Page 1

7 Tanda Pemuda Pewaris Surga

Bismillaahirohmaanirrohiim

Edisi Perdana Salam Redaksi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pilih EMenjadi Pemuda Galau atau Pemuda Gaul d itu pilihan, dan masa muda adalah masa yang penuh Hidup

Alhamdulillah . . . Puji syukur kita hanturkan kehadirat Allah SWT, atas nikmat ukhuwah dan silaturahim ini sehingga kekeluargaan kita tetap terbangun dan tetap terawat dibawah naungan islam yang terdapat sebuah organisasi rohis didalamnya yaitu ROHIS AR-RASYID SMAN 1 SELAKAU.

i pilihan meskipun secara pribadi tidak terlalu percaya dengan

Sholawat serta salam terus kita haturkan kepada bapak Peradaban sepanjang zaman, yaitu baginda Rosulullah Muhammad S.A.W, karena beliaulah dunia bisa tercerahkan. Serta kepada keluarga beliau, sahabat, tabi’in-tabi’in serta umat yang istiqomah di jalan-Nya.

kita adalah pemuda, masa terkuat dari tiga masa dalam hidup e

Pembaca, semoga buletin Ar-rasyid edisi perdana ini dapat bermanfaat bagi semua khususnya anggota, pengurus, alumni, keluarga besar Rohis Ar-Rasyid, semua warga sekolah dan sekitarnya, juga seluruh umat muslim umumnya yang sempat membaca bulletin ini. Dan juga semoga para pembaca tidak kecewa terhadap isi dari buletin ini dan tidak melewatkan satu kata pun dari buletin ini untuk dibaca.

apakahn kita manusia yang sadar diri atau manusia yang tak

Semoga dengan tulisan ini dapat memberikan manfaat dan barokah bagikita semua. Amiiin . . . .

1)

Orang yang beriman kepada Allah dibalik hati, mulut, dan langkahnya Allah SWT yang diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Tetapi apabila iman itu diiringi dengan perasaan riya dan semata-mata hanya mengharapkan yang lainnya, maka ia akan mendapatkan apa yang diharapkannya tetapi tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT.

2)

Orang yang menjauh dari perkara-perkara yang tiada berguna Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, jauhkan dirimu dari hal-hal yang tidak berguna, dan sibukkan dirimu dengan hal-hal yang berguna bagi dirimu di hari ini dan di hari kemudian. Karena, waktu tidak akan terulang walau hanya satu detik.

3)

Orang yang menunaikan zakatnya Zakat adalah sejumlah harta yang dikeluarkan untuk kaum yang berhak menerimanya, sebagai pembersih jiwa dan harta kita atas hak orang lain. Selain itu zakat wajib hukumnya dan merupakan rukun islam yang keempat.

4)

Orang yang menjaga kemaluannya Dua perkara menyebabkan banyaknya manusia terjerumus ke neraka, yaitu mulut dan kemaluannya. Maka dari itu sobat muslim, jagalah mulut dan peliharalah kemaluanmu, dari hal-hal yang maksiat dan selalu waspadalah terhadap bujuk rayu setan. Karena setan tidak pernah tidur untuk menggodamu dengan seribu topeng keindahan.

5)

Orang yang memelihara amanah Bagi seorang mukmin, amanah adalah senantiasa memegang teguh dua kalimat syahadat, melalui lisan, perilaku, lahir dan batin. Dia adalah salah satu sifat yang harus di kembangkan ketika kita ingin menyucikan jiwa dan mengenal Allah karena dia seakar dengan keimanan. Tidak ada keimanan bagi orag yang tidak menunaikan amanah.

6)

Orang yang memenuhi janjinya “Tidak (sempurna) iman seseorang yang tidak amanah, dan tidak (sempurna) agama orang yang tidak menunaikan janjinya.” (H.R. Ahmad).

7)

Orang yang menjaga waktu terkhusuk didalam shalatnya Waktu terkhusuk didalam shalat adalah saat dimana semua orang tertidur pada sepertiga akhir malam, dalam kesendirian, dan hanya Allah SWT beserta para Malaikatnya saja yang menyaksikannya. “Hendaklah kalian mengerjakan qiamul lail, sesungguhnya itu adalah kebiasaan orag-orang yang saleh sebelum kalian, pendekatan kepada Allah Ta`ala, dapat mencegah dari berbuat dosa, dan menghapus kejahatan.” (H.R. Tirmidzi dai Al-Hakim).

akan itu, s karena ada hal yang yang menentukan yaitu Takdir

Azaii (Takdir yang tidak dapat diubah). Jadi buat apa mikirin i pilihan kalau sebenarnya hidup itu sudah ada jalannya sendiri.

