Issuu on Google+

40

Riau Pos

RABU

29 JANUARI 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Menurut sobeX toilet sekolah sobeX jorok gak? Iya 52,9% Nggak 47,1%

SobeX sering menggunakan toilet sekolah? Iya 9,9% Nggak 21,6% Kadang-kadang 68,5%

Kenapa toilet sekolah sobeX jorok?

Menurut sobeX, apa yang harus sobeX lakukan untuk mengatasi toilet sekolah jorok?

Gak ada yang bersihin 11,7% Kurangnya perhatian warga sekolah 82,0% Faktor cuaca 6,3%

Nofri Candra

Apa perasaan sobeX lihat toilet sekolah sobeX jorok? Jijik 73,0% Pengen bersihin 18,9% Biasa aja 8,1%

Jaga Kebersihan

Toilet Sekolah SUDAH bukan rahasia lagi, hingga kini kondisi WC atau toilet di sejumlah sekolah di tanah air termasuk kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau masih kurang terjaga kebersihannya. Bener gak sih? Bahkan, sebagian besar toilet sekolah banyak yang jorok dan kotor, bau dan tidak layak pakai. Meskipun digunakan setiap hari, keberadaan toilet di sekolah seringkali terabaikan, hampir tidak pernah diangkat menjadi sebuah topik bahasan khusus, padahal ini menggambarkan kondisi sekolah lho. Harusnya ini menjadi urusan nomor satu dan diprioritaskan. Hmm . . . padahalkan sobeX keberadaan toilet sama pentingnya seperti meja makan, dan tidak tabu untuk dibicarakan. Untuk itu sobeX kali ini kita akan kupas masalah kebersihan toilet di sekolah para sobeX, setuju kan. Yups 52,9 persen para sobeX mengaku kalau toilet sekolah IKLAN

WC adalah gambaran kepribadian dari para pemiliknya....jika WC kotor,maka para pemakainya secara tidak langsung tergambar kepribadian didalamnya.....jika ingin di hargai orang lain,mulailah hargai dari hal yang terkecil....

Indah Permatasari

Gotong Royong 59,0% Adakan sosialisasi 19,5% Kasi sanksi tegas 21,4%

Toilet Sekolah Kok Jorok!!!

lumayan bersih cuman alas kaki gak tersedia jadi pas kluar dr wc kaki jd kotor. Menurut indah gak nyaman bgt wc jorok ntar kalo siswanya pengen ke wc mesti pula yah nahan bau dan kotor

mereka jorok. Sangking joroknya para sobeX mengaku hanya kadang-kadang saja menggunakan toilet di sekolah (68,5 persen) bahkan ada juga beberapa di antaranya yang nggak mau sama sekali menggunakan fasilitas sekolah tersebut (21,6 persen). Ngomong-ngomong, apa sih penyebab toilet di sekolah sobeX jorok? Salah satu penyebabnya kata para sobeX lantaran toilet di sekolah mereka nggak ada yang bersihin (11,7 persen). Selain itu karena faktor cuaca juga (6,3 persen), dan lantaran kurangnya perhatian dari pihak sekolah (82 persen). Seperti cerita sobeX dari SMA Tribakti Pekanbaru, Liska Megawati yang katanya toilet sekolah mereka jorok dan bau lantaran warga sekolah yang nggak mau menjaga kebersihannya. Akibatnya aroma toilet yang bau tersebut mengganggu konsentrasi belajar di kelas. "Wc sekolah ku jorok banget lantaran siswa-siswanya kalau buang air kecil, dan air besar nggak pernah mau di siram. Aki-

batnya ya toilet jadi nggak sehat baunya, minta ampun. Apalagi kelas ku di sebelah toilet aroma toilet yang bau jadi tercium, dan sangat mengganggu konsentrasi belajar di kelas," kataya. Nggak jauh beda, Andri juga merasakan hal yang sama. "Wc di sekolah ku juga jorok, dan bau lantaran banyak kumannya, sobeX terkadang air nya juga suka mampet. Jadi kalau pengen buang air kecil terkadang harus nompang di toilet guru," ujar Andri. Aduh du du, kasihan ya sobeX kalau toilet sekolah jorok, begitu jadinya nggak nyaman deh. Nah ada beberapa tips nih dari para sobeX untuk mengatasi toilet sekolah yang jorok. Kalau kata para sobeX mendingan di kasi sanksi yang tegas bagi yang nggak mau menjaga kebersihan toilet (21,4 persen). Selain itu juga perlu ada sosialisasi mengenai toilet sehat dan nyaman (19,5 persen), dan ada juga para sobeX yang

