Issuu on Google+

28

Banjarmasin

Post

MINGGU

31 MEI 2009/ 5 JUMADILAKHIR 1430

RP 3.000

NO. 13569 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

HALAMAN

DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

“Buat saya nomor urut berapa pun tidak masalah, yang penting kerjanya. Rasanya biasa-biasa saja tidak ada spesial, yang penting rakyat diperhatikan”

“Alhamdulillah mendapat nomor dua, banyak pemaknaannya. Bisa berarti victory, perjuangan menuju kemenangan dan melanjutkan yang telah kita lakukan.”

MEGAWATI SOEKARNOPUTRI

“Kenapa harus dipermasalahkan. Itu sudah siap dicetak. Nomor berapa pun baik. Apalagi nomor tiga. Itu lebih tinggi daripada yang lain. Lebih banyak pendukungnya”

SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

JUSUF KALLA ANTARA/PRASETYO UTOMO

Istri Yudhoyono Ikut Berjilbab AFP/ADEK BERRY

BERSALAMAN - Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri bersalaman (kiri atas) pada acara pengundian nomor urut caprescawapres di KPU (kanan atas), Sabtu (30/5). Pada acara lain beredar poster bergambar Ani Yudhoyono mengenakan jilbab.

IST

Salaman Dua Kali

„ Kalla: Jangan Copot Jilbab Istri Saya JAKARTA, BPOST - Politisasi agama dalam kampanye politik untuk pemenangan Pemilihan Presiden 2009 makin hangat. Beredar rumor, ada pihak-pihak yang meminta agar istri Jusuf Kalla dan Wiranto melepas jilbab selama proses pemilihan presiden (pilpres).

“Berarti, ada orang atau pihak lain yang minta istri saya buka kerudungnya (jilbab), begitu. Atau pasangan lain minta istri saya dan istri Wiranto buka (maksudnya mengganti) bajunya. Kalau ada yang mau mengubah, itu pelanggaran yang luar biasa. Justru yang tidak demokratis yang ngomong seperti itu. Harus dicurigai yang seperti itu,” tegas Kalla kepada pers di markas pemenangan kubunya di Teuku Umar, Jakarta, Sabtu (30/5). „ Hal 14 kol 4-7

PERJUMPAAN itu terjadi juga. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang telah lima tahun berseteru akhirnya bersua. Mereka dua kali bersalaman tangan. ‘Islah’ itu terjadi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta,

Sabtu (30/5). Adalah pengundian nomor urut calon Pilpres 2009 yang mempertemukan mereka. Salaman kali pertama terjadi di awal acara. Pada salaman pertama, Yudhoyono yang mendekat ke tempat duduk Mega. „ Hal 14 kol 4-7

KRI Untung Buru Kapal Malaysia „ Konflik Ambalat Kian Memanas

Smartbook Ancam Netbook SELAMA ini, netbook menjadi komputer jinjing yang paling fenomenal. Tapi kedudukan netbook terancam dengan kehadiran pesaing yang lebih pintar. Smartbook dengan chip qualcomm bisa menggusurnya. Raksasa pembuat perangkat komunikasi wireless qualcomm akan menguji coba gadget baru yang disebut smartbook. Perangkat ini menggunakan chipset perusahaan itu, yang disebut snapdragon.Smartbook itu diposisikan sebagai jembatan antara smartphone dan netbook. Smartbook membawa fitur populer yang ada di smartphone ke dalam gadget yang lebih besar. Sama seperti smartphone, smartbook menyediakan akses ke internet melalui jaringan seluler. Gadget ini akan menyala dengan sekejap dan baterainya mampu bertahan hingga 10 jam. Produk ini sedikit berbeda dari netbook yang konektivitasnya melalui wifi didukung CPU lebih kuat tapi daya tahan baterainya kurang. Smartbook ukuran besar akan memiliki desain sama seperti notebook. Sementara yang lebih kecil akan mirip tablet layar sentuh atau perangkat mobile internet. Monitornya antara lima inci hingga 12 inci.(ap/inl)

LAGI-lagi, kapal perang Angkatan Laut Malaysia melanggar perairan Indonesia di Ambalat, Kaltim. Bahkan, KRI Untung Suropati yang sedang berpatroli sempat mengejar kapal perang negeri jiran itu. Kapal Malaysia bernama KD Baung 3509 itu masuk wilayah Ambalat, Sabtu (30/5), pukul 06.00 Wita. Sudah beberapa kali kapal itu nekat memasuki perairan Indonesia. Kapal perang Malaysia itu tertangkap radar dalam jarak tiga mil sebelah utara Karang Unarang atau sudah memasuki wilayah Indonesia sekitar tujuh mil. Karang Unarang merupakan mercusuar yang dibangun Indonesia sebagai penanda di wilayah Ambalat.

Saat itu Komandan KRI Untung Suropati, Mayor Laut Salim sempat menghubungi lewat kontak radio. Namun, tidak ditanggapi. Terakhir kontak radio terjadi pada 25 Mei 2009. Saat itu kapal perang Malaysia masuk Ambalat sekitar empat mil dari Karang Unarang (batas yang diklaim Malaysia sebagai wilayahnya). Namun, kapal itu tetap masuk hingga sekitar 12 mil perairan Indonesia. Menurut aturan internasional, kapal asing bisa masuk ke batas negara asing sekitar setengah mil hingga dua mil. Tak ayal, sempat terjadi kejar-kejaran selama dua hari antara kapal Malaysia dan Indonesia.

BANJARMASINPOST/MURHAN

PARA santri pulang setelah mengikuti proses belajar mengajar di Ponpes Darussalam, Banjar

Hidup ala Santri Darussalam

Memasak Sambil Dengar Musik Ingat lagu Kota Santri? Mari kita nyanyikan bersama: Suasana di kota santri, asyik senangkan hati. Tiap pagi dan sore hari, muda mudi berbusana rapi menyandang kitab suci. Hilir mudik silih berganti, pulang pergi mengaji.... „ Hal 14 kol 4-7

„ Hal 14 kol 1-3

Salat di Kala Ingat Orangtua

Mamandir DBD

Halaman

14

SI PALUii - Kapal Malaysia masuk pulang ka laut kita, Lak-ai + Sadang sudah kita baurut dada, Nang-ai

WAYAH musim hujan ini nang paling ditakutanakan adalah kakanakan banyak nang garingan. Banyak nang kana salismaan, batukan, bakakajutan panas awak, malah GGL

KRI Untung Suropati

„ Hal 14 kol 1-3

Anang Gayam

04:59

12:20

15:44

18:20

19:33


2 X-Presi

Banjarmasin Post

MINGGU 31 MEI 2009

iliar Bisa Bikin Ketagihan DENY memegang stik sepanjang 1,5 meter. Mata remaja berusia 16 tahun itu fokus pada bola putih di atas meja biliar. Dia mengambil posisi untuk memukul bola putih diarahkan ke bola warna hijau. Bola hijau meluncur mulus ke lubang.

S

iswa kelas X SMA PGRI 2 Banjarmasin itu pun tersenyum puas. Ekspresi itu diperlihatkannya pada tiga temannya yang menunggu giliran memukul. “Untung aja bisa memasukkan bola satu kali, meskipun tidak berhasil menghabiskan semua bola. Yang penting bisa dapat kesempatan main, karena kami harus bermain secara bergantian di meja ini,” ujar Deny saat beristirahat sejenak. Ya, arena permainan biliar menjamur di Banjarmasin. Hampir di tiap jalan protokol terdapat rumah biliar. Penggemar olahraga dan ketangkasan ini pun dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah pelajar. Deny, mengaku menyukai biliar sejak kelas II SMP. “Awalnya hanya lihat-lihat teman yang sudah mahir bermain biliar. Setelah mencoba dan sedikit bisa, saya jadi ketagihan pengen bermain terus,” katanya. Dia biasa bermain bola sodok bersama teman-teman sekolahnya. “Biasanya kami bermain usai pulang sekolah, sekitar pukul 15.00 Wita. Lumayan bisa mengisi waktu luang dan menghilangkan kejenuhan,” ujarnya.

Tiap kali main, paling sedikit dua jam lamanya dia bermain. “Dalam sepekan, kira-kira saya bisa empat kali mendatangi arena permainan biliar,” kata Deny. Sama seperti Deny, Ahmad Husaini, siswa kelas 8 Multimedia SMKN 2 Banjarmasin sudah bisa main biliar sejak kelas II SMP. Tak heran, ketika kru X-Presi menemuinya di sebuah rumah biliar, dia tampak lebih mahir dibanding dua temannya, Romanda dan Randi. Bagi Ahmad, biliar sepertinya udah nggak asing lagi. “Dulu saya sering diajak bapak saya main. Bapak saya itu memang hobi main billiar,” ujarnya. Pengamatan kru X-Presi nih, rata-rata sobat muda lebih suka memainkan permainan bola 9 dibanding bola 8 atau bola 15. Ahmad beralasan, kalau main dengan sembilan bola bisa lebih enak dan cepat mainnya. “Lagipula kan sambil mengajari temen-temen saya ini. Kalau kelamaan kan kasian temen yang satunya lagi. Soalnya mereka ini gantian mainnya,” tambahnya. Romanda Putra pun mengatakan hal yang sama dengan Ahmad. Cowok berkacamata ini bilang dia baru dua kali bermain biliar. “Ternyata asyik juga main biliar. Malah lebih asyik main

langsung daripada main di game. Kebetulan sekarang mainnya bola sembilan. Jadi selain mainnya bisa cepet gantian, latihannya pun bisa lebih cepet lagi. Maksudnya biar gak ngantri lama, hehehe,” katanya sambil tertawa. Demikian pula Udin ‘Granat’. Cowok yang baru aja menyelesaikan ujian di kelas III SMP Tsanawiah Qubah Raya ini menganggap permainan dengan jumlah bola sembilan buah ini lebih cepat dan lebih menarik. Well, kayaknya biliar banyak peminatnya ya. Padahal, dulu tempat biliar kesannya tempat nongkrong orang-orang yang suka mabukmabukan. Arena biliar pun tergolong ‘najis’ bagi cewek. Tapi sekarang, cewek pun suka main biliar. Enggak percaya? datang saja ke rumahrumah biliar. Pasti ada cewek lagi nyodok bola. “Biliar enak buat fun. Enggak selalu cowok kan? Cewek juga bisa. Bahkan artis-artis jago main biliar,” kata Rani, cewek sebuah SMA di Banjarmasin. Rani biasa main biliar ditemani sohib-sohibnya.” Biasanya berempat atau berlima. Tapi pasti ada cowok yang nemenin. Kayak body guard gitu. Biar pun arena biliar enggak kayak dulu, tapi buat jaga-jaga kan enggak salah tuh ditemanin cowok,” kata rani. (ee/kk/yan)

DEDE HARDIAN Kelas XI IPS 3 SMA Korpri Banjarmasin

Lebih Suka Bola 9

BPOST/EE

KALO permainan biliar aku lebih suka bermain bola sembilan. Apalagi, permainannya singkat dibandingkan permainan lainnya. Keuntungan yang bisa aku dapatkan dari permainan biliar adalah, permainan ini menguji konsentrasi, penglihatan, dan juga gerakan tangan kita. (ee)

LAILA Kelas XI IPA 1 B SMA PGRI 4 Banjarmasin

Untuk Refreshing KEBANYAKAN permainan biliar dilakukan olah kalangan cowok, tetapi gak ada salahnya kalo cewek juga menyukai permainan ini. Boleh-boleh aja, apalagi kalo bisa main biliar rame-rame, sbuat refreshing. Tapi, yang harus diingat, jangan sampe bolos sekolah lantaran ketagihan. (ee) BPOST/EE

MUHAMMAD IQBAL Kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin

Penasaran Pengen Nyoba SEBENARNYA aku belum pernah dan belum bisa bermain biliar, tapi ada juga penasaran pengen tahu cara mainnya. Aku cuma pernah main melalui game komputer. Permainan biliar emang sudah menjamur di kalangan anak muda, jadi enggak ada salahnya jika permainan itu dijadiin hoby. Namun, permainan ini jangan sampai dimanfaatkan jadi ajang berjudi, karena berbahaya. (ee) BPOST/EE

RATU BULQIS Kelas X-1 SMA Korpri Banjarmasin

Enggak Usah Ikutan HMM. Permainan biliar identik dengan permainan cowok, tempatnya permainannya remang-remang, jadi aku enggak terlalu suka. Jadi mendingan enggak usah ikutan deh. (ee) BPOST/EE DOK.BPOST/ASPIAN

Merangsang Otot Motorik

Sempat Dilarang Ortu WAWAN telanjur menyenangi permainan biliar. Siswa Kelas IX SMPN 1 Banjarmasin itu pun sempat dimarahi orangtuanya. Sang ortu menganggap permainan tersebut sudah mengarah kepada hal-hal yang negatif. “Ortu bahkan melarang aku mengunjungi tempattempat permainan biliar. Alasan mereka, permainan ini punya banyak efek negatif dan dapat mengganggu aktivitasku sebagai pelajar,” kata Wawan. Namun, Cowok yang berperawakan tinggi ini, berusaha meyakinkan kedua orangtuanya sehingga dia bisa

kembali mendapatkan izin bermain biliar. “Aku meyakinkan mereka bahwa aku menggemari permainan ini karena hanya untuk olahraga dan aku menghindari taruhan,” katanya. Dia mengambil hal positif ketika bermain biliar. “Manfaat dari olahraga ini melatih konsentrasi. Bahkan, yang lebih seru lagi ada kepuasan tersendiri ketika kita berhasil memasukkan bola ke salah satu lubang di meja,” katanya. Siswa Kelas X SMA PGRI 2 Banjarmasin, Julian punya alasan lain. Cowok yang akrab dipanggil Oyan ini merasa biliar membuatnya bisa

menambah teman. “Sebenarnya bermain biliar sama dengan kita nongkrong di kafe atau di jalan. Pokoknya bisa kenalan dengan teman baru,” Kata cowok yang senang permainan bola delapan ini. Menurut Oyan, ketika ada rekan sebayanya yang beranggapan bahwa bermain biliar itu berdampak negatif, dia tidak perlu menanggapi dan memperdebatkan. “Kalo aku sih, biasa aja menanggapi hal itu, selama bisa mengontrol diri dan kita tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma, lebih baik cuek aja,” jelasnya. (ee)

DOK.BPOST/ASPIAN

PSIKOLOG, Ermanto Dwi Atmoko, menilai, sebenarnya permainan biliar sangat bagus. Sebab, permainan ini bisa juga disebut sebagai olah raga. Biliar melibatkan aktivitas mental dan otot motorik. Permainan ini melatih kemampuan berfikir atau konsenterasi. Sehingga otak akan berkoordinasi dengan otot motorik di tangan. Ermanto tidak menampik tudingan permainan biliar itu identik dengan hal negatif. Namun, jika permainan biliar ini dilakukan sepenuhnya dengan niat yang positif, biliar tidak memberikan pengaruh buruk.

Dia juga mendukung permainan biliar disukai remaja. Sebab, bisa melatih melatih kemampuan koordinasi antara konsentrasi kerja otak dan otot motorik sejak dini. “Sebenarnnya sangat bagus jika memang sudah diawali sejak dini. Melatih koordinasi antara otak dan otot, melatih ketepatan, dan juga antisipasi,” kata Ermanto. Namun, menurut dia, perlu disadari lebih dalam lagi bahwa seharusnya orangtua melakukan pengawasan juga terhadap anaknya yang gemar bermain biliar. Tujuannya agar soat muda tidak terjerumus kepada hal yang negatif. (kk)

3105/02


Banjarmasin Bungas 3

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

E-MAIL: BUNGAS@BANJARMASINPOST.CO.ID

Tebang Sebatang Disanksi 1.000 Pohon „ Zona Bebas Sampah Jadi 12 Lokasi BANJARMASIN, B POST - Raperda pengelolaan sampah dan pertamanan serta retribusi sampah resmi disahkan oleh DPRD Banjarmasin, Sabtu (30/5). Salah peraturannya mengenai larangan menebang pohon. Setiap pelanggar akan dikenakan sanksi, setiap pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam 1.000 pohon. Ketua Pansus Raperda Pengelolaan Sampah dan Pertamanan serta Retribusi Kebersihan Bulhadiansyah mengatakan, setelah perda ini disahkan dan masuk lembaran negara, isi dari perda ini sudah menjadi bagian kewajiban dari pemerintah daerah untuk melaksanakan. “Masyarakat, juga menjadi bagian dari tanggung jawab untuk ikut bersamasama melaksanakan perda ini,” tuturnya, Sabtu (30/5). Peraturan mengenai penebangan pohon, sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota mempertahankan kesejukan kota, pemerintah berupaya mempertahankan pohon-pohon yang ada. Setiap, penebangan pohon mesti mengajukan izin ke instansi terkait dinas Kebersihan dan Pertamanan. Setiap satu pohon yang ditebang, masyarakat harus mengganti 1.000 pohon atau diancam kurungan paling lama tiga bulan. “Aturan ini kita muat untuk melindungi pohonpohon yang sudah ada,” katanya.

Selain sanksi bagi menebang pohon, perda ini juga memuat zona bebas sampah di Banjarmasin. Sanksi tindak pidana ringan bakal dikenakan bila ada masyarakat kedapatan membuang sampah, mulai denda minimal Rp 100 ribu dan maksimal Rp 5 juta atau kurungan selama tiga bulan. Sebagaimana termuat dalam Pasal 30 ayat 1, tiap orang dilarang membuat sampah tidak pada tempatnya, dilarang membuang sampah di luar jam yang telah ditentukan, membuang sampah di jalan-jalan atau drainase, membuang sampah yang tidak sesuai ketentuan persampahan, membuat tempat penampungan sementara yang tidak direkomendasikan. Masyarakat perlu mengetahui kawasan yang telah ditetapkan di dalam perda ini sebagai kawasan bebas sampah, artinya masyarakat tidak diperkenankan membuang sampah di kawasan tersebut. Ada 12 ruas jalan yang dilarang yakni Jalan A Yani

Kilometer 1 hingga Kilometer 6, Kolonel Sugiono, Pangeran Antasari, Lambung Mangkurat, R Suprapto, AS Musyafa, RE Martadinata, Piere Tendean, Gatot Subrota, Pangeran Samudera, S Parman, serta Brigjen H Hasan Basri. “Masyarakat yang tidak mengindahkan larangan yang termuat di dalam perda tersebut diancam kurungan paling lama tiga bulan, atau denda minimal Rp100 ribu hingga Rp 5 Juta,” katanya. Bulhadiansyah berharap, pemerintah mensosialisasikan aturan ini sehingga masyarakat mengetahui dan ketaatan dalam membuang sampah. Khusus zona sampah, pemerintah mesti mengawasi pelaksanaannya tentunya untuk melaksanakan aturan ini memerlukan dana operasional yang nantinya dianggarkan dalam APBD. (wid)

RENUNGAN WAISAK - Umat Budha Kalsel menyalakan lilin dan menyanyikan lagu Malam Suci Waisak saat peringatan Waisak 2553 BE/2009 di Shinta International Restaurant Banjarmasin, Sabtu (30/5). Peringatan waisak juga dihadiri Gubernur Kalsel H Rudi Arifin dan Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Heros Paduppai.

BANJARMASIN POST/HERRY MURDY HERMAWAN

Terapkan Sistem Shift

12 Zona Bebas Sampah di Banjarmasin No. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

Ruas Jalan A Yani Kilometer Satu-Enam Kolonel Sugiono P Antasari Lambung Mangkurat R Soeprapto AS Musyafa RE Martadinata Piere Tendean Gatot Subroto Pangeran Samudera S Parman Brigjen Hasan Basri

SEBELUM menetapkan 12 zona bebas sampah, Kota Banjarmasin sebenarnya sudah memilikinya, yaitu sepanjang Jalan A Yani, Soetoyo, serta Hasan Basri. “Sebelumnya ada tiga lokasi, kemudian ditambah sembilan,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, Drs Syaidinoor, kemarin. “Disahkannya perda ini akan kita tindaklanjuti dengan operasi-operasi yustisi di kawasan yang telah ditetapkan bebas sampah tersebut. Kita juga akan menyosialisasikannya agar warga menyadari dan mengetahui bahwa

Ribuan Anak Yatim Salat Hajat BANJARMASIN, BPOST - Ketua Badan Koordinas Panti Asuhan Indonesia (Bakorpin) Kalimantan Selatan Dr H Zairullah Azhar menggelar Salat Hajat bersama ribuan anak yatim piatu yang saat ini dalam binaan Bakorpin Kalsel di wilayah Kota Banjarmasin, Banjar, dan Batola. Acara yang dipimpin langsung oleh Zairullah ini dilaksanakan di lokasi Majelis Zikir SBY Nurussalam Dan Darul Azhar di Jalan Sultan Adam, Banjarmasin, Sabtu (30/5). Zairulah menggelar ini dalam rangka berpamitan dengan anak-anak yatim binaannya menjelang keberangkatannya untuk melaksanakan umrah, Minggu (1/6). Menurut Zairulah, acara ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dalam rangka bergembira bersama seluruh anak yatim, yang telah ditinggalkan salah satu atau kedua orangtuanya. “Program ini, program rutin biasa. Kebetulan besok, Minggu, kami berangkat umrah. Ini merupakan acara pamit sekaligus dan minta doakan, juga persiapan mereka yang masuk sekolah, ada yang naik kelas, ada yang ujian untuk membuatkan pakaian baru mempersiapkan anak-anak yang bergabung di Bali ataupun Banjarmasin, karena sebagian mereka ada yang masih ikut keluarga,” terang Zairulah. Dijelaskannya, saat ini anak-anak yatim piatu yang di

Diklat Guru PAUD BANJARMASIN, BPOST El-Diina Cabang Banjarmasin, menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) pendidikan anak usia dini (PAUD), Sabtu (30/5) dan Minggu (31/5), di

Gedung Homeschooling Group Khoiru Ummah. Selain menyeleksi calon guru PAUD, acara ini juga untuk menularkan ilmu pengetahuan bagaimana cara

BANJARMASIN POST/HARI WIDODO

Ribuan anak yatim piatu dari Banjarmasin, Banjar, dan Batola mengikuti salat hajat dan zikir bersama Bakorpin Kalsel.

bawah asuhan Bakorpin Kalsel berjumlah sebanyak 10.700 anak. Dari ribuan anak-anak yatim yang mereka asuh, saat ini sudah ada yang berhasil menempuh pendidikan. (wid) orangtua berbahasa yang baik dengan anaknya. Manager Lembaga Pelatihan Training Event Organition (LPTEO) El-Diina Cabang Banjarmasin, Elly Yustina mengatakan, penyampaian bahasa negatif kepada anak jangan sesekali dilakukan, sebab menurut dia cara tersebut akan lebih cepat ditiru anak usia dini.

DICARI 1. Operator Alat Berat (Exca, Dozer, Greder) 2. Sopir Dump Truck Syarat :

Saldo Akhir 30 Mei 2009

496.698.169 Lamaran ditujukan ke PO BOX 544

SD BERTARAF INTERNASIONAL KABUPATEN BANJAR MENERIMA MURID BARU TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010 SD Bertaraf Internasional Kab. Banjar adalah salah satu dari 22 sekolah Dasar Bertaraf Internasional di Indonesia yang dikembangkan melalui Model Newly Developed. Membuka kesempatan kepada murid lulusan TK untuk mengikuti selaksi. Pendaftaran Gelombang 2 : Tgl. 1 Juni s/d 5 Juni 2009 Pukul 08.00 s/d 12.00 Wita Tempat Pendaftaran : Kantor SD Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar Jl. Chandra Kirana RT 5 RW 1 Indrasari Martapura Telp. 0511 7479055 e-mail : sdbi_banjar@yahoo.co.id Tes Masuk : Senin, 8 Juni s.d Kamis, 11 Juni 2009 Pengumuman : Rabu, 11 Juli 2009 Daftar Ulang : Kamis, 2 Juli s.d Sabtu, 4 Juli 2009 Informasi : Ali (0511) 7649659 Said (085258042117)

“Kalau penyampaian bahasa yang salah, bisa membangun konsep yang salah terhadap diri anak. Misalkan ade jangan nakal ya, ibu mau ke pasar sebentar,” kata Elly. (hh/*)

DICARI SEGERA RUMAH/BANGUNAN (DIKONTRAKKAN)

Syarat : - Halaman bisa menampung min. 10 mobil - 4 kamar tidur - Listrik min. 2500 watt Silahkan ajukan penawaran ke : 081348120489 / 08195476355

LOWONGAN KERJA Perusahaan Asuransi Swasta Nasional membutuhkan segera tenaga kerja untuk ditempatkan di Banjarmasin, Palangka Raya, dan Sampit dengan kualifikasi : ~ Pendidikan S1 ~ Pria & belum menikah ~ IPK Min. 2,75 ~ Diutamakan "Fresh Graduate" ~ Fasih dalam pengoperasian computer ~ Bahasa Inggris Aktif Lamaran paling lambat 2 minggu sejak tanggal iklan, hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil. Lamaran dikirim ke : PT. ASURANSI WAHANA TATA Jl. Lambung Mangkurat No. 70 Banjarmasin 70111

kawasan tersebut bukan lagi daerah pembuangan sampah,” lanjutnya. Seiring dengan semakin tingginya tuntutan kebersihan di Kota Banjarmasin, dia mengakui, masih perlu dana yang besar lagi untuk bisa benar-benar optimal membersihkan seluruh kawasan di Kota Banjarmasin. Apalagi, saat ini dinasnya juga menangani pertamanan, tentu perlu dana lebih besar lagi untuk bisa melaksanakan optimal tugas tersebut. Menurutnya, saat ini untuk ketersediaan tenaga yang menangani persampahan di Kota Banjarmasin sudah men-

cukupi. Tapi dia menilai sarana dan prasarana di TPS mesti dibenahi lagi, termasuk jumlah truk mesti ditambah. Jumlah truk sampah, dilihat dari sisi rasio perbandingannya. Setiap 10 ribu penduduk harus tersedia satu unit truk. Karena Kota Banjarmasin berpenduduk 65 ribu jiwa, semestinya ada 65 truk untuk bisa mengangkut secara cepat seluruh sampah dari TPS-TPS. “Untuk mengatasi kekurangan jumlah truk ini, kami menerapkan sistem shift dalam proses pengangkutan sampahnya,” katanya. (wid)

„ Be an Idol Teacher-Primagama

Cara Mengajar Makin Asyik BANJARMASIN, BPOST Keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan faktor kemampuan guru dalam berinteraksi, santai, dan serius sehingga siswa dapat mengerti apa dipelajarinya. Agar misi ini tercapai, Primagama cabang Banjarmasin bekerjasama dengan Banjarmasin Post Group menggelar workshop Be an Idol Teacher, di Aula Bappeda Kalsel, Sabtu (30/5) pukul 09.00 Wita. “Setelah mengikuti acara ini, ternyata cara mengajar bisa menjadi makin asyik. Untuk menjadi seorang guru yang diidolakan memang butuh waktu dan butuh proses. Di sini kita bisa mengambil kiat-kiat cara untuk menjadi pengajar yang baik,” ujar Dinar, satu dari 300 peserta yang menghadiri seminar terdiri dari guru SD, SMP, SMA, pakar dan praktisi pendidikan serta kalangan mahasiswa yang datang.

Menurut guru di SMAN 7 Banjarmasin ini, dalam mengajar mereka harus menjadikan muridnya sebagai teman. “ Saat memulai proses belajar mengajar, ternyata kita harus mengikuti apa yang murid kita inginkan, seperti untuk membuat suasana menjadi nyaman kita tanyakan kepada murid materi apa yang mau dipelajari, agar terarah dan siswa pun tahu materi apa yang tidak mereka mengerti,” kata warga Jalan A Yani Kompleks Beruntung Jaya itu. Hal senada juga diungkapkan, Rahman, Guru SMPN 7 Banjarmasin yang datang menjadi peserta dalam seminar tersebut, menurutnya dalam seminar tersebut ditekankan seorang pengajar harus dapat menguasai materi, ramah tamah, dan berpenampilan yang menarik. “Acara ini sangat penting diikuti para guru dan calon

guru. Banyak yang kita dapat. Selain menarik, acara ini juga sangat bermanfaat,” tutur guru Matematika warga Jalan Banua Anyar RT 22 tersebut. Koordinator Primagama Area Banjarmasin, Ahmad Nahid, menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk membagikan informasi dan pengetahuan cara menjadi seorang guru yang diidolakan. Agar siswa tidak harus selalu merasa tertekan, namun merasa nyaman saat belajar. “Acara heboh sekali, acara besok pasti makin heboh lagi,” ujar Ahmad yang menjadi ketua panitia acara tersebut. Dalam acara tersebut, panitia menghadirkan dua narasumber dari Yogyakarta, yakni pakar pengelolaan kelas, Hosia R Putra, serta salah seorang contoh guru yang diidolakan, Asep GYoo.(jj/*)

Kami Perusahaan Multi Nasional yang bergerak di bidang distribusi produk-produk kecantikan dan makanan kesehatan, membuka peluang untuk posisi sebagai berikut :

1. ORDERING / PENJUALAN (ORD) 2. GUDANG (WH) Persyaratan : Wanita (1), Pria (2), Single Pengalaman min. 1 tahun Bisa MS, Office & Internet Memiliki keterampilan untuk komunikasi yang baik Penampilan menarik, jujur, bertanggung jawab & memiliki motivasi Kirim lamaran lengkap, CV dan foto terbaru ke alamat : PT. KK INDONESIA Jl. Pahlawan No. 43 Banjarmasin Paling lambat 2 minggu setelah penayangan iklan. Tulis kode posisi di pojok kiri amplop.

3105/03


4 Kabar Jatim

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Terbakar Usai Disidak Menhub „ 299 Penumpang Kapal Mandiri Nusantara Selamat SURABAYA, BPOST - Kapal Mandiri Nusantara milik PT Primavista yang mengangkut ratusan penumpang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur, terbakar di Laut Jawa, Sabtu (30/5) sore.

ANTARA/FOURI GESANG SHOLEH

PERAN RESI - Menkominfo Mohammad Nuh berperan sebagai Resi saat pertunjukan ketoprak di GOR Ken Arok, Malang, Jatim, Jumat (29/5) malam. Pemerintah menggunakan seni tradisional sebagai sarana untuk menyosialisasikan program-programnya secara efektif.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, lokasi terbakarnya kapal yang membawa 299 penumpang dan 56 ABK tersebut tepatnya 34 mil sebelah timur Perairan Karamaian Kangean atau hanya berjarak beberapa mil dari Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Humas Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjung Perak, Sri Sukesi, memastikan seluruh awak kapal dan penumpang selamat dalam musibah itu. “Para awak dan penumpang kapal selamat setelah ditolong tiga kapal yang kebetulan melintas di dekat

kapal yang terbakar itu,” katanya. Menurutnya, kapal jenis roll on-roll off (roro) itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (29/5) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab terjadinya kecelakaan kapal penumpang itu. “Penyebab kecelakaan belum diketahui, tapi penumpang sudah kami evakuasi,” kata Sukesi. Kepala Cabang PT Primavista Banjarmasin, Heru Nurcahya, membenarkan terbakarnya salah satu kapal milik perusahaan itu. Kendati begitu, dia menegaskan, pukul

19.00 Wita, Sabtu (30/5) seluruh penumpang sebanyak 373 telah dievakuasi ke Surabaya oleh beberapa kapal yang kebetulan lewat saat peristiwa terjadi. “Di antaranya, penumpang dievakuasi oleh tangker Timur Galaksi yang kebetulan tengah berlayar di lokasi kejadian. Tangker itu berlayar dari Tarakan menuju Surabaya,” kata Heru saat dihubungi tadi malam. Keterangan sedikit berbeda didapat Bpost, dari Adpel Banjarmasin. Menurut Kasie Penyelamatan Kantor Adpel Banjarmasin, Ardiansyah, kebakaran kapal terjadi di perairan laut sekitar 75 mil dari Tanjung Selatan atau 48 mil dari Pulau Keramaian Barat Daya. “Kita belum mengetahui apakah, ada penumpang yang hilang atau yang tidak selamat. Tapi yang pasti penum-

pang sudah diselamatkan ketiga kapal itu,” katanya. Menurutnya, kapal yang menolong para penumpang Mandiri Nusantara, selain kapal tangker Timur Galaksi, adalah Tagboat Sukur Dua dan kapal layar motor (KLM) Artha. Peristiwa terbakarnya kapal itu sangat ironis. Itu mengingat beberapa jam sebelum kapal nahas itu berlayar, Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal melakukan inspeksi mendadak di Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (28/5) siang. Dalam dua pekan terakhir tercatat tiga kecelakaan kapal. Sebelumnya, duakapal kargo bertabrakan di sekitar dermaga Terminal Peti kemas Surabaya, Tanjung Perak, Jumat (22/5). Kemudian Senin (25/5) perahu layar motor Sahabat Sejati tenggelam di Perairan Karangjamuang akibat lambung bocor. (ant/ff/hh/ii)

Pelajar-Mahasiswa Tolak Rokok Bukan Asing, Tinggal Pasang Pagar AKTIVIS pelajar dan mahasiswa se-Jawa Timur yang tergabung dalam Aliansi Total BAN menolak peredaran dan penggunaan rokok serta apapun yang berbau rokok, termasuk iklan. Penolakan mereka diaktualisasikan mereka dengan menggelar unjuk rasa di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Sabtu (30/05). “Tidak sedikit pun ada yang

menguntungkan dari sebatang rokok. Karena itu kami generasi muda bangsa ini menolak rokok dengan segala bentuknya, termasuk iklan rokok. Kita tolak rokok dengan segala bentuknya di tengah masyarakat, terutama generasi muda. Tolak rokok,” teriak Putri satu di antara peserta aksi. Sejumlah poster berisi hujatan dan penolakan terha-

Ombak Tinggi Dekat Kalsel TINGGI air pasang laut di sekitar Surabaya hingga kemarin mulai menurun. Masyarakat sekitar pesisir pantai tidak perlu khawatir dibanjiri air laut pasang. Berdasarkan prakiraan tinggi air pasang dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak II, tinggi air pasang kemain sudah menurun dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Ketinggian air pasang maksimal mencapai 60 sentimeter. “Hari ini (kemarin) sudah mulai menurun dan lepas dari puncak air pasang laut,” kata Sinta, prakirawati BMKG Maritim Perak II saat dihubungi, Sabtu (30/5). Sinta menjelaskan, air pasang itu terjadi pukul 05.00 WIB kemarin pagi, tidak menimbulkan dampak apa pun bagi masyarakat yang tinggal di pesisir. Air laut surut minus 50 sentimeter tadi malam. Air pasang laut sempat membanjiri beberapa daerah yang berdekatan dengan laut. Banjir air laut atau rob ini membuat kemacetan dan kerugian pada warga. Sementara itu tinggi gelombang di Laut Jawa sekitar 1-3

meter dengan ketinggian maksimal pada bagian selatan Kalimantan. Tinggi gelombang ini tergolong tidak bersahabat bagi pelayaran. (dts)

dap keberadaan rokok dibentangkan para aktivis. Selain menganggap rokok tidak menguntungkan justru merugikan dan merusak jiwa, para aktivis juga beranggapan bahwa rokok adalah langkah menuju gerbang penyalahgunaan narkoba. “Tidak ada yang menguntungkan dari sebatang rokok. Kita tolak itu. Bahkan rokok bisa jadi adalah langkah menuju gerbang penyalahgunaan narkoba. Hentikan peredaran rokok sesegera mungkin.,” ujar Petrus salah seorang koordinator aksi. (ssb)

„ Suramadu Menjelang Peresmian 10 Juni SURABAYA, BPOST - Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) rencananya akan diresmikan 10 Juni. Untuk memastikan, persiapan jembatan itu, empat menteri Kabinet Indonesia Bersatu, kembali mengunjungi jembatan itu akhir pekan kemarin. Keempatnya masing-masing Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, Kepala Bappenas Paskah Suzetta, plt Menko Ekuin Sri Mulyani, dan Menkominfo M Nuh. Da-

lam kesempatan itu, Joko Kirmanto kembali menegaskan bahwa operator Jembatan Suramadu hanya untuk operator dalam negeri.”Tidak ada operator asing. Dari Indonesia saja cukup,” ujar Joko setelah mencoba menyeberangi jembatan sepanjang 5,4 kilometer atau terpanjang di Indonesia ini. Joko merasa perlu memberi penegasan kembali karena masih saja ada yang mewacanakan pengelolaan Suramadu kepada asing. Sebelumnya, Pemprov Jatim menolak rencana apa pun yang membuka

Harusnya Bebaskan Dulu Seluruh Tanah PEMBANGUNAN konstruksi jalan tol SurabayaMojokerto (Sumo) dinilai menyalahi aturan. Pasalnya, meskipun lahan baru dibebaskan 40 persen namun telah ada pembangunan fisik sekitar 24 persen. Kondisi ini bisa memunculkan potensi kerugian bila 60 persen sisa tanah tidak bisa segera diselesaikan. “Harusnya seluruh tanah dibebaskan dulu. Bila posisinya seperti sekarang siapa yang menjamin 60 persen tanah yang belum dibebaskan bisa segera diatasi. Ada kasus konstruksi sudah dibangun, tapi pembebasan tanah sisanya tidak bisa segera direalisasi sehingga mandek ham-

pir dua tahun,” kata Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil dalam kunjungannya ke kantor PT Jasa Marga SurabayaGempol, akhir pekan kemarin. Bila tanah bisa dibebaskan dalam hitungan bulan, tidak akan menjadi persoalan. Namun jika memerlukan waktu bertahun-tahun, bunga pinjaman dari bank bisa membengkak. Padahal belum ada pemasukan dari konstruksi tol yang telah dibangun. Berdasarkan laporan Jasa Marga, konstruksi sudah dilakukan sekitar dua kilometer untuk sesi 1A dari total ruas yang direncanakan 36,51 kilometer. “Ada yang tak optimal dalam pembangunan ini,” tegas Sofyan. (sbp)

MATANEWS/ARKANEWS

Jembatan Suramadu akan diresmikan 10 Juni. Saat ini pengerjaan jembatan itu menyisakan kegiatan-kegiatan kecil seperti pemasangan pagar dan lampu.

peluang asing ikut dalam tender pengelolaan tol Suramadu. Penolakan ini juga sudah disampaikan kepada pemerintah pusat. “Masak Suramadu dibangun hanya untuk dilepas ke pihak asing,” ujar Gubernur Jatim, Soekarwo. Secara umum, persoalan Suramadu telah rampung. Hanya ada beberapa persoalan yang belum selesai. Salah satunya yang masih dirundingkan adalah pemetik manfaat pemasukan dari Suramadu. Pemprov Jatim meminta agar penerimaan jalan tol juga harus diterimakan pada kabupaten dan kota. Hal lain yang juga belum pasti adalah besaran tarif. Kendaraan roda dua yang melintasi jalur tol Suramadu akan dibebani biaya Rp 2.500, namun tarif kendaraan roda empat hingga kini belum di-

tentukan. Sementara untuk persiapan fisik, jembatan ini belum sepenuhnya selesai meski meski jadwal peresmiannya 10 Juni. Menurut Joko Kirmanto, masih ada beberapa sentuhan akhir yang belum selesai, misalnya pemagaran dan pemasangan lampu di jalur kendaraan roda dua. “Kami optimistis pada 5 Juni nanti semua infrastruktur jembatan ini selesai,” ujar Joko Perkembangan yang lebih rumit adalah pembangunan kawasan sekitar kaki Suramadu seluas 600 hektare di sisi Surabaya dan Bangkalan. Untuk wilayah Madura, nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan industri dan pelabuhan. Sedangkan di Surabaya, Soekarwo mengaku tidak akan mendesakkan usulannya. (sbp/sry)

Korban Hipnotis Membisu SEORANG wanita cantik berusia sekitar 19 tahun diduga menjadi korban hipnotis. Wanita berasal dari Desa Kebonsikep, Gedangan Sidoarjo itu, kemarin diantarkan warga ke Polsek Wonokromo. Beberapa petugas yang menerima perempuan itu sempat bingung. Sebab, korban yang mengenakan kemeja putih dipadu celana jins biru itu tidak menyahut ketika diajak berbicara. Untungnya, wanita itu masih bisa menuliskan nama dan alamatnya ketika disodori alat tulis oleh petugas. “Dia mengaku bernama Dian Mustika Kasiyati beralamatkan Desa Kebonsikep Kecamatan Gedangan, Sidoarjo,” kata Aiptu Sugeng Sabtu (30/5). Sugeng menambahkan, awalnya perempuan itu diantarkan salah seorang penumpang yang naik angkutan umumjurusanJoyoboyo-Porong. “Penumpang itu mengaku kalau perempuan itu naik angkutan umum dari Sidoarjo. Di atas angkot juga diam saja ketika diminta bayar oleh sopir,” jelasnya. Akhirnya penumpang tersebut yang membayarnya, kemudian diantarkan ke Polsek Wonokromo. Bahkan, penumpang itu juga memberikan sandal yang dipakai korban. (bjc) 3105/04


Super Ball

MINGGU

Style

31 MEI 2009/ 5 JUMADILAKHIR 1430

Banjarmasin Post AP

FIORENTINA

VS

PHOTO/

ALBERTO

RAMELLA/PELLASCHIAR

AC MILAN

Live on TV MOTOGP IT ALIA ITALIA Minggu (31/05) pukul 18.00 WITA FIORENTINA VS AC MILAN Minggu (31/5) pukul 21.00 WITA OSASUNA VS REAL MADRID (T) Senin (1/6) pukul 03.00 WITA

Alberto Gilardino

„ Ulasan Prandelli

Partai Keras INI akan menjadi partai yang keras bagi kami. Kami tahu Milan akan memberikan reaksi yang sama, tapi hanya ada satu kesempatan untuk menatap masa depan di Liga Champions. Kami termotivasi dengan ini. Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Milan sebagai tim besar dengan talenta pemain yang luar biasa, kami nyatakan siap menghadapi mereka. Pemain akan berada dalam performa bagus saat laga ini berlangsung. Dukungan dari para fans akan memberikan pengaruh dan reaksi tersendiri bagi Milan. Ini hiburan yang menarik sebelum semuanya (cen) berakhir di musim ini.(cen) *) Cesare Prandelli, Pelatih Fiorentina, dikutip soccernews.com

„ Ulasan Ancelotti

Komitmen KAMI memiliki komitmen kuat untuk mengantarkan tim ini ke Liga Champions musim depan. Saya kira menang atas Fiorentina adalah salah satu cara terbaik untuk mewujudkan impian itu, meskipun kami harus selalu siap untuk menghadapi segala sesuatu. Sangat penting melihat apa yang akan terjadi setelah pertandingan ini berakhir karena ini adalah akhir daripada perjalanan kami di musim ini. Ini akan menentukan masa semuanya bukan hanya tim tapi (cen) juga pemain.(cen) *) Carlo Ancelotti, Pelatih AC Milan, dikutip zeenews.com

Paolo Maldini

ALBERTO Gilardino masih menyimpan sakit hati mendalam pada AC Milan. Kini Gila --panggilan Gilardino-- mendapat momentum yang tepat LIVE ON untuk melakukan pembalasan atas keputusan Milan yang Minggu (31/ membuangnya musim 5) pukul lalu. 21.00 WITA Gila yang kini memperkuat Fiorentina akan menjamu mantan klubnya itu di Stadion Artemio Franchi pada laga terakhir Serie A Italia, Minggu (30/5). Meski tak lagi berpengaruh pada perebutan gelar scudetto --sudah menjadi milik Inter Milan, grande partita ini dipastikan berlangsung panas. Kedua tim memiliki kepentingan untuk mendapatkan tiket langsung ke babak utama Liga Champions musim depan. Milan berada di posisi kedua dengan poin 71, sama dengan Juventus di posisi ketiga. Sementara Fiorentina yang terpaut tiga angka (68) menempati posisi keempat. Tiga tim teratas di klasemen akhir akan melaju ke babak utama Liga Champions. Posisi keempat harus melalui babak kualifikasi. I Rossoneri minimal memetik satu poin untuk mendapatkan tiket langsung. Sedangkan La Viola wajib memetik kemenangan minimal dengan selisih dua gol. Aturan head to head membuat mereka lolos langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions. Dalam pertemuan pertama, Fiorentina kalah 0-1 dari Milan. Gila optimistis

timnya mampu memenuhi syarat tersebut. Ia pun bertekad mencetak gol sebagai pelampiasan sakit hati. “Tidak ada kata kalah dalam pertandingan ini. Saya harus mencetak gol untuk menempatkan Milan di posisi keempat klasemen. Kami harus optimistis melakukan ini karena pertandingan ini berlangsung di depan fans kami,” kata Gilardino dikutip Goal, Sabtu (30/5). Menjadi tugas berat Paolo Maldini untuk mematikan pergerakan Gila. Jika tidak, Gila bakal menggila dan Milan bisa menangis. Tentunya ini akan menjadi sebuah tragedi bagi Maldini, yang tampil dalam laga terakhirnya sebelum pensiun dari dunia sepakbola. Celakanya, Milan menghadapi masalah besar. Selain moral pemain yang merosot setelah takluk 2-3 dari AS Roma di kandang pekan lalu, mereka juga mengalami krisis pemain. Gelandang andalan David Beckham mengalami cedera engkel saat menjalani

latihan rutin di kamp Milan. Peluanganya untuk tampil fifty-fifty. Sebelumnya Milan dipastikan kehilangan Daniele Bonera, Christian Abbiati, Kakha Kaladze, dan Marco Borriello yang cedera. Sedangkan gelandang Massimo Ambrosini menjalani hukuman kartu merah. Namun General Manager Milan Adriano Galliani tak mau peduli dengan krisis tersebut. Apapun yang terjadi, Milan harus lolos ke Liga Champions. “Ini adalah pertandingan fundamental, perbedaan posisi antara urutan ketiga dan keempat sangat-sangat besar. Kami harus mencoba lolos ke Liga Champions tanpa harus melalui preeliminasi,” kata Galliano dikutip Goal. Kubu Fiorentina pun tak peduli dengan kondisi Milan. “Kami tidak memikirkan krisis yang melanda tim Ancelotti. Kami memikirkan Milan akan datang ke tempat kami dengan beberapa pemain besar yang kenyang pengalaman,” kata bek Fiorentina, Marco Donadel. Fiorentina tak memandang krisis di Milan sebagai sebuah keuntungan. Masalahnya, Allenatore Cesare Prandelli juga kehilangan beberapa pemain kunci. La Viola tidak diperkuat striker andalan Adrian Mutu yang masih dibekap cedera. Emiliano Bonazzoli dan Mario Santana juga cedera. Felipe Melo dan Dario Dainelli absen karena sanksi larangan tampil. (Persda Network/ cen)

Kondisi Tim FIORENTINA Dalam lima laga kandang terakhir, Fiorentia selalu menang. Namun dalam laga terakhir di kandang Lecce hanya bermain imbang 1-1. Turun tanpa Bonazzoli, Santana, dan Mutu karena cedera. Sementara Felipe Melo dan Dainelli terkena sanksi larangan main. AC MILAN Terpuruk di tiga laga terakhir dengan sekali seri dan dua kalah. Krisis pemain menjadi masalah terbesar. Kaladze, Borriello, Bonera, dan Abbiati sudah lama tidak pernah tampil. Gattuso dan Nesta sudah mulai ikut latihan tapi kemungkinan tak dimainkan. Beckham terkena cedera engkel saat latihan dan masih dalam masa recover y. Ambrosini yang mencetak dua gol akhir pekan lalu dilarang main karena sanksi.

