Issuu on Google+

Riau Pos

37

AHAD 29 SEPTEMBER 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Titin Agustina, Siswa SMKN 4 Pekanbaru SMK Masmur Pekanbaru

Utus 100 Siswa Meriahkan Tari Melayu Massal DALAM rangka meraih Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) Tari Melayu Massal sekaligus pengukuhan Relawan Demi Indonesia yang di taja oleh Riau Pos, SMK Masmur Pekanbaru turut ikut serta dalam memeriahkan iven ini. Kegiatan yang akan di laksanakan di jalan Gaja mada ini akan di ikuti 20 ribu siswa SMP dan SMA se kota Pekanbaru. Kegiatan yang akan di laksanakan pada 13 Oktober ini disambut hangat pihak sekolah khususnya SMK Masmur Pekanbaru yang akan mengikutsertakan siswanya sekitar 100 orang. Hal ini terlihat dari persiapan sekolah dalam melatih para siswanya dengan didampingi guru pembimbing selama 2 pekan. ‘’Saya sangat senang dan bangga karena sekolah ini bisa ikut serta dalam meramaikan iven untuk meraih Rekor MURI tari Melayu massal ini. Kami selaku pihak sekolah juga sangat menyambut positif kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk ke depan," ungkap Sebastiazo Koti SPd DT MBa selaku pembina OSIS.(mg4cs)

Designer Muda Berbakat SEKOLAH mana sih yang gak bangga punya siswi yang berbakat dalam bidang design busana seperti Titin ? ‘’Kami mengaku sangat bangga dengan prestasi yang di raih Titin," ungkap salah seorang guru SMKN 4, Fatmayeni kepada tim Xpresi. Titin. Yap, itulah sapaan akrapnya di sekolah. ‘’Aku dari dulu emang hobi bikin baju-baju boneka aku sendiri pake kain-kain yang udah gak kepake lagi di rumah. Makanya aku ambil jurusan Busana Butik di SMKN 4 ini,’’ tutur cewek kelahiran 1995 ini. Saat ditanya crew Xpresi, ia bilang ada latihan khusus. ‘’Perlu latihan khusus untuk ikutan Lomba kreatifitas siswa (LKS) tingkat nasional ini. Akhirakhir ini temen-temen yang lain pada belajar di kelas, sedangkan aku seharian di ruang praktik untuk latihan lebih intensif. Agak bosen sih kayak gini terus tapi demi mengharumkan nama sekolah dan buat bang-

ga orang tua rela deh berjuang kayak gimana pun caranya hehe,’’ ujar cewek yang hobi nonton tv ini. Siswi kelas 3 ini berhasil mendapat kan juara 1 LKS tingkat provinsi, dan sekarang dilanjutkan ke tingkat nasional. ‘’Bangga banget bisa sampai ke

tingkat nasional apalagi dukungan dari sekolah dan keluarga juga bikin semangat. dan inget dulu sering-sering lembur buat ngerjain tugas dan giliran orang libur aku masih aja biat tugas, dengan perjuangan yang kayak gitu sekarang bersyukur banget bisa sampai ke perlombaan bergengsi gini,’’ ujar cewek yang bercita-cita

jadi designer terkenal ini. ‘’Harapan aku, untuk jurusan Busana Butik SMKN 4 kedepannya semoga aja tiap tahun Busana Butik SMKN 4 bisa ikutan dan dapet juara terus. Yah, biar perjuangan SMKN 4 gak cuma berhenti di aku aja," tambahnya.(balqis sj/uli)

KAMALA SIARIONITA

SMP Negeri 3 Pekanbaru

Lingkungan Sekolah Lumbung Apotik Hidup DI tahun ajaran baru ini SMP Negeri 3 Pekanbaru memiliki salah satu progran sekolah yang unik, sekaligus melaksanakn program Dinas Pendidikan dalam mengusung sekolah Adiwiyata. Kini, pihak SMP Negeri 3 Pekanbaru bertekad menjadikan lingkungan sekolah sebagai lumbung apotik hidup dengan menanam berbagai macam jenis tanaman obat di lingkungan sekolah. Tujuan program ini, untuk menanamkan nilainilai kesehatan dan menambahkan wawasan para siswa mengenai tanaman obat-obatan sekaligus menjadikan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan sehat. Selain itu, alasan diadakannya program lumbung apotik hidup ini karena lingkungan sekolah yang halamnnya sempit sehingga memunculkan ide untuk mejadikan lingkungan sekolah menjadi tetap lebih indah dengan dengan menanam tanaman-tanaman kecil namun tetap bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu tanaman yang dimanfaatkan sekolah ini adalah tanaman herbal seperti Kumis Kucing yang diolah para siswa menjadi teh yang bermanfaat untuk kesehatan. Teh ini lalu dipromosikan dan dijual di koperasi sekolah untuk guru, siswa, orang tua murid dan masyarakat luar. Yang melaksanakan program ini adalah para siswa dan siswi yang didampingi guru pembimbing, guna mewujudkan program Adiwiyata . ‘’Saya berharap semoga dengan adanya program ini anak-anak bisa lebih mencintai dan melestarikan lingkungan sekolah, walaupun keadaan halaman sekolah yang sempit, namun lingkungannya bisa menjadi lebih indah, bersih dan sehat,” ungkap Dra Hj Kamala Siarionita Mpd, Kepala SMP Negeri 3 Pekanbaru kepada Xpresi.(mg4cs)

www.xpresiripos.com  REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Salah satu baju buatan Titin Agustina BALQIS SJ/XPRESI RIAU POS

Basecamp Xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta (Arengka) No. 132 Pekanbaru-Riau

info_xpresi@yahoo.com  TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


38

Riau Pos

AHAD

29 SEPTEMBER 2013

Kabaret SMAN 12 Yakin Heboh THE CULTURE GLOBALIATION, itulah tema yang diterapkan oleh SMAN 12 dalam acara Riau Pos Honda Roadshow Xpresi at School Competition 2013 yang digelar pada 5 Oktober 2013 mendatang. Segenap keluarga besar SMAN 12 yang diPimpin oleh Dra H Zurina selaku kepala sekolah sangat menyambut baik adanya kegiatan penyaluran bakat dibidang seni ini. “Alhamdulillah, tahun ini SMAN 12 kembali lagi ikuti ivent bergengsi ini,saya sudah liat siswa-siswi kita begitu an-

tusias dan Giat latihan untuk Roadshow nanti (5 oktober),” ujarnya. Dalam Roadshow nanti SMAN 12 akan tampilkan Kabret Mayang Tesman SMAN 12,untuk memaksimalkan acara dan tampil yang terbaik, dengan persiapan yang matang, SMAN 12 targetkan Juara. Sementara itu, Pembina OSIS SMAN 12, Dra wismar Astiruyah Mpd mengatakan, SMAN 12 sangat siap bersaing dengan 12 sekolah tingkat Sma lainnya. “SMAN 12 sudah bertekad untuk membangga-

