Page 1

40

Riau Pos

RABU 18 JUNI 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

MODEL: DEVIRA DAN MARDLA ANNISA FAKULTAS KEDOKTERAN UNRI FOTO: TIM XPRESI

Bersaing dengan Negara ASEAN, Mengapa Tidak ! HAY hay Sobat Xpresi (SobeX) udah pada tahu dengan AFTA 2015? Pasti SobeX udah gak asing lagi nih dengan istilah AFTA, ya ASEAN Free Trade Area atau kawasan perdagangan bebas ASEAN. Terdiri dari 10 negara anggota ASEAN seperti Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja serta negara-negara yang telah menandatangani perjanjian bilateral seperti China, Jepang, Korea, India, Australia, dan Selandia Baru. O ya SobeX, AFTA ini merupakan perwujudan dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN yang membentuk suatu kawasan bebas di perdagangan tuh. Dan tujuannya apalagi, kalau bukan buat meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan regional ASEAN. Jadi dengan menjadikan ASEAN ini sebagai basis produksi dunia serta menciptakannya pasar regional bagi 500 juta penduduknya. Wah wah, udah gak dapat dipungkiri ya SobeX kalau AFTA ini bakal mempengaruhi berbagai bidang tuh. “Tentu kami sebagai mahasiswa harus dapat berkompetensi sesuai dengan keahlian yang digeluti saat ini. Jadi Indonesia bukan hanya sebagai objek pasar bebas saja, tapi dapat bersaing dan unggul di antara negara ASEAN lainnya. Kemampuan enterpreneur perlu diasah dan ditanamkan sejak kini dan kemampuan berkomunikasi juga menjadi tolak ukur buat Indonesia dapat bersaing dengan berbagai negara ASEAN di 2015 mendatang,” ujar Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Zulfa Hendri.

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

Di bidang kesehatan misalkan, sangat terpengaruh dari dampak globalisasi. Seperti yang bisa SobeX lihat di bidang rumah sakit, tenaga kesehatannya, industri farmasi, alat kesehatan dan asuransi kesehatan. Nah, di AFTA 2015 nanti tuh SobeX, tenaga kesehatan warga negara asing atau yang disebut dengan TKWNA ke Indonesia menjadi fenomena yang udah gak bisa buat dibendung secara sepihak lagi, karena sudah adanya kesepakatan globalisasi perdagangan bebas dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community). Jadi bidang kesehatan ini nih yang merupakan salah satu unsur dari perdagangan jasa di AFTA 2015 nanti SobeX. Pada prinsipnya, para TKWNA bisa masuk ke Indonesia begitu pun sebaliknya tenaga kesehatan Indonesia dapat bekerja juga ke luar negeri. Dengan penduduk Indonesia yang menempati posisi keempat terbesar di dunia nih SobeX, Indonesia menjadi sasaran empuk target pasar dari berbagai produk negara-negara di dunia deh. Karena itu, apakah Indonesia siap menghadapi AFTA? Apalagi dengan berbagai macam permasalahan yang SobeX ketahui nih yang khususnya di bidang kesehatan. Tidak dapat dipungkiri nih SobeX, kalau permasalahan di bidang kesehatan di Indonesia sangat kompleks banget deh, apalagi disebabkannya banyak faktor yang pada dasarnya itu saling berhubungan. Makanya itu SobeX, para dokter atau pun calon dokter Indonesia harus pandai dalam menyikapi masuknya TKWNA ya, jangan mau kalah