Pemain Kunci FIORENTINA Alberto Gilardino patut diwaspadai Milan. Dia mantan pemain Milan yang pindah di akhir musim panas lalu. Dikhawatirkan Gilardino yang memiliki kemampuan mencetak gol akan menghancurkan Milan untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Riccardo Montolivo yang bermain kurang bagus musim ini tapi memiliki spirit besar mengalahkan Milan. AC MILAN Paolo Maldini sangat bergairah karena per tandingan terakhirnya bersama Milan. Kaka juga dipastikan akan habis-habisan bersama dua striker Milan, Filippo Inzaghi dan Alexandre Pato. Andrea Pirlo juga akan memberikan umpanumpan manis yang bisa memanjakan Kaka.

Prediksi Fiorentina sangat siap menghadapi pertandingan ini, mereka pantang menyerah. Dan memiliki ambisi mengalahkan Milan dengan dua gol. Milan juga demikian, mereka ingin memberikan kado terakhir kepada Maldini yang akan pensiun dengan memberikan tiket Liga Champions. Prediksi: Fiorentina 2-2 Milan

Pertaruhan Terakhir Maldini LAGA AC Milan kontra Fiorentina akan menjadi pertaruhan terakhir bagi pemain legendaris Paolo Maldini, yang sudah memutuskan gantung sepatu. Inilah laga terakhir bagi Maldini bersama Milan sekaligus penutup karier panjangnya di sepakbola dunia. Maldini sebelumnya gagal merayakan pesta perpisahan di depan Milanisti setelah kalah dari AS Roma di partai kandang terakhir Milan pekan lalu. Kondisi itu tentu sangat

menyakitkan hati Maldini. Bahkan pemandangan kurang mengenakkan sempat tampak di akhir laga Maldini di depan publik Milan. Maldini sempat mengacungkan jari tengahnya ke hadapan fans yang mengkritiknya. Tapi Maldini masih memiliki momen indah untuk menandai perpisahannya dengan mengalahkan Fiorentina. Mengantarkan Milan ke posisi

kedua berarti kado bagi Maldini dengan memberikan tiket Liga Champions. Peringkat kedua adalah target terbaik yang bisa diraih Milan musim ini. Setelah kegagalan di berbagai ajang, hanya inilah kenang-kenangan paling pantas untuk Maldini. Pemilik Milan Silvio Berlusconi berjanji akan menggelar upacara seremoni resmi dengan acara besar untuk melepas Maldini. Ia menilai Maldini sebagai salah

seorang legenda Milan yang bisa disejajarkan dengan legenda Milan lainnya Franco Baresi. “Maldini sempat menolak perpisahannya digelar dengan acara besar, tapi saya berharap dia mengubah pikirannya. Maldini telah banyak memberikan sesuatu kepada Milan dan kami akan selalu menghormatinya,” kata Berlusconi. Sementara kubu Fiorentina sudah menyiapkan pesta penghormatan buat Maldini.

5

“Maldini patut mendapat kredit tertinggi. Jadi, kami penuh inisiatif mempersiapkan pemberian penghormatan,” kata Presiden La Viola, Andrea Della Valle, dilansir Channel4. Selebrasi itu juga mendapat sambutan positif dari Pelatih Fiorentina, Cesare Prandelli. “Pada Minggu kami akan memberi aplaus sambil berdiri buat Maldini. Para pendukung Fiorentina akan memberinya sambutan yang hangat.” (Persda Network/cen)


6 Soccer Hot News

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Ingin Tetap Bela Madrid SEMANGAT kemenangan dikobarkan bek Real Madrid asal Argentina, Gabriel Heinze, menyambut pertarungan terakhir La Liga musim ini melawan Osasuna. Sama seperti Pelatih Juande Ramos, ia juga ingin rekanrekannya menjunjung sikap profesionalitas untuk meraih kemenangan. Mantan pemain Manchester United ini pun memiliki harapan besar bersama Los Blancos. Heinze yang kini masuk daftar jual menyatakan ingin tetap memperkuat Madrid musim depan atau hingga kontraknya berakhir. Berikut kutipan wawancara bek yang dikenal sering membuat blunder ini dengan realmadrid.com jelang laga melawan Osasuna. Bagaimana persiapan Anda menyambut pertandingan melawan Osasuna, apakah sudah siap dengan semua risiko yang akan terjadi Minggu nanti? Adalah tugas kami untuk selalu menang dan membuktikan kami sudah siap memainkan laga apapun. Masih banyak pertaruhan untuk Osasuna, namun ini risiko kami memakai baju Madrid dan bermain. Ada banyak pertaruhan untuk kedua tim di level yang berbeda. Apakah musim ini sulit bagi Anda secara pribadi? Ini merupakan bagian pertandingan dan kami tahu. Sesuatu akan berubah saat Anda tak memiliki risiko. Tidak memiliki tujuan atau kemungkinan memenangkan sesuatu akan menjatukan mereka sendiri. Saya tak tertarik dengan apa yang dikatakan orang. Apakah Anda terganggu karena masuk daftar pemain yang akan meninggalkan tim? Saya kira tidak karena saya tahu bagaimana mengerjakan sesuatu. Saya tahu bagaimana saya dan apa yang saya lakukan untuk tim. Menang di Pamplona bisa memberikan Anda second leg dalam sejarah tim... Begitu juga jika kami kalah. Saya tak mau mengabaikan sesuatu yang telah kami capai musim ini. Ini akan menjadi tambahan untuk mencapai sesuatu yang baik. Kami harus memberikan semua sambil

NET

memakai baju ini (menunjuk kostum latihan Madrid yang dipakainya). Bagaimana dengan skuad? Kami sedih untuk kekalahan di beberapa pertandingan terakhir, khususnya melawan Barcelona, yang mengakhiri kemenangan beruntun. Semua berakhir setelah pertandingan itu. Kami terluka, tapi kami berpikir tentang pertandingan selanjutnya dan berusaha untuk memenangkannya. Apakah ini musim tersulit dalam karier Anda? Ini terasa aneh dan promosi yang sulit karena semuanya telah terjadi. Pemain harus bermain dan menang, tapi saya merasa terikat dengan klub serta merasa senang dengan orang-orang di sini. Tapi saya juga tertarik dengan hal-hal lain juga. Ini bukan tahun ideal di klub penting. Anda memiliki kontrak satu tahun lagi, apakah Anda ingin tetap tinggal? Saya masih memiliki kontrak satu tahun, saya senang dan saya merasa baik. Saya harap saya bisa tinggal di sini pada tahun lain karena saya merasa baik dan kuat. Saya sangat ingin tinggal untuk setahun lagi. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan bertarung untuk Ballon d’Or. Menurut Anda siapa yang akan menang? Leo pantas karena dia melakukan semuanya. Cristiano menang tahun lalu dan Messi mencapai sesuatu yang besar tahun ini. Saya pikir dia berhak mendapatkan pengakuan itu.(Persda Network/rie)

Leonardo Pelatih Milan KURSI panas pelatih AC Milan sepeninggal Carlo Ancelotti yang berpindah ke Chelsea masih terus memanas. Setelah muncul tiga nama kandidat, Pelatih Cagliari Massimiliano Allegri, Pelatih AS Roma Luciano Spalletti, dan mantan Pelatih Belanda dan Ajax, Marco van Basten, kini muncul lagi satu nama, Leonardo. La Gazetta dello Sport menyebut, pilihan Milan terakhir jatuh pada Leonardo sesuai dengan bahasan rapat internal para dewan. Bahkan Leonardo akan diperkenalkan sebagai pelatih baru AC Milan, Senin (1/6) besok. Pengangkatan Leonardo sebagai pelatih akan diikuti dengan penunjukan Mauro Tassotti sebagai asisten pelatih. Divisi lain yang akan mengalami perombakan adalah tim medis. Sepanjang musim ini, tim medis Milan dinilai kurang baik menyusul banyaknya kasus cedera pemain terutama Kaka dan Ronaldinho Leonardo adalah mantan pemain legendaris Milan yang dicintai publik Rossoneri. Dia bermain di Seri A bersama Milan selama lima musim. Semasa masih berstatus pemain, Leonardo dikenal sebagai seorang penyerang sayap yang memiliki intelegensi tinggi. Leonardo yang lahir di Brasil, 5 September 1969, dikenal memiliki hubungan emosional dekat dengan manajemen Milan. Mantan pemain Timnas Brasil ini akan menambah rekor pelatih muda yang beredar di Eropa dengan

Leonardo usianya yang masih belia untuk ukuran pelatih yakni 39 tahun. Meskipun belum memberikan isyarat pasti akan menjadi pelatih pengganti Ancelotti, Leonardo sudah mengomentari kondisi Milan yang kini akan ditinggal pemain legendarisnya, Paulo Maldini, yang akan gantung sepatu akhir musim ini. “Maldini adalah wajah Milan, dia pemain karismatik dengan dedikasi tinggi dan pekerja keras. Saya salut kepadanya, Milan akan kesusahan mendapatkan pemain sepertinya lagi. Pengabidannya sungguh luar biasa,” kata Leonardo dikutip situs resmi Milan, Sabtu (30/5). Pemilihan Leonardo sebagai pelatih Milan ini akan menandai akhir era Ancelotti, yang masih menunggu keputusan soal masa depannya di klub tersebut. “Saya akan melakukan pertemuan setelah

pertandingan terakhir,” kata Ancelotti dilansir Goal. Milan awalnya ingin mengambil keputusan tentang jabatan Ancelotti pada Senin (25/5) lalu. Namun, Presiden Silvio Berlusconi menunda keputusan itu hingga akhir N E T musim ini. Milan akan melakoni laga krusial menghadapi Fiorentina untuk menentukan nasib mereka di Liga Champions musim depan. “Kami akan menyelesaikan semua pekerjaan setelah semua pertandingan di musim ini berakhir. Hal paling terpenting, kami akan mengembalikan kekuasaan Milan di Eropa mulai musim depan,” kata Berlusconi. Musim ini, Milan mengalami musim kelam setelah tidak satupun gelar berhasil mereka raih. Kondisi inilah yang menyebabkan Milan akhirnya mendepak Ancelotti dari kursi pelatih meskipun ia mengaku siap terus melatih Milan. Sayangnya, hubungan Ancelotti dan manajemen Milan semakin tidak harmonis. Ini membuat kepercayaan manajemen mulai luntur dan akhirnya berujung kepada pemutusan kontrak kerjasama kedua belah pihak.(Persda Network/cen)

VS

REAL MADRID

Kampanye Terakhir PEMBENAHAN menjadi aroma yang selalu dimunculkan kubu Real Madrid di akhir musim 2008-09. Gagal total dan tak TUNDA mampu mendapatkan Senin piala di tengah (1/6) dukungan pukul pemain nomor 03.00 WITA wahid dunia menjadi alasan perombakan tim secara besar-besaran. Presiden Madrid, Vicente Boluda, pun sudah menyatakan kata selamat tinggal untuk tim dan berharap mereka mendapat keberuntungan musim depan. Belum ada konfirmasi siapa yang akan bertahan dan yang akan terdepak musim ini -kecuali Fabio Cannavaro, meski beberapa spekulasi sudah beredar. Bisa jadi pertandingan terakhir La Liga melawan Osasuna di Stadion Reyno de Navarra akan menjadi kampanye terakhir bagi pemain untuk membuktikan kelayakannya berada di tim Los Blancos musim depan. Pemain yang bermain bagus berpeluang besar tetap bertahan. Sebaliknya mereka yang selama ini masuk daftar jual seperti Fernando Gago, Royston Drenthe, Gabriel Heinze, dan Van der Vaart, dipastikan akan terdepak bila tak menunjukkan performa gemilang. Menyambut laga melawan Osasuna, Madrid memiliki sedikit masalah. Ada delapan pemain tinggal di gym pada sesi latihan Jumat pagi. Mereka masih menjalani proses penyembuhan cedera. Bek Pepe yang terkena skorsing tak turut latihan karena sudah bergabung dengan tim nasional Portugal menghadapi kualifikasi Piala Dunia.

Sergio Ramos, Gabriel Heinze, Wesley Sneijder, Fernando Gago, Royston Drenthe, Jerzy Dudek dan Guti berada dalam ruang rehabilitasi. Sementara gelandang Javi Garcia yang datang terlambat dalam sesi latihan mendapat tepuk tangan dari seluruh rekan setimnya. Bermain di kandang Osasuna, Madrid memiliki hasil cukup bagus. Dalam lima perjalanan ke Pamplona, Madrid tak pernah kalah dan meraih empat kemenangan serta sekali draw. Madrid kini sudah tak memiliki kepentingan dalam laga ini karena sudah mengamankan peringkat dua klasemen akhir meski dalam laga sebelumnya kalah 1-3 atas Mallorca di Santiago Bernabeu. Menurut Pelatih Juande Ramos, kekalahan tersebut akibat tak adanya motivasi yang ditunjukkan pemainnya untuk memenangkan laga. Ramos tak ingin kejadian tersebut terulang saat berhadapan dengan Osasuna. Pelatih yang juga kemungkinan besar tak lagi menangani Madrid musim depan ini meminta pasukannya untuk menjunjung profesionalisme. “Kami harus profesional. Kami harus bermain dengan tujuan memenangkan pertandingan. Kami tahu tidak dalam bentuk terbaik tetapi kami memiliki kewajiban yang harus dilakukan sebaik-baiknya,” kata Ramos dilansir ESPN. (Persda Network/ rie)

Hindari Degradasi JIKA Real Madrid benar-benar ingin meraih kemenangan, ini akan menjadi alamat buruk Los Rojillos. Osasuna yang berada di posisi 18 klasemen sementara masih memiliki harapan tetap bertahan di La Liga untuk musim depan. Kemenangan akan menjadi hal yang menyenangkan sambil melihat hasil tim yang ada di atasnya. Khususnya Real Betis dan Real Valladolid, yang harus saling bunuh di pekan terakhir. Osasuna yang mengumpulkan poin 40 bahkan bisa finis di posisi 14 klasemen akhir dengan syarat Real Valadolid (posisi 14, poin 42), Getafe (15, 41), Real Betis (16, 41),

Gijon (17, 40) mengalami kekalahan. Hasil seri memang tak otomatis berarti kiamat. Osasuna bisa saja selamat jika Gijon, yang sama-sama mengoleksi poin 40, kalah dari tim penghuni dasar klasemen, Recreativo. Namun sekali lagi, hanya kemenangan yang bisa membuat Osasuna sepenuhnya aman. Kemenangan pun akan membuat posisi Jose Antonio Camacho sebagai pelatih tetap nyaman. “Jika Osasuna bisa bertahan di Primera Liga, maka Camacho pasti akan dipertahankan,” tegas Presiden klub Osasuna, Patxi Izco, dikutip Marca. (Persda Network/ rie)

AP PHOTO/DANIEL OCHOA DE OLZA

LIGA ITALIA Inter Milan vs Atalanta Udinese vs Cagliari Bologna vs Catania Napoli vs Chievo Juventus vs Lazio Genoa vs Lecce Fiorentina vs AC Milan Palermo vs Sampdoria Klasemen Sementara 1 Inter Milan 37 24 9 4 66-29 81 2 AC Milan 37 21 8 8 68-35 71 3 Juventus 37 20 11 6 67-37 71 4 Fiorentina 37 21 5 11 53-36 68 5 Genoa 37 18 11 8 52-38 65 6 AS Roma 37 17 9 11 61-59 60 7 Palermo 37 17 5 15 55-48 56 8 Udinese 37 15 10 12 55-48 55 9 Cagliari 37 15 8 14 47-44 53 10 Lazio 37 15 5 17 46-53 50 11 Atalanta 37 13 8 16 42-44 47 12 Sampdoria 37 11 12 14 47-50 45 13 Napoli 37 11 10 16 40-45 43 14 Catania 37 12 7 18 40-48 43 15 Siena 37 12 7 18 32-43 43 16 Chievo 37 8 14 15 35-46 38 17 Bologna 37 8 10 19 40-61 34 18 Torino 37 8 10 19 35-58 34 19 Lecce 37 5 15 17 36-63 30 20 Reggina 37 6 12 19 29-61 30 Top Scorer 23 gol: Zlatan Ibrahimovic (Inter), Marco di Vaio (Bologna) 22 gol: Diego Milito (Genoa) 19 gol: Alebrto Gilardino keterangan: Peringkat 1-3 lolos ke Liga Champions, posisi 4 lolos kualifikasi Liga Champions, posisi 5-6 lolos ke Europa League, posisi 18-20 degradasi

OSASUNA

Fernando Gago

Chelsea Beli Ronaldinho Rusia CHELSEA memenuhi saran pelatih sementara Guus Hiddink untuk membeli Yuri Zhirkov. Harian Tvoi Den di Rusia mengklaim, The Blues telah sepakat membeli gelandang berusia 25 tahun tersebut dengan kisaran harga 30 dolar AS. “Yury telah meneken kontrak dengan Chelsea satu atau dua hari lalu. Dia akan bergabung dengan tim barunya musim panas ini,” kata agen Zhirkov kepada koran tersebut seperti dikutip Dailymail, Sabtu (30/5). Zirkhov kini masih bermain di kompetisi Rusia bersama CSKA Moskow. “Transfer Zirkov akan dilakukan secara formal pertengahan musim panas. Dia masih bermain di kompetisi Liga Rusia,” tambah agen tersebut. Chelsea sebenarnya berebut dengan Bayern Muenchen untuk mendapatkan tanda tangan Zhirkov, yang disebut-sebut sebagai Ronaldinho asal Rusia. Raksasa Jerman itu membutuhkan tenaga Zhirkov untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan winger Frank Ribery yang sudah dipastikan hijrah. Ribery menjadi

dianggap sebagai winger yang memiliki skill komplit. Zhirkov dinilai memiliki talenta luar biasa saat memperkuat Timnas Rusia bersama Guus Hiddink. Ia memiliki kecepatan dan dribling bagus dengan kaki kidal. Dia akan beroperasi di posisi sayap kiri sebagai antisipasi jika Joe Cole absen atau mengalami cedera. Pemain berambut kriting ini juga bisa dimanfaatkan mengcover Ashley Cole di posisi bek kiri sebagaimana posisi yang pernah diperankannya di semifinal Euro 2008 lalu. CSKA Membantah Tapi kabar Zhirkov telah sepakat dengan Chelsea ini segera dibantah Ketua CSKA Sergei Aksyonov.

rebutan Real Madrid, Manchester United, dan Chelsea. Tapi hubungan kuat pemilik Chelsea, Roman Aramovic, mengalahkan Muenchen untuk mendapatkan Zhirkov. Muenchen juga berhasrat merekrut Zhirkov karena

“Kami dan semua ofisial membantah semua cerita ini. Yuri Zhirkov belum melakukan kesepakatan dengan Chelsea. Kami tidak akan percaya dengan rumor, kami percaya jika itu sudah menjadi fakta,” katanya. Musim depan, Chelsea diprediksi akan merombak skuadnya dengan memasukkan darah muda. Ini atas rekomendasi Hiddink yang akan segera kembali ke Timnas Rusia dan akan digantikan Carlo Ancelotti. Jika Zhirkov jadi bermarkas di Stamford Bridge, maka dia akan mengikuti dua rekannya yang lain, Andrei Arshavin dan Roman Pavluychenko, yang sudah duluan merasakan atmosfer Liga Inggris.(Persda Network/cen)

Roman Siap Hamburkan Uang

PONOMAREV

LIGA SPANYOL Senin Espanyol vs Málaga Numancia vs Sevilla Osasuna vs Real Madrid Santander vs Getafe Real Betis vs Valladolid Sporting Gijon vs Recreativo Huelva Klasemen Sementara 1 Barcelona 37 27 5 5 104-34 86 2 Real Madrid 37 25 3 9 82-50 78 3 Sevilla 37 20 7 10 52-39 67 4 Atletico 37 19 7 11 77-57 64 5 Villarreal 37 17 11 9 58-52 62 6 Valencia 37 17 8 12 66-54 59 7 Deportivo 37 16 9 12 47-46 57 8 Malaga 37 15 10 12 55-56 55 9 Mallorca 37 14 9 14 51-57 51 10 Almeria 37 13 7 17 45-58 46 11 Santander 37 12 9 16 48-47 45 12 Espanyol 37 11 11 15 43-49 44 13 Bilbao 37 12 8 17 47-60 44 14 Valladolid 37 12 6 19 45-57 42 15 Getafe 37 10 11 16 49-55 41 16 Real Betis 37 10 11 16 50-57 41 17 Osasuna 37 9 13 15 39-46 40 18 Gijon 37 13 1 23 45-78 40 19 Numancia 37 10 5 22 38-67 35 20 Recreativo 37 8 9 20 33-55 33 Top Scorer 31 gol: Diego Forlan (Atletico) 29 gol: Samuel Eto’o (Barcelona) 26 gol: David Villa (Valencia)

Wawancara Gabriel Heinze

PHOTO/SERGEY

Minggu (31/5)

Yuri Zhirkov

AP

Jadwal Pertandingan

SIAP SIAP-siap fans Chelsea. Pemilik The Blues Roman Abramovic dikabarkan siap membuang uang untuk membeli pemain baru di bursa transfer. Indikasi ke arah sana sudah terlihat kala Chelsea mulai mengincar pelatih AC Milan Carlo Ancelotti. Menurut petinggi Chelsea, Bruce Buck, Red Rom tinggal menanti pemain yang tepat untuk bisa Roman Abramovic dibanjiri uang tak terkira. Beberapa pemain memang ingin dijual Chelsea untuk kemudian dananya dipakai membeli pemain baru. Tapi. apabila ada pemain mahal yang cocok untuk Chelsea, maka Abramovic tidak akan segan menghamburkan uangnya kembali. “Kami siap mendanai pembelian melalui pendapatan dari hasil transfer. Tapi, bila ada pemain yang cocok meski harganya mahal, Roman bersedia membelinya, selagi itu semua masih masuk akal untuk Chelsea FC,” beber Buck di Mirror, Sabtu (30/5). Model pembelian pemain seperti yang Manchester United lakukan bakal ditiru kubu Stamford Bridge. Kata Buck: “Mereka memiliki kemampuan sempurna untuk meremajakan tim setiap tahunnya dan saya kira kami bisa mengasumsikan kejadian serupa bakal kembali terjadi di United musim ini.” (*)


Sporten 7

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Bentuk Laskar Selidah Sejati TIM promosi Kompetisi Divisi II Liga Indonesia musim ini asal Kalsel, Persehan Marabahan Kabupaten Barito Kuala mempersiapkan diri sejak dini.

METRO BANJAR\AYA SUGIANTO

Tertunda Parade Musik GELANGGANG olahraga yang meskinya diperuntukkan demi kemajuan olahraga malah harus dikorbankan demi segepok uang semata. Itu terjadi ketika Kejuaraan Pencak Silat Antarperguruan se Kota Banjarmasin Wali Kota Cup I di GOR Hasanuddin HM Jalan Pangeran Antasari, Sabtu (30/5). Apalagi, adu jurus antar pendekar itu tertunda hanya gara-gara digelarnya acara musik bertajuk Super Parade Band Generation 2009 di tempat yang sama. Kejuaraan yang diikuti hampir 229 pesilat dari 18 perguruan itu, sempat mempertandingkan beberapa nomor. Pertandingan diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari. Namun, tanpa alasan yang jelas, panpel Kejuaraan Silat Antarperguruan itu pun urung melanjutkan laga dan menunda hingga besok, Senin (1/6). Sejumlah pesilat terpaksa duduk santai di halaman GOR Hasanuddin. Ada juga yang memilih pulang lebih dulu. Ketua Panitia Pelaksana, Widharta Rahman, mengakui tempat kejuaraan (GOR Hasanuddin HM, Red) di pakai sebuah sejumlah grup musik. “Tempat ini dipakai grup musik. Kejuaraan terpaksa kita tunda sampai Senin. Jika tidak terpakai, seharusnya kita lanjutkan terus hingga malam,” katanya sambil meminta sejumlah panitia pelaksana merekapitulasi hasil pertandingan Sabtu (30/5) ke sebuah laptop. Kejuaraan ini mempertandingkan dua kategori di antaranya kategori dewasa putra sebanyak 65 pesilat dan putri 15 pesilat. Untuk kategori remaja putra sebanyak 91 pesilat dan putri 58 pesilat. (ii)

Selain membentuk perangkat tim tak terkecuali menetapkan Yunus Bawoel tetap sebagai pembesut, Laskar Selidah pun bertekad membentuk pemain lokal sejati. Manajer Persehan, Nazhirni mengatakan, pemain yang memperkuat Laskar Selidah musim ini, 100 persen merupakan pemain ahli banua yang direkrut dari berbagai daerah di Bumi Lambung Mangkurat. Direktur PDAM Marabahan itu menegaskan, pihaknya sengaja memperdayakan pemain asli lokal lantaran tidak ingin menyiakan pemain muda sepakbola berbakat yang memiliki potensial besar menuju prestasi. Bukan asal jadi. “Yang merumuskan ini adalah Bupati Kabupaten Barito Kuala, H Hasanuddin Murad. Dan beliau menginginkan beberapa pemain ini nantinya yang akan memperkuat tim Pra PON Kalsel sebelum tampil di

PON 2012 Pekanbaru Riau. Apalagi usia pemain rata-rata antara 19 hingga 20 tahun,” katanya. Pemain yang terjaring tersebut, 50 persen di antaranya merupakan mantan pemain yang membawa Laskar Selidah lolos ke Divisi II Liga Indonesia musim lalu. “Tekad saya 2009 membawa Persehan lolos dari Divisi II dan bermain di Divisi I Liga Indonesia 2010,” kata pelatih Persehan, Yunus Bawoel. Pelatih bertangan dingin ini mengatakan, optimistis Persehan bermain di Divisi I Liga Indonesia 2010 karena telah mempersiapkan diri sejak dini menghadapi musim kompetisi Divisi II 2009 ini. Salah satu kesiapan tim asal kota berjuluk Bumi Selidah tersebut, telah menjaring 22 pemain dari 50 lebih pemain lebih yang ikut seleksi pada pertengahan pekan ketiga Mei ini. Pelatih sepakbola Porwanas PWI

Kalsel itu mengatakan, 22 pemain yang terjaring langsung ikut pemusatan latihan yang sudah diprogramkan manajemen. “Karena tanggal 1 Juni 2009 namanama seluruh pemain anggota Divisi I Liga Indonesia sudah diserahkan ke Badan Liga Amatir (BLAI) PSSI,” katanya. Dikatakan Yunus, lawan yang bakal menjadi batu sandungan Persehan lolos Divisi II Liga Indonesia nanti adalah PS Nunukan yang juga anggota Divisi II Liga Indonesia 2008. “Karena mereka memiliki pengalaman bermain di Divisi II Liga Indonesia 2008 kemarin,” katanya. Diakui Yunus Bawoel, kalau untuk PS Kab Tapin dan PS Gunung Sambung Putra yang juga bakal menjadi lawannya di Grup Grup XVI nanti merupakan dua tim satu provinsi yang secara krakter pola permainan dia ketahui sebelumnya. “Untuk PS Kab Tapin dan PS Gunung Sambung itu kalau pun ada perubahan saya yakin tidak terlalu signifikan perubahan itu,” katanya. (buy)

Skuad Persehan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22.

Nurul Ramadan Agung Prabowo Indra Anggoro Hendra Gunawan Yudi Firmansyah Suwanto Nofriandi Abdillah Adi Nugraha Achmat Mulyadi Wahono Adi Fanji M Elyani Mulyani Ilham Salahudin Aulia Hendra Setiawan Roni Aditya Ahdani Fahrurazie

Banjarbaru Martapura Banjarmasin Marabahan Marabahan Marabahan Marabahan Marabahan Marabahan Marabahan Martapura Marabahan Banjarbaru Marabahan Banjarmasin Banjarmasin Marabahan Tanah Laut Marabahan Tanah Laut Tanah Laut Tanah Laut

Gr up XVI Grup 1. 2. 3. 4. 5.

PS Kab Tapin PS Gunung Sambung Putra Persehan PS Nunukan PS Persikutim

METRO BANJAR/ASPIAN

PEMAIN LOKAL - Manajer Persehan Marabahan Nazhirni didampingi pelatih Yunus Bawoel memberikan arahan kepada anak asuhnya pada Kompetisi Divisi III Liga Indonesia musim lalu. Persehan bertekad memaksimalkan pemain lokal asal Banua dalam menghadapi Divisi II musim ini.

Dihentikan Sebelum Makan Korban HALAMAN Stadion 17 Mei Banjarmasin dipenuhi kawula muda yang ingin menyaksikan lomba slalom motor matic, Sabtu (30/5). Mereka tampak antusias menyaksikan Jambore Bikers Banjarmasin 2009. Sore harinya, di lintasan lomba Freestyle Motor yang memakai Jalan Jafri Zamzam juga tak kalah dipadati penggila motor. Saking bersemangatnya, se-

BERBAHAYASalah satu atraksi berbahaya yang diperagakan peserta Freestyle Motor

hingga penonton tak mengindahkan batas arena yang sewaktuwaktu mengancam keselatannya. Apalagi, jika peserta Freestyle Motor tak kuasa lagi mengendalikan tunggangannya. Panitia terpaksa menghentikan Lomba Freestyle Motor yang menampilkan atraksi mengangkat roda belakang selama mungkin dan mengangkat roda depan berboncengan selama mungkin ter-

sebut, sebelum makan korban. “Kita tak ingin beresiko. Walaupun baru sepero peserta yang tampil dari 14 peserta yang ikut ketangkasan motor ini,” kata Catur, Pimpinan Lomba Jambore Bikers Banjarmasin. Dalam lomba lainnya, dari 12 peserta Lomba Slalom Matic ada lima peserta sebagai pemenang yang berhasil melalui dua soal plus total waktu tempuh yang dijawab

peserta. “Siapa yang tercepat dia yang menang dari juara satu sampai juara lima. Sedangkan dalam lomba Freestyle itu, rencananya dilanjutkan, Minggu (31/5) sekitar pukul 09.00 Wita,” kata Catur. Sedangkan Rally Fun rencananya akan diawali di halaman Mapoltabes Banjarmasin dan diakhiri di halaman Stadion 17 Mei. (ii)

METRO BANJAR\APUNK

Tunggu Satu atau Dua Bulan Lagi KELEGAAN dirasakan tim futsal Banjarmasin Post Group ketika menjajal kemampuan tim futsal Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kalsel di Lapangan Futsal Kamboja Banjarmasin, Sabtu (30/5) pagi. Laga persahabatan dengan kurun waktu 2 x 20 menit itu, Banjarmasin Post Group yang diawaki staf redaksi, promosi, sirkulasi serta security berhasil menyudahi perlawanan anggota berbaju cokelat tua cokelat muda dengan 9-7. Lamsur dari jajaran kampaser, membuka keunggulan BPost Group menit ketiga sejak pluit kickoff dibunyikan. Tapi hanya berselang 3 menit, Ditpolair berhasil mencetak gol penyama lewat pemainnya bernomor punggung 9. Tak ingin permainan Ditpolair terus berkembang, BPost Group mulai mengatur strategi man to marking. Alhasil, pemain polisi khusus daerah perairan Bumi Lambung Mangkurat itu, tak berkutik. BPost Group pun tak mau momen berharga ini hingga menambah pundi-pundi golnya lewat kaki Lamsur

SERAHKAN BOLAKoordinator Futsal Ditpolair Polda Kalsel Aiptu Arbani menyerahkan bola kepada Manajer BPost Group Jumadi dalam pertandingan persahabatan di Lapangan Futsal Kamboja Banjarmasin, Sabtu (30/5) BANJARMASIN POST\EDWARD PAH

dan Hatta. Dengan menyusun strategi pertahanan yang menyerang, BPsot Group makin kesetanan hingga membuat keunggulan mejadi 5-3. Ditpolair Polda Kalsel akhirnya mengubah strategi bermain. Dengan mengandalkan stamina, Ditpolair bermain lebih agresif. Akibatnya, BPost Group yang kalah dari segi stamina sempat keteteran. Ditpolair sempat menyamakan kedudukan men-

jadi 6-6. Tapi, BPost Group juga tak kalah agresif dengan mengandalkan sisa tenaga yang ada. Sehingga kedudukan menjadi 8-7 ketika pertandingan memasuki menit ke-38. Di akhir laga, Ditpolair mendapat hukuman penalti lantaran melakukan pelanggaran. BPost Group pun menutup laga dengan satu gol lagi hingga kedudukan menjadi 9-7. Koordinator Futsal Dit-

polair Polda Kalsel, Aiptu Arbani mengungkapkan, pertandingan persahabatan ini bukan mencari menang atau kalah, melainkan lebih mengenalkan olahraga futsal di tengah masyarakat. “Memang olahraga ini terbilang mahal, tapi kita tetap harus memasyarakatkannya. Kami berharap pertandingan ini bisa berkelanjutan. Tunggu kami mungkin satu atau dua bulan lagi,” ungkap Arbani. (ee)

3105/07


8

MINGGU

31 MEI 2009

Banjarmasin

Post

9


10 Star Soccer

Banjarmasin Post

10

MINGGU 31 MEI 2009

z MINGGU MINGGU,, 31 MEI 2009

Bangga ’ Kalahkan’ Messi

Patrice Evra

Sang

MESKI berwajah muram usai wasit Massimo Busacca meniup peluit panjang tanda Manchester United harus tunduk pada Barcelona di final Liga Champions tengah pekan lalu, Patrice Evra tetap menjadi gunjingan pemerhati sepakbola. Alasannya sepele, ia dianggap sukses mematikan pergerakan Lionel Messi yang membuat bintang Argentina itu kesulitan setiap kali ingin menembus sisi kiri pertahanan Setan Merah. Hanya kecerdikan pelatih Josep Guardiola saja, yang memindahkan Messi ke tengah dan kiri, menjadikan sang Messidona bisa bersinar kembali. Cepat belajar dan beradaptasi adalah ciri lain yang paling menonjol dalam diri Evra. Sudah tak terhitung aksinya dalam mengenal karakter gelandang kanan atau penyerang lawan. “Saya bangga dengan penampilannya, Messi seolah ingin menjauh darinya, dan itu pertanda kalau Evra tampil selalu brilian, meski sedikit ada kesalahan, tapi saya pikir dia satu di antara pemain Manchester United yang ditakuti Messi,” cetus Michael Platini. Evra sendiri sangat bangga bisa berhadapan langsung dengan Messi. “Dia seorang yang hebat dan sangat pintar meliak-liuk, sayang kami harus kalah oleh gol-nya, tapi setidaknya saya sudah membuktikan kalau Messi bukan sosok yang terlalu menakutkan, apapun dia, semuanya berkat bantuan rekan setim,” ucap Evra. (Persda Network/bud)

Penjelajah BERSTATUS anak seorang diplomat, tak membuat Patrice Evra jadi anak manja. Lingkungan masa kecilnya di Les Ulis, Essone, Prancis yang terkenal sebagai kawasan brutal turut menggodok pribadi Evra jadi sosok mandiri Usia 10 tahun, ia sudah harus menyisir rumah tetangga hanya untuk mencari tambahan uang jajan. Kaleng dan botol bekas dipunguti untuk dijadikan hiasan dinding, yang lantas dijual. Kini, semangat pantang menyerah, dan kreativitas tinggi itu jadi ciri khasnya sekarang di lapangan. Satu lagi, ia pun tetap rajin menjelajahi sisi lapangan, menjegal lawan, dan memunguti peluang demi peluang untuk menciptakan assist, bahkan mencetak gol. Tak disangkal, ketika Denis Irwin mundur dari Old Trafford dan penampilan Gabriel Heinze yang tak kunjung membaik, Manchester United memang sempat kehilangan sosok bek kiri yang handal. Kehadiran Evra menambal kekosongan itu.Namanya memang tak sering disebut seperti halnya Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, atau bahkan koleganya di lini belakang, Nemanja Vidic. Tapi publik pinggiran kota Manchester pasti paham betul siapa yang punya sumbangsih besar di lini kiri pertahanan Setan Merah. “Dia pekerja keras, jangan harap pernah melewatinya kalau tidak punya nyali dan teknik tinggi. Apapun kelemahan yang dicari darinya sangat susah, setiap kali latihan pun, Ronaldo dipastikan sulit bergerak dari sisi kanan, kami bisa tenang jika dia turun karena areanya praktis bisa aman,” ucap Rio Ferdinand memuji peran sesungguhnya Evra. Pria kelahiran Dakar, Senegal ini punya tipikal khas bek modern. Permainan dan perannya seperti Roberto Carlos atau Eric Abidal, yang tak pernah menetap di satu posisi. Lincah, teknik drible cukup yahud, ketepatan tackle berpresisi tinggi, punya kecepatan dan pandai mengumpan adalah beberapa deskripsi keunggulan sosok Evra. Sisiran dari area kanan pertahanan lawan menjadi ciri khas jika ia turut menyerang. Kalau ada kesempatan,

jangan pernah melewatkan untuk melihat aksinya mengejutkan kiper lawan dengan tendangan keras. Tak jarang tendangan akurat nan keras yang menghunjam ke arah gawang, biasanya membuat kiper lawan kagok. Alhasil bola rebound menjadi santapan enak bagi Wayne Rooney, Tevez ataupun para gelandang lain yang beredar di kotak penalti lawan. “Sebenarnya dia sangat cocok jadi penyerang atau gelandang. Setiap tendangan yang ia lepaskan sudah dipikir dan direncanakan, jika tak gol, sudah pasti kiper akan sangat sulit menangkap, itulah enaknya kami, tinggi menyambut bola pantul,” sebut Rooney, yang beberapa kali ‘menikmati’ hasil jerih payah Evra. Sosok pria kelahiran 15 Mei yang sederhana dan tak meluap-luap sepanjang pertandingan, membuat Evra disegani penonton maupun lawan. “Saya pikir dia tak pernah meninggalkan lawan dalam keadaan tergeletak, selalu meminta maaf dan mengulas senyum pertanda apa yang ia lakukan semata karena kerja profesional. Saya pernah mengalami itu, tegang di lapangan, tapi langsung mencair. Orangnya pun saya pikir tidak pernah macam-macam atau memprovokasi lawan berlebihan,” sebut Frank Lampard, yang mengenal dekat Evra dari rekan setimnya, Nicholas Anelka. Evra sendiri mengakui kultur keluarga punya pengaruh besar terhadap pola permainannya di lapangan. Ditambah filosofi yang selalu ditanamkan pelatih Sir Alex Ferguson membuat dirinya punya ketenangan dan matang dalam segalanya. “Evra sudah jadi bagian tim ini, ia selalu berada di barisan terdepan setiap kali saya merancang formasi. Kalau saya mau, sebenarnya ia sangat cocok menjadi sayap kiri, sayang di sana masih ada Giggs, tapi suatu saat pasti saya akan sempatkan dia untuk bermain lebih menyerang,” ungkap Sir Alex Ferguson, tentang anak buahnya yang punya naluri menyerang sangat tinggi ini. (Persda Network/bud)

Biofile ● Nama Nama: Patrice Latyr Evra ● Lahir Lahir: Dakar, Senegal 15 Mei 1981 ● Postur ostur: 173 cm/63 kg ● Karir: Tahun 1998-1999 1999-2000 2000-2002 2002-2006 20062004-

KlubTampil/gol Marsala 24/3 Monza 3/Nice 39/1 AS Monaco 120/1 Manchester United 96/1 Timnas Prancis 17

● Prestasi dan Penghargaan: ◗ Piala Liga Prancis 2003 (AS Monaco) ◗ Juara Premier League 20062007, 2007-2008, 2008-2009 (Manchester United) ◗ Juara Piala Liga Inggris 2006, 2009 (Manchester United) ◗ FA Community Shield: 2007, 2008 (Manchester United) ◗ Juara Liga Champions tahun 2008 (Manchester United) ◗ Juara Piala Dunia Antarklub tahun 2008 (Manchester United) ◗ PFA Premier League Team of the Year: 2006-2007, 2008-2009

Si Kerempeng yang Sering Dijahili DI ANTARA deretan starting line up Sir Alex Ferguson, Patrice Evra menjadi orang dengan postur terpendek. Tingginya yang hanya 173 cm tentu tak sebanding dengan Rio Ferdinand (189 cm) atau malah Edwin Van Der Sar (197 cm). Status terpendeknya hanya kalah dari Carlos Tevez (169 cm). Berbeda dengan Tevez yang bertubuh gempal, Evra malah punya tubuh terhitung kerempeng. Tak heran, ia pun seringkali menjadi bahan ejekan rekan-rekan setim. Paling sering mengerjai Evra adalah Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo. “Mereka berdua benar-benar jahil, selalu saja ada yang mereka kerjakan saat di ruang ganti pemain, mengesalkan tapi saya bahagia karena itu bentuk perhatian mereka padaku,” ucap Evra. Hal paling sering mendapat ejekan adalah ukuran kostum dan baju yang dikenakan. Bahkan Rooney dan Ronaldo selalu menempelkan atau menuliskan huruf S di bagian lemari pemain untuk menunjukkan kalau si pemiliknya bertubuh kecil. “Sangat menyebalkan, mereka selalu mencoret atau menempelkan stiker berhuruf S,” cetus Evra. (Persda Network/bud)

AP PHOTO

Striker, Gelandang, sampai Bek Belajar dari Mafia Italia TAK banyak pesepakbola yang menggeluti dunia si kulit bundar pernah merasakan tiga posisi berbeda sepanjang karir profesional. Satu di antara yang merasakan hal tak lazim itu adalah Patrice Evra. Saat memulai karir profesional di tim Paris St Germain dan Marsala (Italia), sosok Evra sangat akrab dengan statusnya sebagai striker. Postur 173 cm bisa membuatnya lincah. Sayang, hal itu tidak selalu membawa keberuntungan. Meski lincah, dan skill full, tetap saja ia sangat susah menjebol jala lawan. Pindah dari Marsala ke Serie B bersama Monza, ia sempat merasakan posisi sebagai gelandang serang. Daerah kekuasaan yang harus ia lakoni menyisir sisi kiri, persis seperti yang menjadi tugas Ryan Giggs saat masa jaya dulu. Tak puas dengan prestasi di ranah orang, ia memutuskan kembali ke Prancis dan rela bermain di Liegue 2

bareng Nice. Di sini ia mengalami masa transisi. Awal kedatangan, ia bertugas menggedor area pertahanan lawan karena berposisi striker. Sayang, ia tak begitu produktif, sehingga membuat pelatih Nice saat itu, Sandro Salvioni punyaa feeling lain. Tak menunggu lama, posisi Evra pun dirotasi. AP PHOTO Pertama ia dicoba di sisi sayap kiri. Melihat potensi besar, Salvioni pun mencoba Evra di bekpos kiri. Dasar kidal dan punya daya adaptasi luar biasa, Evra malah dianggap sukses menjaga area kiri pertahanan. Alhasil, sejak saat itu pos kiri adalah area kekuasaan pemain berkulit legam ini. Tapi dasar terlahir dari posisi penyerang, ia tetap saja tak pernah kehilangan sentuhan untuk terus merangsek. “Saya sudah terbiasa menyerang, jadi kalau hanya diam, sepertinya ada yang kurang dalam permainan saya,” tukas Evra. (Persda Network/bud)

MENJADI petualang selalu memberi banyak hal unik yang bisa jadi membentuk karakter untuk masa depan. Itu pula yang dirasakan Patrice Evra. Ia tak berterima kasih pada Prancis, tapi justru Italia!. Itu semua disebabkan awal karir bagusnya di Marsala, klub asal pulau Sicilia. Saat itu ia baru merasakan bisa bermain reguler sebanyak 24 partai. Tiga gol ia lesakkan di klub divisi 3 Italia tersebut. Bukan masalah penampilan, tapi justru tambahan kultur keras yang ada di Sicilia menjadi aroma penambah sifat Evra. Sebagai pemuda yang baru berusia 17 tahun saat menjejakkan kaki di Sicilia, ia langsung berkenalan dengan dunia keras. Evra remaja pun mengenal mafia dan kelompok suporter garis keras yang ada di sana. Tak heran, satu sifat pantang menyerah Evra semakin terbentuk. Baginya, awal tempaan karir profesional di rumput

hijau justru didapatnya dari Italia. “Sicilia begitu ganas, padahal pulaunya sangat indah. Di sana sepakbola seperti dewa, Anda bisa begitu dicintai, tapi bisa juga sebaliknya, beruntung saya ada di sana, karakter kehormatan berada di atas segala-galanya memberi banyak pelajaran,” tukas Evra tentang apa yang didapatnya di pulau mafia itu. (Persda Network/bud)

ISTIMEWA

Patrice Evra bersama istrinya, Sandra

ISTIMEWA

Punya 25 Saudara Kandung KEHIDUPAN pribadi Patrice Evra menjadi panutan di lingkup para pemain Manchester United. Gaya hidup sederhana dan jauh dari dunia malam membuat Evra nyaris tak tersentuh gosip negatif. Bersama Ryan Giggs, Paul Scholes dan Michael Carrick, dia dianggap menunjukkan contoh baik sebuah keluarga harmonis. “Kami bisa melakukan apapun dengan uang yang kami miliki, tapi itu tak ada dalam kamus kehidupan rumah tangga kami. Semuanya harus sesuai kebutuhan, hanya sesekali kita perlu berlebihan, itupun kalau kita sudah benarbenar penat,” ucap Evra. Sang istri, Sandra pun terkenal sebagai WAGs yang nyaris tak pernah ikut dalam keramaian. Kalaupun berada di antara Coleen McLoughlin dkk, Sandra tak pernah lepas dari Lenny, putra mereka. Dalam beberapa kesempatan,

sosok Sandra memang tak pernah menonjolkan diri. Selalu dalam balutan gaun sederhana tapi tetap menampakkan keseksian khas WAGs. “Evra sudah memberiku banyak hal, kami ingin menjadi keluarga yang biasa-biasa saja, basic keluarga kami selalu mengajarkan hal seperti itu,” tutur Sandra. Satu hal lagi yang cukup unik dalam kehidupan pribadi Evra tak lain adalah jumlah saudara yang mencapai 25 orang!. Meski kini tinggal 23, karena dua saudaranya meninggal, tetap membuat Evra sangat repot. “Semua itu berasal dari beberapa istri ayahku, betapa repotnya kalau kami mengadakan sebuah acara, saya harus mengabari mereka semua, bayangkan 23 orang!, Sampai kami pernah memerintah orang untuk mengabarkan kalau kami sudah punya putra,” sebut Evra. (Persda Network/bud)


Sport Hot News 11

Banjarmasin Post

MINGGU , 31 MEI 2009Post z9 MINGGU,Banjarmasin MINGGU 31 MEI 2009

Fokus Rossi!

