Issuu on Google+

Banjarmasin

Post

DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

KLIK HTTP://WWW.BANJARMASINPOST.CO.ID - E-MAIL: REDAKSI@BANJARMASINPOST.CO.ID

Fedi Nuril & Carissa Putri

KAPANLAGI.COM

6 OKTOBER 2008/ 6 SYAWAL 1429 H

24 HALAMAN

RP 2.000

NO. 12335 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

AAC ‘Singkirkan’ Fitna di Belanda MASIH ingat heboh film Fitna? Sebuah film yang menggambarkan kekerasan Islam dan disebarluaskan oleh anggota parlemen Belanda, Geert Wilders. Umat Islam pun mengecam Wilders. Untuk menandingi film yang menyesatkan itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda bakal memutar film

SENIN

Man City 2 VS 3 Liverpool

Terlalu Perkasa ASTON Villa dan West Ham United menuai hasil buruk. Pun dengan Arsenal yang hanya mampu menambah koleksi satu poin. Kondisi ini membuat Chelsea dan Liverpool tak terbendung. Dua tim itu sama-sama mengoleksi 17 angka. Namun Chelsea tetap kokoh berada di puncak karena unggul selisih gol. Ini setelah The Blues mengandaskan Aston Villa dengan dua gol tanpa balas. Joe Cole dan Nicolas Anelka menjadi pahlawan anak asuh Luiz Felipe Scolari itu.

Ayat-ayat Cinta, karya sineas muda, Hanung Bramantyo. Film ini menggambarkan betapa indahnya Islam itu. Film yang dibintangi Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Saskia Mecca, Melanie Putria, Carissa Putri itu bakal diputar pada 26 oktober mendatang di Museon, Stadhouderslaan 37, 2517 HV, Den Haag. Fernando Torres

„ Hal 14 kol 1-3

„ Hal 14 kol 1-3

AP PHOTO/JON SUPER

Yudhoyono Kumpulkan Pengusaha „ Antisipasi Krisis Keuangan AS „ BLT Dinaikkan Jadi 6 Bulan Kronologi Krisis Finansial AS 16 Maret 2008: Š Bank investasi, Bear Stearns diobral kepada JP Morgan Chase hanya 236 juta dolar AS. Akuisisi dimotori Bank Sentral AS (Federal Reserve). 7 September: Š Depkeu AS mengambil alih dua perusahaan pembiayaan rumah terbesar AS, Fannie Mae dan Freddie Mac, sekaligus memberikan jaminan atas utang kedua institusi itu sebesar 100 miliar dolar AS. 15 September: Š Bank investasi raksasa Wall Street, Lehman Brothers bangkrut setelah gagal mendapatkan investor. Pemerintah AS tak mau memberikan bailout.

JAKARTA, BPOST- Krisis finansial di Amerika Serikat (AS) dipastikan akan memicu krisis global. Indonesia pun perlu secepatnya mengantisipasi krisis perekonomian negara adidaya tersebut. Salah satu yang paling rentan tergerus krisis keuangan AS adalah, melemahnya pertumbuhan ekonomi sejumlah negara di Asia, tidak terkecuali Indonesia. Mengantisipasi itu, pemerintah Indonesia mulai merapatkan barisan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (6/10) rencananya menggelar sidang paripurna dengan menteri terkait plus pengusaha, perbankan, akademisi dan analis.

Menko Perekonomian sekaligus Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rakor khusus, Minggu (5/10) menyatakan, sidang paripurna plus digelar menyikapi kondisi ekonomi dunia yang berkembang belakangan ini, dimana AS telah meresmikan bailout senilai 700 miliar dolar AS guna menyelamatkan perekonomian Negeri Paman Sam itu. „ Hal 14 kol 4-7

Kalsel Optimistis

„ Hal 14 kol 6-7

DAMPAK krisis ekonomi AS mulai membuat pusing banyak kepala negara. Namun, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tetap optimistis target peningkatan nilai ekspor hingga 3,3 miliar dolar AS bisa terpenuhi sebelum akhir tahun 2008.

Hal ini dibuktikan makin banyaknya investor menanamkan modalnya di sektor perkebunan dan perdagangan produksi tambang. Ini akan membuat perekonomian Kalsel menggeliat.

TRIBUN TIMUR/IHSAN MUSTAKIM

INGIN BERTEMU WAPRES - Warga berdesakan untuk masuk ke rumah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menggelar open house di Jalan Haji Bau, Makassar, Minggu (5/10). Setiap warga yang ingin masuk rumah Kalla, harus melalui penjagaan ketat dan diperiksa satu per satu oleh aparat keamanan. Berita terkait halaman 16.

Miranda Masih Bungkam

„ Hal 14 kol 4-7

„ KPK Segera Tancap Gas

Miranda S Goeltom

SI PALUii

JAKARTA, BPOST - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S Goeltom alergi mendengar pertanyaan seputar kasus 400 cek perjalanan yang mengalir ke parlemen. Perempuan enerjik ini memilih bungkam. Seperti diketahui, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR, Agus Condro mengaku menerima cek perjalanan bebe-

rapa pekan setelah Miranda terpilih sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Agus sendiri sudah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hebohnya lagi, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah melapor kepada KPK tentang temuan pembelian dan pencairan 400 cek perjalanan. Cek perjalanan itu diduga

Sekali Mudik Habis Rp 30 Juta

PALUI garing, ulih bininya dibawa bapariksa ka puskesmas. Imbah dipariksa karna garingnya pina barat maka ulih mantri disuruhnya supaya dibawa ka rumah sakit untuk pamariksaan langkap.

Setelah puas melepas rindu di kampung halaman merayakan Lebaran, mereka mulai berdatangan. Suasana arus balik di tiga muara angkutan berbeda, Terminal Kilometer 6 Banjarmasin, Pelabuhan Trisakti dan Bandara Syamsudin Noor, benar-benar terasa.

D

„ Hal 14 kol 1-3

- Hari ini, murid sakolah nang bolos kana sanksi, Lak-ai + Ajin, gurunya nang masih mangoler, Nang-ai Anang Gayam

eru pesawat Wings Air terdengar hingga terminal kedatangan Bandara Syamsudin Noor. Malam tadi, pesawat berbadan lebar itu menjadi yang terakhir mendarat di bandara kebanggaan urang Banua. Setelah sang pilot sukses memarkir pesawat di apron, para penumpang pun turun satu per satu. Mereka masuk terminal kedatangan. Sebagian langsung keluar menuju halaman parkir bandara, sebagian yang lain menunggu bagasi. Malam tadi, Anang Supriyanto, tampak tergopoh-gopoh keluar terminal kedatangan. Dia mencari troli untuk mengangkut barang bawaan.

Setiap Hari 20 Anak Hilang

SRIWIJAYA POST/SYAHRUL HIDAYAT

12:13

„ Hal 14 kol 1-3

„ Mereka Mulai Berdatangan

Hintalu Jaruk

04:52

terkait dengan pengakuan Agus Condro itu. Agus Condro mengaku menerima uang Rp 500 juta dalam bentuk 10 lembar cek perjalanan yang masing-masing bernilai Rp 50 juta. Akibat pengakuan Agus itu, PDI Perjuangan memecatnya dari kursi parlemen.

15:13

18:17

19:29

„ Hal 14 kol 4-7

LESEHAN - Penumpang KM Kerapu terpaksa lesehan di dek kapal, di Pelabuhan Penyeberangan 35 Ilir Palembang, Sumsel, Minggu (5/10).

TAMAN rekreasi menjadi pilihan keluarga mengisi liburan Lebaran. Saking sesaknya, banyak anak terpisah dari orangtuanya. Di Taman Margasatwa Ragunan, sedikitnya 20 anak hilang setiap harinya. “Setiap hari tidak kurang dari 20 anak hilang yang dilaporkan di pos ini,” ujar petugas pusat informasi taman, Yanti. Laporan yang masuk, kata dia, juga terkadang datang dari pengunjung yang menemukan anak kecil. “Tempat ini sudah biasa dipenuhi para pengunjung yang melaporkan kehilangan anaknya atau menemukan anak,” katanya. Bila ada anak kecil yang ditemukan dan diserahkan ke pusat informasi, Yanti harus berusaha menenangkan si anak. “Suasananya cukup dramatis ketika orangtua menemukan anak mereka,” Tandasnya.(oz/tnr)


2

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

banjarmasin bungas

Pemko Tak Beri Kompensasi ■ Hari ini Kios Jafri Zam Zam Dibongkar BANJARMASIN, BPOST- Sejumlah pedagang merasa kecewa atas keputusan Pemko Banjarmasin, yang bakal membongkar kios-kios di sepanjang Jalan Jafri Zam Zam, Senin (6/10). Di sepanjang jalan tersebut, tepatnya di bantaran sungainya terdapat 95 kios. Keberadaan kios itu sudah puluhan tahun di sana sehingga ada yang bangunannya sudah permanen. “Pembongkaran kios ini tentu mematikan mata pencaharian kami, padahal selama berpuluh tahun ini kami menggantungkan hidup dari kios kaki lima ini, “ keluh Rusdi, salah satu pedagang yang memiliki kios di seberang Rumah Sakit Suaka Insan. Sebagai warga kota, lanjutnya, para pedagang mendukung sepenuhnya pembangunan di Banjarmasin. Mereka juga mendukung itikad baik Pemko Banjarmasin untuk melebarkan Jalan Jafri Zam Zam. “Kami benar-benar mendukung pembangunan ini. Sebagai warga yang baik, tentunya jika diminta berhenti berjualan di sini, maka kami pun manut saja. Namun Pemko pun perlu memikirkan kelanjutan nasib kami,” ujar Rusdi. Setidaknya, lanjut Rusdi, Pemko harusnya membantu menfasilitasi rakyat kecil agar tetap bisa mengais rezeki untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Kami sebenarnya hanya ingin kejelasan atas solusi masalah ini, Pemko seharusnya memberikan kejelas-

“Keberadaan warung mengurangi akses Jalan Jafri Zam Zam” DIDIT WAHYUNI Sekdako Banjarmasin

an tentang pemberian kompensasi berupa uang ganti warung ataupun pemindahan ke lokasi baru,” timpal Imran. Imran yang juga berdagang di kawasan tersebut, meminta tetap bisa berdagang di pinggir Jalan Jafri Zam Zam, tapi ditata ulang dengan desain lebih ramping, rapi dan bernilai estetika. Selain tak menghalangi bahu jalan, keberadaan kios tersebut bisa memperindah kota. “Kabarnya Senin ini akan ada rapat lanjutan di Pemko mengenai hal ini. Namun kami dari pedagang sama sekali tidak diundang,” ujar Imran. Informasi yang dihimpun BPost, pedagang telah menerima surat peringatan Pemko yang kedua dengan Nomor Surat 331.1/480/TU/ 2008, pada 16 September lalu. Isi surat tentang batas akhir pengosongan dan pembongkaran bangunan warung. Pemko meminta pedagang non formal atau usaha

kecil di Jalan Jafri Zam-Zam diminta untuk mengosongkan atau membongkar bangunan warung yang mereka tempati paling lambat 4 Oktober 2008. Ketika dikonfirmasi, Sekda Pemko Banjarmasin Didit Wahyuni membenarkan rencana pembongkaran tersebut. Namun Didit menegaskan Senin tidak ada rapat lanjutan membahas hal tersebut dengan pedagang. “Itu sudah final. Tak ada rapat pembahasan lagi. Besok (hari ini, Red) warung di Jafri Zam Zam akan dibongkar,” ujar Didit. Didit beralasan, pembongkaran warung terpaksa dilakukan karena ada pelebaran jalan. “Keberadaan warung mengurangi kelancaran akses Jalan Jafri Zam-Zam. Kami terpaksa mengadakan pembongkaran di sepanjang pinggiran jalan demi kelancaran akses lalu lintas,” tandas Didit. Mengenai kompensasi, Didit menegaskan Pemko tidak memberikan kompensasi dalam bentuk ganti rugi atau lokasi warung baru. “Tak ada kompensasi ganti rugi, namun untuk lokasi baru kami akan memikirkannya. Tapi sampai saat ini belum ada rencana untuk pemindahan tersebut,” ujar Didit. (aa)

Terpaksa Tunggu Tahun Depan ■ Jamkesmas Sebagian Tak Tepat Sasaran BANJARMASIN, BPOST Masyarakat miskin sangat antusias untuk mendapatkan kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas). Bahkan ada yang mengaku miskin untuk mendapatkan kartu tersebut meskipun tidak tercatat secara resmi. Bahkan, ada yang bolakbalik mengurusnya ke Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin agar mendapatkan secarik kertas yang bisa digunakan berobat gratis di rumah sakit. Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Rosally Gunawan, mengatakan, sejak dimulainya pelayanan jamkesmas 1 September lalu, sekitar 150 orang datang minta dibuatkan surat tersebut. Namun, setelah diperiksa,

“Kami sudah mencoba mendata sebaik-baiknya, tetapi karena waktu yang mendesak akhirnya tidak terlalu maksimal” ROSALLY GUNAWAN Kadinkes Kota Banjarmasin

hanya sekitar 100 orang yang masuk database Dinkes Kota Banjarmasin. Rosally menyadari, pendataan yang dilakukan tim untuk menjaring warga yang berhak dapat layanan jamkesmas masih ada yang tidak tepat sasaran dan ada yang tertinggal.

Tetapi, dia beralasan, hal itu terjadi lantaran waktu untuk melakukan verifikasi data warga penerima asuransi kesehatan miskin (askeskin) yang jadi rujukan pendataan itu, dilakukan hanya dalam tempo dua bulan. “Kami sudah mencoba mendata sebaik-baiknya, tetapi karena waktu yang mendesak akhirnya tidak terlalu maksimal. Kita juga melibatkan banyak pihak, seperti BPS, Bappeko dan lainnya dalam pendataan,” ujarnya. Bagi warga miskin yang belum terdaftar dalam database penerima layanan jamkesmas, terpaksa diajukan kembali pada tahun berikutnya. “Anggaran disesuaikan dengan data yang ada,” katanya. Kartu jamkesmas sebagian belum disalurkan ke penerimanya. Menurut Rosally, kartu jamkesmas yang dianggarkan dari APBN sebanyak 146.402 penerima telah dibagikan. Sedangkan yang dianggarkan dari APBD II sebanyak 31.937 penerima belum dibagikan. Dikatakannya, asal warga yang minta surat keterangan sementara pengganti kartu jamkesmas itu tercatat dalam database, dia dapat dilayani rumah sakit. (dd)

BANJARMASIN POST/APUNK

TERENDAM - Hujan deras yang menguyur Kota Banjarmasin, Minggu (5/10) siang, membuat kawasan Pasar Sudimampir dan Pasar Cempaka di Banjarmasin terendam. Akibat genangan air aktivitas pasar terganggu.

Gadai Mobil Sewaan untuk Bayar Utang WAJAH Sry Murniaty (31) tampak lesu ketika menjalani pemeriksaan di ruangan penyidik Mapolsekta Banjarmasin Barat, Minggu (5/10) sekitar pukul 13.00 Wita. Perempuan yang sering dipanggil Sari itu sebelumnya dijemput petugas Polsekta Banjarmasin Barat dari Polres Buntok, Barito Selatan. Dia ditahan di sana sejak Sabtu (4/10). Warga Jalan Sutoyo S Gang Sepakat Banjarmasin itu ditangkap karena menggelapkan sembilan unit mobil, yakni enam unit Toyota Avanza, dua unit toyota Kijang Inova serta satu unit Honda Jazz. Padahal, semua mobil itu adalah sewaan. Sari mengaku mobil tersebut disewanya dari Zais (54). Zais ditangkap lebih dulu Selasa (30/9).”Mobil itu dia

antarkan ke rumah saya sejak Juli hingga September 2008,” ujarnya. Beralasan terlilit masalah ekonomi, perempuan itu menggadaikan sembilan mobil tersebut ke daerah Buntok. Digadaikan antara Rp 40 juta sampai Rp 50 juta per unit. “Hasil menggadaikan sembilan mobil itu dapat Rp 400 juta. Rp 300 juta saya gunakan untuk membayar biaya sewa mobil kepada Zais. Kemudian Rp 100 juta saya pakai untuk keperluan sendiri,” ujarnya. Penipuan berkedok sewa mobil ini terungkap saat salah seorang korban, Abdul Razak melapor ke Polsekta Banjarmasin Barat, Senin (29/9). Warga Jalan Belitung Darat Gang Sejiran Banjarmasin itu, mengaku telah menyewakan tiga unit mobilnya kepada Zais Jumat (24/9). Zais menye tiga

mobiln tersebut sampai Senin (27/9). “Namun, hingga batas waktu yang telah lewat mobil tersebut tidak juga dikembalikan, sehingga saya langsung melaporkan hal ini ke Mapolsekta Banjarmasin Barat,” ujarnya. Kapolsekta Banjarmasin Barat, AKP Hubertus Sondy mengatakan, pihaknya telah mengamankan barang bukti berupa lima unit mobil, yakni empat unit Toyota Avanza dengan nopol DA 7301 TR, DA 8168 TR, DA 8611 TQ, DA 8291 TQ serta satu unit Kijang Inova Nopol DA 8118 NR. Sondy mengatakan, Zais dapat dikenai pasal 378 KUHP mengenai penipuan junto pasal 372 KUHP tentang penggelapan. Sementara itu, Sari dapat dikenai pasal 372 KUHP tentang penggelapan junto pasal 480 KUHP tentang penadahan. (ee)

Caleg Mulai Dekati Konstituen

DOK BPOST

Aparat kepolisian saat menggelar apel pengamanan Pemilu lima tahun yang lalu.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kalsel mengumumkan daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kalsel maupun kabupaten dan kota, Jumat (26/9). Pengumuman daftar calon tetap (DCT) baru dilakukan 31 Oktober 2008. Namun, sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang tercantum di DCS sudah mulai melakukan pendekatan kepada masyarakat. Beberapa caleg yang sudah mulai beraksi tersebut di nataranya Ananda, runner up I Puteri Indonesia 2006 dan Lili Irianti Mala, seorang pekerja media lokal di Banjarmasin. Keduanya merupakan caleg wanita yang diusung Partai Golkar. Ananda, kelahiran 3 Juni 1984 itu menjadi caleg nomor urut dua DPRD Kota Banjarmasin daerah pemilihan (dapil) Banjarmasin 3 (Banjarmasin Barat). Sedangkan Lili menjadi caleg nomor urut tiga DPRD Kalsel dapil Kalsel 1, meliputi Kota Banjarmasin. Sejak menyatakan serius mencalonkan diri menjadi caleg DPRD Kota Banjarmasin, Ananda mengaku sudah melakukan pendekatan. Pertama yang didekatinya adalah kalangan keluarga besarnya yang tersebar di sejumlah wilayah di Kecamatan Banjarmasin Barat. “Silaturahmi dari dulu, tapi sekarang diintesifkan. Alhamdulillah dengan adanya pemberitaan di BPost juga ikut mendukung. Sekarang orang jadi tahu kalau Nanda caleg, jadi dukungan pun datang dari keluarga dan

hypermart Low prices and more ...

teman mulai TK dan SD,” katanya. Untuk mengenali daerah kelahirannya itu, Nanda bersama suami yang mendukung penuh juga menyempatkan melakukan perjalanan singkat mengelilingi kawasan Banjarmasin Barat. Dia berusaha peka terhadap masalah dan apa saja yang diperlukan masyarakat di sana. “Ternyata ketika aku jalan ke Pelambuan jalannya rusak banar. Polusi di mana-mana. Kebetulan sepupuku dokter puskesmas di Pelambuan, ternyata katanya pasien membludak. Sehari bisa 40 sampai 50 pasien. Berarti tingkat kesehatan di sana memprihatikan, terutama ISPA,” beber Nanda. Nanda yang sempat laris sebagai bintang iklan itu menyatakan akan mengusung isu soal kesehatan, wanita dan pemuda saat melakukan kampanye nanti. Sebab masalah itulah yang sudah dikuasai dan diketahuinya. Sementara itu Lili mengatakan sudah meminta bantuan keluarga besarnya untuk menggalang dukungan massa. Sebagai warga asli Kota Banjarmasin, Lili mengklaim memiliki kerabat yang tersebar di sejumlah wilayah. “Aku orang asli sini, jadi keluargaku banyak. Untuk masalah pendekatan aku sudah menghubungi keluarga besarku yang di Pekapuran, Sungai Lulut, Kayutangi dan Banjar Indah. Jadi tim suksesku nanti dari keluarga sendiri,” ujarnya. (nda)

Program

Dompet Dhuafa

Infaq Ditransaksikan Dengan SKU 40114527 Di Hypermart Duta Mall Banjarmasin Perolehan Infaq Dompet Dhuafa Hypermart Duta Mall Banjarmasin

No.

Saldo Akhir Saldo Akhir Saldo Akhir

Penyumbang

3 Oktober 2008 4 Oktober 2008 5 Oktober 2008

Penerima

Saldo

Rp 174.285.091,Rp 175.127.440,Rp 176.357.924,-


banjarmasin bungas

3

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

E-MAIL: BUNGAS@BANJARMASINPOST.CO.ID

Bolos Kena Poin Pelanggaran „ Hari Ini Pertama Masuk Sekolah BANJARMASIN, BPOST - Liburan Ramadan usai sudah.Seluruh murid dari TK SD/ MI, SMP/ MTS hingga SMA/MA/SMK di Banjarmasin masuk ke sekolah hari ini (6/ 10) sesuai Surat Edaran Wali Kota No 420/ 0219-DS/Dipendik tertanggal 22 Agustus 2008.

METRO BANJAR/AYA SUGIANTO

ULTAH - Wali Kota Banjarmasin, H Achmad Yudhi Wahyuni, berbincang dengan para tamu pada perayaan lang tahunnya, Minggu (5/10).

tunya akan menciptakan suasana belajar yang nyaman,” jelas Kepala SMPN 8 Banjarmasin, Anshari, Sabtu (4/10). Pada hari pertama tersebut, lanjut dia, sekolah juga akan menggelar upacara bendera yang akan diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Selanjutnya, karena masih dalam suasana lebaran, siswa dan guru juga mengadakan hala bihalal. Dalam kesempatan itu, siswa juga akan menyerah-

Guru Pun Masuk Rekap

Tanpa Lilin dan Kue Tart SEHABIS Salat Isya, Minggu (5/10), rumah dinas Wali Kota Banjarmasin di Jalan A Yani Km 2 mulai didatangi para tamu. Mereka yang datang bukan hanya dari unsur Muspida Kota Banjarmasin, tetapi berbagai kalangan. Turut hadir Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, HG Rusdi Effendi, kalangan pengusaha, anggota DPRD Kota Banjarmasin, ulama dan tokoh masyarakat. Kehadiran mereka tersebut untuk turut merayakan ulang tahun Wali Kota Banjarmasin, H Achmad Yudhi Wahyuni, 5 Oktober. Ulang tahun Yudhi kali ini adalah ke-53 tahun. “Ini sekalian merayakan Ultah istri saya yang ke 50 pada

Hari pertama sekolah akan diisi dengan acara bersih-bersih. Maklum, libur yang cukup lama membuat kondisi kelas kurang terawat dan kotor sehingga membutuhkan pembersihan. “Hari Senin ini seluruh siswa akan masuk kembali seperti biasa. Untuk hari pertama kita isi dengan acara bersih-bersih dan besesimpun. Kelas-kelas akan kita tata ulang. Dengan kondisi kelas yang rapi dan bersih ten-

30 September lalu,” kata orang nomor satu di Banjarmasin ini. Yudhi meminta doa agar dia dan keluarga diberi kesehatan dan kekuatan iman sehingga bisa menjalan tugas sebagai kepala daerah lebih baik. Doa yang sama juga diutarakan sang istri Hj Emmy Mariani Tajuddin. Dia berharap agar suaminya diberi kekuatan untuk bisa menjalankan tugas agar warga Banjarmasin lebih baik. Dalam acara tersebut, wali kota tidak melakukan tradisi tiup lilin dan potong kue tart. Acara hanya diisi dengan sambutan doa, bersalam-salaman dan makanmakan. (dd)

TAK siswa, guru pun mendapat sanksi tegas apabila di hari pertama masuk mengajar bolos. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Noor Ipansyah, menegaskan semua jajaran pendidik dan tenaga kependidikan begitupun juga PNS Disdik Banjarmasin harus berhadir hari ini tanpa terkecuali. Ipansyah juga mengingatkan kepala sekolah untuk benar-benar mengecek kehadiran staf guru masing-masing. “Mulai Senin Disdik Banjarmasin akan menyelanggarakan pelayanan seperti biasa,” ujarnya, Sabtu (4/10). Agar penegakkan disiplin ini benar-benar terealisasi maka Nor Ipansyah meminta sekolah untuk melakukan rekapitulasi terhadap semua guru yang tidak hadir di hari pertama tersebut. “Rekapitulasi ini diserahkan ke Disdik Banjarmasin dan kami akan menyerahkannya ke BKD jika memang diminta,” tegas Ipansyah. (aa)

Kegiatan Hari Pertama Sekolah Upacara bendera. Bersih-bersih kelas. Belajar seperti biasa. Mengumpulkan tugas selama libur. Menyerahkan buku laporan kegiatan Ramadan bagi siswa muslim. Beberapa sekolah mengadakan tes ringan.

ILUSTRASI:DERRI

kan buku kegiatan Ramadan yang berisikan agenda mereka sehari-hari dalam bulan puasa tersebut seperti tadarus dan tarawih. Hal yang sama juga dilakukan di SDN Kelayan Dalam 2 Banjarmasin. “Kita bersih-bersih ruangan, setelah itu belajar-mengajar seperti biasa,” ujar Kepala SDN Kelayan Dalam 2, Ismail. Disinggung tentang siswa yang tidak masuk, Ismail menegaskan akan diberi teguran lisan hingga tertulis. Tak jauh berbeda dengan SMPN 26. Sekolah ini tak segan-segan menerapkan sanksi bagi siswa yang sengaja membolos di hari pertama. “Bobot pelanggaran ini akan diakumulasikan. Batas toleransi pelanggaran untuk siswa 75, jika melebihi mereka harus pindah sekolah atau tidak naik kelas. Kita

akan mengabsen siswa yang bolos di hari pertama itu,” ujar Kepala SMPN 26, Ahmad Suparno. SMAN 6 pun tak mau kompromi untuk menerapkan disiplin. Jika ditemukan siswa yang sengaja tidak hadir akan diberikan poin minus tujuh. “Ini demi menciptakan kedisiplinan di sekolah, siswa harus masuk sekolah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” ujar Kepala SMAN 6 Banjarmasin, Chairil A. Kegiatan belajar mengajar pun akan dilangsungkan seperti biasa. Bahkan demi menyegarkan kembali ingatan siswa, di hari pertama siswa akan mengikuti tes ringan. “Maklum kan sudah sebulan, ada kemungkinan mereka sudah lupa dengan bahan yang diajarkan,” ujar Chairil A. (aa)

Caleg Jangan Saling Menjatuhkan

BANJARMASIN POST/HERRY MURDY HERMAWAN

BAMANDI-MANDI - Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group , HG Rusdi Effendi AR, Minggu (5/10), menggelar tradisi bamandimandi (siraman) dan khataman Quran untuk anak bungsunya, Gusti Febrina Rahmatillah, yang akan melangsungkan perkawinan dengan Muhammad Mirhansyah.

BANJARMASIN, BPOST Partai Golongan Karya memutuskan sistem pemilihan calon anggota legislatif (caleg) dengan perolehan suara terbanyak dan tidak berdasarkan nomor urut. Setiap caleg yang maju dipersilakan mengumpulkan pendukung sebanyak-banyaknya agar terpilih. Namun sistem perolehan suara terbanyak rentan dengan persaingan di internal partai. Karena itu setiap caleg diingatkan tetap menerapkan prinsip kebersamaan dan menjaga persatuan agar tidak

terpecah belah. Sebab dapat merugikan misi utama partai yang menargetkan perolehan suara 40 persen dalam pemilu 2009 mendatang. Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, H Sulaiman HB, mengingatkan hal itu saat halal bihalal di aula Sekretariat DPD Golkar Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat, Minggu (5/10). Menurut pengusaha yang kerap disapa H Leman itu, seluruh caleg Golkar baik provinsi maupun kabupaten dan kota, harus menjaga rasa kebersamaan dan persatuan.

Jangan sampai ada persaingan tidak sehat yang malah memecah belah. “Karena itu seluruh kader harus selalu berkoordinasi dengan baik dan membagi wilayahnya saat melakukan pendekatan kepada masyarakat,” ujarnya. Menurut H Leman, kemenangan caleg memang penting tapi lebih penting memenangkan partai dengan mencapai target perolehan suara 40 persen di tingkat Kalsel dan 30 persen di tingkat nasional. Karena itu persatuan dan kesatuan partai

harus tetap jadi prioritas. Seruan senada disampaikan juga oleh pini sepuh Partai Golkar Kalsel yang juga anggota DPD RI, HM Said. Dalam sambutannya, mantan gubernur Kalsel itu mengingatkan persaingan ketat dalam pemilu 2009. Tidak cuma di internal partai, tapi juga persaingan dengan partai-partai lain yang jumlahnya kembali bertambah. Tapi yang harus diwaspadai terutama adalah persaingan internal karena dapat merugikan partai. (nda)

BPOST/DOK

H Sulaiman HB

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Jl. Brigjend H. Hasan Basry (Komplek Kampus Unlam) Banjarmasin 70123 Telp.(0511) 3305052-411244-411245 Fax.(0511) 3305052

PENGUMUMAN Nomor : 892/K16/KP/2008 Tentang PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN TAHUN 2008 Sehubungan dengan Surat Nomor : 854/KP/2008 tentang Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin tanggal 08 September 2008. Dengan ini Politeknik Negeri Banjarmasin Mengubah Kualifikasi Pendidikan S2. Sesuai dengan Surat Menteri Pendidikan Nasional No.146/MPN/LL/2008 tanggal 26 September 2008.

Saldo Akhir 5 Oktober 2008

525.405.019 No

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL _ _

_ _

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Jl. Brigjend. H. Hasan Basry Banjarmasin 70123 Telp./Fax. (0511) 3304177-3305195

Kode Gol. Tingkat Ruang Pendidikan Kualifikasi Akademik

1.

III/b

S2

7326

2.

III/b

S2

7398

Jumlah Kualifikasi Akademik Jabatan Formasi Penempatan Teknik Informatika

Dosen

1

Poliban

Manajemen Informatika Dosen

1

Sda

JUMLAH

PENGUMUMAN Nomor : 2666/H8/KP/2008 Tentang PERPANJANGAN PENERIMAAN CPNS KHUSUS DOSEN TAHUN 2008 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

2

Waktu Pendaftaran tanggal 06 Oktober 2008 sampai dengan 08 Oktober 2008. Persyaratan berkas dapat dilihat langsung pada papan pengumuman di Politeknik Negeri Banjarmasin. Demikian untuk menjadi perhatian.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan RI Nomor : 146/MPN/LL/2008 tanggal 26 September 2008, hal edaran pengumuman penerimaan CPNS dinyatakan bahwa, diberi kesempatan kepada calon pelamar perpanjangan waktu dan perubahan kualifikasi akademik penerimaan CPNS Universitas Lambung Mangkurat dari tanggal 6 s/d 8 Oktober 2008 setiap jam hari kerja dengan ketentuan kualifikasi sebagai berikut : No 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23.

Kode Gol. Tingkat Ruang Pendidikan Kualifikasi Akademik III/b III/b III/b III/b III/b III/b III/b III/b III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a III/a

S1 (Profesi) S2 S2 S2 S2 S2 S2 S1 (Profesi) S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1 S1

7001 7721 7341 7524 7549 7332 7136 7002 5333 5224 5103 5294 5308 5109 6014 5246 5244 5163 5183 6080 6047 6048 6038

Kualifikasi Akademik Apoteker Psikologi Teknik Mesin Ilmu Komunikasi Sosiologi Teknik Lingkungan Teknologi Kelautan Kedokteran Gigi Ilmu Komunikasi Sosiologi Ilmu Keperawatan Ilmu Komputer Teknik Informatika Kesehatan Masyarakat PGSD Teknik Sipil Teknik Pertambangan Teknologi Industri Pertanian Ilmu Kelautan Pendidikan Ekonomi Pendidikan PPKn Pendidikan Sejarah Pendidikan Fisika

Jumlah Jabatan Formasi Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Dosen Jumlah

(4) (6) (2) (1) (1) (1) (1) (2) (4) (1) (5) (2) (3) (5) (3) (2) (3) (2) (1) (2) (2) (2) (2) 57

Persyaratan pelamar CPNS dapat dilihat pada Bagian Kepegawaian Universitas lambung Mangkurat Banjarmasin. 27 Demikian untuk menjadi perhatian.

3 X 100 IMPRESSIONS


4

opini publik

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 /6 SYAWAL 1429 H

TAJUK

Keracunan Miras Itu Memalukan BULAN suci Ramadan 1429 Hijriah baru saja berlalu. Namun sejumlah muslim langsung melupakannya. Mereka justru merayakan Idul Fitri dengan maksiat. Di Indramayu, Jawa Barat, saat ini ada sekitar 250 orang mendapat perawatan di rumah sakit karena keracunan usai mengonsumsi minuman keras. Tragisnya lagi, sudah 10 orang tewas dalam keadaan mabuk. Besar kemungkinan jumlah yang tewas bertambah, mengingat banyak pemabuk yang masih dalam kondisi kritis. Itu sebuah jumlah yang sangat mencengangkan. Dalam pemberitaan memang tidak disebutkan mereka adalah muslim. Namun hal tersebut dapat diperkirakan, mengingat daerah tersebut daerah muslim. Pesta minuman keras hingga menimbulkan korban jiwa juga terjadi di Wamena, Papua. Dua anggota Batalyon 756 tewas dan seorang kritis. Meski nama korban tidak menggambarkan sebagai muslim, hal itu tetap saja memprihatinkan. Minuman keras meracuni siapa saja tanpa pandang bulu. Itu bukan peristiwa pertama. Seperti kejadian sebelumnya, polisi justru mengusut bahan yang terkandung dalam minuman keras. Polisi di Indramayu mencurigai minuman keras yang dikonsumsi warganya palsu, atau oplosan. Sedangkan minuman keras yang dikonsumsi tentara di Wamena, diduga buatan lokal sehingga tidak terjamin keamanannya. Padahal bermerek atau pun buatan lokal, yang namanya minuman keras tetap berbahaya. Tanpa dicampur bahan berbahaya pun, minuman keras sudah beracun. Jadi kalau sampai mabuk dan tewas karena menenggak minuman keras palsu, itu sangat memalukan. Fenomena mengonsumsi minuman keras pasca-Ramadan juga terjadi di Banjarmasin. Di sudut-sudut jalan sudah tampak sekelompok orang menuang, membagi dan menenggak minuman keras. Diskotek juga langsung penuh. Tentu saja di tempat itu minuman keras tidak perlu ditenggak sembunyi-sembunyi. Mereka sepertinya ingin melepas dahaga setelah sebulan merasa terkekang. Konsumsi mi-

numan keras di daerah ini memang tidak kalah dengan daerah lainnya. Buktinya, banyak penjual bensin di daerah ini menggunakan botol minuman keras. Kondisi ini bertolak belakang dengan julukan Kalimantan Selatan sebagai daerah agamis. Dewan, pemerintah dan aparat berwenang di daerah ini seharusnya menjaga kesucian Ramadan menjelang dan sesudahnya. Terlepas dari itu, semua agama melarang umatnya bermabukmabukan. Apalagi minuman keras merusak kesehatan dan pikiran. Oleh karena itu razia minuman keras harus tetap digiatkan. Razia saja tidak cukup. Perlu ada peraturan daerah yang melarang peredaran minuman keras. Namun harus disadari, berdasarkan pengalaman, perda itu akan dianulir oleh pemerintah pusat. Alasannya selalu berbenturan dengan peraturan di atasnya yakni Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol, dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15 Tahun 2006 yang mengatur soal pengendalian minuman beralkohol tersebut. Oleh karena itu, sementara ini yang dibuat DPRD Kalsel adalah perda yang mengatur tentang peredaran minuman keras. Pemerintah pusat merasa keberadaan minuman keras dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Padahal mereka datang karena keindahan negeri ini. Selain itu, sudah banyak generasi muda negeri ini yang terkapar karena minuman keras. Apalagi sudah banyak daerah yang mengusulkan pelarangan minuman keras. Sayangnya hingga saat ini, tidak terasa ada upaya dari pemerintah pusat untuk mengubah peraturan tersebut. Pada 2009, kita akan menggelar pemilihan presiden. Momen itu harus kita jadikan sarana untuk memilih presiden yang mau memenuhi aspirasi masyarakat daerah. Sebentar lagi kita juga menggelar pemilihan umum. Mari kita pilih wakil rakyat yang memang dapat menyuarakan kebenaran, bahwa minuman keras itu merusak generasi muda.

