Issuu on Google+


Monthly Update Magazine Mei 2013

TelkomVision team Board of Director President Director Triana Mulyatsa Director Sales & Marketing Gatot B. Haryono Director Finance & Administration Nilawati Djuanda Director Operation Agung D.M Sahidi Editor in chief Julio Sanjaya Managing Editor Yustantia Eka Agustin Editor Dwi Novita Maharani Highlight channel Editor Erwansyah Dj. Anoem Art & Design Ferry Hardianto, Rio Sanjaya Distribution & Circulation Deny Setiadi Advertising Sales Melissa Liondini Ria Mariana Muthia Andriathy Contact us TelkomVision Plasa TelkomVision Jl. Prof DR Supomo No 139 Tebet Jakarta Selatan 12810 Office Phone: 021-8298800 Fax: 021-8317400 Website: www.telkomvision.com Advertising inquiry: adsales@telkomvision.com EDITORIAL TEAM Managing Editor Ruslan Rustam Executive Editor Masrizal Pingai Deputy Editor Stanny Carlie Rumentika Editor Indra Gunawan, Larawana Intan, Tony Santana Saputra Visual & art Director Agus Mulyono Design Grafis Wibi Agung Gunarso, Mochamad Rizqon Anton Khari Iswara Published by PT. Infomedia Nusantara, Jl. RS Fatmawati Kav 77-81 Jakarta 12150, Telp. (021) 720 1221 Printing : PT. Balebat Dedikasi Prima

16 Tahun TelkomVision, Cinta Indonesia!

Editor ‘s Note

Primetime

Tiup lilin, mengucap harapan, merayakan kebersamaan adalah bagian dari tradisi perayaan setiap ulang tahun. Bagi Kami, ulang tahun tak sekedar tradisi tetapi bagaimana dapat memberikan karya yang lebih baik lagi dan bermanfaat bagi bangsa ini. Tahun ini TelkomVision menginjak usia 16 tahun. Sejenak kami tengok ke belakang, senyum kesuksesan kami sandingkan di wajah sebagai wujud syukur kami yang telah berhasil bertahan hingga usia 16 tahun. Perjuangan yang tiada kenal lelah, mengabdi memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setia kami. Upaya tak kenal menyerah berinovasi mengembangkan produk dan layanan terkini. Usia 16 tahun kali ini kami wujudkan tak sekedar sebuah perayaan namun motivasi mengobarkan semangat CINTA INDONESIA. Semangat CINTA INDONESIA kami tuangkan lewat berbagai program unggulan kami yang saat ini tidak semata didominasi tayangan mancanegara namun juga tayangan tentang Indonesia karya persembahan anak bangsa tercinta. Beberapa program dengan konten Indonesia kami hadirkan. Sebut saja program Indonesia Channel di Channel Jendela (CH. 1) yang mengangkat keragaman pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdapat di Indonesia. Indonesia Channel kami kembangkan bersama Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif untuk menginformasikan berbagai potensi yang dimiliki Indonesia. Indonesia Channel akan mulai ditayangkan per 8 Mei hanya di layar kaca TelkomVision. Kemudian, Bioskop TelkomVision, adalah sebuah program yang terinspirasi dari konsep menonton film ala bioskop. Pelanggan akan dimanjakan menyaksikan film-film terbaik karya sineas Indonesia, bersama keluarga tercinta atau orang-orang tersayang di waktu kapan saja pada saat weekend tiba. Berikutnya kami persembahkan Album ANANDA VCD KARAOKE BERSAMA U&I yang diperuntukkan bagi anak-anak Indonesia. Dimana saat ini musik Indonesia tengah di dominasi musik-musik dewasa dan mengesampingkan pengembangan musik untuk anak Indonesia. Semoga kemunculan program-program terbaru kami yang mengusung semangat CINTA INDONESIA, dapat menjadi pilihan tontonan yang variatif dan dapat memotivasi mengembangkan konten-konten karya anak bangsa yang produktif. Happy 16th Anniversary TelkomVision. Bersama Indonesia kami terus berkarya!

Salam, Triana Mulyatsa President Director TelkomVision

Untuk Berlangganan TelkomVision, Hubungi 147 www.telkomvision.com

Mei 2013

3


Content

26|HANG OUT Indonesian Cuisine in The World

10|PROFILE

B.J. Habibie

Menuntut Ilmu ke Negeri Jauh, Abdikan Diri di Bumi Pertiwi

30|SPECIAL FEATURE Tuntutlah Ilmu ke Indonesia, Begitu Kata Mereka!

36|FASHION Tex Saverio Desainer Indonesia yang Mendunia

14|TECHNOLIFE 16|LITERATURE 20|SYMPHONY 22|ON SCREEN 24|UP COMING 4

Mei 2013

38|LOVELY

Buka Mata dan Hati Tentang Lupus www.telkomvision.com


Content

42|NEWS FLASH 46|DESTINATION

SURINAME, Ini Juga Indonesia Kita!

52| CINTA INDONESIA Putra Putri Bangsa Pengharum Indonesia

56|HIGHLIGHT 70|FUNTASTIC CHANNEL 70|Golden Screen 74|Most Stylist 78|Awesome Kid 82|Great Champion 86|Best Knowing

90|KIDZONE www.telkomvision.com

Mei 2013

5


Cover Story

FRANCE 24 celebrates the 66th Cannes Film Festival

T

ahun ini, FRANCE 24 akan berada di Cannes pada Croisette dari 15 hingga 26 Mei mengikuti serta menjadi bagian dari salah satu acara paling terkenal dan glamour yaitu penganugerahan film internasional. Eve Jackson akan menjadi pemandu acara ini dimana ia akan mengungkapkan semua kegiatan di belakang panggung, memandu Anda di Croisette dan mewawancarai tamu khusus serta para bintang. Program harian akan terfokus setiap harinya pada movie of the day, wawancara-wawancara dan review film. Diikuti ulasan-ulasan pendek, dibalik adegan-adegan laporan tentang Cannes di malam hari, fashion, dan beberapa terbaik dari penganugerahan tersebut.

FACT SHEET: The Great Gasby oleh Baz Luhrmann adalah film pembuka tahun ini. Steven Spielberg akan menjadi ketua para juri. India menjadi negara tamu spesial di Cannes tahun ini.

6

Mei 2013

www.telkomvision.com


Cover Story

Bulan Mei, bulan Ragam Budaya, jangan lewatkan:

LIFESTYLE

FASHION

Setiap Sabtu, Pukul 18.10 WIB

Setiap Kamis, Pukul 22.10 WIB

Eve Jackson Presenter Culture

www.telkomvision.com

Mei 2013

7


Cover Story

Program-Program Baru Telah Tiba!

OBSERVE AND BE OBSERVED Tayang Senin, 7 Mei, Pukul 22.40 WIB FRANCE 24 menghasilkan konten berita yang mendorong orang-orang agar tertarik dalam urusan internasional saat ini dengan membuat The Observers, sebuah platform multimedia yang kolaboratif di website, forum online, mobile app dan program TV. Sebuah tim di belakang proyek yang bertindak sebagai gate keepers dan memastikan bahwa konten yang dipilih akurat dan berkualitas.

Tips menjadi seorang Observer? Kunjungi observers.france24.com

Untuk merayakan 5 tahun berdirinya Observers, FRANCE 24 menghadirkan OBSERVERS DIRECT, sebuah majalah baru berisi pembawa acara Julien Pain, mengunjungi Observers untuk berdiskusi mengenai acara-acara tidak terlupakan yang mereka saksikan.

REVISITED Tayang Senin, 7 Mei, Pukul 22.40 Mei ini, FRANCE 24, Stuart Norval kembali ke kota-kota yang mengalami trauma akibat perang atau akibat bencana alam bahkan bencana industri untuk melaporkan bagaimana penduduknya saat ini hidup: Port-au-Prince (Haiti) dan Sirte (Libya)

Stuart Norval Presenter Revisited 8

Mei 2013

www.telkomvision.com


Cover Story

Julien Pain Presenter Observers and Observers Direct

DOWN TO EARTH Tayang Rabu, 9 Mei, Pukul 22.40 Ini hanya pertanyaan sederhana untuk bertahan hidup: bagaimana manusia dapat beradaptasi dalam pembangunan berkelanjutan dengan sumber daya saat ini? Dalam program baru ini, dua kali sebulan, Mairead Dundas melakukan perjalanan bertemu orang-orang yang memiliki inisiatif besar dan kecil, memberikan tur dunia dari sebuah ide baik itu laki-laki dan perempuan yang berkomitmen di Afrika maupun tempat-tempat lainnya. Saksikan episode-episode sebelumnya di : france24.com/en/tvshows

www.telkomvision.com


Profile

B.J. Habibie Menuntut Ilmu ke Negeri Jauh, Abdikan Diri di Bumi Pertiwi

Text: Yuniska Foto: Istimewa

Siapa yang tidak kenal dengan B.J. Habibie? Seorang ahli aeronautika Indonesia yang juga merupakan mantan presiden ketiga Republik Indonesia ini merupakan salah satu tokoh Indonesia yang namanya menggaung hingga ke negeri sebrang. Karirnya sempat menanjak di Jerman, bahkan beberapa negara lain juga ingin mempekerjakannya. Ditengah karir yang melesat itu Habibie lebih memilih kembali ke Indonesia dan mengabdi kepada ibu pertiwi.

10

Mei 2013

www.telkomvision.com


Menginjak remaja, Habibie harus kehilangan ayahanda tercinta karena mengalami serangan jantung saat menjalankan ibadah sholat Isya. Demi tetap menghidupi anak-anaknya, Ibu Tuti Marini Puspowardojo memboyong Habibie beserta saudara-saudaranya ke Bandung. Di sana Habibie remaja bersekolah di SMP 5, kemudian melanjutkannya ke Gouvernments Middlebare School. Karena prestasinya yang menonjol di bidang eksakta, Habibie menjadi sosok idola di SMA-nya. Setelah menamatkan SMA di Bandung pada tahun 1954, Habibie kemudian memilih kuliah di Universitas Indonesia Bandung yang kini bernama ITB. Namun belum sampai setahun Habibie kuliah di ITB, Habibie mendapat kesempatan kuliah di Aachen, Jerman. Beliau menyelesaikan kuliahnya hingga mendapat gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik pada tahun 1960, dan Doktor Ingenieur pada tahun 1965 dengan predikat yang sama, yakni summa cum laude. Selama menjadi mahasiswa tingkat doktoral, BJ Habibie sudah mulai bekerja untuk menghidupi

www.telkomvision.com

Profile

B

acharudin Jusuf Habibie lahir di kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Terlahir dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo, Habibie merupakan anak keempat dari 8 bersaudara. Sejak kecil, Habibie dikenal sebagai anak yang tidak hanya cerdas tapi jenius, sopan, ramah, dan tidak sombong. Kejeniusannya terbukti dari hasil pelajaran eksakta yang terbilang sulit, dapat diselesaikannya dengan cepat dan baik sekali. Sehingga nilai-nilainya di sekolah selalu memuaskan.

Sejak kecil, Habibie dikenal sebagai anak yang tidak hanya cerdas tapi jenius, sopan, ramah, dan tidak sombong.

istri dan anak-anaknya, serta biaya studi S3nya. Setelah lulus S3, bapak dari dua putra ini bekerja di Messerschmitt-BĂślkow-Blohm atau MBB Hamburg, Jerman. Pada tahun 1965 hingga tahun 1969, Habibie menjabat sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan pada Analisis Struktrur Pesawat Terbang. Kemudian menjabat Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada industri pesawat terbang komersial dan militer di MBB di tahun 1969 hingga 1973. Atas kinerja dan kejeniusannya, 4 tahun kemudian ia dipercaya sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di MBB periode 1973-1978, serta menjadi Penasihat Senior bidang teknologi untuk Dewan Direktur MBB di tahun 1978. Kecemerlangan karir Habibie terdengar di telinga Soeharto, presiden Indonesia di masa itu. Melalui utusannya yang dikirim langsung ke Jerman, Pak Harto meminta Pak Habibie untuk kembali ke Indonesia dan mengembangkan industri pesawat terbang tanah air. Sekembalinya ke Indonesia di tahun 1974, B.J. Habibie langsung diangkat sebagai penasehat pemerintah di bidang teknologi pesawat terbang dan teknologi tinggi. Hingga tahun 1978, Habibie masih bolak-balik Jakarta-Jerman karena ia juga masih bertanggung jawab sebagai Vice President di MBB.

Mei 2013

11


Profile

Soeharto. Ketika pada akhirnya Habibie harus lengser dari kursi kepresidenan akibat referendum Timor Timur yang memilih merdeka, ia beserta istrinya, Hasri Ainun Habibie, memutuskan kembali hijrah ke Jerman. Meski demikian, Prof. B.J. Habibie selalu ingat dengan Indonesia dimana pun ia berada. Terbukti dari sikapnya untuk

Pada tahun 1978, ketika Habibie melepaskan jabatannya di MBB, ia diangkat menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi merangkap sebagai Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Dalam usahanya merintis IPTN, Habibie menemukan tantangan yang cukup berarti, yaitu penolakan dari perusahaan pesawat terbang asing untuk bekerja sama dengan Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Indonesia belum dipercaya membangun usaha pesawat terbang. Di tengah tamparan keras tersebut, Habibie akhirnya mendapat mitra yaitu CASA Spanyol. Perusahaan itu menyetujui

Mei 2013

kerjasama dalam pembuatan pesawat NC 212 Aviocar berbaling-baling ganda. Selain itu banyak juga prestasi yang Habibie raih di negerinya sendiri, di antaranya, di anugerahi sebagai guru besar bidang konstruksi pesawat terbang di ITB. Kemudian setelah menjabat sebagai Menristek selama 20 tahun, Habibie diminta bersanding dengan mantan presiden Soeharto untuk mendampinginya sebagai wakil presiden. Hingga terjadi pemberontakan Mei 1998, Habibie diangkat menjadi Presiden Republik Indonesia menggantikan Presiden

www.telkomvision.com


Profile

mengajak putra-putri Indonesia yang berada jauh di negeri orang untuk juga ingat dengan negaranya. Dimanapun berada Habibie selalu mengajak para mahasiswa Indonesia yang sudah tamat S2 atau S3 untuk kembali ke Indonesia guna membangun negeri tercinta.

dan tidak sombong menjadi inspirasi bagi siapa pun yang pernah mendengar kisahnya. Sebagai generasi muda, sudah selayaknya kita mencontoh semangat dan kerja keras pendiri Habibie Center ini. Sejauh apa pun ia terbang, Habibie tetap kembali pulang, ke Indonesia, negeri yang dicintainya.