Pedrosa Realistis DANI Pedrosa tak mau terlalu jumawa menghadapi pertarungan di Sirkuit Mugello (Italia). Ia mencoba realistis di tengah pertarungan dengan tiga pembalap terbaik lainnya meski mampu membuat rekor kecepatan terbaik pada sesi free practice pertama. Pembalap Repsol Honda ini mampu memacu motor Honda RC212V dengan kecepatan 349,3 km/ jam (217,1mph). “Itu jelas kecepatan lurus di sini, walaupun saya tak berpikir itu adalah kecepatan tertinggi sampai saya melihat catatan pada timing screens. Meski demikian,

Dani Pedrosa

bukan kecepatan terbaik yang paling penting sehingga saya tak benar-benar khawatir dengan rekor. Lap time lebih penting,” jelas Pedrosa dilansir crash. Kecepatan maksimal yang mampu dilakukan Pedrosa mengalahkan speed record catatan sebelumnya yang dilakukan Makoto Tamada bersama Honda di kelas 990cc pada kualifikasi di Shanghai (Cina), tahun 2006. Saat itu Tamada mampu menggeber motornya melesat hingga kecepatan 343,7km/h (213,6mph). Namun, catatan kecepatan tersebut masih harus dikonfirmasi kepada spesialis waktu pihak Dorna setelah ada perbedaan kecil yang ditemukan berdasarkan hasil sistem telemetric di beberapa motor. Dengan asumsi angka yang dirilis benar, pembalap Ducati Mika Kallio (348,1km/jam) dan pembalap Yamaha Valentino Rossi (344,3km / jam) juga memecahkan rekor Tamada pada waktu yang sama. Sepanjang sesi latihan bebas pertama tersebut, ada sepuluh pembalap yang mampu mencapai 340km/jam (211mph). (Persda Network/rie)

„ Berpeluang Memperpanjang Rekor DARI lima pembalap Italia yang turun di MotoGP musim ini, nama Valentino Rossi seakan satu-satunya yang paling ditunggu kiprahnya. Apalagi menjelang GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello (31/5) hari ini, yang tak lain kandangnya sendiri. Rossi seakan satu-satunya pembalap yang akan bertarung di lintasan. Bagaimana tidak, sebelum balapan seri kelima tersebut, cerita kompleks mengiringi The Doctor. Sang juara bertahan ini sebenarnya ingin merayakan kemenangan ke-100 dalam kariernya. Sayang pada seri Prancis, ia gagal meraih gelar bahkan finis ke-16 atau terakhir. Nah, untuk menutupi kekecewaan tersebut Rossi memiliki satu hal yang bisa dilakukan pada balapan kali ini. Memenangkan tujuh balapan sebelumnya di Mugello, Rossi siap memperpanjangnya menjadi delapan. Jika itu mampi dilakukan, maka puncak klasemen bisa menjadi bonus. The Doctor mengatakan, balapan kali ini sangat spesial baginya. “Layout trek didesain hingga membangkitkan emosi kita. Tipe trek hole and stand dengan bukitbukit di sekitar yang membuatnya tampak seperti stadion,” kata Rossi dilansir brisbanetime. “Fans sangat dekat dengan trek sehingga menimbulkan atmosfer menjadi unik. Dan kemudian di GP kandang saya, saya memiliki semua

Menunggu Drama di San Donato SALAH satu yang ditunggu adalah aksi di salah satu lintasan terpanjang di jajaran sirkuit lainnya, sepanjang 1.141km yang berakhir di tikungan San Donato. Di sini, pembalap harus menurunkan kecepatan dari 320km jadi 100km. Berada 292 meter di atas permukaan laut, sirkuit ini pun dikenal paling variatif : mulai lintasan lurus panjang, chichane, jalur yang naik turun, membuat motor yang menjajal sirkuit ini harus punya mesin dan aerodinamis yang tangguh.

Panjang: 5.245km Tikungan: 15 Kanan: 9 Kiri: 6 Lebar trek: 14 m Lintasan terpanjang: 1.141km Rekor tercepat: Casey Stoner (Ducati - 2008), 1:50.003 - 171.649 kmh Pole terbaik: ValentinoRossi(Yamaha2008), 1:48.130 - 174.623 kmh

Valentino Rossi

teman, keluarga dan eyang saya.” Ia tak memungkiri, memacu motor di hadapan pendukung sendiri dan di tengah sorak-sorai penonton tentu akan akan memberikan motivasi sangat besar. Langkah bagus sudah ditunjukkan Rossi saat free practice pertama yang berlangsung Jumat. Ia di posisi dua di belakang rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Lorenzo merupakan pembalap yang memenangkan seri Le Mans dan sekarang berada di puncak klasemen dengan poin 66 atau unggul satu poin atas Rossi. Untuk memenangkan balapan kali ini, yang diperlukan Rossi adalah memantapkan fokus. Kesalahan tak hanya membuat rekornya patah, tapi juga akan membuat sedih para pendukungnya Lalu bagaimana kans pembalap lain ? Di antara 16 Live On pembalap lainnya MotoGP Italia -hanya 17 pembalap yang turun di Mugello karena Sete Minggu (31/05) Gibernau cedera pukul 17.00 WIB pascakecelakaan di Le Mans-- tentu Lorenzo yang memiliki peluang besar menghentikan laju Rossi. Namun tak hanya pemuda Spanyol, 22 tahun ini saja yang berhak juara. Casey Stoner (Ducati Marlboro) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda) juga memiliki kesempatan besar mempermalukan Rossi. Stoner hanya terpaut satu poin dari Lorenzo. Sementara Pedrosa berada di posisi empat dengan poin 57.(Persda Network/rie)

APPHOTO APPHOTO

Prodrive Siap Ramaikan F1

RENCANA Federasi Otomotif Internasional (FIA) menambah tiga tim yang akan bertarung pada balapan Formula One (F1) musim 2010 ditanggapi positif oleh David Richards. Ia menyatakan siap kembali ke lintasan balapan jet darat setelah sebelumnya pernah menangani Benetton dan BAR. Kali ini Richards mengusung nama Prodrive yang akan berubah nama menjadi Aston Martin tahun 2012. Tim ini bermarkas di Banbury (Inggris). Kemungkinan besar debut Prodrive bisa terealisasi setelah mereka mendaftarkan diri pada masa deadline pendaftaran tim yang akan bergabung musim depan, Jumat (29/5) lalu. Richards mendaftar setelah melakukan diskusi dengan supremo F1, Bernie Ecclestone hingga Kamis tengah

„ FIA tak Kehilangan Ferrari malam. “Mobil akan dibangun di Banbury. Dan Aston Martin akan berlangganan mesin dari pemasok,” kata Richards dilansir f1-live. Selain Prodrive, tim lain yang disinyalir akan turun di lintasan musim depan adalah Epsilon Euskadi. Namun tim asal Spanyol, ini masih tutup mulut saat dikonfirmasi mengenai hal itu. FIA membuka kemungkinan maksimal ada 26 mobil di lintasan F1 2010. Kabar baiknya adalah masih bertahannya 10 tim peserta musim 2009. Sebelumnya sempat ada ancaman beberapa tim tak akan turun musim

depan seiring keputusan FIA memberlakukan budget cap musim depan. Brawn, BMW Sauber, Ferrari, Force India, McLaren, Red Bull, Renault, Toro Rosso dan Toyota mengikuti langkah Williams yang sudah lebih dulu menyatakan akan tetap di grid pada balapan 2010. Formula One Teams Association (FOTA) sudah mendaftarkan semua tim dan memastikan keikutsertaannya untuk balapan musim depan. Alhasil, FIA tak akan kehilangan Ferrari, Renault, BMW, Toyota dan Red Bull serta Toro Rosso. Sebelumnya mereka sempat mengancam mundur dari balapan F1 musim depan. Kelima tim tersebut tak menyetujui rencana FIA yang ingin menerapkan budget cap mulai 2010. (Persda Network/rie)

Sharapova Senang Jadi Underdog MARIA Sharapova menikmati status underdog di Prancis Terbuka. Tak diunggulkan dan tampil di ajang Grand Slam pertama setelah absen di Amerika Terbuka, Olimpiade Beijing dan Australia Terbuka, Sharapova melangkah ke babak 16 besar. Petenis Rusia ini mampu bangkit setelah kalah di set pertama melawan petenis Kazakhstan, Yaroslava Shvedova. Ia melangkah ke babak keempat usai kemenangan dengan skor 1-6, 6-3, 6-4. Sepanjang pertarungan kemarin, Sharapova mendapat dukungan penuh dari penonton. Mereka terus meneriakkan “Allez Maria!” untuk memompa semangatnya. Ia pun sangat

AP

Maria Sharapova senang dengan dukungan itu karena ia kini berada di luar peringkat 100 besar dunia. “Bila Anda nomor satu di dunia, untuk beberapa alasan mereka tidak menyukai Anda. Ini menakjubkan, khususnya di sini, di Prancis. Saya pikir mereka menyukai underdog dan mereka menyukai sesuatu yang bisa kembali dari

belakang atau yang tak diharapkan menang. Saya mungkin orangnya,” ucap Sharapova dilansir guardian. Petenis yang sudah mengamankan tiga gelar Grand Slam ini selanjutnya akan berhadapan dengan Na Li dari Cina untuk melangkah ke perempatfinal. Kemenangan Sharapova mengikuti jejak Ana Ivanovic dan Dinara Safina yang melaju ke putaran empat. Sebaliknya, Venus Williams terhenti di putaran ketiga. Ivanovic mengalahkan petenis Ceko Iveta Benesova 60, 6-2. Sedang Safina tanpa menemui kesulitan menundukkan petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova 6-2 6-0. (Persda Network/rie)

ADU KEPALA Kobe Bryant (kanan) menyundul kepala rekannya, Pau Gasol merayakan kemenangan atas Denver Nuggets (30/5) yang mengantar mereka ke final NBA 2009

Anggaran Minimal Anggaran Minimal jadi RpRp 1,41,4 T T PARA pecinta F1 boleh berlega hati. Sejumlah tim yang tadinya mengancam hengkang dari gelaran F1 musim depan, akhirnya membatalkan niatnya. Awalnya, mereka tak setuju dengan aturan FIA yang memangkas pengeluaran setiap tim musim depan. FIA menerapkan anggaran maksimal 40 juta poundsterling (Rp 631 miliar). Melalui sejumlah lobi antara FIAFOTA, FIA akhirnya bersedia melakukan kompromi. Musim depan, setiap tim hanya boleh mengeluarkan biaya maksimal 100 jura euro (Rp 1,4 triliun). Namun jumlah itu tak berlaku untuk musim 2011 yang anggarannya dipatok sebesar 45 juta euro (Rp 639 miliar). Dan agar terikat kontrak yang lebih kuat, sebelum 12 Juni semua anggota FOTA akan menandatangani Concorde Agreement baru mengenai keikutsertaan (Persda musim depan dan hingga 2012.(Persda Network/rie)

AP

TAMPIL LAGI - Bos BAR-Honda, David Richards (kanan) sedang berbincang dengan mantan pembalap BAR-Honda, Jenson Button pada 2004 lalu. Kini, Richards bersama tim anyarnya, Prodrive siap tampil di F1 2010.

Gagal Lewati Tes Medis „ Duel V aluev-Chagaev Batal Lagi Valuev-Chagaev KABAR mengecewakan kurang datang dari rencana pertarungan Ruslan Chagaev kontra Nikolai Valuev dalam perebutan juara kelas berat WBA, yang rencananya berlangsung hari ini.

Pertarungan terpaksa dibatalkan karena Chagaev gagal melewati pemeriksaan medis yang digelar Jumat. Pejabat tinggi Finlandia mengatakan “Chagaev tidak dapat memenuhi persyaratan

AP

BATAL DIGELAR - Nikolai Valuev (kiri), dan Ruslan Chagaev saat konferensi pers di Helsinki, Swedia (28/5) jelang laga yang akhirnya batal digelar.

medis Federasi Tinju Finlandia”. Namun tak ada keterangan lebih lanjut masalah kesehatan Chagaev. Presiden federasi, Pertti Augustin dan juru bicara Pekka Kaidesoja menolak untuk memberikan penjelasan, dengan mengatakan, itu melanggar undang-undang Finlandia.”Ini merupakan kejutan besar bagi kami hari ini,” ujar Wilfried Sauerland, manajer Valuev dilansir AP. Pertarungan kedua petinju ini merupakan rematch yang mendapatkan pembatalan ketiga kali sejak Chagaev memberikan kekalahan pertama bagi Valuev pada April 2007. Dua rencana rematch juga mengalami

pembatalan karena Chagaev mengalami mengalami cedera urat archilles pada saat latihan. Karena tak bisa bertarung dalam dua rencana rematch, pihak WBA menganggap Chagaev sebagai champion in recess, dan mengosongkan gelar WBA. Pertarungan menurut rencana akan berlangsung di Helsinki (Finlandia), dan diberi label The Revenge of the Giant. “Nikolai sabar menunggu hingga Chagaev fit untuk pertarungan. Kami memberikan apresiasi pada WBA yang terus melakukan usaha dan memperbolehkan Chagaev kembali,” kata promotor berambut jabrik Don King. (Persda Network/rie)

Kesempatan Kedua Lakers „ Kalahkan Nuggets 4-2 „ Melangkah ke Final NBA LA Lakers mencapai final NBA 2009. Kepastian didapat setelah mampu mengalahkan Denver Nuggets pada game keenam final Wilayah Barat dengan skor 119-92. Lakers melangkah ke final dengan keunggulan 4-2 dalam pertandingan yang memakai sistem the best of seven series tersebut. Bagi Lakers, final kali ini merupakan kedua secara beruntun setelah musim lalu kalah melawan Boston Celtics di partai puncak dan final ke-30 sepanjang sejarah mereka di kompetisi NBA. Bermain di Pepsi Center, kandang Nuggets, Sabtu APPHOTO

(30/5) WIB, tanda-tanda kemenangan Kobe Bryant dkk sudah terlihat sejak awal kuarter pertama. Mereka langsung unggul 25-20 jelang kuarter kedua. Kondisi ini mampu dipertahankan sepanjang kuarter kedua dan babak pertama diselesaikan dengan keunggulan 53-40. Bryant yang menjadi bintang Lakers di dua kuarter pertama, kembali jadi motor permainan Lakers di kuarter ketiga.

Nuggets memang sempat memperkecil ketinggalanannya menjadi 79-67, namun Lakers membalasnya dengan membuat sembilan poin beruntun tanpa membiarkan lawannya membalas. Memasuki kuarter empat dalam kedudukan 83-67, keunggulan Lakers makin tak terkejar di fase terakhir pertandingan. “Kami berusaha dan mengeksekusi pertandingan. Perlu waktu lama untuk kami benarbenar bisa merasakan sebagai satu tim. Sekarang, kami segera menjalankan tugas yang

tidak selesai, tahun lalu. Semoga kali ini berhasil,” kata Kobe dilansir yahoosports. Kobe secara keseluruhan menjadi penyumbang poin tertinggi Lakers. Ia mencetak 35 poin, enam rebounds dan 10 assist. Sumbangan poin Lakers lainnya datang dari Paul Gasol dan Lamar Odom setelah keduanya masingmasing membukukan 20 angka. “Dia memiliki waktu lima menit yang sangat hebat di akhir pertandingan dan tak ada yang bisa mengkover dia,” kata Pelatih Nuggets, George Karl mengenai

permainan Kobe. Sementara dari kubu Nuggets, 25 poin yang dibuat Carmelo Anthony, yang membuatnya menjadi pemain tersubur tuan rumah. J.R. Smith menambah 24 poin dan dua rebounds dari top performers mereka. Di final, Lakers akan bertemu pemenang pertandingan antara Orlando Magic atau Cleveland Cavaliers. Magic hingga game lima masih unggul 3-2 atas LeBron James dkk. Satu kemenangan lagi mengantarkan mereka ke final.(Persda Network/rie)


12

Sport

Banjarmasin Post

Style

Kepak si

MINGGU 31 MEI 2009/ 6 JUMADILAKHIR 1430

Sue Bird

Sayap Indah Simbol Angka 10 DI DUNIA basket Amerika Serikat (AS), sangat jarang bintang basket memakai nomor 10. Satu di antara ‘makhluk’ itu adalah Sue Bird. Sejak mengenal basket di SMA, ia selalu setia mengenakan kostum bernomor punggung 10. Baginya, nomor itu tak sekadar angka yang ditempel di punggung atau dada. Semua itu punya arti tersendiri bagi Sue. Angka 10 untuk Sue adalah simbol kesempurnaan sebuah pekerjaan. Tak heran, ia selalu ingin sempurna dalam segala hal, termasuk bermain basket. Jika timnya kalah, setelah itu tak ada istirahat, yang ada hanya penjelasan beberapa kekurangan yang ada di lapangan. Selain itu, angka 10 juga berasal dari bulan Oktober, saat dimana ia dilahirkan, kebetulan sama juga dengan bulan kelahiran sang adik, Jennifer. “Kami selalu bersama, dia adalah belahan jiwaku, kami sudah saling mengerti dan setiap kali saya bertanding, nomor ini jelas mengingatkanku pada dia yang ada di tribun penonton,” tegas Sue Bird. (Persda Network/bud)

Tren Sepatu di Seattle TUJUH tahun berada di Seattle, nama Sue Bird sangat terkenal dan memberi arti bagi para pecinta basket. Tak heran, segala tindak tanduk sang bintang nan jelita itu membawa konsekuensi tersendiri, yakni ditiru. Itu juga yang dijalani Sue saat ini. Satu yang paling kentara adalah soal sepatu. Produsen Nike memang mengontrak eksklusif jagoan dribbling ini. Tak heran produk Nike Zoom Soldier 3 yang digunakan musim depan, sudah laris di pasaran Seattle. “Anak-anak muda di sini nyaris semuanya memakai sepatu jenis itu, dia benar-benar ikon komersiil yang luar biasa, tapi kami sadar itu semua karena dia punya karisma tersendiri,” ucap center Suzy Batkovic. Seperti biasa, Sue Bird lebih bersifat low profile. “Semua itu berkat penampilan temanteman juga,” ucapnya. (Persda Network/bud)

DUA musim lalu, publik kota Seattle masih bisa menikmati hidangan pertandingan basket bermutu. Pasalnya, Seattle Arena masih menjadi home ground klub NBA, Seattle Sonics. Jauh sebelumnya, publik ‘si Hijau’ --kaus kebesaran Seattle Sonics--, mampu melihat aksi impresif Shawn Kemp, Gary Payton dkk. Sayang, sejak musim lalu mereka harus kehilangan franchise klub NBA, nama Seattle Sonics pun menghilang, kini berpindah ke kota Oklahoma, dan berubah nama menjadi Oklahoma City Thunder. Tak heran, publik kota Seattle begitu gembira saat hadir pengganti aksi para bintang NBA. Meski berjenis berbeda, kehadiran klub WNBA Seattle Storm menjadi pengobat dahaga akan hiburan bermutu bola basket. Kini, Ford Arena menjadi kunjungan rutin setiap dua hari sekali bagi publik kota satelit tersebut. Aksi para pebasket wanita di lapangan menjadi tontonan yang tak kalah menarik dibanding kompetisi NBA. Apalagi Seattle Storm diperkuat beberapa pemain handal yang punya jam terbang tinggi di basket internasional. Satu lagi, klub ini menjadi satu di antara dua tim yang punya deretan cewek-cewek cantik nan seksi. Mereka tak hanya pandai mengolah bola dan menghujamkan bola ke keranjang lawan, juga punya prestasi di luar itu baik di sisi seni maupun modelling. Satu yang kini tengah mendapat sorotan hangat dari publik Ford Arena tak lain adalah point guard mereka, Sue Bird. Oleh publik tuan rumah, dia dianggap sebagai roh permainan berkat kepiawaiannya mengatur irama rekan-rekannya. Cerdas, cepat mengambil keputusan, punya senjata andalan tembakan tiga angka dan lay up, gerakan crossover mematikan serta assist yang mumpuni menjadikan personel lain mampu dengan mudah mencetak angka. Kepribadiannya yang tak egois menjadi nilai Sue Bird semakin tinggi di mata pemain dan penggemar Storm. Tak heran, setiap kali laga kandang, tepukan meriah selalu menghiasi segala perilaku Sue Bird di lapangan. “Dia pemimpin untuk kami di lapangan, lembut tapi menyengat, setiap pergerakannya bak seorang penari yang tengah menghipnotis lawan, saat di hendak masuk ke wilayah penalti, dia seperti

burung yang terbang indah tapi ganas,” ucap Brian Agler, pelatih Storm, menganalogikan kehebatan anak buah kesayangannya. Permainannya yang dominan di sisi luar membuat dia punya sebutan sayap indah alias nice wing. Menurut rekannya, Lauren Jackson, jika ia sudah menyisir lapangan, sangat sulit untuk membendungnya. “Dia akan melakukan lay up atau assist yang 90 persen dipastikan menemui sasaran, itulah kunci kami meraih gelar empat tahun lalu. Dia punya keseimbangan dan gaya tersendiri, sungguh indah melihat dia bermain,” puji Lauren. Tak heran, sepanjang karirnya di pentas WNBA, ia masuk dalam daftar 50 pebasket terbesar yang pernah ada. Total ia sudah mengemas 2.841 poin dengan rata-rata 12,6 per game. Wajahnya yang ayu menjadikan cewek berusia 28 tahun ini juga laris di luar lapangan Sisi modelling memang menjadi hal lain yang disukai. Apalagi wajahnya terbilang sangat unik. Percampuran ayahnya yang berdarah Rusia dan ibu yang asli Amerika latin membentuk karakter yang sangat jarang ditemui di kalangan pebasket AS yang didominasi kulit hitam. Tentang pilihan basket dan modelling, Sue Bird punya alasan tersendiri. “Sejak kecil sebenarnya saya suka dengan dunia fotografi, tapi sempat tenggelam begitu mengenal basket. Jadi sekarang ini dua-duanya saya jalani, tapi prioritas pertama tetap basket, karena di sinilah nama saya dibesarkan. Hanya saja, gaya fotografi sempat saya masukkan saat berada di lapangan,” imbuh cewek kelahiran 16 Oktober ini. (Persda Network/bud)

Para Bidadari di Lapangan Basket Svetlana Abrosimova LANGSUNG menjadi bintang di Minnesota Lynx. Bukan hanya di dalam lapangan, juga di luar arena pertandingan. Wajah khas Rusia-nya sangat membantu karir modelling pemilik nama asli Svetlana Olegovna Abrosimova ini. Tipe rambutnya yang lurus panjang menjadi tren tersendiri. Bahkan, beberapa fotografer profesional menyebut, andaikan WNBA membolehkan pemainnya menggerai rambut, pasti Svetlana bakal lebih memesona. Gaya hidup yang paling menonjol dari cewek berusia 28 tahun ini adalah kesukaannya berbelanja fashion, terutama tanktop dan rok mini!. “Saya suka yang simpel, di sini agak panas dibanding Rusia, jadi saya membutuhkan sesuatu yang melekat di tubuh saya tak ribet,” ucapnya. Satu lagi, kulitnya yang halus dan cemerlang, membuatnya sempat menjadi duta sebuah produk komestik perawatan kulit. Tidak hanya basket dan modelling, cewek kelahiran 9 Juli ini juga pandai dalam hal menari. Kemampuan ini menular dari sang bunda, Tatiana yang sempat menjadi penari profesional di Rusia. “Balet adalah kegemaranku,” cetus Sveta, yang masuk dalam posisi kedua pemain terseksi di WNBA musim lalu. (Persda Network/bud)

Sidney Spencer BER TALENT A di dalam dan luar lapangan. Dunia fashion sudah dijalaninya BERT ALENTA sejak usia remaja. Tak heran, selain berada di lapangan, dia juga sukses merintis karir di dunia model. Penampilannya di lapangan terbilang mumpuni meski baru berusia 24 tahun. Berpetualang adalah hal lain yang disenanginya jika sedang off season. Seperti sekarang, ia lebih memilih berada di Slovakia untuk mengikuti kompetisi bola basket profesional di sana, dibanding berada di AS. “Melihat gunungan es, bermain papan selancar, setelah itu menikmati teh hangat adalah hal yang sangat menyenangkan bagiku, ini memberi energi sebelum berlaga di WNBA,” ucap Sidney. Satu hal unik dari personel Los Angeles Sparks ini adalah kegemarannya mengoleksi ikat rambut. Di setiap partai, dipastikan ia akan memakai ikat yang berbeda, dan itu semua didesain berdasar imajinasi dan suasana hati. (Persda Network/bud)

Lauren Jackson PEMILIK postur 196 cm ini sudah lebih dulu punya gaya hidup glamor. Kesenangannya pada dunia model tersalurkan meski sibuk berlatih dan bertanding dengan klubnya, Seattle Storm. Bahkan di negeri asalnya, Australia, cewek berusia 28 tahun ini sudah berulang kali menjadi cover majalah FHM, Zoo, Maxim sampa Playboy. Tak heran memang, ia tak hanya jago menceploskan bola ke keranjang lawan, tapi juga piawai berlenggak lenggok di atas catwalk dan berpose di depan kamera. Pemain yang merasa terlalu tinggi ini punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Seattle Storm pernah dibawanya meraih cincin juara WNBA musim 2004. Gaya khas yang menjadikan dirinya terlihat lebih ‘seksi’ adalah saat ia berteriak. Menurut Sue Bird, rekan setimnya, teriakan Lauren bisa mengagetkan semua orang. Bahkan tak ada yang mengira cewek secantik dan seksi seperti Lauren punya teriakan yang bisa memekakkan telinga. “Kalau tak ingin er sda Ne tw or k/bud) dengar, sudah pasti kami tak boleh bermain buruk,” tutur Sue Bird. (P (Per ersda Netw twor ork/bud)

Kristen Mann PUNGGAWA Minnesota Lynx berusia 25 tahun ini terkenal dengan gaya body charge yang luar biasa. Sifatnya itu sangat jauh berbeda tatkala berada di luar lapangan. Saat rehat, ia berubah menjadi bidadari yang cantik dan tak segan memamerkan pada khalayak keseksian yang ia miliki. Beberapa koleksi busana karya desainer asal California pernah ‘dilahapnya’ di atas catwalk. Kesukaan lainnya adalah menyanyi dan menulis cerita pendek. Penampilannya di lapangan? Jangan ditanya, dia menjadi satu di antara magnet untuk penonton berkat penampilan urakan, tapi wajah ayunya tak hilang begitu saja. (Persda Network/bud)

Becky Hammon

lawan saat ingin mengeblok aksinya. “Selama itu positif dan fair, saya pikir tak masalah,” tegasnya. (Persda Network/bud)

TUA TUA-tua makin menjadi. Itulah predikat yang melekat pada andalan klub WNBAasal Texas, San Antonio Silver Stars. Meski sudah berusia 32 tahun, ia masih tampak lebih cantik dari rekanrekan mudanya. Tubuhnya yang terawat membuat setiap pergerakannya di lapangan tidak menunjukkan umur yang baru saja dilewatinya. Lincah, cermat dan tajam adalah sebagian ciri khasnya di lapangan. Becky terkenal punya visi yang kuat dan tak mudah menyerah. Pergerakannya seperti gadis cantik yang tengah mencari mangsa. Kesukaannya adalah tembakan tiga angka mematikan saat bel batas waktu akan berbunyi. “Lengah sedikit, bidadari tua itu siap menerkam Anda, percayalah,” ucap Lisa Leslie, sang sobat. Kecantikannya sudah lama diakui orang. Wajah khas Rusia menjadi penguat citra kalau dia bak seorang putri raja. “Saya memang suka merawat tubuh, paling tidak setiap dua minggu sekali,” ucap Becky membuka sedikit rahasia. (Persda Network/bud)

Maria Stepanova CEWEK cantik nan seksi yang satu ini tergolong pebasket wanita tertinggi di WNBA. Tubuhnya yang 203 cm sejajar dengan para ‘petinggi’ lainnya, Katie Feenstra, Zheng Haixia dan Lindsay Taylor, hanya kalah dari Margo Dydek yang punya postur 210 cm. Pemilik nama panjang Maria Aleksandrovna Stepanova ini awalnya ingin masuk militer. Sayang itu semua kandas karena fisik yang kurang mumpuni saat itu, jadilah ia banting setir ke basket. Tinggi tubuh dan wajah cantik menjadi pemandangan yang ditunggu publik Phoenix Mercury. Wajahnya yang ayu, sudah menjadi hal biasa yang dilihat warga kota Phoenix. Bersama Steve Nash, ia pernah berjuluk pebasket paling laris untuk ikon komersiil. (Persda Network/bud)

Ruth Riley Brittany Jackson DUNIA model sudah lebih dulu ditekuni dibanding basket. Saat bersama tim University of Tennessee, ia menjadi ikon berkat kecantikan dan kemolekan tubuh. Tapi semua itu diimbangi dengan kualitas permainan tingkat tinggi yang diperlihatkannya di lapangan. Klub Atlanta Dream sangat membutuhkan tenaga pemain berposisi guard ini. Pose-pose seksinya sudah banyak beredar, terutama di Maxim dan FHM. Bidadari yang satu ini punya ciri khas berteriak kala melakukan lay up, sesuatu yang dianggap mengganggu konsentrasi

DATANG di musim 2001, namanya langsung menjadi pusat perhatian. Pasalnya, di belakang nama resminya ada kata ‘Riley’, sosok legendaris basket NBA. Sayang, ia tidak ada garis keturunan dengan Pat Riley, sang legenda. Justru itulah yang menjadi keuntungan untuknya. Orang pun makin mudah mengenalnya. Apalagi Ruth dibekali wajah yang rupawan. Bahkan musim ini ia masuk dalam 10 besar pebasket terseksi WNBA. Tubuhnya yang menjulang sampai 196 cm tidak membuatnya lamban bergerak. Sebaliknya, jika musuh sampai lengah pertanda ia akan melakukan senjata andalan: skyhook ala er sda Ne tw or k/bud) Kareem Abdul Jaber. (P (Per ersda Netw twor ork/bud)


Nusantara - Luar Negeri 13

Banjarmasin Post

MINGGU 31 MEI 2009

“Mereka Seperti Tak Punya Hati” ■ Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Nasrudin JAKARTA, BPOST - Penyidikan kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnaen, masuk pada tahap rekonstruksi. Kemarin pagi, rekonstruksi digelar di tempat kejadian Modern Golf, Tangerang.

DETIK.COM

Para tersangka pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB), Nasrudin Zulkarnaen, saat rekonstruksi, Sabtu (30/5).

Keempat tersangka, Hendrikus, Fransiskus, Daniel dan Heri digiring dari ruang tahanan narkoba ke tempat itu. Dari pantauan, keempat tersangka yang menggunakan baju tahanan berwarna orange tersebut dikawal belasan mobil kepolisian dan dua peleton Samapta Polda Metro Jaya. Selain keempat tersangka, terlihat juga saksi Suparmin, supir Nasrudin. Suparmin tampak mengendarai mobil BMW nopol B 191 E yang me-

Sempat Transfer Rp 550 Juta ■ Sopir Culik Putri Pengusaha Batu Bara JAKARTA, BPOST - Penculikan anak dengan modus minta tebusan kembali terjadi. Kali ini, menimpa Cessia Septiana (5), putri seorang pengusaha batu bara, Andri Setyono. Otak penculikan adalah sopir keluarga itu, Akiat. Beruntung, aksi penculikan ini bisa dibongkar polisi. Akiat bersama dua rekannya telah dibekuk polisi. Namun satu lagi pelaku masih hingga saat berita ini diturunkan masih buron. Perwira di Jatanras Polda Metro Jaya, AKP Danang, mengatakan, dia bersama timnya menggerebek para tersangka di sebuah hotel di kawasan Parung, Bogor. Tersangka saat dibekuk tidak melakukan perlawanan. “Tersangka sekarang kita ta-

han di Polda Metro Jaya,” tegas Danang, kemarin. Cessia diculik pada Kamis (28/5) siang saat pulang dari sekolah TK di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang. Putri dari Andri Setyono ini dibawa kabur sopir saat sudah berada di dalam mobil beserta baby sitter-nya. Sesudah menculik, komplotan itu menghubungi orangtua korban dan meminta uang tebusan. Andri Setyono pun menuruti permintaan pencuik dengan melakukan transfer tebusan hingga Rp 555 juta. Proses transfer dilakukan dua kali, karena transfer pertama ATM si penculik diblokir polisi. Menurut Andri, dirinya mentransfer uang total Rp 555 juta setelah melapor ke

polisi. Transfer pertama sebesar sekitar Rp 350 juta. “Tapi itu terblokir, pada waktu pencuri mengambil duitnya ATM-nya tertelan ke dalam,” imbuhnya. ATM itu ternyata diblokir polisi. Lantas dirinya pun berdiskusi dengan pihak Polda Metro Jaya. “Saya bilang diblokir kan malah bisa membahayakan jiwa korban. Tapi saya bersyukur Polda Metro Jaya punya teknologi yang canggih,” jelasnya. Lantas dia pun mengirim lagi sekitar Rp 150 juta ke rekening istri salah satu tersangka pelaku, sebelum akhirnya tersangka pelaku tertangkap. Setelah tertangkap, menurut pengakuan Andri saat berbincang dengan salah satu tersangka, Akiat men-

janjikan tiga teman masingmasing Rp 100 juta. Sisanya Rp 200 juta untuk Akiat, dan Rp 50 juta untuk operasional. “Kelihatannya dia punya masalah keuangan. Sas-sus yang saya dapatkan dari sopirsopir tetangga saya, katanya ada wanita lain,” jelas dia. Andri juga tak habis pikir, mengapa sopirnya bisa setega itu pada anak bungsu dari empat bersaudara itu. Padahal sehari-hari, Akiat yang baru bekerja delapan bulan diperlakukan laiknya bagian dari keluarga itu. Apakah uang yang sudah telanjur ditransfer itu akan ditarik kembali? “Saya belum tahu. Tadi malam sih (kemarin malam) sudah berkoordinasi denganbank-nya untuk diblokir,” jelasnya. (dtc/kps)

ia lakukan karena merasa kecewa dengan rekonstruksi kematian kakaknya yang digelar Polda Metro Jaya, Sabtu (30/5). “Terus terang melihat rekonstruksi saya kecewa, seperti tidak bersalah para tersangka itu. Sopirnya pun senyum-senyum serupakan mobil perti tidak punya Nasrudin. Selain hati,” ujarnya seSuparmin, dihawot. dirkan juga saksi Andi juga melainnya, bernama nyorot perilaku Sarwin. Saat kejapengendara mobil dian, pria ini berdiAvanza yang tidak ri sekitar tiga meter jauh berbeda dedari tempat kejangan rekannya dian. yang lain. Sang soNamun sayang, NET tidak ada satu pi- Nasrudin Zulkarnaen pir, menurut Andi, justru malah terhak pun yang bersenyum saat melakukan adesedia memberikan keteranggan. “Orang macam apa mean mengenai saksi ini. Wajah reka itu, tidak punya rasa bermemakai penutup selama resalah sama sekali,” ketusnya. konstruksi berlangsung. BerDari rekonstruksi terungdiri di pojok perempatan, Kakap, mobil yang ditumpangi polres Tangerang, Kombes Nasrudin terlihat dibuntuti Hamidin, yang berada di losejak keluar dari perumahan kasi menolak menjelaskan Banjar Wijaya Tangerang. siapa saksi tersebut. Tersangka Daniel terus memRekonstruksi yang mengperhatikan kendaraan Nasundang perhatian masyararudin dengan menggunakan kat ini juga dihadiri keluarga Motor Yamaha Jupiter MX Nasrudin, Andi Syamsudin berwarna biru nopol B 6199 adik almarhum. Namun, seBUP. belum rekonstruksi usai, AnMobil Nasrudin mengarah di Samsuddin, bergegas meke Lapangan Golf Modernninggalkan lokasi. Sikap itu

land, Cipondoh, Tangerang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari perumahan Nasrudin. Kejadian ini dilakukan kurang lebih lima menit. Lokasi kedua dilakukan di depan RS Husada Insani, Cipondoh. Daniel kemudian pindah ke mobil Avanza Silver nopol B 8870 NP. Di dalam mobil ini sudah ada Fransiskus dan Sei (masih buron). Tersangka lainnya, Heri mengendarai motor Yamaha Scorpio hitam. Sedangkan Hendrikus mengendarai motor yang tadinya digunakan Daniel. Di depan pintu masuk lapangan golf, Daniel turun dari mobil. Namun sebelum turun, Daniel lebih dulu mengambil pistol yang diletakan di dashboard mobil. D a n i e l k e m u di a n pi n dah untuk naik motor bersama Heri. Mereka berdua s e m p a t p e rg i t i d a k j a u h dari lapangan golf untuk istirahat sejenak sambil menunggu mobil Nasrudin keluar. Begitu mobil Nasrudin keluar, komplotan itu mengikutinya. Mobil Avanza menyalipdan menghalangi laju kendaraan Nasrudin dan kemudian terjadi penembakan. (dtc/kps/vvn)

Jelajah Tiga Pelaku Bom Iran Digantung

Sebelum Tewas Telepon Istri

PEMERINTAH Iran mengeksekusi tiga orang terpidana pengeboman sebuah masjid di Kota Zahedan, Tenggara Iran. Ketiganya dihukum gantung di dekat lokasi pengeboman. “Tiga orang yang terbukti terlibat dalam pengebomam di Zahedan digantung di depan publik pada Sabtu pagi (kemarin),” tulis media setempat IRNA, Sabtu (30/5). Pelaksanaan eksekusi tersebut disaksikan ribuan penduduk setempat. Dalam waktu yang singkat, ketiganya langsung meninggal dunia. Tiga orang yang diduga terkait dengan jaringan teroris tersebut, terbukti telah membunuh 25 orang. Pengeboman dilakukan Kamis (29/5), atau dua pekan sebelum pemilihan presiden di Iran. Sementara televisi milik Arab Saudi, Al Arabiya, melaporkan, sebuah kelompok oposisi Sunni yang disebut Jundullah (Tentara Tuhan) mengaku berada di balik ledakan sebuah masjid Syiah yang penuh sesak sehingga menewaskan 25 orang itu. Stasiun televisi yang bermarkas di Dubai itu menyebutan, seorang pria telah menelepon dan mengatakan itu adalah serangan bunuh diri yang ditujukan kepada pertemuan pasukan Basij Iran di dalam masjid tersebut guna mengoordinasikan strategi pemilihan umum. (dtc/rtr/ant)

KABAR kematian Muhammad Maskur (31), warga Pacitan dalam kecelakaan robohnya bangunan supermarket di Seksyen 14, Petaling Jaya. Selangor, Malaysia, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Bahkan, istri korban, Fidariani Puji Astuti (30) terlihat syok. Wanita yang sudah tiga tahun dinikahi korban itu tak henti-hentinya menjerit pilu seraya menyebut nama almarhum suaminya. Sementara beberapa orang kerabat berusaha memeluk dan menenangkannya. Namun, hal itu justru semakin membuat ibu muda itu menangis histeris. Bahkan, anaknya Aditya Yoga Pratama (2,3) yang duduk di pangkuannya ikut menangis histeris. Maklum, ia menduga para wartawan yang datang adalah rombongan dari Malaysia. “Saya masih ingat, Kamis (28/5) siang, sekitar pukul 12.00 WIB, menelepon cukup lama,” ungkap Fidariani sambil menahan isak tangis saat ditemui wartawan di rumahnya Dusun Krajan, Desa Wora-Wari, Kecamatan Kebonagung, Sabtu (30/5). Dalam pembicaraan via ponsel itu, kata dia, almarhum menanyakan keadaan anaknya. (dts/kps)

Bahimat Gasan Bengkeng Program community development PT ARUTMIN INDONESIA

Budidaya Kobis yang jarang ditemui di daerah ini, mampu dikembangkan dengan baik oleh kelompok Tani “Maju Jaya” Desa Pandansari dibawah pengarahan para ahli pertanian dalam program community developement PTArutmin Indonesia tambangAsam-asam .