SMAN 11 Pekanbaru

Latihan Roadshow Usai Jam Berakhir SMAN 11 Pekanbaru telah berlatih dengan serius untuk menarget juara di ajang Riau Pos Honda Xpresi Roadshow at school Competition 2013 setiap Rabu usai jam NURIZAL AR pembelajaran berakhir. Sekolah yang berlokasikan Jalan Segar 40, Kulim ini, mendapatkan giliran acara pada 24 Oktober mendatang. ‘’Tahun kemarin kami meraih juara 2 di ajang ini. Di tahun ini panitia mesti lebih berlatih dengan sungguh-sungguh agar dapat memaksimalkan penampilan,’’ tutur Nurizal AR SPd, Waka Kesiswaan SMAN 11 Pekanbaru. Natasya Ilmi, selaku OSIS SMAN 11 Pekanbaru mengatakan, panitia roadshow saat ini bersemangat untuk roadshow yang akan diadakan di sekolah ini. “Kami optimis akan juara, karena ini merupakan target kami semua. Latihan dimulai sejak saat mengetahui kami mengikuti roadshow Xpresi,” ujarnya.(ea)

kan menjadi yang terbaik dalam Iven Riaupos ini, dari Xpresi dengan panampilan dari Kabaret Mayang Tesman SMAN 12, terang Wismar. Ditambahkannya, Untuk mensukseskan acara Roadshow ini, SMAN 12 juga membuat acara Sendiri demi mematangkan bakat dan penampilan nanti, yaitu Lomba Bulan Bahasa, dimulai tanggal 26 hingga 28 September 2013 dengan lomba puisi, pidato, kabaret, Dance, Stand up Comedy, Dan terakhir lomba Grafity. tambahnya.(s3)

SMAN 12 FOR XPRESI RIAU POS

BIKIN HEBOH: Dance Papua ala SMAN 12 Pekanbaru akan ikut bikin heboh iven roadshow di sekolah itu.

SMA Cendana dan SMP As-Shofa

Sama-sama Tampilkan Tari Saman HEBOH dan memukau, itulah kata-kata yang pantas diungkapkan untuk SMA Cendana dan SMP Islam As-Shofa saat menggelar iven Riau Pos Honda Xpresi Roadshow at School Competition 2013 di sekolah masingmasing. Banyak penampilan yang disuguhkan. Tapi, dua sekolah ini sama-sama menampilkan tari Saman dari Aceh.

SMA Cendana merupakan sekolah ketiga dalam iven tahunan ini yang dilaksanakan pada jumat (27/9) lalu, dan disusul penampilan SMP Islam AsShofa yang merupakan sekolah yang keempat, Sabtu (28/9) kemarin. Sampai Sabtu, iven yang mengikutsertakan 25 sekolah ini telah mengunjungi empat

sekolah. Keempat sekolah tersebut, adalah SMPN 13, SMA Kalam Kudus, SMA Cendana, dan SMP Islam As-Shofa. Semua sekolah in selalu menampilakan acara-acara maupun penampilan yang berbeda. Namun, selain tari Saman, joget Caeisar ‘keep Smile’ juga jadi penampilan unggulan di sekolahsekolah ini. Joget ini membuat

suasana menjadi semakin heboh. Hampir semua siswa, guru dan penonton ikut bejoget ala Caisar ini. Khairull Amri selaku Pemimpin Redaksi Xpresi Riau Pos mengaku sangat puas dengan penampilan-penampilan sekolah yang sudah dikunjungi. Menurutnya Khairul, ternyata para sisawsiwi yang langsung melaksanakan

acara ini bisa secara baik memanej iven ini di sekolah mereka. ‘’Luar biasa. Para siswa ini sangat pintar dalam memaneh pelaksanaan roadshow ini. Kita berikan apresiasi kepada seluruh sekolah yang sudah tampil, dan kepada sekolah yang belum tampil jangan sampai kalah semangat dari sekolah yang lain,’’ kata Khairul.(f)

SMPN 32 Pekanbaru

Mantapkan Persiapan PERSIAPAN iven Riau Pos Honda Xpresi Roadshow at School Competition 2013 di SMPN 32 pekanbaru sudah mulai nampak, meskipun ini ini masih akan digelar satu bulan lagi. Jumat (27/9) lalu, tim Xpresi mengunjungi sekolah yang berada di TENGKU Jalan Balam, Kecamatan Sukajadi ini. Sekolah ini sangat antusias menyambut acara yang bergengsi ini. Keseriusan sekolah nampak dari latihan-latihan yang dilakukan siswasiswi sepulang sekolah serta tambahan ekstrakurikuler pada Sabtu yang didampingi oleh Pembina OSIS, Sudarwaty SPd. ‘’Kami pihak sekolah sangat menyambut baik kegiatan ini terutama kepala sekolah yang sangat bersemangat untuk mengikuti acara roadshow Xpresi Riau Pos ini. Kami juga telah menyampaikan kepada anak-anak tentang acara ini dan mereka pada bersemangat untuk menampilkan penampilan terbaik mereka,’’ ujar sudarwaty SPd. Kepala sekolah, Dra Tengku juga bersemangat. ‘’Kami berharap dengan adanya iven ini sekolah kami bisa lebih dikenal masyarakat Kota Pekanbaru,’’ harapnya.(f)

IQHEL/SMAN 6 PEKANBARU

LATIHAN: Para siswa-siswi SMAN 6 Pekanbaru serius mengikuti latihan tari Melayu di sekolah mereka..

SMAN 6 Pekanbaru

Siap Berikan yang Terbaik DALAM rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan Tari Melayu Massal Demi Indonesia yang akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2013 mendatang, para siswa SMAN 6 Pekanbaru rutin melakukan latihan di sela-sela jam istirahat sekolah. Kepala SMAN 6 Pekanbaru, Erdani, menanggapi positif kegiatan ini. ‘’Menurut kami kegiatan ini sangat bagus, selain melatih bakat siswa dalam bidang seni, ini juga dapat melestarikan budaya Melayu yang akhir-akhir ini kurang diminati oleh generasi muda kita,’’ tuturnya. Selain itu Erdani juga menyatakan kegiatan ini tidak mengganggu jam pelajaran, karena latihan diadakan pada jam pelajaran kesenian dan waktu istirahat sekolah. (mg7cs)

TIM XPRESI RIAU POS

SANGAT RAMAI: Setiap pelaksanaan iven roadshow Xpresi selalu ramai dan meriah. Tak hanya siswa yang tampil, para guru juga ikut serta turun ke lapangan. Nampak ramai siswa SMP Islam As-Shofa saat joget Caisar (foto kiri) dan siswa-siswi SMA Cendana saat flashmob.

