Page 1

NO. 01 - OKTOBER 2013

www.dlajah.com


NO. 01 - OKTOBER 2013

T N E T N O C &

Bandung Fashion Food Market 2013 07

CHIEF EDITOR HIM

DEWAN PENASEHAT

PENGEMBANGAN BISNIS

AKHMAD HADIAN LUKITA DION LUTVAN PRAMUDYO

anggun nugraha SUNARYO KUSUMO

KEMITRAAN

TATA LETAK & DESIGN

MIKHAEL SEBAYANG

abdul aris mustaqin WINDYASARI

SOCIAL MEDIA

FOTOGRAfER

EKO JUSMAR

MOwELBLACKPACKER

WEBSITE MASTER RIZKI RUSDIWIJAYA NUR KHAFIDL

04 Sosial Media Marketing Ikut Melahirkan Minat Beli Produk

PENULIS ROSALINA WATI NENI IRYANI

Menilik Tren Mode dan Fashion di Kota Bandung

andi abdul muhaimin FAUZIAH ANDRI PRIYATNO

ADMINISTRASI DAN KEUANGAN ida siti nuraida

06 Dlajah

@dlajahmagz

@Dlajah

REDAKSI DAN KEMITRAAN JL. KYAI GEDE UTAMA NO. 12 BANDUNG 40132 PHONE. +62.22.2501925 - FAX. +62.22.2516752 www.dlajah.com

08

7

Item Fashion Yang Wajib Dimiliki Wanita Muda

03


Sosial Media Marketing Ikut Melahirkan Minat Beli Produk

Teks: Rosalina Wati Photo: MowelBlackpacker

P

erkembangan smartphone dan pengguna sosial media yang semakin banyak telah memunculkan istilah Social Media Marketing (SMM), yaitu bentuk pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial. Kini bagi banyak perusahaan berskala besar ataupun kecil, sosial media merupakan jalur efektif menjangkau konsumen atau klien mereka.

Sebenarnya seberapa besar pertumbuhan sosial media saat ini? Statistik yang dikeluarkan oleh techi.com pada Januari 2013, menjelaskan bahwa ada lima jejaring sosial terbesaryang paling banyak digunakan orang saat ini, yaitu: Facebook (1 miliar), YouTube (800 juta), Google+ (343 juta), serta Twitter dan LinkedIn dengan 200 juta pengguna aktif bulanan.

Menurut statistik yang dikelurkan oleh WordPress Hosting SEO, sekira 93% marketer menggunakan sosial media untuk bisnis mereka. Pelaku bisnis melihat sosial media lebih efisien untuk berbagai tujuan bisnis dibandingkan media konvensional seperti media cetak, iklan TV, brosur, dan selebaran.

Lalu bagaimana pemanfaatkan sosial media untuk perkembangan bisnis jual beli di Bandung? Berdasarkan penelitian Athira Setira Adil, Mahasiswa IM-Telkom Bandung melalui Twitter dengan menggunakan @infobdg sebagai objek penelitiannya, menunjukan bahwa pengguna Twitter adalah mereka

04

dengan usia 17-20 tahun dengan pendidikan SMA atau sederajat dan S1 dengan penghasilan kurang dari Rp3.000.000,- per bulan. Penghasilan tersebut terbilang cukup lumayan untuk regional Bandung. Penelitian Athira juga menyimpulkan bahwa penggunaan 140 kata dalam twitter yang menarik dan unik sangat mempengaruhi niat beli follower. Penyertaan gambar produk, linkshort URL dan hastags atau keywords juga memudahkan follower mencari produk yang mereka inginkan.


Sedangkan menurut techi.com, konsumen global yang menggunakan sosial media untuk pembelian online adalah kalangan eksekutif atau berpenghasilan lumayan. Jenis konsumen tersebut mungkin muncul akibat perusahaan yang melakukan strategi segmentasi pasar berdasarkan lifestyles (gaya hidup) melalui akun sosial media mereka. Penelitian Athira rupanya berjalan seiringan dengan yang dilakukan oleh Lee Odden dari Top Rank Marketing.com. Hasilnya menyatakan bahwa 77% konsumen cenderung membeli produk perusahaan yang juga memiliki akun sosial media. Selain itu, 80% dari konsumen berkata mereka lebih memercayai perusahaan yang aktif di sosial media.

