Issuu on Google+

Riau Pos

40

SELASA 15 APRIL 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Model: Diana UNRI Foto: dian xpresi

Belajar Seni Peran SOBAT Xpresi (SobeX) masa muda atau masa remaja, pasti sering nganggapnya kalau masa-masa sekarang ini ya, katanya sih masa-masanya pencarian jati diri gitu. Nah, mumpung lagi mencari jati diri, maka jangan salah pilih ya SobeX. Ada banyak komonitas positif yang bisa menentukan jati diri SobeX sebenarnya, salah satunya adalah seni peran. Nah, ngomongin seni peran, tentu di kepala SobeX sudah ngebayangin bagaimana beaksi di depan banyak orang dengan skrip yang sudah ditulis. Hmm, agar tidak melenceng, maka, yuk kita simak sedikit tentang seni peran itu apa sih sebenarnya. Seni peran itu adalah, salah satu cabang ilmu seni yang khususnya mempelajari gimana sih teknik dalam menciptakan, dan berakting atau memainkan peran gitu SobeX. Peran yang dipelajari di sini dapat dilakukan di pentas ataupun dalam sebuah film. Pelaku peran itulah yang disebut

dengan aktor dan aktris. Jadi seni peran itu berarti ilmu akting SobeX. Beda ya SobeX dengan teater, karena kalau teater itu istilah lain drama yang dalam pengertian luasnya nih adalah proses pemilihan naskahnya, penggarapan, penyajian atau pementasan hingga proses pemahaman agar dapat dinikmati oleh audiennya SobeX. Dalam seni peran atau seni akting nih, rentang waktu analisisnya sangat panjang SobeX. Makanya ilmu seni satu ini dikatakan seni yang tidak pernah selesai masa pembelajarannya. Karena selama aktor itu masih bernapas maka selama itulah ia akan terus belajar. Bahkan belajar di antara lahirnya karyakarya seninya itu juga. Jadi buat seorang aktor tuh, walaupun sudah memainkan seribu peran sekalipun, ia akan tetap mempelajari lagi perannya saat ia akan memainkan perannya lagi untuk yang keseribu satu kalinya sekalipun SobeX. Wah..waaah. Kegiatan seni peran ini dapat

memberikan dampak utama lo buat SobeX. Ya, salah satunya dapat memerankan seorang tokoh dengan baik yang pastinya menjadi percaya diri dan juga berani mengekspresikan dirinya. Nah seni peran ini juga mengajarkan SobeX buat lebih berkonsentrasi juga tuh, pembelajarn vokal, imajinasi, mental, emosi, blocking dan pastinya penghayatan nya juga. “Banyak manfaatnya ngikutin, dan dalamin lebih jauh tentang seni peran ini, karena bermanfaat pastinya buat pengembangan kreatifitas diri,” ujar mahasiswa Universitas Riau, Imron Khusaini. Dalam praktiknya, seni peran ini seorang aktor harus mampu memperlihatkan ekspresi dan emosinya tuh SobeX, seperti kemarahan, kesedihan hingga kerinduan juga. Seni peran ini menunjang juga lo buat karir di masa

depan SobeX, dengan mendalami banyak karakter, emosi dan harus pandai SobeX untuk menjadikan orang lain dalam arti positif. Inilah nih bocoran buat SobeX untuk masuk ke dunia profesional nantinya. Oya, selain itu masih banyak hal bermanfaat lainnya lagi yang bakal SobeX rasakan dengan banyak melatih seni peran ini diantaranya SobeX pasti bakal memiliki keberanian dan semangat buat berekspresi, memiliki keterampilan berdialog juga dan SobeX gak perlu lagi tuh buat ragu mengutarakan pikiran dan perasaan secara spontan. Satu lagi nih, bekerja sama dengan baik. Tidak ragu lagi ya SobeX buat dengan banyaknya mandat yang dapat SobeX peroleh dari seni peran, terutama dengan manfaatnya buat prestasi akademik untuk kualitas belajar dan pastinya prestasi non akademiknya juga. Seperti Sanggar Seni Titah Negeri nih SobeX. Sanggar seni

FISIP Unri ini memiliki arti nama sebuah perintah dari negeri yang dimaksudkan agar sanggar ini dapat berkembang pesat melestarikan seni Melayu di daerah Riau SobeX. Buat SobeX yang suka dengan berbagai seni tradisi Melayu Riau ini, merupakan komunitas yang pas nih SobeX. Walaupun sanggar ini ada di Unri bukan berarti hanya anak Unri aja yang ikut, sanggar ini terbuka buat SobeX pelajar nih. Sanggar ini juga menjadi wadah dari berbagai seni lo SobeX, seperti seni teater, tari, musik, sastra (syair, gurindam dua belas, puisi) dan berbagai seni Melayu lainnya adalah beberapa dari banyak kesenian Melayu Riau yang dipelajari di sanggar ini. “Sanggar ini menjadi wadah berkumpulnya para pecinta seni Melayu Riau. Bersama-sama kita mengembangkan nama sanggar ini dan memperkenalkan seni Melayu Riau tidak hanya untuk di tanah Riau ini tetapi untuk negeri ini,” ungkap Ketua Titah Negeri, Aldian Febris. So lets join Sanggar Seni Titah Negeri FISIP Unri ya SobeX. (cs2/gus)

Sanggar Seni Titah Negri Unri

Hal Penting Yang Harus Dikuasai

IKLAN

Ayo SobeX, tahu gak hal penting apa aja sih yang harus dipelajari dalam seni peran? Mau tahu, yuk simak beberapa tips ini.

1 www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

Latihan Konsentrasi

2

Latihan Vokal

Latih vokal dari awal yok SobeX, Tujuan latih vokal ini ya agar para penonton dapat mendengar suara SobeX.

Konsentrasi perlu SobeX, agar saat memerankan suatu peran nantinya SobeX nggak akan terganggu deh dengan hal-hal lain. Jadi SobeX dapat menjiwai perannya dengan sepenuh hati kan? Ha..ha.

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

3

IKLAN

Latihan Mental

Ini juga latihan mental SobeX. Wih pada berani gak tuh buat kegiatan out door menyapa orang yang tak dikenal, atau bahkan menari-nari dengan dandanan tak biasa di depan umum. Hi..hi berani gak SobeX? Intinya keseluruhan latihan ini buat keberhasilan pementasan SobeX dalam memerankan tokoh. Ayo latih lagi SobeX.(cs2) info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY G


Selasa 15 april 2014