Oasis Fajar "November-Desember 2022"

Page 1

Renungan Kristen untuk pribadi, keluarga dan kelompok November-Desember 2022 OASIS FAJAR Renungan Kristen untuk pribadi, keluarga dan kelompok November-Desember 2022 OASIS FAJAR Teologiareformed.blogspot.com

OASIS FAJAR

Renungan untuk pribadi, keluargadankelompok

Pendiri:WilliamBooth

Jenderal:BrianPeddle

Pimpinan:

Komisioner Yusak Tampai

Penulis:

Mayor Tri Hartono

Mayor Sipikir Hondro

Mayor E. Tampubolon

Mayor C. Papeilohy

Kapten Yanita Suprianto

Mayor Yakobus Ngaidi

Kapten Ayu Luturmas

Mayor W. Tjondrosiswoyo

Mayor A. Yantaharjana

Mayor Semsali Hohoy

Mayor Merling Sandjo

Mayor Albert Sango

Mayor Ni Made Paridjono

Kapten Iqbal Papeo

Mayor Dian Tuhumury Kapten Grace Sodu

Mayor Hanny Tuhumury

Editor:

Mayor Hanny Tuhumury Sekretaris:

Angela Rasia

Dewan Redaksi:

Let.Kol. E. Fariani

Let.Kol. A. Sarimin

Let.Kol. M. Lempid

Let.Kol. R. Manurung

Mayor H. Tuhumury

Mayor K. Harinei

Mayor M. Pohan

Kapten F. Ambitan

Penerbit:

Jl.Jawa20,Bandung40117

Telp.(022)420702

BalaKeselamatanOnline: www.salvaonarmy.or.id

Salam Dari Penulis

ben Haezer! “Sampai di sini TUHAN

Emenolong kita.” Karena pertolongan-Nya sempurna bagi m penulis, sehingga kita bolehbadalamedisiterakhirditahun2022,Edisi November - Desember. Pembaca sea Oasis Fajar, kita bersyukur karena situasi kehidupan semakin membaik, terlihat akvitas sekolah sudah normal namun di sisi lain, harga-harga mulai sedikit naik, sebab BBM sudah naik. Pertalite per liter 10.000,Lewat perenungan seap pagi dengan Oasis Fajar, kiranya kehidupan kita dituntun oleh Roh Kudus dan Kebenaran Kristus, sehingga kita tetap kuat dansemangatdalammenjalanikehidupanini. Oasis Fajar edisi kali ini akan menyajikan beberapa tema mingguan yang diuraikan lengkap dalam topik-topikharian.

Di bulan November ini, renungan yang kami sajikan tentang pelayanan dan pekerjaan misi; Belajar tentang ujian hidup membuat kita lebih mengenal Tuhan; dan Belajar bersyukur untukketambahanusia.

Pada bulan Desember, Kita belajar tentangkekuaranhidupsehinggaharusandalkan Dia; Tentang jenis mahkota yang Allah sediakan bagi kita; Tokoh-tokoh penng dalam periswa Nataldanbeberapatopiklainnya. Kami lampirkan dua bahan Pemahaman Alkitab, yang membahas tentang hukum ketujuh, Jangan berzinah dan hukum kedelapan, Jangan mencuri. Akhirnya,kamiucapkanselamatmenikmasajian ini. Tuhan Yesus memberka saudara. SELAMAT

HARI NATAL 25 DESEMBER & SELAMAT MEMASUKITAHUNBARU2023.

November-Desember 2022 OASIS FAJAR

Renungan Kristen untuk pribadi, keluarga dan kelompok

Sumber

Ayat-ayatpembacaandiambildari:

Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru Lembaga Alkitab Indonesia Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam Bahasa Indonesia Sehari-hari LembagaAlkitabIndonesia.

Singkatan

BNGBK:BukuNyanyianGerejaBalaKeselamatan,BIS:AlkitabPerjanjianLamadan PerjanjianBaruBahasaIndonesiaSehari-hari,FAYH:FirmanAllahYangHidup.

BalaKeselamatan Publikasipertama1996©

Natal PertamadiBetlehem

Natal selalu idenk dengan Kabar Sukacita, sebuah berita besar bagi dunia, ”Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud. Dan inilah tanda bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkusdenganlampindanterbaringdidalampalungan.”(Luk.2:11-12).

Tuhan menyampaikan kabar sukacita ini pertama kali bagi kelompok Gembala. Meskipun mereka tergolong kaum rendah, namun dimata TUHAN, mereka memiliki kehidupan rohani yang nggi. Mereka diberi kesempatan pertama untuk melihat dan menyembah Yesus Kristus, Juruselamat Dunia. Mereka dak memberi, namun mereka memberitakan kabar sukacita itu bagi dunia yang menankannya (Luk. 2:18 20). Marilah kita teladani spiritualitas para gembala, merekamenyembahYESUSdenganha. Mereka menjadi sumber berita pertama tentang kelahiran Juruselamat, Kristus, TuhandikotaDaud.

ParaMajusyangdatangdariTimur,adalahorangpintar,berakalbudi, mereka sangat memperhakan fenomena alam yang mendorong mereka berjalan dari Timur. Dalam tradisi Kristen, mereka juga sering disebut sebagai Raja-raja dari Timur dari kerajaan Media, mereka ahli astrologi. Mereka datang untuk menyembah Yesus, dan mempersembahkan Emas, melambangkan sifat ilahi; Kemenyaan melambangkan aroma kebangkitan; danMurmelambangkanaromakemaan.Halinimenunjukkannilaisifatilahi Yesus dan kemaan serta kebangkitan-Nya. Mereka datang menjumpai Yesusdanmenyembah-Nyadenganakalbudinyalewatnilaipemberiannya.

Marilah kita gunakan akal budi kita seper orang Majus, dengan memahami fenomena alam, mereka dapat mengetahui bahwa bintang itu bukanlah bintang biasa, tetapi bintangnya TUHAN yang menuntun mereka untuk bertemu dengan YESUS. Apakah para Majus diam saja sesudah sampai kembali di negerinya? Tentu saja dak, sebagai “ilmuwan”, tentunya mereka akan diskusikan hal tersebut lebih dalam lagi, tentang siapa sesungguhnya YESUS itu. Dan dak ada yang mustahil, mungkin merekalah yang menjadi orang Kristen mula-mula di negeri mereka. Kita dapat mengonfirmasikanhal ini,dimasayangakandatang,jikadisananan.Haleluya!

Buah Pertobatan

emua pohon yang ditanam oleh petani, diharapkan akan dapat

Smenghasilkan buah yang baik. Namun dak jarang hal yang terjadi justru sebaliknya, meskipun awalnya bibit dari pohon buah tersebut adalah merupakan bibit unggul atau yang terbaik. Pohon yang subur belum tentu akan menghasilkankualitasbuahyangbaik.Dalampertobatanorangpercaya,halyang utamaadalahbuahatauhasildaripertobatantersebut.

Bukanlah hal yang baru untuk kita mendengar bahwa hal-hal yang bertentangan dengan norma sosial bahkan yang lebih parah adalah yang bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan, justru dilakukan oleh orang yang mengakupercayakepadaYesusdanhidupakfdalampelayanan.

Dalam perenungan kita hari ini, kembali mengingatkan kita betapa penngnya untuk menghasilkan buah yang terbaik dari pertobatan kita. Yohanes memberitahu orang-orang Farisi dan Saduki bahwa mereka harus menghasilkan buah yang sesuai dengan pertobatan. Mereka perlu memberikan buk bahwa merekatelahbertobatsebelumYohanesmembapsmereka.

KitabSucimemandang"buah"sebagaiperilakuyangdiperlihatkan(Mat. 7:20; 12:33; 21:43). Kata Yunani untuk buah adalah karpos. Dapat juga berupa hasil dan ucapan. Jadi buah dari pertobatan adalah hal yang harus dibukkan melalui perubahan hidup secara individual, seper sikap, tutur kata dan perbuatan. Disamping buah pertobatan pribadi itu, kita juga diharapkan menghasilkan buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, keseaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal.5:2223). Tidak mudah untuk kita menghasilkan buah pertobatan dengan baik, sebab banyaktantanganhidup,pengaruhduniawi,hasutan-hasutannegafdariteman, yang menjadi faktor penghambat untuk berbuah. Oleh sebab itu Yesus menghimbau kita untuk tetap nggal di dalam-Nya, maka kita akan berbuah banyak (Yoh. 15:5). - BUAH PERTOBATAN AKAN NAMPAK DARI SIKAP KITA MENGHADAPITANTANGANDANPERMASALAHANHIDUP.

DOA:TuhanYesus,kuasaiha,pikirandanperbuatankami,agarhidupkami dapatmenghasilkanbuahyangbaik,didalamnamaYesus,Amin.

“Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.” (Ayat 8)
Pelayanan dan Pekerjaan Misi Maus 3:7-8 Selasa, 1 November 2022 Hasilkan

2 November 2022

Karena Itu Pergilah Dan Ajarlah

Maus 28:16-20

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” (Ayat 19)

ergi ke suatu tempat dengan mengemban tugas tertentu, adalah hal yang

Pdak mudah bagi kita. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Persiapan materi, alat-alat penunjang dalam tugas tersebut, dan yang terpenng adalah kesiapan diri kita. Para murid Yesus mengemban tugas yang berat sebagai seorang pemberita Injil. Banyak hal yang harus mereka siapkan, agar apa yang mereka lakukan sungguh-sungguh merupakan buk bahwa mereka melakukan perintahYesus.

Yesus mengharapkan, bukan saja para murid-Nya di masa lalu, tetapi kita semua akan menjadi berkat di tempat-tempat yang Tuhan telah siapkan bagi kita untuk menebarkan kebenaran firman Tuhan, di tempat pelayanan, pekerjaan, sekolah, bahkan dalam hidup bermasyarakat. Hal penng yang kita ketahui adalah saathidupkitadikuasaiolehRohKudus,kemanapundanapapunyangkitalakukan, kitaakansenanasaadadalampenyertaanTuhan.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku." Kata Yunani yang diterjemahkan "pergi" dapat diterjemahkan "selagi engkau pergi" atau "keka engkau pergi." Yesus sedang memerintahkan para pengikut-Nya untuk pergi serta melakukan pemuridan, meskipun penekanannya terletak pada melakukan pemuridan. "Jadikanlah … murid" berar mengajar orang dan memimpin mereka untuk menjadi pengikut Kristus. Pemuridan melibatkan dak hanya kepercayaan pribadi kepada Yesus, tetapi juga kesediaan untuk tunduk kepadastandareka-Nya.

Yesus menyampaikan visi-Nya tentang semua bangsa kepada rasul-rasulNya. Dalam penugasan terbatas, para rasul itu diperintahkan untuk pergi hanya kepada "domba-domba yang hilang dari umat Israel”, mereka dilarang pergi menyimpang "ke jalan bangsa lain" atau masuk "kota-kota orang Samaria" (Mat 10:5-6). Perintah Yesus bagi kita sekalian, pergilah dan ajarlah tentang hal surga di mana pun dan kepada siapa pun yang kita temui, agar semakin banyak jiwa yang memperoleh keselamatan di dalam Yesus. -SEMENTARA MASIH ADA SATU JIWA YANG GELAP TANPA TERANG TUHAN, AKU AKAN BERJUANG - AKU AKAN BERJUANGSAMPAIAKHIR(WILLIAMBOOTH).

DOA: Bapa di surga, tuntun dan sertai kami dalam memberitakan firmanMu.Jadikankamiberkatdimanapunkamiberada.Amin

Rabu,
Pelayanan dan Pekerjaan Misi

Ikutlah Aku

“Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku.” (Ayat 19)

idup yang memuliakan Allah adalah harapan dan kerinduan bagi semua

Horang percaya. Belenggu dosa justru seringkali membuat kita terhalang untuk hidup memuliakan Allah, hal tersebut terbuk dengan orang percaya yang mengaku mengasihi Allah, namun masih bertahan dengan hidup yangterikatdengandosa.Halyangmenyedihkanterjadidilingkungankitasaatini. Banyak perampok, pezinah, pencuri, koruptor bahkan sampai pada ndakan pembunuhyang dilakukanadalahorang-orangpercaya.

YesusmemberikanpertanyaankepadaSimonPetrustentangapakahPetrus sungguh-sungguh dalam mengasihi-Nya. Pertanyaan Yesus yang berulang-ulang disampaikan Nya, bukanlah pertanyaan tanpa alasan. Tetapi hal tersebut memberi gambaran bahwa saat akhir hidup Petrus, ia akan menjadi salah seorang yang akan memuliakan Allah, lewat sikap hidupnya, dalam pelayanan bahkan harusmenjadiseorangmarrkarenaInjil.

Mengasihi Allah melalui perkataan kita adalah hal yang mudah, berulangulang kita sampaikan bukanlah menjadi perkara yang sulit. Namun pembukan dari kasih kita kepada Allah inilah yang sulit. Yesus membukkan Kasih-Nya bagi kita dengan pengorbanan-Nya di atas kayu salib, namun hal yang sederhana yang Yesus minta dari kita yang merupakan buk kasih kepada-Nya, seringkali sulit bahkan enggan kita lakukan, yaitu menjadi berkat melalui pelayanan Tuhan yang adadiduniaini.

Yesus ingin saudara dan saya menjadi berkat bagi sesama. Membawa mereka yang tersesat pada jalan kebenaran, dengan memberitakan Injil Kristus. Menjalin hubungan dengan sesama sebagai orang-orang percaya dan selalu mengutamakan Tuhan Yesus dalam seluruh aspek kehidupan kita. Ajakan Yesus bagiSimonPetrus,jugaberlakubagikita.Marilah,IkutlahAku!-BUKTIKANKASIH KITAKEPADAALLAH,BUKANMELALUIPERKATAANSAJA,TETAPIJUGAMELALUI SIKAPHIDUPSETIAPHARI,TANPAMEMILIH.

DOA: Bapa di sorga, mampukan kami untuk membukkan kasih kami melaluiperkataandansikapbagisesama.DidalamnamaYesus,Amin

Yohanes 21:15-19 Kamis, 3 November 2022
Pelayanan dan Pekerjaan Misi

Allah Pengasih

“Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?” (Ayat 11).

engalaman Yunus dengan sifatnya yang memenngkan diri sendiri, kadang

Pterlihat juga dalam kehidupan kita, di mana kita dak suka melihat orang jahat mendapat pengasihan dari orang lain. Kita lebih suka melihat orang jahat mendapat ganjaran yang sempal dengan kejahatan yang diperbuatnya. Sebagai “pesuruh” Allah untuk menjalankan mandat Allah menyampaikan kabar baik untuk keselamatan penduduk kota Niniwe, sebab kejahatan mereka sudah sampai kepada Allah(Yun.1:1-2).

Yunus dak bisa menerima kenyataan jika karakter Tuhan yang baik juga dinikma oleh bangsa yang jahat seper Niniwe. Tuhan menger kondisi ha Yunus. Karena itu, untuk membuat Yunus menger, Tuhan memberikan sebuah ilustrasi nyata, antara kasih Yunus kepada pohon jarak yang tumbuh menaunginya sehingga terhindar dari teriknya panas, dengan kasih Tuhan kepada penduduk Niniwe. Kalau Yunus bisa begitu mengasihi pohon jarak yang dak ditanamnya, namun tumbuh dalam satu malam dan binasa dalam satu malam juga, apalagi Tuhan terhadap 120.000orangNiniwe.

Misi Yunus adalah memproklamasikan peringatan Tuhan dan menyaksikanNya menghancurkan bangsa Asyur yang jahat itu; namun misi Allah adalah menyampaikan kabar baik, kabar sukacita untuk keselamatan Niniwe, karena Allah ingin menyelamatkan semua orang (1 Tim.2:16). Oleh sebab itu Allah dak dapat dibatasi dengan perspekf bahwa Allah hanya untuk umat Israel atau orang Kristen saja, tetapi Dia adalah Allah untuk semua orang. Ia dapat menunjukkan belas kasihan kepada siapa saja, termasuk kepada musuh-musuh-Nya (Yun.3:10) - Dialah Allah Pengasih.

Di dalam kegiatan keseharian, kita bertemu dan berteman dengan banyak orang, ada tetangga, ada rekan sekerja, ada pimpinan kita, mungkin diantara mereka kebetulan memiliki sikap kurang baik bahkan jahat, Ingatlah! bahwa pengalaman nabi Yunus mengajarkan kita untuk dak bersikap jahat tetapi mengasihi mereka seper sikap Allah yang mengasihi penduduk Niniwe yang jahat itu (ay.11). - TUHAN MENGASIHI SEMUA MANUSIA CIPTAAN-NYA, TANPA KECUALI, SEBAB SEMUA ORANGADALAHOBJEKKASIH-NYA.

DOA: Bapa Sorgawi, biarlah kasih-Mu selalu nyata dalam sikap, tutur kata danperbuatankamikepadaoranglain,didalamnamaYesus,Amin.

Yunus 4:5-11 Jumat, 4 November 2022
Pelayanan dan Pekerjaan Misi

Gereja Yang Melayani

“Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus” (Ayat 12)

hon Mac Arthur menulis, “Keka suatu zaman hanya menilai gereja

Jberdasarkan penampilan luarnya, hal yang sangat penng diketahui adalah bagaimana menentukan sebuah gereja yang benar-benar sehat. Kriteria Alkitabiahuntukmelihatkesehatanrohanidarisebuahgerejabukanlahapayang tampak di luar, dihadapan dunia, tapi apa yang tampak di dalam, dihadapan Allah”. Ada dua kata yang menunjuk pada kata gereja. Pertama, kata igreja, dari bahasa Portugis, yang menunjuk pada lembaga agama Krisani. Kedua, kata ekklesia, terdiri dari kata, ek arnya keluar, dan kaleo arnya memanggil. Jika dikontekskan dalam kehidupan kekristenan adalah “dipanggil keluar untuk menjadi murid.” Oleh sebab itu “gereja” dalam era globalisasi saat ini, harus bangkit dari mimpi dan mewujudkan mimpi tersebut melalui pelayanan yang menyentuhsesamadanjugaoranglain.

Gereja yang melayani, adalah gereja yang terus menerus memproklamirkan berita kabar baik, dalam bentuk mendidik, mengajar, memberanikan, memuridkan, menolong dan peduli kepada masyarakat luas. Inilah tujuan gereja hadir ditengah-tengah dunia, di mana semua kegiatan hanya untuk membawa iman jemaat lebih bertumbuh, agar bertahan dalam menghadapikesulitanhidupdanmemilikipengetahuanyangbenartentangAnak Allahsehinggakitadakterombang-ambingolehpengajaransesat.

Saat ini, jika kita telah diberi sebuah tanggungjawab dalam pelayanan, baikdigerejamaupunditempatpekerjaan,makamarilahkitalakukanitudengan segenap ha, dengan jujur dan dengan satu kerinduan hanya untuk kemuliaan dan kehormatan bagi TUHAN saja. Karena Allah selalu menghitung ha, bukan menghitung kepala, arnya seorang pelayan yang baik, harus mengenal pergumulan ha jemaatnya sehingga dapat menolong mereka. - GEREJA BUKAN PERKUMPULAN SOSIAL DI HARI MINGGU, TETAPI SEBUAH KOMUNITAS ALLAH DIMANAKEHADIRANSETIAPORANG,UNTUKSALINGMENGUATKAN.

DOA: Bapa Sorgawi, jadikan hidup kami sebagai gereja yang melayani sesamabahkansemuaorang,didalamnamaYesus,Amin.

Efesus 4:12 Sabtu, 5 November 2022
Pelayanan dan Pekerjaan Misi

Minggu, 6 November 2022

Jangan Ada Yang Binasa

2 Petrus 3:8-11

“Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.” (Ayat 9)

ncaman selalu membuat orang menjadi ketakutan, karena

Amembahayakan orang lain. Ada berbagai ancaman, seper ancaman militer sehingga mbul perang; ancaman wabah yang disebabkan oleh virus; ancaman teknologi digital yang semakin marak, meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan, tapi kita perlu waspadai kejahatan dengan memanfaatkanteknologidigitaltersebut.

DalamsuratPetrusyangkeduaini,adaancamandariguru-gurupalsudan parapengejekyangsedangmenyesatkanumatTuhandenganajaran-ajaranpalsu yang menyesatkan, dengan mempertanyakan “Di manakah janji tentang kedatangan-Nyaitu?. Hari Tuhan akan ba dan itu adalah sebuah periswa yang pas (ay.10), namun pada sisi lain, Tuhan menghendaki supaya jangan ada orang yang binasa. Allah ingin semua manusia diselamatkan (1Tim.2:4), Karena semua manusia diciptakan menurut gambar-Nya untuk persekutuan pribadi, maka Ia mengutus Anak-Nya untuk ma agar semua orang memperoleh keselamatan (Yoh.3:16).

Tuhan Itu Panjang Sabar, Ia masih memberikan “kesempatan” bagi seap orang untuk bertobat, meninggalkan cara hidup lama yang bertentangan denganajaranFirmanTuhan,agardapatterhindardarihukuman-Nya.Kehidupan kita ini ada dalam ruang waktu kesabaran Tuhan, selama Tuhan masih memberikan waktu, maka itu arnya Tuhan masih memberikan kesempatan untuk berbalik dari dosa dengan jalan-jalannya yang jahat, oleh sebab itu, janganlah menyalahgunakan kesabaran Allah, dengan membiarkan dirimu berjalan di jalan kefasikan. Jangan coba-coba terus berjalan di jalan orang berdosa, atau duduk dengan orang yang suka mengabaikan perintah TUHAN.KESEMPATAN DARI ALLAH UNTUK BERBALIK, BERTOBAT, SUPAYA JANGAN ADA YANGBINASA.

DOA: Bapa yang baik, Terima kasih untuk waktu dan kesempatan yang Engkauberikan,agarkamidapatbertobat,didalamTuhanYesus.Amin

Pelayanan dan Pekerjaan Misi

Upah Seorang Pelayan

“Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.” (Ayat 4)

pahadalahhakpekerjayangditerimadandinyatakandalambentukuang

Usebagai imbalan dari pemberi kerja. Seorang pekerja akan mendapat upah yang sesuai dengan kesepakatan atau perjanjian antara majikan dan pekerja tersebut. Di dalam Alkitab juga menceritakan tentang orang upahan yang bekerja di kebun anggur, ada yang mulai bekerja pagi hari; siang hari; dan sore hari, mereka mendapat upah sesuai dengan kesepakatan. Pembacaan hari ini, kita temui seorang majikan, yakni Gembala Agung, yang mempunyai domba dan seorang upahan atau pekerja yang bekerja menjaga, merawat dan memberi makankawanandomba-Nya.

