Issuu on Google+

40

Riau Pos

SABTU 1 FEBRUARI 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Fenomena

TYPO

‘Eh Salah Ketik’ BUAT sobat Xpresi (sobeX) pasti sering nih mengalami fenomena satu ini kan? Yaps, TYPO. Typo adalah kesalahan dalam penulisan. Atau sobeX dapat juga menyebutnya dengan kata mistype. Nah sobeX menurut wikipedia typo atau Typographical Error ini berasal dari bahasa Inggris yang biasa disingkat dengan typo yang berarti kesalahan yang dibuat pada proses mengetik sobeX. Kata yang akrab disebut typo ini dapat terjadi karena jari-jari sobeX sedang tidak bersahabat dengan keyboard komputer atau handphone sobeX untuk mengetik kata-kata kali yaa.. haha. Typo, mistype, salah ketik atau salah tulis. Biasanya pengguna touch screen pasti lebih akrab dengan TYPO nih sobeX. Ayo ngaku deh sobeX. Tapi hal itu wajar ya sobeX ya, apalagi buat pengguna touch screen nih yang memiliki layar datar dan tombol huruf yang dempetdempet jadi membuat seringnya penulisan kata ya sobeX. Dan

IKLAN

jadinya TYPO deh, trus sobeX pastinya harus memperbaiki ulang kata-kata yang sobeX tulis deh. Karena malu ada kesalahan atau ketinggalan huruf dari yang sobeX tulis kan? hehe. Menurut sobat Xpresi mahasiswi UNRI, Ravi Oktafriansyah. Sering nih mengalami typo ini. ‘’Tapi ya buat ngeles sih, pura-pura ngeluarin jurus ketik sepuluh jari aja deh trus sok-sok konsentrasi gitu. hehe,’’ ujarnya. Nah hal ini memang terlihat sepele sih sobeX, tapi jangan dibiarkan begitu saja sobeX. Karena kesalahan dalam penulisan kata seperti ini dapat membuat makna dari kata itu mengalami salah pemahaman. Atau memang salah banget ya sobeX. Mungkin sobeX bisa memaklumi hal ini ya sobeX, jika hal ini terjadi di sosial media yang tingkat keseriusannya tidak begitu tinggi ya sobeX. Ya dapatlah buat maklumin ya sobeX. Tapi bagaimana kalau hal ini terjadi dalam pengurusan hal-hal penting dan serius? Seperti membuat tugas negara atau tugas penting atau bahkan penyusunan skripsi? Wah bisa bahaya nih sobeX. Bisa-bisa habis deh tugas sobeX dicoretcoret. “Lucu juga sih waktu belum terbiasa sering juga kayak gitu karena jari belum terbiasa pakai laptop dan hp. Kadang sering salah, ya ngatasinnya di hapus dan diulangi deh trus dijelasin dan kalau salah kirim ya minta maaf aja dan selesai deh,’’ ujar mahasiswa UNILAK, Rahmad Fajri. Tapi TYPO adalah kesalahan yang manusiawi dan lumrah juga ya, setuju kan sobeX? Gk masalah sih, tapi nggak gitu-gitu juga kali ya sobeX. Intinya cek dulu deh biar gak typo dan menimbulkan kesalah pahaman dan masalah besar sobeX, hehe. (cs2/gus)

Waspada TYPO WAH TYPO lagi deh gue, duh gimana ya sobeX, kesalahannya diulang-ulang terus deh. Jadi gimana buat menyembuhkan TYPO? hehe, emang penyakit ya sobeX. Yaa, tapi dapat dikatakan begitu juga sih sobeX. Nah berikut ini bisa deh buat meminimalisir TYPO. 1. Konsentrasi Walaupun jari yang mengetik tapi otak juga harus tetap konsen ya sobeX. Karena TYPO sering terjadi karena salah satunya tidak ada kerjasama berkonsentrasi. 2. Baca ulang Cek ulang sobeX. Tapi kalau masih salah juga, ya udah deh udah nasib sobeX kali yaa. hahaha. 3. Latihan mengetik Perbanyak latihan mengetik atau menulis ya sobeX. Bisa juga kog sobeX latihannya lewat game yang banyak di googling nih sobeX. (cs2)

INTERNET

INTERNET

INTERNET

Bilang aja “barusan di bajak’’ Febri Kurniawan

INTERNET

pernah..cara mengatasinya ya..minta maaf !!hahah Dha Himetoille Kimiko Uehara

INTERNET

INTERNET

Pernah,,setelah tahu,malu jadinya,. Untuk mengatasinya,setelah ditulis,di cek kembali. Apakah sudah pas dengan yg kita maksud ?! Kalau sudah,baru dikirim.. Al Arifun Budiman INTERNET

www.xpresiripos.com  REDAKTUR: AGUSTIAR

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

INTERNET

info_xpresi@yahoo.com  TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Sabtu 1 februari 2014