Kerajinan ukiran di wilayah Asam-asam yang merupakan kelompok binaan PT Arutmin Indonesia tambang Asam-asam, mampu mengolah limbah ulin menjadi kerajinan ukiran dengan nilai seni tinggi.

Tendangan para karateka cilik binaan PT Arutmin Indonesia – NPLCT, dalam ajang unjuk jurus di acara ARUTMIN 10 K, mampu memukau Wakil Bupati Kotabaru, dan atlet –atlet Nasional yang menunggu pengumuman hasil.

ARUTMIN 10 K th 2009, diselengarakan untuk yang ke 3 kalinya ini mampu menjaring 1300 peserta, yang terbagi dalam 4 kategori yaitu Umum Putra – Putri, dan Pelajar Putra-putri. Ajang Nasional kali ini diikuti pelari dari Malang, Magelang, Kaltim dan atelt – atlet Nasional lainnya.

Atlet Kotabaru dan Banjarmasin berjaya di kategori Pelajar putra maupun putri. Sedangkan Kategari Umum pemenangnya didominasi atlet luar daerah kalsel yaitu dari Kaltim, Bandung dan Magelang. Diharapkan ajang ini menjadi media untuk mencetak Atlet-atlet daerah yang handal dalam bidang lari.

Nikah Masal bagi 1523 pasang pengantin dalam rangkaian perayaan HUT Kotabaru ke 59, digelar dengan dukungan dari PT ARUTMIN INDONESIA – NPLCT. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada pasangan yang belum memiliki surat Nikah, agar pernikahan mereka syah secara hukum negara. 3105/13


14 Etalase

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Kapal Induk IBARAT kendaraan, perebutan kursi RI-1 tinggal menghidupkan mesin dan tancap gas. Siapa paling cepat itu yang dapat. Semuanya sudah siap, tim sukses sudah lama beraksi. Tidak ada yang istimewa dengan para kandidatnya. Semua masih muka lama, kecuali Budiono dan Prabowo Subianto. Beda dengan pilpres 2004, para jenderal tidak malumalu unjuk gigi menjadi pendukung para calon: Susilo Bambang Yudhoyono-Budiono, Jusuf Kalla-Wiranto dan Megawati-Prabowo Subianto Di belakang Yudhoyono ada mantan Penglima TNI Marsekal (Pur) Djoko Suyanto, mantan

Kapolri Jenderal (Pur) Sutanto, mantan KSAU Marsekal (Pur) Herman Prayitno, mantan Kasum TNI Letjen (Pur) Suyono, mantan Aster TNI Letjen (Pur) Agus Wijoyo, mantan Asisten Logistik TNI Mayjen (Pur) Abikusno dan Mayjen TNI (Pur) Sardan Marbun. Masih ada lagi Mensesneg Hatta Radjasa dari PAN sebagai ketua tim pemenangan selain sejumlah menteri. Juga ada mantan Ketua Umum DPP Golkar Akbar Tandjung. Pengorganisasian tim Yudhoyono paling rapi. Ada tim teritorial, kampanye, perlengkapan, komunikasi, gerakan pro SBY, mahasiswa sampai tim doa. Namanya juga keren, seperti tim

echo, sekoci, delta, romeo, foxtrot dan lain-lain. Konsultan juga ada. Ada juga tabloid dengan kertas lux yang berisi berita-berita keberhasilan Yudhoyono. Pasangan JK-Win juga punya jenderal. Sebut saja Marsdya TNI (Pur) Basri Suhedabi sebagai ketua, lalu Jenderal TNI (Pur) Subagyo HS, Jenderal TNI (Pur) Fachrul Razi, Letjen TNI (Pur) Suadi Marasabessy, Letjen TNI (Pur) Abu Hartono, Marda TNI (Pur) Basri Sidehabi, Letjen TNI (Pur) Ary Mardjono dan, Letjen TNI (Pur) Sumarsono. Tim sukses sudah terbentuk di 33 provinsi. Yang paling ramping adalah tim sukses pasangan Mega-Pro. Hanya ditangani anak-anak muda dengan bekal idealisme, seperti Dudi Makmun Murod dan Bu-

diman Sujatmiko. Tim ini menggarap pemuda, petani, perempuan sampai kalangan santri. Sedang jenderal yang di belakangnya adalah Mayjen TNI (Pur) Muchdi PR, Mayjen TNI (Pur) Kivlan Zen, Letjen TNI (Pur) M. Yasin, Letjen TNI (Pur) Yogi Supardi, Jenderal TNI (Pur) Hendro Priyono, Mayjen TNI (Pur) Adang Ruchiatna, Letjen TNI (Pur) Farid Zainudin, Mayjen TNI (Pur) Glenny Kairupan dan Letjen TNI (Pur) Haryono PS. *** Jika diumpamakan pasukan perang, maka pasukan Mega-Pro yang paling minim dukungan, personal dan logistik. Jenderalnya kebanyakan jenderal-jenderal sepuh yang sudah tidak berpengaruh.Apalagi semasa dinas aktif tidak ada yang sampai ke jenjang puncak di kesatuannya sehingga mudah dilupakan. Jenderal-jenderal di JK-Win

KRI Untung...

Istri Yudhoyono...

„ Sambungan hal 1

„ Sambungan hal 1

Juga terjadi perang di radio pemantau. Setelah KRI Untung Suropati mengklaim bahwa perairan Indonesia mencapai kesepakatan UNCLOS 1982, kapal Malaysia akhirnya mundur dari perairan Indonesia. Kemarin, aksi itu terjadi lagi. Aksi kejar-kejaran terulang. Bahkan, jarak KRI Untung Suropati mencapai 320 meter di belakang kapal Malaysia. Kejar-kejaran berlangsung hampir satu setengah jam. Namun, karena kapal Malaysia melakukan manuver zigzag, KRI Untung tak bisa mendekat. Namun, kapal milik TNI AL itu mampu menggiring kapal lawan keluar perairan mendekati daratan Tawau. Sampai di sana, KRI Untung tak bisa mendekat karena sudah masuk wilayah Malaysia. Sebetulnya, dari sisi kemampuan militer, peralatan

KRI Untung jauh lebih memadai ketimbang kapal Malaysia. KRI Untung dilengkapi senjata perang, antara lain senjata atas dan bawah air. Senjata atas air berupa meriam 57 mil yang memiliki jarak jangkau lima mil laut. Sedangkan senjata bawah air berupa peluncur terpedo, peluncur roket, dan senjata antikapal selam. Senjata ini memiliki efektivitas 1-2 mil. Juga ada peluncur rudal di kanan-kiri kapal. Sering masuknya kapal Malaysia ke perairan Indonesia juga dibenarkan oleh para nelayan nelayan setempat. Mereka mengaku sering mendapat gangguan dari kapal Malaysia. Oleh karena Ketika bertemu kapal Malaysia, mereka mengganti bendera di perahu dengan bendera Malaysia. Setelah bertemu dengan kapal KRI yang berpatroli, me-

reka kembali mengganti dengan sang Merah Putih. Menyikapi itu, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menegaskan Indonesia dan Malaysia memiliki peta perbatasan masing-masing. Namun, Indonesia dan Malaysia pun sudah menyepakati cara penyelesaian, apabila terjadi pelanggaran. “Baik Indonesia maupun Malaysia punya peta. Dan mengklaim satu wilayah, sehingga ada satu dispute area. Di dispute area itulah, perasaan dia (Malaysia) tidak melanggar,” katanya. Lebih lanjut dikatakan Djoko, kedua negara pun sudah mengatur prosedur atau mekanisme penyelesaian jika baik terjadi pelanggaran di dispute area tersebut. Meski demikian untuk menjaga kedaulatan, TNI AL mengerahkan enam kapal perang di perairan Ambalat. (mtv/ant)

Mamandir DBD

Tentang pihak yang meminta hal itu, Kalla enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan, ”agama yang mengajarkan tutup aurat. Saya tidak ingin orang lain mencampuri istri saya dan Pak Wiranto. Maka kita tidak mau mencampuri urusan istri orang lain. Urusan masing-masinglah.” Ketua Umum DPP Partai Golkar itu juga menegaskan tidak akan mencampuri masalah personal capres lainnya. “Black campaign itu kalau yang disampaikan bukan fakta itu fitnah. Tahu etika masing-masinglah,” katanya. Dia menyatakan seharusnya yang dipertarungkan adalah program serta visi dan misi. “Kami tidak akan menjelekkan orang lain. Sebaliknya, orang lain pun tidak boleh memfitnah kami,” tegas Kalla. Juru Bicara Pasangan Kalla-Wiranto, Yuddy Chrisnandi, membantah kubunya menjadikan jilbab sebagai bagian dari kampanye. Ditegaskannya, Ny Mufidah Kalla

belum lama meninggalkan masa dinas, seperti halnya Wiranto. Jadi masih ada jejaknya. Di samping itu, Kalla adalah wapres incumbent yang masih bisa lincah wirawiri sambil nitip pesan sana-sini, seperti juga Yudhoyono. Tim Yudhoyono memiliki para jenderal yang juga belum lama meninggalkan masa dinas aktif. Masih punya pengaruh. Ini belum termasuk dukungan ‘tersembunyi’ yang tidak bisa dianggap remeh. Kalau boleh digambarkan, tim Yudhoyono ibarat kapal induk dengan alutsista lengkap termasuk peluru kendali, pasukan katak, amphibi dan penerjun yang setiap saat siap menenggelamkan lawan-lawannya. Mereka juga bisa melakukan perang gerilya atau serangan mendadak, baik pagi, siang maupun malam. Tim JK-Win ibaratnya kapal tunda yang bisa menarik kapalkapal besar ke tengah samudera tapi tidak banyak diperlukan kapal

dan Ny Rugaya Wiranto sudah mengenakan jilbab sebelum suaminya mendeklarasikan diri sebagai pasangan capres dan cawapres. “Itu bukan bagian dari kampanye, tapi bagian dari pengakuan masyarakat,” ucapnya. Pada saat yang bersamaan, ada pemandangan menarik di Pekan Raya Jakarta. Para peserta Silaturahim Nasional Koalisi Parpol Pendukung Yudhoyono-Boediono, mendapat poster bergambar Ny Ani Yudhoyono yang mengenakan pakaian muslim dan jilbab berwarna hijau. Poster itu bertajuk Program Pro Rakyat SBY. Tampilan Ani Yudhoyono itu menjadi menarik di tengah maraknya perbincangan isu jilbab sebagai salah satu daya tarik dalam pilpres. Sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memulai polemik itu. Meski partai memberi dukungan kepada Yudhoyono, mereka mengatakan hati para kader lebih terpikat kepada pasangan Kalla-Wiranto. Gara-gara-

kecil. Sedang pasukan Mega-Pro hanyalah kapal patroli yang banyak tahu adanya pelanggaran tapi tidak bisa berbuat apa-apa. *** Melihat hubungan pribadi ketiga capres/cawapres, mungkin yang lebih tepat adalah perang harga diri. Harga diri itu sangat mahal, orang mau berkorban apapun demi harga diri. Karena itu hampir pasti mereka akan all out. Tetapi kalau tidak hati-hati tekad itu bisa menjerumuskan mereka sendiri. Ada ‘sedikit’ keuntungan bagi pasangan Mega-Pro dan JK-Win. Jika menang, pembagian kemenangan tidak sebanyak jika Yudhoyono-Boediono yang menang. Pasangan itu harus membagi secara adil ke semua orang yang sudah bersusah payah mendukung. Bahkan tetangga kanan-kiri yang cuma ikut berdoa dan dzikir pun minta bagian. (*)

nya, istri mereka berbusana muslimah lengkap dengan jilbab. Anehnya, koordinator Operasi Tim Kampanye Nasional Yudhoyono-Boediono, Yahya Sacawiria saat dikonfirmasi menegaskan tak akan terpengaruh dengan persoalan tersebut. “Isu jilbab kita biarkan berjalan alami. Masak karena isu itu, kita ikut-ikutan pakai jilbab,” katanya. Menurut Yahya, tim sukses akan tetap berkonsentrasi menggarap isu-isu yang krusial untuk kepentingan rakyat. “Kita berkumpul di sini untuk memantapkan sasaran bersama dan menyatukan gerak dalam koridor yang sama menjelang pilpres. Kita sudah mulai kerja,” ucap Yahya sembari menegaskan tim sukses menargetkan mendapat perolehan suara 58 persen atau sekitar 61 juta dalam pilpres. Pada silaturahim ini, Yudhoyono kembali menegaskan ketidaksetujuannya terhadap penggunaan simbol-simbol

agama dalam kampanye. “Jangan dalam mencapai tujuan dan cara-cara yang digunakan tidak konstruktif dan mundur ke belakang. Contohnya sekarang, yang akan buruk bagi bangsa ini yang ditonjolkan adalah politik simbol atau politik SARA,” tuturnya. Jika kubu Yudhoyono dan Kalla berpolemik soal jilbab, lain halnya dengan padangan Megawati SoekarnoputriPrabowo Subianto. Mereka menyatakan menyatakan enggan latah berjilbab. “Masak orang berpakaian tidak boleh sesuai jati dirinya. Orang berpakaian harus sesuai jati diri masingmasing,” ujar Mega. Menurut mantan presiden ini, sejak kecil selalu diajari oleh sang ayah, (alm) Bung Karno agar berpakaian sesuai jati dirinya tanpa latah mengikuti orang lain. “Jadilah diri sendiri. Bagi saya hal itu yang sangat penting,” kata Mega. (Persda Network/yat/ade/cr2/mun/ kps/vvn/dtn)

Sebelumnya mereka khawatir, keduanya enggan bersalaman karena sulitnya mempertemukan Yudhoyono dan Mega. “Luar biasa. Alhamdullilah,” kata anggota KPU, Syamsulbahri. Dikawal Mulai kemarin, seluruh pasangan capres-cawapres dikawal aparat kepolisian. Jumlah pengawal mereka tidak tanggung-tanggung, 46 personel Brimob untuk setiap pasangan calon. “Satu orang capres atau cawapres akan dijaga oleh 23 orang personel Brimob dari Mabes Polri,” kata Komisioner KPU, I Putu

Gede Artha. Menurut Putu, pengawalan akan dilakukan hingga penetapan pemenang presiden dan wakil presiden terpilih. “Biaya pengawalan ditanggung oleh negara,” ucapnya. Khusus untuk Yudhoyono dan Kalla yang masih menjabat sebagai presiden dan wakil presiden juga tetap dikawal oleh Paspampres. Para pengawal terlatih tersebut diperbolehkan mengawal selama masa kampanye. “Mereka diperbolehkan ikut rapat umum,” katanya. (Persda Network/ yat/mun/dit/kps/dtn)

„ Sambungan hal 1

wayah ini timbul pulang wabah panyakit DBD atawa panyakit damam bardarah nang manjadi panyakit langganan satiap tahun. “Makanya kita harus umpat manjalanakan program 3M itu,” ujar Garbus mamanderi Tulamak.“Napa itu program 3M Bus, apakah duit nang tiga miliar. Amun duit sabanyak itu aku hakun ai umpat,” ujar Tulamak. “Ikam ini dasar bangak, kada cardas. Hanyar samalam bubuhan panyuluh kasihatan manjalasakan, ikam sudah kalumpanan,” ujar garbus. “Itu nah takuni katua panitianya nang maundang bubuhan panyuluh itu,” ujar Garbus sambil manunjuk Palui nang hanyar datang. “Napa Bus maka tunjuktunjuk di aku?” ujar Palui. “Ini nah Tulamak kada mangarti napa itu 3M nang gasan mancagah DBD atawa panyakit damam bardarah itu. Karna ikam tamasuk panitia, pasti ikam paham napa itu 3M,” ujar Garbus. “Kamana ikam samalam Mak, maka kada tahu wan

prugram 3M itu?” ujar palui. “Aku hadir ai, tapi....,” ujar Tulamak. “Tapi napa Mak? Tapi tatarusan mangalamun mamikirakan parut nang haur bakuciak minta di-isi?” ujar Garbus manangguh. “Kabujuran samalam acaranya pas waktu dhuha, aku kada karuan bila katinggalan ba-dhuha,” ujar Tulamak. “Oooo... maksud ikam waktu dhuha itu jam ikam makan sabalum tangah hari itu kah Mak? ujar Palui paham kabiasaan kawalnya itu nang makan lima-anam kali sahari.“Lalu napa 3M itu Lui? Aku handak tahu banar, sabab aku dangar di kampung subarang sudah ada kakanakan nang kana panyakit damam bardarah itu? ujar Tulamak mambulikakan kesah. “Dangarakan Mak lah.. 3M itu singkatan dari Manguras, manutup wan mangubur. Manguras artinya, mambiasaakan manguras bak mandi paling kada saminggu sakali supaya jantikjantik kada sawat bakambang

biak. M nang kadua adalah manutup, artinya manutupi rapat-rapat bak atawa tajau wadah banyu supaya nyamuk kada kawa bahintalu. Dan M nang tarahir yaitu mangubur sampah-sampah nang kawa maulah banyu tatampung nangkaya balik, butul atawa ember bakas nang katujuan nyamuk gasan bahintalu tadi, ehem-ehem....” ujar Palui manarangakan sampai karing rakungan. “Nah Mak akibat manarangakan panjang libar wan ikam, rakungan Palui jadi karing. Lakasi bawai minuman ka wadah acil Isul!” ujar Garbus manunjuk Palui nang mamusut-musut rakungan. “Anu... duitku...,” ujar Tulamak pina supan. “Rupanya diam-diam Tulamak ini sudah badahulu jua umpat manggawi 3M itu Bus ai,” ujar Palui. Yaitu ‘Mambantas’, ‘Mangulir ’ wan tarahir adalah ‘Mamicak’. Makanya kada usah hiran amun inya haur takana panyakit DBD jua alias panyakit DaBa-Duit (Kada Baduit),” ujar Palui mangalakak. (ivd)

Salat di Kala Ingat Orangtua SEJAK lebaran tahun lalu, Muliyanto belum bisa secara langsung menatap wajah orangtuanya, Rugus dan Nurdiyana. Sudah tiga tahun ini, dia hanya sekali setahun menjenguk orangtua di Katingan, Kalteng. Saat liburan pun santri kelas III Ponpes Darussalam Banjar itu tidak pulang kampung. “Awalnya, ingin pulang terus, apalagi pada tahun pertama di sini, rasanya mau berhenti saja. Tapi, lama-kelamaan tidak lagi,” katanya kepada BPost, kemarin. Meski selama mondok di asrama C, Muliyanto memiliki banyak teman yang bernasib serupa, namun terkadang rasa rindu orangtua menyeruak di hatinya. “Kalau rindu biasanya saya menelepon,” katanya. Menelepon hanya salah satu cara. Cara lain yang kerap dilakukan Muliyanto dan para santri adalah menjalankan salat sunat. “Kami salat dan mendoakan orangtua masing-masing. Dalam doa, saya berharap Allah memberi kesehatan kepada bapak dan

ibu. Saya berharap tidak ada suatu hal yang buruk menimpa mereka,” ujarnya. Jika masih ada sisa kerinduan, pria yang masih berusia 18 tahun itu berziarah ke makam KH Zaini Ghani (Guru Sekumpul). “Ke makam guru dan berzikir di sana. Biasanya setelah dari sana, rasa rindu itu bisa berkurang,” ujarnya. Tak hanya rindu orangtua yang terkadang mengganggu. Rasa jenuh pun sering kali muncul. Untuk mengatasinya, dia dan kawan-kawan jalan-jalan keluar asrama. “Seperti nongkrong di warung sambil minum teh dan makan kue,” kata santri yang mengaku belum pernah ke Lapangan Murdjani Banjarbaru ini. Berbeda dengan Muliyanto, Mujib lebih beruntung. Orangtuanya hampir dua kali sebulan menjenguk. “Orangtua tinggal di Banjarmasin,” ucapnya. Menurut para santri, godaan memang selalu ada. Untuk santri awaliyah, godaan terberat adalah rindu keluarga.

“Ada yang belum sampai satu bulan sudah pulang, tapi kalau sudah melewati satu dua tahun, tidak lagi. Tapi, kalau mereka tidak niat juga cepat menyerahnya,” kata Muliyanto. Untuk tingkat Tsanawiyah, godaannya biasanya perempuan (tertarik pada lawan jenis). Pasalnya, saat itu masa puber sedang terjadi. Sehingga, jika tidak tahan, ada santri yang memilih berhenti sekolah. Sedangkan godaan untuk tingkat Aliyah, adalah keinginan berumah tangga. “Tidak sedikit teman yang tidak lulus dari tiga godaan itu,” ungkapnya. Godaan terasa lebih berat jika santri-santri itu tinggal di luar asrama. Seusai belajar pukul 12.00 Wita mereka bebas ke mana saja. “Tidak ada yang memantau mereka belajar lagi dengan guru yang mengadakan pengajian atau jalan-jalan. Anjurannya sih kita mengikuti pengajian para guru,” ujar santri kelas II Aliyah, Zainal Hakim. (ire)

Salaman Dua... „ Sambungan hal 1

Inisiatif salaman kedua, berasal dari Mega usai menerima berita acara penetapan nomor urut. Setelah Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, menyerahkan berita acara, para calon mempertontonkan nomor urut mereka. Pasangan Megawati-Prabowo Subianto memperoleh nomor urut satu, Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono mendapat nomor urut dua dan pasangan Jusuf KallaWiranto memperoleh nomor urut tiga. Usai menunjukkan nomor urut, Megawati menyerahkan nomor itu ke

Prabowo. Dia berjalan kembali ke arah tempat duduknya. Namun, baru beberapa langkah, Mega berhenti dan berbalik. Dia kembali ke tempat penyerahan dan menyalami Yudhoyono serta calon lainnya. Seperti yang pertama, jabat tangan keduanya hanya berlangsung beberapa detik. Juga tak ada percakapan. Salaman pertama terjadi tak beberapa lama setelah Megawati tiba di ruang sidang utama. Meski hanya sesaat, jabat tangannya Yudhoyono dan Mega membuat lega KPU.

Memasak Sambil... „ Sambungan hal 1

Lagu Kota Santri identik dengan grup musik GIGI. Bagi warga Banua, menyebut kota santri pastilah membayangkan Kota Martapura, Kabupaten Banjar. Julukan lain yang disandang kabupaten ini adalah Bumi Serambi Makkah. Lirik lagu itu memang bak mewujud di Martapura. Lalulalang para santri dari bocah hingga dewasa sangatlah mudah ditemukan di kota itu. Mereka berjalan, bersepeda ontel, menumpang angkutan umum atau mengendarai sepeda motor dengan mendekap kitab suci, Alquran. Busana mereka serupa, berbaju koko dan bersarung. Plus, peci yang menutup kepala. Bagi santri putri, busana muslimah berjilbab adalah keniscayaan tiap hari. Keceriaan selalu menyemburat dari wajah-wajah mereka. Aktivitas para santri pun tetap terlihat meski Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam (pesantren terbesar di Banjar) meliburkan sebagian besar santrinya. Pasalnya, saat ini para santri kelas 4 Awaliyah serta kelas 3 Tsanawiyah dan Aliyah sedang melaksanakan ujian akhir. Lulusan ponpes yang didirikan Al Alimul Allamah KH Muhammad Kasyful Anwar pada 1914 itu sudah menca-

pai belasan ribu orang. Mereka menyebar ke seluruh pelosok Nusantara. Beragam profesi mereka tekuni. Tak sedikit pula yang menjadi ulama besar. Pesantren itu dirintis oleh seorang ulama terkemuka Martapura yaitu KH Jamaluddin yang diteruskan oleh KH Hasan Ahmad. Namun, saat itu ponpes masih berupa majelis dan belum memiliki bangunan yang representatif. Setelah dipimpin KH Muhammad Kasyful Anwar dan sejumlah ulama Martapura, pesantren berkembang sangat pesat. Bahkan, mampu memiliki bangunan yang layak sebagai lembaga pendidikan. Tak hanya itu, sarana prasarana yang tersedia pun tak kalah dengan sekolah-sekolah umum. Ilmu-ilmu lain --selain ilmu agama- pun mereka pelajari. Salah seorang santri kelas II Aliyah, Saufi mengaku juga menjadi siswa di program penyetaraan dinas pendidikan (disdik). Empat hari dalam seminggu --usai belajar di Darussalam-- santri asal Desa Pengaron Seberang, Banjar itu mengikuti program Paket C di Banjarbaru. “Saya ingin menguasai ilmu agama dan ilmu duniawi. Dengan mengikuti pro-

BANJARMASINPOST/MURHAN

AKTIVITAS para santri di Ponpes Darussalam, Banjar.

gram Paket C, saya berharap bisa kuliah,” kata anak bungsu pasangan Abdul Wahid dan Jum’ah itu kepaad BPost, kemarin. Selain itu, Saufi juga mempelajari ilmu-ilmu praktis elektronika. Tak heran, dia cukup ahli memperbaiki alat-alat elektronika yang rusak. “Itulah untungnya belajar di Darussalam. Kita bebas berekspresi setelah sekolah. Kita belajar dari pukul 08.00 Wita hingga 12.00 Wita, sisanya bisa-bisa kita,” ujarnya. Pun dengan Muliyanto. Santri kelas III Awaliyah sudah pintar mengoperasikan komputer. Menurut santri yang tinggal di Asrama C tersebut, ilmu itu berguna saat dirinya harus bergaul dengan masyarakat untuk berdakwah. “Ilmu terus berkembang. Kita harus mengetahuinya sehingga materi dakwah bisa

mengikuti perkembangan zaman,” katanya. Benar yang dikatakan Mulitanto. Salah seorang alumni Darussalam, Pahlani sudah merasakan merasakan pentingnya penguasaan ilmu-ilmu lain sebagai ilmu agama. “Memang sudah seharunys para santri memiliki bekal ilmu lain untuk menunjang hidup dan aktivitasnya dakwah setelah lulus,” katanya. Hanya saja, penguasaan ilmu-ilmu itu jangan sampai mengganggu tujuan utama para santri mempelajari ilmu agama. “Sekarang ini kondisinya sudah jauh berbeda. Kami dulu ketika masak di asrama sambil tetap menghafal pelajaran seperti dalil dan lainnya. Kini lantaran ada ponsel dan MP4 atau MP3, mereka memasak sambil mendengar musik,” ungkapnya. (ire)


Rakyat Memilih 15

Banjarmasin Post

MINGGU 31 MEI 2009

PKB Perjuangkan 10 Juta Suara JAKARTA, BPOST - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa memastikan 10 juta warga Nahdlatul Ulama akan mendukung pasangan capres-cawapres SBY-Beodiono. “Proposal kita yang akan kita perjuangkan adalah menyiapkan 10 juta suara. Kita sumbangkan untuk kemenangan Pak SBY, terutama dari sumber PKB dan NU,” kata Lukman Edy di sela silaturahmi parpol pendukung SBY-Boediono di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/5). Upaya ini, kata dia, merupakan bentuk dukungan bulat seluruh tingkatan struktur maupun kultur PKB terhadap SBY-Boeodiono. “Kita memahami bahwa untuk berjuang merebut suara NU akan mendapatkan penolakan dari tokoh-tokoh NU yang ada di setiap capres yang lain. Tetapi dilandasi oleh kesadaran bahwa solidaritas, kemudian akar kita yang cukup solid, kita yakin itu bisa kita sumbangkan,” kata dia. Terkait silaturahmi, Lukman mengatakan, parpol pendukung mendengarkan 13 visi dan misi SBY-Boediono. Dalam visi misinya, pasangan ini merencanakan aksi berkenaan dengan aspek-aspek agenda nasional. Di situ ada tercantum tentang kemandirian ekonomi, tentang demokratisasi dan ekonomi kerakyatan. “Menurut saya apa yang disampaikan Pak SBY tentang visi misi dari rencana aksinya itu sudah tepat dngan proposal yang kami ajukan kepada koalisi berkenaan dengan agenda-agenda ke depan,” kata dia. (vvn/dtc)

FOTO ANTARA/JAFKHAIRI

RELAWAN JK-WIRANTO - Relawan Ikhlas yang merupakan relawan untuk kemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla-Wiranto melakukan deklarasi di GOR Padjajaran, Bogor, Jabar, Sabtu (30/5). Relawan yang berasal dari berbagai elemen masyarakat di wilayah Jabotabek tersebut bertekad memperjuangan kemenangan pasangan nomor urut tiga tersebut pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Juli mendatang.

“SBY Seleraku...” Dinilai Tak Kreatif ■ Dompleng Iklan Mi Instan

Salah satu iklan yang lumayan menarik perhatian dan membuat siapa saja ‘berselera’ adalah jingle SBY Presidenku yang meniru jingle iklan salah satu produk mie instant. Jingle tersebut sangat mengena di masyarakat Indonesia, mengingat mie instan juga menjadi selera bersama. Lumayan lucu dan ear Catching memang, bahkan jingle ini dirasa pas melihat masih banyak yang ‘berselera’ dengan tokoh Susilo Bambang Yudhoyono. Tapi sebagian orang lagi menilai tim sukses Yudhoyono tidak kreatif. “Yang namanya follower dipandang kurang kreatif oleh masyarakat,” ujar pengamat politik UI Ibnu Hamad.

Meski mengekor iklan, namun apa yang dilakukan tim sukses Yudhoyono itu dinilai sah-sah saja. Sebab, tim sukses capres-cawapres nomor urut dua ini pastinya ingin iklan ‘SBY Presidenku’ terngiang terus di telinga masyarakat Indonesia. Dari sisi komunikasi, itu merupakan strategi. Ada kalanya follower mendompleng atau mengekor dipandang lebih efektif. “Yang namanya kreatif di dunia komunikasi juga mengembangkan dari yang sudah ada. Itu juga kreatif. Mengubah sedikit yang sudah ada juga kreatif. Jadi tidak selalu original atau baru,” imbuh Hamad. Namun pemanfaatan jing-

le tersebut juga dianggap terlalu jauh, mengingat posisi dan jabatan SBY yang presiden dibandingkan dengan mie instant, sebuah produk consumer good. Iklan SBY dinilai bukan menawarkan ide, melainkan produk. “Kok sosok presiden disamakan dengan produk mie instant. Itu terlalu jauh perbandingannya. Sesuatu yang high level kepresidenan dibandingkan dengan produk makanan,” tutur dia lagi. Tapi ya itu, semua sah-sah saja. Ketua DPP Partai Demokrat Andi Mallarangeng juga menganggap pencontekan jingle ‘SBY Presidenku’ sebagai hal yang sah, apalagi untuk bahan kampanye. Yang penting bagi mereka, rakyat mudah mengingatingat hal tersebut. “Kenapa tidak etis? Etis sekali selama hak ciptanya dihargai. Kami menghargai hak cipta itu dengan meminta izin kepada pencipta lagu dan yang mempunyai hak

● Derly Zaky Hendry, Mahasiswa

Tidak Berpangku Tangan

BPOST/HASBY

AKURATNYA data daftar pemilih hingga saat ini masih diragukan. Meskipun sosialisasi sudah gencar dilakukan, jika tidak ada perhatian masyarakat, ya percuma. Untuk itulah diharapkan peran warga. Antusiasme warga masuk daftar pemilih pada pemilu presiden dan wakil presiden jangan dibiarkan percuma. Petugas penyelenggara pemilu juga jangan berpangku tangan, mengharap keaktifan masyarakat, Ketua RT, Lurah, dan Camat saja. Tentunya penyelenggara pesta demokrasilah yang harus lebih giat lagi, agar pemilu presiden dan wakil presiden sukses, aman, tertib dan lancar. (gg)

● M GUNAWAN P, Swasta

Jangan Seperti Anak Kecil DEKLARASI capres-cawapres sudah dilakukan. Hendaknya tim sukses dan relawan masing-masing calon hendaknya tidak saling hujat. Agar tidak menimbulkan konflik horizontal dan vertikal dan berkampanye jangan seperti anak kecil. Menonjolkan pasangan yang diusung bukan menjelekkan dan membuka aib pasangan capres dan cawapres lain. Tetapi lebih mengedepankan penyampaian visi dan misi ke masyarakat. Semua rakyat Indonesia tentunya mengharapkan keamanan, ketentraman dan kesejahteraan. Kampanye positif memberikan pendidikan politik yang positif pula bagi rakyat Indonesia. (gg)

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

JAKARTA, BPOST - Banyak cara untuk menarik minat masyarakat terhadap sesuatu, di antaranya lewat ajang promosi atau iklan. Calon presiden dan wakil presiden pun tak ketinggalan beradu iklan lewat berbagai media.

cipta,” kilah Andi. Bahkan Andi mengakui pihaknya mendompleng ketenaran lagu di iklan tersebut guna keperluan kampanye. Apalagi jingle yang diaransemen ulang dan diadopsi untuk kepentingan lain, sudah hal biasa. Nah soal jingle ini, yang sangat mengena adalah pendukung SBY, terutama Gerakan Pro SBY alias GPS. GPS yang diketuai Suratto Siswodiharjo sangat ‘berselera’ menjadikan SBY menjadi presiden. Itu sudah tertuang dalam tugas GPS untuk memajukan lagi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden RI untuk keduakalinya. “Masing-masing koordinator daerah bertugas membentuk GPS di tingkat kabupaten/kota di daerah masing. Mereka akan bekerja sekitar dua bulan lebih untuk mengawal perolehan suara terbanyak untuk SBY,” ujar Ketua Umum GPS Suratto Siswodiharjo. (inc)

Rangkul Ratusan Relawan di Kampung Kalla SELERA masyarakat untuk mendukung Susilo Bambang Yudhoyono kembali menduduki kursi RI masih tinggi. Terbuki, di kampungnya Jusuf Kalla, Makassar, Gerakan Pro SBY (GPS) sudah merangkul 400 relawan yang berasal dari Sulawesi, Maluku, dan Papua. Satu orang dari tiap provinsi dipilih menjadi koordinator daerah (korda). Ada 10 utusan dari 10 perwakilan daerah. Itu baru di Sulawesi. Di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan di setiap provinsi, GPS akan menerapkan selera serupa. Bukan cuma GPS, ulama Banten pun mendukung SBY kembali menjadi presiden. Menurut mereka, program SBY seperti bantuan langsung tunai (BLT) sangat pro rakyat. Sedangkan neoliberal hanyalah isu yang dihembuskan oleh saingan SBY. Bagi rakyat Indonesia, terutama rakyat kecil, nama SBY masih mengundang selera mereka memilih Ketua Dewan Pembina Demokrat itu. Namun sayang, gaya tim sukses SBYBoediono yang menyerang personal sai-

● YUNITA, Swasta

Aparat Berperan Aktif PENYELENGGARAAN pemilu diharapkan bisa belajar dari pengalaman Pemilu Legislatif lalu. Khususnya mengenai daftar pemilih tetap, jangan ada lagi berpolemik dengan daftar pemilih yang tidak akurat. Aparat RT, Kelurahan dan Kecamatan bisa lebih berperan aktif mendata penduduknya. Sehingga semua penduduk bisa menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, pada pemilihan presiden mendatang, jangan ada lagi sengketa di Mahkamah Konstitusi. Semua pihak bisa menerima dengan lapang dada, dan bagi yang menang jangan berbesar hati, karena tantangan berat ada di depan mata. Ingat sekitar 200 juta jiwa mengharapkan pemimpin yang betul-betul memiliki sifat kepercayaan. Berubah demi suatu kepercayaan, karena kepercayaan suatu hal yang harus dipertahankan. (gg)

BPOST/HASBY

ngan di Pilpres membuat kurang berselera. Sebut saja apa yang dilakukan jubir tim sukses SBY-Boediono, Rizal Mallarangeng. Adik kandung Andi Mallarangeng ini terus menyerang pribadi Prabowo terkait 98 kuda yang dimilikinya, bahkan tiga di antaranya seharga Rp 3 miliar. Dalam sebuah jumpa pers, Rizal bahkan mengungkit track record cawapresnya Megawati Soekarnoputri itu di militer. Meski sudah ditegur banyak pihak, termasuk internal Demokrat, Rizal masih belum puas. Dia masih nyinyir menyindir kuda-kuda milik Prabowo, meski kali terakhir tanpa menyebut nama Ketua Dewan Pembina Gerindra tersebut. Sampai-sampai orang dekat Prabowo, Permadi, mengajak Rizal untuk adu santet. Apa yang dilakukan Rizal juga kontradiksi dengan anjuran Ketua Tim Sukses SBY-Boediono, Hatta Rajasa. Hatta yang terkenal dekat dengan SBY, mengajak seluruh pihak berpolitik santun, tidak menjelek-jelekkan calon lain. Adu ide lebih bagus ketimbang menyerang pribadi capres-cawapres.(inc)

Masih Banyak DPS Bermasalah JAKARTA, BPOST - Badan Pengawas Pemilu masih menyoroti permasalahan daftar pemilih tetap (DPT). Ketua Pokja DPT Bawaslu Bambang Eka Cahyo mengaku masih menemukan laporan dari berbagai daerah terkait daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu Presiden. Dari laporan itu, kata Bambang, Bawaslu masih menemukan indikasi kejanggalan serupa DPT pada Pemilu Legislatif, April lalu. “Temuannya masih seperti (kasus) yang lama, kasus nama ganda, orang-orang yang tidak memenuhi syarat masih tercantum, orang-orang

yang meninggal masih tercantum,” kata Bambang di kantor Komisi Pemilihan Umum, Sabtu (30/5). Saat ini, kata Bambang, Bawaslu tengah merekap laporan terkait daftar pemilih itu. “Masih dibahas di internal Bawaslu. Kami baru bisa menyampaikan masalah ini, besok,” jelasnya. Rencana Bawaslu itu bersamaan dengan jadwal pengumuman penetapan daftar pemilih untuk Pemilu Presiden 2009. (vvn/inc)

BPOST/HASBY

Kurang Happy

Hasil Polling Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono

1.800 Poin

Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto

80 Poin

Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto

70 Poin

JAKARTA, BPOST - Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir untuk kesekian kalinya tak hadir dalam acara pertemuan parpol koalisi SBYBoediono. Partai Demokrat menilai Soetrisno kurang happy dengan koalisi yang dibangun PAN. “Saya lihat dalam konteks ini SB sedang dalam situsai yang kurang happy. Tapi ketidakdatangannya tidak menjadi masalah. Toh masih ada fungsionaris PAN yang lain datang,” ujar anggota Tim Kampanye Nasional Max Sopacua usai acara Silaturahmi Nasional Koalisi di PRJ Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/5). Max mengatakan, pihaknya memang melihat ada masalah internal di DPP PAN. Namun dengan datangnnya Sekjen PAN Zulkifli

Hasan dalam acara tersebut sudah bisa diklarifikasikan. “Kita beri waktulah kepada SB untuk menyelesaikan permasalahan di partainya. Mudah-mudahan ini tak menggangu koalisi yang kita bangun bersama ini,” katanya. Sebelumnya SB dikabarkan tidak merestui bila PAN berkoalisi dengan Demokrat. SB menginginkan partai berlambang matahari biru itu berkoalisi dengan Gerindra mendukung Prabowo Subianto. SB juga tidak menghadiri acara deklarasi duet SBYBoediono di Bandung dan saat pendaftaran kandidat Pilpres 2009 di KPU. (inc/vvn) GGL


16

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Bulbophyllum Deari

ISO SPEED /400 - EXPOSURE 1/125 SEC /FOTO: HJ. AIDA MUSLIMAH

ISO SPEED / 400 - EXPOSURE 1/200 SEC/FOTO:HJ.AIDA MUSLIMAH

Cleisostoma Suaeolens

Berburu Anggrek di Belantara Meratus HUTAN di Pegunungan Meratus memiliki aneka ragam kekayaan alam yang

ISO SPEED 400 EXPOSURE 1/100 SEC

berlimpah. Dari sumber daya mineral, flora hingga fauna. Sayang, kelestariannya terancam karena akibat penjarahan yang kian marak. Salah satunya adalah anggrek yang tumbuh di hutan kawasan Kecamatan Loksado hingga ke Desa Haratai, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pekan lalu, tim observasi anggrek alam yang dipimpin Hj Aida Muslimah Rosehan NB, menapaki kehidupan liar habitat anggrek Loksado. Di sana tumbuh Acanthephippium, Aerides Bulbophylum, dan EriaGrammatophyllum Spesiosum yang biasa disebut warga setempat sebagai anggrek tebu. Anggrek tersebut memiliki ciri khas yang tidak dimiliki di daerah lain. Lokasi tumbuhnya pun

bervariasi seperti di atas bebatuan dan menumpang di pohon besar. Setelah satu jam berjalan kaki melewati sungai arus deras dan bebatuan, tim tiba di Desa Haratai. Kampung yang dihuni warga Dayak Bukit. Di sinilah tempat terakhir perburuan anggrek spesies langka. “Meski perjalanan ini cukup melelahkan, kita sangat merasa puas, karena mendapatkan berbagai jenis anggrek, walau hanya diabadikan dalam bentuk foto,” ujar Aida sambil membersihkan kamera Nikon D500 nya yang sedikit basah akibat tetesan hujan. Menurutnya, berburu anggrek bukan berarti harus mengambil dan membawa bunga tersebut untuk dipelihara di rumah. “Kami hanya mengamati, mempelajari dan mengabadikannya dalam bentuk gambar. Harapan kami, banyak orang yang melihatnya,” kata Aida. (donny sophandi)

Tim Observasi Anggrek Liar KIRIM karya foto Anda dan kami akan menerbitkannya di halaman ini setiap Minggu. Anda juga bisa berinteraksi dengan kami di email: bpostgroup@yahoo.com

ISO SPEED 400 - EXPOSURE 1/125 SEC/ DONNY SOPHANDI

Belantara Meratus

Menerobos Semak Belukar

ISO SPEED 100 EXPOSURE 1/40 SEC/FOTO:FERRY HOESEIN

Bulbophylium lobii

ISO SPEED 320 - EXPOSURE 1/160 SEC/HJ.AIDA MUSLIMAH


MINGGU 31 MEI 2009/ 5 JUMADILKHIR 1430

Pentas

Vaganza

Banjarmasin Post

17

BANJARMASIN POST/DONNY SOPHANDI


18 Hidup Sehat

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Pertajam Kecerdasan Lewat Musik RIZZARDI Christopher Badudu sangat bersemangat menggebukkan drum yang ada di depannya menggunakan dua buah stik. Usianya masih belia, masih kelas V Home Schooling. Tapi kemampuannya melakukan eksplorasi alat musik tak kalah dengan pemusik dewasa. Tepuk tangan meriah mengiringi aksi putra bungsu pemusik Erwin Badudu ini di Duta Mall pekan lalu saat digelar workshop dan parade Band. Rizza--demikian bocah ini kerap disapa, mampu membuat penonton terkesima. Ya, musik bagi anak berkulit putih itu bagai makanan. Tiap hari otaknya selalu diisi dengan harmonisasi alat-alat musik. Bahkan, sejak dia masih kelas I sudah sangat akrab denga berbagai macam alat musik. Musik memberikan sentuhan tersendiri pada Rizza. Musik membuat dia meraih prestasi akademik yang gemilang. Apalagi setelah bakatnya ini terus diasah di Alto Music Scholl. Benarkah karena musik berpengaruh pada kecerdasan? Bukankah menikmati musik itu hanya sekadar hoby atau kesenangan? Bagaimana efeknya pada otak? Dokter Sondang Aemilia Pandjaitan-Sirait, SpKK dalam artikelnya menulis, tak dapat dipungkiri kalau harmonisasi suara alat musik itu dapat mempengaruhi emosi, fisik, mental dan spiritual. Banyak penelitian mengatakan efek musik terhadap berbagai bagian dan

fungsi tubuh manusia. Termasuk pengaruhnya pada otak. Musik itu merupakan rangkaian suara yang teratur. Setiap di dengar suaranya melalui indera pendengaran telinga, kemudian menggetarkan sel-sel berambut di dalam koklea untuk selanjutnya melalui saraf koklearis menuju ke otak. Setidaknya ada tiga jaringan Retikuler atau Reticular Activating System yang diketahui sampai saat ini. Pertama jaras retikuler-talamus. Biasanya musik diterima langsung oleh Talamus atau bagian dari otak yang mengatur otak dapat berpikir tentang baik-buruk maupun intelegensia. Kedua, musik masuk melalui Hipotalamus mempengaruhi struktur basal “forebrain” termasuk sistem limbik. Kemudian cara ketiga: melalui axon neuron secara difus mempersarafi neokorteks. Seorang peneliti Ira Altschuler mengatakan sekali suatu stimulus mencapai Talamus, maka secara otomatis pusat otak telah diinvasi. Seorang peneliti, Donald Hodges, mengatakan, bagian otak yang dikenal sebagai Planum Temporale dan Corpus Callosum, ukurannya

lebih besar pada otak musisi dibandingkan bukan musisi. Kedua bagian ini bahkan lebih besar lagi jika para musisi tersebut telah belajar musik sejak usia yang masih sangat muda, yakni di bawah usia tujuh tahun. “Walaupun banyak peneliti mengatakan bahwa kemampuan musikal seseorang berpusat pada belahan otak kanan, namun pada proses perkembangannya proporsi kemampuan yang tadinya terhimpun hanya pada otak kanan akan menyebar melalui Corpus Callosum ke belahan otak kiri. Pengaruhnya pada perkembangan linguistik seseorang,” kata Sondang. Hasil riset lain, Dr Lawrence Parsons dari Universitas Texas San Antonio, menemukan data jika harmoni, melodi dn ritme memiliki perbedaan pola aktivitas pada otak. Melodi menghasilkan gelombang otak yang sama pada otak kiri maupun kanan, sedangkan harmoni dan ritme lebih terfokus pada belahan otak kiri saja. Namun secara keseluruhan, musik melibatkan hampir seluruh bagian otak. Dr.Gottfried Schaug dari Boston bahkan menemukan otak seorang laki-laki musisi memiliki Cerebellum (otak kecil) lima persen lebih besar dibanding bukan musisi. Semua ini memberikan pengertian bahwa latihan musik memberikan dampak tertentu pada proses perkembangan otak. (niz)

Konsultasi Rematik Mulai pekan ini rubrik ‘Konsultasi Hidup Sehat’ membuka ruang untuk bertanya seputar masalah rematik. Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan rematik, dr I Nyoman Suarjana SpPD KR, akan menjawab pertanyaan Anda. Kirimkan SMS pertanyaan ke 08125039582

KONSULTASI ANAK

Tumbuh Kembang Anak Obesitas

BANJARMASIN POST/DONY SOPHANDI

Bisa Tingkatkan Prestasi BAGI pasangan Erwin Badudu dan Tatat, musik menjadi bagian yang tak terpisahkan di lingkungan keluarganya. Berkat pendidikan musik, pasangan ini berhasil membawa buah hatinya menuju prestasi gemilang mereka. “Musik itu kami pahami sebagai suatu upaya penyaluran energi positif. Fungsinya juga banyak. Otak jadi balance. Dengan keseimbangan itu syukur anak-anak kami sejak SD sampai dia kuliah selalu ranking satu di sekolah,” kata Tatat. Selain Rizza, dua kakaknya membuktikan mampu mengukirkan prestasi yang gemilang. Nasya Vai-

saradya Badudu (21) dan Ranya Vaicitra Badudu (19) selalu mendapatkan peringkat teratas dalam pencapaian prestasi di sekolahnya. Logika mereka terlatih secara otomatis. Keseimbangan antara otak kanan dan kiri pun terlihat jelas mengiringi perjalanan hidup mereka. Tanpa harus dipaksa oleh Tatat, anaknya belajar dengan suka rela. Mereka menyadari selain bermusik, mereka juga harus berkembang. Ternyata keinginan Nasya dan adikadiknya berkompetisi di jalur akademik berbuah sukses. (niz)

ANAK saya lakilaki, usianya pada 4 April tadi 25 bulan. Saat usianya satu tahun dia belum bisa merangkak, bahkan bangun sendiri dari tidurnya saja belum bisa. Awalnya, saya tidak terlalu khawatir mengingat dia ter- DR.dr.H.Ruslan Muhyi, SpA(K) golong obesitas. BeSpesialis Anak dan ratnya ketika itu suKonsultan Saraf Anak dah 13,5 kilogram. Kami menuruti saran dokter untuk menjaga berat badan tubuhnya hingga sekarang sudah sisa 11 sampai 12 kilogram saja. Namun sampai sekarang, dia belum juga bisa bicara, bahkan mengucapkan suku kata juga belum. Berdiri juga belum bisa, apalagi berjalan. Bahkan untuk tidur pun harus kami ajari dulu baru dia bisa. Anak saya ini juga belum bisa belajar mengunyah makanan lembek sekalipun. Dia hanya minum ASI, karena untuk minum susu formula juga harus dipaksa. Kami juga menerima saran agar anak saya diterapi dengan refleksi, apakah ini bisa kami lakukan? Terima kasih. 0811505xxx Jawab : Segera periksakan anak ibu ke dokter anak, bisa juga ke poli tumbuh kembang lantai II RSUD Ulin tiap Selasa. Gemuk tidak menghalangi untuk kemampuan bicara apalagi berat badan anak ibu saat usia 2,5 tahun masih normal yaitu 13 kg. Itu belum termasuk obesitas. Kalau anak belum bisa jalan pada umur tersebut maka ada sesuatu dengan tumbuh kembang otak anak.