“apabila Gembala Agung datang,” Petrus mengingatkan para penatua bahwa Kristus adalah teladan mereka. Meski mereka adalah gembala, namun Ia adalah Gembala Agung (Kata Yunani adalah Archipoimen), yang menyatakan bahwa Yesus adalah Gembala atas para gembala. Penulis kitab Ibrani menggambarkan Yesus sebagai "Gembala Agung segala domba" (Ibr. 13:20) karena Yesus telah melaksanakan tanggung jawab Nya dalam memimpin, merawat,danmemberimakanorang-orangyangmengikutDia.

“kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang dak dapat layu” seap pekerjaan harus ada pertanggung jawabnya, apakah kita tetap sea menunaikan kewajiban dengan baik di hadapan khalayak dan Tuhan, kita akan mendapatkan upah berupa sebuah kemuliaan yang luhur dan kekal dari Sang Gembala Agung, yaitu mahkota kemuliaan, kata Yunani Stephanos, adalah sebuah rangkaian bunga sebagai penghargaan, yang diberikan kepada seorang atlitsebagaipemenang.

Sebagai seorang “gembala” dalam keluarga, dalam pelayanan, dalam pekerjaan dalam menjalankan sebuah tanggung jawab dengan sea dan menaa ajaran Yesus sebagai Kepala Gembala, maka upah Sorgawi akan diberikan kepada kita, sebuah Mahkota kemuliaan yang dak pudar. -

KESETIAAN BEKERJA SAMPAIAKHIR,AKANMENDAPATUPAHGANDA.

DOA: Bapa yang Maha baik, ajari kami untuk melakukan pengembalaan sesuaiperintahdanaturan-Mu.DidalamnamaYesus. Amin

1 Petrus 5:1-4 Senin, 7 November 2022
Pelayanan dan Pekerjaan Misi

Selasa, 8 November 2022 Melakukan Seperti Diperintahkan

Kejadian 6:14-22

anyak berita yang beredar di sekitar kita, ada berita yan

Bmenggembirakan tapi ada juga yang membuat ha susah, cemas, dan berbagai perasaan lainnya. Ada berita yang benar namun ada juga yang hoaks,aliasberitabohong.PadazamanNuhhidup,IamendapatberitadariAllah, yakni akan datang bencana atas bumi untuk menghapus manusia dari atas bumi, karena kejahatannya dan kekerasan manusia sudah sampai kehadapan Allah (ay.11,12,13). Allah akan mendatangkan air bah, ini suatu berita yan menyedihkan sekaligus menakutkan yang diterima oleh Nuh. Sebetulnya ada cukup lama waktu sejak awal berita itu kepada Nuh, bahkan sebelum lahir anak anak Nuh, beritanya itu datang. Dengan tenggang waktu seper itu, nampaknya Allahmemberikankesempatankepadamanusiauntukbertobat,namunmanusia dak menggunakan kesempatan kesabaran Tuhan untuk betobat. Karena sesungguhnyaAllahdakmenghendakiciptaan-Nyabinasa(bdk.2Pet.3:9).

Perintah Allah kepada Nuh untuk membuat bahtera dengan ukuran panjang 135 meter, lebar 22,5meter dan ngginya 13,5meter sampai pada perintah untuk membawa berbagai jenis binatang ke dalam bahtera, sepasang dariapjenisnya.BeberapatafsiranmenyatakanbahwaNuhmengerjakansemua perintah itu selama 120 tahun dan kuncinya adalah Nuh memilih taat untuk melakukanperintahTUHANitu(ay.22).

Hari ini dan hari seterusnya, kita akan diperhadapkan dengan pilihan; jujur atau berbohong, diam atau berbicara, tenang atau marah, berbicara atau mendengar, sea atau menyeleweng, mencuri atau menyangkal diri, dan seterusnya. Orang yang bergaul dengan Allah akan taat untuk memilih tepat seper yang dikehendaki oleh Allah. Inilah ujian iman, kita akan melewanya jika hidup benar, dak bercela, dan bergaul dengan Allah, seper Nuh. KETAATAN MEMAMPUKAN KITA DAPAT MELAKSANAKAN PERINTAH TUHAN DENGAN TEPAT.

DOA: Bapa Sorgawi, ajar kami untuk menjalani kehidupan ini dengan benar,dakberceladanberkenankepada-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

“Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.” (Ayat 22)
Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Rabu, 9 November 2022

Ke Tempat Yang Misteri

Kejadian 12:1-4

“Lalu pergilah Abram seperti yang dirmankan TUHAN kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.” (Ayat 4)

elakukan suatu perjalanan, maka idealnya sudah ditentukan lokasi

Matau daerah mana yang akan kita tuju. Berbeda dengan Abram, dia meninggalkan kampung halamannya di Haran, kemudian melakukan perjalanan ke suatu tempat yang belum diketahui. Namun Abram dak bertanya kepada Allah, di mana daerah tersebut berada. Sebuah perintah TUHAN yang mengandung ujian iman bagi Abram. Pergi “ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu”(ay.1).

Kunci keberanian Abram untuk berangkat ke tempat yang belum diketahuinya adalah, Pertama, Karena pemberi petunjuk ke “negeri misteri” itu, yakniAllahsendiri.Abramdakkuarmengenaiperjalanantersebut,dandiajuga dakraguuntukbadinegeribaruitu,sebabTuhanyangakanmenunjukkanjalan ke yang negeri baru itu. Kedua, di “negeri misteri” itu ada pengharapan untuk masa depan. Pengharapan itu dinyatakan TUHAN kepada Abram berupa janjijanji TUHAN (ay.2,3), dari janji tersebut, Abram diyakinkan bahwa TUHAN dak akanmembiarkandiaberjalansendiri.

Janji pengharapan kepada Abram melipu, berkat besar, keturunannya menjadi yang terbesar, namanya menjadi terkenal, dan perlindungan abadi dari TUHAN. Semua janji tersebut digenapi, puncaknya adalah Yesus Kristus lahir sebagai anak Daud, anak Abraham. Oleh Yesus Kristus semua bangsa di bumi mendapatberkatpenebusandanhidupkekal.

Berangkat ke tempat yang misteri, belum diketahui, belum jelas dan masih rahasia, dapat menjadi gambaran bagi kehidupan kita, gambaran tentang hari besok, sebab hari besok ibarat “berangkatketempatyangbelumdiketahui”. Oleh sebab itu letakkan seluruh rencana hidupmu seap hari pada TUHAN, yang akan berperan sebagai ang awan dan ang api untuk menuntun kita melewa hari-hari yang penuh misteri ini. - ALLAHADALAHPUSATHIDUP,MARILAHTAAT KEPADANYAUNTUKMEMPEROLEHHIDUP.

DOA:BapaSorgawi,ajarkamibersyukur,jikaimankamidiuji,denganhalhalyangbelumkamiketahui,didalamnamaYesus,Amin.

Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Kamis, 10 November 2022

Janji Tentang Keturunan

Kejadian 15:1-5

“Tetapi datanglah rman TUHAN kepadanya, demikian: ”Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu.” (Ayat 4)

ering kita dengar ungkapan “Janji adalah hutang”, pengerannya bahwa

Sseseorang berjanji, maka ia sama saja sedang berhutang kepada mereka yang dijanjikan sesuatu, begitu pula sebaliknya jika kita berhutang, maka kita akan buat janji untuk mengembalikan kepada pemiliknya. Janji juga bisa berupasumpahataujaminan.

Abraham disebut bapa orang beriman, sebab ia percaya kepada janji TUHAN, kemudian Ia memegang janji itu dan bersikap posif untuk menankan penggenapannya dari jani itu. Janji itu tentang keturunannya yang akan mewarisi hartamilikAbraham,terutamamewarisiimanAbrahambagiketurunannya.

Orang ini dak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu”,manusiacenderunglebihmempercayaibukyangdilihatdaripada buk yang dak dilihat. TUHAN katakan “Coba lihat ke langit, hitunglah bintangbintang, jika engkau dapat menghitungnya” (ay.5), arnya lihat siapa yang berjanji,yaituTuhansemestaalam,bahwaketurunanmuakanbanyakseperitu, bukan dari Eliezer tetapi dari Ishak. Eliezer sudah ada namun Ishak belum ada, tetapi Abraham belajar mempercayai janji TUHAN tersebut, karena dia telah “melihat” TUHAN yang berjanji kepadanya. Inilah iman ha (Ibr. 11:1), yang melebihi imanlogika(Yoh.20:29).

Dewasa ini, dak mudah untuk kita hidup dalam janji-janji TUHAN yang tertulis dalam Alkitab, karena desakan kebutuhan hidup, pergumulan dengan masalah hidup, terkadang membuat kita ingin cepat-cepat menyelesaikan dan keluar dari kondisi tersebut, tanpa campur tangan TUHAN yang berjanji, bahwa “Ia dak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamudicobaiIaakanmemberikankepadamujalankeluar,sehinggakamudapat menanggungnya” (1 Kor.10:13). - JANGAN MELIHAT PADA “ELIEZER” TETAPI PADA“ISHAK.”

DOA: Bapa sorgawi, tuntun hidup kami untuk senanasa berpengharapanhanyakepadajanji-janji-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

Jumat, 11 November 2022

Siapkah Jika Imanmu Diuji?

Kejadian 22:7-12

“Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.” (Ayat 8)

rakk“mengorbankananak”sudahdikenaldalambudayadisekitarIsrael

Pkuno.Namundemikian,dalamAlkitabsendiri,adabeberaparujukanyang dengan tegas melarang pengorbanan anak (Im.18:21; Yer.7:30-34; Yeh. 20:31), sehingga kita dapat menarik kesimpulan bahwa perintah TUHAN untuk mempersembahakanIshakadalahperintahpengujianimanAbraham,apakahIa taat, Ia sea dan benar-benar memilikiiman ha yang tertuju kepada Allah untuk suatukeajaibanyangakanterjadikemudian.

Abraham berhasil dalam menghadapi ujian iman, di mana ia memilih untuk taat kepada Tuhan dengan mempersembahkan Ishak, Abraham membukkan bahwa dia mengasihi Tuhan lebih dari segala apa yang dimiliki, termasukanaksatu-satunyayangsangatdikasihi.IamenempatkanTuhansebagai yangterutamadalamhidupnya. SehinggaimanyangdiucapkanAbrahamkepada IshakbahwaTuhanyangmenyediakananakdombauntukkorbanbakaran.Tuhan membukkan juga dengan berkata kepada Abraham, “...sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau dak segan-segan untuk menyerahkananakmuyangtunggalkepada-Ku."(Kej.22:12).FirmanTuhanyang disampaikan ini membukkan bahwa jika dilihat dari ketaatan Abraham, sangat terbukbahwaAbrahammencintaiTuhanlebihdarisegalagalanya.

Demikian juga hidup orang percaya tak luput dari proses ujian iman, terkadang ujiannya berat, kadang juga biasa-biasa saja, namun kita harus taat untuk melewa ujian hidup tersebut, tujuannya untuk membukkan bahwa kita mengasihi TUHAN lebih dari segala yang kita miliki. Jika ada kesulitan hidup, ingatlah bahwa iman kita sedang diuji dan tujuannya untuk “membukkan kemurnian imanmu” (1 Pet. 1:7), Jadi bergembiralah jika iman kita masih diujiSIAPSELALUBAIKATAUTIDAKBAIKWAKTUNYAUNTUKDIUJIIMANMU.

DOA: Bapa Sorgawi, mampukan kami mengahdapi ujian iman, agar hidupkamisemakinmemuliakannama-Mu.DidalamnamaYesus,Amin.

Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Sabtu, 12 November 2022

Keyakinan Tanpa Kompromi

Daniel 3:14-19

“tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.” (Ayat 18)

ompromi adalah sebuah upaya tawar menawar dengan jalan berunding

Kguna mencapai kesepakatan bersama antara dua pihak supaya permasalahan menjadi lebih mudah dan ada jalan keluarnya. Periswa yang dialami Sadrakh, Mesakh dan Abednego, yang dak menyembah dewa dan patung emas yang didirikan oleh Raja Nebukadnezar itu, menjadi sebuah ancaman serius. Namun kega pemuda tersebut tetap berpegang teguh pada iman kepada Allah Israel yang adalah satu-satunya Tuhan yang mereka sembah. Mereka dak takut atas ancaman hukuman manusia. Akhirnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego, dihukum dan dilemparkan ke perapian besar, yang dibuat tujuh kalilebihpanasdaribiasanya(ay.19).

Sebenarnya mereka bisa menempuh jalan kompromi dengan Raja Nebukadnezar untuk mendapat jalan damai, tetapi keyakinan mereka pada TUHAN itu mutlak, tanpa syarat, dan tanpa kompromi. Mereka berkata, “bahwa kami dak akan memuja dewa tuanku, dan dak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.” arnya mereka begitu percaya bahwa TUHAN yang mereka sembah lebih daripada sanggup untuk melepaskan mereka dari dapur api yang sangat panas itu. Mereka dak menankan mujizat, namun mereka miliki iman yang hidup, iman ha yang terhubung dengan TUHAN, yang sanggup melepaskan mereka dari kesulitan besar itu. Pada ayat 25, Raja NebukadnezarterkejutsebabyangdilihatbukanSadrakh,MesakhdanAbednego saja namun ada seorang yang rupanya seper “anak dewa! Kata aramaic untuk anak dewa adalah “Bar Ellahh”, menunjuk pada Anak Allah, yaitu Yesuslah Mesias,AnakAllah(Yoh.20:31).

Apapun yang menjadi pergumulan iman terhebat kita? Ingatlah! Jangan kompromi, sebab keyakinan yang kompromi dengan cara duniawi membuat kita jatuhpadaprakksinkrisme,yangmembuatimankitadakmurni.-KEYAKINAN TANPAKOMPROMIMEMBUATALLAHDIPIHAKKITA.

DOA:Bapayangpenuhkasih,lindungilahkamidaripengaruhduniawiini. Kuatkanimankami,didalamnamaTuhanYesuskamiberdoa,Amin

Minggu, 13 November 2022 Keyakinan Kalahkan Ketakutan

Ester 4:13-17

“Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.” (Ayat 16)

ada dasarnya manusia memiliki perasaan takut hal ini sangat logis. Alasan

Pmanusia mengalami ketakutan karena manusia memiliki ha dan perasaan. Ketakutan merupakan gangguan psikologi yang bersifat wajar dan dapat mbul kapan dan di mana saja. Rasa takut biasanya muncul dikarenakanterdapatsuatukeadaanyangharusdihadapiataudiselesaikan.

Karena ancaman Haman untuk membinasakan semua orang Yahudi, membuat Mordekhai menjadi takut. Kemudian Mordekhai menyampaikan hal itu kepada Ester yang saat itu menjadi Ratu. Ester harus menghadap raja untuk memohon pembelaan kepada bangsa Yahudi. Tetapi ada kendala untuk menghadap Raja, sebab undang-undang menyatakan bahwa seap orang yang menghadapRajatanpadipanggilmakaakandihukumma.

“kalau terpaksa aku ma, biarlah aku ma”, Sikap ini bukan sebuah kepasrahan yang tanpa harapan, namun sebuah keyakinan terhadap keberadaan Allah (). Inilah keyakinan yang memampukan Ester menerobos ketakutan, untuk masuk menghadap Raja. TUHAN kita walaupun dak terlihat oleh mata, Ia hadir bersama kita. Dialah IMANUEL. Inilah yang disebut sebuah keyakinan khusus orang percaya tentang Providensia Allah. Di mana Allah akf memberi perlindungandancampurtangan-Nyasecarakhususbagimanusiayanghidupnya terusberhubungandengan Allah.

Apa yang menjadi kekuaran, dan ketakutan kita? Ingatlah! Salah satu sifat Allah adalah Ia memelihara, melindungi dan mengatur jalan hidup kita asal hidup terus terhubung dengan-Nya. - PERCAYA KEPADA TUHAN MERUPAKAN LANGKAHAWALUNTUKMENGALAHKANKETAKUTAN.

DOA: BapaSorgawi,kamibersyukurkarenahidupkamiselalumendapat pemeliharaandanperlindungan-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Senin, 14 November 2022

Penebusku Hidup

Ayub 19:23-27

“Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.” (Ayat 25)

isah Ayub bukanlah sebuah kisah yang asing bagi kita, sebagai orang yang

Ksaleh, takut akan Tuhan, jujur dan menjauhi kejahatan, ternyata dak menjamin bahwa Ayub terbebas dari penderitaan, Ia kehilangan seluruh hartanya, anak-anaknya, mengalami penyakit yang sangat parah bahkan Istrinya yang menghujat Allah. Persoalan bertubi-tubi yang dihadapi oleh Ayub, dak membuat dia berubah sea, sebaliknya Ayub tetap memiliki pola pikir posif dan mengenalAllahyangiasembahakanmenolongnya.

“Tetapi aku tahu: Penebusku hidup“, Apa arnya: Pertama, Di tengah persoalan maka ada kepasan. Ayub menyadari bahwa penderitaan itu bukan hal yang mudah yang harus dilewanya, tetapi pada ayat 25 Ayub sangat mengenal siapa Allah yang dia sembah. Pemakaian kata ”aku“ ini menyatakan bahwa ia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan penebus-Nya, inilah adalah sebuah kepasan yang dimilikinya bahwa dalam persoalan yang dihadapinya, TUHAN akan menolong dan menyelamatkannya. Kedua, Pertolongan hanya ada dalam Kristus. Hal yang sering dilakukan pada saat menghadapi penderitaan adalah meminta saran dari keluarga, sahabat maupun teman. Hal ini juga yang terjadi pada Ayub, sahabatnya Elifas, Bildad Elihu dan Zofar datang kepada Ayub, mereka menghiburnya dengan memberikan nasihat dan pandangan atas penderitaan yang Ayub alami, tetapi pertolongan mereka dak memberikan solusi, namun Ayub mempunyai keyakinan pribadi, “Aku tahu Penebusku Hidup,” bahwa pertolongan manusia terbatas tetapi pertolongan TUHANdakterbatas.

SemakinkitahiduplebihdekatdenganTUHAN,hidupsalehseperAyub, maka ada kesulitan, pergumulan dan sakit penyakit yang merongrong iman dan kualitas kerohanian kita, teruslah bertahan dan jangan mempersalahkan TUHAN dengan sikap kita yang mundur dari pelayanan dan peribadatan (bdk. Ayub 1:2122).-TEMANTIDAKBERKUASA,TUHANBERKUASA.

DOA:BapaSorgawi,ajarkamiuntuktetappercayakepada-Mu,dandak menuduhAllahberbuatyangkurangpatut,didalamnamaYesus,Amin.

Ujian Membuat Kita Mengenal TUHAN

Selasa, 15 November 2022 Panjang Umur Secara Kekekalan

Yohanes 3:16

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Ayat 16)

anjang umur atau ulang tahun merupakan penambahan usia seseorang

Pmenjadi lamanya hidup di dalam dunia ini. Usia hidup di dalam dunia yang fana ini, sangat relaf, sebab ada orang yang bisa mencapai usia panjang dan ada juga yang pendek. Ekspresi euforia penambahan usia bagi anak-anak berbeda dengan orang dewasa, anak-anak, remaja dan pemuda, biasanya ceria dan bergembira sebab ada hadiah, mereka bisa ngumpul dengan teman-teman dan merayakannya; sedangkan orang dewasa, sukacita tersebut dak terlalu kelihatan, biasa-biasa saja, sebab mereka semakin tua, mereka lebih banyak bersyukurkepadaTuhanlewatibadahdirumahnya.

Kekekalan atau hidup kekal adalah karunia yang dianugerahkan Allah kepada kita pada saat kita dilahirkan Kembali. “Kekal” bukan saja mengacu kepada keabadian tetapi juga kepada kualitas kehidupan ini. Suatu jenis kehidupan yang ilahi, kehidupan yang membebaskan kita dari kuasa dosa dan iblis, serta meniadakan yang duniawi di dalam diri kita supaya kita dapat mengenalAllahbukansajasaatkitaberadadiduniainitetapiterussampaikepada hidupyangakandatang.

Penambahanusiahidupbagiorangpercaya,merupakansebuahinvestasi kekekalan di sorga. Oleh sebab itu kedewasaan rohani semakin nggi, kualitas iman semakin kuat dan perbuatan-perbuatan kita selalu menjadi berkat bagi oranglain,semakinberdampakpadalingkunganakvitaskita.

Jadi,umurmakinpanjang,makatanggungjawabpunmakinbesar,baik dalam perkara-perkara duniawi maupun pada hal-hal sorgawi, jadi selama kesempatan masih ada, marilah kita menata kekekalan untuk akhir hidup kita, seper bersyukur selalu atas segala keadaan, terlibat dalam pekerjaan TUHAN, terusberbuatbaikkepadasemuaorang,doadanibadahmerupakankebutuhan utama sehari-hari. - USIA BERTAMBAH TUA ADALAH PASTI NAMUN MENJADI DEWASAIMANADALAHPILIHAN.

DOA: Bapa Sorgawi, kami bersyukur untuk penambahan usia ini, dan jadikankamidewasadidalamiman,didalamnamaYesus,Amin.

Makna Panjang Umur

Rabu, 16 November 2022

Memberikan Kebahagiaan

Amsal 3:16-18

“Ia menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia.” (Ayat 18)

ebudayaan Cina menjunjung umur panjang sebagai ukuran kebahagiaan.

KLambangnya adalah pohon pinus, yaitu sejenis cemara yang nggi dengan daunseperjarumdantetaphijausekalipundiselimusalju.DiIndonesia pohon sejenis ini hanya tumbuh di lereng gunung yang nggi. Umur pohon pinus dapat mencapai empat ratus tahun oleh sebab itu umur panjang pohon pinus seringmunculdalamlukisanCina.

