Issuu on Google+

40

Riau Pos

SABTU 1 JUNI 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Ayo Semangat Ujian SMBPTN! LULUS perguruan tinggi negeri adalah harapan semua sobeX yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya. Selain biaya perkuliahan yang tidak mahal, sobeX juga pasti punya kebanggan sendiri karena bisa lulus bersaing dengan ribuan orang lain. Pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi dilakukan dengan berbagai jalur. Seperti contohnya di Universitas Negeri di kota Pekanbaru misalkan, ada Universitas Riau (Unri). Universitas ini membuka jalur pendaftaran dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruaan Tinggi Negeri (SNMPTN) undangan dan PBUD, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ujian tertulis, dan ujian mandiri. Nah, dalam waktu dekat ini Unri akan

melaksanakan tes masuknya. Pendaftarannya sendiri sudah dimulai sejak tanggal 13 Mei07 Juni 2013. Nama jalur tes masuk ini adalah SBMPTN atau ujian tertulis yang dulu namanya SNMPTN. Pendaftaran dimulai dengan pembayaran biaya pendaftaran ke Bank Mandiri, lalu mengisi formulir secara online. Buat sobeX yang belum ngerti tata cara pendaftarannya bisa lihat informasi di h t t p : / / download.sbmptn.or.id. Setelah sobeX ngerti gimana cara pengisian borang sobeX langsung isi formulir di website http://ujian.sbmptn.or.id. Diatas semua itu, hal

terpenting yang perlu sobeX lakukan adalah belajar dan mengasah kemampuan dengan soal-soal masuk perguruan tinggi. Hal ini juga disampaikan salah satu sobeX, namanya Dede Kusnadi. " Kalau mau ikut tes kita harus punya persiapan. Persiapannya tuh bisa dengan cara membahas soal-soal dan terus berlatih mengasah otaknya," ungkapnya. Nah apabila sobeX sudah punya bekal dan pendaftarannya udah oke, sobeX tinggal nunggu jadwal tes dan mengisi lembaran jawaban dengan baik. " Kalau persiapan tempur udah oke pasti udah punya waktu lebih luang buat mempersiapkan diri untuk ujian. Jadi nggak bakal keteteran nantinya," ungkap Hanny cewek cantik yang lagi sibuksibuknya kuliah di Unri. Semoga sobeX nantinya bisa lulus di perguruan tinggi, bukan hanya di Unri tetapi di universitas yang sobeX pilih dengan jalur ini. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa!. (mg5cs)

PENTING BANGET

Tips Ikut Ujian BERIKUT ini beberapa tips untuk menghadapi SBMPTN supaya sobeX bisa lulus nantinya, amin.

Kalau persiapan tempur udah oke pasti udah punya waktu lebih luang buat mempersiapkan diri untuk ujian. Jadi nggak bakal keteteran nantinya,"

1. Menguasai Materi Kuasailah seluruh materi-materi yang akan diujikan, carilah buku-buku pemantapan materi. Hal ini akan mempermudahkan sobeX dalam mempelajari soal SMBPTN nanti. SobeX sebaiknya menyiapkan jauh-jauh hari, kurang juga kalau cuma waktu 6 bulan saja. Sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah sobeX miliki.

HANNY KUMALA

2. Lakukan Ujicoba (try out) Sebaiknya sobeX ikut try out atau berlatih sendiri dengan menjawab soal-soal yang ada dengan alokasi waktu yang ditentukan pada SBMPTN nanti. Kalau mau ikut tes kita harus punya persiapan. Persiapannya tuh bisa dengan cara membahas soal-soal dan terus berlatih mengasah otaknya,"

3. Pilihan Jurusan (program study) Pilihlah program study dan PTN sesuai dengan kemampuan sobeX. Pilihlah pada pilihan pertama program study yang sesuai dengan kemampuan sobeX. Pilihan kedua, pilihlah program study yang passing gradenya minimal 15% dibawah pilihan pertama.(mg5cs)

DEDE KUSNADI

„ FOTO: XPRESI „ MODEL: NAMANYA EVA DESY DAN FARID RAMADHAN

Aku belum daftar. Kurang ngerti, perasaan berbelit2 banget :| Radha Zatti Rahmi

w w w x .p r e s r a iu p o s c .o m „ REDAKTUR: AGUSTIAR

sebelum daftar kita optimis dan peraya diri dan pasti nya berdo'a Dian Fitasari

B a s e c a m p x p r e s R ia iu P o s K a n t o r P e m a s a r a n k Ia ln R a iu P o s L t. 3 S J .lo e k a r n o H a t t a N o 1 3 2 P e k a n b a r u

n if o _ x p r e s @ iy a h o o c .o m „ TATA LETAK: DESRIMAN ZAHMI


1 juni 2013