Page 1

#05


Teks diadaptasikan dari www.desaindigital.com 02

www.snaph.de Born in Bandung, Indonesia in 1980. Living in Nuremberg, Germany since 1999, where I have spent a lot of time on the streets from 2006 until now.


b

icara street photography atau fotografi jalanan akan tepat bila kita berbincang dengan sosok pria bernama Setia Nugraha. Pria kelahiran Bandung 1980 ini telah menggeluti street photography sejak lama dan kini ia bekerja di Jerman sebagai freelance fotografer. Sudah tujuh tahun ia bermukim di sana dan banyak mengekpresikan kesukaan serta pengalamannya lewat street photography. Berikut Intimata coba sajikan ilmu dan pengalaman Setia Nugraha terkait street photography.

BANDUNG

JERMAN

03


setia

nugraha ?

r

"

"

04

Kesepian, terasing, dan frustrasi adalah perasaannya hidup di negara orang tetapi justru mendorong Setia mengungkapkannya lewat karya foto yang menggugah.

A FOTOGRAFER

(German: Nürnberg German FREELANCE pronunciation: [ˈnʏʁnbɛʁk]

Setia Nugraha atau kerap dipanggil Ujang (Oezank) adalah seorang freelance fotografer yang kini tinggal di Nuremberg (Nürnberg), Jerman. Selain sebagai fotografer, ia juga menggeluti dunia blog dan desain. Anda dapat melihat karya Setia Nugraha setelah melahap artikel ini di laman www.snaph.de

street photography memiliki pengaruh besar dalam karya dan pekerjaan Setia sebagai fotografer. Baginya berdiri dan berjalan di jalanan dapat mengajaknya menjelajahi imajinasi, memiliki tanggung jawab sosial, dan mempertajam mata dan hati. Setia sepenuhnya menyadari bahwa selama roda kehidupan berputar ia tidak akan kehabisan ide.

"

"

siapa

Nuremberg /ˈnjʊərəmbɜrɡ/

Seiring waktu berjalan pun tanpa tergantung pada tempat, Setia menyadari telah melalui banyak hal yang sebenarnya dapat menghasilkan karya lewat foto.


Bagi Setia street photography adalah foto yang mengutamakan subject (point of interest) di ruang publik atau tempat umum. Ruang publik dimaksud tidak terlepas dari jalanan saja tetapi dalam artian lebih luas, misalnya cafe, mall, pasar, taman, dan lainnya. Hal yang menjadi point of interest (subject) tidak juga hanya manusia saja tetapi hal lain yang ada di ruang publik, seperti peristiwa, benda (element), cuaca, bayangan, dan lainnya.

Street Photography sendiri mulai populer ketika kamera film 35mm ditemukan (Red. tahun 1930-an). Kamera ini berukuran kecil, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana. Sejak saat itulah street photography mulai banyak dikenal. Saat ini street photography bisa berfungsi sebagai foto dokumentasi, foto seri, ataupun foto tunggal.

05

POINT OF INTEREST kamera film 35mm


"

Menurut Setia ada beberapa kriteria terkait street photography diantara adalah: z

1. Kegiatan fotografi jalanan dilakukan di ruang publik atau tempat umum.

2.

06

Keadaan atau kejadiannya merupakan spontanitas tetapi bisa jadi itu adalah keadaan yang diharapkan ataupun sebuah kebetulan

(decisive moment).

3.

Membuat rangkaian cerita dari aktivitas sehari-hari atau membuat cerita dengan memanfaatkan rutinitas sehari-hari umpamanya foto seri atau foto liputan dokumentasi.

4.

Bahwa orang yang dipotret tidak ditampilkan sebagai seorang individu melainkan sebagai tokoh anonim dari situasi jalanan secara umum.

"

Kriteria STREET PHOTOGRAPHY

Tema yang dibahas merupakan kehidupan sehari-hari yang terjadi di ruang publik, baik itu perilaku orang, lingkungan, keadaan, cuaca, dan lainnya.


"

"

men Cobalah bereksperi tografi, aturan fo r a g g n la e m n a g n de n foto dead a d r lu b to fo n a lk a mis ya cantik r a k i d ja n e m a is b centre untuk dinikmati.