Adakalimatataukata-katayangmengatakandemikian:

Janganpernahmenyesalmengenalseseorang.

Orangyangbaikakanmemberikebahagian.

Orangyangdakbaikakanmemberipengalaman.

Orangyangjahatakanmemberikanpelajaran.

Orangyangsangatbaikakanmemberikenanganyangsangatindah.

Dalam Kejadian 2, kita membaca tentang pohon kehidupan di Taman Eden. Jalan menuju pohon itu ditutup bagi Adam dan Hawa setelah mereka melanggar perintah Allah. Namun Yesus, yang merupakan "Adam akhir" akan membukanya kembali bagi kita (1 Kor 15:45-47). Di langit dan bumi yang baru, akanada"pohonkehidupan"yanglain(Why.22:2).

“Iamenjadipohonkehidupanbagiorangyangmemegangnya” adalah “pohon” yang dapat memberikan keteduhan, ketenangan, bagi orang yang ada disekitar kehidupan kita. Ia seper pohon pinus yang tua justru memberi kenyamandanperlindunganyanglebihaman.

“siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia”, Kita dapat memberi kebahagian bagi orang lain, seper: Kehadiran kita memberi rasa sentosa, tenteram, dan aman; Kehadiran kita memberi kedamaian dan ketenang ha; Orang dak merasa takut dan gelisah dengan kehadiran kita; Perkataan kita memberikan kesejukkan ha; Perilaku kita dak menjadi batu sandungan dak menimbulkan kekuaran bagi orang di sekitar kita. - MEREKA DAPAT MERASAKANKEHADIRANTUHANMELALUIHIDUPKITA.

DOA: Bapa Sorgawi, pakailah kehidupan kami untuk memberikan kebahagiaankepadaoranglain,didalamnamaYesus,Amin.

Makna Panjang Umur

Makna Panjang Umur

Kamis, 17 November 2022

Hidup? Harus Memberi Buah

Filipi 1:20-22

“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.” (Ayat 22)

egara Brazil adalah negara penghasil buah jeruk yang menempa

Nperingkat pertama di dunia (DirilisdariOrganisasiPangandanPertanian PBB-2018). Buah jeruk memberikan peningkatan pada perekonomian negaraBrazil.ManfaatBuahbagiKesehatanTubuhantaralainadalah:Mencegah obesitas dan menjaga berat badan yang ideal; Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah; Menurunkan risiko penyakit, seper diabetes pe 2, stroke, penyakit jantung, kanker, dan hipertensi; Mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seper sembelit; Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan, katarak, dan degenerasi makula (hilangnya penglihatan). Inilahmanfatbuahbagikehidupankita.

“Jika aku harus hidup di dunia ini, itu berar bagiku bekerja memberi buah,” inilah perasaan Paulus untuk memilih. Ma atau hidup (ay.21), Jika memilih hidup, maka harus bekerja memberi buah. Pekerjaan yang dimaksud bukansekadarbekerjadanterlihatselesai,bukanasalbekerjatetapihasilnyadak maksimal. Kata Yunani untuk “bekerja memberi buah” adalah karpos ergon, bekerja dengan etos kerja yang nggi disertai keyakinan, bahwa Tuhan adalah majikan kita, sehingga buah yang dihasilkan bukan sekadar bersifat kuantas namun juga kualitas; bukan sekadar bersifat materi tetapi juga menghasilkan gagasan-gagasan yang cemerlang. Buah itu terlihat lewat kehadiran kita yang menjadi berkat, tutur kata yang menguatkan; senyum yang memberanikan orang lain. Sehingga figur kita dalam bekerja selalu yang terbaik, selalu menjadi berkat bagidunia.Inilahmanfaat“buah” pekerjaanbagioranglain.

Kitasemuasenanasamenginginkanbaikhidupmaupunma,akanterus memuliakan Tuhan. Tujuan hidup kita sebagai orang percaya sesungguhnya telah jelas, yaitu terus bekerja bagi Tuhan dan menghasilkan buah yang banyak, ada yang ga puluh kali lipat, enam puluh kali lipat dan seratus kali lipat - HIDUP KRISTENYANGTIDAKBERBUAHAKANDITEBANG.

DOA: Bapa di Sorga, inilah hidup kami, beri kami kemampuan untuk bekerjadanmenghasilkanbuah-buah,didalannamaYesus,Amin.

Makna Panjang Umur

Jumat, 18 November 2022 Tuhan Perpanjang Hidupmu

2 Raja-raja 20:1-6

“Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.” (Ayat 6)

alau kita ditanya, mau umur panjang atau pendek? Tentunya kita akan

Kmenjawab umur panjang, dong! Kalau ditanya lagi, mau sampai usia berapa? Mungkin kita sulit untuk menyebutkan angka berapa, karena takut mendahului TUHAN yang memiliki otoritas atas umur manusia. Pada kenyataannya kita semua menginginkan hidup yang lama dan bisa menikma keindahandunia,melihatanakcucuberhasil,dankeberhasilanlainnya.

Manusia tertua di dunia, Kane Tanaka yang berasal dari Jepang meninggal di usia119tahun. Tanaka lahir pada 2 Januari 1903 dan meninggal 19 April 2022. Menurut Guinness World Records, Tanaka menjadi orang tertua yang masihhidupdidunia.(ArkeldiKompas.comdenganjudul"OrangTertuadiDunia Meninggal pada Usia 119 Tahun) Di dalam Alkitab, manusia berusia panjang adalah Metusalah, 969 tahun (Kej,5:27), kemudian TUHAN batasi usia manusia menjadi120tahun(Kej.6:3),kemudianpemazmurmengatakanusiamanusia7080tahunsaja. Darisinikitamenariksebuahkesimpulanbahwausiaseaporang ituditentukanolehTUHAN.

“Akuakanmemperpanjanghidupmulimabelastahunlagi”, Apa maksud TUHAN menambahkan 15 tahun masa hidup raja Hizkia. Ada beberapa alasan, 1. Ia saleh dan hidup takut akan TUHAN (ay.3); 2. TUHAN masih mempercayakan kepemimpinan Raja Hizkia untuk tugas yang tersisa (ay.6). 3. Ia mereformasi keagamaan, dengan menguduskan kembali rumah TUHAN (2 Taw.29:1-36); 4. Ia kembalimerayakanPaskah(2Taw.30:1-27);5.Iamemperhakankehidupanpara imamdanorangLewi(2Taw.31:2-20).

Kalau kita masih diberi tambahan usia, bukan semata mata untuk melakukan hal-hal yang bersifat pribadi saja, tetapi juga harus peka atas rencana TUHAN bagi kita untuk dilakukan sebelum kita naik kekemuliaan. - HIDUP BERKENANKEPADATUHAN,AKANDIPELIHARADARIMARABAHAYA.

DOA:Bapayangdisorga,nyatakankehendak-Mumelaluihidupkami,Agar selamahidup,kamihanyaakanmemuliakannama-Mu.Amin.

Makna Panjang Umur

Waspada Euforia HUT

Markus 6:21-24

ohanes Pembaps adalah sosok nabi yang memiliki keberanian dan

Yintegritasyangnggidalammenyuarakankebenaran.IamenegurHerodes sehubungan dengan ndakan asusilanya karena mengambil Herodias, istri dari Filipus saudaranya menjadi istrinya. Oleh karena Herodes telah dikuasai oleh hawa nafsu, maka Ia mengabaikan teguran yang telah disampaikan oleh Yohanes Pembaps kepadanya. Meskipun terjadi konflik yang berkecamuk dalam hanya. Di satu sisi ia ingin sekali supaya Yohanes segera masuk penjara, tapi disisi yang lain ia sadar bahwa Yohanes Pembaps adalah orang yang benar dan suci, maka sebagaipenguasaiaharusmelindunginya.

Pada waktu Herodes berulang tahun, ia mengadakan perjamuan untuk pembesar-pembesarnya, perwira-perwiranya dan orang-orang terkemuka di Galilea. Dalam perjamuan itu, anak perempuan Herodias menampilkan taritarian yang membuat ha Herodes dan para tamu-tamunya bergembira. Dalam euforianya itu, Herodes berkata kepada anak perempuan Herodias, “Mintalah daripadakuapasajayangkauingini,makaakankuberikankepadamu!”(ay.22). Diakhirkisahini,makaHerodiasmemanfaatkankesempatanitudenganmeminta “KepalaYohanesPembaps!”, (ay.24), karena Herodes sudah bersumpah untuk memberikan apa saja yang diminta, maka Ia pun tepa janjinya (ay. 27). Sebuah pelajaran penng untuk kita, agar selalu berha-ha dengan euforia hari ulang tahun.

Apakah dak boleh orang bersyukur dan bersukacita pada hari ulang tahunnya? Tentu saja boleh, tapi jangan sampai ucapan syukur dan rasa sukacita kita itu mengarah kepada hal-hal yang negaf atau ndakan yang merugikan orang lain. Ucapan syukur yang kita lakukan harus mencerminkan betapa kita berterimakasih atas berkat yang Tuhan telah berikan dalam kehidupan kita. Semua yang kita lakukan dalam ucapan syukur itu, harus memuliakan Tuhan.MELUAPKAN EKSPRESI HATI YANG BERSUKACITA ITU BAIK, TETAPI TIDAK DENGANTINDAKANYANGMERUGIKANSUKACITA.

DOA: Bapa, ajarilah kami berbagi sukacita dengan sesama, melalui ndakanyangdakmerugikanoranglain,didalamnamaYesus,Amin.

Sabtu, 19 November 2022
“Anak itu pergi dan menanyakan kepada ibunya: “Apa yang harus kuminta?” Jawabnya: ”Kepala Yohanes Pembaptis!“ (Ayat 24)

Makna Panjang Umur

Minggu, 20 November 2022

Bijak Dengan Hari Yang Terbatas

Mazmur 90:10-12

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.“ (Ayat 12)

azmur pasal 90 ini merupakan ungkapan isi ha Musa yang

Mdituangkan melalui sebuah doa. Musa meminta kepada Tuhan agar diajari menghitung hari-hari hidupnya dan juga bangsanya Israel. Betapa penngnya permintaannya ini karena dengan bisa menghitung hari-hari membuatorangjadibijaksana.Denganmenghitungsecaratepat,makayangakan diperoleh adalah kualitas hidup yang baik. Menghitung hari-hari itu bukan sekedar mengurutkan dari daar dek, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun, namun ada upaya menyiapkan segala sesuatu sehingga waktu yang kita jalanimenjadiwaktuyangberkualitasdanbergunabagikehidupankekalkita.Jika untuk hal-hal yang fana saja kita merencanakan dengan baik, apalagi untuk halhalyangbersifatkekalkitajugaharusmempersiapkannyajauhlebihbaik.

Mengingat hari-hari yang kita jalani sangat terbatas, paling lama 70-80 tahun (ay.10), jika dibandingkan dengan kekekalan. Oleh sebab itu kita harus berdoa, memohon agar TUHAN berikan ha yang faham (bdk. 1 Raja 3:9), ha yang bijaksana, sehingga hari demi hari yang kita jalani, kita dapat lalui dengan sebaik-baiknya dan selekf mungkin, agar hidup ini menjadi persiapan untuk hidup di akhirat nan. Pergunakanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Tanyakanlah kepada diri kita seap hari, jika hari ini Tuhan memanggilku, apakah aku sudah siap? Dalam Mazmur 39:5, Pemazmur berseru: “Ya Tuhan, beritahukanlahkepadakuajalku,danapabatasumurku,supayaakumengetahui betapafananyaaku”.

Karena hidup ini singkat, serta semakin dekatnya kemaan, maka Kita harus belajar menghitung hari-hari kita untuk dibandingkan dengan pekerjaan yang telah kita lakukan, apakah kebaikan lebih banyak dilakukan atau kejahatan yang lebih banyak kita lakukan. Dengan ha yang bijaksana akan tercipta keputusan-keputusan yang baik dalam menjalani kehidupan ini. - HARI-HARI YANG KITA JALANI ADALAH KESEMPATAN UNTUK MEMPERSIAPKAN HIDUP KEKEKALANBERSAMADENGANTUHAN.

DOA:Bapadisorga,berikanlahhayangbijaksanasehinggakamidapat menjalanihari-hariinisesuaituntunan-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

Senin, 21 November 2022

Hormatilah orang Tuamu

Keluaran 20:12

emua orang pas mendambakan umur yang panjang, maka daklah heran

Sapabila ada banyak orang yang berupaya supaya tubuhnya selalu dalam keadaan sehat dengan berolah raga secara teratur, makan-makanan yang bergizi,israhatyangcukupditambahdenganrekreasibersamadengankeluarga. Memang semua yang dilakukan ini bukanlah sesuatu yang salah, Namun bagaimanakahpanjangumuritujikadilihatdalamnjauanAlkitab.

DalamkitabKeluaran20:12ini,AllahmemerintahkankepadaorangIsrael untuk menghorma orang tua mereka. Allah berfirman, jikalau bangsa Israel menghorma orang tua, maka mereka akan memperoleh umur yang panjang. Prinsip ini masih berlaku sampai sekarang, sebab kesepuluh firman ini, Allah sendiri yang mengucapkannya. Sebagai pembaca Oasis Fajar yang sea, bersyukurlah jikalau sampai hari ini kita masih memiliki orang tua. Hormalah merekaselagimerekamasihadabersama-samadengankita,berilahwaktuuntuk berbicaradenganmerekadanjanganlahmenghinanyajikamerekasudahtua.

“Supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.“ Apabila sudah ba di tanah perjanjian itu, mereka harus berperilaku baik, agar umur mereka diperpanjang, sebaliknya apabila mereka dak membawadiridenganbaik,umurmerekaakandiperpendekdisitu.

Kita yang melaksanakan kewajiban terhadap orang tua, mengasihi, menghormadan menyokongorangtua,akanmendapabahwaAllahjugaakan menyokong kita. Janji ini ditulis dalam Efesus 6:3 ”supayakamuberbahagiadan panjangumurmudibumi.” Tentunya berkat-berkat dari menghorma orang tua, TUHAN akan limpahkan dalam kehidupan kita. - KEBAHAGIAAN DALAM HIDUP

INI AKAN MENJADI SEMPURNA APABILA KITA SELALU MENARUH HORMAT KEPADAORANGTUAKITA.

DOA: Allah Bapa di sorga, berikanlah kepadaku ha yang menaruh hormat kepada orang tua, sebab itulah perintah-Mu yang harus dilakukan, di dalamnamaYesus,Amin.

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.“ (Ayat 12)

Tinggal Di Dalam Yesus

22 November 2022

Hidup Harus Berbuah

Yohanes 15:1-5

“Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (ayat 5)

eka masih kecil saya teringat bagaimana almarhum ayah dan ibu saya

Kbegitu ulet dalam mengurus seap tanaman yang ada karena pekerjaan almarhum ayah saya adalah seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Berdasarkan latar belakang pendidikan tersebut maka hampir di seap pekarangan rumah kami dan sekitar kolam yang ada di tanami berbagai jenis tumbuh-tumbuhan baik itu berbagai jenis bunga maupun buah-buahan seper durian, rambutan, jambu biji, pisang, jambu air, nenas, sirsak dan masih banyak lagiyanglainnya.Kamisangatsenangbisa menikmahasildaritanamantersebut sampaisaatini.

“Barangsiapa nggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak”, arnya jika persekutuan yang terus-menerus dilakukan dengan Tuhan, maka itu menjadi sumber utama untuk menghasilkan buah yang terus menerus. Buah yang dimaksud menunjuk pada tutur kata, sikap, dan juga ndakan dari orang percaya, sehingga dapat berbuat banyak kebaikan Kita(bdk. Gal. 5:22-23). perlunggaldidalamKristusagarbisamelakukankebaikanapasaja.Halinibukan saja menjadi sarana untuk memelihara dan meningkatkan segala hal baik yang sudah ada di dalam kita, tetapi juga merupakan akar dan sumber segala sesuatu yangbaik.

Dewasa ini dunia sekitar kita membutuhkan dari kehidupan kita,“buah” untuk memberidampak posif dan menyegarkan lewat ucapan, lewat perbuatan baik tanpa pilih kasih, sikap hidup yang selalu jadi berkat bukan menjadi batu sandungan, kehadiran kita yang selalu memberi semangat bagi orang lain, sehinggamelaluibuahyangbanyakitu,oranglaindapatmelihatadakasihKristus yang terpancar melalui pelayanan dan kehidupan kita. Untuk itu tetaplah nggal pada pokok anggur yaitu Yesus Kristus karena kita bisa menghasilkan buah hanya jikamelekatkepadaTuhan.-DILUARAKUKAMUTIDAKBISABERBUATAPA-APA.

DOA: Bapa Sorgawi, tolong kami agar hidup kami dapat mengeluarkan buahyangmemberkasesama,didalamnamaYesus,Amin.

Selasa,

Milikilah Sikap Allah

Rabu, 23 November 2022

Murah Hati

Lukas 6:36-38

etapa menyenangkan berjalan dengan orang yang murah ha, karena

Bdak ada kekuaran bahwa kita akan terlantar dan mengalami kesulitan. Apabila kita bergaul dengan orang yang murah ha, karena ada banyak keuntungan yang kita dapat, sebab orang yang murah ha itu suka memberi; dakpelit;penyayangdanpengasih;sukamenolong;baikha.

SalahsatusifatAllahadalahmurahha(ay.36).Orang-orangyangmurah ha seper Allah, akan bermurah ha kepada orang-orang jahat, kita harus bermurah ha kepada mereka. Sikap murah ha dak boleh dilakukan dengan “memandang muka”, atau “pilih kasih”, karena Allah terlebih dulu telah menunjukkan kemurahan-Nya kepada seap orang, bahkan kepada mereka yang berlakujahatkepada-Nya.

Adaduahalyangmenjadialasankuatkitabermurahha:

1. Murah ha adalah identas Allah. Ia telah menunjukkan sikap teladan murah ha kepada semua orang, kepada orang baik ataupun jahat, beragama maupun dak beragama, puh maupun hitam, semuanya Allah telah menunjukkan kemurahan ha atau berbelas kasihan kepada mereka (Mat.5:45).

2. Murah ha adalah identas Yesus. Salah satu pengajaran Yesus yang telah Ia bukkan sendiri lewat kehidupannya, adalah “Kasihilah musuhmu”. Yesus mengajar kita untuk berbuat melebihi akal sehat manusia, yaitu sampai pada ngkat iman yang memimpin akal, sehingga kita dapat mengasihi musuh-musuh kita, berdoalah bagi mereka yang mencacimu, jikalau ada yang menampar pipimu, berikanlah juga pipimu yangsatulagi(Luk.6:27-36). Marilah kita belajar untuk bermurah ha seper yang Allah lakukan dan diprakkkanolehYesusdalamrekamjejakpelayanannyadibumiselama3tahun.Sikapbermurahhahendaknyatanpaadanyakemunafikan.

DOA: Bapa sorgawi, ajar kami untuk selalu memiliki sikap murah ha, seperEngkaumurahha,didalamnamaTuhanYesus.Amin.

“Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.” (Ayat 36)

Milikilah Sikap Allah

Kamis, 24 November 2022 Maka Menangislah Yesus

Yohanes 11:33-36

“Maka menangislah Yesus. Kata orang-orang Yahudi: "Lihatlah, betapa kasihNya kepadanya!" (Ayat 35-36)

enangis memiliki banyak manfaat disamping sebagai ungkapan

Mperasaan sedih. Beberapa manfaat menangis menurut penelian, dapat memberikan efek menenangkan, mengurangi rasa sakit, meningkatkan semangat, mengurangi stres, membantu dur, meluapkan emosi terpendam,membantumelaluiprosesduka,danlainsebagainya.

Kata kerja menangis dalam ayat ini, memakai kata Yunani “dakruo” menangissampaimencucurkanairmata, itu sebabnya orang-orang Yahudi yang hadir di situ mengatakan bahwa Yesus sangat sedih, karena kasihnya kepada sahabatkaribnya,Lazarusyangtelahma.

“Maka menangislah Yesus,” hal ini memberikan petunjuk bahwa Yesus Kristus itu benar-benar manusia yang serupa dengan anak-anak manusia, bukan sajadalamdarahdandaging,tetapijugadalamjiwa-Nyayangjugadapattergugah oleh rasa sukacita, dukacita, dan perasaan perasaan lainnya. Sebelum Ia menunjukkan buk keilahian-Nya dalam membangkitkan Lazarus. Kristus membukkankemanusiaan-Nyaataujadiri-Nyasebagaimanusiayangberbelas kasihan, Ia bisa menangis. Yesus bukan saja sedih, lalu Ia menangisi Lazarus, tetapi Ia pergi ke kuburan, kemudian Ia doa syukur untuk kebangkitan Lazarus, meskipun mukjizat itu belum terjadi namun Ia percaya, karena Bapa-Nya selalu mendengarkan-Nya(ay.42).

Kita juga pernah menangis, bahkan sering menangis karena berbagai alasan, sepert: Gagal panen, sakit penyakit yang berat, usaha atau bisnis yang kurang menguntungkan, masalah rumah tangga, masalah anak anak, dan banyak lagi faktor yang membuat kita menangis. Renungkanlah! Bahwa Yesus pernahsedihhadanmencucurkanairmata,namunIadakberlama-lamadalam kesedihan, Ia datang kepada Allah Bapa untuk menyelesaikan kesedihan-Nya, Lazarus dibangkit. Datanglah kepada Allah sebagai Bapa kita, serahkan semua persoalan hidupmu, Ia akan menolong kita. - PADA YESUS ADA JAWABAN UNTUKMENGHENTIKANTANGISANKITA.

DOA: Bapa sorgawi, tolonglah kami untuk mengandalkan-Mu, karena pada-Muakanadapertolongandanjalankeluar,didalamnamaYesus.Amin.

