Issuu on Google+

40

Riau Pos

SABTU 7 SEPTEMBER 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Rasa Indonesia Banget UNTUK membuat pizza menjadi terasa bahan-bahan khas Indonesianya, sobeX (sobat Xpresi) harus pilih dengan cermat, apa aja ya. 1. Sayuran Pilih sayuran yang memang benar-benar hanya ada di Indonesia atau sering dikonsumsi. Contohnya tauge, kemangi, dan lain-lain. 2. Bumbu Gunakan bumbu rempah-rempah seperti merica, kemiri, kayu manis, dan bumbu lainnya seperti kencur, jahe dan yang lain. Dijamin pizza yang sobeX (sobat Xpresi) buat akan sangat terasa Indonesianya. 3. Cara memasak Setelah sayuran dan bumbu-bumbunya disiapkan ala Indonesia, cara memasaknya juga mesti disesuaikan dengan selera Indonesia. Jangan kebarat-baratan, biar cocok di lidah kita semua. Memang lidah Italia? Hehehe.(cs5/uli)

MODEL: RAISA & AMELIA MAHASISWI UNRI FOTO: ESYE LOUSIANA XPRESI RIAU POS & INTERNET ILUSTRASI: DESRIMAN ZAHMI

Pizza

Makanan Italia Ala Indonesia MASIH ada yang gak tahu pizza? Pasti tahu, kan... Soalnya makanan yang berasal dari Italia ini udah sangat friendly jadi makanan masyarakat Idonesia. Selain rasanya yang memang lezat, pizza juga punya kandungan gizi yang lengkap mulai dari karbohidrat, protein, dan kalsium. Pada umumnya nih, pizza ada beberapa macam. Ada pizza keju, pizza daging, dan pizza. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, perlu sobeX ketahui mengkonsumsi pizza terlalu sering juga tidak baik. Kok bisa ya? Yups, itu dikarenakan umumnya masyarakat Indonesia jarang melakukan aktivitas dan olahraga. Sedangkan kalau orang Italia rutin beraktivitas dan berolah raga. SobeX tahu sendiri kan orang Italia mau ngantor atau pergi kuliah aja jalan kaki. Maka dari itu, sekarang banyak pizza yang komposisinya berbeda dengan pizza pada umumnya. Pizza yang komposisinya berbeda ini sering disebut pizza ala Indonesia. Ini dimaksudkan agar setiap orang bisa mengkonsumsi pizza tetapi kandungan gizi seperti karbo-

ENDI SETIADI Mahasiswa Unri

Putri Mulia Sari

Bercita-cita Jadi Polwan LIDIA DINAWATI Mahasiswi Unri

hidrat dan lemak terganti dengan yang lebih Indonesia. Contohnya aja, topping yang biasanya daging diganti dengan tahu, tempe, bahkan toge. Ada juga yang terganti dengan telur dadar, sayur brokoli, bahkan jamur kuping. Pokoknya Indonesia banget,

hehe. “Wah, ide yang inovatif ya bisa menciptakan makanan yang asalnya dari negara lain jadi sensasi Indonesia,” ungkap Lidia, mahasiswi Unri. Hal senada juga disampaikan sobeX lain, Endi Setiadi, juga mahasiswi Unri. “Cintai hasil Indonesia dengan makanan yang bahan-bahannya khas Indonesia itu hebat, sangat inovatif,” kata doi.

Walaupun kedengaran aneh, tapi itulah pizza ala Indonesia. Sangat sederhana dan tetap enak. Yang paling penting gizinya seimbang dan terhindar dari lemak jenuh daging. SobeX punya ide dengan komposisi pizza selanjutnya? Mungkin bisa menambahkan bumbu-bumbu dapur tradisional lain yang pure Indonesia. Selamat mencoba, ya sobeX!(cs5/uli)

boleh juga tu, indonesia kan punya masakan khasnya tersendiri

POLISI Wanita (polwan) saat ini menjadi andalan Polri menjaga kemanan nasional, terutama untuk menghadapi demonstrasi yang kerap terjadi. Meski begitu, polwan juga dibekali dengan kemampuan bela diri yang mempuni. Untuk mengejar cita-cita tersebut, Putri Mulia Sari sudah memulai sejak dini. Dengan hobinya bela diri, Putri juga sudah mendulang berbagai prestasi dalam bidang pencak silat tersebut. ‘’Memang saya hobi bela diri, salah satunya adalah pencak silat. Selain ini adalah bela diri asli Indonesia, ini juga akan saya jadikan modal mengejar cita-cita menjadi polwan,’’ terang Putri yang masih menjadi siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Putri yang lahir 6 September

1999 dari pasangan Drs H Jamaludin dan Hj Ernayati ini memiliki banyak prestasi. Di antaranya, juara 1 se-Provinsi Riau tingkat SMP dan Rangking 5 alifull 11 Provinsi tingkat nasional di Kaltim, Balikpapan baru-baru ini. Sebelumnya juga, putri meraih mendali emas O2SN ketika masih duduk di kelas 5 SD. Meski dirinya adalah perempuan yang identik dengan kelembutan, tapi dia tetap berpikir jika pencak silat ini juga adalah olahraga yang tidak akan merubah sikapnya sebagai perempuan. ‘’Hidup itu harus memiliki target. Saat ini baru beberapa terget saya terpenuhi, masih ada beberapa terget lainnya. Jadi saya harus tetap kerja keras dan menjadikan pendidikan tetap nomor satu,’’ tuturnya. (eko)

Rahmat Doankk

INFO PENTING!!!

Kalau ada.. Mantap banget doNk.. Tempe..indoNesia banget

Kesempatan bagi siswa/i SMP/SMA sederajat dan sekolah yang berprestasi di bidang apa aja, buat eksis di halaman Xpresi Riau Pos. Buruan kirim berita/rilisnya ke email xpresimagazine@gmail.com atau hubungi 081365671385. Chekidot!!!

Tiecha Iqha

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Sabtu 7 september 2013