SUARA REKAN Sabtu, 4 Oktober 2008

Remaja Kurang Pahami Aturan di Jalan Raya TIAP kali liburan untuk perayaan hari besar keagamaan atau kenegaraan, kepadatan lalulintas di jalan raya tentu berlipat ganda. Demikian pula pada liburan perayaan Idul Fitri 1429 H ini. Sampai hari ketiga lebaran, sudah beratus orang yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Di antaranya bahkan meninggal dunia. Dan, dari amatan sekilas, kecelakaan yang menelan nyawa dan harta benda itu umumnya akibat kurangnya kepatuhan terhadap aturan berlalu lintas. Terutama kalangan remaja yang merupakan korban terbanyak di jalan raya. Tanpa pakai helm dan berboncengan tiga orang dalam satu kendaraan roda dua, menjadi pemandangan yang sangat biasa sepanjang jalan raya Banda Aceh-Medan. Atau pada lintas jalan raya antarkota lainnya di Aceh. Kenyataan itu mengindikasikan bahwa remaja merupakan kelompok pemakai jalan raya yang paling kurang patuh terhadap aturan berlalu lintas. Itu tentu harus menjadi perhatian orangtua serta kepolisian, utamanya polisi lalu lintas. Nah, yang mencemaskan lagi, belakangan ini terlalu banyak pengemudi kendaraan roda dua dan empat yang keasyikan bertelepon bahkan ber-SMS sambil mengemudi. Mereka sering terlihat asyik ber-HP ria tanpa peduli pada kendaraan di belakang atau di depannya. Celakanya, tidak peduli apakah kendaraan di belakangnya layak didahulukan karena pertimbangan darurat. Pelanggaran terhadap aturan berlalu lintas -seperti memainkan HP selagi menyetir, atau menghalangi jalur ambulance-- banyak dipengaruhi oleh kesadaran pengendara. Makanya, perlu diprogram segera bagimana membangun kesadaran pengendara di jalan raya.Yakni penyadaran untuk melahirkan pengertian dan kepatuhan hukum berlalu lintas. Kita amati selama ini, pelanggaran sering terjadi di jalan raya karena pengendara menganggap itu sudah biasa. Pelanggaran sering dilakukan karena dianggap lumrah oleh pelanggar. Salah

kaprah itulah yang perlu diluruskan kembali. Seorang pengamat lalu lintas jalan raya mengatakan, sekarang dengan punya uang untuk membeli kendaraan banyak pengendara menuntut hak di jalan, tetapi mereka melupakan kewajiban. Seolah-olah kewajiban itu hanya untuk kepentingan polisi. Helm, misalnya. Pengendara sepeda motor memakai helm karena takut ditilang polisi, bukan karena memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan. Sebagian besar pengendara dinilai masih berada pada tahap ‘takut’, belum mencapai tahap sadar berlalu lintas. Lalu, kita pun melihat banyak pengendara yang tak memahami sirene pemadam kebakaran, ambulance, atau konvoi pejabat penting. Mereka tidak tahu ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Pasal 65 PP itu mengatur secara khusus hak utama penggunaan jalan untuk kelancaran lalu lintas. Disusun berdasarkan urutan prioritas, ambulance pengangkut orang sakit berada di nomor dua, setelah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas. Prioritas ketiga dan seterusnya diikuti kendaraan untuk memberi pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas, kendaraan kepala negara dan pemerintahan asing yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, konvoi atau kendaraan orang cacat, serta kendaraan yang penggunaannya untuk keperluan khusus atau mengangkut barang-barang khusus. Makanya, sekali lagi kita berharap ada program khusus dari pemerintah di daerah bersama pihak kepolisian untuk membangun kesadaran siapa saja yang sehari-hari menggunakan jalan raya agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Yakni, kesadaran supaya mereka tidak pernah menganggap bahwa jalan adalah milik sendiri. Kita menggunakan jalan raya berbagi dengan orang lain. Program itu hendaknya diprioritaskan bagi kalangan remaja atau pengendara pemula. Karenanya, lebih tepat jika dilancarkan melalui sekolah.

RUU Pornografi dan Kemiskinan BEBERAPA minggu ini sejumlah media massa memberitakan unjuk rasa mengenai penolakan RUU Pornografi. UU itu mendapat penolakan dari beberapa kelompok yang ada masyarakat, terutama yang gencar melakukan penolakan adalah kelompok masyarakat di Bali. Mereka mempersoalkan, bahwa penerapan RUU Pornografi akan dapat menimbulkan masalah masyarakat. Kemudian dalam perkembangan berikutnya, RUU Pornografi itu juga mendapat penolakan dari kalangan dosen di Unair surabaya yang tergabung dalam kelompok Serikat Dosen Progresif Universitas Airlangga (SPDUA), yang dimotori oleh dosen FISIP Unair. Alasan penolakan tersebut, bahwa RUU Pornografi telah menabrak batas antara ruang hukum publik dan ruang hukum privat. Adanya intervensi negara dalam mengontrol per soalan moralitas dari kehidupan personal warga negaranya, dapat menjebak negara untuk mempraktikkan politik totalitarianisme terhadap warga negara. Yang juga menjadi sorotan bahwa RUU itu mengandung multitafsir. (Surya, 23 September 2008). Namun apabila disimak dari beberapa unjuk rasa penolakan terhadap RUU Pornografi itu lebih berkenaan dengan pasal-pasal yang ada di dalamnya yang dianggap mengandung multitafsir, bukan karena penolakan terhadap kehadiran UU Porno-

R

grafi tersebut. Hal itu tentunya sangat disadari oleh semua kelompok masyarakat, bahwa UU Pornografi sangat diperlukan dalam rangka mengatur keteraturan di masyarakat dan perusahaan swasta yang mengelola bisnis media. Seperti Amerika Serikat yang mempunyai UU Pornografi, untuk keteraturan dan melindungi masyarakatnya serta pembatasan perusahaan swasta. Berarti masalahnya sekarang hanya pada substansi RUU pornografi tersebut, di mana pasal-pasalnya dianggap mengandung multitafsir yang berbahaya bagi integrasi bangsa. Seperti dalam Pasal 22 RUU Pornografi yang menyebutkan: ‘Peran masyarakat yang bisa mengawasi dan melakukan pembinaan.” Pasal 22 itu memang dapat menimbulkan multitafsir dan masalah di kemudian hari. Sebab, bisa saja pasal tersebut memunculkan tafsir baru di masyarakat dengan gagasan berdirinya kelompok baru di masyarakat dengan alasan menegakkan aturan hukum. Kelompok itu bertujuan melakukan penegakan yang radikal ke masyarakat lainnya, sehingga bisa berdampak pada ketegangan antarkelompok di masyarakat yang berbeda kesepahaman. Apalagi negara Indonesia memiliki kultur dan kemasyarakatan yang sangat heterogen, sehingga hal itu dapat

Budi Suryadi SSos MSi menjadi faktor pendorong konflik terjadi antarkelompok di masyarakat. Misalnya, akibat RUU itu muncul sekelompok masyarakat yang melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat lainnya. Awalnya untuk pengawasan dan pembinaan, tetapi lamakelamaan dapat menyimpang menjadi tindakan intimidasi dan pemerasan, dan lain-lain. Namun persoalan lainnya yang juga perlu dipertimbangkan, ketika RUU Pornografi itu dikaitkan dengan kemiskinan di masyarakat. Kemiskinan yang dimaksud di sini adalah kemiskinan materi atau kesejahteraan hidup keluarga. Bayangkan saja ketika sebuah keluarga yang hidup hanya berkecukupan untuk makan dan minum, harus menyediakan sarana atau tempat tertentu di rumahnya hanya karena ada UU yang mengatur kehidupan keluarga tersebut terlalu kaku. Sebagai contoh realitasnya, kebanyakan keluarga masih melakukan aktivitas mandi di pinggir sungai.

Ibu-ibu di surabaya ataupun di Banjarmasin, memenuhi keperluan mandinya di pinggir sungai yang kadangkadang menggunakan sarung sebatas di dada. Tibatiba, pakaian mandi itu terkategori pornografi oleh sekelompok masyarakat tertentu dikarenakan adanya multitafsir. Kemudian kelompok itu melarang pakaian mandi seperti itu di pinggir sungai. Sementara kenyataannya, keluarga tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk menyediakan pakaian baru dan membangun kamar mandi di dalam rumah, dan lain-lain. Melihat persoalan itu, seharusnya kehadiran RUU Pornografi memudahkan orang miskin dan ketenteraman keluarga bukannya justru mempersulit orang miskin untuk melakukan aktivitasnya. Dengan adanya bahaya multitafsir tersebut, apakah kehadiran RUU Pornografi urgen atau sangat diperlukan saat ini, ketika dikaitkan dengan kemiskinan yang masih marak di beberapa daerah Indonesia? Sebenarnya yang justru mengkhawatirkan apabila RUU Pornografi itu dijadikan sebuah target kekuasaan, yang sengaja dipaksakan dalam kultur Indonesia yang pluralisme hanya dikarenakan saat ini mendekati pemilihan umum. Sebaiknya, beberapa pasal dalam RUU Pornografi itu ditinjau kembali dan diperbaharui agar lebih menunjukkan adanya jaminan pluralisme budaya dan sosial sebagai NKRI. Mahasiswa S3 Pascasarjana IS Unair e-mail: budipspp@yahoo.com

MEREKA BICARA KELEBIHAN GURU - Sejumlah kalangan menilai bahwa pernyataan Mendiknas Bambang Sudibyo tentang Indonesia kelebihan guru, menyesatkan. Jika bicara jumlah guru, mungkin benar tetapi jika dikaitkan dengan penyebaran guru di wilayah Indonesia yang belum merata itu menjadi masalah besar.

Lakukan Relokasi KEKURANGAN tenaga guru justru sangat kita rasakan, khususnya di daerah terpencil. Pernah saya lihat di televisi, daerah perbatasan Kalbar dan Malaysia, misalnya, satu sekolah hanya diisi satu guru. Itu satu bukti, kita memang kekurangan tenaga pendidik. Jadi keliru, kalau ada yang menyatakan kita kelebihan guru. Kalau disebut kelebihan guru mungkin saja terjadi di satu wilayah seperti daerah perkotaan. Terkadang masih ada oknum guru yang enggan mengabdi di daerah terpencil, sehingga penyebaran guru tidak merata. Padahal ketersediaan guru harus

dirasakan di seluruh daerah baik di perdesaan maupun perkotaan, karena menyangkut penyebaran mutu pendidikan di selur uh Indonesia. Jadi, perlu dilakukan relokasi guru di beberapa daerah sehingga daerah yang surplus g u ru d i k urangi untuk dipindah ke daerah terpencil. Dengan demikian, tak ada lagi daerah yang kekurangan guru. (mia)

Lebih Profesional : PT Grafika Wangi Kalimantan : SK Menpen No. 004/SK/MENPEN/ SIUPP/A.7/1985 tgl 24 Oktober 1985 Sejak Tanggal : 2 Agustus 1971 Direktur Utama : Herman Darmo Pemimpin Redaksi/ Wakil Pemimpin Umum: H Pramono BS Redaktur Pelaksana: Harry Prihanto, Dwie Sudarlan Sekretaris Redaksi: Umi Sriwahyuni Manajer Produksi: Agus Rumpoko Wakil Manajer Produksi: A Purwoko Koordinator Liputan: Muhammad Yamani Staf Redaksi: M Iqbal Raziffuddin, Noor Dachliyanie Adul, Sudarti, Didik Triomarsidi, Halmien Thaha, Ernawati, Yenny Yanuarita, Kaspul Anwar, Ribut Raharjo, Fikria Hidayat, Mulyadi Danu Saputra, M Royan Naimi, Hanani, Burhani Yunus, Herlina Lasmianti, Sigit Rahmawan Abadi, Anjar Wulandari, Mansyur, Urif Suhar Yanto, Dade Samsul Rais, Ratino Taufik Biro/Perwakilan: Banjarbaru/Martapura: Syamsuddin (Kepala Biro), Anita Kusuma Wardhani, Aries Mardiono, Barabai: Khairil Rahim, Amuntai: Wahyudi Rachman Tanjung: Mahdan Basuki Pelaihari: Idda Royani, Tanah Bumbu: Moh Choiruman, Marabahan: Ahmad Riduan, Palangka Raya: Noorjani Aseran (Kepala Biro), Sutransyah, Faturrahman Kuala Kapuas: Mustain Khaitami Muara Teweh: Mardedi Jakarta: Uki M Kurdi (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Waka Biro), Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Zulfikar W Eda, FX Ismanto, Heroe Baskoro, Johnson Simanjuntak, Rahmat Hidayat, Yulis Sulistyawan, Choirul Ariffin, Hendra Gunawan. Ilustrator/Karikaturis: Ivanda Ramadhani.

Pemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR Pendiri : Drs H J Djok Mentaya (1939-1994) Drs H Yustan Aziddin (1933-1995) HG Rusdi Effendi AR

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta, Wakil Pemimpin Perusahaan/Bagian Promosi: M Fachmy Noor, Bagian PSDM/Umum: Tapriji, Bagian Iklan: Fahmi Setiadi (08115003012), Bagian Sirkulasi: Eko Wahyudi (08115000117). Alamat Redaksi/Iklan/Sirkulasi: Gedung HJ Djok Mentaya, Jl AS Musyaffa No16 Banjarmasin 70111, Telepon (0511) 3354370 (hunting), Fax 4366123, 3353266, 3366303 Bagian Iklan: (ext. 113, 114), Bagian Sirkulasi: (ext. 116,117) Hotline Langganan: (0511) 3352050 Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12 Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan 5490666 Fax (021) 5495360, Iklan/ Sirkulasi: Gd Persda Lt I Jalan Palmerah Selatan No 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 5483008, 5480008, Fax (021) 53696583 Perwakilan Surabaya: Jl Raya Gubeng No 98 Surabaya, Telp/Fax (031) 5021779, Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511) 4780356, Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km.2,5 Palangka Raya, Telp (0536) 3242361 Tarif Iklan: zDisplay Umum: Hitam Putih (BW): Rp 17.500/mmk Berwarna (FC): Rp 35.000/mmk zDisplay Halaman 1: Hitam Putih (BW): Rp 35.000/ mmk Berwarna (FC): Rp 70.000/mmk zIklan kolom/Duka Cita: Hitam Putih (BW): Rp 10.000/ mmk Berwarna (FC): Rp 20.000/mmk zIklan Baris: Rp 10.000/baris . Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%. Harga Langganan: Rp 50.000/bln Percetakan: Alma Mater Press Offset Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru. Telepon (0511) 4705900-01 isi di luar tanggungjawab percetakan.

WARTAWAN “BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER.

DARI segi jumlah bisa dikatakan kita kelebihan guru. Tak sekadar penyebarannya yang tidak merata sehingga masih ada daerah yang belum merasakan ketersediaan guru, namun perlu dilakukan peningkatan kualitas. Salah satunya melalui sertifikasi, sehingga memotivasi guru untuk meningkatkan kualitasnya. Sistem rekrutmen guru juga perlu dibenahi. Artinya, pengangkatan tenaga guru disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih e f e k t i f d a n t i d a k t e rkesan mubajir. Saat ini saya lihat banyak orang yang menjadi guru dadakan, padahal yang bersangkutan tak punya kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik. Hal itu memengaruhi kualitas pendidikan kita. Bagaimana bisa menghasilkan l u l u s a n b e rkualitas, jika gurunya saja tak sesuai s t a n d a r. (mia)

Liana SSos (Masyarakat)

A Gafuri SPd (Guru) BPOST/DOK

Tambahan Insentif PERNYATAAN Mendiknas bahwa Indonesia kelebihan guru memang ada benarnya, karena di beberapa sekolah perbandingan jumlah guru dan murid tidak seimbang. Akibatnya banyak guru yang menggeluti pekerjaan sampingan karena jam mengajarnya tidak terlalu banyak. Lebih memprihatinkan ada oknum guru yang jarang mengajar, kecuali sekadar mengambil gaji. Kini saatnya pemerintah membenahi hal itu, selain meningkatkan kualitas guru juga melakukan penyebaran yang lebih merata. Kalau memang masih ada guru yang menolak mengabdi di desa dengan alasan tidak ada insentif, pemerintah harus menambah insentif seperti tunjangan bagi guru yang mengabdi di sekolah terpencil. Dengan demikian guru termotivasi untuk mengabdi di sekolah terpencil. Sebaiknya merekrut guru yang berasal dari daerah setempat, sehingga memiliki rasa pengabdian lebih besar dibanding guru yang berasal dari Maya (Mahasiswa) daerah luar. (mia) BPOST/DOK

Tulisan Opini bisa dikirim ke email: redaksi@banjarmasinpost.co.id (Maksimal 5.000 karakter tanpa spasi). Sertakan nama, alamat lengkap, nomor telepon, nomor rekening dan fotokopi (KTP). Opini yang terbit akan kami berikan imbalan ke nomor rekening penulis. Terima kasih.

BPOST/DOK

Penerbit SIUPP

e-mail: redaksi@banjarmasinpost.co.id

BPOST/DOK

Homepage: http//www.banjarmasinpost.co.id


Super Ball Senin, 6 Oktober 2008

BARCELONA 6

Halaman 5

Ciuman di Jalan Di tengah kesibukan masingmasing, pembalap Formula One (F1) Lewis Hamilton dan kekasihnya yang juga penyanyi Pussycat Doll, Nicole Scherzinger, terlihat menikmati liburan di Paris, Prancis. Keduanya tampak sangat bahagia dan romantis. Mereka mengunjungi tempat penjualan underwear, makan malam bersama, dan...berciuman di jalanan. halaman

11

Banjarmasin Post

VS 1 ATLETICO MADRID

SIX-Y FOOTBALL GEMURUH serta sorak sorai fans Barcelona terus terdengar nyaring di seluruh penjuru Stadion Nou Camp menyambut gol demi gol ke gawang Atletico Madrid, Minggu (5/10) dini hari. Barcelona yang tampil super agresif dengan menerapkan formasi menyerang 4-3-3 mencukur habis-habisan Atletico dengan skor sangat telak 6-1 (5-1). Lima gol torehan Barca di babak pertama tercipta kurang dari 30 menit. Bahkan, tiga gol pertama yang bersarang di gawang Atletico yang dikawal penjaga gawang veteran asal Prancis, Gregory Coupet, dihasilkan dalam kurun waktu delapan menit. Awalnya, big match antara dua tim papan atas Spanyol ini bakal berjalan sengit. Tapi nyatanya berlangsung berat sebelah karena Atletico tampil kurang menggigit. Permainan sepenuhnya menjadi milik Barca yang menampilkan sepakbola seksi yang diakhiri enam gol. Permainan yang benar-benar sedap dipandang mata. Alhasil, tak ada kejarkejaran gol seperti kemenangan 5-3 Barcelona pada musim 1993/1994 yang

ditandai hattrick Romario atau ketika Barca menang tipis 4-3 pada musim 1994/1995 di mana Manajer Barca sekarang Josep Guardiola ikut mencetak satu gol. Rafael Marquez membuka pesta gol Barca di menit ketiga melalui sundulan. Berikutnya seperti air mengalir, penalti Samuel Eto’o dan tendangan bebas Lionel Messi menambah keunggulan tuan rumah di menit kelima dan kedelapan. Hanya saja memang, kedua gol tersebut sedikit berbau kontroversial. Hal ini sempat memicu kekesalan dan mengundang protes para pemain Los Rodjiblancos. Gol kedua lewat eksekusi Eto’o dari titik putih penalti bermula dari keputusan wasit Itturalde Gonzalez yang memvonis palang pintu Atletico asal Republik Ceko, Tomas Ujfalusi, menjatuhkan Messi di kotak 16 meter. Dari tayang ulang, terlihat Messi lebih cenderung melakukan diving. Messi kembali berbuat “ulah”. Ia melakukan tendangan bebas saat para pemain Atletico, terutama kiper Coupet, belum berada dalam kondisi siap. Meski demikian, wasit Gonzalez tetap menunjuk titik tengah pertanda gol tersebut sah. Kejadian ini mirip seperti gol Thierry Henry ketika statistik pertandingan berbaju Arsenal saat S TTA AT I S T I K BARCELONA ATLETICO menghadapi Chelsea di 19 Tendangan 7 Premier League pada 14 8 Shots on goal 2 Desember 2004 yang 11 Pelanggaran 18 dipimpin wasit top 5 Sepak pojok 1 Inggris, Graham Poll. Saat kiper Peter Cech 7 Offside 1 masih mengatur pagar 1 Kartu kuning 5 pertahanannya, Henry 1 Penyelamatan 2 dengan cepat melepaskan 70% Ball possession 30% tendangan terarahnya. susunan pemain Bola akhirnya masuk pojok BARCELONA: Valdes, Puyol, Pique, Márquez, Abidal, Busquets, Xavi (‘73 Keita), kanan gawang setelah Gudjohnsen, Messi (‘69 Bojan), Iniesta, Eto’o berupaya digapai Cech. (‘59 Henry) Gol seperti ini dianggap ATLETICO MADRID: Coupet, Perea, sah karena sebelumnya Ujfalusi, Heitinga, López, Maxi Rodríguez (‘20 ada kesepakatan dengan De Las Cuevas), Assuncao, Raúl García, Luis García (‘45 Pernia), Sinama-Pongolle, Agüero wasit kalau eksekusi dilakukan tanpa (‘57 Banega) menunggu peluit. Tapi harus dilakukan dengan cepat. Setelah tiga gol cepat tersebut, Atletico sempat memperkecil kedudukan lewat tendangan keras Maxi Rodriques di menit ke-13. Tetapi hanya berselang empat menit, Barca kembali menambah dua gol dalam waktu dua menit melalui kaki Eto’o dan Eidur Gudjohnsen. Di babak kedua, Henry yang masuk menggantikan Eto’o mencetak gol keenam sekaligus menutup pesta Barca. Skor 6-1 ini menjadi kemenangan terbesar kedua Barca atas Atletico sejak 1993. Sebelumnya pada musim 2006/2007 Los Azulgranaz sempat mencukur Los Rodjiblancos 60. Dan itu terjadi di kandang Atketico, Stadion Vincente Calderon. Dengan kemenangan ini, Barca untuk sementara menyodok ke posisi kedua di bawah Villarreal yang pada saat bersamaan menundukkan Real Betis 2-1. Barca mengumpulkan Gudjohnsen (18’) poin 13, hasil dari empat kemenangan, satu imbang, dan sekali kalah. Sementara bagi Atletico, kekalahan itu membuat posisi skuad asuhan Javier Aguirre itu turun ke posisi

tujuh dengan raihan sembilan poin, hasil dari tiga kali menang, serta tiga kekalahan.(Persda Network/ka)

AP PHOTO/ DAVID RAMOS

RAYAKAN GOL - Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol ke gawang Atletico Madrid di Stadion Nou Camp, Minggu (5/10).

c m y k


6

soccer hot news

Banjarmasin Post

SENIN 6 OKTOBER 2008

LIGA INGGRIS Hasil Sabtu (4/10) Sunderland 1-1 Arsenal (Leadbitter 86; Fabregas 90); West Brom 1-0 Fulham ( Bednar 61); Wigan 0-1 Middlesbrough (Aliadiere 89); Blackburn 0-2 Man United (Brown 31, Rooney 64) Klasemen Sementara 1. Chelsea 6 4 2 0 12-3 14 2. Liverpool 6 4 2 0 7-2 14 3. Arsenal 7 4 1 2 13-5 13 4. Aston Villa 6 4 1 1 12-8 13 5. West Ham 6 4 0 2 13-10 12 6. Man United 6 3 2 1 8-4 11 7. Hull 6 3 2 1 9-11 11 8. West Brom 7 3 1 3 7-7 10 9. Blackburn 7 3 1 3 8-14 10 10. Man City 6 3 0 3 16-9 9 11. M’brough 7 3 0 4 7-9 9

12. Portsmouth 6 3 0 3 7-12 9 13. Wigan 7 2 2 3 9-6 8 14. Sunderland 7 2 2 3 7-9 8 15. Everton 6 2 1 3 9-13 7 16. Fulham 6 2 0 4 5-7 6 17. Bolton 6 1 1 4 5-9 4 18. Stoke 6 1 1 4 7-12 4 19. Newcastle 6 1 1 4 5-11 4 20. Tottenham 6 0 2 4 4-9 2 Top Scorer 5 Gol: J. Defoe (Portsmouth), A. Zaki (Wigan Athletic) 4 Gol: G. Agbonlahor, J. Carew (Aston Villa) LIGA ITALIA Hasil Sabtu (4/10) Lazio 1-1 Lecce (Inzaghi 89; Tiribocchi 25); Inter 2-1 Bologna (Ibrahimovic 25, Adriano 50-p; Moras 56)

BLACKBURN 0

Klasemen Sementara 1. Lazio 6 4 1 1 14-7 2. Inter 6 4 1 1 9-5 3. Napoli 5 3 2 0 6-3 4. Udinese 5 3 1 1 8-3 5. Catania 5 3 1 1 5-3 6. Milan 5 3 0 2 8-6 7. Juventus 5 2 3 0 4-2 8. Palermo 5 3 0 2 8-7 9. Atalanta 5 3 0 2 3-3 10. Lecce 6 2 2 2 6-6 11. Roma 5 2 1 2 8-7 12. Fiorentina 5 2 1 2 4-6 13. Genoa 5 2 0 3 6-5 14. Siena 5 1 2 2 4-4 15. Torino 5 1 2 2 7-8 16. Chievo 5 1 2 2 4-6 17. Sampdoria 5 0 4 1 2-4 18. Bologna 6 1 0 5 3-9

13 13 11 10 10 9 9 9 9 8 7 7 6 5 5 5 4 3

5 0 1 4 3-9 1 5 0 0 5 1-10 0 Top Scorer 6 Gol: M. Zárate (Lazio) 4 Gol: F. Miccoli (Palermo), D. Milito (Genoa), G. Pandev (Lazio), 3 Gol: Amauri (Juventus), A. Gilardino (Fiorentina), M. Hamsik (Napoli), Z. Ibrahimovic (Inter) LIGA SPANYOL Hasil Minggu (5/10) dini hari Villarreal 2-1 Real Betis (Rodriguez 68, Llorente 70; Damia 21); Barcelona 6-1 Atletico (Marquez 3, Eto’o 6-p, 18, Messi 9, Gudjohnsen 28, Henry 73; Maxi 13) Klasemen Sementara 1. Villarreal 6 5 1 0 9-3 16 2. Barcelona 6 4 1 1 18-7 13 3. Valencia 5 4 1 0 12-4 13

VS 2 MAN UNITED

AP PHOTO/PAUL THOMAS

susunan pemain BLACKBURN ROVERS: Brown, Ooijer, Samba, Nelsen, Olsson, Emerton, Kerimoglu (Andrews, 69), Warnock, Pedersen (Treacy, 58), Derbyshire, Roque Santa Cruz (Roberts, 50). MANCHESTER UNITED: Van der Sar, Brown, Ferdinand, Vidic, Evra (O’Shea, 70), Ronaldo, Fletcher, Anderson, Giggs (Tevez, 66), Berbatov, Rooney (Park, 76).

ulasan ferguson

sangat baik, dan layak mendapatkan kemenangan,” tuturnya. Manajer MU, Sir Alex Ferguson, pun tak sungkan memuji pemain yang baru pulih dari cedera ini. “Rooney adalah pemain yang sangat enerjik. Dia sangat aktif dan memiliki banyak energi,” ujar Fergie dilansir Goal. 10 menit setelah gol Rooney, MU mendapat dua peluang. Namun keduanya gagal menambah jumlah gol: sepakan Rooney melayang tipis di atas mistar sementara tendangan Dimitar Berbatov masih bisa diblok kiper Brown dengan kakinya. Nyaris tak ada peluang matang dikreasikan Everton pada babak kedua. Sementara MU terus menggedor pertahanan tuan rumah, termasuk tendangan melengkung Carlos Tevez di menit 86 yang cuma membentur tiang gawang. Kemenangan ini membawa Setan Merah meroket ke posisi enam di klasemen sementara Premier League dengan total 11 poin.(Persda Network/ka)

LAGAInter Milan kontra Bologna memasuki menit ke-24. Striker Inter, Zlatan Ibrahimovic berlari ke dekat gawang ketika Adriano menguasai bola. Sejurus kemudian, Adriano melepaskan umpan crossing. Ibra menyambut dengan tumitnya untuk mengarahkan bola ke dalam gawang Bologna. Gol! Sontak Internisti --julukan suporter Inter-- yang memenuhi Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (5/10) dini hari itu. Mereka berpesta merayakan gol indah lewat satu sentuhan Ibra yang jenius. Namun bagi Ibra, gol tersebut tidaklah istimewa. “Saya seharusnya tidak memikirkan gol seperti ini namun bagaimana membuat skor. Itu adalah gol yang mudah bagi saya,” ujarnya seperti dilansir Goal. Usai gol pertama tersebut, Ibra sebenarnya berpeluang memperbesar keunggulan Inter. Sayang, dua kesempatan emas yang dimilikinya gagal menuai hasil. Baru di menit ke-49 keunggulan Inter bertambah melalui penalti Adriano. Penalti tersebut dihadiahkan wasit Maurizio Ciampi ketika tendangan Adriano tanpa sengaja terkena sepatu gelandang Sergio Volpi dan memantul mengenai lengannya. Namun skor itu tak bertahan lama. Vaggelis Moras berhasil memaksimalkan kesalahan Javier Zanetti menghalau bola di menit 55 untuk

SA YA pikir inilah SAY penampilan terbaik kami musim ini dalam hal rasa memiliki dan kepercayaan terhadap AP PHOTO tim. Ewood Park selalu menjadi tempat sulit bagi kami selama bertahun-tahun dan mereka selalu melawan kami dan kami kalah dalam beberapa laga di sini dalam empat atau lima tahun terakhir. Soal gol pertama, saya pikir kiper memiliki kesempatan (meraih bola), bola masih jauh di udara dan cukup bagi kiper untuk datang dan (ka) menangkapnya.(ka) *) Sir Alex Ferguson Ferguson, Pelatih Manchester United, dikutip Goal

MUENCHEN 3

AP PHOTO/ANTONIO CALANNI

SENYUM IBRA - Striker Inter Milan, Zlatan Ibrahimovic, tersenyum saat merayakan gol ke gawang Bologna di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Minggu (5/10). kemudian menaklukkan Julio Cesar. Gol Moras ini semakin melecut pemain Inter untuk menjauh dari kejaran skuad Bologna. Meski sejumlah peluang tercipta, di antara dari tendangan Adriano dan sontekan Victor Obina, skor 2-1 tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Kemenangan ini menjadi pelipur lara pendukung Inter yang kecewa setelah tim kesayangannya kalah 0-1 dari AC Milan dan ditahan 1-1 oleh Werder Bremen di Liga Champions. Inter kini menyamai perolehan poin pemimpin klasemen sementara Serie A, Lazio. Tambahan tiga angka membuat poin Inter menjadi 13, sama dengan Lazio yang bermain imbang 1-1 melawan Lecce di Olympico, Roma.

Miroslav Klose dkk dalam tiga pertandingan terakhir di pentas Bundesliga. “Tiga pertandingan terakhir di Bundesliga benar-benar sangat mengecewakan. Ketika unggul 3-1, dan kamu masih punya kesempatan menambah paling kurang dua gol lagi, kamu seharusnya tak membiarkan permainan seperti itu. Ini membuat saya sangat marah karena tim berpikir mereka bermain di kandang dan pasti menang,” ungkap Klinsmann. “Tiga poin itu seharusnya sudah berada di kantong. Bahkan ketika mereka bisa membalas satu gol untuk membuat kedudukan 3-2, kami seharusnya bisa tetap meraih kemenangan. Namun itu tak terjadi. Hasil di Bundesliga ini tak kami inginkan,” tambah mantan striker timnas Jerman itu. (Persda Network/kcm)

Namun Inter kalah selisih gol. Bagi Bologna, ini merupakan kekalahan kelima secara beruntun. Rossoblu masih tertahan di papan bawah dengan tiga angka. Kondisi ini membuat posisi Pelatih Daniele Arrigoni makin terancam. Jika performa tim tidak membaik, bisa jadi pihak manajemen akan memecatnya. (Persda Network/ka)

susunan pemain INTER INTER: Julio Cesar; Maicon, Cordoba, Rivas (Cambiasso 72), Zanetti; Quaresma (Obinna 88), Vieira, Muntari, Mancini (Stankovic 74); Adriano, Ibrahimovic BOLOGNA: Antonioli; Marchini, Terzi (Coelho 78), Moras, Bombardini; Mudingayi, Volpi (Marazzina 63); Adailton (Zenoni 63), Amoroso, Valiani; Di Vaio

WASIT memberikan hadiah penalti kepada Inter Milan pada menit ke49 setelah bola menyentuh tangan bek Bologna. Adriano yang berada di dekat garis 16, kemudian mendekati Zlatan Ibrahimovic. Tampak terjadi diskusi di antara keduanya. Apa yang mereka bicarakan? “Aku bicara kepada Ibra dan aku meminta agar aku dapat mengambil penalti karena bagiku sangat istimewa jika bisa mencetak gol di San Siro. Itu pertanda baik karena kami selalu membantu satu sama lain,” kata Adriano usai

SA YA meragukan SAY keputusan wasit saat mengesahkan gol pertama United. Saya yakin hasilnya akan berbeda jika gol

3 BOCHUM

Ancaman pemecatan pun kian dekat. Presiden Muenchen, Franz Beckenbauer, sudah memberikan peringatan keras kepada mantan pelatih tim nasional Jerman tersebut agar segera memperbaiki performa tim yang sedang anjlok — pertengahan pekan juga mereka baru saja menuai hasil 1-1 ketika jamu Lyon di ajang Liga Champions. “Saya berharap Klinsmann harus bekerja keras untuk memperbaiki sistem karena satu hal yang pasti di sini adalah: dia perlu hasil-hasil yang bagus,” tegas Beckenbauer yang menambahkan bahwa selama ini Muenchen terlalu banyak mengalami kekalahan yang tidak perlu. Klinsmann mengakui bahwa performa timnya sangat buruk. Dia mengaku kecewa melihat raihan

1 BOLOGNA

SKOR 2-1 mungkin menunjukkan keseimbangan (antara kedua tim), tapi faktanya tidak seperti itu. Hasil ini sudah bisa diprediksi sebelumnya. Ini dalah salah satu pertandingan di mana saya bisa bersantai di bench dengan nyaman. Pertandingan ini sangat mudah dianalisa. Salah satu tim memiliki tujuh atau delapan peluang mencetak gol. Sementara yang lain hanya memiliki dua peluang, namun tetap bisa mencetak gol karena kami memberikannya pada (ka) mereka.(ka) *) Jose Mourinho, Pelatih Inter Milan, dikutip Channel4

ulasan arrigoni

NET

Sesalkan Penalti SA YA harus mengakui kemenangan SAY Inter Milan. Mereka memang memiliki kualitas tim lebih baik dari kami. Tapi saya menyesalkan keputusan wasit menghadiah penalti untuk Inter di babak kedua. Hukuman itu tak pantas karena insiden tersebut adalah kejadian yang wajar terjadi. Menurut kami, hukuman maksimal seperti penalti tidak layak diberikan karena bola tersebut mengenai lengan Volpi (ka) tanpa sengaja.(ka) *) Daniele Arrigoni Arrigoni, Pelatih Bologna, dikutip Goal

Adriano Ngemis Penalti

Beckenbauer Warning Klinsmann BAYERN Muenchen kembali menuai hasil buruk di pentas Bundesliga. Setelah dua pekan berturutturut dipermalukan Werder Bremen dan Hanover, kini The Bavarian gagal lagi meraup poin penuh setelah ditahan imbang oleh VfL Bochum dengan skor 3-3 pada laga di Allianz Arena, Sabtu (4/10) malam. Padahal, sampai dengan menit ke-80 Muenchen masih unggul 3-1 berkat sebuah gol Daniel van Buyten dan dua gol Ze Roberto. Tapi pada tujuh menit terakhir, gawang mereka yang dikawal Michael Rensing bisa dibobol dua kali oleh Dabrowski dan Grote. Tak ayal, kinerja Juergen Klinsmann sebagai pelatih tim dengan sebutan FC Hollywood itu pun mendapat sorotan.

VS

4. Leverkusen 7 4 0 3 18-11 12 5. Schalke 6 3 2 1 9-5 11 6. Bremen 7 3 2 2 19-16 11 7. Dortmund 6 3 2 1 12-10 11 8. H Berlin 7 3 2 2 8-8 11 9. Koln 7 3 1 3 7-9 10 10. Wolfsburg 6 2 3 1 12-9 9 11. Muenchen 7 2 3 2 15-13 9 12. Karlsruhe 6 3 0 3 7-9 9 13. Hannover 6 2 1 3 6-10 7 14. Bochum 7 1 3 3 10-11 6 15. Arminia 7 1 3 3 9-12 6 16. Energie 6 1 2 3 2-8 5 17. Eintracht 6 0 3 3 5-9 3 18. M’gladbach 7 1 0 6 6-15 3 Top Scorer 7 Gol: P. Helmes (Bayer Leverkusen), V. Ibisevic (Hoffenheim) 6 Gol: A. Wichniarek (Bielefeld)

Sudah Diprediksi

tersebut tak terjadi. Saya tidak bilang kami akan bisa menang tapi Anda tidak pernah tahu. Kami masih berjuang pada skor 0-0 ketika hal tersebut terjadi. Itu keputusan yang kejam dari seorang wasit. Saya akui United bermain lebih baik dari kami. Namun, bukan berarti kami bermain buruk karena United memiliki kekuatan pemain yang (ka) jauh lebih baik.(ka) *) Paul Ince Ince, Pelatih Blackburn Rovers, dikutip Goal

VS

5 Gol: S. Eto’o, L. Messi (Barcelona), F. Sinama-Pongolle (Atletico Madrid) 4 Gol: Alvaro Negredo (Almeria), R. van der Vaart (Real Madrid) LIGA JERMAN Hasil Sabtu (4/10) Muenchen 3-3 Bochum (Van Buyten 15, Ze Roberto 45, 68; Kaloglu 29, Dabrowski 84, Grote 85); Stuttgart 4-1 Bremen (Khedira 18, Trasch 29, Hilbert 63, Lanig 88; Diego 65); Moenchengladbach 1-2 Koln (Brouwers 11; Ehert 5, Novakovic 88); Hoffenheim 2-1 Eintracht (Ba 46, 72; Steinhofer 67); Leverkusen 01 Hertha Berlin (Voronin 89) Klasemen Sementara 1. Hoffenheim 7 4 1 2 16-12 13 2. Stuttgart 7 4 1 2 12-8 13 3. Hamburg 6 4 1 1 12-10 13

AP PHOTO

Ragukan Wasit

AP PHOTO

12 11 10 9 8 8 7 6 5 5 4 4 4 4 2 2 0

ulasan mourinho

ulasan ince

Penampilan Terbaik

16-7 8-4 7-5 12-10 5-4 5-5 4-5 5-6 4-5 4-6 2-3 5-8 2-7 2-8 4-8 3-8 6-20

Gol Tumit Ibra

GOL ROONEY - Striker MU, Wayne Rooney (tengah), mencetak gol ke gawang Blackburn Rovers di Stadion Ewood Park, Blackburn, Inggris, Minggu (5/10) dini hari. Rooney menyumbang satu gol. dengan kepalanya. Gol ini diprotes kiper Jason Brown yang merasa dirinya dilanggar Nemanja Vidic saat berusaha menggapai bola silang tersebut. Rooney kini telah mencetak tiga gol dari tiga penampilannya. Dia pun mengaku MU kini telah mencapai puncak penampilan untuk memburu gelar juara Liga Primer ketiga kalinya berturut-turut. “Saya kira, ini hasil yang hebat. Dalam beberapa tahun, ini (kandang Blackburn) tempat yang berat dikunjungi dan kondisinya tidaklah yang terbaik. Kami sudah melakukan tugas, bermain

4. Real Madrid 5 4 0 1 5. Sevilla 5 3 2 0 6. Almería 5 3 1 1 7. Atlético 6 3 0 3 8. Getafe 5 2 2 1 9. Mallorca 5 2 2 1 10. Espanyol 5 2 1 2 11. Valladolid 5 2 0 3 12. Ath Bilbao 5 1 2 2 13. Deportivo 5 1 2 2 14. Osasuna 5 0 4 1 15. Numancia 5 1 1 3 16. Recreativo 5 1 1 3 17. Málaga 5 1 1 3 18. Real Betis 6 0 2 4 19. Santander 5 0 2 3 20. Gijon 5 0 0 5 Top Scorer 6 Gol: D. Villa (Valencia)

INTER MILAN 2

Rekor Rooney

HATIWayne Rooney tengah berbunga-bunga. Striker tim nasional Inggris berusia 22 tahun itu jadi pemain termuda yang mencapai 200 penampilan di Premier League bersama Everton dan Manchester United (MU). Kian klop, Rooney mewarnai rekornya tersebut dengan sebuah gol saat MU memukul tuan rumah Blackburn Rovers 2-0 di Ewood Park, Minggu (5/10) dini hari. Rooney mencetak gol kedua Setan Merah dengan brilian di menit ke-63. Diawali umpan Wes Brown pada Cristiano Ronaldo di sisi kanan, winger gesit itu memenangi adu sprint dengan bek lawan, umpan mendatarnya di dalam kotak penalti disambut Ronney dengan sepakan keras yang bersarang di pojok kanan atas gawang Blackburn. Sebelumnya, Wes Brown membawa MU memimpin 1-0 di menit ke-31. Ia mengarahkan bola crossing dari sisi kiri ke dalam gawang

19. Reggina 20. Cagliari

AP PHOTO/ANTONIO CALANNI

soccer short CHELSEA - THE Times melaporkan Pelatih Chelsea, Luiz Felipe Scolari, membidik pemain depan Sevilla, Luis Fabiano. Striker asal Brasil itu berada di urutan teratas daftar pemain yang akan dibeli ketika jendela transfer musim dingin dibuka pada bulan Januari. OWEN - Michael Owen harus menerima kenyataan pahit. Pelatih Inggris Fabio Capello kemungkinan tidak memanggilnya lagi. Bukan karena cedera, tapi karena masalah yang menimpa klubnya, Newcastle United. “Saya melihatnya di TV. Dia cukup sehat, tapi saat ini situasi di Newcastle tidak bagus. Kadang-kadang hasil pertandingan klub di mana seorang pemain bermain tidak bagus untuk membangun kepercayaan diri,” kata Capello. HLEB - Gelandang Barcelona, Aliaksandr Hleb, dikabarkan telah pulih dari cedera pergelangan kaki yang dialaminya empat pekan lalu. Terbukti, pemain asal Belarusia itu telah kembali menghadiri latihan bersama pemain Barca lainnya di Camp Nou. PSV - PSV Eindhoven mengamankan posisi puncak klasemen Eredivisie Liga Belanda usai mencukur De Graafschap 3-0 lewat sumbangan dua gol penyerang Danko Lazovic dan dilengkapi oleh rekannya Ibrahim Afellay.