Jumat, 25 November 2022

Kekuatan Sebuah Hikmat

Kejadian 41:14-16

“Yusuf menyahut Firaun: "Bukan sekali-kali aku, melainkan Allah juga yang akan memberitakan kesejahteraan kepada tuanku Firaun." (Ayat 16)

ata Ibrani hokmah menunjuk pada kata hikmat yang berar teguh,

Kberpengalaman, dan biasanya diterjemahkan dengan kata “pengeran” dan “kebijaksanaan” sehingga hikmat adalah pengetahuan untuk menjalani kehidupan. Pengetahuan yang dibuat dengan tepat (Ams.1:5). Tempat hikmat adalah di dalam ha, yang menjadi pusat pengambilan keputusan yang bermoral dan berakal budi (bdk, 1 Raja 2:9,12). dan untuk memperoleh hikmat seseorang harus hidup takut akan TUHAN (Ams. 9:10). Yusuf memiliki semua faktor tersebut, sehingga pengerannya melebihi semua ahli dan semua orang berilmu di Mesir. Sebaliknya Pendidikan khusus para ahli dan semua orang berilmu kepunyaan Firaun, dak dapat menafsirkan dan menjelaskan mimpi Firauntersebut.

"Bukan sekali-kali aku, melainkan Allah,” ini sikap Yusuf yang berani, saat Ia meninggikan Allah yang disembahnya di tengah-tengah orang-orang yang dak percaya kepada Allahnya, Ia juga memberikan kehormatan kepada Allah bahwa “Kemampuan itu bukan kepunyaanku, hanya Allah yang bisa memberitahukanarnya.”dandalamkesemuanyaitu, Yusufdakmau“mencuri kemuliaan Allah,” itu sebabnya Allah sangat meninggikan Yusuf di mata Raja Firaun, Allah memberikan hikmat untuk menjelaskan maksud dan tujuan mimpi bahkan persiapan-persiapan yang harus dilakukan untuk mengansipasi masa panendanmasakelaparantersebut(ay.33-36).

Apapun yang menjadi tanggungjawab kita di kantor, di rumah, di masyarakat, di tempat pekerjaan, dalam pelayanan, dan kita merasa bahwa itu berat dan sulit untuk menyelesaikannya, marilah kita bercermin pada kehidupan Yusuf; danIamilikikualitashiduprohaniyangsangatbaik, Iaselaluberjalanpada kehendakTUHAN KARENAIAPUNYAHIKMAT,,sehinggaselaluadajalankeluar.-

JANGANMENGAMBILPUJIANUNTUKDIRI,BERIKANITUKEPADAALLAH,SEBAB DIALAHYANGLAYAKDIPUJA.

DOA: Bapa Sorgawi, kami mohon kiranya Engkau berikan hikmat agar pekerjaan yang kami lakukan dapat menghasilkan yang terbaik, di dalam nama Yesus,Amin.

Dari Penjara Ke Istana

usuf merupakan orang muda berilmu nggi yang hidupnya takut akan

YTUHAN, sehingga dalam perjalanan hidupnya Allah membuat lompotanlompatan yang luar biasa dalam hidup Yusuf, yakni daripenjarakeistana. Allah juga yang melengkapi pribadi Yusuf agar dia dapat menjalani tahapantahapanlompatanimantersebutdenganbaik.

Ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada Yusuf, sebagai berikut:

-IadiberikedudukansebagaipenguasaatasistanaFiraun(ay.40)

-IamenjadipenguasaatasseluruhtanahMesir(ay.41)

Ia diperlengkapi dengan fasilitas utama kerajaan Mesir untuk menunjukkanbahwadirinyasebagaiseorangpenguasa(ay.42-43)

-IadihormaolehRajaFiraun(ay.44)

Dari penjara ke istana, bukan suatu proses yang mudah, tetapi sebuah prosesyangsulit,penuhpenyangkalandiri,penuhpengorbanan,penuhketaatan, penuh kesabaran yang panjang. Dari penjara ke istana, bukan karena Firaun berkenan untuk menjadikan Yusuf demikian, tetapi karena Allah. Firaun berkata: Yusuf penuh dengan Roh Allah (ay.38). kesuksesan Yusuf sebagai orang besar di negeriorang,hanyakarenaTUHAN.

Sebagaiseorangkaryawan,pejabat,polikus,pendidik,pelayan,ekonom, tenagaprofessional,aparatkeamanan,petani,atauburuhharian,ingatlahbahwa tanpa Roh Allah, kita dak akan seper Yusuf, yang menjadi “garam dan terang dunia” ditengah “kegelapan dunia”, dan Yusuf berhasil membawa Mesir keluar daribencanakelaparanbesar.

Firaun dan bangsa Mesir dak mengenal Allah Yusuf, namun lewat hidup Yusuf, mereka melihat bahwa Allah nyata ada dan berkarya. Kiranya kehadiran kitapun,oranglaindapatmelihatdanmerasakankehadiranAllahyangberkarya.“HANYATAKHTAINILAHKELEBIHANKUDARIPADAMU.”

DOA: Bapa Sorgawi, ajar kami mengandalkan Allah dalam seap akvitashidupini,agarberhasildalamsegalahal,didalamnamaYesus,Amin.

Kejadian 41:39-44 Sabtu, 26 November 2022
“Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu." (Ayat 40)
Lompatan Yang Dikerjakan Allah

Minggu, 27 November 2022

TUHAN Yang Berperang

Yosua 23:6-10

“Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu.” (Ayat 10)

angsa Israel dalam perjalanan dari Mesir menuju ke tanah Kanaan

Bmengalami banyak sekali peperangan, sehingga banyak pengalaman dan pelajaran yang telah mereka dapa. Mereka sering menikma banyak kemenangan keka mereka mengiku perintah Tuhan, namun tak jarang mengalami kekalahan keka mereka dak patuh pada Tuhan. Adalah Mustahil bagi mereka untuk melewa banyak sekali peperangan, bahkan mengalahkan bangsabangsayangbesar,jikaTuhandakberperangbagibangsaitu.

Seap hari kita harus berperang, berperang melawan kedagingan kita, berperang dengan situasi yang sulit, berperang dengan pergumulan, sakit, dan keterbatasan dalam kehidupan. Hendaknya kita belajar dari nasihat yang disampaikan Yosua bagi Bangsa Israel. Agar kita dapat memenangkan peperangan itu jangan berperang sendiri, keka berperang sendiri kita akan kelelahan dan kita akan mengalami kekalahan, namun biarkan Tuhan yang berperang bagi kita agar Kitamenikmakemenangan.

Dalam pidato perpisahan dan menjelang ajalnya Yosua menekankan Jika ingin meraih kemenangan dalam peperangan maka BIARKAN TUHAN YANG BERPERANG BAGI KITA. Syaratnya adalah taa dan lakukan semua kebenaran Firman Tuhan; Jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri; Jangan bergaul dengan unsur-unsurduniawi;danseakepada-Nya(ay.6-8).

Dewasa ini kita diperhadapkan dengan berbagai macam kesulitan dan pergumulanhidup.Disamping“peperangan”terhadapmasalahekonomikeluarga, kita juga mengalami peperangan iman, maka jangan kuar, peperangan apapun yang kita sedang alami,sebesarapapun itu,Tuhan Allahkita Dialahyang berperang bagikita,asalkitataadanlakukansegalaajaran-NyadantetapmengandalkanDIA sebagai satu-satunya pengharapan kita. - JANGAN BERPERANG SENDIRI, KITA AKANKALAH,BIARKANTUHANBERPERANGBAGIKITA.-JEHOVAHNISSI.

DOA: Tuhan teruslah berperang bagiku, aku ingin selalu patuh pada perintahdanajaranMu,tolonglahakuTuhan,didalamnamaYesus, Amin

Menjadi

Berita Pengharapan

Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.” (Ayat 1)

aerah Sulawesi utara beberapa waktu ini dikejutkan dengan sebuah

Dberita seorang Mahasiswi yang gantung diri akibat putus asa karena bertengkardenganpacarnya.Rasaputusasadapathadirdalamhasiapa sajakekaseseorangdaklagimemilikipengharapandalamkehidupannya.Fakta membukkan bahwa seseorang bisa bertahan hidup 40 hari tanpa makan; 4 hari tanpa minum; 4 menit tanpa bernafas; 4 dek tanpa harapan, arnya manusia dakbisahiduptanpaharapan.

TuhanmemberipengharapanbagibangsaIsrael,kekamerekaberadadi Babel oleh karena mereka dibuang akibat dari dosa mereka, Allah mengirimkan Koresh raja Persia, Raja yang dak mengenal Allah dipakai untuk membebaskan bangsaitu.Allahjugamenjanjikankelepasansecarasempurnakarenadaribangsa itu akan lahir seorang Raja yang membebaskan mereka dari perbudakan dosa yaitu Yesus yang adalah Allah sendiri, yang lahir di kota kecil, Betlehem Efrata. Darikotakecilitu,terbitlahsebuahpengharapan,yangdikemudianhari,lahirlah Yesus, yang akan menawarkan keselamatan dan hidup kekal bagi seap orang, yangpercaya.Iakanmenggembalakankita.(Mat.2:6;Yoh.7:42).

Pengharapan selalu berhubungan dengan iman; begitupun iman yang hidup selalu menankan sebuah pengharapan. Sekalipun berat beban dan persoalan hidup kita, biarkan kita terus berpengharapan kepada Yesus, karena Dia adalah sumber andalan kita (Ibr. 6:19-20). Dia akan memberi ketenangan saat badai hidup mengguncang imanmu; Dia akan mengendalikan ha ini saat suasana ha dan pikiran kita mengalami stres dan depresi; dan Dia dapat mencegahkitauntukterhilang,hanyutolehsituasiduniawi.

Dalam memasuki Masa Advent ini renungkanlah seberapa dekat kita dengan sumber pengharapan itu. - PENGHARAPAN DIRASAKAN KETIKA KITA TERUSTERHUBUNGDENGANSANGPENCIPTA.

DOA: Tuhan kiranya Engkau tolong kami untuk terus terhubung denganMusebagaisumberpengharapankami,didalamnamaYesus, Amin.

Mikha 5:1-3 Senin, 28 November 2022
Betlehem
Efrata
Terbesar

Lihat, Rajamu Datang

“Bersorak soraklah dengan nyaring, hai puteri

Sion, bersorak sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.” (Ayat 9)

alam perenungan kita hari ini, nabi Zakharia ingin memberikan

Dpenjelasan betapa penngnya umat Tuhan lebih mempersiapkan ha dalam menyambut kehadiran Mesias. Umat Tuhan bukan saja hanya sekedar mempersiapkan bangunan gereja yang indah, kegiatan-kegiatan yang menarik untuk menyambut kehadiran Mesias (hari Natal), namum terpenng adalah membangun iman yang kokoh, komitmen dalam menghidupi iman tersebut, dan mempersiapkan ha untuk menyambut Dia. Kedatangan Mesias memiliki tujuan besar bagi umat manusia, bukan hanya sekedar hadir untuk menunjukkan keMahakuasaan-Nya, namun Kedatangan Mesias yang terutama adalah memberikan keselamatan kekal bagi manusia yang sungguh-sungguh bertobatdanhidupsesuaidengankebenaranfirman-Nya.

“Lihat, rajamu datang kepadamu”. Dalam Maus 21:1-5, Raja yang dimaksud oleh Nabi Zakharia adalah YESUS, Mesiasberar"yangdiurapi", yang akandatangsebagaiRajakekaluntukmembawakeselamatanbagiumatmanusia, yang beriman kepada-Nya. Di dalam bahasa Yunani, kata Mesias diterjemahkan sebagai Kristos atau Kristus yang menjadi salah satu gelar Yesus. “ia adil dan jaya.Ialemahlembut”,merupakanciriesdaripemerintahanMesias,Rajayang diurapi itu. Ia Raja yang dak memihak, keberpihakkan hanya pada kebenaran, Ia memiliki kekuasaan supranatural, yang melampaui akal dan kekuatan manusia, sehinggaapapunyangdilakukanselaluberhasil,dandalamkepemimpinannya,Ia memerintahdenganramah, baikhadanpengasih.

Padamingguadvenpertamaini,marikitasiapkanhauntukmenyambut Sang Raja, karena kedatangan-Nya untuk memberi keselamatan yang kekal bagi kita.-JADILAHBIJAKDALAMMENYAMBUTSANGRAJA.

DOA: Tuhan Yesus, kami bersyukur Engkau telah hadir ke dunia untuk menyelamatkan kami. Ajarlah kami untuk senanasa hidup dalam kebenaranMu.DidalamnamaYesus,Amin

Zakharia 9:9-10 Selasa, 29 November 2022
Siapkan Hamu Menyambut Dia

Pengharapan Yang Aman

Rabu, 30 November 2022

Yesus Adalah Sauh

Ibrani 6:19-20

“Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir.” (Ayat 19)

eorang nelayan akan sangat menger bahwa sauh atau jangkar, memiliki

Sfungsi yang berbeda-beda. Fungsi jangkar adalah untuk menghenkan laju atau pergerakan sebuah kapal, jangkar digunakan juga untuk membatasi pergerakan kapal saat berlabuh, sehingga kapal tetap berada pada posisinya meskipun ada tekanan dari arus laut, jangkar juga berfungsi untuk menahan kapal terombangambingdanhanyutjikaadaombakyangsangatbesar.Socratesseorang filsuf dan pemikir yang hidup pada masa Yunani klasik, mengatakan, "Kapal dak dapatbergantungpadasatusauh,ataukehidupanpadasatuharapan."

“sauh yang kuat dan aman bagi jiwa”, Di dunia ini kita seper kapal di tengah laut, yang mudah diombang-ambingkan gelombang, dan terancam akan terhempas. Jiwa kita adalah kapal. Sorga adalah pelabuhan tujuan pelayaran kita. Godaan, penganiayaan, dan penderitaan yang kita hadapi adalah angin dan gelombang yang mengancam akan membuat kapal kita karam. Kita perlu sauh untuk membuat kita kuat, aman, dak terombang ambing, bahkan dak karam kapal rumah tangga kita, dan sauh yang kuat dan aman itu adalah Kristus, pengharapankita(ay.19)

Hidup orang percaya juga diharapkan teguh dan kuat seper sauh dalam menahan kerasnya tantangan hidup. Pandemi covid-19 merupakan salah satu hal yang akhirnya memberi banyak tantangan dan cobaan bagi banyak orang. Permasalahan ekonomi saat ini semakin membuat manusia berlomba-lomba untuk mencapai taraf kehidupan yang nyaman, namun dak sedikit yang akhirnya rela mengorbankan harga diri, ha nurani dan dak berpengharapan kepada-Nya. Orang-orang percaya yang iman dan pengharapannya menjadi goyah. Ingatlah! Bahwa kekuatan dan kemenangan itu hanya ada di dalam Yesus dan pengharapan yangkuatakanmenjaminkehidupankitaadadalamkeamananperlindungan-Nya.“HANYA DALAM KEGELAPAN ANDA DAPAT MELIHAT BINTANG-BINTANG.” - Marn LutherKingJr

DOA: Tuhan Yesus,berilahsenanasa kamikekuatandalammengahadapi terpaangelombangkehidupan, didalamnamaYesus,Amin.

MATERI PEMAHAMAN ALKITAB KELOMPOK PEMBINAAN WARGA JEMAAT NOVEMBER 2022

============================================

HUKUM KETUJUH

Tema:JanganBerzinah

SumberPembahasan :Keluaran20:14

BacaanReferensi :Markus10:1-12

TIU: Keluarga Kristen semakin menger tentang ajaran dari hukum ketujuh

Keluarga Kristen memahami bahwa pada mulanya Allah melarangperbuatan perzinahan

Perzinahan dalam bentuk apapun dilarang oleh TUHAN

TIK: Hubungan suami istri adalah hubungan trilogi perkawinan Kristenyang berlangsung seumur hidup

Yesus melarang perceraian dengan alasan apapun termasukperbuatan perzinahan

Pendahuluan (JANGAN BERZINAH)

Hukum ketujuh , berbicara perihal yang sangat sentral dalam kehidupan manusia, sebab menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karenaituseluruhkehidupankitaharusdijaga,dipeliharadanperludisucikan.

MANUSIA adalah makhluk seksual sekaligus makhluk sosial. Disebut sebagai makhluk seksual, karena “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka” (Kej.1:27). Identas manusia sangat jelas, Laki-laki dan Perempuan saja, itulah yang Alkitab katakan. Jadi seksualitas menduduki posisi sentral dalam masyarakat, baik secara teologis, maupun secara praks. Sebab itu kita harus memahaminya dengan benar,kemudianmenyikapinyadengantepat.

A. SeksualitasYangSebenarnya

Dewasa ini kita diperhadapkan dengan berbagai fenomena seksualitas yang daksebenarnya.MenurutKOMPAS.com-Perilakumenyimpangseksualadalahperilaku pemenuhan kebutuhan seksual dengan cara yang dak wajar. Perilaku tersebut disebut juga dengan parafilia. Penyebab perilaku menyimpang sosial bisa disebabkan oleh gangguan psikologis, pengalaman sewaktu kecil, pergaulan, faktor genek, dan penyalahgunaan obat dan alkohol. Macam macam perilaku menyimpang seksual menurut Kompas.com ada 13 macam perilaku menyimpang seksual, seper: Fisisme, Homoseksual, Sodomasokisme, Masokisme, Ekshibisionisme, Hiperseks, Voyeurisme, Pedofilia, Incest, Besally, Necrofillia, Froeurisme, Sodomi, (hps://www.kompas.com/sains/read/2021/10/06/190000423/13 macam perilaku

menyimpang-seksual-termasuk-hiperseks?page=all. - Penulis : Nadia Faradiba, Editor: NadiaFaradiba).

Hukum ketujuh berbunyi “JANGAN BERZINAH', Hukum ketujuh berkaitan dengan kesucian kita dan sesama kita: Jangan berzinah sebab kesucian kita harus sangat kita hargai seper nyawa kita. Karena itu, kita harus sama takutnya terhadap hal yang menodai tubuh kita. Hukum ini melarang segala perbuatan najis, termasuk hawa nafsu yang menghasilkan ndakan serta semua kebiasaan yang sangat menggemari dan membangkitkan hawa nafsu kedagingan. Contohnya, memandang dengan penuh hawa nafsu,itupundilarangdalamhukumini(bdk.Mat.5:28).

MenurutAlkitabseksualitaspadahakikatnyaadalahbaik,sepersemuaciptaan Allah, “sungguh amat baik” (Kej.1:31). Seksualitas itu dak kotor, nista atau hina, sebaliknya ia suci, mulia dan menyenangkan, jika dilakukan dengan pasangan yang sah (Pernikahan gereja dan catatan sipil). inilah seksualitas yang sesungguhnya (bdk. Kej.2:23-25).

“JANGAN BERZINAH”, ini adalah salah satu larangan dari kesepuluh firman/Dasa tah, sehingga dosa seksual dak lebih serius dibandingkan dosa jenis lainnya, sebab semua jenis dosa “kecil atau besar” adalah sebuah kesalahan terhadap Allah.KalaukitamelihatislahyangdipakaidalambahasaIbraniadalah"haa".Islahini berar jatuh dan mengurangi standard dari Tuhan yang suci (falling short of the standardofGod).JadiAllahtelahmenetapkansuatustandard.Padawaktukitalepas,kita turun dari standard yang ditetapkan oleh Allah, itu disebut "haa" (dosa), atau Perbuatanyangdakbenar(kataYunaniAdikia).

B. BerzinahDiDalamHa

Tigabelas macam perilaku penyimpangan seksual mungkin kita sudah mengetahui sebelumnya, sebab penyimpangan tersebut kita ketahui lewat media masa, masa digital dan prakk perilaku dari orang lain. Tetapi ada penyimpanmgan seks yang dikategorikan sebagai bentuk perzinahan, yang dak diketahui oleh orang lain, selain diri kitasendiri.

Perzinahan dak hanya bisa terjadi secara fisik, tetapi juga dalam ha atau pikiran kita. A. T. Robertson mengatakan bahwa kata 'ha' di sini bukan hanya mempersoalkan emosi atau perasaan, tetapi mencakup intelek atau pikiran, perasaan, dan kehendak. “Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu:Seaporangyangmemandangperempuansertamenginginkannya,sudah berzinahdengandiadidalamhanya”(Mat.5:27-28).

Bukan sekadar memandang supaya bisa terangsang, tetapi menatap sampai benar-benarterbakarolehnafsuitu,atauuntukmemuaskannyakekadakadacaralain lagi untuk memperolehnya. Mata merupakan jalan masuk dan keluar bagi banyak kejahatan semacam ini. Sebagai contoh, lihatlah majikan perempuan Yusuf (Kej. 39:7), Samson (Hak. 16:1), dan Daud (2Sam. 11:2). Kita membaca tentang mata yang penuh nafsu zinah yang dak pernah jemu berbuat dosa (2Ptr.2:14). Oleh sebab itu, betapa penngnyakitamenetapkansyaratbagimatakita.

Cara mengatasi dosa ini sebagai berikut: John Sto memberikan penafsiran

tentangay29inisebagaiberikut: kalau matamu menyebabkan engkau berdosa karena ada pencobaan datang kepadamu melalui matamu, maka 'cungkillahmatamu'. Arnya: jangan melihatnya. Berlakulah seakan-akan engkau betul-betul telah mencungkil matamudanmembuangnya,dansekarangengkaubutadandakbisamelihathalitu.

C. YesusMelarangPerceraian

Menurut ajaran Reformasi, lembaga perkawinan terletak pada ranah “Orde Penciptaan”,arnyaperkawinanitudiciptakandandikehendakiAllahsejakawalnya(Kej. 1:27-28),denganislahtrilogiperkawinangereja. Tigaasaspokoktersebutadalah: Ø Asasmonogami Ø Asaskeseaan

Ø Asasseumurhidup Jadi sebuah perkawinan Kristen adalah perkawinan antara seorang suami dengan seorang istri, yang berlangsung untuk seumur hidup, sampai maut memisahkannya, dan merekasalingmengikatdiridalamikatankasihsea.

DalampengajaranYesus,dalamMaus19:1-12,Danfirman-Nya:Sebabitulakilaki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlahmereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karenaitu,apayangtelahdipersatukanAllah,dakbolehdiceraikanmanusia."(ay.5-6).

Berdasarkan penciptaan, Yesus memberikan perintah ini: "Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, dak boleh diceraikan manusia " Kata Yunani "dipersatukan" (suzeugnumi) secara harfiah berar "kuk bersama." Allah yang menyatukan bersama pasangan pertama itu, dengan melakukan upacara perkawinan (lembagailahi). Rencana awalAllahadalahsatuoranglaki-lakiuntuksatuorangperempuanseumurhidup().Allah menghendakiperkawinaninilanggeng.

