Issuu on Google+

40

Riau Pos

SABTU 19 OKTOBER 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Banyak Masalah? Curhat...

SobeX suka curhat?

SobeX suka curhat ke siapa?

Suka (73,9 persen) Gak (26,1 persen)

(3 tertinggi) Sama sahabat (80,5 persen) Sama orang tua (9,8 persen) Sama pacar (7,5 persen)

Pendapat sobeX mengenai teman yang suka curhat?

Liza : *nangiiiiiis* hiks ..... hiks..... Akuu ciidih beud niii :’( Ulfa : Ciiidiih kenapa siiiihhh?? Liza : eaaa ciidiih nie , kemarin aku lihat ajim jalan berdua dengan cewek lain *nangis-nya makin kecang* Dita : Iya apa? masaak eaaa ajim jalan sama cewek lain :/ ajim kan alim jadi nggak mungkin deeh ....... Liza : eaaa beneran deeh,,,,,,, Dita : Duuuh yang sabar eaa lizaa. Nanti kita cari cojo (cowok jomblo) baru eeaaa. Liza : Maunya sama ajim *nangis nya makin kencang* Ulfa : -_______HALO sobat Xpresi (sobeX). SobeX suka curhat gak sih seperti si-Liza dan kawankawan? Yaaps, curhat alias curahan hati termasuk salah satu kebiasaan yang banyak dilakuin orang dalam menyelesaikan masalah, termasuk para remaja . Benar gak sobeX? Dengan curhat, mungkin bisa merasa tenang, bahkan bisa lebih legah dari sebelumnya. Nah, dari survey poling Xpresi membuktikan kalau 73,9 persen sobeX mengaku suka curhat dengan sahabat-sahabat mereka di sekolah. Biasanya sobeX curhat soal apa? Para sobeX mengaku, curhatin berbagai masalah ke sahabat-sahabat mereka di sekolah. Mulai dari masalah uang jajan (0,8 persen), masalah tugas sekolah (26,3 persen), masalah di rumah (15,8 persen) dan gak ketinggalan curhatin soal cinta (57,1 persen). Ada yang curhat karena cintanya yang bertepuk sebelah tangan, dan ada juga yang curhat soal cintanya yang lagi berbunga-bunga, hihihihih. Selain curhat ke sahabat (80,5 persen), sobeX biasanya curhat ke siapa aja sih? Ada yang ngaku curhat ke pacar (7,5 persen), curhat ke orang tua (9,8 persen), dan ada juga yang memberanikan diri curhat dengan guru di sekolah (2,3 persen). Saat ini curhat memang sudah mulai menjadi kebutuhan. Karena dengan curhat seberat apa pun beban yang kita hadapi bisa sedikit berkurang, dan perasaan legah pun dapat kita rasakan, walaupun hanya sekilas. Seperti pendapat Destriana Pratiwie, siswi SMA Al-Huda Pekanbaru. Cewek yang akrab di panggil Ana ini mengaku, suka curhat dengan teman dekatnya ketika ada masalah yang tidak dapat dia selesaikam. “Setelah curhat dengan teman perasaannya bisa menjadi tenang dan lega, apalagi ditambah ketika temanteman ku memberikan semangat-semangat positif, agar aku bisa bangkit dari masalah yang ku hadapi,” ungkap Ana. Berbeda dengan Ana, Leo candra, siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru berpendapat bahwa gak semuanya bisa selesai dengan curhat. ”Tidak semua hati bisa legah setelah curhat, karena dengan curhat teman bisa tahu masalah-masalah kita. Nah, itu hanya menambah beban fikiran kita, lebih baik masalahnya dipendam sendiri saja dan diselesaikan sendiri masalah tersebut, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya,” ujarnya. (cs4/uli)

PROFILE Responden

Waktu 16 - 21

180 pelajar SLTP/SLTA sederajat di Pekanbaru

(3 tertinggi) Biasa aja sih (68,3 persen) Gak bisa menyelesaikan masalah sendiri (22,2 persen) Caper (cari perhatian) (6,7 persen)

Biasanya sobeX curhat soal apa?

Suka bnget,ma tmn akrp ku, Bsa crhat tntng klrga,pcr dn mntan,,! Plng sriing crhat mntn yg sring sok” an d sklh ma pcr nya, #huuff. Citra Clalu Caiiank Qmu Sering... Soal tentang cinta dan masalah hidup ini Kalau akk curhatnya sama sahabat atau gak Guru BK di sekolah yg memberikan solusi terbaik... Agung Syahreza Eka Susilo Suka banget... Tentang kehidupan sehari2 yg menunjang semangat belajar aku seperti perkuliahanku nantinya dimana?, ttg plajaran, ttg problem sehari2 lah.. Yg penting mmbiat kita dpt sadar mana titik letak kesalahan Kita klo curhat sama guru BK. David D’holic Stanza

