Issuu on Google+

40

Riau Pos

RABU

30 APRIL 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Gaul Boleh, Disiplin Harus! Fenomena Seragam Sekolah PAKAI baju seragam sekolah dimasukkan? Ih jadul banget, kuper, ndeso, nggak gaul dan lain sebagainya. Ya, begitulah celotehan para siswa jika ditanya mengenai alasan mereka nggak mau berpenampilan rapi ke sekolah. Baju dikeluarkan, memakai sepatu yang bukan yang dianjurkan, tidak memakai atribut, atau tidak disiplin sudah menjadi fenomena yang kian lazim di kalangan pelajar. Hal ini awalnya hanya sekadar mencoba dan menebar sensasi saja bagi kalangan siswa, namun ketika perilakunya tersebut diabaikan saja oleh bapak dan ibu guru, akhirnya hal tersebut menjadi biasa dan tidak aneh lagi ketika peraturan dilanggar. Ketika ditelusuri melalui poling Xpresi Riau Pos, ternyata 42,8 persen para SobeX mengaku suka melanggar peraturan sekolah yang salah satunya mengeluarkan baju seragam ketika proses belajar di sekolah. Alasannya sih, biar kelihatan keren (53,2 persen) dan ikut-ikutan sama teman (13 persen). Selain itu 33,8 persen mengaku mengeluarkan baju seragam ketika di sekolah lantaran tidak memakai ikat pinggang. “Ya, aku lumayan sering sih keluarin baju ketika di sekolah. Dan lumayan sering juga ditegur guru karena sudah melanggar peraturan. Aku suka keluarin baju karena biar kelihatan keren aja sih. Habisnya kalau baju dimasukin kan kelihatan jadul banget. Nah, walaupun sering keluarin baju dan sering kena tegur, namun aku tetap rangkingloh di kelas he...he...he...” ungkap Ridwan, siswa MA Bangkinang. Turbidin Turbo, siswa SMK Taruna Mandiri juga mengaku suka mengeluarkan baju ketika di sekolah. Kata cowok yang akrab dipanggil Bidin ini, ia suka mengeluarkan baju karena merasa nyaman jika baju sekolah dikeluarin dan terlihat keren. “Kalau aku suka keluarkan baju seragam sekolah karena aku merasa nyaman dan biar kelihatan keren juga. Kalau baju seragam dimasukin kayaknya culun banget, makanya aku keluarin aja walaupun aku jadi sering ditegur satpam,” kata Bidin. Lalu bagaimana pendapat SobeX bagi mereka yang suka mengeluarkan baju seragam ketika di sekolah? 42,8 persen mengatakan mereka yang suka mengeluarkan baju seragam tergolong siswa yang bandel karena telah melanggar peraturan sekolah. Dan ada juga yang berpendapat, siswa yang suka mengeluarkan baju seragam lantaran mereka caper alias mencari perhatian (9,4 pesren) dan sok keren (24,4 persen). “Gue orang yg paling nggak suka liat pelajar yg bajunya dikeluarkan. Kesannya nggak rapi dan nggak berpendidikan. Seharusnya seorang pelajar itu selalu berpakaian rapi dan elegan dengan baju dimasukkan,” kata Panji, siswa SMAN 2 Benai.(cs4)

Apakah SobeX suka mengeluarkan baju seragam sekolah? Suka 42,8% Nggak 57,2%

Kenapa sih SobeX? Biar terlihat keren

53,2% Karena nggak pake ikat pinggang 33,8% Ikut-ikutan teman 13%

Siapa yang biasanya menegur SobeX? Guru 77,9% Pacar 9,1% Satpam 5,2% Teman 7,8%

Bagaimana perasaan SobeX saat mengeluarkan baju di sekolah? Pede aja 49,4% Takut dimarahi guru

5,2% Merasa bersalah 10,4% Biasa saja 35,1%

Apa pendapat sobeX tentang siswa yang suka ngeluarin baju di sekolah? Anak bandel 42,8% Berantakan 23,3% Caper 9,4% Sok keren 24,4%

Profil Responden 150 pelajar SLTP/SLTA sederajat di Pekanbaru Metode Poling: Cluster Random Sampling Instrumen Poling: Questioner Close Question Model: Siswi SMPN 3 Pekanbaru Foto: Wiwin Xpresi Riau Pos Waktu: 21s-27 Maret Jenis Kelamin: Cowok: 47% Cewek: 53% Pendidikan: SLTA/SMK: 63 % / SLTP: 37%

IKLAN

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ DESAIN: DESRIMAN ZAHMI


Rabu 30 april 2014