Alto Music School

Advertorial

Sekolah Pencetak Musisi Andal POTENSI kreasi seni musik di Banjarmasin mengundang ketertarikan sekolah musik berkelas untuk membuka cabang di kota ini. Melihat membludaknya peserta festival band yang tidak pernah sepi, Pemimpin PT Indonesia Tegar, Bastian terketuk untuk bisa memajukan musik di Banjarmasin. Meskipun perusahaan yang dipimpinnya banyak bergerak di bidang perkebunan, dia mencari agar bakat-bakat bermusik di Banua bisa tersalurkan, tidak hanya sekadar ikut festival dan habis begitu saja. Niatnya pun bersambut saat menemukan Alto Music School. Singkat cerita, Bastian bertemu dengan pendiri Alto Music School, Hadi Susilo Yohannes, B. MusEd dan isterinya Anis A Bether, MM. Sekolah di bawah pengelolaan Yayasan Alto Edukasi ni pun membuka cabang pertamanya di Ban-

jarmasin, sejak akhir Mei 2009. Sebuah bangunan megah berdiri di Jalan A Yani Km 4,5 (beseberangan dengan Hotel Banjarmasin International). Nah, apa yang ditawarkan sekolah musik ini? Alto Music School berkomitmen meningkatkan apresiasi musik di Indonesia dengan kurikulum berkelas. Di sini, ada ujian untuk mengasah kemampuan para siswanya, baik ujian lokal berupa teori dan praktik, juga ada ujian berlevel internasional Royal Schools of Music (ABRSM) Inter-

nasional dan Australian and New Zealand Cultural Ar ts Limited (ANZCA) Australia. “Kami menerapkan gabungan kurikulum lokal dan internasional untuk mendukung siswa kami menjadi sangat terampil. Konsepnya dari hulu ke hilir. Dari yang tidak bisa menjadi bisa kemudian menjadi pemusik andal dan bahkan bisa menjadi guru musik,” kata Anis. Sekolah ini memiliki 15 ruang kelas belajar akustik (kedap suara)dilengkapi AC yang dan alat-alat

musik. Ada library (perpustakaan), ruang mini konser, juga studio rekaman. Dengan fasilitas penunjang itu, sesuai motto where arts, science and fun become one, program yang ditawarkan membantu siswa membangun rasa percaya diri. Siswanya diberikan kesempatan untuk mengalami sendiri proses menciptakan musik sebagai pengalaman untuk memperkaya kemampuan bermusik sekaligus menyenangkan. (niz/*)

FOTO-FOTO/IKLAN/ M SYAFRUDIN

Artis Pun Jadi Pengajar ALTO Music School didukung tim pengajar berpengalaman. Tak tanggung-tanggung, para guru di sini adalah musisi kenamaan yang benar-benar profesional. Selain memiliki kemampuan akademis di bidang musik, mereka juga memiliki jam terbang yang tinggi tampil di konser-konser musik. Ada Erwin Badudu, musisi yang dikenal sebagai ‘raja jinggle’ Indonesia. Juga ada Cendi Luntungan, musisi yang terkenal sebagai ikon drummer dan pemain perkusi terbaik di republik ini. Guru vokal juga

ada, yakni Meltho dari Duo Pasto yang sudah membius publik dengan hitsnya Pasti Kembali. Mereka bisa saja datang ke Banjarmasin mengajar siswa Alto. Saat launching Alto Music School di Banjarmasin pada 24 Mei lalu, Alto Music Band menunjukkan kepiawaian mereka di Duta Mall sekaligus memberikan coaching clilic bagi anak band Banjarmasin. Jika ingin mendapatkan ilmu bermusik, Alto Music School adalah tempatnya. Di Banjarmasin, ada lima guru inti lulusan Yogyakarta

dan Jakar ta. Plus ada anak didik yang jadi ikon Alto Banjarmasin, yakni Improvisasi Bima Sakti( IB) Band yang beranggotakan anak muda kreativ dari Banjarbaru dan Mar tapura. Tidak sedikit ar tis mengakui program dan para pengajar di Alto mengasah kemampuan bermusik. Ada kelompok vokal Project Pop yang telah eksis di dunia musik dan Ber trand Antolin yang saat ini sedang mempersiapkan diri terjun ke industri musik mengasah kemampuan vokalnya di Alto.( niz/*)

Ada Program untuk Anak MUSIK sebagai penyeimbang otak manusia sangat dipahami di sini. Alto Music School menyediakan Children Music Program (CMP). Seper ti namany, kelas ini untuk siswa berusia empat hingga enam tahun. Fokusnya pada pengembangan kemampuan anak-anak bermusik. Ada lagu dan gerakan serta pengenalan keyboard, teori dasar musik dan apresiasi musik. Manajemen Alto percaya, sangat penting bagi anak-anak untuk belajar musik. Alto i telah mencetak musisi cilik yang tak kalah berkualitas dengan pemusik dewasa. Rizzardi Christopher Badudu dan

putra dari Cendi Lutungan sudah menjadi drumer cilik saat berusia tiga tahun.Para siswa cilik ini sering tampil di berbagai acara. Pendaftaran terbuka untuk semua umur. Karena band di sini juga

telah tercetak band-band yang personilnya para sepuh tapi masih suka bermusik. Bahkan tampilannya sudah diakui dalam ajang sekelas Java Jazz. (niz/*)

Biayanya Terjangkau MAHALKAH BIAYA sekolah di Alto? Kepala Sekolah Alto Music School Banjarmasin Errika, memastikan, dibandingkan dengan sekolah-sekolah musik lainnya di kota ini, biaya yang ditawarkan Alto lebih rendah. Untuk tahap awal pengenalan biayanya mulai Rp 150.000 sampai Rp 275.000. Siswa mengecap pendidikan dari tidak mengenal not balok sampai piawai memainkan alat musik atau mengasah kemampuan vokalnya. “Saya kira belajar di Alto biayanya lebih murah dari sekolah lain. Kita sediakan fasilitas dan potongan harga. Ada pula hadiah untuk pendaftar per tama ini,” kata Errika. (niz/*)

Alto Music School Jl A.Yani Km 4,5 No 56 B (Samping BNI Syariah) Banjarmasin, Telepon : (0511)3275077/3268775


Figur 19

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Mencerdaskan Warga Pinggir Sungai KOLONEL Inf Heros Paduppai merasa tersentuh ketika pertama kali menginjakkan kaki di Banjarmasin pada 2008 lalu. Dari sudut pandang Heros, kota berjulukan Seribu Sungai ini kehilangan keindahannya.

Tentang Haros Paduppai Nama Jabatan Lahir Istri Anak

Kolonel Inf Heros Paduppai

: : : : :

Kolonel Inf Heros Paduppai Komandan Korem 101/Antasari Makassar, 16 Oktober 1960 Aisyah Muhammad Herdiansyah (17), Muhammad Hermawan (10), Muhammad Rafie H (baru lahir) Pendidikan : Akabri, Sussarbif, Diklapa I dan II IF, Seskoad, Sussarpara, Suskomando, Intelops/Minlog, Susstaf Renstra, Susdanrem

BANJARMASIN POST/HERRY MURDY

Melayani Masyarakat MENYAKSIKAN senyum masyarakat pinggir sungai ini membuat Heros bahagia. Suami Aisyah ini merasa ada kepuasan tersendiri bisa memberikan pelayanan bergantian menyinggahi sekolah dasar di tepian sungai serta permukiman komunitas masyarakat bantaran sungai. Seiring giatnya pihak Korem 101/Antasari menarik pihak ketiga menciptakan Lambung

Mangkurat berikutnya, dia berharap sungai di Kalsel makin semarak. Kalaupun pihak Korem 101/Antasari akhirnya merogoh koceknya di luar anggaran untuk operasional, bapak dari Muhammad Herdiansyah, Muhammad Hermawan dan Muhammad Rafie H ini tidak keberatan. “Pokoknya, bagaimana sungai bisa hidup lagi dan masyarakatnya jadi cerdas,” kata Heros. (niz)

book stor e bookstor store

GENCARNYA media memublikasikan merebaknya kasus kematian akibat flu babi (swine flu), sempat membuat waswas orang-orang seantero dunia. rangan Abdi Susanto yang diterbitkan PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) ini bisa jadi pilihan. Di dalamnya, kita bisa menjelajahi apa sebenarnya flu babi ini. Ada pula disebutkan apa saja yang bisa dilakukan saat ini. Bolehkah kita melakukan perjalanan? Apa saja syaratnya. Seperti diketahui, bandara dan pelabuhan di sejumlah negara sudah disiagakan untuk mengantisipasi masuknya flu babi tersebut. Seperti pemasangan alat untuk mendeteksi suhu tubuh, jika terlihat maka akan dilakukan pemeriksaan. Lantas, bagaimana pula jika ada anggota keluarga dan kita sendiri yang sakit mengalami gejala-gejala mirip flu babi? Akan banyak jawaban yang bisa Anda peroleh di buku ini. Ayo, segera miliki buku saku yang praktis di bawa

Perahu itu diberi nama Lambung Mangkurat I. Dulunya milik Banjarmasin Post Group. Perahu ini disulap menjadi perpustakaan terapung. Para petugasnya ya siapa lagi kalau bukan anggota TNI. Kini, setelah dua bulan kemudian perahu ini pun bertambah. Lambung Mangkurat II merupakan sumbangan dari badan musyawarah perbankan daerah (BMPD) Kalsel. Yang jelas keduanya memiliki fungsi dan misi yang sama. Lantas, ada misi apa lagi di dalam perahu pintar ini? “Saya hanya ingin ada yang berarti selama saya bertugas di sini. Perahu pintar bagi saya, mengemban banyak misi. Tidak hanya pendidikan, ada misi kebersihan, lingkungan dan kesehatan juga kebersamaan di sini,” kata Danrem, ditemui di sela peninjauan perahu Pintar Lambung Mangkurat II, pekan tadi. Setidaknya, kegundahan hati pemilik enam tanda jasa ini pun mulai terobati. Perahu yang ditambatkan di Pantai Jodoh depan Kantor Korem 101 Antasari selalu dikunjungi pelajar dan mahasiswa. Tulisan Jagalah Kebersihan yang melekat di atap perahu pintar bukan hanya slogan kosong. Aparat TNI yang bertugas di perahu pintar, melalui pengeras suara mengkampanyekan warga di pinggiran sungai agar tidak membuang sampah serta senantiasa menjaga kebersihan sungai. (niz)

Kontak Jodoh

Semua tentang Flu Babi

Apalagi, penyakit yang merebak di Meksiko ini menyebar dengan cepatnya ke sejumlah negara lain seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa (termasuk Inggris, Swedia, dan Italia), Afrika (Kenya), dan Asia Timur (China dan Jepang). Kedatangannya setelah flu burung atau disebut WHO influenza A (H1N1) menggetarkan dunia. Meskipun angka kematian tercatat hanya satu sampai empat persen, flu yang disebut juga flu Meksiko ini sangat cepat menyebar karena sudah bisa menular kepada manusia. Kekhawatiran bisa jadi melanda hati kita. Tapi, jangan sampai gelagapan menanggapinya. Pemahaman mendalam atas situasi ini menjadi hal mutlak. Nah, apa dan bagaimanakah sebenarnya penyakit ini bisa menyerang? Buku ka-

Kehidupan sungai yang menyimpan banyak potensi ternyata tak dibarengi dengan lingkungan yang bersih. Heros juga merasa miris begitu tahu banyak warga pedalaman di hulu sungai masih banyak yang belum tersentuh pendidikan. Padahal, daerah ini sangat kaya sumber daya alam. Dia teringat kampung halamannya di Sulawesi Selatan. “Nostalgia masa kecil bisa berenang dan naik perahu di atas beningnya air sungai membuat hati saya tergerak,” kata Heros. Heros berpikir, masa tugasnya sebagai Komandan Korem 101/Antasari harus diisi dengan ikut menata sungai. Apalagi dia sempat mendengar kalau dulu kehidupan sungai begitu lekat dengan penduduk Banjarmasin. Jauh sebelum airnya keruh dan bercampur sampah seperti sekarang. Heros bertekad, mengembalikan fungsi sungai di Banjarmasin. Terbersitlah ide bagaimana mengawalinya agar keinginan itu bisa terwujud. Bapak tiga anak ini punya ide membuat perahu pintar. Tapi karena tidak memiliki dana, dia menggandeng pihak swasta. Gayung pun bersambut, pihak swasta sependapat dengan idenya. Singkat cerita, kelotok bercorak loreng seperti seragam para serdadu TNI pun diluncurkan awal Maret lalu.

JANDA, Banjar, 40, 160/50, PNS, Islam, taat, kulit sawo matang, pintar masak, hoby traveling dan melukis, membaca dan koleksi pranko, siap menikah. MENDAMBAKAN duda, 35 sampai 50 tahun, Islam, taat, mapan, kalau bisa memiliki hoby yang sama, humoris, pintar bergaul, berwibawa dan siap menikah.

(KJ 043/05/09)

FOTO-FOTO/BANJARMASIN POST/ DONNY SOPHANDI

kemana-mana ini. Selain harganya cukup murah, Toko Buku Gramedia Veteran juga memberikan potongan harga 20 persen dari harga normal Rp 16.500 dengan membawa potongan kupon di bawah ini. (niz)

Kabar dari Pengasuh PENGASUH Kontak Jodoh telah menerima surat-surat dari peminat (Kupon Pertemuan) yang ingin berkenalan dengan peserta. Bagi yang menyertakan perangko, surat langsung dilayangkan kepada peserta yang diminati. Mengenai jawaban atau tanggapan, tergantung kepada peserta. Terima kasih.

Mengenalkan Hewan pada Anak DUNIA pengetahuan sangat baik dikenalkan sejak dini kepada anak. Ajaklah buah hati Anda menyelami ilmu tentang hewan. Nah, di Gramedia Veteran ada penawaran potongan harga jika membawa guntingan kupon potongan harga 20 persen di Banjarmasin Post. Ada empat judul buku yang disajikan oleh penerbit

PT Bhuana Populer (BIP) yang merupakan kelompok Gramedia. Pertama buku dengan judul Apakah Lobster Melompati Air Terjun (seri mari belajar tentang migrasi hewan). Di sini anak akan bisa kita tuntun dengan bahasa sederhana yang mereka mengerti misalnya, menjelaskan hewan apa yang suka berkeliling du-

nia untuk mencari makan. Pokoknya, akan ada petualangan hewan-hewan saat bermigrasi dan temukan dimana mereka berada ketika musim berganti. Juga ada serial belajar tentang kulit hewan. Judulnya Apakah Katak Berbulu Tebal oleh Michael Dahl. Aang pengarang ingin menjelaskan hewan apa saja yang punya sisik dan kulit jenis lainnya. Suara hewan pun dapat Anda kenalkan dengan membacakan dan memperlihatkan dalam buku berjudul Apakah Beruang Mendengung. Gambar dan penjelasan yang diilustrasikan Sandra D’An-

tonio ini menggambarkan penjelajahan keramaian dunia hewan. Gambar dan teks yang lucu dalam buku ini akan memberikan banyak pengetahuan menarik tentang suara hewan yang ada ada di sekitar kita. Nah, sekarang tinggal menjelaskan tempat hidup (habitat) hewan. Dengan mengambil judul Apakah Kurakura Tidur di Atas Pohon menjadi sangat menarik untuk dibacakan pada anak. Mereka bisa kita tuntun melihat hewan apa yang membangun pondok, mendirikan menara yang keren. Adapula hewan yang menggali liang. Seakan membawa me-

reka, kita dibawa oleh buku ini mengunjungi berbagai macam rumah hewan yang dibangun sendiri. Jangan lewatkan hari libur Anda. Tetap berikan pelajaran dengan cara penyampaian yang khas anak-anak. Jangan lupa gunting kupon di Banjarmasin Post untuk mendapatkan diskonnya. (niz) MULAI edisi Minggu, 4 Januari 2009, Banjarmasin Post menghadirkan rubrik baru, Kontak Jodoh. Rubrik ini memberi kesempatan kepada pembaca setia BPost yang mendambakan pasangan hidup sesuai kriteria yang diingini. Yang penting, ikuti aturan mainnya.

Persyaratan: l Fotokopi KTP, alamat jelas, tanda tangan (sesuai KTP), tanpa biaya l Usia minimal: untuk jejaka 25 tahun, gadis 23 tahun, duda/janda bebas, tapi harus disertai fotokopi surat cerai/kematian l Tuliskan data diri, suku, agama, pendidikan, profesi, sifat pribadi, hobi, tinggi dan berat badan, nomor telepon yang bisa dihubungi (khusus untuk pengasuh, tidak dipublikasikan) l Data diri pasangan yang dikehendaki l Diketik atau ditulis rapi l Nama/peserta ada di tangan pengasuh l Peserta boleh mengirim foto diri dan dapat meminta foto dirinya dimuat di rubrik ini l Masukkan semua berkas dalam sebuah amplop berperangko l Jangan lupa, pasang KUPON KONTAK JODOH di pojok kiri atas amplop l kirimkan ke PO BOX 93 BANJARMASIN

Bagi Peminat: l Surat perkenalan langsung ditujukan ke nomor peserta

Kupon Pertemuan

l Semua surat pasti dikirim kepada yang bersangkutan. Dibalas tidaknya tergantung yang bersangkutan. Sertakan perangko untuk pengiriman kepada pasangan dambaan Anda.


20 Seni Budaya

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Puisi-puisi Khoriyyah Azzahro

Sungai Taungut

Baisukan ulun taungut Mahadapi sungai nang masih bapagut Wan ambun subuh nang bakabut Kaingatan matan halus Mandi di sungai bakunyung tarus Kecipak kecipuk awak jimus Baisukan masih taungut Mahadangi jukung nang balarut Mambawa awak gasan ilmu nang dituntut Tapi damini ulun taungut Mahadapi sungai nang basurut Tatinggal ilung nang tasangkut Kaganangan generasi penerus Adakah inya kawa maurus Sungai banua nang barigat tarus Baisukan ulun taungut Mahadapi sungai nang bahijua lumut Wan bakipit rasa bakarut Hayu! Kakawanan wan dingsanak Kita maandak tangan wan fikir otak Gasan sungai banua nang diwariskan ka cucu anak Hayu! Samua jangan taungut Kita barasihi sungai banua nang mulai baingsut Supaya Banjar rami dielangi urang bajurut

Nasalis, si Maskot Banjar Nasalis, Si Bekantan Manis Manangis sorangan Kadada lagi kawan Gasan Nasalis Umay, Nasalis... Nang lucu banar Kanapa manangis Si Maskot Banjar Nasalis, Si Bekantan Manis Hamuk kada karuan Kadada lagi hutan Gasan Nasalis Umay, Nasalis.. Si Maskot Banjar Kanapa manangis Wan hamuk banar Maafkan manusia, Nasalis! Puhun ditabang Hutan dibabat Nasalis hilang Tatinggal sabat Ampuni manusia, Nasalis! Bakantan hilang Habis barondot Tasisa kandang Di Taman Maskot

Purun di Pasar Terapung Topi purun warna warni Mahias sungai subuh suni Bajurut tulak ka Pasar Terapung Maliwati rumah wan kampung Topi purun warna warni Mahias jukung rami saji Iwak sayur wadai buah Batatay dijual murah Di atas sungai Dagangan ditawarakan Di atas sungai Ijab kabul diucapakan Di atas sungai Hibak kahandak batamuan Topi purun warna warni Mahias ambun basah pelangi Badirit rapi di Pasar Terapung Ulahan Asli urang kampung Topi purun warna warni Mahias hati sapanjang hari Himung syukur kolehan balimpah Rahmat rajaki dari Allah Di atas sungai Kesah hidup di jalanakan Di atas sungai Pasar Terapung jadi kebanggaan Di atas sungai Budaya Banjar dilestariakan

Hilangnya Matahari Bayu Yoga Dinata

A

ngin berembus pelan, menyibakkan dedaunan pohon Akasia besar yang tumbuh sejak puluhan tahun lalu. Telah banyak peristiwa yang disaksikannya sejak ia pertama kali ditanam. Seperti hari ini, ia menyaksikan peristiwa yang begitu mengharukan, perpisahan dua anak manusia yang saling menyintai, menyayangi dan memiliki. Bocah itu bernama Salim. Ia tidak menangis, tidak menjerit bahkan tidak mengucap sepatah katapun. Salim hanya menunduk, seolah sedang memperhitungkan nasib diri selanjutnya. Ia berusaha untuk tegar atas nasib yang diterimanya ini. Berbeda dengan laki-laki di hadapannya itu. Pria yang lebih tua 10 tahun darinya, pria yang seharusnya lebih dewasa dalam menyikapi hidup, menangis tersedu-sedu. Ia memang tak sekuat adiknya yang terlahir dalam keadaan hidup penuh cobaan dan penderitaan. Latif tak bisa begitu saja meningalkan satu-satunya keluarganya yang masih tersisa. “Lim, maafkan kakak, kakak harus pergi dari desa ini Lim. Kakak harus hijrah ke daerah lain jika masih ingin hidup. Kakak harus mengubah nasib Lim, nasib kakak dan nasibmu juga. Maaf, maaf, maaf!” Salim tidak berkata apa-apa, ia masih terdiam. Ia tak bisa berkata-kata atau enggan berkata-kata, sudah tak jelas lagi perbedaan keduanya. Pelukan Latif pada adiknya berakhir setelah ia menyadari pandangan tak sabar dari para penumpang lain. Semua kesedihan ini berawal ketika . . . “Mau kemana nak?” “Ke kota, Bu. Cari sampah plastik buat dijual.” “Tapi, apa kamu tidak lihat kalau langit sedang mendung? Mungkin sebentar lagi akan ada badai. Lebih baik kamu di rumah saja, Nak!” “Tidak bu! Kalau Salim tidak pergi, Salim tidak bisa dapat uang buat beli buku.” Sang Ibu hanya bisa terdiam menatap kobaran api dari tungku. Ia mengerti nasib anaknya tidak akan begini jika suaminya tidak meninggal. Lelaki yang sangat dicintainya itu pergi saat benih di perutnya baru berumur empat bulan. Meninggal akibat penyakit stroke yang menggerogoti tubuhnya. Beserta tumbangnya laki-laki itu, tumbang pula usaha yang mereka rintis. Ibu dan kakak satu-satunya harus tergusur ke sebuah rumah berdinding papan di satu-satunya tanah tersisa dari kejayaan masa lampau. “Assalamualaikum. . .” ucap salim seraya melangkah pergi. Sang Ibu hanya bisa menjawab lemah salam itu. Tertunduk lesu menonton kobaran api asyik menjilat pantat panci. *** PT. Harapan Harahap. Papan nama di depan gedung itu berdiri tak acuh. Tak peduli kalau beberapa huruf konsonannya sudah mengelupas. Bangunan itu tetap megah

“Ya, Ayah saya memang bernama Harahap Angkara. Tapi saya tidak tahu sama sekali prihal pabrik tebu itu.” Awalnya pria itu memasang wajah bingung, namun beberapa saat kemudian ekspresinya sudah berubah. Sepertinya ia memahami sesuatu. “Kalau boleh tahu nama Bapak sendiri siapa?” Tampaknya keebekuan Salim berhasil dicairkan oleh sikap baik hati sang penyelamat. “Oh, nama Bapak? Nama Bapak . . .” Terdengar sambaran keras petir disusul gemuruh keras. Mereka berdua hanya bisa berlindung pada doa dan pasrah. Perlindungan dari atap etalase toko tak seberapa. Mereka tetap saja terkena air hujan yang dibawa angin badai. Untuk beberapa saat mereka tetap diam.

kendati rumput lebat memenuhi tiap inci jalan dan halaman dalam kompleks bangunan. Salim tak pernah sadar kalau gedung tak terawat itu dulunya simbol kejayaan keluarganya di masa lampau. Ia juga tak pernah memperhatikan kalau Harahap adalah nama belakang Ayahnya. “Nak,” terdengar suara sayupsayup di antara gemuruh bunyi hujan. “Nak,” sekali lagi suara itu terdengar. Ditengoknya arah sumber suara. “Hei, Nak. Cepat kemari! Badai akan semakin parah,” seorang bapak berteriak dari depan etalase toko yang tutup. Tak ada jawaban. Bocah yang dimaksud tetap melanjutkan aktivitasnya. Bapak itu kembali memanggil Salim. Banyaknya hasil yang ia dapat membuat Salim melupakan keadaan sekelilingnya. Laki-laki itu tak menghiraukan Salim. Ia kemudian menyeret Salim menjauhi ganasnya badai. Mereka berdua harus berjalan terbungkukbungkuk melawan kuatnya tiupan angin. “Kenapa Bapak menyelamatkan saya?” ucap Salim begitu mereka berhasil berlindung di emperan toko. Salim yang tumbuh menjadi pribadi mandiri dan hanya percaya pada kemampuannya sendiri tidak memahami tingkah Bapak itu. Un-

*** “Hei cepat!! Katanya beberapa rumah di bukit sana terkena longsor, kita harus segera menolong mereka,” seorang pria berumur 30-an tahun berteriak memanggil temannya. Di belakangnya beberapa orang laki-laki berlari mengikuti. Suasana jalan menjadi agak gaduh. ILUSTRASI/IVANOV Mendengar kata bukit tetuk apa Bapak itu menolong dirinya linga Salim berdiri. Saraf auditori yang bukan apa-apanya? Keluarga di telinga Salim langsung membawa bukan, teman juga bukan. Mereka rangsang itu ke otak untuk diterbahkan baru beberapa menit yang jemahkan menjadi suatu tanda kelalu saling melihat wajah masingkhawatiran. Rangsang itu oleh masing. otak dilanjutkan ke saraf motorik “Aneh,” kata yang terus bercokol yang kemudian ditindak lanjuti dalam benak anak itu otot-otot gerak tubuh dengan “Sudahlah, kau diam dan berdoa segera berlari. saja agar badai ini lekas reda!” tukas Bocah itu terus berlari tanpa peBapak itu sambil memegangi kepaladuli kalau di belakangnya sang nya yang dari tadi mulai mengeluarpenyelamat masih sempat bertekan darah. riak. Dari depan pabrik gula ia suSambaran petir semakin sering dah dapat melihat bukit hijau kini terjadi. Kedua orang itu meringkuk berganti warna. Kuning kecoklatberlindung pada dinding toko. Tak an. Warna tanah yang menyeruak ada pembicaraan antara keduanya. akibat longsor. Suara berisik dari petir, hujan, angin, “Ibu. . . ! Ibu. . . ! Ibu. . . !” Salim pohon yang tumbang, dan sesekali berteriak berharap ada jawaban teriakan manusia lebih banyak mendari orang yang dimaksud. Ia medominasi indra pendengaran melangkah menginjak tanah becek. reka. Melewati beberapa pria yang “Hei nak, siapa namamu?” lakimenggali tanah di atas rumahnya. laki itu memulai pembicaraan. Salim “Ibu. . . !” berpikir sejenak. Dipandanginya Salim hampir pasrah. Semangatlekat mata sang sumber suara. nya kembali muncul saat melihat “Salim! Salim Angkara,” ucap seorang pria menggali tanah deSalim saat sorotan selidik matanya ngan tangannya. Laki-laki itu medipatahkan pandangan tajam dari nangis. mata lelaki itu. “Kakak!” Salim menghambur. Terdiam. Seolah ada lebah me“Ibu mana kak?” tak ada janyengat masuk ke dalam telinganya. waban. Laki-laki itu terus menangis Bapak itu memandangi Salim lebih dan menggali. Salim terduduk. lekat, lebih menyelidik. Mobil itu semakin menjauh. Me“Angkara?! Apa nama Ayahmu nyisakan debu dan harapan. Kini Harahap Angkara?! Pemilik pabrik ia tinggal sendiri. Hanya sendiri. tebu di lereng gunung sana?” Benar-benar sendiri.(*)

INFO PENGASUH

Homepage: http//www.banjarmasinpost.co.id Penerbit SIUPP

: PT Grafika Wangi Kalimantan : SK Menpen No. 004/SK/MENPEN/ SIUPP/A.7/1985 tgl 24 Oktober 1985 Sejak Tanggal : 2 Agustus 1971 Direktur Utama : Herman Darmo Pemimpin Redaksi/ Wakil Pemimpin Umum: Yusran Pare Redaktur Pelaksana: Harry Prihanto, Dwie Sudarlan Sekretaris Redaksi: Umi Sriwahyuni Manajer Produksi: Agus Rumpoko Wakil Manajer Produksi: Muhammad Yamani Koordinator Liputan: Dade Samsul Rais Staf Redaksi: M Iqbal Raziffuddin, Noor Dachliyanie Adul, Sudarti, Didik Triomarsidi, Halmien Thaha, Ernawati, Yenny Yanuarita, Kaspul Anwar, Ribut Raharjo, Fikria Hidayat, Mulyadi Danu Saputra, M Royan Naimi, Hanani, Burhani Yunus, Sigit Rahmawan Abadi, Anjar Wulandari, Anita Kusuma Wardhani, Ratino Taufik, Moh Choiruman, M Rasyid Ridho, Murhan, Siti Hamsiah Biro/Perwakilan: Banjarbaru/Martapura: Syamsuddin (Kepala Biro), Herlina Lasmianti, Aries Mardiono Barabai: Khairil Rahim Tanjung: Mahdan Basuki, Pelaihari: Idda Royani, Marabahan: Ahmad Riduan, Palangka Raya: Noorjani Aseran (Kepala Biro), Sutransyah, Faturrahman Kuala Kapuas: Mustain Khaitami Jakarta: Uki Kurdi (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Waka Biro), Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Zulfikar W Eda, FX Ismanto, Heroe Baskoro, Johnson Simanjuntak, Rahmat Hidayat, Yulis Sulistyawan, Choirul Ariffin, Hendra Gunawan. Ilustrator/Karikaturis: Ivanda Ramadhani.

e-mail : redaksi@banjarmasinpost.co.id Pemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR Pendiri : Drs H J Djok Mentaya (1939-1994) Drs H Yustan Aziddin (1933-1995) HG Rusdi Effendi AR

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta, Wakil Pemimpin Perusahaan/Bagian Promosi: M Fachmy Noor, Bagian PSDM/Umum: Tapriji, Bagian Iklan: Fahmi Setiadi (08115003012), Bagian Sirkulasi: Suharyanto (08115000117). Alamat Redaksi/Iklan/Sirkulasi: Gedung HJ Djok Mentaya, Jl AS Musyaffa No 16 Banjarmasin 70111, Telepon (0511) 3354370 (hunting), Fax 4366123, 3353266, 3366303 Bagian Iklan: (ext. 113, 114), Bagian Sirkulasi: (ext. 116, 117) Hotline Langganan: (0511) 3352050 Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12 Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan 5490666 Fax (021) 5495360, Iklan/ Sirkulasi: Telp (021) 5483008, 5480008, Fax (021) 53696583 Perwakilan Surabaya: Jl Raya Gubeng No 98 Surabaya, Telp/Fax (031) 5021779, Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511) 4780356, Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km.2,5 Palangka Raya, Telp (0536) 3242361 Tarif Iklan: zDisplay Umum: Hitam Putih (BW): Rp 17.500/mmk Berwarna (FC): Rp 35.000/mmk zDisplay Halaman 1: Hitam Putih (BW): Rp 35.000/ mmk Berwarna (FC): Rp 70.000/mmk zIklan kolom/Duka Cita: Hitam Putih (BW): Rp 10.000/mmk Berwarna (FC): Rp 20.000/mmk zIklan Baris: Rp 10.000/baris Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%. Harga Langganan: Rp 75.000/bln Percetakan: Alma Mater Press Offset Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru. Telepon (0511) 4705900-01 isi di luar tanggungjawab percetakan.

WARTAWAN “BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER.

BAGI rekan-rekan yang mengirim tulisan berupa cerpen atau puisi, kami meminta untuk melengkapinya dengan data dir/copy kartu identitasi dan nomor rekening bank anda. Honor tulisan yang dimuat akan kami transfer. Tulisan bisadikirim lewat pos ke almat Kantor Banjarmasin Post Gedung HJ Djok Mentaya Jalan AS Musyafa Nomor 16 Banjarmasin. Sudut kiri amplop ditulis Seni dan Budaya. Bisa juga kirim via email ke redaksi@banjarmasinpost.co.id atau royan.naimi@gmail.com.

Lebih Asyik Tari Daerah MEMEY tersenyum lepas, tatkala tepuk tangan meriah sesaat setelah dia mengakhiri gerakan tarinya yang gemulai bersama teman-temannya. Tanggui (topi khas Banjar yang biasanya berukuran besar) pun mempermanis penampilannya, akhir pekan lalu dalam festival tari daerah antarpelajar se-Kalsel. Grup tari dari SMP Negeri 24 Banjarmasin tempat Memey bergabung ini satu di antara 22 grup tari yang menjadi peserta festival itu. Ratusan pelajar SMP dan SMA se-Kalsel mempertunjukkan kebolehannya beradu gerak rancak tanpa meninggalkan kesan gemulai dan kekhasan Banua. Para peserta didampingi gurunya antusias mengikuti perhelatan yang digelar Sanggar Tari Bunga Anggrek dan didukung Banjarmasin Post group ini. Mereka tak mau kalah memperlihatkan kemahirannya dalam seni tari. Masih laku kah tarian daerah ini di kalangan pelajar? Tidak kah mereka lebih suka dengan hal-hal yang terkait modern?. Ternyata kesan itu nyaris tak terlihat dalam pagelaran itu. Sebagian pelajar mengaku

BANJARMASIN POST/HERRY MURDY HERMAWAN

Siswi SMPN 24 Banjarmasin menampilkan tarian Tanggui.

mereka masih gandrung dengan tari daerah. Bagi mereka gerakan pada tarian daerah itu justru lebih asyik ketimbang tari luar. “Gerakannya lebih asyik tari daerah. Kalau ngedance itu agak ribet dan lebih capek. Kalau tarian daerah itu kan sekalian melestarikan budaya asli kita,” kata Memey.

