Issuu on Google+

Riau Pos

40

SELASA 22 APRIL 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

H

ARI bumi ini diperingati pertama kalin ya di negara Paman Sam (Amerika Serikat) tuh SobeX pada 22 April di tahun 1970, oleh Gayord Nelson seorang pengajar lingkungan hidup. Ia berpidato di Negara Bagian Seattle 1969 dengan membahas desakan dan isu-isu kontroversial tentang bumi kita SobeX. Yang kemudian setelah itu berlanjut dengan disebarluaskan dan diadakannya hari bumi sedunia pada 22 April 1970. Tau gak apa yang terjadi pada hari itu? Sebanyak 20 orang turun ke jalanan kota dengan berpartisipasi dalam demonstrasi yang meluas hingga ke nasional dengan manyampaikan pesan yang serius dan mantap buat para politisi SobeX, agar bumi ini menjadi lebih baik dan tidak tercemar. Awalnya peringatan hari bumi ini diperingati dengan 20 orang kan SobeX? Tapi sekarang? Wah sekitar 500 juta orang lebih juga ikut memperingatinya dan sekarang hari bumi ini sudah diperingati juga di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network). Memang sih SobeX hari bumi atau akrab disapa Earth Day ini belum banyak diketahui orang awam nih, karena kebanyakan yang mengetahui dan melaksanakan peringatan hari bumi ini adalah para aktiIKLAN

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

fis peduli lingkungan yang ada di seluruh dunia tuh SobeX. Ayo SobeX mau cuma jadi orang awam aja atau mau ikut jejak para aktifis buat peduli lingkungan nih? Ha..ha. Ok buat lebih cinta dengan bumi, tidak ada salahnya dong buat SobeX ketahui tentang sejarah Hari Bumi Sedunia ini. ‘’Banyak hal yang dapat saya lakukan memperingati hari bumi ini. Seperti yang saya lakukan, sadar diri akan pentingnya hari bumi ini. Dan ikut serta dalam rangka melestarikan lingkungan dan mencoba memberikan sosialisasi kepada masarakat tentang begitu pentingnya menjaga ekosistem yang ada di bumi. Yang terpenting kita semua jangan hanya banyak berbicara saja tapi langsung laksanakan gerakan perubahan untuk melestarikan lingkungan kita,’’ ujar Mahasiswa Universitas Islam Riau, Raje Khairul Fadhli. Sebenarnya buat apa ya SobeX diperingati Hari Bumi Sedunia ini? Peringatan hari bumi ini untuk mengingatkan SobeX semua nih akan kesadaran dan kepedulian yang tinggi dengan pentingnya buat kelestarian lingkungan. Jadi gak hanya sekadar memperingati saja ya SobeX, peringatan hari bumi ini bisa dijadikan sebagai ajang kampanye buat mengajak semua orang peduli dengan lingklungan hidup dan pastinya buat meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang SobeX dan kita bersama tinggali ini. Yaps! bumi. “Kita harus menjaga dan merawat bumi kita supaya bumi yang kita tempati ini memiliki keberlangsungan hidup yang lebih panjang buat kita tempati,” ujar siswa SMPN 3 Pekanbaru, Teguh Uget. Ok! Peringatan Bumi Sedunianya ada, tapi kalau aksi tindakan nyatanya gak ada rasanya kurang lengkap ya SobeX. Nah untuk memperingati hari ini ada banyak cara dan kegiatan nih yang bisa SobeX lakukan. Seperti bakti kampus, talk show tentang lingkungan, kampanye cinta lingkungan, bersih pantai, acara menanam 1.000 pohon, sosialisaasi sistem 3R (Reuse, Reduce and Recycle) dan berbagai kegia-

Langkah Awal Selamatkan Bumi

Join With Us Xpresi Riau Pos Mnjaga lingkungan n’ mngajak org” untuk ikt mnjaga.a jga,,, Amy Lovely Mnjga n Mrwat nYa Serta mLestarikn Ap yG ad d Bumi yG kita Cintaii nEch... Intan Apri Resti