SMPN 7 Pekanbaru

Semarak FK UR ke-XII

BEM FK Taja Pertandingan Olahraga SEMARAK memperingati Dies Natalis Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau yang keXII, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unri menggelar pertandingan olahraga 20-25 September 2013. Kegiatan digelar langsung dilapangan basket Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Untuk jenis pertandingan yang diadakan dalam iven ini, menurut Muhammad Arif, ketua panitia pertandingan olahraga mengatakan untuk tahun ini ada perlombaan futsal putra, basket putri, tenis meja, badminton, catur, dan tenis lapangan. Untuk peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, diikuti oleh civitas akademika FK Unri. Arif menambahkan, kegiatan semarak Dies natalis FK Unri ini, rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Ditambahkannya dengan kegiatan ini seluruh civitas akademika FK Unri dapat meningkatkan skill dalam berolahraga dan juga menngkatkan sillaturrahmi diantara civitas akademika . “Mudah-mudahan dengan diadakannya berbagai pertandingan olahraga ini, kita para

IVEN Spanfour Cup 2013, SMPN 7 Pekanbaru meraih juara terbaik pertama lomba voli tingkat kota Pekanbaru. Sabtu (21/9), SMPN 7 Pekanbaru menerima hadiah secara langsung berupa piala, uang tunai, piagam penghargaan, dan uang bimbingan oleh kepala SMPN 4 Pekanbaru, H Ridwan MPd, sebagai jawara voli Spanfour Cup 2013.

“Alhamdulillah, saya Dra Hj Rima Pepitra, senang sekali dengan kepala SMPN 7 Pekanprestasi yang diraih oleh baru mengatakan sansiswa SMPN 7 Pekanbagat bangga dengan apa ru. Ini menjadi kebangyang telah diraih gaan bagi SMPN 7 Pesiswanya. Ia mengatakanbaru karena SMPN kan ini merupakan sebuah bukti bahwa RIMA PEPITRA 7 Pekanbaru mampu bersaing dengan SMPN 7 Pekanbaru bisa bersaing dengan sekolah lainnya. sekolah lainnya,”ujar Rima.(ma)

SMPN 23 Pekanbaru

Juara Pramuka di PTPN V

MELDA/XPRESI RIAU POS

PEMBUKAAN: Pelepasan balon ke udara oleh panitia menandatakan dibukanya pertandingan olahraga.

civitas akademika FK UR dapat terus meningkatkan kesehatan jasmani, meningkatkan sportifitas dan meningkatkan solidaritas,” ujar Arif.(ma)

BOM Ilmu Kelautan CUP 2 Kembali Digelar TURNAMEN futsal angkatan se jurusan Ilmu Kelautan (IK) Universitas Riau (Unri) kembali digelar untuk kedua kalinya. Pertandingan ini berlangsung 21-22 September yang berlokasi di Elang Futsal, Jalan Manyar Sakti, Panam. Pertandingan ini dibuka oleh Dr Ir Efriyeldi MSi, dosen Ilmu Kelautan yang mewakili ketua jurusan, Ketua BEM Faperika, Indra Bayu, dan Ketua BOM IK, Chairunisa Rachmani Kegiatan yang bertujuan untuk menjalin keakraban dan silaturahmi antar angkatan ini merupakan salah satu dari program Badan Otorita Mahasiswa (BOM) IK divisi olahraga.

Juara Voli Spanfour Cup 2013

“Prove your ability” menjadi pilihan tema turnamen kali ini. Untuk futsal putra diikuti 15 Tim dan futsal cewek diikuti 3 tim. Lollygo FC tim dari angkatan 2009 berhasil merebut posisi sebagai juara 1. Kimase (angkatan 2011) sebagai juara 2, dan Sbobet (angkatan 2010) juara 3. Sedangkan untuk futsal cewek dijuarai oleh zooxanthelae angkatan 2012. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan trofi dari panitia. Romel Kefriansa Putra, ketua panitia berharap semoga melalui iven ini dapat meningkatkan silaturahmi antar angkatan mahasiswa ilmu kelautan.(mg4cs)

GERAKAN Pramuka penggalang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 23 Pekanbaru mengikuti Perkemahan, Jumat (20-22/9) di Bumi Perkemahan PTPN V Pekanbaru. Hal ini disampaikan Pembina Pramuka Sumarni Spd, bahwa kegiatan perkemahan ini diberi tema “Perjusami Payung Sekaki Scoat Camp tahun 2013”. Selain itu, kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Gerakan Pramuka Penggalang SMP Negeri dan Swasta, artinya kegiatan ini diikuti oleh seluruh SMP negeri maupun swasta. “Alhamdulillah SMPN 23

meraih juara 3 layang-layang dan mengaji juara 2. Untuk layanglayang dimainkan Ibrahim, siswa kita dengan beregu 5 siswa, dan juga siswa kita mengikuti perlombaan yang dipertandingkan lainnya, seperti lomba tarik tambang,

lari,” ujar Sumarni, Rabu (18/9). Ditambahkannya, ke depan akan lebih matang lagi persiapan, agar mental siswa kita kuat, dan sekolah juga mendukung lomba antar sekolah ini, untuk menunjang kreatifitas siswa.(s3)

SMAN 4 Pekanbaru

OSIS Baru Siap Lakukan Yang Terbaik ORGANISASI Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan sebuah wadah yang mengajarkan siswa dalam berorganisasi, setiap sekolah tingkat SLTP/SLTA pasti memiliki OSIS. Begitu juga dengan SMAN 4 Pekanbaru yang te-

lah melakukan pelantikan kepengurusan OSIS 2013/2014. Sekolah yang berada di jalan Adi sucipto ini melalukan pelantikan OSIS di lapangan sekolah, Senin (23/9). Ketua OSIS yang terpilih ialah

FAIZAL/XPRESI RIAU POS

USAI PELANTIKAN: Para pengurus OSIS SMAN 4 Pekanbaru usai pelantikan.