EKSEKUSI PENALTI - Striker Inter Milan, Adriano, melakukan eksekusi penalti yang berbuah gol kedua di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Minggu (5/10). Ini gol pertama Adriano di kandang Inter.

pertandingan. Ibra memang menjadi algojo penalti nomor satu Inter. Karenanya, Adriano perlu meminta izin untuk mengeksekusi penalti. Dan Ibra pun tanpa keberatan memberi kesempatan pada tandemnya tersebut. Berkat gol penalti Adriano, I Nerazzurri akhirnya menang 2-1 atas Bologna. Adriano merasa senang dengan kemenangan ini meski ia mengingatkan agar tim selalu menjaga penampilan di setiap pertandingan. “Ini kemenangan penting bagi kami. Ini tidak mudah tapi kami tahu liga ini akan menyulitkan kami dan tim lain. Kami perlu tampil seratus persen setiap waktu untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya dilansir Channel4.(Persda Network/ka)

Inzaghi Telah Kembali LAZIO berupaya mendepak pemain yang dikeluarkan Simone Inzaghi sebelum dari skuad Biancocelesti musim ini bergulir. Minggu sepanjang pramusim. Ia (5/10) dini hari, pemain bahkan sempat diperintahyang tak disukai Pelatih kan melakukan latihan Delio Rossi itu terpisah di Formello Ground. menyelamatkanBiancocelesti Upaya Lazio menyingdari kekalahan saat kirkannya gagal, karena menjamu Lecce di Stadion tidak satu tim Seri A Italia Olimpico Roma. yang menginginkannya. “Saya dedikasikan gol ini Pelatih Delio Rossi tidak AP PHOTO punya pilihan selain untuk paman saya yang Simone Inzaghi baru saja meninggal, dan memasukkannya kembali ke diri saya sendiri. Betapa tidak mudah dalam skuad Lazio. berlatih keras dalam dua bulan Tidak aneh jika Inzaghi lerut dalam terakhir,” ujar Inzaghi usai laga yang suka cita ketika mampu mencetak gol berakhir 1-1. yang menyelamatkan timnya. Sejak Inzaghi masuk sebagai pemain masuk lapangan, Inzaghi yakin Lazio pengganti Christian Brocchi menit ketidak pantas kalah dan dia berusaha 82. Menit ke-88, ia memanfaatkan satu menjadi penyelamatnya. “Saya kira peluang menjadi gol yang saya telah kembali. Saya senang bisa menyelamatkan Lazio. mencetak gol ini,” tegasnya.(Persda Inzaghi adalah satu dari beberapa Network/ka)

c m y k


Terbirit-birit Lihat Kucing ENT AH ada phobia macam apa, ENTAH setiap kali melihat seekor kucing melintas di depannya, aktris Nikita Willy selalu lari menghindar jauhjauh. Menurut Nikita, semenjak kecil dia memang benar-benar takut terhadap binatang yang suka melahap tikus itu. Ketakutan Nikita terhadap kucing sudah sejak kecil. Dara kelahiran 29 Juni 1994 itu memandang sosok kucing sebagai hewan yang menyeramkan seperti singa ataupun harimau. “Enggak tahu kenapa, dari dulu aku

paling takut deket-deket sama kucing. Bagiku kucing itu kayak monster. Menurut pemain sinetron Roman Picisan itu, mata kucing sangat menyeramkan. Jangankan memegangnya, menatapnya saja Nikita tak berani. Supaya rasa takutnya hilang, bintang FTV itu disarankan untuk mencoba memegang kucing. Namun tetap saja, Nikita tetap merasa takut. Anehnya Nikita justru sangat menyukai anjing. “Emang sih, katanya anjing itu galak, tapi buat aku nggak tuh,” ujarnya. (abs/*)

● Gossip of the Day! Banjarmasin Post

Donna Agnesia - Darius Sinatrya

B

Lionel (anak tunggal Donna Darius). Tugas rumah tangga tugas wanita, tapi kalau masak dan jemur baju tugas pria,” ucap Donna Agnesia. Mantan pacar aktor Okan Cornelius itu menambahkan, paling lama pembantunya mudik selama 10 hari. Alhasil, selama itu pula Donna dan Darius berjibaku dengan pekerjaan rumah tangga. “Tahun lalu kita kompak. Pokoknya, tidak usah dibikin susah, dinikmati saja. Awalawal bete juga ditinggal pembantu, kerepotan. Tapi karena sudah terbiasa, kita tidak masalah,” tandas artis yang sering menjadi presenter acara-acara olahraga, khususnya sepak bola. Menurut Donna, ada hikmahnya ditinggal mudik pembantu.

Dalam kondisi seperti itu, Donna otomatis ‘dipaksa’ untuk belajar memasak dan mencuci sendiri. Di samping itu, dia juga bisa menyelami betapa pentingnya kehadiran pembantu. “Banyak orang menyepelekan kehadiran pembantu, sopir atau perawat taman dan penjaga rumah. Tapi baru terasa betapa repotnya kalau tanpa kehadiran mereka. Dari situ kita bisa belajar menghargai setiap orang, apapun profesi dan status sosialnya,” ujar Donna, dalam nada bijak. Biarpun kerepotan, Donna dan Darius merasa tidak berhak melarang-larang pembantu rumah tangganya untuk mudik Lebaran. Pasangan seleb ini memandang mudik Lebaran adalah hak mereka untuk

HALAMAN 7

Tak Semua Ditangani Pembantu

Repotnya Ditinggal Mudik Pembantu IARPUN tak meraya kan Idhul Fitri, namun pasangan selebritis Donna Agnesia dan Darius Sinatrya ikut-ikutan kerepotan lantaran ditinggal mudik pembantu rumah tangganya. Akhirnya semua pekerjaan yang biasanya ditangani pembantu, mulai dari ngepel lantai, cuci baju, cuci piring sampai urusan memasak di dapur harus mereka tangani sendiri selama pembantu mudik di kampung. “Waah, ternyata repot banget kalau ditinggal pembantu. Kalau pas Lebaran gini baru terasa betapa kita itu amat tergantung pada jasa Si Mbak (pembantu). Mau nggak mau, pas pembantu mudik, kita bagi-bagi tugas rumah tangga, mulai dari nyuci, ngepel, masak, sampai menjaga

SENIN, 6 OKTOBER 2008

FOTO/NET

berbahagia menikmati kebersamaan dengan keluarga masingmasing di kampung halaman. “Kami sangat menghargai kebutuhan mereka untuk bertemu keluarga. Apalagi ini momen setahun sekali. Ya seperti halnya momen Natal bagi kami berdua yang cuma datang setahun sekali,” ujar Donna. (Persda Network/abs/*)

DI luar momen Lebaran, sebenarnya tak semua urusan rumah tangga diserahkan ke pembantu rumah tangganya. Untuk urusan ngepel lantai, mencuci baju memang diserahkan pembantu. Namun urusan mengasuh anak mereka, Lionel Nathan Sinatrya, sepenuhnya mereka tangani berdua, tanpa bantuan baby sitter. “Bagi kami, urusan mendidik dan mengasuh anak itu erat kaitannya dengan masa depan dia. Karena itu, untuk urusan yang satu ini, biar kami sendiri yang menangani, bukan diserahkan ke baby sitter. Kalau kami keluar rumah, anak sering diajak, tapi kalau ditinggal pasti saya titip sama mama,” ucap Donna. Begitu senangnya menjalani peran barunya itu, presenter olahraga ini mengaku bahagia dapat mengasuh anaknya. “Dalam hal pengasuhan, saya lebih natural. Karena yang namanya ibu pasti tidak ingin kehilangan masa kecil anaknya. Makanya kalau bermain yang agak berbahaya, pasti saya tukar mainannya dengan yang lain,” paparnya. Donna mengaku tipikal seorang ibu yang sangat protektif. “Karena saya yang melahirkannya, jadi agak protektif. Saya juga mengajari anak dari kecil untuk bertemu dengan banyak orang, jadi dia bisa lebih aktif,” paparnya. (abs/*)

c m y k


8

ashion F

Banjarmasin Post

SENIN 6 OKTOBER 2008

Lebaran Indah

Bersama Bilqis

BUSANA muslim memasuki masa perkembangan yang menakjubkan sejak satu dekade terakhir. Bahkan, saat Lebaran seperti sekarang, busana muslim banyak diburu konsumen. Seiring dengan semakin tingginya semangat relijius masyarakat Indonesia, busana muslim kini menjadi tren tersendiri. Rumah mode Bilqis yang dimotori desainer Tuty Adib Ajiputra merilis koleksi busana muslim terbarunya, awal September lalu di sebuah mal di Jakarta Selatan. Tuty yang rancangannya dikenal menggunakan bahan dengan karakter yang istimewa lewat busana karyanya berobsesi bisa menjadikan wanita muslim tampil cantik, bijaksana dan kaya seperti Ratu Bilqis, istri Nabi Sulaiman. “Itu keinginan kuat dalam diri saya,� kata pemilik Rumah Mode Muslim ini saat ditemui di sela acara peragaan koleksi busananya. Tuti mengakui, dirinya mendapatkan nama Bilqis dari buku tentang namanama baik dalam Islam, dan tertarik pada kehidupan sang ratu yang digambarkan sebagai seorang wanita cantik, adil dan bijaksana. Kekayaan, kecantikan dan kebijaksanaan Ratu Bilqis pun dijadikannya filosofi untuk setiap rancangan busana muslim yang dibuatnya. Mengeluarkan tema pergelaran busana Romantic Glamour dengan materi kain sutra sifon, organdi, sutra batik dan sutra baku. Banyak permainan warna yang

ditawarkannya meliputi putih, cokelat, ungu, hitam, hijau dan merah beserta variasi nuansa yang lunak hingga kontras. Jenis busananya juga ragam, berupa pilihan gaun panjang, tunik, serta celana panjang yang berpaduan rok. Detail asimetris, hiasan jumbai-jumbai, taburan manik-manik ikut menyemarakkan suasana pergelaran busana siang hari itu. Beberapa koleksi busana pria juga ikut dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan untuk Idul Fitri 1429 H. Busana muslim sendiri saat ini terus berkembang. Tidak sekedar tren dan komoditas industri semata, tapi menjadi bagian dari menjalankan syariat agama. Karakter rancangan Tuty yang bertaburan manik-manik dan gaya bahan bertumpuk yang diramu dengan teknik dan konsep yang detail. Menjadikan busana muskim Bilqis cocok untuk merayakan bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Jenis busana yang Tuty tampilkan sangat variatif. Misalnya, model longdress, tunik yang dipadu dengan celana maupun rok. Detail asimetris dengan permainan motif-motif dan aksen lengan bentuk lonceng, kerut ataupun bolero dapat mempermanis pemakainya. Meskipun busana rancangan Tuti Adib yang elegan dan dewasa banyak diperuntukan untuk ibu-ibu muda, Tuty juga menegaskan koleksinya juga cocok dikenakan remaja putri. (Persda Network/yon)

PERSDA/YONI ISKANDAR

Bisnis Tak Sengaja UNIK juga, Tuty Adib Ajiputra mengaku, bisnis fashion yang dia tekuni saat ini hingga punya beberapa butik diawali dari ketidaksengajaan. Ceritanya, begitu selesai acara pesta pernikahannya dengan pengusaha properti HM Adib Ajiputra pada 1996, Tuty tiba-tiba tergerak mengenakan jilbab. Saat itu, Tuty kesulitan mendapatkan baju muslim pesta yang sesuai selera. Tuty iseng-iseng merancang sendiri pakaian sehari-hari maupun pakaian pestanya sekaligus menyalurkan hobi desain dan menjahit yang dia miliki sejak duduk di bangku sekolah dasar. Busana hasil rancangannya itu dia kenakan setiap kesempatan keluar rumah. Pelan-pelan karya Tuty mulai dikenal warga Solo. Ciri khas pada busana rancangan Tuty diantaranya ada pada penggunaan manik-manik dan penggunaan kain sutra, motif lipit dan garis feminin. Desainnya juga mengesankan imej ramping kepada pemakainya. (fin) PERSDA/YONI ISKANDAR

PT DHARMA LAUTAN UTAMA ARMADA PELAYARAN NASIONAL

JADWAL BULAN SEPTEMBER & OKTOBER 2008 NO.

HARI

TANGGAL

BERANGKAT JAM

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

Selasa Kamis Kamis Sabtu Sabtu Senin Rabu Jum’at Sabtu Selasa Kamis Sabtu Senin Rabu

23 Sept 08 25 Sept 08 25 Sept 08 27 Sept 08 27 Sept 08 29 Sept 08 01 Okt 08 03 Okt 08 04 Okt 08 07 Okt 08 09 Okt 08 11 Okt 08 13 Okt 08 15 Okt 08

01.00 Wita 02.00 Wita 01,00 Wita 03.00 Wita 21.00 Wita 04.00 Wita 05.00 Wita 02.00 Wita 24.00 Wita 01.00 Wita 02.00 Wita 03.00 Wita 04.00 Wita 03.00 Wita

Catatan : 1. Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah 2. Calon penumpang dimohon hadir 2 jam sebelum kapal berangkat

DARI

KAPAL KM. Kumala KM. Kumala KM. Tirta Kencana I KM. Kumala KM. Dharma Ferry III KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala KM. Kumala

Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Batulicin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin Banjarmasin

TUJUAN Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Makassar Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya

Informasi hubungi :

PT DHARMA LAUTAN UTAMA

Jl. Yos Sudarso No.4 Blok C Banjarmasin Telp. (0511) 4410555 (Hunting) Fax. (0511) 4410488 Layanan SMS 0813 494 78098 & 0811 379 379

c m y k


igital Life D

Banjarmasin Post

SENIN 6 OKTOBER 2008

Zaskia Adya Mecca

Cukup Sekali Kebobolan ATM BAGI Zaskia Adya Mecca, cukup sekali dia menelan pengalaman pahit kebobolan kartu ATM yang membuatnya rugi Rp 27 juta. Kini dia jauh lebih berhati-hati saat bertransaksi lewat ATM, baik menarik uang, mentransfer atau melakukan pembayaran. Sebisa mungkin dia melakukan transaksi di ATM yang berada di dalam kantor bank, bukan ATM di sembarangan tempat. Baginya, kalau ATM-nya di dalam bank, dia bisa langsung meminta bantuan ke pihak banknya kalau terjadi insiden tak mengenakkan. “Ya sudahlah, saya nggak mau mengingat-ingat lagi kejadian itu. Yang penting ke depannya lebih berhati-hati lagi,” kata Zaskia Adya Mecca. Bintang film Ayat Ayat Cinta dan sinetron Munajah Cinta itu tentu bukan korban pertama kejahatan di bilik ATM atau kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri itu. Di berbagai surat pembaca di media koran harian sering dijumpai keluhankeluhan para pembaca tentang ATM-nya yang kebobolan, ATM tertelan dan tak bisa keluar lagi, atau saldo berkurang saat penarikan, padahal duit tidak keluar, atau keluhan oknum tertentu yang memalsukan ATM orang lain dengan tujuan mengurasnya. Musibah yang dialami Zaskia itu terjadi 19 Agustus lalu. Kejadian

bermulai ketika bintang film Ayat-ayat Cinta itu melakukan transaksi non tunai di sebuah ATM bank swasta di Jatiasih, Bekasi, sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah melakukan transaksi, Zaskia pun mengeluarkan ATM-nya. Pada pukul 22.30 WIB ketika hendak melakukan isi ulang pulsa, ia kaget bukan kepalang. “PIN-nya sudah nggak bisa, keganti. Akhirnya telepon ke call center bank Dicek history-nya ada penggantian PIN dan transfer uang Rp 24,5 juta ke rekening BCA cabang Surabaya,” urai Lavinia, manajer Zaskia, belum lama ini. Begitu tahu uangnya raib Rp 24,5 juta, perasaan Zaskia langsung tak menentu. Apalagi ternyata ada keterangan tambahan dari BCA kalau ada transaksi transfer lagi sebesar Rp 2,7 juta. “Jadi totalnya sekitar Rp 27 jutaan. Zaskia lemes, campur-aduk, syok rasanya!” tutur Ina, sapaan akrab Lavinia. Zaskia pantas mengeluh karena duit yang amblas itu hasil cucuran keringatnya capek-capek main sinetron yang jadwal syutingnya tak kenal siang malam itu. Biar begitu, artis berkerudung itu tak lantas langsung meninggalkan transaksi ATM. Kartu digital itu tentu tetap dilihatnya serba praktis untuk urusan transaksi. Hanya saja, dengan kejadian itu pihaknya ekstra hatihati melakukan transaksi. (Persda Network/abs/*)

FOTO/NET

TIPS Transaksi Aman Via ATM BILA seseorang mencuri kartu ATM Anda dan tahu persis nomor PIN-nya, tentu Anda harus menanggung kerugian yang ditimbulkannya, tergantung dari seberapa cepat Anda melaporkan kejadian tersebut. Selalu periksa tagihan Anda. Bahkan jika Anda telah melaporkan hilangnya kartu ATM atau kartu kredit Anda, cek tagihan Anda. Jika ada tagihan yang mencurigakan, segera hubungi bank Anda. Berikut beberapa tips mengamankan ATM dari potensi pembobolan:

FOTO/NET

● Jangan memilih nomor PIN yang dapat ditebak dengan mudah, misalnya nomor telepon atau tanggal lahir Anda, atau nomor tanggal lahir istri anda. ● Ingat selalu nomor PIN Anda, dan jangan taruh nomor itu di dompet Anda. ● Jangan pernah mencantumkan nomor PIN di kartu ATM atau slip penyetoran. ● Cocokkan angka yang tertera di tanda terima ATM dengan angka yang ada di buku tabungan atau rekening bulanan Anda. ● Jangan pernah pinjamkan kartu Anda pada orang lain, atau meninggalkan kartu beserta slip transaksi di sembarang tempat. (abs/*)

c m y k

9


10

sport hot news

Banjarmasin Post SENIN 6 OKTOBER 2008

Rossi Fantastis

Hasil MotoGP Australia 1. Casey Stoner 2. Valentino Rossi

Ducati

40:56.643

Yamaha

+ 6.504

3. Nicky Hayden 4. Jorge Lorenzo 5. Shinya Nakano

Honda

+ 7.205

Yamaha

+ 11.500

oseland 6. James TToseland vizioso 7. Andrea Do Dovizioso 8. Colin Edwards 9. Randy de Puniet

Honda

+ 11.914

Yamaha

+ 12.243

Honda

+ 12.780

Yamaha

+ 25.920

Honda

+ 26.037

10. Loris Capirossi 11. Toni Elias

Suzuki

+ 26.799

Ducati

+ 27.027

12. Anthony West 13. John Hopkins

Kawasaki

+ 47.808

Kawasaki

+ 48.333

Ducati

+ 48.899

14. Sylvain Guintoli 15. Chris Vermeulen

Suzuki + 48.935 16. Marco Melandri Ducati +1:11.767 GAGAL FINIS: Dani Pedrosa (Honda), Alex de Angelis (Honda)

Klasemen sementara

19. Ben Spies

PEMBALAP

20. Jamie Hacking

5

332

21. Tady Okada

2

1. Valentino Rossi

20

2. Casey Stoner

245

KLASEMEN TIM

3. Dani Pedrosa

209

1. Fiat Yamaha Team

514

4. Jorge Lorenzo

182

2. Repsol Honda Team

340

5. Andrea Dovizioso

145

3. Ducati Marlboro Team

296

6. Nicky Hayden

131

4. Tech 3 Yamaha

226

7. Colin Edwards

126

5. Rizla Suzuki Motogp

222

8. Chris Vermeulen

118

6. San Carlo Honda Gresini

161

9. Shinya Nakano

106

7. Alice Team

151

10. Loris Capirossi

102

8. Jir Team Scot Motogp

145

11. James Toseland

100

9. Kawasaki Racing Team

101

12. Toni Elias

91

13. Sylvain Guintoli

60

10. Lcr Honda Motogp KONSTRUKTOR

54

14. Alex De Angelis

55

1. Yamaha

361 286

15. Randy De Puniet

54

2. Ducati

16. Marco Melandri

51

3. Honda

275

17. John Hopkins

50

4. Suzuki

165

18. Anthony West

46

5. Kawasaki

81

AP PHOTO/ANDREW BROWNBILL

Casey Stoner

„ Start Posisi 12, Finis Kedua „ Balapan dengan Kepala Sakit „ Kemenangan Kelima Stoner AP PHOTO/ROB GRIFFITH

Valentino Rossi

Selalu Podium Sejak 1998 VALENTINO Rossi memang fenomenal di jagad balapan MotoGP. Finis kedua saat memulai balapan dari list 12 merupakan kemenangan di Phillip Island, Australia, Minggu (5/10). Ini membuktikan dia memiliki hubungan baik dengan sirkuit. Pembalap yang memakai nomor motor 46 ini selalu naik podium saat balapan di GP Australia sejak tahun 1998. “Sepuluh tahun naik podium sejak 1998 adalah sesuatu yang selalu membuat saya bangga. Start dari barisan keempat dan finis di posisi kedua merupakan hasil terbaik yang bisa kami lakukan hari ini. Saya bahagia melanjutkan hasil bagus sejak di Sachsenring,” jelas The Doctor di motogp. Hebatnya lagi, perjuangan di Australia diiringi cedera leher. Kecelakaan yang ia alami saat kualifikasi memberikan sedikit masalah dan berlanjut hingga balapan. Hingga seri ke-16, Rossi yang sudah memastikan gelar juara dunia hanya dua kali gagal mencapai podium. Pertama di seri pembuka Qatar (Persda dan di GP Belanda.(Persda Network/rie)

TELAH DIBUKA CABANG

OPTIK INTERNASIONAL Jl. Veteran No. 36 Kotabaru Telp. 0518 - 21028

Optik Berkelas, Berijazah & Bergaransi

OPTIK INTERNASIONAL BANJARMASIN Mitra Plaza : Jl. P. Antasari Lt. I/4 Telp. 0511 - 3258941 Optik Tiara : Jl. A. Yani Km. 1,5 Telp. 0511 - 3253927 Duta Mall GF-19 : Jl. A. Yani Km. 2 Telp. 0511 - 4364479

TERSEDIA ALAT BANTU DENGAR

AP PHOTO/ROB GRIFFITH

KENCANG - Pembalap Italia, Valentino Rossi, melaju dengan kencang pada balapan MotoGP Australia di Phillip Island, Australia, Minggu (5/ 10). Rossi finis di posisi kedua di belakang Casey Stoner setelah menyalip 10 pembalap. CASEY Stoner (Ducati Marlboro) berjaya di kandang sendiri. Ia memenangi GP ke-16 yang berlangsung di Phillip Island, Australia, Minggu (5/10), setelah memulai balapan dari posisi pertama. Namun yang patut dilihat adalah langkah fantastis yang dilakukan pembalap Fiat Yamaha, Valentino Rossi. Sang juara dunia ini start dari posisi 12. Sangat tidak menguntungkan. Apalagi ia juga mengalami cedera leher akibat terjatuh saat melakukan kualifikasi sehari sebelumnya. “Persoalan yang saya alami pagi ini adalah kepala saya. Saya bangun pagi ini dengan kepala yang sangat sakit,” kata Rossi di situs resmi motoGP.

Nyatanya, semua itu tak membuatnya makin terpuruk. Sebaliknya, pembalap yang sudah delapan kali merasakan gelar juara di semua kelas ini tampil memikat. Ia terus memacu tunggangannya dan finish pas di belakang Stoner dengan selisih 6,5 detik. Di tempat ketiga diduduki pembalap Amerika Serikat bersama Repsol Honda, Nicky Hayden. “Dengan James (Toseland), saya juga memiliki pertarungan hebat. Dia selalu kuat saat melakukan overtake,” jelas Rossi usai balapan. Rossi pun mengucapkan rasa terima kasih kepada tim medis yang berjasa merawatnya usai terjatuh di kualifikasi. “Saya harus berterima kasih kepada semua di Clinica Mobile dan Dokter Costa karena saya mampu tampil 100 persen

saat balap, terima kasih banyak,” jelasnya. Sementara bagi Stoner, ini adalah ulangan kemenangan tahun sebelumnya. Juara musim lalu ini menyelesaikan 27 lap pertarungan dengan waktu 40 menit 56,643 detik. “Kami mencatat waktu bagis di bebeapa lap dan kami mendapat sedikit keuntungan,” ucap Stoner dilansir iht. Ini merupakan kemenangan kelima Stoner musim ini. Nasib sial justru didapat Dani Pedrosa. Di tengah pertarungan mengamankan posisi ketiga klasemen akhir, pembalap Spanyol ini malah mengakhiri lomba sebelum menyelesaikan satu lap. Ia terjatuh di tikungan pertama.(Persda Network/rie)


Banjarmasin Post

SENIN 6 OKTOBER 2008

Melissa Satta

11

Terbang ke AS untuk Lupakan Vieri NET

BERPISAH dengan orang yang dicintai selalu menimbulkan luka. Apalagi perpisahan tersebut sangat tidak diingini. Begitulah yang dialami Melissa Satta, model seksi

Italia. Hubungannya dengan pesepakbola Christian Vieri berakhir. Untuk menghilangkan rasa gundah dan melupakan kesedihan, ia terbang ke Amerika Serikat.

Ditinggalkannya rumah yang ada di Kota Milan. Dia mengambil jarak yang jauh dari Vieri. Mantan penari di televisi Italia itu terbang menyeberangi samudera, sementera striker Atalanta itu

tetap bertahan di Italia merawat cederanya. Satta datang dengan sejumlah agenda ke Amerika. Dia ingin mengunjungi pantai-pantai nan indah di sana, sambil melupakan

kegagalan cintanya dengan Vieri. Di sana pula, dia berharap dapat kesempatan bergabung dengan rumah model ternama, Victoria’s Secret. Dia berambisi mengenakan

pakaian-pakaian seksi dalam pertunjukan busana. Tapi, tentu tak mudah bagi Melissa Satta meninggalkan Milan. Model cantik itu terlihat sedih meninggalkan Milan.(Persda Network/rie)

Lewis Hamilton-Nicole Scherzinger

Ciuman di Jalan DI tengah kesibukan masing-masing, pembalap Formula One (F1) Lewis Hamilton dan kekasihnya yang juga penyanyi Pussycat Doll, Nicole Scherzinger, terlihat menikmati liburan di Paris, Prancis. Keduanya tampak sangat bahagia dan romantis. Mereka mengunjungi tempat penjualan underwear, makan malam bersama, dan...berciuman di jalanan. Mereka menghabiskan sore di salah satu toko penjualan pakaian dalam wanita. Di sana, Hamilton terlihat seperti penasihat profesional untuk Scherzinger. Dia terlihat mengagumi pakaian dalam berenda dan terbuat dari sutera di etalase. Setelah itu mereka mengunjungi sebuah restoran Paris dan menikmati beberapa masakannya. Namun di sana mereka tak hanya makan. Suasana romantis sepertinya menghanyutkan keduanya. Tangan mereka saling pegang di atas meja. Duduknya pun saling berhadapan. Sesekali mereka tersenyum dan mata seringkali bertemu satu dengan lainnya. Di lain kesempatan, Hamilton (23) terlihat memotret kekasihnya. Scherzinger menunjukkan senyuman manisnya saat sang kekasih membidik dengan kamera kecil di depannya. Tak hanya itu, saat keluar restoran mereka pun tak melewatkan malam di Prancis begitu saja. Satu ciuman bibir mereka lakukan di bawah siraman cahaya bulan. Hamilton dan Scherzinger, penyanyi tujuh tahun lebih tua membina hubungan dan seakan tak bisa dipisahkan sejak bertemu di MTV Europe Music Awards, November tahun lalu. Di antara balapan dan janji dengan sponsorship, Hamilton selalu mendampingi band kekasihnya saat melakukan tur. (Persda Network/rie)

liburan ala hamilton-scherzinger di paris: z Menghabiskan sore di

toko pakaian dalam wanita z Mengunjungi sebuah restoran Paris untuk makan malam z Menikmati malam dengan bermesraan

NET

Sebelumnya “Buta” Tentang F1 MENJADI kekasih seorang pembalap Formula One (F1), barangkali tak pernah ada dalam benak penyanyi Pussycat Dolls, Nicole Scherzinger. Wajar jika ia pun “buta” tentang dunia jet darat tersebut. Itulah pengakuan yang diutarakan sang kekasih, Lewis Hamilton, pembalap yang masih bercokol di puncak klasemen sementara. “Dia sama sekali tak tahu apa itu Formula One,” ucap pemuda Inggris ini dilansir newsoftheworld.

Keduanya bertemu pertama kali di ajang MTV Music Awards di Munich, Jerman, November tahun lalu. “Saya tak pernah memiliki masalah dengan perempuan. Di ajang F1 yang sangat terbuka Anda memiliki kesempatan luas bertemu dengan orang yang belum Anda temui sebelumnya. Hanya sedikit perempuan yang saya temui tak tahu mengenai F1. Dan pacar saya termasuk di dalamnya,” jelas Hamilton. Bahkan saat awal-awal

pembicaraan Scherzinger sempat menanyakan apakah F1 itu sama dengan NASCAR. Namun semua itu tak membuat mereka bisa nyambung dalam pembicaraan. Mereka kemudian sering saling share dan memahami satu sama lainnya. Cewek 30 tahun kelahiran Hawai itu bahkan pernah mengatakan telah membeli sebuah rumah dengan Hamilton setelah berlibur di California dan Spanyol sepanjang jeda F1 musim panas lalu. (Persda Network/rie)

NET

Zlatan Ibrahimovic

Gol Kado Ulang Tahun

NET

PENYERANG Inter Milan asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, patut bergembira. Ia mendapat kado istimewa di hari ulang tahun ke-27 yang jatuh tanggal 3 Oktober. Ibra --panggilan akrab Zlatan Ibrahimovic-- mencetak satu gol ke gawang Bologna dan Inter menang 2-1 pada lanjutan Serie A Italia, Minggu (5/10) dini hari. Ibra pun mengaku senang. “Saya telah bekerja sangat keras untuk dapat mengembangkannya dan saya sangat puas,” ungkap mantan striker Juventus dan Ajax Amsterdam itu. Pemain yang beroperasi di lini depan ini memang tergolong cukup tajam dan menakutkan kiper. Naluri mencetak golnya sudah teruji. Di level klub, 111 gol berhasil ia sarangkan, sementara di timnas Swedia 26 gol.(Persda Network/rie)

c m y k


12

sporten

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

Doni Nomor Buncit

Doni Tata MOTOGP.COM

Indonesia 1

vs

2

ENAM menit terakhir babak kedua jadi petaka bagi Timnas U 16 Indonesia. Gol dari pemain pengganti Timnas Suriah, Muhammad Ali membuat hasil akhir berubah menjadi 1-2 untuk tim dari kawasan Timur Tengah itu.

detik. Catatan waktu ini empat detik lebih kencang ketimbang waktu lap Doni. Marco Simocelli menjadi juara dengan catatan waktu 39 menit 02.553 detik. Dia mencapai kecepatan ratarata 170,890 kilometer per jam. Simoncelli diikuti pembalap Spanyol, Alvaro Bautista yang mencatat 39 menit 02,776 detik. Sementara pembalap asal Finlandia, Mika Kallio di posisi tiga. Bagi Simoncelli ini merupakan kemenangan kelima musim balap 2008 ini. Ia menjadi favorit kuat untuk menjadi juara tahun ini. Ia berpeluang menambah poin pada lomba mendatang di Malaysia. (kdc/ypi)

Taufik Hidayat

Jawara Macau Grand Prix Gold

Meski mereka kalah postur tubuh, tidak membuat takut dalam berduel di lapangan,” kata Mundari Karya. Pelatih Suriah, Kifork Mardakayan mengakui, pertandingan perdana timnya memang sulit karena pemain gugup. “Kami haru meraih tiga pon dan kami berhasil. Sangat penting meraih tiga poin di pertandingan perdana dalam setiap kompetisii,” kata Mardakayan. Hasil pertandingan lain di Grup B, Korea Selatan menang 5-2 atas India. Hasil ini membuat Korea Selatan memuncaki klasemen grup B, unggul selisih gol dari Suriah yang menempati peringkat kedua. (afc/pfc/ant)

Di babak kedua pertandingan tetap berlangsung alot seperti sebelumnya. Kedua tim silih berganti melakukan serangan, dan beberapa peluang pun tercipta. Namun, hingga sepuluh menit jelang bubaran, kedua kesebelasan tetap kesulitan untuk menambah gol. Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit ke-84. Tim Suriah berhasil menjebol gawang Indonesia untuk yang kedua kalinya. Proses gol tersebut mirip dengan gol Saudi Arabia ke Klasemen Sementara gawang Indonesia di Piala Asia 2007 Grup A lalu. Tim M MD K M K Tendangan Uzbekistan 1 1 0 0 7 0 bebas Timnas Iran 1 1 0 0 2 0 Bahrain 1 0 0 1 0 2 Suriah dari sektor Singapura 1 0 0 1 0 7 kanan, berhasil ditanduk Grup B Muhammad Ali Tim M MD K M K sekalgus membawa Korea Selatan 1 1 0 0 5 2 Suriah 1 1 0 0 2 1 keunggulan 2-1 Indonesia 1 0 0 1 1 2 bagi Suriah. India 1 0 0 1 2 5 Sisa waktu lima menit plus injury Grup C time ternyata tidak Tim M MD K M K cukup bagi IndoneAustralia 0 0 0 0 0 0 China 0 0 0 0 0 0 sia untuk Arab Saudi 0 0 0 0 0 0 menyamakan Turkmenistan 0 0 0 0 0 0 kedudukan. “Kita memang Grup D kalah, tapi anakTim M MD K M K anak mampu Jepang 0 0 0 0 0 0 Malaysia 0 0 0 0 0 0 memperlihatkan Uni Emirat Arab 0 0 0 0 0 0 semangat juang Yaman 0 0 0 0 0 0 hingga akhir pertandingan.

P 3 3 0 0 P 3 3 0 0 P 0 0 0 0 P 0 0 0 0

Dilema Persik Kediri BEBAN yang dipikul Persik Kediri semakin berat. Setelah terkena krisis keuangan, Persik juga harus menjalani pertandingan usiran melawan Arema Malang, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/10) mendatang. “Tentu hal ini menjadi beban tersendiri bagi anak-anak,” kata Pelatih Persik, Arcan Iurie di Kediri, Jawa Timur, Minggu (5/10). Danilo Fernando dan kawan-kawan sebelumnya sempat melupakan masalah gaji selama tiga bulan yang tidak dibayar penuh dan tidak adanya tunjangan hari raya (THR) setelah berhasil mempermalukan tuan rumah Persija Jakarta dengan skor 3-1 beberapa waktu lalu. Namun, motivasi mereka tentu berpengaruh lagi karena harus menjalani pertandingan kandangnya di luar Kediri karena pihak Polresta setempat tidak memberi jaminan keamanan dalam lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia 2008 melawan Arema. Polisi tak ingin kerusuhan di

(Spanyol), Federico Sandi (Italia), Manuel Hernandez (Spanyol). Sebelumnya, Doni Tata Pradita menempati posisi start ke22. “Hari ini saya kembali mengalami dua kali kecelakaan. Keduanya akibat problem pada roda depan,” ujar Doni. “Kelihatannya ban depan tidak bekerja dengan sempurna. Setiap memacu motor, saya kehilangan kendali pada bagian depan sehingga terjatuh,” ujar Doni, seperti dikutip siaran pers Yamaha Pertamina Indonesia. Pemuncak klasemen Marco Simoncelli (Gilera) menempati posisi pole dengan waktu lap 1 menit 32,075

Suriah

Petaka Tendangan Bebas Indonesia menjalani laga perdana Grup B turnamen Piala Asia U-16 2008 di Stadion MHSK, Tashkent, Uzbekistasn, Sabtu (4/10) malam waktu setempat. Kekalahan ini membuat target target imbang di laga perdana gagal diraih tim asuhan pelatih Mundari Karya. Mundari lebih menekankan strategi serangan balik cepat kepada pemainnya. Ditunjang motivasi dan rasa percaya diri pemain yang sangat tinggi, skema permainan yang dimainkan Rudi Setiawan dkk mampu merepotkan pertahanan Suriah. Suriah lebih dulu unggul menit ke-23 babak pertama. Diawali serangan dari sektor sayap kanan, pemain Suriah dapat melakukan crossing ke belakang pertahanan timnas yang tidak terjaga. Rabiee Jmhaa mampu memanfaatkan situasi ini dengan menjebol gawang Indonesia yang dikawal Beny. Tapi Indonesia tak perlu menunggu waktu lama untuk menyamakan skor. Vava Mario Yagalo membobol gawang Suriah menit ke-29. Gol tersebut tercipta melalui tendangan voly memanfaatkan sepak pojok yang dilakukan oleh Fahreza Agamal.