Kini, Habibie kembali tinggal dan menetap di Indonesia. Sosoknya yang murah senyum, ramah,

www.telkomvision.com

Mei 2013

13


Techno Life

Zyrex

Harpoen

M

S

erebaknya pasar tablet PC, membuat produsen peralatan komputer dalam negeri, turut andil dalam menawarkan produk terbarunya yang diklaim 100% buatan Indonesia, yaitu Zyrex Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963.

Hadir dengan desain layar yang unik, dapat diputar 180 derajat, berukuran 10 inchi dan memiliki empat varian warna; coklat, merah, hitam dan biru. Sistem operasinya menggunakan Windows 7 Home Premium dan Ultimate, dengan layar sentuh. Wakamini dibekali dengan prosesesor Intel Atom N450 berkecepatan 1,66 Ghz,RAM (Random Access Memory) sebesar 1 GB DDR2, Ruang penyimpanan 250 GB, sedangkan bobotnya 1,35 KG dengan Wifi “4 in 1“ card reader dan 1,3 MP Webcam dengan daya tahan baterai tiga jam. Sedangkan Wakatobi yang didesain untuk anakanak ini berukuran 8,9 inchi dengan berat 1.25 Kg. Wakatobi tidak mendukung fitur multi touch. Dan prosesor yang digunakan adalah Intel Atom N270 berkecepatan 1,6 Ghz, dengan RAM 1 GB DDR2. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

14

Mei 2013

eperti yang dikutip dari makemac, Harpoen berhasil menjadi pemenang dalam kategori m-Tourism & Culture, mengalahkan peserta sebanyak 435 peserta dari 28 negara dalam World Summit Award Mobil(WSA-Mobile), yaitu sebuah ajang memilih dan mengenalkan layanan e-Content paling berguna dan inovatif untuk dunia. Harpoen adalah sebuah aplikasi geo-lokasi di perangkat mobile yang memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan menuliskan suatu catatan, foto atau berkomentar tentang sesuatu hal agar lebih mudah untuk diingat. Kegiatan yang dikenal dengan istilah Makes Spaces Talk ini tentunya bisa dilakukan ketika Anda terkoneksi dengan internet. Dengan kata lain, pada harpoon, kita bisa menuliskan atau meninggalkan sebuah shout out/pesan yang mereka sebut harp pada suatu tempat. Aplikasi ini memiliki konsep “discovering what’s around you”. Tampilan positioning berupa radar dimana harp-harp akan muncul. Harpoen tersedia secara gratis untuk para pengguna Android dan iOS. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

www.telkomvision.com


Game Infinite Sky

P

engembang game asal Indonesia, Touch Ten, berhasil menembus 10 besar aplikasi paling banyak diunduh di Apple App Store. Game itu berjudul Infinite Sky yang telah menembus 500 ribu unduhan di App Store. Paling signifikan tentunya adalah kemampuannya tercatat di posisi 9, Top 10 Apps (semua kategori) di Amerika Serikat. Sedangkan di Inggris, game itu bertengger di posisi 5.

G

adget yang satu ini hadir dengan platform bersistem operasi Android 2.2 Froyo. Nantinya, pengguna juga bisa mengupgrade OS menjadi Android 2.3 Gingerbread secara online melalui situs resmi www.tabuletpc. com, serta bisa melalui outlet resmi yang ada di pasaran tanah air. Untuk layarnya, Tabulet Troy berukuran 7 inci dengan resolusi 800 x 400 piksel. Tablet ini juga memiliki desain compact yang memudahkan pengguna beraktifitas dengan ketebalan 11 milimeter dan bobot 345gram. Tabulet Troy juga didukung oleh teknologi terbaru prosesor ARM Cortex A9, yang notabene juga digunakan oleh iPad 2 kebanggaan Apple. Selain itu, ditunjang dengan prosesor grafis 3D ARM Mali-400 untuk menciptakan pengalaman grafis serta kinerja tinggi.

Infinite Sky adalah game yang menampilkan aksi pesawat tempur seru dengan grafis 3D. Game ini tersedia secara gratis (untuk waktu tertentu) di Apple App Store dan gratis (untuk seterusnya) di Google Play. Salah satu fitur game ini adalah in-app purchase untuk membuka fitur atau kemampuan tertentu. Salah satunya, untuk menghadirkan pilot handal bernama Gatot Kaca. Seperti namanya, Infinite Sky (terj: langit tanpa batas) game ini menampilkan aksi terbang tanpa henti. Selama pesawat belum hancur, pemain bisa terus menerbangkannya. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

Untuk harga, Tabulet Troy menyasar ke segment menengah yang dijual dengan harga Rp. 2.299.000. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

www.telkomvision.com

Mei 2013

15

Techno Life

Tabulet Troy


Literarture

“Tanjung Lesung”

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (GPU) Pengarang : Gagas Ulung , Lilly T. Erwin , Abang Erwin

P

intu gerbang Krakatau Ujung Kulon 100 Destinasi Tersembunyi di Ujung Barat Pulau Jawa: Alam, Petualangan, Budaya, Kuliner, Penginapan Buku ini sangat

membantu para traveler mendapatkan referensi wisata selain Bali atau tempat-tempat umum lainnya. Pembaca dibawa untuk menginap di hutan cagar alam Pulau Peucang, kemudian surfing dan trekking di Pulau Panaitan, rafting di Sungai Ciberang, dan melihat-lihat suku Baduy Luar dan Baduy Dalam. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, buku ini juga menuntun para backpacker ke Krakatau, Anak Krakatau dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.Wisata kota pun tak terlewatkan seperti Kota Tua di Banten Lama, wisata ziarah kelenteng di Tangerang dan Tanjung Kait. Secara umum buku ini berisi 100 destinasi wisata yang tersembunyi di sekitar Tanjung Lesung, Krakatau, dan Ujung Kulon. Wisata-wisata yang diajukan meliputi wisata alam, wisata ziarah, kampung adat, kuliner, serta penginapan/homestay. Buku ini juga dilengkapi estimasi biaya,dan foto-foto yang cantik, sehingga sangat membantu Anda menemukan tempat wisata alternatif di pulau Jawa. (Teks: Bayu, Foto: Istimewa)

A

sia Tenggara saat ini sedang populer dikunjungi oleh para turis, baik turis dari benua lain atau turis sesama Asia Tenggara. Salah satu kota yang cukup popular adalah Bangkok yang merupakan ibukota Negara Thailand. Karena dekat,kurang lebih 3 jam dari Jakarta,Anda tidak harus menyiapkan cuti panjang untuk kesana. Selain itu Bangkok merupakan salah satu kota di Asia Tenggara yang cukup murah untuk dinikmati. Anda dapat mengunjungi Pattaya hanya dengan waktu tidak sampai dua jam dari Bangkok dengan jalan darat. Pattaya yang dulu dikenal dengan tempat hiburan malamnya saat ini menjadi lebih ramah untuk wisatawan keluarga. Dalam buku ini Anda dapat menemukan berbagai informasi mulai dari panduan transportasi, tujuan wisata, akomodasi, dan tempat kuliner yang tentunya sangat bisa disesuaikan dengan budget yang telah disiapkan. (Teks: Bayu, Foto: Istimewa)

16

Mei 2013

“Shortrip Bangkok Pattaya” Pengarang : Awan Yulianto Penerbit : ELEX MEDIA KOMPUTINDO

www.telkomvision.com


“Travel with Heart� Pengarang : Mary Sasmiro Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (GPU)

S

aatnya Wisata di Indonesia menjadi salah satu pilihan bagi turis dalam negeri ataupun luar negeri.Di Indonesia, salah satu tempat yang memiliki pantai dan laut yang sangat Indah adalah Belitung. Belitung mulai dikenal kerena novel Laskar Pelangi yang dikarang Andrea Hirata, karena novel ini Pantai Tanjung Tinggi jadi salah satu destinasi wisata nomor satu di Belitung. Namun ternyata masih banyak deretan pantai indah, pulaupulau kecil, tempat ibadah, seni dan budaya serta peninggalan sejarah yang unik dan mengagumkan untuk disaksikan. Belitung juga memiliki kelebihan dalam hal sarana transportasi yang mudah untuk dicapai sehingga menjadi nilai lebih agar dapat bersaing dengan kota-kota lainnya. Berbekal buku ini, Anda dapat menyusun rencana perjalanan sesuai dengan minat dan budget yang tersedia karena buku ini menyediakan lengkap intenary, penginapan, transportasi, hingga objek wisata yang bisa Anda kunjungi. (Teks: Bayu, Foto: Istimewa)

www.telkomvision.com

“Wisata Hemat: Belitung� Pengarang : Endah Murniwati Penerbit : Elex Media Komputindo

Mei 2013

17

Literarture

B

uku ini berisi kumpulan jurnal perjalanan yang ditulis Mary Sasmiro dengan gaya bahasa yang santai dan enak dibaca. Mary merasa dirinya adalah reinkarnasi dari seseorang yang pernah hidup di London tahun 1960-an, oleh karena itu dia terobsesi untuk pergi ke London. Selain London ia juga kagum dengan Tiffany & Co. di Fifth Avenue, New York, kekagumannya berawal saat dia menyaksikan Audrey Hepburn di film Breakfast at Tiffany. Dengan Indah, Mary coba menceritakan pemandangan yang sangat memukau di atas balon udara di Cappadocia, Turki. Selain itu Mary juga mengungkapkan rasa cintanya pada era kolonial di Negara-negara Asia Tenggara. Mary Sasmiro mengajak pembaca untuk menikmati dunia traveling dengan hati bukan hanya dengan mata. (Teks: Bayu, Foto: Istimewa)


Symphony

Benyamin on Jazz Tribute to The Legend

B

ila ingin mendengarkan tembang betawi yang dibawakan Benyamin Sueb dalam komposisi Jazz., album Benyamin on Jazz menghadirkan Tribute to The Legend merupakan kado dari para musisi jazz muda kepada mendiang Benyamin Sueb. 12 lagu dirilis ulang oleh sejumlah musisi yang merubah aransemennya dengan berbeda dari versi aslinya. Seperti Paling Enak dinyanyikan Soundshine feat R2 Rhythm, Nonton Bioskop oleh Subway Heat, Perkutut oleh Indra Aryadi, Sang Bango oleh Didiet, Nangke Lande oleh Indro Hardjodikoro, Janda Kembang, Gerimis Aje oleh Inna Kamarie, Superman Yessi Kristianto Project, Badminton oleh Krishna Balagita Trio, Keluarga Gila, Kompor Meleduk dan Disini Aje/Timbel. Perubahan hasil improvisasi dalam Jazz memang sah-sah saja, namun bagi penggemar yang sudah terbiasa dengan lagu aslinya menjadi sangat asing didengar. (Teks: Tony Santana, Foto: Istimewa)

Iwan Fals & Sawung Jabo Anak Wayang

S

alah satu album reflektif yang menjadi proyek Iwan Fals dan Sawung Jabo adalah Anak Wayang. Keenam lagu di album ini digarap dengan konsep akustik. Kolaborasi keduanya patut diacungi jempol. Masing-masing memiliki karakter vokal berbeda. Iwan Fals sanggup bermain di nadanada tinggi, sementara Sawung Jabo menimpali dengan alunan rendah. Beberapa lagu yang patut disimak adalah Anak Wayang dan Dihatimu aku Berlindung. Iwan Fals dan Sawung Jabo memiliki karakter kuat dalam mencipta lagu. Sebelum album ini keduanya sempat menggarap Dalbo dengan konsep musik berbeda. Era 90-an menjadi tahun-tahun produktivitas Iwan Fals. Dia seperti musisi yang belum puas dengan apa yang sudah disandangnya. Iwan Fals mengaku tidak akan pernah berhenti belajar dan sejumlah kolaborasi dengan banyak musisi menjadi proyek belajarnya yang selalu menuai sukses. (Teks: Tony Santana, Foto: Istimewa)

20

Mei 2013

www.telkomvision.com


Symphony

Ali Akbar Puisiku Terbang

M

usisi, penyanyi sekaligus produser pernah dilakoni Ali Akbar. Namanya dikenal sejalan perkembangan musik rock dekade 90-an dan sempat melambungkan band Gong 2000 yang dimotori Ian Antono. Dalam Puisiku Terbang, Ali Akbar menjelaskan sikap dan ekspresinya bersama Pay, Ian Antono dan Eet Syahranie. Lagu Puisiku Terbang disajikan sederhana dengan musik digarap Pay dengan lirik Ali Akbar ini cukup melenakan. Dalam Mata Cinta dukungan musisi Zoer (gitar akustik dan Elektrik, backing vokal), Zainal (bas, backing vokal) dan Pujie (drum), Ali Akbar menyajikan komposisi nada yang padat. Dalam Mana Mungkin Kita Satu dibawakan secara santai berbalut nada reggae. Sajian Ali Akbar dalam Inovasi = Topeng dibuat rock yang sarat pesan. (Teks: Tony Santana, Foto: Istimewa)