Jordi Farhanto, dengan beranggotakan 59 orang. Jordih berharap kepemimpinannya bisa lebih baik lagi dari pada masa sebelumnya. "Ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya karena terpilih menjadi ketua OSIS, amanah ini akan saya emban sesuai dengan visi dan misi yang telah kami rancang dan kami akan memajukan OSIS tahun ini agar bisa lebih baik lagi dari pada sebelumnya," tutur ketua OSIS, Jordi Farhanto. Kegiatan Pelantikan Pengurus OSIS ini merupakan bentuk kaderisasi dalam pembelajaran kepemimpinan dan keorganisasian serta telah menjadi budaya sekolah. Melalui kegiatan ini akan terbentuk karakter atau watak siswa menjadi seorang calon pemimpin masa depan yang tangguh, berdedikasi dan pantang menyerah.

„ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


39

Riau Pos

AHAD

29 SEPTEMBER 2013

Puisi INGINKAN DIA KEMBALI Ketika ku termenung ku ingat diia ,, Ku bayangkan dia berada didekat ku.. Ku ingin dia di samping ku Lagi .. Setiap detik ku merindukan nya ,, Setiap detik ku ingat dia .. Dimaana diri mu berada ?? Ku ingin kau kembaLi pada ku ,, Tuk menjadi miLik ku seLamanya . Sadar kah kau kasih ,, Kasih sayang ku tak kan hiLang untuk mu ,, Cinta ku tak kan Lenyap sedikit pun ,, waLau kau t’Lah meninggaL kan ku .. adakah cinta mu untuk ku Lagi ? adakah sedikit ceLah di hati mu untukk ku singgahi kembaLi ? ingat sayang ,, cinta mu sangat berarti untuk ku ,, semoga kau bisa menerima ku Lagi ..

SAHABAT biLa ku saLah ,, toLong perbaiki kesaLahan ku ,, biLa ku muLai ego ,, istigfar kan Lah aku .. biLa ku jatuh ,, angkat Lah aku .. biLa ku menangis ,, usapkan Lah air mata ku .. biLa ku jauh ,, ingat Lah paada ku seLaLu .. dan 1 Lagi yg ku pinta ,, biLa ku t’Lah tiada ,, jangan Lah pernah engkau menangis ,, sebab aku tak mampu Lagi tuk berdiri ,, manghapus air mata duka mu sahabat .. hadapi semua dengan senyuman .. persahabatn aku dengan mu sampai akhir hayat ,.

PENYESALAN Tak ada yg perLu di tangisi ,, Takdir mu hanya begitu .. Tak usah fikir kan yg Lain ,, Usaha menjadi diri sendiri .. Sampai kapan kau kan menahan raasa itu .. Kau hanya semata tempat peLarian .. Mencoba bersabar ,, Tapi tak pernah bisa .. Semua musnah sudah ,, Harapan ku tinggaL bayangan ,, Yg duLu ku inginkan ,, Menjadi abu yg terbang begitu saja …

IBU Ibu ,, Diri mu adaLah mahkota bagi ku ,, Kau yg merawat ku hingga besar ,, Kau memperjuang kan hidup dan mati mu demi aku .. Kau menetes kan air mata bahagia saat aku terLahirr ke dunia dg s’Lamat. Saat aku beLum mengerti apa-apa ,, Kau mengajari aku dari awaL berjaLan hingga berbicara .. Kini ku t’LLah dewasa ,, Aku tau yg mana saLah dan benar dari sifat ku .. Aku tak mau kau menangis dan terLuka karna prbuatan ku yg saLah. Ku kan s’LaLu menjaga perasaan dan hati mu .. Aku tak mau setetes pun air mata keLuar dari mata indah mu .. Aku kan tebus semua jaasa dan pengorbanan mu ibu .. Aku akan berusaha menjadi yg kau ingin kan ,, Ku kan tunjukkan kepada mu ,, Aku bias menjadi harapan mu .. Aku takkan mengecewakan mu ,, Oh ibu ku …..

PERASAAN KU Siang dan maLam ku menangis ,, Menangis karena diri mu .. Kenapa kau berubah begitu cepat ?? Mengapa kau tidak pernah memberiakan kabar sedikit pun pd ku ? Kau tak pernah peduLi Lagi dg ku .. Di saat ku butuh kan diri mu ,, kau tak ada .. Disaat ku merindukan mu ,, kau tak ada disisi ku .. Hati ini sakitr .. Kau campakkan diri ku ,, Kau Lupakan aku .. KesabaranLah yg seLalu menemaniku .. Kau tak pernah dan takkan pernah mengerti rasa sakit ini .. pergiLah kau dari hidup ku ,, aku tak mau kau menyakiti ku Lagi ,, cukup sampai disini penderitaan ku ,, diri ku yg tertekan batin oLeh cinta mu ..

KESALAHAN MU Puas kau menyakiti ku ?? Puas kau buat aku menangis ?? Puas kau hianati ku ?? beLum cukup penderitaan yg kau beri kpd ku ?? aku gag sanggup ,, aku gag bisa menahan semua nya .. sudah cukup pengorbanan yg ku beri untuk mu ,, sudah cukup hati ini kau sakiti ,, Lebih baik kau pergi jauh dari ku . Aku tak mau disakiti Lagi .. Aku gag mau mengenal yg namanya CINTa Lagi .. Bertahun-tahun menjaLin hubungan ,, seLama itu kau buat aku kecewa ,, sudah banyak kesaLahan yg kau beri untuk ku ,,sudah habis kesabaran ku .. aku menyerah dengan semuanya .. lebih baik aku sendiri dari pada terus disakiti begini .. aku tau kau menganggap ku cewek yg tak pernah mengerti perasaan mu ,, tapi ,, toLong fikir kan , berapa banyak pengorbanan yang teLah aku beri untuk mu . kini kau menyakiti ku beruLang-uLang .. kau seperti tak peduLi Lagi dengan ku .. aku seperti tak punya harga diri sebagai cewek mu sendiri di beLakang ku .. kau berbuat semau mu .. aku memang pernah manyakiti hati mu ,, tapi ,, coba kau fikir kesalahan ku .. apa cukup untuk menebus sakit hati ku ,, seLama kau menduakan ku dan berusaha untuk mendua kan ku Lagi ??

