Page 1

40

Riau Pos

JUMAT

23 AGUSTUS 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Baju Baru

Idul Fitri Makin Terasa WALAU hebohnya Idul Fitri udah lewat nih, tapi suasana kemeriahannya masih juga terasa. Masih banyak sobat Xpresi (sobeX) yang bersilaturahim ke rumah temannya, kan? Apalagi masuk sekolahnya juga baru, jadi pas banget kan hari-hari pertama sekolah dimanfaatin buat silaturahim ke rumah guru dan teman. Nah, ngomong-ngomong, selama lebaran tahun ini para sobeX memakai baju baru gak sih? Yaaps, sebanyak 93,3 persen sobeX mengaku memakai baju baru saat lebaran. Jelas saja membeli dan memakai baju baru saat lebaran sudah menjadi kebudayaan dan kebiasaan di Indonesia. Para sobeX mengaku, memakai baju baru saat lebaran hanya waktu salat Idul Fitri (13,8 persen), ada juga yang mengaku baju baru lebarannya dipakai buat jalanjalan(48,0 persen). Hehe, ayo... jalan-jalan kemana aja? Hmmmm, sebenarnya kebiasaan membeli baju baru saat Idul Fitri, tidaklah wajib. Namun, kare-

aran udah menjadi tradisi bagi banyak orang, makanya setiap tahunnya Amy selalu membeli baju lebaran. “Baju lebaran sih gak begitu penting, tapi udah menjadi kebutuhan buat semua orang. Kalau lebaran gak ada baju baru, itu rasanya ada yang kurang, dan bagi saya yang paling penting ketika lebaran itu adalah ikut salat Id dan saling bermaafan,” kata cewek yang akrab di panggil Amy itu. Dhea Dwi Ananda, s i s i w i S M A K

Iya

Vinia Chan

Shandhy Shaputra

BERBELANJA baju lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi yang mendarah daging. Berbelanja baju baru sebaiknya tidak asal-asalan. Berbagai faktor mesti diperhatikan. 1. Anggaran atau duit Siapkan anggaran belanja jauh-hauh hari. Ada baiknya anggaran belanja baju Lebaran dicadangkan atau ditabung, biar gak mengganggau anggaran lain-lain. 2. Waspada diskon

Waktu

210 pelajar SLTP/SLTA

19 - 23 Juli 2013

sederajat di Pekanbaru Metode Polling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Elma SMAN 8 Pekanbaru Foto: Melda Xpresi Riau Pos

SLTA 61% SLTP 39 %

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

IKLAN

Jangan mudah tergiur dengan produk pakaian yang dilabel dengan kata “diskon”, “cashback”, atau yang semakna dengan itu. Pakaian yang banting harga perlu dilihat dulu kualitasnya. Bisa jadi, toko menjual murah karena stok lama, ada cacat, atau modelnya termasuk ketinggalan zaman. 3. Tidak harus mengikuti mode Pilih baju yang sesuai karakter dan postur sobeX Untuk momen lebaran, pilih

Baju baru Pentinglah, untuk memeriahkan lebaran...

Penting, bosan baju yang lama

55,7 %

21,9 %

Gak penting

16,7 %

Akmal Lutfi

mode yang lebih sopan tapi tetap membuat sobeX tampil menarik. 4. Pikirkan sebelum membeli Ada kalanya seseorang membeli banyak baju lebaran hanya karena menuruti keinginan. Walhasil uang sobeX tersedot buat belanja besar dan terjadi penyesalan karena sebagian pakaian ternyata tidak terlalu dibutuhkan. (mg4cs/uli)

