Issuu on Google+

ada bacaan di atas trobosan demi nilai U

40

Riau Pos

JUMAT 7 FEBRUARI 2014

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Terobosan Membantu

UN

NGGAK terasa ya sobeX, sebentar lagi Ujian Nasional (UN) bakal menguji hasil selama mengikuti proses belajar. Hal ini membuat sobeX yang duduk di bangku kelas IX di SMP ataupun kelas XII di SMA harus segera mempersiapkan diri semaksimal mungkin jika tidak ingin dicap penghuni setia sekolah karena tidak lulus. Mengapa? Yaps, tentu saja para sobeX harus mempersiapkan diri sematang mungkin, karena UN merupakan penentu keberhasilan apakah ilmu yang didapat itu masuk ke memori atau malah sebaliknya. Berbagai macam pelajaran yang harus sobeX kuasai untuk bekal di masa mendatang yang utama untuk menghadapi UN. Tidak heran nih sobeX, bila ada siswa dan siswi yang menangis suka cita karena berhasil menaklukkan UN, maupun menyesal karena gagal. Bahkan ada yang sampai pingsan saat melihat nomor ujiannya tidak keluar, dan ada juga yang gantung diri karena tidak tahan dimarahi bokap dan nyokap dan malu dengan teman-teman sebaya apalagi adik kelas. Karena jika tidak lulus maka terpaksa harus mengulang tahgun berikutnya. Untuk persiapan UN ini beberapa sekolah sudah mengadakan pelajaran tambahan yang biasanya di sebut dengan istilah terobosan, gunanya untuk mengurangi risiko-risiko yang dideskripsikan di atas, atau membantu

Apakah di sekolah sobeX ada mengadakan kegiatan trobosan? Ada 70,5% Gak 29,5%

anak didiknya dan membimbing untuk belajar. Nah apakah sekolah sobeX ikut terobosan di sekolah? Yuhu, 70,5 persen sobeX mengatakan kalau di sekolah mereka ada kegiatan terobosan. Dan selebihnya 29,5 persen para sobeX mengatakan kalau di sekolah mereka tidak diadakan terobosan. Nah kembali lagi nih ke sobeX yang di sekolahnya mengadakan kegiatan terobosan, menurut sobeX biasanya di sekolah mereka kegiatan terobosan di adakan sewaktu pulang sekolah (71,6 persen). Namun ada juga beberapa di antaranya yang sekolahnya mengadakan kegiatan terobosan setiap akhir pekan (17,6 persen). Apa saja sih yang sobeX rasakan dari kegiatan terobosan tersebut? Nambah ilmu (34,3 persen) dan menambah pengetahuan dan ada juga diajarkan trik mengadapi UN (28,1 persen). Yups pastinya sobeX, kalau rajiin ikut terobosan dalam keadaan ngantuk atau pun nggak, semangat ataupun malas-malasan pastinya ilmu tetap aja ada yang ngalir ke otak walaupun sedikit, hehehe. “Terobosan pastinya ada dong, di sekolah kami terobosan dimulai hari Senin hingga Rabu. Bagus, karena lebih membuat kami sering dan lancar membahas soal-soal yang mungkin akan keluar di ujian nasional. Kalau ditanya suasana, bisa dibilang menyenangkan dan terkadang juga ada yang malas-malasan mungkin karena capek. Namun kami harus tetap semangat dalam menjalani terobosan agar bisa lulus UN,” sebut Cynthia Isra Mandahuta siswi SMAN 7 Pekanbaru. Okky Siswa SMK Pertanian Pekanbaru juga merasakan manfaat dari terobosan yang diadakan sekolah. “Walaupun sebenarnya capek namun terobosan sangat bermanfaat dalam menghadapi ujian nasional, “ ujar Okky.(cs4/gus)

Kapan sekolah sobeX mengadakan terobosan? Hari minggu

17,6%

Pulang sekolah

71,6%

Kapan maunya

10,8%

Lg masa jalanin terobosan, suasananya sih lebih santai dr belajar biasa, asyiklah momen terobosan sekali 3 tahun jdi harus dinikmatin.

Dwi Anggita

Penting Banget

Tips Sukses Belajar

1 2 Kenapa sobeX mengikuti terobosan? Biar tambah pintar

Bagaimanakah persiapan sobeX untuk ikut terobosan?

45,9% Ingin lulus UN

Karena ikut-ikut teman aja

10,1%

41,2%

Apa pendapat SobeX tentang terobosan?

Belajar sungguh-sungguh

Main-main

29,1%

Membuang waktu

16,2%

15,2%

Fokus 42,6%

IKLAN

Jam pelajaran

22,4%

Menambah ilmu

Bergaul dengan orang yang senang belajar. Tentunya sobeX akan tertular untuk senang belajar.(cs4)

Sbnrny ngrsa cpek dan ngntuk bgt, tp krn tmn2 bhkn gru sring bkin llucon, suasananya agk membaik.

Suci Rahmadhani

PROFIL Responden 210 pelajar SLTP/SLTA sederajat di Pekanbaru Metode Poling Cluster Random Sampling Instrumen Polling : Questioner Close Question

Model: Sandi SMA Nurul Falah Pekanbaru Foto : Wiwin Xpresi Riau Pos Waktu : 20-25 Januari 2014 Jenis Kelamin Cowok : 50,5% Cewek : 49,5% Pendidikan SLTA : 52,3 % SMK : 47,7 %

Dwi Anugrah Kuantanu

ALBERT Einsten membuka mata dunia dengan teori EMC2. Di luar dari itu, Albert juga merupakan tokoh Fisika dunia sepanjanga masa. Dwi Anugrah Kuantanu mulai menyukai pelajaran yang memiliki dasar logika.

www.xpresiripos.com

3

Bersikaplah proaktif. Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa sobeX sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup.

34,3%

Raih Perak Olimpiade Fisika Se-Riau

„ REDAKTUR: AGUSTIAR

Menanamkan kemauan, atau niat yang tinggi untuk belajar

Hasilnya tidak hanya untuk ilmu pribadi saja, dalam iven Olimpiade Fisika se-Riau yang dilaksanakan rutin oleh Unri, Dwi meraih mendali perak dan mengukuhkan diri sebagai salah satu calon Fisikawan terbaik di bumi Lancang Kuning (nama lain Provinsi Riau, red) ini. Tidak terlalu ingin menonjolkan diri, bujang kelahiran Taluk Kuantan, 26 Maret 1997 ini terus belajar agar bisa menjadi yang terbaik. ‘’Fisika itu pelajaran favorit saya. Karena tanpa kita sadari,

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi kita sudah melakukan aktifitas Fisika. Jadi masih banyak ilmu Fisika yang belum terekspos di luar sana,’’ terang putra pasangan Drs Yapan Rizan dan Yuli Ernita SPd ini.

Untuk mencapai cita-citanya tersebut, siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Pekanbaru ini terus mengasah diri. Dengan bergabung bersama Pengayaan Diri (PD) Olimpiade Fisika dibawah bimbingan Budi Arianto SSi.(eko)

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY G


Jumat 7 februari 2014