Page 1

PEDOMAN PELAKSANAAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN KELUARGA MAHASISWA TEKNIK KIMIA FTI- ITS BAB I ARTI LOGO HIMATEKK FTI-ITS

Pasal 1 Arti logo HIMATEKK FTI-ITS tercantum pada Brand ManualLogo HIMATEKK FTI-ITS. BAB II LEGISLATIF MAHASISWA JURUSAN

Pasal 2 ANGGOTA LMJ 1. Anggota LMJ adalah maksimal 5 orang perwakilan angkatan. 2. Anggota LMJ dipilih dari calon anggota LMJ oleh angkatan yang diwakili, dengan pertimbangan anggota LMJ tahun kepengurusan sebelumnya. 3. Calon Anggota LMJ adalah kandidat perwakilan angkatan yang dipilih melalui mekanisme internal angkatan. 4. Angkatan yang tidak dapat mengajukan calon anggota LMJ suaranya akan diwakilkan oleh angkatan 1 tahun dibawahnya dengan kesepakatan angkatan yang bersangkutan dan diketahui di Forum Orange. 5. Anggota LMJ terpilih disahkan dalam Forum Orange. 6. Masa jabatan anggota LMJ adalah 1(satu) periode kepengurusan. 7. Anggota LMJ bertanggung jawab pada angkatan yang diwakili. 8. Anggota LMJ tidak sedang merangkap sebagai pengurus HIMATEKK dan atau Unit maupun pimpinan Clubdi Teknik Kimia FTI-ITS.

Pasal 3 LMJ terdiri atas Koordinator dan kelengkapan lain yang diperlukan

Pasal 4 KoordinatorLMJ adalah anggota LMJ yang dipilih oleh anggota-anggota LMJ yang lainnya untuk menjalankan tugas sebagai pimpinan LMJ.

Pasal 5 TUGAS DAN WEWENANG 1. Mengawasi jalannya roda organisasi kemahasiswaan di Teknik Kimia FTI-ITS


2. Mengevaluasi jalannya kepengurusan sekurang-kurangnya 2(dua) kali dalam satu periode kepengurusan 3. Mengusulkan RUMJ HIMATEKK FTI-ITS 4. Mengadakandanmengikuti forum LMJ 5. Menyampaikan laporan kinerja LMJ pada saat RUMJ. 6. Membuat rancangan GBHK HIMATEKK FTI-ITS.

Pasal 6 FORUM LMJ 1. Forum LMJ meliputi forum internal dan koordinasi 2. Forum internal dihadiri oleh anggota LMJ 3. Forum koordinasi dihadiri LMJ, HIMATEKK FTI-ITS, serta elemen lain yang diperlukan dan diadakan sekurang-kurangnya 1 periode sekali.

Pasal 7 FORUM ORANGE 1.

Forum orange adalah forum pengesahan dan demisionerisasi LMJ.

2.

Forum Orange dihadiri oleh : LMJ lama, LMJ terpilih, perwakilan dari pengurus HIMATEKK FTI-ITS, dan perwakilan dari tiapangkatan yang masih aktif. BAB III RAPAT UMUM MAHASISWA JURUSAN HIMATEKKFTI-ITS

Pasal 8 RUMJ HIMATEKKFTI-ITS bertugas: 1. Memutuskan tata tertib RUMJ HIMATEKK FTI-ITS 2. Menentukan arah dan menetapkan aturan Suksesi Raya HIMATEKK FTI-ITS 3. Menetapkan Pedoman Umum, Pedoman Pelaksanaan, dan Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITS 4. Menetapkan GBHK HIMATEKK FTI-ITS 5. MengesahkanpertanggungjawabanKetua HIMATEKK FTI-ITS 6. Mendemisionerkan dan mengesahkan Ketua HIMATEKK FTI-ITS. 7. Menetapkan GBPK HIMATEKK FTI-ITS.

Pasal 9 Penyelenggaraan RUMJ HIMATEKK FTI-ITS diselenggarakan oleh pengurus HIMATEKK FTIITS beserta elemen lain yang diperlukan.

Pasal 10 PESERTA


1. Peserta RUMJ HIMATEKKFTI-ITS terdiri atas peserta penuh, peserta peninjau dan peserta undangan. 2. Peserta penuh adalah anggota LMJ yang mempunyai hak bicara dan hak suara 3. Peserta peninjau adalah semua anggota HIMATEKK FTI-ITS dan mempunyai hak bicara 4. Peserta undangan adalah peserta yang diundang oleh HIMATEKK FTI-ITS dengan persetujuan peserta sidang RUMJ HIMATEKK FTI-ITS. BAB IV KEPENGURUSAN

Pasal 11 1. Pengurus HIMATEKK FTI-ITS adalah anggota penuh HIMATEKK FTI-ITS yang dipercaya untuk menjalankan roda organisasiHIMATEKK FTI-ITS . 2. Dewan Pengurus Harian tidak boleh merangkap jabatan struktural atau jabatan yang setara di organisasi lain. 3.

