Issuu on Google+

40

Riau Pos

SENIN 16 JUNI 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Nilai Ujian Rendah HALO Sobat Xpresi (SobeX) semua. Setelah sepekan ujian , gimana nih hasil ujiannya, baguskah atau justru sebaliknya? Ayo ngaku, nggak usah malumalu deh SobeX he..heh. Seperti pengakuan para responden Xpresi Riau Pos, 32 persen dari mereka mengaku mendapatkan nilai ujian rendah, dan kurang memuaskan. Sementara 68 persen mengaku mendapatkan nilai bagus. Waah, bye the way faktor apa aja sih yang membuat nilai ujian para responden rendah? Ini dia beberapa penyebabnya, pertama, lantaran absen bolong-bolong 39,3 persen. Ya

absen, memang sepele bila di lihat, namun ternyata yang namanya absen sangat berpengaruh loh terhadap nilai. Kedua, penyebab para responden mendapatkan nilai rendah lantaran malas belajar (17,9 persen), dan malas ngerjain tugas (7,1 persen). Jelas dong SobeX, jika malas belajar dan membuat tugas pastinya nilai akan rendah dan, yang ketiga, penyebab nilai responden hancur lantaran nggak pernah memperhatiin guru ketika guru menerangkan (17,9 persen), dan mempunyai kasus di sekolah (10,7 persen). "Nilai saya hancur banget, apalagi di mata pelajaran Matematika. Penyebabnya sih karena

aku nggak memperhatikan guru ketika menerangkan, dan malas mengerjakan tugas. Rasanya sedih banget, bingung ini nilai rendah mau di bawah kemana, " tutur Suci siswi SMP Al-Huda Pekanbaru. Tentunya jika para SobeX mengalami seperti yang di rasakan Suci, pastinya sedih banget ya (28,6 persen), dan tentunya kecewa, kecewa yang begitu mendalam terhadap diri sendiri (28,6 persen). Lalu apa aja nih yang akan di lakukan para responden agar tidak terulang lagi kesalahan yang sama. Ceelah udah kayak judul lagunya Sammy Simorangkir aja ya SobeX, yang itu tu judulnya "Kesalahan yang Sama" he..heh. Kembali lagi nih ke topik, Ya ini menurut para

responden, kiat-kiat yang harus di lakukan agar nilai ujian tidak redah yang paling utama adalah efektifkan waktu belajar. SobeX harus bisa belajar di sekolah dan di rumah dengan efektif, karena masih banyak terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan sekadar hadir. Mereka tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya dan, kedua, memotivasi diri. Motivasilah diri kita sedini mungkin untuk belajar, karena dengan adanya motivasi dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. Kalau sudah rajin belajar tentu akan mudah mengerjakan soal ujian dan hasilnya mendapat nilai yang bagus.(cs4/gus)

Tips Supaya Nilai Ujian Tidak Rendah 1. Belajar Kelompok Belajar kelompok, merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi ilmu dengan teman yang lain, tentunya dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi.

2. Efektifkan Belajar di Sekolah SobeX harus bisa belajar di sekolah dengan efektif dan mengoptimalisasikan semua potensi diri untuk meraih hasil terbaik dalam belajar. 3. Memotivasi Diri Motivasilah diri kita sedini mungkin untuk belajar, karena dengan adanya motivasi dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. 4. Mohon Doa Restu dari Orangtua Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menuntut Ilmu. Seperti kata orang duludulu, ridho orangtua ridho Allah. Semoga bermanfaat ya sobeX, mudah-mudahan ujian selanjutnya dapat nilai yang bagus ya SobeX.(cs4) huuuhh,SobeX kayak nya nilai aku rendah laah soalnya banyak ngasall jawaban akuu huhuhu do'ain aja ya SobeX semoga rangking aku tetap Makasih SobeX

Pernah mendapat nilai rendah di kelas? Pernah 32,0% Nggak 68%

Bagaimana perasaannya? Kecewa banget 51,8% Merasa bersalah 8,9% Sedih 28,6% Biasa aja 7,1% Menyesal 3,6%

Apa penyebabnya? Sering absen 39% Nggak buat tugas 7,1% Nggak belajar 17,9% Nggak perhatiin guru nerangin

17,9% Punya kasus disekolah 10,7% Nggak tahu 7,1%

Apa yang akan kamu lakukan agar tidak mendapat nilai rendah lagi? Perhatiin guru nerangin 33,9% Belajar tiap malam 25% Nggak pernah absen 16,1% Dekatin guru 10,7% Bersikap baik aja 14,3%

Apa pendapat Kamu tentang orang yang sering dapat nilai rendah? Anak yang pemalas 45% Anak bandel 29,1% Anak yang bodoh 3,4% No coment 22,3%

Aqu ngerasa nilai ku bakalan rendah ,,krna aku masih blum yakin,apa nilai ku udah melebihi standar ap belum,, Nuriz Akyla

Kayanya aku bakal dapet nilai rendah deh. Soalnya ujiannya essay dan aku kurang fokus. Panji

Rizki Vannika Putri

nilai rendah Karna beberapa tekanan .mungkin bisa mempengaruhi nilai belajarku akhir2 ini tapi tetap semangat ! QhildhaCatloverz Cink-Bink Iilochajubodarora

Responden 175 pelajar SLTP/SLTA sederajat di Pekanbaru Metode Poling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Anna, Siswi SMAN 5 Pekanbaru Foto: Fadli Waktu: 26 Mei - 30 Mei Jenis Kelamin: Cowok: 48,8 % Cewek: 51, 2 % Pendidikan: SLTA / SMK: 66,7 % SLTP: 33,3 %

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Senin 16 06 2014