Issuu on Google+

40

Riau Pos

SENIN

2 DESEMBER 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Titip Absen? No! Sama dengan Berbohong Lho Danil: Bro, titip absen ya. Gue malas banget nih masuk kelas. Tio: Titip sama yang lain aja bro, gue takut ketahuan bro. Danil: Bah payah lu bro, gitu aja lu takut. Ntar kalau lu isiin absen gue, gue janji deh nanti malam gue traktir bakso pak kumis. Tio: Hmm... Ya udah deh. Nanti pasti gue isiin kok absen lu bro. Danil: Gitu dong, thangks ya. Ups!... Titip absen? Sebaiknya jangan dilakukan ya sobeX. Kenapa? Karena titip absen sama halnya dengan korupsi. Sadar atau nggak, mau mengakui atau nggak, titip absen adalah bentuk ketidakjujuran. Kok bisa? Orang yang tidak hadir di kelas, tapi ngaku-ngaku kalo dia hadir, dengan cara mewakilkan absensinya ke temannya. Itu kan sama saja dengan korupsi skala kecil sobeX. Dengan tindaka titip titip absen, baik orang yang dititipin maupun yang minta di titipin absen adalah sama-sama terlibat dalam melakukan kebohongan. Kalau hal kecil seperti absensi kehadiran tadi saja sudah nggak jujur, bagaimana dengan hal yang lebih besar? Pendahulu-pendahulu kita, yang mungkin sekarang ini masih hidup bergelimpangan harta dari asal yang tidak halal (salah satunya korupsi), bukan tidak mungkin berawal dari kebohongan kecil seperti ini sobeX. Karena terbiasa bohong pada sesuatu yang kecil, maka lama-kelamaan, tanpa sadar ia akan belajar untuk

berbohong pada skala yang lebih besar, salah satu bentuknya.. mark up, KKN, dll. Budaya titip absen memang paling sering di lakukan para aktifis di bangku kuliah, tapi sebagian besar anak sekolah sudah mulai mengikuti budaya buruk ini. Dilihat dari survei poling Xpresi Riau Pos, ada 73,9 persen para sobeX mengaku memiliki teman yang suka nitip absen. Alasannya karena terlambat datang ke sekolah (31,6 persen), membuat mereka takut masuk ke kelas sehingga lebih memilih untuk bolos sekolah (47,4 persen). Selain itu ada juga teman mereka yang titip absen lantaran bosan belajar di kelas (21,1 persen). “Di kelas ada sih beberapa orang temanku yang suka nitip absen, alasan nitip absen dengan alasan sakit perut dan ada juga yang malas sekolah lantaran galau terus nggak mood deh untuk sekolah. Terkadang aku rada kesal juga mesti berbohong karena ulah mereka,” ungkap siswi SMA Binabangsa Widia Sama halnya dengan Adhil Fajri, Mahasiswa Unri juga mengaku memiliki teman yang suka titip absen. Dia mengaku kesal, tapi harus bagaimana demi pertemanan. “Ada sih beberapa mahasiswa yang suka titip absen, tapi aku cuman isiin absennya sekali aja. Besok nya nggak mau lagi karena takut ketahuan dosen,” ujar cowok yang baru saja duduk di semester 1 ini. Nah untuk para sobeX yang memiliki teman yang suka

PROFILE Responden 180 pelajar SLTP/SLTA sederajat di Pekanbaru

Metode Polling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Dede Amanda ( Siswi SMA Al-Huda) Foto: Wiwin Xpresi Riau Pos IKLAN

Waktu 4-7

SobeX punya teman yang suka titip absen?

Sayang titip absen ya sayaang...

nitip absen, sebaiknya dari sekarang jaga jarak aja deh sama teman seperti itu, biar dianya segan sama sobeX, dan biar sobeX juga nggak terpengaruh sama perilaku dia yang tidak jujur tersebut. Karena bisa saja suatu saat nanti sobeX akan terpancing untuk melakukan hal yang sama seperti dia. Mulai sekarang mari kita tanamkan sikap jujur pada diri kita, Percayalah sobeX perubahan dari diri kita sebagai generasi bangsa akan berdampak baik bagi bangsa ini.(cs4/ gus)

orang2 yang suka titik absen tu nyebelin banget,maw nya enak aja.dia nya pengen sukses tapi hadi aja malas.kalaw aku mah malas ngeladeni org yg suka titip absen

Disaat pelajaran apa saja dia nitip absen? Matematika 62,4 % Bahasa Inggris 18,8 % IPA 8,3 % Olahraga 10,5 %

www.xpresiripos.com

Apa sobeX mau mengisi absen dia? Mau, kalau alasannya jelas 6,8 % Nggak mau 45,9 % Mau, karena takut di labrak 6,8 % Mau karena kasihan lihat dia 9,8 %

Tips-tips Sebelum Titip Absen BAGI sobeX yang suka titip absen, nih ada tips-tips yang bisa digunakan. Kok bisa? simak ya.

