Issuu on Google+

40

Riau Pos

KAMIS

20 MARET 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

PERNAH melihat editan foto sketsa? Atau sudah memiliki salah satu sketsa wajah dengan editannya? Atau ingin sekali memiliki sketsa seperti itu ya? Nah SobeX, seorang ilustrator kreatif asal Jepang, Hirofumi Hamaguchi mempunyai hobi menggambar sketsa mundane moments tuh SobeX. Hirofumi ini sangat suka membuat mundane moments ketika dia ngeliat suatu hal yang menurut dia natural SobeX. Oh ya, tahu nggak arti mundane moments? Nah, mundane moments itu suatu momen dimana orang-orang melakukan aktivitas SobeX. Misalnya nih ya SobeX punya teman yang lagi ketiduran di kelas atau main HP, atau SobeX lihat teman yang lagi ngupil, he..he..he. Terus SobeX iseng deh buat ngegambar mereka. Nah itulah mundane moments. ‘’Sketsa yang kayak satu ini memang kreatif dan menarik buat dicoba nih tapi memang perlu banyak belajar kalau mau buat kayak gitu tuh,’’ begitu nih menurut SobeX siswa SMK Taruna Pekanbaru, Ran-

da Yusuf. Melihat sketsa yang pernah ada, bukan hal aneh lagi ya SobeX, terutama buat yang selalu update dengan jejaring sosial. Yap! Karena karya-karya Hirofumi ini awalnya mulai dikenal di akun instagram miliknya tuh. “Keren banget bisa buat gambar kayak gitu, betul-betul realistis gitu,” ujar siswi SMPN 6 Pekanbaru, Alifia. Nah kembali ke gambar sketsa nih, sketsa sendiri berasal dari Bahasa Inggris (sketching) yang memiliki arti lukisan awal yang kasar, ringan yang sering kali digunakan sebagai percobaan tuh SobeX. Menggambar sketsa juga termasuk ke dalam kegiatan menggambar yang ekspresif. Jadi, sketsa termasuk salah satu bentuk karya seni. Yang berfungsi sebagai sarana berekspresi yang juga sebagai

media ungkapan pribadi juga SobeX. Wih keren kan SobeX, gambarnya bagus-bagus. Nah kalo SobeX punya Instagram bisa banget tuh buat follow Instagram nya Hirofumi. Di sana tuh banyak banget koleksi gambar atau sketsa yang udah dia bikin SobeX. Oh ya, SobeX ada juga yang punya hobi kayak doi tuh? Boleh banget tuh SobeX buat di upload gambar-gambar dari kreasi SobeX. (cs2/gus)

Model : Hanny Eka SMKN 2 Pekanbaru Foto : Dian Xpresi

Keren banget tu,bisa ngembangin kreativitas anak bangsa

Ifan Yunir Azhari

Excellent. Jadi pgen belajar Kembangkan bakat mu mulai dr sekarang .

Wahyuni Dian Astari

IKLAN

Mau Nyobain, Ingat Ini DALAM sketsa ada hal yang harus diperhatikan dulu tuh SobeX, sebelum memulainya lebih lanjut. Simple sih, yuk lihat cara seperti berikut.

1. Posisi Gambar

Untuk posisi yang pas tempatkan posisi gambar di tengah-tengah kertas yang akan digambar nih sehingga mencukupi ruang yang tersedia.

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

2. Proporsional

Gak ada besar atau kecil SobeX. Jadi pas besarnya sesuai dengan bentuk aslinya SobeX. Gak ada besar atau kecil. Jadi gambarnya terlihat berimbang.

3. Garis Bantu

Buat membantu posisi menggambar agar sama besar. Jadi, simetris datarnya SobeX. Simple kan? (cs2)

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY G


Kamis 20 maret 2014