07


Menilik Tren Mode dan Fashion di Kota Bandung

Teks: Friso Merry Photo: MowelBlackpacker

S

ejak dahulu Kota Bandung dikenal sebagai pusat mode, seni dan budaya di Tanah Air. Selain itu, kini Bandung pun dikenali sebagai kota kreatif yang ditopang dengan pertumbuhan pusat perbelanjaan dan lifestyle center. Berbagai gerai mode seperti factory outlet, distro, dan mall siap memanjakan wisatawan yang datang ke Kota Kembang.

Sebagai kota mode, pemandangan modis dan trendi bisa dilihat dari pengunjung factory outlet. Mereka memadukan label mancanegara dengan label lokal yang menonjolkan mode dan fashion statement pribadi atau bahkan sepenuhnya tampil dengan produk lokal. Kualitas produk lokal nyatanya kini dapat disejajarkan dengan label-label internasional sehingga pecinta mode dan fashion pun mulai meliriknya. Harga yang kompetitif tentu saja menjadi pemicu lain. Dengan Rp500.000,di tangan Anda bisa menenteng pulang dua baju. Ini adalah suatu hal yang tidak pernah terbayangkan jika memasuki butik label worldwide. Kalangan muda terdidik yang menggemari mode dan fashion pun kini tidak lagi hanya menyebut Zara, Topshop atau Mango. Label lokal seperti Cotton Ink, Milcah, Nikicio, Major, Minor, Monstore, Potmeetspop, Voyej, Chevalier, Frej, dan lainnya kini menjadi perbendaharaan kata baru dalam kamus mode pecinta belanja. Memasuki gerai factory outlet dan distro di Bandung bagai memasuki atmosfer suatu komunitas yang kompak, terlebih dengan tersedianya ruang nongkrong yang menyatu dengan gerai. Factory outlet sepertinya sengaja diproyeksikan sebagai tempat nongkrong sekaligus menjadi tempat interaksi sosial bagi tim kreator dengan konsumen dan apresiator.

06


Bandung Fashion Food Market 2013

&

b

agi Anda pecinta fashion dan kuliner, bersiaplah menyambut salah satu perhelatan fashion dan kuliner di Kota Kembang yang bertajuk Bandung Fashion and Food Market 2013. Kegiatan yang pertama kalinya diadakan ini akan berlangsung pada 28 November 1 Desember 2013, bertempat di Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) Bandung. Bandung Fashion and Food Market 2013 (BFFM) akan menampilkan berbagai kegiatan Fashion Exhibition (Hijab, Etnik, Teenage dan Kids), Gala Show, serta sederetan kuliner dalam satu tempat. Selain itu, akan ada pula berbagai kompetisi menarik diantaranya adalah: acoustic

competition, angklung competition, drawing and coloring. competition, interactive competition, vocal group competition, cover dance competition, community

activity competition, aerobic competition, dan photography model hunting competition. Acara ini akan dimeriahkan pula dengan hadirnya pentas panggung musik dari grup band NIDJI pada 30 November 2013 dan Cherrybelle pada 1 Desember 2013. Penampilan mereka nantinya akan dipadu dengan fashion

Informasi acara BFFM: Pameran: Wika Yulinar 022-5416585 087825409311 | 081322526604 Kompetisi/Kegiatan: Fajar | 08987400936 Tiket Konser Gala Show: Yadi | 085743073814 Website: http://bffm.co/

show, opening band performance, opening ethnic performance, dan acara lainnya.

Dengan mengambil tempat di pusat Kota Bandung, acara ini akan menyajikan suasana glamour, trendy, stylist, dan tasty bagi pengunjung. Datang dan nikmatilah suasana penuh kegembiraan di Bandung Fashion and Food Market 2103 (BFFM).

07


7

Item Fashion Yang Wajib Dimiliki Wanita Muda

U

Teks: Rosalina Wati Photo: MowelBlackpacker

sia dua puluhan adalah masa dimana seorang perempuan memulai hidup layaknya wanita dewasa. Itulah waktu untuk meniti sisi kedewasaan yang tidak hanya dibangun dari sisi finansial semata namun juga dari isi lemari pakaian Anda.