MODEL: EKA RESKI RAHMADHANI (SMA AN-NAS PEKANBARU) FOTO: WIWIN XPRESI RIAU POS

SMAN Plus Juara Umum Olimpiade Fisika KOTA (RP) - Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Plus Riau berhasil mengukir prestasi juara umum pada lomba Olimpiade Fisika ke-IX tingkat SMA seProvinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri), berlangsung dari 21-25 Januari 2014. Berdasarkan keterangan Kepala SMAN Plus Riau Drs H Basri Mpd didampingi Wakil Kepala Bidang Humas

Drs M Yuzar Mpd dan penanggungjawab tim olimpiade SMAN Plus sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Drs H Hasidin Pospos Mpd kepada wartawan, Selasa (28/1) mengatakan, prestasi yang menggembirakan ini diraih dengan menyisihkan 50 sekolah se-Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau yang terbaik. Pada ajang tersebut, ucap Basri, sekolahnya mengirim-

kan 42 orang peserta. Dari 42 tersebut, tujuh di antaranya berhasil meraih medali. Mereka itu adalah, Naufaldi meraih medali emas untuk geosains, Kresna Bayu Dwianto meraih medali perak pada astronomi, Fitrah Aulia Lisabilla meraih medali perak untuk geosains. Selanjutnya, Adieb Mustagre Yulmi meraih perak mekanika untuk fisika, Pramandri Putra meraih medali perunggu untuk geosains, Indrawirman Alyubi

meraih medali perunggu untuk astronomi, Yoga Rifaldo meraih medali perunggu untuk geosains. Prestasi yang dicapai siswa SMAN Plus ini merupakan hasil persiapan dan pembinaan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Hal yang menggembirakan dari tujuh peraih medali rata-rata diraih oleh pendatang baru tim olimpiade SMAN Plus Riau. ‘’Sebelumnya mereka belum pernah diikutsertakan dalam ajang lomba seperti ini,’’ paparnya.(nto)

SMAN PLUS FOR RIAU POS

FOTO BERSAMA: Para juara Olimpiade Fisika foto bersama usai penyerahan piala dan medali dari Tim Olimpiade Fisika SMAN Plus ke pihak sekolah pada upacara Senin (27/1/2014) di halaman SMAN Plus Riau.

Tips Toilet Sekolah Sehat 1. Salah satu hal yang terpenting toilet di sekolah sobeX, sebaiknya menyiapkan peralatan pembersih toilet. Di antaranya sikat toilet, sikat lantai, sarung tangan karet, dan cairan pembersih toilet. 2. Sikatlah toilet di sekolah

sobeX secara rutin tiap hari. Kita tidak pernah tahu kuman apa saja yang berada di toilet.

Selain itu, menyikat tiap hari akan membuat pekerjaan membersihkan toilet menjadi ringan. Luangkan waktu sobeX 3-5 menit per hari untuk melakukannya. 3. Tumbuhkan kesadaran dalam diri sobeX dan temanteman agar selalu menjaga kebersihan toilet demi kenyamanan bersama, juga untuk menjaga kesehatan. Karena apabila toilet di sekolah sobeX bau dan kotor menandakan

keberadaan kuman itu menyebar. Escherichia coli adalah kuman pembusuk yang menimbulkan gas H2S. dan bau kencing juga sangat berbahaya sobeX, karena urine kita memiliki kandungan amoniak. Ini merupakan zat beracun dan sangat tidak baik jika terhirup, bukan saja karena aromanya yang menyengat, tapi juga amoniak sangat beracun untuk pernafasan.(cs4)

PROFILE

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

Metode Polling: Cluster Random Sampling 210 pelajar SLTP Instrumen Polling: /SLTA sederajat Questioner Close di Pekanbaru Question

Responden

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

Model: Eka

Reski Rahmadhani (SMA An-nas Pekanbaru)

Foto: Wiwin Xpresi Riau Pos

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

Waktu

Jenis Kelamin

Pendidikan

25- 28 Desember 2013

Cewek 73% Cowok 27%

SLTA 55 % SLTP 45 %

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Rabu 29 januari 2014