Emerald Band Baralek Gadang

A

lbum karya Emerald Band bertajuk Baralek Gadang tidak bisa dilepaskan dari jajaran album Jazz Fusion tanah air. Karakter bermusik Emerald sangat kental dengan nuansa Jazz, pakem yang diambil terkadang aneh namun masih tetap enak di telinga. Bisa dimaklumi, para personelnya yang terdiri dari Ricky Johannes (Vokal), Morgan Sigarlaki (Guitar), Edwin Saladdin (Keyboard), Roedyanto (Bass) dan Yayang (Drum) merupakan musisi berbakat dengan segudang prestasi. Seluruh lagu dalam Baralek Gadang digarap secara total. Komposisi Hanya Angan dibawakan dengan ala Fusion. Lagu Baralek Gadang dibawakan secara instrumental dan menghadirkan nuansa musik Sumatra Barat (Padang). (Teks: Tony Santana, Foto: Istimewa)

www.telkomvision.com

Mei 2013

21


On Screen

Cinta Brontosaurus

F

ilm bergenre drama yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini bercerita tentang perjalanan seorang penulis bernama Dika (Raditya Dika) yang baru saja putus cinta dengan pacaranya yang bernama Nina (Pamela Bowie). Semenjak putus cinta, Dika baru percaya bahwa cinta bisa kadaluarsa. Dalam keadaan yang dilema, Kosasih (Soleh Solihun), agen naskah Dika, mencoba untuk membuat Dika yakin terhadap cintanya yang lalu, seperti Kosasih yang yakin dengan istrinya Wanda (Tyas Mirasih). Namun, saat Dika ingin menemukan cintanya kembali, ia malah ketemu dengan Jessica (Eriska Rein), seorang perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Perkenalan pun kian berlanjut. Tertarik dengan cerita yang dibukukan ini, Mr. Soe Lim (Ronny P. Tjandra), menawarkan untuk memfilmkannya, dengan judul Cinta Brontosaurus. Dika pun tertarik untuk menulis naskah tersebut. Sayangnya, masalah mulai timbul saat Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika menjadi film horror yang sedang laku. Intrik pun dimulai‌! (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

Coboy Junior The Movie

D

ibawah asuhan sutradara Anggy Umbara, film berdurasi 90 menit ini menceritakan tentang perjuangan personil COBOY JUNIOR dalam mengikuti sebuah kompetisi Sing & Dance terbesar di Indonesia, setelah baru dibentuknya group Boyband tersebut oleh Patrick, seorang producer music ternama. Dalam kompetisi ini, BASTIAN harus menjadi sosok yang bisa mempererat teman-teman karena kemampuan dance BASTIAN dan crew yang menjadi poin penting dalam kompetisi. IQBAL harus menentukan prioritas dalam menentukan tujuan hidupnya. ALDI, harus bisa memilah antara persahabatan dengan Lovely dan kekompakan COBOY JUNIOR. Serta KIKI, yang terus memberikan masukan-masukan untuk kemajuan Boyband mereka. Film ini melibatkan 100 dancers professional dan menggunakan 20 lagu terpopuler dalam 4 dekade terakhir yang diaransemen ulang dengan modern music & dance. Film ini didukung oleh sederet artis ternama, seperti Nirina Zubir, Dewi Sandra, Ananda Omesh, Iwa K, Irgi Fahrezi, Joe P Project, Indra Bekti, Meisya Siregar, dll. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

22

Mei 2013

www.telkomvision.com


On Screen

9 Summers 10 Autumns

D

iadaptasi dari buku best seller, film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah ini memang diangkat dari kisah nyata 9 Summers 10 Autumns yang mengisahkan anak sopir angkot di kota Batu, Jawa Timur. Penulis yang hidup dengan keterbatasan ekonomi, namun mampu menembus batas mimpi dan sukses menjadi direktur di sebuah perusahaan multinasional di New York, Amerika Serikat. Semua itu bisa dicapai berkat adanya kegigihan, cinta dan kebersamaan keluarga. 9 Summers 10 Autumns adalah kisah inspiratif tentang keberanian menembus batas ketakutan, untuk keluarga, untuk cinta. Namun, ditengah puncak karirnya tersebut, dirinya justru memutuskan untuk pulang ke negara asalnya, untuk menyumbangsihkan ilmunya agar berguna bagi kemajuan negerinya. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

Finding Srimulat

www.telkomvision.com

K

ali ini, Reza Rahardian harus berperan sebagai pasangan muda bernama Adika Fajar dan Astrid Lyanna (Rianti Cartwright). Keduanya memiliki mimpi yang sama, yaitu untuk bisa hidup mandiri dalam film layar berjudul finding Srimulat di bawah arahan sutradara Charles Gozali. Namun, di tengah keinginannya untuk mewujudkan kemandiriannya tersebut, Astrid dikaruniakan kehamilan. Mau tidak mau, Adika harus mempersiapkan semuanya agar proses persalinannya berjalan lancar. Namun, lantaran pengkhianatan rekan kerja Adika, JoLim (Fauzi Baadilla) justru menempatkan EO tempat Adi bekerja berada di jurang kebangkrutan. Adika pun harus segera mencari cara untuk mengatasi hal ini. Secara tidak sengaja, ketika kendaraannya mogok di depan restoran milik Kadir, salah seorang anggota senior Srimulat, Adika yang berpengalaman dalam bidang EO justru mendapatkan ide untuk untuk membawa Srimulat kembali pentas dalam sebuah pertunjukkan. Ide ini pun disambut positif oleh para anggota Srimulat lainnya. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

Mei 2013

23


Up Coming

Concert AEROSMITH “THE GLOBAL WARMING WORLD TOUR” 11 MEI 2013, JIEXPO KEMAYORAN JAKARTA

K

emeriahan bakal hadir sepanjang perjalanan mei 2013 kali ini, beragam acara berkelas telah bersiap menyajikan hiburan berkualitas bagi Anda semua. Bagi pecinta musik, bulan Mei dijamin bakal memanjakan Anda. Lengkingan suara Steven Tyler dan petikan gitar garang Joe Perry bakal unjuk gigi menghibur Anda bersama band mereka Aerosmith, tanggal 11 Mei 2013 dipanggung JIIEXPO Kemayoran jakarta. Selain Aerosmith, di penghujung Mei, tepatnya tanggal 31, gantian band idola remaja tahun 90an Arkarna bakal menampilkan lagu hits mereka di Tenis Indoor Senayan Jakarta. Bagi para pemuda bulan Mei pun, memiliki agenda khusus buat Anda. Gelaran tahunan Indonesia Youth Forum 2013 bakal di gelar marathon dari tanggal 23 hingga 26 Mei 2013 di Kota Kembang Bandung. Selanjutnya ada pula Jakarta Fashion and Food Festival 2013 yang bakal jadi pilihan berkulitas mengisi kegiatan, bagi Anda pecinta kuliner dan juga

ARKARNA “PARTY TOUR INDONESIA 2012” 31 MEI 2013, TENIS INDOR SENAYAN, JAKARTA

fesyen , gelaran tersebut bakal hadir di Mal kelapa Gading, la Piazza dan Hotel Harris Kelapa Gading.

A

cara spektakuler lainnya ialah perayaan Waisak, di Candi Borobudur yang bakal diisi dengan kegiatan melepas lampion

INDONESIA YOUTH FORUM 2013 BANDUNG, 23-26 MEI 2013 More info: www.indonesiayouthforum.com

24

Mei 2013

www.telkomvision.com


Up Coming

Exhibition ke udara. Acara tersebut bakal digelar tanggal 24 hingga 26 Mei 2013. Kemudian gelaran rekomendasi terakhir adalah Kontes Pemilihan Miss Coffee Indonesia 2013, yang akan digelar pada tanggal 6 hingga 20 Mei 2013, di Hotel Bidakara Jakarta. Jadi tak usah bingung untuk mengisi waktu senggang Anda di bulan Mei, karena ragam acara menarik sudah menunggu untuk memberi hiburan. (Teks: Bayu, foto: istimewa)

JAKARTA FASHION and FOOD FESTIVAL 2013

PEMILIHAN MISS COFFEE INDONESIA 2013

9 – 26 MEI 2013, di JAKARTA (MAL KELAPA GADING, LA PIAZZA, DAN HARRIS HOTEL KELAPA GADING)

6 – 20 MEI 2013 HOTEL BIDAKARA JAKARTA

PERAYAAN WAISAK DAN PELEPASAN LAMPION 24 - 26 MEI 2013 CANDI BOROBUDUR, MAGELANG, JAWA TENGAH

www.telkomvision.com

Mei 2013

25


Hang Out

Indonesian Cuisine

in The World

26

Mei 2013

Indonesia memang dikenal akan keanekaragaman budayanya. Dari sini pula, muncullah beragam masakan yang menjadi ciri khas budaya tersebut. Selain tersebar di berbagai pelosok nusantara, tak sedikit pula masakan khas Indonesia yang mendunia. Berikut, beberapa tempat yang menyajikan masakan khas nusantara yang berada di ‘negeri orang’!

www.telkomvision.com


J

ika Anda berlibur ke Hongkong, jangan lupa mampir ke Elgin Street 31 yang tersohor akan kawasan elit dengan hiburan malam dan wisata kulinernya. Salah satu restoran yang berdomisili di wilayah ini adalah So Bali Bali Indonesian Restaurant & Bar, yang tentunya menyajikan makanan favorit ala Indonesia. Resto dua lantai yang buka mulai jam 12 siang sampai 12 malam setiap harinya ini tak hanya menyajikan makanan khas Bali. Sajian khas daerah Indonesia lainnya juga tersedia di sini. Misalnya, rendang daging, gado-gado, karedok, tahu telor, nasi goreng, dan sate. Namun, menu

www.telkomvision.com

Hang Out

So Bali Bali Indonesian Restaurant & Bar @ Hongkong

yang paling banyak dipesan pengunjung adalah rendang daging. So Bali Bali merupakan restoran kelas atas dengan harga menu yang sesuai dengan kalangannya. Untuk Tahu Telor atau Gado-Gado, harganya bisa mencapai 80 dolar Hongkong (sekitar Rp. 95.000,-). Sedangkan Nasi Goreng, kalian harus membayarnya dengan harga 108 dolar Hongkong. Namun, semuanya seakan tak masalah karena pelayanan yang dihadirkan cukup memuaskan para pengunjungnya. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

Mei 2013

27


Hang Out

Bumbu Desa @ Seattle, USA

S

etelah sukses membuka outlet kuliner pertamanya di Kota Kembang, Bandung, kali ini, giliran negeri Paman Sam yang dilirik sebagai negara yang pas untuk memperkenalkan sajian khas masakan Sunda, pedesaan Bumi Parahyangan, Jawa Barat. Untuk menu yang disajikan di restoran itu, sama dengan yang ada di Indonesia, hanya desain interiornya saja yang disesuaikan dengan kondisi di Seattle. Menu tersebut, antara lain Gurame Cobek, Ayam Goreng Laos, Ayam Goreng Bumbu Kecap, Usus Ayam Goreng dan Ati Ampela, Ikan

28

Mei 2013

Gurame Goreng, Kere Ikan, Udang Rarong hingga Karedok dan Pencok Leunca. Mengenai harga, Anda tidak perlu takut. Meski tampilan eksterior dan interiornya tergolong bagus, namun harganya terjangkau. Sedangkan, untuk jam operasionalnya sendiri, sang pemilik Bumbu Desa , Arief Wirawangsadita belum banyak berkomentar. Yang jelas, karena masih penjajakan, tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi dan peraturan yang berlaku di Seattle. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

www.telkomvision.com


Hang Out

Nusa Dua @ Inggris

J

ika ingin mengobati kerinduan akan cita rasa kuliner khas Indonesia, namun Anda sedang berada di London, silahkan mampir saja ke Dean Street, Soho. Di jamin, Anda akan dipuaskan dengan beragam menu khas Indonesia yang menggugah selera dengan balutan khas pribumi yang kental dengan ukiran jepara dan lukisan Bali di sudut ruangannya. Masakan khas Indonesia yang disajikan disini menggunakan bumbu-bumbu tradisional seperti serai, daun jeruk dan asam. Mulai dari

www.telkomvision.com

sayur asam, ikan acar kuning atau coba juga nasi goreng dan udang baladonya, serta menu favorit, kambing bakar. Soal harga, rumah makan yang berdiri pada 1999 itu memasang harga makanan antara 7-15 pound. Untuk jam operasional, Resto Nusa Dua ini menyesuaikan dengan kondisi market di London pada umumnya. Jika sedang ada event-event tertentu, biasanya bisa buka hingga larut malam. (Teks: Indra Gunawan, Foto: Istimewa)

Mei 2013

29


Special Feature

Tuntutlah Ilmu ke Indonesia, Begitu Kata Mereka! Teks: Tony Santana dan berbagai sumber Foto: Istimewa

Di usia TelkomVision 16 tahun, TelkomVision ingin menunjukkan bahwa kecintaan terhadap Indonesia tidak hanya dirasakan oleh bangsa sendiri namun juga oleh bangsa lain di dunia. Mereka bahkan berminat menuntut ilmu hingga ke Indonesia dan mengenal lebih dekat budaya masyarakat Indonesia.

