apa yang dilakukan BP2T Kabupaten Banjar. Ini adalah salah satu terobosan yang tak terpisahkan dari rangkaian reformasi birokrasi yang kita lakukan,” kata Tasdiq. Sama seperti Tasdiq, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin menilai apa yang dilakukan BP2T Kabupaten Banjar harus bisa dicontoh kaupaten dan kota lainnya di Kalsel. “Ini merupakan model pelayanan yang patut ditiru kabupaten maupun kota di Kalsel. BP2T Melakukan jemput pelayanan, sehingga masyarakat yang jauh tak perlu meninggalkan desanya untuk mengurus perizinan,” kata Rudy. Pelantikan HG Khairul Saleh dan HA Fauzan Saleh sebagai Bupati dan Wakil Bupti Banjar, kata dia, lebih bersejarah ditandai dengan penyerahan penghargaan dan peluncuran mobil pelayanan perizinan keliling BP2T itu. Bupati Banajr HG Khairul Saleh mengaku sangat senang dengan apa yang telah diraih dan dilakukan BP2T Kabupaten Banjar. Apalagi program pelayanan perizinan keliling merupakan sebuah terobosan sangat bagus dan patut dicontoh kabupaten atau kota lain. (*)

BANJARMASINPOST GROUP/AYA SUGIANTO

PENGHARGAAN - Sekretaris MenPAN, Tasdiq Kinanto (kanan) mewakili menteri menyerahkan penghargaan Inovasi Mobil Layanan Perizinan Keliling kepada Kepala BP2T Kabupaten Banjar, HG Abidinsyah,Senin (9/8).

Terus Berinovasi

Biofile Nama: HG Abidinsyah SSos MM TTL: Kotabaru 2 Maret 1965 Pendidikan: z SDN Kotabaru z SMPN 1 Kotabaru z SMAN 1 Kotabaru z APDN Banjarbaru z STIA Banjarmasin (S1) z STIA Mahardika Surabaya (S2) Jabatan: Kepala BP2T Kabupaten Banjar

DI bawah kepemimpinan HG Abidinsyah, BP2T menjelma menjadi instansi pelayanan masyarakat yang nyaman dan transparan. Sejumlah inovasi dilakukannya untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Banjar yang mengurus perizinan. Dengan didukung pendanaan dari Pemkab Banjar, kantor BP2T direhab dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Alhasil, sebuah ruang pelayanan yang nyaman, luas dan ditunjang dengan AC dan papan informasi memudahkan dan membuat nyaman warga yang mengurus perizinan. Kepala BP2T Banjar, HG Abidinsyah, mengatakan, meski sejumlah penghargaan dari Pemkab Banjar, Pemerintah Provinsi Kalsel dan tingkat nasional sudah diraih, bukan berarti BP2T langsung ber-

puas diri. “Kita akan terus berinovasi dan membuat terobosan-terobosan lagi dengan harapan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat,” kata mantan Kabag Perlengkapan Setda Banjar itu. Salah satunya, kata Abidin, peluncuran mobil layanan perizinan keliling merupakan keseriusan jajarannya lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kita yang akan jemput bola. Bukan masyarakat yang jauh datang ke kantor kita tetapi kita yang akan datang ke pelosok-pelosok di seluruh kecamatan. Kita juga ingin masyarakat tahu bahwa mengurus perizinan itu cepat, murah dan transparan,” katanya. Abidinsyah mengakui, terobosan yang dilakukan tak lepas dari bantuan para pengusaha di Kabupaten Banjar.(*)

FROFILE BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN BANJAR DA TA UMUM DAT Nama Unit pelayanan : Badan pelayanan perijinan Terpadu Kabupaten Banjar 2. Lokasi : Jl A Yani Km 40 Nomor 6A Martapura Kalimantan Selatan Kode Pos 70611 Telp (0511) 4722324 3. Jenis Pelayanan: 1) Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) 2) Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 3) Tanda Daftar Perusahaan (TDP) 4) Tanda Daftar Industri (TDI) 5) Izin Apotek 6) Izin Toko Obat 7) Izin Praktek Dokter Umum 8) Izin Praktek Dokter Gigi 9) Izin Praktek Dokter Spesialis 10) Izin Mendirikan Bangunan (IMB) 11) Izin Gangguan (HO) 12) Izin Reklame 13) Izin Usaha Perkebunan 14) Izin Lokasi 15) Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) 16) Izin Usaha Pemakaian Air Bawah Tanah 17) Izin Pemanfaatan Air Permukaan 18) Izin Investasi 19) Izin Usaha Konstruksi 20) Izin Optikal 21) Izin Laboratorium Klinik 22) Izin Bidan 23) Izin Balai Pengobatan 24) Izin Apotek Penggantian Pengelola Optik 25) Izin Apotek Pengganti Sarana 26) Izin Usaha Peternakan 27) Izin Tanda Daftar Gudang 28) Izin Usaha Industri 4. Visi : Terwujudnya Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan yang Prima tahun 2011 5. Misi : Meningkatkan kualitas pelayanan dengan sumber daya yang profesional Meningkatkan kualitas pelayanan yang cepat, tepat, efektif dan efisien. Meningkatkan iklim usaha dan peran serta masyarakat 6. Motto : Kepuasan Anda adalah Kepuasan Kami 7. Janji Pelayanan: Apabila keterlambatan penyelesaian proses perijinan di sebabkan oleh kelalaian BPPT, berkas akan kami antarkan kerumah anda. 8. Sistem dan Pr osedur pelayanan: Prosedur a. Standar Pelayanan Publik (SPP) Pelayanan Perijinan b. Standar Pelayanan Publik (SPP) Call Center dan SMS Gateway c. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang meliputi 1. SOP Pengendalian Dokumen 2. SOP Pengendalian Rekaman 3. SOP Audit Internal 4. SOP Pengendalian Produk Tidak Sesuai 5. SOP Tindakan Perbaikan dan Pencegahan 6. SOP Komunikasi 7. SOP Evaluasi Kepuasan Pelanggan 8. SOP Pengukuran Dan Analisa Data 9. SOP Pengendalian Surat Menyurat 10. SOP Pemeliharaaan Sarana Prasarana 11. SOP Seleksi Dan Evaluasi Rekanan 12. SOP Pelatihan Pegawai 13. SPP Penerbitan IMB 14. SPP Penerbitan HO 15. SPP Penerbitan REKLAME 16. SPP Penerbitan SKTU, SIUP dan TDP 17. SPP Penyerahan Produk Izin 18. SPP Informasi dan Pengaduan 1.

1008/B11


SELASA, 10 AGUSTUS 2010 M /29 SYAKBAN 1431 H

Pintu Surga RASULULLAH SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat pintu yang bernama Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu pada hari kiamat. Tidak ada orang selain yang masuk bersama mereka. (HR Muslim)

Belajar Alquran Bersama QURANIC Intelligence Center (QIC) melakukan beragam program selama Ramadan yang terangkum dalam Intelligence Quran Ramadan (Iqra) 2010. Pembukaannya dilakukan pada Minggu (8/8) malam di QIC Jalan HKSN Kompleks AMD, Alalak, Banjarmasin Utara. Ketua Umum QIC, Ahmad Syaukani Arsyad, mengatakan peserta Iqra akan belajar Alquran dan ibadah lainnya dari pukul 08.00 Wita hingga dini hari. “Kami di sini biasa pulang sekitar pukul 01.00 Wita atau pukul 02.00 Wita,” katanya. Belajar Alquran hanya empat jam. “Mereka yang BANJARMASIN POST GROUP/YAYU FATHILAL belum bisa sama sekali, PESANTREN - Peserta pesantren Ramadan yang digelar QIC, dijamin langsung bisa,” saat pembukaan, Minggu (8/8) malam. ujar Syaukani. Ini dibuktikan dalam program Iqra 2009. Dalam kesempatan itu, Syaukani perlu diwaspadai hatinya bersih dari menekankan pentingnya mendalami dosa atau tidak. Kalau tidak, maka Alquran karena dapat meningkatkan perbanyaklah istigfar,” ujarnya. kecerdasan. Dalam mengajar membaca Alquran, Secara filosofis, dia menjabarkan Iqra menggunakan metode Batatsanaya. Alquran diturunkan di dua tempat, Metode ini membuat peserta dapat yaitu di Makkah Almukarramah dan belajar dengan mudah dan gembira. Madinah Almunawwarah. AlmukarContohnya, belajar huruf Hijaiyah ramah berarti mulia, Almunawwarah menggunakan lagu. Biasanya, ini berarti yang cemerlang. efektif untuk mengajari anak-anak. Diibaratkannya, Kota Makkah adalah “Anak-anak biasanya suka kalau pakai hati dan Madinah adalah otak. Maka, lagu. Biasanya mereka cepat hafal,” jika berawal dari hati yang mulia, akan ujarnya. tercipta otak yang cemerlang. Seperti diisyaratkan dalam Alquran, bahwa Selain belajar Alquran, selama 10 yang mampu menyerap ilmu dari hari terakhir Ramadan, peserta pria Alquran adalah mereka yang berhati diajak beritikaf. Pesertanya tak hanya bersih. dari Banjarmasin tetapi juga dari kota“Makanya, kalau kita susah mengaji kota lain di Kalsel. (nn)

Terharu Dikunjungi SD Kartika V-6 MENYONGSONG Ramadan 1431 Hijriah, pengelola SD Kartika V-6 Banjarmasin mengadakan kunjungan ke panti asuhan, Sabtu (7/8). Rombongan menyerahkan barang kebutuhan pokok berupa 116 dus mi instan, 85 kg beras, 125 kg gula pasir, lima liter minyak goreng, 12 kaleng sarden, lima kaleng corned beef dan 90 kaleng susu kental manis, kepada penghuni Panti Asuhan Wiyata Kartika Putra Guntung Payung, Banjarbaru, dan Panti Asuhan Putra Asri di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Menurut Kepala SD Kartika V-6, M Tumanggor, kegiatan itu merupakan tradisi mereka sejak

1980-an, saat sekolah itu masih bernama SD Rajawali. “Tujuan utamanya membantu menyediakan bahan makanan bagi anak-anak di panti asuhan itu selama bulan puasa,” ujar Tumanggor. Selain itu, sambungnya, kegiatan tersebut mengajarkan kepada para murid SD Kartika V-6 agar selalu bersyukur, karena mereka punya rumah dan orangtua yang mampu menghidupi dan menyekolahkan mereka. “Atas nama pengurus dan penghuni panti asuhan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada SD Kartika V-6 dan para orangtua murid,” kata putra pendiri Panti Asuhan Asri, terharu. (dns)

SERAHKAN SUMBANGAN Murid SD Kartika V-6 Banjarmasin, menyerahkan sembako kepada anak Panti Asuhan Asri, Gambut. ISTIMEWA

1008/B12


Nusantara-Luar Negeri 13

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

Helm dan Dompet Jadi Petunjuk Q Pesawat dan Awak Trike Ditemukan BANDUNG, BPOST - Setelah lebih sebulan hilang, teka-teki keberadaan pesawat Trike PKS-135 beserta Pilot Noto Cipto Nartomo dan Kopilot Panji Gunawan terjawab. Pesawat hancur berkeping-keping, sedang kedua korban sudah menjadi rangka. Pesawat dan awaknya yang dinyatakan hilang pada 4 Juli 2010 itu, ditemukan di sekitar Gunung Karasak Kabupaten Garut, Minggu (8/ 8). Korban dan pesawat naas itu ditemukan secara tak sengaja oleh petugas Perhutani setempat yang tengah bertugas. Di dekat bangkai pesawat dan korban, petugas Perhutani tersebut menemukan petunjuk berupa KTP atas nama Noto serta kepingan helm terbang yang diduga kuat milik Noto. Kapolres Garut AKBP Amur Chandra, saat dihubungi, mengakui perlu ada

pembuktian apakah kedua kerangka manusia itu adalah jasad Noto dan Panji. Namun, dugaan kedua kerangka itu adalah awak pesawat Trike PKS-135 sangat kuat, mengingat di dekat kedua kerangka itu ditemukan adanya KTP atas nama Noto. Sementara Komandan Lapangan Udara TNI AU Sulaiman Bandung, Kolonel PNB Guntomo menyatakan, dua kerangka jenazah yang berada di dekat bangkai pesawat Trike itu, dibawa terlebih dahulu ke RS Hasan Sadikin Bandung. “Saat ini masih dalam proses evakuasi, mudah-muda-

Diduga Meledak di Udara KETIKA ditemukan pegawai Perhutani, bangkai pesawat Trike PKS-135 itu hanya berupa serpihan. Begitu pula helm yang diduga digunakan Pilot Noto Cipto. Berdasarkan fakta tersebut, Kapolres Garut, AKBP Amur Chandra JB SH, menduga pesawat Trike yang hilang pada 4 Juli lalu diduga terbakar dan meledak sebelum jatuh ke tanah. Hal itu, lanjut kapolres, diperkuat dengan ditemukannya cukup banyak serpihan pesawat di sekitar Gunung Abig, lokasi penemuan pesawat. “Jika melihat dari serpihan yang ditemukan, kemungkinan besar pesawat itu meledak sebelum jatuh,” ungkap Amur. Selama hilang dan belum ditemukan, keluarga pilot pesawat Trike PKS-135, Noto Cipto Nartomo, setiap hari mengadakan pengajian. Puluhan tetangga, keluarga, dan kerabat selalu ikut dalam acara doa bersama tersebut. Tetangga sebelah korban, Ilah mengatakan, setiap malam semenjak hilangnya korban, pihak keluarga selalu mengadakan pengajian. Bahkan setiap pengajian selalu dipenuhi puluhan orang. “Sekitar 40 sampai 50 orang selalu penuhi pengajian,” jelas Ilah. (tribunnews)

han cuaca bagus dan tidak ada halangan, selain tim SAR dan TNI POLRI di Garut, kita juga sudah mengirimkan tim dari Paskhas TNI AU semalam guna membantu proses evakuasi korban,” ujar Guntomo saat dihubungi wartawan, tadi malam. Rencananya, kerangka jenazah korban langsung dievakuasi dari Garut dengan menggunakan pesawat helikopter ke RSHS Bandung. “Kita ingin memastikan identitas kedua korban, serta penyebab dan sejak kapan meninggalnya,” katanya. “Kita mendapat kontak dari Garut sekitar pukul 18.00 WIB, persis koordinatnya waktu mendapat kontak belum fiks, namun setelah melakukan kontak kembali dengan tim dan Perhutani di Garut baru kita pastikan posisinya,” tambah Guntomo. Hingga tadi malam, proses evakuasi sedang dilakukan. Menurut Guntomo, untuk mencapai lokasi memakan waktu sekitar empat jam dari alun-alun Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Camat Kecamatan Cisewu Sutiaman yang dihubungi terpisah, juga mengatakan, jarak tempuh normal ke atas gunung sekitar empat jam, karena jarak dari bawah ke Desa Sukajaya sekitar 1,5 jam dan ke atas lembah yakni 2,5 jam. “Lokasi penemuan puingpuing dan dua kerangka jenazah jaraknya 15 kilometer dari Desa Sukajaya dan Jalurnya sangat terjal, berbatu serta berkelok-kelok,” ujar Sutiaman. Seperti diberitakan, pesawat Trike PKS-135 dinyatakan hilang 4 Juli lalu setelah hilang kontak dalam perjalanan pulang dari Pangandaran menuju Landasan Udara (Lanud) Sulaiman. Sejak pesawat jenis ringan ini hilang, tim SAR dan Wanadri serta tim pencari udara sempat melakukan pencarian hampir dua minggu tanpa membuahkan hasil. (tribunnews/kps)

Jerman Tutup Masjid yang Disinggahi Teroris BERLIN, BPOST - Gara-gara pernah digunakan pertemuan oleh para penyerang WTC 11 September, sebuah masjid di Hamburg, Jerman, ditutup pihak otoritas setempat. Alasan lainnya, masjid itu diduga sering digunakan sebagai tempat pertemuan kelompok radikal Islam. Masjid bernama Taiba ditutup itu dan lembaga yang menjalankan asosiasi itu juga dilarang beroperasi. “Kami menutup masjid tersebut karena tempat itu sering digunakan sebagai tempat pertemuan para radikal Islam yang ingin berpartisipasi, dalam perang suci yang mereka sebut jihad,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri wilayah Hamburg, Frank Reschreiter, Senin (9/8). Dia menjelaskan, sebanyak 20 personel kepolisian diturunkan untuk memeriksa di seluruh bagian masjid dan mengumpulkan sejumlah material, termasuk komputer. Namun, petugas tidak menangkap orang-orang yang dituduh teroris. Pihak otoritas mengatakan, rumah pribadatan yang dulunya disebut Masjid al Quds itu, beberapa tahun silam digunakan sebagai lokasi pertemuan dan merekrut anggota untuk serangan 11 September sebelum mereka bergerak ke Amerika Serikat (AS). Sekadar mengingatkan, dalam tragedi 11 September sembilan tahun silam itu, sedikitnya tiga ribu orang tewas, setelah gedung WTC ditabrak sejumlah pesawat penumpang yang berisi bom. Reschreiter mengatakan ini pertama kalinya sebuah masjid ditutup dan selama ini berada di bawah pengawasan dari intelijen dalam kurun waktu yang cukup lama. Sebuah laporan yang diturunkan pada tahun 2009 bagian intelien menyatakan masjid itu sering menjadi tempat paling menarik untuk jihad. Selain itu, ada laporan yang menyebutkan jika or-

ang-orang yang aktif di asosiasi dan sering salat di masjid itu digunakan sebagai tempat singgah sebelum ke kamp pelatihan di Uzbekis-

tan. Sedikitnya 11 anggota militan yang pernah melakukan latihan militer di Uzbekistan pada tahun 2009 dibentuk di Masjid Taiba. (nyt/tnc)

ANTARA/HERKA YANIS PANGARIBOWO

PRO FAUNA - Aktivis dari Pro Fauna melakukan aksi di Bundaran HI, Jakarta, Senin (9/8). Mereka mendesak pemerintah menghentikan penebangan pohon di sejumlah hutan di Indonesia, salah satunya di Kapuas, Kalimantan Barat.

Pengantin Tembaki Keluarganya ISTANBUL, BPOST - Kegembiraan berbuah petaka. Begitulah gambaran terjadi pada pesta pernikahan yang dilakukan pasangan di Turki, Minggu (8/8). Tavfik Altun, pengantin pria, meluapkan kegembiraan yang di luar kendali. Dia melepaskan tembakan secara membabi-buta ke udara. Namun, peluru di antaranya ada yang menyasar keluarga dan tamu yang menghadiri undangan.

Tiga anggota keluarganya tewas dan delapan orang lainnya dalam upacara pernikahan di Provinsi Gaziantep, tenggara Turki itu. Kantor berita Anatolia, menyebutkan ayah Tavfik, Arif Altun dan dua bibinya, Yasemin Koseoglu dan Munire Koseoglu, meninggal meski petugas medis telah berusaha menyelamatkan nyawa mereka. Sebelum insiden itu terjadi, keluarga Altun memberi senapan buatan Rusia, Kalashnikov ketika Tavfik tiba di tempat

acara pernikahan di Desa Akcagoze. Tavfik lalu mulai melepaskan tembakan ke udara dengan gembira. Tetapi, dia tak dapat mengendalikan senjata itu dan tembakan pun mengarah ke kerumunan orang. Delapan orang cedera akibat tembakan tersebut, empat di antara mereka menderita luka serius, tulis Anatolia. Tavfik Altun sendiri terpaksa tak dapat menikmati bulan madu dengan istrinya, karena polisi langsung melakukan penahanan. (xin/oana/kps)

Perih Lambung Karena Maag Hilang

Menderita bertahun-tahun akibat penyakit maag kronis, bukan hal mudah untuk dijalani manusia. Irmawati Kurniawan, warga Jalan Kunir nomor 3, Surabaya, selama bertahun-tahun terpaksa merasakan pedihnya sakit maag. Tiap dua minggu sekali Irmawati harus berobat ke dokter

spesialis tapi tak ada hasil yang bias diharapkan. Akhirnya hanya Tahesta yang bisa memulihkan dari penyakitnya. Mulanya Irma merasa kaget, karena kesan cuka adalah terasa masam. Oleh karena semangatnya untuk sembuh, dia nekat mengonsumsi Cuka Apel Tahesta. Ternyata, luar biasa. Hanya dalam dua minggu saja, warga kota Surabaya itu tidak lagi merasakan perih dan sakit yang selama ini menghantuinya. “Perih lambung karena maag saya berangsur-angsur hilang” ujar Irma. Padahal ia hanya minum Cuka Apel Tahesta dicampur madu sehari sekali. Irma memang patut bersyukur, karena selain tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatan maag kronisnya. Ia merasa lebih berstamina dan tidak gampang jatuh sakit setelah mengonsumsi cuka apel Tahesta. Maag terjadi karena luka lambung akibat asam lambung yang berlebih dan diperparah bakteri pylori. Maka, jika dikonsumsi dengan benar dan teratur, bukan tidak mungkin jika maag itu sendiri akan lenyap dengan cuka apel Tahesta. Karena

mekanisme kerja cuka apel Tahesta bisa membersihkan bakteri Helicobacter Pylory secara bertahap sampai bersih. Zat Asam Amino dan Kaliumnya mampu memperbaiki fungsi kelenjar untuk menormalkan produksi sel-sel mucus (lendir pelindung dinding lambung). Selain itu Asam Maltat pada produk ini akan memperbaiki bekas luka pada lambung dan usus serta membersihan sel-sel yang rusak. Selain itu zat Pektinnya akan melindungi dinding lambung dan dinding usus dari kuman, bakteri dan asam lambung dengan membentuk lapisan gel. Untuk penderita maag cara mengonsumsinya dimulai dari satu sendok teh dulu dan bisa ditambah secara bertahap per satu sendok teh bila lambung tidak terasa perih lagi sampai takaran menjadi 1-2 sendok makan. DAPATKAN HARGA PROMO : CUKA APEL & CUKA BUNGA ROSELA TAHESTA Setiap pembelian satu dus, GRATIS satu botol & pembelian 10 dus, GRATIS satu dus. Khusus Pembelian Tunai (Berlaku s/d 15 Agustus 2010)

DISTRIBUTOR TAHESTA BANJARMASIN: 0511-3254488; AGEN BANJARMASIN: 081-23516306, Ap.Budi Asih 3274276, Ap.Veteran 256479, Ap. Rita 4364795, Ap. Murah Sehat 7332936, Ap.Kamelda 7457597, Ap.Kimia Farma 3250682, Ap.Perintis 3261113, Ap.Garuda Estetika 3263999, BANJARBARU: Ap. Simpang 4777439, Ap.Ratu Elok 7557922, Ap. Medika Farma 4772150, Apotik Thaibah 7423629, T.O Mitra Sehat 7566714 AGEN TANJUNG TABALONG -KOTA BARU : Nelson Sihite 081349413315 PELAIHARI : P. Siagian 085251241055, Mesdi 081351406651, P. Gusterwi : 081351745152, Bidan Eva Girsang : 081349786085, SUNGAI DANAU : Mantri Purba : 051261068 , BATULICIN: Jhon Eron Naibaho: 081348050519, 051874241, KOTA BARU: Ruth Sitompul 08125134830, TANJUNG, BARABAI, AMUNTAI, KANDANGAN: Yani 081349436211 INFORMASI & KONSULATASI : 03511-3254488, 081-23516306, SMS 081-7500 3564, email:caktahes@gmail.co.id, website: www.tahesta.com, facebook; “Caktahes”

“Saya Tak Dibedakan Sama Sekali” nya, sekenyangnya dan sama sekali nggak ada pembedaan antara saya yang dapat subsidi dengan jemaah biasa. Saya kira tadinya saya akan dibedakan, ternyata semua pelayanannya sama. Di sana saya sempat ketemu sama Pak Supriadi dan saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih karena berkat Travellindo, saya dengan kondisi seperti ini bisa berumrah,” ucapnya penuh rasa syukur.

B

erkah Ramadan

Diskon Uang Muka Besar-Besaran di Kompleks Graha Mahatama Jelang Ramadan, PT Investasi Berkah Mahatama tak ingin ketinggalan berbagi berkah di bulan penuh ampunan ini yaitu memberikan diskon uang muka Rp 5 juta sampai Rp 15 juta untuk setiap pembelian rumah di Kompleks Graha Mahatama. Tentu nilai tersebut cukup berarti mengingat biasanya pada bulan ini banyak sekali pengeluaran untuk keperluan Ramadan dan Lebaran. Jadi keinginan Anda untuk memiliki rumah di bulan ini tetap bisa terlaksana kan? Kompleks Graha Mahatama adalah sebuah lokasi yang baru dibuka oleh pengembang terpercaya PT Investasi Berkah Mahatama yang terletak di Jalan Gerilya, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Sebuah lokasi yang tepat untuk dihuni maupun untuk investasi, karena selain akses mudah menuju kompleks

perumahan ini yaitu bisa dicapai lewat Beruntung Jaya Km 6 atau melalui Kelayan B. Ke depannya, lokasi ini bisa dicapai melalui jalan lingkar dalam Gatot Subroto. Tersedia berbagai tipe rumah dari tipe 28, 36, 42, 54 hingga tipe 60. Untuk tipe 36 ke atas akan diberikan taman kecil yang cantik di depan rumah. Khusus jalan utama dan khusus jalan untuk tipe rumah 42 ke atas akan diberi paving block. Kompleks Graha Mahatama ini dikelilingi banyak sekali fasilitas umum, baik yang berada di lingkungan perumahan sendiri maupun yang ada di sekitarnya.

Diantaranya lapangan bermain/ olahraga, taman kanak-kanan, musala/TPA, puskesmas, SD, SMPN, SMAN, masjid dan pondok pesantren. Permohonan kredit bisa melalui bank yang Anda pilih, diantaranya BNI, BRI, Mandiri atau di bank-bank syariah bagi Anda yang menginginkan cicilan KPR tetap selama 15 tahun. Ingin mendapatkan diskon tambahan? Potong guntingan berita ini dan bawa ke kantor pemasaran PT Investasi Berkah Mahatama. Diskon menarik menanti Anda. (*)

Kantor Pemasaran Jalan Gerilya RT 32 (Tembus Beruntung Jaya dan Kelayan B Banjarmasin) Telepon (0511) 7702281, 7102673.

Majeriah (62 tahun) adalah salah satu dari delapan penerima subsidi umrah dari Travellindo yang tinggal di rumah sederhana di Jalan Bawang Merah, Gatot Subroto Banjarmasin. “Rumah ini bukan punya saya, hanya menempati saja,” tutur ibu enam anak ini. Keinginan kuat untuk berumrah yang telah lama dipendamnya ini timbul kembali setelah salah seorang tetangga pulang umrah dengan Travellindo dan menyarankannya untuk mendatangi kantor biro perjalanan umrah dan haji khusus ini.