Mereka juga tidak takut dibilang anak zadul (zaman dulu, Red). “Tidak, tari daerah itu juga keren kok. Yang tidak tahu tari daerah lah yang gak gaul,” timpal pelajar lainnya. Pagelaran ini memperebutkan trofi tetap Ibu Gubernur Kalsel, Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin. Ketua Panitia Pelaksana, Ruspandi mengata-

kan, festival tari ini rutin dilaksanakan tiap tahun, untuk memacu kreativitas pelajar, selain menyambut Visit South Kalimantan 2009. Harapannya, ajang ini memunculkan bibit baru dalam seni tari. Tentunya dapat membanggakan Banua, ketika mereka tampil di ajang tari di luar daerah. (niz)


Layanan Publik 21

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

PEMBACA setia BPost, silakan sampaikan keluhan, saran dan kritik Anda terhadap public service atau masalah pembangunan di banua kita, secara singkat, cerdas dan santun melalui SMS ke nomor (0511) 7445000. Caranya: Ketik HOT <spasi> (isi SMS Anda)

Sangat Meresahkan KEPADA Yth. Dinas terkait agar dapat menanggulangi masalah sarang burung walet yang ada di Jalan Pengambangan RT 6, suaranya sudah sangat meresahkan warga. Jangan sampai terjadi tindakan anarkistis, baru bertindak. (08152116xxx)

Hanya Satu

Berarti Ilegal

Jangan Asal-asalan

KEPADA Bank BRI, kalau bisa ATM-nya ditambah lagi, jangan hanya ada di cabang saja, itu pun satu ATM saja, kalau tidak salah di kanwil BRI pun cuma ada satu ATM. Coba dong, lihat bank lain lebih dari satu ATM. Kalau bisa, unit yang sudah online pun ditaruh ATM, biar bisa setulus hati melayani rakyat, ya paling tidak sesuai dengan simbol dan logo BRI lah melayani dengan sepenuh hati dan satu lagi, ATM-nya jangan terlalu sering minta maaf, karena nasabah bisa kecewa lo. (081349582xxx)

KEPADA Yth. Bapak wali kota, izin stockpile sudah habis dan tidak diperpanjang lagi, kalau masih beroperasi berarti ilegal. Faktanya setiap malam dari pukul 23.00 Wita sampai pukul 04.00 Wita masih ada truk batu bara menuju stockpile. Terus, bagaimana dengan keberadaan portal di jalan lingkar selatan yang juga masih melakukan kegiatan pungutan, baik itu truk batu bara maupun truk angkutan lain, apakah itu juga ilegal? Kalau kesemuanya itu ilegal, harap ditindak. (087815583xxx)

YTH. Wali Kota Banjarmasin. Kami warga mendukung untuk mendapatkan Adipura, tapi dalam manggawi kegiatannya jangan asal kaya pengolahan sampah di Pasar Sentra Antasari kada kompromi lawan warga diparak pengolahannya. Nyamanai pian kada mancium baunya ditambah limbah pasar nang bau banar. Kada suahkah pian bajalan ka sakaliling pasar, apalagi pagi hari jam delapan sampai jam 10-an supaya marasa jua baunya. (05117541xxx)

Bau Banar BANJARBARU - Pak wali kota Banjarbaru. Tolong pang padahkan lawan anak buah pian Dinas Kebersihan. Selokan Pasar Kamaratih bau banar. Kasihan kami yang belanja. (081348129xxx)

Langsung Dikasih

Tak Punya Uang

TANAH BUMBU - Kepada bapak pimpinan BRI Batulicin. Saya sangat kecewa dengan pegawai bagian kredit unit Batulicin yang inisialnya B, karena nyata-nyata saya sudah duluan masukkan berkas, gak taunya malahan orang yang duluan. Lagi pula orang itu baru minjam, langsung dikasih Rp 50 juta. Kata orang, kalo mau cepat dan mau dapat pinjaman langsung banyak, beri aja sejumlah duit pada B tersebut, ditanggung beres. Tolong diusut pak. Terima kasih. (087817195xxx)

TANAH LAUT - Kepada Yth. Pimpinan RSUD H Boejasin dan pimpinan PMI Cab. Tanah Laut. Pasien korban penusukan dalam keadaan kritis yang sangat-sangat memerlukan darah akibat luka yang seharusnya bisa ditolong. Menang sudah ketentuan ilahi, tetapi berupaya, namun akhirnya meninggal dunia hanya karena keluarga korban tidak mempunyai uang kontan untuk membeli darah sekantung seharga Rp 130 ribu. Kami bilang pinjam dengan maksud keesokan harinya dibayar, tetapi tetap tidak diberi. Beginikah sistim pelayanan RS pemerintah? Tidak adakah kebanggaan dan perhatian saudara untuk menyelamatkan nyawa seseorang? Apakah stok darah di PMI memang diperjualbelikan untuk mencari keuntungan? Bagaimana nasib kami yang tidak mempunyai uang untuk membelinya? Apakah harus mati sia-sia? Sia-sia niat pendonor yang ikhlas mendonorkan darahnya, tetapi oleh pihak PMI/RS diperjualbelikan. (085248197xxx)

Selalu Sinis TANAH BUMBU - Bapak Kadinkes Yth. Tolong tegur pang pelayanan RS Amanah Husada Kab. Tanah Bumbu. Perawat tidak ramah dan selalu sinis kalau ditanya pasien, memang harus begitukah standar service RS? (081351958xxx)

Sisanya Belum

ILUSTASI/INANOV

Oh Listrik PABILAKAH banua kita ini kada kakurangan listrik lagi? Kedadakah solusinya? Hampir tiap tahun, listrik di banua kita ni bermasalah tarus. Kasian nang baisian pabrik nang memakai listrik. Jadinya urang kada kawa berproduksi. Tolong pang nang berwenang menangani masalah listrik di banua kita ini. Demi kemajuan banua kita jua. Terima kasih. (085750298xxx)

Jangan Kecewakan

Ala Kadarnya

KARENA tertarik dengan iklan cuci gudang Kaze ZX di koran, kami akhirnya membeli kendaraan tersebut (20 April 2009) yang katanya berasal dari Kaltim dengan pembayaran harus lunas saat itu juga, tidak bisa dilunasi setelah barang diterima di rumah dengan perjanjian pajak diurus sendiri (kosongan). Setelah lebih satu bulan, jangankan faktur dan suratnya, dihubungi pun kami tidak ada. Setelah dikonfirmasi, mereka menjanjikan mulai dari tiga hari hari sampai puluhan hari. tetap tidak ada. Kami hubungi lagi diler tersebut, katanya baru akan dikirim dari Kaltim, setelah itu baru direvisi di Banjarmasin, dikirim lagi ke Jakarta, baru dibalikkan ke Banjarmasin lagi. Kami jadi bingung, bagaimana sebenarnya status motor tersebut yang sedikit pun tidak ada surat menyuratnya. Kepada KMI, kami imbau supaya ke depan jangan lagi mengecewakan pelanggan, supaya produk anda bisa maju seperti merek lainnya. (081528300xxx)

PAK wali kota, tolong imbau semua pengurus masjid di Banjarmasin untuk memakai pengeras suara ala kadarnya saja, karena banyak masjid yang menggunakannya berlebihan sehingga kedengaran bising yang mengganggu warga sedang beribadah di musala atau masjid lainnya. (081949956xxx)

Lakukan Cek KEPADA Yth. Bapak wali kota dan kadiknas Banjarmasin, tolong dilakukan pengecekan terhadap SD Antasan Besar di Jalan Meratus, masa hanya untuk membangun sebuah WC menelan biaya Rp 43 juta, yang mana sebagian besar dananya dimintakan kepada orangtua murid. (085249309xxx)

Nyalakan Lampunya

BUAT pak gubernur di Jalan A Yani, sekitar Km. 10 sampai Km. 13, kan ada pelebaran jalan. Tolong pang lampu jalannya dinyalakan kalo malam. Kasihan urang pengguna jalan. Trims. (05116259xxx)

Beri Pelayanan PAK wali kota, sehubungan Anda menaikan pajak sewa terhadap toko kami yang tertera pada kartu merah sebanyak 100 persen, maka berikan kami pelayanan agar kami pedagang Pasar Teluk Dalam muara merasa nyaman dan aman, terutama terhadap pengemis yang sering membawa kotak amal. (081351568xxx)

BANJAR - Yth. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banjar, tunjangan fungsional kami guru honor Taman Kanakkanak periode Juni - Desember 2008 baru dibayar tiga bulan, sisanya yang tiga bulan lagi belum kami terima sampai sekarang. Mohon hak kami segera diperhatikan, terima kasih. (085248491xxx)

Bangunkan Dahulu BATOLA - Pak bupati Batola. Tolong bangunakan badahulu jembatan baja Sungai Kerokan, Tabunganen. Karena jalan dan jembatan dari Tamban ke Tabunganen kada bafungsi lagi. (05117239xxx)

Pakai Kaos HULU SUNGAI SELATAN - Saya merasa prihatin dan sedih, sebagai warga HSS yang tinggal di Banjarbaru melihat pembukaan Porseni SMP seKalsel yang diadakan di asrama haji. Yang kami lihat, hanya kontingen HSS saja yang pakai baju kaos murahan dan pakai celana jeans. Sedangkan kontingen daerah lain pakai seragam semua. Apakah dinas pendidikan tidak punya anggaran? Pantas saja perestasi atlet menurun. (085752336xxx)

Merasa Tertipu YTH. Pak Kapoltabes Banjarmasin, tolong ditertibkan atau ditindak tegas kepada perusahaan yang berjualan dengan cara ngasih amplop berisi undian berhadiah yang berada di pintu masuk Duta Mall. Kami selaku pengunjung luar daerah merasa tertipu karena untuk mengambil hadiah tersebut kami diharuskan untuk membeli barang tersebut yang bermerek Asatron yang harganya ternyata jauh lebih mahal dari barang yang bermerek. Kepada pihak manajemen Duta Mall agar kiranya diperhatikan, agar pengunjung tidak ada yang merasa dikecewakan dengan adanya sistem penjualan berkedok amplop berhadiah itu. Kasihan orang luar daerah yang tidak tahu. (085248132xxx)

Masih Ada

Sangat Silau

Jangan Mahadang

MEMBACA surat Depdiknas Dirjen Dikti No. 595/D5.1/ T/2007 tertanggal 27 Februari 2007. Bahwa sejak 1997 telah melarang kelas jauh dan kelas Sabtu Minggu, serta ijazahnya tidak sah dan tidak dapat digunakan. Gimana di Kalsel, kok masih ada kelas jauh dan Sabtu Minggu? Percuma saja dong kuliah kalau tidak diakui. Mohon tanggapan pihak terkait. (08195176xxx)

BAPAK Polantas, banyak lampu belakang sepeda motor yang dilepas cover merahnya. Sangat menyilaukan dan mengganggu pengendara di belakangnya. Tolong ditegur, bila perlu ditilang. (081349332xxx)

PAK Kapolsek Batulicin, tolong tangkapiakan pang orangorang nang katuju mabuk di pangkalan truk masuk di pangkalan truk jangan mahadang operasi pekat haja,apalagi bila ada amat engkeng pasti ribut.â&#x20AC;? (081251790xxx)

Paket-Paketan HULU SUNGAI TENGAH - Pak Bupati HST tolong ditiadakan paket C di Kecamatan BAT. Karena warga belajarnya tidak pernah belajar atau pun turun untuk kegiatan belajar. Turun pun sudah ada ujian nasional. Lagipula semua warga belajarnya tidak pernah melalui pendidikan formal. Tetapi selalu nonformal. Misalnya, tamat paket A ke paket B, lalu ke paket C. Mun seperti ini tidak usah lagi didirikan sekolah yang pendidikan formal, lebih baik ikut paket-paketan saja, kan enak. Bagaimana mau maju, kalau masyarakatnya bodoh. (08571046xxx) TANGGAPAN : PERLU kami informasikan, bahwa kegiatan Paket A, Paket B, dan Paket C merupakan Pendidikan Non-formal (PNF). Peserta PNF (Warga Belajar) baik di Kec. BAT maupun tempat lain adalah masyarakat yang tidak ada kesempatan untuk mengikuti pendidikan formal (SD, SMP, SMA sederajat) dikarenakan ratarata umur mereka di atas usia sekolah. Kita juga maklum, bahwa warga belajar sebagaimana dimaksud juga bekerja karena kebanyakan sudah berkeluarga sehingga proses pembelajaran tidak bisa rutin seperti pada pendidikan formal. H Agung Parnowo SPd MMPd Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. HST

Liati Anggarannya

Kada Heran-heran

TANAH LAUT - Yth. Bapak Bupati Tala. Mun bedah rumah liati dulu anggarannya, adakah kadadakah? Jangan mamakai duit pembinaan Karang Taruna, apalagi hagan kepentingan partai. (05122721xxx)

BANJAR - Umailah bupati Banjar kada heran-heran lalu lawan warga Km. 7 Kertak Hanyar, samantang kami di perbatasan, jalan rusak diliatakan haja di Kompleks Mahligai. Kami maka am bayar pajak tarus. Jaka parak lawan Malaysia, bisa banyak nang jadi warga di sana. Mohon tanggung jawab bapak sebagai pemegang amanat rakyat. (085751011xxx)

Perhatikan Manajemen TANAH LAUT - Bapak Kepala dinas tata kota Kab. Tanah Laut. Tolong dong manajemenya diperhatikan. Masa yang tenaga kontrak ngawasi PNS. Apa gak salah tuh? (085248459xxx)

Ulahakan Musala TAPIN - Pak bupati dan pak direktur RS Datu Sanggul, tolong pang ulahakan musala semantara nang halus, barang sagan kami nang tunggu kaluarga garing barang, bisa jua salat di situ. (087814103xxx)

Baiki Jalan HULU SUNGAI TENGAH Kepada Yth. Abah bupati HST, tolong baikiakan Jalan Pajukungan Hilir lawas banar rusak. Mulai pian jadi bupati pertama, sampai tapilih nang kadua kalinya, kada dibaiki jua. (085248276xxx)

Jadi Maling? BANJAR - Sungguh memalukan oknum aparat di Kab. Banjar. Niatnya menertibkan illegal mining, kok malah jadi maling berseragam. Seenaknya menjarah warung orang. (05116140xxx)

Sinyal Hilang BANJAR - Kepada Yth. Pimpinan Telkomsel. Saya pelanggan Telkom flash. Kenapa sudah tiga minggu jaringan 3G Telkomsel di daerah Gambut sampai ke Banjarbaru hilang? Malah timbul sinyal HSPA tapi kada bisa konek-konek. Rugi kalo gini caranya langganan flash. Mohon penjelasannya? (085651027xxx)

Mengapa Demikian? HULU SUNGAI TENGAH Kepada pihak Yamaha, pada 12 Mei 2009, saya mau beli Mio Soul kontan di Yamaha CV Surya Prima Barabai. Di brosur tertera harga Rp 13.892.000, tapi kami malah disuruh bayar Rp 15,5 juta dengan alasan stok kosong dan harus inden, maka untuk segera lebih cepat, karena banyak yang mesan, harus bayar segitu. Tapi, dulunya sewaktu kita baca di BPost, pihak Central Yamaha bilang kalau hal itu tidak akan terjadi lagi. Mengapa bisa demikian? Padahal kami mau beli kontan, bukan kredit. (085248044xxx)

Lalu Lalang TIDAK ada pengawasan dari Polantas dan DLLAJ, mobil truk pada pukul 06.00 Wita - 09.00 Wita lalu lalang di Jalan Hasan Basri (Kayu Tangi) dan Jalan Sultan Adam. Apakah peraturannya dibatalkan atau dicabut. Tolong dijawab. (081528818xxx) TANGGAPAN : PADA kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada Saudara yang telah memberi masukan. Perlu kiranya kami jelaskan, bahwa dalam upaya mengurangi kepadatan arus lalu lintas terutama pada jam sibuk di Kota Banjarmasin, telah dikeluarkan Keputusan Wali kota Banjarmasin No. 18 Tahun 2009 Tanggal 10 Februari 2009 yang isinya antara lain, melarang truck/trailler masuk Kota Banjarmasin pada pukul 06.30 Wita - 09.00 Wita. Dari arah Jalan A Yani batas kota, Jalan Veteran - Sungai Gardu batas kota, Jalan Brigjen H Hasan Basri (Jembatan Sungai Awang), Jalan Sutoyo S (PHB), Jalan Sutoyo S (Pelambuan). Keputusan Wali kota tersebut masih tetap diberlakukan, sedangkan masih adanya truck yang lewat di ruas Jalan Sultan Adam dan Hasan Basri pada pukul 06.00 Wita - 09.00 Wita, kemungkinan truck tersebut sebelumnya sudah berada dalam Kota Banjarmasin atau tidak melintasi rambu larangan pada lokasi batas kota di atas, masukkan Saudara akan menjadi bahan evaluasi kami, bersama instansi terkait. Saukani Ruslan ST MT Kabid Manajemen Opsdal Lain Dishubkominfo Kota Banjarmasin

3105/21


22 KOINPRO

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009


23

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

BANJARMASIN LOWONGAN Dibutuhkan Karyawan / Karyawati untuk Billiard usia max 24th. Lmrn ke Jl Sutoyo S (eks Paparons Pizza) sebr STIENAS. 240509-B

Dcr. Accounting pglmn,Wnt,single, max.35th. Lmrn dikrm ke Jl.Sltn Adam Komp.Mandiri Lestari Blok C3 No.64 Rt.37. 911787

Dicari 1.ADM, 2.Sopir B1 . Kirim ke PO.BOX 812 BJM. 911918

Dcr. Karyawan llsn SMU/SMK/sdrjt max.21th. Krm lmrn ke Jl.A.Yani Km.9 Bengkel Eka Jaya. 911926

Dcr. Karyawati u/Karaoke, penampilan menarik,umur max.27th. Hub.0813 49757779. 911942

Dicari Marketing Pria/Wnt,SMU/sdrjt, punya Spd.Mtr sendiri,penghasilan tetap + bonus tak terbatas. Lamaran bawa langsung ke TVS Motor Jl.Veteran Rt.20 No.257 A-B Banjarmasin 3262822. 280509

Dealer XL cr Lk2 Canvaser dmsl: Bjm, Kapuas, Mrbhan. Min SMA, max 27th, pny spd mtr, orientasi target. Bersedia tgs keluar kota. Jl Veteran No.8 Rt34 Bjm. Diterima plg lmbt 7hr sejak iklan dimuat. 912041

Dicari Tukang Kaca Film Mobil & Tukang AC Mbl . Hub. 6261006/ 081251377122. 280509.

Dcr. CMO,Coll & ADM (Wnt), single, berpglmn,pnmpln mnrk. Lmrn ditjkn ke PT.Mandiri Finance Indonesia Jl.Kol. Sugiono No.46 Bjm (0511) 3254000. 912099

Dibthkan Salesman SIM C,jjr,ulet,Mtr send.mau krj krs max.30th, OB jjr, rjn,ult max.25th. Lmrn ke Sarigading Jl.Pramuka No.67 Bjm. 912131

Dcr. Sales To & ADM Kode: AM , Sales Motoris & SPG Kode: BD. Lmrn dikrm ke Sutoyo S 291. 912153

Dcr. Pembantu Rumah Tangga menginap,rajin,jjr,tempat Kel.Mawar Bjm. Hub. (0511) 6201742. 912186

Dcr. Kapster utk Trainer produk Obat,Salon Kecantikan bersedia di training di Surabaya ±1 bln. Lmrn dikrm ke Jl.Cempaka Bsr No.19A Taliwang. 912238

Dcr. ADM dan Helper antr lsg ke Jl.A. Yani Km.8.700 Ruko Petak 6 samp. Showroom Sunu Motor 081349515 238. 912225

PT.AJ MEGA LIFE membthkn Krywn Bjm,Mtp,Pelaihari,pend.min.SMU. Hub.Bp.Hendra 081348674394/ 7496923. 912223

Dibutuhkan sgr Mekanik Mbl / Truck berpnglmn umur max 35th, paham msn bensin, diesel & paham electrical otmtif kirim data diri ke PO BOX 310 Bjm. 300509-B

Dicari sgr STM Listrik Blm kawin, max 28th punya kendaraan + SIM C. Lmrn ke Jl Pulau laut Rt6 Herly 7500927. 300509A

Dicari Sgr Tng Wanita , blm menikah, pengalaman di Bag penjualan. Lmrn krm ke Jl Belitung 141 Gudang No.4 Bjm Kalsel. 300509

Dcr. Konsultan P/W min.SMU. Lmrn ke PT.ACA Jl.P.Antasari No.147B 0511-3272825/08176308703 (Ibu Suryaning). 912326

Dibthkan Bag.Desainer Ctkn CV.Grafika Multimedia Jl.Dharma Bakti IV Rt.13/26. (0511) 3255143 Bjm. Bw lmrn lsg tes ditutup stlh 7 hari dr dimuatnya iklan ini. 912395

Bengkel Otomotif d Bjm membthkn Teknisi AC Mbl berpnglmn menguasai sistem electical mbl berpnglmn bid AC mobil min 2th domisili Bjm. Krm data diri ke PO BOX 310 Bjm. 300509-C

DIKONTRAKKAN

DIJUAL MOBIL

KOMPUTER

JASA

RUPA-RUPA

RENTAL/CARTER

Rmh br utk klg kcl Jl.Bumi Mas A. Yani Km.4,5 Komp.Handayani 6. Fas. PLN,PDAM,2KT,1KM. Hub.0812 5050463/ 7439365.

Mau beli mobil baru/bekas kredit DP ringan,bunga bersaing,proses cepat & mudah. Hub. 7523870.

Komputer,Laptop,dll anda bermasalah. Hub.Servis Panggil. Hub. (0511) 7660266/081251070121.

SERVIS PANGGIL Grs, Generator, TV, VCD,Radar SSB,Kulkas,Ins.Listrik dll.Hub. (0511) 3363164.

DEPO AIR MINUM “OMEGA” Sjk Th.1988,Teknologi Modern UV, Ozon, Konv.RO,Std Depkes,SNI, Service & Sparepart terjamin. Hub. (0511) 770 8555,085248335555, 0819 5125855, 08152125858.

CV.RAYYAN ANUGERAH : Avanza, Innova,Jazz,Stream,Strada,G.Vitara, X-over 7610693/085821120693.

911789

Rmh beton kramik kmr.3 prbt,grs, AC, Telp,tmpt tdr,mj mkn dll. Kacapiring 4 Rp 24jt/th nego. 085251789853. 911852

Rmh Jl.Cempaka XIII No.11 dan Kaca Piring II No.25 Bjm. Hub.0811519452 TP. 912046

Dikont/jual rumah sm permanen Jl.Laksana Intan Gg.Chandra No.38 Bjm. 3KT,2Gr,uk.9x17. Hub.082151 386655. 912076

Rmh Jl.Perdagangan Komp.AMD No.03 Rt.024 Blok E1 Bjm 7673279/08195596795 Bjm. 912169

Dikontr. rumah di Pesona Modern Km.11. Fas.lkp,3KT,3KM dlm,kanopi, hrg.nego. Hub. (0511) 7410715/ 7590353. 290509E

Dikont rmh Jl A Yani Km 6,5 Komp Bunyamin Permai 1 Ray 1 No 30 Bjm. Fas garasi, 3kt, 2km,AC Hub 7464650 TP.

DIJUAL RUMAH

100509H

Rmh T.200 Lt.12x20 Hook 4KT,3KM,2 dpr. Fas.lkp Komp.Bun Yamin I Ray II No.63 . Hub.085251889476 TP. 911116

Rmh djl tepi Jl.Raya Handil Bakti cocok utk RM,ktr,mess. Fas.lkp. Hub.0811511911. 911149

Rmh Jl.Manggis Gg.Delima II No.59A uk.20x12 Tk.2 KMT6,KM 3bh. Hub. (0511) 3271947/6238907. 911273

BU Rp 550jt Rmh SHM Jl.Dharma Budi No.17 Lt.200m2 KT4,KM3,ada tmp usaha,cck u/kos/ktr. 08125128 688/ 7300060. 911578

Rmh Jl.Raya Arjuna No.33 Komp. Beruntung Jaya Lb.96 Lt.132 permanen,hrg.190jt nego. Hub. 755 2050. 911647

Jual 1 rmh T36 Lt krmik fas PLN, PDAM hrg nego SHM Komp Herlina Kuin Hub HP 0511-6329649 / 08575 1231932. 240509-E

Cpt rmh br T.94 area Komp.AMD hrg. 225jt nego kmr.4,r.tamu,r.mkn, kmd 2. Hub.08170969966/081251 104488.

DIJUAL TANAH Tnh Jl Kuripan Komp Cempaka Putih SHM Luas 370M Hrg Nego Hub 0511-6327189. 260309D

Dijual tanah Jl.A.Yani Km.10 uk.8x14 harga nego. Hub. (0511) 4366404. 910769

Djl.tnh kavling uk.10x20m SHM lok. Lingkar Utara Bjb. Hub. (0511) 6318346/9242843/081251198077. 910851

Tnh uk.31,8mxP.352,5 (SHM) pggr jl. Jl.A.Yani Km.12.200 Gambut. Berminat Hub.AYU (0511) 3360088. 140509-

Tnh Kav.uk.20x20m2 Komp.Amanah Rt.30 di Blk.SMP 23 Pekapuran Raya Bjr Timur 3250089/6172780. 911369

Tnh sawah produktif Ls.± 2,5 Ha Desa Sei.Lumbah jl.mbl cck u/perumahan kolam ikan/pancing ada pondok (0511) 6238989. 911362

Tnh Ls.3.906m2 SHM 240rb/m,pinggir Jl.Raya Alalak Tengah,TP. Hub.0812 9385354/ (021) 92950945. 911533

Kalau mau beli tnh berisi batubara tebal ± 40m, sesuai hsl analisa Geologi. Hub.081351987686.

911893

Tnh di Lingkar Utara Km.4 Ls.±21 Ha samp.jalan hrg.8rb/m 2 . Hub.0815 21500822 terima SHM. 911929 2

Djl.cpt tnh uk.210m (14mx15m) di Jl.Temb.Mantuil Bjm hrg.nego. Hub.081351069009/7168242 (Rody).

911949

Investasikan uang anda dg membeli tnh di pggr Jl.Tol Ling.Utara hanya dg u.muka 25jt dpt tnh uk.15x30 SHM. 081349715784. 912065

Tnh kav.20x20 pggr jl.Km.16,5 ltk stratgs seberang Rencana Terminal Prov.SHM. Hub. (0511) 7494789 912163

Tnh di Komp.Pondok Metro Indah K.Tangi uk.10x20 SHM Rp 750rb/m nego. Hub.08125020555. 912261

Tnh Lt.167 Jl.Pemurus Gg.Amanah Rt.8 Rw.III Blok D37 Kel.Kertak Hanyar I hrg.nego. 08125022261/ 4707101. Hdl Bakti/Mandastana 45x260 (11.699m2) SHM 11rb/m ± 400m dr.jl. raya sdh ada jln cck u/kav bs TT Mbl. 7500513/081351313513. 912398

910179

912263

KIA Carens Th.2001 biru met,AC, Tape,orisinil Rp 82,5jt. Hub.0811505 566/ (0511) 7505566. 912301

Tyt Soluna 00 silver AC,Tape,trwt hrg.61jt nego. Hub.085651117664/ 0511-7432990/081952851179. 912382

Kjg KF 42 Short Th.’95 hijau,Tape, AC,VR,hrg.57jt nego. Hub. (0511) 7243801. 912369

Kia Rio Matic ‘01 Akh. Hijau, DVD, AC,VR17, twrt TP harga 65jt nego Hub 0511-7486054. 192391

DIJUAL SPD MOTOR

DIJUAL MOBIL 2 unit Feroza Th.’94,Inova 2005 merah posisi Jl.Sultan Adam SMA 5. Hub. 6218009 harga nego. 911378

Avanza S 1,5 Th07 htm DA VIP,TV, DVD,Audio,Kamera,full Var,over kredit DP=Rp 65jt sisa=28xRp 4,465jt nego. 0811511707. 911408

Kjg Super Th.’91 body+mesin+AC Ok wrn coklat met. Hub.08125862399/ 7488754 hrg.nego. 911554

Feroza Grand Th.’97 AC,Radio,Tape, hijau met.kondisi baik dan trwt,pjk baru hrg.pas Rp 56jt. 0816212551. 911623

Xenia Li VVTi ‘06 merah Ass.lkp BR/ PW/PS/EM/CL/FG Lamp Spoiler tdk blk bgs pjk pjg Hub. 081280967966 nego. 911692

Avanza G Th.’07 VVTi silver m,kond. istmw,mls,km rendah,srg jok,hrg.136jt (nego). (0511) 6322599/081349 538699 TP. 911775

Avanza G Th.’08 silver metalik,hrg, nego,pajak baru. Hub.081348241793.

911953

Mbl mewah hrg.murah! hnya 75jt. Carnaval GS Th.’00 serba matic, sunroof,seat,spion,stral lock,AC prsnl fan dsb.Hub. 7374567. 270509B

Tyt Vios Limo ‘05 hitam solid,AC, DVD,TV,PW,PS,CL,Remote,Pjk baru, istmw 95jt nego. (0511) 7577096. 912028

Mits Dbl Cabin Strada GLS Turbo ‘07 merah mutiara silver brg ist.jrg pakai asli Bjm 081210335777. 912022

Honda All New CRV 2.0 Manual silver met.’08 asli Bjm,jok klt,tgn 1 Km rendah. 0817178689. 912022A

Dump Truck PS 120 HD Th.’04 Akhir kond.bgs.bak pendek. Hub.08134954 6752 hrg.nego.

910899

912056

Disewakan Rmh bsr cck u/mess/ ktr,grs 2 mbl,Km3,KT5 Kebun Bunga. Hub. (0511) 6238989.

Tyt Corona ‘85 biru metalik,pajak 1th,mesin oke, 22jt/nego. Hub. (0511) 7362688/7365200.

910540

911322

SOne9040000-9090000 Flx70808087090909-7161616-7191919-63030306293333-6111666-7111333-6333666777-888 Simp081251727777-908888161616-747474-949494-081348920000340000-790000-618888-178888-169999151515-49727777-527777 Im3085752 555555-51200000-51277777-5320000050800000 Hub 0852513 77777

DANY TEKHNIK Spesialis Service Mesin Cuci,Kulkas,AC,bongkar pasang. Hub. (0511) 7513468.

140509

Satu2nya di Bjm All Operator sistem Dail,tdk pakai ketik SMS,tekan *622 *hp*1234#yes,nebus kartu khusus 50rb. Hub.085651336666. 910987

Ingin jualan Pulsa? Modal sdkit hanya 50rb di GLORY Pulsa,All Operator,bebas biaya ADM,komplain mudah,jrg gangguan,TRX 24 jam. Dicari Distributor utk semua wilayah. Hub.GLORY PHONE 3261698/ 0811515550. 160509A

Obral Perdana Simpati Cantik Triple 000/777 Rp 65rb,888/999 Rp 70rb kuarted! 1/6 Rp 150rb/Rp 175rb hr Rabu s/d Sabtu ini 3265022. 911224

Jual n95 (2,5),6120c (1,25) 7610 (700) 6060/3220 (325) 3200 (300). Hub.085248021636. 911337

CV.SENTRAL JAYA MOTOR Jual beli berbagai merk Sepeda Motor baru & bekas berkualitas,hrg bersaing,juga terima tukar tambah. Hub.Jl.Cempaka 9 No.18 3365266. 910227

Yamaha VEGA R ‘08 hrg.Rp 7,6jt, Kuda S Exceed ’00 hrg.nego. Hub. 7639770.

3GB baru Pulsa Modifikasi ,TRX cpt. 24 jam bs isi 2x,hrg.mrh,lancar (tdk gguan),bs set bnus 200-300/TRX. H.081251379735. 200509B

Anda ingin mendptkan Bonus tiap bln bergabunglah bersama kami dan bonus pulsa hanya dg mdl 69rb anda bs jualan pls Hub 085248594448.

910235

910868

Shogun FD 110 merah ‘02 hrg 5,5jt Nego kondisi terawat Hub 05116130788 TP No SMS.

V-Link Cell/Elektrik All Operator daftar gratis TRX 24 jam cpt & lancar hrg.plg murah. Dcr Agen utk semua wil. Hub. 081931429190.

270509

911727

iPHONE APPLE 8GB full set hrg.6,5jt nego bs TT Nokia e90. Hub. 08115 18118. 911919

Mau kami bikinkan alamat Email Anda Lsg bs dipakai Chating/YM spuasnya. HP bebas pakai Chip Tree. (0511) 9044434. 912292

912171

PELUANG BISNIS DBS,Bisnis K’agenan Pulsa terdahsyat abad ini,bnyk yg sukses d’bisnis ini,modal kecil,mudah,bonus luar biasa. Hub.08134959160/ 7494464. 910739

Mau sukses bisnis DBS,tapi susah cari downline? Klik dan gabung aja di www.memberdbs.com / (0511) 7500144 (Asmiadi).

911886

Kami cari/beli Furniture bks berkwalitas sofa,meja makan,kursi,buffet & lemari. Hub.Kani 081351877858(0511) 6234643. 912190

MENDESAK! DICARI AGEN RESMI DAERAH BUNTOK utk produk Fashion terkini & terlengkap dg sistem pemasaran jaringan serius. Hub.081251 989858 syrt ringan/hr. Sabtu-Minggu lsg disurvey. 912208

DCore (new)/1G/80/CD=2,1jt P4-2,4/ 256/30/CD=1,1 P4-1.8/256/30/CD=1jt P3/128/15/CD=600 MB HD Mon SDR DDR VGA SC LAN PELMA 74299 44/081348626260 915172

Data hilang/terdelete, Win anti rusak,service,game,website,jaringan, Warnet.JOGOROGOCOM (0511) 7190723 trm pggiln. FACEBOOK..INTERNET..CM GOCENG pkt Mdm PCMCIA+ Pdn= 500rb Mdm USB+Pdn=650rb Sierra 881= 695rb/790rb/E.156 7658800. 020509B

Bikin skripsi berpenglmn semua topik-semua jurusan+bimbingan sampai selesai,hrg.mulai 100rb= (0511) 7080505. 910287

Komp.mrh P4 1,7 RAM256 HDD 40GB,Hrg 1,35jt. Hub. (0511) 763 9770,4365595. 910360

All New P4 Dual Core 2.2/1GB/80/ DVDRW/Mon 15"=2700+LCD 16= 3100. Ready NB Axioo Tosh Acer 473 6Z= 5800,LCD 16=900. Hub. 7415 800/6146308. 910895

Obral P4 1.8/256/40/CD/Mon 17" Rp 1.500. Mon baru 17" Rp 570, 17" Flat Rp 620,LCD 17" Rp 1.080. Print Canon Rp 380,SD/DDR 1.256 Rp 100,HD 1040. Hub. BTC.COM 33062507462760. 910995

NB AXIOO (3,9jt) ,Acer,Dell,E-Machine Toshiba,dll. Terima T/T,STUDIO 60,Jl.9 Oktober No.51 Pekauman 6246060. 911050

APPLE COM 3252174 Case new P4-1,8/256/30/MM+17"=1450 LCD 17" 15" Laptop seken Toshiba HDD 40,30,20 GB. 911314

ADCOM Bursa Komp.bekas,P4-1.8/ 256/40/Mon 17"=1.475,Ready P4-1.6/ 1.7/2.4 Proc,MB,Mon 15"/17" hdd 15,20,40 dll 7463730/6161800. 911333

Heboh P4 Dual Core 2,5/1GB/80/DVD RW/15"=2,7jt+LCD 16"=3,1jt ada Laptop Acer,TSB,Axioo=4jt. Hub.0813 51438795/ (0511) 7330089. 917582

Djl.bekas Game AMD DDR 1GB HD 80 Mon LG 17" hrg.2jt nego. Hub. 7577114. 911822

SALSA-ADLY REFILL Toner Laserjet order antar jemput gratis. Hub. (0511) 7670806. 911855

1 set PC 2nd LGA P4 2.0/80GB/512/ DVD/Mon.LCD 17" LG/Keyboard/ Mouse hrg.2,2jt nego. Hub. (0511) 6162347.

911516

KUMALA LAUNDRY termurah & bersih 5kg=17rb (jemput antar gratis) 1kg=4500 bs boneka/bedcover. 7128145/085251975489. 911669

Cuci Setrika kiloan terbaik, terbersih, anti bakteri, rapi, wangi. Antar jemput grts 6500/kg Hub MAMA LAUNDRY 3361244/SMS 081348568662. 911666

Bugar Bersama Kami -Pijat Tradisional Hubungi Melly 081351075333/ 058522175779. 240509A

Menerima jasa pengeboran batu bara Power Rig + Jacro 175 Hub 0511-3307723 (jam kerja 09.00 16.00) 230509-J

PIJAT TRADISIONAL JAWA LULUR & REFLEKSI. Hubungi Indah 0813 48886052. 911756

URUS: PT,CV lengkap Akte,kel,IMB, Sertf,Kitas,Passport,dll. Hub. (0511) 3264243/7421860. 911872

Trm pesanan makan siang/Lunch Box atau utk Shift malam,Hygienes, mrh, mulai 7rb extra buah 6327907. 260509C

Trm Jasa Pengetikan Laporan Ktr, Tugas Sekolah,Skripsi,Ver.Indo/English, penglmn.mulai 30rb 6327907. 260509D

Telah dibuka: Penitipan Anak Maharani Jl.A.Yani Km.37,5 Lt.2 Ruko Video EZY Martapura. Ruangan berAC dan bersih utk pendaftr. Hub. 7438139/7713958. 911899

SERVICE GENSET, Pompa Air,Generator Listrik,bs dipanggil. Lmrn hub.08 5249821563. 911891

Fresh bersama kami kebugaran Jateng pijat tradisional. Hub.TITIN 081225610004/Nani 081225733311. 911951

PIJAT TRADISIONAL JAWA SIHATSU Reflexi khusus panggilan wil.Bjm. Hub. Sari 081251202191.

290509F

Melayani Pemb.Rmh permanen/semi permanen dg bhn. Terima kunci Hub. 3265076/081251303069.

JASA CV.MITRA AC Servis Repair Freon bkar/psg AC rmh/ktr sgl merk garansi. Hub. 7071000/081349323999. 914381

BINTANG TEKNIK Spesialis (Panggilan) serv bongkar/psg AC rmh/ ktr,kulkas,M.Cuci&jual/beli AC baru dan bks 7761825/081251727781. 916437

DIMENSI STUDIO Jasa Digital Fotografi-Video Shooting & sedia Album Hardcover. Hub. (0511) 746 4696/08125036669. 917294

TRIMA SERV.KOMP. Panggln, pemasngan,kursus privat,pemb. Website, Software Database Toko,M.Market siap pakai. 7729838. 060409A

BRILIANT LAUNDRY kiloan 1 hr selesai,hrg.Anda yg tentukan! (terima karpet). Hub. 7315258/7421476. Terima Penyusunan Lap.Keuangan intern & Lap.Pajak. Hub.A.Tju,SE 085 249988288/ (0511) 6173488. 910070

SEBAR VIRUS PROMOSI DG SMS Sender-ID bs diatur,terjadwal,tembus Telkomsel. Mlyni Sebar Brosur/Flyer, psang Pamflet & & antar Undgn/Billing Statemen 7655050. 910113

LIDYA MASSAGE mengembalikan stamina tubuh Anda menjadi prima. Hub.081329417222. 910144

Anda lelah bugar bersama Pijat ala Jawa manjakan tubuh Anda ditangani sdri.Rahayu.Hub. (0511) 7168217/ 081349320750 No.SMS. 910173

BM VARIASI & AC MOBIL . Kaca Film htm Rp 150rb,kaca film KTT Rp 250rb. Alarm (garnsi 3 bln) Rp 350rb, Freon Rp 75rb,service AC Rp 50rb. Hub. 081251377122,6261006. 910158

PERMATA LOUNDRY Jasa cuci & setrika bersih & wangi 6000/kg gratis antar jemput. Hub.(0511) 7152740. 910535

CHEAP WOSS LAUNDRY Cuci setrika 5kg Rp 20rb per kilo Rp 5rb,ada pkt cuci bln-an murah,bs antr jemput. (0511) 9110522/081347025002. 910656

Bugar bersama kami Pijat Tradisional Jawa. Hub.DIAN dan rekan 081347865926/(0511) 6371222. 910659

PIJAT TRADISIONAL JAWA khusus panggil tdk menyediakan tempat. Hub.TIA 081348997223/081348647 795.

912089

912267

MASSAGE JENG ASIH. Hub.08122 7939232 No.SMS/7172733 tdk menyediakan tempat,no.SMS. 912204

BINTANG LAUNDRY AND DRYCLEAN 1hr selesai,trm sgl jns pakaian,karpet, dll. Antr-jmpt grts. 3267453-7070 111. 912273

WULAN MASSAGE dan Rekan Therapis dari Jawa. Hub.08134888 5724 No.SMS tdk sediakan tempat. 912206

TEKNIK ELEKTRONIK menerima panggilan,perbaikan TV,Tape,VCD, DVD dll. Hub. (0511) 7406535/ 08152115733. 912295

SMART LAUNDRY Paket cuci+ setrika termurah 5kg=15rb bulanan, hrg.nego,antr jemput gratis. 6308 288. 300509-

Anda capek? Therapy Massage Solution. Hub.Fieka 6391451 No.SMS. 912341

KURSUS LPK MULAWARMAN Kursus mengemudi mbl hny Rp 300rb dijamin bisa. Hub. 4365054 (samp.SMA 2) bs antr jemput. 919744

TECHNO FLASH pengalaman sejak ’05. Teknisi HP,Hardware & Software sampai bisa, 600rb, sedia penginapan u.luar daerah. Jl.A.Yani Km.39 samp. Partai Hanura Kab.Bjr Ruko No.10 Mtp 7512089/081348533118. 910137

Baru lulus SMP/SMA Ikuti Pendidikan Keterampilan Mekanik Spd.Mtr dijamin bisa (0511) 7484750. 910252

Paket Liburan disc.20%+gratis kaos distro & calender,prog kursus: MS Office,Teknisi Komp & Jaringan, Design Grafis,Visual. Programming,Auto Cad. BORNEO TRAINING CENTRE Jl.Cemara Raya No.34 K.Tangi 3306250 danJl.Pahlawan Ruko No.18-20 Kamp.Melayu 3264822.

RUMAH CUCI CINTA Jasa cuci & setrika Rp 7000/kg,siap antar jemput+ gratis.Hub.SMS 7429768. 910779

TARYO TECHNIK Servis ditempat, TV, Kulkas,AC,Mesin Cuci,Dispenser, dll.Hub. (0511) 7602132. 910860

VIESTA PHOTO & VIDEO Editing, Transfer VCD/DVD. Melayani berbagai macam acara. Hub. (0511) 7459376 HP.081349489455. 130509B

Terima Panggilan Massage Tradisional. Hub.AYU 081225737994/Lilik 08195667104. 910915

Terima CALL MASSAGE ditangani tenaga muda profesional dan menarik. Hub.CICI 081359414449. 910913

Disewakan LCD Proyektor murah utk presentasi & acara lain Rp 180rb/hr. Hub. 7128145/085251975489. 911210

AC,AC,AC Anda Rusak . Hub.km u/ perbaikan kulkas,msn cuci,cb dl br byr. AMIGO JUPITER TEKNIK 3259723/ 7500994. 911231

911368

912108

Kost Jl.Pramuka. Fas.lengkap khusus Karyawati. Hub. (0511) 7611115.

Isuzu Panther Th.’97 hijau,kondisi jalan,hrg.nego. Hub.08125108028.

Komputer P2 lengkap + meja 17 unit hrg Rp 15jt nego. Hub.081351451963, 7336019 TP.

911747

912214

912106

911226

280109E

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Sist. UV-R.O (NASA USA),Ozon,Bio Energi, Hexagonal,Water Treatment, byk bonus,garansi,sedia Sparepart depo: gln,ttp,tisu,dll. Std Depkes SNI.Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511)7406726/7403388/0811503331 cash/kredit,hrg.mulai 10jt-an. 912675

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Pkt Kesehatan Multisistem,Hexagonal, Ultrafiltration,R.O (NASA USA),Water Treatment,byk bonus,Design Proses oleh Sarjana Kesehatan UI JKT. Garansi,Std Depkes,SNI hrg.mulai 16jt.Hub.OASIS (0511) 7417410/ 081349463579. 916263

DEPOT AIR MINUM mulai 15jt, 3 tbg, tds 0 tnp RO. Hub. (0511) 7314424/ 081748397500/081348516680. 919423

Income Tambahan Rp 3-5jt/bln u/ Pegawai,Pemilik Bisnis,Medis,dll. MAU...? Hub. (0511) 7762889. 020509E

Internet Marketing . Kerja dr rmh 1-2 jam/hr, Income 1-5jt. Klik.www. yourjobs.co.nr/www.rcbiz.net 020509F

‘UNIK’!! cukup 150rb dijamin ‘ga KATRO’!..dengar MP3 dmobil pake Flashdisk/MMC... Hub 085248944944. 910052

Solusi krisis global , Bisnis rumahan income jutawan. Serius Hub. (0511) 7103051 (jam kerja,tdk terima SMS). 910099

CLEO Air Minum Murni Extra Oksigen ,hrg.Rp 17.500,-/galon siap psn antr. Hub. (0511) 6310088/ 6310099. 910249

Wow...saya turun 2kg dlm 7hr . Mau seperti saya? Hub 9046350/0815 20328500 www.tigadelapan.com 100509D

PERSEWAAN BADUT Teletubies, Micky Mouse,Bebek,Naruto dll.Hub. (0511) 7411625/7429768. 910781

Bc.Norsehan MLM SOPHIE MARTIN Paris. Hub. (0511) 7707235/08195 466957 utk jd member baru dpt diskon keanggotaan. 140509A

Alat Terapi Batu Giok buatan Korea 3 unit a Rp 12,5jt/unit,membantu penyembhn berbagai penyakit. 081 351818170 TP. 230509-

Jual Souvenir Perkawinan,Ultah yg cantik & unik+murah. Hub.081351003 499. 911654

Djl/borongkan Suku Cadang Roda 2 + 1 bh Compressor dr Bengkel yg ttp. Hub. 7578281/081953797547. 911884

Djl.cpt Mesin Cuci,Kulkas,AC,TV & peralatan RT lain, terawat. Hub.08 5822179798. 911921

Djl. Warung Tenda lok.di parkiran Psr.Kuripan jualan sore & mlm,lkp dg peralatan yg di rmh. Hub.081251105 547. 912035

Menerima perbaikan Radiator& Oilcooler (uk.besar) langganan PT.United Traktor,Trakindo,TIES, Cipaganti, Trieka dll. Hub.Service Radiator Surabaya Jl.A.Yani Km.19 Liang Anggang 085248218433.