Seniwati Masa Depan Riau Kesenian khususnya sastra dewasa ini tidak menjadi pilihan anak muda, khususnya di Riau. Memilih untuk hangout ke kafe atau nongkrong di pinggir jalan. Tapi tidak untuk Chaoranny Putri yang lebih memilih aktifitas kesenian di masa mudannya. Putri pasangan Drs Kasatalni Rahman dan Hj Rahimah Rahim ini terbilang masih belia dalam dunia sastra tersebut. Meski begitu, tidak sedikit prestasi yang sudah dia raih sebagai calon seniwati masa depan Riau. ‘’Tertarik dengan sastra sejak masih duduk sekolah dasar. Kalau dapat buku Bahasa Indonesia itu senangnya. Yang dicari itu puisinya dan yang berhubungan dengan sastra. Sampai saat ini, dan kedepan inginnya seni tetap ada di hidup rani,’’ujar dara kelahiran Pekanbaru 14 Desember 1995 tersebut kepada Riau Pos. Rani yang saat ini masih duduk di kelas XII SMAN 5 Peakanbaru tersebut ternyata memiliki segudang prestasi dibidang sastra. Diantaranya, Juara pertama dalam FLS2N dikategori puisi tahun 2013 setelah sebelumnya juga mendapatkan prestasi yang sama. Tidak hanya itu, untuk mengembangkan kemampuan keseniannya, Rani juga bergabung dengan sanggar teater senja

Cewek 67%

Pendidikan

(3 tertinggi)

Penting, biar meriah

Chairanny Putri

Jenis Kelamin

Cowok 33 %

Menurut kamu, seberapa penting sih baju baru lebaran ?

Gak

Gak penting bngat, lebaran tu, gak harus pake baju baru, yg penting semangat menyambut idul fitrinya, dgn mengumandangkan suara takbir,

Responden

lebaran ini mungkin tahun depan dibeliin sama Xpresi, hehehe. (mg4cs/uli)

93,3 % 0,05 %

Gak penting, yg penting itu menjadikan hari lebaran untuk memulai segala sesuatu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

PROFILE

gak apa-apa. Yang memakai baju baru, selamat ya.... Dan, yang gak memakai baju saat

na kebiasaan memakai baju baru saat lebaran itu sudah terbentuk dari kecil, makanya sulit buat dihilangkan. Saat lebaran tidaklah harus memakai baju baru, lebih diutamakan memakai baju yang rapi dan sopan saja, karena pasti saat lebaran bersilaturahim ke sanak keluarga. Jadi, biar kelihata cakep aja. Ada banyak spekulasi dari para sobeX, mengapa membeli dan memakai baju baru saat lebaran itu sangat penting (83,3 persen), sebagian besar para sobeX bilang, baju baru itu sangat penting agar suasana lebarannya lebih terasa dan biar berbeda dari hari lainnya (55,7 persen). Ada juga ni yang berpendapat, baju baru lebaran itu sangat penting karena mereka udah pada bosan dengan baju lama (21,9 persen). Rahmi Indrayani, siswi SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru mengaku, baju baru untuk lebaran baginya gak begitu penting. Tapi karena baju baru untuk leb-

Apa sobeX memakai baju baru lebaran?

Berburu Baju Lebaran

Abbdurab juga bilang hal yang sama. Menurut Dhea, baju baru untuk lebaran itu sebenarnya cuma simbolis, bahwa di hari yang fitri harus memperbaharui akhlak tampil dengan segala sesuatu yang lebih suci . Jadi, selama hati sudah suci saat lebaran, maka baju baru tidaklah begitu penting. Ya, itulah pendapat para sobeX.Yang pasti, saat lebaran itu gak mesti selalu ada pakaian yang baru, tapi kalau ada juga

SMAN 5 Pekanbaru yang bersama Sanggar Selembayung akan mengelar pementasan teater di Riau. Hebatnya, Rani didaulat menjadi pemeran utama dalam pementasan tersebut. ‘’Banyak seniman Riau yang menjadi idola Rani. Tidak ada target khusus Rani dalam kesenian ini, yang penting kepuasan batin dan hobby tersalurkan. Inginnya Rani kedepan, tidak ada yang memandang rendah teater karena teater itu kompleks. Kita hidup saja sudah diteaterikalkan, karena dunia ini panggung sandi-

wara yang paling besar,’’terang Rani bercita-cita jadi dokter tersebut. (eko)

INFO PENTING!!! Kesempatan bagi siswa/i SMP/SMA sederajat dan sekolah yang berprestasi di bidang apa aja, buat eksis di halaman Xpresi Riau Pos. Buruan kirim berita/rilisnya ke email xpresimagazine@gmail.com atau hubungi 081365671385. Chekidot!!!

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY

23 agustus 2013  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you