“Saya ke sana naik sepeda dan diterima dengan baik dan ramah. Punya uang cuman sedikit tapi ingin sekali pergi umrah,” ceritanya sambil sesekali menyeka air mata. Nenek ini sempat berputus asa karena waktu itu ada beberapa kendala dari pihaknya. Namun akhirnya pada 19 Juli lalu ia berangkat juga bersama rombongan Travellindo. “Di sana 10 hari. Wah, enak bener, kalau bisa lama-lama di sana. Makan nggak ada habis-

Door Prizenya Mobil Travellindo sudah menyiapkan door prize menarik bagi 500 pendaftar pertama umrah pada Februari dan Maret 2011. Yaitu satu unit mobil, satu unit sepeda motor dan satu tiket umrah bagi yang beruntung. Biaya perjalanan juga semakin terjangkau, mulai Rp 14 jutaan, jemaah sudah mendapatkan berbagai fasilitas seperti asuransi perjalanan, dokter/perawat untuk setiap keberangkatan di atas 100 jemaah. Satu muthowif/tour leader akan mendampingi 20 jemaah, bus terbaru, tiga kali miqat umrah plus bonus satu kali di Hudaibiah, menempati lantai 2 penerbangan Garuda bagi 60 pendaftar pertama, tambahan city tour ke Medan Magnet, Percetakan Al Quran dan Museum Kabah. Makan, minum dan beristirahat sebelum keberangkatan di Blue Sky Executive Lounge Bandara Samsudin Noor Banjarmasin dan di Bandara SoekarnoHatta Jakarta dan masih banyak lagi fasilitas lainnya dari Travellindo. (*)

PT Travellindo Lusiyana Telepon (0511) 4315497, 7239563, 7199921 Atau SMS: 0852 5145 0050, 0812 5676 7640. 1008/B13


14 Etalase

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

Ini Rekayasa Amerika „ Sambungan hal 1

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi menegaskan tindakan itu merupakan bagian dari proses penangkapan. “Itu teknis penangkapan,” ujar Ito di Istana Wapres. Berjalan Normal Santri Pondok Pesantren AlMukmin Ngruki, Solo, tidak terpengaruh. Kegiatan para santri berjalan seperti biasanya. “Proses belajar mengajar di Ngruki berjalan normal. Para santri beraktivitas seperti biasa,” ujar salah satu pengasuh Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono. Endro menyampaikan semua santri sudah diberitahu kabar penangkapan Ba’asyir. “Kami punya ratusan pengasuh sehingga aktivitas tidak terganggu,” ujar Endro. Ba’asyir sendiri mengaku pasrah. “Ini rahmat Allah untuk kurangi dosa, ini rekayasa Amerika,” ujar Ba’asyir sesaat sebelum memasuki Gedung Bareskrim Mabes Polri.

Umi Aisyah Ba’asyir dan istri Direktur Pesantren Ngruki Wahyuddin juga dibawa memasuki Gedung Bareskrim Mabes Polri. Beberapa jam kemudian keduanya dipulangkan. “Istri Abubakar Ba’asyir dan istri Ustad Wahyuddin sudah dipulangkan ke Ponpes Nurussalam milik keluarga Ba’asyir di Cimahi,” ujar kuasa hukum Ba’asyir, Mahendradata. Danai Teroris Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang mengatakan, penangkapan Ba’asyir tersebut dilakukan setelah pihaknya menemukan benang merah antara pelatihan militer di Aceh dan penemuan laboratorium bom di Bandung, Jawa Barat. “Pelatihan militer di Aceh dan laboratorium Bandung merupakan rangkaian organisasi yang berujung pada Ba’asyir,” ujar Edward. Terkait pelatihan di Aceh, katanya, Ba’asyir menunjuk Ustadz Mustaqim atau Mus-

tofa alias Abu Thalib (DPO) sebagai pengelola latihan militer dan Dulmatin sebagai penanggung jawab. “(Ba’asyir) Merestui dan mendanai latihan militer di Aceh,” ujarnya seraya menambahkan kelompok Aceh itu hendak menyerang kedubes asing, Mabes Polri, dan sejumlah fasilitas negara. Tidak lama setelah Ba’asyir ditangkap Dansus 88, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri langsung menghubungi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Iya benar. Presiden sudah mendapat kabar itu. Pak Kapolri langsung telepon presiden terkait ini,” ujar Julian Pasha, juru bicara Presiden. Presiden, kata Julian, tidak memberi perintah kepada Polri untuk menangkap Ba’asyir. “Presiden tidak pernah menginstruksikan secara personal tangkap si A atau tangkap si B,” ujar dia. Munarman, anggota tim pengacara muslim (TPM), justru menduga perintah pe-

nangkapan Ba’asyir itu atas instruksi langsung presiden. “Baru kemarin, presiden menyatakan dirinya menjadi target incaran teroris. Nah, kami akan cari tahu, apakah pernyataan presiden ini memang ada kaitannya atau tidak sehingga Ba’asyir kemudian ditangkap,” ujarnya. Menurut pengamat terorisme Dyno Cresbon, Ba’asyir ditangkap bukan karena alasan politis. “Ba’asyir ditangkap karena pengembangan dari pemeriksaan mereka yang sudah lebih dulu ditangkap di berbagai wilayah setelah kasus Aceh, salah satunya Abdullah Sonata,” ujarnya. Dijelaskan Dyno, Ba’asyir berhubungan dengan Abdullah Sonata. “Berdasarkan pemeriksaan, Abdullah Sonata yang membidani pendirian camp di Aceh tersebut,” ujarnya. Pemerintah Australia menyambut gembira penangkapan pria berumur 71 tahun tersebut. (tribunnews/yat/ dtk/kps)

teman lainnya di luar,” ujar Firman. Firman mengaku kecewa Ba’asyir ditangkap. “Ustadz bukan DPO. Ustadz jelas keberadaannya,” ujarnya. Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Mahendradatta, juga menemui Ba’asyir. Dalam pertemuannya, Ba’asyir menyatakan sikapnya menolak tegas penangkapan dirinya oleh Densus 88. “Dengan izin Allah saya menolak dengan tegas penangkapan dan pemeriksaan saya. Saya yakin penangkapan dan peme-

riksaan itu tidak lebih dari satu komoditas politik untuk menyenangkan musuh-musuh Islam yakni Amerika dan Israel serta segala antek-anteknya di Indonesia,” begitulah pernyataan sikap Ba’asyir yang dibacakan Mahendradatta. Menurut Ba’asyir penangkapan dirinya merupakan strategi Amerika dan Israel dalam memusuhi Islam. “Maka haram bagi saya untuk memberikan keterangan dalam pemeriksaan oleh Densus 88,” ujarnya. (tribunnews/dtk)

Endang Menangis „ Sambungan hal 1

FOTO ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY

TOLAK PENANGKAPAN BA’ASYIR - Ratusan orang menolak penangkapan Ustad Abu Bakar Ba’asyir, di depan Mapolresta Solo, Jateng, Senin (9/8). Mereka menganggap penangkapan tersebut untuk melumpuhkan umat Islam di Indonesia.

Jaringan Perancis Terbentuk „ Sambungan hal 1

Perancis diduga sebagai markas karena memang pernah terindikasi adanya teroris di negara tersebut. “Ya, termasuk tempat yang berbahaya. Sudah terindikasi,” ungkapnya. Densus Antiteror kini tengah memburu warga Perancis tersebut. Dia diketahui sebagai penyedia atau pemberi mobil Mitsubhisi Galant bagi dua orang pelaku teror yang ditangkap Densus di Cibiru, Bandung, yaitu Fachrul Ruzi Tanjung alias Bait dan Hamzah alias Helmi. “Istrinya warga negara Maroko,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Edward Aritonang. Polri mengaku telah berkoordinasi dengan NCB Interpol guna memburu si pelaku. Selain itu, mobil bernomor polisi B 1600 KE milik si orang Perancis tersebut telah disita oleh penyidik Densus 88 sebagai barang bukti dan digunakan membantu jalannya proses penyelidikan dan penyidikan terhadap keberadaan jaringan teror. “Pelaku teror yang ditangkap di Bandung dan sekitar-

nya itu hendak merencanakan aksi bom mobil,” ujar Edward. Dynno Chresbon, pengamat intelijen, mengatakan teroris yang tertangkap pada Juli dan Agustus merencanakan sejumlah aksi yakni mempersiapkan bom mobil dan sniper untuk beberapa target, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Agustus ini adalah top moment untuk melakukan aksinya. Jadi penangkapan sejumlah terduga teroris pada Juli-Agustus ini untuk mematahkan rencana mereka. Aksinya dengan dua cara yakni sniper dan bom mobil,” ujarnya. Jaringan teroris, katanya, akan memanfaatkan hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti sebagai puncaknya. “Target mereka Presiden saat upacara 17 Agustus, obyek vital, kantor kedutaan besar dan orang asing,” ujarnya. Edward mengaku, pihaknya ‘mempercepat’ penangkapan sebanyak lima orang yang diduga sebagai teroris di tiga tempat di Jawa Barat. “Percepatan tersebut, memang berkaitan dengan jad-

wal kunjungan kerja presiden ke Ciwidey, Sabtu silam,” ujarnya. Percepatan tersebut, katanya, juga berkaitan dengan dasyatnya ledakan bom yang dipersiapkan oleh kelompok teroris itu. “Penangkapan ini merupakan bagian dari proses panjang, termasuk mengikuti semua gerak-gerik kelompok tersebut. Anggota Densus di lapangan melaporkan, bom yang diledakkan dalam uji coba tersebut berkekuatan besar. Ini yang membuat kami khawatir,” ujar Edward. Menurut Edward, aksi para teroris lebih rapi dan terorganisir dengan baik, termasuk mengujicobakan bom yang akan diledakkan. Dalam membuat Bom para tersangka juga sudah menyiapkan laboratorium yang dikelola oleh seorang sarjana teknik kimia bernama Kurnia Widodo. Kurnia adalah satu teroris yang tertangkap di Jawa Barat pada 7 Agustus lalu. Selain Kurnia, polisi j u g a m e n a n g k a p , G o f u r, Fahrul Rozi dan Hamzah. (tribunnews/roy/dtk)

Tangan Saya Dingin „ Sambungan hal 1

Setelah beristirahat sejenak, dengan wajah masih pucat Fahira kembali ke ruang dialog. Dia ingin menegaskan agar FPI meninggalkan kebiasaan kekerasan, terutama di awal Ramadan. “Saya mau memastikan kembali kepada Habib Rizieq dan FPI bahwa kita tidak ingin ada kekerasan apalagi ini akan memasuki bulan puasa. Saya tidak ingin masyarakat resah, saya ingin masyarakat tidak takut menghadapi bulan Ramadan,” ujar Fahira. Fahira berharap FPI benarbenar membersihkan citranya yang identik dengan ke-

kerasan. Fahira juga berharap FPI makin transparan dan dekat dengan masyarakat. “Ke depan FPI juga harus bisa membuktikan bahwa mereka bukanlah kelompok yang keras. Ke depan mereka juga harus sosialisasikan segala kegiatan mereka supaya orang tahu bahwa mereka itu tidak selamanya melakukan tindakan kekerasan,” ujar Fahira. Fahira menilai tidak diperlukan pertemuan seperti ini lagi. “Mungkin pertemuan ini sudah cukup, paling tidak FPI akan membuktikan bahwa agama Islam itu tidak bengis dan keras, jangan sampai ada pihak yang mendadu domba,” ujarnya

Pimpinan FPI Habib Rizieq berjanji, pengikutnya tidak akan melakukan kekerasan selama bulan Ramadan. “Kita adalah organisasi yang menghargai kebhinnekaan dan perbedaan. Kita tidak akan melakukan kekerasan selama bulan puasa ini karena kita bukan organisasi yang penuh kekerasan,” ujar Rizieq. FPI, katanya, hanya akan membantu jika diminta oleh Pemprov DKI Jakarta. “Kita akan ikut bantu kalau kita diminta ikut,” ujarnya. Fahira mengaku puas dengan penjelasan Rizieq. “Saya cukup puas dengan penjelasan itu,” ujarnya. (tribunnews/dtk)

Ubat Mangantuk „ Sambungan hal 1

Wayah ini kami laki bini umpat mandangarakan pangajian di langgar hulu, sahut Palui. Kanapa maka hanyar wayah ini ikam laki bini bainsyaf? ujar Garbus. Kami tapikir Bus ai, hidup di dunia ini satumat haja tapi hidup di akhirat kaina nang lawas makanya parlu sangu. Kabujuran pulang satumat lagi puasaan, sahut Palui. Jadi ikam balalajaran napa? ujar Garbus. Balajar macam-macam, sifat dua puluh, fiqih wan tauhid, ujar Palui. Kawa hajalah ikam mandangarakan pangajian itu? ujar Tulamak nang hanyar datang umpat batakun.

Ngarannya haja balajar makanya dipaksa ai supaya kawa umpat mandangarakan. Kada banyak sadikit barang jadi. Asal ada daripada kadada sama sakali kaya bubuhan ikam itu, ujar Palui. Maksud Tulamak itu kada masalah palajarannya tapi ikam tamasuk urang nang katuju guring. Jangankan umpat mandarangakan pangajian, duduk di warung haja mata ikam takintip-kintip, tapajam-pajam karna mangantuk, ujar Garbus. Kawa haja diakali Bus ai, sahut Palui. Kaya apa caranya ma-akali supaya kada mangantuk? ujar Garbus. Aku ada ubatnya, sahut Palui. Kalu ada ubatnya, tulung

si Tulamak itu dibari jua resipnya karna satiap inya imbah makan langsung maragui barabah lalu taguring, ujar Garbus. Ini nah........... ubatnya, ujar Palui maungkai kacamata hirang. Kanapa maka ubatnya kacamata hirang? ujar Garbus. Wayah mandangarakan pangajian itu supaya kacamata hirang ini dipakai, bapadah silau kada tahan lampu listrik, ujar Palui. Haa...... hahaaa........ nyatanya ikam taguring jua. Urang tahu haja biar bakacamata, ikam katahuan jua taguring karna liur basi ikam balelehan di muntung wan dagu, ujar Garbus mangalakak tatawa karna paham akal Palui. (tam)

“Ya Allah, jadikan air mata saya sebagai senjata,” ujar Endang sedih. Iim Ba’asyir, anak bungsu Ba’asyir, mengatakan Endang memang pengagum berat ayahnya. Endang selalu hadir dalam pengajian-pengajian Ba’asyir yang digelar di dekat rumahnya. “Sewaktu ditahan di LP Cipinang, Endang memang kerap dimintai tolong untuk menyediakan berbagai keperluan untuk ayah saya,” ujarnya. Selain Endang, beberapa

orang dari Jemaah Anshorut Tauhid (JAT) mendatangi Mabes Polri. Mereka membawakan Ba’asyir baju koko dan sarung. Firman, anggota JAT dan tiga rekannya menunggu untuk bertemu Ba’asyir di depan Mabes Polri. “Ini baju koko satu stel, sarung, dan kaos dalam buat ustadz. Memang ustadz juga minta,” kata Firman (37), anggota JAT dari Pejaten, Jaksel, ini. Baju koko, sarung dan kaos masih anyar dan dikemas dalam plastik. “Kita hanya berempat yang boleh masuk, seratusan

Pelantikan Muhiddin-Irwan Bisa Molor „ Sambungan hal 1

Banmus DPRD Banjarmasin beralasan, mereka belum mengantongi SK Mendagri tentang waktu pelantikan pasangan tersebut. “Banmus akan menentukan waktu dan tempat pelantikan setelah menerima salinan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Kalau belum ada, ya kami tidak bisa melaksanakan rapat,” kata Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Awan Subarkah, kemarin. Disinggung mepetnya waktu persiapan, dengan diplomatis dia menjawab, kalau sekretariat DPRD siap melaksanakan pelantikan tersebut kapan saja. Termasuk mengedarkan undangan untuk para tamu. Meski begitu dia berharap, kesempatan waktu dua hari ini bisa memperjelas rencana pelantikan itu. Karena tidak

sesuai jadwal, harus ada pelaksana tugas (Plt) wali kota. “Kami berharap pelantikan sesuai jadwal, tapi kalau ternyata molor, kami akan mendatangi gubernur agar menunjuk Plt biar pemerintahan tetap berjalan,” terangnya. Hari ini, Selasa (10/8), Kabag Tapem Kota Banjarmasin, Ichwan Nurkhalik, akan mendatangi Mendagri Gamawan Fauzi, untuk menanyakan SK pelantikan wali kota Banjarmasin periode 2010-2015. Jika surat keputusan tersebut sudah ada, imbuh dia, dirinya langsung kembali ke Banjarmasin menyerahkan SK tersebut kepada DPRD. Dengan begitu, para wakil rakyat itu bisa dengan cepat menggelar rapat persiapan pelantikan tersebut. “Paling tidak, Rabu pagi sudah ada kejelasan dan bisa cepat melaksanakan persiapan,” katanya.

Tinggalkan Rumah Dinas Lapangan Siringlaut Kotabaru menjadi saksi perpisahan bagi Sjachrani Mataja dan Fatizanolo S. Bupati dan wakil bupati Kotabaru periode 2005-2010 tersebut berpamitan dengan semua pegawai negeri sipil di sana. Suasana makin haru, ketika ratusan PNS berjabat tangan sambil berpelukan dengan dua kepala daerah itu. Saking terharunya, Sjachrani pun meneteskan air mata. “Baik-baik ya, terus tingkatkan semangat dalam bekerja,” pesan Sjachrani sambil sesekali menyeka air matanya. Suasana lebih haru terjadi di kediaman Sjachrani. Di dampingi sang istri, Siti Aisyah, dia berkali-kali melongok rumah kediaman (dinas) yang telah ditempatinya selama sepuluh tahun. Diiringi arak-arakan hadrah, Sjachrani dan keluarga,

serta Fatizanolo, meninggalkan kediaman dengan berjalan kaki menujurumah kediaman pribadi di Jalan Taman Melati, RT 2 RW 1, Desa Semayap, Pulaulaut Utara, Kotabaru. Suasana berbeda terlihat di Gedung Mahligai Pemuda, di Jalan H Hasan Basri, telah di pasang bermacam jenis pernak pernik rencana pelantikan bupati terpilih yang dilaksanakan hari ini. Seksi upacara sekaligus Kabag Humas dan Protokol,Abdul Karim, mengatakan upacara pelantikan semuanya sudah dipersiapkan panitia sejak beberapa hari yang lalu. “Setelah paripurna dilaksanakan, Ketua DPRD menyerahkan ke panitia pelantikan untuk melaksanana pelantikan. Setelah proses pelantikan, baru ditutup lagi oleh Ketua DPRD,” ujar Karim. (sah/coi)

Premium Rp 6.000/liter „ Sambungan hal 1

Sementara itu Arif, pengawas SPBU Jalan S Parman mengaku, mereka hanya mendapat jatah premium sebanyak dua tangki per hari yang masing-masing berkapasitas 10.000 liter. Dengan kondisi seperti ini, hanya dalam beberapa jam saja, premium sebanyak dua tangki itu telah ludes. “Itu memang kebijakan Pertamina. Kami hanya bisa pasrah melihat panjangnya antrean BBM. Kalau solar, kami hanya mendapat jatah 25 tangki per bulan,” katanya. Pemilik SPBU di Sei Paring Martapura, H Gt Abdurrahman atau akrab disapa Antung Aman, mengaku hanya mendapat jatah pasokan dua tangki premium per hari. Kendati tak mencukupi, Per-

tamina belum mau menambah pasokan. “Karena BBM di SPBU lain kosong, stok BBM di SPBU kami juga cepat habis. Namun tak ada penambahan dari Pertamina,” katanya. Humas Pertamina Balikpapan, Bambang, enggan memberi penjelasan mengenai kelangkaan BBM ini. Dia hanya memastikan stok BBM aman untuk bulan puasa hingga lebaran nanti. “Saya tidak bisa menyampaikan berapa angkanya, namun selama puasa dan lebaran stok BBM aman. Kami juga menyiapkan tambahan karena terjadinya kemungkinan peningkatan permintaan hingga 20 persen,” katanya. Berdasar pantauan harga ditingkat eceran di sepanjang Jalan A Yani kilometer 1 sampai 6, ikut naik Rp 500 hingga

Rp 1.000 dari harga eceran tertinggi, menjadi Rp 5.500 sampai Rp 6.000 per liter. Akibat kekosongan di SP BU, penjualan eceran di pinggiran jalan diserbu para pengendara, meskipun harus membayar lebih mahal. “Saya membeli Rp 6.000 per liter,” kata seorang pengendara yang membeli eceran di Jl A Yani Km 5. Seorang pedagang eceran di Jalan A Yani kilometer 3,5 mengaku menjual dengan harga Rp 5.500 per liter. “Harganya Rp 5.500 per liter mas. Soalnya mendapatkannya agah susah beberapa hari ini. Pembelian juga dibatasi hanya satu jiriken,” katanya. Antrean puluhan kendaraan roda empat sudah terjadi sejak pukul 07.00 Wita di SP BU kilometer 5. Seorang polisi yang berjaga-juga di de-

pan SPBU, terpaksa menutup jalur putaran di depan SPBU, agar pengendara melihat tanda larangan membelok itu. Sebelumnya, Kepala Pemasaran Depo Pertamina Banjarmasin melalui Budi Busama di hadapan anggota DPRD Banjarmasin pada 29 Juli lalu, mengatakan hingga Juni 2010 konsumsi premium Kalsel sudah mencapai 195 kiloliter dari kuota sebanyak 369 kiloliter (meningkat 12,9 persen). Sedang konsumsi solar telah menghabiskan 101 kiloliter dari kuota 167 kiloliter (meningkat 27 persen). Konsumsi BBM yang melebihi kuota tersebut diduga membuat Pertamina Banjarmasin melakukan pembatasan pasokan, demi menjaga kuota BBM Kalsel cukup hingga akhir tahun. (mmi)

kondisi yang ada. “Saya khawatir antrian tersebut dilakukan para pengecer yang menjual bensin di pinggir-pinggir jalan,” katanya. Kendati antrean panjang terjadi di SPBU, namun beberapa pelangsir menggunakan jeriken tetap bisa beroperasi dengan leluasa. Pihak SPBU dan polisi tak berani menindak, meski melangsir BBM menggunakan jeriken jelas-jelas dilarang.

“Kita sudah antre mulai tadi, ternyata SPBU malah melayani pelangsir,” keluh Safri, seorang pengendara sepeda motor. Namun tak semua SPBU melayani pelangsir. Pengelola SPBU Landasan Ulin, Saukani, sama sekali tak memberi toleransi pelangsir. “Dari dulu kami memang tak pernah melayani pembelian dengan jeriken,” ujarnya. (mmi/coi)

Rudy Siap Sidak „ Sambungan hal 1

“Saya akan memanggil pertamina untuk meminta penjelasan,” kata Rudy Ariffin, Senin (9/8). Disinggung soal pernyataan pihak Pertamina seputar kuota BBM Kalsel yang memang terbatas, Rudy mengaku akan meminta penjelasan pihak Pertamina dulu dan langkah selanjutnya adalah mencari

solusi terbaik. “Kita minta penjelasan pertamina dulu karena masalah ini bisa memicu masalah baru karena saat ini kita bersiap menyambut puasa dan lebaran. Jangan sampai masalah BBM ini malah memicu persoalan lain,” katanya. Rudy juga berniat melakukan sidak ke sejumlah SPBU yang ada di Banjarmasin, untuk mengetahui dari dekat


SELASA

10 AGUSTUS 2010

Banjarmasin Post

15

1008/B15


16

Smart

Banjarmasin Post

Biz

LBC Bikin

Percaya Diri KAMSIAH (42 th), kini tak minder lagi. Kulit wajah PNS di Dinas Kesehatan Prov Kalsel, ini sekarang kembali cerah, kenyal, dan sehat terawat. Rasa percaya diri pun kembali dimiliki. “Padahal dulu jerawat memenuhi wajah saya. Selain tidak nyaman, juga membuat saya kurang percaya diri. Namun berkat perawatan rutin di klinik kecantikan London Beauty Centre (LBC), hasilnya kulit saya sehat dan bertambah cerah,” tutur Kamsiah. Diakui perempuan berjilbab itu, wajahnya berjerawat selain disebabkan cuaca juga produk kosmetik yang digunakannya mengandung zat-zat yang tidak aman bagi kulit. Kamsiah adalah salah satu pelanggan LBC, dia telah merasakan banyak keuntungan menjalani perawatan kecantikan kulit dan wajah di klinik milik Nyonya Anton Yuwono tersebut. “Cantik itu tidak semata lahir dari dalam, tetapi juga terpancar dari kulit wajah yang sehat terawat. Solusi inilah yang di tawarkan oleh

ISTIMEWA

klinik kecantikan kulit wajah LBC,” kata Manajer Pemasaran LBC, M Husain Kasim. Permintaan perawatan wajah yang begitu tinggi, mendorong manajemen makin meningkatkan pelayanan, di antaranya dengan LBC Cabang Banjarmasin pindah lokasi ke Jalan S Parman no 8 Banjarmasin sejak

Senin, 9 Agustus 2010. LBC Banjarmasin merupakan cabang ke-27 dari 41 cabang LBC di seluruh Indonesia. Klinik yang telah eksis sejak 1998, selain sudah dikenal luas juga tarip layanannya terjangkau serta produknya dijamin efektif, aman, dan halal. “Kehadiran LBC di sini sebagai penghargaan dan ungkapan terima kasih kami pada customer yang telah memercayakan perawatan kulitnya di LBC. Kami siap melayani konsumen dengan suasana lebih nyaman,” ujarnya. Dalam rangka kepindahan ini, pelanggan mendapat spesial diskon total 40 persen terdiri dari diskon 20 persen perawatan, 10 persen pembelian krim dan 10 persen body whitening. Berlaku sampai 31 Agustus 2010. Konsultan kecantikan LBC, dokter Hj Huda mengatakan, reputasi LBC dalam bidang kecantikan kulit dibangun berdasar empat aspek yakni penggunaan krim perawatan yang bersertifikasi dari Badan POM RI, sertifikat halal dari MUI, profesionalisme dalam melayani costumer, tenaga ahli kecantikan, dan penggunaan teknologi modern. (*/hay)

BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

LAUNCHING SPARK - Seorang penari meramaikan launching Chevrolet Spark, di Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (7/8). Mobil ini diklaim paling irit di kelasnya.