PEMBALAP harapan Indonesia, Doni Tata Pradita masih belum bisa menunjukkan prestasi yang bagus di ajang balap motor 250 cc. Doni hanya mampu finish di urutan 17 pada balapan 250 cc di Sirkuit Phillip Island, Minggu (5/10). Lomba ini dimenangi pembalap Italia, Marco Simoncelli. Doni yang membela tim Yamaha Pertamina Indonesia, masuk finis sebagai pembalap terakhir. Ia mencatat waktu 39 menit 31,909 detik. Namun ada lima pembalap lainnya yang gagal menyelesaikan lomba, yaitu Hiroshi Aoyama (Jepang), Mattia Pasini (Italia), Hector Faubel

Stadion Brawijaya Kediri yang berlanjut dengan perusakan rumah warga oleh ribuan pendukung Arema Malang, Januari 2008 lalu terulang. Selain itu, polisi tak mau konsentrasi mengamankan kampanye Pemilihan Wali Kota Kediri yang berlangsung pada 6 hingga 19 Oktober 2008 terpecah. “Tiga pertandingan berikutnya merupakan pertandingan yang keras dan berat lantaran setelah menjamu Arema di Sidoarjo, anak-anak harus menjalani Tur Papua,” kata pelatih berkebangsaan Moldova itu. Setelah menjamu Arema di Sidoarjo, Persik harus terbang ke Jayapura untuk menghadapi tantangan tuan rumah Persipura di Stadion Mandala Jayapura pada 15 Oktober 2008. Kemudian pada 19 Oktober 2008, Persik melanjutkan perjalanannya ke Wamena guna bertanding melawan tuan rumah Persiwa di Stadion Pendidikan Wamena. “Tapi bagaimanapun juga kami tetap harus berangkat

dengan semangat tinggi dalam kondisi apapun,” kata Arcan Iurie. (ant)

z Ganda campuran: Xu Chen (China)/ Zhao Yunlei (China) z Tunggal puteri: Zhou Mi (Hongkong) z Ganda putera: Koo Kien Keat (Malaysia)/ Tan Boon Heong (Malaysia) z Ganda puteri: Ma Jin (China)/ Wang Xiaoli (CHina) z Tunggal putera: Taufik Hidayat (Indonesia)

DOK.BPOST/ANTARA-ANDIKA WAHYU

Akhir Penantian Taufik PENANTIAN pebulutangkis Indonesia Taufik Hidayat untuk meraih gelar pertama tahun ini akhirnya terwujud. Dia berhasil menjadi juara pada turnamen Grand Prix Gold di Macau, Minggu (5/10). Pada pertandingan yang digelar di stadion Tap Seac Multisport Pavilion, Taufik, yang diunggulkan di tempat keempat, menundukkan unggulan utama asal Malaysia Le Chong Wei, 21-19 21-15. Kemenangan ini sangat berarti bagi Taufik yang kemmapuannya mulai diragukan. Gelar tunggal putra yang diraih Taufik sekaligus jadi pelipur lara Indonesia. Sebab, dia satu-satunya pebulutangkis Indonesia yang berhasil masuk babak final dan menjadi juara. Para pemain Indonesia lainnya bertumbangan di babak penysihan turnamen berhadiah total US$ 120 ribu (sekitar Rp 1,14 miliar) tersebut. Sebelumnya dia gagal dia gagal di Piala Thomas, Olimpiade Beijing 2008 serta beberapa turnamen super series seperti All England, Jepang Terbuka, serta China Masters. Dua turnamen terakhir dimenangi oleh pemain pelatnas lainnya, Sony Dwi Kuncoro. Sementara bagi ChongWei kekalahan ini sangat menyakitkan. Pemain utama Malaysia ini me-

mutuskan mundur dari turnamen China Masters Super Series pekan lalu setelah kalah dari Sony Dwi Kuncoro di Jepang Terbuka Super Series, pekan sebelumnya. Tanda-tanda kemenangan Taufik terlihat sejak set pertama dimulai. Tanpa ragu, Taufik mengambil inisiatif penyerangan dengan terus melancarkan smes-smes akurat yang tak dapat dikembalikan Lee. Taufik langsung tancap gas dengan meninggalkan unggulan pertama itu dengan skor 4-0. Namun

keunggulan pebulutangkis asal Jawa Barat itu tidak bertahan lama, karena Lee sempat berbalik unggul 6-5 dalam waktu kurang dari tiga menit. Lee coba balik menekan dan berupaya mengendalikan irama permainan. Tapi Taufik yang kenyang pengalaman, bisa mengimbangi skenario yang coba dikembangkan Lee dan membungkus kemenangan set pertama dalam waktu 16 menit. Di set kedua, Taufik kembali bermain agresif dengan unggul 3-0 lebih

dulu. Lagi-lagi Lee mengejar dan berupaya melanjutkan permainan ke set penentuan. Tapi Taufik yang sudah berada di atas angin, malah unggul jauh 18-11 melalui smes-smes maut yang diperagakannya. Lee yang merupakan tunggal terbaik Malaysia mampu menapak hingga ke angka 15. Tapi Taufik yang bermain penuh semangat menyerang mampu mematok perolehan angka Lee dan akhirnya mengakhiri set kedua dengan selisih cukup jauh. (kdc/okz/tic)


layanan publik

Banjarmasin Post

SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

13

PEMBACA setia BPost, silakan sampaikan keluhan, saran dan kritik Anda terhadap public service atau masalah pembangunan di banua kita, secara singkat, cerdas dan santun melalui SMS ke nomor (0511) 7445000. Caranya: Ketik HOT <spasi> (isi SMS Anda)

Bosan Kesemerawutan PAK Wali Kota, tolong tertibkan dan perhatikan Jalan Kelayan A maupun Kelayan B. Kami warga Kelayan sudah bosan pada kesemerawutan, kemacetan serta kekumuhan dan tolong tertibkan bangunan liar di sisi kiri kanan jalan. Terima kasih dan ditunggu gebrakannya. (085251100xxx)

Parkir Berlapis

Semau Gue

Truk Dilarang

PAK Wali Kota, tolong tegur dan tindak pengelola parkir di Pasar Lama karena setiap hari macet disebabkan parkir yang berlapis. Mana hak kami sebagai pengguna jalan. Terima kasih. (081348279xxx)

KEPADA Pemko Banjarmasin. Tolong dong diatur taksi kuning di Jalan Antasari. Kalau setop, semau gue. Aku pingin cepat tapi terhalang taksi kuning, jadi kesal hingga lampu merah lagi. Apakah harus begini terus. (081348421xxx)

YANG terhormat RT 22 dan RT 44 Jalan Mangga Banjarmasin. Tolong pak ya, diimbau truk dilarang masuk demi jalan kita biar tidak rusak. Apalagi wali kota mengimbau agar kita merawatnya. Terima kasih. (05119144xxx)

Demi Rakyat KADA lawas lagi kita menghadapi pemilu, mancungul banyak partai politik bersaing bajual misi wan visi. Kada kalah jua calon elit politik marabutakan kursi. Yang ulun harapakan, bila sudah duduk bujur-bujur demi rakyat. Kada sekadar memanfaatkan jabatan untuk kapantingan pribadi. (085249805xxx)

Macet Tiap Hari KEPADA yang terhormat Bapak Gubernur. Tolong dibikinkan satu lagi jalan provinsi, karena mobil bertambah terus tiap bulan. Terjadi kemacetan tiap hari. Kepada yang terhormat Bapak Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, tolong anak buah pian maaturakan jalan yang dalam keadaan macet. Jangan ada mobil bergandeng dua. (081351970xxx)

Buangi Sampah KEPADA Pemko Banjarmasin, coba pang dibuangi sampah di pasar iwak Sentral Antasari. Sudah tujuh hari sampahnya kaya gunung, tinggi banar. Jangan dana RAPBD aja yang dipikirkan. (05117311xxx)

Kada Pernah LAPOR pak, tolong jalan di Gang Ampera 3 diperbaiki. Sudah tiga kali baganti gubernur, kada pernah dibaiki. Padahal jalan itu tembus ke Trisakti. (05117318xxx)

Tak Pernah Diaspal

Gelap Total KEPADA Bapak Wali Kota. Jalan dekat bundaran Kayutangi kalau malam gelap total, tak ada lampu jalan yang menyala dan sering terjadi kecelakaan. (05117300xxx)

Kesadaran Rendah KESADARAN berlalu lintas masyarakat Kota Banjarmasin sangat rendah. Di jalan seenaknya masuk jalur kanan kiri, karena tidak ada marka jalan terutama di Jalan A Yani. (05117565xxx)

Pasangi Lampu UI diurusi pang tata kota. Jalan dekat lapangan pesawat tepatnya keluar emas hitam/batu bara, dipasangi lampu jalan pang! Jangan pajaknya aja, kasian rakyat kecil yang lewat, tolonglah. Kalau kami kecelakaan, apa ada asuransinya. Karena itu jalan harus dilampui. Sudah debu karena emas hitam lewat, jalan gak ada lampunya. Emas hitam bayar aja kalu pajak? Tolongai dilampui jalannya. (05117376xxx)

KEPADA yang terhormat Kepala Dinas Kimprasko Banjarmasin. Saya sebagai warga Veteran Kompleks Kenari Raya menanyakan, kenapa jalan di Kompleks Kenari Raya tidak pernah diaspal? Padahal jalan di Kompleks itu adalah jalan alternatif atau penghubung Jalan Veteran dengan Kampung Melayu. Jalan itu rusak berat dan berlubang. Terima kasih atas perhatian dinas yang terkait. (085248853xxx)

Jadi Pelajaran KASUS penggelapan uang nasabah lagi rame di Jawa. Patut menjadi pelajaran bagi masyarakat Kalsel. Jangan sampai kasus voucher dahulu terulang lagi. Investasi dengan bunga tinggi sering kali membuat masyarakat tertarik dan terlena. Itu juga sering terjadi di banua kita. (081351721xxx)

Formasi SMU KEPADA yang terhormat Kepala BKD di Kalsel. Kawalah penerimaan CPNS tahun ini dan selanjutnya ada formasi untuk mereka yang berijazah SMU? Kasian yang berijazah SMU kada kawa umpat tes CPNS, karena kada kawa manyambung sekolah untuk menjadi sarjana. (087817129xxx)

Mending Tak usah KEPADA yang terhormat Bapak Pemimpin SPBU Belitung. Maaf sebelumnya, saya sering mengisi premium di tempat bapak. Tapi tiap saya mengisi, saya kecewa. Misalnya saya mengisi sejumlah Rp 20.125 dan saya kasihkan Rp 25 ribu, masa kembaliannya cuma Rp 4 ribu. Tiap kali saya tanya, kata petugasnya pembulatan. Dapat hitungan dari mana pak anak buahnya itu? Saya bukannya mau mempermasalahkan uang yang sedikit itu, tapi semboyan SPBU kan ‘Pasti Pas’. Kalau begini keadaannya, mendingan gak usah dipake semboyan kayak itu pak. Beda sama kinerja di lapangan. (085251942xxx)

Tanggapan : KEPADA yang terhormat pelanggan SPBU Belitung, kami selaku pimpinan mengucapkan terima kasih atas laporan keluhan kekurangan kembalian pembelian BBM di SPBU Belitung (Rp 875). Ke depan, kami meningkatkan pengawasan kinerja operator menuju yang terbaik sesuai slogan ‘Pasti Pas’. Apabila di kemudian hari terjadi kasus serupa, harap catat nama operator yang melayani saudara dan laporkan ke nomor HP 0813 5199 7576. Wassalam, SPBU Belitung No 64 701 08. RIYANTO Pemimpin SPBU Belitung

BANJARMASIN POST/APUNK

DARURAT - Sejumlah orang melintasi jembatan darurat di Jalan Provinsi, di Desa Sungai Lembu, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (2/10) lalu. Jembatan yang ambruk beberapa tahun lalu akibat terkikis air saat banjir, hingga kini tak juga dibangun kembali, padahal sangat vital bagi pengguna jalan.

Belum Cair Juga KOTABARU - Yang terhormat Kadiskes Kotabaru. Kami pernah menjadi PTT di Kotabaru, tetapi sudah sembilan bulan tunjangan dokter yang dijanjikan akan dibayar pada April belum juga dicairkan dan molor tanpa kepastian. Padahal kami sudah lama selesai masa bakti. Biasanya tunjangan daerah dirapel tiap tiga bulan. Apakah kabupaten belum memberi dananya? Terima kasih. (085736429xxx)

Informasi Lengkap MENANGGAPI SMS dari 08138008XX di BPost Edisi Jumat 3 Oktober 2008, kami dari PDAM sangat berterima kasih atas laporan pelanggan tersebut. Untuk lebih memudahkan kami mengontrol lokasi/tempat tersebut, kami mohon kepada bapak untuk memberikan informasi yang jelas dan lengkap agar petugas kami dapat membersihkannya. Atas perhatian Bapak diucapkan terima kasih. H KURSANI SKM Direktur PDAM Barabai

Masalah Jalan

Untuk PKL

Kada Beres

BANJAR - Kami guru Aliyah Aluh-Aluh sudah satu tahun mengajar kada malapor kurangnya sarana, guru dan dana, tapi handak bapadah masalah jalan Kecamatan Aluh-Aluh sampai Pasar Arba (Kecamatan Gambut) nang masih badugul, baluang-luang sampai pagat, parak taka sungai kalau dilalui. kalau banyu pasang, calap tu pang. Artinya, masih randah pada sungai dan banyaknya pengikisan banyu. Semoga Allah membukakan hati bagi nang berkompeten, sehingga langsung meninjau wan manangani permasalahan itu. (081348027xxx)

BANJAR - Bolehkah menukar lahan parkir di Pasar Batuah untuk PKL? Nyaman ulun menukar, sebab sewa toko larang banar di Pasar Batuah. Bayar pajak larang banar di toko. (081351115xxx)

BALANGAN - Pak Bupati yang terhormat. Saya dengar, minggu kemarin PDAM Balangan mendapat tropi disiplin kinerja baik. Tapi kami masyarakat Balangan merasakan, khususnya PDAM Cabang Lamida Bawah (Maliho) gawiannya kada beres. Masa air dari sungai langsung dialirkan, tidak diolah lebih dulu sehingga airnya kaya susu coklat. Kalau tidak diberi tindakan, maka sebaiknya namanya diubah menjadi penyaluran air kotor aja. (081521642xxx)

Sensor Situs Porno HULU SUNGAI SELATAN - Saya cukup respek terhadap tumbuhnya warnet di Kandangan dan sekitarnya, tapi percuma kalau yang diakses cuma situs porno. Untuk pengelola, sebaiknya pakai aja tenaga ahli untuk memblok situs porno yang sering diakses sehingga usaha Anda tidak mudarat. Kalau perlu ada perda di Kabupaten HSS yang mengatur masalah itu. Bagaimana pun zaman sekarang internet itu perlu, tapi tidak harus merusak moral umat, ok? (081952753xxx)

Tuntaskan Listrik TANAH BUMBU - Bravo putra-putri Tanbu yang mencaleg. Kami dukung, asalkan bisa menuntaskan permasalahan listrik yang sudah membuat kita semua dirugikan. Jangan cuma janji ini itu, sewaktu mencalonkan diri, tapi nantinya malah cuma duduk manis. Karena, walau sarjana tapi SDM-nya nol. (085251949xxx)

Jalannya Sakit TAPIN - Pak Bupati Tapin. Coba pian berkunjung lewat Desa Batu Ampar sampai ke Batung merasa tu jalannya sakit banar, lakasi diaspal supaya nyaman dilalui. Dari warga Dayak Meratus. (081349791xxx)

Surat Dishub

Banyak lubang

TANAH BUMBU - Yang terhormat Dishub Tanah Bumbu. Apakah untuk bisa membeli solar harus ada surat keterangan resmi dari Dishub, dan untuk memilikinya kenapa kita harus membayar Rp 250 ribu. Itu kemahalan. (08125040xxx)

BATOLA - Yang terhormat Bapak Camat Handil Bakti. Tolong jalan di Handil Bakti diperbaiki, karena banyak lubangnya. Kasihan pangguna jalan, banyak yang tarabah. Kalau malam, lampu jalan kada banyala pulang. (081952810xxx)

Bawa Jeriken BANJARBARU - SPBU Simpang 4 Banjarbaru masih melayani truk batu bara dan pelangsir. Malah kami pernah melihat operator SPBU tersebut membawa jeriken dari rumah. Pertamina apa tindakanmu? (05117576xxx)

Segera Selesaikan HULU SUNGAI SELATAN - Kepada yang terhormat Bupati HSS. Tolong segera diselesaikan proyek jalan by pass memutar. Jalan A Yani sekarang sudah terlalu padat sehingga sering terjadi kecelakaan lalu lintas, karena jalan masuk bagi semua taksi dan kendaraan umum ke Kota Kandangan menumpuk di sana. Tirulah kota di kabupaten lain yang sudah mengalihkan jalan ke by pass. Kasihan warga HSS. Tiap hari terjadi kecelakaan hanya karena ada keperluan ke Kandangan. Katanya bapak cinta kepada umat. Terima kasih atas perhatiannya. (081952753xxx)

Belum Dibayar TAPIN - Kajari Tapin dan Kepala BPKP Kalsel. Tolong kami guru di Kabupaten Tapin, sampai menjelang akhir tahun anggaran 2008, rapel kenaikan tunjangan fungsional kami sejak Januari 2008 belum dibayar Dinas Pendidikan Tapin. Sedangkan tunjangan fungsional itu berasal dari dana pemerintah pusat, bukan dari PAD Tapin. Kemana ngacirnya dana tersebut? Dideposito oleh Dinas Pendidikan ya? sungguh malang nasib kami. (081348571xxx)

Pemecah Gelombang TANAH BUMBU - Pemkab Tanah Bumbu. Untuk membuat dam pemecah ombak di tengah pantai, Taman Wisata Rindu Alam di Kusan Hilir harus diperluas hingga sisi jalan raya dan Sungai Loban, agar pohon pinus yang ada tak tumbang. Manfaatnya mengurangi banjir, menjadi tempat bersantai dan bermain keluarga, menjaga pantai serta menggantikan hutan gundul dan menjadikan taman hutan terpadu. (08195170xxx)

Malah Naik BATOLA - Pada saat kampanye, bapak bupati menyuarakan lantang bahwa biaya pendidikan gratis. Mana realisasi janji pian itu, dan kenapa sekarang justru biaya pendidikan malah naik dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per bulan untuk SMU. Sekali lagi, mana nah janji pian dulu. (081349575xxx)


14

banjarmasin post

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

Halimah-Bambang Terlihat Rukun BAMBANG Trihatmojo berseteru dengan istrinya, Halimah, memperebutkan harta gono-gini. Namun Bambang yang kini menggandeng penyanyi Mayangsari itu, pada hari Lebaran tampak akrab bersama Halimah. Keterangan ini diperoleh dari cucu pertama almarhum Soeharto, Ari Sigit. Menurut suami pesinetron Ricca Callebout tersebut, paman dan bibinya saling bertegur sapa. Bahkan ketika paman dan bibinya bertemu, tak ada percik emosi sedikitpun.

“Kami berkumpul di rumah Eyang di hari kedua Lebaran. Seluruh keluarga ada,” kata Ari di sela-sela pembagian paket makanan kepada anak yatim di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (5/10). Ari membenarkan seluruh keluarga itu termasuk Bambang Tri dan Halimah. “Mereka baik-baik saja tuh, ya ngobrol lah, biasa aja,” lanjut mantan suami Anissa Trihapsari ini. Sebagaimana diketahui, Bambang Tri dan Halimah masih tersangkut perkara ce-

rai di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Terakhir Majelis hakim mengabulkan pengajuan sita marital ibu dari Gendis dan Panji tersebut. Atas keputusan itu Halimah berhak mendapatkan properti dan benda-benda bergerak suami Mayangsari itu. Sayangnya Ari enggan berbicara lebih banyak soal Lebaran keluarga Cendana. “Sudah ya Mas,” pintanya kepada para pewarta agar tak bertanya lebih banyak lagi soal pertemuan Bambang dan Halimah.(kps)

Terlalu Perkasa „ Sambungan hal 1

Sementara Liverpool masih terlalu perkasa bagi Manchester City. Liverpool yang tertinggal dua gol atas tuan rumah Manchester City kemarin, akhirnya mampu membalikkan keadaan melalui dua gol yang dilesakkan striker asal Spanyol, Fernando Torres dan tambahan satu gol di injury time dari Dirk Kuyt. Ini menambah daftar panjang sejarah keperkasaan Liverpool dalam pertemuannya dengan City. Skuad Rafael Benitez tak terkalahkan dalam enam laga terakhir melawan City dengan empat kemenangan, dan dua seri. Para Liverpodlian--sebutan fans Liverpool--, pun puas dengan hasil itu. Apalagi satu dari dua gol Torres itu telah mencetak sejarah. Dia mencetak gol ke-1.000 bagi The Kop sejak Premier Leguege digelar.

Jalannya pertandingan di babak pertama menunjukkan kedigdayaan skuad Mark Hughes. Liverpool pun seperti tidak berdaya. Permainan cantik yang diperagakan oleh Robinho dan Shaun Wright-Phillips. Pemain termahal di Liga Inggris, Robinho yang sering menjadi target umpan di pertandingan itu memang selalu bergerak untuk mengacaukan lawan. Dia juga menjadi pengumpan yang baik dalam pertandingan tersebut. Di menit 19, terjadilah petaka di gawang Pepe Reina. Wright-Phillips yang bermain ngotot di sayap kanan berhasil melepaskan diri di ko-

tak penalti. Mantan pemain Chelsea yang kembali lagi ke City itu memberikan bola kepada Robinho. Sebelum jatuh, striker Brasil ini menyodorkan bola kepada Stephen Ireland yang langsung menembak keras bola dan menggetarkan jala gawang yang dijaga Reina. Kemudian Garrido menggandakan keunggulan bagi City hingga turun minum. Di babak kedua, Liverpool mulai bangkit. Fernando Torres mencetak gol di menit 55 dan 73. Kemudian Kuyt memastikan kemenangan Liverpool di injury time. (rbt/kps)

KLASEMEN SEMENTARA 1. Chelsea 2. Liverpool 3. Hull City 4. Aston Villa 5. Arsenal

7 7 7 7 7

5 5 4 4 4

2 2 2 1 1

0 14-3 17 0 10-4 17 1 10-11 14 2 14-10 13 2 13-5 13

Miranda Masih ... „ Sambungan hal 1

Setidaknya Agus telah menyebut nama-nama rekan sefraksi yang diduga turut menerima cek perjalanan yakni, Tjahyo Kumolo, Panda Nababan, Emir Muis, Dudi Makmun Murod, Budiningsih, Wiliam Tutuarisma, M Iqbal, Rusman Lumban Toruan dan Mathius Formes. “Beberapa nama dari 41 anggota Komisi Keuangan DPR periode 1999-2004, akan dipanggil KPK,” ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi SP. Kemarin, Miranda nongol di Departemen Keuangan untuk mengikuti rapat koor-

dinasi mengenai dampak persetujuan bailout Amerika Serikat. Wartawan pun langsung mencegatnya dan melontarkan pertanyaan seputar aliran cek perjalanan itu. Tidak sepatah kata keluar dari mulutnya. Miranda yang mengenakan baju batik itu langsung bergegas menuju mobil sedan bernomor polisi B 1646 BS untuk menghindari para wartawan. Sementara itu, Ketua KPK, Antasari Azhar berjanji segera tancap gas menyelesaikan kasus aliran dana ke DPR melalui cek perjalanan itu. Penyidik KPK bakal melakukan penyidikan ekstra intensif.

“Usai Lebaran, kita siapkan tenaga ekstra,” kata Antasari Azhar, mengingatkan kepada jajarannya untuk bekerja lebih maksimal lagi, terutama dalam menyeret namanama yang terlibat dalam dugaan kasus suap Miranda. Sejauh ini, penyidikan kasus itu telah menemukan titik terang. Meskipun baru Agus Condro yang mengaku menerima cek perjalanan, setidaknya 41 nama lainnya, sudah ada di tangan KPK. Sementara itu, Agus Condro siap memenuhi panggilan KPK usai Lebaran. “Saya datang ke KPK nanti setelah Lebaran,” kata Agus.(inl/dtk)

AAC ‘Singkirkan’ ... „ Sambungan hal 1

Menurut Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Junus Effendi Habibie, film yang merupakan adopsi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini, sengaja dipertontonkan kepada masyarakat Belanda dan warga negara Indonesia yang berada di Belanda untuk menunjukkan bagaimana sesungguhnya kehidupan dan kepribadian Muslim terhadap mereka yang berbeda agama. Dalam film itu, lanjut saudara mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie ini, menggambarkan bagaimana sosok Fakhri (diperankan Fedi Nuril) mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh

pendidikan di negeri Timur Tengah bersahabat dengan orang non-Muslim. Bahkan rasa saling menghargai dan tolong menolong di antara mereka, tidak mengenal agama. Islam dalam film itu, digambarkan penuh dengan kedamaian dan keramahan. Tidak ada satupun yang menunjukkan adanya tindakan kekerasan seperti yang banyak dikhawatirkan kaum non-Muslim. Junus Effendie mengakui bahwa sebagian masyarakat Belanda masih ada yang paranoid dengan Islam seperti pada kelompok-kelompok Geert Wilders yang pernah mendapat kecaman kaum Muslim di dunia terkait dengan film tentang Islam yang

pernah dibuatnya itu. Dalam film Fitna, Wilders menggambarkan kekerasan dan memperlihatkan peristiwa seakan-akan Islam bertanggung jawab dengan semua peristiwa kekerasan yang terjadi. “Tidak benar kalau Islam itu identik dengan kekerasan. Kami akan buktikan kepada dunia bahwa Islam itu merupakan agama yang rukun. Kita juga nantinya akan melakukan open house kepada seluruh masyarakat Belanda pasca-hari Natal,” jelasnya. “Kita juga sudah menjelaskan kepada orang-orang Belanda bahwa Indonesia bukanlah negara Islam meski penduduknya banyak yang Muslim,” tambahnya.(rbt/kpl)

Hintalu Jaruk „ Sambungan hal 1

Di rumah sakit, Palui dipariksa darah, liur, kamih, jantung dan macam-macamlah. Berdasar hasil pamariksaan itu tanyata Palui kana panyakit kuning dan diharuskan baistirahat manginap di rumah sakit. “Ikam Lui ai harus banyak makan nang manis-manis,” ujar Garbus manasihati Palui wayah mailangi. “Dasar katujuku jua nang manis-manis Bus ai, apalagi manisnya itu putih kuning lamak mungkal,” sahut Palui. “Aku sanang banar ikam kawa haja balulucu Lui ai, artinya kada garing dan ikam panjang umur,” ujar Tulamak. “Cuma Bus ai, kararancakan makan dan nginum nang manis-manis ini rasa dulak jua liur. Handak jua sakalisakali mamakan makanan lain nang lamak, masin, padas dan basantan,” ujar Palui.

Wayah Garbus wan Tulamak sudah bulik, maka Palui mangiyau bibi rumah sakit handak minta tulung tukarakan hintalu jaruk. Takutan katahuan parawat, maka Palui babisik haja wan bibi asal Jawa itu: “Bibi, tulung tukarakan hintalu jaruk, eee... maksudku belikan telor jaruk,” ujar Palui tapuntal-puntal bapander babahasa Indonesia bacampur bahasa Banjar supaya bibi paham. “Ini nah... duitnya, belikan talu bigi,” ujar Palui manyuruh. Si bibi imbah manarima duit, langsung haja tulak manukarakan napa nang diminta Palui. Kada lawas, bibi datang sambil manjulung bungkusan. “Ini nah sudah saya belikan,” ujar bibi sambil manjulung angsulannya yang kemudian angsulan itu dibariakan Palui. Wayah bubuhan perawat kadada lagi di ruangan maka

Palui bagamat mambuka bungkusan handak mamakan hintalu jaruk. = “Eeee... kanapa maka hintalu wan limau nang ditukarakan bibi. Padahal suruhanku jelas banar hintalu jaruk. Hintalunya malah hintalu bajarang, biasa kada masin dan ditambah babarapa bigi limau. Ngalih bibi ini kada pamahaman,” ujar Palui pina hiran sambil gagarunum. Sambil manguyak limau itu Palui bapikir, kanapa maka bibi salah dangar dan salah tukar. “Ooo... aku paham, aku mangarti bahwa akulah nang nang tasalah bapander bahasa Banjar tacampur-campur wan bahasa Indonesia. Jadi bibi itu manafsirkan panderaku tukarakan hintalu jaruk atau telor jaruk dipahaminya adalah telor dan jeruk. Kalu kaya itu sama-sama pambabalnya,” ujar Palui kada jadi sarik mangakui kasalahannya. emhati(repro)

Kalsel Optimistis „ Sambungan hal 1

“Ini gambaran iklim investasi di Kalsel sangat kondusif, tidak terpengaruh krisis keuangan global,” kata Kasubdin Perdagangan Luar Negeri Disperindag Kalsel, Siti Djumiah, di Banjarmasin, Minggu (5/10). Menurut Siti, target nilai ekspor Kalsel jauh meningkat dibanding pada 2007 yang hanya 2,9 miliar dolar AS. Sedangkan pada tahun 2006 sekitar 2,6 miliar dolar AS. “Kita sangat optimistis, target nilai ekspor hingga 3,3 miliar dolar AS bisa tercapai,

karena sampai Juni 2008, nilai ekspor telah mencapai hampir 2 miliar dolar AS,” cetusnya. Pada Juli hingga Oktober, peningkatan nilai ekspor cukup tajam, kendati secara rinci belum dilakukan perhitungan. Kenaikan nilai ekspor di Kalsel per bulan cukup signifikan, misalnya Mei lalu, nilai ekspor baru 1,5 miliar dolar AS lebih, atau meningkat dari 2007 pada periode Januari hingga Mei, yang hanya 1,2 miliar dolar AS. Sedangkan hingga akhir Juni meningkat menjadi 1,9

miliar dolar AS lebih. “Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi kami,” tambahnya. Total volume ekspor meningkat tajam. Pada periode Januari hingga Juni, total volume ekspor Kalsel mencapai 42 juta ton lebih, naik dibanding bulan sebelumnya yang hanya 35,5 juta ton. Dari total volume ekspor, produksi tambang masih penyumbang terbesar mencapai 41,7 juta ton lebih dengan nilai ekspor 1,6 miliar dolar AS. Jumlah itu naik dibanding bulan Mei yang mencapai 35,3 juta ton dengan

total nilai ekspor mencapai 1,3 miliar dolar AS. Komoditas batu bara masih menjadi primadona ekspor terbesar Kalsel. Hingga Juni hampir mencapai 40 juta ton dengan nilai ekspor 1,5 miliar dolar AS. Jumlah itu naik tajam dibanding posisi ekspor di bulan Mei yang mencapai 33,7 juta ton dengan nilai ekspor mencapai 1,2 miliar dolar AS. Bila hingga Juni ekspor tambang batu bara Kalsel telah mencapai 40 juta ton, maka target peningkatan ekspor hingga lebih dari 80 juta ton akan tercapai. (kps)

ekonomi makro baik- baik saja seharusnya ditelaah kembali,” katanya. Dalam kesiapan menghadapi krisis keuangan global, Rizal menyebut China adalah negara yang paling berhasil. Hal ini karena negara itu memperbaiki pelayanan pada investor yang meningkatkan produktivitas dan ekspor. “Dari hasil ekspor, China memiliki cadangan devisa lebih dari 1,5 triliun dolar AS, tertinggi di dunia. Hal ini membuat ekonomi China menjadi salah satu yang paling solid di dunia dan pemerintah China bisa memiliki kas yang mencukupi untuk memompa perekonomian

jika krisis di AS memberi dampak negatif. Antisipasi Krisis ekonomi AS, juga sudah mulai dirasakan di Asia. Di Seoul, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak telah meminta teknokrat ekonomi menyiapkan rencana darurat mengantisipasi skenario terburuk dari krisis keuangan AS. Lee meminta otoritas menjamin kebutuhan dana-dana yang diperlukan perusahaan lokal, termasuk kebutuhan akan dolar AS. Dia juga sudah mengusulkan koordinasi dengan para menteri keuangan China dan Jepang untuk merespons pada potensi krisis. (kps/ant)

Yudhoyono ... „ Sambungan hal 1

Kata Sri Mulyani, pemerintah akan terus berusaha mengambil kebijakan yang tepat agar tidak terjadi kepanikan. Langkah yang diambil antara lain melalui respons Bamk Indonesia dan kebijakan pemerintah lainnya. “Kita ingin menjaga agar ekonomi Indonesia tahan goncangan,” ujarnya. Pemerintah memperkirakan pemulihan kondisi finansial AS akan butuh waktu lama. Dampaknya terhadap Indonesia tidak akan terasa hanya sebulan dua bulan, melainkan sampai beberapa kuartal ke depan. “Oleh karena itu pemerintah terus memantau kondisi keuangan seperti perbankan, neraca pembayaran juga kita pantau, ekspor impor dan lainnya,” ujarnya. Menurut Menneg PPN/ Kepala Bappenas Paskah Suzetta, pemulihan kepercayaan terhadap kondisi ekonomi AS terutama sektor finansial, membutuhkan waktu cukup lama. “Perkiraan saya, perlu satu sampai dua tahun, bahkan lima tahun untuk mengembalikan kepercayaan itu,” katanya. Pemerintah akan menyiapkan sejumlah jurus untuk menghadapi krisis finansial AS. Pertama, sebut Paskah, belanja pemerintah selama ini tersendat karena ada keraguan dalam pelaksanaan tender pengadaan barang dan jasa. Untuk itu, dia meminta lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa segera menyelesaikan revisi Keppres No 80 dalam setahun ke depan. Kedua adalah perluasan Jaring Pengaman Sosial (JPS) hingga tidak hanya mencakup BLT saja. Bahkan, pihaknya akan berunding dengan DPR untuk memperpanjang BLT di 2009 dari tiga bulan menjadi enam bulan. “Perpanjangan masa BLT akan kita bicarakan dengan DPR untuk tahun 2009. Tidak perlu ada kecurigaan sebaiknya politik moratorium, ini harus kita atasi krisis ini secara bersama-sama,” ujarnya. Ketiga, revitalisasi modal ventura sebagai alternatif menghadapi suku bunga yang terus tinggi. Menurut Paskah, ekspor Indonesia ke kawasan AS diperkirakan merosot sejalan dengan krisis di negara tersebut. Karenanya pemerintah akan mengalihkan ekspor AS ke negara lain antara lain Timur Tengah. “Dengan langkah-langkah itu maka dipastikan APBNP 2008 tidak akan terganggu,” jelasnya. Cadangan Devisa Aman Terkait sektor moneter,

Deputi Gubernur Senior BI , Miranda S Goeltom mengatakan cadangan devisa Indonesia saat ini aman. “Masih di atas 4,6 kali impor. Secara indikator itu adalah cadangan devisa yang sangat aman,” ujarnya. Mengenai pelemahan rupiah beberapa hari terakhir, menurut dia, hal itu lebih disebabkan terjadinya pelemahan mata uang secara global, sehingga tidak perlu melawan arus yang terjadi saat ini. Meski begitu pihaknya terus menjaga volatilitas rupiah agar gejolaknya tidak tajam. Pihaknya selalu siap berada di pasar untuk mengamankan gejolak rupiah. “Bila dibutuhkan kita siap masuk pasar,” katanya. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menekankan pentingnya mempercepat reformasi ekonomi. Diakuinya hal itu memang terasa abstrak, klasik, dan membosankan. Namun, menurut dia reformasi itu mendesak untuk dilakukan, seperti percepatan perbaikan iklim investasi, perbaikan sarana dan prasarana, serta percepatan pengadaan listrik, yang menjadi keluhan umumnya para investor. “Jika hal ini dilakukan, arus dana yang mengering dari bursa saham dan bursa uang bisa dikompensasikan dengan arus masuk uang dari penanaman modal asing langsung,” katanya. Sejauh ini, kata Mari Pangestu, ekspor Indonesia masih meningkat pesat ke Asia Timur juga AS dan Eropa. Namun, jika krisis ekonomi di AS berlangsung lama, ekspor Indonesia ke Asia Timur bisa terpengaruh alias berdampak negatif. “Masalahnya, ekonomi di Asia Timur --yang menjadi landasan utama ekspor RI-sangat bergantung pada keadaan ekonomi Eropa dan AS,” katanya. Kecenderungan pelemahan ekonomi di AS sudah mulai merembet ke Prancis. Menurut analisis IMF, ada 113 krisis keuangan (termasuk krisis perbankan) di 17 negara industri dalam 30 tahun terakhir. Merujuk analisis IMF, dampak buruk dari krisis perbankan dua atau tiga kali lebih besar karena bisa membuat aliran dana tersendat, dan membuat sumber permodalan mengering. “Besaran krisis keuangan di AS sangat krusial,” kata Subir Lall, wakil ketua Divisi Riset IMF. Ekonom Rizal Ramli mengkritisi pemerintah Indonesia yang selama ini merasa puas diri dan mendaulat sukses ekonomi karena terjadi kenaikan harga komoditas ekspor. “Pernyataan bahwa