Karena Allah adalah Pihak yang pertama kali menyatukan pasangan itu dalam perkawinan untuk menjadi satu daging, maka hanya Ia yang secara sah berhak menetapkan alasan bagi berakhirnya perkawinan tersebut. Berdasarkan rancangan-Nya, perkawinanakanberakhirpadasaatkemaan,yangmembebaskanpasanganyangmasih hidupuntukkawinlagi(Rom.7:1-3; ).1Kor.7:39

D. Kesimpulan

1. Dalamseksualitasterkaitmasalah“kekudusanrelasional”antarasuami dan istri, sebab seksualitas memungkinkan terjadinya mutualitas atau hubungan mbal balik antara suami istri, mereka saling tolong menolong (Kej. 2:18). Jadi berzina akan merusakkanhubunganmutualitasdankekudusan.

2. TrilogiperkawinanKristen:Monogami;Keseaan;danSeumurhidup dakbolehdipisahkan,harusberlangsungseumurhidup.

3. SeksdalampandanganKrisanibukanlahsesuatuyangtabu,hina, kotor atau najis, tetapi sebuah kenikmatan, karena itu adalah sebuh anugerah TUHAN yangterindahdanterbesardalamhubungansuamiistridalamkonteks“Perkawinan.”

Soli Deo Gloria/ht

====================================================

Jangan Kamu Kuatir

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Ayat 6)

langkah menyejukkannya kata-kata yang kedengarannya seper ayat ini,

Adi tengah-tengah situasi kehidupan kita sekarang ini! Kita pun berkata dalam ha, “Ah,kalausajaakubisabegitu! Tidak menaruh kuar tentang apapunjuga!”tetapibisakah?

Konon ada ga hal yang menjadi sumber kekuaran manusia yang paling pokok sebagai berikut: Pertama, Menyangkut kebutuhan pokok, sandang pangan, dan papan. Kedua, Menyangkut hubungan kita dengan sesama dan sekitar kita. Soal rasa aman. Kega, Menyangkut masa depan. Soal kedakpasan. Bila pendapat ini benar, maka Yesuslah yang paling memenuhi syaratuntukmenjadiorangyangpalingkuardiduniaini.

Mengenai kebutuhan tempat nggal, Yesus pernah mengatakan “Serigalamempunyailiangdanburungmempunyaisarang,tetapiAnakManusia dakmempunyaitempatuntukmeletakkankepala-Nya”(Luk.9:58).

Mengenai penerimaan sesama-Nya dan sekeliling-Nya. Murid-muridNya meninggalkan Nya bahkan ada yang mengkhiana Nya. Bangsa Nya memusuhi, memfitnah dan membunuh Nya. Penguasa dak berhasil melindungi-Nya.IamadiKalvari.Mengenaimasadepanitujustrubegitupas. Tetapi masa depan yang bagaimana? Masa depan yang dengan perlahan namun passedangmembawa-NyakeGolgota.

Kekuaran Yesus? Jangan kita katakan bahwa Ia dak pernah mampu mengalahkan Nya. Justru Dialah yang berhasil mengalahkan kekuaran itu. Dengan Apa? Dengan penyerahan diri dan ketaatan yang total kepada kehendak Allah! itu sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama (Fil.2:8-9). - BILA ANDA TAKUT MENGHADAPI

LAWAN YANG LEBIH BESAR DARI ANDA, LARILAH KEPADA ORANG YANG LEBIH BESAR DARI LAWAN ANDA ITU. NAH, YANG LEBIH BESAR DARI KUASA KEKUATIRAN(LAWANANDA)ADALAHALLAH.

DOA: Bapa Sorgawi, terima kasih karena Engkau selalu ada untuk menolong,memberijalankeluardarikuarini,didalamnamaYesus,Amin.

Pelajaran Tentang Kekuaran Filipi 4:6-7
Kamis, 1 Desember 2022

Iman Dan Pengharapan

“Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.” (Ayat 18)

idak ada seorangpun yang dapat merencanakan atau menginginkan

Tkemaan.Namunkemaandapatterjadikepadasiapasaja.Baiksukaatau dak suka. Tidak ada seorangpun yang dapat melarikan diri dari ajal atau kemaan itu. Kalau sudah menjadi kehendak TUHAN, apa-pun yang diusahakan akansia-sia.

Periswa duka ini-pun dialami oleh Yairus, seorang kepala rumah ibadat, anak perempuan satu-satunya yang berumur 12 tahun meninggal. Para peniup suling dan orang-orang telah berkabung (disewa), telah datang untuk meratapi anak tersebut (Ay. 23). Yairus datang menemui YESUS dan memohon untuk segera meletakkan tangan atas anaknya supaya dia hidup kembali (ay. 18). Sikap YairusmemberikansuatugambaranimandanharapanbahwaYESUSsanggup membangkitkan orangma.

Lalu Yesus-pun bangun dan mengiku Yairus, bukan karena ia punya jabatan sebagai kepala rumah ibadat, tetapi iman dan pengharapannya pada YESUS,sehinggaYESUSmenaruhhormat,mbulbelaskasihanuntukmenolong–“lalubangkitlahanakitu”(ay.25).

Punyaimankadangdak “cukup” untukmenghadapimasalah-masalah rumit, berat, berkepanjangan dan terus-menerus. Kita butuh juga pengharapan yang kuat untuk membuat jiwa tetap tenang, segar dan tegar dalam menankan jawaban dari pergumulan kita saat menghadapi periswa-periswa yang berat sekalipun. YESUS adalah Imam besar dan pengharapan kita (Ibr. 6:19-20). Andalkan Dia seap saat, baik waktu senang, waktu kurang baik, waktu sehat, waktu sakit, waktu berkelimpahan maupun waktu berkekurangan. Iman dan pengharapanmu kepada YESUS akan menghasilkan mukjizat.

PENGHARAPAN ITU(YESUSKRISTUS)ADALAHSAUHYANGKUATDANAMANBAGIJIWAKITA.

DOA:BapaSorgawi,kuatkanimankamisehinggadalammenjalanihidup ini,kamitetapberpengharapankepada-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

Maus 9:18-26 Jumat, 2 Desember 2022
Pelajaran Tentang Kekuaran

Sabtu, 3 Desember 2022

Jangan Takut

Yohanes 5:1-9

“Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit.” (Ayat 5)

abah covid 19, memberikan dampak yang merugikan dari berbagai

Wsektor, itu sebabnya covid 19 telah menjadi perhaan serius dari pemerintah Indonesia untuk menanggulanginya dengan digencarkan program vaksin 1,2,3. Salah satu analisa yang membuat kita menjadi ketakutan, karenaanalisatersebut dihubungkandenganmicrochip666dan anKristus.

Kekuatan yang paling merusak kedamaian dan keutuhan internal di dalam dirimanusiaadalahketakutan.Takutarnyamerasangerimenghadapisesuatuyang dianggap akan mendatangkan bencana; gelisah; dan khawar. Ada sebuah cerita mengenai ketakutan yang menghancurkan. Tentang malaikat maut bernama “KOLERA”.“Iabarusajakembalidaritugasmencabutnyawadenganmendatangkan wabah di sebuah kota. Kolera dengan bangga melapor! Siap! Laporan! Ada 80.000 orang ma, walaupun saya hanya menyentuh 20.000 orang saja! Si bos bertanya, laluapayangterjadidengan60.000yangtakkausentuhitu?-JawabKoleramantap, Siap!-MEREKAMATIKARENAKETAKUTAN. Kupan cerita ini, menunjukkan bahwa KETAKUTAN memberi pengaruh besar bagi jiwa manusia, apalagi bagi kita yang sakit,sehinggakadangkitaberpikirlebihgawatdaripenyakityangdialaminya.

Dalam pembacaan tadi ada seorang yang sakit lumpuh sudah 38 tahun, penyakit ini tentunya membuat dia takut, akan kehidupan ke depannya, orang ini sudah berhen berharap kepada manusia, namun ia tetap berharap akan adanya pertolongan TUHAN. Sebagai seorang Ibrani yang taat, Ia tahu bahwa seap kesembuhan berasal dari Tuhan saja, tanpa Ia bertanya bagaimana caranya Tuhan nan menolongnya, itu sebabnya Ia tetap berada di tepi kolam dan ayat 8, Yesus datangmenolongnya,menyembuhkannya.

Ada banyak faktor yang dapat membuat kita menjadi takut, namun jangan kita takut dulu, serahkan ketakutan tersebut kepada Tuhan, dan Dia akan memberikan roh keberanian, opmiss, untuk melawan ketakutan itu. - TUHAN SANGGUPMELAKUKANSEGALASESUATUYANGTERBAIKBAGIKITA.

DOA: Bapa Sorgawi, berilah kami roh keberanian untuk dapat menghadapi segalabentukketakutanini,didalamnamaYesus,Amin.

Pelajaran Tentang Kekuaran

Minggu, 4 Desember 2022

Andalkan TUHAN SAJA

Yeremia 17:7-8

slah “bekingan” sudah menjadi lazim kita dengar di berbagai segmen, mulai

Idari pekerjaan tukang parkir, penerimaan CPNS, sampai dalam dunia bisnis, dan dunia pekerjaan. Di mana-mana orang selalu punya andalan “orang besar,”“orangberpengaruh”atau“orangkuat”yangmenjadibekingan,agarkita dapat perlindungan atau lolos dan berhasil dalam kepenngan tertentu. Nabi Yeremia mengingatkan kita, bahwa “bekingan” orang percaya adalah TUHAN, yang akan menolong, melindungi, menguatkan, keberhasilan dan menyelamatkankitadarisegalaancamanmusuhduniawi.

“Diberkalah orang yang mengandalkan TUHAN” (ay.7a). Kata “mengandalkan”mempunyaikatadasar:andal,yangberardapatdipercaya.Jadi semacam tempat untuk bergantung, apapun bentuknya. Orang tersebut dak bisa apa-apa tanpa hal itu. Jadi orang percaya itu harus mengandalkan Tuhan. TanpaTuhanataudiluarTuhankitadakdapatberbuatapa-apa.

“Yang menaruh harapannya pada TUHAN” (ay.7b). Kata “menaruh” mempunyai pengeran: melepas atau memberi sesuatu yang kita percayai. Dengan kata lain, kalau kita taruh sesuatu di suatu tempat, maka kita percaya barang tersebut dak akan hilang. Karena bukan pengharapan jika hal itu sudah didapat atau sudah dilihat. Kalau orang percaya sudah memiliki dua hal tersebut di atas, yaitu mengandalkan Tuhan dan menaruh pengharapan kepada Tuhan, barulah dapat menerima akibatnya yaitu berkat yang Tuhan sediakan bagi umatNya yang sea kepada-Nya. Orang percaya akan seper pohon yang ditanam ditepi aliran air… dan dak akan pernah berhen menghasilkan buah (ay.8). Sehingga ia menjadi orang yang kokoh di dalam Tuhan serta menjadi kuat dalam menghadapitantanganhidup.

Kita perlu Tuhan dalam hidup ini, dan hanya Tuhan yang dapat kita andalkan dan menaruh pengharapan, agar kita dak mengalami kegelisahan dan ketakutan menghadapi tantangan hidup ini. - KITA TIDAK AKAN KECEWA JIKA ANDALKANTUHAN,BUKANBEKINGANMANUSIA.

DOA: Bapa Sorgawi, kami mau mengandalkan-Mu saja dalam segala aspekhidupkami,sehinggakamimenang,didalamnamaYesus,Amin.

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!” (Ayat 7)
Pelajaran Tentang Kekuaran

Senin, 5 Desember 2022

Raja Damai

Yesaya 11:1-5

ada minggu ini, biasanya dua batang lilin ungu dinyalakan di gereja,

Psebagai tanda bahwa kita telah memasuki minggu adven ke-2. Tema dari mingguadvenke-2adalah DAMAI. Semua orang sangat membutuhkan damai,karenaduniakitasemakinjahat.Inilahfaktayangharuskitahadapi.Dunia dalam ar manusia yang semakin banyak melakukan apa yang dak berkenan kepada Tuhan, sebagai akibatnya alam semakin rusak, manusia hidup dalam permusuhan, saling menyaki, saling memfitnah dan saling menghakimi untuk saling membinasakan, bahkan di dalam keluarga dan gereja pun terjadi permusuhan. Damai semakin sulit terlihat dalam akvitas kehidupan orang Kristen.

Damai arnya dak ada perang; dak ada kerusuhan; aman; tenteram; tenang; keadaan dak bermusuhan; rukun. Hal ini digambarkan dengan jelas dalam Yesaya 11:6-9, “serigala akan nggal bersama domba; macan tutul akan berbaring di samping kambing; anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama; … anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung, … dak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk.” Inilah kondisidamai,yangdalambahasaIbranidisebutSyalom.

Mari kita siapkan ha kita untuk menyambut Raja Damai itu, jangan kita terlalu fokus dan sibuk dengan perayaan-perayaan yang bersifat seremonial dan material sehingga dak mampu menciptakan suasana damai dalam hidup, pribadi, keluarga, jemaat dan masyarakat. Cara terbaik menyambut Raja damai itu, dengan menyiapkan ha yang tunduk pada pimpinan-Nya, berdamailah dengan semua orang, bantulah orang lemah dan jadilah saksi yang benar bagi semuaorang,sehinggabanyakorangakandatang mencaridanmenyembah-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat. - KE GUNUNG TINGGI, KELEMBAH JURANG KU TURUN TURUN TURUN MENCARI DAMAI NAMUN AKHIRNYA DAMAI TIADA KUDAPATI JUA,KECUALIHANYADIDALAMYESUSTUHAN.

DOA: Bapa Sorgawi, kami bersyukur karena dapat memasuki minggu advenke-2ini,dengandakkekuranganapapun,didalamnamaYesus,Amin.

“Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.“ (Ayat 1)
Pelajaran Tentang Kekuaran

Selasa, 6 Desember 2022

Stagnan, Jika Anda Kuatir

Maus 6:26-28

uhan tahu bahwa manusia seringkali menjadi kuar; bukan hanya kuar

Tseper yang terjadi di masa sekarang saja, pada masa lalu pun di mana manusia belum sebanyak sekarang dan bahan makanan dan pakaian belum sesulit dan semahal sekarang, manusia sudah banyak yang kuar. Apa yangmanusiakuarkan?Kuarkalau-kalaunandakadamakanan,minuman, pakaian, masa depan dan lain-lain. kekuaran yang dibiarkan akan menjadi stagnan,arnyamasahidupkitadakakanbertambah45cm/sehastasaja.

ParaahliAlkitabmemaknaiislah“sehasta”bukansemata-matatentang nggi badan atau jarak tempuh, melainkan dengan padanan “umur.” Manusia menjalani hidup dalam kekuaran dan kegelisahan, akan berakibat menjadi dak panjang hidupnya, dak heran apabila kekuaran atau rasa kuar disebut “virus globalpandemi”yangsesungguhnyapadamasakini.

Kuar itu sesuatu yang manusiawi dan wajar namun akan menjadi sesuatu yang membahayakan apabila manusia hidup dalam kekuaran. Para ahli ilmu jiwa tahu bahwa kekuaran dapat menekan hidup banyak orang, akibatnya orang dak bisa menjadi tenang, dan kehilangan damai sejahtera, sehingga kekuaran seringkali disebut “penyakit utama” dan “musuh utama” manusia. dak saja orang yang sudah lanjut usia tetapi siapa pun termasuk anak-anak bisa mengalamikekuaran.

Jadiapabilaadapertanyaan:Virusapayangsebenarnyamenakutkandan dapat membunuh hidup banyak manusia? jawabannya bukanlah semata-mata Virus Covid-19 dengan segala variannya, melainkan “virus kekuaran.” Lewat pesan-Nya ini, Tuhan mau kita mengalihkan pandangan kita tentang kekuaran menjadi pengharapan pada Bapa di Sorga, dengan cara selalu mencari TUHAN dan hidup sesuai dengan kebenara-Nya (ay.33), sehingga Ia akan memelihara kehidupan dengan cara-Nya yang ajaib. - TUHAN AKAN MEMPERLAKUKAN KITA LEBIHDARIPADAKITAMEMPERLAKUKANDIRISENDIRI.

DOA: Bapa yang Maha baik, kami bersyukur untuk pemeliharaan yang sempurnabagikami,didalamnamaYesus,Amin.

“Siapakah di antara kamu yang kerena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” (Ayat 27)
Pelajaran Tentang Kekuaran

Saat Kuatir, Berdoalah

“Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.”(ayat 23)

enjalani hidup dengan segala tantangan membuat manusia

Mmenghadapinya dengan berbagai sikap. Ada yang menghadapinya dengan keberanian dan semangat ada pula yang menghadapinya dengan kuar dan penuh keragu-raguan. Masing-masing sikap akan berdampak pada pola kehidupan seseorang, yang berani akan membuat hidup menjadi kuat dan penuh pengharapan, sedangkan yang kuar akan membuat hidup pesimis danpenuhkecemasan.

Walaupun kekuaran itu manusiawi, yaitu dialami dan dirasakan oleh semua manusia, namun Tuhan dak menghendaki orang percaya hidup dikuasai kekuaran.Halinidisebabkankarena:

Pertama, Allah memelihara seap umat. Pemeliharaan Allah adalah karya kekal Allah kepada seluruh ciptaan. Pemeliharaan Tuhan adalah salah satu buk Ia menjaga keberlangsungan ciptaan. Hal ini lebih lagi, Ia lakukan kepada umat kepunyaan Nya yang disebut anak Nya. Daud menggambarkan pemeliharaan Allah seper Bapa sayang kepada anak-Nya. Kedua, Allah Sea. Sea arnya tetap bersama. Dengan demikian jika Allah sea berar Allah yang dak meninggalkan dan membiarkan umat-Nya. Allah yang tetap bersama umatNya. Nabi Yesaya menyebut hal ini dengan nama 'Imanuel' Allah yang menyertai umat Nya. Keseaan Allah adalah jaminan keberadaan Nya yang dak meninggalkanumat-Nya.

Kekhawaran adalah beban, kekhawaran itu membuat ha orang bungkukataupatahsemangat(Amsal12:25).Kitaharusmenyerahkannyakepada Allah di dalam iman dan doa. Biarlah Dia melakukan apa yang tampak baik bagiNya,makakitapunakanpuas.DengandemikianAllahinginkitadakhidupdalam kekuaran, karena Ia menjamin kita. Jika ada kekuaran 'Serahkanlah itu kepada Tuhan...sebab Ia yang memelihara kita. - BETAPA PUN BERAT PERSOALAN KITA, JANGANLAHBERHENTIBERDOA,PERTOLONGAN-NYAPASTINYATA.

DOA: Bapa Sorgawi, kami bersyukur karena Engkau menyertai dan menolongkamidalamseapkekuaranhidupini,didalamnamaYesus,Amin.

Mazmur 55:23-24 Rabu, 7 Desember 2022
Pelajaran Tentang Kekuaran

Kamis, 8 Desember 2022 Berikanlah Hati Bijaksana

1 Raja-raja 3:9-14

“maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau.”(Ayat 12)

ika kita mendapatkan melebihi dari apa yang kita minta, maka hal itu disebut

Jkemurahan. Dan inilah yang membedakan orang percaya dengan orang lain yaitu adanya kemurahan Tuhan. Karena Kemurahan Tuhanlah yang telah menyelamatkandanmemberkahidupkita.

SalomoadalahrajapertamaIsraelberdasarkangarisketurunan.RajaSaul dan Daud, seper para hakim, terpilih karena mereka dikaruniai Allah suatu kekuasaan khusus: mereka adalah penguasa berdasarkan karunia. Walaupun Salomo naik takhta tanpa pemberian karunia Allah, karunia itu kemudian diperolehnya dalam penglihatannya di Gibeon, waktu Tuhan menyodorkan kepadanyasuatupilihan(1Raja3:5).Denganmenyadaripekerjaannyayangmaha besar, Salomo memilih 'ha yang paham' untuk menimbang perkara untuk menghakimi bangsa Israel (ay 9), kemudian TUHAN memberikan kepada Salomo ha yang penuh hikmat dan pengeran (ay.12). Cerita pertengkaran dua perempuansundalmengenaibayimereka(1Raj3:16)telahmembukkanbahwa memangbenar,bahwaSalomomemilikihikmatyangdariTuhan.

Kisah dari pengalaman Raja Salomo, memberi gambaran bahwa keka orang percaya berdoa dan meminta kepada Tuhan, maka Tuhan mendengar dan mengabulkan doa kita, bahkan berndak menjawab doa melebihi apa yang diminta (bdk. 1 Raja 3:16). Hal ini selaras dengan pernyataan Firman Tuhan yang menyatakan bahwa Allah akan melakukan melebihi apa yang kita pikirkan dan doakan. Namun dalam kenyataan-Nya, kita sering mengecilkan kuasa Allah dengan membatasi Karya dan ndakan-Nya. Batasan yang kita buat adalah permintaan itu sendiri. Alkitab memberi kesaksian bahwa Ia mampu melakukan jauhlebihbesardariyangkitamintadandoakan.-MINTALAHHATIYANGPENUH HIKMATDANPENGERTIAN.

DOA: Bapa Sorgawi, berikanlah kami ha yang penuh hikmat sehingga segalajalankamiberkenankepada-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Jumat, 9 Desember 2022

Supaya Dapat Melihat

Maus 20:29-34

empunyai sepasang mata dan dapat melihat adalah suatu hal yang

MsangatpenngdalamKehidupankita.Orangakanmelakukanapasaja sehingga indra penglihatan tetap terjaga dengan baik. Kata 'mata' banyak terdapat dalam Alkitab, baik dengan makna harfiah, maupun metaforis (Ayb. 21:20). Yesus menyebut mereka yang dak berpengeran sebagai orang buta (Mrk. 8:18). Mata yang sehat memberi penerangan untuk seluruh tubuh; sehinggajikamatarohanikitasehat,seluruhkepribadiankitapunakansehat(Mat 6:22-23).