saing. He..he. Nah, hal terpenting yang harus disiapkan oleh pemerintah adalah penguatan regulasi domestik terkait TKWNA ke negara kita SobeX. Saat ini nih, sudah ada diatur empat bidang kegiatan yang memperbolehkan TKWNA masuk ke Indonesia, yaitu bidang kegiatan pelayanan kesehatan, alih ilmu pengetahuan dan teknologi, bakti atau kerja sosial bidang kesehatan, dan penelitian berbasis pelayanan kesehatan. Sedangkan buat pendayagunaan TKWNA di Indonesia harus melalui pengguna dan harus didampingi oleh tenaga kesehatan Indonesia juga pastinya. Selain itu juga harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Jadi buat mendayagunakan TKWNA di Indonesia, harus mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dulu ya SobeX, yaitu izin penyelenggaraan kegiatan atau rekomendasi RPTKA dan Rekomendasi Izin masuk TK-WNA. Ayo SobeX, di AFTA yang akan diberlakukan pada 2015 mendatang memang mewajibkan para praktisi jasa termasuk dokter untuk mempersiapkan diri sedini mungkin lho SobeX. Jadi jika telah diterapkan, para dokter bahkan rumah sakit asing yang akan berpraktik di Indonesia dapat saling memberikan pelayanan yang baik. Oleh sebab itu, para dokter di Indonesia harus benar-benar mempersiapkan diri dengan mengembangkan skill dan pengetahuan ilmu kedokterannya. “Para calon dokter yang tengah menempuh pendidikan harus se-

suai dengan program pembelajaran yang berstandar internasional di bidang kesehatan. Seperti sering belajar dari universitas-universitas ternama di negara maju, dan pembinaan berkelanjutan juga dari institusi dan membuat forum-forum diskusi sebagai wadah sharing informasi khususnya di bidang pendidikan kesehatan itu,” tambah Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Hendri. Jadi, udah dimana nih ya SobeX kesiapan anak muda Indonesia? Anak muda Indonesia sepertinya harus berpatokan pada kemampuan mereka berbahasa Inggris. Ya, padahal di balik kemampuan berbahasa Inggris itu tentu diperlukan juga kemampuan teknis untuk bidang-bidang kerja yang kemungkinan akan diserbu tenaga kerja asing lho SobeX. Misalnya bidang information technology (IT), minyak dan gas (Migas), advertising, keuangan dan perbankan, jasa audit dan sebagainya gitu. Karena bidangbidang inilah yang bahkan sebelum AFTA berlakupun sudah banyak tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia, baik orang tersebut warga negara dari negara-negara ASEAN atau negara asing di luar ASEAN. Jadi buat SobeX, sebagai anak muda Indonesia nih, mesti siap menghadapi AFTA 2015. Jangan lupa perdalam kemampuan berbahasa Inggris dengan latihan bercakapcakap dan memperbanyak penguasaan kosa kata ya, Tapi berbahasa Indonesia mesti fasih juga.(cs2/int/gus)

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

Zulfa dan Hendri Presiden dan wakil presiden Universitas Riau

Tips Hadapi AFTA 2015 SobeX jangan ragu-ragu lagi terhadap persaingan yang ada di depan mata nih. Hanya tinggal beberapa bulan lagi SobeX semua bakalan bersaing dengan berbagai negara lain lho SobeX. Perlu banget nih buat memperhatikan beberapa hal berikut ini nih.. 1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Mesti punya kelebihan dan kekurangan apa itu dan SobeX harus tahu. Jangan SobeX melamar kerja tapi tulisan di CV hanya copy paste dari Google atau temen seperjuangan. He..he. 2. Kenali Passion Passion itu perpaduan antara kemauan dan kenyamanan untuk melakukan sesuatu demi cita-cita SobeX tuh.

3. Doa, Usaha dan Ikhtiar Wah ketiga poin ini udah gak bisa lagi buat dipisahkan deh SobeX. Mesti sinergi dan satu lagi nih, mesti sabar dan ikhlas ya. 4. Proses dan Tujuan Tentukan tujuan SobeX dan jangan juga menyepelekan prosesnya ya. 5. Mapping Mapping di sini adalah pemetaan untuk jangka penjang selain jangka pendek. Jadi nih setelah mengetahui poin-poin apa yang SobeX perlu capai dan bagaimana mencapainya. Yang terkhir adalah mapping diri. Jika poin-poin di atas nya sudah goal semua maka hidup SobeX akan bahagia walaupun sederhana misalnya.(cs2/int)

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI

Rabu 18 juni 2014  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you