911233

LPK WIDYA WAHANALOKA menerima Siswa Program 1 tahun Komputer Angkatan 20 Gel 1 s/d 15 Juli ’09 (lsg dtrima tnp pendftr grts Krs.Bhs.Ing) materi trbaru & trlkp. Hub. (0511) 3357990-3357991. 290509A

Programmer & Web.Design biaya Rp 400rb bersertifikat+beasiswa. Info.www.mitreka.com 7369376. 911570

GRATIS KURSUS BACA TULIS TKSD Bimbingan Belajar Persiapan Kenaikan Kelas SD 123,456 Gratis . Hub.LP3I 7668388/3254303. 911769

STOP KURSUS ASAL-ASALAN] Siswa/kls >10=tdk Efektif (kursus Komp.terlkp English,Jepang . Daftr skrg disc.50%. Hub.LP3I 7668388/ 3254303. 911765

Kul.cpt krj dpt,prog.1th,perkuliahan di Mtp & Jogyakarta. RAJAWALI DUTA COMP Jl.A.Yani Km.37 Mtp 4773 212/7545279/www.rajawaliduta.com 911927

Komp,Teknisi Komp,menjahit,private/ class,jadwal bs diatur. Hub. LPK INSAN MANDIRI Jl.Ratu Zaleha Gg.Megasari 7518482-7563488. 912032

RUPA-RUPA DEPOT AIR MINUM SIST: UV.konvRO Bio Energi Magnetik+Hexagonal & RO Industri tekh USA & Japan, garansi tutup galon Rp 200/psg.Hub. RIMA (0511) 7403088-7413088/ 081351403088. 050109C

910258

SIDIQ TRAVEL 7403871-0811500 9615 sdia Innova,Terios,Krista, Avanza, Xenia,jg Spd.Mtr,Supra, Revo, Jupiter MX/Z. 910785

MUTIARA RENTAL 7493322/ (0511) 3257326/7523377/0811519649 sedia Innova,Krista,Avanza,Terios hrg.sewa nego. 910865

BENAWA PUTRA RENTAL CAR (0511) 4782222,7335555,7196999 Hunting. 910937

RAHAYU RENT CAR: Innova, Avanza, Xenia,BMW,Fortuner 32742757562807-08125100864-3251108. 910972

RIZQ R CAR 7403965 sedia, Avanza, Xenia ’08,Innova,murah melyni, jam2an,harian,bulanan. 910989

NAJMA : Avanza G/Xenia,Innova G,LGX. Jam2an 25rb/jam,250rb/hr bs+Spr.Crtr&antr jmpt Bandara 7767894/081351988983. 911109

CAKRAWALA APV,Innova ,Avanza, Terios,Fortuner,Mercy,BMW,L.Cruiser, Harier, Triton 7505450/0811500 4506/081528233779. 911126

PRIMA RENT CAR 0813493994367575919,Avanza,Innova,Panther, Sedan, Jazz,Yaris,Livina,4x4,L200,LC, Pick Up dll.Hri/bln. 911376

PERDANA RENTAL/CARTER MOBIL Avanza Rp 250.000,Innova Rp 300.000. Hub. 7253666/081349 724472. 911490

DIANA RENTAL CAR Sdia Kjg/ Fortuner/Sdn/L-200/Bus/Innova/ Avanza. Hub. 3250017/7400773/ 0811518404/08125100884/7604848. 911601

#A.J# RENTAL khusus 4x4 double cab strada L200, Ford ranger, Everest, bln / hran Hub 7717268 / 08134 8080498. 240509-C

VERA RENTAL CAR menyediakan Avanza ’09,Innova ’08,L-200 Extrada 4x4 dlkpi.Ass All Risk 0811508748/ 3306342/7434273. 911805

MURAH RENTAL Khusus Avanza VVTi Rp 250rb/hari. Hub. (0511) 7533029. 911870

MESIN/SPARE PART Dijual Mesin Pemadam Merk Tohatsu Type 75 & Type 50. Hub.0811 511646 TP. 911979

ALAT BERAT AMS RENTAL PC200-7 PC300 se8,PC470D85SS-2,WA350 DT Hino Lohan Th.’07/08 TP. 085248909641/ (0511) 3266677. Email:bcpandi@ yahoo.com 912010

Djl. Hitachi Zaxis 200 Th.’04, disewakan PC200-7 Th.’09,Loader WA350-3E Th’07. Hub.08135125335 5/ (0511) 7569521. 912137

Disewakan Excavator Komatsu PC300-6 Th.’06, Kobelco SK200-8 Th.’08. Hub.08129569001. 912252

Djl.4 unit Crane PH 440 PH 335 iHi K400A Link Belt 35 Ton LS 78. Hub.081263294227-081254269064. 912317

280509C

Anjing Pomerian lucu + sehat + dan istimewa. Peminat Hub. 7625599/ 081349477022. 912158

ELEKTRONIK

HOTEL HOTEL ERSHA 120rb/mlm. Fas.TV, Mini Bar,sarapan pagi. Hub. (0511) 7410616 Jl.K.Tangi R (dpn STIEI). 911749

Jual beli,tkr tmbh,service & prwtn PS One,PSX,PS2,PS3,PSP,X-Box, Box 350,Game Boy,Stick+isi Games: PS2,PS3,PSP,NDS Lite,X-Box,Film, lagu & foto,Upgrade & Down Grade, Service,bs ditgg.Hub. 7573838,72 48134,4431547. 918917

PLANET GAMES Cr:baik/rsk,hrg.oke TV,LCD,PS1,PS2,PSHD,PS3,PSP.H PAC.Jual PS1.550rb PS DVD 1,4jt PS Slim 1,6jt.PSHD 2,5jt PS3 5,5jt PSP 2,6jt bs partai (0511) 7667787/ 085750111111. 919533

DO ELEKTRONIK Jual/beli baru bks TV,PS1/PS2,DVD,Kulkas,dll.Km siap dtg ke rmh Anda. 6119023/7533654/ 08164530912. 910747

ARIES ELEKTRONIK jual beli baru bks TV,PS1/PS2,DVD,Kulkas,dll.Kmi siap dtg ke rmh anda.Hub. 7410613/ 081349674144/7707613. 911675

DIJUAL RUKO Ruko cck utk ktr SHM uk.6x5x12m,Lt.2 Jl.A.Yani Km.06 (msk Komp. Bunyamin 2). Hub.081348230050/0813510 20999 TP. 910560

Djl.Ruko 2 pintu 10x20 hal 10x14 HM, TP Jl.Hasan Basri samp.Keuskupan. Hub.0811515323. 911931

910993

LPK JAYA ARUM Bljr bs 4 mcm mbl, Innova,Xenia,Jazz,Civic Rp 350rb. Hub.Jl.S.Parman (0511) 7558582.

910755

Melayani Pembuatan Kapal Tugboat-Tongkang-LCT Angkutan BBM Pertamina via sungai & darat. 7516989/0811506446.

912118

911483

WIWIK MASSAGE. Hub.081351976 859/ (0511) 7643777 tidak menyediakan tempat no SMS.

GADAI HP praktis & murah. Beli HP merk Cina. Hub.Permata Ponsel Jl.Veteran (sebr.Dunia Sepatu) 7580087/085951159522.

010509

KOMPUTER

300409E

Picanto Th.’05 bln 10 biru mls,Audio Ok,CD jok klt,ban br asli Bjr hrg.92jt nego. 3270957/085821071921.

Ruko Jl.K.Tangi & Kp.Melayu rmh+ isinya.Jl.Cempaka Besar & Gatot S.Hub. (0511) 6143709/081349764 973.

Aerio ‘04 silver Audio TV kondisi bagus & trwt hrg Rp 107jt nego. Hub. 08164530480.

911751

Rmh u/usaha ada Warnet,Telp, PDAM,PLN 7500,kmr tdr 3 Jl.Raya Beruntung No.91 hrg.485jt nego. 7615264.

DIKONTRAKKAN

912247

SKL Susu Kedelai berkualitas dg mdl kcl bs menjd Sub.Dist hny 1 org per kabupaten. Hub.081351004762.

911963

Kost utk Karyawan/ti. Fas.AC/TV. kmar mandi dlm, daerah Kayu Tangi Bjm. Hub. (0511) 7156671.

912267A

Kjg Pick Up Th.’04 80jt, Carry PU ’07=75jt hrg.nego. Hub.0811514614.

911947

911811

912380

912259

Jimny Katana ’97 Akhir klg mls GX VR,PS,52,5jt nego. Carry PU 1,5 Th.’03 klg orsnl 51jt nego. 081348 147519/ 7558239.

Tnh Ls 6.858m2 hrg.64.000/m lok. Sei. Lulut Km.8 samp.kiri dan kanan serta blkg prmhn developer. 08125197 2549.

Mitsubishi L-200 double Cabin Th.’05 htm silver hrg.nego. Jl.Sutoyo S No.295 0816650025.

Djl.rmh Bunyamin Residence baru, minimalis,siap huni,hrg.360jt (nego). Hub.081251338798 bs kredit.

910509A

New Innova G Th.2009 hitam Variasi harga Rp 235jt. Hub.081349749192 TP.

Szk.Satria F Abu2 hitam Th.’07 pakai stater hrg.14,25jt nego. Hub.08134963 1899/ (0511) 7444936.

Rmh Jl.Manggis Gg.Sawo Rt.20 hrg. nego,lbr 8 pjg 16. Hub.085651074161/ 085828129833.

911883

911306

AHLINYA WC MAMPET Sal.Air Wstafel, Betup,cuci piring,septitank, dll.grnsi tnp bongkar (0511) 7255 533.

Tnh,SHM,20x40m,lok.strtgs,cck utk usaha Jl.Handil Bakti ± 50m2 sblm Irma Notaris 350rb/m2 0811504 585/7676353.

911820

Cash & krdt T.56/160;77/160,proses cpt & mudah Komp.H.Iyus Jl.S.Adam. Hub. 7433485/08164569217/431 5551.

919485

912014

Djl.tnh uk.15x20, 2 kav bersebelahan Jl.Hasan Basri Rt.15 Komp.Meranti. Hub.081351894950/ 7722844.

911284

PIJAT RELAKSASI & LULUR panggilan. Hub. MEME 08132501 1878.

BERKAT ELEKTRIK ; Server org Banua All Operator S/AS5=5200 S/ AS10=10100 TRX cepat 085249843 333.

911863

911880

SYITI SCUDETTO Service HP Nokia, Sony Ericsson,Siemen,Samsung, Motorolla,HP China dll.Hub. 737 6676 Jl.Pekapuran samp.Tiara Ponsel Bjm.

911286

“CITRA SERVICE” AC,AC Mobil,AC Alat Berat,Kulkas,M.Cuci,Dispenser. Hub. 7418558 HP.08125050198.

912159

Djl.tnh 25x80m, 3km dr Simp.4 Tol Handil Bakti hrg.15jt. Berminat Hub.081349525999.

911837

280509B

HANDPHONE

Djl.cpt Mobil Avanza G Th.’09 bln Mei wrn htm.Fas.lkp,brg mulus+sarung jok. 08125103373.

Djl.bks Supra X-125,CS1,Revo,Fit X,Jupiter MX,Shogun 125,Thunder, Ninja RR,Ninja 250 dll. Hub.Sentral Jaya Mtr Jl.Cempaka 9 No.18 3365266/7398091.

911680

911821

912161

Feroza ‘94 2 wrn merah/abu2. Fas.AC,RT,VR,PS,hrg.nego bisa TT. Hub. (0511) 7372233/08125025253.

300509-A

290509B

Perumahan T36=100jt, T45=120jt, kredit tanpa bunga di Km8,2 masuk Jl Manarap Hub 081349770768.

912167

Szk Carry Pick Up htm 1,5 klg Th.’02 hrg.45jt nego. Kjg P.Up ’03 mls jrg pakai 76jt nego. 081348147519/7558239.

RENTAL/CARTER WIJAYA RENTAL B.BARU. Innova, Avanza,Xenia,L-200,Ford Ranger dll. Hub.081351010794/(0511) 7503084. 010409A

CV.RAYYAN ANUGERAH : Avanza, Innova,Jazz,Stream,Strada,G.Vitara, X-over 7610693/085821120693. 918051

CITRA TRAVEL (0511) 7400677/ 0811511911,sdia L200 (4x4),Tyt Rush,Innova,Avanza,Pick Up hr-an/ blnan.

KAPAL Djl. Kapal LCT uk.P.25 L.6 T.1,5, masih dlm tahap pembangunan 1 bln lg selesai. Hub.081351450305/ (0511) 7640700. 910414

OBAT Tetes mata herbal aini khasiat membersihkn menormalkan min plus, slinder, katarak. Gratis tetes mata pendingin hrg 180rb Hub 7308543. 910320

BANJARBARU DIJUAL RUMAH DP 24jt Type 50. Jl.Bina Putra Gt.Payung .DP 22jt Type 45 mdl minimalis,bns pagar tralis. Ruko 1 lantai DP 35jt Jl.Sekumpul Indrasari PT.Berkat Twkl. 7196833, 74183 33,081251099622,4722776. 919842

T.78 SHM Jl.Permata Jamrud Blok F/149 Komp.BPI Bjb 2KT,2KM, Lt. keramik atap Mltroof 89jt 7450695/ 081251099684. 912024

T.55A/100,55B/135 cash/KPR di Perum Awiyah Graha Jl.S.Adam (Komp.Taekwondo Permai) . Hub. 7577151/4787990. 912195

Rmh Lt.800m2 Lb.54 Jl.Karang Anyar II B.Baru dkt Ktr Lurah Loktabat Utra 200jt nego. (0511) 6144424. 912265

DIJUAL TANAH Djl.cpt tnh uk.1,3Ha (SHM) hrg.Rp 250rb/m,tembok keliling Jl.Kelapa Mekatani A.Yani Km.29,5 dekat Villa Bunga’s cck utk perumahan Cluster. Hub.Toni 081351631444 TP. 911087

Djl.cpt tnh Jl.Dahlina Raya Intan Sari (Blkg Unlam) Bjb uk.11x25m/279m2 SHM hrg.nego. (0511) 7253038/ 7501392.

918213

911634

BANJARBARU TRANSPORT CAR Innova, Kapsul, Avanza, Xenia, L200, Strada, Mazda 4x4, Fortuner 7572295/081348467147.

Tnh kav,siap bangun 10x20 lok. Palm Sei.Rancah & Jl.Aneka Tambang dkt lok.Perktrn Prov. 7411704-7350984.

190409K

MABELA RENTAL menyewakan Avanza,Xenia,L-200,Ford Ranger, Terios, Rush,hr/mgg/bln (Spr/tnp Spr). 081349788838/0511-7728088. 910026

DAHLIA RENTAL CAR Avanza, Xenia, Everest,Dbl Cbn.L.Cruiser,CRV dll hr-an/blnan 3357529/085249 432678/081348825844. 910151

N41LA.Innova G,Avanza/Xenia 08, LGX/Krista,KIA jam2an 25rb/jam, 250rb/hr bs antr-jmpt bndr&crtr P.Raya-Spt dll. 7438283-0812506 6776. 910162

KRISTA TRANSPORT Trm Carter/ rental Mbl sgl jurusan hrg nego sedia Avanza/Inova/kjg Hub 05117684441/7336308 Bjm. 100509K

Tarif murah PASHA RENTAL BJM . Menyewakan Avanza G VVTi Th.’07/ 08 hr-an/bln-an. Hub. 7070040/ 085651123769. 910783

911759

Tnh kav.bersertifikat lok. Jl.Golf pgr jln (Bjb) jl.utama 20m jl.kav.7,5m uk.10x20 angs.200rb. Hub. 4312 285-9159477. 911695

Djl.tnh SHM Jl.A.Yani Km.30 Blg Mesjid Brimob Guntung Payung uk.20mx10m. Hub. 7753079/ 081351918845. 911814

Tnh SHM Lt.251m2 Jl.Karang Anyar Balitan Bjb harga nego. Hub.087815 644212. 911936

DIJUAL MOBIL Dcr. Carry 1,0 Pick Up Th.2004 wrn biru met.bln 12 hrg.50jt nego. Hub. (0511) 9114737. 912140

KURSUS KURSUS MENGEMUDI 2 hari jamin bisa , Instruktur sgt pglmn. AL-FISYA Jl.Biduri No.12 AMACO Bjb (0511) 7318389-081351838688. 910233

Bersambung ke Halaman 27 ...


24

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARBARU

BANJARBARU

BJB / PLEIHARI

Djl/dikont Jl S Adam Komp Kadar Permai 5 No76 Bjm 085285394099. V.012048-7/6 Harga Nego

Komp Dharma Praja Jl A Yani 5,5 Jl Simp Dharma Budi Rt29 No123. T.7241285. V.000-7/6 Harga 250jt Nego

Komp Hadayani 12 No32 A Yani 4,5 (dkt SD Ukhuwah) 7459787/085248478431. V.012385-9/6 Hrg 650jt Nego

Jl A Yani No157 (Komp Beruntung Jaya) Lt200 Lb 160 T.7421570/08125162026. V.011481-1/6 Hrg 425jt Nego

Jual T100 SHM Lt140m2,3kt,2km Komp HKSN Blok 9D No143 K Tangi 7093842. V.011327-31/5 Harga Nego

Ruko Km 123 Asam2 Tala Dpn SPBU lengkap Hub 081349608004 Thoha. V.012117-7/6 Hrg 155jt Nego

Komp Wengga IV A2 / 69 Lt 10x15 Hub 081349621321. V.011882-31/5 Hrg 150jt Nego

Disewakan Griya Mawar Palm Cluster 3kt, 2km Hub 08125005896. V.000-5/6 Harga Nego

TANJUNG

Djl rmh T100 Komp Berlina Landasan Ulin 0511-7184155/081351830469. Hrg 190jt Nego V.012111-12/6

Djl cpt Komp Bunyamin Permai 1 No 74 Rt 14 Hub 08164558231. Hrg 375jt Nego V.012325-4/6

Dijl RB Jl Melati Indah Gg Dahlia No87 Rt37 PramukaLt120Lb80Hub05119118240/7655280 Hrg Nego V.011794-31/5

Dikontrkn 2 ruko Jl A Yani 7,3 samp Sinar Mtr 3 lt full granit 3252378. Harga Nego V.011687-3/6

KompAMDBlokA18No345Rt41SHMK.Tangi LkpLt130m2Hub081349627950/085251433777 Hrg Nego V.011774-4/6

Ruko 3Lt SHM fas lengkap Jl Raya Beruntung Jaya Hub 085248866353. Hrg 400jt Nego V.011737-9/6

Tipe Zamrud, merah delima T100, T75 Cash /KPR Jl P Batur Bjb 4787990/7577151 Hrg Nego V.012198-3/6

Dijl Rmh & Tnh Jl Gatot Subroto IX Lt/LB 780M2 Hub 7245278 V.011786-4/6 Hrg Nego

Dijl Showroom+Bengkel Uk19x50m2 A Yani Km5 No437 Hub08125020555 Hrg Nego V.012270-10/6

Rmh djl Jl Rantauan Timur II Rt5 85% Ulin Hub 7434395 / 081349655065. V.011497-1/6 Harga 75jt Nego

RmhJl Perdagangan Komp Griya Perkasa Rt1 No12 Lt8x14,5 SHMHub05117523468 Hrg Nego V.012282-8/6

Dijl cpt 2 Lt SHM Lt218 LB200 Jl Sutoyo S Komp Wildan Rt3 No17 lkp 0811506017 TP Hrg Nego V.012276-8/6

Rmh min T150 Lt210m2 Gg Purnama Dpn Unlam Bjb cck utk kost 081348107097. V.011658-2/6 Harga Nego

Ruko 2 Lt Jl P Batur Timur (sebrang Mesjid Kanzul) Hub7577151/4787990 V.012210-3/6 Hrg Nego

TOYOTA

TOYOTA

TOYOTA

SUZUKI

SUZUKI

SUZUKI

DAIHATSU

Tyt Crown ‘93. Hitam, AC, tape,PW, PS Hub 7328118 / 081349708118 bs TT. Harga 50jt Nego V.000-5/6

Dijual Corolla Great Th94. AC, CD, mesin ok Hub 0511-6307271. Harga Nego V.011661-2/6

Land Cruiser H2J8OR STD ‘95 hijau met Built Up 7473978/081348700699 Harga 230jt Nego V.000-8/6

Prog Mnrk Pick Up 1.0 & 1.5 Unit ready stock Szk Mitra 7661225 / 085248063171. TDP 15% V.011643-2/6

Escudo 20i Th04. Hitam, fas lkp, full var bisa TT 08125067727/7306347. Harga Nego V.011823-1/6

Baleno ‘97. Merah, body klng, mls, msn bgs,pjk pnjg 6211668/081513132346. Harga 70jt Nego V.000-4/6

Feroza Th95. Hitam, asli Bjr, audio orsnl,var lkp,pjk br msn ok 7340551. Harga Nego V.011390-1/6

Jual cpt Avanza G Th07. Aqua Blue Hub 0511-7631258 / 08164568356. Harga Nego V.012366-6/6

Avanza G Th06. Hitam, full var, ist, cat orsnl,asli Bjr Hub 0511-7424721. V.000-31/5 Harga Nego

Kijang LGX Th04. Warna Silver, full var Hub 0511-7305277 / 08125122577. Hrg 128,5jt Nego V.011980-1/6

Djl cpt Carry ‘85 Station MP3, msn ok Hub 081952823273 / 0511-7331259. Harga 13jt Nego V.000-31/5

Swift GT ‘07 CBU. Abu2 Met, fas lkp sprt br 0511-7756342 / 081521624005. V.011829-5/6 Harga Nego

Szk Grand Escudo XL7 ‘05 Htm, full var STNK br 081348592002/05117545705 TP Hrg 145jt Nego V.000-7/6

Kada indent Xenia DP 10jt, Terios DP 10% PU DP 10% 7466009/081253953002. Angs 2jtan V.010678-10/6

Fortuner 2.7 G Th06. Bisa tukar tambah Hub 085249221997 Cash/Krdt. Harga Nego V.010509-7/6

Avanza G ‘05 Biru met mls asli DA Plat khusus Hub 08125010303 Harga 119jt Nego V.012280-8/6

Innova G Th06. Hijau Met, jrg pakai Hub 081348588444 / 7553444. Harga Nego V.000-6/6

Suzuki X Over Th07 Akh. Silver Met, jok klt bd anti karat 081348242498. Harga Nego V.011876-31/5

Suzuki Forsa ‘89 msn OK orsnl klng AC RT Pwr Window VR Hub6327189 Harga Nego V.011054-31/5

R Stock Swift, SX4, G Vitara, Baleno Suzuki Mitra 081349688586/7763306. DP & Hrg Murah V.000-20/6

New Terios, Xenia, Gran Max, Luxio bunga ringan Hub 7628408/081251344242. DP 10% V.010446-7/6

Kjg Pick Up Super Th87. Pajak pnjg siap pakai Hub 08125033732 TP. Harga 32jt Nego V.011849-31/5

Over krdt Kijang Innova E Th05. Hitam Hub 081348423225 / 6302778. Harga Nego V.011428-31/5

Kjg G Long ‘94. AC dingin, tape, pjk br Hub 6325857/081348475226 TP. Harga Nego V.000-4/6

Ovr krdt S One Baleno ‘08. Burgundy Red sprt br 4720781 / 081288233246. V.011827-31/5 Harga Nego

Szk Escudo 20i ABS ‘03. Abu Met, TV, DVD,MP3,audio,ist 0816214873/7655000. V.011998-6/6 Harga Nego

Katana ‘91 merah hati Full Variasi Hub 081348839133 Hrg 33jt Nego V.012191-31/5

Jl Cpt Taft Independen ‘97 Akh merah met Hub 7500623/081231186262 Harga Nego V.011791-1/6

Kijang G Th94. Biru Met, AC double Hub 0511-7401974 / 081349751985. Harga Nego V.000-5/6

Kjg ‘90. Green Met, short, 5 speed, tape,AC,siap pakai 08125189695. Harga 37jt Nego V.012322-4/6

Toyota Twincam AGT ‘89. Kuning Kehijauan AC,tape,ban br 081351090308. Harga 38jt Nego V.012393-4/6

Suzuki Carry 1.0 Pick Up Th90. Hitam, siap pakai Hub 7566172. Harga 22jt Nego V.000-2/6

Forsa GL Th87. Putih, AC, TV, VR, jok baru siap pakai Hub 0511-6172199. Hrg 28,5jt Nego V.011843-5/6

Aminity ‘90 hitam AC dgn tape VR Pjk BR 7755535/081348484501 Gambut Hrg 33jt Nego V.000-3/6

New Xenia, Terios,Luxio,Gran Max. R stock Bnga ringan + bns & diskon 7616066. DP Mulai 10% V.010069-4/6

Take over Baleno Th01 Matic. Htm, DP 20jt Ang 2568x34 081349708118. Harga 27,5 Jt Nego V.011527-1/6

Grand Vitara ‘06. Audio,TV,DVD,VR 20 Km 20rban mls 08115012366/7472766. Harga Nego V.000-1/6

Escudo 1.6 Th04. Abu2 Met, brg mulus 08125001145/081348063828. Harga Nego V.000-2/6

Feroza SE Th95. Biru Abu2, pk br, full var, terawat Hub 0511-8834567. Harga Nego V.011869-2/6

Jl Veteran/Jl Merpati Komp Pangambangan Indah T110 Hub08125103136/7305791 Hrg 200Jt Nego V.000-8/6

DIJUAL MOBIL

Dijl Ex Minimarket+rmh Jl Raya Belimbing Tanjung SHM Lt±500 T.08125043229. Hrg 1,5M Nego V.000-8/6

T90 Komp Swadarma Lestari D25 Mabuun Tjg. Lkp 08125022812/081348027661. Harga Nego V.000-9/6

TOYOTA

Tyt DX ‘82. Biru Met, jok baru,AC dingin, VR,TR Hub7725256/081933731943. Harga 23jt Nego V.011940-6/6

Djl Krista Diesel Th01. Coklat Met, vr, pjk br Hub 3351380 / 0811513526. Harga Nego V.011713-4/6

Fortuner G Lux ‘08. Tgn 1 dr baru full var panel kyu lsg an pembeli 085248808888. Harga Nego V.012017-1/6

Tyt Rush Type S Matic ‘08. Silver Baru Km 3rb Hub 08115010919. Harga Nego V.012363-4/6

Kijang LX Th97. Abu - abu, AC, PS, brg ok Hub 7419450 / 081348850072. Harga Nego V.011543-1/6

Kjg G ‘96 Akh. Hijau Pearl,AC dbl,PS, VR,full var 7704166 / 081348540039. Harga 65jt Nego V.012115-2/6

Kjg LGX 1.8 EFI ‘03 New Model Htm met, AC Dbl,CD,MP3,P audio 081251975000. Harga Nego V.012141-9/6

Djl Innova G Th05. Silver Met, jok klt, var, jrg pkai 08164550415 maaf TP. Harga Nego V.000-7/6

Kijang Super New G Th94 Long. Abu2 AC,tape,VR,BR 085248952617. Harga Nego V.011706-1/6

Avanza G Th04 Akh. Hijau Met,AC dbl,RT,VR,orsnl,var lkp 081251975000. Hrg 112jt Nego V.011625-31/5

Avanza G VVTi Th07. Hitam, var lkp, pajak baru Hub 08115007118. Hrg 133jt Nego V.011581-1/6

New Avanza ‘08 Akh. Silver full variasi Hub 0811504719 / 7411317. Harga Nego V.012387-4/6

Avanza E VVTi ‘06/07 Bln 3. Htm Met, orsnl,lkp var asli Bjr bs krdt 08125018455. Harga Nego V.000-4/6

Great Corolla Th95. Biru, V17, kond mls trwt fas lkp Hub 0511-7703199. Harga Nego V.000-4/6

X Over Th07 Akh Matic. Warna Silver Hub 0511-6267905. Harga Nego V.011586-1/6

Baleno Th01. Biru Met, asli Banjar, tangan pertama AC,TP,VR 7317188. Hrg 78,5jt Nego V.011987-31/5

Innova ‘06 G. Silver Hub Rahmah Mtr S. Adam 7655624 / 085952474024 bs krdt. V.000-6/6 Harga Nego

Dijl Tyt Lexus RX300 Abu2 Met ‘00 mls trwt DA Hub7439677/7707747 Harga Nego V.011780-4/6

Ready Toyota Dyna untuk semua type Hub08123265220/088803028833 Harga Nego V.000-1/6

Baleno Th97. Silver,AC,PW,CL, tape, CD,MP3 Hub 081521504567. Harga Nego V.012150-4/6

Dijl SzK Carry 1.0 Pick Up ‘99 Biru tape Hub 0511-7332296 Hrg 41jt Nego V.011802-6/6

Ovr krdt Sirion ‘08. Merah, full modif ss angs 4jtx20bln 081251254774/4705217. DP 70jt Nego V.011844-31/5

DAIHATSU

SUZUKI

Tyt Harrier 3.0 Matic Th00. Htm, AC,tape,sunroof Hub0811518118 Hrg 195jt Nego V.000-5/6

APV Arena GX Th08. Hitam Met, mls, Hub 7450088 / 081349400588. Harga Nego V.012144-7/6

Jual cpt BU Jimny ‘90 Akh. Htm Met, AC,VR, RT, klng 4221110 / 08125993400. Harga Nego V.012320-9/6

Dijual Szk Swift CBU Th05 A/T Akh. Htm, brg ist 081351371717/7435610. Harga Nego V.011851-2/6

Szk Sidekick ‘95. Biru Met,VR,body klng,full audio,lkp Hub 6177730. Harga Nego V.011986-6/6

Suzuki APV Arena ‘08. Silver, mls, sprt br Hub 08115000200 / 7727748. Hrg 119jt Nego V.012008-6/6

Taruna CSX ‘00. Biru Silver TV, DVD, CD, asli Bjm lkp an sendiri 08125006056. Harga 87jt Nego V.011599-1/6

Taft Independen Th96 Akh. Abu2 Met, lengkap bs TT Hub 0811512349. Harga Nego V.011874-31/5

Jual cpt Ferosa ‘94. Biru Met,PS, VR,tape,AC,brg ok 081349708218. Harga 50jt Nego V.011984-1/6 Taruna FGX ‘01. Silver, AC dbl,CD, DVD, MP3,audio full var 08125067727/7306347. Harga Nego V.012316-5/6

Feroza SE ‘95 Biru Abu2 VR Cobra PS PW AC Ist mls Hub7600779/081351547289 Hrg 56,5jt Nego V.000-31/5 KjgGrand‘95ACDblPWPSbdkalengAbu2 metsiappakai0511-7502092/081349700045 Hrg Nego V.000-2/6

Jual mbl Innova G Th05. Htm, Kond bgs Hub 08125015053/08125014857. Harga Nego V.012013-6/6

Kjg LGX 1.8 EFI ‘00 silver orsnl pakai pribadi Hub 0811501226 Harga Nego V.012188-15/6

Szk SX Over Th07 CBU. Orange, jok press, full var asli Bjr Hub 7517732. Harga Nego V.011690-31/5

Szk Futura Realvan 1.3 Th95. Merah Hati, VR, tape,orsnl cat 0811517482. Harga Nego V.011992-1/6

Suzuki Aerio Th03. Hitam, lkp, pjk baru kond bagus Hub 0511-7379186. Harga 97jt Nego V.011924-6/6

Espass Th96. Silver,VR,AC,tape, barang istimewa Hub 0511-7622929. Harga Nego V.011994-1/6

Feroza SE ‘95 Akh. Merah Silver AC, RT,VR,BR,var lkp,orsnl 08125000607. Harga Nego V.011389-1/6 Tyt Harrier ‘00 putih mls VR22 Hub081349654789 Bs TT dg Tnh dBjb Harga Nego V.011715-4/6

Djl Avanza 1300cc Th04. Kuning Met Hub 0511-6120333. Hrg 112,5jt Nego V.011572-3/6

Kjg Grand ‘95 AC CL Dbl PS VR RT siap pakai 08125025169/0511-6336867 Harga 57,5jt Nego V.012286-8/6

Dijl Szk Escudo 2.0 ‘01 matic htm kond bgs Hub7253765-7635234 Hrg 114jt Nego V.012235-5/6

Suzuki Futura 1.5 th 2005 hitam hubungi 0511-7605545 Harga Nego V.000-4/6

Karimun Th06. Audio, mulus, body kaleng Hub 08115012366 / 7472766. Harga Nego V.000-1/6

Dijl Daihatsu Feroza ‘95 Biru mlm kond bgs Hub7253765/7635234 Hrg 52jt Nego V.012237-5/6

Bersambung ke Hal 25 / 27 ...


25

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Sambungan dari Halaman 24 ...

Escudo 2.0 Th01. Biru. Panther HiGrade’01. Abu2 Met DP 17,5jt Cash/kredit Harga Nego V.010653-7/6

Carry PU 1.5Th08, Grand Max 1.5 PU Th’08 DP 25jt Nego. Cash / kredit Harga Nego V.010653-7/6

Honda City VTec Th05. hitam,Hyundai Accent ‘04 biru, DP 25jt negoCash / kredit Harga Nego V.010653-7/6

Jazz Th05 Matic. Coklat Muda Met. DP 20jt Cash / kredit. Harga Nego V.010653-7/6

Hub X MOBIL Jl A Yani Km 6 (Sebrng TVRI) Tembus Pramuka Ruko Mitra Mas Bjm Telp 05117450088 / 081349400588 / 08179988796 X Mobil Barabai 0517-44239

7 Unit Avansa G VVTi ‘09 100% br, (STNK Bln Juni ‘09) merah, abu2 R.Stock Hrg 156,5jt Nego C/K V.010712-10/6

6 Unit Avansa G VVTi 05,06, 07,08, full Var,brg ist, hijau,htm,silver C/K V.010712-10/6 HARGA BEDAMAI

3 Unit Tyt Rush tipe S ‘07 ‘08 ‘09 Hitam, Silver, sprt baru , VR, C/K. HARGA BEDAMAI V.010712-10/6

1 Unit Szk X Over 08 silverstone. Km rendah, full orsnl, cash & kredit HARGA BEDAMAI V.010712-10/6

HUB. SHOWROOM SUNU MOTOR Jl A Yani Km 8,7 Banjarmasin Telp. 0511-4281637/7405859/085251596561/0811514948

Mits Pajero 4x4 Th95. TV, audio, istmw cash / kredit. Harga Damai V.010921-18/6

Nissan Grand Livina XV Th08. Nissan Livina XR ‘08. cash / kredit Harga Damai V.010921-18/6

4 Unit Avanza VVTi G/S 06, 07, 09 Full Variasi, Cash & kredit HARGA DAMAI V.000-26/6

Yaris ‘08 merah, Hyundai Getz 07 Silver, Cash & kredit HARGA DAMAI V.000-26/6

Hyundai Getz Th05. Tangan 1, var cash / kredit Harga Damai V.010921-18/6

Toyota Rush Tipe S Th07 Matic. Var cash / krdt Harga Damai V.010921-18/6

Tyt Rush ‘08 hitam, Terios ‘07 silver, Cash & kredit V.000-26/6 HARGA DAMAI

Innova G th 2006 warna silver, cash & kredit V.000-26/6 HARGA DAMAI

HUB. SHOWROOM BUNYAMIN MOTOR Jl A Yani Km 7,3 Banjarmasin Telp. 0511-7558999/7518999/081349 777770

Hub WTC MOTOR Jl A Yani Km 5 Banjarmasin Telp 0511 - 7251811 / 08164561222

Avanza Th05,06 & 07 Gold Cash / kredit. Harga Nego V.010902-12/6

CRV Th01 & ‘02 Kuning Emas & Silverstone. Cash / kredit Harga Nego V.010902-12/6

Szk Escudo 1.6 MT ‘04. Silver variasi, mls, trwt siap pakai Cash & kredit. V.000-25/6 Harga Nego

Szk Karimun Th04. Hitam, asli Bjr, variasi mls trwt siap pakai C/K Harga Nego V.000-25/6

2 Unit All New CRV 2.4 A/T ‘07 Akhir Bln 12 hitam,Silverstone asli Bjr ,var Harga Nego V.000-25/6

All New CRV 2.4 A/T ‘08. ABu2 Met, full var mugen, jok klt, kc v cool,sprt br. V.011461-19/6 Harga Nego

2 unit Innova G ‘08. Abu2 New Model & Th05 Htm asli Bjm,mls,trwt sprt br. Harga Nego V.011461-19/6

Grand Vitara JLX Th07 Bln 12. Silver, Manual, asli Bjm. V.011461-19/6 Harga Nego

Yaris Th06/07. Merah Tipe S A/T Cash / kredit. Harga Nego V.010902-12/6

Honda Jazz 04 . Biru muda met variasi Cash / kredit. Harga Nego V.010902-12/6

Jazz Vtech ABS, EBD ‘07 M/T. Silver, jok permanen,mls,trwt, siap pkai C/K. V.000-25/6 Harga Nego

New BMW 320i AT ‘08. Abu2 Tua Met, mulus trwt, km rendah Cash / Kredit. V.000-25/6 Harga Nego

New CRV 2.4 AT 2005 merahmet mls trwt siap pakai asli Bjr Cash & kredit. V.000-25/6 Harga Nego

2 unit All New Jazz RS Th08. Silver. Manual & Jazz Vtec 05 AT Silver. V.011461-19/6 Harga Nego

Suzuki X Over Th08 A/T. Abu2 Met. All New Civic A/T Th07. Abu2 Met. Harga Nego V.011461-19/6

Yaris S A/T Th06. Hitam, terwt, mls, km rendah sprt br . V.011461-19/6 Harga Nego

HUB PILAR MOBIL JL Sultan Adam Ruko 10 No 5 - 6 Rt 41 Telp 4311425 / 7405505

Hub SMS MOTOR Jl Sultan Adam No 15 Rt 14 Telp 0511-7401515 / 0811511515 Banjarmasin

2 unit Suzuki X Over 08/07 silver/ htm spt baru. cash / kredit Harga Nego V.010936-13/6

Escudo ABS 03 silver barang spt baru cash / kredit Harga Nego V.010936-13/6

Avanza G Th05. Silver. Innova G Th05 Silver. Cash / kredt Harga Nego V.011027-13/6

Jazz ‘04 Matic, velg / ban br, jok klt asli Bjm Km rendah, sprt br. Cash / kredit Harga Nego V.011027-13/6

2 Grand Vitara JLX‘07 hitam/silver tua. Honda Jazz RS 08 Htm. Harga Nego V.010936-13/6

4 unit tyt Rush tipe S ‘07/08. htm,silver,biru jok 3 brs cash / krdt Harga Nego V.010936-13/6

Grand Vitara JLX Matic Th 07 Grand Vitara JLX ‘06. Cash/Kredit Harga Nego V.011027-13/6

Landcruiser VX ‘95 Turbo 4x4. BMW Z 3 Th00 sport 2 pnt Velg RC crome Harga Nego V.011027-13/6

Hub HD MOTOR Jl Belitung Darat Samping Gg Amal Utama No 108 Rt 22 Telp 0811514487 / 081349635449 Bjm

HUB ANUGERAH VARIASI JL A YANI Km 1 No 29 C,D,E TELP 081351567889

HUB “ GLOBAL MOTOR “ Jl S Adam No 11 (samping Butik Sari Jo) HP. 0511-7417099 / 7684085 / 7414666 / 7509553 “ MELAYANI : Jual - Beli, Tukar Tambah, Cash & Kredit “

7 unit Avanza Baru G VVTi Th2009. New model stock ready Harga 156,5jt Nego V.010345-4/6

CRV All New Model ‘02 Akh. hitam, pjk br Cash / kredit Hrg 156Jt Nego V.010345-4/6

3 unit Avanza G VVTi ‘06 (128jt) ‘ (134jt) ‘08 (139jt0. Cash / kredit V.010345-4/6 Harga Nego

Suzuki Pick Up 1,5 Th 05 hitam. pajak baru. DP 15t Cash / kredit Hrg 57,5jt Nego V.010345-4/6

HUB ISTANA MOTOR JL LINGKAR BENUA ANYAR HP.085248011974 / 05117401974/081349751985 MAU JUAL MOBIL HUB H. YANTO 08125123674 / 0511 - 7401974/081349751985 MINGGU TETAP BUKA

2 Unit Tyt Rush ‘07 Hitam/silver , AC, tape, VR kond 99%. Harga Nego V.010470-7/6

X Over 2007 silver AC Tape VR kond isi 99% Harga Nego V.010470-7/6

Kia Picanto Th05 Manual. Hitam, full option kond 99% V.010470-7/6 Harga Nego

10 UnitAvanza‘09BRhtm/silver/grey/merahber gundiRStock100%.1unitAvanza‘06BiruAqua. V.010470-7/6 Harga Nego

HUBUNGI : CV LUHUR PERKASA Jl A Yani Km.5 Banjarmasin Telp : (0511) 3252128 / 3252134.

5 Unit Toyota All New Avanza, Innova ‘09 Ready stock Harga Nego V.012020-27/6

Suzuki Karimun TX, Baleno Th 2000 / 2005. Ready stock Harga Nego V.012020-27/6

Dump Truck PS 125 Canter Turbo 2007 / Dump PS 120 Th98/96. V.011721-20/6 Harga Nego

Mazda Double Cabin Th2006 putih, Kjg LGX 1.8 EFI Th01 AC Double. V.011721-20/6 Harga Nego

Ready stock Avanza Th06,’07, ‘08, ‘09. Baru all new model. V.000-23/6 Harga Nego

Ready stock New CRV Th03, ‘05, 06. All new CRV ‘07. V.000-23/6 Harga Nego

Dump Truck Th01 Akhir PS120. Siap pakai mulus, terawat V.011724-23/6 Hrg 130jt Nego

Kijang Pick Up Th96. Biru Malam, mls, trwt, ban besar, var AC,PS. V.011724-23/6 Harga 55jt Nego

3 Unit Mitsubishi Dump Truck Counter PS 125 Baru Ready stock V.012020-27/6 Harga Nego

Toyota Innova Avanza Th2007 / 2008. Ready stock V.012020-27/6 Harga Nego

Feroza Th96 / Kijang Jantan Th94.

