Page 1

Buah Untuk Penderita Hipertensi Hipertensi atau tekanan darah tinggi, merupakan gejala yang sangat berbahaya, karena tekanan darah tinggi ini dapat memicu berbagai penyakit mematikan, diantaranya adalah stroke dan penyakit jantung. Orang yang mengalami hipertensi, akan beresiko lebih tinggi terkena gangguan jantung seperti gagal jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Hipertensi merupakan gejala yang sudah membunuh 7,1 juta orang pertahun di dunia. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi untuk rajin mengonsumsi buah. Buah sudah merupakan item wajib yang harus dikonsumsi suka atau tidak suka. Hipertensi ditandai dengan tekanan sistolik diatas 14 mmHg dan tekanan diastolik diatas 90 mmHg. Nilai normalnya adalah 120 mmHg untuk sistolik dan 80 mmHg untuk diastolik. Hipertensi sering sekalai tidak tertangani dengan baik, karena penderita hipertensi tidak menyadari gejalanya hinga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk sering mengecek tekanan darah anda, karena hipertensi bisa memicu kerusakan multiorgan termasuk jantung dan ginjal. Berikut adalah buah untuk penderita hipertensi. 1. 1.

Anggur

Menurut sebuah penelitian, Prancis adalah salah satu negara yang penduduknya sangat kecil sekali terkena serangan jantung akibat hipertensi, padahal tingkat kolestrol di negara tersebut 4x lipat dibandingkan negara kita. Banyak sekali makanan Prancis banyak mengandung susu, mentega, dan keju yang kita ketahui sebagai pemicu utama naiknya tekanan darah. Ternyata, masyarakat Prancis menjadikan anggur merah sebagai rahasia mereka untuk menangkal penyakit ganas ini. Di Indonesia, mengonsumsi anggur yang difermentasikan merupakan suatu perbuatan maksiat atau haram, mengingat bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Oleh karena itu, peredaran anggur merah di Indonesia sangatlah sulit. Tapi tenang, anda tidak perlu khawatir karena banyak buah-buahan lain yang dapat menggantikan anggur ini. 1. 2.

Ketimun

Buah ini terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah. Kandungan air dalam buah ini dapat membantu menurunkan tekanan pada pembuluh darah dan mengikat lemak jenuh dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah ini setiap harinya

1/3


selama 2 minggu dan anda bisa merasakan manfaatnya. 1. 3.

Buah bit

Buah ini mungkin masih terasa asing bagi anda, akan tetapi bagi penderita anemia, buah ini merupakan buah yang sangat bermanfaat. Setelah dilakukan penelitian terhadap buah bit ini, ternyata umbi ini mampu menurunkan tekanan darah dengan cepat dan bahkan hanya dalam tempo beberapa jam saja. Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan 500 ml jus buah bit pada penderita hipertensi. Hasilnya, tekanan darah si penderita mulai mengalami penurunan hanya dalam 1 saja. Pada 2,5 jam berikutnya tekanan darah kembali menurun 10 mmHg. Sekitar 3 jam kemudian tekanan darah mulai menunjukkan penurunan lagi sekitar 8 mm Hg, bahkan kestabilan darah terus terjaga untuk 24 jam ke depan. Hal ini disebabkan karena buah bit mengandung nitrat yang dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Oleh karena itu, buah bit ini dikategorikan sebagai buah untuk penderita hipertensi. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah ini secara rutin untuk meminimalisir resiko penyakit jantung maupun stroke. 1. 4.

Cuka apel

Cuka apel merupakan hasil dari fermentasi buah apel. Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya cuka apel ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, yang paling populer adalah melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi cuka apel ini pada pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong, minumlah air hangat yang dicampur dengan satu sendok cuka apel dan satu sendok madu. Lakukan secara rutin dan teratur, niscaya tekanan darah anda tidak akan naik. 1. 5.

Pisang

Kandungan kalium, magnesium, dan karotenoid dalam pisang sangatlah baik bagi kelancaran darah. Selain itu, serat dalam pisang juga dapat mengikat kolestrol jahat, sehingga aliran darah tidak tersumbat. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi pisang seusai makan. Inilah buah untuk penderita hipertensi. Dari pada anda mengandalkan obat-obatan kimia, bukankah yang terbaik selalu yang alami ? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

2/3


(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=389919747724602"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, "script", "facebook-jssdk"));

3/3 Powered by TCPDF (www.tcpdf.org)

Buah Untuk Penderita Hipertensi  

Orang yang mengalami hipertensi, akan beresiko lebih tinggi terkena gangguan jantung seperti gagal jantung yang dapat menyebabkan kematian m...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you