Kronologi Krisis ... „ Sambungan hal 1

Š Merrill Lynch diakuisisi oleh Bank of America dengan nilai transaksi 50 miliar dolar AS. Š Lembaga pemeringkat menurunkan peringkat utang American Inter national Group (AIG). Saham perusahaan asuransi ini merosot hingga 60,8%. Š Bank Sentral AS menyuntikkan 70 miliar dolar AS ke pasar. Š Indeks Dow Jones Industrial Average merosot hingga 504 poin atau 4,42%. Ini kemerosotan terbesar sejak September 2001. Bursa-bursa Eropa ikut rontok. 16 September: Š Pemerintah AS menyuntik modal ke AIG hingga 85 miliar dolar AS, dengan imbalan 79,9% saham. Š The Fed kembali menyuntik pasar hingga 50 miliar dolar AS. 17 September: Š Saham-saham berjatuhan karena ketidakpastian ekonomi. Indeks Dow Jones merosot hingga 449 poin (4,06%). Bapapem AS mengeluarkan larangan sejumlah transaksi short-selling. 18 September: Š The Fed dan Bank Sentral global menyuntikkan 300 miliar dolar AS ke pasar kredit. Saham-saham menguat setelah diumumkannya rencana bailout. - Menkeu AS Henry Paulson dan Gubernur The Fed Ben Bernanke membicarakan paket penyelamatan ekonomi melalui pembelian asetaset beracun dari lembaga keuangan. 19 September: Š Pemerintah AS meminta Kongres menyetujui rencana penyelamatan 700 miliar dolar AS, yang merupakan rencana penyelamatan ala ‘BLBI’ terbesar dalam sejarah. Š Fed kembali memompa 20 miliar dolar AS ke pasar kredit. Saham-saham global menguat. 21 September: Š The Fed mengumumkan Goldman Sachs dan Morgan Stanley —dua bank investasi yang tersisa di Wall Street— menanggalkan status bank investasi dan menjadi perusahaan holding bank. 24 September: Š Presiden Bush menyatakan perekonomian AS berada dalam bahaya jika kongres tak memberikan persetujuan atas rencana bailout. 26 September: Š Washington Mutual (WAMU), bank terbesar di AS kolaps. JPMorgan Chase membeli sebagian aset WAMU senilai 1,9 miliar dolar AS. 29 September: Š DPR AS menolak rencana bailout melalui voting 228-205, dengan Republik paling banyak menolak. Š Indeks Dow Jones terjun bebas hingga 778 poin, merupakan yang terbesar dalam sejarah. 1 Oktober: Š Senat menyetujui paket penyelamatan ekonomi darurat, termasuk di dalamnya pengurangan pajak dan kenaikan penjaminan untuk simpanan bank dari 100 ribu dolar AS menjadi 250 ribu dolar AS. 3 Oktober: Š DPR AS menyetujui UU Penyelamatan Ekonomi melalui bailout melalui voting 263-171. Presiden Bush meminta Menkeu Henry Paulson bergerak cepat membeli aset-aset beracun dari sektor finansial. (afp)

Sekali Mudik ... „ Sambungan hal 1

Maklum, barang yang dibawa karyawan swasta di sebuah perusahaan di Banjarbaru itu cukup banyak. “Akhirnya sampai juga. Besok (hari ini) sudah harus kerja lagi, sehingga mau tidak mau sekarang (kemarin) sudah harus di Banjarbaru,” kata pria berusia 45 tahun itu. Anang mengaku setiap tahun mudik ke kampung halamannya, Banyuwangi Jawa Timur. Kali ini, dia mudik bersama istri dan tiga anaknya. Sekali mudik, dia menghabiskan dana Rp 30 juta. “Mudik itu tradisi wajib bagi saya dan keluarga. Sebab kalau tidak pulang, nanti dikira lupa kampung, jadi terasa aneh. Lha kalau tetap di sini, kemana kami harus sungkem,” katanya. Kemarin menjadi puncak

arus balik. Maklum, hari ini mereka rata-rata harus kembali beraktivitas. Bahkan anak-anak juga harus masuk sekolah. Airport Duty Manager (ADM) PT Angkasa Pura I Syamsudin Noor yang bertugas kemarin, Waheru Nusa menyebutkan, hingga pukul 16.00 Wita, sudah ada 1.156 orang yang tiba di bandara. Dari data tersebut, sebagian besar penumpang datang dari Bandara Juanda Surabaya. Dari 12 pesawat yang landing di Bandara Syamsudin Noor, enam di antaranya memang dari Surabaya. Sementara itu di Pelabuhan Trisakti, Sabtu (4/10), KM Kumala yang sandar mengangkut penumpang sebanyak 1.800 orang. “Berbeda dengan jumlah penumpang yang berangkat dari Banjarmasin ke Surabaya, jumlah-

nya hanya 400 orang,” kata seorang pegawai PT Dharma Lautan Utama selaku agen resmi kapal itu. Di Terminal Kilometer 6 Banjarmasin pun tak kalah sibuk. Penumpang yang datang maupun berangkat dengan tujuan Balikpapan, Samarinda, Palangka Raya dan lainnya, memenuhi areal terminal. Menurut Amat Beruang, seorang petugas loket tiket tu juanBalikpapan-Samarinda, sedikitnya 30 bus diberangkatkan menuju provinsi tetangga itu. Penumpangnya full. “Penumpang yang diberangkatkan pada hari ini (kemarin) merupakan para penumpang yang sebelumnya tidak bisa diberangkatkan. Tiket habis terus,” ujarnya. Hal senada dikatakan Thoyib Muhaeram yang me-

rupakan kepala regional operasional PO Tiga Putera, melayani jurusan BanjarmasinKalteng, Banjarmasin-Batulicin-Kotabaru. Dikatakannya, kemarin memberangkatkan empat bus tujuan Batulicin dan Kotabaru, dua bus tujuan Palangka Raya serta tiga bus tujuan Buntok. Menurut pengusaha otobus, Boby Indrawan, untuk mengantisipasi tingginya lonjakan penumpang, perusahaannya telah mengerahkan bus-bus cadangan. Dikatakannya, tingginya lonjakan penumpang memang mengharuskan pengusaha menambah jumlah armada. “Dengan ditambahnya jumlah armada diharapkan bisa mengangkut penumpang yang ada di terminal induk ini,” kata dia.(ais/ee/bb)


15 Warga Taiwan Bawa Sabu Rp 6,1 M nusantara

Banjarmasin Post

SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

„ Kasus Perwira Polisi Dilimpahkan TANGERANG, BPOST - Petugas Kantor Bea dan Cukai (BC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten, kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Kali ini yang diselundupkan pelaku adalah bubuk kristal methamphetamine (sabu) dengan berat 340 gram dan ketamine 5.780 gram. Nilainya tidak tanggung-tanggung, Rp 6,1 miliar. Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soetta, Rahmat Subagio, Minggu (5/10), mengatakan upaya penyelundupan tersebut dilakukan oleh dua pelaku di Terminal II D kedatangan luar negeri. “Kedua pelaku masingmasing, YLT (40) dan CCW (40). Keduanya warga negara Taiwan. Mereka mengaku baru pertama kali datang ke Indonesia,” katanya. Kedua pelaku menumpang pesawat Cathay Pacific dengan nomor penerbangan CX -777. Mereka membawa bubuk narkotika yang rencananya diberikan kepada seseorang di kawasan Jakarta Barat. Penangkapan berawal saat petugas mencurigai bubuk putih yang ada di kemasan makanan dalam bagasi penumpang. Petugas kemudian melakukan pemeriksaan. Hasilnya, bubuk putih tersebut ternyata methamphetamine dan ketamine. Menindaklanjui temuan tersebut, petugas Bea Ceukai bersama anggota Polres Met-

ro Khusus Bandara melakukan penyelidikan dan menemukan pemilik bagasi. Keduanya lalu diringkus. Kedua pelaku melanggar UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman pidana kurungan paling lama 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 300 juta dan pelanggaran terhadap UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan. Sementara itu berkas acara pemeriksaan (BAP) tersangka Ajun Komisaris Polisi Fb, yang ditangkap karena kepemilikan satu ons sabu-sabu senilai Rp 200 juta, telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jambi. “Berkas dan tersangkanya telah dilimpahkan ke penyidik kejaksaan dan sudah masuk tahap pemeriksaan di Kejati,” kata Jurubicara Polda Jambi, AKBP Syamsuddin Lubis SH, Minggu. Setelah dilimpahkan berkasnya oleh penyidik Direktorat Narkoba Polda Jambi akhir pekan lalu, berkasnya langsung diteliti untuk di-

lengkapi. Berkas perkara Briptu Ir yang juga terlibat dalam kasus ini sudah lebih awal dilimpahkan ke kejaksaan. Terungkapnya kasus dua oknum anggota Propam Polda Jambi itu berawal dari informasi yang diterima Dit Narkoba Polda bahwa ada pengiriman paket narkoba ke sebuah kantin di kawasan Thehok Kecamatan Jambi Selatan. Paket narkoba itu ternyata diambil Ir. Setelah memastikan paket tersebut di tangannya, tim narkoba Polda Jambi langsung menggerebek kediaman Ir di Lorong Bersama RT 17 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Jambi Selatan pada 9 Agustus lalu. Ternyata sabu tersebut dikirim Fb yang mengikuti pendidikan di Jakarta. Kedua oknum polisi tersebut akhirnya dibekuk dan ditahan Mapolda Jambi, kemudian BAP dan tersangka diserahkan ke kejaksaan untuk dilimpahkan ke pengadilan. (dtc/ant/ kps)

Kampanye Sampai Makassar

Barrack Obama NET

RIUH kampanye kandidat presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, meluas hingga ke Makassar. Sepekan ini, sekitar 320 baliho calon presiden yang menghabiskan masa kecilnya di Indonesia itu, terpampang di sejumlah ruas jalan utama di Kota Makassar dan kabupaten Gowa. Selain foto, baliho juga berisi kata atau kalimat yang bernada dukungan untuk Obama. Sebagian besar berbahasa Inggris, misalnya, “Hope” atau “We Love You”. Bahar Ngitung, sang pemilik ratusan baliho, tentu punya alasan tersendiri memasang baliho dukungan ke Obama di sela-sela ramai baliho para kandidat walikota Makassar. Salah satu bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sulsel ini mendukung Obama karena salah satu program yang ditawarkan capres kulit hitam itu sesuai

dengan keinginannya yakni menarik pasukan AS dari Irak dan membiarkan rakyat Irak menentukan nasibnya. “Ini langkah pertama yang saya lakukan sebagai bentuk dukungan ke Obama. Banyak teman menanyakan maksud saya. Ada yang menuding saya ingin cari sensasi, tetapi ada juga yang mendukung,” ujarnya, Minggu (5/ 10). Menurut dia, banyak program politik Obama yang akan menguntungkan masyarakat internasional. Salah satu membebaskan rakyat Irak dari keterpurukan karena invasi yang dilakukan Amerika Serikat. Mendukung Obama berati mendukung penciptaan perdamaian dunia. Bahar mengaku tidak memiliki keterikatan emosional dengan Obama. Satu-satunya alasan memasang baliho tersebut adalah dia kagum dengan program yang ditawarkan Obama jika menduduki kursi presiden AS kelak. Ongkos pembuatan rata-rata Rp300.000/ baliho. Artinya, Bahar mengeluarkan uang Rp 96 juta. Menurutnya, dari 320 baliho, 160 di antaranya berukuran 4x3 meter. Sementara sisanya terbagi dalam ukuran yang lebih kecil. Bahar berharap tidak sendiri. Dia mengajak warga kota Makasssar yang mendukung program-program politik capres AS itu agar memulai meramaikan kota Makassar dengan baliho Obama. “Kumpulkanlah uang Rp 50.000-an. Saya akan buat balihonya dan tim saya akan memasangnya,” ujarnya menawarkan kepada masyarakat Sulsel. Fanatisme Bahar tidak sampai di situ. Rencananya, dia akan mengundang ratusan anak yatim di rumahnya, khusus mendoakan agar kemenangan pemilihan presiden AS jatuh pada Obama.(ant/okz)

2 Pengendara Motor Tewas Terpanggang SITUBONDO, BPOST - Sebuah sepeda motor jenis bebek terbakar habis di kawasan Pasir Putih, Situbondo. Dua pengendaranya tewas terpanggang dalam insiden tersebut. “Kami masih belum mengetahui penyebab pasti kejadian itu,” ujar Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Ronny Edy Yusuf. Menurut Ronny, diduga motor tersebut sempat ditab-

rak kendaraan lain sebelum terbakar. Hal itu diketahui dari pecahnya slebor motor, apalagi pecahannya menyebar kemana-mana. Belum diketahuinya penyebab terbakarnya motor itu juga karena belum ada saksi mata yang mengetahui kejadian itu karena tempat kejadian merupakan kawasan sepi. Saat petugas tiba di lokasi, mayat pria dan perempuan

itu tergeletak di tengah jalan. Tubuh mereka terbakar, begitu juga dengan motornya. “Karena terbakar itulah kami belum bisa mengetahui merek kendaraan dan plat nomornya,” tambah Ronny. Dari informasi yang ada, jenazah pria itu terdata atas nama Mat Sari warga Gunung Malang, Suboh, Situbondo. Sementara identitas jenazah yang satunya masih belum bisa diketahui.(dts)

ANTARA/BUDI AFANDI

CEGAH BENTROKAN - Sejumlah anggota Brimob Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan penjagaan di perbatasan Kampung Nyangget, Kelurahan Selagalas dan Kampung Seksasi, Kelurahan Cakra Utara, Mataram, Minggu (5/10). Ini dilakukan mengantisipasi bentrok susulan akibat pertikaian Sabtu lalu yang menewaskan satu orang dan melukai tiga warga lainnya.

Sriwijaya Air ‘Telan’ Burung AMBON, BPOST - Setelah terbang selama 50 menit, pesawat Sriwijaya Air tujuan Makassar terpaksa mendarat kembali di Bandara Internasional Pattimura Laha Ambon, Sabtu (4/10) petang. Hal ini dilakukan karena mesin sebelah kiri menelan seekor burung. Menurut supervisor penjualan dan pemasaran pada Kantor Cabang Sriwijaya Air Ambon, Djajat Djatika, Minggu, pesawat sebenarnya masih bisa terbang sampai Makassar. Namun karena sejumlah penumpang panik, pilot memutuskan untuk kembali ke Bandara Pattimura Laha

Ambon. Saat diperiksa, pesawat masih layak terbang dan sama sekali tidak ada gangguan teknis. Pesawat jenis Boeing dengan nomor penerbangan 593 itu mengangkut 114 penumpang. Pesawat tinggal landas dari Bandara Pattimura pukul 18.30 WIT. “Yang keluar dari bagian sayap kiri pesawat itu bukan lagi percikan api, tapi sebenarnya berupa bola api sampai dua kali dan kami mencium bau hangus yang menyengat di dalam pesawat,” tutur sejumlah penumpang. Menurut mereka, pesawat seharusnya berangkat dari

China Cela AS „ Jual Senjata ke Taiwan BEIJING, BPOST - Pemerintah China mencela keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang ingin menjual senjata bernilai 6,5 miliar dolar AS kepada Taiwan. “Pemerintah dan masyarakat China sangat menentang keinginan tersebut karena bisa merusak hubungan China-AS,” kata Jurubicara Kementerian Luar Negeri Liu Jianchao, seperti dikutip Xinhua, Minggu (5/10). Pemerintah AS pada Jumat lalu memberitahukan rencananya kepada Kongres menjual senjata ke Taiwan. Senjata tersebut di antaranya Patriot III, sistem anti-misil, pesawat peringatan dini E-2T, helikopter Apache serta sejumlah perlengkapan lainnya. Wakil Menlu China He Yafei telah memanggil diplomat AS untuk menyampaikan protes keras. AS diminta konsisten dengan pernyataannya hanya mendukung satu China. Langkah pemerintah AS menjual senjata ke Taiwan, menurut Liu, melanggar tiga prinsip kesempatan bersama. “Mencampuri urusan dalam negeri China, membahaya-

kan keamanan nasional China, serta mengganggu perkembangan perdamaian hubungan lintas selat,” tegas Liu. Menurut Liu, tindakan AS tersebut akan mengganggu kestabilan di Selat Taiwan. Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC), badan legislatif tertinggi China, dan Komite Nasional Kongres Konsultatif Politik Rakyat China (CPPCC), badan penasehat tertinggi China, pada Sabtu lalu, juga mengecam rencana AS itu. Dalam pernyataannya, kedua badan itu minta AS segera mungkin memperbaiki kesalahannya dan memperbaiki segala langkah yang bisa merusak hubungan China-AS dan perdamaian dunia. Kementerian Pertahanan China juga mencela upaya AS. Jurubicara Kementerian Pertahanan China Hu Changming mengatakan keputusan AS merusak hubungan kedua negara. (bbc)

Bandara Pattimura pukul 12.40 WIT, namun ditunda sampai pukul 15.30 WIT tanpa alasan jelas. Namun kemudian terjadi lagi penundaan dan baru terbang pukul 18.30 WIT. Setelah terbang menuju Makassar sekitar 50 menit, para penumpang kembali dibuat resah. Semburan bola api keluar dari sayap kiri pesawat. “Saat semburan bola api pertama, penumpang mulai ribut dan menuntut pesawat kembali ke Ambon. Namun kru pesawat mengumumkan tidak ada gangguan mesin. Hal itu terjadi karena seekor burung masuk sayap kiri pe-

sawat,” kata seorang penumpang. Kemudian ketika terjadi semburan api untuk kedua kalinya, para penumpang kembali ribut dan menuntut pesawat kembali ke Ambon. Apalagi ada satu penumpang yang pingsan. Permintaan itu pun akhirnya dipenuhi pilot. Setelah mendarat di Bandara Pattimura, para penumpang dikumpulkan untuk mendengarkan penjelasan. Kru pesawat juga membawa seekor burung yang sudah mati sebagai bukti untuk diperlihatkan kepada penumpang.(kps/okz/ant)

PBNU Buka Cabang di Taiwan TAIPEH, BPOST - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Hasyim Muzadi meresmikan kantor Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Istimewa di Taiwan, Minggu (5/10) siang. Keberadaan kantor ini bertujuan menampung aspirasi para tenaga kerja Indonesia (TKI). “PCNU ini diharapkan juga mampu membantu TKI menghadapi persoalan serta menjadi jembatan antara TKI dan wakil pemerintah RI di Taiwan,” kata anggota rombongan PBNU ke Taiwan, Nabil Harun. Hasyim juga mengharapkan PCNU Istimewa Taiwan memprioritaskan program peningkatan kualitas ibadah dan keimanan para TKI. Hasyim dan rombongan tiba di Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan, Sabtu malam. Rombongan disambut Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia Suhartono dan perwakilan TKI serta mahasiswa. Rombongan selanjutnya

NET

Hasyim Muzadi

menuju masjid kecil Cultural Mosque. “Jika kita hidup di negeri orang, taatilah hukum yang ada selagi tidak bertentangan dengan agama,” kata Hasyim kepada beberapa TKI yang ikut berkumpul di masjid. Hasyim dijadwalkan menjadi pembicara dalam acara Halal bi Halal yang diselenggarakan Majelis Taklim Yasin Taipei (MTYT), organisasi yang didirikan para TKI muslim di Kota Taipei.(ant)

Penyelam Uang Receh Raup Rezeki LEBARAN lalu Rachmat tidak mengenakan baju baru. Orangtuanya tidak memiliki uang. Namun dalam beberapa hari mendatang remaja berusia 16 tahun ini bakal bisa membeli baju baru. Uang didapat dari hasil aktraksi menyelam memburu uang receh yang dilempar penumpang kapal laut di Pelabuhan Merak, Banten. Rezekinya bertambah sejak arus mudik hingga arus balik. Rachmat dan rekan-rekannya dalam sehari bisa memperoleh masing-masing antara Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Hingga Sabtu (3/10), Rachmat sudah mengumpulkan uang dari para pemudik sebanyak Rp 700 ribu. “Uang itu rencananya akan dibelikan pakaian serta membantu ekonomi orangtua,” katanya. Rachmat sudah empat tahun terakhir menjadi penyelam atraksi di Pelabuhan Merak. Dia sudah mengenal asam garam atraksinya sehingga tidak takut lagi diterjang gelombang besar. Saat ini dia juga

meloncat dari atas kapal Roro dengan ketinggian 20 meter. “Awalnya, saya takut namun sekarang sudah biasa,” katanya. Penghasilan manusia penyelam di Pelabuhan Merak hanya panen dua kali dalam setahun yakni saat Lebaran dan liburan sekolah. Sedangkan hari-hari biasa hanya cukup untuk makan dan beli rokok. Begitu pula Edi (15). Warga Merak ini mengaku selama mudik Lebaran hingga sekarang ini penghasilan manusia penyelam lumayan bagus. Bahkan, penumpang banyak yang memberikan uang Rp 20 ribu jika dirinya meloncat dari atas kapal Roro. “Kami seharian bisa mendapatkan uang receh sebesar Rp100 ribu,” katanya. Saat ini ada puluhan manusia penyelam yang sibuk memperebutkan uang recehan dari para penumpang kapal. Mereka pun harus bersaing mendapatkannya. “Uang hasil menyelam bisa membantu ekonomi keluarga,” kata Mardi (15) warga Pulo Merak. (ant)


16

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

Banjarmasin Post

Berharap Rp 50 Ribu, Dapat Rp 20 Ribu „ Jusuf Kalla Open House

ANTARA/SAPTONO

SALAMI WARGA - Wapres Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla menyalami warga Kota Makassar dan sekitarnya saat open house, Minggu (5/10).

RIBUAN warga Makassar dan sekitarnya, Minggu (5/10) sejak pukul 06.30 Wita, berkumpul di sepanjang Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka ingin mengikuti open house yang digelar Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediaman pribadinya. Mereka harus menunggu untuk bisa bersilaturahmi karena acara baru dimulai sekitar pukul 10.15 Wita usai Wapres menghadiri kegiatan jalan santai di Stadion Karebosi dalam rangka Reuni Akbar Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin. Di sepanjang Jalan Haji Bau, dari dalam mobil, Wapres menyempatkan

diri melambaikan tangan dan menyapa ribuan massa yang tengah menantinya. Setibanya di kediaman Wapres beserta putra-putri dan menantu langsung menunggu di pintu kamar tamu. Satu persatu masyarakat dipersilakan masuk untuk bersalaman Meski baru menjalani perjalanan selama 16 jam dari Paris, Perancis, Wapres tampak ceria menerima uluran tangan warga. Seusai bersalaman, masyarakat diarahkan ke halaman belakang untuk menerima angpao. Ini merupakan tradisi keluarga Kalla setiap Lebaran. Untuk kali ini keluarga Kalla membagikan uang secara bervariasi antara Rp 20 ribu - Rp 50 ribu.

Agar tidak memakan korban jiwa seperti yang terjadi di Pasuruan, Jatim, aparat keamanan mengatur tamu secara ketat. Kendati demikian sempat terjadi aksi dorong antarwarga karena mereka berebut ingin segera masuk ke rumah Kalla. Aksi saling dorong ini juga dipicu tindakan aparat yang lebih mendahulukan tamu berpakaian rapi daripada masyarakat biasa. Iming-iming uang Rp 50 ribu memang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga. Namun banyak warga yang kecewa karena mendapat uang Rp 20 ribu. “Saya sudah antre dan berdesakan sejak pagi, tapi hanya dapat Rp 20 ribu. Makanan juga tidak kebagian,” ujar

Halimah, warga Jalan Cendrawasih yang datang bersama dua anaknya. Berdasarkan pantauan sejak pukul 11.50 Wita, para tamu yang keluar dari pintu belakang rumah Kalla terlihat hanya membawa uang pecahan Rp20 ribu. Ini diketahui karena uang yang diberikan tidak dimasukkan dalam amplop. Padahal sebelumnya, warga menerima pecahan uang Rp50.000. Warga juga kecewa karena acara saweran ditutup lebih cepat dari pukul 14.00 Wita menjadi pukul 12.40 WIB. Aparat kemanaan mengumumkan open house dibukan lagi pukul 20.00 Wita Sejumlah warga tidak dapat masuk karena terkendala pakaian. Beberapa orang yang memakai celana pendek tidak diperkenankan masuk oleh Paspampres. Adapun warga yang memakai sandal tetap diperkenankan. (kps/okz/dtc/ant)

Miras Makan Korban Lagi „ Tiga Warga Deli Tewas „ Oplos Mansion, Scout dan Pepsi MEDAN, BPOST - Tiga warga Deli Serdang meninggal dunia dan 11 lainnya dalam kondisi kritis setelah mengonsumsi minuman keras (miras). Kejadian ini menambah panjang daftar korban tewas akibat minuman beralkohol. Saat ini sekitar 250 warga Indramayu, Jawa Barat, terkapar dan mendapatkan perawat akibat menenggak minuman haram tersebut. Sebanyak 10 orang di antaranya tewas. Pada saat bersamaan dua anggota Batalyon 756 Wamena, Papua, juga mengembuskan napas terakhirnya usai pesta miras. Kabid Humas Polda Su-

ILUS:BPOST/DERY

Bikin Polisi Sibuk ANGGOTA Polres Jombang, Jawa Timur, ternyata juga disibukkan oleh kasus tewasnya dua warga mereka akibat minuman keras. Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pesta miras digelar di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Dalam olah TKP, Minggu (5/10), polisi menemukan tiga kantong plastik yang diduga bekas tempat miras oplosan saat pesta Sabtu (4/10) malam. “Petugas juga mendapati dua botol minuman ringan yang diduga sebagai bahan campuran miras,”kata Kapolsek Wonosalam, AKP Sukur. Sementara itu seorang korban bernama Sugiyanto (36), warga Dusun Sumber Desa Wonosalam, yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Kristen Mojowarno berhasil melewati masa kritis. Sedang korban tewas adalah Satiran (37) dan Paryanto (23). Keduanya warga Dusun Sumber, Desa Wonosalam. Kedua korban tewas beberapa saat setelah menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Kasembon, Kabupaten Malang. Mereka diduga keracunan alkohol yang terkandung dalam miras yang dioplos dengan berbagai jenis minuman ringan. (ant)

matera Utara Kombes Baharuddin Djafar, Minggu (5/ 10), mengatakan warga Medan yang tewas akibat miras adalah M Yunus, penduduk Desa Tanah Merah Kecamatan Galang, Deli Serdang, serta Khaidir dan Khairul Sunardi, warga Petumbukan, Deli Serdang. Baharudin menjelaskan para pemabuk tersebut menggelar pesta miras di dua tempat yang berbeda. Almarhum Khaidir, almarhum Khairul serta 11 rekannya menggelar pesta miras pada hari kedua Lebaran, Kamis (2/10) sekitar pukul 05.00 WIB, di kampungnya, Tumbukan. Mereka mengoplos Mansion House VSOP dengan Scout yang diberi minuman ringan Pepsi Blue. Oleh warga, para pemabuk ini dilarikan ke Klinik Puja Petumbukan. Khaidir dan Khairul Sunardi tak sanggup bertahan. Sedangkan korban lain berhasil diselamatkan meski harus terus menjalani pengobatan. Sedangkan M Yunus tewas setelah pesta miras dengan rekan-rekannya Kamis (2/10) sekitar pukul 06.30 WIB, di halaman rumahnya. Akibat terlalu banyak mengonsumsi miras yang dioplos, korban merasakan dadanya sakit sehingga dibawa ke sebuah klinik. Namun kondisi korban tidak membaik sehingga dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sari Mutiara di Lubuk Pakam, Deli Serdang. Di RS tersebut korban meninggal pada Sabtu (4/10) sekitar pukul 06.30 WIB. (ant)

Banyak Oknum Tak Bayar KA JAKARTA, BPOST - Daerah Operasi I Kereta Api mengeluhkan banyaknya oknum berseragam yang naik kereta api tapi tidak mau bayar tiket. Mereka cari gratisan. Namun pihak kereta api kesulitan menindak oknum berseragam yang ngotot naik kereta dari kelas ekonomi hingga eksekutif. “Kalau kita turunkan, mereka naik lagi,” kata Kahumas Daops I Ahmad Sujadi di Stasiun Gambir, Minggu (5/10). Sujadi menyayangkan oknum tersebut hanya disiplin di markasnya namun tidak disiplin di masyarakat. Sementara itu anggota DPR Yusron Ihza Mahendra juga mengeluhkan masih kurang disiplinnya anggota

TNI. Banyak oknumnya bahkan terlihat bentrok dengan polisi. “Seharusnya TNI mengarahkan moncong senjata ke luar negeri. Bukan ke dalam negeri,” kata Yusron mengomentari kondisi TNI yang ultah, Minggu (5/10). Sementara itu Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDIP Sidharto Danusubroto mengusulkan agar kesejahteraan prajurit TNI ditingkatkan secepatnya. Komisi Pemerintahan DPR menargetkan uang lauk pauk prajurit TNI ditingkatkan dari Rp 35 ribu menjadi 50 ribu/bulan. Menurutnya, peningkatan kesejahteraan prajurit TNI selama 63 tahun keberadaannya belum signifikan.

Wakil Ketua Komisi Luar Negeri DPR dari Fraksi Bintang Pelopor Demokrasi Yusron Ihza Mahendra meluruskan uang lauk pauk prajurit sudah naik sekitar 200 persen empat tahun ini. Saat ini, ujar Yusron, pendapatan jenderal bintang dua sekitar Rp 7 juta. Gaji pokok di luar berbagai tunjangan hanya sekitar Rp 2 juta. Ketika pensiun, purnawirawan bintang dua itu hanya menerima 70 persen dari gaji pokoknya. “Habis manis, sepah dibuang,” ujarnya. (dtc/kps/ant)

KOMPAS/RIZA FATHONI

ANTISIPASI KRISIS - Gubernur Bank Indonesia Boediono didampingi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani (kedua dari kanan) serta anggota kabinet lainnya memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi terbatas di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Minggu (5/10). Pemerintah menggelar rapat mengantisipasi krisis ekonomi Amerika Serikat terhadap perekonomian nasional.

Hasan Tiro Sempat Menghilang „ Tiba di Malaysia „ Temui Mantan Petinggi GAM tambah Sahdan. Hasan selama ini meKUALA LUMPUR, BPOST - Mantan mang tinggal dan menjadi warga Swedia. pemimpin tertinggi Gerakan Aceh MerKedutaan Besar Republik Indonesia deka (GAM) Muhammad Hasan Di Tiro (KBRI) mengatakan Hasan rencananya tiba di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu tinggal beberapa hari di Kuala Lumpur (4/10) pagi. Dia selanjutnya bertemu deuntuk menemui wakil pemengan beberapa mantan pemimrintah Indonesia. Dia kemudian pin GAM. dibawa ke Jakarta sebelum diterBeberapa wartawan Aceh bangkan ke kampung halamanyang datang ke Kuala Lumpur nya di Aceh. dan berusaha menemui Hasan “Rencananya ada wauntuk melakukan wawancara kil dari pemerintah Indonesia sempat kehilangan jejak. Hasan menemui beliau untuk diajak ke sepertinya menghilang. Jakarta sebelum kembali ke “Ada kemungkinan tinggal di Hasan Tiro Aceh,” kata sumber di KBRI. Hotel Concorde di Kuala Lumpur Ini berbeda dengan keterangan Wakil atau di Hotel Vistana, Klang, Selangor, Presiden Jusuf Kalla sebelumnya. Kalla tempat para mantan pemimpin GAM mengatakan dari Kuala Lumpur, Hasan melakukan pertemuan,” kata Aktivis akan diterbangkan dengan pesawat LSM Aceh, Sahdan, Minggu. Sahdan, carteran langsung ke Aceh. Bila memang yang sengaja datang ke Kuala Lumpur, memungkinkan baru dia dibawa ke ikut memburu Hasan. Jakarta. “Kabar terakhir, beliau tinggal di Berdasarkan informasi dari juru bicara rumah Dubes Swedia di Kuala Lumpur,”

Komite Peralihan Aceh (KPA) Ibrahim Bin Syamsudin, Hasan disambut sejumlah petinggi KPA dan ulama yang terbang dari Aceh. Selama berada di Malaysia, Hasan akan didampingi tokoh-tokoh yang terlibat dalam perundingan damai Helsinki. Dari pemerintah Indonesia dikabarkan akan hadir mantan Ketua Tim Perundingan Hamid Awaluddin (kini Duta Besar RI di Rusia). Sedangkan dari tokoh GAM akan diwakili Malik Mahmud dan Zaini Abdullah. Inisiator perdamaian dari Interpeace Juha Christensen juga ikut serta. Rencananya, Hasan terbang langsung dari Bandara Subang ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Mereka telah menyewa dua pesawat berbadan sedang berkapasitas 72 tempat duduk. “Apakah Hasan akan ke Jakarta dulu, tergantung lobi Jakarta,” kata Ibrahim. (ant/okz)

Monorel Arafah-Mina Beroperasi 2009

DETIK.COM

JAKARTA, BPOST - Arab Saudi selalu menjadi tujuan umat Islam setiap tahunnya. Untuk meningkatkan pela-

DICARI MITRA KERJA Sebagai Sub Dealer produk Mygreen Oil Kami dari CV. Cendana Utama Banjarmasin selaku Dealer Tunggal Wilayah propinsi Kalimantan Selatan dan Tengah untuk produk Mygreen Oil dari Negara Malaysia yang merupakan Terobosan Spektakuler Reformulasi dalam menghemat BBM (Bahan Bakar Minyak) terutama untuk pemakaian bahan bakar premium/Bensin dan Solar, mencari mitra kerja sebagai Sub Dealer Adapun Mitra Kerja yang akan dicari sebagai Sub Dealer Khusus Kabupaten/Kota yang berada dalam wilayah propinsi Kalimantan Selatan yang belum terbentuk antara lain sbb : 1. Kota Banjarbaru 2. Kab. Banjar 3. Kab. Batola 4. Kab. Tapin 5. Kab. Hulu Sungai Selatan 6. Kab. Hulu Sungai Tengah 7. Kab. Balangan 8. Kab. Tanah Laut 9. dan Kab. Tanah Bumbu Bagi yang berminat menjadi Sub Dealer kami, dapat menghubungi kami pada jam kerja ke kantor :

CV. Cendana Utama Jl. Mayjend Sutoyo S No. 106 Telp/Fax (0511) 3359324 Banjarmasin - Kalimantan Selatan atau Contact Person Chief Office Mr. Firdaus HP. 08125037175

yanan pada umat, Kerajaan Arab Saudi membuat sejumlah mega proyek. Salah satunya monorel Arafah-Mina.

Deputi Kementerian Urusan Tatanan Kota Arab Saudi Habib Zainal Abidin mengatakan proyek baru itu ditargetkan beroperasi pada musim haji 1430 H atau 2009. “Proyek pembangunan kereta monorel Arafah-Mina akan dimulai dua minggu ke depan dan rencananya selesai dalam 10 bulan,” katanya seperti dilansir media setempat, Minggu (5/10). Monorel dirancang memiliki ketinggian 8-10 meter. Dengan demikian, kelancaran arus lalu lintas di bawahnya tidak terganggu. Kehadiran monorel diharapkan dapat mengurangi kepadat-

an lalu lintas di Mina. “Monoreil itu dapat mengangkut 500 ribu jemaah haji di Arafah, Mina dan Muzdalifah. Dengan adanya monorel, sekitar 25 ribu bus angkutan dilarang masuk kawasan Mina,” ujar Zainal. Proyek ini, lanjut Zainal, dibagi dalam tiga tahap. Sementara Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi, Fuad Al Farisi, mengatakan proyek kereta monorel segera dilaksanakan di Arafah, Mina dan nantinya akan dibangun jalur kereta api yang menyambungkan antara kota Makkah, Madinah dan Jeddah sebagai tahapan proyek berikutnya. (dtc)


Banjarmasin Post

SENIN

6 OKTOBER 2008/ 6 SYAWAL 1429 H

INFOBANK

VALAS

SAHAM

STATISTIK BI Rate Per 4 Sept 9.25 Persen Deflasi Banjarmasin Agustus 0,13 Persen Kurs Tengah USD 26 Sept IDR 9.378 Cad Devisa Akhir Agustus 58,4 Miliar Dolar AS Suku Bunga BI 1 Bulan 9,23 Persen Suku Bunga BI 3 Bulan 9.75 Persen Harga spot emas 3 Okt 834.30 Dolar AS/troy ounce

INDEKS

NILAI

+/-

IHSG

1832.51

-13.58

Nasdaq

1947.39

-29.33

Dow Jones

10325.38

-157.47

Hang Seng

17682.4

-528.71

10938.14

-216.62

Nikkei

Biaya Roaming ASEAN Dipotong

PENGGUNAAN gula rafinasi bagi industri minuman sari buah tidak sebesar industri lain. Namun, keputusan pemerintah yang melarang jual beli gula rafinasi bagi industri kecil tetap memberatkan industri kecil. Menurut Ketua Bidang Minuman Sari Buah Farchad Poeradisastra, industri sari buah yang merupakan industri kecil menggunakan gula rafinasi karena kualitas gula rafinasi yang bisa meningkatkan kualitas produk. Jika pembatasan ini dilakukan, maka pemerintah terkesan memaksa kepada industri untuk membeli gula lokal. Padahal, kualitas gulanya belum bisa menjamin kualitas produk. “Kualitas gula dalam negeri belum bisa penuhi standar industri minuman sari buah,” ujarnya beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, SK Menperindag No 527/MPP/Kep/9/2004 menyebutkan, produksi gula rafinasi yang berbahan baku raw sugar impor hanya untuk diperdagangkan ke industri makanan dan minuman skala menengah ke atas. SK tersebut melarang industri kecil atau sektor rumah tangga untuk membeli gula rafinasi. (oz)

BIAYA pengguna telepon seluler di Asia Tenggara yang melakukan panggilan ke luar negara akan dipotong setengah awal, tahun depan. Demikian dikemukakan Menteri Energi, Air, dan Komunikasi Malaysia Shaziman Abu Mansor, kemarin. Menurutnya, pengurangan itu penting akibat biaya yang sangat tinggi. “Kami berencana mengurangi biaya roaming dengan Singapura dulu,” ujarnya sebagaimana dikutip koran The Sunday Star. Shaziman mengatakan rekannya dari ASEAN telah setuju atas rencana itu dalam pertemuan di Bali bulan lalu. “Pengurangan biaya roaming juga akan mengurangi beban puluhan ribu warga Malaysia yang pulangpergi ke Singapura setiap hari,” ujarnya. “Kami tidak ingin mereka membayar biaya roaming yang sangat tinggi ketika lokasi kerjanya (Singapura) hanya beberapa kilometer dari rumah mereka di Johor,” tambahnya. Shaziman mengatakan rekannya di Singapura Lee Boon Yang telah menerima proposal itu. (tic/ant)

MATA UANG

USD AUD EUR JPY SGD HKD

JUAL

9.510 7.363.53 13.106.39 90.16 6.555 1.141

BELI

9.460 7.329.36 13.042.88 89.74 6.525.04 1.269 Sumber: dtc

e-bursa.com

Sumber: BI/BPS Kalsel/kitco/mio

UKM Masih Perlu Rafinasi

17

ANTARA/ALINA/KOZ

PADAT - Ribuan warga Jakarta dan sekitarnya memadati Pantai Ancol, Jakarta, Minggu (5/10). Pada hari terakhir liburan Lebaran 2008, diperkirakan 140.000 pengunjung menyerbu Ancol dari pagi sampai malam. Pihak Ancol menargetkan 1.000.000 pengunjung sepanjang musim liburan Lebaran kali ini.