Kalian P setuju sob . . . ?? lebih baik jangan deh . . karena kita. Yang pertama masa anak-anak, yaitu masa dimana kita

r

tidak punya daya apa-apa, kita ibarat kertas putih yang telah

d

mengikat janji pada Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Untuk

a padanya. Kedua, masa muda yaitu masa ujian mengabdi sadar adiri dan terlena akan kenikmatan dunia. Ketiga, masa

tua yaitu masa dimana kita merasakan efek dari pilihan masa muda ikita. Menjadi orang sukses atau menjadi orang gagal, inilah shasil dari masa yang di persiapkan di masa muda karena

di masa ini hampir final menuju pembalasan. Jika di masa

i

mudanya ia berusaha mengejar 7 tanda pewaris surga, maka ia akan terlihat sempurna dan semakin disempurnakan Allah.

P jika ia memanjakan nafsu dan kesenangan di masa Namun,

mudanya e sesungguhnya masa tua adalah arah dari masa-masa mudanya. r

d a n a

Pemuda galau adalah pemuda yang hanyut dalam gelombang kegelisahan, ia biarkan dirinya dimainkan oleh angin diatas lembutnya air yang tak diam. Ia tak mau tahu ia akan kemana dan akan dijadikan apa. Sementara itu, pemuda gaul adalah pemuda yang selalu mencari tahu kenapa aku begini ??, Sehingga ia selalu bahagia dengan posisinya. Karena ia mengerti angin pasti berlalu, sehingga ia bergairah menjalani hidup. "Untuk apa berharap sesuatu yang pada akhirnya hal itu akan membuat anda tersiksa. Kenapa anda harus menangisi pilihan terbaik untuk hidup anda. Bukankah jika Allah mengambil sesuatu dari hambaNya maka Ia akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik?"


Hari Ini Milik Anda Jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore tiba. Hari inilah yang akan anda jalani, bukan hari kemarin yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan kebutuhannya, dan juga bukan hari esok yang belum tentu datang. Hari yang saat ini matahari-Nya menyinarimu dan siang-Nya menyapamu inilah hari mu. Pada hari dimana sobat hidup saat inilah sebaiknya sobat muslim membagi waktu dengan bijak. Jadikanlah setiap menitnya laksana ribuan tahun dan setiap detiknya laksana ratusan bulan. Tanamkanlah kebaikan sebanyak-banyaknya pada hari ini. Dan persembahkanlah sesuatu yang paling indah untuk hari itu. Beristiqfarlah atas semua dosa, ingatlah selalu kepadanya, bersiap-siaplah untuk sebuah perjalanan menuju alam keabadian, dan nikmatilah hari ini dengan segala kesenangan dan kebahagian. Terimalah Rezeki, Tugas-tugas, Cobaan, Ilmu, dan Jabatan sobat setiap hari dengan penuh keridhaan. “Maka berpegang teguhlah dengan apa yang aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang yang bersyukur” (Q.S. Al-A`raf : 144). Hiduplah hari ini tanpa kesedihan, kegalauan, kemarahan, kedengkian dan kebencian. Aku hanya akan hidup hari ini, maka aku akan mengucapkan, “Wahai masa lalu yang telah berlalu dan selesai, tenggelamlah seperti mataharimu. Aku tak akan pernah menangisi kepergianmu, dan kamu tidak akan pernah melihatku termenung sedetikpun untuk mengingatmu. Kamu Telah Meninggalkan kami semua, pergi dan tak pernah kembali lagi. “ “Wahai masa depan, engkau masih dalam kegaiban. Maka, aku tidak akan pernah bermain dengan khayalan dan menjual diri hanya untuk sebuah dugaan. Aku pun tak akan bakal memburu sesuatu yang belum tentu ada, karena esok hari mungkin tak ada sesuatu. Esok hari adalah sesuatu yang belum diciptakan dan tidak ada satupun darinya yang dapat disebutkan”.“Hari ini milik sobat”, adalah ungkapan paling indah dalam “Kamus kebahagiaan”. Kamus bagi mereka yang menginginkan kehidupan yang paling indah dan menyenangkan.

