Issuu on Google+

40

Riau Pos

KAMIS

12 DESEMBER 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Pura-pura Sakit Saat Upacara Bendera Setiap Senin, di sekolah manapun, pasti kegiatan upacara bendera, khususnya di sekolah para sobeX. Kegiatan ini digalakkan untuk tetap membuat para sobeX mempunyai rasa cinta tanah air. Namun amat disayangkan dengan respon yang diberikan oleh para sobeX mengenai hal ini. Banyak diantara mereka yang pura-pura sakit, hanya untuk tidak mengikuti upacara. Ini dibuktikan dari hasil survey polling Xpresi Riau Pos, SobeX pernah pura-pura membuktikan kalau para sakit saat Upaca Bendera? Survei sobeX malas mengikuti upacara, Pernah 46.1% para sobeX lebih memilih purapura sakit ketimbang Nggak 53.9% mengikuti upacara bendera di sekolah Bagaimana Menyebalkan (46.1 persen). Ada beberapa prependapat 20.0% Pembohong 54.4% sepsi dari para sobeX sobeX ? Nggak peduli 25.6% kenapa mereka memilih pura-pura sakit di bandingkan harus mengikuti upacara bendera. Yaaps alasan nya lantaran sobeX tidak membawa perlengkapan upacara (24.1 persen), selain itu para sobeX malas mengikuti upacara

bendera lantaran ngantuk (13.3 persen) dan malas mendengarkan pidato yang panjang dari pembina upacara (62.7 persen). ‘’Pernah sih beberapa kali pura-pura sakit di saat sedang upacara bendera, lantaran waktu itu saya nggak membawa topi. Karena takut di suruh berdiri di tengah-tengah lapangan," ujar Dewi angriani, siswi SMP Negeri 20 Pekanbaru. Seharusnya sobeX beruntung bisa mengikuti upacara bendera. Karena dengan upacara, para sobeX akan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan mencintai negeri ini dengan sepenuh hati sobeX. Seperti pendapat Leli Sukma Ningsih dari SMA Al-Huda " Upacara bendera itu manfaatnya banyak loh. Salah satunya menumbuhkan rasa nasionalisme selain itu untuk menjaga kesehatan. ‘’Kata cewek yang berusiah 16 tahun tersebut. Yaaps bener banget kata Leli, upacara bendera memang banyak manfaat nya. Budaya upacara bendera hingga saat ini memang masih bertahan. Yang semakin memudar hanyalah kesadaran para siswa untuk mengikutinya. (cs4)

PROFILE Gimana rasanya ?

Senang 2.4% Legah 37.3% Nyesal 60.2%

Pernah, sbnarnya bkan upacaranya yg lama tpi kata pengantarnya yg bkin lama, apa lagi klw hari panas sakit hati, Hahahaha

Nggak prnah, kta sbagai generasi muda hrus nnjukin skap yg baik dong masa klah sma orang2 tua kta yg upcara hnya 1 jam pada gak snggup,

Iin Purnama

Rivaldi Simanjuntak

Responden 180 pelajar SLTP/SLTA

Waktu 4-7

sederajat di Pekanbaru

November 2013

Metode Polling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Adhil Fajri (Mahasiswa UNRI) Foto: Wiwin Xpresi Riau Pos

Jenis Kelamin Cewek 34% Cowok 66 % Pendidikan SLTA 50 % SLTP 50 %

Penting Banget

Manfaat Mengikuti Upacara

1 2

3

Potensi Kepemimpinan Setiap sobeX secara bergilir kesempatan untuk tampil memimpin upacara. Nah disinilah sobeX akan terlatih secara tidak langsung dalam menggali potensi upacara.

Rasa Percaya Diri Pengalaman membuktikan sebagian siswa masih mengalami demam tampil ketika harus tampil memimpin. Namun, hilang ketika giliran berikutnya.

Tanggungjawab Ada sejumlah hal yang harus dilaporkan seperti jumlah yang tidak hadir. Yang demikian dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan sikap koreksi dan tanggungjawab.