Mulai Beroperasi Tahun Depan “Veni Vici Vidi” Antar Investor ke Indonesia SITUASI politik, keamanan dan iklim ekonomi Indonesia saat ini sudah sangat kondusif untuk menanamkan modal. Karena itu, pemerintah RI terus mengajak para investor asing berinvestasi di Indonesia. Ajakan itu salah satunya dilontarkan Dubes RI untuk Kerajaan Belanda JE Habibie, dalam sambutan pengantar keberangkatan 42 investor Belanda yang akan berangkat ke Indonesia, di Den Haag, akhir pekan kemarin. Pada rentang 21-25 Oktober 2008, Indonesia akan menggelar Trade Expo di Jakarta International Expo, Kemayoran. Para investor Belanda akan melakukan kunjungan penjajagan mitra. “Kalau soal keamanan, di sini di Belanda pun kita bisa dirampok, dijambret. Saya tidak mengatakan bahwa situasi di Indonesia sudah sempurna, tetapi memang sudah

jauh lebih baik,” ujar JE Habibie yang di kalangan akrab biasa disapa Fanny. Mengenai korupsi, menurut Fanny, dirinya juga tidak mengatakan bahwa sudah tidak ada korupsi di Indonesia. “Tetapi saya terbuka mengatakan bahwa sudah jauh lebih berkurang dan akan terus diberantas. Anda lihat, setiap hari media massa menyiarkan pejabat parlemen dan pemerintah level tinggi sampai rendah dijebloskan ke penjara,” tandasnya. Fanny meminta supaya para calon investor Belanda itu memercayai Indonesia dan negara ini akan membalas dengan kepercayaan yang sama. Ditekankan bahwa bukan berarti mereka harus datang sebagai filantrop. Mereka tentu harus mencari keuntungan, tapi negeri dan rakyat Indonesia juga akan mendapat keuntungan dari penana-

„ Telkom Tetap Kembangkan TV Internet

man modal mereka. “Jadi, mari silakan datang dan menanamkan modal di Indonesia. Veni vici vidi, saya datang, saya melihat dan saya teken kontrak. Bagi saya ucapan Julius Cesar itu artinya demikian,” kelakar Fanny seraya mengucapakan selamat jalan ke Jakarta dan sampai jumpa. DCM Djauhari Oratmangun secara terpisah menambahkan bahwa Trade Expo di Jakarta International Expo, Kemayoran, adalah salah satu pameran perdagangan terbesar di Asia Tenggara. “Lebih dari 5.000 pengusaha dari seluruh dunia akan ke sana,” terang Djauhari. Dikatakan, Menteri Ekonomi Belanda Maria van der Hoeven juga akan melakukan kunjungan kerja bersama delegasi bisnis pada awal November setelah keberangkatan para investor tersebut. (dt/rai)

JAKARTA, BPOST - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bersikukuh mengembangkan layanan televisi berbasis internet protocol (IP-TV), sejalan dengan bisnis inti perusahaan mengembangkan layanan telepon tetap berbasis kabel (fixed line). “Bisnis IP-TV itu masih in line (sejalan) dengan core business (bisnis inti) perseroan, sehingga sangat layak untuk dikembangkan ke depan,” kata Dirut Telkom, Rinaldi Firmansyah, di Jakarta, belum lama ini. Basis pengembangan IP-TV, katanya melanjutkan, adalah infrastruktur berupa kabel telepon yang dimiliki perusahaan dengan memaksimalkan jaringan yang sudah ada. Sebelumnya, seorang sumber di Kementerian Negara BUMN menyatakan, rencana Telkom mengembangkan IPTV tidak akan mendapat persetujuan dari Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham Telkom. “Kami akan menolaknya, karena dalam mengembangkan usaha, Telkom belakangan ini sering tidak fokus

RINALDI FIRMANSYAH Dirut Telkom

dan tidak mendukung bisnis perusahaan sehingga perlu pengarahan lebih lanjut,” kata sumber itu. Menanggapi hal itu, Rinaldi menjelaskan, bisnis IPTV saat ini menjadi kecenderungan atau tren pengembangan layanan operator telekomunikasi di seluruh dunia. Ragam layanan IP-TV di antaranya electronic program

NET

Bisnis IP-TV itu masih in line (sejalan) dengan core business (bisnis inti) perseroan, sehingga sangat layak untuk dikembangkan.

guide, broadcast/live TV, pay per view, personal video recording, pause TV, video on demand, music on demand (walled garden), gaming, interactive advertisement, dan T-commerce. “Sejumlah perusahaan di Asia yang sudah mengembangkan IPTV dan menjadi salah satu basis pendapatan utama yaitu PCCW (Hong Kong), Telekom Malaysia

(TM) Malaysia, dan SingTel (Singapura),” kata Rinaldi. Untuk menangkap peluang itu Telkom telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan IP-TV antara PT Indonusa Telemedia anak perusahaan Telkom yang juga operator televisi berbayar Telkomvision, denganPCCW Hongkong yang ditargetkan beroperasi pada 2009. Untuk tahap awal, IP-TV Telkom selain menggarap pelanggan baru juga mengincar sekitar 50 persen pelanggan internet kecepatan tinggi (broadband) Speedy yang kini tercatat sekitar 700.000 satuan sambungan layanan. Tujuh kota besar di Indonesia menjadi tempat pengembangan IP-TV yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan dan Makassar karena infrastruktur untuk menunjang bisnis tersebut telah tersedia dengan kapasitas sebesar 4 megabit per second (Mbps). (iic/ant)

„ Arena Hiburan Panen Saat Lebaran

Sehari Raup Ratusan Juta Rupiah

BANJARMASIN POST/MAJRI D

ANTRE - Suasana antre di pintu masuk wahana Snow World International, di Kota Citra Graha beberapa hari lalu.

LIBUR Lebaran beberapa hari merupakan masa panen bagi penyelenggara arena hiburan dan rekreasi keluarga di Banjarmasin dan sekitarnya. Dua arena hiburan yang baru buka yakni wahana salju Snow World International yang beroperasi di Perumahan Citra Graha di Jalan A Yani Km 18,5 dan Water Boom di Perumahan Pesona Modern Km 11, dalam beberapa hari mampu menyedot ribuan pengunjung hanya dalam beberapa hari. Pusat hiburan keluarga di dalam kota juga tak kalah ramai. Manajer Operasional Water Boom, Andi, mengatakan, meski tidak semua wahana permainan yang dibuat bisa dioperasikan,

momen libur Lebaran tidak mereka sia-siakan. “Memang tidak semua fasilitas kita operasikan karena ada yang belum selesai. Grand opening sendiri direncanakan 25 November nanti. Namun kita tahu pada libur Lebaran orang pasti ingin berlibur dengan kelurganya, maka kita lakukan soft opening, hari kedua Lebaran, dan ternyata antusias masyarakat Kalsel cukup tinggi. Dari target kita sekitar 3.000 pengunjung per hari, ternyata mencapai 5.000 pengunjung per hari,” papar Andi bangga. Bisa dibayangkan dengan 5.000 pengunjung per hari, serta harga tiket promosi Lebaran yang diterapkan manajemen Rp 60.000 per

orang, maka hasil yang didapat per harinya mencapai Rp 300 juta. Kondisi sama dirasakan pengelola wahana salju Snow World International. Ribuan pengunjung memadati arena hiburan alternatif tersebut, sejak pertama wahana salju pertama di Kalimantan itu dibuka minggu lalu. Apalagi, setelah hari kedua Idul Fitri, ratusan mobil dan kendaraan roda terlihat penuh di areal parkir perumahan yang cukup luas itu. Begitu juga masyarakat yang ingin membeli tiket masuk, antrean terjadi cukup panjang, sehingga untuk bisa masuk setiap orang menunggu hingga satu jam. “Ini di luar dugaan kami, tar-

get sekitar 3.000 pengunjung per hari setelah Lebaran terlampaui. Anda lihat sendiri, antrean pengujung panjang sekali, antusias masayrakat di sini cukup tinggi,” ucap DiengKartika Tedjo, Direktris Snow World International. Sama seperti kedua arena hiburan itu, arena hiburan dan permainaan yang terletak di mal juga diserbu pengunjung. “Libur Lebaran, pengunjung tetap meningkat sekitar 40 persen hari dibanding libur biasa. Kalau dengan tahun lalu turun sedikit aja. karena permainan kita tetep berbeda dengan kompetitor” papar Asri Manajer Amazone Banjarmasin, sebuah pusat permainan yang terletak di Duta Mall.(ff)


18

bumi antasari

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008/ 6 SYAWAL 1429 H

Penerimaan CPNS Tunggu BKN BANJARBARU, BPOST - Para pencari kerja yang berminat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) harus bersabar. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalsel hingga kini belum menerima petunjuk teknis dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Kepala BKD Kalsel, HM Thamrin mengatakan, selaku koordinator penerimaan CPNS di tingkat pemerintah provinsi, kabupaten dan kota masih menunggu arahan dari pusat terkait kisaran waktu penerimaan dan pelaksanaan tes CPNS. “Sepertinya petunjuk teknis (juknis) dan kisaran jadwal penerimaan CPNS tahun 2008 baru dikeluarkan BKN akhir Oktober ini. Dengan demikian penerimaan dilaksanakan tetap November,” ujar Thamrin kepada BPost, Minggu (5/10). Seperti diberitakan, tahun ini Kalsel mendapat jatah kursi CPNS untuk formasi umum sebanyak 4.556 orang. Dibanding tahun sebelumnya, penerimaan dari jalur umum kali ini jauh lebih besar karena pengangkatan honorer hampir selesai. Terlambatnya arahan dari BKN diperkirakan karena terbentur cuti bersama Idul Fitri 1429 H. Selain itu, Menteri Pendayagunaan Apara-

Syarat Pendaftaran z Cukup menyiapkan fotokopi ijazah terakhir z Kartu pencari kerja z Surat lamaran. z Syarat kelengkapan lainnya akan diminta setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi.

tur Negara (Menpan) juga belum menetapkan disiplin ilmu apa saja dari masingmasing formasi yang dicari. Formasi umum yang diajukan pemprov, pemkab dan pemkot di Kalsel yang telah disetujui BKN terdiri dari tenaga pengajar atau guru sebanyak 2.842 orang, tenaga kesehatan 1.083 orang dan tenaga teknis 631 orang. Sementara itu, sebelum arahan dan juknis dari BKN untuk penerimaan formasi umum terbit, masing-masing BKD membuka loket bagi tenaga honorer yang diangkat tahun ini untuk melengkapi berkas persyaratan yang ditentukan. “Semestinya batas waktu

honorer untuk melengkapi berkas September lalu. Tetapi kita beri toleransi sampai Minggu ini bagi honorer yang belum melengkapi persyaratan,” lanjut Thamrin. Berkas honorer diharapkan segera selesai karena akan diajukan ke BKN untuk pengajuan nomor induk pegawai (NIP). Selanjutnya menunggu SK pengangkatan CPNS yang dikeluarkan BKN. Thamrin menambahkan, meskipun secara formal seluruh honorer yang diangkat tahun ini terhitung mulai tanggal pengangkatan atau TMT-nya 1 Januari 2009, penggajian terhadap honorer tetap mengacu kapan yang bersangkutan menerima SK CPNS. “Sebelum SK CPNS diterima kemudian yang bersangkutan lapor ke BKD, maka tenaga honorer tetap saja menerima gaji sebagai honorer. Tidak ada rapelan, meski SK CPNS baru diterima Maret, atau bulan seterusnya,” tandas Thamrin.(ais)

SK Bidan Diserahkan SURAT Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Bidan yang ditunggu-tunggu akhirnya akan diserahkan pekan ini. Penyerahan SK kepada 350 orang PTT Bidan yang diterima rencananya diserahkan langsung Gubernur Kalsel Rudy Ariffin. “SK PTT Bidan akan diserahkan pada tanggal 7 atau 8 Oktober ini. Rencananya Pak Gubernur langsung yang akan menyerahkan SK tersebut secara simbolis,” ujar Kepala BKD Kalsel, HM Thamrin kemarin. Penyerahan SK dilaksanakan di Aula Badan Penelitian Kesehatan (Bapelkes) Kalsel di Kota Banjarbaru. Seluruh PTT Bidan yang diterima diminta hadir dan BKD kabupaten/kota yang mendapatkan jatah penempatan bidan juga diundang untuk serah terima. “Dari 350 bidan yang menerima SK PTT ini sudah ada penempatan masing-masing. Karena itu BKD kabupaten/ kota yang bersangkutan turut kita undang untuk menjemput bidan dan kemudian mendayagunakannya,” ujar Thamrin. Sementara status 350 bi-

Jatah Formasi Umum CPNS No Pemerintah Prov/Kab/Kota 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 13.

Kalsel Banjarmasin Banjarbaru Banjar Batola Tanah Laut Tanah Bumbu Kotabaru Tapin HSS HST HSU Balangan Tabalong

Guru 46 227 217 226 244 224 264 229 261 198 145 203 224 134

Kesehatan 64 69 64 93 63 99 84 103 63 102 70 89 90 30

Teknis 40 46 48 46 48 48 48 32 49 35 56 33 48 54

Jumlah 150 342 329 365 355 371 396 364 373 335 271 325 362 218

Sumber : BKD Kalsel

dan yang diangkat tersebut terbagi dua, PTT Dinkes Kalsel untuk bidan-bidan yang akan ditempatkan di desa biasa dan PTT Departemen Kesehatan bagi bidan yang ditempatkan di desa terpencil dan sangat terpencil. Dengan diangkatnya 350 bidan PTT tersebut, masih 550 desa dari 1.800 lebih desa di Kalsel yang belum memiliki bidan. Tahun depan diharapkan pemerintah kabupaten/kota mengangkat bidan PTT atau mengalokasikan formasi bidan pada peneri-

maan CPNS. Thamrin menambahkan, Bidan PTT yang diangkat tersebut tetap boleh mengikuti seleksi CPNS yang akan dibuka dalam waktu dekat ini. Bahkan mereka memperoleh pertimbangan khusus sehingga kans diterima besar. “Tapi syaratnya harus melamar di kabupaten/kota tempat mereka bertugas. Kalau melamarnya di kabupaten/kota lain tidak ada pertimbangan khusus atau perlakuan sama seperti pelamar umum,” ujarnya.(ais)

METRO BANJAR/DONNY SOPHANDI

AWAS LUBANG - Salah satu dari beberapa lubang di Jalan Mistar Cokrokusumo Banjarbaru yang membahayakan pengendara, Minggu (5/10). Jalur ini rusak karena sering dilewati angkutan batu bara.

Dibeli Ratusan Juta Tapi Tak Dipakai „ Jembatan Timbang Menganggur MARTAPURA, BPOST- Pengadaan tiga unit jembatan timbang yang dibeli pemkab Banjar pada 2006 lalu hingga kini belum juga difungsikan. Padahal pengadaan jembatan timbang itu menghabiskan dana ratusan juta rupiah. Ketiga jembatan timbang itu masingmasing dua unit untuk mengontrol tonase angkutan batu bara dan satu unit lagi untuk mengontrol angkutan galian C. Pada 2006 lalu, pengadaan ketiga jembatan timbang tersebut diduga terkait dengan upaya pemenuhan target sumbangan pihak ketiga sektor batu bara senilai Rp 10 miliar. Sebagaimana diketahui, pada 2006 para pengusaha telah sepakat menyumbang ke kas daerah sebesar Rp 2.000/ton

produksi batu bara. Kini program itu sudah dijalankan. Untuk mengetahui dengan pasti total batu bara per hari yang diangkut armada batu bara, muncul wacana untuk mengadakan dua unit jembatan timbang batu bara, yakni di Sungai Puting, Kecamatan Sungai Pinang dan di Kecamatan Astambul. Sementara untuk jembatan timbang galian C, diwacanakan akan dibangun di Kecamatan Karang Intan. Pengadaan dan pembangunan tersebut diduga pula terkait belum maksimalnya penerimaan PAD dari sektor galian C. Namun, hingga kini ketiga jembatan timbang itu tak kunjung difungsikan. Kadishub Banjar, HG Sykahrin yang dikonfirmasi Selasa (30/9) jembatan itu

belum digunakan karena masih mencari lokasi yang tepat untuk pemasangannya. “Kita belum tahu persis di mana lokasinya karena pengadaan lahan dilaksanakan oleh bagian perlengkapan,” jelasnya. Untuk 2008 ini, katanya, pemasangan jembatan itu dipastikan tidak bisa dilaksanakan karena dananya tidak dianggarkan. Demikian pula dengan 2009 nanti. “Kemarin kita tidak menganggarkan dana untuk 2009, karena saat ini kita fokus untuk pembangunan terminal regional di Kecamatan Gambut,” katanya. Menurutnya, kemungkinan besar pemasangan jembatan timbang itu baru bisa dilaksanakan pada 2010. “Untuk galian C dilakukan di Karang Intan,” paparnya. (ofy)

Warga Harus Antre Berjam-jam „ Armada Rute Batulicin-Kandangan Kurang BATULICIN, BPOST- Warga yang baru merayakan lebaran di kampung halaman bersama keluarga mulai memadati terminal induk Kersik Putih Batulicin dan di areal parkir angkutan jurusan Batulicin-Kandangan. Mereka adalah pemudik yang ingin balik menggunakan jalur darat. Bahkan, angkutan jurusan Batulicin-Kandangan yang mangkal di sekitar Kantor Bank Danamon Batulicin sempat kekuarangan. Akibatnya ratusan warga Tanah Bumbu maupun warga Kotabaru yang hendak balik ke Hulu Sungai menunggu berjam-jam. Pardiman (54), warga Kotabaru, salah satu warga yang harus menunggu kedatangan

angkutan jurusan hulu sungai tersebut. Sejak pukul 08.00 Wita, dia bersama istri dan tiga anaknya sudah tiba di terminal angkutan jurusan Batulicin-Kandangan tersebut. Namun, hingga pukul 12.00 Wita, dia bersama calon penumpang lainnya belum beranjak dari kawasan tersebut, menunggu angkutan yang ada balik lagi. “Saya berangkat pagi dari rumah dengan harapan cepat berangkat dan tidak sampai larut malam saat tiba di Kandangan. Sampai disini malah tidak ada angkuta n sama sekali. Sampai sekarang belum ada angkutan yang balik lagi,” katanya dengan nada cemas. Selama ini angkutan untuk

jurusan hulu sungai tidak pernah mengalami kekurangan armada meskipun jumlahnya relatif sedikit dibanding dengan angkutan jurusan Batulicin-Banjarmasin. Karena, warga yang menggunakan angkutan tersebut jumlahnya juga lebih sedikit dan jarang warga yang pergi ke hulu sungai menggunakan angkutan. Kebanyakan mereka memilih menggunakan kendaraan sendiri. “Selama ini tidak pernah terjadi kekurangan seperti sekarang ini,” cetusnya. Asih (38), pemudik lainnya kemarin tampak membawa banyak barang. Dia mengaku bingung karena belum ada tanda-tanda angkutan jurusan Kandangan tiba. Kekurangan armada terse-

but diakui beberapa sopir yang mangkal di kawasan tersebut. Dari sekitar tujuh armada yang ada sejak pagi sudah dipenuhi penumpang. Para sopir mengaku tidak lagi mencari penumpang seperti hari biasa yang susah mendapatkan penumpang. Abdullah (37), sopir jurusan tersebut menuturkan armada jurusan Batulicin-Kandangan jumlahnya sangat terbatas. Ini karena pengguna jasa angkutan tersebut biasanya hanya pedagang. Itupun tidak tiap hari. Pantauan BPost arus mudik mulai mewarnai ruas jalan di Bumi Bersujud ini. Khususnya jalur dengan tujuan Batulicin-Banjarmasin, sejak Minggu (5/10) pagi mulai sesak dengan pengendara. (coi)

Pemko Banjarbaru

Walikota Banjarbaru, Rudy Resnawan didampingi Ketua DPRD, Arie Sophian menanda tangani naskah Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Banjarbaru Tahun Anggaran 2007 pada rapat paripurna DPRD yang dilangsungkan, jum'at (26/9) di Aula graha paripurna DPRD Kota Banjarbaru.

Ustadz Jefri Al-Buchory sebelum memberikan tausyiah dilapangan DR. Murjani berkesempatan bersilaturrahmi dengan Walikota Banjarbaru dan keluarga.

Menutup tausyiahnya ust Jefry membacakan doa dengan khusyu untuk keselamatan bangsa dan Negara, khususnya Kota Banjarbaru agar terhindar dari segala marabahaya.

FOTO-FOTO/IST

Walikota Banjarbaru memberikan sambutan dihadapan jamaah masjid An-Noor Kelurahan Landasan Ulin Timur pada safari ramadhan Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru, Jum'at (26/9).

Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin didampingi Walikota Banjarbaru dalam kunjungan silaturrahmi ramadhannya berkenan menyerahkan bantuan kepada beberapa tempat ibadah di Kota Banjarbaru.

Ketua TP-PKK Kota Banjarbaru, Hj. Rosdiawaty Rudy Resnawan kamis pagi kemaren berbagi kegembiraan membagikan paket lebaran kepada para penyiang iwak dilos pasar ikan Bauntung Banjarbaru.


banua anam

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008/ 6 SYAWAL 1429 H

Akhir Liburan Sepi PELAIHARI, BPOST-Tak seperti yang diprediksikan, kunjungan wisata di Tala justru menurun pada hari terakhir liburan lebaran, Minggu (5/10) kemarin. “Ini hari bisa dibilang sepi dibandingkan kemarin (Sabtu, red). Tidak tahu kenapa, padahal biasanya, Minggu pada musim liburan panjang seperti libur Idul Fitri kunjungan mencapai puncaknya,” kata Tiar, warga Desa Takisung yang menyediakan jasa penyewaan tenda, Minggu (5/10). Tiar adalah satu dari sekian banyak warga setempat yang mengais rezeki pada tiap musim liburan panjang. Pantauan BPost, tenda yang disewakan warga tak kurang 100 buah yang menyemut di pesisir pantai. Tenda hanya berupa terpal dengan alas dari terpal pula. Ukurannya bervariasi sekira 2x4 meter. Tarifnya pun bervariasi, berkisar Rp40 ribu sepuasnya. Saat ditemui, tenda yang disewakan Tiar ma-

sih kosong. “Ya ini sepi belum ada yang nyewa. Itu juga banyak tenda yang kosong. Sabtu kemarin sudah penuh semua sejak pagi,” beber Tiar. Jika kunjungan pelancong ramai, lanjutnya, rata-rata tiap pemilik tenda hanya dua kali meraup rezeki. Umumnya mereka menyewa 3-4 jam. Meski mengalami penurunan kunjungan, namun jumlah pelancong yang mengunjungi Pantai Takisung masih cukup banyak. Penuturan anggota Pol PP yang bertugas di pintu gerbang, jumlah pelancong yang datang diperkirakan mencapai 5.00an orang. Hingga pukul 14.00 Wita masih cukup banyak pelancong yang datang, baik menggunakan sepeda motor, mobil pikap/truk, maupun mobil pribadi. Pada jam yang sama tak sedikit pula yang balik kanan (pulang). Namun arus lalu lintas menuju Pantai Takisung masih lancar, tak ada antrean. Kondisi ini berbeda jauh pada libur tahun baru, Januari 2008. (roy)

Pulau Datu Cukup Diminati

BANJARMASIN POST/IDDA ROYANI

WISATA RELIGIUS - Seorang pelancong lokal mengabadikan makam Datu Pamulutan di Pulau Datu, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Pelaihari, Minggu (5/10). Objek wisata religius ini cukup banyak dikunjungi wisatawan pada liburan lebaran tahun ini.

Ruang Operasi Tak Berlistrik AMUNTAI, BPOST- Satu unit ruang operasi (OK center) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), sampai saat ini belum bisa difungsikan. Setelah selesai dibangun awal 2008, sampai sekarang bangunan tersebut masih kosong karena tidak ada aliran listrik. Kekurangan daya listrik yang dimiliki rumah sakit ini untuk bisa mendukung segala penerangan dan operasional peralatan medis di OK center, menyebabkan bangunan yang terdiri dari 16 ruangan ini hanya bisa menunggu untuk bisa difungsikan. “Kita masih menunggu permohonan tambah daya yang kita ajukan ke PT PLN (Persero) dikabulkan. Jika hal tersebut teralisasi, barulah ruang tersebut bisa kita gunakan,” kata Plt Direktur RSUD Pambalah Batung, drg Fauzir. Saat ini daya listrik di RSUD Pambalah Batung yang ada hanya 66.000 volt ampere (VA). Sementara peralatan medis di ruang OK Center yang hampir semuanya dihidupkan dengan listrik saat ini sudah tidak mencukupi. “Rumah sakit telah mengajukan permohonan tambah daya dari 66.000 VA menjadi 147.000 VA. Tapi PLN belum bisa mengabulkannya,” kata Muhammad Sahli,

z Akibat krisis daya z Daya yang ada hanya 66.000 Volt Ampere z Kekurangan 147.000 VA z Semua peralatan medis menggunakan listrik z PLN baru memenuhinya pada 2009 pimpinan proyek pembangunan OK Center. Dengan 16 ruangan yang ada di OK Center, selain ruang operasi, ditempat ini juga terdapat ruang rawat inap bagi pasien anak dan kandungan, sekaligus ruang ICU dan ICCU. Sementara instalasi listrik yang menyuplai ke seluruh ruangan ini sudah tersedia sehingga tinggal penambahan daya. “PLN telah menjawab

19

bahwa mereka belum bisa mengabulkan permohonan kita karena sedang defisit daya. Mereka menjelaskan, permohonan tambah daya baru bisa dikabulkan pada tahun 2009. Pada tahun itu PLN berencana menyewa mesin pembangkit dan 2010 proyek pembangkit di Asam Asam dan Pulang Pisau beroperasi,” jelas Sahli. Sementara upaya mencari alternatif lain seperti dengan menggunakan genset, tingginya daya yang diperlukan ruang OK Center menyebabkan penggunaan genset tidak efisien. Informasi yang berhasil dihimpun, ruang OK Center yang ada dibelakang bangunan utama RSUD Pambalah Batung Amuntai tersebut, pembangunannya menggunakan dana APBN Tahun Anggaran 2007 sebesar Rp 1,5 Miliar dan dana APBD Tahun Anggaran 2007 sebesar 3,2 Milyar. Setelah dibangun berbulanbulan, akhirnya Februari 2008 lalu, bangunan tersebut rampung dan bisa digunakan.(yud)

KUNJUNGAN di Pantai Batakan di Kecamatan panyipatan juga dilaporkan mengalami penurunan dibandingkan Sabtu tadi. Apalagi jalan menuju Pantai Batakan masih cukup sulit kendati lobang-lobang jalan telah tertutup material pengerasan yang dilakukan Dinas Kimpraswil. Data pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tala, kunjungan wisata pada hari kedua lebaran, Kamis (2/10), pelancong yang datang ke Pantai Batakan 3.000an orang, Pantai Takisung 4.000an orang, Pantai Swarangan 2.000an orang, Pantai Muara Asam-Asam 1.000an orang, Pulau Datu di Desa Tanjung Dewa (2 kilometer dari Pantai Batakan) 700an orang, dan di Air Terjun Bajuin 100an orang. Dibandingkan tahun lalu, kunjungan di Pulau Datu mengalami peningkatan. “Tahun ini lumayan banyak yang datang ke sini,” tutur Jahri, penjaga objek wisata religius tersebut. Pulau Datu merupakan objek wisata religius karena di pulau kecil seluas 3 kilometer tersebut ada makam keramat ulama ternama di Bumi Antasari yaitu M Taher atau lebih dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan. Pulau Datu berjarak 500an meter dari pesisir Desa Tanjung Dewa atau diperlukan waktu sekira 15 menit untuk menyeberang menggunakan kelotok dengan tarif Rp 8 ribu per orang. (roy)

Mantan Terpidana Jadi Caleg TANJUNG, BPOST - Lolosnya kembali anggota DPRD Tabalong, Sugian Noor sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada pemilu 2009, di Kabupaten Tabalong menimbulkan pertanyaan masyarakat terutama kalangan pemerhati politik. Sugian Noor sudah dua periode menjabat sebagai wakil rakyat Bumi Sarabakawa sejak 1999. Dia juga pernah divonis satu tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjung karena terlibat kasus penyalahgunaan dana APBD Tabalong 2002. Pencalonan Sugian Noor untuk ketiga kali sebagai legislator dengan berpindah partai dari PDIP ke partai Hanura ini diragukan oleh masyarakat. “Mengapa orang yang pernah dipenjara bisa menjadi caleg,” kata seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya, Minggu (5/10). Menurutnya, berdasar ketentuan KPU, orang yang pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun atau lebih dilarang mendaftarkan diri sebagai caleg. Seperti diketahui, dalam kasus tersebut, mantan Ketua DPRD Tabalong 1999-2004 itu dituntut oleh jaksa selama 5 tahun penjara dengan denda Rp 200 juta subsidair 6 bulan penjara dan uang pengganti Rp 332.327.763 atau pidana penjara selama satu tahun. Putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) RI Reg No:691 K/PID/2006, 17 Mei 2006 menolak kasasi Sugian Noor dan karena itu ia dihu-

“Terkait layak tidaknya Sugian Noor sebagai caleg, kita kembalikan kepada publik” JAUHAR ARIFIN Ketua KPU Tabalong

kum satu tahun penjara, denda Rp 50 juta subsidair 3 bulan penjara dan uang pengganti Rp 91.185.127. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabalong Jauhar Arifin, tidak mengakui Sugian Noor yang juga anggota Komisi II DPRD

Tabalong merupakan caleg yang pernah dipenjara satu tahun. “Dulu memang ada peraturan KPU yang menyebutkan orang yang pernah diancam hukuman penjara lima tahun tidak boleh mendaftarkan diri sebagai caleg. Tapi sekarang tidak ada lagi,” katanya. Namun, berdasar peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2008 tentang persyaratan legislatif, untuk menjadi caleg selain harus melengkapi semua berkas pencalonan, hanya melampirkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). “Berdasarkan SKCK milik Sugian Noor memang disebutkan pernah dipidana satu

tahun penjara. Tapi dalam surat itu juga disebutkan bahwa dalam kasus itu, dia sedang mengajukan PK,” jelas Jauhar ketika dihubungi Minggu, (5/10). Setelah melakukan konsultasi ke KPU Propinsi, kata Jauhar, pihaknya mengakomodasi berkas pencalonannya dan masuk daftar calon sementara. “Terkait layak tidaknya Sugian Noor sebagai caleg, kita kembalikan kepada publik. Kan ada waktu untuk masyarakat memberikan tanggapan (1-10 Oktober 2008). Atau misalnya, PK yang diajukan Sugian Noor itu ditolak, otomatis berkas pencalonannya gugur,” tandasnya. (mdn)

Saya Sudah Konsultasikan SUGIAN Noor yang dikonfirmasi tentang pencalonannya itu menyatakan mereka yang mempertanyakan pencalonannya karena kemungkinan kurang mengerti tentang hukum. Menurutnya, jauh sebelum mengajukan berkas pencalonan telah mempelajari semua ketentuan persyaratan pencalonan termasuk berkonsultasi dengan KPU. “Semuanya sudah beres. Tidak ada masalah makanya kita kembali mendaftar,” katanya. Terkait kasus hukum yang pernah dijalaninya, Sugian Noor mengaku dirinya sedang mengajukan PK dan masih dalam proses. “PK yang saya ajukan itu karena kasusnya sama dengan Murhan Effendi (Wabup Tabalong dan PK-nya dikabulkan),” katanya. Sesuai undang-undang, lanjut Sugian

apabila kasus itu belum mempunyai kekuatan hukum tetap, dirinya berhak mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Berdasar hasil verifikasi KPU, Sugian Noor termasuk dari 18 anggota DPRD Tabalong yang kembali mencalonkan diri sebagai caleg bersama 381 caleg lainnya untuk memperebutkan jatah 30 kursi DPRD Tabalong yang tersedia. Mereka akan bersaing mendapatkan dukungan di tiga daerah pemilihan (dapil), y a k n i d a p i l I ( Ta n t a , Ta n j u n g d a n Murung Pudak), Dapil II (Pugaan, Banua Lawas, Kelua dan Muara Harus) dan dapil II (Haruai, Upau, Bintang Ara, Muara Uya dan Jaro). “Jika saya terpilih lagi sebagai anggota, kemudian PK itu keluar apakah ditolak atau sebaliknya, yang berhak memproses adalah DPRD, dalam hal ini Badan Kehormatan (BK),” tandasnya. (mdn)

Belum Ada yang Digugat „ KPU Tunggu Sampai 7 Oktober REKREASIMengisi waktu liburan dan saat lebaran, warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memanfaatkannya untuk rekreasi. Seperti dilakukan satu keluarga ini, yang makan siang di luar rumah.

BANJARMASINPOST/WAHYUDI RACHMAN

MASTER DEALER : Linda Jaya Ponsel 0511-3354839 Dealer : Hello Phone 0518-71288 Jovan Ponsel 0511-4364483 Tiara Ponsel Veteran 0511-7404277 Duta Ponsel 0511-3271537 Tiara Dewata Ponsel 0511-6237999

AMUNTAI, BPOST- Diumumkannya Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Hulu Sungai Utara (HSU) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharapkan mendapat perhatian warga terhadap calon wakil rakyat nanti. Apabila mereka yang namanya tampil di pengumuman DCS sejak 27 September lalu di kantor KPU merupakan orang yang dinilai bermasalah dan tidak layak untuk menjadi anggota DPRD, warga diperkenankan memberi masukan, kritik, saran, bahkan menggugat melalui KPU. Ketua KPU HSU, Mohamad Noor, Minggu (5/10) mengatakan, waktu 10 hari itu sejak 27 September sampai 7

Oktober.”Memang delapan hari setelah diumumkan belum satupun warga yang memberikan masukan, kritik, saran atau gugatan. Mungkin karena masih lebaran. Kami berharap Senin dan Selasa ada warga yang menyampaikan aspirasinya,” katanya. Jumlah caleg DPRD HSU yang lolos DCS berjumlah 319 orang dari 333 caleg yang mengembalikan berkas pencalonannya. Setelah dilakukan verifikasi hasil perbaikan, ada 14 caleg lagi yang tidak memenuhi syarat. 319 caleg ini memasuki tahap uji publik dengan diumumkannya nama-nama mereka di kantor KPU dan media massa. Maksud diumumkannya nama-nama

caleg yang lolos tahap DCS tersebut, agar warga bisa tahu dan mengenal orang-orang yang lolos seleksi. Mengingat kemampuan KPU dalam menyeleksi calon wakil rakyat terbatas, diharapkan masyarakat mengkritisinya. “Misalkan seorang caleg mengaku tidak pernah terlibat tindak pidana padahal pernah atau seorang caleg yang mengaku lulus SMA padahal tidak. Warga bisa melaporkan ke KPU dan kami akan menyelidikinya. Jika terbukti dicoret,” kata M Noor. Caleg yang tercantum namanya di pengumuman DCS, lanjut M Noor juga harus siap menghadapi masalah hukum apabila ada orang yang menggugatnya. (yud)

MASTER DEALER : Linda Jaya Ponsel 0511-3354839 Hello Phone 0518-71288 Sahabat Ponsel 0511-7406720 Duta Ponsel 0511-3271537

DAPATKAN DI TOKO-TOKO HANDPHONE TERDEKAT


20

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

BANJARMASIN LOWONGAN Terdahsyat! Kursus Montir Sepeda Motor cuma 2,5 bln dijamin bisa. LPK. SENTRAL TEKNIK BJM. (0511) 748 4750. 819950

Dibthkan Opr.BD,Exca & Mknk Alat2 Berat,Mknk Elektrik utk di Kalimantan, Lk2,max.40th,pglmn min.2th, Jl.Nanas Gg.Nangka 2 Rt.13 Kel. Lanjas,Teweh Tengah Kab.Barut. Hub.08122992166. 810519

Dcr.1.Salesman min.SMU SIM A usia max.25th, 2.Driver SIM B1 SMU usia max.30th. Krm ke PT.Inti Bogamandiri Jl.Ps.Baru 87 Bjm. Bg yg memenuhi syrt akan dipanggil.

DIKONTRAKKAN

PELUANG BISNIS

JASA

RUPA-RUPA

RENTAL/CARTER

DIJUAL RUMAH

Kost Putri Jl.A.Yani Km.8 Komp.Rina Karya Blok Aster No.13 dkt jln.raya. Fas.lkp,spring bed.lmri,AC/non AC.081348113999/ 7710799.

Anda perlu pulsa mrh bahkan gratis! Komisi Jt-an Rp/mgg, Dapat jual pulsa all operator. Daftar DBS 200 rb. Hub. Bjm: 087816161917, 081250 21067, 0852 48896204, Amuntai : 08 5248339839 Ampah: 085249834307 Kapuas: 081349634666

CV.BUANA AC. Servis bkr-psng isi Freon Perbaikan sgl merk & jns AC, bergaransi. 7314585/08134947 4609.

DEPO AIR MINUM SIST :UV.Konv-RO Bio Energy+Hexagonal:menetralisir racun dlm tubuh,bnyk bns sedia sparepart depo ttp galon,tisu.RIMA (0511) 7403088-7413088-081351403088.

SHIDDIQ TRAVEL 7403871/740 8531, sedia Innova,Krista,Avanza, Xenia jg Spd.Mtr Supra Fit,Revo, Zufiter MX & Z.

Dibuka kembali Griya Anggrek Merah 3. Jl.Sapta Marga DP mulai 10jt. Dptkan Type 50 & Ruko mdl minimalis bns pgr tralis undian 2 Honda Beat, 1 Revo. Hub.PT.Berkat T. H. (0511) 7231251,081348043007,081871 5664,7466800,741833 3,7663391, 4786314,0811501230.

811026

Lahan kosong Jl.A.Yani Km.3,5 uk. 15mx26m utk rumah makan dll.Fas. PLN, PDAM.Hub. 3272555-3253429 TP. 811121

DIJUAL TANAH BU djl.murah tnh sawah produktif bgs Lt.9.700m2 150m dr Jl.Trans Kalimantan Sei.Lumbah ada jln,cck u/tmbk ikan. 6238989. 811007

Tnh 6222m2 pgr Jl.Tembus Permns K.Tangi & 2235m2 Jl.RT.Zaleha Khjr Dewantr 3. Hub.085284519567.

811018

810031

Dcr.u/Bag. 1.Serabutan,2.Pembantu, 3.Ass.Juru Msk. Lmrn Depot Ice Cream Jl.Kuripan No.8 Rt.8 Bjm.

Tnh uk.31,8mxP.352,5 (SHM) pggr jl. Jl.A.Yani Km.12.200 Gambut. Berminat Hub.AYU (0511) 3360088.

811109

190908

Dcr. Karywn u/Depot min.SMP max.24th,jjr,pkerja krs,displin. Lmrn lsg krm ke Jl.Veteran No.20 Bjm (Ruko Rizcomptr Dpn Psr Kuripan).