Ramaikan Banjarmasin

MESKI belum separah di Jakarta, kemacetan arus lalulintas juga terjadi di Banjarmasin. Hal itu, diperparah dengan sempitnya areal parkir. Hal itu, membutuhkan mobil yang lincah dan mampu bermanuver secara baik. Untuk alasan itulah Chevrolet Spark hadir di Kota Banjarmasin. “Target kami mampu menjual 10 unit per bulan mengingat market city car di Kalsel mencapai 39 unit per bulan,” kata Fuad Harhara,

SELASA

10 AGUSTUS 2010/ 29 SYAKBAN 1431 H

Direktur Global Purchasing dan Suply Chain GM Auto World Indonesia (GM AI), Sabtu (7/8). Menurutnya, fitur All New Chevrolet Spark dapat diandalkan. Varian ini merupakan produk inovatif yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau, hanya Rp 150 jutaan. Banjarmasin, sambung dia, masih memiliki potensi market yang cukup besar dan mampu menyerap kendaraan lebih banyak. Secara nasional, pertumbuhan pasar kendaraan di Indonesia mencapai 77 persen, sementara GMAI berhasil meraih pertumbuhan 77,81 persen. Pada semester I/2009, GMAI hanya meraih angka penjualan 1.208 unit, sedang pada semester I/2010 tumbuh menjadi 77,81 persen atau 2.148 unit. “Itu merupakan rekor perusahaan sejak 2000 lalu. Kami mematok angka penjualan 4.300 unit tahun ini,” ucapnya. Menurutnya, tersedia banyak pilihan warna Spark. Bagi yang penasaran ingin melakukan test drive bisa langsung mencobanya di Jalan A Yani Kilometer 7. Selain menggelar dance dan musik akustik, launching Spark juga diisi dengan sesi tanya jawab antara GMAI dengan pengunjung Duta Mall tentang keunggulan maupun spesifikasi Chevrolet Spark. (mmi)

1008/B16


Tribun

SELASA

10 AGUSTUS 2010/ 29 SYAKBAN 1431 H

Borneo

Banjarmasin Post

17

“Saya Hanya Tunggu Masaknya” „ Gamawan Akan Tunjuk Pjs Bupati Kobar BANJARMASIN, BPOST - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berjanji akan menunjuk pejabat sementara (Pjs) Bupati Kotawaringin Barat jika persoalan penetapan pemenang bupati di daerah itu tidak secepatnya diselesaikan KPU.

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

PEMIMPIN BANJAR - Bupati Banjar Ir HG Khairul Saleh dan Wakil Bupati HA Fauzan Saleh (baju putih) memasuki Gedung DPRD Banjar, Kota Martapura untuk dilantik dan disumpah jabatan oleh Gubernur Kalsel H Rudy Arifin, Senin (9/8).

“Tanpa Bapak, Banjar Tak Bisa Maju” „ Khairul Puji Hatim Salman MARTAPURA, BPOST Duet dua saleh yakni Ir HG Khairul Saleh dan Drs H Achmad Fauzan Saleh resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banjar 2010-2015. Keduanya, dilantik oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rudy Ariffin dalam sidang paripurna istimewa DPRD Banjar di gedung Paripurna DPRD setempat. Bagi Khairul Saleh, pelantikan dirinya sebagai Bupati Banjar adalah untuk yang kali kedua. Bedanya, selama periode 2005-2010 dia didampingi oleh KH Hatim Salman. Namun periode 2010-2015 didampingi Achmad Fauzan Saleh. Khairul pun memberikan cindera mata kepada KH Hatim Salman yang selama lima tahun ini telah mendampinginya. “Ulun mengucapkan teri-

ma kasih kepada KH Hatim Salman yang bersama-sama saya memimpin pembangunan Kabupaten Banjar. Tanpa beliau, Kabupaten Banjar tidak bisa semaju seperti sekarang,” kata Khairul. Pelantikan Bupati Banjar dan Wakil Bupati Banjar cukup meriah. Wakil Gubernur Rudy Resnawan, beberapa anggota DPR RI, anggota DPD RI, dan Sekretaris Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Tasdiq Kinanto menyaksikan jalannya pelantikan itu. Selama lima tahun mendatang, duet dua Saleh ini menghadapi tantangan yang cukup berat terutama untuk mempertahankan Kabupaten Banjar sebagai salah satu penyangga pangan di Kalimantan Selatan (Kalsel). Gubernur H Rudy Ariffin pun berpesan kepada bupati untuk bisa tetap memperta-

hankan predikat tersebut. Menurut dia, Kabupaten Banjar selama ini cukup potensial dalam pengembangan bidang pertanian. “Kita berharap pertanian tetap menjadi penyangga pangan di Kalimantan Selatan (Kalsel),” kata Rudy Ariffin. Menurut Rudy, sebagaimana diamanatkan peraturan pelaksanaannya setiap kepala daerah menjabarkan visi misi dalam bentuk RPJMD paling lambat tiga bulan. Gubernur menekankan, fokus ke depan tetap infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Khairul menegaskan, akan berupaya untuk mempertahankan predikat lumbung pangan Kalsel di Kabupaten Banjar. Satu di antaranya yang dilakukan adalah dengan program BUMDES untuk membantu pertanian dalam arti luas. (wid)

“Sekarang kita telah menunjuk pelaksana tugas (plt) bupati Kotawaringin Barat, bila sampai batas waktu yang ditentukan persoalannya tidak juga selesai maka saya akan menunjuk Pjs,” kata Gamawan, Minggu (8/8). Menurut dia, keputusan siapa yang berhak menjadi Bupati Kotawaringin Barat, pihaknya menunggu penetapan dari KPU sebagai lembaga yang memiliki kewenangan mengeluarkan penetapan pemenang pemilukada. Kementerian Dalam Negeri, kata dia, tidak berhak masuk terlalu jauh pada persoalan proses penetapan bupati. “Kita hanya minta agar KPU dan MK segera menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak semakin berlarut-larut,” katanya. Apa pun keputusan KPU, kata dia, akan menjadi acuan bagi pemerintah untuk menentukan pasangan calon yang akan ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati 20102015. “Kita menunggu masaknya saja dan tidak akan terlalu jauh mencampuri masalah tersebut,” katanya. Ketua KPU Pusat Hafiz Anshary ditemui pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya menghargai dan mendukung keputusan MK terkait sengketa Pemilukada Kotawaringin Barat.

Seperti diketahui pada persidangan 7 Juli 2010, MK dalam putusannya memerintahkan KPU Kotawaringin Barat membatalkan keputusannya tentang penetapan hasil perolehan suara pasangan calon bupati dan calon wakil bupati setempat. MK juga memerintahkan KPU membatalkan berita acara tentang penetapan pasangan calon nomor urut satu Sugianto Sabran-Eko Soemarno sebagai pasangan ter-

Kisruh Pemilukada Kotawaringin Barat z Pada Pemungutan suara pasangan SugiantoEko Soemarno keluar sebagai pemenang z Pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto menggugat penetapan KPU ke MK z MK memutuskan mendiskualifikasi pasangan Sugianto-Eko Soemarno z KPU Kobar menyatakan tidak bisa melaksanakan keputusan MK itu z Mendagri Gamawan Fawzi menyatakan keputusan justru di tangan KPU.

pilih dalam Pemilukada Kotawaringin Barat. Selanjutnya, MK memerintahkan KPU untuk menerbitkan surat keputusan menetapkan pasangan calon nomor urut 2 yaitu Ujang Iskandar-Bambang Purwanto

(UJI-BP) sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. Namun hasil rapat pleno KPU Kobar pada Rabu (14/ 7) menyatakan bahwa KPU setempat tidak dapat melaksanakan putusan MK tersebut. (ant/mgb/coi)

1008/B17


18 Banjar Satelit

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

Kolam Hambat Pembebasan Jalan Lingkar MARTAPURA, BPOST Hampir sepuluh tahun sejak pemerintahan H Rudy Ariffin pembangunan jalan tembus Mataraman-Sungai Ulin belum juga tuntas, karena terbentur dengan pembebasan lahan. Dari total panjang jalan sekitar 15,8 kilometer, Pemkab Banjar masih menghadapi persoalan pembebasan lahan sepanjang satu kilometer. Di antaranya terdapat di Jingah Habang. Sulitnya proses pembebasan lahan ini disebabkan kawasan yang menjadi titik lintasan jalur jalan ini merupakan areal kolam-ikan. Kepala Bagian Tapem Kabupaten Banjar HM Aidil Basith memperlihatkan sejumlah lembaran foto satelit jalur jalan lingkar MataramanSungai Ulin. Menurut dia, untuk wilayah Kabupaten Banjar dari keseluruhan panjang jalan yang direncanakan sebenar-

Dari foto satelit ini kita bisa lihat sebagian alur jalan sudah tahap pengurukan. Ruas jalannya sudah terlihat

HM AIDIL BASITH Kabag Tapem Kabupaten Banjar

nya sudah mendekati penyelesaian. Bahkan sebagian ruas jalan sudah dalam tahapan pengurukan tanah laterit. “Dari foto satelit ini kita bisa lihat sebagian alur jalan sudah tahap pengurukan. Ruas jalannya sudah terlihat,” kata Basith, Minggu (8/8). Masih dengan lembaran foto satelit di tangannya, Basith pun mengatakan, dari keseluruhan ruas jalan yang

direncanakan, dia melihat satu kawasan yang sampai sekarang masih alot proses pembebasan lahannya. Kawasan tersebut, berada di Desa Jingah Habang. Pembebasan lahan di kawasan tersebut, cukup alot karena lahannya merupakan lahan aktif, berupa kolam-kolam ikan milik petani ikan di kawasan tersebut. “Di foto satelit ini bisa kita lihat ada sekitar 9-10 kolam yang berada di jalur Jalan lingkar Mataraman-Sungai Ulin ini,” katanya. Kabid Aset BPKAD Kabupaten Banjar Taufik Ahdiat membenarkan kendala pembebasan yang mereka hadapi. Penyebabnya jalan lingkar yang melewati Desa Jingah Habang melewati kolam-kolam ikan milik warga. Dia tidak ingat persis berapa panjangnya. Namun, pihaknya tengah melakukan pendekatan dengan warga. (wid)

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

PANJAT PINANG - Walau 17 Agustusan masih sepekan, tetapi pesta rakyat untuk merayakan HUT ke-65 Kemerdekaan RI, mulai ramai, seperti acara lomba naik pinang di Halaman Kodim 1006 Martapura menjadi tontonan menarik, Minggu (8/8).

Layani Pembeli Denda Rp 50 Juta Razia Semua Tempat ”

BANJARBARU, BPOST - Penjual makanan dan minuman di Banjarbaru, sebaiknya tidak melayani pembeli di siang hari pada Ramadan. Jika tertangkap tangan, pemko akan mengenakan sanksi berat, yaitu denda Rp 50 juta atau kurungan selama tiga bulan. Hal tersebut terkait diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2005 yang mengatur aktivitas masyarakat selama Ramadan. Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru, Abdul Basid, mengatakan, Pemko Banjarbaru siap menerapkan Perda Ramadan untuk menghormati umat muslim yang berpuasa. “Perda Ramadan menga-

tur tentang ketentuan khusus kegiatan usaha rumah makan restoran, tempat hiburan, dan sejenisnya serta makan dan minum atau merokok di tempat umum pada Ramadan,” katanya. Menurut dia, sesuai perda itu, kedai teh maupun kopi, rumah makan tidak diperbolehkan buka siang kecuali sore atau menjelang berbuka puasa. Jika melanggar, kata dia, maka pemilik rumah makan atau kedai akan dikenakan sanksi tegas. “Sanksi itu berupa pidana

Sesuai perda, kedai teh maupun kopi, rumah makan tidak diperbolehkan buka siang kecuali sore atau menjelang berbuka puasa

ABDUL BASID Kabag Humas Pemko Banjarbaru

kurungan maksimal bulan dan atau denda paling banyak R p50 juta. Jika merokok di tempat umum ancamannya berupa denda ratusan ribu rupiah,” ujarnya.

Perda Ramadan dilaksanakan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berkoordinasi dengan aparatur penegak hukum lainnya. Kepala bagian Operasional Polresta Banjarbaru I Made Suarjana, mengatakan, untuk menjalankan perda itu akan digelar operasi pekat dengan sandi Ramadan Idaman. Sasarannya selain rumah makan, juga penjual petasan, senjata, prostitusi, warung remang-remang, minuman keras, dan kejahatan di jalanan. Menurut dia, pedagang di pasar dan pedagang kaki lima yang menjual petasan akan disisir. Bahkan tempat yang diduga gudang petasan akan diperiksa. (kur)

RAZIA pedagang makanan selama Ramadan juga dilakukan Pemkab Banjar. Berdasar Perda Ramadan No 10/ 2010 yang merupakan revisi Perda No5/2004 pedagang makanan dan minuman dilarang buka siang. Begitu pula masyarakat yang tidak berpuasa, dilarang pula makan dan minum atau merokok di tempat umum. Untuk mengamankan jalannya perda ini Satpol PP secara rutin melakukan patroli di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar. Kepala Satpol PP Kabupaten Banjar Bambang Tunggono mengimbau warga untuk menghormati masyarakat yang sedang berpuasa.. “Kami ingatkan pemilik warung

untuk tidak buka di siang hari. Karena, itu sama saja melanggar Perda Ramadhan,” kata Bambang, Senin (9/8). Bambang mengatakan, menjelang Ramadan Satpol PP sudah menyosialisasikan Perda Ramadan. Di antaranya memasang spanduk di sejumlah lokasi. Menurut dia, jika ada pemilik warung tetap buka siang dan melayani masyarakat atau masyarakat yang kedapatan makan minum di tempat umum pelaku itu ke pengadilan. Biasanya, kata dia, awal Ramadan banyak ditemukan pelanggaran. Namun berikutnya jumlah pelanggaran jauh berkurang. (wid)

1008/B18


Bagi pecinta Yamaha, sudah pasti akan memberikan segudang pujian bagi motor ini. Dulu, sebelum kemunculannya saja, New Jupiter Z ini sangat ditunggu-tunggu. Dan setelah hadir, ternyata memang nggak mengecewakan. Salah seorang rekan, baru dua bulan membeli New Jupiter Z warna hitam. Ia memang sejak beberapa waktu lalu kesengsem melihat tampilan motor ini. Saat ditanya bagian mana yang dia suka, jawabannya, semua! Ya, bodinya yang aduhai lah, ya desain speedometernya lah, lampu belakang yang memiliki desain berbeda dari yang lain. Pokoknya semua! Nah lho! Dan karena rekan ini tak suka jalan pelan, mesin baru 115 cc New Jupiter Z ini pas sekali buat dia ngebut di jalan. “Pekerjaanku menuntut kecepatan, makanya pas pakai motor ini, kenceng, tarikannya juga ringan,� kata rekanku ini bersemangat. Dibanding generasi sebelumnya, New Jupiter Z ini cukup banyak mengalami perubahan. Misalnya pada head light atau lampu depan. Kemudian pada speedometer yang menurut sebagian besar pemakai motor ini paling menarik perhatian dengan tampilan baru (3D Desain) petunjuk kecepatan dan posisi gear terpisah dilengkapi dengan Blue LED illumination, mudah terlihat oleh pengendara. Terlihat lebih gagah dan berbeda dari desain motor lain. Posisi lampu reting mengalami pengubahan letak yaitu di bawah, tidak lagi menyatu dengan lampu utama. Ini mengikuti tren sepeda motor yang ada saat ini. Artinya kamu nggak bakal ketinggalan jaman kalau pakai New Jupiter Z ini. Desain lampu belakangnya juga unik. Apalagi saat menyala di malam hari, siapapun dapat menebak itu adalah New Jupiter Z.

Salah satu ďŹ tur yang sangat bermanfaat adalah kapasitas bagasi. New Jupiter Z memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar. Ini bisa melindungi barang-barang berharga kamu saat hujan turun, seperti dompet, handphone dan lain-lain. Apalagi bagasi disertai dengan penutup, jadinya ekstra aman deh! Untuk mengisi bahan bakar, kamu nggak perlu lagi turun ke samping motor untuk membuka kunci jok. Cukup putar key starter saja, maka jok sudah terbuka. Cepat dan praktis kan? Fitur kecil, namun cukup terasa manfaatnya. Yang lebih dahsyat, New Jupiter Z ini menggunakan mesin baru 115 cc yang jelas lebih cepat namun tetap irit bahan bakar. Dijamin yang lain lewat deh! Ada empat warna dengan paduan stripping yang benar-benar keren. Membuat beberapa konsumen motor ini awalnya kesulitan menentukan pilihan warna, habisnya semua warna bagus! Untuk tipe Casting Wheel (CW) tersedia empat warna yaitu hitam, biru, merah dan hijau. Sedangkan tipe standar alias jari-jari ada tiga warna, merah, hitam dan biru. Jadi sekarang nggak perlu ditunda lagi deh! Sudah tau kan keunggulan motor ini? Pasalnya, segudang pujian telah di alamatkan pada New Jupiter Z. Datang ke dealer Yamaha terdekat, pilih warnanya dan bawa pulang motornya. Jangan ditahan-tahan deh. Segala kehebatan New Jupiter Z di atas pasti bakal bikin Yang Lain Semakin Jelas Ketinggalan. (*)

19

SELASA 10 AGUSTUS 2010

Banjarmasin Post


20 Banua Anam

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

Luka Menganga di Leher dan Pinggang „ Kakak Mantan Anggota Dewan Tewas Dibantai PELAIHARI, BPOST - Duduk melantai di selasar di depan kamar mayat RSUD Hadji Boejasin Pelaihari, Ahmad Yani tampak tegar. Namun duka mendalam tergurat di wajah mantan anggota DPRD Tala itu. Ia kehilangan kakak kandungnya, Abrudahman (47). Jenazah warga Jalan Niaga Gang Buntu, Pelaihari, itu terbujur kaku di kamar mayat. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai tukang ojek itu tewas mengenaskan menjadi korban pembunuhan. Belum diketahui penyebab dan kronologis insidan berdarah itu. “Kami masih menyelidiki kasus ini. Yang pasti ini bukan perampokkan, tapi pembunuhan,” kata Kapolres Tala AKBP R Firdaus Kurniaan SIK melalui Kapolsekta Pelaihari Iptu Indra N, Senin (9/8). Tubuh Abdurahman tertelungkup dalam kondisi tak bernyawa di jalan sepi di kawasan TPA (tempat pembuangan akhir) di Bakunci Kelurahan Karangtaruna.

Petugas TPA terkejut ketika memulai aktivitas, mendapati sosok tubuh manusia yang tertelungkup di salah satu jalan kecil tak jauh dari kawasan pengomposan. Polisi yang mendapat laporan langsung ke TKP. Saat ditemukan tubuh korban yang terbalut kaos warna abu-abu dan celana panjang hitam masih dipenuhi darah yang belum terlalu kering. Terdapat luka menganga di leher kiri dan perut bagian kiri korban. “Kemungkinan kejadiannya malam tadi (kemarin malam, red),” kata Indra. Darah juga cukup banyak membasahi badan jalan di lokasi tubuh korban. Petugas menemukan patahan belati di dekat tubuh korban. Indikasi Abdurahman bukan korban perampokan cukup kuat karena harta benda

korban masih utuh. Uang tunai di dompetnya masih ada, jumlahnya kurang lebih satu juta. Handphone-nya juga ada. Bahkan sepeda motor milik korban jenis Suzuji Shogun DA 4732 LD juga ada di TKP. Sepeda motor warna biru tersebut ditemukan dalam jarak sekitar setengah kilometer dari ditemukannya jenazah Abdurahman. Sepeda motor itu dalam posisi tergeletak di jalan buntu yang di sekelilingnya diselumuti semak belukar. Ada jaket biru di situ dan ada bercak darahnya. Sepeda motor tersebut juga ada bercak darahnya. Ahmad Yani mengatakan dirinya dan pihak keluarga kehilangan kontak dengan Abdurahman sejak Minggu (8/8) sore. Sepengetahuan dirinya selama ini kakaknya tak pernah memiliki musuh. Selama ini Abdurahman dikenal sebagai dikenal sebagai tukang ojek yang ramah. Bapak satu anak itu mangkal di kawasan Pasar Lama, Pelaihari. (roy)

“Jangan Diungkit-ungkit Lagi” TANJUNG, BPOST - Bupati Tabalong H Rachman Ramsyi kembali menegaskan supaya keberadaan Perusahaan Daerah Tanjung Puri Mandiri (Perusda TPM) tidak lagi dipermasalahkan. Hal ini disampaikan orang nomor satu di Bumi Sarabakawa ini dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tabalong, Senin (9/8), tentang pendapat akhir fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (raperda) pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2009. “Saya sebenarnya tidak ingin lagi membicarakan tentang Perusda TPM yang disorot oleh dewan. Karena sebelumnya sudah saya menyatakan secara lisan atas kritikan dari fraksi bahwa perusda TPM dibekukan,” kata Rachman. Sejak dibekukan itu, menurut dia, Perusda TPM sampai saat ini tidak beroperasi lagi. “Termasuk, mobil yang dulu kita serahkan

atau dikelola oleh perusda sudah kita tarik. Soalnya tidak ada satu sen pun keuntungan yang didapat untuk daerah,” katanya. Dikatakan, kalau memang ada keinginan agar Perusda TPM dihidupkan lagi, perlu pertimbangan dari semua pihak terkait. “Kita bicarakan perubahan perdanya dulu. Karena menurut kita perda tentang perusda TPM sangat susah dilaksanakan,” katanya. Untuk itu, Rachman mengajak anggota DPRD sama-sama membahas persoalan itu. “Kalau Perusda TPM ini dapat meningkatkan PAD, kenapa tidak kita upayakan bersamasama. Namun masalah lama jangan diperpanjang lagi. Jangan diungkit-ungkit,” katanya. Dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tabalong Suriono, fraksi Demokrat mempersoalkan keberadaan Perusda TPM. Karena sampai saat ini tidak jelas kontribusinya untuk daerah. (mdn)

BANJARMASINPOST GROUP/RAKHMAWANDI

KESURUPAN - Para siswa SMPN 2 Angkinang, HSS, menolong rekannya yang kesurupan saat upacara bendera.

Ketakutan, Siswa Langsung Baca Yasin SUASANA SMPN 2 Angkinang, Hulu Sungai Selatan yang semula tenang berubah menjadi gadung setelah puluhan siswi tiba-tiba kesurupan. Guru pun dibuat panik, sebab jumlah siswa yang kesurupan terus bertambah. Apalagi korban kesurupan meronta-ronta dan berteriak. Informasi yang dihimpun, kesurupan tejadi saat upacara bendera sekitar pukul 08.30 Wita. Saat itu dua siswi yang mengeluh sakit bagian perut dibawa keluar dari barisan dan diistirahatkan di ruang UKS. Awalnya guru maupun siswa yang menolong kedua

“Kesurupan itu akibat gangguan roh halus. Pencegahannya mudah saja, perbanyak salat” Kiai Ibrahim siswi itu tak mengetahui kalau siswi tersebut kesurupan. Mereka baru tahu setelah keduanya berteriak hesteris. Kesurupan yang menimpa dua siswi tersebut langsung menyebar ke siswi yang lain-

nya yang mengikuti upacara bendera. Guru langsung berupaya untuk meminta pertolongan kepada tokoh agama setempat. Setelah melakukan pengobatan, semua siswi yang kesurupan akhirnya sadar. Mereka pun diminta beristirahat di rumah. Semula guru mengira kesurupan sudah dapat diatasi sehingga aktivitas belajar mengajar dilanjutkan. Namun tak berselang lama, dua siswa yakni Hapsah dan Ayu berteriak-teriak. Guru dan sejumlah sisw aberupaya menolong kedua siswi yang kesurupan tersebut.

Supian Tarmidi, guru yang yang bertindak sebagai pembina upacara mengatakan, peristiwa seperti itu pernah sekitar sepuluh tahun yang lalu. Kesurupan massal itu membuat siswa lainnya ketakutan. Bahkan saling takutnya, sejumlah siswa kelas II C langsung ke ruangan seraya bersama-sama sambil membaca Surah Yasin. Kiai Ibrahim tokoh agama yang membantu penyembuhan kesurupan siswa, mengatakan, kesurupan itu akibat gangguan roh halus. “Pencegahannya mudah saja, perbanyak salat,” ujar dia. (wnd)

1008/B20


Tambun Bungai 21

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

Warga Mulai Borong Sembako ■ Stok Dipastikan Cukup PALANGKARAYA, BPOST - Menjelang Ramadan, tingkat beli warga di Kota Palangkaraya, Kalteng mulai meningkat. Sebagian warga membeli sejumlah kebutuhan untuk keperluan selama Ramadan. Latifah, salah seorang warga mengaku membeli sejumlah kebutuhan seperti beras, gula, minyak goreng dan lainnya untuk keperluan selama Ramadan. Selain agar tidak repot berbelanja saat Ramadan, dia juga mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga. “Kebetulan suami baru terima gaji, jadi belanjanya sekalian untuk kebutuhan sebulan, mumpung harga belum naik terlalu tinggi karena biasanya kan harga naik tajam beberapa hari sebelum bulan puasa. Kalau sudah ada stok, jadi tak kepikiran lagi selama Ramadan,” katanya, Minggu (8/8). Mutmainah, pedagang di Pasar Besar mengakui jual beli mulai ramai beberapa hari terakhir. Dia memperkirakan transaksi akan makin ramai hingga beberapa hari menje-

lang Ramadan yang jatuh pada 11 Agustus. “Pembeli mulai ramai dan memang ada yang membeli beras dan gula dalam jumlah banyak, katanya untuk stok selama bulan puasa. Tapi saat ini masih relatif belum banyak, karena biasanya yang ramai itu dua atau tiga hari sebelum puasa,” katanya. Meski pembeli mulai ramai, hingga kemarin belum terjadi kenaikan harga kebutuhan secara signifikan. Namun jika dibanding sebulan lalu, harga kebutuhan saat ini relatif masih tinggi karena terjadi kenaikan beberapa waktu lalu. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalteng, Anang Acil Rumbang didampingi Kepala Seksi Bina Pasar dan Produksi, Ilham Fauzi meminta masyarakat

tidak melakukan aksi borong. Pasalnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para distributor dan pedagang besar sehingga diketahui bahwa stok sembako aman selama Ramadan. “Stok cukup jadi tidak perlu membeli barang secara ber-

lebihan. Justru aksi borong seperti itu yang bisa memicu kenaikan harga. Permintaan yang melonjak tajam membuat pedagang berebut menambah pasokan, padahal suplai masih normal seperti biasa sehingga akan terjadi kenaikan,” ujarnya. (mgb)

Harga Unus Masih Tinggi HARGA kebutuhan yang sebelumnya sempat naik, kini berangsur turun. Namun hal itu tidak terjadi pada beras premium lokal atau kualitas baik seperti siam unus dan cabe rawit karena masih cukup tinggi. Harga beras unus yang dalam kondisi normal hanya antara Rp 9.000 hingga Rp 10.000 per kilogram, kini masih dijual dengan harga tertinggi selama ini yaitu Rp 16.000 per kilogram. Sementara harga cabe rawit yang biasanya hanya Rp di bawah Rp 20.000 per kilogram, saat ini Rp 50.000 hingga Rp 55.000 per kilogram. “Beras premium lokal itu naik memang karena pasokannya yang sempat berkurang, mungkin karena produksi di daerah penghasil seperti Kapuas dan Kalsel menurun dari biasanya. Sedangkan cabe rawit itu juga naik akibat pasokan berkurang karena banyak yang gagal panen,” kata Kepala Seksi Bina Pasar dan Produksi, Ilham Fauzi. (mgb)

Paling Murah se-Kalselteng

BANJARMASIN POST GROUP/NORJANI ASERAN

TERGANGGU - Banjir yang merendam permukiman di Jalan Bakung Merang Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya sejak dua pekan terakhir, cukup mengganggu aktivitas warga setempat. Petani beralih profesi menjadi pencari ikan karena lahan mereka terendam.