S

elama ini cukup banyak pelajar warga negara asing tertarik mempelajari berbagai studi di Indonesia. Bahkan pemerintah AS mendorong pelajarnya untuk bisa mengenyam pendidikan di Indonesia khususnya di perguruan tinggi. Jumlah pelajar maupun mahasiswa AS saat ini yang belajar di Indonesia cukup banyak, alasannya adalah bahwa setiap tujuan negara untuk kepentingan pendidikan memiliki keunggulan masing-masing. Seperti halnya di Indonesia memiliki keunggulan sejarah dan budaya. Selain itu ketertarikan

30

Mei 2013

www.telkomvision.com


Special Feature

Universitas Negeri Makassar

untuk belajar di Indonesia juga mempererat hubungan bilateral antara kedua negara. Pertukaran pelajar atau mahasiswa merupakan langkah efektif menjaga dan meningkatkan hubungan kedua negara. Artinya akan terdapat kedekatan emosional ketika melakukan proses

www.telkomvision.com

Jumlah pelajar maupun mahasiswa AS saat ini yang belajar di Indonesia cukup banyak, alasannya adalah bahwa setiap tujuan negara untuk kepentingan pendidikan memiliki keunggulan masingmasing. Seperti halnya di Indonesia memiliki keunggulan sejarah dan budaya.

Mei 2013

31


Special Feature

pembelajaran di masing-masing negara. Sebuah lembaga pendidikan yang berpusat di Amerika, yakni Academic Partnerships International (API), ingin menjembatani mahasiswa asing untuk kuliah di Program Pascasarjana, salah satunya di Universitas Negeri Makassar. Tentunya Makassar juga memiliki daya tarik baik dalam budaya dan kuliner salah satunya adalah coto Makassar serta ikanikan bakarnya. Beberapa mahasiswa asing juga ada yang mengikuti program student exchange di Universitas Airlangga (Unair). Kelima orang mahasiswa dari Faculty of Dentistry Hiroshima University tersebut mengikuti program international exchange di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair. Mereka menempuh studi singkat di FKG Unair selama 10 hari sejak 11-20 Maret 2013. Unair memang sudah lama menjalin kerjasama dengan Hiroshima University sejak tahun 1970. Namun, untuk mahasiswa Hiroshima University yang kuliah di FKG baru pertama ini. Mereka juga akan belajar kebudayaan Indonesia seperti menari saman.

32

Mei 2013

www.telkomvision.com


Special Feature

Mahasiswa asal Malaysia merupakan yang terbanyak diantara mahasiswa asing yang mengambil program studi di perguruan tinggi di Indonesia dengan jumlah 6.000 orang, bahkan tahun ini ditargetkan meningkat 20 persen dibanding sebelumnya. Para pelajar Malaysia yang ingin berkuliah di Indonesia ini mengambil bidang studi kedokteran, farmasi, ilmu agama Islam termasuk fakultas tehnik. Kendati tersebar dibeberapa universitas seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Surakarta serta beberapa tempat lainnya, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki jumlah mahasiswa Malaysia terbanyak dibanding mahasiswa asing lainnya. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS PBSI) ternyata telah menunjukkan citra positif sebagai penyelenggara pendidikan untuk mencetak tenaga guru. Kiprahnya tidak hanya di diakui di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Program tersebut telah menjaring mahasiswa dari berbagai negara misalnya Kamboja, Laos, Madagaskar, Jerman, Slovakia, Vietnam, Thailand, Irak dan Mesir. Bahkan di tahun 2012 dua mahasiswa dari Thailand tengah menempuh pendidikan di PS PBSI untuk belajar pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Keduanya mendapatkan beasiswa setiap bulannya dan jaminan kesehatan dari Universitas Jember.

www.telkomvision.com

Mei 2013

33


Fashion

Tex Saverio Desainer Indonesia yang Mendunia Teks: Yuniska Mega Putri Foto: Istimewa

Berawal dari sebuah brand bernama Saverio, seorang pemuda berbakat berhasil menggemparkan dunia fashion nasional dengan karya fenomenalnya. Nama Indonesia menjadi perbincangan semenjak karyanya dipakai beberapa selebriti terkemuka dunia.

S

atu lagi anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kini, dunia fashion Indonesia semakin semarak seiring menanjaknya nama Tex Saverio di kancah fashion internasional. Namanya mulai dikenal ketika secara mengejutkan gaun rancangannya digunakan Lady Gaga pada pemotretan majalah Harper’s Bazaar. Di salah satu foto dalam majalah yang terbit di Amerika itu, Lady Gaga tampil menakjubkan dengan gaun hitam transparan yang dipenuhi aksen frocks dan bunga besar. Tak diragukan lagi, setelah Harper’s

Mei 2013

www.telkomvision.com


Tex Saverio, atau akrab disapa Rio, merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kedua orang tuanya, Effendi Gunawan dan Tan Pit Hoa, sempat keberatan dengan keputusan Rio untuk berhenti dari sekolah formal dan memilih sekolah desain. Namun sikap keras Rio meluluhkan hati orangtuanya hingga mengijinkan Rio untuk melanjutkan sekolah di Bunka School of Fashion Jakarta sekitar tahun 2003. Dari sana, Rio mulai magang dan bekerja paruh waktu di Phalie Studio.

perbincangan karena selain bentuknya yang unik, La Glacon merupakan busana yang pada akhirnya dipakai oleh penyanyi internasional sekelas Lady Gaga.

Sebelum benar-benar terjun ke dunia fashion profesional, pria kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1984 ini menjajal kemampuannya melalui beberapa kompetisi fashion baik di dalam maupun di luar negeri. Beberapa prestasi yang pernah diraihnya antara lain adalah Prix d’Incitation dalam Concours International des Jeunes Créateurs de Mode 2004 di Paris, Perancis. Kemudian ia juga mendapat penghargaan dari Mercedes-Benz Asia Fashion Award 2006.

Bukan hanya itu saja, Lady Gaga juga sempat menggunakan gaun rancangan Tex Saverio pada iklan parfum Fame, miliknya. Karya Tex Saverio yang lain juga dipakai Kim Kardashian dalam sesi pemotretan dengan majalah Elle US. Gaun panjang dengan detail cut-out bulat di bagian atas dan bagian bawahnya melebar ini terlihat megah dikenakan Kim yang berpose membelakangi kamera. Karya lain Tex Saverio yang juga menjadi perbincangan di jagad fashin internasional adalah sebuah gaun pengantin yang dikenakan Jennifer Lawrence dalam film sekuel dari The Hunger Games, yakni ‘Catching Fire’. Bahkan gaun berwarna putih itu mendapat pujian dari seorang bloger terkenal, Perez Hilton. Dalam blog pribadinya tersebut, Perez Hilton mengatakan bahwa Tex Saverio merupakan Alexander McQueen versi Indonesia. Perez mengaku sangat terpukau dengan gaun yang terbuat dari bahan Chiffon bertabur Kristal Swarovski dan diberi aksen metal ini.

Di usia belia, yakni ketika menginjak usia 26 tahun, Rio meluncurkaan labelnya sendiri, bernama Saverio. Pada tahun 2010, rancangan buasananya yang fenomenal diperkenalkan di Jakarta Fashin Week. Gaun bernama La Glacon dan My Courtesan ini pada akhirnya menjadi

Dalam satu kali kesempatan, Tex Saverio menulis, “I’m proud to be Indonesian,” dalam akun twitternya. Sebagai salah satu warga Indonesia, sudah sepatutnya kita juga bangga menjadi seorang Indonesia yang memiliki perancang muda berbakat sekelas Tex Saverio.

www.telkomvision.com

Mei 2013

37

Fashion

Bazaar terbit pada bulan Mei 2011 lalu, nama Tex Saverio mulai ramai diperbincangkan.


Lovely

Buka Mata dan Hati Tentang Lupus

Teks: Yuniska Mega Putri Foto: Istimewa

Bagi tubuh, sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting karena melindungi tubuh dari hal-hal yang bersifat asing bagi tubuh. Namun bagaimana jika sistem kekebalan tubuh Anda terlalu berlebihan dan justru ‘memusuhi’ jaringan tubuh Anda sendiri?

M

ungkin sebagian dari Anda masih asing dengan penyakit bernama lupus. Penyakit yang setara dengan kanker ini dalam istilah bahasa latin berarti anjing hutan atau serigala, ada juga yang menyebutnya sebagai penyakit seribu wajah atau si peniru ulung. Bukan karena penyakit ini ditularkan oleh serigala atau anjing hutan, melainkan karena penyakit ini menyebabkan kelainan pada kulit bagian pipi dan hidung yang membuat wajah penderitanya seakan berubah. Tidak sedikit orang yang terserang lupus, tercatat sekitar 5 juta jiwa terdeteksi setiap tahunnya. Lupus, atau dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE), adalah

38

Mei 2013

suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi rusak dan mempengaruhi berbagai macam jaringan tubuh, diantaranya adalah kulit, sendi, otot, darah, otak, jantung, paru-paru, dan sebagainya. Penyakit ini membuat tubuh menganggap jaringan dalam tubuh sebagai benda asing, sehingga dalam ilmu imunologi, lupus merupakan kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS. Pada lupus, tubuh akan bertindak secara berlebihan terhadap rangsangan dari sesuatu yang dianggap asing dan membentuk antibody yang justru ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri. Pada dasarnya penyakit lupus terbagi menjadi

www.telkomvision.com


Hingga kini belum ada jawaban pasti dari pertanyaan bagaimana dan mengapa lupus bisa berkembang. Para ahli mengatakan, penyebab penyakit lupus kemungkinan adalah hasil dari percampuran faktor genetik, hormonal, dan lingkungan seperti obat-obatan, makanan, racun, dan sinar matahari. Perlu diwaspadai, karena lupus dapat menyerang siapa saja. Para peneliti memperkirakan hormon estrogen, yakni hormon yang dimiliki wanita, memiliki kaitan dengan penyakit lupus, karena diketahui 9 dari 10 orang penderita lupus adalah wanita. Hingga kini belum ada obat yang dapat menyembuhkan lupus, tetapi ada beberapa pengobatan yang dirasa efektif mengurangi gejala penyakit lupus. Sebagian besar gejala lupus adalah dari peradangan (pembengkakan), sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan memfokuskan pada pengurangan pembengkakan. Obat-obatan yang dapat dikonsumsi adalah Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID). NSAID sering digunakan untuk mengurangi nyeri sendi dan otot dan peradangan pada orang yang memiliki lupus ringan. Lalu obat antimalarial, dimana pada umumnya digunakan untuk mencegah atau mengobati malaria, digunakan untuk mengobati nyeri sendi, ruam kulit, dan bisul. Juga dapat menggunakan Hormon

www.telkomvision.com

Kortikosteroid, yaitu obat kuat yang mengurangi peradangan pada berbagai jaringan tubuh. Mereka dapat diaplikasikan melalui mulut, dicampur dalam krim yang diaplikasikan pada kulit, atau dengan suntikan. Kortikosteroid yang sering digunakan untuk mengobati lupus adalah prednisone. Kemudian, Agen imunosupresif atau kemoterapi. Agen ini digunakan dalam kasus-kasus serius lupus, ketika organ utama kehilangan kemampuan mereka untuk berfungsi. Obat ini menekan sistem kekebalan tubuh untuk membatasi kerusakan pada organ. Contohnya adalah azathioprine (Imuran) dan cyclophosphamide (Cytoxan). Penderita lupus harus selalu bekerja sama dengan tim perawat dan dokter untuk memastikan bahwa rencana pengobatan berjalan lancar dan sukses, karena beberapa pengobatan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya. Sebaiknya segera melaporkan setiap gejala baru kepada tim perawat.

Pada umumnya, gejala penyakit lupus adalah seperti berikut ini: • Terjadi gangguan pada pencernaan • Kulit akan mudah gosong apabila terkena sinar matahari • Badan terasa lemah, demam, dan nyeri pada sendi dan otot • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi dan hidung, mirip seperti kupu-kupu, disebut butterfly rash. Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik • Anemia • Rambut mengalami kerontokan • Sariawan berkepanjangan

Mei 2013

39

Lovely

tiga tipe, yaitu Drug Induced Lupus (DIL), timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu. Namun setelah pemakaian obat dihentikan, umumnya gejala akan hilang. Kemudian Cutaneus Lupus, atau seringkali disebut discoid, dimana lupus tipe ini menyarang kulit. Lalu yang ketiga adalah Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf.


News Flash

Kerjasama Sony Music Entertainment Indonesia, DNA Production dan TelkomVision Hasilkan Kolaborasi Album Musik Anak Sarat Edukasi Bertajuk

“Ananda VCD Karaoke Bersama U&I”

Teks & foto: Yustantia Eka Agustin

Berangkat dari kepedulian akan pentingnya melestarikan lagu anak-anak, maka Sony Music Entertainment Indonesia bekerja sama dengan DNA Production, serta didukung TelkomVision, meluncurkan album bertajuk “ANANDA VCD Karaoke Bersama U&I.” Album ini menampilkan 11 lagu, karya musisi terbaik anak negeri. Lagu-lagu tersebut dibawakan artis-artis kebanggaan Sony Music diantaranya Lana Nitibaskara, Tasya, The Changcuters, Padi, Fadly dan Rindra. 42

April 2013

www.telkomvision.com


kepedulian kepada generasi penerus bangsa dan negeri tercinta,” tutur Fadly.

Dukungan TelkomVision pada album ini sejalan dengan misinya yang mengutamakan sajian tayangan edukasi dan hiburan. TelkomVision senantiasa menghadirkan program acara sarat nilai-nilai manfaat bagi keluarga Indonesia. Salah satunya meluncurkan channel In house, “Ananda” pada 2 Juli 2012 lalu. Channel Ananda merupakan saluran pendidikan dan hiburan untuk anak-anak Indonesia dengan rentang usia 4-11 tahun. Album ANANDA VCD Karaoke Bersama U&I ini resmi diluncurkan pada 26 Maret 2013 oleh Toto Widjojo selaku Managing Director Sony Music Entertainment Indonesia, Agung D.M Sahidi selaku Operation Director TelkomVision dan Rina Novita selaku Direktur DNA Production serta para musisi pengisi lagu di album ini turut hadir.

