Issuu on Google+

Menu Sehat Berbuka Puasa Setelah anda terus memandangi jam dinding, akhirnya tibalah saat yang anda tunggu-tunggu, yaitu saat berbuka puasa. Pada saat ini, biasanya nafsu makan anda akan bertambah dua kali lipat, setelah menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Begitu pula dengan hidangan yang disediakan, pada umumnya akan dibuat lebih istimewa dan special dibandingkan hari-hari biasa dan juga biasanya makanan yang disajikan hanya lebih mementingkan cita rasa dibandingkan dengan kandungan gizi di dalamnya. Padahal, biasanya pada saat berbuka, kadar gula dalam tubuh anda akan semakin rendah. Jika kadar gula dalam tubuh semakin rendah, berarti tandanya anda harus segera mengasup tubuh anda dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, agar tubuh anda tidak lemas. Jangan lupa, anda juga masih harus menjalani sholat tarawih pada saat subuh. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba menu sehat berbuka puasa. Ingin tahu seperti apa menu sehat berbuka puasa itu ? Simaklah yang berikut ini. 1.

Makanan manis

Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi makanan ataupun minuman yang manis. Hal ini bertujuan supaya kadar gula dalam tubuh kembali seimbang. Seain itu, glukosa merupakan sumber energi yang anda perlukan untuk menjalani shalat tarawih pada saat subuh. Akan tetapi, makanan manis juga tidak boleh sembarangan. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat selama menjalani ibadah puasa ini, sebaiknya ganti menu teh manis anda dengan kolak ataupun dengan jus buah. Untuk makanan manis ini, usahakan anda memilih buah atau sayur yang tidak berserat, sehingga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Anda boleh mencoba dengan buah jeruk, semangka, ataupun melon. Setelah itu, lanjutkan dengan menu lengkap sama seperti porsi makan pada saat sahur. Sesudah shalat tarawih, segera konsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat kompleks. Sebaiknya jangan dijus, tetapi makan langsung atau diblender bersama kulitnya dan jangan lupa banyak-banyak minum air putih hingga menjelang tidur. 2.

Tahu dan tempe

Mungkin sebagian besar dari anda tidak memasukkan tahu atau tempe kedalam menu sehat berbuka puasa anda, karena menu ini tidak begitu istimewa. Akan tetapi, sebaiknya anda mulai memasukkannya. Kedua makanan tradisional ini adalah sumber protein terbaik bagi tubuh anda. Selain itu, kedua makanan ini termasuk makanan yang lambat dicerna, sehingga anda tidak akan mudah lapar.

1/3


3.

Kurma

Kurma merupakan menu sehat berbuka puasa yang baik. Apalagi pada saat ramadhan ini, kurma merupakan makanan yang esensial atau dengan kata lain wajib dikonsumsi oleh anda, karena buah ini tidak dapat diperoleh setiap saat. Selain itu, kurma adalah sumber yang sangat baik untuk gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium yang sangat berguna di bulan suci ramadhan ini. Anda boleh menyajikan kurma ini sebagai menu penutup pada saat berbuka puasa. Dengan mengonsumsi kurma, anda dapat menjalani shalat tarawih dengan kondisi yang prima dan bugar. 4.

Pisang

Pisang dapat anda jadikan sebagai menu sehat berbuka puasa. Pisang sangatlah baik, karena pisang mengandung kalium, magnesium, dan karbohidrat yang sangat anda perlukan pada saat berbuka puasa. Pisang ini dapat anda konsumsi secara langsung ataupun anda jadikan dalam bentuk kolak, bahkan jika anda mempunyai banyak waktu, anda bisa mengolahnya menjadi tart pisang. 5.

Air

Air merupakan menu paling penting yang pasti akan anda konsumsi pada saat berbuka puasa ini. Akan tetapi, usahakan anda minum air setelah makan, karena minum air sebelum makan akan membuat anda merasa cepat kenyang. Dengan begitu, anda tidak bisa makan banyak, sedangkan anda masih harus menjalani shalat tarawih pada saat subuh. Minumlah 4 atau lima gelas sesudah makan, supaya tubuh anda tetap segar. Adapun contoh menu sehat berbuka puasa yang dapat anda ikuti : -

Menu pembuka : segelas jus buah, nasi merah dengan sate ayam dan pisang -

Menu utama : soto ayam atau opor ayam ditambah dengan telur orak arik -

Menu penutup : salad buah atau salad sayur dan air putih.

Selamat mencoba menu sehat berbuka puasa ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

2/3


(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=389919747724602"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, "script", "facebook-jssdk"));

3/3 Powered by TCPDF (www.tcpdf.org)


Menu Sehat Berbuka Puasa