Page 1

40

Riau Pos

KAMIS 12 SEPTEMBER 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Kalung Etnik

INDONESIA, negara yang gak hanya kaya akan potensi alamnya aja tetapi juga negara yang kaya akan suku, budaya dan adat istiadat. SobeX pasti tahu suku-suku apa aja? Ada Melayu, Minang, Jawa, Batak, Bugis, Sunda dan banyak lagi. Wah, pokoknya banyak deh. Suku dan budaya yang beragam inilah yang menciptakan keanekaragaman lainnya. Contoh yang paling nampak, adalah bahasa, walaupun tetap dipersatukan oleh bahasa Indonesia. Keanekaragaman lain seperti makanan khas, tarian khas tradisional, sampai pakaian tradisonal atau baju adat juga loh. Ngomongin tentang baju adat, sobeX pasti udah tahu tentang baju adat dari suku-suku di Indonesia, kan? Baik dari nama pakaian tersebut dan bentuknya seperti apa. Semua baju adat punya ciri khas masing-masing alias punya arti sendiri loh. Nah, walaupun setiap baju adat punya ciri khas sendiri, ada hal yang sangat dominan sama yaitu kalung etniknya. Coba deh sobeX perhatikan setiap baju adat pasti punya kalung etnik yang kebanyakan bentuknya sama. Sama-sama memiliki nilai artistik, unik, dan cantik. Menarik bukan? Karena bentuknya yang artistik, unik, dan menarik ini menjadikan kalung etnik menjadi perhatian seniman. Perhatian gimana ya? Yupss, menjadikan kalung etnik yang dipakai baju adat untuk bisa dipadukan dengan fashion modern. Hasilnya seperti yang sobeX ketahui sekarang, terciptalah kalung etnik

Yayasan As-Shofa

Kombinasi dengan Model Baju BIAR terkesan modern, mesti pintarpintar buat memaduopadankan antara fashion dengan kalung etnik ini.

2. Kalung etnik persegi

Kalau yang ini, bisa dikombinasikan dengan baju berbahan sifon polos.

1. Kalung etnik manik-manik

Biasanya kalung ini dikombinasikan dengan baju santai atau kaos biasa. IKLAN

3. Kalung etnik mahkota

Karena bentuknya seperti mahkota, maka kalaung ini dikombinasikan dengan kebaya atau longdress.

4. Kalung etnik segitiga Dikombinasikan dengan blouse simple atau simple dress.

5. Kalung etnik bundar

Dikombinasikan dengan baju kemeja. (cs5/uli)

Silaturrahim Pelepasan JCH BERTEMPAT di Masjid AsShofa, kelompok guru-guru yang tergabung dalam majelis kajian Islam As-Shofa menggelar acara pelepasan jamaah calon haji yang berasal dari keluarga besar Yayasan AsShofa, Jumat(6/9). Acara pelepasan ini diikuti oleh unsur pimpinan, guru, dan wali murid yang tergabung dalam keluarga besar As-Shofa yang mau diberangkatkan ke tanah suci. Salah seorang guru As-Shofa, Nazri SThI kepada Xpresi, menyebutkan, acara ini rutin diadakan tiap tahun ketika

musim haji tiba. “Acara ini memang rutin diadakan di sekolah tiap tahunnya dan merupakan program terstruktur dari kita guna mempererat silaturrahim antara guru dan wali murid yang mau berangkat untuk menunaikan ibadah haji,” katanya, yang waktu itu didampingi Direktur Pendidikan As-Shofa, Ernawaty SPd dan Wakil Direktur Drs Adrison MPd. “Alhamdulillah, tiap tahunnya jamaah calon haji dari keluarga besar kita (As-Shofa, red) semakin meningkat. Sebagai per-

bagus banget, ap lgi kalau bisa d padukan dengan busana tren masa kini. pokok a indonesia banget dech,. I LIKE IT.

modern yang jadi trend sobeX cewek masa kini. “Kalung etnik modis banget pokoknya. Emang cocok jadi trend remaja sekarang. Nilai plusnya itu karena merupakan inovasi dari karya budaya Indonesia. Top lah pokoknya,” ungkap sobeX bernama Novitria yang akrab disapa Upit. “Kalung etnik pasarannya udah kemanamana, itu karena kalung ini memang kelihatan cantik, jadinya bikin orang banyak tertarik termasuk saya juga,” ungkap Lidia pula, mahasiswi Unri. Nenek moyang kita gak hanya terkenal dengan pelaut yang tangguh tetapi juga sang creator yang sangat baik. Terbukti dengan karya seninya yang sangat kreatif dan bisa dijadikan inovasi baru dengan tidak meninggalkan nilai seni originalnya sebagai kalung etnik tradisonal. (cs5/uli)

LIDIA DINAWATI Mahasiswi Unri

ARWINDA NOVITRI Mahasiswi Unri

inciannya tahun ini, calon jamaah haji yang dilepas kemarin berjumlah 32 pasangan yang tergabung dari wali murid dan satu pasangan dari salah seorang guru kita,” ucap Nazri, sambil menambahkan, ini adalah wujud kekeluargaan As-Shofa selalu terjaga. Rangkaian acaranya, antara lain sambutan Ketua Umum Yayasan As-Shofa Drs H Syafwi Khalil, dilanjutkan tausiyah dari Ustad Abdul Somad LC MA, lalu salam-salaman antara wali murid yang mau diberangkatkan dengan pihak sekolah untuk memohon doa restu.(cs2/uli)

AS-SHOFA FOR XPRESI RIAU POS

SALAMAN: Wali murid As-Shofa bersalam-salaman dengan pihak sekolah untuk mohon doa restu pada acara pelepasan JCH As-Shofa, beberapa waktu lalu.

Iettyy Khannyzha Qaieyllha

INFO PENTING!!! keren banget tuh kalung ... apalagi dipake untuk busana budaya indonesia... siiip deh ..

W0o0w... Bagus,unik, keren banget. . I like it. .

Ardyla Shari Putri Azhari

Kesempatan bagi siswa/i SMP/SMA sederajat dan sekolah yang berprestasi di bidang apa aja, buat eksis di halaman Xpresi Riau Pos. Buruan kirim berita/ rilisnya ke email xpresimagazine@gmail.com atau hubungi 081365671385. Chekidot!!!

Andri Firnandes

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY G

Kamis 12 september 2013  

Harian Xpresi Riau Pos

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you