Issuu on Google+

40

Riau Pos

SENIN

19 AGUSTUS 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

HUT ke 56 Provinsi

Bangga Jadi Anak Riau HEEI sobat Xpresi (sobeX). Pada 9 Agustus 2013 kemarin, Provinsi Riau, negeri Melayu, berulang tahun ke 56. Wiiiih gak terasa udah hampir tua ya sobeX. SobeX tahu gak siih sejarah terbentuknya Provinsi Riau? Kalau sobeX pada gak tahu, kali ini Xpresi bakalan cerita sedikit nih tentang sejarah Provinsi Riau. Sekilas cerita nih sobeX, salah satu faktor yang mendorong agar terbentuknya Provinsi Riau adalah keinginan untuk mewujudkan otonomi seluasluasnya. Tanpa membentuk provinsi sendiri, otonomi luas yang didengung-dengungkan dan di idam-idamkan pemerintah pusat dinilai sulit buat dilaksanakan. Kebulatan tekad rakyat Riau untuk membentuk provinsi sendiri lahir melalui Kongres Rakyat Riau (KRR) ke-1 yang berlangsung di Pekanbaru, 31 Januari hingga 2 Februari 1956. Nah Setelah melalui perjalanan yang begitu panjang, aturan pembentukan Provinsi Riau resmi diteken oleh Presiden pertama, yakni Ir Soekarno. Pada saat itu Presiden Soekarno menandatangani Undang-Undang Darurat Nomor 19 tahun 1957 tanggal 9 Agustus 1957 di Bali. Undangundang ini menyatakan Pembentukan Daerah-daerah Tingkat I, yaitu Sumatera Barat, Jambi dan Riau. Oleh sebab itu hingga saat ini tanggal 9 Agustus diperingati sebagai Hari Jadinya Provinsi Riau. Yaaps, sebagian remaja di Riau mengaku mengenal baik Provinsi Riau (70 persen), bukan hanya sekedar mengenal para sobeX juga mengaku bangga (36,2 persen) dan senang (34,3 persen) karena sudah tinggal dan besar di Bumi Lancang Kuning. Mereka berharap pendidikan di Riau semakin maju dan gak kalah saing dengan daerah lain (34,3 persen), lalu mereka juga berharap tempat wisata di Riau lebih diperbanyak (25,2 persen). Ngomongin tentang tempat

Apa yang sobeX rasakan selama tinggal di Riau?

1. Jangan nyontek

(3 tertinggi) Bangga (36,2 persen) Senang (34,3 persen) Bosan (19,0 persen)

Apakah sobeX mengenal baik Provinsi Riau? Ya (70,0 persen) Gak (30,0 persen)

Kapan HUT Provinsi Riau?

Responden 210 pelajar SLTP/SLTA sederajat di Pekanbaru

ISTIMEWA

SobeX. Budaya satu ini pasti pernah sobeX lakukan, kan? Tapi sobeX tahu gak budaya ini merupakan kejahatan kecil yang berdampak fatal di masa depan. Sewaktu kecil hanya mengambil jawaban teman demi nilai yang bagus, nah, waktu besarnya berkembang menjadi mencuri uang rakyat

sai di Kampar. Ya, banyak lagi deh pokoknya. Tapi... belum dikenal luas oleh masyarakat. Ada juga Benteng Tujuh Lapis di Dalu-Dalu, Rokan Hulu. Benteng tersebut dibuat untuk pertahanan melawan penjajahan oleh masyarakat di bawah pimpinan Tuanku Tambusai, dan khasnya Benteng Tujuh Lapis terbuat dari bambu. Nah, hebat kan Riau ini.

Hery Rosalia, siswi SMA Plus Binabangsa Pekanbaru mengaku bangga tinggal di Riau, karena tempat wisatanya yang semakin hari semakin banyak. Lia berharap, ke depan taman di Riau lebih di perbanyak dan di perindah. ‘’Aku bangga karena udah dibesarkan di Bumi Melayu, I love Riau,” ungkap Hery. Muhammad Wahyu Mau-

lidy, siswa SMA An-nas Pekanbaru juga sangat bangga bisa tinggal di Riau. Menurut Wahyu, Riau memiliki banyak keunikan, salah satunya wilayah nya yang bersih dan bangunannya yang tertata rapi. Wahyu berharap, Provinsi Riau bisa lebih maju lagi dari sebelumnya dan kebersihan wilayahnya bisa dipertahankan.(mg4cs/uli)

Metode Polling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Diah, Widya & Ratna SMA Plus Binabangsa Foto: Melda Xpresi Riau Pos Ilustrasi: Desriman Zahmi

www.xpresiripos.com n REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

dengan tujuan dapat rumah yang bagus. Menyontek = bibit koruptor. Jadi, hentikan! 2. Tertib lalu lintas Sebagai remaja yang berpendidikan seharusnya para sobeX juga harus mematuhi dan tertib peraturan lalu lintas, demi kedamaian lingkun-

gan dan jalan raya di Riau. 3. Berkompetisi dalam prestasi, jangan anarkis SobeX masih pelajar? Suka tawuran? Cape deh... Hari gini gak zaman lagi yang gituan. Apa sih gunanya tawuran? Menang masuk penjara, kalah masuk neraka (mati). Mending ikut kompetisi dan raih banyak prestasi.(mg4cs/ uli)