4

Tenggang Rasa

SobeX sebelumnya sudah mempersiapkan diri namun ketika tampil melakukan kekeliruan. Pengalaman ini akan menumbuh-kembangkan kesadaran tenggang rasa. (cs4)

MELDA/XPRESI RIAU POS

JUARA: Dance SMK Telkom Pekanbaru yang baru-baru ini menjadi juara ke tiga Breakdance Boy.

SMK Telkom Pekanbaru

Juara 3 B-Boy SMK Telkom Pekanbaru meraih juara 3 Breakdance Boy (B-Boy) dalam iven Kratingdaeng powerdance tingkat kota Pekanbaru tahun 2013. Sebelumnya tim yang digawangi oleh Ridzki Reza Virandi, Muhammad Ilham, Muhammad Fathur Rachman, dan Fadel Aviv ini pernah meraih juara 2 pada lomba dance competition 2012. ‘’Kami semuanya memang hobi ngedance. Jadi, bakatbakat ngedance tersebut, kami

tuangkan dalam partisipasi setiap iven di sekolah maupun lomba diluar sekolah. Alhamdulillah, pertamakali tampil di lomba, sudah bisa meraih juara,”ujar Ridzki Untuk ke depannya, tim dance SMK Telkom Pekanbaru ini akan tetap terus solid untuk terus mengembangkan bakat mereka yang lebih baik lagi.(ma/new)

IKLAN

Cindy Amalia

Juara PMR Profil

Nama : Cindy Amalia TTL : Pekanbaru, 9 September 1999 Hobi : Baca novel dan dengerin musik Cita : Bisa membuat bangga semua orang Orangtua : Suyono Hadi dan Dwi Restu Ningsihvvv

Prestasi

„ Juara 3 Lomba Paskibraka di SMK Taruna „Juara Olimpiade biologi mading 3D di Unri „ Juara 3 Lomba Kader Kesehatan Remaja tingkat kota „ Juara 2 PMR tingkat kota „ Juara 1 LCCBN tingkat Provinsi

SIAPA sih yang nggak kenal dengan siswa super aktif di Palang Merah Remaja (PMR) SMPN 4 Pekanbaru ini? Yups, namanya Cindy Amalia, ketua PMR SMPN 4 Pekanbaru. Berawal dari pelatihan PMR yang diikutinya sewaktu duduk di kelas VIII, doski dipercaya buat menjadi ketua pada organisasi sekolah dibidang kesehatan ini. Diceritakan putri pasangan Suyono Hadi dan Dwi Restu Ningsih ini, bergabung dalam organisasi PMR di sekolah didasarkan atas solidaritasnya untuk saling tolong menolong terhadap sesama temannya di sekolah yang membutuhkan pertolongan di bidang medis. Dikatakannya, sewaktu duduk dibangku SD, siswa kelahiran Pekabaru 9 September 1999 ini juga pernah menyandang sebagai dokter kecil di sekolah. ‘’Awalnya waktu SD, udah pernah jadi dokter kecil. Nah sekarang ini, di SMP buat gabung di PMR sudah nggak ngerasa asing lagi. Tinggal diasahasah dan dikembangkan lagi ilmu yang udah didapatkan,’’ujar Cindy semangat Aktif di dunia PMR, nggak terlepas dari prestasi-prestasi yang telah didapatkan oleh cewek yang hobi baca novel dan dengerin musik ini.

Doski bilang, ada dua buah prestasi yang telah didapatkannya khusus dibidang PMR. ‘’Aku udah pernah ngeraih juara 3 Lomba Kader Kesehatan Remaja tingkat kota dan Juara 2 PMR pada tahun ini. Alhamdulillah,” ujarnya Aktif di dunia kesehatan nggak berarti doski nantinya bercitacita ingin menjadi dokter. Dikatakan Cindy, ia nantinya ingin menjadi ahli pariwisata di Indonesia. “Indonesia banyak banget kekayaaan objek wisatanya. Nah disitu nantinya aku bakal memberdayakan objek wisata yang belum dikembangkan sama sekali. Biar orang Indonesia nggak jauh-jauh buat liburan ke luar negri. Dan sebaliknya orang-orang luar negri yang ke Indonesia ,”ujar Cindy. (ma/new)

14 DESEM

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: AGUSTIAR

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno Hatta Pekanbaru

BER 2014

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY


Kamis 12 desember 2013