Djl.tnh Jl.S.Parman/Jl.A.Yani Km.9/ Km.11/Km.17 . Hub.081351347447 tanpa perantara. 810663

Dcr. Waiter u/Rest ,pglmn,pnmpln menarik,bs kerja sama min.SMA. Lmrn ke Kendi Rest.Jl.Veteran 8 Bjm.

Dijual tanah SHM No.1336 luas 15x 22=330m2 lokasi Jl.Dharma Bakti / Komplek DPR Pramuka hrg Rp 125jt. Hub. 08551500900/(0511) 749 4242.

290908A

811069

Dcr. Mekanik AC Mobil penglmn min. 1th. Hub. (0511) 7657897-0852489 49797.

Djl tnh SHM uk 2,3Ha Lok Pinggir Jln Tol Lingkar Selatan Km 17,5 Gmbt hrg 75rb/m2 nego Hub 7337234 / 081348739845 TP.

811178

811307

Dcr. Karyawati SLTA/sdrjt,penamp. menarik. Hub.Tk.Atlantik Jl.Simp. Sudimampir I No.38 Bjm. 811309

Perusahaan dibidang Jasa Tour & Travel membuka kesempatan dan membthkn Tng ADM & Ticketing dg syrt sbb: Wnt,blm menikah,pend.min.SMU sdrjt,memiliki SIM C,KTP Bjm. Srt lmrn disertai cv & pasfoto wrn terbaru uk.4x6cm (2 lbr) dialamatkan ke PO.BOX 206BJM. 041008

Perusahaan Swasta Nas butuh Wnt/ S1 Eko Akt /Mngment IP min 2,5 /Single, max 26th. Krm lmrn CV Foto diantar lgsg test Jl A Yani Km 35 No 38 Bjb (Spg BRI Bjb) Hub BUDI 08125103535. 051008-B

Dcari bbrp Karyawati Toko Wnt Single SMU, max 23th Lgsg Wawancara & kerja Hub Bpk Koko 0511-7750168. 051008-F

Dbthkan sgr Karyawati 1. Kasir 2. Score Girl, pnmpln mnrk, max 26th Lmrn antar lgsg ke Gatsoe Billiar 3257565/081348283535. 051008-G

Depot Bakso Perlu Wnt Single jujur pkrj keras trampil kmnikatif Gaji menarik Hub 081578856557. 051008-H

Dcr Score Girl, Kasir, Cleaning Service. Lmrn antar ke GG1001 Billiard Jl Hasan Basri 2/3/4 Rt 18. 031008-A

Dcr Karyawati Utk Salon Kecantikan (tdk ada Massage) dgn Gaji pkk + U Mkn + bonus Hub 0511-6129777. 031008-B

Dcr Tng Pengawas Bangunan D3, S1 & STM ditmptkn di Tanah Bumbu & Kotabaru Hub 0511-6262339/088898 80406. 031008-D

Dicari Karyawan/ti bekerja di Km 10. Lamaran ditujukan ke Tk RIA ABADI Jl RE Martadinata No 50 Bjm. 031008-C

051008-A

DIJUAL MOBIL Bolak-balik isi Freon? AC sering pans, prwtn AC/cuci Blowr. Kunjungi Bengkel DWI JAYA Jl.A.Yani Km.4,5. Hub. (0511) 7420046 jl.melayani unit AC Sanden/ Denso & Evapurator Tengah (double). 810173

Bengkel Mobil DWI JAYA melayani Ganti Oli Mobil berbagai merk,service/perbaikan sgl kerusakan mesin, kopling rem dll. Ditunjang Mekanik berpglmn & S. Part pendkng. Hub. (0511) 7420046 Jl.A.Yani Km.4,5 Bjm. HrMggu/ tgl.merah ttp buka. 810175

Avanza G VVTi 06/07/08 baru htm, hijau,blue Aqua,silver. Jazz VTec 07. Hub.Showroom H.Amiruddin (0511) 7453538/3265383. 810242

Hyundai Accent ‘00 htm mls,jrng pakai,AC,TV,MP3,DVD,full Audio,Pjak Sept,hrg.63jt 7550025. 810803

Tyt Soluna XLi Th.’01 silver mulus kinclong standard pabrik Rp 65jt nego serius. Hub.0811501088. 811008

Djl.cpt Carry Futura 1.3 M.B. ‘97 mulus, kaleng Rp 35jt/nego. Hub. (0511) 6235036/7768578. 811103

Avanza G VVTi ‘07 merah met. mls lkp RF Rak tdk blk Km rendah. Hub.0813 11462773 nego pjk pjg. 031008A

Kjg Super Th.’91 biru hijau met.AC double/Tape Remote siap pakai Rp 36jt nego. 08126564246. 811306

Avanza G 1300cc th04. Kuning Met, AC,RT,CD,audio Km 20rb hrg 118jt nego Hub 0511-7418289 041008-A

PELUANG BISNIS

DIJUAL RUMAH

Diztro Dinar Iraq . Stock di importir kosong. Silahkan Hub. 7425090.

Uang muka 5jt T.36 dll (bata,sm permanen) Komp.Tmn Citra Raya Hdl Bakti kav.tbts. (0511) 3305260/7708666.

Stok Dinar Irak menipis, ingin beli? Hub. 7252289 “tidak asli uang kembali”.

050908B

Djl.rmh beton+isinya Tk.2 Komp.Griya Permata Jl.Melati III Rt.16 No.50 hrg.150jt nego. 081351937892. 819932

Permhn T.36=85jt T.42=95jt Lt.10x20 Um ringan hrg.nego di Km.8,2 msk Manarap . Hub.081349770768.

811062

811083

Modal Daftar 179rb dapatkan keagenan Pulsa utk semua operator dg kesempatan mendpt tambhn penghasilan 2jt/hr. Hub. Linda (0511) 6152403/085248955178. 811310

250908A

KOMPUTER SURABAYACOM , Spesialist Printer, infus,ser vis & aksesor is Bjm. 3356985.Kdgn: 22772. Barabai 43668. 816830

Jual mcm2 CD/DVD Blank hrg.murah, kotak CD/DVD,Photo Glossy,Ink-Jet paper. Kings/Buzz. Mlyni partai & eceran. TOTO/JAYA DISC COMP . 3267668/ 7712688. 817703

SERVICE KOMPUTER : Tehnisi ke rmh Anda.Hanya Rp 50rb lbh praktis, mrh & bergaransi.Hub.081351144123/ (0511) 6207123. 819598

Dual Core 2.0/512mb/80gb/DVD/Mon 15" (2550rb),MicroSD 1GB(35rb), Fdisk 2GB(65),Games PC, STUDIO 60 Jl.9 Oktober 51 Pekauman 7456060-7426060. 810122

BANDUNG COMPUTER Jl.Cemara Raya No.40 Rt.28; Laptop,Personal Comp,Accessories dll. Hub. (0511) 6238883. 810806

P4/256/20/CD/17"=1,5jt P3-933/128/ 20/CD/17"=1,1jt PII+17"=850rb MB+ P4=550rb MB+P3=240rb SC/VGA 7429944. 810902

Obral Flashdisk . 1GB 50rb,2GB 67,5,4GB 110rb. Hub.Triarta Duta Mall (0511) 9041882. 250908A

P4-2.0/512/30/CD/Mon=1,5jt. P4-1,8/ 1Gb/40Gb/CD=1,650. P4-2.26+Mon = 1,8jt P3-800+Mon=1jt Hub. 3260160 (Bjm) / 4720777 (Mtp). 810106

Djl. Laptop Baru garansi 1 th; Acer 2920,Acer 4930, Toshiba U405,HP TX2500 Tablet,Lenovoy 310,Sony VA10VGN NR160C hrg.nego,SMS utk Detail Hub.08125062550. 031008B

NB Toshiba Portege M100/80GB/512/ DVD-CDRW/12”/Wifi/SDSlot+iR Hrg 4,4jt nego Hub 081348004900. 031008-C

HANDPHONE

818566

PEST CONTROL Pembasmian hama & vektor,tikus,kecoa,nyamuk,rayap dll. Utk ktr/rmh Anda dijamin efektif dan aman. Hub.CV.TRIPUDA (0511) 622 9287/3358009. 819753

CHEAP WOSS .Kinclong & gesit. Jasa cuci setrika. Pahe 5kg=20rb (10x grtis 1 pahe)/kg 5rb. Siap antar-jmpt. Hub. (0511) 9110522/081347025002. 819751

RF LAUNDRY Jasa cuci+setrika 6000/ kg disc.30% cuci bulanan hrg.nego antar jemput gratis. Hub. 61526677684147. 080908

BRAINWASH Desain logo,promotion servis,desain interior. Hub.081349 707369/081804208800 (0511) 734 5034. 819962

Informasi jual beli tnh,rmh,ruko, kebun utk wil.HST. Hub.0811505129. 810134

Pijat Tradisional Jawa khusus panggilan tidak menyediakan tempat. Hub.Lisya (0511) 6150250. 810278

AC,AC,AC Anda rusak. Hub.km u/ perbaikan Kulkas,Msn Cuci,cb dl br byr. AMIGO TEKNIK Service AC. 35rb 3259723/7500994. 810334

RIYAL RIYAL RIYAL.DOLLAR, RINGGIT hub.PT.ARTA Money Changer Lobby Hotel Istana Barito Jl.Haryono MT Banjarmasin (0511) 3356055. 810412

TARYO TECHNIK Servis ditempat: TV,Kulkas,AC,Mesin Cuci,Dispenser, dll.Hub. (0511) 7602132/4228566. 810480

“CITRA SERVICE” AC,AC Mobil,AC Alat Berat,Kulkas,M.Cuci,Dispenser. Hub. 7418558/08125050198.

819808

KAYU TANGI TECHNIC HW & SW : Service HP,Flash Unlock,SIM Not Valid Bb5/NSeries,HP Ver. China Miracle (Nokia K.Touch,Hi-Tech-i-Mobile dll). Hub.Jl.Adhhyaksa No.9 Rt.35 samp. Kampz.UNISKA (0511) 7580123. 810482

SYITI SCUDETTO Accesories, sparepart, Jafs, UFS3, Setool, Cruesed & member Update. Trm servis Hub 737 6676 Jl Pekapuran samp Tiara Ponsel 210908D

MENTARI PHONE Spes.Service= PDA HP,Satellite/GPS,semua jns krskn,garansi,terjamin 100%.Hub. (0511) 4367136. 810765

BIP TRONIK (Server lokal trbaru) Daftar. Nama.Nmrhp.Alamat.1234 kirim 085 348000500, isi saldo ttp dilayani H-I & H+1 & TRX tdk libur. 085651336666. 810968

Siptronik isi Ulang Elektrik terlancr, terlkp mrh & stok slalu ada. Lebaran tetap bs TRX & isi Deposit. Pendftran Hub 4720495 (Minat sbg Dealer)? Hub 0818390009) 821012

JASA BINTANG TEKNIK Spesialis (panggilan) serv bongkar/psg AC rmh/ktr, kulkas, M.Cuci & rental organ tunggal+ pny+ Sound 7761825/0852510853 30.

140808A

BC.Norsehan MLM SOPHIE MARTIN Paris. Hub. (0511) 7707235/08195 466957 utk jd member baru dpt diskon keanggotaan. 050908A

AIR MINUM ISI ULANG terlengkap & termurah,teknologi mutakhir Jepang, Australia,Kanada. Full Otomatis kualitas & servis terjamin,standart Depkes SNI 01-3553-1996,tersedia ttp galon&tissue.Hub.OMEGA 7708555/ 3350555/08152125858/08125009093. Cash/kredit. 060908D

Bekerja dari rumah sekarang! klik www.empatribu.com 819897

Kal.2009,Undangan Exclusive bs psn gmbr khusus-brosur-stiker-poster-taskaos-spanduk-ppn nama-buku-company profil-pin-id card.dll. SUMBER MAS 3268987-3272600-7587272. 100908B

KALENDER 2009 AO GK VO ML dll. Kal.Caleg,Brosur,full Color murah.. rah..rah!! Hub.08125027794 (0511) 7443718. 810047

Jual Baju Senam,mcm2 mdl & Bj. Rng Muslimah,ada uk.bsr,bs retur, grosir,eceran & jual mcm Anggrek, spesialis,Cat Leya,Panda,Denro dll. Hub.0811520705/7707892/3354128.

810559

STEMPEL WARNA smua ukuran Rp 5rb hanya di Get Smar t Grafika Jl.Sutoyo S Rt.8 No.8 7242541.

DEPO AIR MINUM KONSYNL ,RO Hexagonal,Ozon,hrg.turun. Hub.0813 51551010-08134802004-(0511) 7314 424.

810630

Perlu dana cepat buat modal usaha segera jaminkan BPKB Mobil/Motor di PT.BFI FINANCE Indonesia,Tbk. Jl.A.Yani Km.2,5 No.86C Banjarmasin (0511) 3256398,3256398, 3256339, 6104338 Dana Beres-Usaha Sukses. RUMAH CUCI CINTA Jasa cuci & setrika Rp 7000/kg,siap antar jemput+ gratis.Hub.SMS 7429768. 270908C

Perlu Spanduk, X Banner, Cetakan, Desain Iklan / Promosikan Usaha Anda, bisa dipanggil Hub 0511-6162987 240908-A

810657

LANGSING TANPA EFEK SAMPING in 30 days (0511) 3265549/7415053 www.tigadelapan.co.nr 810831

PERSEWAAN BADUT Teletubies, Micky Mouse,Bebek,Naruto dll.Hub. (0511) 7411625/7429768. 814662

SUSU Kesehatan Naco IgG Plus jadi member baru / stokis Hub FAHRUL 7308543/7406606 120908-C

ELEKTRONIK

Trm kursus Pot.Rambut,Make Up, Cuci Muka, terapi telinga pakai lilin, terapi mata,asam urat,rematik. Hub. Salon RINA Jl.Cemara Raya (dpn. Puskesmas K.Tangi).

Jual beli,tkr tbh,service&prwtn PS One,PSX,PS2,PS3,PSP,X-Box,Box 350,Game Boy,Stick&isi Games:PS2, PS3,PSP,NDS Lite,X-Box,Film,lagu& foto,Upgrade & Down Grade,Service, bs ditgg.Hub. 7573838,7248134, 431547.

819812

810265

HIGAYON MUSIC STUDIO membuka kelas: Vokal,Piano,Biola,Cello,Gitar. Hub.Jl.Kacapiring V No.7 4363000.

Promo Ramadhan hrg murah (PS1PS2 DVD/HDD/PSP-PS3) bs tkr tmbh, service Game. 7408122/081351 988822,melayani penjualan luar kota.

KURSUS

810270

LPK ARUM Bljr bs 3 mcm mbl,Innova, Xenia,Jazz Rp 350rb. Hub.Jl.S. Par man/Gatot S. Hub. (0511) 7558582/7378573.

810744

Kursus: Komp,meng.Mobil, B.Inggris, Akuntansi,Menjahit,Elektro. Hub. President College 3352911.

TK CS Game center,melayani jual/beli, baru/bekas,PS1,PS2,PS3,PSP dll, service prwtn,psng hardisk,isi Games, partai / eceran,trmurah kualitas jamin Jl.Kinibalu Ruko No.3 Bjm/Jl.A.Yani Km.35 (samp.Museum Bjb 73317 98/081351990400.

810924

810970

PIRAMIDA LEARNING CTR Bimbel SD,SMP,SMA+Krs.Bhs.Inggris+Komp. 7347938 Jl.A.Yani Km.3,5/sebrng Poltabes.

GAMES SOLUTION PLAYSTATION termurah service bergaransi Jl.Pahlawan Rt.7 No.64 (0511) 7338844/ 7704030.

810602

811280

811110

LPK MULAWARMAN Kursus mengemudi mbl hny Rp 300rb dijamin bisa. Hub. 4365054 (samp.SMA 2) bs antr jemput.

DIKONTRAKKAN

Investasi sgt prospektif Lahan Plasma Sawit Lok Kab Banjar Hub 0511-756 6515 / 081351597989 No SMS. 051008-C

817484

Dikont/djl.2 bh rmh semi permanen. Fas.lkp Dharma Bakti II Rt.29 & Komp.Purnasakti Jl.Utama II Rt.37 No.10A Bjm (0511) 7680099.

Busines Franchise (sehat-cantiksejahtera) produk dr USA: modal kecil hasil Milyaran Hub 7566515 / 0813 51597989.

TEKNIK ELEKTRONIK menerima panggilan perbaikan TV,Tape,VCD, DVD,PS1,PS2,dll.Hub. (0511) 7406 535/08152115733.

Djl. Pullet (Ayam siap telur) sedia umur 13-16 mgg. Strain,Lohman, Brown, Vaksin lkp.081334650405/08133375 9949/(0511) 4787823.

180225

051008-D

819501

812274

810894

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Sist. UV-R.O (NASA USA),Ozon,Bio Energi,Hexagonal,Water Treatment, byk bonus,garansi,sedia Sparepart depo: gln,ttp,tisu,dll. Std Depkes SNI. Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511) 7406726/7403388/0811503331 cash/ kredit,hrg.mulai 10jt-an.

810466

810888

GADAI HP Praktis&murah,jual/beli& servis HP. Permata Ponsel Jl.Veteran (sebr.Prima Vision) 7580087/0813 51912232.

310708B

811105

RUPA-RUPA

RENTAL/CARTER VERA RENTAL CAR Menyediakan Avanza ’08,Kjg Kapsul,PU,Innova ’08, Panther,L-200. Hub.0811508748/ 3306342/7434273.

819948

RAHAYU RENT CAR. Innova,Avanza, Xenia,Kjg LGX. (0511) 32742757562807-08125100864/3251108. 818872

CV.NAILA RENT CAR . Hub. 7758 886/085251651666. Sedia Innova, Avanza,Sedan Getz,Kapsul LSX. 819230

MUTIARA RENTAL 7493322/ (0511) 3259636/7523377/0811519649 sedia Innova,Krista,Avanza,Kapsul hrg.sewa nego. 819586

CAKRAWALA Innova,Avanza,Livina S-Gear,Panther,CRV,Harrier,BMW, Mercy,Everest,Strada,L.Cruiser,Hammer 7505450/7646688/081528233779. 060908E

Kuda,Taruna,Xenia ‘08 bs harianbulanan. Trm Carter kmn aj. Antar-jmpt Bandara.nego (0511) 731677608125066776. 080908A

“SATRIA” standby 8 Strada GLS ’07 (15jt/bln),Triton,Innova,Avanza, APV, Xenia (khu Krista/LGX/LSX 4,5jt/bln). 7400689-7400688. 819917

BANJARBARU TRANSPORT CAR Rental Kjg Innova,Kpsl,Avanza, Xenia, L200 Strada,Sdn Hnd City. 7572295/ 7352850/4787888. 819959

RIZQ R CAR 7403965 sedia Avanza, Xenia ’08,Kjg LGX tarif murah, harian,bulanan,jam2an. 819991

MANDIRI RENTAL CAR tersedia Mbl Strada 4x4 Avanza,Innova bs disewa bulanan,harian Bjm. (0511) 75130 19/0811501842. 810388

HALTE RENTAL CAR sewa jam2an, hr,blnan,bs car ter,Xenia,Avanza, Ranger,Innova,Kjg Kaps. 7257245/ 08115002755.

819507

Djl rmh Jl Merak No1 Bjb IV Dpn Jl P Batur (Dkt Klinik Mawar) S Hrg Nego Hub 0511-4781543 TP. 041008-B

DIJUAL TANAH Tnh kav.10x20 c/k siap bgn Jl.Palm Sei.Rancah dkt.Renc.Pemb.Ktr Prop&PP.Hidayatullah Um.2jt 7411704-4782241/7689977. 814833

Tnh hak milik disekitar Pinus B.Baru L.10.820m2 strategis di pgr jl.cck u/ perumahan/usaha hrg.nego. Anjas 08164557558. 19090B-

DIJUAL MOBIL Jimny barang bagus Rp 12,5jt Panther ’96 Rp 47jt bisa TT Perlu Uang Hub 081952953675 Hj Yuli. 051008-J

DIJUAL SPD MOTOR Smash Th04/05 Rp 7,4jt Legenda Rp 4,3jt, Satria R Rp 2,9jt bisa TT Perlu Uang Hub 081952953675 Hj Yuli. 051008-I

KURSUS Kursus Mengemudi 2 hari bisa, Instruktur sgt pengalaman. ALFISYA Jl.Biduri No.12 AMACO Bjb (0511) 7318393-081351838688. 817379

RENTAL/CARTER CAHAYA RAHMAN RENTAL MBL Mlyani sw mbl jam2an,droping hr-an antr/jmpt Bandara 0811501129/ 7454999/7505553.

810429

PASHA RENTAL BJM Menyewakan Avanza G ’07 VVTi,double AC,jam2an, hr-an,bln-an. 3271962/085651123 769. 810608

WIJAYA RENTAL B.BARU,Innova, Avanza,Xenia,L-200,Ford Ranger dll. Hub.081351010794/ (0511) 75030 84. 810854

YAHDI RENTAL sedia Avanza, Innova+Sopir/tdk bs antar jemput Bandara. Hub. (0511) 7533029/762 3103. 810882

Disewakan L-200,Toyota Avanza . Hub.M-19 RENT CAR (0511) 7243 929 & 081351087999. 811064

KHARISMATIK RENT CAR mydkn Avanza ’08,Innova,Kjg Kpsul (djmn Ass pnmpg) bs jam2an,hr-an,bln-an 3263667/0811510525 trf nego. 811089

CITRA TRAVEL (0511) 7400677/ 0811511911, sedia L200 (4x4),Tyt Rush,Innova,Avanza,Pick Up (LGX 250rb) harian/blnan. 270908A

BENAWA PUTRA RENTAL CAR BANJARBARU (0511) 7594220, 4781111,4782222 Hunting. 100908C

OBAT/JAMU

819268

M A R TA P U R A DIJUAL RUMAH Cukup DP 9jt Type 40 mdl minimalis bns pagar tralis undian Honda Revo & CS One. Gg.Penghulu Jl.Sekumpul. T.45 harga mulai 100jt.Hub.PT.Berkat T H. (0511) 7231251/08134804 3007, 7466800,7418333,7663391,478 6314. 819508

RUPA-RUPA Sedia Ban baru & Velg Racing u/Mbl Anda di ANEKA BAN Jl.A.Yani Km.37,5 Sei.Paring (0511) 7402811. 819267

PELAIHARI DIJUAL TANAH Tnh uk.60x420m di Jl.A.Yani Km.1 Pelaihari cocok utk perumahan/usaha TP. Hub.081521501436. 810338

Dijual tanah kebun SHM lokasi ± 2 km dr Pusat Kota Pelaihari harga/m2=Rp 15.000,- (nego) bonus kebun sawit umur 3 tahun (± 200 pohon / Ha). Hub. 085551500900/(0511) 7494242. 811067

Teteskan Herbal Aini khasiat membersihkan, menormalkan min plus, silinder, katarak mata. Agen daerah Hub 7308543/7406606. 120908-B

BANJARBARU LOWONGAN Dibthkan Karyawati Waiters,Score Girls, penampilan menarik,min.SLTP. Lmrn ke rumah Bilyard Bola Mas 999 Jl.A.Yani Km.30 B.Baru (dpn CFC). 811282

S U R A B AYA MESIN/SPARE PART “MESIN MURAH EX JAPAN & RRT” Bubut Skrap Fres Miling Compressor Crankshaft Kolter Honing Forklift Maju Jaya (031) 7493838-5858 Fax.(031) 7493939. 08SBY

J A K A R TA RUPA-RUPA

TRITRANS RENT CAR 08115045197361595-4708087 Innova,Avanza, Strada,Ranger,4WD,Jazz,APV,antar jemput Bandara.

Dcr Karywn/Ti : 1. Bag Logistik 2. Bag Lapangan 3. Bag Umum syarat: D3-S1 Teknik Bangunan (Sederajat)(1,2) min SLTA (3) umur max 30th, jujur, cepat, tangkas, ulet Lmrn dkrm PT SCCU Jl A Yani Km 25 No 149 L Ulin.

Khusus Kristen gratis,bk “Benarkah Alkitab Dipalsukan?” surati ke PO. BOX 6892 Jakarta-13068, www.thegood-way.com,www.faithfreedom.org, w w w. m e m r i t v, w w w. y a b i n a . o r g , www.sabda.org,E-mail:jar@indo.net.id.

819581

051008-E

816875

817920


Banjarmasin Post

SENIN

6 OKTOBER 2008 / 6 SYAWAL 1429 H

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

Over krdt T51 Jl Mahligai Km7 Komp Boga Indah I Hub 7572445 (4x Byr) Harga 75jt Nego V.021004-11/10

Djl rmh br T325 Permn 2Lt Jl Pramuka Komp Siaga Hub 085248096515/7375950. Harga Nego V.000-16/11

DIJUAL MOBIL

T OYOTA

Rmh T80 & 150 Komp Belitung Permai Bjm Hub 0816211045/08125163705. Harga Nego V.020921-9/10

21

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARBARU

Dijual Ruko uk 4x20m, 3Lt Jl S Parman Hub 0811 506129. V.018046-13/11 Harga Nego

Djl rmh br Jl Bumi Indah I No 8 Seb Buncit Indah Km 4 Uk 10x16 Hub 9027899. V.000-22/10 Hrg 425jt Nego

Djl ruko Uk4x20m, 3 Lt Jl Sulawesi. Hub 0811500211 TP. V.019909-11/11 Harga Nego

Komp Bjr Indah Rt54 No13 T 9x14 Lt 10x20 bs TT mbl Hub 7449607. V.000-13/10 Hrg 225jt Nego

Djl rmh baru T80 Komp BPI Jl Bukit Dieng 96 S Ulin Bjb 081351580639 TP. V.021999-3/10 Hrg 115jt Nego

BANJARBARU

Dkontkn lkp Komp Amanda Permai No9 Rt1 Jl AYani Km 4,5 Hub 6145001. V.021025-8/10 Harga Nego

Rmh Jl Tembus Perumnas No7 Blok B K. Tangilkp+prbt,AC4bh-08125016705/7466655 V.000-7/10 Harga Nego TP

OverkrdtBlokET45No76SeiAndaiRenov70% permanen Angs 441.100 Hub0511-6178777 V.020546-6/10 Harga 75Jt 2xbyr

JlPramuka/SmandaKompBumiPramuka Asri Blok D No 8 Bjm 7311790/4283385. V.000-13/10 Hrg 150jt Nego

Rmh baru Lb 80 Lt300 Jl Cahaya VII 139 Sumber Adi Bjb Hub 081348333393. V.020738-8/10 Harga Nego

T OYOTA

TOYOTA

DA I H AT S U

MERCY

KIA

Avanza G ‘08 Sept & E ‘06. STNK & ban baru,TV,DVD,MP4 T.7117155/7481968. Harga Nego V.000-13/10

Avanza E Th05. Silver, asli Bjr, bisa TT / kredit Hub 0811501226. Hrg 116jt Nego V.021308-21/10

Taruna CSR ‘2000 EFI/AC/C Lock/RT/PS/ PW Hub0511-7576753/08125000607 Harga 83Jt Nego V.021099-6/10

Mercy C.180 ‘94 TV DVD Audio VR18 Hub 08115007118 Bs TT Harga 90Jt Nego V.021141-11/10

Visto Th02 Matic. Mulus lengkap Hub 0511-7624386 Bjb. Harga 68jt Nego V.021312-14/10

TOYOTA

Rmh+Toko Jl Sidomulyo II samp Asr Brimob Lt265M2 KT2 Km1 081348659439 Harga Nego V.020873-6/10

FORD

Ford Ranger XLT‘05. Hitam, Orisnl cat,bkn brng tambng 0811513866. Harga Nego V.018091-6/10

MITSUBISHI

Khusus Ramadhan Fortuner, Innova, Yaris, HubWiraTyt 7427818/081351435758. TDP Nego V.000-11/10

Kjg SX ‘03. Silver,PS,lkp Hub MMYuyun Cemara Raya No 13T. 7723354/7541045. Hrg 105jt Nego V.021143-9/10

Tyt Fortuner Type G Th06. Hitam, mls sprt br Hub 0511-7707747 / 7439677. Harga Nego V.020967-8/10

Kijang Krista Th02. Biru Met, klng, mls,variasi Hub 081381989825. Hrg 135jt Nego V.021302-14/10

Kijang LGX Th02 Akh. Hitam met Hub 08125120548 / 0511-7580849. Harga Nego V.020992-10/10

Kjg LX Th03. Biru met, AC, tape,BR, VR,bd klng pjk br Hub 085215519500. Harga Nego V.021055-7/10

Kijang Krista 2.0 Th01. Silver, mulus Hub 08125117533. Hrg 127jt Nego V.000-7/10

Corolla Twincamp 1.6 ‘91 hitam AC Tape PW PS Hub 3354464/7518118 Harga 43JtNego V.021137-11/10

Tyt Soluna Th01 Akh. Biru, fas lkp, pajak baru Hub 08164558117. Harga 65jt Nego V.000-12/10

Corolla Twincamp ‘91 Biru met bd kaleng VR Ban BR AC Tape lkp Hub05116177730 Harga Nego V.21131-6/10

Avanza G baru & 4 unit Avanza ‘07. Rahmah Motor 7655624/085952474024. Harga Nego V.29657-6/10

Avanza Baru VVTi Th08. Silver, variasi Hub 08152144000/7524000. Harga Nego V.020770-6/10

Avanza Th05 Akh. Hitam, Plat DA, full var, tangan 1Hub 081349602356. Harga Nego V.21115-6/10

Toyota Innova G Th04/05. Silver

Harga Nego

Harga Nego

V.020198-17/10

Szk APV Th08. Abu2 met

Daihatsu Taft Rocky 4x4 Th92.

Harga Nego

Harga Nego

V.020198-17/10

Avanza Th04. Hitam, full var bs an sendiri pjk 1th 081351371717/7435610. Harga Nego V.000-6/10

Xenia Th04. Silver, pjk 1th, orsnl cat Hub 081351371717 / 0511-7435610. Harga Nego V.000-6/10

DA I H AT S U

Toyota Hilux Single Cabin Th06. V.020198-17/10

Kjg ‘91. Merah Hati,AC Double,Audio CD/DVD,mls,trwt 7505566/0811505566. Harga 43jt Nego V.021996-8/10

V.020198-17/10

Hub X MOBIL Jl A Yani Km 7 Telp 0511-7593239 Banjarmasin

Kjg Super Th94. Hijau met,AC,RT, VR,BR,TA,JK Hub 085821322964. Harga 48jt Nego V.000-15/10

New Grand Max PU/MB Mesin EFI, DOHC & VVTi, tangguh kuat 7684158. DP 8jt-an V.019862-11/10

Jual cpt Daihatsu Rocky Th93. Hitam Hub 081348055446. Harga Nego V.000-9/10

HONDA

Kuda Th00. Abu2 met, pjk br, AC dbl dgn,PS,PW,CL,EM,ist 08125017049. Harga 89jt Nego V.020718-8/10

Kia Carens II Th04. Gold, CD, TV Hub 081952736002 / 0511-7708440. Harga 95jt Nego V.020749-6/10

New Ford ranger Angsuran 4Jtan Hub ETI 087815151599/085249939282 TDP 30Jtan V.021113-11/10

ISUZU

SUZUKI

Panther Th99. Biru & Truck Sashis bgr bagus Hub 085248234835. Harga Nego V.000-10/10 Djl Dump Truck PS 120 HD Th04. Bak panjang Hub 7572038 / 081351858070. Harga Nego V.021313-9/10

Szk Carry 1.5 Pick Up Th04. Kond bgs siap pakai Hub 7502350 TP. Harga 65jt Nego V.000-6/10

Isuzu ST Wagon ‘91 hitam AC Tape PS VR Hub 081351608118/3354464 Harga 42,5Jt Nego V.021139-11/10 Feroza Th93. Biru met, TP, VR, AC, audio Hub 08152144000/7524000. Harga 44jt Nego V.020772-6/10

Maestro Injection Th92. Orisinil Hub 0511-8840000. Harga 56jt Nego V.000-6/10

Mitsubishi Lancer GLX ‘90. Merah asli STNK br Hub 7600039/081521588699. Harga 31jt Nego V.021053-7/10

Suzuki Carry Station 10 Th91.Wrn Merah kond trwt Hub 0811515839. Harga Nego V.021311-15/10

PU DP 8jt Hdiah Kulkas/TV. MB, DP 8jt. Xenia, Terios DP 17jt Hub.7466009. Angs Mulai 2jt V.019416-1/10

Hnd City Z VTec Manual ‘00. Silver met, bd klng, var Hub 4365595 / 9178825. Harga Nego V.021001-6/10

Diswkan Bus Pariwisata AC 27 & 35 Seat 7309399/08115008280(DVD,ReclinngSeat) Harga Nego V.019455-7/10

Suzuki Amenity th 90 merah AC PW VR RT Audio Hub 7114855 Harga Nego V.000-15/10

Feroza G2 Independen ‘97. Biru Silver, mulus, ban bsr Hub 08125117533. Hrg 67,5jt Nego V.000-7/10

Jazz Vtec Th05 Matic. Merah Km rndh orsnl var, pjk br 081349485777/7485777. Hrg 139jt Nego V.000-10/10

X-Trada L200 th’ 02/03,ungu-silver rmuls,trwt hub. 0511 - 7577606 Harga Nego V.020544-6\10

Szk APV Tipe X Th05 Akh. Abu2 Met, Km 12rb an, sprt br T.08125198015. Hrg 115jt Nego V.000-12/10

CHEVROLET

Chevrolet Optra ‘05. Hitam,AC,tape, TV,VCD,DVD,VR,mls,bs TT 08115007118. Hrg 105jt Nego V.020749-6/10

BMW

Sedan BMW 318i Th98. Silver, mls bs TT & krdt 081349485777/7485777. Harga Nego V.000-10/10

10 unit Avanza BaruType GVVTi Baru. Htm, Silver, Hijau met. Ready stock. Harga Nego V.020562-23/10

1 unit Avanza Type G VVTi Th08. Biru Aqua met kond 99%. Harga Nego V.020562-23/10

3 Unit Avansa VVTi ‘2007 Full var, barang istimewa, cash & kredit Harga Nego V.021014-31/10

6 Unit Avansa VVTi 2006 full orsnl, mls, siap pakai, cash & kredit Harga Nego V.021014-31/10

Panther LM ‘2004 silver met. Xenia 06, Cash / kredit Harga Nego V.19943-11/10

Honda City VTec ‘05 hitam. Jazz 06 Abu2 met. Cash / kredit Harga Nego V.19943-11/10

1 Unit Avanza Type G VVTi Th06. Kuning Emas, kond 99 % Harga Nego V.020562-23/10

1 Unit Avanza Th08. Kuning Emas, kond 99 % V.020562-23/10 Harga Nego

3 Unit Avanza G 2005 Raja barang cash & kredit Hrg mulai 123jt Nego V.021014-31/10

1 Unit Inova V ‘07 Silver. 1 unit Inova E‘08 bln Maret, kaya hanyar, cash & kredit Harga Nego V.021014-31/10

AVP 2007 AT Biru met. Carnival 2000. Cash / kredit Harga Nego V.19943-11/10

CRV Th03. Merah Hati. Opel Blazer ‘02 Cash / kredit. Harga Nego V.19943-11/10

HUBUNGI : CV LUHUR PERKASA Jl A Yani Km.5 Banjarmasin Telp : (0511) 3252128 / 3252134.

HUB. WAHYU MOBIL Telp. (0511) 3263387/3263487/7535899/7405859 Jl. A. Yani Km 3,5 No. 64 (seberang Poltabes) Banjarmasin

Hub X MOBIL Jl H Hasan Basry No 4 K Tangi Bjm ( Samp UFO Bundaran K Tangi) Telp 0511-3308033 / 7514719 / 7450088 / 081349400588

5 unit Avanza Th07. Hitam silver, full variasi. Cash / kredit Harga 138jt Nego V.000-6/10

Visto 03.silver hrg 71 Jt dan Taruna CSX 00 hrg 82jt. Cash / kredit. Harga Nego V.000-6/10

CRV Th2000 Warna silver A/T Istimewa Cash / kredit Hrg 129jt Nego V.000-6/10

Escudo 2001 Wrn silver 2000cc, barang terawat, orisinil Cash / kredit Hrg 116,5jt Nego V.000-6/10

Innova 07 hijau metalik. 2 unit Innova G Th05 Htm & Biru Harga Nego V.019468-4/10

Honda Jazz IDSi Th04 A/T. Hitam. mulus Harga Nego V.019468-4/10

2 Unit Grand Vitara JLX 07 silver. spt baru cash / kredit Harga Nego V.019393-9/10

Honda CRV 05. Hitam spt baru cash / kredit Harga Nego V.019393-9/10

Hyundai Getz 05 silver pakai audio TV CD V.000-6/10 Harga 98Jt Nego

Fortuner G LUX Th07. Hitam, pajak baru sprt baru. Cash / kredit. V.000-6/10 Harga 129Jt Nego

Taruna CSX 00. Hijau silver Cash / kredit V.000-6/10 Hrg 88,5Jt Nego

L200 Th2004/2005. Hitam Silver Cash / kredit V.000-6/10 Hrg 200jt Nego

Avanza 08 Htm asli Bjm. Avanza G Th07 V.019468-4/10 Harga Nego

Grand Vitara Th07. Hitam. Escudo 1,6 silver ’ 03 V.019468-4/10 Harga Nego

2 Unit Avanza G Tipe 07 vvti hitam/aquablue cash / kredit V.019393-9/10 Harga Nego

Tyt Rush Tipe S 07/08 Hitam spt baru cash / kredit V.019393-9/10 Harga Nego

HUB ISTANA MOTOR JL LINGKAR BENUA ANYAR 081351072654 / 7401974 MAU JUAL MOBIL HUB H. YANTO 08125123674 / 7401974

HUBUNGI PILAR MOBIL JL SULTAN ADAM RUKO 10 NO 5-6 Telp 4311425 / 6173613.

Honda CRV Th00 Matic. Kuning Emas. Hrg 127jt V.000-18/10

Taruna OXXY Th06. Warna Biru Silver, AC Central, PW, CL,mulus. V.000-18/10 Hrg 118,5

Toyota Fortuner G Lux Th2006. Hitam, full variasi. Hrg 325jt Pas V.020069-17/10

Avanza G / S Th2008 (Baru) Hitam/ Silver, full variasi Harga Nego V.020069-17/10

Truck Bak kayu Th 02/03/05.

