Issuu on Google+

40

Riau Pos

SELASA 23 JULI 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

FOTO: ESYE LOUSIANA XPRESI RIAU POS ILUSTRASI: DESRIMAN ZAHMI

Inar : Bel, nanti buka pake apa? Abel : Rencana sih pingin yang dingin-dingin plus seger gitu Nar. Kira-kira apa ya? Icca : Hmmm, saran nih ya. Gimana kalo minum jus buah plus sayur? Pasti seger dan sehat. Abel : Hmmm, ide bagus tuh. Pingin nyobain ahh

HAMDANI ISMAN Mahasiswa Unri

NADIA Mahasiswa Unri Jus Bayam yami. Kalau buah suka jus wortel. Maknyos. Tanpa jus kalau buka puasa kaya makan tanpa rasa.

DI bulan puasa ini, sobat Xpresi (sobeX) yang muslim pasti tetap beraktivitas seperti biasa, kan? Ups, kecuali kegiatan makan dan minum. Namun, walau berpuasa sobeX tetap dituntut untuk beraktivitas dengan baik. Aktivitas yang baik bisa dilakukan apabila keadaan fisik sehat. Konsumsi sayur dan buah adalah

salah satu bentuk menjaga fisik agar tetap segar pada saat berpuasa. Olahan dari sayur dan buah mungkin bisa dengan dibuat menjadi jus. Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung serat, mineral, vitamin, antioksidan dan karbohidrat kompleks, untuk kacang-kacangan bahkan juga mengandung protein nabati. Mengonsumsi rutin, fungsinya untuk mencegah dehidrasi agar tubuh tidak lemas, pencernaan sehat, dan tidak ada masalah perut. Sehingga menjalani semua ibadah di bulan Ramadan dapat lebih lancar dan khidmat. “Jus buah mengandung gula sederhana yang merupakan energi mudah cerna dibandingkan nasi yang mengandung karbohidrat yang kompleks yang sulit dicerna sebagai asupan

serat bagi tubuh maka dari itu jus sangat berguna saat berpuasa,’’ ungkap Hamdani, mahasiswi Agribisnis Unri. Kalau jus buah dimana-mana prang pasti pada suka, lalu kalau jus sayur pasti banyak yang mikir dong gimana sih rasanya jus sayur? “Jus sayur dan jus buah emang punya rasa beda tapi kalau untuk kesehatan boleh dong sedikit menyampingkan rasa yang agak beda dengan jus buah yang kebanyakan manis, hehe,” ujar Nadia, sobeX yang kece dan lagi asyik liburan kuliah ini. Jus sayur rasanya memang berbeda dengan jus buah, tentu iya karena sayur beda dengan buah tapi jus sayur tetap punya rasa yang enak kok. Selamat mencoba ya di saat buka dan sahur sobeX.(cs5/uli)

PENTING BANGET Jus Yang Sehat dan Higenis

BANYAK hal yang harus diperhatikan saat membuat jus baik jus buah atau jus sayur. Walaupun saat membeli buah dan sayur dalam keadaan baik, tapi sobeX belum bisa langsung aja loh, soalnya kuman gak kelihatan. Bukan cuma kuman aja, tapi banyak lagi yang harus diperhatikan, contohnya...

1. Peralatan yang bersih

Juicer ataupun blender yang digunakan dicuci sebelum dan sesudah digunakan agar sisa jus tidak tertinggal dan tidak mendatangkan bakteri.

Eko Ramadhani II prlu bget, pganti ion tbuh gtuu ska jus pare sihh,enk bgetzz.

2. Dikupas atau tidak?

Yups. Jus buah dan sayur yang baik itu gak perlu dikupas agar tidak mengurangi serat dan zat Pektin yang ada pada bagian kulitnya.

Chomel Putri Manjha

3. Jangan tambahkan gula

Suka jus apokat sama jus jeruk .. penting kali ya untuk menambah stamina tubuh. Mei Revi Dawati Mrd

Perlu banget tu. Apalagi minum jus tomat ma jus jeruk yg kaya akan vitamin dan memberikan kebugaran disaat kita menjalankan ibadah puasa.. ÄpriLhiää Häñdä Yhänni

Jus sayur ?? Aku gk suka sayaur, kalo jus buah aku suka jus buah apel, penting banget pas buka puasa,kalo pas sahur gk ada jus apel juga gk apa2,asal kan pas buka ada. Mhimhy JhuniAnthy

Gula yang ditambahkan pada jus akan merusak nutrisi pada jus. Kalaupun sangat diperlukan gunakan sedikit aja, ya.

4. Segera dikonsumsi

Jus yang baik dan sehat sebaiknya segera dikonsumsi setelah selesai dibuat supaya tidak mengurangi kandungan enzim dan fitonutrisinya.(cs5/uli)

IKLAN

www.xpresiripos.com n REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com n TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Selasa 23 juli