Issuu on Google+

40

Riau Pos

SABTU 6 JULI 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Berbuka Puasa

Menu Wajib Berbagai Negara

BERBUKA puasa di bulan Ramadan, selalu memiliki ceritanya sendiri. Terutama kalau kita bicarain soal menu khas yang ada di berbagai tempat di belahan dunia. Ramadan sering identik dengan menu khusus (tradisional) yang disajikan secara turun temurun dalam sebuah perjalanan

masyarakat Muslim di sebuah Negara. Kira-kira menu nergara lain sama atau nggak ya dengan menu di Indonesia? Pastinya beda dong yang sama itu sama-sama halal. “Kalau menu berbuka tuh pasti emang yang udah jadi menu turun temurun. Alasannya karena nenek moyang kita dulunya udah

mikirin menu apa yang enak dan sehat, hehe,” ungkap Tiara sobeX kita yang rada tomboy ini. Di India, menu khas berbukanya tuh dinamain Pakora. Makanan khas yang dihidangkan sederhana namun sangat memikat berbentuk seperti jamur yang digoreng,

TIARA PRATAMA Mahasiswi Unri

WANDA SYAHRIAN Mahasiswi Unri

MODEL: NOVITRIA ARWINDA, LAURA LESTARI MAHASISWI UNRI FOTO: ECYE LOUSIANA XPRESI RIAUPOS ILUSTRASI: DESRIMAN ZAHMI

Hmm. .martabak mesir menu paling andalan

kebab dari turki tu enak banget... perfecto..

Ardyla Shari Putri Azhari

Romi Antariksa

tepung, rempah-rempah, dan sayuran. Di Mesir menu khas berbukanya adalah Fesenjoon. Umumnya terbuat dari daging unggas dan dipadukan dengan sirup delima. Di Malaysia menu khas berbukanya adalah ayam percik yang hampirhampir sama dengan opor ayam. Nah kalau di negaara kita sendiri terkenal dengan masakan khas eksotik dengan cita rasa rempah-rempah yang khas. Kalau di Indonesia sendiri sobeX udah tau dong? Banyak makanan di Indonesia yang sering dijadikan santapan menu utama saat berbuka di bulan Ramadan. Seperti Rendang, olahan sup tradisional, seperti Soto dan Rawon. Tapi menu berbuka yang dari dulu sampai sekarang tetap cetar adalah kolak. “ Kolak itu ibarat musik keroncong, legendaris dan tetap menyenangkan, hehe,”ungkap Wanda sobeX kita yang lagi sibuk-sibuknya ikutan demo BBM ini. Siapa coba orang Indonesia yang nggak kenal kolak. Kolak adalah olahan kuah santan manis dengan bahan umbi-umbian pisang dan bahan yang lain. Karena kandungan karbohidrat, Kolak sering dipilih karena dampak yang efektif mengalahkan lapar, tanpa menimbulkan rasa kekenyangan berlebih. (cs5/ eko)

PENTING BANGET

Makan yang Aman Saat di Luar Negeri INTERESTED dengan makanan luar negeri itu wajar apalagi kalau kita kesana memang untuk wisata kuliner atau liburan bulan puasa. Tapi harus tetap hatihati ya karena banyak yang harus dipertimbangkan. 1. Cek Lokasi Kalau di Indonesia kebanyakan tempat makan yang mahal itu mewah, tapi itu belum tentu di luar negeri. Mungkin saja tempatnya sederhana tapi fee nya besar. Perlu juga tuh tahu tempat makan yang cocok dengan budget

www.xpresiriau.com n REDAKTUR: AGUSTIAR

sebelum sobeX datang kesana. 2. Hati-hati Lupa Bawa Paspor Paspor bukan cuma buat safety tapi emang harus. Sedih banget kan kalau lagi asik-asik makan eh malah ada razia petugas keamanan dan di saat itu kita lagi lupa bawa paspor. 3. Hati-hati Isi Dompet Wuwuw, ini tuh yang paling fatal. Karena terlalu asik pilih-pilih makanan dan pingin nyobain semua ternyata nggak sesuai dengan isi dompet. (cs5/eko)

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com n TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Hal 40 xpresi ok 2