Hari itu ada dua orang buta duduk dipinggir jalan dan mereka sangat merindukan Kesembuhan atas mata mereka, sebab mereka ingin Melihat. Keka itu, Yesus lewat. Kemungkinan besar orang buta itu sudah mendengar tentang Yesus dan mujizat Nya, sehingga mereka tahu betul Yesus sanggup menyembuhkan mata mereka, Lalu mereka berseru “Tuhan Anak Daud kasihanilah kami.” Kemudian kedua orang buta itu langsung mengajukan permohonanmerekakepada-Nya,permintaanyangbelumpernahmerekaajukan kepadaoranglain.Tuhan,supayamatakamidapatmelihat.

Kelemahandanbebanjasmanilangsungkitarasakan,kekaJarilangsung menunjuk bagian yang sakit. Namun bukan hanya fisik kita bisa sakit, namun kita harus sadari bahwa ada kebutaan rohani juga. Kita memerlukan Tuhan, supaya mata ha kita dapat melihat! Banyak orang yang buta secara rohani, namun berkatabahwamerekadapatmelihat(Yoh.9:41).

Kedua orang buta tersebut dak membiarkan kesempatan ini berlalu begitu saja, namun Ia berseru, mohon kesembuhan dari Yesus. “Apa yang Kamu Kehendaki supaya Aku Perbuat.” Orang buta itu dak berfikir untuk minta uang, kekayaan atau obat-obat yang manjur, namun mereka minta yang terbaik yakni “Supaya kami melihat.” - MUKJIZATTUHANBAGIPERSOALANHIDUPKITA,BISA KITA ALAMI ASALKAN KITA TIDAK PUTUS ASA UNTUK BERSERU MEMOHON PERTOLONGAN TUHAN DAN TETAP PERCAYA MESKIPUN KEADAAN KITA TIDAK MEMUNGKINKAN.

DOA:BapaSorgawi,terimakasihuntukkesehatanyangkamiterimadariMu,pakaiituuntukmenjadisaluranberkat,didalamnamaYesus,Amin.

“Jawab mereka: "Tuhan, supaya mata kami dapat melihat.”(Ayat 33)
Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Sabtu, 10 Desember 2022 Utuslah aku!

Yesaya 6:6-8

“Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!” (Ayat 8).

esaya nggal dekat dengan Yerusalem. Ia menyampaikan pesan dari

YTUHANselamamasapemerintahanempatrajaYehudayangberbeda,Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia. Pekerjaan Yesaya sebagai Nabi dimulai keka ia menerima penglihatan dari TUHAN di dalam Bait Allah pada tahun 742 Sebelum Masehi, dalam tahun manya Raja Uzia (ayat1a). Dia adalah raja yang luar biasa dan memerintah selama 52 tahun. Di bawah pemerintahannya Kerajaan Yehuda menjadi sangat maju dalam banyak hal, baik secara administrasi maupun militer, karenaRajaUziamelakukanapayangbenardimataTUHAN(2Taw.26:1-15).

Di tengah persoalan yang pelik seper inilah, Yesaya mendapat sebuah penglihatandanpanggilan.AdaharapanbagibangsaYehuda. DengantenangDia duduk di atas tahta-Nya (6:1). Dia menjumpai dan memanggil Yesaya untuk memberitakanpengharapanbagiYehuda.

Tuhan membutuhkan seorang utusan, dan Yesaya berkata, "Ini aku, utuslah aku!" (ay.8). Yesaya sudah melihat Tuhan di dalam seluruh kemuliaanNyadanmenyadarikeberdosaannyasendiri.Hanyasetelahituiadapatmenerima pengampunandosayangmengarahkepadakerelaannyauntukpelayanansebagai seorangnabi.IaakanselaluditopangAllahsepanjanghiduppelayanannya.Yesaya membutuhkan topangan Allah karena Allah mengutusnya kepada satu bangsa yang tuli dan buta terhadap permintaannya yang sangat mendesak (ay.9-10), suatu bangsa yang akan dihancurkan dan ditawan (ay.11-12), namun demikian masih ada pengharapan, benih dari suatu bangsa yang baru akan tetap hidup (ay.13).

UtuslahAkuTUHAN!sebagairespons,karenaadabanyakorangdisekitar kita yang ada dalam kesesakan, pergumulan dan penderitaan. mereka membutuhkan pengharapan lewat pelayanan kita. - SIAP DIUTUS BEKERJA DI LADANGTUHANDANBANYAKJIWADISELAMATKAN.

DOA: Bapa Sorgawi, utuslah kami untuk membawa berita Injil kepada dunia ini, di dalam nama Yesus, Amin.

Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Minggu, 11 Desember 2022

Penyertaan sampai Akhir

2 Timous 4:1-7

idak ada yang pas di dalam dunia ini dan kitapun dak memiliki kuasa

Tuntuk memilih, hal apa saja yang akan kita nikma. Semua itu adalah misteri bagi kita. Kita juga dak dapat berharap bahwa kita hanya akan menikmahal-halyangbaik-baiksaja,tanpatantanganataupergumulan.Namun yang pas bahwa penyertaan Allah adalah sampai akhir. Paulus, dalam pelayanannya, juga menghadapi berbagai macam periswa, suka dan duka. Namun apapun yang dia hadapi, Paulus tetap fokus kepada Kristus dan meyakini penyertaanAllahbagidirinyasampaipadaakhirnya(Ay.7).

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir”, Ia dak takut ma, karena ha nuraninya bersaksi bahwa oleh anugerah Allah, ia sudah memenuhi tujuan-tujuan hidup dalam kadar tertentu. Sebagai orang Kristen, sebagai hamba Tuhan, ia telah mengakhiri pertandingan yang baik. Ia telah menjalankan pelayanan, melewa berbagai kesulitan dalam perjuangannya, bersama dengan Tuhan Yesus, Sang Gembala Agung kita. Bagi Paulus, Hidupnya adalah sebuah pertandingan, dan sekarang ia telah mencapai garis akhir. Sebagaimana peperangannya sudah dimenangkan, demikian pula pertandingannyasudahberakhir.

“Aku telah memelihara iman”, itu boleh berakhir, tetapi terpenng adalah kita memelihara ajaran-ajaran Injil, dan dak pernah mengkhiananya sedikit pun. Kita harus menjaga agar Injil yang disampaikan tetap murni dan mengandungkuasauntukkeselamatansemuaorang.

Sebagai pelayan di rumah tangga, pelayan di gereja atau pelayan di masyarakat,tugaskitaharusmengerjakandengantekun,seadanrajin.Sehingga “bur-bur Injil” itu kita dapat kontekskan dengan baik dan memiliki pengaruh bagi orang lain. Kita juga harus memelihara agar berita injil dapat disampaikan dengan dak mengurangi unsur kebenarannya. Dengan demikian, Allah dak pernah berhen menyertai umat-Nya. - BERJUANGLAH SAMPAI AKHIR, TETAP MEMELIHARAIMANMU,TUHANYESUSAKANMENYERTAI.

DOA: Tuhan, Tuntunlah kami dalam keseaan, menghadapi seap keadaandan senanasasertaikami sampaipadaakhirnya.Amin

“Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.” (Ayat 7)
Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Berita Sukacita

ara ilmuan menemukan bahwa “tertawa” memiliki pengaruh yang

Pmendalam bagi tubuh manusia, untuk mengurangi ketegangan ketegangan yang dapat melemahkan kesehatan. Sukacita, juga bermanfaat menciptakan kedamaian di ha. Ada banyak nilai manfaat bersukacita bagi diri manusia, baik secara fisik maupun mental. Kelolalah hidup dengan menciptakan sukacita dan kebahagiaan dalam diri masing-masing, dalam menghadapiberbagaipersoalankehidupandengansenanasaberpikirposif.

Pada bagian ini, Nabi Yesaya sedang menghibur umat Allah yang sedang tertawan di Babel dengan bernubuat tentang kabar baik bahwa Mesias akan datang, masa hukuman Allah hampir berakhir, keselamatan dan berkat akan ba. Allah akan membebaskan umatnya dari kesulitan yang mereka alami. 70 tahun mereka mengalami pembuangan di Babel dan berita pembebasan ini tentu menjadi berita sukacita bagi mereka sebab mereka akan kembali menikma kebebasan. Hari ini kita telah masuk dalam minggu Adven kega, Ini adalah berita sukacita bagi manusia yang berdosa. Kedatangan Yesus akan membawa pembebasan kepada umat-Nya yang diperbudak oleh dosa. Melalui kelahiran YesusKristus,umat-Nyaakanmenerimapembebasan,keyakinandikokohkan,dan jaminanhidupkekal.

Bagaimana cara kita mempersiapkan dirimenyambut kedatangan-Nya? Lukas3:5mengatakan:Seaplembahakandimbundanseapgunungdanbukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan. Sebuah himbauan untuk kita mempersiapkan diri dan ha, untuk menyambut hari pembebasan itu, kita harus saling mengingatkan, saling menghiburkansatudenganyanglain,kitaharus“membereskan”kehidupanlama kita, agar berkenan dihadapan TUHAN. Ha kita harus mengalami pembaharuan lagi, harus dibersihkan dari segala noda dosa, agar kita siap menyambut kedatangan Yesus Kristus. - BERITA PERTOBATAN YANG BERKUMANDANG

ADALAHPERTANDAMASAANUGERAHMASIHBERLAKU.

DOA: TerimakasihTuhanuntukkabarsukacitayangEngkauberikanbagi kamiyangberdosa,didalamnamaYesus,Amin.

Yesaya 40:1-5 Senin, 12 Desember 2022
“Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian rman Allahmu.” (Ayat 1)
Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Selasa, 13 Desember 2022

Beri Kecerdasanmu

Kejadian 41:39-43

“Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.” (Ayat 39)

ecerdasan dan bijaksana adalah anugerah Allah. Kecerdasan adalah

Kkemampuanseseoranguntukmemecahkanmasalahyangdihadapi,dalam hal ini adalah masalah yang menuntut kemampuan pikiran untuk menyelesaikannya. Bijaksana adalah pandai dan ha-ha (cermat,teli, dan sebagainya). Orang bijaksana adalah orang yang mampu melihat hidup ini dari sudutpandangAllahdankemudianmengetahuiyangterbaikuntukdilakukan.

Kisah Yusuf menjadi penguasa di Mesir, merupakan sebuah “rencana Allah” untuk memperlihatkan kuasa-Nya melalui kecerdasan dan kebijaksanaan Yusuf. Jauh sebelum masa sulit yang akan terjadi di Mesir, Allah sudah memperlihatkan kepada Firaun akan masa sulit itu melalui sebuah mimpi (Kej. 41:1-8). Yusuf yang menerima kecerdasan dari Allah kemudian menyampaikan ar dari mimpi tersebut, bahwa akan ada masa kelimpahan selama tujuh tahun kemudian akan terjadi masa kelaparan juga selama tujuh tahun” (ay.29-30). Firaun menyadari bahwa Allah memberikan hikmat ini kepada Yusuf sehingga kuasa atas negerinya diserahkan kepada Yusuf untuk mengaturnya agar pada masakesusahanituterjadimakasemuanyadapatteratasidenganbaik.

YangmembuatYusufcerdasdanbijaksanaadalah:

1. TUHANmenyertaiYusufsehinggaselaluberhasil(Kej.39:2)

2. YusufmenjagadanmenghormakepercayaanTuannya(ay.7-8)

3. TUHANmenolongYusufsehinggakepalapenjarasukakepadanya(ay.21-23)

Jika Yusuf begitu cerdas dan bijaksana, maka itu adalah anugerah TUHAN baginya, maka seharusnya ia mengembalikan hal itu kepada TUHAN lewat akvitas hidupnya. Marilah kita belajar dari pribadi Yusuf yang berhasil di negeri orang. Hiduplah takut akan TUHAN, sehingga di mana saja kita bekerja dan berakvitas, TUHAN akan menyertai, menjaga dan menolong sehingga kita berhasil. - ANUGERAH KECERDASAN DAN BIJAKSANA DARI TUHAN, PAKAILAH ITUUNTUKKEMULIAANBAGINAMA-NYA.

DOA: Bapadisurgaterimakasihuntukpemberianhikmat-Mu,tolonglah kamimenggunakannyadenganbaik,didalamnamaYesus,Amin.

Tolonglah Mereka

“Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: "Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air." Dan merekapun mengisinya sampai penuh.” (Ayat 7)

olonglah mereka berar membantu orang lain untuk meringankan

Tbebannya. Kita sering menghadapi orang-orang yang sangat memerlukan bantuan kita. Beberapa waktu yang lalu, m aksi peduli sesama (APS) dari Divisi Palu Raya telah menolong korban bencana alam, banjir bandang di Torue, Sulawesi Tengah. Betapa senangnya ha kita, saat membantu mereka yang kesusahan, dengan memberi kekuatan dan penghiburan bagi yang berduka. Respon yang baik dari korban bencana, membuat m APS lebih bersemangat lagi untukbekerjatanpapamrih.

Kisah pernikahan di Kana adalah kisah yang sungguh menakjubkan apalagi di dalamnya ada mujizat Tuhan terjadi, yakni mengubah air menjadi anggur. Dalam pesta pernikahan itu, tuan rumah kehabisan anggur. Ini adalah masalah besar yang sungguh membutuhkan pertolongan dan harus dicari jalan keluarnya,sehinggatuanpestadakmaludanparatamudakkecewa.

Ada beberapa orang yang terlibat dalam suksesnya acara pesta nikah di Kana seper: Pertama,Yesussebagaipenolong. Meskipun waktunya belum ba untuk melakukan mujizat namun karena keadaan yang sangat mendesak dan dakmaumelihattuanpestamalu,makaYesusmelakukanmujizat,sebagaibuk kasih-Nyauntukmenolong.Kedua,MariaibuYesusyangPeduli.Iamencarijalan keluar dengan memohon kepada Yesus untuk berndak, dan permintaan itu dikabulkan. Kega, Para pelayan yang patuh. mereka sigap mengiku perintah Yesus untuk mengisi enam tempayan penuh dengan air, kemudian Yesus mengubahmenjadiangguryangberkualitas.

Jadilahtangan-tanganpenolonguntukmerekayangmembutuhkankasih tanpa melakukan perhitungan sebab Tuhan sendiri telah memberikan teladan untuk dapat membantu mereka yang sungguh sungguh membutuhkan pertolongan kita. - TOLONGLAH MEREKA DENGAN APA YANG ADA PADA KITA DANJANGANLAHMENOLONGORANGLAINKARENAADAAPANYA.

DOA: Bapa di surga, berikanlah kami ha yang peka dan rela untuk menolongoranglain,didalamnamaYesus,Amin.

Yohanes 2:3-7 Rabu, 14 Desember 2022
Apa Yang Kamu Suka Aku Perbuat?

Jerih Payahmu Tidak Sia-Sia

Kamis, 15 Desember 2022

Mahkota Kehidupan

Yakobus 1:12-15

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.” (Ayat 12)

eminggu ke depan, kita akan membahas tentang Mahkota. Ada berbagai

Smacam dan bentuk mahkota. Ada yang dipakai oleh seorang raja, ratu, imam, dan orang-orang yang menjuarai sebuah perlombaan. Kata Yunani stefanos sering dipakai untuk menggambarkan mahkota yang dibuat dari daun, yang diberikan pada juara perlombaan (1 Kor. 9:25) dan juga sebagai tanda otoritasdankehormatan(Why.4:4).Katastefanosini jugadipakaiuntukmahkota duriyangdipakaiYesus.

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan”. Bertahan arnya tetap keadaannya dan sanggup menahan penderitaan. Tuhan menghendaki kita bertahan dan bertekun karena kalau kita sudah tahan dalam menghadapi pencobaan (kesukarandanpenderitaan), maka kita akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan-Nya. Karena itu, kita yang bertahan dalam kesukarandanpenderitaanakandisebutBERBAHAGIA,sebabnannyakitalayak mendapatmahkotakehidupandariAllah.

Tidak mudah untuk bertahan dalam berbagai kesukaran dan penderitaan,namunapabilakitasudahtahanujiuntuktetapbertahanpadaiman kepada Yesus, kita pas akan menerima mahkota kehidupan. Sebagai orang percaya, kita harus memiliki komitmen yang sungguh untuk percaya kepada Tuhan Yesus serta mengandalkan pimpinan dan penyertaan-Nya. Kitapun harus berusahadengansungguh-sungguhseadalamsegalahaluntukmenjagapikiran danhaagardakjatuhkedalamdosaapapun.

Makadariituperhakanlah,berkenankepadaAllah,itulahtujuanagung orangKristendalamsegalaujianpadajalankewajibannya.Halituakanmembawa berkat baginya, keka ia menerima mahkota kehidupan. Mahkota itu akan menjadi kehidupan dan kebahagiaan baginya, dan akan bertahan selamalamanya. - MAHKOTA INI SEBAGAI STATUS UNTUK SEMUA ORANG YANG BERTAHANDALAMKESUKARANDANPENDERITAAN.

DOA: Bapa Sorgawi, terima kasih sebab ketekunan kami dalam menghadapikesukaran,itudaksia-sia,didalamnamaYesus,Amin.

Jerih Payahmu Tidak Sia-Sia

Jumat, 16 Desember 2022 Mahkota Kemegahan

1 Tesalonika 2:17-20

“Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?” (Ayat 19)

ernahkah bapak, ibu saudara sekalian menyaksikan pemilihan “Putri

PSejagat” ? Pemilihan itu melewa beberapa seleksi yang sangat ketat, keka bisa meraih sebagai juara maka akan mendapat hadiah dan terismewa akan dinobatkan sebagai “ratu” dan dikenakan mahkota. Pas ada perasaan bangga dari sang pemenang keka dikenakan mahkota pemenang. Namun dalam pengajaran Kristen, mahkota adalah sebuah hadiah atas keseaan iman orangpercayadalamkehidupannya,pekerjaan, danpelayananmereka.

“mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya,kalaubukankamu?” RasulPaulusyakinbahwasaatdiaberdiri dihadapan Takhta Pengadilan Kristus, jemaat Tesalonika akan menjamin suatu mahkota sukacita, karena Rasul Paulus telah membangun dan memenangkan jiwa-jiwa dan membawa mereka kepada Kristus. “Akan ada sukacita di sorga karenasatuorangberdosayangbertobat”(Luk.15:7).

Sebagai Opsir, hamba Tuhan, pelayan Tuhan, Opsir Setempat, evangelis, mereka yang terlibat dalam penginjilan, mereka yang membawa jiwa bagi Yesus Kristus,ingatlah!Bahwamahkotasukacitatelahmenankankitasaatpengadilan terakhir.Jiwa-jiwayangsaudaramenangkanuntukmenjadimilikKristus,jiwa-jiwa yang bertobat dan menjadi milik Kristus, jiwa-jiwa yang “dirampas” dari ikatan kuasa kegelapan dan menjadi milik Kristus, mereka semua akan berdiri mendampingi saudara dalam menerima mahkota kemegahan atau mahkota sukacitaitu.Merekaadalahsaksipelayananmu.

Membangun sana sini dalam pekerjaan gerejawi, itu baik, merancang acara acara gerejawi dengan sempurna, itu harus, memimpin ibadah dan berkhotbah dengan berapi-api, itu penng, tetapi jangan kita abaikan untuk mencari,membimbing,membangun,danmembawajiwa-jiwabagiYesusKristus.

-TANGANKOSONGAKUPULANGBLUMDAPATSATUJIWA,BAGAIMANAJUMPA TUHAN,MALUAKUKESURGA.

DOA: Bapa Sorgwai, tegurlah kami jika dalam pelayanan ini, dak membawajiwa-jiwabagi-Mu,didalamnamaYesus,Amin.

Mahkota Kemuliaan

“Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.” (Ayat 4)

aru-baru ini dunia dikejutkan dengan berita meninggalnya Ratu Elizabeth II,

BtepatnyapadaKamis(8/9).Semuamediamenyiarkanhal tersebut.Padasisi lain, kata 'Kohinoor' menjadi trending topic. Sebab berhubungan dengan mahkota yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth II. Mahkota ini berhiaskan sekitar 2.800 berlian, selain itu ada berlian Koh-i-Noor 105 karat yang merupakan hadiah dari Sultan Abdul Medjid di tahun 1856 kepada Ratu Victoria. Beratnya sekitar satu kilogram. Harganya ditaksir mencapai 3 - 5 miliar poundsterling (4 - 7 miliar dolar), Jika dirupiahkan maka angkanya menjadi 59 sampai 103 triliun (JamNetwork.com.8/9/22,Editor: Lyrene Widia). Mahkota yang sungguh amat mahal.

“Gembala Agung datang" Di sini Petrus menyebut Kristus dengan islah majemuk archi ditambah poimen, arnya gembala yang nggi atau pertama (bdk. Yoh 10:1-11). Dalam Ibrani 13:20 Kristus digambarkan sebagai "Gembala yang Agung." jika Ia datang kedua kalinya, Ia akan mengaruniakan mahkota kemuliaan bagi kita, yang taat, sea, melakukan tugas penggembalaan yang sesuai dengan kehendak-Nya (ay.2-3). Dalam Perjanjian Baru ada dua kata yang diterjemahkan "mahkota." Kata stephanos, menunjuk pada "karangan bunga kemenangan." yang diberikan kepada para atlit yang menang. Tidak ada juara kedua. Kata kedua yang diterjemahkan "mahkota" hanya digunakan dalam kitab Wahyu. Itu adalah diadema. Kata ini lebih tepat berar "mahkota penguasa." Kata itu menyiratkan kemewahan dan kekuasaan. Ar kata "mahkota," keka subyeknya adalah upah sorgawi bagi orang percaya, maka "mahkota" bagi orang Kristen melambangkan kemenangan,kehormatandankemuliaan.

Mahkotakemuliaaninilahyangakankitadapat,jikalautugaspelayanandan pengembalaan kita lakukan dengan baik, sesuai penugasan dari gereja dan sesuai dengan kehendak dari Gembala Agung kita, YESUS KRISTUS. Mahkota Kerajaan sangat mahal, tetapi itu fana; namun mahkota kemuliaan bersifat kekal, karena dak dapat layu.- UPAHSURGAWIMENANTISETIAPPELAYANTUHANYANGSETIA SAMPAIMATI.