Sejalan seperti yang diungkapkan Agung D.M Sahidi, Toto Widjojo selaku Managing Director Sony Music Entertainment Indonesia mengungkapkan bahwa “Kami selalu konsisten berupaya memberikan kontribusi terhadap perkembangan musik tanah air, termasuk musik anak-anak dengan memproduksi album-album anak berkualitas, memberikan hiburan namun tetap mendidik. Kami melihat TelkomVision sebagai partner yang potensial untuk bekerjasama sehingga album ini nantinya tidak hanya sekedar bisa didengar namun dapat dilihat video klipnya di channel Ananda,” ungkap Toto.

Fadly selaku salah satu produser mengungkapkan kebanggaannya bergabung dalam album kolaborasi ini. “Musik adalah media universal menyampaikan suatu pesan kepada publik, apalagi pesan tersebut bertujuan membangun karakter dan mengajarkan nilai kebaikan kepada anak-anak. Album ini sebagai satu ide kreatif kami para musisi menuangkan

www.telkomvision.com

Pendapat Fadly ‘Padi’ tersebut turut diamini Agung D.M Sahidi selaku Operation Director TelkomVision yang mengungkapkan bahwa “Diluncurkannya album ini diharapkan mewarnai ragam industri Indonesia dimana saat ini mayoritas musik Indonesia tengah dibombardir lagu dewasa dan musik anakanak masih kurang beragam. Hal ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang si anak karena mereka dipaksa menyanyikan lagu-lagu yang tidak sesuai usianya dan belum pada waktunya. Tak hanya itu, album ini sarat nilai edukasi yang dapat membantu para orangtua menanamkan nilai edukasi kepada sang buah hati,” tegas Agung.

Rina Novita selaku Direktur DNA Production juga turut menambahkan bahwa “Kedepannya diharapkan album ini menjadi  salah satu media pembelajaran yang sehat sehingga dapat membentuk karakter anak-anak Indonesia dan anak-anak dimanapun untuk berwawasan luas, berakhlak mulia dan bertanggung jawab”.  Mari dukung peduli lagu anak-anak!

April 2013

43

News Flash

A

lbum ini disajikan dalam komposisi musik yang riang, dimana lirik lagunya yang positif menjadi motivasi bagi anak-anak dalam berbuat kebaikan. Seperti lagu-lagu Baca Bukumu (Fadly), Ayo Sekolah (Green Voices), Cita Citaku (Lana Nitibaskara), Sahabat Selamanya (Padi). Sebagai sebuah karya yang dedikasikan untuk anakanak dan diharapkan dapat dinikmati secara luas dan universal, TelkomVision & Sony Music Entertainment Indonesia menggandeng mitra Les Copaque dari Malaysia menghadirkan karakter idola anak yaitu Upin dan Ipin dalam album ini. Karakter Upin dan Ipin yang sukses menjadi idola anak-anak diharapkan menjadi jembatan memudahkan karya ini diterima anak-anak. Apalagi album ini juga akan dirilis di Malaysia.


Destination

Teks: Tony Santana dan berbagai sumber Foto: Istimewa

Suriname,

Ini Juga Indonesia Kita!

Suriname sebelumnya bernama Guyana Belanda karena Suriname adalah bekas negara jajahan Belanda. Karena Indonesia pernah dijajah Belanda, Belandalah yang membawa orang Indonesia ke Suriname. Semacam kolonisasi tenaga kerja untuk membuka tanah pertanian di daerah yang baru untuk kepentingan pemerintah Hindia Belanda dan akhirnya hingga saat ini tetap bermukim disana sebagai warga negara Suriname.

46

Mei 2013

www.telkomvision.com


Destination

S

uriname sebagaimana diketahui adalah sebuah negara Republik berbatasan dengan Guyana Perancis di Timur dan Guyana di Barat, di selatan Suriname berbatasan dengan Brasil dan di selatannya terdapat Samudra Atlantik, tentu di Benua Amerika tepatnya Amerika Selatan. Suriname dengan Ibukotanya Paramaribo, memproklamasikan kemerdekaannya dari Belanda pada 25 Nopember 1975, dengan jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk 2004 berjumlah 487.024 dengan kepadatan penduduk 3 orang/km2 yang mendiami negara Republik Suriname seluas 160.273 Km2, yang terbagi dalam 10 distrik, negara Republik Suriname dipimpin seorang Presiden. Sebagian besar atau 80% daratan di Suriname masih berupa hutan belukar dan belum terjamah tangan-tangan manusia, hutan ini

www.telkomvision.com

dihuni berbagai macam satwa liar dan negara ini kaya akan ragam flora dan faunanya. Dan daratan di negara ini terbagi dalam tiga bagian yaitu daerah pesisir pantai, daerah savana dan daratan tinggi.

Negeri Orang Indonesia Sebagaimana telah diketahui sebelumnya bahwa orang Indonesia (etnis Jawa) sudah bermukim di Suriname sejak tahun 1880 sekian atau pada abad ke-18 keberadaan orang Indonesia di benua yang ditemukan Colombus ini karena dibawah kolonial Belanda yang menjajah di

Mei 2013

47


Destination

negeri kita pada zaman dahulu kala untuk dipekerjakan sebagai pekerja kontrak pada perkebunan gula dan pengolahan kayu yang dibuka Belanda. Belanda telah menempuh berbagai cara mendapatkan tenaga kerja dari Indonesia, diajak dengan bujukan, paksaan bahkan banyak diantara mereka diculik agar dapat dibawa dan diangkut dengan kapal menuju Suriname. Ribuan tenaga kerja yang direkrut Belanda bukanlah dari etnis Jawa saja, berbagai macam suku etnis di Indonesia juga ikut direkrut, namun pada akhirnya mereka akhirnya berbaur jadi satu menggunakan bahasa Jawa. Di Suriname orang Indonesia tersebar dibeberapa tempat dan kampung yang gampang dikenali karena kampung mereka masih menggunakan nama-nama dalam bahasa Indonesia seperti Desa Tamansari, Desa Tamanrejo dan semacam itu. Untuk mengingat akan tanah airnya Indonesia selain menggunakan nama pemukiman dengan

48

Mei 2013

www.telkomvision.com


Destination

bahasa Indonesia, bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa. Pada tahun 1990 sekitar 34,2% penduduk Suriname atau 143.640 orang keturunan asal Indonesia (etnis jawa) dan merupakan salah satu etnis terbesar di Suriname saat itu. Namun seiring perkembangan jaman banyak diantara mereka pindah mengikuti keluarga dan bermukim di Belanda. Anehnya walau mereka pada umumnya belum pernah melihat Indonesia, mereka sangat fasih berbahasa Jawa yang digunakan sehari-hari dalam pergaulan antara sesama etnis Jawa. Bukan di Suraname saja bahasa Jawa digunakan masyarakat yang berasal dari Indonesia tapi juga di Belanda. Bahkan dari sebuah catatan menyebutkan kurang lebih 65 ribu orang warga negara Suriname etnis Jawa dan 30 puluh ribu orang warga negara Belanda etnis Jawa menggunakan bahasa Jawa dalam bersosialisasi dengan sesama dalam pergaulan sosial di tengah-tengah masyarakatnya. Mungkin ada beberapa dialek yang kurang pas kedengarannya di telinga kita, itu disebabkan pengaruh bahasa Belanda dan bahasa Tongo, namun hanya pada dialek saja yang nampak lucu namun dapat dimengerti dengan baik oleh orang Indonesia bila mendengarnya. Fonologi bahasa Jawa Suriname menggunaan dialek Kedu yang menjadi bahasa induk warga negara Suriname asal Indonesia yang tentunya tak jauh berbeda dengan bahasa Jawa yang baku.

www.telkomvision.com

Mei 2013

49


Cinta Indonesia

PUTRA PUTRI BANGSA PENGHARUM INDONESIA Teks:Bayu, Foto:Istimewa

Siapa bilang Indonesia menjadi “Indonesia� tidak membanggakan?, Siapa juga yang masih menganggap, bahwa Indonesia minim prestasi? Jawabnya kemungkinan besar akan mengacu pada banyak orang Indonesia. Anggapan miring tersebut seperti itu memang masih banyak menyelimuti masyarakat.

A

rus globalisasi yang cenderung memunculkan keunggulan bangsa lain, ditambah pemberitaan media yang lebih senang mengekspos keburukan bangsa, berperan penting membangun persepsi miring dan mengurangi kebanggaan terhadap Indonesia. Namun siapa sangka di balik itu semua, sudah sepantasnya kita harus berbangga, karena banyak anak bangsa yang juga memilki prestasi mendunia, yang tidak kalah kilaunya dengan bangsa lain. Prestasi anak Indonesia tersebut tidak hanya berkilau pada satu bidang, sebut saja olah raga, pendidikan, hingga dunia kreatif . Akan tetapi sangat disayangkan prestasi terang, yang membanggakan tersebut justru sering luput dari perhatian, sebagian disebabkan kurangnya perhatian Indonesia akibat stigma negatif yang terlanjur ada. Berikut ini adalah beberapa anak Indonesia yang punya prestasi mentereng, yang pasti membanggakan kita semua.

52

Mei 2013

ZEFRIZAL NANDA MARDANI (Peraih Emas Olimpiade Astronomi) Mungkin jarang dibayangkan anak Indonesia dapat berprestasi dibidang Astronomi (ilmu perbintangan). Bukan sekedar karena cabangan ilmu sains tersebut tidak jadi mata pelajaran di sekolah, belum banyaknya akses informasi yang menunjang pembelajaran tersebut juga jadi persoalan tersendiri. Namun semua keraguan itu berhasil didobrak Zefrizal Nanda Mardani Anak pasangan guru di Trenggalek Jawa Timur kelahiran 30 Desember 1993 ini, menjadi peraih penghargaan tertinggi Olimpiade Astronomi Internasional di Ukraina pada Oktober 2007 lalu. Kala itu Zef yang masih terdaftar sebagai siswa SMUN 1 Trenggalek, sebenarnya mendaftar untuk olimpiade sains namun terdampar sebagai peserta olimpiade astronomi, bidang yang sama sekali tak pernah dikenalnya sebelumnya secara khusus. Namun berkat kecemerlangan otak Zef, dengan waktu pelatihan dan bimbingan yang singkat, mampu mengantarkannya sebagai peraih medali emas pada ajang itu. Semoga keberhasilan Zef tersebut bisa menjadi inspirasi dan harapan besar munculnya ilmuwan sains kelas dunia khususnya bidang astronomi, macam

www.telkomvision.com


FAHMA WALUYA ROSMANSYAH (PROGAMER) Pada usia 13 tahun Fahma Waluya Rosmansyah berhasil memperoleh penghargaan APICTA Awards dalam lomba pembuatan software di Kuala Lumpur (Malaysia) dalam ajang Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA) International pada Oktober 2010. Di usia yang sangat muda Fatma berhasil membuat software mobile untuk ponsel diantaranya, DUIT (Doa Usaha Ikhlas dan Tawakal), Bahana (Belajar Huruf  Warna Angka), Mantap (Matematika untuk Anak Pintar), Doa Muslim (Prayers for Children) dan Enrich (English for Children). Fatma juga menciptakan game ‘Raid The Mice’ sebuah permainan dengan tema anti korupsi dan pernah dicoba langsung oleh Ketua KPK Abraham Samad pada awal Februari 2012 lalu. Sejak umur 11 tahun Fahma sudah ahli dalam hal pemograman, ia pun pernah dinobatkan sebagai programmer termuda dalam Ovi Store Nokia. RIO HARYANTO (PEMBALAP) Siapa tak kenal Rio Haryanto? Wajahnya pun kian familiar setelah sempat membintangi salah satu produk pembersih wajah beberapa waktu lalu. Rio adalah pembalap Indonesia berusia 20 tahun yang menjadi harapan terbesar Indonesia untuk mengirim wakilnya di ajang lomba jet

www.telkomvision.com

darat nomor satu dunia, Formula One. Kini ia membalap di ajang GP2 Series bersama tim Carlin, dan pada 2011 GP3 Series bersama tim Marussia Manor Racing dan di Auto GP bersama tim DriotArnoux Motorsport (DAMS). Mengawali kariernya di balap gokart pada tahun 2002 ia langsung berhasil meraih Juara Nasional Go-kart kelas kadet. Dalam kejuaraan Formula Asia 2.0 tahun 2008, ia menempati urutan pertama kategori Asia dan urutan ketiga kategori Internasional. Rio kini terjun ke kejuaraan balap mobil Formula BMW Pacific. Menginjak separuh musim 2009, Rio berhasil tujuh kali mencapai finish pertama. Prestasi Rio Haryanto: 2002 - Juara nasional Go-kart kelas kadet,  2005 Penghargaan IMI sebagai Atlet Gokart Junior Terbaik; 2008 - Juara Nasional Go-kart; 2008 Formula Asia 2.0: ke-3, 121 poi;  2008 - Formula Renault Asia: ke-6, 160 poi; 2009 - Juara Formula BMW Pacific 2009;  2010 - GP3 Series: ke-5, 27 poin;  2010 - F1 Test, Virgin VR-01 NI WAYAN MERTAYANI (FOTOGRAFER) Ni Wayan Mertayani merupakan gadis berumur 14 tahun, dan masih pelajar SMP 2 Abang, Karang Asem Bali. Ia adalah seorang anak yatim dan hidup bersama ibunya. Sepulang sekolah biasanya dia membantu ibunya yang seorang pemulung memungut sampah di dekat pantai. Selain itu, Mertayani  juga berjualan makanan sekedar untuk membantu menopang hidup

Mei 2013

53

Cinta Indonesia

Copernicus atau Galileo dari Indonesia. Terus berjuang Zef, Indonesia bangga padamu.