KUALAKAPUAS, BPOST Setelah sempat mangkrak, pembangunan pangkalan pendaratan ikan (PPI) di muara Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, kembali dilanjutkan. Proyek yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp 15 miliar itu bahkan ditarget berfungsi 2011. “Apabila tidak ada perubahan, dermaga PPI itu sudah bisa dioperasikan akhir 2011. Dengan begitu, nelayan kita tidak lagi harus menjual ikannya di tengah laut,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kapuas Mochammad Chalinja, Senin (9/8). Sejak mulai dibangun 2007,

pekerjaan dermaga PPI sempat terhenti karena ketiadaan anggaran pada 2008. Proyek ini kembali dilanjutkan 2009 dan 2010 dengan dana yang telah terserap hingga sekarang sekitar Rp 5,3 miliar yang sepenuhnya bersumber dari APBN melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan. Sampai akhir pekerjaan pada 2011, proyek ini diperkirakan menelan biaya hingga Rp 15 miliar. Selain fisik dermaga, dana itu juga diperhitungkan untuk pembangunan tempat pelelangan ikan serta sejumlah fasilitas pendukung yang ada di sekitarnya. Biaya yang dibutuhkan

untuk membangun PPI berikut sejumlah fasilitas pendukung, dikatakan Chalinja merupakan yang termurah dari beberapa proyek serupa lainnya di daerah lain, termasuk di Kalsel. Bahkan seperti di Kotabaru, disebutkan perlu sekitar Rp 30 miliar untuk merampungkannya. Secara teknis, dermaga ini dibangun dengan konstruksi tiang pancang pipa baja dan lantai cor beton seluas 350 meter persegi. Selain pendaratan ikan, di atasnya juga akan dibuat tempat pelelangan ikan, gudang es, serta rumah penjaga. Selama belum ada PPI, ne-

layan Batanjung, Cemara Labat dan desa lain yang berada di pesisir lainnya di wilayah Kecamatan Kapuaskuala menjual hasil tangkapan kepada pembeli di tengah laut. Ini dilakukan untuk menekan biaya operasional, termasuk menyediakan es untuk mengawetkan ikan. Ikan itu kemudian dibawa ke Banjarmasin dan kembali dibeli pedagang Kapuas. “Tapi jika PPI Batanjung sudah operasional, nelayan bisa meningkatkan harga jual melalui pelelangan ikan. Selain itu, penyortiran ikan juga akan menyerap tenaga kerja,” timpal Chalinja. (ami)

1008/B21


22

23

Banjarmasin Post

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

SELASA 10 AGUSTUS 2010

DAIHATSU

Terios DP 16jtan atau Angs 3jtan + hadiah

Xenia DP 12jtan atau Angs 2,5jtan + hadiah

V.057336-15/8

V.057336-15/8

9 unit Avanza Baru G VVTi ‘10 100% BR bns srg jok, karpet, kaca film V.000-9/9 Harga Nego

Jazz RS & CRV 2010 100% BR pilih wrn Disk 5-10jt C/K V.000-9/9 Harga Nego

SX Over Th08 Grey / Orange ‘08 Full Var barang gress Harga Nego V.058474-31/8

Innova G Th08 Hitam asli Bjr full Var Harga Nego V.058474-31/8

Nissan Terano Grandroad 98 silver gold Harga Nego V.55967-31/8

Kia Picanto 08 hitam Full Audio body kit. Baleno 2000 Harga Nego V.55967-31/8 Taruna FL EFI Th04 Biru Met asli Bjm Hub 087814497478. V.058600-15/8 Harga 93jt Nego

Pick Up DP 9jtan atau Angs 2jtan

Minibus Gran Max DP 12jtan atau Angs 2,5jtan

V.057336-15/8

V.057336-15/8

Proses Cepat & Unit Ready Stock Hub Iwan 7524845 / 085251616192 Madi 7628408 / 081251344242

Szk Swift GL CBU ‘07 Matic Htm asli Bjr. Soluna GLi Th00 Asli Bjm V.058472-31/8 Harga Nego

Jazz ‘04 Akh Matic Htm, Hnd City Z ‘00 Htm Jazz ‘05 VTec Htm V.058472-31/8 Harga Nego

Szk Aerio ‘04 akh Biru full audio Feroza SE Th95 Merah Silver V.058472-31/8 Harga Nego

Escudo 1.6 Th05 Silver. Baleno ‘00 Hijau asli Banjar V.058472-31/8 Harga Nego

BISA CASH & KREDIT Hub. 0511 - 7416023 / 08125018455

Fortuner G Lux 06 htm. Full var Inova G Th2005 Hatam C/K V.000-9/9 Harga Nego

CRV 08 htm A/T & M/T. Tyt Vios 03, Kjg LGX 03 C/K V.000-9/9 Harga Nego HUB ISTANA MOTOR JL LINGKAR BENUA ANYAR HP.08125123674/ 05117401974/081349751985 MAU JUAL MOBIL HUB H. YANTO 08125123674 / 0511 - 7401974/081349751985 MINGGU TETAP BUKA

Bonus khusus Ready Stock

Discount khusus + bonus

TDP 16,8jt an

TDP 48jt an

V.057023-14/8

V.057023-14/8

New CRV A/T Th06. Silverstone, asli Banjar brg full variasi V.058474-31/8 Harga Nego

HUB HY MOTOR Jl Sultan Adam Ruko No 3 Banjarmasin HP 08125016535 / 7517732 / 7394472

City IDSi th 2006 akhir manual hitam asli banjar mls trwt Harga Nego V.000-27/8

Swift ST Th08 Manual asli Bjm Km 20rb pjk panjang 1th V.000-27/8 Harga 152jt Nego

Avanza S 07 Hijau, Avanza 06 VVTi silver All New ‘08 Akh Type G Cream V.000-6/9 Harga Nego

2 unit G Vitara JLX Matic Manual Th07 Hitam V.000-27/8 Harga Nego

Yaris E Th07 Manual Merah variasi Harga Nego V.000-27/8

Ready Stock + Discount khusus

X Over Th08 Manual Orange

TDP 19jt an

Harga Nego

Uang Muka Murah Bisa Tukar Tambah, Jangan Salah Pilih Dealer Hub

0511-7565066 / 7150383 / 081332727579 / 085249403769

V.000-6/9

SINAR JAYA MOTOR JL SULTAN ADAM 48 7474554 / 0811505997

Freed Th09 PSD Hitam, asli DA var mls trwt C/K. V.057792-25/8 Harga Nego

Picanto Th08 Kuning Met, asli DA Variasi, siap pakai C/K Harga Nego V.057792-25/8

2 unit All New CRV2.4 Th05 Silverstone & All New CRV 2.4 Htm’07 VR20 Harga Nego V.057792-25/8

3 unit New Jazz S Th09 Putih, Abu2 ‘08& ‘09 mls kayak baru V.000-4/9 Harga 181jt Nego

BMW 325 Th02 Hijau VR audio brg mantap V.000-4/9 Harga 170jt Nego

Karimun Estilo Th07/08 Pink dan Getz ‘05/06 V.000-4/9 Harga 101jt Nego

2 unit Grand Vitara JLX AT Th2007. Silverstone ‘08 Putih Mutiara mls C/K V.057792-25/8 Harga Nego

2 Unit Tyt Rush S Th07 - ‘09 MT Hitam - Silver var mls trwt V.057792-25/8 Harga Nego

Kjg Innova G ‘09 New Model Silver var siap pk mls trwt C/K V.057792-25/8 Harga Nego

Picanto Th07 Abu Met VR jok kulit barang mantap V.000-4/9 Harga 100jt Nego

2 unit Swift Th09 Abu2 Th08 Biru kayak baru V.000-4/9 Harga 150jt Nego

Yaris Th08 Silver Met barang mantap Harga 151jt Nego V.000-4/9

Hub SMS MOTOR Jl Sultan Adam No 15 Rt 14 Telp 0511 - 6187251 / 7401515 / 081253521515 / 0811511515 Banjarmasin

Hubungi ANSHARI MOTOR Jl Sultan Adam Telp 0511-7675522 / 6195347 / 085249383305

AG MOBIL Pangeran Hidayatullah Ruko 53 Kav 18 dan 20 HP. 081349333910 / 08115017167 Terima Pesanan Semua Mobil

Hub SINAR ABADI MOTOR 08115002016 / 0511 - 6181990 TERIMA TUKAR TAMBAH CASH / KREDIT

Hilux D Cabin 4x4 DP 50 jtan V.56969-14/8

Fortuner Bonus Kaca Film V.Kool V.56969-14/8

Over krdt Terios TX ‘10 Matic. Hitam ss 42bln/5,8jt Hub 0511-7374567. V.000-12/8 Harga 50jt Nego

Terios DP17jt + hdh TV mbl & aksesoris Xenia DP 13jt+hdh 081351173456. Harga Nego V.058831-4/9

Feroza Sporty G2 ‘97 Biru Slvr AC TR PS PW CLVR BR 081349567411/6364111. V.058931-16/8 Harga 71jt Nego

Pkt Heboh L300 unit trbts * Angs 2,8jt / DP 15,5jt Hub085251306362.

Taruna CSX Th99. Biru Silver orsnl fas lkp VR 7581312/081348676187. Harga Nego V.058706-11/8

Strada L200 Turbo ‘07 Pth cat asli bd/msn ok fox lamp pjk pjng 6192927. Hrg 215jt Nego V.058495-13/8

Strada Triton 4x4 Bunga 0% Bonus variasi Hub 081251202020 V.057618-14/8 DP 49jt

PS HD 120 Bak Kayu Th01/05 Siap jalan Hub 7240955/081348160314. V.058520-15/8 Hrg 165jt Nego

New Yaris Bonus Blackberry V.56969-14/8

Dealer Resmi, Proses Cepat, Ready Stock Hub. 7642000/7210028/081351288988/0816212821

Gran Max 1.5D ‘08. Htm, AC, TR, PS, CL mls trwt 085289233272/7134508. V.058932-16/8 Harga 91jt Nego

R stock Xenia Manual / Matic bonus kaca film,sarung jok, karpet dsr. Bunga 5% DP 13jtan V.056805-13/8

Fortuner ‘06 Silver Asli Banjar Fortuner 07 Htm C/K. V. 058860-4/9 Harga Nego

All New CRV ‘07 A/T. Terios TX AT ‘07 Cash / kredit Harga Nego V. 058860-4/9

Luxio Cash Back 10jt+bonus kaca film sarung jok karpet dasar Bunga 5% / 4th V.058070-24/8

Terios DP 25 jutaan+bonus kaca film sarung jok karpet dasar,TV mbl V.058070-24/8 Bunga 5% / 4th

Avanza G VVTi 2010 100% br Grey, Merah, Slvr, bns srng jok / karpet dsr C/K V.57027-16/8

Avanza G VVTi 06, 07, 09 barang istimewa, spt Baru Cash/Krdt HARGA NEGO V.57027-16/8

Luxio Cash Back 10jt/bonus kaca film sarung jok karpet dasar,TV mbl Bunga 5% DP 12jtan V.056805-13/8

Grand Max Pick Up Angsuran 2jtan cash back s/d 5jt. Bunga 5% DP 8jtan V.056805-13/8

X Over ‘07 AT asli Banjar. X Over 07 AT Merah Harga Nego V. 058860-4/9

Innova G Th05 Innova G Th08.

Pick Up DP 9 jutaaan

Harga Nego

Bunga 5% / 4th

Xenia DP 13 Jutaan +bonus kaca film sarung jok karpet dasar V.058070-24/8 Bunga 5% / 4th

Honda Jazz 2009 hitam Full Variasi Km rendah Cash/Krdt V.57027-16/8 HARGA NEGO

Suzuki X Over Th2008. Orange barang bagus V.57027-16/8 HARGA NEGO

Hrg Nego

Hubungi 081351874874 / 0511-7582343 BUNGA RENDAH TIADA TANDING BUKTIKAN !!!

V. 058860-4/9

HUB ANUGERAH VARIASI JL A YANI Km 1 No 29 C, 29 D, 29 E TELP 081351567889

V.058070-24/8

Hub 081251229944 / 0511-7446505 HARGA SUPER MIRING, JANGAN SALAH PILIH DEALER

HUB. SHOWROOM SUNU MOTOR Jl A Yani Km 8,7 Banjarmasin Telp. 0511-4281637/7405859/0811514948

V.058233-28/8

Avanza DP 17 Jtan V.56969-14/8

Terios Bonus TV mobil + hdh menarik r stock Manual / Matic. Bunga 5% DP 24jtan V.056805-13/8 Djl Mits Th05 Merah Silver pjk baru AC TR 085828932869/08125001143. V.057810-31/8 Harga Nego

Dijual Timor th 2002 merah ferari Full Var 50jt, Escudo 2.0 01 Nego V.55967-31/8 Harga Nego

Terios TX Th09 asli Bjr Hitam mls Yaris E ‘06 Silver Harga Nego V.000-6/9

TDP 20jt an

V.057023-14/8

Ford Escape Th2003 Hitam siap pakai variasi Harga Nego V.55967-31/8

Grand Vitara JLX Th07 Abu2 mls Honda Jazz ‘07 Vtech Harga Nego V.000-6/9

Ready Stock + Discount khusus V.057023-14/8

All New CRV th 08 silverstone brg gress V.058474-31/8 Harga Nego

MITSUBISHI

Djl 2bh mbl Strada Th08 Putih Hub (0511) 4412853-854 / 0811516661. V.058846-16/8 Harga Nego

Jazz VTec MMC Th2006 Manual Hitam. V.057515-20/8 Harga 150jt Nego

CRV 2.4 Tahun 2008. Hitam, Plat DA, Cash / kredit. V.057515-20/8 Harga 340jt Nego

2 unit Szk X Over ‘08 & ‘09 Silver Mutiara / Abu2 Grey Mbl sprt baru V.057296-17/8 Harga Nego

New Jazz RS 2008 akhir merah full variasi V.057296-17/8 Harga Nego

New Avanza ‘10 Slvr htm grey. krdt mrh Avanza ‘08 New Model htm bs TT C&K HARGA NEGO V.056699-9/9

Honda New CRV 02 merah mnl siap pakai.Jazz 04 mnl orsnl Km sdkit Plat DA V.056699-9/9 HARGA NEGO

Luxio Cash Back hadiah menarik

Freed baru harga khusus. Bunga 0% 1 tahun, OTR 270jt. V.057515-20/8 Disc s/d 15jt

Nissan Livina XV Manual ‘08 100% terawat V.057515-20/8 Harga 160jt Nego

3 unit Hnd Jazz RS 2010 100% baru putih mutiara Harga Nego V.057296-17/8

3 unit Rush tipe S 07, 08,09 hitam dan silver. Cash / krdt Harga Nego V.057296-17/8

Hyundai Tucson 2006 hitam AT mulus jarang ada bs TT C/K HARGA NEGO V.056699-9/9

Mercedes-Benz A140 Th00 Silver Ma nual, bgs.Swift ST 08 mnal silver siap pakai V.056699-9/9 HARGA NEGO

Granamx Pick Up, Angs 2jtan. Cash back plus bns menarik V.59033-8/9 DP 9jtaan

Hub HD MOTOR Jl Belitung Darat Samping Gg Amal Utama No 108 Rt 22 Telp 0811514487 / 0811512535 / 0511-7752477Bjm

HUB : PT TBK MOTOR 0511-3306868 / 081351491972 / 7165681

Jazz S Th2008 Matic Hijau Km 10rb V.058204-28/8 Harga Nego

Escudo 2.0 Th2001. Biru

Innova G Manual Th2005. Hijau barang istimewa velg 18 V.058204-28/8 Harga Nego

Suzuki SX4 Th2009 Manual Hitam Km rendah V.058204-28/8 Harga Nego

Harga Nego

V.058204-28/8

HUBUNGI : TAMAN MOTOR Jl Lingkar Banua Anyar Tembus Gatot Subroto Banjarmasin 0511 - 7501994 / 081351181599 MINGGU TETAP BUKA

WAHYU MOBILINDO, Jl S. Adam No. 3 Rt. 28 Telp. 0511-3304706, 7535899, 081349753777 (seberang RM H. Fauzan) Banjarmasin

DP mulai 15%

V.59033-8/9

Terios Bns Cover Jok,Karpet dsr, Kc film, plus bns cntik DP 17jtaan V.59033-8/9

Xenia Bns Cover Jok,Karpet dsr, Kc film, plus bns cntik V.59033-8/9 DP hnya 13jtaan

Hub 081251229944 / 0511-7446505 HARGA SUPER MIRING, JANGAN SALAH PILIH DEALER

10 Unit Avanza VVTi tahun 2010. Hitam, 100% baru V.057462-26/8 Harga Nego

New Karimun Estilo Th09 pemakaian ‘10 Hitam Km 1800 kond 99,9% Harga Nego V.057462-26/8

Honda Jazz IDSi MT Th05. Angs 3.594.000x35bln DP 44 031 000 V.056643-10/8 Harga 132jt Nego

Hnd CRV MT ‘04 Angs 4.764.000 x 35bln DP 58 072 000 Harga 175jt Nego V.056643-10/8

Over kredit LSX Th04 Gold tape CD VR bensin. V.058951-31/8 Harga Nego

Xenia Li ‘05 1000cc Gold Carry Realvan ‘96 Over krdt DP 25jt sdh byr 5bln V.058951-31/8 Harga Nego

8 Unit Avanza VVTi ‘2010. Abu2 100% baru V.057462-26/8 Harga Nego

4 Unit Avanza VVTi tahun 2010 100% baru Silver . V.057462-26/8 Harga Nego

Suzuki Swift ST Th07. Angs 3.948.000x35bln DP 48 276 000 V.056643-10/8 Harga 145jt Nego

Karimun VXi Th08 Pemakaian ‘09 Angs 3.049.000x35bln DP 37.501.000 V.056643-10/8 Harga 112jt Nego

Xenia Li Th07 & Th05 Silver

Timor Th00 Hitam fas lkp over krdt Strada ‘05 DP60jt sdh byr 5 bln V.058951-31/8 Harga Nego

HUBUNGI : CV LUHUR PERKASA Jl A Yani Km.5 Banjarmasin Telp : (0511) 3252128 / 3252134.

SABRIENA MOTOR Bunga Murah Proses Mudah Via BCA Finance Hub 0511-7728277 / 085251490000

Harga Nego

V.058951-31/8

HUBUNGI : CV CAHAYA BERSAMA MOTOR JL. A YANI KM 14,8 KOMP PERUM GURU LAPANGAN BOLA MANDIRI GAMBUT 7200070 / 7333853 / 081251015132

SUZUKI

10 Unit Avanza Baru Harga Nego

Innova 2004 - 2010 V.058892-5/9

Harga Nego

Honda Jazz 2004 - 2010 V.058892-5/9

Harga Nego

V.058892-5/9

X Gear DP 25juta Angsuran 2,5 juta

Xenia Li 08 silver barang orsnl trwt siap pakai Hub 081251266178 Harga Nego V.058855-12/8

X Trail Cash back langsung asesoris DP 25jt Angsuran 2,5 juta

V.058843-5/9

V.058843-5/9

Katana Long GX ‘92 Akh Biru AC TR full var VR 081348338869/7545911. Harga 39jt Nego V.058639-9/8

SzkKatana GX Th96.Ungu Tua Met, VR tape AC pjk br 081348475226 TP Harga Nego V.058564-8/8

Futura 1.3 Realvan Th96 Hijau Met body klng pjk 11bln 081345556006. Harga Nego V.058960-12/8

CHEVROLET

Kijang Krista 2001 - 2004

Escudo 2003 - 2006

Harga Nego

Harga Nego

V.058892-5/9

V.058892-5/9

Nissan Terano Kingsroad 2003 2006 V.058892-5/9 Harga Nego

Hub HARIS MOTOR Jl. Brigjend H. Hasan Basri No. 11 Rt.16 Kayu Tangi Bs Tkr Tmbh Cash/Kredit, Siap membelimbl bks/mewah HP. 0816214929, 081349640899, 0811519827 Flexi (0511) 7462188, 7432107

Grand Livina Hadiah langsung asesoris DP 25jt Angsuran 2,5 juta

Navara full asesoris DP 60juta Angsuran 6 juta

V.058843-5/9

V.058843-5/9

Paket Agustus Bunga Cuma 1% Hub D Basuni 08125014347 / 0511-7414347.

Espass ST Th95 Ungu Met kond s pakai Jl P Batur Rt10 No9 T. 7474496. V.058851-11/8 Harga 37jt Nego Jimny Th88 Hijau AC CD audio VR tdk kecw 081348658565 / 6406802. V.058850-12/8 Hrg 29,5jt Nego

Carry Futura ST Realvan ‘94 Htm AC dbl, tape 7754455/081250080504. V.058548-9/8 Harga Nego

Djl Suzuki Jimni Katana Modif ‘87 Biru Malam AC tape VR 6188310. V.058987-13/8 Hrg 26,5jt Nego

HONDA

Unit terbatas Mitsubishi Colt Diesel * Angs 3.9jt / DP 34jt 085251306362. V.058953-30/8

TOYOTA

Terbaru All New Spark dpt bns khusus bln ini bs TT 7413009/081351977080. DP 20jt/Angs 3jt V.058947-12/8

CRV ‘03. Aksesoris lkp ban baru Hub H Syarwani 085248880959/7537543. V.000-15/8 Harga Nego

Freed PSD Byr 25jt sdh angs+ass Hub Azy 7513535 / 081349496344. V.058004-20/8 Harga Nego

BANJARMASIN

BMW / VW / PEUGEOT

Taruna CSX EFI Th03 Silver Biru, TV mls trwt jrg pakai Hub 9235879. V.58995-16/8 Harga Nego Avanza Baru 2010 R stock. Show Room Amiruddin Mtr 081348767224/7453538. Hrg 155jt DP 25Jt V.000-8/9

Innova G ‘05 Htm full var TV DVD pjk br barang ist Hub 08125067727. Harga Nego V.058164-10/8

Corolla DX Th82 AC,tape,trwt istmw Hub 0511-7633900 / 7621000. Harga 20jt Nego V.058676-9/8

Djl cpt Tyt Dyna Rino Th96 Biru bak kayu siap jalan Hub 0511-6112447. V.058709-11/8 Harga 30jt Nego

Avanza G Th08 Silver asli Bjm, pjk br Km rendah Hub 0511-7443009. Hrg 139jt Nego V.058473-8/8

Innova G ‘06 Silver Met Km 39000 mls Hub 081251138578/7390890. Hrg 172jt Nego V.058198-8/8

Over krdt Fortuner V Dbl ‘08 Abu2 Hub 0511-7420569 / 081351590999. DP 140jt Nego V.058484-10/8

Tyt Kjg LGX 1.8 Th04. Silver kond bagus siap pakai 0511-7635453. Hrg 120jt Nego V.058546-9/8

Kjg LGX Th03 Kuning Met (Gold) AC dingin klng 08125031100/6102179. Hrg 115jt Nego V.058965-13/8

Djl cpt Kjg Comando Long ‘88/89 Hijau Met mls trwt msn ok lkp 081349383255. V.000-14/8 Harga Nego

Karimun GX 05 silver met jok klt bd klng pribadi 08125045630/6151167 Hrg Nego V.058856-12/8

Karimun Estilo ‘07/08 Kuning kond bagus CD MP3 VR BR 7677460 bs TT. V.058455-12/8 Hrg 100jt Nego

Escudo 2.0i ‘02 Akh Biru full var TV orsnl raja brg 7558239/081348147519. V.058603-10/8 Hrg 118jt Nego

Escudo 2.0 Th02 Biru Abu2 asli Bjm pjk br mls Hub 085248359211. V.058527-10/8 Hrg 116jt Nego

Escudo Th97 Orisinil siap pakai Hub 081521504567. V.000-14/8 Harga Nego

Dijual Fuso Tahun Th95 Hubungi 08125043077. Harga Nego V.000-13/8 Djl BMW 318i Th96. Merah Maron AC PS TR PW Hub 085754204864. V.058551-8/8 Harga Nego

Jual cpt Baleno ‘01 Silver pjk 1th siap pakai ex PNS 08129575457/6295212. Harga 82jt Nego V.000-13/8

Feroza 94 merah maroon AC VR radial trwt bkn showrom 05116290428 V.000-16/8 Harga 47jt Nego

KIA

BU L300‘02. Msn ok orsnl ist bd klng siap pakai Hub081351002345/081348623456 V.000-12/8 Hrg 70jt Nego

FORD SUZUKI

Yaris ‘08 AT Silver Met VR18 TV DVD ors Tyt CK 081348130114/6287292. V.058425-14/8 Hrg 169jt Nego

Avanza G Th05 Merah Hati fas lkp tgn 1 orsnl mls 7464480/085251055558 V.058672-10/8 Hrg 117jt Nego

Kjg LGX ‘04 Silver tape AC trwt siap pkai asrn all risk br diprpjg 0811508567. V.058983-19/8 Harga Nego

Djl Dump Truck Dina Rino 130HT Th08. Hub 081351858070. V.058602-10/8 DP 55jt

Avanza Th 2008 Blue Aqua Hub 081349701207 V.000-9/8 Hrg Nego

Avanza G ‘05 Gold Met lkp var DVD MP3 orsnl istmw 7548927 / 081351547289. V.058098-9/8 Hrg 121jt Nego

Tyt Soluna ‘02 Putih AC ban radial CD VR 085822298558/081251333234. V.058566-9/8 Harga 68jt Nego

Tyt Starlet SL Th87 Biru Malam AC tape Hub 6223836 / 081351051434. V.058607-10/8 Hrg 27,5jt Nego

Avanza G 05 silver AC Dbl orsnl RT mls Var lkp Hub08125000607 V.58808-12/8 Hrg Nego

Tyt Corona ‘90. Silver pribadi trwt jrg pkai asli Bjm 081251002907 / 4280173. V.058568-10/8 Harga Nego

