Page 1

Manfaat Buah Kesemek Buah kaki atau buah genit ini adalah nama lain dari buah kesemek. Buah ini disebut buah genit karena permukaan kulitnya yang dipenuhi oleh serbuk putih seperti bedak. Tanaman ini merupakan jenis buah-buahan dari marga diospyros yang dalam bahasa Inggris disebut Oriental persimmon. Tanaman ini disebut buah kaki karena nama ilmiahnya yaitu diospyros kaki (kaki adalah bahasa jepang). Mungkin pertama kali anda melihat buah ini, anda tidak akan tertarik untuk mencobanya, karena bentuknya yang tidak begitu menarik dan menggugah selera. Akan tetapi, manfaat buah kesemek ini sangat banyak. Nah, penasaran kan ? Simaklah yang berikut ini. 1.

Mengenal buah kesemek

Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang dan tergolong dalam tanaman dioesis atau berumah dua atau kadang-kadang monoesis atau berumah satu. Tumbuhan ini memiliki batang pendek dan bengkok-bengkok serta memiliki banyak cabang. Tanaman ini juga dapat menggugurkan daunnya. Daunnya tersusun dalam dua deret yang tersusun berseling seling dan bertangkai pendek kira-kira 3 cm. Buahnya berbentuk bulat, bulat telur sampai jorong dan berwarna hijau kuning mengkilap. Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Kesemek berasal dari Republik Rakyat Cina, yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial di tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia). Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang, sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru, Australia dan Israel. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit. Inilah sekilas tentang buah kesemek. Sekarang, mari kita bahas manfaat buah kesemek ini 2.

Manfaat buah kesemek

Banyak sekali manfaat buah kesemek ini, baik dalam kesehatan maupun kecantikan, diantaranya :

1/2


Menjaga tubuh agar tetap langsing. Buah ini memiliki khasiat yang hampir sama dengan buah apel. Pakar kesehatan sering kali menganjurkan buah apel sebagai menu diet sehat, akan tetapi ternyata buah ini dapat menggantikan posisi apel sebagai salah satu makanan sehat saat menjalankan diet. Serat dan kandungannya tak kalah dahsyat dibandingkan buah apel. Buah kesemek ini juga dapat membantu anda mencegah penyakit jantung. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah ini setiap hari untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat menjaga kelancaran pembuluh darah, sehingga tidak menimbulkan penyumbatan. Kandungan polifenol dalam buah ini juga dapat membantu anda, terutama yang menderita kolestrol untuk menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah. Buah kesemek juga sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami hipertensi. Caranya, buatlah jus buah kesemek dan tambahkan air hangat, kemudian minum satu kali sehari. Lakukan secara rutin dan teratur. Bagi anda yang menderita asma dan batuk berdahak, buah kesemek ini juga sangat baik. Caranya, ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan madu secukupnya. Bagi anda yang sering menderita sakit perut, kupaslah satu buah kesemek segar untuk dimakan. Jika anda mengonsumsinya secara rutin, makabuah ini dapat meredakan sakit perut dan panas dalam perut. Buah kesemek ini juga sangat baik untuk mengobati diare dan disentri. Caranya, siapkan dua potong kesemek yang telah dikeringkan, kemudian rebuslah hingga menjadi bubur dan campurkan dengan beras ketandan irisan jeruk sebanyak dua potong. Aduk hingga merata dan sajikan untuk si penderita dua sampai tiga kali sehari. Nah, sudah tahu kan manfaat buah kesemek ini ? Tertarik untuk mencoba ? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=389919747724602"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, "script", "facebook-jssdk"));

2/2 Powered by TCPDF (www.tcpdf.org)

Manfaat Buah Kesemek  

Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang dan tergolong dalam tanaman dioesis atau berumah dua atau kadang-kadang monoes...