Bngga donk,selain kelahiran riau...aq jg salut riau punya bnyak pulau yg indah dan perkembangan perekonomianna smkin meningkat mudah2an ini berlaku buat smua kalangan y...amin Cesy Liana

IKLAN

Jenis Kelamin

Harus bangga dund,,, hehe met milad provinsi RIAU selalu maju dan tetap jaya,,,,

Cewek 67%

Harky Gusman

19 - 23 Juli 2013

lainnya se Pekanbaru. Tapi di sekolah tetap kita laksanakan upacara (bukan seperti berita hari ini, red), yang diikuti seluruh majelis guru, siswa dan warga sekolah,’’ kata Kepala SMPN 13 Pekanbaru Hj Desmi Erwinda MPd. Menurut Desmi Erwinda, peringatan 17 Agustus ini punya banyak makna. “Dalam peringatan 17 Agustus ini terdapat makna yang luar biasa, sebab pada 68 tahun silam pemuda-pemudi serta seluruh bangsa Indonesia sampai menumpahkan darah untuk mengibarkan sang merah putih. Dan, sebagai seorang guru kita harus menanamkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air kepada siswa sejak dini,” jelas Desmi Erwinda.(f/

ANGKA 13: Siswa-siswi SMPN 13 Pekanbaru membuat barisan seperti angka 13, beberapa waktu lalu.

wisata, sebenarnya di Riau banyak peninggalan sejarah loh sobeX, yang sebagiannya bisa dijadikan tempat wisata. Salah-satunya komplek Istana Kerajaan Siak di Siak Sri Indrapura. Kerajaan Siak Sri Indrapura merupakan sebuah kerajaan Melayu Islam yang terbesar di Riau. Juga ada ritual Bakar Tongkang di Rokan Hilir dan mandi balimau baka-

Waktu

Semarakkan Peringatan 17 Agustus

MODEL: DIAH, WIDYA & RATNA SMA PLUS BINABANGSA FOTO: MELDA XPRESI RIAU POS

(3 tertinggi) 9 Agustus (38,1 persen) 15 November (21,1 persen) 18 September (20,4 persen)

PROFILE

SMPN 13 Pekanbaru

MEMPERINGATI hari kemerdekan, 17 Agustus, SMPN 13 Pekanbaru melangsungkan pengibaran bendera merah putih, Sabtu (17/8) di lapangan upacara sekolah. Seluruh siswa dan guru ikut serta, membuat peringatan ini semarak. Bertindak sebagai inspektur upacara, Dra Hj Tengku Anadra, yang juga Wakil kepala sekolah Bidang Humas. seluruh peserta upacara terlihat khidmat mengikuti jalannya upacara. ‘’Saya kebetulan diundang untuk mengikuti upacara bendera di Kantor Wali Kota Pekanbaru bersama para kepala sekolah

Majukan Riau PROVINSI Riau sudah berumur 56 tahun. Sebagai remaja di Riau seharusnya sobeX bangga. Soalnya Riau ini kaya akan kekayaan alam seperti minyak bumi, sawit serta bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa daerah Riau yaitu bahasa Melayu. Ni, tips kecil yang dapat sobeX lakukan untuk memajukan Provinsi Riau.

X - Skul

Cowok 33 % Pendidikan SLTA 61% SLTP 39 %

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

Syarifah H Fitri

Bercita-cita ke Korea KONDISI gizi masih menjadi momok di Indonesia, tidak terkecuali Riau. Melihat kondisi itu, gadis bernama lengkap Syarifah H Fitri ingin mengubah itu semua. Putri pasangan Said Agil Al Bukhori dan Siti Hartati saat ini masih menimba ilmu di Universitas Islam Indonesia Jokjakarta ini mencoba menyosiliasaikan makanan bergizi itu berasal dari Indonesia. ‘’Sebagai generasi muda kita dituntut untuk menjadi yang lebih baik. Semua bermula dari tubuh yang sehat, makanya gizi itu yang paling penting. Nah, kalau semuanya tahu makanan itu ada di Indoensia yaitu tahu dan tempe,’’ terang cewek kelahiran Pekanbaru 20 tahun silam ini kepada Riau Pos, beberapa waktu lalu. Syarifah yang juga gemar kegiatan sosial ini

sudah terjun ke berbagai tempat bencana. Di antaranya ketika letusan gunung bromo yang menelan beberapa korban serta beberapa bencana alam yang sempat terjadi di Indonsia. Anak ketiga dari tiga bersaudara ini juga tidak ragu untuk membantu masyarakat yang memerlukan pertolongan dan terutama yang menyangkut dengan gizi. Cewek yang bisa disapa Ouloul ini juga bercita-cita ke Korea. Bukan sekedar untuk jalan-jalan, namun dia mengaku di korea makanan bergizi yang berasal dari tumbuhan sangat banyak. ‘’Kalau bisa dan ada kesempatan maunya ke korea. Selian memang karena di sana kotanya menarik, makanannya juga segar-segar dari tumbuhan yang baik untuk gizi. Mudah-mudahan sesegera mungin ini bisa terwujud,’’ujarnya.(eko)

info_xpresi@yahoo.com n TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Senin 19 agustus pdf