Page 1

40

Riau Pos

JUMAT 19 JULI 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

Puasa

Setengah Hari?

No!

HAI sobat Xpresi(sobeX) yang pada lagi puasa. Apa kabarnya nih? Ngomong-ngomong kalian semua puasanya masih lancar, kan? Belum ada yang bolong, kan? Hihihi, emang celana bolong, hehehhe. By the way, berkaitan dengan puasa, sobeX pernah gak buka puasa di siang hari alias puasa setengah hari? Atau sobeX pernah gak kebujuk rayuan maut sang teman/ pacar buat buka bareng di siang bolong?

tang bulan/haid bagi perempuan tenrtunya (37,4 persen), lantaran perut udah lapar dan tenggorokan udah kering (31,3 persen), di ajak sama pacar (4,3 persen), di ajak teman (18,3 persen) dan karena penyakitnya kambuh (8,7 persen). Kebanyakan dari mereka itu buka puasa diam-diam di warung pinggir jalan (33,0 persen), ampera (20,0 persen), kantin sekolah (19,1 persen), ada juga nih yang buka puasa nya di WC ( 1 3 , 9 persen) d a n

warnet (13,9 persen). Ya, ampun... hatihati tuh yang buka puasa di WC, hehehe. Meski begitu, ada beberapa cara sebagian remaja agar gak terpengaruh buat buka puasa di siang hari, yakni dengan melakukan hal-hal positif (34,3 persen) dan banyak-banyak istighfar (23,3 persen), kalau bisa sambil berzikir (19,5 persen). Gery Saputra, siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru bilang, pernah puasa setengah hari saat bulan Ramadan. Tapi itu dulu waktu masih anak-anak. Cowok yang akrab di panggil Gery ini mengaku, buka puasa diam-diam di belakang rumah, alasannya dia udah terlalu haus. Sekarang sih katanya, udah gak pernah

Aduh parah nih, hihihi. Nah, buat sobeX yang udah buka puasa di siang hari, selamat ya, gak ketahuan dan dosanya semakin cetar membahana setinggi jagat raya. Yaps, setelah di selidiki, ternyata remaja di Pekanbaru 54,8 persen sudah pernah buka puasa di siang hari. Ada banyak alasan mereka, kenapa buka puasa di siang hari, seperti da-

SobeX pernah buka puasa Pernah di siang hari? 54,8 %

37,4 %

Lapar dan haus

Gak

45,2 %

Apa pendapat sobeX buat teman yang suka buka puasa di siang hari? (3 tertinggi)

Kenapa sobeX buka puasa di siang hari? (3 tertinggi)

Datang bulan /Haid

lagi karena dia udah sedikit mengerti tentang arti puasa. Ikke Janita, juga dari SMA Negeri 12 pernah juga puasa setengah hari karena aktivitasnya yang terlalu padat. Jadi, Ikke kecapean dan terpaksa batalin puasa karena udah gak tahan. “Puasa setengah hari memang pernah, dengan terpaksa karena aktivitas yang padat. Saya sangat menyesal pernah ngelakukan itu, dan saya berjanji gak akan ngulangin lagi.” Nah Kalau sobeX udah gak kuat lagi, mendingan sobeX hentikan aja aktivitas sobeX dan perbanyak istirahat serta lakukan hal-hal positif.(mg4cs/uli)

Diajak teman

31,3 % 18,3 %

Sedang sakit

35,7 %

Gak punya sopan santun

Gak bermoral

15,7 %

17,6 %

Gimana cara sobeX biar gak terpengaruh? (3 tertinggi)

Responden 210 pelajar SLTP/ SLTA sederajat di Pekanbaru

Waktu 17-19 Juni 2013 Jenis Kelamin Cewek 76%

34,3 %

Banyak istighfar

23,3 %

Banyak zikir

19,5 %

PROFILE

Melakukan kegiatan positif

Penting Banget

Metode Polling: Cluster Random Sampling Instrumen Polling: Questioner Close Question Model: Zindy Celcia SMAN 1 Pekanbaru Foto: Tim Xpresi Riau Pos

Cowok 24 % Pendidikan SLTA 55% SLTP 45 %

IKLAN

Hindari Aktivitas Berat BIAR puasa sobeX lancar, ada hal penting yang perlu sobeX ketahui; 1. Minum yang cukup Setelah berbuka puasa, maupun sahursobeX harus minum dalam jumlah banyak. 2. Istirahat yang cukup Jika memungkinkan, sebaiknya sobeX tidur di siang hari untuk mengumpulkan energi. 3. Jangan terlalu capek SobeX dianjurkan untuk tidak berolahraga terlalu keras. Karena sobeX jadi mudah letih sehingga ter-

www.xpresiripos.com „ REDAKTUR: YOSE RIZAL

goda untuk batalin puasa. 4. Lakukan kegiatan ringan Selama berpuasa sobeX gak boleh ngelakuin aktivitas berat, karena bisa membuat sobeX jadi cepat letih. Sebaiknya sobeX melakukan kegiatan-kegiatan ringan yang membuat hati sobeX senang dan gak capek sehingga puasa sobeX pun gak terganggu. (mg4cs/uli)

Sering banget, soal nya gak bisa nahan selera pas lagi lihat makanan enak.. Apa lagi ngeliat orang makan di depan kita..

Vera Maurer

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru

info_xpresi@yahoo.com „ TATA LETAK: SUHANDY

19 juli 2013  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you