Grstary Siswi SMAN 12 Pekanbaru „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Cerpen

P

ONDOK ini terlihat sangat sederhana, lamannya yang selalu terlihat bersih, suasana yang sejuk dan di kelilingi pepohonan pun menampakkan begitu damai dan indahnya keluarga yang tinggal di dalamnya. Tapi semua itu berubah saat rentenir yang biadab itu masuk menyelinap dan menodai sosok seorang ibu dan istri dari seorang guru sekolah dasar. Tepat di pagi hari saat suasana masih terasa sejuk dan damai…. Seperti biasa sang ibu menyiapkan sarapan untuk suami dan seorang anak nya yang bernama mawar. “Ma, bagaimana ini uang kita belum ada untuk melunasi hutanghutang kepada rentenir itu ?” “iya mass, aku juga bingung bagaimana kalau mereka kesini dan mengusir kita tiba-tiba!” Dari meja terdengar dering handphone berbunyi . “ Nak, ini ibu! Alhamdulillah rumah kontrakan ibu terjual 150 juta dan kamu segera ambil uangnya kesini ya biar cepat bisa lunasi hutang mu pada rentenir itu “ “ Alhamdulillah iya iya bu.. saya akan segera kesana . Pada saat itu juga sang suami pamit kepada istrinya untuk pergi menjemput uang kerumah ibunya dengan membawa putrinya mawar. 10 menit kemudian, sang ibu sedang sibuk merapikan kamarnya dan pada saat itu lah sang rentenir tiba-tiba masuk dan melihat gadis yang masih terlihat muda sedang membersihkan tempat tidurnya. Sontak ketika ibu membalikkan badan ia melihat sang rentenir telah berdiri di depannya dengan nada khasnya ia menagih hutang kepada sang ibu. Sang ibu pun berlutut, ia menyuruh nya bersabar karna pada saat bersamaan suaminya sedang menjemput uang untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Namun, apa yang terjadi setelah itu sang rentenir melampiaskan nafsu bejatnya kepada sang ibu dan melemparkan badannya ke tempat tidur yang ada di dekatnya. Maka ternodai lah kehormatan sang ibu dalam waktu sekejap saja.. Dikala senja menjelang malam, sang suami pun pulang dengan gembiranya ia mengatakan bahwa hutangnya telah lunas dan hidup mereka tidak akan di ganggu lagi oleh rentenir-rentenir jahat itu. Tapi, apalah yang bisa dikatakan istri yang merasakan hancur dan tidak berdaya ketika ia tidak sanggup mengatakan kepada suaminya bahwa ia telah di nodai olegh lakilaki itu. Ia hanya bisa menangis di pangkuan suaminya. Suatu ketika sang ibu mulai merasa tubuhnya lemas, kepala pusing dan mual berkepanjangan, sang suamipun tersenyum dan langsung mengajaknya ke bidan desa. Dan ternyata dugaan seorang suami yang mempunyai anak satu orang itu benar bahwa istrinya hamil, dan sangat gembira dengan kehadiran sang anak yang dihamili istrinya itu. Tapi itu bertolak belakang dengan sang istri, ia semakin terpukul bahkan ia nekat membunuh anak itu dengan ramuan jamu yang dibelinya seusai memeriksakan diri ke bidan. Semua itu gagal, karana sang suami melihat istrinya sedang ingin meminum ramuan itu dan pada saat itu lah keharmonisan rumah tangga ini mulai pudar. Waktu pun berjalan dengan cepatnya, kandungan sang ibu pun mulai membesar dan pada saat yang di tunggu akhirnya anak itu lahir dengan sosok perempuan

Forum Guru

Peluk Aku Sekali Saja… yang diberi nama melati. Sayang sekali melati tidak bernasib sama dengan mawar kakaknya, semenjak ia lahir ibunya tidak pernah mau memperdulikannya bahkan ketika ia menangis sang ibu pun tetap tidur dengan lelapnya hanya saja sang suami yang memliki sifat sabar yang luar biasa ia selalu merawat anak itu karna ia percaya ketika itu bahwa ia adalah anak kandungnya. Setiap hari sang ibu hanya sayang kepada mawar, sehingga tetangga nya sibuk menggunjing keluarga itu karna terkesan sebagai ibu yang pilih kasih kepada anakanaknya. Melati pun juga merasa ia di asingkan dalam rumahnya, di sekolah dan bahkan dirumah ia selalu di ejek karna tidak mirip sama sekali dengan kakaknya mawar. Mawar yang memiliki kulit putih rambut ikal dan cantik sama sekali tidak ada pada diri melati. Melati yang memiliki kulit hitam, rambut keriting dan kumal seperti anak pemulung yang dikatakan para teman-temannya. Namun, mawar sangat menyayangi melati sebagai adiknya, saat ia di ejek dan di bilang anak pungut mawar kakaknya selalu membela dan membuat hati adiknya tidak bersedih dengan ejekan itu. “assalamu’alaikum ma.. mawar pulang “ “ waalaikumsalam .. eh anak mama sudah pulang. Ya sudah istirahat dulu ya, setelah itu makan siang mama udah nyiapin makanan tu buat kamu. “ Tuk kedua kalinya melati pun dating dan mengucapkan salam pada mama nya. “ assalamu’alaikum ma…’ “ waalaikumslam . (dengan ketus) sana masuk kamar ngapain masih berdiri disitu !” “ maa.. boleh gak kalau melati minta belikan sepatu baru, karna sepatu melati sudah robek dan melati sering di ejek sama temanteman di sekolah “ “ apa??” seenak nya aja kamu minta sepatu baru, kalau kamu tidak mau memakai sepatu itu lagi ya sudah gak usaha pake sepatu aja ke sekolah. “ Begitu lah keseharian melati di rumah, selalu di bentak, di jewer, di pukul sama ibunya sendiri. Tapi melati punya satu permintaan yang ingin ia sampaikan pada ibunya bahwa ia ingin di peluk sama ibunya meskipun itu hanya sekali saja. Melati disekolahnya dikenal dengan prestasi melukisnya, dan ia berkesempatan di pilih mewakili sekolahnya dalam lomba melukis se provinsi pada waktu itu. Pada saat lomba dimulai, melati sangat bersemnagat melukis wajah ibunya yang sedang bermain dengan seorang anak karna ia berharap kelak ibunya bisa seperti ini kepadanya. Tiba-tiba ada tetesan darah yang jatuh mengenai slah satu gambarnya, tetesan itu keluar dari hidungnya. Segera ia menghapusnya dan menangis penuh cemas. Pada akhir lomba, melati sangat gugup mendengarkan pemenangnya. Alhamdulillah ternyata melati menjadi pemenang dan juara umunya, yang ia beri judul dengan “sayangi aku mama” tulisan itu ia rangkai dari tetesan darah yang tadi jatuh mengenai lukisannya. Kebahagiaan itu langsung diberitahukan oleh gurunya kepada sang ayah, dan kemudian sang ayah menjemput mawar dan melati di sekolah nya. Sesampainya di rumah, ayah nya mengungkapkan