Avanza 2010 & New Xenia XI 08 akhr Rahmah Mtr 7655624 / 085952474024 V.57007-10/8 Harga Nego

Avanza Th07 Merah Met full var bs krdt Hub 7529323 / 08134908887 V.058674-11/8 Hrg 135jt Nego

Escudo ‘95 Hijau Met mesin & bd trwt Hub6198535/08125183468 V.58325-10/8 Hrg Nego

Szk Baleno DX Th02 Silver 1493cc ex Dokter istmw Hub 081349708218. V.058707-11/8 Hrg 100jt Nego

Szk Karimun Estilo 09 silver siap pakai Hub 0511-7204243 V.000-16/8 Harga Nego

Tukar tambah Mbl lama anda dg mbl baru drToyotaC/K05116143939/081348393939 DP 17jtan V.58780-17/8

Kjg PU 05 Htm Pjk & 97 Box putih Hub 081231186262 Hrg Nego V.058857-12/8

Kjg Grand Rover 98 hijau AC lkp Met silver Hub 05117317188 Hrg 77,5jt Nego V.058854-10/8

Kjg Grand Th97 Biru relakza istmw Hub Mulos 0511-7420569/3259070. V.058654-10/8 Harga Nego

Katana GX 96 Akh Bd klng merah met PS PW AC mls 0511-7583047 Harga Nego V.59007-16/8

Kjg KF 93 Abu2 met AC sentral PS PW bd klng 05117073824/081351000208 V.000-16/8 Harga Nego

Djl Soluna Th01 Biru AC, tape, PS Hub 0511-7704170 / 08125020923. V.058458-12/8 Harga 54jt Nego

Innova G Th2006 Bln 11. Silver mls trwt Hub 081348282600 No SMS. V.058964-13/8 Hrg 165jt Nego

Tyt Alphard 2.4 ACL A/T ‘05 Silver ist ats nm sndri 7579200/081351766701. V.058963-5/9 Harga Nego

R.Stock PU 10&15 DP 12jt Angs 2jt Dealer Szk Hub7080837/085285481260 V.000-9/9 Harga Nego

Dijual mobil VW Th76 Safari (Cmat) srt + msn hdp Hub 0511-7460088. V.058582-9/8 Harga Nego

Jazz ‘04 Manual Cream TV lyr snth audio pwr orsnl full var 7558239/081348147519. Hrg 127jt Nego V.058603-10/8

Jazz ‘07 Putih Mutiara mlk pribadi mls full audio 7326202/081351676666. Hrg 155jt Nego V.000-14/8

Hnd Accord Ceilo ‘97. Hijau Met, AC VR 19 CD audio USB 0511-7527557. V.000-12/8 Harga 75jt Nego

Honda Cielo 95 ungu jok klt AC tape mulus Bs TT Hub 08115007118 V.058858-15/8 Harga 65jt Nego

Djl cpt Jl Kendedes 2/40 B Jaya Lt150m 0511-6410314/08123881491. Hrg 260jt Nego V.057502-8/8(Ktr)

Disewakn rmh T100, 3T,1WC,full prbt+ AC Jl Perdagangan 085249903531. V.058647-11/8(Ati) Hrg 55jt Nego

Over krdt rmh T120 Jl Gt Payung Lt 150m2 PLN 1300W 085248578200. Hrg 150jt Nego jV.058708-11/8(Ati)

Rmh Siap Huni T36 Lt147 diHook Komp Andai Jaya Blok A2 Hub7702281/7102673 Hrg 120jt Nego V.058357-9/8(Sil)

Djl ruko 3lt Jl Sutoyo S No64 Lb137m2 0811508839 / 3302351. Harga Nego V.058716-14/8(Alam)

Rmh di Komp Rahayu Pembina 2 Jl Pramuka 7244449/081349633398. V.000-12/8(Alam) Harga Nego

Djl cpt T90 Komp Andai Jaya Persada Blok H2/16 3kt,2Km 087816265005. V.056376-8/8(Hmd) Hrg 250jt Nego

Djl rmh Komp Citra Garden Blok B1 No15 Type Lion Hub7480150. V.058714-18/8(Hmd) Harga Nego

Djl rmh S Adam Komp Mandiri Permai No78 5Kt 2AC 3Km SHM 081349545889. V.000-9/9(Hmd) Harga Nego

Jl Cpt Rmh Citra Garden 4KT/4KM/ PDAM 3300W Telp 081349492888 V.58704-10/8(Ktr) Harga Nego

Ruko 3 pintu 3 lt di Km 9 tanpa sekat PLN PDAM 0511-7550888. V.058462-14/8 Harga Nego

Djl cpt Rmh / ruko Jl Belitung Drt Rt28 No2B Hub 08125163705. V.058049-7/8(Ari) Harga Nego

Djl Komp Ratu Asri AYani Km8 Lt15x15 2 lt Lb150 pgr+canopi grs 7368444/7314418. Harga 850jt Nego V.058712-11/9(Hmd)

JlPramukaKompRahayuPembina5No.9A Lt20x22 TP 085651277778/08115008596 V.58796-12/8(Ari) Hrg 550jt Nego

Dikont Rmh Baru Halaman Luas Pekapuran Raya Bjm 9198989 V.58739-10/8(Ktr) Harga Nego

Rmh 2lt Jl Gunung Sari II No12. 4kt, 5km Hub 7455009 / 3307890. Hrg 400jt Nego V.056673-11/8(Ktr)

Rmh Jl Dharma Bakti 4 No.17 LB150 Lt395 Hub0811501035/6159975 V.000-16/8(Hmd) Hrg 1,6M Nego

Rmh baru T90 Lt170 A Yani Km8 msk Manarap-/+800MHub0811501035/6159975 Hrg 480jt Nego V.000-16/8(Hmd)

Rmh Komp H Bakti Indah fas lkp Hub 081348998579 V.59083-14/8(Ktr) Harga Nego

Rmh Hok Jl Gatsu Tmr Jl Kemiri L733M Hub082153017609 Hrg 1,7M Nego V.058853-10/8(Adit)

Over krdt BTN T42 Komp Persada Asri Hdl Bakti No25 Hub 08125128908. Harga Nego V.058569-15/8

Dkontrkn mrh rko 1 pt 3 lt Jl Belitung Rya Rt09 No23 Hub 08134914003/7583612. Harga Nego V.058625-16/9(Ktr)

Djl rmh Jl Dharma Budi ITmbs Pramuka 2lt 5kt Lt10,5x20 Lb15x9Hub 6197575. Harga Nego V.057051-15/8(Hmd)

RmhT90+ HKSN Komp AMD P. Blok 10B 257 HP085249795522/085651145522 V.58800-10/8(Ktr) Harga Nego

Dijl cpt Jl Pramuka Semanda IV, cck utk dtmpti/sewa (sdh d sewa) 7405003 TP Harga Nego V.058927-13/8(Budi)

Dijl rmh T36 Plus AMD Permai E2 No34 Hub 0511-7403591 V.058365-11/8(Hmd) Hrg 220jt Nego

Djl/kont Komp Mandiri Lestari Blok C2 No35 Rt27 S Adam 7507692. V.058519-17/8(Alam) Harga Nego

Djl 8 pnt 4,5 x 19,5m Jl Gatot Subroto 7421757/7423155/ 081343585679. V.057907-30/9 Harga Nego

Dijl/Dikontr Rmh Komp Pondok Metro Indah K.Tangi Blok C11 lkp 0811501907 V.000-8/9(Ktr) Harga Nego

Rmh Jl HKSN Komp AMD Permai Blok 10A No259 Hub 081251750673. Harga Nego V.058797-16/8(Mega)

HYUNDAI / JEEP

Szk Carry ST 96 Hijau Met, pjk 1th tape siap pakai 7528770/081253568017 V.58799-11/8 Harga 36jt Nego

SX Over Th07 Matic Htm mls plat KT Km rndh 7240955/081348160314. V.058522-15/8 Hrg 170jt Nego

SX Over Th08 Bln 12 Hitam plat B Hub 0511-7588995. V.000-18/8 Hrg 170jt Nego

Kia Carens II Th05 Silverstone AC tape CD Hub 7715548/6183115. V.058601-15/8 Hrg 92,5jt Nego

New Ford Ranger DC 4x4 R stock DP10%*. Eti 085249939282/7569919. V.058591-3/9 DP 30jtan

ISUZU / MERCY

Szk X Over ‘08 Bln 12 Manual Orange asli Bjr full var pribadi 081348031307. V.058563-14/8 Harga Nego

Baleno 00 Akhir silver AC RT VR 16inci orsnl Var lkp 081250195555 V.58807-12/8 Hrg Nego

New Baleno Th08 Kaca vikol orsnl cat Hub 08125003489. V.058642-11/8 Hrg 165jt Nego

Swift GT 2 ‘08 Htm Met Km13rb ist TV DVD C/K 081348130114/6287292. V.058426-14/8 Hrg 159jt Nego

Szk Katana 92 htm orsnl Cat asli Banjar AC Tape VR BR 0811515839 V.58793-12/8 Hrg Nego

Escudo ‘97 Abu2 Met AC tape TV pjk br kond mls 6209512/085251439089. V.058908-12/8 Hrg 88,5jt Nego

Szk X Road ‘08 Hitam pjk baru brg trwt Hub 085248643011/7137609. V.058970-13/8 Hrg 155jt Nego

Katana Th92 Hitam AC mulus Hub 0511-7511249. V.000-14/8 Harga 38jt Nego

Panther MB Th06 LS 2.5 Hub 0511-6229666. V.000-12/8 Hrg 137jt Nego

Kia New Picanto 09 silver istimewa masih spt baru Hub 085753512717 V.56104-16/8 Harga Nego

NISSAN

Ford Escape 03 mulus PS PW AC CD Hub 081324445885 V.58734-10/8 Hrg 145jt Nego

Mercy C180 / Model C200 audio ‘94 Hijau Met ist 7418687/085950033349. V.058892-11/8 Harga Nego

Nissan Terano SGX 95 ban BR Pjk BR Hijau met FullVar 7581312/081348676187 V.000-16/8 Harga Nego

Ford DC / Everest 4x4 Hub Amie 6115188 / 081351788445 DP Murah. V.058117-28/8 DP 15% / 40jt

Djl cpt Isuzu Panther ‘01 Biru Met Plat AB kond ist Hub 4772421/7494004. V.058920-11/8 Hrg 120jt Nego

Opel Blazer Montera 00 silver tape Audio kond bgs 05117168250/08125112866 Harga 63jt Nego V.58777-12/8

Perlu mbl br murah!! Ford Ras Cab & Pick Up 4x4 Hub Asny 6188883. V.058114-30/8 DP 15% / 25jtan

Dijl cepat Panther 04 Akhir sngt baik lkp Hub 08125178110 V.59051-16/8 Hrg 135jt Nego

Opel Blazer Montera LV Th00 Cat asli Biru Tua Hub 0511-6273578. V.058565-15/8 Harga 59jt Nego

Atoz 1.1 06/07 merah Ferrari Km rendah bd klng orsnl 085248180869 V.59113-16/8 Harga Nego

Hyundai Trajet GLS Th02 Asli Bjm orsnl Hub 0511-7704899. V.058713-11/8 Harga Nego

Jual cpt Hyundai Getz ‘07 Silver asli Bjr pjk 1th brg bgs 085251687878. V.000-14/8 Hrg 108jt Nego

Jeep CJ7 Th81 Siap pakai mesin diesel Hub 0811517440. Harga 45jt Nego V.058954-12/8

Dijual Hnd Accord Th87 AC PW VR PS asli Bjr Hub 081349552166. V.000-15/8 Hrg 27,5jt Nego

CRV Th03 Matic Silverstone, asli Bjm bs TT Hub 0811518118. Hrg 167jt Nego V.058948-10/8

Jazz 05 Full Audio TV Velg Crome bd Kit orsnl Hub 6167585 Harga Nego V.59087-16/8

Honda Civic Ferio 96 abu2 TV DVD Audio msn trwt bd klng 7684085 V.59114-16/8 Harga Nego

Grand Civic Th91 Putih, mls, AC dingin ban br Hub 081802751112. V.058903-11/9 Harga Nego

Honda Jazz S Matic Th09. Silver pajak baru 1th Hub 0811501142. Hrg 188jt Nego V.058847-11/8

MITSUBISHI

BMW 318 ‘97 Ungu Met pjk 1th ban br orsnl jok klt 081349729632/3365439. V.000-14/8 Harga Nego

SEPEDA

Djl Mountain Bike Specialized XC Pro Hub 7455753/081348225663. V.058956-13/8 Harga Nego


24

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

BANJARMASIN

DIJUAL RUMAH

LOWONGAN

Ovr krdt rumah T.36+dpr 25jt. Hub. 081521596594 Komp.Persada Raya 3 Jalur 22 No.90 Hdl Bakti .

Sgr. Banyak lowongan pekerjaan. Jika berminat kunjungi di www.mtucoal.com di halaman Career 957292

Dicari Sopir,Administrasi,Pembukuan . Lamaran ditujukan ke PO.BOX 303 BJM. 958837

Dibthkan sgr Pek.Lapangan/T.Las/ Tek.Mesin yg berpenglmn. Lmrn sgr kr m ke Jl.A.Yani Km.2,5 No.167 CV.BUDI NEON. 958880

Dcr. ADM Wnt bs Komputer,D3,Kasir Wnt,D3 bs Komp. Sales Laki2 SMU,pny.kend.send.Krm ke PO.BOX 800. 958912

Dcr.Kary/i utk produksi Moulding & Sopir Forklift . Via SMS/Telp. 081251735138/(0511) 7418788. 070810A

Dcr. Staf ADM ,Wnt min.D3,max. 30th,bs Komp. Lmrn bw lsg ke PT.Tri Alam Lestari Jl.Dahlia 2 No.1A Bjm. 958986

Dibthkan Pegawai Laki2/Perempuan SMU/K,rjn,jjr blm nikah. Bw srt lmrn ke Inka Psl Jl.Suprapto No.29. 958985

Dcr Pembantu RT 1 org & pengasuh anak 1org gaji 600rb/bln Wnt, menginap, jujur 085249631089/ 085750835567 No SMS. 080810-C

Dcr: 1.Site Manager Sipil mengerti Konstruksi baja & berpenglmn. 2.Drafter Autocad yg ber penglmn. Bersedia ditemptkn di Kalimantan Selatan. Ajukan gaji yg diminta & krm via-email ke: personalia_acs@yahoo.com 09JKT

Dcri Karyawati utk Bagian Accounting & Sales penglmn.kerja min.1th, penampilan menrik ramah&berdedikasi umur max.25th punya kend.sendri. Hub.Karunia Variasi Jl.A.Yani Km.1 No.68 Bjm. 959052

Dibthkan sgr Sopir utk antar barang dalam kota umur 30-40th. Hub. 6287565-081251333233. 959101

Sgr. Kary.Cafe Laki/Pr ,min.155cm SMK Boga/Diploma,rajin,jujur dan bersih,masuk jam 2. Lmrn ke GLORIA Jl.A.Yani Km.3,5 samping BRI. 959099

Dibthkan bbr p org Score Girls ,penampln menarik,min.SMP. Lmrn diantr ke r mh Bilyard Bola Mas Jl.P.Antasari No.147 c/d Bjm. 959102

Honda Jazz Th.’08 hitam metalik,VTIC Spor t harga nego. Hub. 081351020629. 959103

Dibthkn sgr. ADM Wnt umur max.30th bs Komptr & puny.kendaraan sendiri diutmkn llsn SMK Akuntansi. Krm lmrn lkp ke PO.BOX 199 BJM. 959104

Dibthkan Asisten Apoteker (AA) ,llsn SMF,blm mnkh,jjr&pekrj.krs. Lmrn ditjkn ke: Apotek Sumber Sehat Jl.AES Nasution No.11 Bjm. 959068

Dcr.cpt Tng Marketing Laki2 umr max.28th. Krm lmrn ke Jl.A.Yani Km.4,5 No.6 (sblh LC Mart). 959100

Dibthkan Tng ADM,Tng Gdg & Umum llsn SMA/sdrjt,blm mnkh,jjr&pekrj krs. Lmr n ditjkn ke: Apotek Sumber Sehat,Jl.AES Nasution No.11 Bjm. 959067

Dcr. Karywti Toko blm mnikah jjr lls SMK/sdrjt. Antr lmrn lsg ke Indotech A.Yani Km.4,5 No.5 (samp.LC Market). Hub. 3252726. 959110

Dibthkan 2 SPG tetap 18-28th penampilan mnrk. Lmrn diantr lsg ke The Silver Duta Mall Bjm Lt.2 Dpn Matahari. 090810I

DIJUAL RUMAH

DIJUAL MOBIL

958980

T100, 3kt, 2km, 2rt, 2AC hal pav Blok Taman Citra Raya Hdl Bakti Hrg 250jt nego bs TT mobil Hub 7764466. 080810-E

Dijual rumah + tanah 100m Jl.Belitung Darat pinggir jalan . Hub. 0811500532.

DIKONTRAKKAN

957409

010810-C

MONIKA MSSGE CS full body Massage Reflexi. Massage inti stres body Scrub. MANDA 081380886992/0812 56363883.

957704

Kost utk Kar yawan Fas.lkp Jl.Yos Sudarso No.11/Airmantan Bjm . 7480859/08125121766. 957933

Rmh cck utk ktr Ls/Lt bangunan 575/ 200m2 Jl.Gatot Subroto Timur III No.46A,Rt.27 Bjm ,hrg.nego. 081251060909. 957980

Kost khusus putri.AC,non AC,sp r ingbed,km dlm,lmri A.Yani Km.8 Komp.Rina Karya No.13 . 081351903999/081348113999. 310710C

Dikontrakkn rmh Jl.Raya Sutoyo S No.1 Rt.44 utk kantor/usaha. Hub. 3359775. 958450

Over sewa Bengkel Spd.Motor+ peralatan & isi (S.Parts,Acc,Olie,dll). Jl.S.Adam (RR Motor). 7585575. 958784

Dikont.rmh 6KT,3KM cck utk kantor/ mess halaman,pgr+grs luas hrg.Rp 25jt. 085251668888. 958852

Kost Putra. Fas.lkp,kmr mnd dlm, dkt Unlam K.Tangi II Jlr 6 Rt.20 No.62A . Hub. 7220227/081911718294. 958933

Trima kost2an Karywn Jl.Sultan Adam Komp.H.Andir Gg.Beringin 2 No.27 . Hub. 08121040227. 959048

Kost Jl.Belitung Darat (dekat Langgar Kuning). Hub. 08118883630/50/ (0511) 7403840. 959088

Disewakan/dijual Ruko 3 pintu Jl.Banjar Indah Permai . Hub. 0811500532. 959089

Dikontrakkan Ruko 2Lt Jl.Sultan Adam Seberang RM Fauzan . Hub. 7452422. 090810F

DIJUAL TANAH Djl.tnh uk.12x20m hrg.30jt uk.19,3x20m hrg.40jt SHM Jl.Golf Mukhlisin 3 LU Bjb . 081349374791/087815192257. 956824

Djl.cpt tnh uk.34x170 & 38x300 Jl.A.Yani Km.29,300 Blkg Bandara . Hub. (0511) 6302555/08125035999. 957786

Tnh SHM Ls.2.800m2 Jl.A.Yani Km.17 samp/150m de Terminal baru Rp 1.487.000.000 TP. 08195471036/ 7472589. 020810H

Dijual tanah uk.20mx40m Jl.Bumi Mas I No.10 Rt.6 Bjm . Hub. 0811501212. 958508

Djl.tnh 40x83 di Veteran sebrng Sungai sblm Manggis ,cck u/Hotel,rmh skt. Peminat. 081250063033. 958678

Djl.cpt BU sbidang tnh di Jl.Gub.Syarkawi (Lingkar Utara) Kabupaten Banjar uk.L.17xP.34m SHM mrh. Ber minat Hub. 085249456665 lokasi strategis.

958571

Djl.rmh Jl.Dahlia No.3 Rt.34 Bjm SHM Lt.335m2. Hub. 0816212650/ 7256833 maaf TP. 958645

Rumah Komp.HKSN Permai Blok 6A No.267 SHM. Hub. 081350268167 maaf TP & No.SMS. 958805

Rmh HSN Jl.S.Parman Komp. Purnama I No.10 . Fas.lkp 4KT,2KM,PLN,PDAM samping STIKES cck usaha Kost2an. 7489667/ 081349674339. 050810B

Djl.cpt rmh Jl.Simp.Gusti No.48 Rt.14 Rw.005 K.Tangi . Hub. 08152127384/ 6211959/3303974 uk.10x18,4. 050810C

Djl.r mh Jl.S.Adam Permai Komp. Mandiri Lestari Rt.37 No.41 Blok C2 Type 85 uk.10x13, 3 kmr,pemilik langsung tanpa perantara. 081348977777.

050810A

Carnival ‘00 bs A/T siap pakai,AC, TP,PW,PS,SR Ok silver Plat W. Hub. 081803028999/6199288. 958840

Djl. Katana Th.’97 hijau metalik,tangan per tama harga nego. Hub. 08128093624. 958849

Szk Esteem ‘94 (ovr krdt) Rp 23,5jt. Amenity ’90 Rp 32,5jt nego bs TT. 081351422393/6149217 Bjb. 958909

Ovr krdt Taruna FGZ ‘01 coklat met.DP 45jt (nego) sisa 21x3jt. Hub. (0511) 7434272 bs TT. 958918

X Over ’07 orange Km.30rb hrg.169jt & Swift ’08 htm Km.20rb hrg.149jt nego bs TT. Hub. 6183115. 060810D

Mbl L300 Station th 1996 harga 47jt Nego Hub 08125008649/ 7722444. 060810

Djl.cpt Suzuki Carry Pick Up 1,5 Th.’08 bln 2 biru asli Bjr hrg.79jt nego. 7113579-085246850722.

958968

Djl. Strada Dbl Cab Th.’06 wrn merah. Fas.lkp,AC,Tape,hrg.150jt. (0511) 6212133/085248573073. 958981

Djl. Atoz GLS ’01 Akhir silver asli Banjar kaleng mls & bersih hrg.65,5jt nego. Hub. (0511) 6127999. 070810F

Dicari Mobil Avanza Th2007/2008 atau Xenia Xi Th2009/2010 Tanpa Perantara Hub 0511-6421678. 060810-C

Djl Kijang Krista Th02 Hijau Met full var lkp pjk baru Hrg 120jt nego Hub 05117457598. 080810-B

Nissan Terrano Grandroad G1 hitam Th.2003,AC,DVD harga nego/TP. Peminat serius Call/SMS 0811506780. 959019

Prlu cpt over kredit Avanza G VVTi Th.’09 Akh. pemkaian 2010 htm met.ssa 27x4.688.400/bln hrg.58jt. 081251334449. 959005

Carry ST 1.0 ’88 Tugas Kita VR,TP,mesin sip,siap ngebut,hrg.23jt. 08565153383 (Bjb). 959109

Honda Maestro ‘92 . Fas.lkp,Abu2 met.Pjk 1th H.42jt/Feroza ’95. Fas.lkp H.55jt nego. 7764466 bs TT. 959111

L-300 Pick Up hitam ‘07 Bak dan Ban baru harga Rp 117,5jt/nego cash/kredit. Hub. 085246747133. 090810E

Escudo 1,6 htm Th.’05 Akhir Var,orsnl asli Bjr bs kredit/TT hrg.nego. Hub. 081349485777/7485777. 090810G

Over kredit Avanza G 2010 (bln Mei) htm matic ex Wnt Dp 80jt angs.9.521jtx9 bln. (0511) 6125198.

DIJUAL SPD MOTOR

958532

Kymco Cevira RSX 125 Th.’06 jrg pakai,apik hrg.Rp 5,5jt nego. (0511) 7188718/085251818607. 958717

Djl. Vega R New Th.2007 warna perak harga Rp 7,6jt nego. Hub. 6119979 TP. 958839

Mits.T120SS Box Th.’03 ,Bak Cargo ’04,warna putih,bs kredit. Hub.Khusen (0511) 7400176. 956998

Kjg LGX Th99 Biru Met harga 105jt nego Hub 085249214003 / 05116103840. 957682

Escudo ‘95 AC,PS,PW,Radio,body, mesin Ok. Hub. 08125025169 harga 78jt nego. 270710C

Kijang Jantan Th.’91 mesin,body baik,Velg Racing,Ban Radial. Hub. 085651164766. 270710D

Visto Th00 Silver bd klng, mls, siap pakai Hub 0511-6278239. 010810-D

LGX Diesel 2001 biru sisa cash/kredit harga Rp 102,5jt. Hub. (0511) 6171818. 020810D

Taft Independent ‘96 solar biru tua met.AC,Tape,VR,kond.siap pki mls hrg.nego. 7644025/08164566991. 958467

Djl. Swif ST Th.2008 warna merah bergundi barang bagus ex Wanita. Hub. 081348394001. 958501

Ovr krdt Xenia Li VVTi ‘09 silver 4.373jt/ bln sisa 21 bln. Hub. 7190038 Rp 62jt nego. 958512

Djl.cpt Mitsubishi Strada L200 Mega Cabin Th.’06 pth hrg.120jt nego & Truck Mitsubishi Fuso 190 PS HD wrn orange 2002 hrg.250jt ng. 085310117088. 958562

Xenia Xi 1,3 Th.’07 silver hrg.113jt . Carens ’00 hrg.67jt nego. Hub. (0511) 7715548/7518118. 958567

KIA Picanto Sporty Th.’04 wrn hitam tangan pertama hrg.nego cash & kredit. (0511) 7400176. 958660

Honda Jazz ‘04 wrn silver ors cat variasi Km.39rb hrg.Rp 123jt nego C/K. Hub. 7409790.

Djl.Spd.Mtr Honda Kirana ‘03 silver tangan pertama hrg.Rp 4,3jt. Hub. (0511) 7501213. 958966

Yamaha Sigma Th.2001 bln 9 Pjk hdp hitam hrg.Rp 3,8jt nego. Hub. (0511) 7095261. 090810

PELUANG BISNIS Menerima pendaftaran Reseller MKios baru,hrg.bersaing & stock ready! Ckp dg modal Rp 100rb sudah bs jualan Pulsa Simpati dan AS Telkomsel. Hub.Simpatindo (0511) 7436969/ 081348000800/085251808888. 957004

KOMPUTER Print Master Jl.Pramuka Km.6 (samp.BRI) 3270476 Bjm. Grosir Aksesoris Sistem Infus Printer dan Spesialis hrg.murah,psng infus diskon 50% (Ptng iklan ini).