Itu mungkin terdengar sepele namun di usia dua puluhan itulah item fashion di lemari bisa sangat mendukung perjalanan kedewasaan Anda sebagai seorang wanita. Oleh karenanya, isi lemari selain perlu memerhatikan jumlah maka perlu variasinya yang sesuai dengan usia Anda sebagai seorang wanita dewasa. Nah, berikut ini Flavorism berikan tujuh tips item fashion yang wajib dimiliki ketika usia Anda menginjak 20-an.

1. Blazer Hitam

Item fashion yang satu ini wajib dimiliki. Untuk mendapatkan

blazer hitam dengan potongan rapih dan bahan yang nyaman memang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Akan tetapi, apa yang Anda keluarkan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Blazer hitam akan sangat dibutuhkan saat menghadiri interview atau ingin terlihat tampil elegan dalam acara formal. Pilihan membeli blazer hitam berkualitas di Bandung terdapat di Zara dan Topshop, atau di Paris Van Java Mall.

08


2. Pakaian Tidur nan Cantik

Tidur mengenakan celana pendek dan kaos oblong memang nyaman namun di usia dua puluhan waktunya Anda mencoba menjadi wanita dewasa yang berkelas. Salah satu upayanya adalah dengan memiliki pakaian tidur nan cantik dan berkualitas. Cobalah berkunjung ke SOGO Paris Van Java Bandung untuk mendapatkan pilihan sleepwear yang cantik.

3. Sepatu High Heel Hitam

Akan sangat merepotkan jika Anda tidak memiliki item yang satu ini. Itu karena sepatu hak tinggi sangat dibutuhkan untuk berbagai acara. Mulai dari hang out dengan teman-teman, berkencan dengan kekasih, atau juga untuk pergi ke kantor. Mengapa warna hitam? Itu karena warna ini merupakan warna dasar yang cocok dipasangkan dengan warna lainnya. Hampir seluruh toko sepatu di Bandung menjual sepatu hak tinggi hitam dimana Anda tinggal memilih yang berkualitas dan sesuai selera.

4. Kemeja Warna Putih

Kemeja putih dapat dikenakan dalam berbagai aktivitas. Belilah kemeja putih yang pas dengan bentuk dan ukuran tubuh Anda. Hal terpenting belilah kemeja putih yang bahannya nyaman di tubuh. Berbagai pusat perbelanjaan baik mall, factory outlet, ataupun distro di Bandung menjual kemeja warna putih dengan bahan, model dan merk beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

5. Kaos Warna Putih

Tahukah Anda jika kaos putih dengan potongan leher v sudah cukup membentuk tubuh dan menarik perhatian pria. Ini bukanlah mitos karena mengenakan kaos putih yang membentuk tubuh akan membuat Anda tampak segar dan menarik. Untuk mendapatkan kaos putih di Bandung sangat mudah dibeli di mall, factory outlet ataupun distro khusus perempuan.

09


6. Gaun Hitam Minimalis

Masih ingat dengan Audrey Hepburn dalam film komedi “Breakfast at Tiffany’s�? Di film tersebut, ia selalu memakai gaun hitam minimalis cantik dipadu kalung mutiara putih sehingga membuatnya terlihat anggun. Gaun hitam minimalis akan membuat Anda terlihat anggun sekaligus glamour saat menghadiri undangan cocktail party atau rapat kerja. Bagi eksekutif muda Bandung yang familiar biasanya mendapatkan gaun hitam minimalis bisa diperoleh di toko-toko brand ternama atau dengan menjahit sendiri.

7. Tas Tangan Cantik

Sudah cukup untuk Anda mengenakan tas punggung atau tas selempang di usia remaja. Kini waktunya melengkapi gaya Anda dengan tas tangan cantik. Ada banyak pilihan tas tangan di pasaran, mulai dari model, harga, bahan, dan harga. Anda hanya tinggal menentukan yang cocok saja. Misalnya jika Anda suka bergaya glamour, bisa memilih produk LV, Marc Jacob dan Channel. Toko tas Diaz di Jalan Sederhana, Bandung bisa menjadi pilihan untuk mencari tas tangan dengan berbagai pilihan bahan, model, merk, serta harga yang bervariasi.

08


DLAJAH-FLAVORISM #01  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you