CRV New Model 2.0 Th07. Szk APV X Th05 Silver full var. Harga Nego V.011721-20/6

Ready stock Innova G / V Th 05, ‘06, ‘07, ‘08. All new model. Harga Nego V.000-23/6

Ready stock Rush G / S ‘2007

Suzuki Futura 1.5 PU Th05. Biru mulus V.011724-23/6 Harga 55jt Nego

Dump Truck ‘97 PS 120. Terawat, mulus, siap jalan Harga 85jt Nego V.011724-23/6

Anda Ingin Jual Mobil Hub SHOWROOM HARIS MOTOR Jl Brigjen H Hasan Basry Kayu Tangi Sebr Anna Mini Market No.33 Hub 0511-7432107 / 7462188 / 0811519827/ 0816214929

Kijang LSX Th04. Warna biru fasilitas lengkap. V.000-27/6 Harga Nego

Escudo 201 Th01. Wrn Hijau Met, fasilitas lkp kond mulus V.000-27/6 Harga Nego

Isuzu Panther ‘05 Hitam, AC, tape, VR siap pakai Harga Nego V.000-27/6

Daihatsu Zebra Espass Th03. Hitam, kondisi siap pakai Harga Nego V.000-27/6

Hubungi RAHMAT TERANG MOTOR Jl A Yani Km 24,5 Landasan Ulin Banjarbaru Telp 081251787779

Harga Nego

V.011721-20/6

HUB CV UBM Jl A Yani Km.8 Kertak Hanyar Telp 085251105622 / 081348160314

Harga Nego

V.000-23/6

HUB SHOWROOM SINAR MOTOR Jl A Yani Km 7,400 BJM Telp 0511-3256609 / 0811500636 / 0511-7408906 / 0511-7407414

New Avanza G VVTi ‘09 100% br plh Htm, Silver,Grey,Merah krdt mrh bs TT Harga Nego V.011239-15/6

Avanza G ‘04/06/08. Biru, Silver, Full variasi bs TT, Cash / kredit V.011239-15/6 Harga Nego

Honda City Vtec ‘08 hitam manual Km6rban DA spt BR bs TT Cash / kredit V.011239-15/6 Harga Nego

Type 70 Pagar+ Cnopy Cash & Kredit,Bonus Pilihan(TV,Kulkas,AC ) V.012242-28/6 Harga Nego

Swift ST ‘08/09. Silver Met, manual, full var Km 2000an sprt br bs TT,C/K Harga Nego V.011239-15/6

Xenia Xi VVTi Sporty ‘06. Hitam, manual AC,RT,Full Var bs TT, Cash / kredit Harga Nego V.011239-15/6

Feroza G2 Independent Deluxe ‘97. Silver, manual AC/RT bd klng siap pakai Harga Nego V.011239-15/6

Type 90 Paga r+ Cnopy Cash & Kredit,Bonus Pilihan(TV,Kulkas,AC ) Harga Nego V.012242-28/6

WAHYU MOBILINDO Jl A Yani Km 3,5 No.64 (sebrang Poltabes) Banjarmasin Telp. 0511-3263387/3263487/7535899/6212000/081349573777

HUBUNGI : 081349492607 / 0511-7408612

Type 65 Pagar+ Cnopy Cash & Kredit, Bonus Pilihan(TV,Kulkas,AC ) Harga Nego V.012242-28/6

POS KE AMANAN 24 JAM V.012242-28/6

TAMAN & GAZEBO SANTAI V.012242-28/6

Type 104Pagar+ Cnopy Cash & Kredit,Bonus Pilihan(TV,Kulkas,AC ) V.012242-28/6 Harga Nego

Perumahan Sentral 3 (Rahayu Indah Lestari),Jl Pramuka Km6 (Tembus Terminal) Komp Rahayu Indah Pembina 3. Cp: R.Agoes Salim, SE 0511-7556346, 7400671. M Zahir Hatta 085221026990

HONDA

KIA

TOYOTA

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

DAIHATSU

HONDA

Jazz Type S ‘08 Spesial Edition Matic. Jok klt Km 1500 full V 7075371. Hrg 195jt Nego V.010753-1/6

Visto ZIP Drive ‘02 merah tua met bd mls trwt PS PW Pjk 1 thn 3356502/3365439 TK Harga Nego V.011451-1/6

New Avanza G VVTi unit 2 minggu stlh pesanan Hub Tyt 0511-7755456. TDP 30jt V.010291-7/6

Djl Lt/Lb132m2 Jl Raya Bima No 67 Rt43 Pemurus Dalam Bjm. Lkp 08125174843. Hrg 280jt Nego V.011329-31/5

BaruT160JlPerdagangnK.B Indah Lestari II No.168 Hub.0816211824/ 7524074 TP. Harga Nego V.009804-31/5

Rmh br Komp Citra Garden Type Rome. 6kt,4km Hub 0811509557. Harga Nego V.012145-7/6

New Xenia, Terios bunga ringan + hadiah. Dealer resmi 7594117/085251074333. TDP Ringan V.012086-27/6

Honda Stream ‘04 Akhir abu2 muda met 1700cc manual 081348963939/7158666 Harga Nego V.011464-31/5

SUZUKI

DAIHATSU

HONDA

Avanza tipe S ‘07 Akh lkp jrng pakai Hub 081348462211/7164368 Hrg Nego V.000-31/5 New G.Vitara, Swift, Karimun,APV+ hdh Hub Szk Mitra 085248063171/7661225 DP Rgn krdt s/d 5 th V.009914-1/6

Feroza Th94 Modif. Mls, msn ok, pjk baru,AC,tape,PS,VR Hub7756997. Harga Nego V.012181-4/6

Jl Sultan Adam Rt25 No50 samping Komp Handir Lt 10x30m2 081351093688. Harga Nego V.011309-31/5

Dikont Jl Mahligai Komp Bunyamin III (samp Pos Satpam) 7414575/3267483. Harga Nego V.011350-6/6

HYUNDAI DAIHATSU

BMW

Angsuran 3jtan Estilo, SX4, G Vitara krdt 1/5th + berhdh 081348179494 / 7238443. No Indent/TT V.011588-7/6

Dijl APV ‘05 Pjk Baru kond Bgs Hijau Hubungi 08125132222 Hrg Nego V.012290-8/6

BMW 2000cc Z3 Th00. Merah Ferari plat B bs TT Cash / krdt 081349187997. Harga Nego V.010512-7/6

BMW 318i Matic ‘99. Jok klt. orsnl, mulus, trwt 081348414349 / 3366689. Hrg 125jt Nego V.011722-3/6

Disewakan Ex Paparons Pizza Jl Sutoyo S Hub Arul 081251333399 Hrg Nego V.012284-9/6

Hyundai Nenggala ‘97. Jrg pkai Km 80rb bd kit TV audio 085249306162. Harga 70jt Nego V.012042-9/6

Jl Pramuka Komp PDAM No12 Rt23 Km6 ±1600m SHM 081251744728 TP. Harga Nego V.009140-7/6

Cpt Komp Ar-Raudah I No10 Rt33 Ratu Zaleha SHM, Lkp 0511-3304262. Harga Nego V.000-27/6

Jl Bumi Indah I No8 Seb Buncit Indah Km 4 Uk10x16 bs krdtHub08125020555 Harga 325jt Nego V.012272-10/6

Djl rmh Lt20x23m2 Jl Zafri Zam2 Komp LSDAP I Rt39 Hub 085249465278. Harga Nego V.011523-1/6

SPD MTR

Ninja 250cc ‘09 hijau sisa angs 16x2,229rb/bln Hub081251210333 Harga 22,5jt Nego V.011783-5/6

Overkrdt Honda Ferio ‘96 Angs 1199rbx22 Bln Hub081349793117 DP 49jt V.012288-8/6

Feroza ‘97 Grand Hijau Met,AC,PS, PW,VR,tape,msn ok 081251793699. Harga 59jt Nego V.011887-7/6

Hnd CRV ‘01 Matic. Abu2 Muda Met/ Silver,PW,TV,DVD7252081/081348031307. Harga Nego V.011529-1/6

Feroza ‘95. Hijau Met, klng ban bsr rmhan bs TT 7515866 / 085248903663. Harga Nego V.011845-31/5

Hnd Jazz Th04. Silver, VR, audio lkp ban br km rndh sprt br 08125111974. Harga Nego V.000-8/6

Jazz Th05. Biru orisnil bs TT cash / krt Hub 085248087086/7245018. Hrg 130jt Nego V.000-5/6

Ferio ‘96 Manual. Abu2 Met Km 64rb, jrg pkai istmw ex Dr 7524375/081349698603. Harga Nego V.012194-3/6

New Jazz R Stock ‘09. Bns + mnrk Hub NONO 7597329 / 081349600906. DP 35jtan V.011543-1/6


26 Rendezvous

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Puji Anak Band Banjarmasin Pemusik di Banjarmasin bagi penyanyi, yang berada di bawah naungan Maia Management itu, tak kalah dengan pemain musik di ibu kota dan kota-kota besar lainnya. Saat datang menjadi bintang tamu pada acara bertajuk Workshop dan Festival Band di Duta Mall Banjarmasin, pekan lalu, keduanya menyaksikan kepiawaian bandband di Banua. Begitu melihat penampilan 15 band itu, Rayen dan Meltho sepakat ingin datang lagi ke Banjarmasin. Keinginan Pasto itu seperti hits mereka Aku Pasti Kembali yang sangat akrab di telinga pencinta musik Indonesia. Rayen dan Meltho tak menyangka Banjarmasin menyimpan ‘intan’ lain, yakni bakat bermusik kawula mudanya. Pun ketika melihat kelihaian satu band asal Banjarbaru bernama B-Band memainkan alat-alat musik yang jarang dikuasai seperti akordeon, bass betot, biola. Pasto melihat kalau ini menjadi bukti Kalsel memiliki potensi luar biasa dalam bermusik. Ini lah yang kemudian mereka ingat. “Kalau kami boleh bilang, asli jago-jago

banget anak-anak band di Banjarmasin. Mereka itu ternyata jauh lebih fokus. Dari alat musik yang dikuasai saja, anak Jakarta kalah deh,” kata Rayen diamini Meltho. Harmonisasi bermusik yang ditampilkan pemain band di daerah ini menunjukkan kalau band di sini mampu eksis. “Ngeband itu kan susah nih, harus ada kerja sama, nah di Banjarmasin itu semua dapat. Asyik deh pokoknya,” lanjut Rayen. Menurut pria yang berpenampilan layaknya penyanyi negro itu, hanya perlu sedikit polesan. Tinggal mempercantik pada beberapa bagian, pasti di Kalsel akan banyak muncul pemusik-pemusik andal bahkan mampu bersaing hingga ke Jakarta. Banjarmasin memang masih asing bagi Pasto, namun melihat potensi musik, sudah pasti ada kerinduan yang akan mereka simpan. Terutama Meltho. Penyanyi ini memastikan akan kembali ke daerah ini, apalagi ia tercatat sebagai guru vokal di Alto Music Scholl yang cabangnya baru saja buka di Banjarmasin. (niz)

BANJARMASIN POST/DONNY SOPHANDI

J R elajah

BANJARMASIN POST/DONNY SOPHANDI

MENGINJAKKAN kaki untuk kali pertama ke Kota Banjarmasin membuat duo vokal Pasto kepincut. ‘Kota Seribu Sungai’ Minggu (24/5) langsung menawan hati Rayen dan Meltho.

Tembang Teranyar FANS Pasto di Kota Banjarmasin sungguh beruntung. Kedatangan grup yang lahir 11 November 2002 itu ke Banua, ternyata sekaligus memperkenalkan tembang teranyar mereka yang launching Senin (25/5). Masih dengan genre pop, Pasto langsung menyanyikan lagu berjudul Jujur Aku Tak Sanggup. Tetap pula mengusung tema cinta, lagu melo yang menceritakan ketidaksanggupan seorang kekasih kehilangan pasangannya begitu membius ratusan penonton yang memadati hal Duta Mall. Mereka juga berbagi tips kepada penonton bagaimana menjadi seorang penyanyi. Keduanya tak segan-segan membagi keahlian berolah vokal maupun memainkan alat musik. Menurut Meltho, seorang penyanyi jauh lebih bagus penampilannya ketika dapat jiwa dari lagu yang dibawakan. “Ya musik ya juga syairnya tentunya,” ujarnya.

ADA yang bikin penasaran Meltho dan Rayen saat pihak manajemen menjadwalkan duo itu show ke Banjarmasin. Mereka pun langsung berburu informasi tentang kota yang akan dikunjungi itu. Yang mereka dapatkan adalah, ciri khas Banua, yaitu Pasar Terapung dan ada makanan khas, soto Banjar, juga jembatan Barito yang mereka bilang jembatan San Fransisco. “Pengin banget ke pasar yang di atas perahu itu, juga soto Banjar, katanya enak ya,” ucap Rayen. Seperti diingatkan, saat ditanya bakal jalan ke manakah mereka selama sehari semalam di Banjarmasin, serta merta pula mereka mengingatkan Iman sang manajer untuk mampir ke pasar tradisional itu. Keduanya pun terlihat girang saat niat mereka disetujui. Meski dengan syarat, keduanya harus bangun pagi. Lha iya lah, pasar ini kan hanya buka menjelang matahari terbit. Sayang, mereka belum sempat. Jangan kecewa ya? Kan pasti kembali. (niz)

asa

Advertorial

Citra Bandarmasih Resto

Makan Enak Sambil Santai Bareng Keluarga disajikan dengan Sate Udang. Minumnya, es Jeruk yang segar! Sedaaap! Bisa dibayangkan?

Tempat tepat untuk bersantai dengan keluarga

Bersantai sambil menikmati lezatnya aneka menu yang disajikan di Citra Bandarmasih Resto, bisa menjadi salah satu alternatif rekreasi bersama keluarga. Lokasinya di Kompleks Perumahan Citra Graha Jalan A Yani Km 17,5 Liang Anggang, tepat di pinggir danau wisata Kota Citra. Nggak perlu jauhjauh lagi kalau ingin berekreasi kan? Tempatnya terbuka sehingga anak-anak akan lebih bebas bergerak. Selain itu terdapat aneka permainan untuk anak-anak seperti mandi bola sepuasnya hanya Rp 10.000, kolam pasir, bebek air mengelilingi danau. Ada juga ATV rental dan pacu adrenalin dengan naik jet ski. Oya, Anda juga sudah bisa menikmati fasilitas terbaru flying fox menyeberangi danau wisata. Wah, pasti seru “Biasanya sih kalau Sabtu dan Minggu, tempat ini rame banget dari pagi sampai sore. Memang cocok banget sebagai tempat wisata bersama keluarga, karena selain

Nah, ini akan berbeda ketika Meltho harus menjadi ‘pak guru’ di sekolah musik. Teknik how to song memang lebih dominan. Bagaimana mengatur napas, pada nada berapa oktaf seseorang bisa menyanyi itu lah yang dapat dilatih. Pasto awalnya terbentuk dari hasil didikan penyanyi pop/R&B Glenn Fredly. Semula kelompok ini tidak hanya Rayen dan Meltho. Ada Rudolf dan Bayu yang ‘ngamen’ selama empat tahun mengisi berbagai pentas pertunjukan musik dan televisi juga festival sekelas Java Jazz, program “Bintang Cari Bintang” Trans TV. Dua tahun terakhir, Maia Estianty tertarik dengan suara yang unik dan khas Pasto. Kelompok ini dinilai memiliki nilai jual. Dari sentuhan mantan istri Ahmad Dani itu, Pasto yang dulu lebih memilih jalur musik R&B, rela mengubah warna musiknya menjadi pop yang menurutnya lebih bisa diterima masyarakat Indonesia. (niz)

Bangun Pagi Demi ke Pasar Terapung

ada tempat makan, juga tersedia fasilitas lainnya seperti mandi bola untuk anak-anak, ATV rental atau jet ski,” kata Ainun Jariah, pengelola rumah makan Citra Bandarmasih Resto saat ditemui. Rumah makan Citra Bandarmasih Resto ini buka mulai pukul 11.00 hingga 19.00 setiap harinya dengan menyediakan menu beragam. Dari aneka steak, menu seafood, aneka ikan seperti Gurame, Nila, Bawal dengan tiga pilihan masakan yaitu dibakar, digoreng atau asam manis. Tersedia aneka juice yang segar sebagai paduan santap menu pilihan Anda.

foto-foto/M Syafruddin

Jangan lupa juga cicipi hidangan khas Citra berupa aneka nasi goreng yang dicampur dengan potongan Udang, Cumi-Cumi, Bakso dan Kacang Polong yang

Pesta Anak Lebih Meriah Tempat yang nyaman dan luas serta sajian masakan yang bisa diacungi jempol, membuat Citra Bandarmasih Resto layak jadi referensi untuk penyelenggaraan berbagai acara. “Di danau wisata banyak dilepas bibit berbagai ikan, tapi ini sih masih kecil-kecil. Nanti kalau sudah memungkinkan, kita akan bikin lomba mancing. Sebelumnya juga sudah pernah diselenggarakan lomba dayung. Seru lho!” kata Ainun. Citra Bandarmasih Resto juga cocok dijadikan tempat kumpulkumpul seperti arisan, bahkan untuk ulang tahun anak-anak. Cukup pesan paket prasmanannya saja dengan harga mulai Rp 15 ribu per orang dengan minimal pemesanan 25 orang pada hari kerja, atau Rp 25 ribu per orang minimal pemesanan 50 orang pada Sabtu dan Minggu, Anda sudah bisa menggunakan tempat ini sebagai tempat pertemuan, gratis berikut sound system dan organ tunggal. Menurut Ainun Jariah, pengelola Rumah Makan Citra Bandarmasih Resto, pihaknya memang menawarkan sebuah suasana baru bagi mereka yang ingin menye-

lenggarakan seminar, presentasi atau pertemuan dengan rekan bisnis. Tempat repsentatif, suasana tenang dan angin sepoi-sepoi. Untuk paket ulang tahun ini biayanya Rp 30 ribu per orang mini-

mal pemesanan 50 orang. Biaya tersebut sudah termasuk snack, makan, undangan ulang tahun, dekorasi, pemandu acara dan kue ulang tahun atau tumpengan. “Sebaiknya pesan tempat dulu

Aneka Masakan Ikan Hanya Rp 15 Ribu per Porsi Kapasitas restoran Citra 100 orang, di bawah tenda resto dan empat saung buat yang pengen lesehan. Sama nikmatnya, sama-sama ditemani angin sepoi-sepoi. Dan minggu ini ada promo untuk aneka masakan ikan dari 1-5 Juni, Minggu hingga

Jumat. Ada Nila, Bawal, Gurame, Kakap baik digoreng, dibakar atau asam manis dengan harga Rp 15 ribu per porsi dari harga Rp 35 ribu per porsinya. Wah, sayang tuh dilewatkan.

Lezatnya Bola-Bola Pisang Keju dan Segarnya Es Mutiara Sehabis makan menu utama dan setelah perut tak terlalu kenyang lagi, menu “wajib” yang sangat disarankan selanjutnya adalah Bola-Bola Pisang Keju. Bahan utamanya pisang pilihan yang manis dan empuk, digoreng dengan balutan tepung dan disajikan hangat dengan taburan

keju dan potongan cherry. Hmmm…enak banget! “Bumbunya rahasia lho, soalnya hanya kita yang punya. Makanya, jangan nggak dicoba ya,” kata Ainun promosi. Bola-Bola Pisang Keju ditemani minuman khas Citra, Es Mutiara yang segar. Klop!

Gurame Bakar ditemani Cah Kangkung Seafood Lezatnya Gurame bakar memang paling pas disantap dengan Cah Kangkung Seafood olahan Citra. Cah Kangk u n g seafood

Menikmati hidangan di saung di pinggir danau Citra Banjarmasih Resto

minimal tiga hari sebelum acara dengan menghubungi (0511) 913 1966 atau ke 081349607746 dan pilih menu yang ingin dipesan,” kata Ainun.

ini berisi osengan kangkung dengan bakso ikan, cumi-cumi dan udang yang taruh di hotplate. Nasi hangat, gurame dengan cocolan sambal khas dan Cah Kangkung. Hmmmm...(har) 3105/26


Tambun Bungai 27

Banjarmasin Post MINGGU 31 MEI 2009

Tinggalkan Desa Tanpa Izin ■ Sarjana Pendamping Tak Betah PALANGKARAYA, BPOST - Tidak semua sarjana pendamping desa miskin dalam program Mamangun Tuntang Mahaga Lewu siap mental bertugas di desa terpencil. Buktinya, beberapa dari mereka tidak betah dan sering meninggalkan desa tempat tugas tanpa pemberitahuan.

BANJARMASIN POST/NORJANI ASERAN

SANTAI - Kolong jembatan sering diidentikkan dengan permukiman kumuh. Tapi, hal itu tidak terjadi di kolong Jembatan Kahayan Palangkaraya. Kolong jembatan ini cukup indah dan teduh. Penataan yang bagus membuat lokasi itu menjadi pilihan untuk bersantai.

Seperti yang ditemukan tim reses DPRD Provinsi Kalteng daerah pemilihan Kalteng IV meliputi Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur dan Murungraya belum lama ini. Tim yang diketuai Meiliantoni itu menerima keluhan dari camat dan warga terkait sarjana pendamping desa tertinggal yang tidak berada di tempat. Seperti di Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara,

beberapa sarjana pendamping sudah tidak lagi berada di daerah itu dengan alasan lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun ada juga sarjana pendamping yang meninggalkan tempat tugas tanpa alasan yang jelas sejak November 2008 lalu. “Diharapkan rekrutmen sarjana pendamping lebih selektif. Peran sarjana yang bertugas di desa-desa tertinggal itu hendaknya dapat diting-

katkan dan difungsikan secara maksimal. Perlu pengawasan dan monitoring intensif terhadap mereka,” katanya. Seperti diketahui, rekrutmen sarjana pendamping desa dilakukan tiap tahun. Januari lalu Dinas Pemuda dan Olahraga (dispora) Provinsi Kalteng merekrut 72 sarjana untuk disebar ke sejumlah desa tertinggal di Kalteng. Terdiri atas 42 sarjana Ma-

Kemarau Tidak Terlalu Kering PALANGKARAYA, BPOST Kabar gembira bagi petani di Kalteng yang memulai tanam musim ini. Kemarau tahun ini diperkirakan tidak terlalu kering karena masih ada hujan meski intensitasnya kecil sehingga tanaman mereka tidak sampai kekeringan. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangkaraya, Imam Mashudi mengatakan, saat ini telah memasuki pancaroba dari musim penghujan ke musim kemarau. Tapi hujan masih berpotensi terjadi saat kemarau nanti. “Jadi nanti hujan bisa terjadi saat kemarau, tapi in-

tensitasnya tidak sebesar saat musim hujan. Ini sangat bagus bagi pertanian dan pencegahan kebakaran lahan di wilayah ini,” katanya, Sabtu (30/5). Imam menambahkan, saat ini sebagian daerah di Kalteng, khususnya bagian selatan mulai memasuki kemarau. Tidak heran jika curah hujan di daerah itu seperti di Kabupaten Kapuas dan sekitarnya jauh berkurang. Masuknya kemarau kabupaten/kota kemungkinan akan berbeda-beda dipengaruhi kondisi geografis masing-masing. Seperti Kota Palangkaraya, Kotawaringin Timur dan sekitarnya diper-

kirakan akan terjadi awal Juli. Saat ini intensitas hujan di Palangkaraya dan sekitarnya mulai berkurang. Warga mulai bersiap karena datangnya kemarau biasanya sering disertai kebakaran lahan yang menimbulkan asap sehingga bisa mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat. Kekhawatiran tersebut tidak berlebihan karena sebagian daerah di Kalteng merupakan lahan gambut. Jika terjadi kebakaran sulit dipadamkan karena api membakar hingga ke dalam tanah dan menimbulkan asap. Sementara itu, jarangnya turun hujan dimanfaatkan

Lintas Kalteng

Bukan Kritik Konyol

IZIN PEMBAKARAN LAHAN Luas Lahan

Pejabat

0,5-2,5 hektare 0,1-0,5 hektare 0,1 hektare

Camat Lurah/kades Ketua RT

petani untuk mulai membersihkan lahan. Sebagian petani membakar kayu atau belukar sisa pembersihan lahan. Seperti di Kelurahan Kereng Bangkirai Kota Palangkaraya dan di sisi Jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, sejumlah lahan menghitam menandakan bekas terbakar. Namun umumnya lahan

mangun Tuntang Mahaga Lewu (SM2L), 20 sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (SP3), lima sarjana pengganti SP3 dan lima orang cadangan. Mereka bertugas selama tiga tahun membantu masyarakat di desa tertinggal untuk mengembangkan potensi sumber daya alam sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepala Dispora Provinsi Kalteng, Vrio Brahim menyayangkan jika sampai ada sarjana yang meninggalkan tempat tugas tanpa alasan yang jelas. Mengingat mereka melalui proses seleksi yang panjang dan diikuti banyak peserta. (mgb)

yang terbakar adalah lahan lama atau bukan lahan yang baru dibuka. “Kalau petani di dalam kota umumnya cuma membakar sisa semak, jadi tidak terlalu banyak. Berbeda kalau membuka areal baru untuk pertanian masyarakat atau perusahaan,” kata Jahri, petani setempat. (mgb)

PALANGKARAYA, BPOST - Pers diharapkan tetap melakukan fungsi kontrol sosial kepada pemerintah. Tapi, kritik yang diberikan bukan kritik yang konyol. Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Margiono mengatakan, banyak pers mengkritik tanpa disertai data pendukung, bahkan tak sesuai fakta. “Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dulu. Jangan sampai bikin kritik yang konyol. Informasi yang valid sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Margiono saat menghadiri dialog interaktif di Palangkaraya. Menurut Margiono, wartawan harus menjalankan tugasnya secara profesional, termasuk mengontrol pemerintah. Untuk itu, wartawan harus memiliki keberanian, informasi, dan pengetahuan tentang masalah yang sedang disorot. Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang mengatakan, pemerintahannya sangat terbuka terhadap kritik. Namun dia berharap, kritikan harus disertai solusi. “Kalau ada pejabat melakukan penyimpangan, silakan beritakan, tapi disertai data,” ujar Teras. (sut)

Sambungan dari Halaman 24 ...

H O N DA

MITSUBISHI

MITSUBISHI

HYUNDAI

KIA

BMW

CHEVROLET

C H E RY Q Q

Genio Th92 Hitam Agrylic, PS, PW, VR, full audio, AC dingin 0511-7373551. Harga Nego V.011683-2/6

Over krdt / kntn Dump Truck Canter ‘08 HD125‘08. Sdh byr 18x4,950jt/bln 7578783 . Harga Nego V.012027-6/6

Over krdt / cash Mits Dump Truck ‘08. Sisa 26bln 7,7jt/bln 081251284298. DP 100jt V.011575-1/6

Hyundai Atoz Th02 Akh. Biru, full var,AC,tape,VR Hub 0511-7518118. Harga 64jt Nego V.011525-1/6

Visto ‘02 Zipdrive. Coklat Muda Met, remote,CD,ist 08125074010/7344822. Hrg 69,5jt Nego V.012314-4/6

BMW Th00. Biru, AC, TR, mulus, orisinil Hub 08125108296 / 7554264. Harga Nego V.012122-2/6

Aveo Baru!! DP 10jtan/angs 2,4jt bs tukar tambah 7464885 / 085251306362.

Chery QQ Th07. Pink fas lkp seperti baru mulus Hub 081351869991. Harga Nego V.000-4/6

KIA

I SU ZU

V.010982-3/6

Sambungan dari Halaman 23 ...

RENTAL/CARTER

Over krdt CRV 2.4 A/T ‘08. Abu2 asli Bjr tgn 1 Hub0811503000/7513000. Harga Nego V.012133-4/6

Over krdt Mitsubishi T120 SS + Box ‘09. Hub 6160140 / 081351088235. Harga Nego V.011594-3/6

Over krdt / cash Dump Truck Mits ‘08. Sisa 30bln 6,5jt/bln Hub081251078090. Harga Nego V.011956-1/6

Visto ‘03 Hijau silver Fas AC Dingin VR Hub0511-7502886 / 7542886 Harga Nego V.010840-2/6

Panther PU Th01. Putih, body klng, terawat Hub 0811501931. Harga 57jt Nego V.011589-1/6

BMW 318i Manual ‘97. Ungu Met, pjk 1th, AC,RT,MP3, 4281630/7497280 bs krdt. Harga 80jt Nego V.000-9/6

TukarTambah mbl anda dhargai tinggi dgn Captiva/Aveo 7754761 / 081251298298. Angs 2,3jtan V.000-4/6

NISSAN

CAHAYA RAHMAN RENTAL MBL Mlyni sewa mbl jam2an, droping hr-an,antr jmpt Bandara. 0811501129/ 7454999/7505553. 918187

M A R TA P U R A DIJUAL TANAH Djl.tanah kav.uk.20x20m lok. Jl.Perum.Luthfia Tunggal Mtp hrg.30jt nego bs TT Mbl. 6139 110/08125002360. 912151

Jl cpt Honda Civic Nova ‘88 AC dgn Audio OK trwt kencng Hub08195466665 Harga 35jt Nego V.012202-8/6

Dijl Bis PS100 HD Ban 6 putih Fas lkp Hub0511-7468640/081352778979 Hrg Nego V.000-2/6

Dumptruck PS 125 HD Turbo Th08 pemakaian 09 Hub085751296767/6231844 Hrg 290jt Nego V.000-31/5

HYUNDAI

Chevrolet Aveo LT Th04. Asli Bjr ist Hub 081349729228. Harga Nego V.011848-1/6 Visto Type Zipdrive Th02. Coklat Muda Met Hub 0511-7305277. Hrg 71jt Nego V.000-31/5

Dijl Bis Isuzu Elf ‘06 silver AC dingin Hub 0511-7666289/081237448501 Harga Nego V.000-2/6

Nissan Grand Livina ‘07 Abu2 Hub 0511-7421757/7757505 Harga Nego V.011796-1/6

Sawah L.38 borong dpn Jl.Irigasi Sungai Rangas cck utk tambak, air lancar 4jt/brg. nego. 08132 2953242/6357805. 290509C

Kolam L.800m2/40x20m daerah Bincau samp.RM HT.Group hrg.50rb/m nego. 081322953242/ 6357805. 290509D

RUPA-RUPA

CRV ‘03 silverstone matic jrg pakai Plat Cntk Hub0511-6221900 Hrg 168jt Nego V.011793-6/6

Truck Engkel Box Th05. Barang siap pakai Hub 0511-7239117. Harga Nego V.000-6/6

Chevrolet Zafira 1.8 ‘02 silver met Full Var bd klg asli Bjr 4369602/6216535 Harga Nego V.012278-8/6 Atoz GLS Th01. Biru Tua AC dingin asli Bjr audio Hub 0511-7609798. Harga 63jt Nego V.011960-1/6

Dijl cpt Visto ‘01 Biru met asli Banjar brg istw 05117332189/7499988/0811504948 Harga Nego V.000-1/6

Isuzu Panther Sporty ‘97. Hijau Met,PW,PS,tape Hub 08125144441. Harga 65jt Nego V.011653-4/6

Grand Livina ‘07/08. Orange Met,tape, CD,VR asli Bjr 7499110/0811500910 c/k. Harga Nego V.000-31/5

C H E RO K E E

Sedia Ban baru & Velg Racing u/mobil Anda di ANEKA BAN Jl.A.Yani Km.37,5 Sei.Paring (0511) 7402811. 919885

RENTAL/CARTER MD TRANSPORTATION menyewakan/kontrak mobil Xenia, Avanza, Terios,dll hr-an/bln-an (0511) 7450045/081349491379. 910524

TA N J U N G Dijl Cpt Honda Grand Civic ‘90 Abu2 tua trwt asli Bjm 1 Nama 081251333234 Hrg 41jt Nego V.011798-1/6

L200 Double Cabin Th05. Ungu Silver, pjk br,mulus 085248733337. Hrg 175jt Nego V.000-2/6

Djl Hyundai Accent ‘99. AC,DVD, TV,alarm,CL Hub 081348194774. Harga 52jt Nego V.0112130-2/6

Kia Sephia Th99. Biru Relaksa PP kantor 081251002907/4280173 TP. Harga Nego V.012002-6/6

Panther Royal Long ‘92. Hijau Met, VR,AC, msn ok 7469020/08115009495. Harga Nego V.012084-2/6

X Trail XT Th04 Matic. Biru Muda, mulus Hub 08115007118 bs TT. Hrg 150jt Nego V.000-5/6

Cherokee 4x4 M/T 4000cc Th96. Hijau VR PW AC audio 0811517719. Harga 85jt Nego V.000-31/5

MERCEDES

DIJUAL RUMAH Rmh Jl.Flamboyan 7 Lt.187 Lb.110 SHM/PLN 900W/tandon/ pagar. Hub.08195490773. 911503

B AT U L I C I N LOWONGAN Dcr. Mekanik Alt Brt/Dump Truck, Tukang Las Dodok Kabin. Hub.Jl.Hidayah 44 Batulicin. CRV ‘07 hitam manual DVD TV Jrng pa kai orsnl trwt Hub08125013490/6159000 Harga Nego V.011776-4/6

Truck PS 100 Th94. Bak kayu siap pakai Hub 0511-7651525. Harga 45jt Nego V.000-2/6

Getz Matic ‘05 Akh. Kuning Km rndh orsnl var brg ok 081349485777/7485777. Harga Nego V.012079-4/6

Picanto Th05. Orange audio MP3 DVD TV AC dingin 081521614488. Harga 88jt Nego V.000-31/5

MITSUBISHI

Isuzu Panther u/ April, PU, DP 9jtan, Smart 18jtan Hub 0811503438. Harga Nego V.000-21/6

6635SBY

Nissan XTrail 2.5 AT Matic Th04. Hitam, mls, asli DA 0511-7767776. Hrg 153jt Nego V.011990-6/6

BMW

Mercedes Benz E 230 Matic Th98. Hitam Hub 081351567889. Harga 225jt Nego V.010325-5/6

S P D M OT O R

DIJUAL TANAH Djl.tnh 3 Ha dkt Ktr Bupati cck utk perumahan dan Gdg 7x25 1 Lt lok.Batulicin. Hub.081348048 777/08125110333. 912125

K A P UA S MESIN/SPARE PART

Djl cpt L300 Th94. Putih, jumbo, trayek Tanjung - Bjm Hub 08125028756. Harga 55jt Nego V.012389-9/6

Mits Pick Up L300 Th03 solar. Htm standr kond oke Hub 0511-6173000. Harga 75jt Nego V.000-5/6

Hyundai Accent Des 06. Htm pjk pjg asli DA bisa TTHub 7161996/081251377557 Harga Nego V.011854-2/6

Over krdt Timor ‘98 Biru met brg istw ss angs 1,4jtx13bln 0511-6183446 DP 29jt Nego V.012217-3/6

BMW 318i Th92. Silver AC tape PW PS Hub 7518118 bs TT Ninja 250. Harga 51jt Nego V.000-5/6

Blazer ‘96. AC,PS,RT,PW,CL,msn ok bd klng siap pakai 081349772555. Harga 50jt Nego V.011982-6/6

FORD

1 unit Msn Speedboat Yamaha 40 HP Bensin brg baru 100% hrg.nego. Hub.HP.08125011975/ (0513) 23491. CBR Th07. Hitam, jarang pakai, pajak baru, mls Hub 0511-7252289. Harga 30jt Nego V.011860-31/5

912069

SAMPIT PELUANG BISNIS Sgr jual Damar Anda ketpt kami proses pembayaran sgr setelah timbang. CV.BAM (0511) 730 6661/081952975999. 911875

PA N G K A L A N B U N Over krdt DumpTruck‘96. 2060000/bln sdh 11x. 081348912138/081349424628. Harga Nego V.012329-4/6

Pick Up L300 Th93 bensin. Putih kond bagus Hub 0511-7759227. Harga Nego V.000-31/5

Hyundai Getz ‘07. Abu2 Met, asli Bjr, full audio,twrt ist 081349163236/6378922. Harga Nego V.000-8/6

Visto Zipdrive Th02. Silver Fas lkp ist, mls Hub 087816295000/6230113. Harga Nego V.011531-1/6

BMW ‘98. VR18,TV,audio,DVD,Km rndh, mls,brg mantap 08115012366/7472766. Harga Nego V.000-1/6

Ford Ranger 4X4 Dbl Cabin ‘02. Putih, mls, jok klt, full var 0511-7555759 bs TT. Harga Nego V.011825-5/6

Honda Vario Th07. Hitam Pink, sdh modif Hub 08164556161. Harga Nego V.012095-7/6

DIJUAL TANAH Djl.cpt tnh SHM, pinggir Jl.Raya Palingkau L.2000m 2 hrg Rp 125rb/m2. Hub.0811514882 maaf TP. 911957

PA R I N G I N DIJUAL TANAH Mits Kuda Diesel Spr Exceed ‘01. Ist bs ovr krdt 081348240902 / 6129303. Harga 95jt Nego V.011695-12/6

Mits Galant V6 Th94. Hijau Met, V18,cat orsnl,mls 7665227/4772920. Harga 59jt Nego V.012113-2/6

Djl cpt Hyundai Getz ‘05. Merah sprt br, jok klt,pjk br PW,PS,CD,DVD 7368920. Hrg 100jt Nego V.000-5/6

Kia Visto Zipdrive ‘02. Coklat Muda Met, siap pakai Hub 0511-7461333. Harga Nego V.000-6/6

Dijual BMW 318i Th96. Abu2 Hub 081348807112. Harga 60jt Nego V.000-7/6

Escape XLT ‘05. Htm Met, Metic Km rendah Hub085215519500 Harga Nego V.011704-1/6

Honda CS1 Th08. Wrn Gold Hitam, jarang pakai Hub 08164556161. Harga Nego V.012093-7/6

Djl.Tanah pinggir Jl.Paringin Km.7,5 uk.lbr dpn 17.8m leb. blk.19m pjg kr.155m p.knn 150m. Hub. (0527) 61521. 912054


28

Bumi

Banjarmasin Post

Antasari

MINGGU 31 MEI 2009/ 5 JUMADILAKHIR 1430

Liburan Murah ke Museum

Mendapat Ilmu Sekaligus Hiburan

BANJARMASINPOST/ARIES MARDIONO

KUNJUNGI MUSEUM - Sejumlah murid SD mengamati koleksi Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Sabtu (30/5). Mereka mengunjungi museum untuk belajar sekaligus rekreasi.

SUASANA Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru lain dari hari-hari sebelumnya. Tempat parkir yang cukup luas, Sabtu (30/5) pagi penuh sesak oleh sepeda motor, mobil, dan beberapa bus. Pada akhir pekan, museum kebanggaan Banua yang di Jalan A Yani Kilometer 35,5 itu memang menjadi sasaran pengunjung yang ingin liburan. Tercatat, tidak kurang tiga rombongan sekolah memadati museum itu. Salah satunya adalah rombongan SD Muhammadiyah 8 dan 10 Banjarmasin. Rombongan yang dipimpin Norhasanah itu membawa 165 murid dari empat kelas, 14 guru dan beberapa orangtua murid. “Mendekati akhir tahun ajaran, kita sengaja mengajak anak-anak untuk berwisata. Pilihan jatuh ke Museum Lambung Mangkurat,” ujar guru Bahasa Indonesia itu.

“Alasan kami ke sini karena murah, dan yang tidak kalah penting ada unsur edukasi,” tambahnya. Tarif masuk museum memang relatif murah. Untuk kalangan umum, tarif anakanak hanya Rp 1000 dan dewasa Rp 1.500. Jika rombongan, anak-anak dipungut Rp 500 dan dewasa Rp 1.000. Dalam kunjungannya, guru SD Muhamadiyah 8-10 meminta muridnya mencari dan mendeskripsikan koleksi museum sesuai mata pelajaran, antara lain terkait science, Bahasa Indonesia, IPS dan Agama. “Di dalam museum tidak hanya ada koleksi benda bersejarah, tapi juga ada pengetahuan umumnya. Murid kami beri tugas kelompok, mencatat apa saja sesuai tugas, kemudian menyimpulkannya secara kelompok,” kata Norhasanah. Ya, dalam museum itu, murid akan menemukan ba-

nyak pengetahuan. Seperti lukisan etnis dan peta etnologi suku bangsa di Kalsel. Benda bersejarah itu dipasang di display berukuran besar. Pengunjung bisa mendapat informasi tentang pemetaan etnis serta aspek kebudayaan yang ada di Banua. Di sisi kiri kanan pintu masuk, pengunjung disuguhi beragam contoh fauna yang hidup di Kalsel. Di sebelah kiri terdapat maket bangunan rumah banjar. Sayang, ketika lebih masuk ke dalam, seorang petugas pemandu museum melarang wartawan meliput. Menurutnya, untuk meliput, harus ada izin dari kepala museum. “Kalau tanpa izin, takutnya ditulis yang negatifnya saja. Mohon izin ke kepala museum dulu,” kata petugas seraya menenteng megaphone. Tidak jelas apa yang dimaksud petugas itu dengan hal yang negatif. (ais)

PBB Minta Fokus ke Partai PT Pos Minta Maaf 1.400 Penerima BLT Dicoret ■ Pencairan Ditutup ■

MARTAPURA, BPOST Mulai hari ini, semua kesempatan warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) untuk mendapatkan bantuan pengganti subsidi kenaikan BBM itu berakhir. Semua dana yang seharusnya disalurkan untuk rumah tangga sasaran (RTS) yang tercatat sebagai penerima BLT akan segera dikembalikan ke Kantor Pos Pusat. Menurut Kepala Kantor Pos Martapura, Ujang Munawar, Sabtu (30/5) merupakan hari terakhir bagi RTS yang

tercatat sebagai penerima BLT untuk mengambil haknya. Untuk itu, pihaknya tidak akan menerima lagi permohonan pencairan BLT itu. Pasalnya, hari ini, pihaknya sudah menyetorkan dana sisa untuk diserahkan kepada PT Pos Besar Banjarbaru yang kemudian dikirim ke pusat. Oleh karenanya, pihaknya meminta maaf jika terpaksa menolak RTS yang ingin mencairkannya di masa mendatang. “Kita sudah memberi waktu dan sering mengumumkan, jadi jangan salah-

BANJARMASINPOST/ARIES MARDIONO

BLASTING - Sekelompok Mahasiswa Fakultas Teknik Pertambangan Unlam mengerjakan praktikum peledakan tambang bawah tanah di kampusnya, Sabtu (30/5). Dalam praktikum tersebut mahasiswa membuat lubang tempat peledakan di sebuah papan yang disimulasikan sebagai sebuah lorong tambang bawah tanah.

kan kami,” katanya. Mengenai jumlah RTS yang belum mengambil haknya di Kabupaten Banjar, dia mengaku belum menghitungnya. Namun menurutnya, jumlahnya lebih dari 100 RTS. “Itu untuk wilayah Martapura dan sekitarnya saja,” ujarnya. Kepala Bagian Bisnis dan Keuangan Kantor Pos Besar Banjarbaru, Irwan Iskandar mengatakan, dari tiga daerah yang ditangani Kantor Pos Banjarbaru, di Banjar, Tala dan Banjarbaru, ada1.400 RTS yang belum mengambil. Dari tiga daerah itu, Kabupaten Banjar paling sedikit jumlah warga yang belum mengambil BLT, sekitar satu persen atau 289 RTS. Sedangkan Tanah Laut, warga yang sudah mencairkan mencapai 97 persen, sebanyak 474 RTS tidak mencairkan BLT. Untuk Banjarbaru, warga yang belum mengambil BLT 649 RTS. “Tapi, Guntung Manggis belum masuk datanya. Sehingga, diperkirakan Banjarbaru sekitar 600 lebih yang belum mengambilnya,” ujarnya. Jika akumulasi, sekitar 1.400 RTS belum mengambil BLT di tiga daerah tersebut. “Mereka sudah kehilangan haknya. Jadi, kami mohon maaf jika tidak melayani lagi, ini sesuai prosedur pusat,” katanya. Bukan hanya kehilangan haknya mendapat uang Rp 200 ribu, yang belum mengambil BLT juga bakal dicoret namanya jika program itu berlanjut. Pasalnya, mereka diminta untuk mencatat nomor penerima BLT yang tiadk mengambil untuk dicoret. “Kalau data BPS terakhir tidak dipakai, data hasil pembayaran yang dipakai kembali,” katanya. (ire)

■ Mundurnya Saiful dari Dewan Kalsel ■ Masyarakat Akan Class Action BARABAI, BPOST - Keputusan Bupati Hulu Sungai Tengah, Saiful Rasyid mundur dari anggota DPRD Kalimantan Selatan setelah resmi terpilih pada Pemilu Legislatif 2009 lalu menuai pro dan kontra dari kalangan masyarakat. Mereka menilai keputusan yang diambil merupakan pengkhianatan kepada masyarakat yang memilihnya. Sementara masyarakat lain memuji sikap ksatria Saiful Rasyid yang lebih mementingkan kepentingan daerah. Ketua LSM Suara Hati Nurani Masyarakat (KSHNM) HST, Bahrudin menyatakan, mundurnya Saiful dari dewan, dan memilih menjadi bupati hingga 2010, merupakan pembohongan publik. “Mengapa dia ikut menjadi caleg jika masih sayang dengan jabatannya sebagai bupati,” katanya. Menurutnya, itu sebuah penghianatan terhadap pemilihnya, terutama di daerah pemilihan IV Kalsel wilayah Tapin, HSS dan HST. “Setelah dapat kursi, dia malah mundur. Padahal pemilih berharap dia memperjuangkan aspirasi mereka,” imbuhnya.

“Mengapa dia ikut menjadi caleg jika masih sayang dengan jabatannya sebagai bupati” BAHRUDIN Ketua LSM KSHNM

Ditambahkan, jika Saiful tetap pada keputusannya untuk mundur, dia akan melakukan gugatan perwakilan kelompok (class action) ke Pengadilan Negeri (PN) Barabai. “Itu merupakan bentuk penghianatan kepada masyarakat dan dapat dikategorikan perbuatan melawan hukum,” katanya. Tokoh Pemuda HST, Ata-

hillah Hasbi justru mendukung langkah Saiful tetap mempertahankan kedudukannya sebagai bupati di Bumi Murakata. “Beliau masih dibutuhkan warga untuk membangun daerah yang dipimpinnya,” kata pria yang akrab disapa Atak itu. Atak menambahkan, tidak ada yang salah terhadap keputusan Saiful jika semua tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Sebaliknya, keputusan itu patut mendapat apresiasi dan dukungan. “Masyarakat masih memerlukan sentuhan dingin Saiful dalam membangun Bumi Murakata,” ucapnya. Berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2003 Tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, DPD, dan DPRD Pasal 86 ayat 1 Anggota DPRD yang berhenti atau diberhentikan digan-

tikan oleh calon pengganti yang ditetapkan berdasarkan nomor urut berikutnya dari daftar calon di daerah pemilihan yang sama. “Menurut UU, pengganti calon yang mundur adalah calon yang memperoleh suara terbanyak kedua. Hal itu dipenuhi semuanya oleh caleg nomor urut dua,” ujar Saiful beberapa waktu lalu. Sementara itu anggota Majelis Pertimbangan Wilayah Kalsel, Mawardi Tarmum mengungkapkan, alasan pengunduran Saiful dari pencalonan DPRD Kalsel untuk kepentingan partai. “Partai yang meminta pengunduran diri Saiful,” ujarnya melalui ponsel. Menurutnya, Saiful merupakan salah satu kunci sukses partainya. Dia menjabatan sebagai Wakil Ketua DPW PBB Kalsel. Saat pemilu lalu, perolehan suara parpol kurang signifikan sehingga perlu pembenahan. “Mengingat Saiful salah satu kunci organisasi, kita memintanya mundur agar lebih fokus membenahi partai,” ujarnya. (arl)

Hindari Kebakaran Gambut BANJARBARU, BPOST - Pemprov Kalsel mengingatkan perusahaan perkebunan dan hutan tanaman industri agar tidak membakar lahan jika tidak ingin berurusan dengan petugas. “Kita sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Pembakaran Lahan. Kalau ada yang membakar lahan akan kita tindak tegas,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Suhardi Atmorejo di Banjarbaru, kemarin. Namun, yang bakal diberi sanksi hanyalah perusahaan besar, sedangkan petani atau peladang tradisional dimaafkan. Mereka diperbolehkan membakar sawah atau ladangnya. “Untuk petani atau peladang tradisional ada toleransi, karena itu merupakan kebiasaan mereka. Lagipula luas lahan mereka tidak seberapa. Jadi silakan saja membakar lahannya,” ujarnya. Meski demikian, Suhardi mengingatkan, masyarakat tetap berhati-hati dan bisa mengendalikan proses pembakaran agar tidak meluas. Selain itu, tidak meninggalkan sisa pembakaran yang masih berupa bara api yang masih menyala.

“Khusus untuk lahan gambut, kita arahkan agar petani tidak membakar lahan. Sebab jika lahan gambut terbakar sulit dipadamkan,” ujar Suhardi. Senada dengan Suhardi, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan (PKH), Sony Partono mengatakan, pembakaran lahan gambut harus dihindari. “Berdasarkan pengalaman saya waktu menjabat Kadishut Kalsel, kebakaran di lahan gambut sangat sulit diatasi. Meski apinya tidak terlihat, tetapi di dalam mengandung bara yang terus menyebar dan akhirnya membesar,” ujar Sony. Mantan Kadishut Kalsel itu mencontohkan, ketika terjadi pemadaman lahan gambut di kawasan Sumatera, meski hanya seluas 10 hektare, pemadamannya menggunakan helikopter. Itupun dalam tempo satu minggu baru padam. “Selain sulit, ongkos pemadaman kebakaran di lahan gambut sangat tinggi, jadi lebih baik dicegah,” kata Sony. Salah satu upaya pencegahan, adalah mendeteksi dini titik-titik api. Dalam hal ini, Departemen Kehutanan mengandalkan pantauan satelit NOAA. (ais) 3105/28


Banjarmasin Post - 31 Mei 2009