TIPS

Mendalami Street Photography Menguasai teknik dasar fotografi, seperti komposisi, angle, dan penguasaan alat adalah penting adanya. Perhatikan keadaan sekitar, hal-hal yang sering kita lewati atau lakukan berulang-ulang akan menjadi menarik apabila dilihat dengan berbagai sudut pandang. Berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan perhatikan privasi dan budaya orang lain untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, beda negara beda budaya tentunya. Pelajari juga arah Matahari karena ada kalanya pada jam tertentu bayangan yang dihasilkan akan menarik dan ada kalanya flare yang dihasilkan memberikan efek unik. Melakukan Photo hunting tidak harus dilakukan saat cuaca cerah tetapi di cuaca mendung pun dapat dihasilkan foto yang berbeda namun tetap bagus (foto dengan mood berbeda). Pergilah hunting di saat suasana hati berbeda-beda. Sabar menunggu moment yang tepat. Perhatikan element jalanan sekitar, misalnya papan iklan, bayangan, sepeda, arsitektur, dan lainnya.

T T 07


08


PENGARUH TEMPAT TINGGAL TERHADAP KARYA FOTO Pengaruh tempat tinggal sangat besar terhadap karya foto yang dihasilkan. Nürnberg kota kecil dengan penduduknya 500 ribu jiwa. Landscape kurang begitu indah dan foto model mahal sehingga Setia Nugraha terdorong menekuni street photography. Dengan kultur orang Jerman yang cenderung cuek namun keamanannya terjamin membuat Setia leluasa bergerak membawa kamera kemana-mana.

AKTIF DI KOMUNITAS SENI DI JERMAN

Karya Setia yang menampilkan suasana kelam, sedih, sendiri dan frustasi dalam setiap foto-fotonya jelas dipengaruhi situasi dan pengalamannya selama tinggal di Nürnberg. Orang-orang di sana cenderung sendiri, kondisi cuacanya pun kurangnya sinar Matahari sehingga penduduknya sering terlihat muram. Dari situasi itulah yang kemudian tercermin karya foto hitam putih Setia Nugraha yang memiliki ‘jiwa’.

09

Setia aktif di komunitas art di Zentrifuge, Nürnberg, dan juga bergabung di Jetztkunst. Zentrifuge adalah komunitas seni dan budaya di Metropol, Nürnberg yang mefasilitasi jaringan dan mempromosikan seorang seniman, budayawan, ataupun orang yang tertarik pada seni dan budaya. Sementara itu, Jetztkunst merupakan kumpulan seniman yang keanggotaannya diseleksi terlebih dahulu. Di Jerman banyak komunitas art tetapi untuk menjadi anggotanya sedikit sulit karena mereka melihat hasil karya seni dan juga background seseorang.


Ide project

290 metres & 3 Minutes

yang unik

Setia Nugraha Art and Photo Design Glockenhofstr. 36 90478, Nuremberg Germany Telp: 015228803621 Website: www.snaph.de

10

290 m

& 3m

Suatu ketika Setia membaca buku fotografi seni kontemporer, ada satu bab menjelaskan bahwa seniman banyak mengambil konsep seni dari bagian hidupnya. Dari situ Setia berpikir mengambil kehidupan yang dijalaninnya untuk jadikan konsep, yaitu saat pergi ke tempat kerja dalam waktu 3 menit dan berjarak 290 meter. Setia melihat rutinitas dari sudut yang pandang berbeda dimana projek itu berlangsung setahun dengan 4 musim berbeda. Setia kemudian menampilkannya dalam foto berwarna untuk menampilkan realita sesungguhnya. Hasilnya ternyata menarik dan di luar dugaan. Setia melihat dari sudut pandang yang lain bahwa berkarya bisa dimana saja dan berikutnya ide pun bermunculan.


chief editor

Asisten chief editor ROSALINA WATI

HIM @saifanah

@prettyow

PENGEMBANGAN BISNIS

tata letak & design

@BlackPackerz

@arisbronson

ADMINISTRASI & KEUANGAN IDA SITI NURAIDA

NUR KHAFIDL

Sylvia Vanidianty @sylviavndty

@kitajimaland

WEBSITE MASTER

GRAPHIC DESIGN

EKO JUSMAR

REDAKSI & KEMITRAAN JL. KYAI GEDE UTAMA NO. 12 BANDUNG 40132 PHONE. +62.22.2501925 - FAX. +62.22.2516752

11

SOCIAL MEDIA MOWELBLACKPACKER

@Dlajah

@mikeystroo

FOTOGRAFER ARIS BRONSON

@dlajahmagz

MIKHAEL SEBAYANG

@caksun

@PariwisKata

Dlajah

SUNARYO KUSUMO

ANGGUN NUGRAHA

w w w. d l a j a h .c o m

kemitraan

@Nuraida_ida


DLAJAH INTIMATA (MENGENAL STREET PHOTOGRAPHY LEWAT SETIA NUGRAHA) #-06  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you