DOA: Bapa Sorgawi, sertai kami dalam pelayanan ini sampai akhir, agar kamitetapseauntukmendapatmahkota,didalamnamaYesus,Amin.

1 Petrus 5:1-4 Sabtu, 17 Desember 2022
Jerih Payahmu Tidak Sia-Sia

keempat

Minggu, 18 Desember 2022

Kasihmu Yang Semula

Wahyu 2:1-5

ak terasa kita telah sampai pada minggu adven keempat yang berbicara

Ttentang KASIH. Kasih adalah sebuah ndakan nyata dalam merefleksikan sikap ha, sehingga orang lain merasakan hal itu. Kasih juga merupakan pusathidup,sebabtanpaKasih,apapunkebaikanyangdilakukan,semuanyadak adagunanya,dakadafaedahnyadankosong(1Kor.13:1-3).

Wahyu pasal 1-3, menyatakan bahwa seap jemaat melambangkan suatu masa dalam sejarah gereja. Jemaat pertama yang ditujukan adalah Efesus. Kota Efesus dikenal sebagai LUMENASIAE-CAHAYAASIA. Begitu terkenal karena kemakmurannya; ada Dewi Artemis sebagi pusat penyembahan, dipercayai patungnya turun dari langit; ada ribuan wanita yang melayani sebagai pelacur bak,inimembuatEfesusmenjadimagnetdunia.

Pada sisi lain dari kemegahannya, hiduplah sekelompok orang Kristen, Gereja di Efesus. Dalam konteks yang sulit untuk hidup baik, benar dan sea kepada Tuhan, justru mereka dipuji oleh Tuhan, karena giat; akf dalam bekerja; sabar; punya komitmen sehingga dak ikut ajaran Nikolaus yang sesat; mereka menderita demi Kristus. - inilah point yang dipuji Tuhan (ay.2-3). Namun pada sisi lain, mereka dicela karena telah meninggalkan kasihnya yang semula. Kasih kepada Kristus dan kepada sesama (ay.4). Mereka begitu fanak karena berpegang pada kemurnian ajaran, sehingga melihat semua yang berbeda, itu sebagai musuhnya, bukan sebagai domba sesat yang harus dicari; menjadi sombong rohani, merasa diri benar. Di dalam persekutuan mereka saling menuding; di luar mereka menjadi eksklusif serta menutup diri. Itulah yang terjadi, keka kasih dinggalkan. Oleh sebab itu, mereka harus bertobat! Dan lakukanlahkembaliapayangsemuladilakukan,yakniKASIH.

Adven keempat, mengajak kita untuk mengoreksi ha, agar siap menyambut YESUS dengan ha yang penuh kasih dan hidup berdampingan dengan sesama dalam ikatan kasih. - BERPEGANG TEGUH PADA KEBENARAN DANNYATAKANLAHITUDALAMPERBUATANKASIH.

DOA: Bapa Sorgawi, dalam minggu adven ini, kami mengevaluasi agar kasihYesusselalumenjadidasarhidupini,didalamnamaYesus,Amin.

“Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.” (Ayat 4)
Adven

Senin, 19 Desember 2022 Mahkota Kebenaran

2 Timous 4:2-8

“Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.” (ayat 8)

ahkota adalah hiasan kepala yang khas, umumnya dirias, dipakai oleh

Mraja raja dan orang orang besar lainnya. Mahkota merupakan lambang kedaulatan, lambang kehormatan atau kemenangan, lambang kesempurnaan dan kekayaan anugerah Allah bagi umat-Nya. Mahkota akandiberikankepadaseapumat-Nyayangtelahmengakhiripertandinganiman denganbaikdanyangtetapseakepadaKristushinggamencapaigarisahkir.

Di dalam Alkitab ada sekitar tujuh penyebutan untuk mahkota, dan salah satunya adalah mahkota kebenaran . Kita mewarisi mahkota kebenaran ini(ay.8) melaluikebenaranKristus. TanpakitahidupdalamkebenaranKristus,mahkota ini dak dapat diperoleh. "mahkota kebenaran"Ungkapan adalah sebuah metafora untuk menyatakan upah kekal yang akan kita dapat di sorga, di mana Allah "menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut dak akan ada lagi; dak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segalasesuatuyanglamaitutelahberlalu."(Why.21:4).

“Melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya.”MahkotaitubukanhanyauntukPaulus,itubukanhadiahismewabagipara rasulatauhadiahbagiorang-orangkudusyangsuperior,ataukepadaparahamba Tuhanyangberkharismasaja,namunmahkotakebenaranitu,jugaakandiberikan kepada seap orang yang melakukan kehendak Allah dan hidup di dalam kebenaranFirman-NyasampaipadakedatanganTuhanYesusyangkeduakali.

Tentunya kita berkeinginan untuk memperoleh mahkota kebenaran, namun itu dak mudah, juga dak sulit, sebab pada prinsipnya, kebenaran itu sudahadadidalamdirikita,kekakitabertobat,percaya,lahirbaru,danhidupdi dalam iman kepada Kristus. - HIDUPLAHDIDALAMKEBENARANKRISTUSMAKA KAMUAKANMEMPEROLEHUPAH,MAHKOTAKEBENARAN.

DOA Bapa pemilik sorgawi, tolonglah kami untuk hidup dalam: kebenaran-Mu,agar memperolehmahkotaitu,didalamnamaYesus,Amin.

Jerih Payahmu Tidak Sia-Sia

Selasa, 20 Desember 2022

Mahkota Abadi

1 Korintus 9:24-27

“Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.” (Ayat 25)

ndonesia pernah memiliki seorang penju kelas dunia, bernama Ellyas Pical.

IIamerebutgelarjuaraIBFkelasbantamyunior(ataukelassuperterbang)dari penju Korea Chun Ju-do di Jakarta pada tanggal 3 Mei 1985. Dan seorang atlet,LaluMuhammadZohri,pelari100meteryangberhasilmeraihmedaliemas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atlek Junior 2018 yang berlangsungdiTampere,Finlandiadenganwaktu10,18dek.

Dalam perenungan kita, Rasul Paulus memberikan dua ilustrasi, Atlek dan nju. Dua pertandingan ini sangat populer di abad pertama dunia YunaniRomawi. Kota kota penng mensponsori pelbagai kompesi atlek secara berkala, dan pemenang akan dihorma oleh negara. Monumen didirikan untuk menghorma mereka. Dari kedua ilustrasi ini, yang menjadi penng adalah para olahragawan harus memiliki tujuan yang terfokus, disiplin yang nggi, tekun danmenguasaidiridalambertanding. Begitupun dalam kehidupan Kristen, kita diperhadapkan dengan pelbagai pertandingan iman. Kita harus membiasakan melah iman kita dalam pertandingan soal-soal masalah kehidupan, sehingga dalampertandinganitu kitadakkalah.

Adabeberapakriteriayangharusdiperhakandalambertanding: Pertama, Larilah begitu rupa, sebab ada tantangan dan kesulitan yang akan menghambat larimu (ay.24). Kedua, Menguasai diri, mengekang diri, menahan diri untuk dak melakukan kejahatan yang menghambat usaha kita (ay.25). Kega, Fokus pada satu tujuan untuk mencapai garis finis yaitu melalui iman kepadaYesusKristus(ay.26).

Mahkota Abadi tersedia bagi siapa saja, tetapi mahkota itu hanya akan diperoleh, jika kita dapat menguasai diri dalam seap pertandingan iman dan mencapaigarisakhir.-PENGUASAANDIRIKUNCIMENDAPATMAHKOTAABADI.

DOA: Bapa yang baik, mampukan aku mencapai garis akhir, mahkota abadimenjadimilikku.DidalamnamaYesus,Amin.

Mahkota Emas

“Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.” (ayat 4)

ei-hei lihat saya, saya pakai mahkota, mahkota dari emas karna rajin ke

Hgreja”. Kalimat di atas merupakan syair sebuah lagu lawas yang sering dinyanyikandikalangananak-anaksekolahminggu.Laguinimemberikan pesan posif kepada kita, bahwa untuk memperoleh mahkota emas, yang melambangkan kehormatan dan wewenang harus ada yang kita lakukan yaitu bergaul dengan Allah dan beribadah kepada-Nya dengan sungguh. (bdk. 1 Tim.4:8, ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untukhidupini maupununtukhidupyangakandatang).”

“Duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian puh dan mahkota emas di kepala mereka.” Siapakah tua-tua itu?, Mereka adalah sekelompok orang percaya. Mereka mewakili seluruh jemaat di Sorga. Wah betapa happynya jika kita ada dalam kelompok itu. Mahkota emas yang ada di kepalamerekamerujukpadaperikopjemaatdiLaodikiadalamWahyu3:18.Emas yang dimaksud adalah emas yang telah dimurnikan. Emas yang telah melewa tahapan ujian sehingga memiliki nilai kemurnian sangat nggi. Jadi emas yang dikenakan oleh tua-tua itu sebagai lambang kekekalan dan kehormatan yang AllahberikankepadamerekayangdipandangsangatismewaolehAllah.

Dalam penafsiran lain "Emas" sering juga digunakan sebagai lambang "Raja" atau "Kerajaan." Seper orang Majus mempersembahkan Emas, Kemenyan dan Mur kepada Yesus, sebagai lambang bahwa Dia adalah Raja dari segala raja raja. Maka dengan penafsiran ini 24 tua tua yang mengenakan "Mahkota Emas", yang adalah lambang dari anggota Kerajaan yang memerintah adalah penggenapan dari pernyataan yang ditulis oleh Rasul Petrus denganmenyebutkitasebagaiImamatYangRajani(1Pet.2:9).-TETAPLAHSETIA, TAATPADATUHANDANJANGANTINGGALKANTUHAN.HALELUYA.

DOA: Bapa Pemilik Sorgawi, berilah Roh keseaan itu padaku, agar aku berjumpadengan-MudiSorgaKudus.Amin

Wahyu 4:1-4 Rabu, 21 Desember 2022
Jerih Payahmu Tidak Sia-Sia

Allah, Mengasihi Dunia

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (ayat 16)

eka membaca ayat ini, kita selalu menghubungkan dengan periswa

Knatal, bahkan Yohanes 3:16, sering dipakai sebagai sumber bacaan untuk perenungan natal. Ini adalah kabar baik yang memberikan sebuah pengharapan besar bagi semua umat manusia, bahwa kita dak akan binasa, sebaliknya kita akan diselamatkan karena penebusan yang dilakukan oleh Yesus Kristus,Anak-Nyayangtunggalitu.

Ayat ini memberikan beberapa hal untuk kita renungkan. Pertama, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini”, Allah menyatakan kasih-Nya dengan menggunakan kata Yunani Agapao, yang digunakan untuk menggambarkankasihyangberasaldariAllah,yangkodratnyatelahmenjaditolak ukur kasih itu sendiri (1 Yoh.4:8). Allah dak hanya mengasihi tetapi Ia adalah kasih itu sendiri. Segala suatu yang dilakukan Allah dikerjakan dalam kasih-Nya, tanpa pamrih, kepada dunia ini. Tentunya bukan dunia dalam ar bumi ini, tetapi manusianya. Semua manusia di dunia ini. Kedua, Inilah keunggulan Injil daripada “injil” yang lainnya, “Bahwa seap orang yang percaya kepada Kristus dak akan binasa”. Siapa saja, dak akan binasa jikalau ia beriman kepada Yesus, karena Yesus adalah Juruselamat dunia. Kega, “melainkan beroleh hidup yang kekal”. kata Yunani adalah zoe aionos menunjuk pada kita, yang akan memiliki masa depan yang kekal, yang abadi, tentunya kita akan disediakan tempat di sorga. Jadi satu-satunya untuk memperoleh hidup yang kekal, adalah percaya Kepada Yesus Kristus bahwa Dia adalah Tuhan yang dapat menyelamatkan hidup kita.

JikaAllahtelahmengasihi,menyelamatkan,danmemberikanhidupkekal kepada kita, marilah kita merespons kebaikan Allah itu melalui cara hidup kita yang baik dan menuru semua ajaran-Nya. - HIDUP KEKAL TERSEDIA HANYA BAGIMEREKAYANGTAATDANSETIASAMPAIAKHIR.

DOA: Bapa Sorgawi, terima kasih karena TUHAN mau datang ke dalam duniauntukmenebushidupkami,didalamnamaYesus,Amin.

Yohanes 3:14-16
Tokoh
Dalam Periswa Natal Kamis, 22 Desember 2022

Jumat, 23 Desember 2022 Yusuf, Yang Tulus Hati

Maus 1:18-20

“Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diamdiam.” (Ayat 19)

alah satu renungan natal yang mengetengahkan tokoh pria adalah Yusuf

Syang tulus ha. Kata Yunani yang digunakan adalah dikaios, arnya orang benar yang berjalan dan hidup dalam segala perintah dan peraturan Tuhan (bdk.Luk.1:6),yaituorangyanghidupberdasarkanhukumTauratAllah.

“dakmaumencemarkannamaisterinyadimukaumum,iabermaksud menceraikannya dengan diam-diam”, alasannya karena Maria sudah mengandung, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Dalam Kebudayaan Yahudi ada ga tahap perkawinan. kedua pihak keluarga setuju, yangTahap I, dipertunangkan itu masih kecil, dan mereka belum saling kenal. Pertunangan ini bisa dibatalkan Tahap II. , terjadi setelah dua orang tadi sudah cukup umur. Pada saatpertunanganIIinimerekasudahdisebut ,dandiumumkankepada'suamiistri' orang banyak, tetapi mereka belum nggal bersama dan belum boleh melakukan hubungan suami isteri. Pertunangan ini berlangsung paling lama 1 tahun. Pertunangan ini Sekalipun demikian, apabila batal, harusdak bisa dibatalkan. dilangsungkan perceraian kecuali terjadi kemaan ( . ,bdk. Ul. 22:23-24) Tahap III keduanyahidupbersama.

Hubungan Yusuf dan Maria ada dalam tahap kedua, mereka disebut sebagai , namun belum nggal bersama. Karena Maria sudah“suami isteri” mengandung, maka Yusuf, sekalipun dikhiana dan sudah mengambil“merasa” keputusanuntukmenceraikanMaria,tetapidakmaumencemarkannamaMaria. KarenaitulahmakaiabermaksudmenceraikanMariadengandiam-diam.Kekaitu juga Malaikat Tuhan berkata, "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalahdariRohKudus. (ay.20). Karena Yusuf orang benar, dan taat pada perintah TUHAN,makaIamengambilMariasebagaiistritetapidakbersetubuhdengandia (ay.24-25).-“SEBABBAGIALLAHTIDAKADAYANGMUSTAHIL”(Luk.1:37).

DOA: Bapa Sorgawi, ajar kami untuk hidup tulus dan benar dihadapan AllahseperYusuf,agarselaluadajalankeluar,didalamnamaYesus,Amin.

Tokoh Dalam Periswa Natal

Yesus, Juruselamat Dunia

“Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Ayat 21)

ahun 2010 nama Mbah Maridjan begitu terkenal sebab beliau adalah

Tseorang juru kunci Gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Ada juga juru parkir, juru masak, juru kamera, juru bayar, juru mudi, juru suara, juru rawat, juru runding, juru rias, dan ada banyak juru-juru lainnya lagi. Kata juru arnya orang yang pandai dalam suatu pekerjaan yang memerlukan lahan, kecakapan dan kecermatan (keterampilan). Dalam pengajaran Kristen, kita mengenal pribadi Yesus sebagai Juruselamat. Dialah yang menyelamatkan manusia dengan cara menebusdosa-dosaumatmanusiadenganpengorbanandiri-Nya.

Nama Yesus diambil dari islah Ibrani yang arnya Yehovah menyelamatkan, dan menunjuk kepada tujuan kedatangan Nya. Umat Nya menghubungkanYesusdenganjanji-janjiMesianisyangdiberikankepadaIsrael.

“Dialahyangakanmenyelamatkanumat-Nyadaridosamereka”, Inilah Salah satu tujuan utama kedatangan Yesus sebagai Juruselamat. Dialah yang menebuskitadaridosa,membebaskandariperhambaandosa(Yoh8:34-36; 1Pet 2:24). dan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka; bukan saja bangsa Yahudi tetapi juga untuk semua orang (Kis.10:34-36), Jadi kalau Yesus dak datang, maka umat manusia dak akan diselamatkan. Cara Yesus menyelamatkan umat manusia, Ia menyelamatkan kita dari dosa dengan jalan madiataskayusalibuntukmenebusdosakita(1Pet.2:24).

Kesulitan kesulitan hidup yang menimpa kita dari berbagai faktor, terkadang menggerus iman dan pengharapan, sehingga kita lupa bahwa ada Yesus, Juruselamat kita, bukan saja membawa kita ke Sorga, tetapi juga akan menolong dan memberikan jalan keluar bagi seap persoalan hidup ini. Marilah, percaya dan andalkan Dia sea waktu. - YESUS ADALAH JURUSELAMAT SATUSATUNYA.

DOA: Bapa Sorgawi, kami bersyukur karena keselamatan juga diberikan kepadasemuaorangyangpercaya,didalamnamaYesus,Amin.

Maus 1:19-23 Sabtu, 24 Desember 2022
Tokoh Dalam Periswa Natal

Maria, Aku Ini Hamba-Mu

“Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.” (Ayat 38)

aria, sebagai calon ibu Yesus adalah seorang wanita biasa yang

Msederhanadanbersahaja.NamunbukanhanyaitusajaIajugaseorang wanita yang kehidupan rohaninya sangat baik. Hal ini dibukkan dengankerelaannyauntukmenjadiibuYesusdisaatdiabelumbersuami.

Maria membuat pengakuan sendiri, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan. Ia dak keberatan untuk menanggung bahaya yang bisa merusak pernikahannya dan mencemarkan nama baiknya, sebaliknya, ia menyerahkan masalah tersebut kepada Allah, serta berserah penuh pada kehendak-Nya. Dengan sukarela ia menerima baik kehormatan maupun celaan yang akan dialaminyakarenamenjadiibudariAnakyangkudusini.

Sebagai orang percaya yang menankan karunia Allah. Ia dak hanya puasdengankebenaranberitadariMalaikatitu,tetapimengharapkannyadengan rendah ha agar terpenuhi, ”Jadilah padaku menurut perkataanmu itu”. Karunia semacam ini dak boleh diabaikan atau dak diacuhkan oleh Maria, karenaapayangtelahdijanjikanAllahakandisediakan-Nya.

Maria telah menunjukkan kepada kita nilai dari ha yang percaya, yang menerima jalan-jalan Allah. Tanggapan Maria kepada malaikat dalam Lukas 1:38 merupakan teladan bagi kita. Sikap Maria yang pasrah serta tenang dalam menghadapi situasi itu, pas akan dihebohkan sebagai skandal, yang mungkin juga akan menyebabkan perjanjian pernikahannya putus, hal ini menunjukkan suatukeismewaanmengenaidiriMaria,yangdipilihAllahuntukmewujudkan maksud-Nya.

Apapun keadaan kita saat ini, tetaplah percaya pada Allah dan jalanjalannya walau nampak mustahil secara manusia, tapi bagi Allah dak ada yang mustahil. Dia mengetahui waktu yang tepat seturut rencana-Nya bagi kebaikan kita dan bagi kemuliaan nama-Nya. - ORANG YANG BERSERAH KEPADA ALLAH TAKKANPERNAHDITINGGALKANOLEHALLAH.

Doa: Tuhan Yesus, tolong kami untuk bisa taat dan menerima kehendakMudalamhidupini,karenaitulahyangterbaikbagikami.Amin.

Lukas 1:34-38 Minggu, 25 Desember 2022
Tokoh Dalam Periswa Natal

Kaisar Agustus dipakai TUHAN

“Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.” (Ayat 1)

elar yang berar 'yang mulia', diberikan kepada Oktavianus keka ia

Gmenjadi kaisar pada tahun 27 SM. Jadi, ia adalah kaisar pada masa kelahiranYesus.Iamemprakarsaisuatuprosesyangmenyebabkankaisar Romawi didewakan. Ia mengaitkan dengan erat keagungan kekaisaran dengan negara. Ia ingin membuat Romawi tampil jaya dan tanpa saingan. Di bawah pemerintahannya kerajaan Romawi menikma zaman perdamaian yang baru hal inidikenaldengannamaPaxRomanakataLanarnya "DamaiRomawi"adalah kurun waktu kurang lebih 200 tahun dalam sejarah bangsa Romawi yang dipandang sebagai zaman keemasan imperialisme Romawi, zaman yang relaf aman dan damai. Zaman keemasan ini dimulai keka peralihan dari zaman Republik Romawi ke Zaman Kekaisaran Romawi keka Kaisar Agustus memerintah, maka disebut juga Pax Augusta arnya “Damai dibawah kepemimpinanAugusta(27SM-14M).

Kaisar Agustus dipakai Tuhan karena melalui perintahnya untuk mendaarkan orang di seluruh Dunia maka Yusuf dan Mariadatang keBetlehem, karena Yusuf berasal dari sana. Hal ini terjadi sehingga genaplah yang dinubuatkan oleh para Nabi bahwa Mesias lahir di Betlehem tanah Yehuda. Itu sebabnya Yusuf dan Maria harus pergi ke Betlehem, karena mereka berasal dari sana. Suasana saat itu sangat ramai, karena banyak orang berkumpul untuk mengiku sensus, untuk mewujudkan visi Kaisar Agustus, Damai dan kejayaan Romawi dibawah pemerintahannya. Namun pada sisi lain, keramaian banyak orang itu, mereka dak tahu bahwa Maria akan segera melahirkan sang Juruselamat, Yesus, TUHAN, Raja Damai (Shalom), di kota Daud. Itu sebabnya seap kali bulan Desember, menjelang natal, nama Kaisar Agustus selalu disebut dalam pemberitaan Firman Tuhan, karena waktu itu, TUHAN bekerja dalam situasidankondisiyangdiprakasaiolehsangKaisar-ANDATIDAKDAPATBENARBENAR MERAYAKAN KELAHIRAN KRISTUS SEBELUM ANDA MENGUNDANG DIA KEDALAMHATIANDA.

DOA: Tuhan Yesus, dihari ismewa ini, kami merayakan kelahiran-Mu, biarlahEngkaulahirdannggaldihakami.DalamnamaYesus,Amin.