iya nak, mama disini. Maafin mama ya sayang selama ini mama jahat sama kamu. Sekarang melati mau apa sama mama pasti mama kasih nak..” betapa bangganya ia kepada anaknya melati yang bisa menjadi pemenang dalam lomba itu. Namun, tidak bagi ibunya, ia malah memungkiri keberhasilan melati. Sang ayah dengan nada sedikit marah mulai member tahu sang ibu untuk tidak seperti terhadap melati, ia tidak hanya mendapat piala dan penghargaan tapi ia sudah bisa menghasilkan uang 5 juta. Sang ibu pun mulai merespon ketika mendengar uang 5 juta, ia memiliki ide untuk merayakan ulang tahun anaknya mawar dengan uang 5 juta itu. Tapi, sang ayah tambah emosi dengan sikap sang ibu yang hanya memihak pada satu anak. Begitu mulianya hati melati, ia rela uang hasil keberhasilan itu di pakai oleh ibunya untuk merayakan ulang tahun kakaknya mawar. Siang hari, ia sengaja meninggalkan melati di rumah sendirian dan pergi bersama mawar untuk belanja perlengkapan hari ulang tahunnya. Sesampainya di rumah kembali, sang ayah menunggu dengan nada emosi duduk di sebelah melati dan menanyakan kepada istrinya kenapa ia tidak mengajak melati ikut bersamanya mengapa malah di biarkan sendiri di rumah. Sang ibu hanya menjawab, buat apa harus mengajak melati yang kesehatannya belum pulih. Sang ayah lagi-lagi hanya bisa bersabar. Kemudian sang ibu menunjukkan baju yang akan di pakai mawar dalam pestanya, lalu suaminya bertanya “mana untuk melati?” buat apa sama melati yang ulang tahun kan Cuma mawar “jawab istrinya”. Sudah pa, melati tidak apa-apa tidak di belikan baju sama mama. Ketika melati ulang tahun aja baru belikan baju baru seperti kak mawar itu. “pinta melati” Di suatu pagi, melati masih saja belum bangun dari tempat tidurnya.. Ketika itu sang ibu menarik selimut anaknya dan menyuruhnya bangun untuk mandi dan berangkat sekolah. Tapi, melati yang saat itu terlihat pucat, lemas tak berdaya minta izin kepada ibunya untuk tidak pergi sekolah hari itu karna ia merasakan sakit di tubuhnya. Namun, ibu itu tidak terima dan menyeretnya ke kamar mandi menyiram tubuh anak itu dengan air sampai mengigil. Seketika suami nya dating dan langsung memarahi isrtrinya yang bertindak kasar pada anak kandungnya itu. Sungguh, betapa bencinya sang ibu ke-

pada melati yang terlahir karna ulah rentenir bajingan itu. Sudah memasuki tahun kesepuluh ia menyimpan aib itu dari suaminya, ia belum bisa mengatakan yang sebenarnya meskipun setiap malam ia selalu mimpi buruk dengan kejadian itu. Dan seolah-olah ia melihat laki-laki bajingan itu muncul di wajah melati anaknya. Melati pada saat itu telah terbaring lemah di tempat tidurnya seketika di tinggalkan oleh ayahnya untuk pergi berangkat mengajar lagi ke sekolah. Beberapa menit setelah ayah nya pergi. Melati pun ke dapur dan melihat ibunya sedang memasak air. Kemudian, melati minta obat kepada ibunya, namun lagilagi ibunya membentak dan mengatakan bahwa ia tidak memiliki obat dan ia melemparkan uang 10 ribu dan menyuruhnya mencari sendiri obat itu. Sambil menangis dengan jalan tertatih-tatih melati berusaha mencari obatnya, namun melati merasa tidak kuat lagi berjalan dan pingsan di tengah jalan. Syukurlah, dari kejauhan neneknya melati ibu dari ayahnya melihat melati pingsan di jalan dan kemudian ia segera membawa melati pulang kembali ke rumah. Di situlah sang nenek tahu perilaku menantunya itu kepada anaknya yang membiarkan anaknya keluar mencaro obat sendiri dalam keadaan sakit. Ketika sang ibu mertua pulang, sang ibu langsung ke kamar melati apa lagi kalu bukan kembali memarahi melati. Ia mengira bahwa anak itu sengaja mengadukan perbuatannya kepada neneknya itu. Tapi melati memungkiri pernyataan ibunya, ia mengatakan itu semua tidak sengaja. Pada saat itu melati mulai meminta permintaanya kepada sang ibu.. “ ma… bolehkan melati peluk mama sekali….. saja ma ?” “ tidak… saya sibuk “ (sambil mendorong melati ke tempat tidur). Pagi pun berganti dengan siang, namun ia belum merasakan apapun yang masuk dalam perutnya. Segera ia mencoba mencari makanan di atas meja makan, dan ia menemukan sepotong ayam dan nasi. Ketika ia mulai mengambil nasi tersebut, tiba-tiba ia terjatuh dan makanan di atas meja pun ikut terseret jatuh ke bawah. Mawar kakaknya yang baru saja pulang melihat melati telah jatuh di bawah dan kemudian membantu nya duduk di kursi. Sayang, sang ibu pun kembali dating dan melihat seluruh makanan yang ia buat hanya untuk mawar anak kesayangan nya itu tumpah karna ulah melati. Ini lah puncak Kemarahan sang ibu, tanpa piker panjang lagi sang ibu pun mengusir melati anaknya keluar dari rumah tersebut dan jangan kembali lagi. Ketika itu lah terdengar tangisan dari kedua anak “mawar dan melati” Di sekolah, sang ayah pun telah mendapat teguran karna ia sering terlambat datang untuk mengajar dan ia akan terancam d mutasikan dari sekolah tersebut. Masalah lain muncul lagi ketika ia pulang ke rumah dan mendapati melati tidak anak di kamar nya. Segera ia mencari tahu kepada istrinya, dengan santainya istrinya mengatakan bahwa melati telah ia usir dari rumah. Sungguh, kemarahan snag suami tidak ada batasnya lagi ia heran mengapa istrinya bisa sekejam ini terhadap anak kandungnya sendiri. Dan ia berjanji pada istrinya kalu ia tidak akan memaafkan nya jika