Escudo 2.0 Th01. Hitam

Krista Th 2003. Silver, full variasi

Harga Nego

Hrg 117,5jt

Toyota Kijang Innova G Th2006 Hitam, full variasi Harga Nego V.020069-17/10

V.000-18/10

HUB CV UBM Jl A Yani Km.8 Kertak Hanyar Telp 085251105622 / 081348160314 (Bs Cash/Kredit)

V.000-18/10

Harga Nego

V.020069-17/10

HUB : AHSAN MOTOR Jl Brigjend Hasan Basri Ruko No 2 Kayu Tangi Banjarmasin (seberang Bank BTN & Primagama)

HUB ANUGERAH VARIASI JL A YANI Km 1 No 29 TELP 081351567889

Hub HD MOTOR Jl Belitung Darat Samping Gg Amal Utama No 108 Rt 22 Telp 0811514487 / 081349635449 Bjm


tambun bungai

22

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008/ 6 SYAWAL 1429 H

Kembali Bakar Lahan

BANJARMASIN POST/APRIANOOR

MULAI LANCAR - Setelah satu pekan tertahan akibat debit Sungai Barito surut. Minggu (5/10) sejumlah tongkang mulai bisa melintasi sungai itu. Tampak satu unit tongkang bermuatan batu bara ditarik kapal tugboat agar tidak terjebak di kawasan yang dangkal.

Warga Takut Sampaikan Protes Q Tak Ada Perlindungan Saksi KUALAKAPUAS, BPOST - Sejak dibuka 26 September, belum ada masyarakat yang mengajukan tanggapan terhadap calon sementara anggota legislatif (caleg) Kapuas. Padahal, waktu yang tersedia hanya sampai 9 Oktober mendatang. Tidak adanya perlindungan dan jaminan keamanan bagi pelapor maupun saksi, ditengara menjadi salah satu penyebab enggannya masyarakat untuk memberikan tanggapan. “Sampai hari ini belum ada masyarakat yang secara resmi memberikan tanggapan terhadap caleg yang telah kami umumkan,” kata Ketua KPU Kapuas Nor Awalia, Minggu (5/10). Sesuai ketentuan, setiap

tanggapan yang disampaikan kepada KPU harus disertai bukti dan identitas p e l a p o r. K o m i s i p e n y e lenggara pemilu mempersyaratkan tanggapan dibuat tertulis agar dapat dipertanggungjawabkan secara administratif. Nor Awalia tidak menampik, ketiadaan jaminan perlindungan bagi saksi atau pelapor menjadi salah satu alasan masyarakat untuk menyampaikan tanggapan pub-

lik kepada pihaknya. “Beberapa hari lalu, ada warga yang menghubungi kami, menyampaikan keberatan terhadap salah satu caleg. Karena disampaikan lewat telepon, kami minta agar tanggapan dibuat tertulis,” ujarnya. Masa tanggapan publik diberikan dengan maksud agar masyarakat dapat menyampaikan komentar atau keberatan terhadap calon yang telah diumumkan oleh KPU. Secara administratif, laporan atau tanggapan yang diterima KPU akan dikembalikan kepada partai yang bersangkutan untuk kemudian diklarifikasi. Materinya tidak dibatasi, bisa

Disdik Janji Dirikan Tenda Q SDN Butong Dilalap Api

berupa penolakan terkait calon yang dianggap tidak meme nuhi syarat menjadi caleg, seperti keabsahan ijazah yang dipa kai, catatan kriminal atau lainnya. Tanggapan masyarakat yang disampaikan tanpa disertai identitas lengkap pelapor, Awalia menyatakan tetap akan memrosesnya dengan meminta klarifikasi kepada partai yang bersangkutan. “Tidak adanya perlindungan yang diberikan kepada saksi atau pelapor memang menjadi salah satu alasan yang mungkin membuat pelapor menjadi takut,” kata Awalia. (ami)

MUARA TEWEH, BPOST Warga yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Barito Utara (Barut) mulai membuka lahan dengan cara membakar semak untuk tanaman padi ladang atau padi gunung. “Warga di sejumlah tempat mulai membakar lahan untuk persiapan bercocok tanam padi ladang,” kata Bachtiar warga Muara Teweh, Minggu. Sejumlah kawasan yang terlihat kepulan asap pembakaran lahan untuk pertanian itu di antaranya Desa Malawaken dan Hajak serta pada beberapa desa lainnya di Kecamatan Teweh Tengah. Pembukaan lahan untuk padi ladang ini sempat dikhawatirkan warga setempat, karena sejumlah kabupaten di pedalaman Sungai Barito mengalami musim kemarau basah (musim kemarau masih ada hujan) sehingga pembukaan lahan terganggu hujan. “Dalam dua pekan terakhir, daerah ini tidak turun

hujan sehingga dimanfaatkan petani membakar lahan,” ujarnya. Apalagi pada musim tanam tahun ini para petani padi ladang di Kalteng kembali bergairah setelah kebijakan Pemrov Kalteng yang membolehkan petani membakar lahan secara terpadu. Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Barut, Jainal Abidin, mengakui saat ini sejumlah warga mulai membuka lahan untuk berladang yang sebagian dengan cara membakar. Pembukaan lahan untuk padi ladang oleh petani yang tersebar di enam kecamatan pada musim tanam OktoberMaret dengan luas sasaran mencapai 12.959 hektare dan padi sawah 1.314 hektare diperkirakan mulai bercocok tanam paling lambat akhir Oktober ini. Menurutnya, masyakarat masih bisa membakar lahan kalau kawasan itu masih berbentuk semak belukar, bukan kawasan sekitar hutan. ( ant)

Muara Teweh - Puruk Cahu Penuh Lumpur MUARA TEWEH, BPOST kerusakan jalan negara yang me n g h u b u n g k a n M u a r a Teweh - Puruk Cahu sepanjang 98 kilometer, semakin parah. Saat hujan sepanjang jalan itu berlumpur dan penuh kubangan. Akibantnya penguna jalan di dua kabupaten bertangga itu kesulitan melintas. Kerusakan jalur itu menyebabkan sejumlah mobil pribadi, angkutan umum dan truk pengangkut sembako terbalik, terutama di km 29 hingga km 90. Perbaikan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang setiap tahunnya menghabiskan dana Rp 40 miliar tidak terlalu banyak membawa perubahan yang signifikan, malah jalan makin parah. Supiansyah warga Puruk Cahu, mengungkapkan, jalan tersebut selalu diperbaiki bertahap, na mun baru saja beralih ke tahap selanjutnya, jalan yang sebelumnya sudah

diperbaiki kembali rusak. Syahrianto PNS Pemkab Mura, mengatakan, titik kerusakan antara km 29 hingga km 52, wilayah Barut. Memasuki wilayah Mura dari km 62

“Penumpang tidak ada lonjakan ketika mendekati lebaran. Begitu juga arus balik, malah turun dibanding lebaran tahun lalu,” UNANG pemilik Travel Catur Karya hingga km 95 juga tidak kalah parah. Kerusakan lainnya di Simpang Muara Laung, sekitar 14 kilo meter sebelum memasuki kota Puruk Cahu. Selain banyak lobang, jalan di kawasan itu juga berlumpur. Menurutnya, sebelum le-

baran jalan itu diuruk dengan tanah, karena hujan kembali berlobang. Pemilik angkutan umum sangat mengeluhkan rusaknya jalan negara tersebut, karena berimbas dengan sepinya penumpang. Calon penumpang memilih jalur sungai saat mudik maupun balik lebaran. “Penumpang tidak ada lonjakan ketika mendekati lebaran. Begitu juga arus balik, malah turun dibanding lebaran tahun lalu,” kata Unang, pemilik Travel Catur Karya yang melayani trayek Muara Teweh - Puruk Cahu, Minggu (5/10). Kepala UPTD Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kalteng Ir Bramulia Elbaar belum berhasil dikonfirmasi. Berkali-kali dihubungi telepon selularnya tidak diangkat. Sebelumnya Kepala DPU Kalteng Ben Brahim S Bahat, melalui Bidang Bina Marga, ketika berada di Muara Teweh dan Puruk Cahu, mengatakan jalan negara itu setiap tahun selalu diperbaiki. (ck7)

Untung Rp 10 Juta Per Hari Q Dam Trising Jadi Primadona

MUARA TEWEH, BPOSTSekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Desa Butong Kecamatan Teweh Tengah yang terletak di pinggiran Sungai Barito, Kabupaten Barito Utara (Barut) musnah dilalap api. “Kebakaran baru diketahui warga ketika api sudah membesar, sehingga seluruh bangunan tidak bisa diselamatkan,” kata seorang warga Desa Butong Nyonya Eli, Sabtu (5/10). Kebakaran itu terjadi Jumat (4/10) sekitar pukul 18.00 WIB, menghabiskan seluruh bangunan mulai kelas 1 sampai VI. Warga hanya membiarkan api melalahap habis seluruh bangunan sekolah itu. Tak ada yang bisa mereka lakukan, karena mereka tak memiliki sarana pemadaman. “Warga sebenarnya berupaya memadamkan api dengan menyiramkan air menggunakan ember, tapi upaya itu sia-sia,” katanya.

Sekolah yang dibangun tahun 1978 itu terdiri atas dua unit memiliki delapan ruang, terdiri dari enam ruang kelas, satu ruang kepala sekolah

“Kami tidak tahu di mana para murid melakukan kegiatan belajar dan mengajar “ RADIMAN Guru SDN 1 Butong dan satu WC dengan jumlah murid sebanyak 60 orang dan guru 10 orang. Radiman, guru di sekolah itu, menyatakan, seluruh arsip sekolah, buku pelajaran dan hampir semua kursi dan meja. “Kami tidak tahu di mana para murid melakukan kegiatan belajar dan mengajar,

padahal Senin (6/10) sudah masuk sekolah,” kata guru kelas VI ini. Gedung sekolah yang terbakar itu baru direhab melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2008 dengan dana sebesar Rp 160 juta. Serah terima pihak komite sekolah dengan Dinas Pendidikan Barut belum dilakukan. Barut. Kepala Dinas Pendidikan Barut H Masdulhaq, mengatakan, perbaikan sekolah itu menjadi prioritas pada 2009 dan kemungkinan menggunakan dana bencana alam. Untuk kegiatan belajar dan mengajar, pihaknya untuk sementara akan mendirikan tenda dan menyediakan meja kursi. “Kita berharap kegiatan belajar dan mengajar tetap berjalan meski dengan sarana terbatas,” tegasnya. Polres Barut mulai menyelidiki kebakaran ini. Di lokasi itu sudah dipasang garis polisi (police line). ( ant)

MUARA TEWEH, BPOST - Hari terakhir libur lebaran, dimanfaatkan warga Kabupaten Barito Utara (Barut) dan sekitarnya bersantai ke objek Wisata Dam Trising. Di tempat itu pengunjung bisa mandi di bendungan sambil menikmati pemandangan danau kecil di sampingnya. Air berwarna kehitaman, khas akar pohon menambah kesegaran mandimandi di tempat itu. Sejumlah pengunjung mengaku betah berendam di dalam air sambil berenang bersama keluarga. “Besok sudah masuk kerja, jadi kesempatan ini kami manfaatkan membawa keluarga berwisata ke Dam Trinsing. Walaupun udara cukup panas, tidak mengurangi rasa gembira kita bersantai di tempat ini,” kata Juhri PNS Pemkab Barut yang mengajak lima anggota keluarganya ke objek wisata itu, Minggu (5/10). Membeludaknya pengunjung dalam empat hari ini membuat pengelola meraup untung besar. Pengujung berkisar 1.000 orang per hari. Tiket masuk ke tempat itu, Rp 10.000 per orang dewasa. Jika pengunjung 1.000 orang dikali Rp 10.000, pengelola mendapat

BANJARMASIN POST/APRIANOOR

WISATA DAM TRINSING - Beberapa pengunjung bergelantungan di lantai jembatan gantung bendungan Dam Trinsing, Barito Utara, Kalteng. Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi masyarakat, apalagi jika liburan lebaran.

pemasukan Rp 10 juta per hari. “Hari kedua dan ketiga lebaran pengunjung cukup banyak, dari tiket terjual untuk pertujukan live musik, berkisar lebih 1.000. Ini merupakan rezeki tahunan buat kita,” kata salah satu warga sekitar

MASTER DEALER : Linda Jaya Ponsel 0511-3354839 Dealer : Hello Phone 0518-71288 ; Tiara Ponsel Pekapuran 0511-3267633 ; Tiara Dewata Ponsel 0511-6237999 ; Najla Ponsel Bjb 0511-7711211 ; Matahari Ponsel 0513-22716

yang turut mengelola tiket masuk pertujukan musik di objek wisata itu. Untuk menarik pengunjung, mereka menyediakan hadiah undian bagi tiap pengunjung yang membeli tiket yang diundi pada akhir acara. (ck7)


metro palangka

Banjarmasin Post SENIN

6 OKTOBER 2008/ 6 SYAWAL 1429 H

23

Semua Pendatang Harus Didata PALANGKA, BPOST - Seperti tahun-tahun sebelumnya, arus balik lebaran banyak pendatang yang ingin mencari pekerjaan di Kalteng. Karena itu pemerintah kabupaten/kota harus mendata semua pendatang. Tujuannya untuk kelengkapan pendataan jumlah penduduk serta memudahkan pemantauan para pencari kerja. Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng, H Bambang Suryadi, mengatakan, pendataan bukan untuk menghambat hak seseorang mencari kerja, melainkan untuk ketertiban. Dengan pendataan, pemerintah daerah dapat mengetahui pertambahan jumlah penduduk dan pencari kerja. “Meski jumlah pendatang di Kalteng tidak sebanyak di Pulau Jawa, pendataan tetap perlu. Masalah ini harus diantisipasi karena penambahan jumlah penduduk akan membawa konsekuensi seperti bertambahnya pencari kerja dan masalah sosial lainnya,” katanya, Minggu (5/10). Menurut Bambang, pen-

datang umumnya datang ke Kalteng karena tertarik setelah melihat ada kerabat atau rekan mereka yang bisa mendapatkan pekerjaan di Kalteng. Kondisi itu memang riil karena peluang pekerjaan di Kalteng, seperti sektor perkebunan masih terbuka dan selama ini pekerjanya umumnya berasal dari Pulau Jawa. Selain untuk ketertiban administrasi kependudukan, pendataan juga sangat penting apalagi menjelang pemilihan umum legislatif 2009 nanti. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Halteng, HM Hatta mengatakan pendataan pencari kerja dilakukan langsung oleh pemerintah kabupaten/kota. Termasuk untuk sektor perkebunan, biasanya selalu dilaporkan oleh perusahaan kepada pemerintah daerah setempat. “Secara teknis itu dilakukan oleh kabupaten/kota masing-masing. Namun pendatang di Kalteng tidak sebanyak di Pulau Jawa,” katanya. (mgb)

BANJARMASIN POST/NORJANI ASERAN

RAMAI - Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling di Jalan Tjilik Riwut Km 30 Kelurahan Banturung Kota Palangka Raya dipadati ribuan warga setiap hari libur, termasuk musim libur lebaran Idul Fitri tahun ini. Tampak ratusan warga masuk ke kawasan wisata alam tersebut

Pasokan Ayam Belum Normal Q Harga Masih Tinggi PALANGKA, BPOST - Memasuki hari keempat lebaran, harga daging ayam di Palangka Raya masih tinggi. Kondisi ini disebabkan karena pasokan dari peternak lokal maupun Banjarmasin masih minim. Pantauan BPost di Pasar Besar, harga ayam dijual ratarata Rp 28.000 per kilogram. Hampir semua pedagang beralasan pasokan yang sedikit membuat mereka harus berbagi jatah ayam dari pedagang besar. Hal ini yang membuat harga jual masih tinggi. “Ini kan masih suasana lebaran, jadi yang mengantar ayam ke Palangka Raya mungkin masih sedikit. Makanya kami juga mendapat jatah kurang dari biasanya. Harganya masih Rp 28.000,” kata Rohani, pedagang Pasar Besar, Minggu (5/10). Para pedagang memperkirakan harga ayam masih tinggi dalam sepekan ke depan. Harga kemungkinan baru turun setelah pasokan ayam dari peternak lokal dan dari Banjarmasin kembali normal.

Dalam kondisi normal, harga daging ayam di Palangka Raya berkisar antara Rp 18.000 sampai Rp 22.000 per kilogram. Sebelumnya Harga Bahan Pokok di Palangka Kepala Dinas Pertanian dan PeterRp 6.200/kg - Gula pasir nakan Provinsi Rp 8.000/kg - Tepung terigu Kalteng Tute Lelo - Bawang merah Rp 7.000/kg sudah mempreRp 7.000/kg - wortel diksi harga ayam Rp 30.000/kg - Ikan gabus pascalebaran Rp 24.000/kg - Ikan patin tak turun. Rp 25.000/kg - Ikan mas Menurutnya, Rp 80.000/kg - Daging sapi umumnya peternak menjual haSumber: Pasar Besar, 5 Oktober bis ayam di kandang mereka saat perminILUSTRASI/DERRY taan tinggi menjelang lebaran, akibatnya setelah lebaran stok berkurang. perindagkop) Kota Palangka Tute juga mengakui KalRaya menyatakan secara teng masih tergantung pasoumum harga kebutuhan di kan ayam dari daerah lain, Palangka Raya stabil. Hal itu khususnya Kalsel. Karena itu berdasarkan pemantauan jika pasokan dari Kalsel beryang dilakukan setiap hari. kurang selama lebaran, maka Kepala Disperindagkop tidak menutup kemungkinan Kota Palangka Raya, H Burakan mempengaruhi harga hanudin mengatakan meski ayam di Kalteng. ada sejumlah barang yang Dinas Perindustrian, Pernaik masih dalam batas wadagangan dan Koperasi (Disjar.(sut)

36 Calon Bakal Gugur Tahapan Tes KPUD - 06-07 Oktober : Pengumuman Tes Tertulis - 08-20 Oktober : Tes Psikotes - 10 Peserta Lulus Psikotes Diserahkan ke KPU Kalteng - KPU Kalteng Tetapkan 5 calon anggota KPU Palangka Raya ILUSTRASI/DERRY

PALANGKA, BPOST- Sebanyak 56 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palngka Raya menjalani tes tertulis, Sabtu (4/9). Dari jumlah tersebut, hanya 20 orang yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Artinya 36 calon akan gugur. Ketua Tim Seleksai Anggota KPU Kota Palangka Raya, H Rajudinnor, Minggu (5/9), mengatakan, hasil tes tertulis diumumkan pada 6 dan 7 Oktober. Se-

lanjutnya, 20 peserta yang lulus akan mengikuti psikotes dan wawancara pada 8 sampai 20 Oktober. “Dari kedua tes itu, dipastikan tersisa sepuluh peserta. Kemudian KPU Provinsi menyeleksi lagi menjadi lima peserta untuk ditetapkan menjadi anggota KPU,” katanya. Dari 56 peserta, terdapat empat peserta yang masih aktif sebagai anggota KPU Palangka Raya. Mereka ada-

lah Margo T Binti, Syahdin Hasan, Delnawati Samad dan Zhon Herry. H Syahdin Hasan menyatakan kembali mencalonkan diri karena ingin mengabdikan diri. Meski demikian, dia mengatakan akan mengikuti semua tahapan seperti yang telah ditentukan. “Kami di sini sama saja dengan peserta lain, tidak ada mendapat perlakuan istimewa,” kata Syahdin. Junaidi, peserta dari unsur pers berharap bisa mengikuti tahapan selanjutnya hingga terpilih sebagai anggota KPU. Meski demikian, dia tetap menyerahkan semuanya kepada hasil seleksi. “Syukur Alhamdulillah, soal-soal tes tertulis saya jawab dengan baik,” ungkap Junaidi, yang juga Wakil Ketua PWI Cabang Kalteng Bidang Pendidikan. (sut)

Hari Ini Wajib Masuk Kerja QTeras: Saya Langsung Gelar Rapat PALANGKA, BPOST - Pegawai Negeri Sipil (PNS) diingatkan untuk tidak membolos pada hari pertama masuk kerja Senin (6/ 10) setelah libur lebaran. Pasalnya sanksi sudah mengadang. Tidak hanya pegawai biasa, pejabat eselon seperti kepala dinas pun hari ini akan langsung dicek kehadirannya. Gubernur Agustin Teras Narang mengingatkan agar PNS tidak menambah hari libur karena cuti bersama lebaran sudah cukup panjang. Hari pertama masuk kerja, pihaknya bahkan langsung menggelar rapat dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Seperti tahun lalu, saya tetap minta kepada PNS agar tidak menambah hari libur. Hari pertama masuk kita langsung mengadakan rapat dengan seluruh SKPD. Se-

mua pimpinan SKPD tanpa alasan, harus hadir,” tegas Teras. Kepala Biro Humas Setdaprov Kalteng, Kardinal Tarung mengatakan bagi PNS yang membolos akan dikenakan sanksi seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 30 Tahun 1980 tentang Disiplin PNS. Pengawasan akan dilakukan oleh pimpinan instansi masingmasing. “Hari Senin sudah harus masuk kerja seperti biasa.

BPOST/DOK

Agustin Teras Narang Gubernur Kalteng

Apalagi untuk PNS di lingkungan Setda Provinsi Kalteng, karena pukul 07.15 WIB akan dilakukan upacara sekaligus halal bihalal dengan Pak Gubernur dan Wakil Gu-

bernur,” katanya. Seperti diketahui, PP No 30 Tahun 1980 tentang Disiplin PNS menyebutkan sejumlah sanksi terhadap PNS yang tidak d i s i p l i n , t e r m a s u k membolos. Pengenaan sanksi itu juga berlaku bagi para kepala dinas, kepala biro dan pimpinan unit teknis lainnya. Sanksi yang diterapkan akan dilakukan secara bertingkat, disesuaikan dengan kadar kesalahannya. Yaitu berupa sanksi ringan, sedang, hingga sanksi berat. Sanksi ringan berupa teguran tertulis oleh gubernur, bupati/walikota melalui sekretaris daerah atau asisten dan dikenakan penundaan gaji berkala. Jika pelanggaran sedang, sanksi yang diberikan berupa penundaan kenaikan pangkat atau diturunkan pangkatnya. Sanksi terberat dipecat dari PNS. (mgb)

Perkebunan Ancam Situs Adat PALANGKA, BPOST - Pembukaan perkebunan kelapa sawit semakin marak di berbagai daerah di Kalimantan Tengah, sehingga mengancam keberadaan situs adat milik warga setempat. “Berkaitan itu, semua fasilitas dan hak masyarakat yang masuk areal perkebunan besar swasta harus diinventarisasi dan diselamatkan terlebih dulu sebelum pembukaan lahan dilaksanakan,” kata anggota DPRD Kalteng, Asera, Minggu (5/10). Selama ini, akibat kurangnya koordinasi antara perkebunan, pemerintah dan warga dalam pembukaan lahan perkebunan sawit, banyak situs adat dan budaya tergusur dan hilang. Asera meminta agar situs adat dan budaya semacam

usaha perkebunan sawit. “Semua fasilitas dan hak “Masa depan situs semacam itu harus dimasyarakat yang masuk rundingkan bersama, areal perkebunan besar apakah diganti rugi swasta harus atau dipindahkan tempatnya. Kesepakatan diinventarisasi dan tersebut harus legal diselamatkan terlebih dan ditandatangani dulu sebelum bersama,” ujarnya. Selain meminta tipembukaan lahan” dak menggusur situs adat, kalangan angASERA gota DPRD Kalteng juga meminta agar pemAnggota DPRD Kalteng bangunan perkebunan besar swasta memperpahewan, tempat sakral, kuhatikan garis sempadan dan buran, beje dan pedukuhan, batas wilayah yang menjadi didata terlebih dulu oleh pehak ulayat dan hak adat warmerintah daerah setempat, ga desa. setelah itu baru diberikan izin Hal itu dilakukan agar mapembukaan lahan kepada syarakat sekitar tidak kehipihak swasta yang membuka langan kesempatan untuk

For Info Calls : Sellular Shop (0511)-3270 142 Indophone Cellular (0511)-3274 224 or 3274 777 Simpatindo Multimedia (0511)-3365 619

www.mobile-cross.com

mengembangkan kegiatan lain di luar perkebunan dengan menggunakan lahan di sekitar desa. Sementara warga yang memiliki areal lain di sekitar perkebunan, kata Asera, sebaiknya dibina oleh perusahaan agar memiliki perkebunan plasma. Pengembangan plasma dengan melibatkan warga, lanjutnya, dapat meminimalkan konflik antara perkebunan dengan warga yang terjadi akibat kurangnya pemberdayaan oleh pihak perusahaan. Ia juga meminta perusahaan perkebunan tidak hanya merek r u t w a rg a s e b a g a i tenaga pekerja kasar perkebunan, tetapi merekrut mereka sesuai dengan kompetensinya. (ant)


24

Banjarmasin Post SENIN 6 OKTOBER 2008

Sandra Dewi Lebaran ala Seleb

Lebaran, Nikmati Sepinya Jakarta AKTRIS dan model iklan berdarah Bangka Belitung, Sandra Dewi, memang tidak merayakan Idul Fitri, karena dia adalah seorang non muslim. Namun dia benar-benar menunjukkan toleransinya terhadap teman-temannya yang beragama Islam dengan cara mengirimkannya pesan singkat (SMS). Isinya tentu saja ucapan selamat berlebaran sekaligus meminta maaf atas segala kesalahannya. “Sehari sebelum Lebaran, seharian kerjaanku mengingat-ingat siapa saja teman-teman dekatnya yang merayakan Lebaran. Aku buka phonebook di ponselku, dan aku kirimi satu persatu ucapan selamat Idul Fitri,” kata bintang film Quickie Express ini, bersemangat. Biarpun tak merayakan Lebaran, namun pemilik nama panjang Monica Nicole Sandra Dewi Gunawan Basri merasa ikut menikmati suasana Lebaran. Salah satunya adalah bisa memuaskan diri menunggang mobil pribadi di jalanan Jakarta yang sama sekali enggak macet lantaran ditinggal mudik mayoritas penduduknya itu. Asal tahu aja, tiada hari tanpa macet di jalanan Jakarta. Namun sepanjang Lebaran, melenggang ke arah jalan manapun lalu lintas benar-benar lancar. “Aku puas-puasin putar-putar Jakarta sambil cari-cari makanan enak di kaki lima. Mumpung Jakarta lagi lancar, mumpung nggak macet. He he he...,” ujarnya. Kenikmatan lainnya, mamanya ikut-ikutan membuat ketupat dan sayur pedas di hari Lebaran. “Mamiku tahu kalau aku paling suka ketupat. Jadi pas Lebaran, aku dibikinkan ketupat kesukaanku,” tuturnya. Selama Lebaran memang tidak terlalu banyak aktifitas syuting. Karena itu, Sandra punya banyak kesempatan untuk jalanjalan di seantero Jakarta, ikut menikmati indahnya suasana Lebaran ibukota. Dara kelahiran 8 Agustus 1983 itu maunya juga memanfaatkan momentun Lebaran buat berbelanja. Sayangnya masih banyak toko-toko

FOTO/NET

Rano Karno

Enggak Takut Terima Parcel BIARPUN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melarang pejabat tinggi negara menerima parcel Lebaran (dengan alasan bisa memancing suap dan kolusi), namun aktor Rano Karno yang kini menjabat Wakil Bupati Tangerang, tak pernah takut menerima parcel yang membanjir ke rumah dinasnya. Rano Karno punya alasan menerima parcel. Sepanjang isinya tak berlebihan, maka tak ada alasan untuk melaporkan ke KPK. Baginya, parcel itu bisa rentan memancing suap kalau isinya, misalnya, kunci untuk mengambil hadiah mobil baru atau hadiah rumah mewah dari mitra-mitra kerjanya. Rano Karno menerima parcel karena isinya cuma makanan dan minuman ringan seperti kolang-kaling, kuekue, kurma, sirup, dan semacamnya. “Apa yang mau saya laporkan ke KPK? Isi parcelnya cuma snack (makanan ringan) dan buah-buahan. Semua parcel itu dari para tokoh masayarakat. Malah ada satu bingkisan isinya dodol dan kolang-kaling. Masa yang kayak gitu harus dilaporin?” ujar Rano sambil ketawa. Rano merasa perlu adanya pemeriksaan seperti itu, namun semuanya ada aturan yang jelas. “Kan memang ada aturannya, pejabat yang menerima bingkisan di atas 1 juta rupiah wajib melapor. Kalau saya dapat parcel kolang-kaling yang harganya cuma 16 ribu perkilonya, masa harus dilaporkan?” tambah aktor film top era 1980-an itu. Rano pun mengaku bahwa dirinya tidak menerima banyak bingkisan seperti pejabat lainnya. “Nggak banyak kok parcel yang saya terima, semuanya dari tokoh masyarakat. Semuanya isinya makanan. Belum ada yang kasih parcel mobil,” kelakarnya. (Persda Network/abs/*) FOTO/NET

Britney Spears

FOTO/NET

Bikin Orang Tua Frustasi ORANG tua Britney Spears mulai gencar mengingatkan putrinya agar tak sembarangan memilih pacar. Ini lantaran kisah asmara pelantun lagu hits Gimme More itu yang sering dirundung masalah sampai membuat kedua orang tuanya ikut frustasi. Apalagi pengalaman pacarannya

Seleb Flash SAA T artis-artis lain sibuk mudik pulang SAAT kampung, aktor Tora Sudiro pada Lebaran tahun ini memilih tetap tinggal di Jakarta. “Lebaran kali ini gue cuma muter-muter kota Jakarta,” kata aktor yang namanya mencuat berkat program reality show komedi Extravaganza itu. Bicara soal tradisi angpao, Tora mengatakan ia menyiapkan uang lebih banyak lagi karena keponakannya sudah mulai besar, “Jadi enggak mungkingue kasih secengan (Rp1.000) lagi dong,” katanya dengan mimik wajah lucu. Bintang Laskar Pelangi ini juga mengaku bersyukur karena bisa menjalankan ibadah puasanya walau enggak bisa sampai pol satu bulan penuh karena terhalang padatnya jadwal syuting film. Soal keterlibatan dalam sinetron reliji Para Pencari Tuhan Jilid 2 (PPT 2) bersama kelompok lawak Bajaj dan Deddy Mizwar, ia mengaku banyak pengalaman yang ia dapatkan. “Banyak juga pelajaran agama yang bisa gue dapat dari main sinetron PPT2 itu , gue jadi tahu bahwa di agama itu ada tuntunan ini-itunya,” tandasnya. SET AHUN belakangan ini, Beyonce Knowles SETAHUN sedang sibuk di studio rekaman. Rupanya, dia merekam 70 lagu untuk album terbaru. “Aku sudah merekam 70 lagu dan menciptakan suara yang merepresentasikan tentang aku,” tutur Beyonce yang dilansir Showbizspy, Minggu (5/10). Puluhan lagu tersebut juga ditulis penyanyi berusia 27 tahun itu di situs miliknya. “Aku berada di tempat yang berbeda dan aku ingin orang melihat sisi lain diriku,” imbuhnya. Album Beyonce bakal dirilis pada 18 November. Dia juga akan merilis dua lagu berjudul If I Were a Boy dan Single Ladies yang dikemas dalam satu keping CD (compact disk), pada 7 Oktober.

selalu berakhir tragis. Melihat putrinya selalu mengalami jatuh bangun dalam membina hubungan dengan sejumlah pria, orang tua pelantun Britney Spears mulai membatasi pacaran. Jamie dan Lynne Spears, kedua orang tua Britney, merasa perlu menjauhkan anaknya dari lelaki

yang hanya ingin mengambil keuntungan. Situs Aceshowbiz, Minggu (5/ 10) menyebutkan, pengalaman Britney dengan mantan suaminya Kevin Federlina dan mantan kekasihnya Adnan Ghalib misalnya, sudah cukup memporak-porandakan hidup pelantun lagu Toxic itu. “Mereka (orang tua Britney. red)

Titi Kamal “Aku bekerja untuk pembuatan album itu hampir setahun. Aku menuangkan isi hati dan jiwaku di album itu. Ini menjadi proyek terbesar sejak aku masih tergabung di Destiny’s Child,” jelasnya. HUBUNGAN Reese Witherspoon dan Jake Gyllenhaal kandas! Setelah setahun lebih memadu kasih, keduanya memilih saling mengucap good bye! Kandasnya jalinan asmara pasangan selebritis itu bukan tanpa sebab. Reese tak kuat lama-lama berhubungan jarak jauh. Pasalnya, Jake tengah sibuk syuting film Prince of Persia: Sands of Time yang mengambil lokasi di Maroko dan London. “Ini film bertema kepahlawanan yang pertama bagi Jake. Semua pikiran dan energinya dicurahkan untuk film itu. Mereka berkomunikasi hanya lewat telepon dan email,” ungkap teman Reese, yang dikutip Aceshowbiz, Minggu (5/10). Sebelum putus, Reese sempat terbang ke London menemui Jake, pada pertengahan September silam. Di sana, keduanya mencari rumah yang akan ditempati Jake selama syuting hingga Desember mendatang. “Mungkin dengan merayakan hari jadi dan mengenang kembali awal mula hubungan itu terjalin, bisa membuat keduanya bersatu lagi,” saran teman Reese. Hingga berita ini diturunkan, baik Reese maupun Jake belum berkomentar perihal kandasnya asmara mereka. Seperti diketahui, Reese dan Jake mulai berkencan sejak Maret 2007. Ketika itu, hubungan keduanya masih sembunyi-sembunyi karena status Reese masih istri Ryan Phillippe. Setelah cerai dari Ryan pada Oktober di tahun yang sama, Reese dan Jake mulai terang-terangan bermesraan di muka publik. (Persda Network/abs/*)

Enggak Puas Jadi Aktris

FOTO/NET

SUKSES membintangi sejumlah film laris tak membuat Titi Kamal cepat puas. Dia terus mempertajam lahan baru yang kini makin ditekuninya yakni menyanyi. Apalagi setelah lagu dangdut Jablay (Jarang Dibelai) makin melambungkan pamornya, kini pacar Christian Sugiono itu makin ketagihan saja dunia rekaman. “Kalau di film sudah bertahun-tahun menekuni, saatnya aku mempertajam dunia baru di dapur rekaman. Aku merasa punya suatu tantangan saja, jadi ketagihan menyanyi,” tutur Titi Kamal, belum lama berselang. Bila tidak ada aral melintang, pemeran Leha dalam film Doa Yang Mengancam ini akan kembali rekaman lagi. “Insya Allah, aku mau rekaman lagi. Doain saja biar semuanya lancar,” tutur pemiliki nama asli Kurniati Kamalia ini. Titi menuturkan, pada tahun ini dirinya sangat bahagia, karena apa yang dia targetkan pada tahun 2007 lalu, dapat terwujud di tahun ini. “Aku mentargetkan untuk main film, ternyata di tahun ini film aku banyak. Terus juga bisa punya album. Aku sangat mensyukuri ini semua,” ujarnya. Aktris yang

dan pusat perbelanjaan langganannya yang masih tutup, ditinggal mudik pemiliknya. “Karena tokotoko masih pada tutup, aku akhirnya berburu makanan enak-enak di kaki lima. Nggak masalah, yang penting bersih dan enak, asyikasyik aja,” gumam artis yang namanya melejit lewat serial sinetron Cinta Indah itu. Artis berdarah blasteran Palembang, Tionghoa, Sunda dan Belanda itupun sempat berandai-andai, membayangkan Jakarta tanpa macet setiap hari, tak peduli Lebaran, atau hari-hari kerja. “Mungkin nggak ya? Suatu saat Jakarta itu setiap hari seperti ini (tanpa macet)? Betapa asyiknya berangkat ke tempat kerja dan jalan-jalan tanpa disiksa kemacetan?” ujarnya, setengah berkhayal. (Persda Network/abs/*)

Tips Mengisi Liburan Lebaran ● Berinisiatif menggelar reuni, bertemu teman-teman lama saat masih duduk di bangku SD, SMP, SMA atau bangku kuliah. Bertemu akrab dengan teman-teman lama akan menyegarkan suasana serta dapat mengusir stress. Siapa tahu teman-teman lama andaternyata tinggal tak jauh dari rumah baru anda di kota perantauan? ● Mengunjungi mertua, sanak saudara, dan tetangga-tetangga terdekat. Disamping membangun keakraban, siapa tahu saudara-saudara sekampung bisa menjadi mitra bisnis anda. Misalnya, teman-teman di kampung memasok produk industri rumah tangga yang bisa dipasarkan di kota tempat anda merantau. ● Selama mudik di kampung, tak ada salahnya memuaskan diri berburu makanan khas kampung yang tidak bisa anda jumpai di kota perantauan. ● Temuilah saudara-saudara atau teman di kampung yang masih menganggur. Beri mereka semangat dan motivasi, kalau perlu tunjukkan peluang-peluang usaha agar mereka bisa mandiri. (Persda Network/abs)

merasa kehilangan anaknya terutama saat dia tengah berhubungan Adnan,” ujar seorang sumber yang dekat dengan keluarga Britney. Kini Britney telah menata hidup serta karirnya kembali. Orang tua Britney pun akan menjaga anaknya sedemikian rupa untuk tak jatuh kelubang yang sama karena bergaul dengan lelaki yang salah. Bila perlu, orang tua ikut mencari dan memilihkan calon suami yang baik buat penyanyi sensual itu. (Persda Network/abs/*)

Biofile ● Nama asli : Kurniati Kamalia ● Nama beken : Titi Kamal ● Kelahiran : Jakarta, 7 Desember 1981 ● Pekerjaan : Aktris, penyanyi, bintang iklan ● Pacar : Christian Sugiono ● Tinggi badan : 169 Cm ● Filmograf Filmografii : Tragedi (2001), Ada Apa dengan Cinta (2002), Eiffel I’m in Love (2003), Mendadak Dangdut (2006), D.O - Drop Out (2008), Tri Mas Getir (2008), Tipu Kanan Tipu Kiri (2008), Doa Yang Mengancam (2008), Barbi3 (2008) ● Penghargaan : - Aktris pendukung terfavorit versi MTV Movie Awards 2004 (dalam Eiffel I’m In Love) - Aktris pendukung terfavorit versi Cinemags Movie Awards 2005 (dalam Eiffel I’m In Love) - Aktris terpuji, Festival Film Bandung (FFB) 2005 (untuk sinetron Chanda) Pemeran Wanita Terbaik MTV Movie Awards 2006 - Pasangan Terbaik Indonesian Movie Awards 2007 (bersama Kinaryosih) - Aktris Penyanyi Terbaik dalam Indonesian Movie Awards 2007 (dalam film Mendadak Dangdut) (abs/*)

melejit lewat film Ada Apa Dengan Cinta itu memang sudah mewujudkan semua impiannya di jalur film dan menyanyi. Hanya satu target hidupnya yang belum kesampaian hingga kini adalah: menikah. Sudah cukup lama Titi Kamal berpacaran dengan Christian Sugiono, namun hingga kini belum ada titik terang kapan dia mengakhiri status lajangnya. (Persda Network/abs/*)

c m y k


Banjarmasin Post - 6 Oktober 2008