Syarat menjadi Dewan Pengurus Harian adalah sudah mengikuti LKMM-TD HIMATEKK FTI-ITS.

Pasal 12 Kepengurusan HIMATEKK FTI-ITS dipimpin oleh seorang ketuaHIMATEKK FTI-ITS .

Pasal 13 KETUA HIMATEKK FTI-ITS 1.

Ketua HIMATEKK FTI-ITSdipilih langsung oleh seluruh anggota HIMATEKK FTI-ITS melalui pemilihan umum.

2.

KetuaHIMATEKK FTI-ITS disahkan dan didemisionerkan diforum RUMJ HIMATEKK FTI-ITS.

3.

Masa jabatan Ketua HIMATEKK FTI-ITSadalah 1(satu) periode kepengurusan.

4.

KetuaHIMATEKK FTI-ITS bertanggung jawab kepada forum RUMJ.

Pasal 14 PengurusHIMATEKK FTI-ITS bertugas: 1. Melaksanakan ketetapan-ketetapan MUBESIV ITS 2. Melaksanakan ketetapan-ketetapan RUMJ HIMATEKK FTI-ITS 3. Menangani masalah-masalah strategis kemahasiswaan, yaitu akademis, profesi, internal dan eksternal, pola kaderisasi,keilmiahan, minat bakat, administrasi data, keuangan, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, pengabdian masyarakat.


BAB V BIDANG

Pasal 15 1. Bidang dipimpin oleh seorang kepala bidang. 2. Bidang dibentuk dan disahkan oleh Ketua HIMATEKK FTI-ITS yang kemudian diketahui oleh Forum RUMJ. 3. Kepala bidang bertanggung jawab kepada Ketua HIMATEKK FTI-ITS. 4. Dalam melaksanakan kegiatannya, bidang mendapat instruksi dari Ketua HIMATEKK FTIITS. BAB VI CLUB

Pasal 16 Club terbentuk setelah disahkan oleh KetuaHIMATEKK FTI-ITS yang

1.

kemudian diketahui oleh LMJ 2.

Club bertanggungjawab kepada HIMATEKK FTI-ITS.

3.

Dalam melaksanakan kegiatannya, Club dapat berkoordinasi dengan Club lain dengan sepengetahuan HIMATEKK FTI-ITS.

4.

Club dipimpin oleh seorang ketua Club.

5.

Club melakukan rapat koordinasi dengan HIMATEKK FTI-ITS sekurangkurangnya satu kali selama periode kepengurusan. Mekanisme pembentukan, pelaksanaan, dan pembubaran Club diatur dalam

6. SOP Club.

BAB VII UNIT

Pasal 17 1.

Pembentukan unit disetujui dan disahkan oleh Ketua HIMATEKK FTI-ITS bersama LMJ dengan diketahui oleh unit lain yang sudah berdiri.

2.

Unit terdiri dari ketua dan kelengkapan yang diperlukan.

3.

Unit memiliki AD ART yang tidak bertentangan dengan Pedoman Umum, Pedoman Pelaksanaaan, dan Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITS.

Pasal 18 HAK DAN KEWAJIBAN


1.

Unit mempunyai hak dalam mengatur rumah tangganya sendiri dan berkoordinasi serta bertanggung jawab kepada HIMATEKK FTI-ITS.

2.

Unit melakukan diskusi mengenai Program Kerja dan koordinasi pendanaan dengan HIMATEKK FTI-ITS di awal kepengurusan.

3.

Unit wajib melaksanakan ketetapan-ketetapan RUMJ HIMATEKK FTI-ITS.

4.

Menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada Ketua HIMATEKK FTI-ITS di akhir kepengurusan.

5.

Unit melakukan rapat koordinasi dengan HIMATEKK FTI-ITS sekurang-kurangnya satu kali selama periode kepengurusan. BAB VIII KEANGGOTAAN

Pasal 19 Syarat-syarat anggota penuh adalah mengikuti dan lulus tahap pengkaderan yang diatur oleh HIMATEKK FTI-ITS. BAB IX PERUBAHAN PEDOMAN PELAKSANAAN

Pasal 20 Perubahan Pedoman Pelaksanaan hanya dapat dilakukan di RUMJ HIMATEKK FTI-ITS

9 pedoman pelaksanaan organisasi kemahasiswaan