Page 1

40 Snapshot

Sang Hunter Foto

Riau Pos

KAMIS

22 AGUSTUS 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

SOBAT Xpresi (sobeX) pasti suka mengabadikan foto lewat kamera kan? Gak ragu deh, zaman sekarang anak-anak muda emang doyannya foto-foto alias narsising, apalagi kalau lagi di momen-momen yang indah. Contohnya lagi liburan, ulang tahun, hunting, dan momen lain yang foto-foto mesti wajib dilakukan. ”Foto-foto itu penting, apalagi sekarang macam-macam gadget yang punya kamera menjadikan foto itu mudah dilakukan,” ungkap Diana Adistia, siswi SMPN 3 Pekanbaru. Walaupun kadang fotofoto itu kebanyakan direncana-

kan, tapi sobeX pernah juga kan ngambil foto yang gak pakai direncanain. Contohnya, mungkin sobeX lagi pergi jalanjalan sore, terus lihat Afgan Syahreza lagi makan es pisang ijo di samping pustaka wilayah. Jarang-jarang gitu. Wah, kepingin datangin Afgan tapi takutnya dia malah lari karena ngerasa terganggu. Nah, disini lah fungsi kamera untuk mengabadikan momen ini. Karena objek harus diambil dengan spontan walaupun out of focus dan sedikit sembunyisembunyi, maka foto dengan cara ini dinamakan snapshot. Hampir sama dengan papparazi tapi seorang snapshot tidak menggunakan foto untuk kepentingan jurnalistik dan tidak merencanakan mengambil foto tersebut. “Orang yang melakukan snapshot tu punya keahlian

khusus karena momen untuk ngambil foto tuh gak didugaduga. Pingin juga jadi snapshot, hehe,” ungkap Syaifulah, siswa SMKN 1 Pekanbaru. Menurut beberapa orang yang ahli dalam fotografi, snapshot adalah sebuah foto yang diambil secara spontan dan cepat, paling sering tanpa niat artistik atau jurnalistik. Snapshot biasanya dianggap teknis “tidak sempurna” atau amatir dan terkadang juga out of focus. Menarik bukan menjadi seorang snapshoter? Yang diperlukan hanya kecepatan tangan dan ketepatan mengambil objek. Pasti hasil yang didapat menjadi sangat berkesan. Let’s try!(cs5/uli)

Hebat donk,, selain itu musti pnya kmampuan seni yg tnggi juga,,

Fitriana Kamen Wahid

Hebat Banget Dong, orang yg bisa seperti itu pasti punya skill yg hebat . . Widy Cii Cowox

SYAIFULLAH SMKN 1 Pekanbaru

Aryo Permana Putra

Calon Juara Dunia Karate Aryo Permana Putra merasa bangga setelah Indonesia kembali menjadi juara dunia dicabang Badminton. Namun, cowok ini masih belum puas karena dia ingin membawa Karateka Indonesia menjadi juara dunia. Untuk mencapai semua itu, siswa SMAN 1 Pekanbaru ini terus berlatih keras bersama Perguruan Shoto-kai Pengda Riau. Dalam upayanya, Aryo sudah membawa pulang mendali perunggu cabor Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur Juli 2013 lalu. ‘’Sekarang Badminton sudah juara dunia, kedepan karetaka dari Indonesia akan menMODEL: ANISSA DWI SANTY SMPN 14 & YESSY ARISTA SMA AL-HUDA PEKANBARU FOTO: ESYE LOUSIANA XPRESI RIAU POS & INTERNET ILUSTRASI: SUHANDY

Cara Memotret yang Baik

IKLAN

1. Terus melatih mata

Untuk mendapatkan foto yang bagus maka perlu melatih mata supaya jeli saat melihat objek sehingga gak terjadi lost moment saat mengambil foto.

2. Kenali kamera yang digunakan

Kalau sobeX udah kenal dengan kamera sobeX sendiri pasti sobeX gak merasa canggung untuk menggunakannya .

3. Percaya diri

Saat menemukan objek bagus tetapi rasanya sulit untuk diambil, sobeX harus pede kalau sobeX bisa melakukannya. (cs5/uli)

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

jadi juara dunia. O2SN kemarin mendapatkan mendali perunggu, kedepannya harus emas untuk Riau. Setelah itu baru menatap juara dunia,’’optimis Aryo kepada Riau Pos. Keberhasilan Aryo yang merupakan atlet binaan PPLP Kota Pekanbaru tersebut menjadi awal dalam mencapai cita-cita mulianya tersebut. Dengan kerja dan keinginan yang keras, Aryo terus berlatih dan mengembangkan kemampuannya untuk menjadi yang terbaik. Namun begitu, berdoa tetap menjadi senjatanya dalam menghadapi semua tantangan. Tidak hanya itu, meski Aryo fokus menjadi karatedo, namun dia tetap menomor satukan belajar. ‘’Latihan dan kerja keras adalah kunci keberhasilan, tapi tetap doa menjadi senjata andalan. Motivasi orang tua juga memberikan semangat untuk lebih baik. Namun tetap, pelajaran dan pendidikan nomor satu,’’terangnya. (eko)

INFO PENTING!!! Kesempatan bagi siswa/i SMP/SMA sederajat dan sekolah yang berprestasi di bidang apa aja, buat eksis di halaman Xpresi Riau Pos. Buruan kirim berita/rilisnya ke email xpresimagazine@gmail.com atau hubungi 081365671385. Chekidot!!!

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI

Kamis 22 agustus  

Harian Xpresi Riau Pos

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you