terjadi sesuatu pada anak itu, dan ia tidak akan pulang sampai ia menemukan melati dan membawanya pulang kembali. Untungnya, dengan segera sang suami menemukan anak itu telah terkapar di parkiran depan rumah makan tidak jauh dari rumahnya dan ia langsung membawanya ke rumah sakit. Pada saat itu melati koma, dan tidak sadarkan diri. Tiba-tiba dokter datang dan memberitahukan hasil dari labor tentang penyakit yang diderita melati. Ternyata melati mengidap kanker darah, tangisan dan penyesalan mulai Nampak dari wajah sang ibu ketika mendengar anak yang dibencinya selama ini mengidap penyakit yang sangat parah. Dokter pun mengatakan hanya ada satu cara menyelamatkan melati, yakni dengan mendonorkan sum-sum tulang belakang dari ayah kandungnya. Disitulah terbongkar aib istrinya yang sudah 10 tahun menyembunyikan kejadian itu dari suaminya. Suaminya sangat marah, ia berkata seandainya ketika itu ia tahu mungkin ia akan membunuhnya. Sang istri pun menjelaskan bahwa ia malu dan semua itu ia lakukan demi menjaga reputasi sang suami yang berprofesi seorang guru teladan. Namun, apalah di kata nasih sudah menjadi bubur, sang suami meminta nya untuk segera mencari kembali laki-laki yang telah membuat masalah ini demi menyembuhkan anaknya melati yang belum sadarkan diri. Sang ibu pun mulai mencari dan bertanya-tanya kepada orang yang bekerja sebagai rentenir dulu, namun mereka satupun tidak ada yang tahu keberadaan laki-laki yang telah menodainya. Ia pun pasrah dan berhenti di sebuah mesjid untuk sejenak beristirahat. Apa yang terjadi, disana ia menemukan laki-laki itu yang telah menjadi seorang ustadz. Sungguh tidak percaya sang ibu dengan apa yang ada di depan matanya. Laki-laki itu pun melihatnya dan kemudian menghampirinya untuk menyampaikan untaian maaf atas segala perbuatannya di masa lalu tanpa ragu-ragu laki-laki itu mencium kakinya menunjukkan betapa menyesalnya ia melakunakan hal tersebut. Sang ibu pun hanya bisa menangis. Saat semua telah berkumpul melihat melati di rumah sakit. Laki-laki itu pun menyampaikan permohonan maafnya kepada telinga sang anak agar ia mendengarkan kata-kata penyesalannya itu. Seketika melati pun bangun, dan memanggil mama nya .. “ Mama, mana mama?” “iya nak, mama disini. Maafin mama ya sayang selama ini mama jahat sama kamu. Sekarang melati mau apa sama mama pasti mama kasih nak..” “Ma, tolong peluk melati sekali ini saja ma..” Itu lah permintaan pertama dan terakhir dari melati untuk ibunya, sekilas ketika ibunya belum sempat memeluknya. Melati pun telah tidur dan beristirahat untuk selamanya……..

Afifah Zainah FKIP Bahasa Inggris Universitas Islam Riau Kamu yang punya cerpen dan puisi, kirim ke:

info_xpresi@yahoo.com sertai identitas lengkap dan foto

KOLOM ini disediakan untuk para guru yang memiliki tulisan bebas seputar dunia pendidikan dan sekolah. Kirim tulisannya ke info_xpresi@yahoo.com. Untuk tulisan maksimal satu setengah halaman kwarto spasi satu. Sertakan foto dan identitasnya. Kami tunggu kiriman dari seluruh guru di Riau.

PTK, Pilihan yang Rasional

Herni Yusuf Guru SMAN 2 Bengkalis

ADA ag enda yang patut digesa oleh guru di awal tahun 2013 ini. Begitu peraturan baru tentang angka kredit bergulir, sebuah proyek secepat mungkin segera digarap. Guru harus segera menulis! Ini

merupakan syarat yang tak bisa ditawar sebagai bagian pengembangan profesi untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi. Menulis adalah sebuah kata yang ringan di lidah, tetapi sangat berat di jari. Begitu mendengar kata tersebut, tiba-tiba sendi menjadi lunglai. Muncullah berbagai alasan klise untuk pembenaran, bahwa menulis memang makhluk yang menakutkan. Ditambah lagi kelemahan dalam bidang teknis seperti tidak menguasi kaedah menulis karya ilmiah sampai tidak terampil memencet keybord komputer alias gagap teknologi. Salah satu alternatif untuk memenuhi tuntutan pengembangan profesi tersebut adalah dengan menyusun PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Tanpa disadari, semua guru pernah melakukan PTK. Penulis berani mengatakan begitu karena PTK bersentuhan langsung dengan kegiatan pembelajaran di

kelas. Guru yang mengajar di kelas, pasti melaksanakan PTK. Pertanyaan-pertanyaan sederhana yang selalu muncul, seperti, mengapa ketika saya berceramah anak-anak ribut? Bagaimana jika saya menggunakan media ketika menyajikan pembelajaran? Mengapa banyak siswa yang tidak tuntas? Rentetan pertanyaan tersebut merupakan refleksi awal terhadap apa yang sudah kita lakukan. Ketika pertanyaan sederhana tersebut berusaha dijawab dengan melakukan tindakan nyata, itulah PTK. Ada usaha untuk mengubah metode atau model pembelajaran supaya anak-anak tertarik dan tidak ribut. Itu tindakan nyata untuk pertanyaan, mengapa ketika saya berceramah anak-anak ribut? Artinya, metode yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik siswa atau materi yang disajikan. Ada tindakan nyata dengan menggunakan media pembelajaran. Ada pula ikh-

tiar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Semua usaha nyata tersebut digolongkan pada langkah sederhana PTK. Rangkaian tindakan mulai dari merencanakan, melaksanakan, melakukan pengamatan, dan refleksi adalah mata rantai kegiatan PTK. Contoh kongkretnya begini. Guru memilih model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk mengajarkan materi tertentu. Merealisasikan model tersebut dalam proses pembelajaran. Melakukan pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa ketika model tersebut diujicobakan. Kemudian, melakukan refleksi atau menilai kembali perubahan yang terjadi di kelas ketika guru menggunakan model pembelajaran tersebut. Hal itu diujicobakan berkali-kali menjadi sebuah aksi berulang yang disebut siklus. Sebuah pengalaman akan bernilai ketika diwujudkan dalam bentuk tulisan. Pengalaman meng-

gunakan model, pendekatan, strategi, metode, teknik, atau media pembelajaran yang pernah digunakan orang lain atau ide sendiri semuanya bisa menjadi PTK. Jenis penelitian ini sangat mungkin dilakukan dengan berbagai pertimbangan: pertama, guru tidak perlu meninggalkan kelas untuk melakukan penelitian. Kedua, penelitian dilakukan sesuai dengan program semester yang telah disusun. Ketiga, yang diteliti adalah siswa yang kita ajar. Keempat, guru yang lebih mengetahui masalah yang terjadi di dalam kelas dan mencari solusi yang tepat. Penulis merasakan, banyak yang mengangguk setuju ketika membaca tulisan ini. Sepakat, bahwa semua yang dipaparkan memang pernah dilakukan. Kalau begitu, tunggu apalagi. Segera tulis dan dokumentasikan pengalaman Anda dalam bentuk tulisan. Susunlah PTK sekarang juga. „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Riau Pos

40

AHAD

29 SEPTEMBER 2013

Gerakan PKI di Indonesia Semoga Tidak Terulang !!!