(3 tertinggi) Soal cinta (57,1 persen) Masalah tugas sekolah (26,3 persen) Masalah di rumah (15,8 persen)

Suka dunx. . . Crhat tntang skLh dan pcAr. . Tpi lbih ska crhat tntan pcAr sii. . . Hehehe imha Zzd’inuomz

Febby Khairani

Pelari Cepat Masa Depan Riau

Pilih-pilih Teman Curhat GAK semua orang senang dengerin sobeX curhat. Nah, biar curhatnya asyik tips dari Xpresi ini bisa digunain nih. 1. Pendengar yang baik Secara alami, orang-orang seperti ini punya naluri yang baik saat menghadapi lawan bicara, termasuk saat menghadapi temannya yang lagi curhat. Mereka tahu benar apa kebutuhan lawan bicaranya. 2. Bisa menjaga rahasia Apa jadinya kalo sobeX curhat sama orang yang mulutnya ember? Bukannya

IKLAN

lega atau mendapatkan solusi atas permasalahan yang sedang sobeX hadapi. Yang ada aib sobeX malah menyebar ke mana-mana. Dan, sobeX pun harus siap-siap deh jadi bahan gosip. 3. Dewasa dan bijaksana Memiliki kedewasaan (dalam berfikir) dan wawasan yang luas harus ada pada diri seorang teman curhat. Dengan sifat dewasa serta wawasannya yang luas, mereka akan menjelma menjadi teman curhat yang menyenangkan. Pokoknya

nyaman banget deh kalo curhat sama orang-orang kayak begini. Gak hanya bisa menjadi pendengar yang baik, tapi juga bisa mencari solusi buat permasalahan sobeX. 4. Pernah mengalami hal yang sama Golongan selanjutnya yang layak dijadikan teman curhat adalah mereka yang pernah mengalami kejadian serupa dengan sobeX. Dan, mereka bisa bertahan dari masalah yang mereka hadapi. Mereka bisa memberi sobeX masukkan yang gak sekedar ‘Omdo’, tapi dari pengalaman mereka sendiri. (cs4/uli)

PUTRI pasangan Hazairin dan Yunitaharni ini lahir di Pekanbaru 13 Februari 2000. Meski usianya baru 13 tahun, segudang prestasi sudah dipersembahkan siswa SMPN 29 Pekanbaru ini dalam bidang olahraga lari. Salah satunya, cewek manis yang bercita-cita menjadi PNS dilingkungan Dispora ini, adalah saat Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2013 lalu, dengan menggondol dua mendali parak di cabang Marathon dan perunggu di cabang yang sama 10 Km. Meski sudah mendulang mendali di olahraga cepat tersebut, Febby mengaku masih jauh tertinggal dengan teman lainnya. ‘’Belum maksimal menurut saya kemarin, karena masih ada emas yang belum saya raih di sana. Makanya saya akan terus kerja keras dan terus berusaha sehingga bisa menjadi lebih baik. Target tidak terlalu tinggi, mewakili Riau saja sudah menjadi kebanggaan, dan m u d a h mudahan dipanggil ke timnas,’’ ujar gadis

manis ini. Diterangkannya, kegemarannya dalam olahraga sudah sejak lama. Awalnya hobi tersebut hanya sebatas untuk menjaga kesehatan tubuh, namun karena terus dilatih dia tepilih secara seleksi mewakili Pekanbaru dalam ajang tersebut. Dengan kemampuan yang sudah ditunjukkannya, Febby menjadi sosok atlet pelari cepat masa depan Riau. Melihat potensi anak didiknya ini, Kepala SMPN 29 Pekanbaru, Syafrida Ali SPd didampingi Wakasek Kesiswaan, Emilidar Z SPd mengaku bangga. Namun dia tetap berpesan untuk tetap menomor satukan pendidikan. ‘’Prestasi dengan mendali emas itu sangat membanggakan, tapi selesai pendidikan dengan nilai evaluasi terbaik itu lebih membanggakan. Makanya, apapun kegiatan siswa kita dukung 100 persen, namun untuk pendidikan tetap menjadi prioritas. Hebatpun kita, tanpa ada dasar pendidikan ke d e p a n akan sias i a , ’ ’ pesannya.(eko)

September 2013 Jenis Kelamin

Metode Polling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Resma Wanti, Winda Tri Maulana, Monasari Mahasiswa UIR Foto: Iqhel Xpresi Riau Pos

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Cewek 52%

INFO PENTING!!!

Cowok 48%

Kesempatan bagi siswa/i SMP/SMA sederajat dan sekolah yang berprestasi di bidang apa aja, buat eksis di halaman Xpresi Riau Pos. Buruan kirim berita/ rilisnya ke email xpresimagazine@gmail.com atau hubungi 081365671385. Chekidot!!!

Pendidikan SLTA 50% SLTP 50%

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Sabtu 19 oktober 2013