956835

New My Tronic . All operator trx cpt, stock terjmn, hrg bersaing, terpercaya. Dicari sub distributor utk seluruh daerah hub Sell Shop Jl A Yani Km2 No.1-2 Bjm. 230710

SCUDETTO 0511-3366534. Dptkan Lampu Emergency dll utk sejumlah pembelian Accessories, sparepart & alat service HP. 956166

GLORY PULSA Multi Operator, terbaik & ter percaya. Deposit Aman. Hub GLORY Phone Jl A Yani Km2 No.1A 3261698/7605678. 250710B

Jual New BLACK BERRY Bold 9000 wrn htm,Rp 3,3jt,Ready Stock. Hub. 7088090/081288881691. 958235

BB ONYX 2nd BB Gemini 2nd N97 2nd N82 2nd All 99%. Hub. 081803028999/6199288. 958841

958662

170710D

RIZQ RENT (0511) 7403965 Avanza Th.2010 Rp 5jt/bln,Xenia Rp 4,5jt/bln bs harian,jam2an.

RUPA-RUPA

957206

RIFMA RENTCAR menyewakan brbagai mbl dlm & luar kota Jl.Simp.Pembangunan I No.23 Rt.14 7495151/08524868338. 957276

N “41” LA . Inova,Avanza,Xenia ’09-10250rb/hr,25rb/jam. Tr m car ter Bandara,P.Raya-Spt,dll.neg0. (0511) 7316776-08125066776.

956198

RUMAH CUCI CINTA : Jasa cuci & setrika Rp 7000/kg,antr jmpt gratis.Hub. 7429768 karena cinta kami ada. 956210

Mau krdt Mbl/mau Dana Segar .Jaminkan BPKB Mbl Pick Up,Truck mulai Th.90 prss cpt & mdh (0511) 7531800/085248702801. 956593

KARTIKA MASSAGE Trm panggilan full body Massage & lulur,body Scrub.Hub. 081349711102/085842520533.

957339

Dijmn paling murah: Infus Canon & HP a75rb, Epson 150rb, tinta btl 100ml 10rb hanya di PRINT Master 3270476 Bjm. 250710C

Servis Komputer n Jaringan hemat cuma 50rb,terima instalasi Warnet. Hub.Rudi 08875005977/(0511) 8805148. 957908

Paket Warnet & Game Center hrg.dr 2jt-an,Pkt AMD X2/1Gb/250/LCD 16=2650 hrg.bersaing d’jamin. ADCOM 6304868/7463730. 290710F

Dijual Toyota Starlet Hitam Th.’89 . Fas.lengkap hrg.Rp 27jt. Hub. 7768578.

958891

040810C

958650

958422

DEWI MASSAGE ditangani tng.krj muda tdk mengecewakan. Hub. (0511) 7190412 khusus Wanita. 958460

ISMAR LAUNDRY DRY CLEAN bungas, mrh hny.5500/kg strika,PDAM, karpet,hordn,sofa,dll.an/jpt. 4311378/ 7472589. 958468

Rias Pengantin & Totok Aura Paket silver Gold Platinum ekonomis siap pnggil. Mer ie 7526289/ 081953715751. 020810I

Anda bermasalah dg kartu kredit malu dikejar kolektor. Mau byr sesuai kmampuan LING 081251329994/EGI 085248787698. 020810J

Massage Fit & enjoy tng muda. Hub.MIA 081325222125 tng muda pnmpln mnrk khusus Wanita. 958528

PIJAT TRADISIONAL JAWA khusus panggil tdk menyediakan tmpt.Hub.TIA 081348997223/081348647795 khusus Wnt. Jasa Pengeboran Batubara Power RIG & Jacro 175. Hub. (0511) 3307723 (jam kerja). 958835

AC,AC,AC Anda r usak.Hub.Km u/ Perbaikan kulkas,m.cuci,mlyni jl/beli. AMIGO JUPITER TEKNIK 3259723/ 7500994.

DEPO AIR MINUM ISI ULANG SIST.(UVRO) NASA USA Ozon,Bio Energi,Hexagonal,Water Treatment,byk bonus,garansi,sedia sparepart depo: Gln,ttp tisu dll,std.Depkes SNI. Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511)7406726/7403388/0811503331. Cash/credit,hrg.mulai 10jtan. 050310O

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Pkt Kesehatan Multisistem,Hexagonal, Ultrafiltration,R.O (NASA USA),Water Treatment,byk bonus,Design Proses oleh Sarjana Kesehatan UI JKT. Garansi,Std Depkes,SNI hrg.mulai 16jt.Hub.OASIS (0511) 7417410/ 081349463579. 947038

DEPOT AIR MINUM SIST: UV.konv-RO Bio Energi Magnetik-Gexagonal & RO Industri tekh USA & Japan,garansi tutup galon Rp 160/psg.Hub.RIMA (0511) 7403088-7413088/081351403088. 953844

PERSEWAAN BADUT Upin-Ipin,Mickey Mouse,Bebek,Naruto dll. Hub. (0511) 7411625/7429768. 956208

Diet Sehat dg Nutrisi Selullar rasa Ice Cream,ckp 5 mnt,aman tdk ada efek samping,bergrnsi,gratis cek lemak & analisa tubuh. 081351262444. 957240

Ibadah Haji mmrlkan fisik yg prima persiapkan diir i Anda sjk dini dg meminum secara rutin Susu Haji Sehat (0511) 6221985 bermanfaat utk program melangsingkan badan cck jg utk Anda yg bosan minum obat ttpi inginsehat.

958928

957859

Tas Santy Produk Tas,Dompet,Sandal. Kualitas import. Tersedia Katalog. Hub. 0813 5142 7979/ (0511) 766 7979.

959001

Service Panggil Genset-Radar MarineGPS-UHF/VHF-kulkas-m.cuci-TV-inst listrik dll. Hub. 3363164-6348757. 090810D

956718

090810

ELEKTRONIKA JAYA Servis ditmpt TV,kulkas,m.cuci,bgkr psg serv.AC. Hub. (0511) 6423327/085248061176. 956756

HOMEPLAZA ,Design Bangun & Renovasi,rumah,kantor,hotel,r uko. Hub.Ir.Adi (0511) 7420002.

957107

SUSU HAJI SEHAT Solusi menjg.kes.fisik prima pd wkt haji,umrah dan berpuasa (efek kenyang dan bugar) jg cck utk prgrm diet melangsingkan bdn/anda yg sibuk sring lupa mkn. (0511) 9170845/085821019000. 958448

Djl. Pabrik Air Minum dalam kemasan mesin lengkap utk Cup,botol dan Galon,keadaan sangat baik dan masih produksi,luas tanah 4.346m2 luas bangunan 1.084m2. Peminat serius. Hub. 0811501212 lokasi Desa Ujung BaruKecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut,Kalimantan Selatan. 958509

Anda mau ke Pasar Terapung Lok.Baintan? Hub.Flexi 7626483 bisa dgn Shooting

956736

AMEL MASSAGE CS ditangani Wnt muda berpnmpln menarik dan ramah. Hub. (0511) 6211364. Khusus Wnt.

958806

Anjing Super murah Rottweiler (1,5 bln),Herder (1th,Jtn) 2jt, Pitbull (3th,Btn) 1jt,Rottweiller (3th,Btn) 1jt. Tersedia kandang Anjing.Hub. 08195117899.

956746

AJENG mener ima panggilan pjt tradisional & lulur 24 jam tdk menyediakan tmpt khusus Wnt no.SMS. 081256022567.

190710D

BOY MASSAGE from Manado utk pria/ pasutri,khusus panggilan 24 jam (No.SMS). Hub.081256365554 khusus Pria.

Terima Panggilan JASA URUT TRADI SIONAL . Ibu Yani HKSN Blok 13B No.626 K.Tangi 081251035800.

958786

956832

DEPO AIR MINUM ISI ULANG SIST.(UVRO) NASA USA Ozon,Bio Energi,Hexagonal,Water Treatment,byk bonus,garansi,sedia sparepart depo: Gln,ttp tisu dll,std Depkes SNI. Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511)7406726/7403388/0811503331. Cash/credit,hrg.mulai 10jtan.

Sedia Jasa Cleaning Service,General Clean,Aoutsoursing,Security legal. Hub. (0511) 4311366/7472589/ 08195471036.

Voucher Games Online (PB, Lyto, Megaxus dll) Jual eceran & partai Hub 085248368586

956796

KURSUS

AUDICAM PHOTO & VIDEO Per kawinan,video clip,ultah,iklan TV,profile,transfer video & edit Jl.Sutoyo S No.159 (Seb.Tower PDAM). (0511) 6227191.

958913

100810

956952

Anda perlu Dana Cepat ? Kami Solusinya Hub 0511-7227399/ 085642167337 jaminan BKPB/ Sertifikat.

ELEKTRONIK Djl. Handycam Sony Tipe DCR-SR 45 Hybrid HDD 30 GB Rp 3jt. Hasil rekaman bisalsg di transfer jd DVD atau VCD. Hub. 085751713178.

150710F

BINTANG TEKNIK Spesialis (panggilan) serv.bongkar/psg AC rmh/ ktr,kulkas,M.Cuci & jual beli AC baru/ bks 7761825/081251727781.

010710B

Jual beli,tkr tmbh,service & prwtn PS One,PSX,PS2,PS3,PSP,X-Box,Box 350,Game Boy,Stick+isi Games:PS2, PS3 ,PSP,NDS Lite X-Box,Film,lagu & foto.Upgrade & Down Grade,Service,bs ditgg.Hub. 7573838,7248134, 4431547.

957024

TARYO TECHNIK Ser vis ditempat,TV,Kulkas,AC,Msn.Cuci,Dispenser,dll. Hub. (0511) 7602132. 957055

CHEAPWOSS LAUNDRY on kilo’s,1kg=5rb,ada cuci bln lbh hemat,100% PDAM,free Delvry CS (0511) 7081188/9110522.

956090

PSP Slim 4GB 2,1jt PS2DVD 850rb,PS2HD 1,5jt.PS3Slim 3,5jt,psng HDD 850rb H & P Games. Hub. (0511) 7408122.

957245

ANDA PERLU DANA TUNAI . Hub. (0511) 7227399/085642167337 jaminan BPKB-Sertifikat. 927209

BINTANG BADUT menyewakan Donald,Mickey,Upin-Ipin,Naruto dll. Hub.Ardy (0511) 6211007/ 085249641422. 957266

BINTANG LAUNDRY Dryclean 1hr sls mnr m Badcover,horden,pakaian & karpet. Hub. 7070111-4228111. 957324

Menerima panggilan Massage Tng muda berpnmpln mnrik,khusus Wnt. Hub.ANITA 081251753736/NOVI 081251750780. 957383

957328

958438

AHLINYA WC MAMPET . Sal Air,Wes tafel,Betup,cuci piring,Septitank,dll.grsi tanpa bongkar. (0511) 7255533.

Pineapple Laundry Terima Gorden, Badcover, pakaian dll 6500/kg grats antar jemput 05117333449/ 081351215999

956678

SERVICE Genset, Diesel, Kulkas, Kompor Gas, Msn cuci, AC, Pompa Air, TV, Instalasi Listrik 7206379.

SERVICE KOMPUTER . Teknisi ke rmh Anda.Hanya Rp 50rb praktis,mrh. Hub. 081351144123/(0511) 6207123.

PUTRI MASSAGE Terima panggilan full body dan Lulur. Hub. 081349412020 khusus Wanita.

958819

JASA TEKNIK ELEKTRONIK menerima panggilan,perbaikan TV,Tape,VCD, DVD,dll.Hub. (0511) 7406535/0815 2115733.

150710H

Djl.rmh btn permanen uk.8x14,3KT, 2KM hrg.175jt nego. Hub. 081351515252/(0511) 6379495.

958644

Anda mau beli HP/Laptop dg hrg mrh? Cash&krdt. Hub.Annaphone.Com Jl.S.Adam 16 samp.Wanet Oxy 081349567897/7488110.

New & Second P4-1,7=800rb.P4-2,6=1jt DCore 2,7=1,9jt Ready AMD Proc HD VGA SC DDR SDRAM P.Supply LAN LCD TV dll. Trm servs. PELMA 7429944/081348626260.

Promo Komp.Games & Warnet AMD Athlon 215/250GB/1GB/LCD 15/MS/KB bns Headset Rp 2.600 obral FD Kingston 2GB=70rb 4GB=90rb. BOMZ COM 7221006/3306858.

958844

958816

HANDPHONE

070810-

Honda Maestro ‘90 hijau met.Velg,jok kulit,Pjk baru kond.siap pki hrg.38jt (nego). 081349639065.

Djl. RX King’02 & CBR ’06 & ‘05 Kuning &abu2,Pjk,STNK baru,orisinil,hrg.nego. 087814411233.

957804

Djl/disewakan r mh Jl.Kurnia Komp.Angkasa Kurnia Rst No.A3 Land.Ulin Km.23 . Hub. 082153037302.

958803

Ovr krdt Xenia Li ‘08 sdh byr 23x3jt/bln 55jt& Sdn Hnd.Accord ’96 fas.lkp& istmw,Audio CD75jt. 08125066776.

090810H

Rmh+Toko+Gdg bentuk 5 Ruko 2Lt Jl.Gunungsari Raya Lt.420m Lb.18x20m/2Lt SHM nego. 0811513526 maaf TP & No.SMS.

Service Komputer & Laptop Instalasi Jaringan,Setting Mikrotik,pemasangan CCTV. 081251449421/7136864.

956713

PRESIDENT COLL Kursus M Mobil, Komp.,Aktns,Menjht,B.Ingg,Mat,ada disk bln puasa. Hub. 3302364. 956827

LPK DIVA Paket khusus Kursus mengemudi djmin bs! hny.150 dpt disc. 6198000/085249962995 Jl.S.Adam Dpn.SMA 5 Bjm. 957182

LPK ANANDA Simp Gatot S/Benua Anyar, Kursus mengemudi dijamin bisa!! Pkt 280rb+disc 7174300/ 081348149494. 190710

Kursus Komputer sampe bisa! Cuma 120rb (Sertifikat+Modul). LK.TALENTA (0511) 7445603,081251742526 Gn.Sari Bjm.

957544

957429

AKHMAD TEKNIK spesialis panggilan serv AC, kulkas, M cuci, bongkar psg AC rmh / ktr & jual beli AC br / bks 0511-6133826 / 081521584819.

LPK JAYA ARUM Bljr bs 5 mcm Mbl I n n ova , X e n i a , Ava n z a , Ja z z , C i v i c . Hub.Jl.Mesjid Jami/Jl.Kamp.Melayu 7558582/6225142.

957664

Anda mau bangun ruko, rmh, gudang atau rehab. Kami ahlinya desain grafis Hub DECOR PLUS 0511-7616699/ 081351864555. 250710E

DECOR PLUS melyn desain+ pelak sanaan, Interior, rmh, Ktr dll Desain Grafis Hub 081347794007/ 0511-7571080. 250710F

AUDIO SERVICE ELEKTRONIK Spesialis Ser vice TV,Msn Cuci (panggilan). Hub. (0511) 7416077/ 08125035225. 957863

CV.SENTRAL AC Bkr Pasang, Service,Perb.AC rumah & kantor semua merk AC. 7408439/08125057997.

967823

Dibuka Gel.2 Pkt khusus 1 th Komp.Angk.21. Pendaftrn s.d.31 Agts ’10. Bebas Test. Materi terbaru & terlkp. Hub.LPK WIDYA WAHANALOKA (0511) 3357990-3357991. 260710E

WIDYA WAHANALOKA-ALT Menerima Siwa br Kursus Komputer-Bhs.InggrisSempoa & Bimbingan Belajar. Utk tkt T K - S D - S M P - M a h a s i sw a - U m u m . Ket.lkp. Hub. (0511) 33579903357991-7495576-7400687. Kami profesional di-bidangnya. 260710F

956946

VERA RENT CAR menyediakan Avanza ’10,Innova 10,L-200,Estrada 4x4 dilkp. ASS+all Risk 0811508748/ 3306342/7434273.

958513

958439

Honda CRV ‘04 silver asli Bjm original. Fas.lkp Audio,Video,kond.mls ist.hrg. 185jt. 081351934220.

956877

PELITA HATI u/Terapi Autis,ADHD, t.bicara,ksltn belajar dll. Bimbel Privat & TPA. 7349795 Bjm 7133793 Bjb.

PERMATA AC spesialis service bongkar psng, perbaikan AC. AC rmh & Ktr semua merk Gratis + freon Hub 05117152740.

Disewakan Ruko 2Lt Jl A Yani Km11 Komp Pesona Modern fas lkp Hub 08115002800/08125081490.

957238

958539

SATRIA RENT CAR Innova ’09,Avanza, Xenia,LGX,For tuner,(4x4): Strada,Ranger. Call: 74006897400688.

LPK MULAWARMAN Kursus menge mudi mbl hny Rp 285rb dijamin bisa. Hub. 4365054 (samp.SMA 2) bs antr jmpt.

958412

956898

Komp.S.Adam Permai T.100,4KT & Komp.Olala Hndl Bakti T.75 br,3KT. Fas.lkp.Hub. 0811511911/ 08115001011.

Ovr krdt T.45 kayu rehab dpn krmik tiang pgr cokik Novi S.Andai Blk.Kenanga 23 Rp 65jt. 7711378 nego.

958506

ANNISA mener ima panggilan Massage,Lulur & Body Scrub. Hub. 081 228 376 202. Khusus Wnt.

Disewakan r mh Jl.Pramuka 3KM, Perabot Lux lkp AC, Water Heater 48jt/ thn Nego Hub. 0811509009.

956955

958457

956815

ADITYA UTOMO 085248016666/ 085249890000, Ford Ranger 2009,Triton 2010,L200 Strada.

958350

A.Yani Km.8 Komp.Rina Kar ya . Fas.lkp,3KT,1KM Lt.22m2 ling.aman & nyaman,bgs u/investasi. 7218050/ 0811517576.

Ovr kredit rmh siap huni Komp.Bumi Permata No.4 KM.8,Type 54,hrg.nego. Hub. 081351852929.

958493

Diskon Rp 500rb menyambut Ramadhan di LPK SENTRAL TEKNIK Kursus Mekanik Spd.Mtr smp bisa. 7484750.

CV.FJT Spesialis pnggln servis bongkr/ psng AC prbaikan isi Freon. Jual/beli AC br/bks. 7536713/085251278181.

959053

958050

Djl.rmh/disewakan Jl.Rambay Bjb I (Blkg Kolam Renang Idaman) Lt.959m2 Lb.600m2,KT4,PDAM,Telp,2 AC,Garasi,PLN 2200 VA TP hrg.2,5M disewakan 6jt/bln nego. 08125006049/08125006337.

957968

Karpet/Hambal anda kotor. Hub.SIKUMA (Laundry Karpet) keliling antr jmpt grts. 7225869/4421028.

956707

DIJUAL MOBIL

958063

DIJUAL RUMAH Djl rmh mrh dkt Kampus strategis Jl U nlam 2 No 12 Kt 3 1Rt 1 Rkel hrg nego Hub 081251282819 TP.

Rmh 3kt + 7 kmr kost (hsl 6jt / bln) + prbt Km 8 Komp Rina Karya dkt Jl Raya Hub 081351903999 harga 600jt pas.

958791

Rmh br cash/KPR di Jl.Raya Dharma Bhakti V Km.5 dkt Tambak Yudha Type 65/158 & Type 65/158 & Type 77/161. 7502828/081348682006.

RENTAL/CARTER Krista Transport: Rental/carter mbl Terios,Avanza,Kjg semua jurusan. Bandara PP (0511) 7336308/ 081349341921.

958238

Tnh Ls.463m2 (ada r mh) 20m dr Jl.A.Yani Km.5,7 cck u/Kost,pnginapan. Hub. 081250198338-6326422.

Rmh uk.20x32 KT.7,KM.3+5 kost2an Jl.Mandastana Raya No.37 Rt.31 Gatsu PLN 2200. 081545981244/ 3250285.

KURSUS LPK WIRA Kursus Mengemudi Mbl Jl.A.Yani Km.5,5 Dpn Stadion Lamb.Mangkurat. (0511) 6123030 disc.khusus slm Ramadhan.

958158

Terima Kost utk Karywn.Fas.AC,TV,Cuci Setrika Jl.Manggis Srikaya No.9A .Hub. (0511) 7766557/0811504717.

Tnh djl SHM Jl.Raya A.Yani Km.13.800 dkt Sur ya Yamaha 200m sblm Psr.Gambut dr arah Bjm uk.muka 12,6 blkg 28,7 pjg 155m3 total 3564m. 0811518087.

958054

JASA Service Massage: ditangani Laki2 Osen Treatment: Body Massage, Lulur,Reflexi. Hub. 081250940158: Kaspri.

ASIH MASSAGE Terima panggilan Massage Lulur Body Scrub Aroma Theraphy. Hub. 081349599770, 085248604242.

959090

958781

Djl.r mh Type 70,65,80,100,110 Jl.Pramuka PDAM Komp.Bersama . Hub. 7417488/7432745.

KOMPUTER

PAKET MERDEKA PS2 DVD 850rb PS2 HDD 1jt 500rb PS2 Slim Ori 1jt 150rb. PLANET GAMES Jl.Pahlawan No.90 7667787 brgrnsi. 957763

MZ.ELEKTRONIK Jual beli TV,DVD,kulkas,msn cuci,PS1 Laptop,dll (km siap dtg k rmh). (0511) 6119023/ 08164530912. 958774

HEBOH...MURAH+Kwalitas Tinggi ,Garansi,jl.cpt pkt puasa,Sony PS2 DVD Rp 900rb,PS2 HDD Rp 1jt450rb (HDD Grnsi),PS3HDD,120GB (isi Gambar+kst PS3) Rp 3jt600rb,XBOX360 Ver.Tinggi+bns 3jt,PSP+PSI dll Jl.Kinibalu Ruko 5 Sebr.LP3i lkp (0511) 7331798,khusus Grosir 081351990400. 070810D

DIJUAL RUKO 1 Unit Ruko 3 Lt A Yani Km 6,9 Dpn Citra Garden Hub 4282567/datang langsung TP. 957570

Ruko baru 5x20 siap tinggal Lt.III+4mtr full kramik+meja dapur+KM/WC 3bh+PLN/PDAM hrg.790jt+komplit b.nama & Rmh T.90 & 120 lok. Jl.Bhayangkara B.Baru samp Ktr BKN/sblm SPN 7409527/ 08125064537. 958431

Ruko 3 Lt 8 pnt Jl.Gatot Subroto Sebrang Dealer Daihatsu/Samp. Pengadilan Agama Bjm . 7423155081349496155 No.SMS. 958939

SARINABIL RENT CAR Spesial Mobil baru mlyani Rental harian,bulanan & kontrak murah!!! 081251269469. 957424

SHIDDIQ RENT Avanza, Xenia, Inov, Terios, Jazz, Yaris, Fortuner, Ranger. Antar Jemput Bandara 7403871/ 08115009615. 957630

A&F Rent Car Khusus Avanza 350rb/ hr sudah termasuk sopir & siap antar jemput bandara 08125079766. 957625

RENTAL ANISA Sedia: Innova, Terios, Avanza, Xenia, Jazz, Doble Cbn Hub 081348175557/ 6114854 disc 5%. 250710D

ZIDAN Kjg Kapsul Rp 175rb/hr,Xenia Rp 200rb/hr (2 hr). Jam2an Rp 20rb/jam (6 jam) bs Car tern (murh). (0511) 7438283/081349130303.

958252

DIKONTRAKKAN Dikontrakan rumah Jl Bogor No 120B Hub 0511-4773185 / 08164567264 TP. 080810-F

Digadaikan rumah+7 kolam Lt.1,5 Ha hrg.Rp 250jt. Hub. 08125115537. 959064

DIJUAL TANAH Anda perlu tnh kav.di Bjb? Uk.10x20m cuma 7jt DP=1jt ccln 265x36 bln lok.[Jl.Kasturi 2 dkt Bandara Syamsudin Noor 6331311/ 081351004743 no.SMS. 957078

Djl.tnh Jl.M.Cokrokusumo +/-500m dr Gardu Induk seb.tnh IAIN Lt.22.482m2 hrg.nego. 7421993. 958798

Djl.tnh uk.20x15 daerah Balitan Bjb msk +/-70m dr jl.raya Balitan hrg.nego. Peminat serius. (0511) 6154298/ 081348585758. 060810A

Tnh SHM Depan Pondok Kelapa Balitra Bjb uk.20x15m cck u/investasi. Hub. 081230256664 (bs TT Mobil). 958905

Tnh Jl.A.Yani Km.34 Sebrang Bank Mandiri Bjb uk.L.17,5 P.60m (0511) 7423155-081349496155 No.SMS. 958941

Tnh Jl.A.Yani Km.34 Sebrang Hotel Permata In Bjb Lt.13.924m2. (0511) 7423155-081349496155. 958943

Djl.tnh uk.11x14m2 & 9x14m2 Komp.Sekumpul Indah ,SHM,harga Rp 125rb/m2 nego. (0511) 7725025 (TP). 959054

260710B

ELANG RENTAL CAR Avanza,Innova, Triton,dll.hr-an,mg-an,bln-an,kontrak (0511) 7335353-7477133-0811515051. 957808

DIANA RENTAL CAR Sdia Avanza , I n n o va , L - 2 0 0 , B u s, Fo r t u n e r, H n d Civic,Sdn 3250017/7400773/ 08115184041/08125100884/7443222. 957518

RIZKI RENT CAR Sedia Kjg,Terios, Xenia,Avanza,Innova,Everst&Ranger 4x4 (0511) 7766303/081351312790 bs jam2an,hr-an/bln-an. (0511) 7766303/081351312790. 290710D

YUDI RENTAL menyediakan mobil baru Xenia Xi 2010. Hub. 081348857615/ (0511) 3301689.

JASA PROPERTY SOLUTION , Design/Bgn baru (Rmh, Ktr, Ruko dll) 0813 48500445 www.proper ty-solution. blogspot.com 957633

KURSUS Dibuka Promo khusus Ramadhan ,paket Internet gratis,kursus Komp. disc.50% peserta terbatas. Hub.Raja wali Duta Comp.Jl.A.Yani Km.37,5 Mtp (0511) 4773212-7254840081351404083-085750467666. 958661

RENTAL/CARTER

310710B

WIJAYA RENTAL BJB Innova,Avanza, Xenia,L-200,Ford Ranger,Triton,APV,dll. 081351010794-(0511) 7503084. 020810B

PRATAMA TRANS RENTAL BJB 0 8 1 2 5 1 3 2 6 0 1 7 / ( 0 5 1 1 ) 7359733,7359797 Hunting. 958469

CV.NAILA RENT CAR Sdia Fortuner, Triton,Jazz,Yaris,Avanza,Innova,Terios,Rush. 3308256/7758886/085251651666. 958523

SOLUTION TRANSPORT 4 mining pls Cps 081351555000 ZMA Rent Car speci 4x4 maintenance full all risk ass. 958560

RAHAYU RENTAL CAR Innova, Avanza, Xenia,BMW,Fortuner. Hub. 3274275/7562807/081351930864. 958579

TONYMAS RENTAL sdia mbl Xenia,Avanza,dll,hr-an,mgg-an,bln-an. Sopir/non Sopir,nego. 7751808/ 0811508077. 958974

BENAWA PUTRA RENTAL CAR (0511) 4782222,7335555. Menyewakan sgl jenis mbl kebutuhan anda. 070810E

RADJA RENT CAR New Jazz ’09,XOver 10,Yaris,Rush,Innova,hr-an/blnan. Hub. 081349682703/ 085717490459. 959055

Trmh mrh PASHA RENTAL BJM . Mnywkn Avanza G VVTi,hr-an,mgg-an. Hub. 70 700 40/085651123769.