Syudar Helmi Selvi Azza

Cewek 34%

SLTA 50 %

Kalau nitipin absen sih banyak, yang enggak ada tuh nitipin makanan. Tapi biasanya yang nitipnitip absen itu, aku cuekin aja.

SLTP 50 %

Dhesfi Kedavra

1. Persiapkan jantung sobeX Sebelumnya, tindakan yang akan sobeX lakukan ini sangat beresiko untuk ketahuan. Sampai saat ini sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk mengecek pelanggaran akademis dengan tipe seperti ini, dan sudah banyak korban akibat ketahuan melakukan titip absen. Jika sobeX ketahuan melakukan titip absen, sobeX bisa terancam sanksi akademis mulai di panggil ke BK, sampai akhirnya di keluarkan dari sekolah. Walau tidak ada penelitian yang menunjukkan jumlah korban yang terkena sakit jantung karena ketahuan titip absen, sebaiknya sobeX persiapkan ‘jantung’ sobeX sebelum melakukannya. Jika sobeX ragu akan kesehatan jantung sobeX, urungkan niat sobeX untuk melakukan titip absen. hahaa. 2. Persiapkan mental dan fisik Jika sobeX melakukan titip absen selain mendapat sanksi

 REDAKTUR: AGUSTIAR

Pemalas 59,4 % Sok pintar 8,9 % Nggak peduli 19,4 % Cuekin aja 12,2 %

Telat masuk 31,6 % Bolos sekolah 47,4 % Bosan belajar 21,1 %

November 2013

Pendidikan

Bagaimana pendapat sobeX dengan teman yang suka nitip absen?

Kenapa dia nitip absen

Jenis Kelamin

Cowok 66 %

Punya 73,9 % Nggak 26,1 %

akademis, sobeX juga terancam mendapat sanksi non-fisik yang bentuknya beragam, seperti: dijauhi teman, dimarahi orang tua, trauma karena ketahuan, dan sebagainya. Bahkan di beberapa tempat hukuman fisik pun dilegalkan, seperti; menulis surat pernyataan beribu-ribu kali, disuruh membersihkan WC, dab banyak lagi. Jika mental dan fisik sobeX tidak dipersiapkan untuk menghadapi hal tersebut, sebaiknya urungkan niat sobeX sebelum melakukan titip absen. 3. Jangan lupa berdoa Setelah sobeX yakin, kesehatan jantung dan mental, tips selanjutnya adalah sebelum titip absen jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Masa Esa agar sobeX selalu dilindungi, dan diberikan pencerahan tentang tindakan yang akan sobeX lakukan. Sehingga akhirnya sobeX sadar bahwa tindakan yang akan sobeX lakukan itu salah dan sobeX tidak jadi melakukannya. Buat para sobeX yang sudah terlanjur ketahuan, segeralah renungkan perbuatan sobeX dan jangan mengulanginya lagi.(cs4)

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

Ayu Ranisa

Juara Seni Baca Al Quran MELAWAN rasa percaya diri yang rendah, Ayu Ranisa justru tampil dengan baik dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Rokan Hilir. Pengakuan dara kelahiran Sedinginan, 7 Juli 1997 silam ini semua itu bisa teratasi berkat motivasi dari guru orang tua dan keluarganya. Tidak tanggungtanggung, meski baru pertama kali mengikuti ajang tersebut, pelajar kelas XI IPA SMAN 3 Tanah Putih ini langsung keluar menjadi juara dan mewakili Rohil untuk tingkat Provinsi akan datang. ‘’Ini adalah berlomba tingkat kabupaten pertama buat saya, meski ini menjadi impian saya dari dahulu. Awalnya sempat grogi, karena tidak percaya diri tampil di perlombaan seperti ini. Tapi berkat motivasi alhamdulillah saya bisa menjadi juara. Itu merupakan kebanggaan, baik untuk sekolah orang tua dan teman-teman saya lainnya,’’ujar ayu yang ditemui Riau Pos. Ayu memang mengaku sempat kurang percaya diri awalnya, namun dibalik itu segudang prestasi justru sudah dia raih. Diantaranya juara I MTQ tingkat desa tahun 2012, juara I MTQ tingkat kecamatam tahun 2013, juara II MTQ kecamatan tahun 2013 serta yang terbaru juara I seni baca Al

Quran FLS2N tahun 2013. Seperti yang disebutkannya, permulaan mengikuti beberapa ajang tersebut dia kurang percaya diri dan tidak optimis, apalagi mewakili desanya di tingkat kabutapen. Namun setelah mendapat motivasi dari orang tuanya kepercayaan tersebut mucul. Meski saat ini sudah memiliki segudang prestasi, Ayu mengaku belum puas untuk terus menimba ilmu seni membaca Al quran tersebut. ‘’Tapi itu masih belum cukup untuk saya, karena masih banyak ilmu yang harus diperoleh untuk meningkatkan kualitas membaca Al Quran, maupun ilmu pendidikan lainnya,’’terangnya.(eko)

info_xpresi@yahoo.com  TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Senin 2 desember 2013