Cinta Indonesia

dan sekolah. Lokasi rumahnya yang berdekatan dengan pantai, membuat para turis kerap singgah ke tempatnya. Suatu ketika, rumahnya kedatangan seorang turis dari Belanda bersama temannya. Mertayani kemudian iseng meminjam

bundar, satu yang menjadi catatan penting buat Jack adalah kebanggaannya menjadi sebagai orang Indonesia. Sikap tersebut dengan polos ia tunjukkan saat ia menerima penghargaan Skill Test di Stadion Old Trafford, Machester, Inggris. Pada kesempatan itu Jack mengatakan bahwa dirinya adalah orang Indonesia, kala ditanya Manajer MU, Sir Alex Ferguson perihal asal bocah 11 tahun itu di sebuah sesi wawancara. Itulah Jack berbakat besar,memiliki cita-cita tinggi memiliki kecintaan mendalam pada tanah air. Nama Lengkap: Jack Alan Brown. Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 2 November 2001

kamera turis tersebut. Kemudian kamera tersebut digunakan olehnya untuk memotret beberapa objek foto. Turis itu menyarankan agar Mertayani mengikuti Lomba Fotografi Internasional di Belanda yang diadakan oleh yayasan Anne Frank. Berbekal 15 foto hasil karyanya, dia berhasil meraih Juara pertama dari 200 fotografer dari berbagai negara. JACK BROWN (PESEPAKBOLA) Harapan baru persepakbolaan nasional, itulah gambaran umum Jack Alan Browm. Bocah kelahiran Jakarta, 2 November 2001 menjadi yang siswa terbaik pada kompetisi “The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School�. Keberhasilan tersebut menjadikan bocah blasteran Indonesia - Inggris tersebut sebagai siswa terbaik di seluruh akademi sepakbola Manchester United sejagad. Dalam kompetisi tersebut Jack yang merupakan penggemar Wayne Rooney tersebut ia mengalah 30 siswa terbaik dari 25 akademi sepakbola MU di seluruh penjuru dunia. Dengan tetap tekun berlatih, Ia bercita-cita menjadi pesepakbola professional tingkat dunia, di masa depan kelak. Selain berbakat besar dalam mengolah kulit 54

Mei 2013

Prestasi: The World Final Skill Test MU Soccer School 2012, Football Tournament Dubai English Speaking School (2011 dan 2011), Best Player of the Year of Sony Tournament (2010 dan 2012), The Best Midfielder IFA Tournamen (2011). Itulah beberapa putra-putri Indonesia yang memilki prestasi mentereng di pentas dunia. Sebagain besara alasan mereka berprestasi tentulah ingin mengejar minat, kemudian menumbuhkan cita-cita, yang kemudian malah membanggakan nama Indonesia. Jadi apakah kita, masih harus kehilangan rasa cinta dan bangga menjadi Indonesia? Anak-anak di atas hanyalah sebagian kecil contoh besarnya potensi yang di miliki Indonesia, karena sesungguhnya masih banyak putra-putri Indonesia sarat prestasi lainnnya yang belum terekspos. Semoga bisa menginspirasi dan juga menumbuhkan kecintaan pada Indonesia.  

www.telkomvision.com


Cinta Indonesia

Tayang Mulai Mei 2013 TelkomVision bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia meluncurkan program terbaru bertajuk Indonesia Channel. Indonesia Channel menayangkan program yang mengeksplorasi potensi keragaman pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dengan harapan menumbuhkan kecintaan terhadap negeri tercinta dan menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Berikut program yang akan tayang di Indonesia Channel: - Indonesia Magazine, informasi di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (parekraf) dari berbagai daerah di Indonesia. - Hi Light Indonesia, informasi satu bidang parekraf paling menonjol dari berbagai daerah. - Indonesia Beyond, potensi parekraf dan rencana pengembangannya di Indonesia. - Indonesia Architech Fashion & Design, aneka ragam keunikan arsitektur bangunan tradisional dan modern serta dunia fashion berbagai daerah Indonesia. - Indonesia Extreme Culinary, mengupas bahan baku, pengolahan atau penyajian ekstrem yang ada dalam kehidupan masyarakat karena mempunyai khasiat. - Indonesia Culinary Hunter, perburuan keanekaragaman resep masakan di Indonesia dari pemilihan bahan baku, pengolahan hingga cara penyajian khas. - Indonesia Shopping, informasi tempat berbelanja murah dan efisien seperti Malioboro di Jogja, Tanah Abang Jakarta, Sukowati Bali. - Extreme Holiday Indonesia, informasi tempat-

www.telkomvision.com

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

tempat liburan berbeda dan bisa memacu andrenalin seperti menyelam dengan hiu di Karimunjawa, Parasailing dll. Indonesia Enjoy Travelling, informasi perjalanan wisata di Indonesia meliputi informasi transportasi dan akomodasi serta rekomendasi waktu yang tepat melakukan wisata. Indonesia Sharing Experience, berbagi informasi antara wisatawan atau selebritis dengan presenter yang bertindak sebagai guide. Indonesia Innovation, berisi prestasi penemuan hal-hal baru yang dilakukan masyarakat kreatif Indonesia dan diakui dunia internasional. Indonesia Life Style, menampilkan gaya hidup masyarakat Indonesia mulai dari fashion, kosmetik, spa asli yang tidak hanya diminati masyarakat Indonesia namun mancanegara. Lensa Indonesia, informasi tentang kegiatan para pelaku kreatif dan karya-karya di bidang Video, Film, Fotografi serta Televisi dan Radio (Broadcasting). Indonesia Paper, menampilkan kreatif di bidang penulisan dan percetakan seperti buku, koran, majalah komik, poster. Indonesia Show, artis Internasional melakukan show di Indonesia dan pertunjukan asli Indonesia seperti sendratari, teater yang banyak digemari masyarakat membuat program ini menarik. Indonesia Imagination, informasi kemajuan industri periklanan Indonesia mulai dari penyusunan dan pengembangan konsep, pengaturan Art Directing, penyusunan Copy, Casting Talent hingga eksekusinya. Indonesia Harmoni, tentang kekayaan dan keunikan musik Indonesia mulai dari musik tradisional sampai kegiatan pelaku musik dan kemajuan industrinya. Indonesia Leisure menampilkan ragam pelayanan kesenangan pribadi (indulge) seperti SPA, lulur, mandi air panas, pijat, dll. Indonesia Heritage, ekplorasi peninggalan bersejarah Indonesia yang kaya, unik dan beragam.

Mei 2013

55


Highlight

Top Gear Korea (Season 3) Setiap Selasa, Mulai 7 Mei, Pukul 20.00 WIB

Pertama dan Eksklusif (Musim Baru) Jangan lewatkan tayangan eksklusif musim terbaru di bulan ini yaitu acara terpopuler yang memacu adrenalin tinggi berjudul TOP GEAR KOREA. Duduk santai dan saksikan apa yang terjadi di musim ini ketika Yeon Jung Hoon (Blood Thirsty Prosecutor) dan rekannya membawakan Anda keseruan dalam tantangan bermobil serta test drive pertama melalui daerah-daerah lokal dan luar negeri. 7 Mei 2013

Episode 1

14 Mei 2013

Episode 2

21 Mei 2013

Episode 3

www.telkomvision.com

Ch 506

Mei 2013

57


AXN AA_Telkomvision_137x208mm_FA.pdf

1

4/5/13

4:30 PM

TONY FERNANDES Group CEO of world’s best low cost airline, AirAsia

WORLD PREMIERE 22 MayǀWed, 8.05pm

Prime Time Is Your Time

Watch AXN on

Ch. 122

Ch. 553

Untuk berlangganan AXN, hubungi call center TelkomVision dan Groovia TV di . Anda juga dapat mengunjungi website www.telkomvision.com atau groovia.tv

®

AN AXN ORIGINAL PRODUCTION


Highlight

KE$HA

MY CRAZY BEAUTIFUL LIFE Setiap Sabtu, Mulai 11 Mei, Pukul 15.30 WIB Tayang Ulang: Setiap Sabtu, Pukul 19.30 WIB Setiap Minggu, Pukul 15.00 WIB Setiap Selasa, Pukul 08.30 WIB Setiap Jumat, Pukul 17.30 WIB

K

e$ha: My Crazy Beautiful Life’ adalah serial dokumenter yang intim dan tanpa batas, membawa kita ke dalam dunia multi-platinum artis rekaman Ke$ha saat ia menghadapi tantangan pribadi dan profesional terbesar dalam hidupnya. Direkam selama dua tahun oleh kakaknya yang juga seorang pembuat film, Lagan Sebert. Serial ini memperlihatkan di belakang layar yang belum pernah terjadi sebelumnya di kehidupan Ke$ha ketika ia baru mulai menjadi seniman dan wanita muda. Para penonton memandang hal ini adalah perjalanan luar biasa secara nyata serta karena ikatan kepercayaan antara sesama saudara dan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya, tidak ada filter dan tidak ada dinding, ini semua nyata dan baku.

www.telkomvision.com

Ch 450

Mei 2013

59


Highlight

Ghost

Hunters

(Season 7)

Setiap Senin - Jumat, Pukul 20.00 WIB 6 Mei – 10 Mei 13 Mei –17 Mei 20 Mei – 24 Mei 27 Mei – 31 Mei

Episode 1 - 5/25 Episode 6 – 10 /25 Episode 11 – 15 /25 Episode 16 – 20 /25

Pertama dan Eksklusif Di siang hari ia adalah seorang tukang pipa, di malam hari ia adalah pemburu hantu. Jason Hawes dan Grant Wilson adalah dua orang tukang pipa bekerja di Roto-Rooter, New England. Mereka juga pendiri dari TAPS (The Atlantic Paranormal Society), sebuah tim peneliti paranormal yang menyelidiki kejadian aneh, menghantui dan lainnya. Acara ini mengikuti penyelidikan mereka dari kontak pertama melalui pengumpulan bukti dan mengungkapkan bukti-bukti tersebut untuk klien. Setiap minggu Jason, Grant, dan timnya menyelidiki sebuah kasus baru, dari mengunjungi taman hiburan angker, dimana mereka mencari kuburan yang dilanda banjir dengan kamera bawah airnya. Tim pemburu hantu ini adalah pertahanan pertama dan terakhir kita melawan hal-hal gaib yang tidak diundang.

Ch 610

60

Mei 2013

www.telkomvision.com


Highlight

FIND ‘EM AND FLIP ‘EM

Setiap Senin, Mulai 27 Mei, Pukul 21.30 WIB

Ch 207

Danny “The Count” Koker adalah seorang legenda Las Vegas yang mengambil, memperbaiki, modifikasi mobil klasik dan sepeda motor serta “membalik” mereka untuk keuntungan. Dikenal dengan penampilannya di Pawn Stars, Danny berjalan, membicarakan dan menafaskan mobil dan motor bongsor Amerika, dari Thunderbird yang vintage dan Corvette yang klasik hingga Harley dan sepeda roda tiga. Ketika ia melihat kendaraan yang diinginkan maupun itu dipamerkan di pelelangan mobil atau diparkir di pinggir jalan depan restoran, ia tidak akan berhenti demi mendapatkannya. Dengan bantuan dari timnya yang berbakat, Danny harus memperbaiki, memodifikasi, menyesuaikan dan menjualnya dengan segera. Setiap episode Counting Cars penuh dengan cerita luar biasa mengenai kendaraan bersejarah, perubahan drastis kendaraan tersebut hingga berkendara dan berbisnis dengan sebaik-baiknya. Lebih detail di historyasia.com dan fb.com/HistoryAsiaTV

www.telkomvision.com

Mei 2013

61


Highlight

MEI 2013 Untuk Rena

Garasi

Tayang Perdana Sabtu, 11 Mei 2013

Tayang Perdana Minggu, 26 Mei 2013

Film ini awalnya terlihat seperti sebuah film anak muda yang membuat suatu band agar terkenal. Gaya (Ayu Ratna), Aga (Fedi Nuril) dan Awan (Aries Budiman) memiliki latar belakang berbeda-beda, membentuk band bernama Garasi. Ketiga personil Garasi ditemukan secara tidak langsung oleh musisi Indra Lesmana, adik Mira Lesmana. Ayu awalnya ikut audisi pencarian bakat Indonesian Idol. Namun sayang dirinya tidak lolos. Indra yang tertarik dengan kepiawaian Ayu bermain gitar, sehingga ia meminta kakaknya, Mira Lesmana meng-casting Ayu. Sedangkan Aries adalah drummer yang kerap mengikuti festival dan sering mendapat gelar sebagai best drummer. Fedi Nuril sebelumnya terkenal sebagai bintang iklan dan aktor ini mendapat kepercayaan untuk memainkan keybord sekaligus gitar. Album perdana mereka diedarkan bersamaan dengan peluncuran film Garasi. Dalam Festival Film Indonesia, Garasi masuk nominasi dalam Tata Musik Terbaik (Piala Citra).