CORNER SobeX (sobat Xpresi) tau kan PKI? Tanggal 30 September merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia, nah apa sih yang sobeX harapkan untuk para remaja dengan adanya peristiwa tersebut ??

SEMOGA para remaja, khususnya kami yang remaja dapat mendobrak indonesia ini kepada kebaikan dan membuat negara ini menjadi negara yg disegani oleh negara tetangga, dapat bersaing dalam segi apapun, dan yg pasti selalu bangga menjadi INDONESIA

G30 S PKI.. Harapan nya semoga bisa lebih baik ajj dech.. Febriani Puspita Lestari

HARAPAN nya jangan lagi ada korupsi biar bngsa indonesia sejahtera rakyat nya

Ramadhan Malaikat Maut HARAPAN saya buat saya dan generasi muda penerus bangsa agar senantiasa berkarya demi mewujudkan impian indonesia menjadi yang terbaik dimata dunia. . semoga INDONESIA BEST OF THE BEST.

Adde Pratama SELALU semangat dan jangan malu"in bangsa indonesia . ..

UNTUK para pemuda & pemudi mari kita tingkat kaan IPTeK agama ?a? indonesia yg bebas korupsi ,,,,

Ardyla Shari Putri Azhari

Arma Yanti

Geztiey Yustika Putrie HARAPAN saya... Moga remaja2 indonesia... Menjadi remaja yg kreatif,dinamis,agamais. Pokoknya cemuanya dech. Bisa mengharumkan nama INDONESIA dan mewujudkan cita2 bangsa kita ini.

GERAKAN 30S PKI .. harapannya maju untuk indonesia dan riau tercinta dan juga semoga gerakan PKI diindonesia tidak terulang lagi, ANTI PKI ..

Hendry Dmitry

Andhie Andhela SEMOGA para remaja bisa menjadi generasi penerus bangsa yg baik dan beraklak mulia

BUAT tmen" rmja Q,,, ttp smangt untk mngharumkn nma indonesia di mta dunia,,, dgn cra apapn,, yg psti dgn hal" yg positif..

Ihsanul Hamid Sang Motivator

PKI :):) G30SPKI

Hermi Julianti Syariffudin

Wahyu Setiawan

#OURVISION Tidak memandang secara kedaerahan dan status sosial,seperti yang terjadi pada 30 september silam.perpecahan antara kaum komunis dan negara ini yang menimbulkan tragedi,dan korban jiwa Wimbi Sandhico Putra

hrpan nya,smga rmja2 indonsia mmbuat bgsa lbih mju,dg ke kreatvan mrka,dan smga trhndr dri ksus'' sex.biar bgsa kta lbih hrmonis.

Pangeran M Zie HIDUP itu harus ada semangat,dan semangat itu yang bisa membuat bangsa ini terus berkembang,sehingga menjadi maju...

G-hon AjoNyie YA supaya bisa menjadi remaja yg lebih menghargai negara tercinta ini, bgaimana orang lain mau menghargai kalo pemiliknya mengabaikan saja.!

BRHRP pra rmja mmpyaii rasa cnta yg tulus,,dan jngn prnh selingkuh,, haaa... Angkasa band

Fhani Ilham

Choo Chow Aszmara

G30 S PKI, luka bagi bangsa indonesia 30 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Ramadona Fitrielee Mozart

YANG jelas sebagai estapet bangsa...pemuda diharapkan bisa memberikan sumbangan positif untuk negeri ini. tentu sesuai dengan bidangnya masing2.

HARAPANNYA buat seluruh Remaja Indonesia biar lebih menghargai & mencintai Negaranya sendiri agar makin tercipta rasa Nasionalisme yg tinggi.

Hay SobeX, Baru-baru ini banyak Pelajar berkendara motor yang di razia Lantas, t entu sudah pasti banyak tidak punys SIM tuh sobeX, bagaimana komentar sobeX dengan Razia dadakan tersebut di beberapa tempat, dan apa saran sobeX yang, banyak juga pelajar yang bawa mobil ke sekolah?? terima kasih...

Eko Prabowo Season II

SAYA berharap Para remaja Indonesia akan menjadi remaja yang memliki rasa tolong menolong serta menjadi remaja yang Peduli akan bangsa dan negara karna tanggal 30 itu adalah hari dimana Enam perwira tinggi militer indonesia dibunuh untuk percobaan kudeta

MEMAJUKAN indonesia dg tngan-tangan remaja indonesi,ayo maju Junaidi New

Junianta Agung Nugraha

Marha D'three

sobeX ayo komentar

Ari Syafrianto II

MENJADI generasi muda Yang bebas dari narkoba, karena itu merupakan salah satu faktor penghancur anak bangsa saat ini. Buat para sobeX jangan coba-coba dengan narkoba. Setuju!

HRPN sya supaya generasi muda msyarkt indonesia mnjdi lbih mju dlm bdang pengetahuan tknologi agma & yg pnting bsa mnjdi pemimpin anti korupsi

Telah Terbit

Nurhamidi TheMussketters

MTS Muhammadiyah 02

Efektifkan Pembelajaran Ke Museum

Siswa-siswi kelas IX lakukan kunjungan ke Museum. www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

PROSES pembelajaran di Seni Budaya dan Bahasa Indonesia, siswa-siswi kelas IX MTS MUDA melakukan kunjungan ke Museum Sang Nila Utama, Jalan Jendral Sudirman. Pada tanggal 26 Agustus dan 10 September lalu. Kegiatan ini merupakan program pembelajaran tahunan khusus yang di berikan sekolah bagi para siswa-siswinya. Difokuskan agar para siswa-siswi dapat belajar dari melihat secara langsung budaya dan perkembangan sejarah di

Riau. Setelah melakukan kunjungan kegiatan siswa dilanjutkan dengan persentase portofolio kelompok oleh para siswa. "Diharapkan nya seluruh mata pelajaran dapat melakukan proses pembelajaran yang tidak hanya didalam kelas. Tetapi dengan melakukan kunjunganlangsung ke objek sekitar. Jadi kegiatan dapat berjalan lebih efektif," ungkap kesiswaan SMP MUDA, Guspriyanti SPd.(mg2cs)

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno Hatta Pekanbaru

UNTUK WILAYAH PEKANBARU BISA DAPATKAN DI COUNTER-COUNTER YANG BEKERJA SAMA DENGAN RIAU POS. ATAU HUBUNGI: 0811767347 info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


Ahad 29 september 2013