MODEL: NANDITO F SMA KALAM KUDUS FOTO: DIAN XPRESI ILUSTRASI: DESRIMAN ZAHMI

tan lain yang bisa jadi hal menarik tuh SobeX di peringatan hari bumi ini. Mungkin sebagian dari kegiatan SobeX memperingati hari bumi ini hanyalah tindakan kecil dan tidak berarti, tetapi itu semua memiliki makna dan manfaat luar biasa lho SobeX bagi dunia jika kita lakukan bersama-sama. Oleh karena itu kepentingan kelestarian bumi ini lebih utama dari pada kepentingan yang didasari ego semata ya. Buat di kota bertuah Pekanbaru ini juga tidak ketinggalan untuk memperingati hari bumi ini yang ditaja oleh banyak komunitas, pemerintah maupun para pelajar di Pekanbaru SobeX. Seperti baru-baru ini Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Suska yang melakukan pembersihan dan perawatan terhadap pohon rindang yang banyak menjadi sasaran penempelan foto-foto para Caleg, Ahad 6 April lalu. Sedangkan di tahun lalu Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sakai Fisipol Universitas

Riau juga turut memperingati hari bumi ini dengan menggelar aksi simpatik di Tugu Zapin depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru tuh SobeX. Wah peringatan hari bumi sepertinya memang banyak diwarnai aksi demonstrasi ya SobeX, terutama dari kalangan Mapala yang khususnya di Provinsi Riau kita SobeX. Seperti SobeX dan kita ketahui bersama nih, bumi saat ini sudah mulai rapuh dan tua sekali ya SobeX. Jadinya tidak heran banyak bencana alam yang terjadi dimanamana SobeX, seperti tanah longsor, banjir, gempa dan banyak lagi. Nah untuk itu di Hari Bumi Sedunia ini, SobeX semua harus sadar dengan kondisi bumi saat ini dan SobeX juga harus melestarikan lingkungan dan ekosistem di Bumi mulai hari ini ya SobeX. Ingat mulai hari ini! Ayo apa yang bisa SobeX lakukan buat bumi kita? Save our the world, for make it better life!.(cs2/gus)

Back to nature itu pasti yang belum pastinya pelaksanaannya karna hanya dari kalangan tertentu yg mau ikut andil dalam hal ini dan juga setelah habis hari buminya back to nature nya juga lenyap . .itu kenyataan yang saya temui.

SobeX ada beberapa cara simple yang bisa SobeX lakukan mulai kini buat bumi kita tercinta, di antaranya seperti. 1. Cabut charger handphone dari colokan kalau tidak digunakan. Charger yang masih tercolok di kontak listrik akan tetap mengalirkan arus listrik tuh SobeX. Dan secara tak langsung SobeX sudah membuang-buang energi listrik dengan percuma dong. Wah mubazir SobeX. 2. Buanglah sampah sesuai kodratnya. Ingat SobeX sesuai kodrat! He..he. Iya sampah organik dan sampah non organik dipisah ya SobeX. Agar mudah buat didaur ulang kembali sesuai jenis sampahnya. 3. Kurangi pemakaian dari bahan plastik. Tau kan SobeX? Kalau plastik adalah salah satu sampah

yang sulit buat terurai. Dan ini akan menyengsarakan bumi kita SobeX. Jadi lebih baik SobeX kurangi ya pemakaian bahan plastik. 4. Matikan lampu jika tidak digunakan. Hemat listrik SobeX, masih banyak lho di daerah lain yang kekurangan penerangan cahaya lampu di kehidupan mereka. Jadi buat kita jangan disia-siain ya energi listrik yang SobeX dapati. 5. Pergi ke kampus naik sepeda, jalan kaki atau naik angkot. Ini nih salah satu yang payah banget buat dijalani masyarakat SobeX, ayo SobeX mulai buat naik sepeda, jalan kaki atau naik angkot ketika bepergian. Mengurangi polusi sekaligus menghemat bahan bakar juga kan SobeX? Ayo SobeX langkah awal SobeX buat hasil yang besar.(cs2)

Harianti Lani

Menanam Pohon Lah,,, Apalagi Di Kawasan Lahan Yang Terbakar Lalu,,, Apalagi Pada Saat Kebakaran Lahan Hutan Di Riau Bulan Lalu,, Harus Dilakukan Reboisasi. Dio Febrian

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

INTERNET

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Selasa 22 april 2014