Page 1

40

Riau Pos

SABTU 15 JUNI 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Tipografi Reformasi Fungsi Huruf ORANG muda adalah orang yang selalu ingin berkreasi. Bukan cuma dengan hal-hal yang sudah biasa saja tetapi banyak lagi hal bisa dibikin kreasi. Salah satunya tuh seni lukis tipografi. Tipografi? Kira-kira sobeX ada yang tau? Pasti ada. Yup tipografi adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruangruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Tipografi juga adalah seni dan teknik mengatur jenis, desain jenis, dan tipe glyph memodifikasi. Jenis dibuat dan dimodifikasi dengan berbagai teknik ilustrasi. Pengaturan jenis melibatkan pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang baris, terkemuka (spasi baris), menyesuaikan ruang antara kelompok huruf (tracking) dan menyesuaikan ruang antara pasangan huruf sehingga menghasilkan lukisan yang menawan dan terlihat sangat apik dan menarik. Biasanya tuh tipografi dilakukan typesetters, compositors, typographers, desainer grafis, art director, seniman komik, seniman grafiti, dan pekerja administrasi. “Wah lukisan tuh emang ada aja ya sensasinya, Typografi nih salah satunya. Udah pernah denger dan bentuknya tuh hebat. Salut buat pelukisnya!,”ujar Lila sobeX kita yang lagi sekolah di SMPN 8 Pekanbaru ini. Begitu juga sobeX kita satu ini, namanya Devi Puspita Sari mahasiswi UIR. Doski kagum lihat lukisan Typografi ini. Kenapa kagumnya ya? “Pasti si pelukis punya kesabaran tingkat tinggi buat nyusun ini jadi lukisan yang indah. Salut..salut..,”ungkapnya. Pure deh sobeX pasti tertarik buat nyoba berkreasi dengan seni ini. Selain dapat feel dan kesenan-

gan sobeX juga bisa dapat kesempatan wirausaha juga loh. Siapa tau ada yang tertarik dengan lukisan sobeX dan berbagi budget dengan sobeX. (mg5cs/eko)

DEVI PUSPITA SARI Mahasiswi UIR

LILADWI MIA SMPN 8 Pekanbaru

Dely Dwi Putri

Merentas Ke Istana Merdeka SobeX pasti tau donk Paskibraka. Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Nah sobeX yang berprestasi ini datang dari siswi SMA YLPI Pekanbaru yang duduk dikelas X. Namanya Dely Dwi Putri yang biasa disapa Deli oleh teman-temannya ini masuk kedalam Tim Paskibraka Tingkat Provinsi Riau. Deli mulai menyukai paskibraka ini sejak ia duduk dibangku SMP. Apa lagi postur tubuhnya tinggi dan besar jadi sangat cocok menjadi pasukan ini. Saat ini, kesibukan dara manis ini mempersiapkan diri untuk tampil mengibarkan Bendera Merah putih bersama timya pada 17 Agustus mendatang dikantor Gubernur Riau. "Saya sangat menyukai paskibraka karena paskibraka sangat disiplin dan rapih, serta disan kami dilatih mental agar tahan banting," ungkap Deli tersenyum. Aktivitas di non akademik tidak membuat prestasinya ternganggu nih sobex. terbukti ia masih mampu masuk kedalam 5

www.xpresiripos.com n REDAKTUR: AGUSTIAR

besar pada proses kegiatan belajar mengajar di kelasnya. "Deli sangat pantas menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat provinsi, karena postur tubuhnya yang tinggi serta bertubuh ideal. laaknya seorang polisi," ungkap Dra Ramunnah kepala S M A YLPI Pekanbaru.Deli juga berharap kedepannya dia bisa lebih baik lagi dan bisa menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Nasional. (f) Nama TTl

: Deli Dwi Putri : kampar, 19 september 1997 Hobi : Barisberbaris Cita-cita : Polisi wanita

MODEL:NADIA UNIVERSITAS RIAU FOTO: ECYE LOUSIANA XPRESI RIAUPOS

PENTING BANGET Hasil Lukisan Bermakna

1. Salah satu elemen desain grafis adalah huruf atau font. Font menjadi sangat penting karena mewakili isi yang akan disampaikan oleh pemberi pesan. Dengan font tersebut desainer dapat menuangkan pesan yang ingin disampaikan. 2. Agar pesan dapat sampai dengan lebih efektif kepada pembaca pesan maka perlu diperhatikan pemilihan jenis font yang tepat dengan isi pesan yang ingin disampaikan. Hal ini sangat penting karena font yang dipilih dapat mewakili atau menggambarkan isi pesan yang disampaikan. 3. Perlu pemilihan yang cermat agar desain kita bisa benar-benar harmonis antara pemilihan kata dengan pesan yang ingin disampaikan. Jangan sampai karena kita suka dengan font tertentu kemudian asal pakai pada setiap desain kita itu tidak baik untuk kesannya nanti. (mg5cs/eko)

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

Hmm .. I think it’s good, and so unique I wonder about that..

keren & menarik,, itu adalah bentuk kreatifitas....

Riko Saputra

Adi Syncopation

info_xpresi@yahoo.com n TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI

15 Juni 2013  

Harian xpresi Riau Pos

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you