CAHAYA RAHMAN RENTAL mlyni sw Mbl jam2an,droping,hr-an antr jmpt Bandra 0811501129/(0511) 7454999/7505553. 180610D

EXCLUSIVE RENT CAR 4wd New Pajero Sport Exceed, Strada Triton Exceed 2010,Kawasaki KLX 150. 085950050055. 957655

IDAMAN RENTAL BJB Mlyni sw mbl jam2an,hran,blnan,droping. Antr jmpt Bandara. Hub. (0511) 7336428/ 0811507287. 958801

DIJUAL TOKO Djl.Toko 4 pnt Jl.Trikora 10 Dpn.Ktr Pengadilan N/Pondok Halim.P hrg.nego. Hub. 08125046212/ 7152078. 958906

959076

MUTIARA RENTAL 7493322/(0511) 3257326/7523377/0811519649 sedia Innova,Krista,Avanza,Terios hrg.sewa nego. 959106

PA L A N G K A R AYA DIJUAL TANAH

MESIN/SPARE PART

Tnh SHM uk.33x156m Jl.RTA Milono Km.6 P.Raya pinggir jl.besar Rp 500rb/ m nego. Hub. 08125085576 TP.

Jual Genset Silent/Open & sewa 25,50,60 KVA. Ter ima ser vice Genset,pembuatan & perbaikan Tongkang,Tugboat LCT. 081351830622.

Tnh+bangunan cc mbl Hidrolik lkp ada Rukonya 4bh+mess 6bh+1 r mh Lt.8000m2 hrg.4M nego Jl.Cilik Riwut 081351903999/0811520227.

956626

040810B

958769

Djl. Mesin Pembuat Es Cream lengkap dengan bahan2. Hub. 081952996930. 958767

ALAT BERAT Dswkn/djl Alt Brt Whelloader WA 926 CAT WA 350-1/3,Dozer D3C,D31P,D85ESS-2 Excavator PC100-6,PC2007,PC300-6-7 Vibro Dynamic,yg berminat Hub. 08125109107 dan 0811509889. 958185

Dijual 1 unit Bulldozer D 31P Th.1998 . Hub. (0511) 4282501/081349476376.

M A R TA P U R A DIJUAL TANAH Tnh Jl.A.Yani Km.37 dkt RM.Asian Sei.Pering Mtp L.19,5x82m (0511) 7423155-081349496155. 958945

DIJUAL RUKO Ruko 2 lantai 3 pintu samp.MM .SekumpulMtp . (0511) 7423155081349496155. 958937

958795

Disewakan Dozer D 65 P . Hubungi 0811500532. 959091

KEHILANGAN (Satu) Bh BPKB dan STNK Mbl Merk Suzuki Jenis Carry ST 100 Nopol: KT 1604 KA Nosin: F10A-ID. 600034 dan Noka: MHDESL 410 VJ-600034 A.n. PT.ALATIEF JASA KARYA CORPORATION . 090810A

BPKB dan STNK Mbl Jns Isuzu warna biru Th.1997 Nopol: KT 2545 E Nosin E029535 dan Noka: MHCT DR54BP C029535 A.n. SURYO HANDOYO . 090810B

BPKB dan STNK Spm Merk Kawasaki Blitz R Nopol: KT 7986 BG Nosin: AN112BEP94866 Noka: MH4AN112D5KP86343 A.n. ASNAN HERIYANTO .

PELAIHARI DIJUAL RUMAH Rmh cash/KPR T.36,45,56,70 lok.stra tegis Jl.Kol.Soepirman Atu2 Pelaihari (diskon+nego). (0511) 7244887/ 7477291. 958790

DIJUAL TANAH Djl.tnh 160m2/159m2 hrg.nego Jl.Kol.Soepirman Atu-Atu Pelaihari . (0511) 7244887/7477291. 958792

TA N J U N G DIJUAL RUMAH Djl.rmh Jl.Basuki Rahmat Tanjung SHM,PLN,PDAM. Hub. 087815791746/(0511) 7457598.

090810C

PUJI SYUKUR

959031

S U R A B AYA

Terima kasih atas terkabulnya Doa Novena 3x Salam Mar ia. Andr y Banjarmasin. 955866

ALARM ELPIJI Cegah ledakan Gas Elpiji dg LIVOTECH ALARM ,alat deteksi kebocoran gas. 7361896/081521649201 Jual Partai/ Ecern+psg.

MESIN/SPARE PART MSN MRH EX JPN & RRT Bubut Skrap Fres Milling Compressor Crankshaft Kolter Honing Forklift. MAJUJAYA (031) 7493838-5858 Fax.(031) 7493939. 5616SBY

B AT U L I C I N

957511

BANJARBARU

DIJUAL TANAH Djl.lahan utk Stockpile siap pakai luas 5 Ha Jl.Kodeco-Batulicin . Hub. 081250025678.

RENTAL/CARTER

DIJUAL RUMAH

Fresh dg Relaksasi full body Massage. Call: LING-LING 0813 2501 1878/ 081953663588. Khusus Wnt no.SMS.

LPK TRIO Pkt mrh 180rb+diskon/grnsi uang kembali belajar mengemudi pasti bisa...! Jl.Hasan Basri No.61 (seb.Dinas PU). 7214000/081351684000.Bs antar jmpt

BANJARBARU TRANSPORT CAR Innova,Kapsul,Avanza,Xenia,L200,Strada ,Triton 4x4,For tuner. 7572295/ 081348467147.

Investasi rmh dibangun T.50/200m2 lok.trategis di Pusat Kota Bjb dkt sarana pend.& perkntrn diangsur 1th tanpa bunga. 081348089977.

957598

957874

955923

956704

957725

080810-A

958687

IKLAN 0511-3354370 Ext. 114 / 115


25

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

BANJARMASIN

BANJARBARU / MARTAPURA

RmhSukamara L.Ulin Krmk PLN PDAM Dpn SD Hook SHM Hub 0816212821 V.56963-14/8(Ktr) Hrg 150jt Nego

Djl rmh Komp Mustika Griya Angkasa Km27 L Ulin dpn Bandara 085751253678.. V.058705-11/8(Hmd) Harga Nego

Rmh baru pindah tugas Bjb Km 25 Hub0511-4283683/081381970113. V.057983-17/8(Ktr) Hrg 298jt Nego

Djl ruko 2lt Jl P Batur dpn Mesjid Kanzul Khairot Bjb 7577151/4787990. V.058534-8/8(Hsi) Harga Nego

Djl ruko 1 pnt 2 lt uk 4,5x15,5 Jl A Yani Km22 L Ulin Bjb Hub08125165409. V.058012-7/8(Rian) Harga Nego

JlTransmigrasiKompCitra MegahPermai Bt Licin 2KT 2KM SHM/IMB 085249301946 V.58265-14/8(Ktr) Hrg 275jt Nego

Djl cpt ruko 3lt Jl A Yani Km 4,3 2 pintu Hub 085248340700 TP. V.058688-24/8 Harga Nego

Minimalis Jl Kayu Tangi Komp Simp Pondok Metro 6366090/081348470420. V.058417-7/8(Ktr) Harga Nego

Banjar Permai III Rt27 No35 Bjm Hub087814503914/0511-6337676. V.058383-31/8(Mega) Harga Nego

Djl cpt br renov SHM T108 08134 844 4766 / 6413770 / 081349564422 No SMS. Harga Nego V.057987-7/8(Hery)

Rmh Jl Sei Andai Komp Kesehatan RT16 T36 s/d 70 H081253251333/05114413499 Mulai 139jt V.057840-15/8(Ktr)

BU rmh T39/168 Komp Chandra Griya Jati Permai D9 L Ulin SHM 085248700300. Harga 90jt Nego V.058559-3/9(Ktr)

Djl ruko 1 pnt Jl STM samp Minimarket Pinus Bjb Lbr 5m 0511-6239199. Harga Nego V.058949-30/8(Hsi)

Komp Mustika Permai Kmr mndi bat upJl Kelayu No7B Sei Bsr 081349665614. Harga Nego V.058535-23/8(Rian)

Djl cpt rmh hook dpn SD Bunyamin I Km6 Hub 081251216999 TP. Harga Nego V.057955-22/8(Alam)

DikontRmh2LtdikompAsdiKaryaPermai I Km6,7 lkp 05117414575/0811512385 Harga Nego V.58778-28/8(Lam)

Ruko Jl Pinus (KTangi/S.Adam) samp Msjd ArrahimLt2H085248352982/085651055050 Harga Nego V.000-11/8(Ktr)

Rmh Lb105m2 Lt150m2 Jl Kemiri No99C Gatsu 7435332 / 08125190023. Harga Nego V.058110-7/8(Alam)

MITSUBISHI

S E P E D A M OT O R

New Splash, Swift, Estillo, SX4+bns Hub Szk Mitra 085248063171/7661225. DP Rgn krdt 1-5th V.58447-3/9

Mits Pajero ‘98 Manual double gardan Hub Witarjo 081349507888/081332112568. Harga Nego V.0586749-9/8

New ATV Matic 110cc Hrg 12jt ATV 50cc hrg6,5jt nego 081348467575/6326603. Harga Pas V.058903-12/9

Sambungan dari Halaman 22 ... TOYOTA

DA I H AT S U

Unit dapat cpt + bns, All Toyota New Hub 7427818 / 081351435758. V.056769-12/8

Innova,Rush,Avanza,Fortuner,Palingmurah DP ringan 7218050/08195489338 buktikan V.056947-6/8

Li Diskon 3,65jt* Terios, Granmax, PU & Luxio 6323559/081251040904 DP15jtpas V.59046-19/8

Pkt Murah, New Xenia,Terios, PU prss cpt + diskon 6129899/085248830179. DP 10% Angs s/d 5th V.000-19/8

R Stock Xenia, Ter ios, Luxio, Granmax Hub 0511 - 6225344. DP 8jtan V.057192-17/8

Paket impian Xenia, Terios, G Max dgn disc+hdh Hub rudy 7489725. Angs s/d 5th V.000-13/8

Paket Murah Xenia,Terios, Luxio hdhTV 2 Disk Hub Solihin 081349530334/6229788 V.58251-31/8 DP 12jtan s/d 5th

Paket Murah P.Up, Xenia, Terios dptkan Disk+Hdhmnrk.Novi7559219/085249842580 DP 8jt Angs 2jtan V.000-22/8

R Stock Xenia, Terios, Luxio, Granmax Hub081348574617/6199077 DP 8jtan V.56748-12/8

H Y U N DA I

SUZUKI

Mbl pribadi Getz GL ‘07 Akh Merah bd kit orsnl 7716456/08125017282. Hrg 112,5jt Nego V.000-7/8

SUVHyundai NewTucsonix35CBU stock trbts sgr indent Hub Alfian 081251114001. Harga Nego V.057802-25/8

R Stock SX4, Swift, Splash, Estilo, G Vitara, APV, PU 081348660633/7175159

Terios Biru DP 17 jutaan atau Angsuran 3 jutaan

Xenia Merah DP 13 jutaan atau Angsuran 2,5 jutaan

Terios Biru DP 17 jutaan atau Angsuran 3 jutaan

Xenia Merah DP 13 jutaan atau Angsuran 2,5 jutaan

Terios Biru DP 17 jutaan atau Angsuran 3 jutaan

Luxio Hijau DP 7 jutaan atau Angsuran 2,8 jutaan

V.57463-21/8

V.57463-21/8

V.000-2/9

V.000-2/9

V.58242-29/8

V.58242-29/8

Xenia Merah DP 13 jutaan atau Angsuran 2,5 jutaan

V.056452-7/8

Pick Up Biru DP 8 jutaan atau Angsuran 2 jutaan

Luxio Hijau DP 7 jutaan atau Angsuran 2,8 jutaan

Pick Up Biru DP 8 jutaan atau Angsuran 2 jutaan

Luxio Hijau DP 7 jutaan atau Angsuran 2,8 jutaan

Pick Up Biru DP 8 jutaan atau Angsuran 2 jutaan

V.57463-21/8

V.57463-21/8

V.000-2/9

V.000-2/9

V.58242-29/8

READY STOCK PROSES CEPAT MELISSA 0511-7624400 / 0852 4966 0123

PROSES CEPAT & MUDAH FAISAL ASTRA 081334221897 SALIM ASTRA 08125054532

PROSES CEPAT DAN MUDAH TIGA SAUDARA MITHA ROSANTY 081348002489 / 0511-7628618

V.58242-29/8


26 Mimbar Opini

Banjarmasin Post

SELASA 10 AGUSTUS 2010

TAJUK

Kerja Rahasia Tim Hatta DIAM-DIAM Menteri Negara (Meneg) Lingkungan Hidup, Prof Gusti Mohammad Hatta, menurunkan timnya ke lokasi penambangan Pulaulaut untuk menilai apakah ada kesalahan dan penyimpangan dalam administrasi yang dikeluarkan Pemkab Kotabaru terkait pemberian izin penambangan di wilayah itu. Tim yang dibentuk urang Banua itu juga mencari data lain, seperti kondisi geografis Pulaulaut dan sikap masyarakat terhadap pengerukan kekayaan alam tersebut. Hebatnya, tim itu bekerja secara rahasia untuk menghindari adanya intervensi dari pihak eksekutif, pengusaha, dan tokoh masyarakat yang terlibat aktif dalam penambangan Pulaulaut. Salut buat Hatta. Lebih salut lagi kalau Hatta konsisten dengan ucapannya, yakni tidak akan segan-segan membatalkan rencana penambangan tersebut jika hasil kajian tim bentukannya menemukan penyimpangan. Di balik rasa salut itu, ada satu harapan besar terhadap kinerja tim. Yakni tim harus bekerja secepatnya dan memublikasi hasilnya. Pasalnya aktivitas penggalian batu bara di Pulaulaut sudah berjalan. Masyarakat Pulaulaut sendiri menolak eksplorasi batu bara dan bijih besi itu. Penolakan penambangan di pulau seluas sekitar 1.873,36 km2 itu dimotori Komunitas Penyelamatan Pulaulaut, WALHI Kalimantan Selatan, Aliansi Komunitas Penyelamatan Pulaulaut, Yayasan Cakrawala Hijau Indonesia (YCHI), LAMAS Kotabaru, dan Mapala Justitia. Tak hanya masyarakat, anggota DPRD Kotabaru pun sepakat menolak. Itu dibuk-

tikan dengan keluarnya surat rekomendasi yang isinya menolak adanya tambang batu bara di wilayah itu. Dari sisi lingkungan hidup, penambangan di Pulaulaut jelas berisiko tinggi. Setidaktidaknya akan merusak salah satu miniatur hutan tropis dunia dan benteng pesisir tenggara Pulau Kalimantan dari hantaman angin dan gelombang. Sekarang ini saja, dampak dari eksplorasi yang dilakukan lima perusahaan tambang dan penambangan batu bara ilegal sudah mulai terasa. Hanya dua jam diguyur hujan, puluhan desa kebanjiran, padahal sebelumnya tidak pernah terjadi. Agak aneh memang sikap Pemkab Kotabaru. Kemarahan alam itu tidak dihiraukannya sama sekali. Bupati tetap pada pendiriannya, yakni mengizinkan batu bara dan bijih besi di Pulaulaut ditambang. Alasannya, hasil dari penambangan itu untuk membiayai pembangunan jembatan yang menghubungkan daratan Kalimantan dengan Pulaulaut, mengatasi krisis listrik dan membangun fasilitas publik lainnya. Alasan itu sangat mengada-ada. Kompensasi berupa jembatan dan pembangunan fasilitas publik itu tidak sebanding dengan kerugian yang ditimbulkan, baik sekarang maupun di masa mendatang. Sikap keras Pemkab Kotabaru itu memang agak mengherankan. Padahal sudah banyak contoh bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat penambangan batu bara di wilayah lain. Lihat saja Pulau Sebuku, penambangan batu bara dan bijih besi hanya menyisakan kehancuran alam. Apakah Pulaulaut mau seperti itu juga. (*)

SUARA REKAN

Bom Ikan dan Kemunduran Mental KASUS penahanan 50 karung bahan peledak bom ikan dan 50 detonator (alat pemicu) oleh tim Buru Sergap (Buser) Polres Flores Timur (Flotim) dari sebuah kapal motor berpenumang delapan orang di Batu Payung, Kecamatan Tanjung Bunga, Senin (2/8), mengingatkan kita akan kasus penangkapan tersangka teroris di Pulau Jawa akhir-akhir ini. Apakah penangkapan delapan orang di Flotim itu disamakan dengan teroris? Mungkin berlebihan. Tetapi, kalau kita mau teliti lebih jauh, terdapat kesamaan di antara pelaku teror di Jawa itu dengan pelaku penyelundup bahan peledak atau pelaku pengeboman ikan di Flotim. Para teroris di Jawa sejauh ini melakukan teror dengan mengebom fasilitas penting di mana sedang berkumpul banyak orang. Pemboman dilakukan dengan menggunakan bahan peledak. Ya, hampir sama dengan bahan peledak yang ditemukan aparat Polres Flotim.Yang beda mungkin terletak pada intensi (maksud) penggunaan bahan peledak itu. Di Flotim bahan peledak digunakan untuk mengebom ikan di laut. Tetapi secara umum bahan peledak itu merusak, mematikan dan menghancurkan objek yang disasarnya, entah ikan dan terumbu karang di laut maupun manusia dan fasilitas umum. Karena itu, kita salut terhadap kinerja aparat Polres Flotim yang berhasil menangkap pelaku penyelundupan bahan peledak ini. Tidak untuk menakut-nakuti, tetapi penting bagi aparat keamanan, pemerintah daerah dan masyarakat umum untuk waspada dan berpikir jauh mengenai keberadaan bahan peledak itu. Kita tahu Flores Timur memiliki laut yang kaya akan berbagai jenis ikan berkelas. Cita rasa ikan di laut Flores Timur beda jauh dengan ikan-ikan di daerah-daerah lain, karena wilayah laut Flores Timur merupakan daerah per temuan arus, setidak- tidaknya antara arus Laut Flores di utara dan arus Laut Sawu di selatan. Sudah lama juga orang tahu, terutama para nelayan Flores Timur, bahwa perairan Flores Timur merupakan jalur pergerakan ikan dunia.

Pergerakan ikan-ikan itu mudah diketahui karena mereka melewati laut yang sempit di antara pulau di Flores Timur. Tidak heran, kalau untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, masyarakat Flores Timur berkelimpahan ikan. Dengan menggunakan kerambah saja, mereka sudah bisa mengonsumsi ikan dalam jumlah cukup. Karena kelimpahan itu, mereka biasa memilah-milah jenis ikan yang layak dikonsumsi. Kalau di tempat lain ikan tembang saja orang bisa buru, tetapi di Flores Timur ikan tembang nyaris tidak ada harga. Kondisi itulah yang mendorong perusahaan penampung ikan berlomba datang ke Flotim. Hal itu membuka mata para nelayan Flotim bahwa ikan yang mereka tangkap memiliki nilai komersial yang tinggi. Apalagi perusahaan-perusahaan itu melalui kerja sama dengan pemerintah memberikan bantuan fasilitas kepada para nelayan, seperti kapal penangkap ikan dan fasilitas penunjangnya, membuat mereka semakin mudah mendapatkan ikan. Menjadi nelayan yang sebelumnya dianggap warga kelas bawah di Flotim terangkat derajatnya sebagai profesi yang bergengsi. Dengan berbagai fasilitas yang ada, tanpa menggunakan bom pun mereka sudah bisa mendapatkan hasil berlimpah. Tetapi mengapa pekan lalu masih ditemukan bahan peledak untuk mengebom ikan itu di Flotim? Itulah yang mengherankan. Mungkin mereka menjadi lupa diri dan tergila-gila oleh uang banyak. Mereka sudah berubah menjadi kapitalis yang merasa bisa melakukan semuanya. Mereka lupa bahwa mereka tidak hanya boleh menangkap ikan dari laut, tetapi juga harus menjaga dan merawat laut beserta ikannya. Dengan demikian, ikan tidak hanya bisa ditangkap hari ini, tetapi juga masih bisa ditangkap besok. Masih bisa diwariskan kepada anak-anak cucu di kemudian hari. Kalau pemahaman dan perilaku itu tidak dimiliki para nelayan Flotim, maka bukan kemajuan yang dicapai saat ini, melainkan kemunduran. Maka nelayan Flotim sama buruknya dengan teroris.*

Homepage: http//www.banjarmasinpost.co.id Penerbit SIUPP

: PT Grafika Wangi Kalimantan : SK Menpen No. 004/SK MENPEN/ SIUPP/A.7/1985 tgl 24 Oktober 1985 Sejak Tanggal : 2 Agustus 1971 Direktur Utama : Herman Darmo

e-mail : redaksi@banjarmasinpost.co.id Pemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR Pendiri : Drs H J Djok Mentaya (1939-1994) Drs H Yustan Aziddin (1933-1995) HG Rusdi Effendi AR

Banjarmasin Post Group Pemimpin Redaksi: Yusran Pare Wakil: Harry Prihanto Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan Manajer Peliputan: Dade Samsul Rais Wakil: Elpianur Achmad Manajer Produksi: M Taufik Redaktur Eksekutif: Muhammad Yamani (Banjarmasin Post), Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari (Serambi UmmaH), Ribut Rahardjo (Online/Radio). Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari Wakil: Agus Rumpoko Redaktur: M Royan Naimi, Noor Dachliyanie A, Sigit Rahmawan A, Umi Sriwahyuni, Syamsuddin, Sudarti, Alpri Widianjono, R Hari Tri Widodo, Kamardi, Ernawati, Donny Sophandi, Didik Triomarsidi, Mahmud M Siregar. Asisten: Noorjani Aseran, Halmien Thaha, Edi Nugroho, Eka Dinayanti, Sofyar Redhani. Staf Redaksi: Aliansyah, Hanani, Burhani Yunus, Mahdani, AM Ramadhani, Syaiful Anwar, Mohammad Choiruman, Aries Mardiono, Anita Kusuma Wardhani, Syaiful Akhyar, Mahdan Basuki,Khairil Rahim, Idda Royani, Ibrahim Ashabirin, Eko Sutriyanto, Aspian, Sutransyah, Faturahman, Irfani Rahman, Jumadi, Budi Arif RH, Anjar Wulandari, Doni Usman, Mustain Khaitami, Siti Hamsiah, Arianto, Hari Widodo, Ratino, M Risman Noor, Salmah, Murhan, George Edward Pah, Rahmawandi, M Hasby Suhaily, Helriansyah, Nia Kurniawan. Fotografer: Kaspul Anwar, Aya Sugianto. Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni, Aminuddin Yunus, Riduansyah, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, Kiki Amelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin. Design grafis/illustrator: Ivanda Ramadhani, Derry Hasbi, Agus Setya Dharma. Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita, Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FX Ismanto, Johson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yulis Sulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta General Manager Percetakan: D Yusgianto Wakil PP (Bidang Humas): M Fachmy Noor Manajer Iklan & Promosi: Suharyanto (08115002002) Manajer Sirkulasi Fahmi Setiadi (08115003012)

Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya, Jl AS Musyaffa No 16 Banjarmasin 70111, Telepon (0511) 3354370 Fax 4366123, 3353266, 3366303 Bagian Redaksi: Ext 402-405 ; Bagian Iklan: Ext. 113, 114 ; Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117 Pengaduan Langganan: 08115000117 (0511) 3352050 Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12 Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan 5490666 Fax (021) 5495358 Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya, Telp (031) 8471096/ 843428, Fax (031) 8471163 Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511) 4780356, Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km.2,5 Palangka Raya, Telp (0536) 3242361 Tarif Iklan: zDisplay Umum: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk Berwarna (FC): Rp 45.000/mmk zDisplay Halaman 1: Hitam Putih (BW): Rp 45.000/ mmk Berwarna (FC): Rp 90.000/mmk zIklan kolom/Duka Cita: Hitam Putih (BW): Rp 15.000/mmk Berwarna (FC): Rp 30.000/mmk zIklan Kuping: (FC) Rp 100.000/mmk zIklan Baris: (FC) Rp 20.000/baris: (BW): Rp 15.000/baris zIklan Satu Kolom : (FC)Rp 30.000/mmk, (BW): Rp15.000/mmk Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%. Harga Langganan: Rp 75.000/bln Percetakan: PT Grafika Wangi Kalimantan Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru Telepon (0511) 4705900-01 Isi di luar tanggung jawab percetakan

WARTAWAN “BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER.