Masalah Manusia Berpangkal Dari Hati Terkait dengan hati, ada beberapa ayat Al-Quran dan Hadits berikut, yang maknanya adalah bahwa semua permasalahan manusia berpangkal dari hati (al-qalb). "Sesungguhnya orang-orang kafir sama saja bagi mereka apakah kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan,mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup.Dan bagi mereka siksa yang amat berat." (QS Al-Baqarah: 6-7). Sesuai dengan artinya, al-qalb adalah bolak-balik – gampang berubah ,senantiasa berkembang, dan pasangsurut, sehingga hati perlu dijaga dengan baik. Jika tidak, hati akan berubah menjadi sakit (al-qalb almaridh), bahkan hati bisa menjadi mati, yang mengeras melebihi kerasnya batu. Seperti yang diterangkan dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 74, Allah SWT berfirman: "Kemudian setelah itu hati kalian menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kalian kerjakan."

Ayat dan Hadist tersebut menjelaskan kenapa dalam masyarakat modern begitu banyak manusia yang memiliki pikiran cerdas, tetapi akhirnya menjadi orang gagal, menjadi orang yang bermasalah. Itu karena mereka memiliki hati yang sakit. Kemampuan indera yang ada di dalam hatinya menjadi lemah, hati tidak bisa melihat lagi sesuatu dalam bentuk yang sebenarnya, hati menjadi galau dan risau. Dan yang lebih fatal, hati menjadi mati, menjadi buta, tuli, bisu, dan lumpuh. Tidak bisa lagi membedakan antara kebenaran, kesesatan, ketakwaan, kemaksiatan, dan lain sebagainya. Pada suatu ketika datanglah seseorang kepada sahabat tersebut meminta nasehat, katanya: "Wahai Ibnu Mas’ud,berilah nasehat yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang sedang gelisah. Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak tenteram, jiwaku gelisah dan Pikiranku kusut, makan tak enak, tidurpun tak nyenyak.” Maka Ibnu Mas’ud menasehatinya, katanya: ”Kalau penyakit itu yang menimpamu,maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat, yaitu ketempat orang membaca Al Quran, engkau baca Al Quran atau engkau dengar baik-baik orang yang membacanya; atau engkau pergi ke pengajian yang mengingatkan hati kepada Allah; atau engkau cari waktu dan tempat yang sunyi, disana engkau berkhalwat menyembah Allah, umpama di waktu tengah malam buta, di saat orang sedang tidur nyenyak, engkau bangun mengerjakan shalat malam, meminta dan memohon kepada Allah ketenangan jiwa, ketentraman pikiran dan kemurnian hati. Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara ini, engkau minta kepada Allah, agar diberi-Nya hati yang lain, sebab hati yang kamu pakai itu, bukan lagi hatimu." Itulah yang kemudian dibuat syairnya oleh Sunan Bonang dalam judul Tombo Ati (Obat Hati).

10 Ingin menguji pengetahuan anda?? IKUTI Islam Quiz (IQ) !! Caranya ?? Jawab Teka-Teki Di Samping. Pertanyaan : 1. Salah satu nama ilmuwan islam dibidang kedokteran. 2. Tingkatan tertinggi dalam ukhuwah. 3. “Rasul” dalam bahasa jepang. 4. Surat cinta Allah. 5. Istilah lain dari kerudung. 6. Salah satu puncak kegemilangan seni islam. 7. Allah maha benar. 8. Salah satu penyakit hati. 9. Nabi yang pernah masuk kedalam mulut ikan. 10. Manusia terbaik. Cara Menjawab : 1. Kirim melalui sms ke 085393715641, Ketik IQ spasi (Nama Lengkap) spasi (Alamat) spasi (No Soal) spasi (Jawaban). 2. Kirim melalui email ke arrasyid_info@yahoo.com, Judul : IQ Isi : (Nama Lengkap) spasi (Alamat) spasi (No. Soal) spasi (Jawaban). 3. Kirim langsung ke Redaksi ROHIS Ar-Rasyid.

7

1

9

8

4 6

5

2

3

Dapatkan Hadiah Menarik Hanya Dengan Mengikuti IQ !!!

Rasulullah SAW bersabda: "Dalam tubuh manusia ada segumpal daging,apabila ia baik, maka baik pula seluruh tubuhnya; dan jika ia rusak, maka rusak pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah, itulah hati." (HR. Bukhori).

Tim Redaksi : Pelindung : Supradto, S.Pd. M.Pd. , Pembina : Mas`Ula S.Ag , Pemimpin Redaksi : Dela , Editor : Yanto , Bendahara : Astika Distributor : Anggota ROHIS Ar-Rasyid. Alamat : Jl. Pantai Polaria Musholla Ar-Rasyid Email : arrasyid_info@yahoo.com,

Buletin Ar-Rasyid  

Berdakwah bersama dengan Buletin Ar-Rasyid

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you