62

Mei 2013

www.telkomvision.com


Tayang Perdana Sabtu, 4 Mei 2013

Highlight

Tayang Perdana Sabtu, 25 Mei 2013

Tayang Perdana Minggu, 19 Mei 2013

Dari CATATAN SEORANG DEMONSTRAN, Riri Riza menghasilkan karya yang megah serta kolosal. Dalam penggarapannya, Riri melibatkan banyak orang baik sebagai pemeran utama dan pendukung, maupun para figuran. GIE bercerita tentang sosok Soe Hoe Gie (Nicholas Saputra), mahasiswa Universitas Indonesia yang kritis sebagai aktivis dan juga seorang pecinta lingkungan. Film ini merupakan biopik kehidupan sang aktivis dengan sedikit dramatisasi. Soe Hoe Gie semasa hidupnya terus memperjuangkan keadilan di Indonesia. Salah satu tujuannya menggerakan mahasiswa untuk menggulingkan rezim Soekarno meski sejatinya ia menghormati Soekarno sebagai founding father Indonesia. GIE menyorot tentang usahanya tersebut serta kehidupannya selepas rezim Soekarno runtuh. GIE berhasil menjadi Film Terbaik FFI 2005. Keikutsertaannya dalam ajang Oscar 2005 tak sampai 5 besar kandidat Best Foreign Language Film.

www.telkomvision.com

Mei 2013

63


Highlight

Tayang Perdana Minggu , 5 Mei 2013

Laskar Pelangi

Diadopsi dari novel laris karya Andrea Hirata dengan judul yang sama menjadi salah satu film yang diputar pada Festival Film International Fukuoka 2009 di Jepang. Disutradarai Riri Riza film ini juga diputar di Barcelona Asian Film Festival 2009 di Spanyol, Singapore International Film Festival 2009, 11th Udine Far East Film Festival di Italia dan Los Angeles Asia Pacific Film Festival 2009 di Amerika Serikat. Laskar Pelangi juga meraih penghargaan The Golden Butterfly Award untuk kategori film terbaik di International Festival of Film for Children dan Young Adults di Hamedan, Iran. Menjadi nominasi film terbaik di Berlin International Film Festival 2009, serta editor terbaik Asian film 2009 di Hongkong. Tayang Perdana Sabtu, 18 Mei 2013

Naga Bonar

Film ini bertemakan perjuangan yang diramu dengan komedi. Asrul Sani, dalam skenarionya yang dikerjakan MT Risyaf, membongkar stereotip kita soal pejuang revolusi. Yang namanya pejuang tidak berlaku bak malaikat atau pemberani yang gagah perkasa. Pejuang juga bisa datang dari kalangan pencopet kelas teri, tunduk pada sang ibu, tapi patriot sejati. Film ini berhasil meraih Film Bioskop Terbaik (Festival Film Indonesia) pada tahun 1987. Bahkan “Apa Kata Dunia� yang kerap diucapkan sang aktor Dedi Mizwar menjadi slogan iklan dari Dirjen Pajak Indonesia.

64

Mei 2013

Tayang Perdana Minggu, 12 Mei 2013

Sang Pemimpi

Film rilisan tahun 2010 dan diangkat dari novel berjudul sama (bagian dari Tetralogi Laskar Pelangi) ini pernah menerima penghargaan di ajang festival film khusus untuk anak dan remaja di Iran, The Isfahan International Film Festival of Children and Young Adults. Sang Pemimpi (The Dreamer) sendiri mendapat penghargaan Golden Butterfly untuk kategori naskah terbaik (the best script). Sang sutradara, Riri Riza mendapatkan CIFEJ Prize untuk kategori sutradara. Dari sisi cerita, film garapan Riri Riza itu sangat menarik dibandingkan film pertamanya, Laskar Pelangi. Film yang menampilkan Ariel sebagai artis pendukungnya tersebut menampilkan cerita yang lebih kompleks. Mulai dari hubungan antara ayah dan anak, masalah remaja pinggiran, hingga ketidakmerataan pembangunan ekonomi di tanah air.

www.telkomvision.com


Golden Screen

The Cell 2 Tayang Perdana Jumat, 3 Mei 2013, Pukul 23.00 WIB Pemeran: Tessie Santiago, Chris Bruno

D

ijuluki “Si Cusp� adalah seorang pembunuh berantai yang membunuh korbannya lalu menghidupkan mereka kembali! Ia melakukannya berulang-ulang hingga mereka memohon untuk dibunuh!

The Stepfather Tayang Perdana Sabtu, 4 Mei 2013, Pukul 20.00 WIB Pemeran: Penn Badgley, Dylan Walsh

M

ichael kembali ke rumah dari sekolah militer dan menemukan ibunya sedang jatuh cinta dan tinggal bersama pacar barunya. Ketika mereka mulai akrab, Michael semakin curiga karena sang pacar baru ibunya tersebut terlalu baik.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

70

Mei 2013

www.telkomvision.com


Golden Screen

Love Lifting Tayang Perdana Minggu, 12 Mei 2013, Pukul 20.00 WIB Pemeran: Chapman To, Eliane Kong

S

ang idola Hong Kong, Elanne Kwong memerankan Li Li seorang atlit angkat beban yang dipaksa untuk pensiun ketika terdiagnosa diabetes. Li Li lalu jatuh cinta dengan tetangga barunya Yung (Chapman To), seorang pemilik bar yang sudah bangkrut dan baru saja bercerai. Kemudian keduanya menikah dan Li Li melahirkan seorang anak laki-laki, pada saat yang sama, keinginan untuk kembali menjadi atlit angkat beban terus terngiang dalam benak Li Li. Walaupun artinya Yung akan menjadi seorang suami dan bapak rumahan, Yung tetap mendukungnya untuk memulai karirnya kembali.

Holding Love Tayang Perdana Minggu, 19 Mei 2013, Pukul 20.00 WIB  Pemeran: Mini Yang, Hawick Lau, Chrissie Chau

M

odel/Aktris Chrissie Chau dan Hawick Lau memintangi film komedi romantis yang bertempat di Cina ini. Mengikuti kisah sebuah pasangan Zhou dan Tao dalam perjalanan ke Sanya, yang berlanjut ke sebuah kasus penculikan. Š Disney *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

71


Golden Screen

Sherlock Holmes: A Game Of Shadows Tayang Perdana, 19 Mei, Pukul 22.00 WIB Pemeran: Robert Downey Jr., Jude Law, Jared Harris

S

herlock Holmes sekali lagi bekerjasama dengan tangan kanannya Dr. Watson untuk mengalahkan musuh bebuyutannya Profesor Moriarty.

(Tersedia dalam Bilingual) ™ & © 2011 Warner Bros. Entertainment Inc.

Unknown Tayang Perdana Sabtu, 18 Mei 2013, Pukul 21.00 WIB Pemeran: Liam Neeson, Diane Kruger, January Jones

S

eorang pria terbangun dan menemukan sang istri tidak mengenalinya. Seorang pria lain telah memakai identitasnya.

(Tersedia dalam Bilingual)

™ & © 2011 Warner Bros. Entertainment Inc. *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

72

Mei 2013

www.telkomvision.com


Golden Screen

A Very Long Engagement Tayang Perdana Jumat, 31 Mei 2013, Pukul 21.00 WIB Pemeran: Audrey Tatou, Gaspard Ulliel

M

athilde menemukan bahwa tunangannya disidang militer dan menghilang dari parit. Ia memulai perjalanan luar biasa untuk mencaritahu nasib sang tunangan.

™ & © 2008 Warner Bros. Entertainment Inc. All Rights Reserved.

The Parent Trap

Tayang Perdana Sabtu, 25 Mei 2013, Pukul 12.00 WIB Pemeran: Lindsay Lohan, Dennis Quaid, Natasha Richardson

S

epasang gadis kembar, terpisah saat dilahirkan. Lalu mereka bertukar tempat tinggal dengan tujuan menyatukan orangtuanya kembali!

© 2012 Warner Bros. Entertainment Inc. *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

73


Most Stylish

Best in the World Tayang Perdana Kamis, 9 Mei 2013, Pukul 20.00 WIB

J

ika sedang di Malaysia, maka Anda telah mendapat jackpot untuk tempat pecinta makanan! Dibumbui oleh cemilan-cemilan lezat pada setiap sudut jalan, Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan! Dengan sang host “Best in the World”, Razif Hashim sebagai pemandu Anda menelusuri surga makanan ini!

Pizza Pilgrimage Tayang Perdana Selasa, 14 Mei 2013, Pukul 20.00 WIB

K

akak-beradik James dan Thom Elliot akan pergi berziarah pizza (Pizza Pilgrimage) ke Mekkah-nya Pizza, Italia! Duo yang sangat berdedikasi kepada sajian sederhana Italia ini akan mempelajari bagaimana cara membuat pizza yang sempurna. Siapa tahu setelah mengikuti perjalanan mereka sampai akhir, Anda akan tertarik untuk berziarah juga! Ciao!

Bake with Anna Olson 3 Tayang Perdana Selasa, 21 Mei 2013, Pukul 20.30 WIB

J

angan membeli kue lagi! Buatlah kue dan muffin Anda sendiri dengan pertolongan sang koki masak terkenal, Anna Olson! Belajarlah dari Anna ketika dia beraksi di dapur dalam musim baru “Cake with Anna Olson” ini! Bersiaplah untuk belajar membuat kue dan mengisi perut Anda dengan sajian lezat dengan sihir Anna saat ia membuat kue-kuenya! *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

74

Mei 2013

www.telkomvision.com


Most Stylish

Giuliana & Bill 5 Setiap Sabtu, Pukul 21.00 WIB (Finale Pada 25 Mei 2013)

K

ita semua senang ketika koresponden E! Giuliana Rancic bertemu cinta dalam hidupnya, yaitu Bill. Kita telah menyaksikan dongeng asmara mereka di layar TV hingga mereka menjadi orangtua. Kini adalah saat yang kita nantikan. Keluarga Rancic menyambut putra mereka, Edward Duke. Tapi tidak pernah ada waktu luang ketika Anda seorang Rancic. Kembali pada kesibukan mereka sebagai pasangan yang kali ini sedang mempersiapkan diri untuk pemotretan pertama bayi mereka dan memutuskan untuk pembaptisan, tetapi keduanya saling berargumen mengenai apa yang harus Duke kenakan. Sementara itu, penundaan mengancam mereka pindah ke Los Angeles. Apakah semua akan baik-baik saja atau menjadi berantakan bagi pasangan ini di akhir musim?

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

75


Most Stylish

All About My Romance Setiap Rabu & Kamis, Mulai 8 Mei 2013, Pukul 19.55 WIB Pemeran: Lee Min Jung, Shin Ha Kyun, Han Chae Ah

S

ebuah drama tentang dua orang yang jatuh cinta meskipun ada perbedaan politik dan ideologi mereka. Lee Min Jung sebagai No Min Young, seorang duta wanita untuk partai progresif yang terjerat dengan karakter Shin Ha Kyun, Kim Soo Young, seorang legislator dari partai konservatif yang juga pesaingnya.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

76

Mei 2013

www.telkomvision.com


Most Stylish

Justified (Season 4)

Setiap Senin-Kamis, Mulai 20 Mei 2013, Pukul 22.00 WIB Pemeran: Timothy Olyphant

D

ikembangkan oleh Graham Yost dan dibintangi Timothy Olyphant, Justified merupakan karya-karya novelis Elmore Leonard, termasuk cerpen Leonard yang berjudul “Fire in the Hole.� Dalam Musim 3 ini, Deputi US Marshal Raylan Givens (Olyphant) berhadapan melawan politikus kotor, kekayaan yang tersembunyi, pemimpin kriminal misterius bernama Limehouse, dan Quarles, seorang gangster ambisius dari Motor City. Musim ini, Raylan akan memcahkan suatu kasus yang sudah lebih dari 30 tahun belum terkuak., mengungkap teka-teki yang mengakar selama sepanjang perjalanannya di masa kanak-kanak dan ayahnya yang seorang kriminal. Sementara itu, Boyd Crowder (Walton Goggins) bertemu Harlan yang terpengaruh oleh seorang pengkhotbah Pantekosta yang memiliki bakat memanipulasi untuk kepentingannya. *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

77


Awesome Kid

Roary the Racing Car Mulai Senin, 6 Mei 2013, Pukul 09.50 WIB

I

kuti petualangan Roary, sebuah mobil bertempat duduk satu yang pintar, nakal dan menakjubkan dan teman-teman mobil balapnya Maxi, Cici dan Tin Top dalam trek balap Silver Hatch.

Dora the Explorer (Episode Baru!) Setiap Senin-Jumat, Mulai 13 Mei 2013, Pukul 10.35 WIB Jangan lewatkan episode-episode terbaru Dora the Explorer bulan Mei ini!

D

alam Baby Bongo’s Music Show, Dora dan Boots membawa Baby Bongo dalam petualangan musikal mereka sembari berbalap ke Big Music Show agar sampai tepat waktu untuk penampilan pertama Baby Bongo. Saksikan juga apa yang terjadi ketika Benny tersesat dalam Pulau Kelapa dalam Benny the Castaway.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

78

Mei 2013

www.telkomvision.com


Awesome Kid

Mia & Me Setiap Senin-Jumat, Mulai 13 Mei 2013, Pukul 15.00 WIB

M

ia & Me mengisahkan Mia yang berusia 12 tahun sedang beradaptasi dengan sekolah baru dalam kehidupan nyatanya sembari berpetualang dalam dunia animasi fantasi Centopia, sebuah tempat yang dihuni oleh kuda unicorn, peri dan naga.

iGoodbye Tayang Perdana Jumat, 31 Mei 2013, Pukul 14.30 WIB

D

alam episode spesial 1 jam ini, Spencer menawarkan untuk mengantar Carly ke acara Ayah-Anak Angkata Udara. Namun ayah mereka Colonel Shay, tidak dapat menemani Carly karena ia sedang mendapat tugas di luar negeri. Ketika Spencer sakit dan tak dapat mengantarnya, Freddie dan Gibby mencoba untuk menghibur Carly dengan mengajaknya jalan-jalan. Colonel Shay mengagetkan semua orang ketika ia sampai tepat waktu untuk membawa Carly ke acara dansa. Ketika mereka kembali dari malamnya yang menyenangkan, Carly kecewa karena ayahnya harus kembali ke Italia malam itu juga dan Carly harus berhadapan dengan suatu keputusan yang sangat sulit!