Lukas 2:1-5 Senin, 26 Desember 2022
Tokoh Dalam Periswa Natal

Selasa, 27 Desember 2022

Para Gembala

Lukas 2:13-20

“Setelah malaikat malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.” (ayat 15)

eka Natal ba, kita selalu dilipu dengan suasana sukacita. Gembira,

Kpujian natal terdengar di mana-mana. Pada ha kita, ada rasa syukur atas cinta kasih Tuhan bagi manusia, karena Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yangtunggal,YESUSKRISTUSdatangkedalamdunia.Kitamenyambutnyadengan sukacitabesar. Asesorisdanornamennatalterlihatdigereja,rumah,ditoko,mall bahkandijalan-jalan,semuabersukacita.

Periswa natal juga dak terlepas dengan para tokoh Natal, seper para Gembala. Pada zaman itu, pekerjaan sebagai gembala, jelas termasuk dalam pekerjaan bagi masyarakat lapisan bawah. Domba yang mereka jaga juga bukanlahmilikmereka,merekacumaburuhupahansaja.Merekajugadipandang hina terutama oleh kalangan Farisi dan ahli Taurat pada zaman itu, karena dak kaya. Namun pada sisi lain, para gembala memiliki sikap peduli yang nggi. Setelah Malaikat Gabriel menyampaikan bahwa “hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan di kota Daud.” (ay.11), mereka cepat-cepat, berangkatuntukmelihatbayiYesusdiBetlehem,Efrata(ay.16).

Meskipun mereka tergolong kaum yang rendah, namun dimata TUHAN, mereka memiliki kehidupan rohani yang nggi. Mereka diberi kesempatan pertama untuk melihat dan menyembah Yesus Kristus, Juruselamat Dunia. Merekadakmemberiemas,kemenyaandanmur,tetapimerekamemberitakan kabarsukacitaitubagiduniayangmenankannya(ay.18-20).

Marilah kita teladani spiritualitas para gembala, mereka menyembah YESUS dengan ha. Mereka menjadi sumber berita pertama tentang kelahiran Juruselamat, Kristus, Tuhan di kota Daud. - JADILAH GEMBALA PEMBERITA

KABARBAIKBAGIDUNIA.

DOA: Bapa Sorgawi, ajar kami meneladani kehidupan para gembala, yang menyembah dengan ha dan kabarkan berita sukacita, di dalam nama Yesus,Amin.

Tokoh Dalam Periswa Natal

Rabu, 28 Desember 2022

Para Majus

Maus 2:1-5

“Dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." (Ayat 2)

alam tonil atau sandiwara pada zaman dulu, kita melihat bahwa para

Dgembala dan orang Majus datang menyembah Yesus bersamaan. Kartukartu natal pun demikian. Apakah hal ini karena “sutradara” mau menyatukan kisah natal ini secara lengkap, memadukan dua sumber sekaligus. Injil menurut Maus, yang mengisahkan tentang orang-orang Majus dari Timur dan injil menurut Lukas, yang mengisahkan Gembala-gembala di padang. Namun yangpasadalahkeduakelompokinidatangdanmenyembahYesus.

Sesudah para gembala “menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan (Luk.2:16). Kata Yunani untuk bayi adalah brephos, menunjuk pada anak yang baru lahir, bayi (0-2 tahun). kemudian orang Majus datang, “masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria Ibunya”. (Mat.2:11). kata Yunani untuk anak adalah paidion, menunjukpadaseoranganakkecil(2-3tahun/bata).

Para Majus yang datang dari Timur, adalah orang pintar, berakal budi, mereka sangat memperhakan fenomena alam yang mendorong mereka berjalan dari Timur. Dalam tradisi Kristen, mereka juga sering disebut sebagai Raja-raja dari Timur dari kerajaan Media, mereka ahli astrologi. Mereka datang untuk menyembah Yesus dan mempersembahkan Emas, melambangkan sifat ilahi; Kemenyaan melambangkan aroma kebangkitan; dan Mur melambangkan aroma kemaan. Hal ini menunjukkan nilai sifat ilahi Yesus dan kemaan serta kebangkitan-Nya. Mereka datang menjumpai Yesus dan menyembah-Nya denganakalbudinyalewatnilaipemberiannya Marilah kita gunakan akal budi kita seper orang Majus, dengan memahami fenomena alam, mereka dapat mengetahui bahwa bintang itu bukanlah bintang biasa, tetapi bintangnya TUHAN yang menuntun mereka untuk bertemu dengan YESUS. - JADILAH MAJUS YANG MENGGUNAKAN AKAL BUDI UNTUKBERTEMUDANMENYEMBAHYESUS.

DOA: Bapa Sorgawi, ajar kami untuk taklukkan akal budi kami dibawah pimpinaniman,untukmelihatTUHAN,didalamnamaYesus,Amin.

Tokoh Dalam Periswa Natal

Kamis, 29 Desember 2022

Herodes, Kalah Saing

Maus 2:16-18

“Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu”(Ayat 16)

atal adalah sebuah periswa sejarah. Kesejarahan natal merupakan

Nsebuah realitas, benar-benar ada dan terjadi. Natal juga disebut sebagai sebuah realitas fenomenologis, arnya sebuah pengalaman spiritual natal yang terjadi secara fenomenal, berar sesuatu yang luar biasa, dialami oleh seap orang di dunia. Salah satu syarat untuk sebuah kisah disebut sebagai periswa yang dikategorikan sejarah, karena adanya orang-orang yang terlibat dan menyaksikan hal tersebut. Selain para gembala, orang-orang majus, Yusuf danMaria,danyangdakkalahpenngnyaadalahRajaHerodesAgung.Kelahiran YesuspadazamanRajaHerodesAgungmemerintah(Mat.2:1).

“Keka Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah”. Herodes sadar bahwa orang-orang majus itu telah memperdaya dia dan dak kembali kepada dia, ia sangat marah. "Memperdaya" berasal dari kata Yunani yang mengandung gagasan mengejek atauempaizō, mengolok-olok seseorang. Meski orang-orang majus dak bermaksud demikian, Herodes menafsirkan pembangkangan terhadap perintahnya sebagai ejekan (ay.8,12). Ia kehilangan kendali atas emosinya. amarahnya meledak menjadi murka dan ia berusaha membalas dendam kepada mereka yang telah menghina dia. Ia dak bisa melampiaskan murkanya kepada orang-orang majus itu, karena mereka telah melarikan diri; maka ia berpaling kepada bayi-bayi kecil yang berumur dua tahun ke bawah. dengan hadirnyaHerodes merasa tersaingi seorangRajabesaryangbarulahirdiBetlehem.Iamemerintahuntukmembunuh semua bayi laki-laki di Betlehem dan di wilayah sekitarnya. Pribahasa “Di atas langit ada langit”, di atas Raja Herodes Agung, masih ada Yesus Kristus, Dialah Raja besar yang diurapi, dalam bahasa Ibrani disebut MESIAS. - JANGAN LUPA

BAHWAMASIHADAORANGLAINYANGLEBIHPANDAIDARIKITA.

DOA:BapaSorgawi,ajarkamiuntukdakmerasatersaingidenganrekan sekerjakami,didalamnamaYesus,Amin.

Tokoh Dalam Periswa Natal

Ha Baru, Mata Baru

Jumat, 30 Desember 2022

Yang Lama Dan Yang Baru

1 Korintus 5:6-8

“Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.” (Ayat 7)

uji syukur kepada TUHAN yang telah memelihara perjalanan hidup kita,

Psehingga kita telah melewa minggu yang ke-52. Tentunya ada rasa bangga, karena kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk pergi ke gereja dan beribadah selama 52 kali, atau 52 minggu. Di dalamnya, ada banyak berkat yang kita terima namun juga ada banyak tantangan dan kesulitan hidup yangkitaalami,namunTUHANsudahmenolongkita.

“Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru.” Ragi di sini menunjuk kepada dosa. Orang-orang Korintus dihimbau untuk membuang ragi yang lama, yakni dosa-dosa (ay.1-5), agar mereka menjadi adonan yang baru. Yesus pernah mengingatkan murid-murid-Nya terhadap ragi orang Farisi dan orang Saduki, yakni soal pengajaran sesat (Mat.16:6,11,12); Rasul Paulus juga mengingatkan jemaat di Galaa tentang ragi yang telah mengancam untuk meracuni mereka dengan cara menghancurkanInjilyangmurni(Gal.5:9).

Kita diingatkan bahwa tabiat ragi, selalu mempengaruhi adonan, sedikit saja ragi, sudah membuat sebuah persekutuan menjadi dak murni. Oleh sebab itu,FirmanTuhan katakan, “Buanglahragiyanglama”, yakni segala kejahatan, kemarahan, ketakutan, dan kesombongan, “supaya kamu menjadi adonan yang baru,” kembali dalam persekutuan baru yang terdiri dari orangorangberimandanYesusKristussebagaikepalagereja-Nya.

Mengakhiri tahun 2022, kita coba lihat ke belakang, sebelum meninggalkan tahun 2022, apa yang harus kita koreksi dari kehidupan kita?

“Buanglahragiyanglamajauh-jauh,supayakitadapatmasukpadatahun2023 dengan adonan yang baru”, sebuah persekutuan yang murni dan benar bersamadenganYesusKristus,Rajakita.-SEMUAYANGMEMBERIPENGARUH NEGATIFDALAMDIRIMU,ITULAHRAGILAMAYANGDESTRUKTIF,BUANGLAH ITUJAUH-JAUH,BUKANSEDIKITJAUH.

DOA: Bapa Sorgawi kuatkan iman kami untuk dak terpengaruh oleh segalayangjahatdisekitarhidupkami,didalamnamaYesus,Amin.

Ha Baru, Mata Baru

Eben Haezer

“Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini TUHAN menolong kita.” (Ayat 12)

benHaezer, “sampaidisiniTUHANmenolongkita”, EbenHaezeridenk

Edengan "batupertolongan." atau “batuperingatan” yang didirikan oleh Samuel untuk menandai di mana Tuhan telah membantu bangsa Israel dalam peperangan melawan bangsa Filisn, dan mereka menang, Filisn dikalahkan (ay.10). Batu peringatan ini sebagai tanda bahwa kekuasaan TUHAN masih ada, Diadakterlihatsecarakasatmata,tetapikuasa-Nyasangatterasa dandapatdilihatoleh “mataiman.”

Hari ini kita sudah sampai pada hari terakhir dalam tahun 2022, tentunya sudah banyak batu pertolongan, batu peringatan yang kita dirikan sebagai tanda iman kita, bahwa TUHAN sudah menjaga, menolong bahkan berperang bagi kita sepanjang tahun 2022. Seap kita tentunya mempunyai jumlahtandabatupertolonganitu,tentunyaberbedasatudenganyanglain.Ada yang memiliki 30 batu pertolongan sebagai tanda kemenangan, ada yang 40, atau50bahkan52batupertolongan.Dalampergumulan-pergumulanhidupitu, TUHANselalutolongdanmemberikankemenanganbagikita.

Kita harus bersyukur kepada-Nya, sebab 52 minggu dalam setahun kita masihdiberikesempatanuntukterusberibadah,namunadajugayangmungkin hanya 30 kali saja, namun itu juga merupakan sebuah kemenangan yang menandai bahwa kuasa TUHAN masih dapat “terlihat” lewat kemenangan dalam berbagai hal, maka patutlah kita bersyukur dan harus berkata Eben Haezer,sampaidisini,dipenghujungtahunini,TUHANYESUSTERUSMENOLONG KITA.

Mungkin suatu saat, kita kehilangan keyakinan akan penyertaan Allah karena pergumulan berat di tahun 2023, namun akan membangkitkan“batu ini” kembali kenangan akan penyertaan TUHAN, yang tentunya akan membangkitkan semangat dan keyakinan untuk bertahan dalam peperangan iman kita nan.SAMPAIDISINITUHANMENOLONGKITA,EBENHAEZER

DOA: Bapa Sorgawi, kami beterima kasih untuk kasih-Mu yang telah menyertaikehidupankamisepanjangtahunini,didalamnamaYesus,Amin.

1 Samuel 7:10-13 Sabtu, 31 Desember 2022

MATERI PEMAHAMAN ALKITAB KELOMPOK PEMBINAAN WARGA JEMAAT DESEMBER 2022

HUKUM KEDELAPAN

Tema:JanganMencuri

Sumber Pembahasan : Keluaran 20:15

Bacaan Referensi : Efesus 4:24-28; Lukas 3:12-14

TIU : Kita dapat memahami ar dari hukum kedelapan, Jangan mencuri

Tindakan mencuri adalah melawan perintah TUHAN

Tindakan mencuri juga melawan aturan pemerintah

Kita harus saling mengingatkan agar dak jatuh dalam ndakan mencuri praks

TIK : “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu

Jika kita mencuri maka ada dua instusi akan mengadili kita:

- Instusi duniawi dengan pasal ancaman dipenjara

- Instusi Ilahi dengan pasal ancaman penghakiman terakhir

Pendahuluan

Mencuri adalah mengambil milik orang lain tanpa izin atau dengan dak sah, biasanya dengan sembunyi-sembunyi adalah(KBBI); Curi, mencuri memaling, membobol, mencaplok, mencatut, mencengkelong, mencomot, mencopet, mengambil, mengembat ( ), menggarong, menggelapkan,cak menggondol, mengorup, mengul, menilap, menjambret, menjarah, menyikat, menyunat, merampas, merampok, merayah, merebut Dari definisi(Thesaurus). ini,makaakvitasmencurisangatdilarangsampaisaatini.

''Barang siapa mengambil barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus ribu rupiah”. (pasal 362 KUHP).IniadalahsalahsatupasalpencurianyangdiaturolehNegara.

“Jangan mencuri” (Kel.20:15). Ini adalah salah satu larangan pencurian yangdiaturolehTUHAN.

A. JanganMencuriSebab:

TUHAN Allah melarangnya (Kel. 20:15)

============================================

KesepuluhperintahAllahinimerupakanringkasanpuncakdariperjanjian persetujuan Allah dengan umat-Nya, yang menjadi norma ek dasar, yang dapat diterapkan oleh segenap manusia pada segala zaman, dan tentunya relevan, sebab kesepuluh perintah tersebut merupakan perintah-perintah dari Sang Pencipta, TUHAN Allah kepada seluruh manusia di segala zaman. Titah ini, dalam Alkitab,seringdiulang-ulanguntukmenegaskanbetapaseriusnyaAllahakandosa mencuriini,seper:

“Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdustaseorangkepadasesamanya”(Im.19:11)

“Janganmencuri”(Ul.5:19)

“Lalu ia berkata kepadaku: "Inilah sumpah serapah yang keluar menimpa seluruh negeri;sebabmenurutsumpahserapahituseappencuridisinimasih bebasdarihukuman,danseaporangyangbersumpahpalsudisinijugamasih bebasdarihukuman”(Za.5:3)

“Orang jahat itu mengembalikan gadaian orang, ia membayar gan rampasannya, menuru peraturan-peraturan yang memberi hidup, sehingga dakberbuatcuranglagi,iapashidup,iadakakanma”(Yeh.33:15)

Jadi apapun alasannya yang sangat mendesak, sangat masuk akal, dan sangat manusiawi untuk mengambil barang milik orang sekecil apapun, TUHAN berkata, janganmencuri.

William Barclay mengategorikan tah “Jangan mencuri” sebagai “basic commandment”-sebuahtahdasar.Arnyaseperpadasebuahbangunan,bila dasarnyahancurmakaambrukpulalahseluruhstrukturnya.

Itu sebabnya hukuman bagi orang yang mencuri sangat berat, Alkitab mencatatbeberapaperiswaseper:

Ø Kel.22:1-4,sipencuriharusmengembalikanberkalilipat(bacaayatnya) Ø Amsal6:30-31,sipencuriharuskembalikantujuhkalilipat

Ø Kel.21:16,Ul.24:7,sipencuriharusdihukumma

Ø Yos.7:22-26,sipencuri,Akhandilemparibatusampaima

B. JanganMencuri,hubungandengansesama:

1. Mengambilsesuatutanpaizinpemiliknya

Besar atau kecil, sesuatu yang kita ambil tanpa izin pemiliknya, TUHAN berkata,Janganmencuri.Mengambilbuahpepaya,manggadarihalamanorang. Mengambil cili atau sayur dari kebun orang, Firman Tuhan katakan, Jangan mencuri.Membawapulangsesuatudaritempatpekerjaan,mungkinbarangyang kecil dak seberapa harganya, tetapi itupun cela awal yang kecil untuk

membentuk sebuah lubang besar kemudian. Yesus berkata, “Barangsiapadak benardalamperkara-perkarakecil,iadakbenarjugadalamperkara-perkara besar”(Luk.16:10b)

2. Mencuriyangbukanmateri

Mencuri waktu adalah hal yang lazim dilakukan. Datang kerja lambat, pulang lebih cepat. Dalam bekerja, dak serius, dan santai. Jam kerja dipakai juga untuk membaca koran, telefon telefonan atau mengerjakan tugas kuliah. Mencuri waktu pada hakikatnya adalah meremehkan TUHAN yang sudah memberikanwaktukepadakita.Manifestasilaindarimencuriyangbukanmateri adalahmencurireputasidan namabaikseseorang.Kadangseseorangmelakukan ndakan mendiskreditkan serta menghancurkan kredibilitas orang lain, (Ams. 22:1)-FirmanTuhankatakan,Janganmencuri.

3. Tidakmengembalikanuangpinjaman

Orang yang berhutang, biasanya dibeberapa tempat, kita yang memberi pinjaman justru yang dimarahin. Firman Tuhan katakan, Jangan mencuri (bdk. Maz.37:21-orangfasikmeminjamdandakmembayarkembali)

4. Timbangandakcocok

Beberapa ayat Firman Tuhan dengan tegas, jelas menyatakan bahwa mbangan yang dak benar adalah sebuah kejahatan. Im.19:35-36;Ul.25:13-16; Ams.11:1.-dibacaayatnya.-FirmanTuhankatakan,Janganmencuri.

5. Menaikkanbonataukuitansi

Prakk seper ini sudah lazim terjadi, bahkan tuan toko akan bertanya kepada kita, “mau dikasi harga berapa bapak/Ibu”, misalnya harga barang Rp 300.000, maka atas kesepakatan kita, dicatat Rp 500.000, Kita sedang berdusta dengan tulisan dan sedang membantu pencurian. Dan masih ada banyak caracara mencuri yang lebih halus dan sopan, seper mencuri air PDAM, listrik dan telefondenganberbagaicara.FirmanTuhankatakan,Janganmencuri.

C.

JanganMencuri,hubungandenganTuhan:

1. MencurikemuliaanTuhan

Kisah 14:8-15, Orang-orang Listra menyaksikan mukjizat yang dilakukan oleh Paulus dan Silas, mulai menyanjung mereka sebagai dewa-dewa yang telah turun. Barnabas disebut Zeus, Paulus disebut Hermes (ay.12). Tersanjungkah Paulus dan Barnabas? Apakah keduanya bangga dan semakin besar kepala?

Justru keduanya mengoyakkan pakaian sambil berseru: "Hai kamu sekalian, mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini adalah manusia biasa sama seper kamu."(ayat15a). KarakterseperyangdimilikiPaulusdanBarnabaspadazaman sekarang sangatlah langkah ditemukan. Karena movasi kita cenderung “merendahkandiridiatasgunung”, arnya kita dak suka dipuji, namun di dalam ha, kita suka dipuji/tende-tende, bahkan dibicarakan kehebatan kita, padahal kuasa itu milik Tuhan. - Firman Tuhan katakan, Jangan mencuri, termasuk kemuliaanTuhan(bdk.Yoh.3:30).

2. MencurimilikTuhan

Tidak memberikan persembahan persepuluhan dengan benar, padahal persembahanpersepuluhanadalahmilikTUHAN(Im.27:30).Jikakitadakberikan kepada TUHAN, kita mencuri atau merampok milik TUHAN (Mal.3:7 11). Persembahan persepuluhan merupakan suatu kewajiban orang Kristen terhadap gereja, maka seharusnya kita berikan persembahan tersebut ke gereja saja (Ul. 12:5-6;Mal.3:10),jikakitaabaikan,FirmanTuhankatakan,Janganmencuri.

D. Caramenyelesaikankasusmencuri

1. HukumTUHAN

Kasus mencuri, di dalam Alkitab begitu tegas dan jelas, TUHAN katakan harus dikembalikan dua kali lipat (Yeh. 33:15); bahkan Amsal katakan, yang mencuriharusdikembalikantujuhkalilipat(Ams.6:31).

2. HukumDuniawi

Jika kasus pencurian terjadi dan si pencuri sudah ditangkap, dan diproses olehPolisi,makakitaserahkankepadaaparathukumuntukmenyelesaikanhalitu, sebabsudahadaKUHPpasal362,363,364tentangsanksibagiseorangpencuri. Jikakasusbesar,makapemerintahsudahadawadahuntukmenanganihal itu,KomisiPemberantasanKorupsi -KPK.

Kesimpulan

1. “Jangan mencuri” adalah syarat utama terselenggaranya kehidupanyangharmonisdenganTUHANdandengansesamamanusia.

2. Di zaman modern ini peluang untuk kita mencuri sangat terbuka dengan berbagai metode, sehingga kita kenal pencuri “berkerak puh”, oleh sebab itu kita harus paham benar tentang definisi mencuri itu

sehingga dak terjebak dengan perbuatan mencuri yang tanpa kita sadar,bahwaitumencuri.

3. Kasus mencuri di atas hanya sebagai contoh yang ada relevan dengan kehidupan keseharian kita, sedangkan mof mencuri sangat banyak, termasuk plagiat, mencuri nilai dengan cara nyontek, “cuci uang”, uang orang dipakai untuk bisnis atau beli sesuatu untuk menghilangkan jejak, dan lain-lain. PemimpinPAbolehnambahsesuai dengankontekssetempat.

SOLI DEO GLORIA/ht

===================================

Alamat Redaksi: Jalan Jawa 20, Bandung 40117 Telp. (022) 420 7029 - Fax (022) 423 6754

9.000
Issuu converts static files into: digital portfolios, online yearbooks, online catalogs, digital photo albums and more. Sign up and create your flipbook.