Memaknai Hari Veteran Nasional TIDAK seorang pun yang menghitunghitung, berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya. (Pidato Bung Karno HUT Proklamasi 1956) enurut Undangundang Nomor 7 Tahun 1967, Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang ikut aktif dalam sesuatu peperangan membela kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia. Selain itu juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk mempertahankan Negara Republik Indonesia. Ikut aktif dalam perjuangan pembebasan Irian Barat melakukan Trikora sejak 10 Desember 1961 sampai 1 Mei 1963, dan yang ikut melakukan tugas Dwikora langsung secara aktif dalam operasi/ pertempuran dalam kesatuan bersenjata. Dalam artian luas, veteran adalah rakyat yang ikut serta berjuang mendirikan tegaknya Republik Indonesia, sehingga menjadi sebuah negara seperti yang kita kenal sekarang. Namun apakah yang didapat para veteran sekarang, sungguh hal yang memilukan. Pada 2006, para veteran mencurahkan isi hati mereka dalam sebuah surat ke Istana Merdeka karena sejak 1994 satu potong tubuh pahlawan yang cacat dalam perang kemerdekaan hanya dihargai Rp 22.000 per bulan. Bandingkan dengan gaji

M

Denny Surya Pribadi SH dan tunjangan anggota DPR, menteri atau anggota berbagai komisi yang kini marak di Indonesia. Bahkan, anggota DPR diberi hingga 30 jutaan rupiah hanya untuk dana serap aspirasi. Sungguh tak masuk akal Rp 22.000 untuk satu potong tubuh mereka yang hilang dibandingkan hasil kerja dan pengabdian para veteran tersebut yang secara nyata kita nikmati bersama dalam bentuk sebuah negara bernama Republik Indonesia. Bandingkan kembali dengan hasil kerja anggota DPR yang menghabiskan uang negara triliunan jumlahnya yang sampai sekarang hasilnya nol besar. Belum lagi di-

perparah tindakan korup sebagian oknumnya. Itukah yang dinamakan menghormati orangtua? Orang yang berjasa. Sungguh bangsa ini kehilangan jejak dan ingatannya. Masih segar dalam ingatan kita, kasus dua janda pahlawan berumur 80 tahunan (Soetarti/janda alm R Soekarno) dan Rusmini (janda alm A Kusaini) yang terancam pidana kurungan dua tahun, setelah digugat Perum Pegadaian atas rumah yang mereka huni selama ini di kawasan Jalan Cipinang Jaya II A RT 007/007 Jakarta. Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, media massa menayangkan betapa suramnya nasib para veteran. Pejabat pemerintah pun tak ketinggalan, berlomba menjadi orang yang peduli akan nasib veteran dengan pemberian bingkisan seadanya dalam ekspose acara yang terkadang melupakan esensi dari veteran itu sendiri. Namun setelah tindakan seremonial yang terkesan dipaksakan tersebut berakhir, berakhir pula perhatian bangsa terhadap pahlawannya. Contoh kecil tapi mendasar, peringatan Hari Veteran 10 Agustus terkadang dilupakan. Bandingkan dengan peringatan hari veteran di Amerika Serikat yang semarak dengan pawai yang diadakan di jalan-jalan utama menampilkan para veteran negaranya. Bahkan hari veteran tersebut dinyatakan sebagai hari libur. Sungguh berbeda dengan hari veteran di negara

Satu potong tubuh pahlawan yang cacat dalam perang kemerdekaan dihargai Rp 22.000 per bulan. Bandingkan dengan gaji dan tunjangan anggota DPR. kita. Semoga ada yang menyadarkan para pemimpin negeri ini. Kehormatan tidaklah diperoleh kecuali menghargai orang lain, terutama mengingat semboyan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.” Dengan memaknai Hari Veteran 10 Agustus 2010 ini, sudah semestinya kita sebagai generasi penerus menyadari arti penting dan luhur perjuangan para pendahulu kita. Dengan segala pengorbanan jiwa raga, mereka mempertahankan kedaulatan negara dengan segala kekurangannya. Di saat negara yang kita cintai ini berada di titik nadir keterpurukan di segala bidang, saatnya kita bangkit dan menjadi bangsa yang besar dengan menghargai dan memperlakukan dengan sepantasnya, para pahlawan bangsa kita. * Pengamat Sosial, tinggal di Banjarbaru

Tulisan Opini bisa dikirim ke email: redaksi@banjarmasinpost.co.id (Maksimal 5.000 karakter tanpa spasi). Sertakan nama, alamat lengkap, nomor telepon, nomor rekening dan fotokopi (KTP). Opini yang terbit akan kami berikan imbalan ke nomor rekening penulis. Terima kasih.

Mengisi Kemerdekaan RI

Peneguhan Semangat Kebangsaan

Wahidah Mahasiswi S1 FKIP Fisika Unlam

KEMERDEKAAN yang diraih bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945 tentunya meninggalkan benih kebanggaan yang luar biasa, setelah tiga setengah abad lamanya Belanda menjajah Indonesia. Meraih kemerdekaan ti-

dak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai macam cobaan silih berganti pascakemerdekaan, benarbenar membelenggu sanubari pejuang zaman dahulu. Perjuangan harta, benda, jiwa dan raga menjadi bukti manifestasi kemerdekaan itu sendiri. Terkait dengan hal itu, kaum pemuda hendaknya memiliki penghargaan yang tinggi kepada para pahlawan, pejuang, dan tokoh pada masa lalu yang telah mengukir dan membuat sejarah. Mereka memberikan pengabdian jauh di atas standar kewajaran. Kaum muda harus menempatkan mereka pada tempat terhormat dengan tetap menyadari bahwa mereka juga manusia yang tidak luput dari salah dan kekurangan.

Prinsip kaum pemuda dalam hal ini adalah apa-apa yang baik dari mereka hendaknya diteruskan, dan apa yang tidak baik, hendaknya ditinggalkan. Peneguhan kembali ikatan batin dan pembaruan tekad bersama dari seluruh komponen bangsa merupakan kesempatan sejarah yang lain yang tidak kalah heroiknya dibanding kesempatan sejarah di sekitar zaman Proklamasi. Itulah kesempatan yang bisa kita tangkap dan kembangkan. Kaum muda harus berperan dalam kesejarahan yang lain, yaitu berjuang mengatasi dan menyelesaikan masalah bangsa yang berkembang dewasa ini bersama komponen bangsa yang lain secara demokratis dan konstitusional. Kaum muda, baik secara

perorangan maupun kelompok dan organisasi dapat mengambil peran sesuai ruang lingkup tugas, pekerjaan, dan pengabdiannya. Baik kapasitasnya sebagai pengurus karang taruna atau remaja masjid, aktivis LSM, kader organisasi, pegawai pemerintah, pegawai swasta, guru, dosen, peneliti, politisi, polisi, tentara, penulis, pendakwah dan sebagainya. Sebagaimana sabda nabi, Manusia yang baik adalah manusia yang dapat memberikan manfaat bagi yang lain”. Dalam hal ini, sebagai generasi penerus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemajuan bangsa mutlak diperuntukkan. Karena sumbangsih generasi ke depan menentukan ke arah mana bangsa ini berlayar. (*)

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme JIKA berbicara tentang sebuah negeri yang bernama Indonesia, ada banyak hal yang bisa dikupas. Mata dunia tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya, terletak di posisi strategis, diapit dua samudera dan dua benua serta dilewati garis khatulistiwa. Memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, mulai dari sektor pertanian, kehutanan, kelautan sampai pertambangan. Diversitas budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke merupakan daya tarik tersendiri. Kualitas SDM yang ada juga patut dibanggakan. Itu bukanlah isapan jempol semata, setiap tahun dalam event olimpiade sains, wakil Indonesia selalu berhasil memboyong medali emas. Bidang olah raga seperti bulutangkis, Indonesia pernah menjadi legenda dunia.

Tidak sedikit karya anak bangsa baik di bidang seni, teknologi sampai hasil kerajinan mendapat apresiasi dan penghargaan di tingkat internasional. Pulau Komodo yang terletak di ujung barat provinsi Nusa Tenggara Timur adalah kandidat tujuh keajaiban dunia, dan pada 2009 sempat menduduki peringkat keempat bersaing ketat dengan hutan Amazon (Brazil) dan Black Forest (Jerman). Jajaran kepulauan kita amat indah, mulai dari Papua, Kalimantan yang eksotis, Bali yang romantis hingga Pulau Jawa yang sibuk sebagai pusat pemerintahan dan bisnis. Betapa agungnya karunia Tuhan untuk Indonesia. Memang saat ini kita tidak bisa menghindar dari kenyataan bahwa pertumbuhan Indonesia tidaklah sebesar po-

Tema minggu depan: Tutup THM Selama Ramadan SAMPAIKAN komentar Anda maksimal 500 karakter secara santun ke redaksi@banjarmasinpost.co.id, disertai salinan kartu identitas diri dan foto (mohon jangan pasfoto). Komentar terbaik untuk tiap minggunya, mendapat kenang-kenangan manis dari BPost. Jadi, saatnya Anda bicara demi kebaikan bersama.

tensi yang ada. Dalam kurun waktu 65 tahun merdeka, masih terlalu banyak PR yang belum terselesaikan. Betapa masih carut marutnya situasi politik di negeri ini sehingga cita-cita untuk mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat terasa kian menjauh. Ditambah lagi derasnya arus globalisasi dan informasi telah menggerus moral bangsa secara cepat dan pasti. Kita semua telah lelah dengan kondisi ini, sudah terlalu sering seruan ditujukan kepada wakil rakyat dan pemerintah agar mengemban tanggung jawab dengan lebih amanah. Wajah 200 juta penduduk Indonesia berbeda-beda, namun di setiap wajah itu terpancar harapan yang sama akan hadirnya sebuah perubahan. Perubahan dari buruk menjadi baik, perubahan dari miskin menjadi sejahtera serta perubahan dari lemah menjadi kuat dan bermartabat. Sejenak mari kita renungkan, menjadikan momen peringatan Hari Kemerdekaan sebagai titik balik. Sudah

Ivone Tiara Sukma, SP Guru SMKN 1 Kusan Hilir

saatnya bertanya pada diri sendiri, apa yang telah kita persembahkan pada Ibu Pertiwi. Sudahkah ada jejak prestasi yang kita tinggalkan untuk menghargai sebuah kemerdekaan? Jika belum apa-apa, maka berikanlah sebuah cinta, tumbuhkanlah semangat nasionalisme. Karena kecintaan pada negeri adalah sebuah awal yang akan melahirkan hal-hal baik, walaupun dengan tanpa kita sadari. (*)


Layanan Publik 27

Banjarmasin Post SELASA 10 AGUSTUS 2010

PEMBACA setia BPost, silakan sampaikan keluhan, saran dan kritik Anda terhadap public service atau masalah pembangunan di banua kita, secara singkat, cerdas dan santun melalui SMS ke nomor (0511) 7445000. Caranya: Ketik HOT <spasi> (isi SMS Anda)

Ngalih Lewat KEPADA instansi terkait, tolong jembatan di jalan tembus Perumnas Kayu Tangi ujung, pinggir sungai, dekat langgar Al-Qausar diperbaiki lagi. Ngalih banar lewat. (085251774xxx)

Beri Peringatan

Tidak Aktif YTH. Direktur RS Islam, masa telepon poliklinik No. 7746832 jam dua siang ditelepon tidak aktif dan ditanya ke nomor telepon 3354896, jawabnya lagi istirahat. Bagaimana kami mau daftar berobat, kalo nomor tidak aktif dan juga pelayanan telepon tidak bisa ramah dalam menjawab telepon. (081284000xxx) TANGGAPAN : SEBELUMNYA kami Direksi Rumah Sakit Islam Banjarmasin mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara tentang tanggapan dan kritiknya, semoga bermanfaat dan introspeksi yang baik ke depan. Sedangkan operator telp.0511-3354896 pada saat menerima telpon dinilai kurang konumikatif, kami atas nama Rumah Sakit Islam Banjarmasin mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang kami berikan, Insya Allah akan kami benahi guna memberikan pelayanan yang prima di masa yang akan datang. Bahwa pelayanan untuk poliklinik spesialis pagi khusus untuk poliklinik kebidanan dan kandungan dengan nomor khusus yaitu 05117746832 mulai pukul 08.00 - 12.00 sedangkan daftar untuk poliklinik spesialis waktu sore pada nomor 0511 - 3361895. Zainal Abidin Tachmad SPd, SH Kabag Sekretariat RS Islam Banjarmasin

KEPADA Yth. Kepala HRD Lion Star di A Yani Km. 12. Tolong diberi peringatan kepada karyawan bagian dikasir, jangan bicara kasar kepada pembeli. Saya mau bayar waktu belanja di situ dibentak-bentak, dikasarin karena uang ada selotipnya sedikit saja, tak diterima. Seharusnya pembeli itu dihargai, bukan dikasari. (087815785xxx)

Rute Dialihkan YTH, Pimpinan maskapai penerbangan Mandala, kemarin pada 4 Agustus 2010 adik saya akan berangkat ke Yogya menggunakan Mandala. Setelah sampai di loket check in, ternyata dipindahkan ke Mandala rute Semarang, padahal di tiket tertulis tujuan Yogyakarta. Jarak Semarang-Yogya kan lumayan jauh, mana adik saya berangkat sendiri. Kalau memang nggak bisa menerbangkan ke Yogya, sebaiknya jangan kecewakan pelanggan. Ini hanya diganti cuma biaya bis dari Semarang ke Yogyakarta (085248876xxx)

Terasa Berubah AIR PDAM kota Banjarmasin akhirakhir ini kenapa jadi berasa kebanyakan campuran kimia hajakah, jadi terasa berubah? Kayapa gerang pengolahanya? (081253891xxx)

Resahkan Warga

Sangat Terganggu

KEPADA Yth. Kapolres Kotabaru, tolong pang ditindak ibu rumah tangga penjual obat terlarang di Desa Baharu Utara RT 06 dan Batuah. Pelanggannya bukan hanya lakilaki tapi juga perempuan dan sangat meresahkan warga. Jangan menunggu korban baru bertindak, dan jangan sampai warga sendiri nang betindak. Terima kasih. (087817257xxx)

LAPOR pak kapoltabes, saya salah satu kaum Masjid Pekauman Jalan Rantauan Darat, minta tolong ditindak anak-anak muda, karena sering mabuk-mabukan di dalam halaman gudang depan masjid, terus bikin ulah trek-trekkan sepeda motor tiap sore dan malam hari. Kami sangat terganggu melakukan ibadah di lingkungan masjid. (081348165xxx)

Ditangkapi KEPADA kapolsek Sungai Tabuk, tolong pang ditangkap UL mengedarkan obat terlarang di Pemakuan Laut, samping Langgar Al Musyarofah. (081521819xxx)

Tidak Jadi BAPAK kapolres Barito Kuala, kenapa pelaku pengeroyokan di Jalan Veteran, Marabahan tidak jadi dihukum? Padahal sudah terbukti mereka melakukan penganiayaan berat. Apakah karena salah satu dari mereka orang berduit? (085249782xxx)

Mengingat Dampaknya TANAH BUMBU - Yth. Bapak kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu. Apakah dibolehkan berdiri bangunan untuk sarang walet di tengah pemukiman penduduk, tepatnya di Jalan Hidayah Gang Milenium Desa Bersujud Kec. Simpang Empat. Mengingat dampak berbagai penyakit yang akan ditimbulkan bagi anak-anak kami dikemudian hari. Tolong perhatian dan tindakannya pak. (087817269xxx)

Tindak Bawahan HULU SUNGAI TENGAH - Yth. Bupati HST melalui Kepala Dinas Pendidikan Kab. HST di Barabai. Tolong ditindak tegas atau mutasikan saja staf bapak yang telah mendustai kami handak meurusakan legalisir ijazah untuk persyaratan sertifikasi guru-guru SD se-Kabupaten ke Unlam Banjarmasin. Kenyataannya ijazah kami legalisirnya tidak asli atau aspal tapi legalisirnya dipalsukan menggunakan mesin skener di rumah yang bersangkutan. Jadi tidak dilegalisir oleh pihak Unlam, padahal kami guruguru SD telah membayar uang transpot sebesar 30.000 rupiah per orang. Kalau dikalikan semua guru SD, berapa banyak yang bersangkutan meraup uangnya. Mohon aparat terkait menindaklanjutinya dan kembalikan uang tranpot kami semuanya. (087716645xxx)

Tolong Ditindak BATOLA - Yth. Bapak gubernur Kalsel dan bupati Batola. Tolong tindak aparat pemkab Batola yang memperlambat pembuatan Kartu Keluarga dan KTP dengan alasan ada pemadaman lampu. Tetapi mereka pulang kerja sebelun jam kantor berakhir. (081349539xxx)

Tegakkan Keadilan KOTABARU - Yth. Kalapas Kotabaru, mohon diberikan arahan untuk petugas LP yang membedakan tahanan atau narapidana yang beduit selalu di istimewakan. Tolong bapak sebagai pimpinan, tegakkan keadilan untuk narapidana yang miskin. (087817159xxx)

Seenaknya Sendiri BAPAK Polsek Satui yang terhormat, tolong amankan tukang parkir di sekitar Pasar Sungai Danau, bermodal cuma tarik ongkos parkir dan cuma tidurtiduran mereka seenaknya sendiri, kadang memukuli mobil kalau tidak mau bayar, padahal tidak kelihatan tukang parkirnya. Pakai seragam dan karcis itulah yang seharusnya. Tolong ditegur. Ini sudah meresahkan dan saya sudah pernah jadi korban. (085251505xxx)

Banyak Tingkah KOTABARU - Yth. Bupati Kotabaru, untuk pembangunan Jembatan Tanjung Ayun, putuskan aja ke pemerintah supaya pembangunannya terjadwal, kalau menurut saya mengharap dari swasta banyak tingkahnya. Kalau dia bersungguh-sunguh kenapa tidak sekarang aja dibangun. (087814217xxx)

Kapan Razia? BAPAK kepala Poltabes Banjarmasin, kapan razia preman dan pengguna miras? Kan sebentar lagi mau puasa, biar masyarakat tenang menjalankan ibadahnya. Dengan begitu bapak-bapak polisi nggak ngurusin yang itu-itu aja. Selamat bertugas. (08125101xxx)

Bawa Sajam DIRESKRIM Polda Kalsel, agar diadakan razia berkala juru parkir. Sebab hampir semua juru parkir selalu membawa senjata tajam. (081251079xxx)

Satumat Haja HULU SUNGAI TENGAH - Pak bupati Hulu Sungai Tengah, tolong pang ditegur para PNS yang kerja di wilayah Kec. Batang Alai Timur, PNS yang kerja di kecamatan dan PNS yang kerja di puskesmas. Tulak jam 10 pulang jam 12. Kadangkadang ada yang tulak jam 11, datang ka kantor satumat, pulang lagi. Enak betul jadi PNS. makan gaji buta. (085754232xxx) TANGGAPAN : TERIMA kasih atas kritik saudara, memang kami ada yang terlambat datang, mengingat Batang Alai Timur daerah sangat terpencil dan pegawainya sebagian besar bertempattinggal di ibu kota kabupaten. Yang menurunkan semangat kerja kami adalah masalah tunjangan di kota dengan pegunungan sama. Coba anda lihat wilayah kerja kami, kalau pusling ke Juhu jalan kaki bisa dua hari baru sampai dan dari kota Simpang Empat Birayang saja jalannya bisa djadikan sawah. Lobangnya kaya kerbau ditambah lagi dengan berpapasan ratusan truk pasir dan batu, mana jalannya sempit, becek kaya sawah. Bila panas helm putih jadi warna coklat. Jadi tolong kepada saudara, usulkan kepada DPRD dan bupati jangan lewat Dinkes, supaya tunjangan kami sesuai dengan medan kerja seperti guru, tunjangan mereka beda daerah gunung dengan kota. Tapi kebijakan kami, di ruang BP atau suntik, kami pakai sistem piket, sehingga pasien terlayani. Terima kasih atas kritik anda, semoga pengambil kebijakan membaca keluhan ini. Puskesmas Batang Alai Timur

Keluar Biaya

Urang Takajut

TANAH LAUT - Rencana pemerintah Tala membuat irigasi di km. 16 Desa Salaman nggak diteruskankah? Padahal sudah banyak biayanya, buangbuang energi saja. (081349780xxx)

HULU SUNGAI UTARA Ayupang kepada lurah Sungai Malang tagurakan nang truk mambawa batu malam hari di CPS Sungai Malang, jangan maluruk batu malam hari, takajut urang guring, lawan anak urang kasian takajut sudah cukupai siang hari, lalu lalang urang di kompleks handak istirahat, kaya kadada waktu lagi maluruk batu. (081251785xxx)

Cek Harga TANAH LAUT - Yth. Dirut RSU H Boeyasin Pelaihari, tolong dicek harga obat di apotik, kenapa lebih mahal dari harga obat di toko-toko obat, jauh sekali bedanya. Keadaan seperti ini yang mencekik orang miskin, uang seribu sangat berarti, apalagi beda sampai empat ribuan. Kenapa juga obat untuk apotik Askes sering tidak ada, sedangkan di apotik umum ada, padahal setiap bulan PNS dipotong uang gaji untuk askes, di kemanakan dana askes itu? (0813483378xxx)

Pintu Dibukakan TAPIN - Saya sebagai warga luar kota sangat berterima kasih kepada sekuriti BNI Tapin atas pelayanannya yang sampai-sampai pintu mobil dibukakan. Semoga semua sekuriti bank kaya gitu semuanya. (085249624xxx)

Parkir Dobel BANJAR - Kepada Yth. Kepala RSUD Ratu Zaleha Martapura. Tolong pang ditertibkan juru parkir. Kenapa bayar parkir dobel, bayar kendaraan sudah tapi helm dipinta lagi, padahal helm-nya naruh di kendaraan? Kami orang sakit malah disakiti, tolong dinasehati juru parkirnya, jangan bagus gedungnya aja tapi pelayanan jeblok. Kaya ini caranya besugihan tukang parkirnya, nyaman ulun melamar jadi tukar parkir di RSUD Ratu Zaleha. Tolong ditertibkan, nanti jadi kebiasaan. (085348004xxx)

1008/B27


28

Banjarmasin Post

Trans

Kalimantan

SELASA

10 AGUSTUS 2010/ 29 SYAKBAN 1431 H

Anak-anak Pilih Kerja ke Malaysia „ Satu Desa Hanya Tiga Orang yang Bersekolah BENGKAYANG, BPOST - Warga usia sekolah di Dusun Tubung, Kecamatan Siding, Kalbar, mengutamakan mencari kerja ke Malaysia daripada bersekolah.

NET

MEWAH - Islamic Center Samarinda menjadi kebanggaan warga Kaltim. Namun biaya operasional gedung itu cukup besar, yaitu Rp 1,2 milair per bulan.

Rekening Air dan Listrik Terbesar „ Operasional Islamic Center Rp 2,2 Miliar Per Bulan SAMARINDA, BPOST - Islamic Center, Samarinda memerlukan dana operasional Rp 2,2 miliar tiap tahun. “Kenyataan ini tidak bisa dihindari. Apalagi, bangunan Islamic Center ini begitu luas,” kata Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy, akhir pekan lalu. Farid menambahkan, rekening untuk listik dan air menjadi beban utama selama ini. “Beban lainnya ketika tempat ini menjadi pusat kegiatan tertentu,” ujarnya. Saat ini, Islamic Center

ditangani unit pelaksana tugas daerah (UPTD) kerja dan yayasan. Kombinasi kedua pihak itu saling mendukung. UPTD berwenang menangani masalah pemeliharaan, ketersediaan air dan kebersihan. “Di atasnya terdapat badan pengelola atau yayasan yang berwenang menentukan kebijakan menyangkut kegiatan keagamaan dan ibadah,” kata Farid. Menyambut Ramadan, Islamic Center Samarinda menggelar siar Islam 24 jam tiap hari.

“Kami menyediakan takjil tiap hari selama Ramadan untuk seribu jamaah yang hendak berbuka puasa di sini,” katanya. Sekali sepekan menghadirkan penceramah ibu kota untuk mengisi tausiyah serta pendalaman tafsir. Kegiatan ini memerlukan biaya besar. Maka itu, dia berharap partisipasi dari masyarakat yang memiliki kepedulian untuk menyemarakkan bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan keagamaan. (TK/top)

“Mereka tidak peduli dengan pendidikan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Clement, Minggu (8/8). Clement mengatakan, dengan posisi wilayah Kecamatan Siding yang dekat dengan Malaysia memudahkan warga bepergian ke negeri jiran itu untuk bekerja. Sementara di Tubung belum ada sekolah dasar. “Kondisi itu menjadi kajian dan bahan pertimbangan Dinas Pendidikan Bengkayang karena belum mereali-

sasikan sekolah dasar mini di sana,” katanya. Sebenarnya, kata dia, Dinas Pendidikan Bengkayang sudah menyanggupi pembangunan sekolah dasar mini yang terdiri atas kelas I, II, dan III di Dusun Tubung. Namun syaratnya, warga belajar memenuhi jumlah minimal yang ditetapkan. Menurut dia, Dusun Tubung tergolong daerah kritis dan ada kemungkinan masyarakat setempat diminta berpindah. Dia menceritakan, pada

1990 di Dusun Tubung hanya terdapat tiga penduduk yang bersekolah. Karena itu, disarankan kepada penduduk Dusun Tubung agar turun ke daerah bawah gunung dengan lokasi lebih dekat ke sekolah, seperti yang dilakukan warga Dusun Rambai dan Dusun Pengok di Kecamatan Siding. “Sekolah dasar mini pada hakikatnya merupakan upaya meningkatkan pendidikan. Artinya, sekolah tidak membatasi usia warga setempat yang ingin belajar secara formal,” katanya. Sekarang, di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut hanya ada sekolah dasar dan sekolah lanjutan tingkat pertama.

Program Dinas Pendidikan, kata dia, hanya melakukan rehab dan penambahan lokal belajar. Sementara pembangunan sekolah dasar mini, ungkap Clement, sebagai cara menjalankan wajib belajar sembilan tahun. Kemudian disediakan kejar paket A, B, dan C. Clement mengatakan, fenomena satuan unit sekolah yang terkendala akibat kekurangan murid juga terjadi di Dusun Sejarok, Desa Jagoi Kindoi, Kecamatan Jagoi Babang. “Dinas Pendidikan sudah mendirikan gedung sekolah karena awalnya penduduk di sana banyak. Namun, sekarang sepi karena pindah ke daerah transmigrasi,” katanya. (ant)

Dipenjara Gara-Gara Curi Kelapa PONTIANAK, BPOST Tiga warga Dusun Sanjan Emberas, Desa Pandan Sembuat, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, harus berhadapan dengan penegak hukum dengan tuduhan mencuri berondolan kelapa sawit. Mereka bahkan sempat ditahan di tahanan Kepolisian Sektor Tayan Hulu selama tiga malam. Ketiga warga tersebut, yaitu Yulita Linda (30), Norweti (30), dan G Agung Dwi Utomo (28). Mereka dituduh mengambil 60 kilogram berondolan atau

Alangkah baiknya kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan, tetapi ternyata sekarang kasusnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan

ERMA Warga Dusun Sanjan Emberas

buah kelapa sawit yang rontok dari tandannya di perkebunan milik PT Perkebunan Nusantara

XIII, Mei lalu. Harga berondolan itu Rp 1.000 per kilogram. “Kami sempat ditahan oleh polisi selama tiga malam,” kata Norweti, Minggu (8/8). Norweti dan Linda datang ke Pontianak atas undangan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kalbar Erma Suryani Ranik untuk berdiskusi dan membantu pendampingan selama menjalani proses hukum. “Alangkah baiknya kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan, tetapi ternyata sekarang

kasusnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan,” kata Erma. Linda menambahkan, mereka mengambil berondolan yang tidak diangkut oleh perusahaan karena berada di sekitar pohon. Berondolan yang biasanya diangkut berada di tempat pemungutan hasil (TPH) bersama tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. “Sebagian ibu-ibu di dusun juga mengambil. Hasilnya juga kami gunakan untuk tambahan belanja dapur,” kata Linda. (kps)

1008/B28


Banjarmasin Post - Edisi Selasa, 10 Agustus 2010