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

79


Awesome Kid

Premiere

Setiap Senin – Jumat, Pukul 06:20 / 08:55 / 13:35 / 17:45 WIB Juga Sabtu & Minggu, Pukul 06:25 / 13:35 / 18:45 WIB

S

erial animasi baru, Heroes of the City ini tayang perdana bulan Mei di JimJam. Mengisahkan kendaraan-kendaraan penyelamat kota yang lucu dan berwarna-warni dimana mereka saling bekerjasama untuk memecahkan masalah sambil bersenangsenang! emui Mobil Polisi Paulie, Pemadam Kebakaran Fiona, Alarm Alice dan Pengeruk Digsy ketika mereka berangkat dalam petualangan untuk misi penyelamatan mereka. Heroes of the City memperkenalkan tema-tema bervariasi seperti persahabatan, aksi tindakan tanpa pamrih, keberanian, pemecahan masalah dan bekerjasama melalui berbagai pesan positif yang disampaikan melalui cerita-cerita yang menarik dan sederhana.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

80

Mei 2013

www.telkomvision.com


Awesome Kid

Sofia the First: Once Upon A Princess Tayang Perdana Minggu, 5 Mei 2013, Pukul 10.00 WIB

D

i bulan Mei ini – Disney Channel memperkenalkanmu dengan putri terbaru dan termudanya - Sofia The First. Masuki dunia buku dongeng Enchantia, dimana Sofia, seorang gadis kecil yang terbawa ke istana karena ibunya menikah dengan sang raja. Ditolong oleh Fauna, Flora dan Merryweather (para peri dari kisah Sleeping Beauty) dan dengan nasihat-nasihat Cinderella, Sofia belajar beradaptasi dengan keluarga barunya dan menemukan bahwa terlihat seperti bagian kerajaan adalah mudah namun apa yang membuatnya sebagai putri sejati adalah sifat-sifat seperti kejujuran, kesetiaan, keberanian, kemandirian, cinta kasih dan keanggunan.

A Goofy Movie Tayang Perdana Senin, 6 Mei 2013, Pukul 14.00 WIB Tayang Ulang Selasa, 7 Mei 2013, Pukul 11.00 WIB

B

ulan ini Goofy berulang tahun dan kita merayakannya dengan A Goofy Movie!

Film ini menceritakan petualangan Goofy dan anaknya Max (ya, anaknya!) dalam pergi memancing ke Danau Takdir. Namun mereka tersasar ke Los Angeles dan Max bertemu dengan gadis pujaannya! Ini adalah 5 hal jika kamu sebagai fans Goofy harus tahu!

Nama asli Goofy adalah ‘Dippy Dawg’. Dia lamban dalam berpikir bukan bodoh! Pinto Colvig (pengisi suara asli Goofy) menciptakan tawa yang membuat Goofy terkenal Kalimat favorit Goofy adalah ‘Gaswk!’, ‘Well whaddya know’, ‘A-hyuck!’ dan ‘Hah!’ Goofy adalah seorang ayah! Anaknya bernama Max. *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

81


Great Champion

One Asia

T

iga turnamen menarik dari One Asia ada di bulan May! Dengan Volvo China Open , GS Caltex Maekyung Open Championship dan SK Telecom Open!

DATE

TIME

ON-AIR

DETAILS

CHANNELS

2 & 3 Mei

11:30 WIB

LIVE

Volvo China Open

STAR Sports

4 & 5 Mei

11:00 WIB

LIVE

Volvo China Open

STAR Sports

9 – 11 Mei

10:00 WIB

LIVE

GS Caltex Maekyung Open Championship

STAR Sports

12 Mei

09:30 WIB

LIVE

GS Caltex Maekyung Open Championship

STAR Sports

16 – 18 Mei

10:00 WIB

LIVE

SK Telecom Open

STAR Sports

19 Mei

09:30 WIB

LIVE

SK Telecom Open

STAR Sports

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

82

Mei 2013

www.telkomvision.com


Great Champion

2013 Motogp World Championship

M

oto GP pergi ke Jerez di Spanyol pada 5 Mei dan akan ada balapan lain di bulan ini yaitu LeMans di Perancis pada 19 Mei. Tiga tahun belakangan ini hanya terlihat Casey Stoner yang baru saja pensiun atau juara dunia sekarang ini, Jorge Lorenzo, yang memenangkan kedua sirkuit ini. Apakah sejarah akan terulang atau pemenang tahun lalu, Dani Pedrosa akan berjaya bulan ini? DATE 5 Mei 19 Mei

TIME 15:00 WIB 15:00 WIB

STATUS LIVE LIVE

DETAILS Gran Premio bwin de Espana Monster Energy Grand Prix de France

CHANNELS FOX Sports FOX Sports

2013 Formula One World Championship

D

i Grand Prix Spanyol tahun lalu Pastor Maldonado menang pertama kali dengan sangat mengejutkan. Pada kenyataannya, balapan di Barcelona memang spesial, sudah ada 8 pemenang yang berbeda semenjak tahun 2005. Dengan Monte Carlo juga di bulan Mei, dimana Red Bull telah menang selama 3 tahun belakangan, apakah kita akan melihat mereka mengulang dominasinya atau tim-tim lain berpikiran lain?

DATE

TIME

STATUS

10 Mei 13:55 WIB & 17:55 WIB

LIVE

11 Mei 12:55 WIB & 17:50 WIB

LIVE

12 Mei

LIVE

DETAILS CHANNELS F1 Spanish Grand Prix STAR Sports (Practice 1 & 2) F1 Spanish Grand Prix

17:00 WIB

23 Mei 13:55 WIB & 17:55 WIB

LIVE

25 Mei 12:55 WIB & 17:50 WIB

LIVE

26 Mei

LIVE

17:00 WIB

(Practice 3 & Qualifying) F1 Spanish Grand Prix (Main Race) F1 Monaco Grand Prix (Practice 1 & 2) F1 Monaco Grand Prix (Practice 3 & Qualifying) F1 Monaco Grand Prix (Main Race)

STAR Sports FOX Sports STAR Sports STAR Sports STAR Sports

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

83


Great Champion

FIA WTCC Live 5-6 Mei : Hungaroring, Budapest, Hungary - Round 4 19 Mei : Salzburgring, Austria - Round 5 Hungaroring Berada di 20km timur laut dari ibukota Hungaria, sirkuit modern ini dibuat sejak tahun 1986 dan menjadi pembuka untuk pertama kalinya dalam kejuaraan F1 di negara tirai besi, dan menerima FIA WTCC untuk ketiga kalinya. Salzburgring Berada di 15km sebelah timur dari kota bersejarah Salzburg, sirkuit ini dibuat sejak tahun 1968 di dalam dekat perbukitan alpine dan menerima FIA WTCC untuk kedua kalinya. Program Eurosport telah berhasil dan diproduseri serta dipromosikan oleh FIA World Touring Car Championship sejak tahun 2007 dan ke 12 acaranya di musim 2013 ini akan ditayangkan secara langsung di Eurosport.

Kejuaraan tahun ini akan terdiri dari 24 mobil, mengunjungi 4 benua, 12 negara, termasuk Russia untuk pertama kalinya dan kedatangan merk Honda dan LADA. WTCC 2013 akan mengunjungi Russia untuk pertama kalinya, tepatnya 9 Juni berhelat di Moscow. Kesebelas balapan lainnya akan sama seperti di tahun 2012, dibuka di Monza, diikuti di Marrakech dan mengelilingi Eropa. Balapan selanjutnya akan sama seperti musim sebelumnya seperti Brazil, USA, Japan, China dan Macau, dimana finalnya akan berlangsung pada 9 November. Pada tahun 2012, pemenangnya adalah Rob Huff (UK) dan Yvan Muller (France) yang finish di Alain Menu (Swiss). Kedua pembalap tersebut akan memperebutkan juara tahun ini bersama Gabriele Tarquini (Italia). Tahun lalu yang mendapatkan gelar adalah tim Chevrolet disusul oleh BMW Customer Racing Teams dan SEAT Customer Technology.

FIA World Touring Championship 2013 kali ini akan menampilkan dan dibuka sebanyak 24 mobil di Monza pada hari minggu. *Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

84

Mei 2013

www.telkomvision.com


Great Champion

piala. Kompetisi klub rugby Eropa ini akan menjadi musim ke 18. Akan ada 8 tim yang saling memperebutkan titel juara baik dari penyisihan hingga semi final di bulan April (akan ditayangkan langsung di Eurosport): ASM Clermont Auverge (France) v Montpellier (France) Harlequins (England) v Munster Rugby (Ireland) Saracens (England) v Ulster (North Ireland) HEINEKEN CUP FINAL Live Minggu 19 Mei 2013, Tayang Tengah Malam Aviva Stadium: Dublin, Irlandia Musim kejuaraan Heineken Cup akan berakhir hari Sabtu, 18 Mei. Kompetisi rugby terbaik dari seluruh dunia dan merupakan salah satu acara olahraga paling banyak ditonton ini menjadi catatan penting. Sebanyak 6 negara ikut ambil bagian di kompetisi Europe Champions League. Beberapa klub dari Inggris, Perancis, Italia, Irlandia, Wales dan Skotlandia akan saling berkompetisi memperebutkan

Toulon (France) v Leicester Tigers (England) Siapa yang akan menuju ke final di Aviva Stadium, Dublin? Eurosport memiliki hak tayang penuh selama kompetisi berlangsung. Di tahun 2011-12 di final Leinster mengalahkan tim senegaranya irlandia yaitu Ulster 42-14 di hadapan 80 ribu fansnya. Ini menjadi kejuaraan berturut-turut bagi Leinster yang juga menang di 2011 ketika melawan tim Welsh, Northampton Saints 3322 dalam kembalinya mereka dari pemulihan waktu istirahat yaitu 22-6, mencetak point sebanyak 27 di menit 26 di paruh waktu.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

85


Best Knowing

American Unearthed Setiap Rabu, Mulai 8 Mei 2013, Pukul 20.00 WIB

A

merican Unearthed, sebuah serial tentang arkeologi menarik baru yang dipimpin oleh Indiana Jones Scott Walter versi nyata. Menggali peradaban hilang, simbol kuno dan peninggalan agama yang sering mengungkap sejarah mengejutkan tentatng Amerika. Dan menunjukkan bahwa sejarah yang kita semua tahu itu belum tentu terkisah secara menyeluruh.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

86

Mei 2013

www.telkomvision.com


Best Knowing

Ultimate Soldier Challenge Setiap Selasa, Mulai 14 Mei 2013, Pukul 21.00 WIB

U

nit Operasi Spesial Amerika selalu menjadi yang terbaik dari yang terbaik dan melacak asal-usul mereka kembali ke Revolusi Amerika sebagai pasukan pengintai khusus yang dibentuk oleh George Washington. Sekarang, Ultimate Soldier Challenge memasangkan Operasi Khusus Amerika melawan pasukan elit dari seluruh dunia dalam kompetisi satulawan-satu yang melelahkan.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

87


Best Knowing

Managing Asia Setiap Jumat, Pukul 17.30 WIB Sabtu, Pukul 06.30 / 12.30 / 14.00 / 17.00 WIB Minggu, Pukul 05.00/ 06.30 / 09.00 / 16.00 / 19.00 WIB

M

anaging Asia adalah program wawancara handal se-Asia Pasifik yang menampilkan CEO, pengusaha dan para pemimpin bisnis top lainnya di bidang mereka. Acara yang memenangkan penghargaan ini menampilkan pembawa acara Christine Tan saat ia membahas dengan individu-individu tersebut di lokasi yang membuat mereka tergerak, bagaimana mereka mencapai tujuan mulia mereka dan apa artinya menjadi seorang pemimpin bisnis dalam ekonomi global yang baru. Christine duduk dengan perusahaan-perusahaan raksasa dan pengusaha top di wilayah Asia Pasifik untuk mengetahui bagaimana mereka mencapai keberhasilan mereka dan mengapa bisnis mereka berkembang. Setelah satu dekade, “Managing Asia” tetap menjadi satu-satunya program acara di Asia yang menyajikan wawancara mendalam setiap minggu dengan eksekutif bisnis yang memimpin kursus keuangan dan ekonomi daerah. Untuk menemui pemimpin di belakang - dan kadang-kadang ditampilkan dalam - berita utama, bergabunglah dengan Christine dalam “Managing Asia.”

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

88

Mei 2013

www.telkomvision.com


Best Knowing

Squawk Box Setiap Senin-Jumat, Pukul 05.00-08.00 WIB

D

ibawakan oleh Martin Soong, Lisa Oake dan Bernie Lo, “Squawk Box� yang baru terus menjadi inspirasi bisnis bagi komunitas korporat dan finansial. Acara andalan CNBC Asia ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, memberikan pemirsa untuk tetap di depan dengan sekilas info, menghubungkan dengan tokoh pembuat berita dan mengejar berita terpanas, juga yang belum panas.

*Detail program acara TelkomVision dapat dilihat di www.telkomvision.com, atau download di Appworld Blackberry

www.telkomvision.com

Mei 2013

89


Best Knowing

90

Mei 2013

www.telkomvision.com


Mei 2013 - Prime Time TelkomVision